PEDOMAN WAWANCARA. 3. Pernahkah anda melakukan usaha untuk menggugurkan kandungan? tua/pasangan/orang-orang terdekat anda?

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PEDOMAN WAWANCARA. 3. Pernahkah anda melakukan usaha untuk menggugurkan kandungan? tua/pasangan/orang-orang terdekat anda?"

Transkripsi

1 LAMPIRAN 59

2 PEDOMAN WAWANCARA 1. Bagaimana perasaaan anda ketika anda mengetahui bahwa anda sedang hamil? 2. Apa yang anda lakukan ketika anda mengetahui bahwa anda sedang hamil? 3. Pernahkah anda melakukan usaha untuk menggugurkan kandungan? 4. Apa gejala-gejala fisik yang anda rasakan bersama dengan munculnya perasaan-perasaan seperti yang anda sebutkan di atas?jika ada, apa saja gejalagejala fisik yang anda rasakan? 5. Apa saja yang anda lakukan bersamaan dengan munculnya perasaan-perasaan itu? 6. Apakah anda memiliki komunikasi yang baik dengan orang tua/pasangan/orang-orang terdekat anda? 7. Siapa yang pertama kali anda beri tahu bahwa anda sedang hamil? 8. Bagaimana reaksi orang tua/pasangan/sahabat/orang-orang terdekat ketika anda memberitahukan kepada mereka bahwa anda sedang hamil? 9. Bagaimana anda menanggapi reaksi yang ditunjukkan oleh orang-orang terdekat anda? 10. Bagaimana perasaan anda sekarang? 11. Apakah tindakan nyata anda untuk mengatasi masalah anda ini? 60

3 A. Problem Focused Coping 1. Mengambil tindakan secara aktif 2. Memikirkan cara mengatasi masalah 3. Mengesampingkan aktivitas lain untuk dapat mengatasi masalah 4. Menunggu saat yang tepat untuk bertindak 5. Mencari bantuan,nasehat,serta informasi B. Emotional Focused Coping 1. Mencari dukungan moral,simpati,emosional 2. Mencoba menafsirkan kondisi dengan lebih positif 3. Menerima kenyataan 4. Menolak kenyataan 5. Menyelesaikan masalah dengan keagamaan 6. menyerah 61

4 A B : Peneliti : Subyek TRANSKRIP WAWANCARA LA A : Siang mbak... B : Siang mas A : Makasih ya mbak sudah bersedia diwawancarai. O... ya tadi lagi apa mbak? B : Ini lagi pulang dari kerja, baru saja sampai rumah mas. A : Wah pastinya capek ya mbak, habis kerja langsung saya wawancara... hehehehe B : Tidak apa-apa kok mas A : O... ya karena saya sudah kenal mbak dan mbak sudah kenal saya, langsung saja ya mbak wawancaranya? B : Iya mas. A : Bagaimana perasaan mbak ketika mbak pada saat itu mbak sedang hamil? Kira- kira bagaimana perasaan mbak? B : Iya slalu merasa takut dan bingung, gelisah gitu mas, selalu menangis terus kalau setiap memikirkan dan kepikiran masalah ini mas.(1) A : Oh gitu ya mbak... mungkin bisa dibilang stress? B : Iya mungkin mas. A : Tapi gak sampai depresi kan? B : Ya, pertama-tama sangat terpukul mas, tapi setelah menyadari dan berbicara dengan pacar saya. Dia mau bertanggung jawab setelah ini mas dan saya merasa agak lega mas. Walaupun masih berat sekali beban saya mas, tapi bagaimana lagi mas sudah terjadi ya biarlah mas. A : Pada saat mbak tau kalau mbak hamil, apa yang mbak lakukan? pertama kali tau apa yang mbak lakukan? B : Saya berusaha menutupi kehamilan saya ini sama orang tua saya dalam berpakaian saya mas... ( 2 ) A : Justru orang tua gak tau? B : Iya mas, pengennya sih ya tau mas karena juga takut bingung mas. A : Ada ga kepikiran untuk aborsi? B : Tidak mas, karena pacar saya mau bertanggung jawab mas. ( 3 ) A : Oh gitu ya, ada gak ngerasaain gejala-gejala fisik yang mbak rasain? B : Saya merasakan sakit kepala dan mual-mual terua mas. ( 4 ) A : Dan apa yang mbak lakukan setelah merasakan seperti itu? B : Ya saya hanya minum obat biasa saja karena saya mengira itu semua saya hanya sakit biasa, kayak tipes gitu mas. ( 5 ) A : Oh gitu, kalau boleh tau bagaimana komunikasi mbak dengan orang tua mbak? Saat mbak mengalami kehamilan ini? B : Iya... agak renggang mas. Karena saya mencoba menutupi dan

5 menghindari orang tua saya mas, tetapi lama kelamaan orang tua saya sepertinya curiga dengan kelakuan saya dan perubahan fisik saya mas. ( 6 ) A : Oh begitu ya... terus siapa yang pertama kali yang anda kasih tahu kalau anda hamil? B : Pertama sih orangtua saya mas, karena sudah mencurigai fisik dan perilaku saya mas, dan pacar saya mas dia mau tanggung jawab. ( 7 ) A : Terus reaksi orangtuamu bagaimana? B : Ya kaget banget mas tapi ya udah mas mau gimana lagi mas ( 8 ) A : Sempet gak sih marah-marah gitu? B : Ya pastilah mas... tapi mau gimana lagi mas, sudah terlanjur... A : Reaksi mbak apa pada waktu orang tua mbak marah-marah seperti itu? B : Ya... saya hanya diam saja mas... dan saya merasa takut saya sempat menangis mas karena kesalahan yang saya telah buat mas. ( 9 ) A : Oh... gitu ya... terus perasaan mbak sekarang bagaimana? B : Ya saya masih merasa sedih mas dan walaupun orang tua saya sudah mengetahui kehamilan saya mas karena ini sangat mengecewakan orang tua saya mas ( 10 ) A : Ketika mbak mengalami permasalahan seperti ini kira-kira bagaimana cara mbak mengatasinya? 38 B : Ya saya mencari kesibukan mas, saya jalani aja aktifitas saya mas, biar tidak berfikiran terus dan bisa menghilangkan pikiran saya ini dengan mengerjakan pekerjaan rumah mas. ( 11 A : O... berarti mbak lebih cenderung melakukan hal yang baru dan lebih melakukan aktivitas yang bisa meredakan pikiran mbak? B : Ya begitulah mas A : Pada saat mbak kepikiran masalah ini, apakah mbak mencari dukungan moral simpati dari orang-orang di sekeliling mbak? B : Tidak mas, saya lebih menghibur diri sendiri saja. ( 11. B1 ) A : Pernah nggak menafsirkan akan kejadian ini dengan lebih positif? B : Pernah mas ya mau gimana lagi mas, semuanya sudah terlanjur mas, ya saya berpikir positif aja mas. Karena juga semua ini ada yang mau tanggung jawab mas. ( 11. B2 ) A : Apakah mbak menyelesaikan masalah ini dengan keagamaan? B : Ya tidak mas, karena saya saja jarang beribadah mas ( 11. B5 ) A : O... begitu ya mbak. Kenapa mbak khan beribadah itu baik dan bisa membuka pikiran kita untuk lebih tenang di dalam menghadapi masalah mbak B : Iya, oh mas, tapi saya seperti malas beribadah mas A : O begitu ya mbak... terus apa planning mbak didalam masalah yang dihadapi mbak sekarang ini? B : Ya saya berusaha semaksimal saya dan mau dibantu orang tua saya untuk

6 omong sama pacar saya dan keluarga pacar saya untuk nikahi saya secepatnya mas dan tanggung jawab semuanya mas. ( 11. A2 ) A : O ya mbak itu lebih baik mbak dan bisa menyelesaikan masalah mbak secepatnya. B : Iya mas, supaya saya lebih tenang mas A : terus mbak mau rencana kapan untuk berbicara kepada keluarga pacar mbak dan pacar mbak? B : Saya selalu menunggu saat yang tepat untuk bilang sama keluarga pacar saya mas, ya disaat keluarga pacar saya tidak ada pikiran dan tenang mas. Dan di saat itu juga saya akan omong langsung yang saya alami dan secepatnya harus nikah mas. ( 11. A4 ) A : O begitu ya mbak, ya mungkin itu lebih baik dan jalan yang terbaik mbak supaya masalah mbak hadapi cepat selesai dan tidak menjadi beban mbak terus menerus mbak ya... mbak lebih akan merasakan tenang gitu mbak. B : ya mas... A : Terus apakah mbak pernah menyerah didalam masalah yang dihadapi mbak? B : Saya tidak pernah menyerah mas karena saya ingin berusaha untuk menyelesaikan masalah ini dengan baik dan saya mau membesarkan bayi di dalam kandungan saya mas. ( 11. B6 ) A : O... ya baik itu mbak, jadi mbak punya semangat dan keputusan yang baik di dalam keputusan mbak. B : Ya mas... A : O... ya mbak cukup sekian dalam wawancara ini mbak. Saya mengucapkan banyak terima kasih ya mbak atas wawancaranya, semoga ini sangat berharga untuk penelitian skripsi saya mbak. Terima kasih mbak. B : Iya mas, sama-sama mas A : Selamat siang mbak B : Siang mas 54 64

