Kecantikan bagi kaum wanita saat ini sangatlah penting selain untuk menunjang penampilan dalam karir pun kecantikan dianggap faktor utama dalam

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Kecantikan bagi kaum wanita saat ini sangatlah penting selain untuk menunjang penampilan dalam karir pun kecantikan dianggap faktor utama dalam"

Transkripsi

1 Dwi Setyati 2017

2 Kecantikan bagi kaum wanita saat ini sangatlah penting selain untuk menunjang penampilan dalam karir pun kecantikan dianggap faktor utama dalam penyeleksian pegawai. Kepedulian terhadap kecantikan diri terutama wajah tidak asing lagi bagi kaum wanita. Jenis kulit pada wanita : normal, kering dan berminyak. Kasus yang terjadi pun berbeda antara jenis kulit yang satu dengan yang lain.

3 Dalam hal ini kaum wanita yang masih awam akan tentang segala bentuk gejala masalah kecantikan membuat seringkali salah dalam pemakaian produk kecantikan. Sehingga penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis wajah akan membuat kondisi wajah semakin memburuk. Hal-hal yang terjadi biasanya muka akan berjerawat, memerah, atau mengelupas. Setiap wanita menginginkan kecantikan yang instan dan cepat. Berbagai upaya dilakukan a.l penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti krem pemutih (mercuri) dll

4 Tanaman herbal yang sering kita jumpai di berbagai tempat dan daerah memiliki banyak manfaat dalam membantu menyelesaikan masalah kecantikan. Selain biasa digunakan untuk bahan obat, tanaman herbal pun dapat bermanfaat sebagai perawatan tubuh kita sehari - hari agar tubuh kita terlihat segar. Tanaman herbal selain dapat dijumpai dimanapun, untuk mendapatkannya pun murah.

5 Krem Temulawak untuk Kecantikan Kunyit untuk kecantikan

6 Rahasia Kecantikan Puteri Kraton 1. Ratus rambut Untuk mengharumkan rambut. Bahan : akar wangi, cendana, klabet dan kayu manis. Cara : setelah rambut dicuci dan dikeringkan dalam kondisi lembab diasapi dengan campuran bahan-bahan tersebut sampai kering. 2. Cem-cem,an rambut menyuburkan, melembabkan dan nutrisi akar rambut Campuran : minyak kelapa, daun mangkokan, daun waru, irisan daun pandan, minyak kemiri, bunga kenanga, bunga melati dan sari pati jaeruk purut. Semua bahan direbus kemudian disaring, Air hasil rebusan didiamkan 2-3 jam baru kmd dapat digunakan.

7 Rahasia Kecantikan Puteri Kraton 3. Facial Tradisional Air panas ditaruh dalam baskom, kemudian didekatkan wajah pada baskom yang berisi air sambil ditutup dengan kain handuk. Wajah akan segar dan kencang 4. Mangir Mangir ini untuk kulit tubuh agar kulit halus, cerah dan mendindinkan kulit. Bahan : kunyit, tepung beras, temu giring, bunga kenanga, dan daun kemuning

8 SELEDRI Tumbuhan yang punya nama ilmiah Celery Apium grafeolens ini berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Kandungan minyak atsiri, butilftalida dan butilidftalida membuat seledri wangi. Selain itu seledri juga mnegandung vitamin A, B1 dan aneka mineral lainnya yang penting bagi kesehatan kulit dan keindahan rambut. Manfaat seledri : Menghitamkan dan mengkilatkan rambut : Ambil 10 batang seledri, cuci dan potong ukuran dua sentimeter. Masukkan ke dalam panci yang berisi dua gelas air, rebus hingga mendidih. Dinginkan dan saring. Masukkan satu sendok makan cuka aduk hingga tercampur rata.

9 SELEDRI Keramas seperti biasa dan keringkan rambut secara alami. Setelah setengah kering basuhkan air seledri ke seluruh bagian rambut. Biarkan menit. Bilas dengan air bersih. Menangkal keriput dan kencangkan kulit : Ambil sekitar 10 batang seledri, siram dengan air panas hingga layu. Diamkan hingga dingin, lantas masukkan ke lemari pendingin atau embunkan semalaman. Esok paginya, sebelum mencuci muka basuhkan air seledri ke wajah sambil sedikit ditepuk-tepuk. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap pagi.

10 SELADA Selada bisa menghaluskan kulit wajah karena mengandung mineral, Vitamin A dan B serta asam oleat. Dipadu dengan kelopak bunga mawar dan pearsaan jeruk nipis yang mengandung limonene, linanin asetat, fellandren, asa sitrat, vitamin A, C, B1, B2 dan B3 semakin menguatkan manfaat selada. Caranya : ambil segenggam selada hijau dan campur dengan kelopak bunga mawar berukuran sedang yang sudah dihancurkan. Lumat hingga keduanya bercampur. Teteskan perasan jeruk nipis. Buatlah menjadi pasta dan oleskan di wajah, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih.

11

12 DAUN PANDAN Daun pandan wangi bermanfaat untuk menghitamkan dan menghilangkan ketombe, yaitu dengan cara: a. Menghitamkan Rambut, Ambil pandan tujuh lembar, cuci bersih, lantas potong-potong. Rebus dengan satu liter air sampai mendidih, dan airnya berwarna kehijauan. Embunkan semalam. Pagi harinya, tambahkan dengan perasan tiga mengkudu masak. Gunakan campuran pandan dan mengkudu untuk keramas. Lakukan tiga kali seminggu sampai terlihat hasilnya. b. Mengurangi Ketombe, Cuci tujuh lembar pandan, giling halus. Tambahkan setengah cangkir air bersih sambil diremas-remas. Peras dan oleskan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat-pijat. Biarkan mongering, bilas rambut dengan air bersih.

13

14 DAUN JAMBU KLUTUK Pujuk daun jambu klutuk tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan diare, tapi juga menyembuhkan jerawat dan menghilangkan flek hitam di kulit. Daun jambu klutuk ini mengandung antiseptic yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya : Ambil beberapa helai pujuk jambu klutuk dan tumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian yang berjerawat dan sudah dibersihkan dari kotoran atau make up. Lakukan setiap hari sampai jerawat sembuh. Untuk menghilangkan flek hitam, oleskan pucuk jambu klutuk yang sudah dilumatkan itu ke bagian yang bernoda. Lakukan seminggu dua kali sampai vlek hilang.

15

16 KUNYIT mengandung senyawa berkhasiat obat yang disebut kurkuminoid, terdiri dari kurkumin dan desmetoksikumin. Kunyit juga cukup tinggi kandungan vitamin C. Karena itulah tumbuhan ini sering sekali dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dengan cara tradisional seperti campak, alergi, bisul, kanker, dan muntaber.

17 Selain itu kunyit mengandung bahan antiseptik yang cocok untuk mencegah peradangan pada jerawat dan luka. Dapat mengobati ruam-ruam dan gatal, memulihkan kerusakan pada kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari, dan mencerahkan warna kulit. Karena itu kunyit juga cocok untuk merawat kecantikan. 1. Mengobati jerawat Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat masker wajah dari kunyit. Caranya campurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau 3 sendok makan air perasan kunyit segar. Campurkan dengan sedikit yogurt dan madu. Aduk merata hingga menjadi pasta kental. Pakailah masker wajah ini selama 15 menit. Jangan terlalu lama, karena kunyit juga mengandung pewarna kuat yang sulit hilang. Setelah itu cuci wajah dengan air bersih.

