Pengetahuan Baik & Jahat. "Bilamana mereka menolak Allah dalam pengetahuan-nya, Hati yang tegar itu digelapkan."

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Pengetahuan Baik & Jahat. "Bilamana mereka menolak Allah dalam pengetahuan-nya, Hati yang tegar itu digelapkan.""

Transkripsi

1 Pengetahuan Baik & Jahat "Bilamana mereka menolak Allah dalam pengetahuan-nya, Hati yang tegar itu digelapkan."

2 Manusia bukan boneka ALLAH Walaupun diciptakan tak bersalah dan suci, nenek moyang kita yang pertama tidak ditempatkan di luar kemungkinan membuat kesalahan. Allah dapat menciptakan mereka tanpa daya untuk melanggar tuntutannya, tetapi dalam keadaan demikian tidak akan ada perkembangan tabiat; pelayanan mereka tidak akan bersifat sukarela, tetapi terpaksa. Oleh sebab itu ALLAH mengaruniai mereka kuasa memilih kuasa untuk taat atau tidak taat. Dan sebelum mereka dapat menerima berkat-berkat penuh yang Ia ingin diberikan, kasih dan kesetiaan mereka harus diuji.

3 Di Taman Eden ada "pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat... Lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: 'Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya" (Kejadian 2:9-17). Allah ingin supaya Adam dan Hawa tidak mengenal kejahatan. Pengetahuan tentang yang jahat tentang dosa dan akibat-akibatnya, tentang pekerjaan yang melelahkan, tentang perawatan yang menggelisahkan, tentang kekecewaan dan dukacita, tentang sakit dan kematian karena kasih ini ditahan.

4 ALLAH mengusahakan kebaikan Setan mengusahakan kebinasaan Sementara Allah mengusahakan kebaikan manusia, Setan mengusahakan kebinasaannya. Ketika Hawa, tidak mengindahkan nasihat Tuhan mengenai pohon larangan itu, pergi mendekati pohon itu, ia mengadakan kontak dengan musuhnya. Perhatian serta rasa ingin tahunya telah dibangkitkan, Setan menyanggah firman Allah dan mengobarkan rasa tidak percaya terhadap hikmat dan kebaikannya.

5 Kejadian 3:3-5 Terhadap pernyataan perempuan itu, mengenai pohon pengetahuan, "Allah berfirman jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati, si penggoda menjawab, "Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat".

6 Setan ingin membuat sehingga kelihatan bahwa pengetahuan tentang yang baik dicampur dengan yang jahat akan menjadi berkat, dan dalam melarang mereka memakan buah pohon itu, Allah menahan kebaikan besar. Setan mengatakan bahwa karena isinya yang ajaib serta memberi hikmat dan kuasa sehingga Allah melarang mereka untuk mencicipinya, jadi Ia berusaha untuk mencegah mereka jangan sampai mencapai perkembangan lebih tinggi, dan mendapat kebahagiaan lebih besar.

7 Ia mengatakan bahwa ia sendiri telah memakan buah larangan itu, dan jika mereka juga makan, mereka akan mencapai suatu tingkatan yang lebih tinggi dan masuk ke dalam lapangan pengetahuan yang lebih luas. Ketika Setan mengaku telah menerima kebaikan besar dengan memakan buah pohon larangan itu, ia tidak menunjukkan bahwa oleh pelanggaran ia telah dibuang dari sorga.

8 Kebenaran dipalsukan Di sini terdapat kepalsuan, yang begitu tersembunyi di bawah apa yang tampak sebagai kebenaran sehingga Hawa tergiur, tersanjung, tertipu, sehingga tidak melihat tipu muslihat. Ia menginginkan apa yang dilarang Allah; ia tidak mempercayai hikmat-nya. Ia membuang iman, kunci pengetahuan.

9 RENTETAN DOSA 1. Ketika Hawa melihat "bahwa pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian, 2. lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya. Rasanya lezat, 3. dan sementara ia makan, ia merasakan ada kuasa hidup yang menyegarkan 4. dan ia membayangkan dirinya memasuki suatu tingkat keberadaan yang lebih tinggi. 5. Setelah ia sendiri melanggar, ia menjadi penggoda bagi suaminya, "dan suaminya pun memakannya." (Kejadian 3:6).

10 Kejadian 3:5 "Matamu akan terbuka," kata musuh itu, "kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat". Mata mereka benar-benar terbuka; tetapi betapa menyedihkan! Pengetahuan tentang yang jahat, kutuk dosa, itulah semuanya yang diperoleh pelanggar-pelanggar itu.

11 Tidak Percaya kepada ALLAH itulah dosa Adam & Hawa Pada buah itu sendiri tidak terdapat racun, dan dosa semata-mata tidak terletak di dalam menyerah kepada selera. Tetapi tidak percaya pada kebaikan Allah, tidak percaya pada sabda-nya, dan penolakan terhadap kekuasaannya, itulah yang menjadikan nenek moyang kita yang pertama itu pelanggar-pelanggar, dan itulah yang membawa kepada dunia pengetahuan tentang kejahatan. Inilah yang membuka pintu kepada setiap unsur kepalsuan dan kesalahan.

12 Manusia mencampur adukan Kebenaran dengan kejahatan Manusia kehilangan segala-galanya oleh sebab ia memilih untuk mendengar si penipu gantinya mendengar Dia yang adalah Kebenaran, yang satu-satunya memiliki pengertian. Oleh mencampur aduk kejahatan dengan kebaikan, pikirannya menjadi kacau, kuasa mental dan rohaninya menjadi tumpul. Ia tidak lagi dapat menghargai kebaikan yang dianugerahkan Allah secara cuma-cuma.