7 A C : Peneliti : Subyek TRANSKRIP WAWANCARA TA A : Selamat malam mbak... C : Malam mas A : Trimakasih ya mbak, sudah bersedia saya wawancarai C : O ya mas A : O... ya sebelumnya nama mbak siapa ya? C : Saya TA mas A : O... ya. Saya Dani mbak, kita langsung saja ya mbak wawancaranya, karena juga waktunya malam, jadi gak enak kalau ntar mbak pulangnya kemaleman. C : Ya mas A : Okey, mbak kita mulai. Bagaimana perasaan mbak waktu pada saat itu mbak sedang hamil? Kira-kira bagaimana perasaan mbak? C : Ya saya merasakan takut dan bingung mas. ( 1 ) A : Terus selain itu perasaan mbak bagaimana? C : Ya pokoknya campur aduk mas gak bisa dibayangin mas. Saya juga selalu menangis terus karena juga saya kecewa terhadap diri saya mas. A : Kekecewaan apa yang telah terjadi sama mbak gitu C : Ya mas A : Jadi mungkin semua itu bisa dibilang stres? C : Ya bisa aja mas A : Mbak merasakan semua itu sampai depresi gitu gak? C : Ya sangat mas. Karena juga saya malu dengan kejadian ini mas dan saya takut dengan orang tua saya mas. Karena semua kakak-kakak saya seperti ini mas, padahal sasya yang sering dibangga-banggakan orang tua saya tetapi malahan saya seperti ini mas. A : O... begitu ya mbak, jadi sebenarnya mbak anak yang paling dibanggakan dan diharapkan supaya tidak mengikuti kesalahan kakak-kakak mbak ya? C : Ya begitulah mas A : Pada saat mbak tau kalau mbak hamil apa yang mbak lakukan? C : Saya berusaha menutupi kehamilan saya ini sama orang lain mas dengan cara berpakaian saya mas, supaya orang lain tidak tahu kehamilan saya, karena saya malu mas. ( 2 ) A : Pertama kali siapa yang mengetahui kalau mbak hamil? C : Saya pertama kasih tahu pacar saya mas, pacar saya juga langsung bingung mas dan ada perasaan takut mas. ( 7 ) A : Apakah pacar mbak pernah ditanyakan kalau mau bertanggung jawab? C : Pernah mas, tetapi pacar saya hanya diam saja mas seperti orang yang

8 bingung gitu mas. A : O... begitu ya mbak, terus bagaimana dengan orang tua sekarang mbak? C : Ya sekarang orang tua saya sudah mengetahuinya mas karena ada saudara saya yang selalu mencurigai perbedaan fisik saya mas dan orang tua saya dikasih tahu dengan saudara saya mas. ( 6 ) A : O... begitu terus ada gak kepikiran untuk aborsi? C : Wah... gak mas, saya pengen pacar saya mau tanggung jawab dan saya mau membesarkan bayi saya ini mas. ( 3 ) A : Hmmm... ada gak merasakan gejala-gejala fisik yang mbak rasain? C : Saya merasakan sakit kepala, serasa pusing banget mas dan mual-mual terus mas dan lemas banget. ( 4 ) A : Dengan merasakan sakit sakit seperti itu apa yang mbak lakukan? Apakah langsung periksa? C : Nggak mas saya hanya minum obat biasa, karena saya mengira itu Cuma saya hanya sakit biasa mas. ( 5 ) A : Oh begitu ya, kalau saya boleh tau bagaimana komunikasi mbak dengan orang tua mbak, saat mbak mengalami kehamilan ini? C : Ya... berbeda mas, sepertinya orang tua saya kecewa sekali dengan saya mas, atas kejadian ini semua mas. ( 6 ) A : Terus bagaimana reaksi orang tuamu waktu pertama kali mengetahui kalu mbak hamil? C : Ya sangat terpukul sekali mas, langsung menangis dan marah-marah dengan saya mas, tapi ya terlanjur mas mau gimana lagi mas ( 8 ) A : Apa reaksi mbak pada waktu orang tua mbak menangis mendengar itu semua dan marah-marah di depan mbak. C : Ya saya hanya duduk menangis juga mas karena saya juga salah mas. ( 9 ) A : O... begitu ya, terus bagaimana perasaan mbak sekarang? C : Ya saya masih merasakan takut dan bingung mas, karena pacar saya juga belum memberi kepastian untuk tanggung jawab dan orang tua pacar saya belum mengetahui ini semua mas. ( 10 ) A : Ketika mbak mengalami permasalahan ini, kira-kira bagaimana cara mbak mengatasinya? C : Ya mendingan daripada kepikiran terus dengan masalah yang saya hadapi, saya lebih baik melakukan hal yang positif mas, saya sering mendengarkan musik apa saja mas, biar saya lebih tenang. ( 11. A1 ) A : O... berarti mbak lebih cenderung melakukan hal-hal yang baru dan beruna buat mbak? C : Ya mas. A : Pernah gak mbak menafsirkan masalah ini dengan lebih positif? C : Ya lebih baik berfikir yang positif aja mas dan saya menerima apa yang saya hadapi ini mas. ( 11. B2 ) A : Apakah mbak menyelesaikan masalah ini dengan keagamaan? C : Ya mas, saya lebih sering bedoa mas dan saya serahkan masalah

9 kehamilan saya ini kepada Tuhan dan sayahanya berpegang teguh sama Tuhan supaya saya lebih kuat dan Tuhan buka jalan dengan masalah kehamilan saya ini dan memberi yang terbaik buat saya mas. ( 11. B5 ) A : Ya itu pasti mbak, Tuhan akan menopang anak-nya yang mempunyai masalah dan terjatuh mbak. C : Ya mas. A : Terus apa planing mbak di dalam masalah yang dihadapi mbak sekarang? C : Saya omong sama pacar saya mas supaya saya dinikahi mas secepatnya dan betanggung jawab atas semua yang kita lakukan, gitu mas dan saya dengan pacar saya baru berbicara dengan orang tua ita sama-sama dan kita dinikahkan secepatnya mas. ( 11. A2 ) A : Ya itu lebih baik mbak, supaya apa yang terjadi sama kalian dapat cepat selesai dan tidak menjadi beban di pikiran mbak. C : Ya mas, supaya lebih baik dan selesai mas. A : Terus rencana mbak kapan untuk berbicara dengan pacar mbak dan keluarganya mbak? C : Saya menunggu saat yang tepat untuk omong sama pacar saya mas, untuk nikah saya secepatnya mas dan supaya pacar saya juga bilang sama keluarganya dengan kehamilan saya mas. ( 11. A4 ) A : O... ya mbak itu mungkin akan menjadi jalan keluar buat masalah mbak secepatnya dan mungkin mbak lebih baik omong secepatnya karena kehamilan mbak akan bertambah-bertambah besar mbak. C : O ya mas, saya akan secepatnya mas omong masalah ini mas. A : Terus apakah mbak pernah menyerah dalam masalah yang dihadapi mbak? C : Tidak mas, karena saya ingin membesarkan bayi saya mas dan bertanggung jawab dalam kehamilan saya ini mas. ( 11. B6 ) A : O... ya mbak itu sangat positif mbak, supay mbak tidka menyesali dikemudian hari. C : Ya mas, terima kasih mas. A : Ya mbak, o ya mbak karena waktu dah malam sekali jadi cukup sekian dalam wawancra ini mbak, saya mengucapkan banyak terima kasih mbak, atas wawancaranya, semoga ini sangat berarti di dalam penelitian skripsi saya mbak. C : Ya mas sama-sama mas. A : Selamat malam mbak. C : Malam mas