18 2. Mengatasi kulit berminyak Kunyit dapat mengontrol kelebihan produksi minyak dan sebum di pori-pori Anda. Anda bisa membuat masker untuk kulit berminyak dengan cara mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan ari jeruk lemon atau jeruk nipis matang. Pakailah masker tersebut di wajah Anda. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. 3. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini Kandungan nutrisi dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan serta memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan efek anti penuaan dari kunyit, buatlah masker yang terbuat dari 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat. Pakailah masker tersebut di wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit kemudian basuh wajah dengan air dingin.

19 4. Mengatasi pigmentasi Efek anti-inflamasi dan antiseptik dalam kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pigmentasi pada kulit serta mendinginkan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Jika kulit Anda mengalami masalah seperti ini, cukup oleskan campuran bubuk kunyit dan jus timun segar selama 20 sampai 30 menit. Lakukan secara rutin sampai warna kulit Anda kembali ke kondisi semula. 5. Mengatasi ketombe dan rambut rontok Kulit kepala gatal dan berketombe? Atau rambut Anda mengalami kerontokan. Obati saja dengan kunyit. Caranya dengan mengoleskan parutan kunyit di kulit kepala. Kandungan nutrisi dalam kunyit akan menyehatkan kulit kepala Anda, sehingga mencegah kerontokan rambut dan pengelupasan kulit kepala.

20 BENGKOANG Bengkoang termasuk dalam kelompok umbi-umbian, tapi memiliki rasa yang jauh berbeda dengan umbi-umbian pada umumnya. Buah ini mengandung air yang membuat rasanya menjadi segar saat dimakan. Tidak hanya untuk dimakan, buah ini mempunyai manfaat bagi kecantikan. Simaklah artikel manfaat bengkoang untuk wajah!

21 5 Manfaat Bengkoang untuk Wajah 1.Mencerahkan kulit Buah bengkoang memiliki kandungan sari pati yang dapat digunakan untuk kecantikan. Sari pati ini dipercaya dapat mencerahkan kulit dengan menghilangkan nodanoda gelap maupun noda-noda kusam pada wajah. Oleh karenanya, manfaat bengkoang untuk wajah agar lebih cerah. Sari pati bisa didapatkan dengan melakukan beberapa hal. Pertama, kupaslah bengkoang dan cuci hingga bersih agar tidak terkandung kuman di dalamnya. Kemudian parut dan peras bengkoang. Tunggu beberapa menit untuk mendapatkan sari pati dari endapan bengkoang tersebut. Setelah itu buang airnya dan Anda sudah bisa menggunakannya untuk masker. Jika Anda menginginkan agar bisa digunakan dilain waktu, maka jemurlah endapan itu hingga kering. Masker dapat digunakan pada malam hari dan bilas pada pagi hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

22 2. Mencegah penuaan dini Bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang dapat berguna bagi kesehatan. Namun tidak hanya itu, Vitamin C ternyata juga bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Hal ini bisa didapatkan dengan menggunakan masker bengkoang pada malam hari. Lakukanlah hal ini secara teratur sehingga dapat melindungi kulit kita dari radikal bebas. 3. Merawat kulit tampil sehat Bengkoang memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan berpadu dalam air. Vitamin B dan vitamin C adalah di antaranya. Vitamin-vitamin ini mampu menjadikan kulit tampak lebih sehat dan segar. Manfaat ini bisa didapatkan dari penggunaan masker bengkoang pada malam hari atau pun dengan cara langsung mengonsumsinya serta bisa juga dibuat jus. Apabila Anda ingin membuat jus bengkoang, maka tambahkan gula dan madu secukupnya untuk memberikan rasa pada minuman itu. Sedangkan untuk masker, Anda bisa memakainya untuk wajah maupun anggota tubuh lain, seperti lengan.

23 4. Menghilangkan jerawat Selain untuk kesehatan, bengkoang juga dipercaya dapat bermanfaat bagi kecantikan. Hal ini sudah diketahui sejak jaman dahulu dan menjadi rahasia bagi ratu-ratu kerajaan. Salah satu manfaat yang didapatkan dari buah ini adalah dapat menghilangkan jerawat. Jerawat sangatlah ditakuti oleh semua orang, terutama wanita. Dengan bengkoang, dapat membantu Anda untuk mencegah bahkan menghilangkan jerawat pada wajah. Masker bengkoang merupakan pilihan yang tepat. Manfaat bengkoang untuk wajah berjerawat didapatkan dari mengupas bengkoang dan kemudian diparut. Anda bisa langsung menggunakannya atau bisa juga menunggu hingga mengering. Sebelum menggunakan masker tersebut, pastikan bahwa wajah Anda bersih dari kuman dan kotoran. Gunakan masker selama menit kemudian bilas hingga bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah masker ini secara teratur setiap hari atau minimal seminggu 2-3 kali.

24

25 JERUK LEMON, selain dikenal ampuh untuk penghilang bau amis. Ternyata jeruk lemon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Air jeruk lemon berguna untuk membuat pori-pori menjadi kecil dan pada kulit berminyak dapat menghilangkan kelebihan lemak. Caranya gosokkan irisan jeruk nipis pada kulit wajah dan bagian tubuh lainnya untuk memutihkan dan melembutkan kulit.

26 Mengelupas sel kulit mati Buah lemon dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati karena lemon mengandung AHA (Alpha-Hidrocxy Acid) yang bermanfaat untuk perawatan kulit. Caranya sederhana, peras buah lemon (2-3 buah/secukupnya) dan ambil air lemonnya,lalu celupkan kapas pada perasan buah lemon tersebut dan balurkan di seluruh kulit yang telah dibersihkan secara merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Masker : susu, madu dan jeruk lemon

27 Mencerahkan wajah Lemon dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang dapat dibuat sendiri. Biasanya lemon akan dikombinasikan dengan madu sebagai bahan utama dalam membuat masker. Caranya, peras buah lemon ke dalam mangkuk secukupnya. Selanjutnya, tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam perasan lemon tadi dan aduk sampai merata. Oleskan masker ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin empat kali dalam sebulan untuk hasil wajah cerah yang maksimal.

28 ALPUKAT, dengan kandungan vitamin, mineral dan minyak alami, zat besi, potasium, niasin, serta protein sangat bermanfaat sebagai pelembab kulit alami. Caranya gosok dengan lembut bagian dalam yang menempel pada kulit alpukat ke seluruh wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan sebelum tidur di malam hari.

29 TOMAT, bermanfaat untuk melembutkan dan menghaluskan kulit, biasanya digunakan sebagai masker. Buah tomat juga dapat digunakan sebagai lulur yang bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat mempercepat pergantian sel kulit dan membuat permukaan kulit akan tampak segar dan bercahaya. Lakukan luluran buah tomat dengan teratur (1 atau 2 minggu).

30 DAUN SIRIH Kandungan antiseptik sirih, sudah dibuktikan bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat atau bau badan tidak sedap. Dicampur dengan lidah buaya, daun sirih juga bermanfaat untuk mendinginkan kulit, mengatasi jerawat, mencegah flek dan menghaluskan kulit. Caranya : Cuci bersih lima lembar daun sirih, campur dengan satu batang lidah buaya ukuran sedang yang sudah dijus. Masukan ke dalam panci yang berisi dua gelas air, rebus hingga mendidih. Saring dan diinginkan. Setelah dingin campur dengan bedak beras dingin, buatlah pasta dan oleskan ke kulit wajah sebagai masker selama 30 menit, bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali secara rutin.