13 Diusir dari Taman Eden Adam dan Hawa telah memilih pengetahuan yang jahat, dan jika mereka hendak memperoleh kembali kedudukan mereka yang hilang itu maka mereka harus memperolehnya kembali di bawah keadaan yang tidak menyenangkan yang mereka timpakan ke atas diri mereka sendiri. Mereka tidak boleh tinggal di Eden lagi, karena dalam kesempurnaan taman tersebut hal itu tidak dapat mengajarkan kepada mereka pelajaran yang sekarang perlu mereka pelajari. Dalam kesedihan yang tak terkatakan mereka mengucapkan selamat tinggal kepada lingkungannya yang indah lalu pergi untuk berdiam di bagian bumi di mana terdapat kutuk dosa.

14 Kejadian 3:17-19 Kepada Adam Allah berkata: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan daripadanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu; semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu; dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.

15 Alam tidak sebaik dulu Walaupun bumi telah rusak dengan kutuk, alam tetap menjadi buku pelajaran bagi manusia. Sekarang alam tidak hanya dapat menggambarkan kebaikan saja; karena kejahatan ada di mana-mana, menodai bumi dan laut dan udara dengan jamahannya yang menajiskan. Di mana yang tadinya hanya tertulis tabiat Allah, pengetahuan tentang yang baik, sekarang juga tertulis tabiat Setan, pengetahuan tentang yang jahat. Dari alam, yang kini menyatakan pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, manusia terus-menerus menerima amaran tentang akibat-akibat dosa.

16 Kerusakan terjadi dimana-mana Pada bunga yang layu serta daun yang gugur, Adam dan temannya menyaksikan tanda-tanda kerusakan pertama. Dengan jelas dibentangkan pada pikiran mereka bukti yang kuat bahwa setiap hal yang hidup harus mati. Bahkan udarapun, di atas mana kehidupan mereka bergantung, menyandang benih-benih kematian.

17 Binatang memberontak Mereka juga terus-menerus diingatkan tentang pemerintahan mereka yang hilang. Di antara makhluk-makhluk yang lebih rendah Adam berdiri sebagai raja, dan selama ia tetap setia kepada Allah, seluruh alam mengakui pemerintahannya; tetapi ketika ia melanggar, pemerintahan ini telah hilang. Roh pemberontakan, yang ia sendiri beri jalan masuk, sampai kepada seluruh binatang ciptaan. Jadi bukan hanya kehidupan manusia, tetapi juga sifat binatangbinatang, pohon-pohon di hutan, rumput di padang, udara yang kita hirup semuanya menceritakan pelajaran menyedihkan tentang pengetahuan yang jahat.

18 Janji penebusan diberikan Tetapi manusia tidak ditelantarkan pada akibat-akibat kejahatan telah dipilihnya. Di dalam hukuman yang dijatuhkan pada Setan diberikan isyarat tentang penebusan. "Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya" (Kejadian 3:15).

19 Manusia dapat dipulihkan kembali Kalimat itu, yang diucapkan pada nenek moyang kita yang pertama, bagi mereka adalah suatu janji. Sebelum mereka mendengar tentang duri dan onak, tentang kerja keras dan kesusahan yang akan menjadi bagian mereka, atau tentang debu ke mana mereka harus kembali, mereka mendengar perkataan yang tidak bisa gagal yang memberi mereka harapan. Semua yang telah hilang karena menyerah pada Setan dapat diperoleh kembali melalui Kristus.

20 Isyarat ini juga diulang-ulangi oleh alam pada kita. Walaupun rusak oleh dosa, alam tidak hanya berbicara tentang penciptaan tetapi juga tentang penebusan. Walaupun bumi memberi kesaksian tentang kutuk dengan bukti tandatanda kerusakan, alam itu tetap kaya dan indah dalam tanda-tanda kuasa pemberi kehidupan.

21 Pohon-pohon menggugurkan daun-daunnya, hanya untuk diganti dengan daundaun yang lebih segar; bunga-bunga layu, supaya mekar kembali dalam keindahan yang baru; dan di dalam setiap bukti kuasa penciptaan terdapat jaminan bahwa kita dapat diciptakan menjadi baru dalam "kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya" (Efesus 4:24). Dengan demikian benda-benda dan pekerjaan alam yang begitu jelas membawa kepada pikiran kerugian kita yang besar menjadi jurukabar pengharapan kepada kita.

22 Sejauh kejahatan itu meluas, suara Bapa kita terdengar, memohon kepada anak-anak-nya untuk melihat akibat dosa di tengah alam ini, memberi amaran kepada mereka untuk meninggalkan kejahatan, dan mengundang mereka untuk menerima yang baik.

Seri Iman Kristen (4/10)

Seri Iman Kristen (4/10) Seri Iman Kristen (4/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : Kejatuhan Manusia Kode Pelajaran : DIK-P04 Pelajaran 04 - KEJATUHAN MANUSIA DAFTAR ISI Ayat Alkitab Ayat Kunci 1. Larangan

Lebih terperinci

SEKOLAH SESUDAH INI. "Dan mereka akan melihat wajah-nya dan nama-nya akan tertulis di dahi mereka."

SEKOLAH SESUDAH INI. Dan mereka akan melihat wajah-nya dan nama-nya akan tertulis di dahi mereka. SEKOLAH SESUDAH INI "Dan mereka akan melihat wajah-nya dan nama-nya akan tertulis di dahi mereka." Sorga adalah sebuah sekolah; bidang studinya, alam semesta; gurunya, Yang tak berkesudahan hari-nya. Cabang

Lebih terperinci

Sekolah Eden. "Berbahagialah orang yang mendapat hikmat."