10 A D : Peneliti : Subyek TRANSKRIP WAWANCARA DA A : Sore mbak. D : Sore mas. A : Makasih ya mbak, sudah bersedia saya wawancarai. O ya nama mbak sebelumnya siapa? D : Saya DA mas. A : O ya mbak DA kenalkan nama saya Dani. Mbak kerja di mana ni? D : Saya kerja di perusahaan garmen mas. A : Terus ini libur? D : Ya mas, ini libur, karena shif-shifan mas. A : O ya mbak, mbak DA asli dari mana? D : Saya asli dari Purwodadi mas. A : Kalau pulang berapa minggu sekali mbak? D : Ya dulu kalau libur gitu pasti pulang mas, tetapi semenjak kejadian ini saya tidak mau pulang mas, karena takut sama orangtua saya mas. A : O ya mbak, okey mbak DA kita langsung saja wawancaranya ya mbak? D : Ya mas. A : Bagaimana perasaan mbak ketika mbak tau pada saat itu mbak sedang hamil? Kira-kira perasaan mbak bagaimana? D : Ya saya merasa takut dan bingung, gelisah, cemas dan sering saya hanya bisa manangis saja jika saya kepikiran semua ini mas. ( 1 ) A : Begitu ya mbak, seperti stress gitu ya mbak. D : Ya mas. A : Tapi sampai mbak putus asa atau depresi gitu gak mbak? D : Iya sih mas pernah seperti itu mas, tapi saya tidak mau menggugurkan bayi ini mas karena saya takut dosa mas, dan saya pengen banget membesarkan anak ini mas. ( 3 ) A : O ya mbak, waktu pertama mbak hamil, apa yang mbak lakukan? Pertama kali tau mbak yang dilakukan mbak apa? D : Ya saya berfiki saya akan bagaimana caranya ingin menutupi kehamilan saya ini mas. ( 2 ) A : Dengan cara bagaimana mbak menutupi kehamilan mbak? D : Saya berusaha menutupi kehamilan saya ini sama orang terdekat saya mas dengan berpakaian saya mas dan saya sellau menghindar jika ada ngumpul-ngumpul gitu mas, supaya orang terdekat tidak tahu kehamilan saya. A : Lho orang terdekat Anda malahan tidak tahu?

11 D : Ya mas, karena orang terdekat saya juga kenal dengan orang tua saya mas, jadi takut orang tua saya dikasih tahu tentang kehamilan saya mas. A : O... begitu ya mbak, terus selama itu mbak Cuma ceritanya dengan orang yang tidak kenal orang tua mbak? D : Ya mas. A : Terus ada nggak ngerasain gejala-gejala fisik yang mbak rasain? D : Saya merasakan sakit kepala, serasa pusing banget dan mual-mual terus pengen muntah mas dan lemes banget mas dan rasanya itu pengen tidur terus mas. ( 4 ) A : O begitu ya mbak, kalau boleh tau bagaimana komunikasi mbak dengan orang tua mbak, saat mbak mengalami kehamilan ini? D : Ya saya jarang sekali menghbungi orang tua saya mas, dan saya jarang sekali membalas SMS orang tua saya mas, ya kalau ditanya tentang kabar gitu ya saya jawab baik gitu aja mas, ya dibilang jarang komunikasilah. ( 6 ) A : Gitu ya mbak, terus siapa yang pertama kali yang mbak kasih tahu kalau mbak hamil? D : Yang pertama pacar saya mas. ( 7 ) A : Terus reaksi pacar mu bagaimana? D : Dia juga langsung terkejut mas, dan bingung mas, dia langsung menyesal karena terjadi ini semua mas. ( 8 ) A : Kalau boleh tahu, mbak tahu kalau mbak hamil itu dari mana? D : Ya saya dengan apa yang saya rasakan itu mas, saya mencoba mencari tahu dan periksa ke dokter mas. Dan dari situ saya tahu kalau saya hamil mas dan saya langsung bingung dan menangis waktu pulang dari periksa mas. A : Begitu ya mbak, terus perasaan mbak bagaimana sekarang? D : Ya saya masih takut sekali mas, saya masih bingung mas. ( 10 ) A : Ketika mbak mengalami ini bagaimana kira-kira cara mbak mengatasinya? D : Ya saya mencari hal yang baru mas, saya berusaha melupakan masalah saya dengan mencari kesibukan saya sehari-hari dengan mencari pekerjaan apa saja dan di luar mas, supaya saya melupakan dan menenangkan sejenak masalah saya mas. ( 11. A1 ) A : O, begitu ya mbak, terus pada saat mbak kepikiran masalah ini, apakah mbak mencari dukungan moral, simpati dari orang di sekeliling mbak? D : Tidak mas, ya saya pokoknya harus bagaimanapun bisa menghibur diri sendiri mas. ( 11. B1 ) A : Pernahkah mbak menafsirkan kejadian ini lebih positif? D : Pernah mas, pokoknya saya lebih berfikir positif saja mas karena masih banyak orang yang lebih menderita dari saya mas, supaya juga pikiran ini memotifasi saya untuk bangkit mas. ( 11. B2 ) A : Apakah mbak menyelesaikan masalah ini dengan keagamaan? Seperti berdoa kepada Tuhan gitu?

12 D : Ya sih mas, saya mencari penguatan dengan saya sering membaca alkitab dan saya sering berdoa supaya Tuhan beri saya kekuatan dan membuka jalan untuk masalah kehamilan saya ini mas. ( 11. B5 ) A : Begitu ya mbak... terus apa planing mbak dalam masalah yang dihadapi mbak sekarang ini? D : Saya mencoba dengan pacar saya menemui orang tua kita mas, mau omong kehamilan saya dan minta supaya kita nikah secepatnya mas. ( 11. A2 ) A : O ya mbak itu lebih baik mbak, biar masalah mbak cepat selesai dan tidak merasakan seperti ini terus mbak. D : Iya mas. A : Terus mbak mau rencana kapan untuk berbicara dengan orang tua mbak dan pacar mbak? D : Ya saya selalu menunggu saat yang tepat untuk berbicara sama orang tua kita, untuk kita dinikahkan secepatnya mas, supaya saya tidak terlalu lama kepikiran masalah ini, walaupun sangat berat dan pasti akan kena marah besar mas.( 11. A4) A : Ya mbak, itu lebih baik mbak walaupun kena marah tetapi hadapi saja mbak, supaya masalah mbak cepat selesai. D : Ya mas. A : Terus apakah mbak pernah menyerah di dalam masalah yang dihadapi mbak? D : Saya tidak akan menyerah mas karena saya ingin apa yang telah saya buat dan saya harus tanggung jawab mas. ( 11. B6 ) A : Ya itu baik mbak, jadi mbak sudah mempunyai semangat untuk menyelesaikan masalah ini dan mempunyai keputusan yang sangat baik. D : O ya mas, terima kasih mas. A : Ya mbak. O ya mbak cukup sekian wawancaranya ya mbak saya mengucapkan banyak terima kasih, sehingga wawancara ini dapat berjalan lancar dan semoga hasil wawancara ini dapat berguna di dalam skripsi saya mbak. D : O ya mas, sama-sama mas. A : O ya mbak saya pulang dulu, slamat sore mbak. D : O ya mas, sore mas

13 Panduan Observasi 1. Data pribadi subjek 2. Latar belakang keluarga subjek 3. Kegiatan sehari hari yang dilakukan subjek selama masa kehamilan 4. Cara subjek menutup kehamilannya kepada orang tua dan orang terdekat 5. Mimik muka subjek dalam menghadapai kehamilannya 6. Perubahan fisik subjek 7. Komunikasi subjek dengan orang terdekat dan keluarganya 71

BAB IV PELAKSANAAN DAN HASIL PENELITIAN

BAB IV PELAKSANAAN DAN HASIL PENELITIAN 1 BAB IV PELAKSANAAN DAN HASIL PENELITIAN A. Persiapan Dan Pelaksanaan Penelitian 1. Persiapan Persiapan merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mendukung proses penelitian yang lancar sesuai

Lebih terperinci

PEDOMAN WAWANCARA MENDALAM (INDEPTH INTERVIEW) Adapun pertanyaan yang disusun dalam melakukan Indepth Interview untuk

PEDOMAN WAWANCARA MENDALAM (INDEPTH INTERVIEW) Adapun pertanyaan yang disusun dalam melakukan Indepth Interview untuk PEDOMAN WAWANCARA MENDALAM (INDEPTH INTERVIEW) Adapun pertanyaan yang disusun dalam melakukan Indepth Interview untuk menggali informasi dari informan adalah : 1. Bisakah ibu menceritakan bagaimana ibu

Lebih terperinci

LAMPIRAN I. Verbatim (Bahasa Indonesia) Subjek JP. S : Iya, tidak apa-apa kak, saya juga punya waktu luang dan tidak ada kesibukan

LAMPIRAN I. Verbatim (Bahasa Indonesia) Subjek JP. S : Iya, tidak apa-apa kak, saya juga punya waktu luang dan tidak ada kesibukan LAMPIRAN I Verbatim (Bahasa Indonesia) P : Peneliti S : Subjek Subjek JP P : Assalamu alaikum, selamat pagi S : Wa alaikum salam, pagi.. P : Sebelum nya kakak mintaa maaf dik, mungkin mengganggu waktunya

Lebih terperinci

BAB IV DESKRPSI DAN ANALISIS DATA. sebelumnya, maka untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dilakukan

BAB IV DESKRPSI DAN ANALISIS DATA. sebelumnya, maka untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dilakukan BAB IV DESKRSI DAN ANALISIS DATA A. Deskripsi Data Sehubungan dengan pertanyaan penelitian yang dikemukakan sebelumnya, maka untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dilakukan pembahasan dalam bentuk

Lebih terperinci

Selesai mandi, istri keluar kamar mandi. Tubuhnya ditutupi handuk. Sambil mengeringkan rambut menggunakan handuk, istri berjalan menuju meja rias.