31 Untuk membuat bedak beras ini sendiri adalah ambil dua genggan beras, rendam semalaman. Esoknya tiriskan, lantas tumbuk hingga halus. Ayak dan ambl bagian yang halus untuk campuran sirih dan lidah buaya. Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih dan lidah buaya ini sebagai pembersih wajah. Caranya, tanpa dicampur bedak beras, basuhkan ke wajah sambil ditepuk-tepuk. Kulit terasa lebih segar dan kenyal.

32 ETNIS JAWA Remaja putri yang akan menikah perlu dilakukan persiapan, mulai dari merawat tubuh dengan menggunakan lulur dan bedak dingin agar kulit menjadi halus serta wajah berseri-seri. Setelah berumah tangga, wanita selalu berupaya untuk minum jamu sebagai perawatan sehari-hari, dua kali setiap minggu ibuibu minum jamu galian rapet diseling dengan galian singset. Kebiasaan minum jamu juga dilakukan untuk perawatan mulai dari perawatan keseharian, kehamilan sampai kelahiran

33 Produk kecantikan dari Solo Produk kecantikan dari Kalimantan Produk untuk mandi dan perawatan tubuh dari Surakarta

34

35

Cara Paling Ampuh Merawat Wajah Secara Alami, Sehat dan Agar Awet Muda. Cara Paling Ampuh Merawat Wajah Secara Alami, Sehat dan Agar Awet Muda

Cara Paling Ampuh Merawat Wajah Secara Alami, Sehat dan Agar Awet Muda. Cara Paling Ampuh Merawat Wajah Secara Alami, Sehat dan Agar Awet Muda Cara Paling Ampuh Merawat Wajah Secara Alami, Sehat dan Agar Awet Muda Cara Paling Ampuh Merawat Wajah Secara Alami, Sehat dan Agar Awet Muda Bagaimana cara merawat wajah secara alami? Hal ini pertanyaan

Lebih terperinci

14 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Terbukti Ampuh

14 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Terbukti Ampuh 14 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Terbukti Ampuh Written by Rosalia in Beauty Tips Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai cara menghilangkan komedo, terlebih dahulu kita harus tahu

Lebih terperinci

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Ketika anda membaca artikel ini, pasti anda sedang mencari cara untuk menghilangkan jerawat anda. Jerawat memang masalah yang sangat komplek sekali. Tak hanya

Lebih terperinci

17 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rusak Dengan Cepat Dan Mudah Tanpa Harus ke Salon

17 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rusak Dengan Cepat Dan Mudah Tanpa Harus ke Salon evellena.com http://www.evellena.com/?p=4355&preview=true 17 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rusak Dengan Cepat Dan Mudah Tanpa Harus ke Salon Saya pikir kamu pasti setuju dengan saya jika saya katakan:

Lebih terperinci

Tips Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Tips Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Tips Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Semua wanita mendambakan kulit wajah yang bersih, bebas dari jerawat maupun flek hitam. Namun salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita

Lebih terperinci

Manfaat Tomat Untuk Kulit

Manfaat Tomat Untuk Kulit Manfaat Tomat Untuk Kulit Oleh : M Huda romdon BP3K Udanawu Untuk kulit, tomat lebih umu dijadikan krim alami yang terkadang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lain seperti jeruk nipis, madu, gula,

Lebih terperinci

Karaton Surakarta Hadiningrat Kota Solo Provinsi Jawa Tengah. Studi Pendahuluan. Mengurus Perijinan kepada. Pengageng Sasana Wilapa

Karaton Surakarta Hadiningrat Kota Solo Provinsi Jawa Tengah. Studi Pendahuluan. Mengurus Perijinan kepada. Pengageng Sasana Wilapa Lampiran 1. Skema Kerja Karaton Surakarta Hadiningrat Kota Solo Provinsi Jawa Tengah Studi Pendahuluan Mengurus Perijinan kepada Pengageng Sasana Wilapa Ditentukan Informan Kunci Oleh Pengageng Sasana

Lebih terperinci

Tanaman Obat Keluarga TOGA

Tanaman Obat Keluarga TOGA Surabaya Januari 10, 2015 Tanaman Obat Keluarga TOGA Djoko Agus Purwanto FAKULTAS FARMASI Universitas Airlangga Apa itu TOGA? TOGA atau Tanaman Obat Keluarga adalah tanaman hasil budidaya yang dikenal

Lebih terperinci

ANEKA RESEP JUS SEHAT. Mastoso Slow Juicer MT-67. Bagian 2

ANEKA RESEP JUS SEHAT. Mastoso Slow Juicer MT-67. Bagian 2 ANEKA RESEP JUS SEHAT Slow Juicer MT-67 Bagian 2 Apa itu Slow Juicer? Berbeda dengan juicer yang menggunakan metode kecepatan tinggi dengan pisau yang tajam, Slow Juicer menggunakan Low Speed Technology

Lebih terperinci

Manfaat Telur Untuk Kecantikan Alami Kulit dan Rambut

Manfaat Telur Untuk Kecantikan Alami Kulit dan Rambut Manfaat Telur Untuk Kecantikan Alami Kulit dan Rambut Manfaat Telur Untuk Kecantikan Alami Kulit dan Rambut Tak hanya sebagai makanan, telur ayam juga bisa digunakan sebagai pelembap atau masker yang bisa

Lebih terperinci

ANEKA RESEP OBAT TRADISIONAL ASLI INDONESIA

ANEKA RESEP OBAT TRADISIONAL ASLI INDONESIA ANEKA RESEP OBAT TRADISIONAL ASLI INDONESIA UNTUK PENYAKIT SEHARI-HARI * Penurun panas, batuk, dan pilek Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil

Lebih terperinci

INOVASI PEMBUATAN SUSU KEDELE TANPA RASA LANGU

INOVASI PEMBUATAN SUSU KEDELE TANPA RASA LANGU INOVASI PEMBUATAN SUSU KEDELE TANPA RASA LANGU Oleh: Gusti Setiavani, S.TP, M.P Staff Pengajar di STPP Medan Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang tanah, biji kecipir, koro, kelapa

Lebih terperinci

tips: Menyimpan Tahu Segar

tips: Menyimpan Tahu Segar Tip's Memasak Tip's Memasak tips: Kaldu Udang Mendapatkan kaldu udang yang gurih, sangrai atau panggang kulit, dan kepala udang hingga kering dan harum. Angkat lalu rebus dengan air secukupnya di atas

Lebih terperinci

tips: Menyimpan Tahu Segar

tips: Menyimpan Tahu Segar Tip's Memasak Tip's Memasak tips: Kaldu Udang Mendapatkan kaldu udang yang gurih, sangrai atau panggang kulit, dan kepala udang hingga kering dan harum. Angkat lalu rebus dengan air secukupnya di atas