Sekolah Eden. Berbahagialah orang yang mendapat hikmat. Sekolah Eden "Berbahagialah orang yang mendapat hikmat." Sekolah Yang Pertama Sistem pendidikan yang dilembagakan pada permulaan dunia harus menjadi contoh untuk manusia sepanjang zaman. Sebagai ilustrasi

Lebih terperinci

Rencana Keselamatan Tuhan [CB24]

Rencana Keselamatan Tuhan [CB24] Jemaat-jemaat Allah Al Maséhi [CB30] Rencana Keselamatan Tuhan [CB24] (Edisi 1.0 20020701-22020701) Anak-anak selalunya mempunyai banyak pertanyaan mengenai Tuhan serta rencananya untuk kita. Karya ini

Lebih terperinci

Injil Dari Dosa menuju Keselamatan

Injil Dari Dosa menuju Keselamatan Injil Dari Dosa menuju Keselamatan Seluruh pesan Alkitab dirangkum dengan indah di dalam dua ayat saja: Karena begitu besar kasih Yahuwah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal,

Lebih terperinci

Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-nya, menurut gambar Allah diciptakan-nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-nya

Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-nya, menurut gambar Allah diciptakan-nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-nya Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-nya, menurut gambar Allah diciptakan-nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-nya mereka. Pelajaran 1 untuk 02 Juli 2016 GAMBAR ALLAH

Lebih terperinci

HUBUNGAN DENGAN ALLAH

HUBUNGAN DENGAN ALLAH Level 1 Pelajaran 4 HUBUNGAN DENGAN ALLAH Oleh Andrew Wommack Salah satu hal terpenting dalam menjalin satu hubungan adalah mengenali pribadi yang akan menjalin hubungan dengan anda, dan hal ini berlaku

Lebih terperinci

Cerita besar hidup manusia

Cerita besar hidup manusia Cerita besar hidup manusia Jeffrey Lim Hidupku dari mana dan siapakah aku? Pernahkah Anda berpikir dari mana hidup dan asal usul Anda, dan ke mana hidup ini menuju? Apakah Anda dengan sendirinya tiba-tiba

Lebih terperinci

MEMPERBAHARUI PIKIRAN KITA

MEMPERBAHARUI PIKIRAN KITA MEMPERBAHARUI PIKIRAN KITA Pengantar Pernahkah Anda berharap bahwa Tuhan tidak memberi kita kehendak bebas? Bahwa Ia mengendalikan saja pikiran kita? Bahwa kita dapat taat kepada-nya tanpa pergumulan atau

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #12 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #12 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #12 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #12 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Walaupun banyak orang dewasa ini percaya bahwa makhluk manusia berasal dari bentuk hewan yang paling rendah dan merupakan hasil proses alamiah yang

Walaupun banyak orang dewasa ini percaya bahwa makhluk manusia berasal dari bentuk hewan yang paling rendah dan merupakan hasil proses alamiah yang Walaupun banyak orang dewasa ini percaya bahwa makhluk manusia berasal dari bentuk hewan yang paling rendah dan merupakan hasil proses alamiah yang berlangsung selama biliun tahun, pemikiran yang demikian

Lebih terperinci

Seperti Musa, Paulus rela kehilangan keselamatannya sendiri untuk menyelamatkan bangsa Israel.

Seperti Musa, Paulus rela kehilangan keselamatannya sendiri untuk menyelamatkan bangsa Israel. Lesson 10 for December 9, 2017 Aku mengatakan kebenaran dalam Kristus, aku tidak berdusta. Suara hatiku turut bersaksi dalam Roh Kudus, bahwa aku sangat berdukacita dan selalu bersedih hati. (Roma 9:1-2)

Lebih terperinci

OTORITAS ORANG PERCAYA

OTORITAS ORANG PERCAYA Level 2 Pelajaran 6 OTORITAS ORANG PERCAYA Oleh Andrew Wommack Di sesi hari ini saya ingin bahas mengenai otoritas yang Allah telah berikan kepada kita sebagai orang percaya. Dalam pembahasan ini, kita

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #20 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Seri Iman Kristen (7/10)

Seri Iman Kristen (7/10) Seri Iman Kristen (7/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : Kelahiran Baru Kode Pelajaran : DIK-P07 Pelajaran 07 - KELAHIRAN BARU DAFTAR ISI Teks Alkitab Ayat Kunci 1. Definisi 2.

Lebih terperinci

PILIHLAH HIDUP KASIH

PILIHLAH HIDUP KASIH PILIHLAH HIDUP KASIH DALAM HAL INILAH KASIH BAPA DINYATAKAN DI TENGAH- 1 Yoh 4:9 TENGAH KITA, YAITU BAHWA BAPA TELAH MENGUTUS ANAK-NYA YG TUNGGAL KE DALAM DUNIA, SUPAYA KITA HIDUP OLEH-NYA. KITA MENGASIHI,

Lebih terperinci

Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya?

Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya? Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya?... saya belum yakin akan rencana-nya bagiku. Tentu saja saudara telah menerima Kristus sebagai Juruselamat saudara. Dan sekarang

Lebih terperinci

KEBENARAN SEDERHANA untuk ORANG PERCAYA BARU (Pertanyaan dan Jawaban)

KEBENARAN SEDERHANA untuk ORANG PERCAYA BARU (Pertanyaan dan Jawaban) KEBENARAN SEDERHANA untuk ORANG PERCAYA BARU (Pertanyaan dan Jawaban) EDISI KEDUA VERSI 2.0 Kata Pengantar Selama bertahun-tahun, umat Allah telah menggunakan sekumpulan pertanyaan dan jawaban untuk membantu

Lebih terperinci

PERTENTANGAN KOSMIS Lesson 1 for April 7, 2018

PERTENTANGAN KOSMIS Lesson 1 for April 7, 2018 PERTENTANGAN KOSMIS Lesson 1 for April 7, 2018 Kita hidup di tengahtengah pertentangan kosmik yang berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana kejahatan muncul? Bagaimana kita terkontaminasi olehnya?