Selesai mandi, istri keluar kamar mandi. Tubuhnya ditutupi handuk. Sambil mengeringkan rambut menggunakan handuk, istri berjalan menuju meja rias. Selesai mandi, istri keluar kamar mandi. Tubuhnya ditutupi handuk. Sambil mengeringkan rambut menggunakan handuk, istri berjalan menuju meja rias. Saat berjalan, dia sempat melirik suami yang masih tertidur.

Lebih terperinci

Persahabatan Itu Berharga. Oleh : Harrys Pratama Teguh Sabtu, 24 Juli :36

Persahabatan Itu Berharga. Oleh : Harrys Pratama Teguh Sabtu, 24 Juli :36 Sahabat, kata yang sering kita dengar. Apakah kalian tahu arti dari sahabat? Semua pendapat orang tentang sahabat berbeda-beda. Menurutku sahabat adalah teman yang selalu ada saat kita sedang senang maupun

Lebih terperinci

Transkrip Wawancara dengan Anak Korban Broken Home

Transkrip Wawancara dengan Anak Korban Broken Home Transkrip Wawancara dengan Anak Korban Broken Home Informan 1 Nama : AD Jenis kelamin : Perempuan Usia : 14 Tahun Pendidikan : SMP Hari/tanggal wawancara : Jum at, 4 April 2014 Tempat wawancara : Rumah

Lebih terperinci

LAMPIRAN LAMPIRAN 71

LAMPIRAN LAMPIRAN 71 LAMPIRAN LAMPIRAN 71 Lampiran 1 72 Lampiran 2 Informed Consent PENJELASAN PENELITIAN UNTUK BERPARTISIPASI SEBAGAI PARTISIPAN Judul Penelitian Nama Peneliti : Respon Kedukaan Pasien saat Terdiagnosa HIV

Lebih terperinci

Ingatan lo ternyata payah ya. Ini gue Rio. Inget nggak? Rio... Rio yang mana ya? Ok deh, gue maklum kalo lo lupa. Ini gue Rio, senior lo di Univ

Ingatan lo ternyata payah ya. Ini gue Rio. Inget nggak? Rio... Rio yang mana ya? Ok deh, gue maklum kalo lo lupa. Ini gue Rio, senior lo di Univ Bab 1 Dina sangat bingung apa yang harus dilakukannya sekarang. Ia merasa sangat terpojok. Kenapa disaat-saat seperti ini ia bertemu lagi dengannya padahal ia sudah berhasil melupakannya. Dina kan? seorang

Lebih terperinci

GUIDE INTERVIEW No. Uraian Pertanyaan

GUIDE INTERVIEW No. Uraian Pertanyaan GUIDE INTERVIEW No. 1. 2. 3. Uraian Pertanyaan Berapa usia Anda ketika menikah dengan suami? Pada saat anda hamil apakah anda masih berstatus siswa (masih aktif sekolah)? Bagaimana tanggapan orang tua

Lebih terperinci

Tugas Mid Semeter. Membuat Naskah Film Pendek

Tugas Mid Semeter. Membuat Naskah Film Pendek Tugas Mid Semeter Membuat Naskah Film Pendek Oleh : Setyo Wibowo 08.12.3315 S1-SI-5I STMIK AMIKOM YOGYAKARTA Judul : Akhir yang Menyedihkan Sinopsis : Nining 20 tahun, Seorang Mahasiswi di sebuah akademi

Lebih terperinci

Lampiran 3. Verbatim Subjek 1. Waktu Wawancara : Sabtu, 08 Februari 2014 PENELITI (P) SUBJEK1 (YS)

Lampiran 3. Verbatim Subjek 1. Waktu Wawancara : Sabtu, 08 Februari 2014 PENELITI (P) SUBJEK1 (YS) 131 Lampiran 3 Verbatim Subjek 1 Subjek 1 : Waktu Wawancara : Sabtu, 08 Februari 2014 ENELITI () SUBJEK1 () Kode Verbatim Koding Hallo.. gimana kerjaannya? 1 Udah. Uda beres. Oke. Anakmu gimana kabarnya?

Lebih terperinci

CINTA TELAH PERGI. 1 Penyempurna

CINTA TELAH PERGI. 1 Penyempurna CINTA TELAH PERGI 1 Penyempurna Enam belas tahun yang lalu seorang ibu bernama Rosa melahirkan seorang bayi perempuan, bayi yang selama ini bu Rosa dan pak Adam (suami bu Rosa) idam-idamkan selama dua

Lebih terperinci

Pagi hari di sekolah didalam kelas ada 3 orang anak murid yang sedang berbincang-bincang. Yaitu Ditra, Dila, Tantri, DITRA.

Pagi hari di sekolah didalam kelas ada 3 orang anak murid yang sedang berbincang-bincang. Yaitu Ditra, Dila, Tantri, DITRA. SCENE 1 Pagi hari di sekolah didalam kelas ada 3 orang anak murid yang sedang berbincang-bincang. Yaitu Ditra, Dila, Tantri, CUT TO : SCENE 2 (Ceria) Met Pagi Dila, Tantri.!!, Pagi Ditra Ngomong-ngomong

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. masa-masa yang amat penting dalam kehidupan seseorang khususnya dalam

BAB I PENDAHULUAN. masa-masa yang amat penting dalam kehidupan seseorang khususnya dalam BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Setiap manusia akan mengalami fase perkembangan, dimulai dari fase bayi, fase anak, fase remaja, fase dewasa dan perubahan yang signifikan dalam tahap perkembangan

Lebih terperinci

FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS INDONESIA KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA ANALISA PROSES INTERAKSI

FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS INDONESIA KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA ANALISA PROSES INTERAKSI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS INDONESIA KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA ANALISA PROSES INTERAKSI Inisial Klien Nama Mahasiswa : Ny. S (69 tahun) : Sinta Dewi Status Interaksi M-K : Pertemuan, ke-2,

Lebih terperinci

Surat Paulus yang kedua kepada jemaat Tesalonika

Surat Paulus yang kedua kepada jemaat Tesalonika 1 Surat Paulus yang kedua kepada jemaat Tesalonika Kepada yang kekasih saudara-saudari saya seiman jemaat Tesalonika yaitu kalian yang sudah bersatu dengan Allah Bapa dan Tuhan kita Kristus Yesus. Salam

Lebih terperinci

PEDOMAN OBSERVASI. Observasi penelitian ini mengungkap : a. Kesan umum : kondisi fisik, penampilan dan perilaku subyek

PEDOMAN OBSERVASI. Observasi penelitian ini mengungkap : a. Kesan umum : kondisi fisik, penampilan dan perilaku subyek 112 113 PEDOMAN OBSERVASI Observasi penelitian ini mengungkap : a. Kesan umum : kondisi fisik, penampilan dan perilaku subyek b. Perilaku pengobatan penyakit subyek : melakukan diet, obat oral atau terapi

Lebih terperinci

'hufft, aku cape selalu disakitin sama cowo yang aku sayang.' kata icha sambil menghela nafas. tanpa dia sadari air matanya menetes.

