IAIN WALISONGO SEMARANG

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "IAIN WALISONGO SEMARANG"

Transkripsi

1 PPG BLOG DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO SEMARANG SEMARANG, 27 NOVEMBER 2014 OLEH PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN PANGKALAN DATA IAIN WALISONGO SEMARANG

2 Cara Instal Web Server - XAMPP di Windows 1. Download aplikasi XAMPP xampp-win vc9-installer.exe. 2. Dobel klik file xampp yang baru saja Anda download, selanjutnya akan muncul jendela seperti di bawah ini: 3. Berikutnya akan muncul jendela yang isinya meminta Anda memilih komponen-komponen yang mau diinstal. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next. 4. Kemudian Anda akan diminta untuk menentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp. Namun jika Anda ingin menyimpannya di folder lain bisa klik browse dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Next.

3 5. Kemudian Anda akan diminta untuk menghilangkan atau mencentang centangan yang ada seperti gambar berikut ini dan klik tombol Next. 6. Klik tombol Next.

4 7. Kemudian tunggu proses install seperti gambar dibawah ini : 8. Kemudian Anda akan dimintai untuk apakah mencentang semua firewall dan klik Allow access

5 9. Kemudian Anda akan diminta apakah mau menjalankan Control Panel Xampp atau tidak jika ingin langsung menjalankan Control Panelnya maka Centang dan Klik Finish. 10. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya aplikasi tsb sedang dijalankan. Biasanya saat menggunakan XAMPP, cukup men-start aplikasi Apache dan MySQL, karena tidak diperlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lain-lain.

6

7 Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP 1. Bukalah aplikasi XAMPP, bisa melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP. Atau, jika Anda membukanya begitu proses instalasi selesai maka klik Yes seperti yang terlihat pada gambar di atas. Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika saya menggunakan XAMPP, yang saya start hanyalah aplikasi Apache dan MySQL, karena saya tidak memerlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lain-lain. 2. Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.

8 Selamat, akhirnya Anda berhasil menginstal aplikasi XAMPP. Sekarang komputer Anda sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis web. Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara install WordPress di localhost menggunakan XAMPP. Cukup mudah sebenarnya, namun memang membutuhkan sedikit kecermatan dan sering coba-coba. Try try and try teruuus...

9 Instalasi WordPress di Localhost 1. Siapkan file WordPress terbaru wordpress-3.9.zip. Kalau belum punya bisa ngunduh dulu atau download langsung di WordPress.org. 2. Buka folder XAMPP di komputer Anda. Lalu bukalah folder htdocs. Copy-kan file WordPress ke dalam folder ini. Lebih mudahnya, buka Windows Explorer, lalu ketik C:\xampp\htdocs pada bagian folder address seperti terlihat pada gambar di bawah ini. *) NB: Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk menaruh file-file yang bisa dibuka di browser. Jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya. Biasanya kalau settingan masih default, folder ada di drive C. Jadi pastikan jangan salah menempatkan ya Apabila file masih dalam bentuk compress, maka ekstrak terlebih dahulu. Default folder hasil ekstrak biasanya bernama wordpress. Jika mau, nantinya Anda bisa mengganti nama folder ini menjadi nama yang Anda sukai. Katakanlah nama website Anda. Di sini saya menggantinya dengan nama mahad. Jika diakses, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

10 4. Sekarang bukalah browser favorit Anda. Untuk membuka situs wordpress offline ini, nantinya kita bisa mengaksesnya dengan alamat Jika milik Anda tetap memakai folder default, maka alamatnya Ketikkan di address bar. Lalu klik Create a Configuration File. 5. Klik Let s Go.

11 6. Isikan nama database, user name, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika belum, Anda bisa membacanya pada tutorial cara membuat database menggunakan XAMPP. Pada bagian Database Host isikan dengan localhost saja. Klik Submit. 7. Jika terjadi error seperti gambar dibawah ini ada beberapa kemungkinan yang belum ada seperti : database ; user ; dan password untuk web yang mau kita buat tersebut :

12 8. Jika terjadi error seperti gambar diatas sebaiknya kita harus membuat database, user dan password terlebih dahulu dengan membuka seperti tampil berikut ini : Membuat database isi nama database yang mau dibuat misalkan databasenya tadi mahad kemudian klik tombol create/buat Membuat User dan Password setelah selesai mengisi user dan password serta mencentang seluruh hak yang dapat dilakukan user tersebut kemudian Klik Tombol Kirim

13 9. Setelah database dan user dibuat Try Again Klik Submit setelah itu muncul tampilan seperti gambar dibawah ini dan Klik Run the Install.: 10. Isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Setelah itu klik install wordpress.

14 11. Selamat! WordPress offline Anda sudah jadi. Silahkan Login. 12. Masukkan username dan password yang telah Anda buat pada langkah no.8 untuk login ke Dashboard. Cara lain bisa langsung mengetikkan alamat di browser Jika di tempat saya berarti menggunakan alamat Nah, demikian langkah-langkah bagaimana kita menginstal WordPress offline di localhost menggunakan XAMPP.

15 Manajemen Wordpress Berikut merupakan menu-menu yang ada di dalam admin Wordpress, yang digunakan untuk memanajemen website yang menggunakan CMS Wordpress. 1. Login Manajemen Wordpress Masukkan username dan password yang telah Anda buat untuk login ke Dashboard dengan cara bisa langsung mengetikkan alamat di browser Jika di tempat saya berarti menggunakan alamat 2. Dashboard Utama Merupakan tampilan awal saat masuk ke halaman dashboard awal wordpress, yang berisi informasi mengenai wordpress.

16 3. Dashboard Update Menu ini digunakan untuk melihat update yang tersedia bagi wordpress yang berupa core system, plugin atau tema yang tersedia. 4. Posts Menu ini digunakan untuk membuat postingan ataupun tulisan yang akan ditampilkan di website tersebut. User bisa mengahapus (Trash), melihat (View) atau mengedit (Edit/Quick Edit) dengan menekan tombol yang ada dibawah setiap postingan tersebut. a. Add New Merupakan menu yang digunakan untuk membuat postingan baru. User bisa menambahkan file media (gambar, video) dengan cara klik tombol Add Media, kemudian Klik tombol Publish untuk menebitkan postingan tersebut.