Lebih terperinci

Seri Iman Kristen (3/10)

Seri Iman Kristen (3/10) Seri Iman Kristen (3/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : S e t a n Kode Pelajaran : DIK-P03 Pelajaran 03 - S E T A N DAFTAR ISI Teks Alkitab Ayat Kunci 1. Asal usul Setan 2. Dosa

Lebih terperinci

Dengarkanlah Allah Agar Hidup Selamanya

Dengarkanlah Allah Agar Hidup Selamanya Dengarkanlah Allah Agar Hidup Selamanya Allah seperti ayah yang pengasih. 1Petrus5:6,7 Allah adalah Pencipta kita, dan Ia peduli kepada kita. Seperti ayah yang bijaksana danpengasihmengajar anak-anaknya,

Lebih terperinci

Seri Iman Kristen (6/10)

Seri Iman Kristen (6/10) Seri Iman Kristen (6/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : Manusia Kedua dari Tuhan Kode Pelajaran : DIK-P06 Pelajaran 06 - MANUSIA KEDUA DARI TUHAN DAFTAR ISI Teks Alkitab Ayat Kunci

Lebih terperinci

The Spread of Sin : The facts of the universality of sin and its social implications. Rudi Zalukhu, M.Th

The Spread of Sin : The facts of the universality of sin and its social implications. Rudi Zalukhu, M.Th The Spread of Sin : The facts of the universality of sin and its social implications Rudi Zalukhu, M.Th BGA : Kej. 3:17-19 Ke: 13.09-13.29 1 2 3 APA YANG KUBACA? (Observasi: Tokoh, Peristiwa) APA YANG

Lebih terperinci

Air Mata. Pernikahan

Air Mata. Pernikahan Air Mata Pernikahan Air Mata Pernikahan Billy Kristanto Penerbit Momentum Air Mata Penikahan Oleh: Billy Kristanto Tata Letak: Djeffry Imam Pengoreksi: Irenaeus Herwindo Desain Sampul: Patrick Serudjo

Lebih terperinci

2. "Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. " Kolose 4:5.

2. Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.  Kolose 4:5. 1. "Tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA. melainkan beroleh hidup yang kekal Yohanes 3:16. (Bahasa Indonesian)

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA. melainkan beroleh hidup yang kekal Yohanes 3:16. (Bahasa Indonesian) (Bahasa Indonesian) INJIL BAGI DUNIA Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-nya tidak binasa, melainkan

Lebih terperinci

Prinsip Pemulihan Tuhan

Prinsip Pemulihan Tuhan Prinsip Pemulihan Tuhan Pendahuluan Kitab Ayub sangat baik karena mengandung pelajaran penting bagaimana kita menghadapi kesulitan dan tragedi dalam hidup kita. Beberapa mengajarkan bahwa kitab Ayub tidak

Lebih terperinci

7 Kutuk Kita Dipikul Kristus Di Kalvari

7 Kutuk Kita Dipikul Kristus Di Kalvari 7 Kutuk Kita Dipikul Kristus Di Kalvari Oleh : Pdt. Sammy Lee Didalam tulisan yang berjudul "Kisah Kasih Didalam Aksara Tiongkok Kuno", telah diuraikan bagaimana huruf-huruf Tionghoa yang sudah ada 600

Lebih terperinci

Hidup Dan Mati : Kebenaran Alkitab

Hidup Dan Mati : Kebenaran Alkitab Hidup Dan Mati : Kebenaran Alkitab Banyak orang Kristen polos hari ini yang disesatkan oleh ajaran bahwa jiwa tidak pernah bisa mati, dan bahwa orang mati tetap memiliki kesadaran setelah mereka meninggal.

Lebih terperinci

Pertanyaan Alkitab (24-26)

Pertanyaan Alkitab (24-26) Pertanyaan Alkitab (24-26) Bagaimanakah orang Kristen Bisa Menentukan Dia Tidak Jatuh Dari Iman/Berpaling Dari Tuhan? Menurut Alkitab seorang Kristen bisa jatuh dari kasih karunia, imannya bisa hilang.

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS. Bagi Dunia

INJIL YESUS KRISTUS. Bagi Dunia Alkitab mengatakan bahwa kita harus MEMILIH: untuk beribadah kepada Tuhan, atau untuk menolak-nya. Yosua 24:14-15 berbunyi, Oleh sebab itu, takutlah akan Tuhan dan beribadahlah kepada-nya dengan tulus

Lebih terperinci

1 Yohannes 1. 1 Yohannes 2

1 Yohannes 1. 1 Yohannes 2 1 Yohannes 1 Kesaksian rasul tentang Firman hidup 1 Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan

Lebih terperinci

DOSA-DOSA YANG MELAWAN ROH KUDUS

DOSA-DOSA YANG MELAWAN ROH KUDUS Dikutip dari buku: Roh Kudus Oleh Billy Graham Penerbit: Lembaga Literatur Baptis ISBN 979-9043-14-X Hal. 194-207 DOSA-DOSA YANG MELAWAN ROH KUDUS Menghujat Roh Kudus (Injil Matius 12:22-32) Semua dosa

Lebih terperinci

PELAJAR AN TENTANG JAMINAN PENDAHULUAN

PELAJAR AN TENTANG JAMINAN PENDAHULUAN PELAJAR AN TENTANG JAMINAN PENDAHULUAN Menjamin berarti menyisihkan segala kesangsian. Pelajaran tentang jaminan yang direncanakan dengan maksud untuk memberi anda jaminan yang didasarkan pada beberapa

Lebih terperinci

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Awal Kesedihan Manusia

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Awal Kesedihan Manusia Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Awal Kesedihan Manusia Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh : Byron Unger dan Lazarus Disadur oleh: M. Maillot dan Tammy

Lebih terperinci

Level 3 Pelajaran 6. RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow

Level 3 Pelajaran 6. RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow Level 3 Pelajaran 6 RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow Di Perjanjian Lama, apa yang membedakan bangsa Israel dari bangsa-bangsa lain adalah mereka merupakan sebuah teokrasi. Dengan kata lain, mereka diperintah

Lebih terperinci

5. Kisah-kisah dan Sejarah 5.1 Nabi Adam AS.

5. Kisah-kisah dan Sejarah 5.1 Nabi Adam AS. 5.1.2 Penciptaan Manusia Allah berkehendak menciptakan Adam dan keturunannya untuk menghuni bumi dan memakmurkannya. Allah menyampaikan kabar kepada para Malaikat bahwa Dia akan menciptakan makhluk lain