'hufft, aku cape selalu disakitin sama cowo yang aku sayang.' kata icha sambil menghela nafas. tanpa dia sadari air matanya menetes. icha duduk sendirian di sebuah cafe sambil menatap hujan 'hufft, aku cape selalu disakitin sama cowo yang aku sayang.' kata icha sambil menghela nafas. tanpa dia sadari air matanya menetes. ia teringat

Lebih terperinci

LEMBAR PERMOHONAN MENJADI PARTISIPAN. Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi

LEMBAR PERMOHONAN MENJADI PARTISIPAN. Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi 75 Lampiran 1 LEMBAR PERMOHONAN MENJADI PARTISIPAN Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Nama : Veny C Pelamonia NIM : 462012021 Adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Keperawatan Universitas

Lebih terperinci

LAMPIRAN A: PEDOMAN OBSERVASI LAMPIRAN B: PEDOMAN WAWANCARA LAMPIRAN C: HASIL PENELITIAN DAN HASIL WAWANCARA ORANG TERDEKAT SUBJEK

LAMPIRAN A: PEDOMAN OBSERVASI LAMPIRAN B: PEDOMAN WAWANCARA LAMPIRAN C: HASIL PENELITIAN DAN HASIL WAWANCARA ORANG TERDEKAT SUBJEK LAMPIRAN LAMPIRAN A: PEDOMAN OBSERVASI LAMPIRAN B: PEDOMAN WAWANCARA LAMPIRAN C: HASIL PENELITIAN DAN HASIL WAWANCARA ORANG TERDEKAT SUBJEK LAMPIRAN D: TRIANGULASI SUBJEK LAMPIRAN E: TES GRAFIS DAN HASIL

Lebih terperinci

Wawancara Partisipan 1

Wawancara Partisipan 1 55 Verbatim Partisipan Wawancara Partisipan 1 S Isi Percakapan Kode P Selamat pasi mas 1 P1 Selamat pagi juga mbak 2 P Bisa minta waktunya sebentar mas sekitar 5-10 menit 3 P1 Iya bisa 4 P Perkenalkan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Kanker adalah sel-sel tubuh yang tumbuh tanpa kendali dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Kanker merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada manusia modern.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Mahasiswa merupakan sebutan bagi seseorang yang sedang menempuh perguruan tinggi. Masa perguruan tinggi dengan masa SMA sangatlah berbeda, saat duduk dibangku perguruan

Lebih terperinci

It s a long story Part I

It s a long story Part I It s a long story Part I #throwback MFR. Mantan terakhirku di zaman smp dulu. Semasa aku dan kamu mempunyai status, orang orang di sekolah bilang pasangan paling sweet satu sekolah. Bagaimana aku dan kamu

Lebih terperinci

Malang, 23 Pebruari 1980

Malang, 23 Pebruari 1980 Tabel Koding Kecemasan Pada Karyawan Penderita HIV/AIDS Subjek Pertama Pertanyaan Jawaban Koding Analisis Nama mas siapa? PA Tempat, tanggal lahir mas? Malang, 23 Pebruari 1980 Sehari-hari kegitan mas

Lebih terperinci

Nomor : (tidak perlu diisi) Universitas : Fakultas : Semester : Apakah Anda terdaftar sebagai mahasiswa aktif? PETUNJUK PENGISIAN SKALA I

Nomor : (tidak perlu diisi) Universitas : Fakultas : Semester : Apakah Anda terdaftar sebagai mahasiswa aktif? PETUNJUK PENGISIAN SKALA I Nomor : (tidak perlu diisi) Universitas : Fakultas : Semester : Apakah Anda terdaftar sebagai mahasiswa aktif? (Ya/ Bukan) PETUNJUK PENGISIAN SKALA I 1. Bacalah pernyataan-pernyataan pada lembar berikut,

Lebih terperinci

Nomor : (tidak perlu diisi) Universitas : Fakultas : Semester : Apakah Anda terdaftar sebagai mahasiswa aktif? PETUNJUK PENGISIAN SKALA I

Nomor : (tidak perlu diisi) Universitas : Fakultas : Semester : Apakah Anda terdaftar sebagai mahasiswa aktif? PETUNJUK PENGISIAN SKALA I Nomor : (tidak perlu diisi) Universitas : Fakultas : Semester : Apakah Anda terdaftar sebagai mahasiswa aktif? (Ya/ Bukan) PETUNJUK PENGISIAN SKALA I 1. Bacalah pernyataan-pernyataan pada lembar berikut,

Lebih terperinci

TUGAS BROADCASTING. Nim : STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

TUGAS BROADCASTING. Nim : STMIK AMIKOM YOGYAKARTA TUGAS BROADCASTING Nama : Rahmadi Nim : 08.12.3059 Kelas : S1-SI-5E STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2010 ANAK KORBAN MERAPI Written By Rahmad Cp : Rahmad Puluhdadi, Depok, Sleman E-mail : rahmad_taurus@ymail.com

Lebih terperinci

BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN 26 BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN A. Persiapan Dan Pelaksanaan Penelitian 1. Persiapan Persiapan merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mendukung proses penelitian yang lancar sesuai dengan

Lebih terperinci

63 Perpustakaan Unika LAMPIRAN

63 Perpustakaan Unika LAMPIRAN LAMPIRAN 63 SKALA KECEMASAN PADA WANITA MENOPAUSE Usia : Mulai Menopause umur : Masih Bersuami : ya / tidak Alamat : NO PERNYATAAN SS S TS STS 1. Saya menghadapi masa-masa menopause ini dengan biasa seperti

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA. penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Setelah data diperoleh dari

BAB IV ANALISIS DATA. penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Setelah data diperoleh dari BAB IV ANALISIS DATA Pada bab ke empat ini peneliti akan menguraikan analisis dari data penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Setelah data diperoleh dari lapangan yang berupa observasi dan wawancara

Lebih terperinci

SEKENARIO BIMBINGAN DAN KONSELING KELUARGA

SEKENARIO BIMBINGAN DAN KONSELING KELUARGA SEKENARIO BIMBINGAN DAN KONSELING KELUARGA Pemeran Ibu Fitri () (Ibu ) (Bapak ) (Adik ) : Trivia Safitri G : Sifa Fauziah : Wina Artiantini : Meiriska Rusnia F : Leni Aelani M SINOPSIS adalah seorang siswi

Lebih terperinci

Eh, maaf ga sengaja, gue lagi buru-buru. Loe ga papa? tanya Joe menyesal.

Eh, maaf ga sengaja, gue lagi buru-buru. Loe ga papa? tanya Joe menyesal. Saat kamu merasakan cinta terhadap seseorang tapi tidak bisa memberitahunya, apa yang akan kamu lakukan? Terus diam atau memberanikan diri untuk mengungkapkannya? Lita memilih untuk diam, karena dia pikir

Lebih terperinci

GURU. Anak-anak, hari ini kita kedatangan murid baru. Ayo silahkan perkenalkan diri.

GURU. Anak-anak, hari ini kita kedatangan murid baru. Ayo silahkan perkenalkan diri. INT. CLASSROOM - DAY Suasana kelas yang bising akan obrolan murid terhenti oleh sahutan guru yang mendatangi mereka dan membawa seorang murid yang berdiri di depan pintu kelas. GURU Anak-anak, hari ini

Lebih terperinci

LAMPIRAN A PEDOMAN WAWANCARA DAN OBSERVASI

LAMPIRAN A PEDOMAN WAWANCARA DAN OBSERVASI LAMPIRAN 143 LAMPIRAN A PEDOMAN WAWANCARA DAN OBSERVASI 144 A 1 PEDOMAN WAWANCARA A. Latar Belakang Subjek 1. Kehidupan awal pernikahan subjek a. Sudah berapa lama bapak menikah? b. Bagaimana kehidupan

Lebih terperinci

Keindahan Seni Pendatang Baru

Keindahan Seni Pendatang Baru Pendatang Baru Hari ini adalah hari pertama Fandi masuk ke kampus. Karena dia baru pulang dari Aussie, setelah tiga tahun menetap dan sekolah disana, bersama dengan keluarganya. Orangtuanya telah mendaftarkannya

Lebih terperinci

YANG TERHILANG Oleh: Yung Darius

YANG TERHILANG Oleh: Yung Darius YANG TERHILANG Oleh: Yung Darius ADEGAN 1. RUANG TAMU. SORE HARI. DUA ORANG (L/P) SEDANG BERCAKAP-CAKAP. 001. Orang 1 : Kayaknya akhir-akhir ini aku jarang melihat kamu ke gereja 002. Orang 2 : Jarang..!??

Lebih terperinci

CATATAN KECIL MASA SEKOLAH. dan cerita-cerita lainnya

CATATAN KECIL MASA SEKOLAH. dan cerita-cerita lainnya CATATAN KECIL MASA SEKOLAH dan cerita-cerita lainnya Isi Buku PENGANTAR THE LOVE BETWEEN ME AND MY BEST FRIEND SAHABAT MASA KECIL PERTEMUAN DI KEDAI PERJALANAN PERKENALAN SINGKAT BELUM ADA JUDUL 5CM HUBUNGAN

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Setting Penelitian 4.1.1 Gambaran Umum Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa Kabupaten Semarang yang berdiri sejak 1930 merupakan

Lebih terperinci

Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara 3. Penyebabnya adalah preeklamsi. Sebenarnya saya gak ada darah tinggi, Cuma 4. waktu umur 7 bulan mual-mual masih ada baru naik tensi 130/90. Baru periksa 5. lab hasilnya ada protein urin positif satu.

Lebih terperinci

Transkrip Wawancara dengan Suami Broken Home

Transkrip Wawancara dengan Suami Broken Home Transkrip Wawancara dengan Suami Broken Home Informan 1 Nama : Bapak MH Jenis kelamin : Laki-laki Usia : 39 tahun Pendidikan : SMA Hari/tanggal wawancara : Selasa, 8 April 2014 Tempat wawancara : Rumah

Lebih terperinci

1 Curahan Hati Sebatang Pohon Jati

1 Curahan Hati Sebatang Pohon Jati 1 Curahan Hati Sebatang Pohon Jati Oleh: Alberta Angela (@black_printzesa) Hai, namaku Jati. Mungkin kalian semua sudah sering mendengar namaku. Tapi mungkin kalian belum terlalu mengenal aku dan kehidupanku.