17 Catatan : usahakan setiap postingan di atur per kategori yang dituju, agar setiap postingan lebih tersusun secara rapi per kategori. Edit Fasilitas untuk mengedit postingan yang sudah ada. Klik Update untuk memperbaharui postingan tersebut. b. Categories Merupakan bagian yang digunakan untuk mengatur kategori tulisan yang akan ditampilkan di website tersebut. Isikan kategori yang dibutuhkan terus klik tombol Add New Category untuk menyimpan.

18 c. Tags Merupakan menu yang digunakan untuk menyimpan Tag (Penanda) yang akan digunakan untuk menandai sesuatu di dalam website tersebut. Isikan tag yang dibutuhkan lalu klik tombol Add New Tag Untuk menyimpan. 5. Media Merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengorganisir semua file-file media (gambar, video, file pendukung) yang digunakan di website. User bisa menghapus, melihat atau mengedit dengan menakan tombol yang ada dibawah setiap file.

19 a. Add New Merupakan menu yang digunakan untuk menambahkan file media baru. Klik tombol Select File untuk menambahkan atau tarik dan seret file yang dimaksud ke dalam kotak Drop files here. Edit Fasilitas untuk mengedit per file media, klik tombol Update untuk menyimpan hasil perubahan.

20 6. Pages Menu ini digunakan untuk membuat page (halaman) statis yang akan ditampilkan di website tersebut. User bisa mengahapus, melihat atau mengedit dengan menekan tombol yang ada dibawah setiap postingan. a. Add New Merupakan menu yang digunakan untuk membuat halaman (page) baru. User bisa menambahkan file media (gambar, video) dengan cara klik tombol Add Media, Klik tombol Publish untuk menebitkan halaman baru tersebut.

21 Edit Fasilitas untuk mengedit Page (halaman) yang dituju. Klik Update untuk memperbaharui halaman tersebut. 7. Comments Menu ini digunakan untuk menampilkan comment (komentar) dari pengunjung website, User bisa membalas (Reply), menghapus (Trash), atau mengedit (Edit) dengan menekan link yang ada dibawah komentar tersebut.

22 8. Appearance Menu ini digunakan untuk melihat, mengedit tampilan berupa tema, menu, widget dan lainlain. Klik Add New untuk menambahkan tema, klik Customize untuk menyesuaikan pengaturan tema tersebut. Klik Activate untuk mengaktifkan tema yang dipilih, klik Live Preview untuk meninjau tema yang akan dipilih. a. Customize Merupakan halaman penyesuain pengaturan untuk tema yang telah aktif.

23 b. Widgets Merupakan sebuah kotak yang berisi kode-kode di mana anda dapat memindahkan ke dalam sidebar di manapun anda mau, klik dan geser kotak-kotak tersebut pada bagian sisi kiri ke kanan untuk menambahkan widget tersebut. c. Menus Merupakan halaman yang digunakan untuk mengatur menu yang akan dimunculkan di website laman utama. User bisa menambahkan menu berupa hasil dari Page (halaman), Link, maupun berdasarkan kategori.

24 Klik Add to Menu untuk menambahkan ke dalam struktur menu, seperti pada gambar diatas. Klik Save Menu untuk menyimpan hasil kerja. Create a New Menu Fasilitas untuk menambahkan menu utama di laman depan website. Klik Create Menu untuk membuat menu tersebut. Manage Location Fasilitas yang digunakan untuk manajemen menu di system laman depan website tersebut, berdasarkan navigasi lokasi menu Top Menu Navigation (Navigasi Menu Atas) dan Primary Navigation (Navigasi Primer/Utama). Klik Save untuk menyimpan.

25 d. Editor Merupakan menu yang digunakan untuk mengedit template tema secara manual berupa file PHP maupun file CSS. 9. Plugins Merupakan menu yang digunakan untuk mengorganisir plugin yang ada di sistem wordpress. Klik Activate untuk mengaktifkan, dan Edit, Delete untuk merubah atau menghapus plugin tersebut.

26 a. Add New Merupakan menu yang digunakan untuk menambahkan menu baru. Klik tombol Search Plugin untuk mencari plugin secara manual yang ada bebas di internet. Upload Merupakan menu yang digunakan untuk mengupload/mengunggah file plugin secara terpisah melalui fasilitas dibawah dan menginstal file plugin tersebut.

27 Featured, Popular, Newest, Favorites b. Editor Merupakan menu untuk mengedit plugin secara manual. 10. User Merupakan menu untuk mengorganisir pengguna yang akan berinteraksi dengan website tersebut.

28 a. Add New Fasilitas untuk menambahkan user baru berdasarkan tingkat level hak akses yang diperbolehkan. b. Your Profile Merupakan menu untuk personalisasi pengguna (user).

29 11. Tools Merupakan menu yang digunakan untuk Press This (untuk mengambil klip teks, gambar, dari sumber halaman web lain. kemudian edit dan simpan hasil klip tersebut. Categories and Tag Converter (untuk mengonversi kategori kedalam penanda atau sebaliknya). a. Import Fasilitas untuk mengimpor posting, atau komentar kedalam sistem wordpress melalui sistem yang lain seperti gambar dibawah. b. Export Fasilitas untuk mengekspor pengaturan wordpress yang telah ada ke dalam sistem wordpress yang baru. Klik Download Export File untuk mengunduh hasil file ekspor tersebut.

30 12. Setting Merupakan menu untuk mengatur semua yang ada di system wordpress Catatan : Site title = judul website Tagline = penanda utama Wordpress Address (URL) = alamat sistem wordpress Site Address (URL) = alamat website Address = alamat Membership = pengguna New user default role = pengkategorian pengguna baru Timezone = zona waktu a. Writing Fasilitas yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara format penulisan, pengkategorian, atau posting via .