Lebih terperinci

Yesus Adalah Korban Pendamaian Manusia. ingin mengikuti kehendak dan kemauan hati diri sendiri. Hal-hal yang dikejar

Yesus Adalah Korban Pendamaian Manusia. ingin mengikuti kehendak dan kemauan hati diri sendiri. Hal-hal yang dikejar Pelajaran Tujuh Yesus Adalah Korban Pendamaian Manusia Kita manusia sudah lama berlawanan dengan Tuhan Allah. Manusia biasanya ingin mengikuti kehendak dan kemauan hati diri sendiri. Hal-hal yang dikejar

Lebih terperinci

SAUDARA BELAJAR BERJALAN

SAUDARA BELAJAR BERJALAN SAUDARA BELAJAR BERJALAN Dalam Pelajaran Ini Saudara Akan Mempelajari Letakkan Tangan Saudara di dalam Tangan Allah Sudahkah Iblis Berusaha untuk Menjatuhkan Saudara? Apakah Saudara Menderita karena Kristus?

Lebih terperinci

Sumber dan Tujuan Pendidikan yang Benar. Pengetahuan orang kudus adalah pengertian, Kenalilah akan Dia.

Sumber dan Tujuan Pendidikan yang Benar. Pengetahuan orang kudus adalah pengertian, Kenalilah akan Dia. Sumber dan Tujuan Pendidikan yang Benar Pengetahuan orang kudus adalah pengertian, Kenalilah akan Dia. Pemikiran kita tentang pendidikan terlalu sempit dan dangkal. Karena hanya mengejar suatu arah pelajaran

Lebih terperinci

Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela. Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #5 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #5 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Awal kesedihan Manusia

Awal kesedihan Manusia Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Awal kesedihan Manusia Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh : Byron Unger dan Lazarus Disadur oleh: M. Maillot dan Tammy

Lebih terperinci

Awal Kesedihan Manusia

Awal Kesedihan Manusia Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Awal Kesedihan Manusia Penulis: Edward Hughes Digambar oleh: Byron Unger dan Lazarus Diterjemahkan oleh: Widi Astuti Disadur oleh: M. Maillot dan Tammy S. Cerita

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-nya tidak binasa, melainkan

Lebih terperinci

Diberikan Allah dengan senang hati.

Diberikan Allah dengan senang hati. Diberikan Allah dengan senang hati. Jauh sebelum kita lahir dan bernapas, Pencipta kita telah membuktikan diri-nya sebagai pemberi yang terbaik dengan memberikan lebih dari apa pun yang pernah didambakan

Lebih terperinci

Surat 3 Yohanes (Bagian 123) Friday, August 11, 2017

Surat 3 Yohanes (Bagian 123) Friday, August 11, 2017 Surat 3 Yohanes (Bagian 123) Friday, August 11, 2017 Prakata Rom. 11:25 sikap yang perlu diperhatikan dalam mendengar adalah jangan berlagak tahu / menganggap diri pandai, yang artinya: tidak mau mendengar

Lebih terperinci

Proto-Euangelion: Injil Yang Pertama

Proto-Euangelion: Injil Yang Pertama Seri: Yang Telah Dinubuatkan Proto-Euangelion: Injil Yang Pertama Dr. David Platt 12 November 2006 Proto-Euangelion: Injil Yang Pertama Kejadian 3:1-24 (kecuali disebutkan lain, ayat-ayat di sini menggunakan

Lebih terperinci

LITURGI SABDA. Bacaan pertama (Am. 7 : 12-15) Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-ku. Bacaan diambil dari Nubuat Amos

LITURGI SABDA. Bacaan pertama (Am. 7 : 12-15) Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-ku. Bacaan diambil dari Nubuat Amos TAHN B - Hari Minggu Biasa XV 12 Juli 2015 LTRG SABDA Bacaan pertama (Am. 7 : 12-15) Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-ku. Bacaan diambil dari Nubuat Amos Sekali peristiwa berkatalah Amazia, imam di

Lebih terperinci

Lesson 9 for May 27, 2017

Lesson 9 for May 27, 2017 Lesson 9 for May 27, 2017 Pada bagian awal dari surat Petrus yang kedua, dia menulis tentang iman sehingga kita supaya juga sesudah kepergianku itu kamu selalu mengingat semuanya itu. (2 Pet 1:15). Dia

Lebih terperinci

1 Timotius. 1 1 Dari Paulus, rasul* Kristus Yesus.

1 Timotius. 1 1 Dari Paulus, rasul* Kristus Yesus. 308 1 Timotius 1 1 Dari Paulus, rasul* Kristus Yesus. Aku telah menjadi rasul karena perintah dari Allah, Juruselamat kita dan Kristus Yesus, pengharapan kita. 2Kepada Timotius. Engkau adalah anakku yang

Lebih terperinci

Ketika Tuhan mencipta segala benda

Ketika Tuhan mencipta segala benda Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Ketika Tuhan mencipta segala benda Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh: Byron Unger dan Lazarus Disadur oleh: Bob Davies

Lebih terperinci

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Ketika Tuhan mencipta segala benda

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Ketika Tuhan mencipta segala benda Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Ketika Tuhan mencipta segala benda Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh: Byron Unger dan Lazarus Disadur oleh: Bob Davies

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #33 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #33 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #33 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #33 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

KEBEBASAN DARI KEKUATIRAN DAN KEGELISAHAN Bagian ke-1

KEBEBASAN DARI KEKUATIRAN DAN KEGELISAHAN Bagian ke-1 KEBEBASAN DARI KEKUATIRAN DAN KEGELISAHAN Bagian ke-1 Pengantar Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga (Filipi 4:6). Apa yang Anda kuatirkan? Uang? Kesehatan yang buruk? Menjadi tua? Menyakiti

Lebih terperinci

Surat 1 Yohanes 5 (Bagian 79) Wednesday, October 21, 2015

Surat 1 Yohanes 5 (Bagian 79) Wednesday, October 21, 2015 Surat 1 Yohanes 5 (Bagian 79) Wednesday, October 21, 2015 Prolog Kita sudah mendengar tentang kehidupan Kristus di dalam keadaan manusia daging, tetapi daging yang tidak berdosa, sementara kita adalah

Lebih terperinci

Revelation 11, Study No. 39 in Indonesian Language. Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No. 39, oleh Chris McCann

Revelation 11, Study No. 39 in Indonesian Language. Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No. 39, oleh Chris McCann Revelation 11, Study No. 39 in Indonesian Language Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No. 39, oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pemahaman Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu.