Lebih terperinci

LAMPIRAN II VERBATIM DAN FIELD NOTE RESPONDEN IC

LAMPIRAN II VERBATIM DAN FIELD NOTE RESPONDEN IC LAMPIRAN II VERBATIM DAN FIELD NOTE RESPONDEN IC 106 107 VERBATIM WAWANCARA HASIL WAWANCARA SUBJEK 2 (IC) Hari : Selasa Tanggal : 13 Oktober 2015 Jam : 09.00-12.00 Tempat : Ruang tamu Kostan responden

Lebih terperinci

INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK (Diisi oleh Orang tua)

INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK (Diisi oleh Orang tua) INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK (Diisi oleh Orang tua) Petunjuk: Isilah daftar berikut pada kolom yang tersedia sesuai dengan kondisi anak yang sebenarnya. Jika ada yang kurang jelas, konsultasikan kepada

Lebih terperinci

STRATEGI PELAKSANAAN 1 (SP1) PADA KLIEN DENGAN KEHILANGAN DAN BERDUKA. No. MR : 60xxxx RS Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor

STRATEGI PELAKSANAAN 1 (SP1) PADA KLIEN DENGAN KEHILANGAN DAN BERDUKA. No. MR : 60xxxx RS Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor Lampiran 1 STRATEGI PELAKSANAAN 1 (SP1) PADA KLIEN DENGAN KEHILANGAN DAN BERDUKA Nama klien : Ny. M Ruangan : Nakula No. MR : 60xxxx RS Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor A. Proses Keperawatan 1. Kondisi Klien

Lebih terperinci

Perpustakaan Unika LAMPIRAN 190

Perpustakaan Unika LAMPIRAN 190 LAMPIRAN 190 191 LAMPIRAN A PEDOMAN OBSERVASI DAN WAWANCARA 192 PEDOMAN OBSERVASI 1. Penampilan fisik 2. Perilaku yang cenderung ditampilkan saat wawancara 3. Lingkungan Tempat tinggal 4. Lingkungan pekerjaan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA. maka akan dilakukan pembahasan dalam bentuk paparan dan analisis faktor-faktor

BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA. maka akan dilakukan pembahasan dalam bentuk paparan dan analisis faktor-faktor BAB IV DESKRIPSI DAN ANALISIS DATA Berdasarkan pertanyaan penelitian yang telah diungkapkan sebelumnya, maka akan dilakukan pembahasan dalam bentuk paparan dan analisis faktor-faktor penyebab kesalahan

Lebih terperinci

JUDUL :JAKA NGIYUB. SFX : suara angin (live) dan selanjutnya musik karawitan yang mengiringi tari bidadari yang turun ke bumi

JUDUL :JAKA NGIYUB. SFX : suara angin (live) dan selanjutnya musik karawitan yang mengiringi tari bidadari yang turun ke bumi Nama : Halilul Rahman Kelas : S1SI5F NIM : 08.12.3133 JUDUL :JAKA NGIYUB ADEGAN 1 SFX : Musik masuk panggung (karawitan) Jaka Ngiyub : (Jaka Ngiyub memikul kayu dan meletakkannya. Kemudian membasuh mukanya

Lebih terperinci

Selamat Membaca dan Memahami Materi Rentang Perkembangan Manusia II

Selamat Membaca dan Memahami Materi Rentang Perkembangan Manusia II Selamat Membaca dan Memahami Materi Rentang Perkembangan Manusia II KEMATIAN oleh : Triana Noor Edwina DS Fakultas Psikologi Univ Mercu Buana Yogyakarta Persepsi mengenai kematian Persepsi yang berbeda-beda

Lebih terperinci

TUGAS PERANCANGAN FILM KARTUN. Naskah Film Dan Sinopsis. Ber Ibu Seekor KUCING

TUGAS PERANCANGAN FILM KARTUN. Naskah Film Dan Sinopsis. Ber Ibu Seekor KUCING TUGAS PERANCANGAN FILM KARTUN Naskah Film Dan Sinopsis Ber Ibu Seekor KUCING DISUSUN OLEH : INDRA SUDRAJAT 09.12.3831 09-S1SI-05 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA 2011/2012

Lebih terperinci

Surat Paulus yang kedua kepada jemaat Tesalonika

Surat Paulus yang kedua kepada jemaat Tesalonika 2 Tesalonika 1:1 1 2 Tesalonika 1:6 Surat Paulus yang kedua kepada jemaat Tesalonika 1 Kepada yang kekasih saudara-saudari saya seiman jemaat Tesalonika yaitu kalian yang sudah bersatu dengan Allah Bapa

Lebih terperinci

Perpustakaan Unika L A M P I R A N 184

Perpustakaan Unika L A M P I R A N 184 L A M P I R A N 184 L A M P I R A N A 185 PEDOMAN OBSERVASI 1. Kondisi dan ciri fisik (kesan umum) 2. Kondisi lingkungan rumah tempat tinggal dan lingkungan tetangga 3. Hubungan dengan keluarga (Cara komunikasi)

Lebih terperinci

Lampiran 1. Panduan wawancara. Perilaku kesehatan ibu hamil yang menderita malaria pada suku Amungme di Timika

Lampiran 1. Panduan wawancara. Perilaku kesehatan ibu hamil yang menderita malaria pada suku Amungme di Timika Lampiran 1. Panduan wawancara Perilaku kesehatan ibu hamil yang menderita malaria pada suku Amungme di Timika Daftar pertanyaan 1. Siapa nama Ibu? 2. Berapa umur Ibu? 3. Sejak kapan dan tinggal disini?

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Kriteria riset partisipan adalah ibu hamil primigravida dengan usia

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Kriteria riset partisipan adalah ibu hamil primigravida dengan usia BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1. Gambaran Umum Riset Kriteria riset partisipan adalah ibu hamil primigravida dengan usia kehamilan 20-32 minggu, mampu berkomunikasi dengan baik, tinggal di wilayah

Lebih terperinci

o Ketika hasil pekerjaan saya yang saya harapkan tidak tercapai, saya malas untuk berusaha lebih keras lagi

o Ketika hasil pekerjaan saya yang saya harapkan tidak tercapai, saya malas untuk berusaha lebih keras lagi Skala 1 Skala Kecerdasan Emosional 1. UNFAVORABLE Kesadaran Diri o Saya merasa tidak mengerti perasaan saya sendiri o Saya kurang tahu penyebab kekecewaan yang saya rasakan o Saya malas bergaul dengan

Lebih terperinci

LAMPIRAN A SKALA PENELITIAN

LAMPIRAN A SKALA PENELITIAN 54 LAMPIRAN A SKALA PENELITIAN 55 No. Jurusan Semester Pekerjaan : : : : PETUNJUK PENGISIAN SKALA 1. Skala ini terdiri dari 2, skala yang pertama berjumlah 30 item dan skala yang kedua berjumlah 42 item.

Lebih terperinci

57 LAMPIRAN-LAMPIRAN

57 LAMPIRAN-LAMPIRAN LAMPIRAN-LAMPIRAN 57 58 LAMPIRAN 1 LEMBAR PEMBERIAHUAN AWAL FAKULAS PSIKOLOGI UNIVERSIAS INDONUSA ESA UNGGUL AKARA erima kasih telah bersedia berpartisipasi dalam penelitian saya mengenai gambaran coping

Lebih terperinci

134 Perpustakaan Unika LAMPIRAN

134 Perpustakaan Unika LAMPIRAN LAMPIRAN 134 135 LAMPIRAN A OBSERVASI DAN WAWANCARA 136 PEDOMAN OBSERVASI i. Kesan Umum : Kondisi Fisik dan Penampilan Subyek ii. Perilaku yang cenderung ditampilkan iii. Kegiatan Sehari-hari iv. Lingkungan

Lebih terperinci

Keberanian. Dekat tempat peristirahatan Belanda pada zaman penjajahan, dimulailah perjuangan nya.