31 b. Reading Fasilitas yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara pengguna membaca/berinteraksi dengan website. Klik Save Changes untuk menyimpan. c. Discussion Fasilitas yang digunakan untuk mengatur Diskusi atau komentar yang di tampilkan di situs website.

32 d. Media Fasilitas yang digunakan untuk mengatur media pendukung website. e. Permalinks Fasilitas yang digunakan untuk mengatur link bawaan sistem.

LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom

LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom Bagi Anda yang ingin membuat website namun belum memiliki domain dan hosting sendiri, jangan berkecil hati dulu. Karena masih

Lebih terperinci

Modul Pembuatan Website Menggunakan

Modul Pembuatan Website Menggunakan Design : www.mhdsyarif.p.ht Modul Pembuatan Website Menggunakan Versi 3.5.1 07-08 Mei 2013 Oleh : Divisi Web Puskom UR http://puskom.unri.ac.id Daftar Isi Daftar Isi...i A. Install XAMPP... 1 B. Install

Lebih terperinci

Modul Pelatihan. WordPress

Modul Pelatihan. WordPress Modul Pelatihan WordPress OLEH: TIM LPTIK UNJA Universitas Jambi 2018 A. Mengunjungi Halaman Wordpress Untuk mendapatkan alamat url blog, silakan mendaftar ke LPTIK. Setelah mendaftar, pemilik blog akan

Lebih terperinci

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website Panduan Pengelolaan Website V.2.0 0 LOGIN DASHBOARD Silahkan masuk ke url : http://namadomain.com/wp-admin Username dan password telah kami kirim ke email Anda. Setelah login, anda akan melihat tampilan

Lebih terperinci

Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win )

Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win ) Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win32-1.7.3.) 1. Apabila Anda belum mempunyai file setup XAMMP yang akan di-install, silahkan unduh (download) terlebih dahulu 2. Setelah berhasil mengunduh file

Lebih terperinci

PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE

PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE WORDPRESS 4.4.1 Daftar Isi Dashboard (Admin) 1. Masuk ke login admin http://namadomain.com/wp login.php. 2. Setelah login sukses, halaman admin/dashboard akan terlihat. 3.

Lebih terperinci

Website Training Off. On line

Website Training Off. On line Website Training Off On line Thuesday, February 19, 2013 Petunjuk Install XAMPP Ada beberapa langkah dalam install XAMPP sebagai berikut : 1. Download XAMPP dialamat : http://sourceforge.net/projects/xampp/files/xampp%20windows/1.7.1/xamp

Lebih terperinci

KKN SISDAMAS Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data

KKN SISDAMAS Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data KKN SISDAMAS 2017 Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1 Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) Berikut ini

Lebih terperinci

Mengembangkan Website Berbasis Wordpress

Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Bagian 1: Pengenalan dan Instalasi Wordpress Hanif Rasyidi Pendahuluan Perkembangan teknologi saat ini membuat internet menjadi salah satu sumber utama dalam pencarian

Lebih terperinci

PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI

PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI MODUL PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI Modul ini merupakan pentunjuk awal untuk pembuatan web hosting

Lebih terperinci

Link Categories, digunakan untuk mengelompokkan link ke dalam kategorikategori

Link Categories, digunakan untuk mengelompokkan link ke dalam kategorikategori Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan Wordpress WordPress Dashboard (Admin) 1. Untuk login ke halaman admin, ketik: wp-admin atau wp-login.php di belakang alamat domain Anda. Contoh feddy.staff.telkomuniversity.ac.id/wp-admin.

Lebih terperinci

Panduan Dasar Membuat Website

Panduan Dasar Membuat Website Tutorial singkat cara menggunakan WordPress mulai dari masuk ke Dashboard Admin hingga cara membuat postingan. Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress Versi 3.x By Webhostmu.Com Daftar Isi

Lebih terperinci

CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE

CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE A. Cara Mendaftar di Wordpress 1. Buka http://wordpress.com/ pilih Get Started. 2. Masukkan data email, username, password dan nama blog Anda. Klik

Lebih terperinci

TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS

TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS 1. Masuk Blog Langkah pertama silahkan akses http://blog.walisongo.ac.id di browser anda dan muncul seperti tampilan di bawah ini, kemudian klik Menu Daftar

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN WEBSITE

MODUL PELATIHAN WEBSITE MODUL PELATIHAN WEBSITE BERBASIS ENGINE WORDPRESS Dibangun secara offline menggunakan software : Xampp Control Panel Wordpress 3.5 UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT KOMPUTER UNIVERSITAS LAMPUNG 2013 Cara Instal

Lebih terperinci

Panduan Dasar Membuat Website

Panduan Dasar Membuat Website Tutorial singkat cara menggunakan WordPress mulai dari masuk ke Dashboard Admin hingga cara membuat postingan. Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress Versi 3.x By Webhostmu.Com Website (Dashboard

Lebih terperinci

Langkah Langkah Membuat Blog Secara Offline Menggunakan Wordpress

Langkah Langkah Membuat Blog Secara Offline Menggunakan Wordpress Langkah Langkah Membuat Blog Secara Offline Menggunakan Wordpress Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall web server. Web server yang akan kita bahas adalah Apache. Mengapa harus Apache?