Lebih terperinci

Beberapa pasal terakhir dari kitab Wahyu menggambarkan peristiwa akhir dari Pertentangan Besar:

Beberapa pasal terakhir dari kitab Wahyu menggambarkan peristiwa akhir dari Pertentangan Besar: Lesson 13 for March 26, 2016 Beberapa pasal terakhir dari kitab Wahyu menggambarkan peristiwa akhir dari Pertentangan Besar: Setan dirantai (Wahyu 20:1-3) Masa Penghakiman Seribu Tahun (Wahyu 20:4-6) Penghakiman

Lebih terperinci

Surat Paulus kepada jemaat Roma

Surat Paulus kepada jemaat Roma Roma 1:1 1 Roma 1:6 Surat Paulus kepada jemaat Roma 1 Kepada yang kekasih saudara-saudari saya seiman di Roma: Salam dari Paulus, hamba Kristus Yesus. Allah sudah memanggil saya menjadi seorang rasul,

Lebih terperinci

Rahasia Nikah & Rahasia Ibadah (Bagian I)

Rahasia Nikah & Rahasia Ibadah (Bagian I) Rahasia Nikah & Rahasia Ibadah (Bagian I) Setelah Allah selesai menciptakan langit, bumi dan segala isinya maka pada hari ke 6 Allah menciptakan manusia supaya berkuasa atas segala ciptaannya (Kejadian

Lebih terperinci

Revelation 11, Study No. 22 in Indonesian Language. Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No. 22,oleh Chris McCann

Revelation 11, Study No. 22 in Indonesian Language. Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No. 22,oleh Chris McCann Revelation 11, Study No. 22 in Indonesian Language Seri Kitab Wahyu pasal 11, Pembahasan No. 22,oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di Pemahaman Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu.

Lebih terperinci

PENGGEMBALAAN NEHEMIA MELAYANI UNTUK GEREJA INDONESIA

PENGGEMBALAAN NEHEMIA MELAYANI UNTUK GEREJA INDONESIA Kejadian (1) Perubahan Hidup Orang Kristen Dalam Firman Tuhan Pada saat saya masih kecil robot hanya muncul di novel fiksi ilmiah atau film. Di dalam novel dan film tersebut robot berkelahi dengan penjahat

Lebih terperinci

Siapakah Yesus Kristus? (4/6)

Siapakah Yesus Kristus? (4/6) Siapakah Yesus Kristus? (4/6) Nama Kursus : SIAPAKAH YESUS KRISTUS? Nama Pelajaran : Yesus adalah Juru Selamat dan Tuhan Kode Pelajaran : SYK-P04 Pelajaran 04 - YESUS ADALAH JURU SELAMAT DAN TUHAN DAFTAR

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #45 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #45 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #45 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #45 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Doa Keutuhan Bahan Dasar Garis Besar 1

Doa Keutuhan Bahan Dasar Garis Besar 1 Dari Gelap Ke Dalam Terang 1 Petrus 2: 9 Garis Besar Proses Menanggalkan Manusia Lama dan Mengenakan Manusia Baru (Efesus 4:22-24) Garis Besar 1 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan

Lebih terperinci

Kematian Yahushua: Membatalkan Hukum?

Kematian Yahushua: Membatalkan Hukum? Kematian Yahushua: Membatalkan Hukum? Setan disebut bapa segala dusta. Yahushua sendiri menyatakan bahwa Iblis adalah pembunuh manusia sejak semula, dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia

Lebih terperinci

HADIAH YANG BELUM DIBUKA

HADIAH YANG BELUM DIBUKA HADIAH YANG BELUM DIBUKA Pengantar Apakah Anda senang menerima hadiah? Kebanyakan perempuan senang menerimanya. Beberapa orang tidak dapat menahan kegembiraannya; mereka merobek bungkusnya secepat-cepatnya.

Lebih terperinci

1 1 Dari Paul, Silwanus, dan Timotius.

1 1 Dari Paul, Silwanus, dan Timotius. 1 Tesalonika Salam 1:1 1 1 Dari Paul, Silwanus, dan Timotius. Kepada jemaah Tesalonika yang ada dalam Allah, Sang Bapa kita, dan dalam Isa Al Masih, Junjungan kita Yang Ilahi. Anugerah dan sejahtera menyertai

Lebih terperinci

Minggu 8 : Bagaimana Saya Dapat Menolak Kejahatan?

Minggu 8 : Bagaimana Saya Dapat Menolak Kejahatan? Minggu 8 : Bagaimana Saya Dapat Menolak Kejahatan? Tips Ceramah 1. Tujuan: Di akhir dari ceramah ini, tamu-tamu akan tahu bagaimana mengatasi serangan rohani dan pemakaian dari perlengkapan senjata Allah

Lebih terperinci

Penderitaan. 1 Petrus 2: Kebangkitan. 1 Petrus 1:3-4, 21; 3:21. Mesias [Kristus]. 1 Petrus 1:11. Allah. 2 Petrus 1:1.

Penderitaan. 1 Petrus 2: Kebangkitan. 1 Petrus 1:3-4, 21; 3:21. Mesias [Kristus]. 1 Petrus 1:11. Allah. 2 Petrus 1:1. Lesson 8 for May 20, 2017 Petrus mengenal Yesus dan kuasa-nya yang mengubah hidup secara pribadi. Oleh karena itu, surat-suratnya dipenuhi dengan rujukan kepada Yesus. Siapakah Yesus bagi Petrus? Penebus.