Keberanian. Dekat tempat peristirahatan Belanda pada zaman penjajahan, dimulailah perjuangan nya. Keberanian Pagi itu di pedesan Kaliurang udara tampak sejuk dan embun pagi mulai pupus. Pada hari pahlawan 10 November tahun dimana kita mengingat perjuangan para pahlawan Indonesia. Ibu Malino sedang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Perkembangan dunia industri yang sangat pesat tidak hanya di Indonesia

BAB I PENDAHULUAN. Perkembangan dunia industri yang sangat pesat tidak hanya di Indonesia BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Perkembangan dunia industri yang sangat pesat tidak hanya di Indonesia bahkan disemua negara telah mengalami perubahan secara terus menerus, sehingga membuat

Lebih terperinci

DRUG ABUSE KELOMPOK 5

DRUG ABUSE KELOMPOK 5 DRUG ABUSE KELOMPOK 5 Pertanyaan Umum 1. Identitas Pribadi Nama Pasien : Umur : tahun (*pria/wanita) Alamat : Suku : Agama : Pendidikan terakhir : Pekerjaan : Aktivitas sehari-hari : Status pernikahan

Lebih terperinci

PEDOMAN WAWANCARA DAN OBSERVASI

PEDOMAN WAWANCARA DAN OBSERVASI PEDOMAN WAWANCARA DAN OBSERVASI Pedoman Wawancara 1. Latar belakang berkaitan dengan timbulnya kecemasan - Kapan anda mulai mendaftar skripsi? - Bagaimana perasaan anda ketika pertama kali mendaftar skripsi?

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Gambaran Umum Identitas Subjek Penelitian Nama Subjek S (p) S.R E.N N S (l) J Usia 72 Tahun 76 Tahun 84 Tahun 63 Tahun 68 Tahun 60 Tahun Jenis Perempuan Perempuan

Lebih terperinci

LAMPIRAN HASIL WAWANCARA. Hasil penelitian melalui wawancara dengan tiga keluarga di RT 14 Kelurahan Way Halim Bandar Lampung:

LAMPIRAN HASIL WAWANCARA. Hasil penelitian melalui wawancara dengan tiga keluarga di RT 14 Kelurahan Way Halim Bandar Lampung: LAMPIRAN HASIL WAWANCARA Hasil penelitian melalui wawancara dengan tiga keluarga di RT 14 Kelurahan Way Halim Bandar Lampung: 1. Komunikasi Keluarga a. Keluarga Bapak Rubai (48 tahun) Peneliti : Bagaimana

Lebih terperinci

LEMBAR PENJELASAN PENELITIAN. : Ketepatan Ibu Menangani Demam Pada Anak

LEMBAR PENJELASAN PENELITIAN. : Ketepatan Ibu Menangani Demam Pada Anak Lampiran 1 LEMBAR PENJELASAN PENELITIAN Judul : Ketepatan Ibu Menangani Demam Pada Anak Nama Peneliti : Pusparini NIM : 462012064 Saya adalah mahasiswa program S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas

Lebih terperinci

Marwan. Ditulis oleh Peter Purwanegara Rabu, 01 Juni :25

Marwan. Ditulis oleh Peter Purwanegara Rabu, 01 Juni :25 Ellen hanya berdiri termangu melihat tubuh Marwan yang kaku terbujur yang tiga perempat tubuhnya tertutup oleh kain putih. Hanya kelihatan kepalanya saja. Ellen hanya ingin melihat wajah Marwan terakhir

Lebih terperinci

Not Just A Friendship, We Are Big Family

Not Just A Friendship, We Are Big Family Not Just A Friendship, We Are Big Family He s getting married! ucap Laras setengah ragu. So what? pertanyaan tapi dengan pandangan penuh selidik dilontarkan seperti tanpa punya perasaan oleh Lian, sahabat

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN BAB IV HASIL PENELITIAN Pada Bab IV ini akan dijelaskan hasil perolehan data di lapangan yang selanjutnya dianalisis untuk memperoleh deskripsi profil berpikir probabilistik siswa dalam menyelesaikan masalah

Lebih terperinci

Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara 86 Lampiran 1. Pedoman wawancara Pedoman wawancara saat penelitian Di Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan Daftar pertanyaan wawancara kepada keluarga pasien Data singkat informan Nama : Jenis Kelamin : Tanggal

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN. A. Rangkuman Hasil Penelitian. Subjek NA, ARW, dan ITM adalah beberapa dari mahasiswa

BAB V PEMBAHASAN. A. Rangkuman Hasil Penelitian. Subjek NA, ARW, dan ITM adalah beberapa dari mahasiswa BAB V PEMBAHASAN A. Rangkuman Hasil Penelitian Subjek NA, ARW, dan ITM adalah beberapa dari mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Katolik Soegijapranata yang sedang menghadapi tugas akhir. Karena kesibukan

Lebih terperinci

BROADCASTING TV MIDTERMS

BROADCASTING TV MIDTERMS BROADCASTING TV MIDTERMS Naskah Film Pendek Judul AKU DAN BINTANG KECILKU Created by : RAHMAWATI FEIRA ANGGRAHENI (08.12.2859) SISTEM INFORMASI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2010 AKU DAN BINTANG KECILKU Written

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. sel asalnya, namun dalam bentuk primitif dan tidak sempurna (Pusat Komunikasi

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. sel asalnya, namun dalam bentuk primitif dan tidak sempurna (Pusat Komunikasi BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Kanker adalah sel-sel jaringan tubuh yang menjadi ganas yang ditandai oleh pembelahan sel dengan cepat dan tidak terkendali membentuk sel sejenis dengan sel

Lebih terperinci

Entahlah, suamiku. Aku juga tidak pernah berbuat jahat dan bahkan selalu rajin beribadah, jawab sang isteri sambil menahan air mata.

Entahlah, suamiku. Aku juga tidak pernah berbuat jahat dan bahkan selalu rajin beribadah, jawab sang isteri sambil menahan air mata. Hikayat Cabe Rawit Alkisah, pada zaman dahulu hiduplah sepasang suami-isteri di sebuah kampung yang jauh dari kota. Keadaan suami-isteri tersebut sangatlah miskin. Rumah mereka beratap anyaman daun rumbia,

Lebih terperinci

a. Berapa lama mereka menikah b. Apa yang diharapkan dari hubungan pernikahan yang sedang dijalani 4. Perbedaan Tingkat Pendidikan

a. Berapa lama mereka menikah b. Apa yang diharapkan dari hubungan pernikahan yang sedang dijalani 4. Perbedaan Tingkat Pendidikan LAMIRAN 49 50 51 52 Lampiran 3. edoman Wawancara 1. Identitas ubjek a. Nama b. Usia c. endidikan d. ekerjaan 2. Identitas uami ubjek a. Nama b. Usia c. endidikan d. ekerjaan 3. Hubungan ubjek dengan uami

Lebih terperinci

PMS: Petuah Menulis Sukses

PMS: Petuah Menulis Sukses Jul M : PMS: Petuah Menulis Sukses Oleh: Jul M Desain Sampul: Jul_mila (IG) Art by:@li.art278 (IG) Diterbitkan secara mandiri oleh: Nulisbuku.com Copyright: November, 2017 2 Teruntuk Sahabatku di Surga

Lebih terperinci

PIPIN, KAKEK, DAN KERETA API. El Johan Kristama

PIPIN, KAKEK, DAN KERETA API. El Johan Kristama ,, DAN KERETA API By El Johan Kristama 2011-El Johan Kristama Perancangan Film Kartun NIM 09.11.2906 09-S1TI-05 STMIK AMIKOM YOGYAKARTA eljohan.mail@gmail.com Sinopsis Naskah ini menceritakan tentang kisah

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. saling berbagi serta menemukan kecocokan di dalamnya. untuk menjalani pernikahan, mereka akan mendambakan sebuah pernikahan.

BAB I PENDAHULUAN. saling berbagi serta menemukan kecocokan di dalamnya. untuk menjalani pernikahan, mereka akan mendambakan sebuah pernikahan. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Manusia dilahirkan bukan sebagai individu yang akan hidup dengan kesendirian. Mereka akan berhubungan dengan manusia lainnya dan membutuhkan hubungan yang lebih

Lebih terperinci

LAMPIRAN A : SKALA PENELITIAN A-1 Skala Kecemasan pada Penderita Diabetes Mellitus A-2 Skala Konsep Diri

LAMPIRAN A : SKALA PENELITIAN A-1 Skala Kecemasan pada Penderita Diabetes Mellitus A-2 Skala Konsep Diri LAMPIRAN 63 LAMPIRAN A : SKALA PENELITIAN A-1 Skala Kecemasan pada Penderita Diabetes Mellitus A-2 Skala Konsep Diri 64 A-1 Skala Kecemasan pada Penderita Diabetes Mellitus 65 Identitas Nama : Usia : Jenis

Lebih terperinci

Aku menoleh. Disana berdiri seorang pemuda berbadan tinggi yang sedang menenteng kantong belanjaan di tangan kirinya. Wajahnya cukup tampan.