Lebih terperinci

MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN RUMAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 2016 Daftar Isi Pendahuluan Pengertian Hosting Pengertian Domain Cara Instal WordPress Cara

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG. Version 0.1

PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG. Version 0.1 PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG Version 0.1 1 Table of Contents PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG...1 Login...3 Mengenal Dashboard...3 Membuat Kategori...3 Menulis Artikel...4 Membuat Halaman Statik...7

Lebih terperinci

3. Pilih layout dari blog yang akan kita buat seperti gambar di bawah ini : 4. Lalu pilih tema sesuai dengan layout yang sudah kita pilih tadi seperti

3. Pilih layout dari blog yang akan kita buat seperti gambar di bawah ini : 4. Lalu pilih tema sesuai dengan layout yang sudah kita pilih tadi seperti Membuat Blog dengan Wordpress Apa Itu WordPress? WordPress adalah salah satu platfrom blog yang saat ini sudah mengalami banyak perkembangan sehingga bisa kita gunakan untuk membuat website untuk banyak

Lebih terperinci

TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA UMS Team IT & IT helpdesk Supported

TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA UMS Team IT & IT helpdesk Supported TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2011 http://blogstaf.ums.ac.id/ PENDAFTARAN BLOG STAF UMS Dalam upaya pengembangan dalam bidang IT (informasi teknologi) UMS telah menyediakan Web

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Hasil penelitian ini berupa sebuah website yang didukung oleh teknologi CMS wordpress version 4.5.3. Halaman-halaman web yang terdapat dalam website secara umum terbagi

Lebih terperinci

PUSAT PELATIHAN INTERNET MARKETING I S P A R M O

PUSAT PELATIHAN INTERNET MARKETING I S P A R M O PUSAT PELATIHAN INTERNET MARKETING I S P A R M O 2015 http://www.internetmarketingcenter.web.id TUTORIAL PENGELOLAAN WORDPRESS BLOG SECARA OFFLINE MENGGUNAKAN SERVER2GO I. Pendahuluan Wordpresss merupakan

Lebih terperinci

Manual CMS Wordpress

Manual CMS Wordpress Manual CMS Wordpress Manajemen CMS Wordpress by IT Support Team FEB Unpad Page 2 Manual CMS Wordpress Untuk Admin Contents : A. Laman Utama B. Manajemen Pengelolaan Konten dengan Wordpress C. General Settings

Lebih terperinci

Buku Panduan Administrator Portal IT

Buku Panduan Administrator Portal IT Daftar Isi Daftar Isi... 2 MEMBUAT HALAMAN WEB... 15 Membuat Content Baru... 18 1. Membuat Section... 18 2. Membuat Kategori... 22 3. Membuat Article... 25 Membuat Menu Baru... 29 Membuat Sub Menu Berkategori...

Lebih terperinci

Membuat Menu Pada Builder Sitepad

Membuat Menu Pada Builder Sitepad Membuat Menu Pada Builder Sitepad Website Setelah melakukan instalasi pada website anda dan telah menginstall theme yang di ingkan, anda dapat merubah menu default pada theme tersebut dengan mengikuti

Lebih terperinci

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6.

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6. Panduan Instalasi Aplikasi SIDeKa 1. Instalasi Web Server menggunakan XAMPP. Di Windows Web Server diperlukan untuk menjalankan aplikasi SIDeKa, karena aplikasi ini dibangun berbasis web (Web Base). Step

Lebih terperinci

LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM

LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM 1. Instalasi Aplikasi XAMPP versi 1.7.4 a. Jika anda sudah memiliki file XAMPP 1.7.4. anda tinggal double click file tersebut. Kemudian akan muncul pilihan bahasa. Pilih

Lebih terperinci

CMS Content Management System

CMS Content Management System CMS Content Management System DISUSUN OLEH: AHMAD SYAUQI AHSAN Disampaikan pada bimtek di Diskominfo Jatim 3 Mei 2016 Apa itu CMS? 2 CMS = Content Management System (Sistem Pengelola Isi). Dengan CMS,

Lebih terperinci

Belajar Membuat Blog Wordpress Secara Offline dengan XAMPP Server

Belajar Membuat Blog Wordpress Secara Offline dengan XAMPP Server Belajar Membuat Blog Wordpress Secara Offline dengan XAMPP Server Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai cara belajar membuat blog wordpress secara offline (tanpa tersambung ke internet) dengan

Lebih terperinci

INSTALL WEB WORDPRESS

INSTALL WEB WORDPRESS INSTALL WEB WORDPRESS Langkah-langkah Install Wordpress 1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload CMS WordPress versi terbaru dari WordPress.org 2. Ekstrak file master wordpress ke folder

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS

Tutorial Membuat Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS Tutorial Membuat Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MENDAFTAR DI WORDPRESS WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus kepada estetika, standar web, dan kegunaan. WordPress

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD

TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KABUPATEN WONOSOBO Jl. Tumenggung Jogonegoro No. 08 Wonosobo Telp. (0286) 321341 / Fax. (0286) 321341 Email: diskominfo.wonosobo@gmail.com

Lebih terperinci

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting:

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting: Cara install wordpress di local host Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting: Xampp wordpress terbaru, download disini https://wordpress.org/download/

Lebih terperinci

Step-Step dalam pembuatan Web

Step-Step dalam pembuatan Web Step-Step dalam pembuatan Web Langkah-langkah pembuatannya tidak terlalu sulit. Yang pertama dilakukan adalah kita harus menginstall web servernya yaitu misalnya XAMPP. Setelah itu, kita langsung bisa

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Wordpress Mengenal Dashboard Memposting Artikel Membuat Halaman Baru Eksplorasi Menu Appearance

DAFTAR ISI. Wordpress Mengenal Dashboard Memposting Artikel Membuat Halaman Baru Eksplorasi Menu Appearance DAFTAR ISI Wordpress... 2 Mengenal Dashboard... 4 Memposting Artikel... 5 Penjelasan Area Posting Artikel... 5 Menambah Gambar Pada Tulisan... 8 Menambah Kategori dan Tag Pada Tulisan... 10 Pratampil dan

Lebih terperinci

MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY Twitter

MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY Twitter MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY 2 www.jasaplus.com 082227927747 Twitter : @ringlayer email : ringlayer@gmail.com jasapluscom@yahoo.com DAFTAR ISI BAB 1. PENGENALAN DAN INSTALASI JSTOCKINVENTORY 1.1.