Lebih terperinci

CONTOH TEKNOLOGI PENGOLAHAN PANGAN PADA KELOMPOK BAHAN PANGAN

CONTOH TEKNOLOGI PENGOLAHAN PANGAN PADA KELOMPOK BAHAN PANGAN CONTOH TEKNOLOGI PENGOLAHAN PANGAN PADA KELOMPOK BAHAN PANGAN 1. Serealia ) Pengolahan jagung : a. Pembuatan tepung jagung (tradisional) Bahan/alat : - Jagung pipilan - Alat penggiling - Ember penampung

Lebih terperinci

ANEKA RESEP JUS SEHAT. Mastoso Slow Juicer MT-67. Bagian 1

ANEKA RESEP JUS SEHAT. Mastoso Slow Juicer MT-67. Bagian 1 ANEKA RESEP JUS SEHAT Slow Juicer MT-67 Bagian 1 Apa itu Slow Juicer? Berbeda dengan juicer yang menggunakan metode kecepatan tinggi dengan pisau yang tajam, Slow Juicer menggunakan Low Speed Technology

Lebih terperinci

PEMBUATAN JELLY RUMPUT LAUT

PEMBUATAN JELLY RUMPUT LAUT PEMBUATAN JELLY RUMPUT LAUT Permen jelly termasuk sugar confectionery dari kelompok produk gel. Permen jelly adalah permen yang dibuat dari sari buah atau sari tumbuhan dan bahan pembentuk gel, yang berpenampakan

Lebih terperinci

Warna pada makanan atau minuman memang kadang memberikan penampilan lain yang lebih menarik. Yuk kita bahas pewarna alami dan bagaimana membuatnya!

Warna pada makanan atau minuman memang kadang memberikan penampilan lain yang lebih menarik. Yuk kita bahas pewarna alami dan bagaimana membuatnya! Pewarna Alami Warna pada makanan atau minuman memang kadang memberikan penampilan lain yang lebih menarik. Yuk kita bahas pewarna alami dan bagaimana membuatnya! Daun Suji daun suji daun pandan Daun suji

Lebih terperinci

SEHAT dan CANTIK NATURAL. 45 Bahan Alami Paling Penting yang Perempuan Harus Tahu

SEHAT dan CANTIK NATURAL. 45 Bahan Alami Paling Penting yang Perempuan Harus Tahu SEHAT dan CANTIK NATURAL dengan BAHAN-BAHAN ALAMI 45 Bahan Alami Paling Penting yang Perempuan Harus Tahu SEHAT dan CANTIK NATURAL dengan BAHAN-BAHAN ALAMI 45 Bahan Alami Paling Penting yang Perempuan

Lebih terperinci

Kecap Asin/Manis CARA MEMBUAT:

Kecap Asin/Manis CARA MEMBUAT: Kecap Asin/Manis BAHAN: 1 kg kedelai putih atau hitam 3 gr ragi tempe 3 lbr daun salam 2 btg serai 3 Daun jeruk 1 lembar 4 cm lengkuas 1 sdt pokak 6 kg gula merah 1 ½ lt air untuk melarutkan gula merah

Lebih terperinci

Tips Membuat Scrub Alami Sesuai Jenis Kulit

Tips Membuat Scrub Alami Sesuai Jenis Kulit Tips Membuat Scrub Alami Sesuai Jenis Kulit Tips Membuat Scrub Alami Sesuai Jenis Kulit Untuk memiliki kulit cerah nan sehat bukan berarti kita harus membeli berbagai produk perawatan mahal. Scrub tubuh

Lebih terperinci

Bedak Dingin Beras dan Air Sari Bengkoang

Bedak Dingin Beras dan Air Sari Bengkoang Bedak Dingin Beras dan Air Sari Bengkoang Nur Pujiati 1), Tegar Wanda Kristiani 2), Lusiana Dewi 3), Abdul Karim,SE, MSi, Akt 4) Program Studi Akuntasi, Universitas Semarang Email: nurpujiati59@gmail.com;

Lebih terperinci

BAB III Jenis Sediaan

BAB III Jenis Sediaan BAB III Jenis Sediaan Jenis sediaan tumbuhan obat yang paling populer di kalangan masyarakat selama ini adalah bentuk seduhan atau rebusan. Umumnya bentuk ini dimaksudkan untuk langsung diminum. Selain

Lebih terperinci

Gunakan Tips Berikut Ini Jika Ingin Mengilangkan Noda Jerawat

Gunakan Tips Berikut Ini Jika Ingin Mengilangkan Noda Jerawat Gunakan Tips Berikut Ini Jika Ingin Mengilangkan Noda Jerawat Sisa jerawat aktual merupakan mode penyembuhan & memperbaiki kerusakan yang disebabkan jerawat di dalam jaringan kulit. Selama prosedur ini,

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Metode Baumann Metode Baumann adalah sebuah metode untuk menentukan tipe wajah berdasarkan kadar kandungan minyak pada wajah. Beberapa studi telah menunjukkan jika banyak pasien

Lebih terperinci

WtÜ TÄÅtwç. TÄÅtwçËá _ áàm. Kasiat Daun-Daun, Buah-Buahan dan Akar-Akaran oleh HM. Agus Ibnu Ibad.

WtÜ TÄÅtwç. TÄÅtwçËá _ áàm. Kasiat Daun-Daun, Buah-Buahan dan Akar-Akaran oleh HM. Agus Ibnu Ibad. WtÜ TÄÅtwç TÄÅtwçËá _ áàm Kasiat Daun-Daun, Buah-Buahan dan Akar-Akaran oleh HM. Agus Ibnu Ibad. 1. Kasiat Daun Pandan (Untuk menghilangkan bauk busuk) Daun pandan yang berbentuk panjang-panjang kurang

Lebih terperinci

Cara Mudah Mengencangkan. dan Memperindah Payudara

Cara Mudah Mengencangkan. dan Memperindah Payudara Cara Mudah Mengencangkan dan Memperindah Payudara Banyak wanita yang merasa minder apabila payudaranya kecil dan mundur atau mengendur. Tetapi, banyak juga yang tidak terlalu peduli dengan organ tubuhnya

Lebih terperinci

HeHeader

HeHeader SOTO PEKALONGAN 750 gram daging sandung lamur 3 cm jahe, memarkan 3 batang serai, memarkan 3 lembar daun jeruk 3 sdm taoco manis 2 sdm kecap manis 1,5 liter air 6 cabai merah besar 8 bawang merah 6 siung

Lebih terperinci

SELAI DAN JELI BUAH 1. PENDAHULUAN

SELAI DAN JELI BUAH 1. PENDAHULUAN SELAI DAN JELI BUAH 1. PENDAHULUAN Buah-buahan merupakan bahan pangan sumber vitamin. Selain buahnya yang dimakan dalam bentuk segar, daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya

Lebih terperinci

Zat yang secara normal dihasilkan tubuh yang merupakan sisa pembakaran protein atau penghancuran sel-sel tubuh yang sudah tua.