Lebih terperinci

Level 1 Pelajaran 5. SIFAT ALLAH Oleh Andrew Wommack

Level 1 Pelajaran 5. SIFAT ALLAH Oleh Andrew Wommack Level 1 Pelajaran 5 SIFAT ALLAH Oleh Andrew Wommack Untuk dapat memiliki satu hubungan yang positif dengan Tuhan, kita perlu mengenali sifat dan karakter-nya yang sesungguhnya. Apakah Dia marah oleh karena

Lebih terperinci

Mukjizat dari penciptaan Adam

Mukjizat dari penciptaan Adam Lebih dari lima puluh tahun, saya mencoba untuk menolong orang-orang dengan berbagai masalah di dalam hidup mereka. Dan saya tiba pada suatu kesimpulan bahwa : masalah kita yang paling mendasar sebagai

Lebih terperinci

1 Tesalonika 1. 1 Tesalonika 2

1 Tesalonika 1. 1 Tesalonika 2 1 Tesalonika 1 Salam 1 Dari Paulus, Silwanus dan Timotius kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang di dalam Allah Bapa dan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu.

Lebih terperinci

1 Langkah Pertama: Mengakui bahwa Allah adalah Pencipta Langit dan Bumi beserta segala isinya. Alam semesta yang sangat kompleks dan serasi, terutama

1 Langkah Pertama: Mengakui bahwa Allah adalah Pencipta Langit dan Bumi beserta segala isinya. Alam semesta yang sangat kompleks dan serasi, terutama 1 Langkah Pertama: Mengakui bahwa Allah adalah Pencipta Langit dan Bumi beserta segala isinya. Alam semesta yang sangat kompleks dan serasi, terutama manusia yang berakal budi, tidak mungkin jadi secara

Lebih terperinci

GPIB Immanuel Depok Minggu, 14 Agustus 2016

GPIB Immanuel Depok Minggu, 14 Agustus 2016 PERSIAPAN : TATA IBADAH HARI MINGGU XIII SESUDAH PENTAKOSTA Doa Pribadi Latihan Lagu-lagu baru Doa para Presbiter di Konsistori (P.1.) UCAPAN SELAMAT DATANG P.2. Selamat pagi/sore dan selamat beribadah

Lebih terperinci

Title: Preached by Dr. w eugene SCOTT, PhD., Stanford University Copyright 2007, Pastor Melissa Scott. - all rights reserved

Title: Preached by Dr. w eugene SCOTT, PhD., Stanford University Copyright 2007, Pastor Melissa Scott. - all rights reserved Title: Preached by Dr. w eugene SCOTT, PhD., Stanford University Copyright 2007, Pastor Melissa Scott. - all rights reserved KOMUNI (PERJAMUAN KUDUS) Disampaikan oleh Dr. w eugene SCOTT, PhD., Stanford

Lebih terperinci

Seri Iman Kristen (10/10)

Seri Iman Kristen (10/10) Seri Iman Kristen (10/10) Nama Kursus : DASAR-DASAR IMAN KRISTEN Nama Pelajaran : Menang Atas Keinginan Daging Kode Pelajaran : DIK-P10 Pelajaran 10 - MENANG ATAS KEINGINAN DAGING DAFTAR ISI Teks Ayat

Lebih terperinci

Beristirahat Dalam Damai Apa Yang Terjadi Setelah Kematian?

Beristirahat Dalam Damai Apa Yang Terjadi Setelah Kematian? Beristirahat Dalam Damai Apa Yang Terjadi Setelah Kematian? Kematian orang yang dikasihi membawa dukacita, penyesalan, keinginan untuk mendapat kesempatan yang kedua, dan sering kali berbagai pertanyaan.

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #17 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #17 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #17 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #17 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB. Kasih Allah Untuk Orang Berdosa

MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB. Kasih Allah Untuk Orang Berdosa MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB Kasih Allah Untuk Orang Berdosa Hari ini kita mau belajar tentang kasih Allah. Untuk menghargai kasih Allah kepada kita, kita harus pertama-tama

Lebih terperinci

"KemuliaanNya meliputi angkasa dan bumi penuh dengan pujiannya."

KemuliaanNya meliputi angkasa dan bumi penuh dengan pujiannya. "KemuliaanNya meliputi angkasa dan bumi penuh dengan pujiannya." ALAM menceritakan tentang ALLAH Pada semua benda yang diciptakan kelihatan kesan akan adanya Tuhan. Alam memberi kesaksian tentang Allah.

Lebih terperinci

Siapakah Yesus Kristus? (3/6)

Siapakah Yesus Kristus? (3/6) Siapakah Yesus Kristus? (3/6) Nama Kursus : SIAPAKAH YESUS KRISTUS? Nama Pelajaran : Yesus adalah Allah Sejati dan Manusia Sejati Tanpa Dosa Kode Pelajaran : SYK-P03 Pelajaran 03 - YESUS ADALAH ALLAH SEJATI

Lebih terperinci

Efesus 1 Salam Doa untuk pengertian tentang kemuliaan Kristus

Efesus 1 Salam Doa untuk pengertian tentang kemuliaan Kristus Efesus 1 Salam 1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah, kepada orang-orang kudus di Efesus, orang-orang percaya dalam Kristus Yesus. 2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa

Lebih terperinci

Permulaan Kesedihan Seseorang Manusia

Permulaan Kesedihan Seseorang Manusia Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Permulaan Kesedihan Seseorang Manusia Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh: Byron Unger dan Lazarus Disadur oleh: M. Maillot

Lebih terperinci

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Permulaan Kesedihan Seseorang Manusia

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Permulaan Kesedihan Seseorang Manusia Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Permulaan Kesedihan Seseorang Manusia Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh: Byron Unger dan Lazarus Disadur oleh: M. Maillot

Lebih terperinci

Lesson 10 for September 2, 2017

Lesson 10 for September 2, 2017 Lesson 10 for September 2, 2017 DUA PERJANJIAN Dalam Galatia 4: 21-31, Paulus menggunakan sebuah kiasan untuk membandingkan keselamatan oleh iman dengan keselamatan melalui perbuatan: Anak dari perempuan