Lebih terperinci

Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS

Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS 1 Fransisca Pramesti, S.Si, M.Eng. UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Institut Seni Indonesia Surakarta A. Web Berbasis WordPress Web dibangun menggunakan

Lebih terperinci

Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla

Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla Posted by: yoedha / Category: Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla... Dewasa ini internet sudah merasuki semua masyarakat dunia. Mereka menganggap internet

Lebih terperinci

Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana?

Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana? Pendahuluan Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana? Biar kami beritahu sedikit rahasia: Jamaah IKMI

Lebih terperinci

Cara Install WordPress Offline di Localhost XAMPP. Jackson Sihite. Abstrak. Pendahuluan.

Cara Install WordPress Offline di Localhost XAMPP. Jackson Sihite. Abstrak. Pendahuluan. Cara Install WordPress Offline di Localhost XAMPP Jackson Sihite jackson@raharja.info Abstrak Bagi para Blogger yang tak luput dalam mendesain dan memodifikasi blognya mungkin kerap merasa takut salah

Lebih terperinci

MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS

MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS Blog adalah salah satu aplikasi internet yang sangat digemari pada sat ini, karena di samping tersedia secara gratis, juga dapat dikembangkan sesuai dengan tujuan dari si empunya

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Blog Wordpress. Disusun Oleh :

Panduan Penggunaan Blog Wordpress. Disusun Oleh : Panduan Penggunaan Blog Wordpress Disusun Oleh : DIVISI WEB ADMINISTRASI UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA 2013 1 Login Untuk masuk ke halaman login Arahkan browser Anda ke URL domainanda.maranatha.edu/wp-admin.

Lebih terperinci

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting Modul (artikel) sebelumnya, yaitu: Cara Membuat Email Gmail. http://khudri.com/download/tutorial/pembuatan-email-gmail.pdf

Lebih terperinci

MID-TERM EXAM ASSIGNMENT E-COMMERCE

MID-TERM EXAM ASSIGNMENT E-COMMERCE MID-TERM EXAM ASSIGNMENT E-COMMERCE Aditya Wisnu Prasetya Nim : 0910221006 Management Department Faculty of Economics Brawijaya University MALANG 2012 Manual Wordpress Untuk E-Commerce WordPress adalah

Lebih terperinci

Installasi Wordpress.com

Installasi Wordpress.com Untuk Pelatihan guru-guru MAN Oleh: Nurhayati, Ph.D 30 November 2012 Installasi Wordpress.com Buka browser favorit anda dan arahkan ke http://www.wordpress.com Pada halaman depan http://www.wordpress.com,

Lebih terperinci

Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari

Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari Membuat Web dengan CMS Joomla Sumber dari www.ahmadyunus.com Membuat Web dengan CMS Joomla sebenarnya gampang-gampang mudah, asalkan kita mau belajar. Saya sendiripun sebenarnya masih pemula sekali dalam

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Agar bisa membuat blog, anda setidaknya memerlukan komputer dengan spesifikasi yang bagus, terhubung dengan jaringan internet, email yang masih aktif dan

Lebih terperinci

Wordpress : Membuat Situs di PC Sendiri

Wordpress : Membuat Situs di PC Sendiri Wordpress : Membuat Situs di PC Sendiri Bikin Website Offline Maksudnya apa bikin website offline? Terus buat apa bikin website tapi nggak online? Ntar ngga ada yang ngeliat dong? Bentar dulu dong. Maksudnya

Lebih terperinci

Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress

Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Memulai mengelola WordPress:. Login sebagai admin melalui http://nama-pengguna.staff.ugm.ac.id/wp-admin, masukkan Username dan Password anda. Bila

Lebih terperinci

DAFTAR ISI MANUAL BOOK

DAFTAR ISI MANUAL BOOK DAFTAR ISI MANUAL BOOK BAB I Pengenalan Awal Wordpress... 3 Apa itu Wordpress... 3 Kelebihan dan keunggulan Wordpress... 3 Wordpress via Online... 3 BAB II Memulai Menggunakan Wordpress... 5 Memulai Wordpress...

Lebih terperinci

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM 1 MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi php dan javascript sebagai rancangan interface, untuk tempat penyimpanan data (database) digunakan MySQL client version:

Lebih terperinci

Blog Akademis Dosen

Blog Akademis Dosen LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT U N DIKSHA Universitas Pendidikan Ganesha Panduan Pengoperasian blog akademis Dosen UNDIKSHA Blog Akademis Dosen http://blog.undiksha.ac.id Dalam rangka program Penerapan

Lebih terperinci

USER GUIDE BLOG MAHASISWA

USER GUIDE BLOG MAHASISWA USER GUIDE BLOG MAHASISWA LOGIN Akses URL login blog mahasiswa di alamat [namablog]/wp-admin semisal : randy./wpadmin. Masukkan username dan password BASIC SETTING PERMALINK Agar memudahkan mesin pencari

Lebih terperinci

www.niagahoster.co.id cs@niagahoster.co.id 0274 5305505 Daftar Isi Pendahuluan... 1 1. Cara Membeli Domain dan Hosting (di Niagahoster)... 2 1.1. Pengertian Hosting... 2 1.2. Pengertian Domain... 2 2.

Lebih terperinci

USER MANUAL CMS BLOG

USER MANUAL CMS BLOG USER MANUAL CMS BLOG Disusun oleh : 1. Abdul Hafidh Sidiq (09650031) 2. Moch. Shidqul Ahdi (09650032) 3. Jauharoh Pratami (09650033) 4. Sigit Budi Permana (09650035) 5. Ismi Fitriyani (09650036) 6. Arum

Lebih terperinci

2. Perangkat Jaringan (Kabel UTP, Switch/Hub,Ethernet) Perangkat Lunak 1. Sistem Operasi (WindowsXP, Windows 2000, Windows 2003, Linux)

2. Perangkat Jaringan (Kabel UTP, Switch/Hub,Ethernet) Perangkat Lunak 1. Sistem Operasi (WindowsXP, Windows 2000, Windows 2003, Linux) Bab I Installasi Untuk menjalankan dan mempraktekan Web Site Sekolah ini ada 2 tahapan installasi yang harus diinstall di komputer: Installasi Web Server. Installasi Web Sekolah. A. Installasi Web Server