Zat yang secara normal dihasilkan tubuh yang merupakan sisa pembakaran protein atau penghancuran sel-sel tubuh yang sudah tua. PENDIDIKAN KESEHATAN PERAWATAN LANSIA Apa Itu ASAM URAT...?? Nilai normal asam urat : Pria 3,4 7 mg/dl Wanita 2,4 5,7 mg/dl Zat yang secara normal dihasilkan tubuh yang merupakan sisa pembakaran protein

Lebih terperinci

Masakan Pedas Penambah Nafsu Makan

Masakan Pedas Penambah Nafsu Makan Tuesday, 22 September 2009 21:29 Masakan Pedas Penambah Nafsu Makan Ingin nafsu makan Anda bertambah? Coba menjajal menu masakan dengan rasa yang pedas, karena rasa pedas dipercayai bisa menambah nafsu

Lebih terperinci

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KRIM MALAM TERHADAP PENIPISAN KULIT WAJAH SKRIPSI

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KRIM MALAM TERHADAP PENIPISAN KULIT WAJAH SKRIPSI HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KRIM MALAM TERHADAP PENIPISAN KULIT WAJAH SKRIPSI Disusun Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Gelar Sarjana Sains Terapan Fisioterapi Disusun Oleh: YUSTINI MARIS

Lebih terperinci

17 Cara Mudah Memutihkan Kulit Untuk Dapatkan Kulit Cantik Dan Sehat Dengan Cepat

17 Cara Mudah Memutihkan Kulit Untuk Dapatkan Kulit Cantik Dan Sehat Dengan Cepat evellena.com http://www.evellena.com/cara-memutihkan-kulit 17 Cara Mudah Memutihkan Kulit Untuk Dapatkan Kulit Cantik Dan Sehat Dengan Cepat Memiliki kulit putih tentu menjadi impian banyak orang, bahkan

Lebih terperinci

ANEKA RUJAK DAN ASINAN NAN SEGAR

ANEKA RUJAK DAN ASINAN NAN SEGAR ANEKA RUJAK DAN ASINAN NAN SEGAR Rujak dan asinan sangat cocok disajikan saat cuaca panas seperti sekarang ini. Jenisnya pun dapat Anda pilih sesuai selera. Dari rujak buah, asinan betawi, sampai asinan

Lebih terperinci

TATA LAKSANA PENELITIAN. A. Tempat dan Waktu. Penelitian ini dilakukan di daerah Minggir, Sleman, Yogyakarta dan di

TATA LAKSANA PENELITIAN. A. Tempat dan Waktu. Penelitian ini dilakukan di daerah Minggir, Sleman, Yogyakarta dan di III. TATA LAKSANA PENELITIAN A. Tempat dan Waktu Penelitian ini dilakukan di daerah Minggir, Sleman, Yogyakarta dan di laboratorium fakultas pertanian UMY. Pengamatan pertumbuhan tanaman bawang merah dan

Lebih terperinci

A. Penggunaan. B. Alat dan Bahan. Berikut ini alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan selai. 1. Alat

A. Penggunaan. B. Alat dan Bahan. Berikut ini alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan selai. 1. Alat A. Penggunaan Siapa yang tidak kenal dengan selai? Bahan pelengkap dalam menyantap roti atau singkong rebus ini memiliki rasa yang manis dan terbuat dari buah segar. Tak hanya itu, variasi rasa dari selai

Lebih terperinci

Bagaimana Menjadi CANTIK dan TAMPAN Lewat Perawatan Alami

Bagaimana Menjadi CANTIK dan TAMPAN Lewat Perawatan Alami Bagaimana Menjadi CANTIK dan TAMPAN Lewat Perawatan Alami Cantik instan, yakni dengan polesan kosmetik saja, bukan lagi zamannya. Banyak orang di abad milenium lebih percaya, sehat itu cantik, dan cantik

Lebih terperinci

JAGUNG. Bahan Pangan Alternatif SERI BACAAN ORANG TUA

JAGUNG. Bahan Pangan Alternatif SERI BACAAN ORANG TUA 19 SERI BACAAN ORANG TUA JAGUNG Bahan Pangan Alternatif Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional

Lebih terperinci

Resep Puding - Cara Membuat Puding Istimewa

Resep Puding - Cara Membuat Puding Istimewa Resep Puding - Cara Membuat Puding Istimewa Selain memposting resep puding yang super enak, kami juga akan memberikan tips bagaimana cara membuat puding yang lezat dan istimewa. 1. Wadah yang digunakan

Lebih terperinci

DEFINISI Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit

DEFINISI Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit KETOMBE DEFINISI Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala, akibat peradangan di kulit karena adanya gangguan

Lebih terperinci

Kumpulan Resep Sup ( Baru )

Kumpulan Resep Sup ( Baru ) SUP PASTA BENING BAHAN : Kaldu ikan 250 gram ikan kakap 1 buah bawang Bombay potong-potong 1 batang daun bawang iris 1 batang seledri iris 5 biji merica butiran 1 liter air Isi : 12 udang ukuran sedang

Lebih terperinci

INOVASI PEMBUATAN ANEKA PRODUK OLAHAN DARI BENGKUANG. OLEH : Gusti Setiavani, STP. MP

INOVASI PEMBUATAN ANEKA PRODUK OLAHAN DARI BENGKUANG. OLEH : Gusti Setiavani, STP. MP INOVASI PEMBUATAN ANEKA PRODUK OLAHAN DARI BENGKUANG OLEH : Gusti Setiavani, STP. MP Bengkuang merupakan buah yang kaya akan zat gizi yang mempunyai peranan yang penting untuk kesehatan terutama vitamin

Lebih terperinci

Cara Hilangkan Bekas Jerawat Yang Bisa Kamu Lakukan Hari Ini

Cara Hilangkan Bekas Jerawat Yang Bisa Kamu Lakukan Hari Ini Cara Hilangkan Bekas Jerawat Yang Bisa Kamu Lakukan Hari Ini www.evellena.com 01 EVELLENA - 001_19 Cara Hilangkan Bekas Jerawat Yang Bisa Kamu Lakukan Hari Ini Hentikan Kebiasaan Penyebab Jerawat Pengobatan

Lebih terperinci

CARA MEMBUAT: -Potong ayam menjadi 2 bagian atau belah membujur dadanya dan tekan hingga terbuka lebar. -Lumuri bumbu halus hingga rata

CARA MEMBUAT: -Potong ayam menjadi 2 bagian atau belah membujur dadanya dan tekan hingga terbuka lebar. -Lumuri bumbu halus hingga rata (Resep 1).. Serba Ayam Ayam Tulang Lunak 1 ekor ayam 50 g gula Jawa, sisir halus 1 sdm air asam Jawa kental 2,5 liter air kelapa 5 lembar daun salam 4 cm lengkuas, memarkan minyak goreng Bumbu, haluskan:

Lebih terperinci

Lezat & Praktis Tahu Pedas Manis Kontributor: Odilia Winneke; Foto: dok.g-shot

Lezat & Praktis Tahu Pedas Manis Kontributor: Odilia Winneke; Foto: dok.g-shot Tahu Tumis Tausi 2 buah tahu putih yang bagus mutunya 1 sdm minyak sayur, cincang 25 g bawang Bombay, cincang 100 g udang kupas ukuran sedang 1 sdm saus tiram 1 sdm kecap asin 1 sdm tausi ½ sdt garam 75

Lebih terperinci

OLEH: YULFINA HAYATI

OLEH: YULFINA HAYATI PENGOLAHAN HASIL KEDELAI (Glycine max) OLEH: YULFINA HAYATI PENDAHULUAN Dalam usaha budidaya tanaman pangan dan tanaman perdagangan, kegiatan penanganan dan pengelolaan tanaman sangat penting diperhatikan

Lebih terperinci

BAYAM (Amaranthus spp)