Aku menoleh. Disana berdiri seorang pemuda berbadan tinggi yang sedang menenteng kantong belanjaan di tangan kirinya. Wajahnya cukup tampan. 1st Spring Hujan lagi. Padahal ini hari Minggu dan tak ada yang berharap kalau hari ini akan hujan. Memang tidak besar, tapi cukup untuk membuat seluruh pakaianku basah. Aku baru saja keluar dari supermarket

Lebih terperinci

DIPA TRI WISTAPA MEMBILAS PILU. Diterbitkan secara mandiri. melalui Nulisbuku.com

DIPA TRI WISTAPA MEMBILAS PILU. Diterbitkan secara mandiri. melalui Nulisbuku.com DIPA TRI WISTAPA MEMBILAS PILU Diterbitkan secara mandiri melalui Nulisbuku.com MEMBILAS PILU Oleh: Dipa Tri Wistapa Copyright 2014 by Dipa Tri Wistapa Penerbit Dipa Tri Wistapa Website dipoptikitiw@gmail.com

Lebih terperinci

Naskah Manajemen Complain dan Customer Care

Naskah Manajemen Complain dan Customer Care Naskah Manajemen Complain dan Customer Care 1. Karakter Emosional Complain Seorang ibu yang merupakan anggota keluarga pasien datang ke customer service menanyakan perihal tidak adanya tempat tidur yang

Lebih terperinci

IDENTITAS RESPONDEN. Umur :.

IDENTITAS RESPONDEN. Umur :. LAMPIRAN 76 IDENTITAS RESPONDEN Isilah identitas Anda dengan lengkap pada kolom yang telah disediakan untuk nama diperbolehkan menggunakan inisial/disingkat. Nama :. Umur :. A. Petunjuk Pengisian Dalam

Lebih terperinci

Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/ :41:24

Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/ :41:24 Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/2014 11:41:24 2 Buku BI 3 (12 des).indd 2 16/12/2014 11:41:25 Bintang berkunjung ke rumah Tante Menik, adik ibunya. Tante Menik seorang wartawati. Rumah Tante Menik kecil,

Lebih terperinci

63 Perpustakaan Unika A. Skala Penelitian

63 Perpustakaan Unika A. Skala Penelitian A. Skala Penelitian 63 A 1 Skala Problem Focused Coping 64 65 Identitas diri Pendidikan Lama bekerja Usia : D3 / S1 Keperawatan :... tahun :... tahun PETUNJUK MENGERJAKAN 1. Dibawah ini terdapat sejumlah

Lebih terperinci

POLA ASUH MELALUI KOMUNIKASI EFEKTIF AUD. Zumrotus Sholichati PPL PLS UNY

POLA ASUH MELALUI KOMUNIKASI EFEKTIF AUD. Zumrotus Sholichati PPL PLS UNY POLA ASUH MELALUI KOMUNIKASI EFEKTIF AUD Zumrotus Sholichati PPL PLS UNY 2016 085643378090 PENGERTIAN Komunikasi pada dasarnya merupakan kegiatan penyampaian pesan. Proses tersebut melibatkan dua pihak

Lebih terperinci

ANALISIS MARKET RESEARCH UNEJ

ANALISIS MARKET RESEARCH UNEJ 1. Kegiatan selama liburan Bantu orang tua:3 Ya, kalo aku sih ya diem aja dirumah soalnya dirumah juga kan ada ibu punya took jadi bisa bantu-bantu (D,P,Aktif, Jalan-jalan:5 Kalo traveling, mungkin naik

Lebih terperinci

Mari belajar keliling dan Luas Lingkaran.

Mari belajar keliling dan Luas Lingkaran. LAMPIRAN 95 96 Lampiran 1 Instrumen tes pemecahan masalah open-ended materi lingkaran Mari belajar keliling dan Luas Lingkaran. Nama : Kelas/ No urut : Petunjuk Pengisian: 1. Berdoalah terlebih dahulu

Lebih terperinci

PROLOG. Terbangun di tempat yang aku tidak mengenalnya bukanlah impianku.

PROLOG. Terbangun di tempat yang aku tidak mengenalnya bukanlah impianku. PROLOG Terbangun di tempat yang aku tidak mengenalnya bukanlah impianku. Tersadar lalu melihat sekeliling dan menjadi asing. Di manakah aku? Aku ingat aku tertidur di antara buku-buku dan kesedihan. Aku

Lebih terperinci

Gara-Gara Facebook. *Status Fani yang mempertemukan*

Gara-Gara Facebook. *Status Fani yang mempertemukan* Gara-Gara Facebook *Status Fani yang mempertemukan* Siang itu Mataku masih tetap melotot di depan komputer. Meramaikan facebook dengan status-status yang gak jelas dan komentar-komentar yang seruu.. pada

Lebih terperinci

Pada suatu hari saat aku duduk di bangku sudut sekolah, tiba-tiba seseorang menepuk pundakku dari belakang.

Pada suatu hari saat aku duduk di bangku sudut sekolah, tiba-tiba seseorang menepuk pundakku dari belakang. SAHABAT JADI CINTA Pada suatu hari saat aku duduk di bangku sudut sekolah, tiba-tiba seseorang menepuk pundakku dari belakang. Hey.!!! lagi ngapain ucap seseorang itu sambil menepuk pundakku. Saat ku menoleh

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Universitas Indonesia

LAMPIRAN. Universitas Indonesia 1 LAMPIRAN 2 I. Identitas Pribadi Subjek 1. Usia 2. Jenis Kelamin 3. Agama 4. Suku Bangsa Pedoman Wawancara Lampiran 1: Pedoman Wawancara II. Gambaran Pribadi Subjek 1. Masa Kecil Subjek (Prob: Peristiwa

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Sebagai manusia yang telah mencapai usia dewasa, individu akan

BAB I PENDAHULUAN. Sebagai manusia yang telah mencapai usia dewasa, individu akan BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Sebagai manusia yang telah mencapai usia dewasa, individu akan mengalami masa transisi peran sosial, individu dewasa awal akan menindaklanjuti hubungan dengan

Lebih terperinci

Surat Paulus yang pertama kepada jemaat Tesalonika

Surat Paulus yang pertama kepada jemaat Tesalonika 1 Surat Paulus yang pertama kepada jemaat Tesalonika Kepada yang kekasih saudara-saudari saya seiman di Tesalonika yaitu kalian yang sudah bersatu dengan Allah Bapa dan Tuhan kita Kristus Yesus: Salam

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. dilakukan terhadap siswa SMA kelas X, diperoleh hasil penelitian berupa nilai

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. dilakukan terhadap siswa SMA kelas X, diperoleh hasil penelitian berupa nilai BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Berdasarkan penelitian mengenai keterampilan proses sains (KPS) yang dilakukan terhadap siswa SMA kelas X, diperoleh hasil penelitian berupa nilai dari seluruh aspek

Lebih terperinci

Andai Dia Tahu.

Andai Dia Tahu. Andai Dia Tahu By: @avamisu Ibu, bantu aku sekuat dirimu. Ajari aku sehalus dirimu. Aku terpuruk ibu. Aku tersesat dan aku tak tahu bagaimana caranya kembali tanpa sosokmu. Aku mempercepat langkahku menuju

Lebih terperinci

Menurut sekolah, saya sudah lulus. Menurut Tuhan, belon. :p Justru di saat-saat China, Tuhan mendidik saya dengan berbagai macam hal.

Menurut sekolah, saya sudah lulus. Menurut Tuhan, belon. :p Justru di saat-saat China, Tuhan mendidik saya dengan berbagai macam hal. Menurut sekolah, saya sudah lulus. Menurut Tuhan, belon. :p Justru di saat-saat terakhir saya di China, Tuhan mendidik saya dengan berbagai macam hal. Salah satu yang paling seru, mungkin adalah ketika

Lebih terperinci

HANYA KAMU BAB 1 AMANDA

HANYA KAMU BAB 1 AMANDA MINGKIAJA HANYA KAMU BAB 1 AMANDA Hanya dengan memandangi fhotomu membuat hatiku damai, tetapi hanya sebatas itu yang dapat aku lakukan. Saat ini dirimu menjadi milik lelaki lain, lelaki yang sebenarnya

Lebih terperinci

MODUL STRATEGI PELAKSANAAN PADA PASIEN DENGAN HALUSINASI DENGAR OLEH ANNISETYA ROBERTHA M. BATE

MODUL STRATEGI PELAKSANAAN PADA PASIEN DENGAN HALUSINASI DENGAR OLEH ANNISETYA ROBERTHA M. BATE Lampiran 8 MODUL STRATEGI PELAKSANAAN PADA PASIEN DENGAN HALUSINASI DENGAR OLEH ANNISETYA ROBERTHA M. BATE 2009.33.032 PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Membentuk sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis adalah impian

BAB I PENDAHULUAN. Membentuk sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis adalah impian BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Membentuk sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis adalah impian setiap orang. Ketika menikah, tentunya orang berkeinginan untuk mempunyai sebuah keluarga yang

Lebih terperinci