Lebih terperinci

Cara Belajar Xampp Pada Mysql untuk Php

Cara Belajar Xampp Pada Mysql untuk Php Cara Belajar Xampp Pada Mysql untuk Php Euis Sutinah euissutinah@ymail.com Abstrak MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL, Jika dalam bahasa Inggris adalah database management

Lebih terperinci

REKAYASA WEB SESI - 2 Dosen : Tri Ari Cahyono, S.Kom, M.Kom

REKAYASA WEB SESI - 2 Dosen : Tri Ari Cahyono, S.Kom, M.Kom REKAYASA WEB SESI - 2 Dosen : Tri Ari Cahyono, S.Kom, M.Kom ------------------------------------------------------------------------------ INSTALASI AURACMS Download terlebih dahulu file script AuraCMS

Lebih terperinci

Nge Blog menggunakan WordPress. Irwan Ary Dharmawan

Nge Blog menggunakan WordPress. Irwan Ary Dharmawan Nge Blog menggunakan WordPress Irwan Ary Dharmawan http://staff.phys.unpad.ac.id/iad PENDAHULUAN Dalam modul singkat ini akan dijelaskan secara teknis bagaimana menulis blog menggunakan WordPress yang

Lebih terperinci

Untuk pembuatan web offline ada beberapa cara dan juga alat/software yang digunakan antara lain: 1. INSTALLASI XAMPP

Untuk pembuatan web offline ada beberapa cara dan juga alat/software yang digunakan antara lain: 1. INSTALLASI XAMPP Untuk pembuatan web offline ada beberapa cara dan juga alat/software yang digunakan antara lain: 1. Xampp 2. Phpmyadmin 3. Wordpress Dan untuk cara pembuatannya kita lanjut ke pembahasan selanjutnya. 1.

Lebih terperinci

TUTORIAL WEBSITE SEKOLAH

TUTORIAL WEBSITE SEKOLAH 1 DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 2. Cara membeli website sekolah di GoSch.id 3. Cara masuk ke dashboard 4. Pengenalan dashboard 5. Cara membuat post / artikel 6. Cara membuat halaman 7. Cara mengelola menu

Lebih terperinci

MID TERM EXAMINATION E-COMMERCE MANUAL WORDPRESS AND JOOMLA

MID TERM EXAMINATION E-COMMERCE MANUAL WORDPRESS AND JOOMLA MID TERM EXAMINATION E-COMMERCE MANUAL WORDPRESS AND JOOMLA Arum Prasasti (0910223028) Faculty of Economics and Business University of Brawijaya 2012 MANUAL WORDPRESS DAN JOOMLA WORDPRESS 1. Ketik di browser

Lebih terperinci

INSTALASI MOODLE DI LAPTOP/PC DENGAN WINDOWS 7

INSTALASI MOODLE DI LAPTOP/PC DENGAN WINDOWS 7 1 INSTALASI MOODLE DI LAPTOP/PC DENGAN WINDOWS 7 Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. http://blog.uny.ac.id/hermansurjono Pendahuluan Banyak portal e- learning yang dikembangkan dengan LMS Moodle. Salah satu

Lebih terperinci

2.1 Instalasi Joomla Secara Lokal

2.1 Instalasi Joomla Secara Lokal Instalasi Joomla Sebelum belajar membuat web, kita perlu menginstal perangkat lunak yang dibutuhkan oleh Joomla. Sebenarnya Anda dapat menginstal perangkat lunak komponen Joomla secara terpisah, tetapi

Lebih terperinci

MODUL 7. Apakah Joomla itu? A. Pra-Instalasi Joomla. Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories

MODUL 7. Apakah Joomla itu? A. Pra-Instalasi Joomla. Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories MODUL 7 JOOMLA Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories Apakah Joomla itu? Sejauh ini joomla adalah: Joomla! is a free open source framework and content publishing

Lebih terperinci

MANUAL BLOG STAFF.UNS.AC.ID

MANUAL BLOG STAFF.UNS.AC.ID STAFF.UNS.AC.ID UPT. PUSAT KOMPUTER UNIVERSITAS SURAKARTA 2008 BAB I Pendahuluan Registrasi Blog awal mulanya adalah sebuah catatan pribadi, lambat laun perkembangan blog lebih mengarah ke Web Personal

Lebih terperinci

Panduan Instalasi Drupal 7 di Localhost

Panduan Instalasi Drupal 7 di Localhost Panduan Instalasi Drupal 7 di Localhost T Farhan Alian tfarhanz@gmail.com http://teukufarhan.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2006 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan,

Lebih terperinci

Welcome to staff.blog.ui.edu. Untuk dapat masuk ke website ini, silahkan login terlebih dahulu

Welcome to staff.blog.ui.edu. Untuk dapat masuk ke website ini, silahkan login terlebih dahulu Welcome to staff.blog.ui.edu Untuk dapat masuk ke website ini, silahkan login terlebih dahulu Login Masukkan username dan password SIAK NG anda Welcome to Wordpress Dashboard View Your Own Site Table List

Lebih terperinci

6. Jika langkah di atas dijalankan dengan benar, user akan masuk ke halaman login seperti gambar di bawah

6. Jika langkah di atas dijalankan dengan benar, user akan masuk ke halaman login seperti gambar di bawah Cara menjalankan program 1. Install WAMP Server atau XAMPP Server dan jalankan. (klik link untuk melihat cara install) 2. Install browser, dapat menggunakan Firefox, Chrome, atau browser yang lain (pada

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad DCISTEM Universitas Padjadjaran i Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Daftar Isi Daftar Isi... i Log In ke Blog KKNM... 1 Mengenal Blog KKNM Universitas Padjadjaran...