BAYAM (Amaranthus spp) BAYAM (Amaranthus spp) Bayam memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, sehingga bayam di kenal dengan Raja Sayuran. Apa manfaat bayam? Di bidang kesehatan Bayam sangat bermanfaat, diantaranya: Kandungan

Lebih terperinci

PENGOLAHAN UMBI GANYONG

PENGOLAHAN UMBI GANYONG PENGOLAHAN UMBI GANYONG Ir. Sutrisno Koswara, MSi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dan Seafast Center LPPM IPB 2013 DISCLAIMER This presentation is made possible by the generous support of the American

Lebih terperinci

SUSU KEDELAI 1. PENDAHULUAN

SUSU KEDELAI 1. PENDAHULUAN SUSU KEDELAI 1. PENDAHULUAN Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang tanah, biji kecipir, koro, kelapa dan lain-lain merupakan bahan pangan sumber protein dan lemak nabati yang sangat

Lebih terperinci

GULAI REBUNG TUNJANG. HeHeader

GULAI REBUNG TUNJANG. HeHeader GULAI REBUNG TUNJANG 750 gram tunjang/kikil sapi 2 lembar daun kunyit 2 biji pala 4 batang serai, memarkan 8 lembar daun jeruk 4 cm jahe, memarkan 2 cm lengkuas, memarkan 300 gram rebung, iris tipis rebus

Lebih terperinci

PERAWATAN WAJAH / FACIAL

PERAWATAN WAJAH / FACIAL PERAWATAN WAJAH / FACIAL I. PENGERTIAN FACIAL Perawatan Wajah adalah suatu tindakan untuk merawat yang meliputi tahap-tahap pembersihan, pengelupasan/penipisan, pengurutan, pemupukan dan penyegaran dengan

Lebih terperinci

TUGAS CHARACTER BUILDING RESEP MAKANAN

TUGAS CHARACTER BUILDING RESEP MAKANAN TUGAS CHARACTER BUILDING RESEP MAKANAN Disusun oleh Nama : Elsa E Ambarita NIM : 1701363250 Kelas : LA64 Memasak umumnya dilakukan ibu-ibu dan kaum hawa. Bahkan remaja putri yang memasuki masa dewasa sudah

Lebih terperinci

Resep Kue. Resep kue nastar

Resep Kue. Resep kue nastar Resep kue nastar Resep kue nastar memang paling banyak dicari dan dipraktekan pada hari raya idul fitri. Pada lebaran tahun 2012 ini admin masakanmama.com pun tidak ketinggalan untuk membuat kue nastar

Lebih terperinci

Siapkan air hangat (tidak terlalu dingin atau panas)

Siapkan air hangat (tidak terlalu dingin atau panas) Cara Memandikan Kelinci Putih Agar Bersih Via : Tuliat.com Kelinci Putih adalah salah satu warna bulu kelinci yang paling disukai banyak orang atau para pencinta binatang piaraan karena warnanya yang terlihat

Lebih terperinci

KECAP KEDELAI 1. PENDAHULUAN

KECAP KEDELAI 1. PENDAHULUAN KECAP KEDELAI 1. PENDAHULUAN Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang tanah, biji kecipir, koro, kelapa dan lain-lain merupakan bahan pangan sumber protein dan lemak nabati yang sangat

Lebih terperinci

MENU MAKAN PAGI. Talas dan ubi yang sudah digiling halus. Di aduk kemudian ditambahkan santan dan garam

MENU MAKAN PAGI. Talas dan ubi yang sudah digiling halus. Di aduk kemudian ditambahkan santan dan garam MENU MAKAN PAGI KETUPAT JALA TALAS KETUPAT JALA TALAS Bahan 225 gr Talas 100 gr Talas 100 gr Ubi 50 gr Ubi 200 gr Santan 60 gr Santan 5 gr Garam 5 gr Garam 3 gr Gula KETUPAT Talas dan ubi yang sudah digiling

Lebih terperinci

RESEP KUE TALAM BESERTA TIPS dan VARIASINYA

RESEP KUE TALAM BESERTA TIPS dan VARIASINYA RESEP KUE TALAM BESERTA TIPS dan VARIASINYA Kue talam memang biasanya diolah dari bahan ubi. Namun sebenarnya tidak harus seperti itu. Banyak sekali bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kue talam

Lebih terperinci

T E M P E 1. PENDAHULUAN

T E M P E 1. PENDAHULUAN T E M P E 1. PENDAHULUAN Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang tanah, biji kecipir, koro, kelapa dan lain-lain merupakan bahan pangan sumber protein dan lemak nabati yang sangat

Lebih terperinci

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Pengobatan Tradisional Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1076/MENKES/SK/VII/2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional, pengobatan tradisional

Lebih terperinci

Gunakan 7 Herbal untuk Perawatan Kulit Secara Alami

Gunakan 7 Herbal untuk Perawatan Kulit Secara Alami Gunakan 7 Herbal untuk Perawatan Kulit Secara Alami Gunakan 7 Herbal untuk Perawatan Kulit Secara Alami Herbal apa yang paling banyak dipakai untuk membantu kesehatan kulit? Tidak hanya menyembuhkan, tetapi

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. Tampil cantik merupakan dambaan setiap orang terlebih lagi kaum wanita.

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. Tampil cantik merupakan dambaan setiap orang terlebih lagi kaum wanita. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Tampil cantik merupakan dambaan setiap orang terlebih lagi kaum wanita. Wanita ingin memiliki kulit wajah yang putih, bersih, tidak berkomedo, tidak berjerawat,

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA JOB SHEET (GROOMING KECANTIKAN) 1.Kompentensi: Perawatan Wajah untuk diri sendiri.

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA JOB SHEET (GROOMING KECANTIKAN) 1.Kompentensi: Perawatan Wajah untuk diri sendiri. Hal 1 dari 5 1.Kompentensi: Perawatan Wajah untuk diri sendiri Mahasiswa dapat : a. Mendiagnosa jenis-jenis kulit wajah b. Melakukan pembersihan wajah c. Melakukan pengangkatan sel kulit mati/ peeling

Lebih terperinci

MANFAAT MINUM TEH HIJAU :

MANFAAT MINUM TEH HIJAU : MANFAAT MINUM TEH HIJAU : Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dibuat dari daun teh Camellia Sinensis yang dipetik dan mengalami proses pengeringan untuk mencegah oksidasi. Teh hijau kaya akan

Lebih terperinci

Kulit adalah organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Berat kulit diperkirakan sekitar 7 % dari berat tubuh total.