Lebih terperinci

GPIB Immanuel Depok Minggu, 06 Maret 2016 TATA IBADAH HARI MINGGU III PRA PASKAH

GPIB Immanuel Depok Minggu, 06 Maret 2016 TATA IBADAH HARI MINGGU III PRA PASKAH PERSIAPAN : TATA IBADAH HARI MINGGU III PRA PASKAH Doa Pribadi Latihan Lagu-lagu baru Doa para Presbiter di Konsistori (P.1.) UCAPAN SELAMAT DATANG P.2. Selamat pagi/sore dan selamat beribadah di hari

Lebih terperinci

Menjadi Pelaku Firman yang Setia. Yak

Menjadi Pelaku Firman yang Setia. Yak Menjadi Pelaku Firman yang Setia Yak. 19-27 Surat ini membahas serangkaian pokok yang cukup beragam berkaitan dengan menjalankan kehidupan Kristen yang sejati. Yakobus mendorong orang percaya untuk menanggung

Lebih terperinci

PASAL 22 SUNGAI AIR KEHIDUPAN, POHON KEHIDUPAN DAN KEDATANGAN TUHAN. Pdt Gerry CJ Takaria

PASAL 22 SUNGAI AIR KEHIDUPAN, POHON KEHIDUPAN DAN KEDATANGAN TUHAN. Pdt Gerry CJ Takaria PASAL 22 SUNGAI AIR KEHIDUPAN, POHON KEHIDUPAN DAN KEDATANGAN TUHAN PENDAHULUAN Kalau sebelumnya Yohanes ditunjukkan bagian luar kota Yerusalem (21:10), maka sekarang perhatiannya ditujukan kepada benda-benda

Lebih terperinci

Rencana Allah untuk Gereja Tuhan

Rencana Allah untuk Gereja Tuhan Rencana Allah untuk Gereja Tuhan Yesus berkata, "Aku akan mendirikan jemaatku dan alam maut tidak akan menguasainya" (Matius 16:18). Inilah janji yang indah! Ayat ini memberitahukan beberapa hal yang penting

Lebih terperinci

Surat 2 Yohanes (Bagian 14) Sunday, February 14, 2016

Surat 2 Yohanes (Bagian 14) Sunday, February 14, 2016 Surat 2 Yohanes (Bagian 14) Sunday, February 14, 2016 2 Yoh. 1:1-3 1:1 Dari penatua kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya yang benar-benar aku kasihi. Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #32 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #32 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #32 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #32 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Keselamatan. Kasih Karunia HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Keselamatan. Kasih Karunia HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS Keselamatan Kasih Karunia GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150, 65304151

Lebih terperinci

GPIB Immanuel Depok Minggu, 09 April 2017

GPIB Immanuel Depok Minggu, 09 April 2017 PERSIAPAN : TATA IBADAH HARI MINGGU I PRAPASKAH Doa Pribadi Umat Latihan Lagu-lagu baru Doa para Presbiter di Konsistori (P.1.) UCAPAN SELAMAT DATANG P.2. Selamat pagi/sore dan selamat beribadah di hari

Lebih terperinci

Ketika Tuhan mencipta segala benda

Ketika Tuhan mencipta segala benda Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Ketika Tuhan mencipta segala benda Penulis: Edward Hughes Digambar oleh: Byron Unger dan Lazarus Cerita 1 daripada 60 www.m1914.org Diterjemahkan oleh: Julie TY Disadur

Lebih terperinci

TATA IBADAH HARI MINGGU I SESUDAH EPIFANIA PERSIAPAN

TATA IBADAH HARI MINGGU I SESUDAH EPIFANIA PERSIAPAN TATA IBADAH HARI MINGGU I SESUDAH EPIFANIA PERSIAPAN : Doa Pribadi Latihan Lagu-lagu baru Doa para Presbiter di Konsistori (P.1.) UCAPAN SELAMAT DATANG P.2. Selamat pagi/sore dan selamat beribadah di hari

Lebih terperinci

TEMA 1 IBADAH YANG SEJATI DAFTAR TEMA KOTBAH

TEMA 1 IBADAH YANG SEJATI DAFTAR TEMA KOTBAH DAFTAR TEMA KOTBAH TEMA 1 IBADAH YANG SEJATI A. Dasar: Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup,

Lebih terperinci

Surat 1 Yohanes 4 (Bag. 55) Sunday, March 8, 2015

Surat 1 Yohanes 4 (Bag. 55) Sunday, March 8, 2015 Surat 1 Yohanes 4 (Bag. 55) Sunday, March 8, 2015 1 Yoh. 4:17-21 4:17 Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu jika kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama

Lebih terperinci

Surat Yohanes yang pertama

Surat Yohanes yang pertama 1 Surat Yohanes yang pertama Kami ingin memberitakan kepada kalian tentang Dia yang disebut Firman a yaitu Dia yang memberikan hidup kepada kita dan yang sudah ada sebelum dunia diciptakan. Kami sudah

Lebih terperinci

UJIAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH MENENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015 Mata Pelajaran : Kristiani

UJIAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH MENENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015 Mata Pelajaran : Kristiani Nama : UJIAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH MENENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015 Mata Pelajaran : Kristiani Kelas : 8 Waktu : 10.00-11.30 No.Induk : Hari/Tanggal : Kamis, 04 Desember 2014 Petunjuk Umum: Nilai : 1.

Lebih terperinci

Petrus mengajarkan bahwa berdusta kepada Roh Kudus juga berdusta kepada Allah.

Petrus mengajarkan bahwa berdusta kepada Roh Kudus juga berdusta kepada Allah. Lesson 3 for January 21, 2017 Sesudah itu, Ananias dan Safira mendukakan Roh Kudus oleh menyerah kepada perasaan tamak. Mereka mulai menyesali perjanjian mereka dan tidak lama kemudian hilanglah pengaruh

Lebih terperinci