Lebih terperinci

[Pick the date] DKSI-IPB PANDUAN PENGGUNAAN BLOG INOVASI IPB (HTTP://INNOV.IPB.AC.ID)

[Pick the date] DKSI-IPB PANDUAN PENGGUNAAN BLOG INOVASI IPB (HTTP://INNOV.IPB.AC.ID) [Pick the date] DKSI-IPB PANDUAN PENGGUNAAN BLOG INOVASI IPB (HTTP://INNOV.IPB.AC.ID) Pelatihan blog inovasi IPB 28-29 November 2011 Pengenalan Blog Blog adalah kependekan dari weblog. Blog pertama kali

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad UPT Tekonologi Informasi Universitas Padjadjaran i Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Daftar Isi Daftar Isi... i Mengetahui Alamat Blog... 1 Log In ke Blog KKNM... 2

Lebih terperinci

BAB IV DISKRIPSI KERJA PRAKTIK. 4.1 Pembuatan Server Menggunakan Mercury Pada XAMPP

BAB IV DISKRIPSI KERJA PRAKTIK. 4.1 Pembuatan  Server Menggunakan Mercury Pada XAMPP BAB IV DISKRIPSI KERJA PRAKTIK Bab ini membahas tentang proses installasi dan menampilkan foto-foto hasil desain topologi yang telah dikerjakan. 4.1 Pembuatan E-Mail Server Menggunakan Mercury Pada XAMPP

Lebih terperinci

Instalasi Web Server Apache, PHP, dan MySQL dengan XAMPP

Instalasi Web Server Apache, PHP, dan MySQL dengan XAMPP Instalasi Web Server Apache, PHP, dan MySQL dengan XAMPP Tidak seperti kode HTML yang dapat langsung berjalan di web browser, halaman web yang ditulis dengan PHP harus diproses dalam sebuah aplikasi yang

Lebih terperinci

Prosedur Menjalankan Program / Alat

Prosedur Menjalankan Program / Alat Prosedur Menjalankan Program / Alat Software yang dipakai untuk menjalankan program / alat : 1. Browser (Mozilla Firefox atau Google Chrome) Bebas pilih salah satu. 2. XAMPP 3. Adobe Dreamweaver atau Notepad

Lebih terperinci

MANUAL WORDPRESS. Administrasi Dasar Wordpress Inilah bentuk dasar (default) dari template standart dan admin untuk wordpress.

MANUAL WORDPRESS. Administrasi Dasar Wordpress Inilah bentuk dasar (default) dari template standart dan admin untuk wordpress. Administrasi Dasar Wordpress Inilah bentuk dasar (default) dari template standart dan admin untuk wordpress. Hello World! Kata-kata ini kelak akan menjadi familiar bagi anda saat pertama kali membuka web

Lebih terperinci

INSTALASI WEB SERVER PADA MICROSOFT WINDOWS

INSTALASI WEB SERVER PADA MICROSOFT WINDOWS INSTALASI WEB SERVER PADA MICROSOFT WINDOWS Proses instalasi yang harus dilakukan setelah Sistem Operasi terinstall adalah melakukan instalasi Web Server. Web Server yang dipergunakan adalah Apache Web

Lebih terperinci

Muhammad Adri. Pendahuluan. Instalasi Xampp

Muhammad Adri. Pendahuluan. Instalasi Xampp Optimalisasi Blog untuk Pembelajaran Localhost Setup (Instalasi Xampp dan WordPress) Muhammad Adri mhd.adri@unp.ac.id http://muhammadadri.wordpress.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2008 IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

User Manual. Website i-come.petra.ac.id

User Manual. Website i-come.petra.ac.id User Manual Website i-come.petra.ac.id 1 P a g e Contents Pembuka...2 Kumpulan Username dan Password...2 Email i-come@petra.ac.id...2 Login admin website i-come.petra.ac.id...2 Media...3 Pages...5 Comments...7

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNA LAYANAN BLOG HOSTING. Penyusun: Y. Sigit Purnomo W.P.

PANDUAN PENGGUNA LAYANAN BLOG HOSTING. Penyusun: Y. Sigit Purnomo W.P. PANDUAN PENGGUNA LAYANAN BLOG HOSTING Penyusun: Y. Sigit Purnomo W.P. KANTOR SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2012 Ringkasan Eksekutif Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) telah menyediakan

Lebih terperinci

Membuat Blog Menggunakan Wordpress

Membuat Blog Menggunakan Wordpress Membuat Blog Menggunakan Wordpress - 2013 Pengertian Blog Blog atau Weblog adalah buku harian online yang diisi secara terus menerus secara periodik. Blog pada awalnya hanya dimiliki oleh artis dan selebriti

Lebih terperinci

MEMBUAT WORDPRESS DI IDHOSTINGER

MEMBUAT WORDPRESS DI IDHOSTINGER MEMBUAT WORDPRESS DI IDHOSTINGER 1. Tampilan awal ketika anda sudah login sebagai user/admin.. 2. Pada bagian kiri Dashboard terdapat beberapa fitur. Jika ingin melakukan input data atau posting artikel,

Lebih terperinci

Membangun Website dengan Joomla!

Membangun Website dengan Joomla! ! Joomla! adalah salah satu Content Management System (CMS) yang banyak digunakan saat ini karena Joomla! menawarkan kemudahan dalam meng-update isi website, pengaturan tampilan Website dan pengelolaan

Lebih terperinci

USER MANUAL SUB PORTAL PUBLIK BUMN

USER MANUAL SUB PORTAL PUBLIK BUMN P a g e 0 USER MANUAL SUB PORTAL PUBLIK BUMN Versi 1.5 Disusun untuk Admin Publik BUMN Disusun oleh Bidang Sistem Informasi KEMENTERIAN BUMN 021-29935678 ext 1061 07-04-2014 DAFTAR ISI I. AKSES PORTAL

Lebih terperinci

Dalam buku ini kita akan belajar tentang bagaimana membangun blog atau website sendiri menggunakan WordPress.