Kulit adalah organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Berat kulit diperkirakan sekitar 7 % dari berat tubuh total. WIJUMA wt Kulit adalah organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Berat kulit diperkirakan sekitar 7 % dari berat tubuh total. Kulit memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, diantaranya:

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH PERAWATAN KULIT WAJAH

LANGKAH-LANGKAH PERAWATAN KULIT WAJAH LANGKAH-LANGKAH PERAWATAN KULIT WAJAH PERAWATAN MINGGUAN Selain perawatan harian, lakukan juga perawatan seminggu sekali untuk kulit wajah kita agar kulit terawat dengan maksimal. Langkah I Membersihkan

Lebih terperinci

: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)

: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) I ndonesia merupakan salah satu negara produsen pisang yang penting di dunia, dengan beberapa daerah sentra produksi terdapat di pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan N TB. Daerah-daerah ini beriklim hangat

Lebih terperinci

Resep Makanan Bayi. (6-8 Bulan) Copyright TipsBayi.com & KartuBayi.com

Resep Makanan Bayi. (6-8 Bulan) Copyright TipsBayi.com & KartuBayi.com Resep Makanan Bayi (6-8 Bulan) Copyright TipsBayi.com & KartuBayi.com Resep Makanan Bayi (6 Bulan, 7 Bulan, 8 Bulan) Bayi Anda sudah berusia 6 bulan? Jika Anda seperti para bunda lainnya, pasti Anda sedang

Lebih terperinci

TUMIS DAGING sayuran. Kembang Tahu CAH SAYURAN

TUMIS DAGING sayuran. Kembang Tahu CAH SAYURAN TUMIS DAGING sayuran Bahan: 250 gr daging sapi has dalam, iris melintang tipis 4 buah sosis sapi, iris 1 cm 200 gr bak coy, lepaskan dari bonggolnya 100 gr wortel, kupas, iris tipis 100 gr kapri, siangi

Lebih terperinci

MANISAN KERING JAHE 1. PENDAHULUAN 2. BAHAN

MANISAN KERING JAHE 1. PENDAHULUAN 2. BAHAN MANISAN KERING JAHE 1. PENDAHULUAN Manisan biasanya dibuat dari buah. Produk ini merupakan bahan setengah kering dengan kadar air sekitar 30 %, dan kadar gula tinggi (>60%). Kondisi ini memungkinkan manisan

Lebih terperinci

PEMBERIAN MP ASI SETELAH ANAK USIA 6 BULAN Jumiyati, SKM., M.Gizi

PEMBERIAN MP ASI SETELAH ANAK USIA 6 BULAN Jumiyati, SKM., M.Gizi Tanggal 16 Oktober 2014 PEMBERIAN MP ASI SETELAH ANAK USIA 6 BULAN Jumiyati, SKM., M.Gizi PENDAHULUAN Usia 6 bulan hingga 24 bulan merupakan masa yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan

Lebih terperinci

Buletin Peternakan Edisi IV 2017 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sulawesi Selatan

Buletin Peternakan Edisi IV 2017 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sulawesi Selatan PROSES PEMBUATAN TELUR ASIN SEBAGAI PELUANG USAHA Oleh : Andi Mulia, Staff Pengajar di UIN Alauddin Makassar Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan

Lebih terperinci

PENGEMBANGAN PENGOLAHAN TEPUNG CASSAVA UNTUK WIRAUSAHA

PENGEMBANGAN PENGOLAHAN TEPUNG CASSAVA UNTUK WIRAUSAHA PENGEMBANGAN PENGOLAHAN TEPUNG CASSAVA UNTUK WIRAUSAHA Oleh: Rizqie Auliana Disampaikan dalam kegiatan pelatihan kewirausahaan Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Masyarakat Yogyakarta, 10 September 2013

Lebih terperinci

Serba Pepes dan Botok

Serba Pepes dan Botok Serba Pepes dan Botok Resep Botok Ares Botok Ares adalah jenis masakan kukus dibungkus daun berbentuk tum dengan bahan utamanya ares, yakni bagian dalam dari batang pohon pisang. Untuk rasanya, silakan

Lebih terperinci

Maya Kusdiantini Prsented by http://ragi-mochelz.blogspot.com Anda DIPERBOLEHKAN menyebarluaskan ebook ini kepada siapa saja yang menurut anda membutuhkan. Namun anda TIDAK BERHAK memperjualbelikannya,

Lebih terperinci

Bahan Baku daging ikan 500 g. tepung tapioka 50 g. merica halus 1/2 sendok teh. bawang merah 7,5 g. bawang putih 1,5 g. jahe 0,5 g.

Bahan Baku daging ikan 500 g. tepung tapioka 50 g. merica halus 1/2 sendok teh. bawang merah 7,5 g. bawang putih 1,5 g. jahe 0,5 g. SOSIS IKAN Sosis adalah salah satu produk olahan dari bahan hewani. Secara umum sosis diartikan sebagai makanan yang dibuat dari daging yang telah dicincang, dihaluskan, dan diberi bumbubumbu, dimasukkan

Lebih terperinci

Oleh : Wardani,S.Sos Disampaikan dalam Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan bagi Pokja IIITim Penggerak PKK Kecamatan dan Pokja III TP.

Oleh : Wardani,S.Sos Disampaikan dalam Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan bagi Pokja IIITim Penggerak PKK Kecamatan dan Pokja III TP. Oleh : Wardani,S.Sos Disampaikan dalam Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan bagi Pokja IIITim Penggerak PKK Kecamatan dan Pokja III TP.PKK Desa / Kel Binaan di Aula PKK Kab. Karanganyar Kol banda/hali/buring/kendu/kayu

Lebih terperinci

Lampiran 1. Lampiran 1. Pemanfaatan Spesies Tumbuhan dalam Perawatan Bayi sampai UsiaBalita di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara.

Lampiran 1. Lampiran 1. Pemanfaatan Spesies Tumbuhan dalam Perawatan Bayi sampai UsiaBalita di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. 62 Lampiran 1 Lampiran 1. Pemanfaatan Spesies dalam Perawatan Bayi sampai UsiaBalita di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara 1 Aleurites moluccana (L). Willd., (Kemiri) Menyuburkan rambut Pasar,

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. tubuh lain sehingga menimbulkan efek yang traumatis (Ismail 2009 cit Kozier

BAB I PENDAHULUAN. tubuh lain sehingga menimbulkan efek yang traumatis (Ismail 2009 cit Kozier BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Salah satu keadaan yang paling sering dialami oleh manusia adalah luka yang terjadi pada kulit dan menimbulkan trauma bagi penderitanya. Luka adalah kerusakan kontinuitas

Lebih terperinci

MANISAN BASAH JAHE 1. PENDAHULUAN 2. BAHAN

MANISAN BASAH JAHE 1. PENDAHULUAN 2. BAHAN MANISAN BASAH JAHE 1. PENDAHULUAN Manisan biasanya dibuat dari buah. Produk ini merupakan bahan setengah kering dengan kadar air sekitar 30 %, dan kadar gula tinggi (>60%). Kondisi ini memungkinkan manisan

Lebih terperinci

TIM MI AYAM TIM MAKARONI. Bahan: Bahan:

TIM MI AYAM TIM MAKARONI. Bahan: Bahan: TIM MAKARONI 25 gr makaroni 250 cc air 25 gr daging giling 25 gr tahu, potong kecil 25 gr wortel, parut kasar 25 gr tomat, iris halus 1. Rebus makaroni bersama dengan air, daging giling, dan tahu sampai

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PERAWATAN KULIT KEPALA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PERAWATAN KULIT KEPALA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PERAWATAN KULIT KEPALA Dosen Pembimbing Sulistiani, S.Pd. MPD Disusun Oleh : ENDANG KUNCAHYAWATI NIM: 10-587-0039 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM PENDIDIKAN

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Teh adalah minuman yang sangat umum dalam kehidupan kita seharihari.kebiasaan minum teh tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga hampir di seluruh dunia. Teh ternyata

Lebih terperinci

Minuman tradisional yang menyehatkan

Minuman tradisional yang menyehatkan Minuman tradisional yang menyehatkan Jaman sekarang kita lebih mengenal minuman modern seperti soda, juice, bahkan alkohol. Padahal kalau kita lebih mendalami khasiat minuman. Masih banyak minuman dari

Lebih terperinci

bio.unsoed.ac.id MANFAAT BUAH.BUAHAN SEBAGAI OBAT KELUARGA efektif menjaga kesehatan dan berfungsi sebagai 'obat' mencegah penyakit.

bio.unsoed.ac.id MANFAAT BUAH.BUAHAN SEBAGAI OBAT KELUARGA efektif menjaga kesehatan dan berfungsi sebagai 'obat' mencegah penyakit. i PENDAHULUAN MANFAAT BUAH.BUAHAN SEBAGAI OBAT KELUARGA Oleh. Drs. Sukarsa, MSi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokrto Gaya hidup dan pola makan sehari-hari sangat berpengaruh terhadap

Lebih terperinci

TEKNOLOGI PEMBUATAN SUSU DARI TEMPE BENGUK

TEKNOLOGI PEMBUATAN SUSU DARI TEMPE BENGUK 1 TEKNOLOGI PEMBUATAN SUSU DARI TEMPE BENGUK Dyah Purwaningsih Staff Jurdik Kimia FMIPA UNY A. PENDAHULUAN Di tengah semakin melambungnya harga kedelai, kacang koro atau benguk diyakini mampu menjadi bahan

Lebih terperinci

PENGOLAHAN BUAH-BUAHAN

PENGOLAHAN BUAH-BUAHAN 1 DAFTAR ISI I. Kata Pengantar II. Daftar Isi III. Pendahuluan...1 IV. Bahan Tambahan 1. Pemanis...1 2. Asam Sitrat...1 3. Pewarna...1 4. Pengawet...2 5. Penstabil...2 V. Bentuk Olahan 1. Dodol...2 2.

Lebih terperinci

Analisis Usaha Diversifikasi Produk Olahan Tempe. Oleh Siti Marwati Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY

Analisis Usaha Diversifikasi Produk Olahan Tempe. Oleh Siti Marwati Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY Analisis Usaha Diversifikasi Produk Olahan Tempe Oleh Siti Marwati Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY siti_marwati@uny.ac.id Tempe merupakan jenis makanan fermentasi dengan bahan dasar kedelai atau jenis

Lebih terperinci

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN PENGEKSTRAK BUAH (JUICE EXTRACTOR) DOMO

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN PENGEKSTRAK BUAH (JUICE EXTRACTOR) DOMO SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN PENGEKSTRAK BUAH (JUICE EXTRACTOR) DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk

Lebih terperinci

Tips kesehatan, berikut ini 7 makanan yang menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda :

Tips kesehatan, berikut ini 7 makanan yang menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda : Tips Alami Turunkan Kolestrol Dengan Cepat Sahabat, tips kesehatan. Dalam keadaan normal atau stabil, kolesterol memang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh manusia. Beberapa fungsi kolesterol

Lebih terperinci

Resep masakan ikan kembung

Resep masakan ikan kembung Resep masakan ikan kembung Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang umum dikonsumsi di masyarakat Indonesia. Daging ikannya yang gurih dan harganya yang terjangkau membuat masakan ikan ini disukai

Lebih terperinci

15 Kegunaan Lain Dari Pasta Gigi

15 Kegunaan Lain Dari Pasta Gigi 15 Kegunaan Lain Dari Pasta Gigi Pasta gigi: itu memutihkan, mencerahkan, mengharumkan, menghilangkan noda, dan mengembalikan dan melindungi enamel. Tapi kemampuan membersihkan pasta gigi bisa di aplikasikan

Lebih terperinci

Aneka kebiasaan turun temurun perawatan bayi

Aneka kebiasaan turun temurun perawatan bayi Aneka kebiasaan turun temurun perawatan bayi ASI Asi harus dibuang dulu sebelum menyusui, karena ASI yang keluar adalah ASI lama (Basi). ASI tak pernah basi! biasanya yang dimaksud dengan ASI lama adalah

Lebih terperinci

bumbu adalah suatu bahan mempertinggi aroma makanan tanpa mengubah aroma bahan alami

bumbu adalah suatu bahan mempertinggi aroma makanan tanpa mengubah aroma bahan alami bumbu & rempah bumbu adalah suatu bahan mempertinggi aroma makanan tanpa mengubah aroma bahan alami rempah Adalah bagian tanaman yang ditambahkan pada makanan untuk menambah atau membangkitkan selera

Lebih terperinci

INOVASI PRODUK OLAHAN BERBASIS UBI JALAR

INOVASI PRODUK OLAHAN BERBASIS UBI JALAR INOVASI PRODUK OLAHAN BERBASIS UBI JALAR Oleh : Gusti Setiavani, STP. MP Ubi Jalar merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Provinsi Sumatera Utara. Ubi jalar merupakan salah satu jenis makanan yang mampu

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. laki-laki. Keagungan dan kekuasaan laki-laki dapat jatuh dan bertekuk lutut di

BAB I PENDAHULUAN. laki-laki. Keagungan dan kekuasaan laki-laki dapat jatuh dan bertekuk lutut di BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Kecantikan adalah anugerah terindah bagi wanita. Kecantikan memiliki kemampuan magnetik luar biasa yang mampu meruntuhkan dunia laki-laki. Keagungan dan kekuasaan laki-laki

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI A. Alat dan Bahan A.1Alat yang digunakan : - Timbangan - Blender - Panci perebus - Baskom - Gelas takar plastik - Pengaduk -

BAB III METODOLOGI A. Alat dan Bahan A.1Alat yang digunakan : - Timbangan - Blender - Panci perebus - Baskom - Gelas takar plastik - Pengaduk - digilib.uns.ac.id BAB III METODOLOGI A. Alat dan Bahan A.1Alat yang digunakan : - Timbangan - Blender - Panci perebus - Baskom - Gelas takar plastik - Pengaduk - Kompor gas - Sendok - Cetakan plastik A.2Bahan

Lebih terperinci

ABON IKAN 1. PENDAHULUAN

ABON IKAN 1. PENDAHULUAN ABON IKAN 1. PENDAHULUAN Ikan merupakan bahan makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat selain sebagai komoditi ekspor. Ikan cepat mengalami proses pembusukan dibandingkan dengan bahan makanan lain. Bakteri

Lebih terperinci

BISNIS MAKANAN LEZAT BEBAS KOLESTEROL

BISNIS MAKANAN LEZAT BEBAS KOLESTEROL TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS BISNIS MAKANAN LEZAT BEBAS KOLESTEROL Oleh : Ito Ariyamto (10.01.2678) D3TI - 2A SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA 2010 ABSTRAK Karya

Lebih terperinci

Aneka Resep Masakan Sayur

Aneka Resep Masakan Sayur Aneka Resep Masakan Sayur Sayur mayur sangat penting bagi tubuh kita, karenanya kita mesti menyeimbangkan asupan gizi dari makanan yang mama masak. Aneka resep masakan sayur kami sajikan kali ini. Ada

Lebih terperinci

Calzone. Selera Mancanegara. HeHeader

Calzone. Selera Mancanegara. HeHeader Calzone Bahan : Dasar : 500 gram tepung terigu, ayak 1 sdt ragi instant 2 sdm gula pasir 1/2 sdt garam 200 ml air 50 ml minya selada Isi : 1 sdm margarin 3 sdm bawang bombay, cincang 5 siung bawang putih,

Lebih terperinci