Dalam buku ini kita akan belajar tentang bagaimana membangun blog atau website sendiri menggunakan WordPress. Pendahuluan Website design adalah suatu ketrampilan praktis yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin menjadi pemimpin di dunia maya, baik melalui tulisan-tulisan yang dipublikasikan secara independen

Lebih terperinci

Panduan Dasar Pengisian Konten Web

Panduan Dasar Pengisian Konten Web Panduan Dasar Pengisian Konten Web http://gpibimmanueldepok.org Masuk Ke Menu Admin http://gpibimmanueldepok.org/wp-admin Login Dashboard Dashboard Bagian yang perlu kita perhatikan adalah bagian menu

Lebih terperinci

MEMBUAT TOKO ONLINE SENDIRI DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS

MEMBUAT TOKO ONLINE SENDIRI DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS MEMBUAT TOKO ONLINE SENDIRI DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS Nama: Adityo Pratama E-mail: diqdq@gmail.com Saya adalah seorang mahasiswa yang saat ini masih menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Semarang

Lebih terperinci

qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas dfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjkl zxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbn

qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas dfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjkl zxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbn qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas dfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjkl zxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbn Kimia komputasi mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwer Tutorial wordpress tyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiop

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Membuat Blog dengan Wordpress

Modul Pelatihan Membuat Blog dengan Wordpress Modul Pelatihan Membuat Blog dengan Wordpress Oleh Dwi Putri Pertiwi UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Sebelas Maret Pengertian Blog Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN PENGGUNAAN WEBSITE POLTEKKES KEMENKES PALANGKARAYA POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA. DESEMBER 2014 oleh TIM IT STMIK PALANGKA RAYA

MODUL PELATIHAN PENGGUNAAN WEBSITE POLTEKKES KEMENKES PALANGKARAYA POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA. DESEMBER 2014 oleh TIM IT STMIK PALANGKA RAYA MODUL PELATIHAN PENGGUNAAN WEBSITE POLTEKKES KEMENKES PALANGKARAYA DESEMBER oleh TIM IT STMIK PALANGKA RAYA POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA I. LATAR BELAKANG Masih segar dalam ingatan kita, betapa sederhananya

Lebih terperinci

CMS Joomla. Materi Kuliah Rekayasa Web Universitas Budi Luhur. A. Pengenalan Joomla

CMS Joomla. Materi Kuliah Rekayasa Web Universitas Budi Luhur. A. Pengenalan Joomla CMS Joomla A. Pengenalan Joomla Joomla merupakan sebuah CMS open source yang digunakan untuk membuat website dan aplikasi online lainnya (seperti forum, toko online) secara cepat dan mudah. Dengan menggunakan

Lebih terperinci

Tutorial Wordpress Bagi Pemula

Tutorial Wordpress Bagi Pemula Tutorial Wordpress Bagi Pemula Hari gini ga punya blog? Mungkin ungkapan seperti itu akan terdengar beberapa tahun atau bahkan beberapa bulan lagi di telinga kita. Seperti halnya, ungkapan Hari gini ga

Lebih terperinci

PANDUAN MEMBUAT BLOG I. PENDAHULUAN

PANDUAN MEMBUAT BLOG I. PENDAHULUAN PANDUAN MEMBUAT BLOG I. PENDAHULUAN Apa Pengertian blog? Saat jalan-jalan diinternet mendengar istilah blog tentu seharusnya sudah tidak asing lagi. Blog merupakan singkatan dari web log yang merupakan

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM E-COMMERCE

MODUL PRAKTIKUM E-COMMERCE MODUL PRAKTIKUM E-COMMERCE Penyusun: Tim Dosen FAKULTAS TEKNIK, MATEMATIKA, DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA 2014 Modul Praktikum E-Commerce Tahapan Installasi Prestashop

Lebih terperinci

Table of Contents

Table of Contents Table of Contents Introduction BAB 1 - Perkenalan CMS BAB 2 - Instalasi Wordpress BAB 3 - Penjelasan Fitur Wordpress BAB 4 - Instalasi Joomla BAB 5 - Penjelasan Fitur Joomla BAB 6 - Pengenalan Blogger

Lebih terperinci

Gambar 2. 1 Kotak dialog Pilihan Bahasa

Gambar 2. 1 Kotak dialog Pilihan Bahasa A. Instalasi Xampp 1.7.1 (Apache dan MySQL) 1. Lakukan double click pada file xampp-win32-1.7.1-installer.exe yang terdapat pada folder Support pada CD SisfoKampus STEI SEBI. 2. Pilih bahasa yang digunakan

Lebih terperinci

Instalasi Joomla. 1. Masukkan Bonus CD yang berisi program WampServer2.2a-x32 ke DVD/CD Driver.

Instalasi Joomla. 1. Masukkan Bonus CD yang berisi program WampServer2.2a-x32 ke DVD/CD Driver. Instalasi Joomla Sebelum belajar membuat web, kita perlu menginstal perangkat lunak yang dibutuhkan oleh Joomla. Sebenarnya Anda dapat menginstal perangkat lunak komponen Joomla secara terpisah, tetapi

Lebih terperinci

KKN SISDAMAS PANDUAN PENGGUNAAN BLOG KKN UIN SGD BANDUNG PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN PANGKALAN DATA

KKN SISDAMAS PANDUAN PENGGUNAAN BLOG KKN UIN SGD BANDUNG PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN PANGKALAN DATA KKN SISDAMAS PANDUAN PENGGUNAAN BLOG KKN UIN SGD BANDUNG PUSATPENGABDIAN.LP2M@ UINSGD.AC.ID PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN PANGKALAN DATA UIN Sunan Gunung Djati Bandung GEDUNG LECTURE HALL UIN SUNAN GUNUNG

Lebih terperinci

Joomla MySQL database

Joomla MySQL database Joomla 1.5.7 MySQL database Joomla! Dan Database MySQL 1 Daftar Isi 1. Daftar Isi..2 2. Pengenalan Joomla..3 3. Instalasi.5 a. Instalasi Webserver...5 b. Database MySQL..8 c. Instalasi Joomla 11 4. Pengaturan-pengaturan

Lebih terperinci