PANDUAN BANTUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN ANGGARAN 2017

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANDUAN BANTUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN ANGGARAN 2017"

Transkripsi

1 PANDUAN BANTUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN ANGGARAN 2017 SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS TAHUN 2017

2 PROGRAM BANTUAN DANA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT STAIN KUDUS TAHUN ANGGARAN 2017 A. GAMBARAN UMUM PROGRAM Dalam rangka pelaksanaan tri dharma Perguruan tinggi, khususnya pada butir ketiga tentang pengabdian kepada masyarakat, maka kiranya perguruan tinggi perlu memberikan fasilitas yang memadai. Program pengabdian masyarakat di STAIN Kudus diupayakan untuk membangun kemitraan antara Perguruan tinggi dengan masyarakat atau University-Community Engagement (UCE). Dosen sebagai bagian (utama) perguruan tinggi mempunyai tugas dan dharma bakti untuk membangun pola kemitraan ini. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen diharapkan mampu menjadi katalisator penguatan dan pemberdayaan bagi komunitas atau masyarakat. Pola pengabdian kepada masyarakat perguruan tinggi ini diarahkan pada penguatan komunitas masyarakat yang menjadi mitra perguruan tinggi. Sehingga kampus tidak lagi menjadi menara gading yang menjulang, yang tak tersentuh oleh realitas sosial di sekelilingnya. Melalui Program pengabdian ini, di harapkan mampu membangun kepekaan dan penguatan sosial, sebagaimana platform STAIN Kudus melalui islam transformatif yang mencoba menggeser dari teori ke aksi. Pada tahun 2017 ini, model pengabdian ditekankan pada pola pemberdayaan dan pendamp[ingan komunitas, dengan menggunakan pendekatan dan metodologi ilmiah. Hal ini dilakukan dalam rangka meghasilkan produk pengabdian yang mampu menjadi format bagi pengabdian selanjutnya. Melalui diseminasi dan publikasi, produk pengabdian akan mudah diakses publik dan dikembangkan untuk kemanfaatan bersama. B. FOKUS PROGRAM tema-tema berikut: Pada tahun 2017 ini, program pengabdian kepada masyarakat difokuskan pada

3 1. Penguatan Lembaga Keagamaan, dimaksudkan agar dosen mengabdi, melakukan pendampingan kepada lembaga keagamaan, seperti jam iyah, masjid, musholla, majlis ta lim, ikatan remaja masjid dan lainnya. 2. Pengembangan Pendidikan Keagamaan, dimaksudkan agar dosen mengabdi, meneliti dan memberikan pendampingan bagi lembaga pendidikan berbasis masyarakat dengan target capaian yang jelas dan terstruktur, baik untuk madrasah, pondok pesantren, TPQ, SLB dan lembaga pendidikan lainnya. 3. Pengembangan Sosial Kemasyarakatan, dimaksudkan agar dosen mengabdi, meneliti dan memberikan pendampingan bagi kelompok masyarakat yang secara sosial maupun ekonomi sangat potensial untuk dikembangkan dan didampingi, sehingga semakin menguatkan interaksi sosial yang harmonis dengan stakeholder. Program yang dikembangkan bertujuan untuk memupuk jiwa dan sikap peduli lingkungan, tenggang rasa, pengembangan usaha produktif, menumbuhkan partisipasi sosial, pemberdayaan perempuan dan keluarga, perlindungan terhadap hak asasi, pelayanan dan penanganan terhadap disabilitas (cacat), komunitas adat, dll. 4. Pemberdayaan Komunitas Marjinal (PKM), dimaksudkan agar dosen mengabdi, meneliti dan memberikan pendampingan bagi lembaga kelompok masyarakat marjinal yang hidup dalam tatanan sosial atau relasi kuasa yang tidak seimbang, sehingga komunitas marginal/miskin di daerah perkotaan memiliki kedudukan setara, berdaya, dan hidup di tengah - tengah masyarakatnya dengan lebih percaya diri. 5. Pengembangan UMKM, dimaksudkan agar dosen mampu memberikan pendampingan kepada usaha mikro, kecil dan menengah melalui manajemen, strategi dan inovasi dalam ekonomi dan bisnis Islam. C. OUTPUT 1. Tersedianya dokumen tentang kiprah perguruan tinggi dalam kegiatan pemberdayaan dan pendampingan masyarakat untuk perubahan sosial 2. Publikasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat 3. Knowledge sharing hasil-hasil pengabdian 4. Jejaring berkelanjutan dengan para pemberdaya masyarakat terkemuka dari universitas/lsm/lembaga riset diluar STAIN Kudus.

4 D. PRINSIP DASAR DALAM PENGABDIAN Pengelolaan program Pengabdian kepada Masyarakat mendasarkan pelaksanaan pengabdiannya kepada prinsip-prinsip sebagai berikut: 1. Partisipasi Melibatkan masyarakat secara aktif sebagai subyek di dalam suatu program, mulai dari perancangan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, pelaporan, dan diseminasi. 2. Pemberdayaan Memperhatikan pengetahuan, pengalaman, kebutuhan, dan kehendak serta mendayagunakan potensi yang dimiliki masyarakat mitra pengabdian, untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi yang dimiliki serta menyelesaikan persoalan-persoalan yang mereka hadapi. 3. Inklusifitas Bersedia menerima keragaman dan perbedaan serta mengakomodasinya dalam berbagai tatanan yang ada di masyarakat. Keragaman yang dimaksud meliputi antara lain keragaman agama, kepercayaan, budaya, adat, bahasa, gender, ras, suku bangsa, strata ekonomi, dan perbedaan kemampuan fisik/mental. 4. Kesetaraan dan keadilan gender Memberikan kesempatan, partisipasi, kontrol terhadap pengambilan keputusan, dan manfaat yang sama kepada perempuan dan laki-laki dalam program dan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan melaksanakan berbagai pendekatan yang mendorong kesetaraan dan menghilangkan kesenjangan. 5. Ramah Lingkungan. Memberi perhatian yang proporsional pada aspek-aspek tatakelola lingkungan hidup dan sumberdaya alam baik untuk menghindari atau menekan dampak lingkungan yang negatif maupun untuk secara proaktif memanfaatkan setiap peluang untuk meningkatkan kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup dan sumberdaya alam. 6. Akuntabilitas Mempertanggungjawabkan semua program dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada pemangku kepentingan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku dan prinsip-prinsip tata kelola yang baik dan demokratis.

5 7. Transparansi Terbuka dalam menyajikan informasi dan laporan serta menerima masukan terkait program pengabdian kepada masyarakat. 8. Kemitraan Menjalin kerjasama dan jejaring pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai pihak berdasarkan kesetaraan, keterbukaan dan saling menguntungkan. 9. Keberlanjutan Merancang program pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dan mandiri dengan atau tanpa bantuan dari pihak manapun. 10. Kesukarelaan Bersedia melakukan program dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tanpa paksaan, baik atas prakarsa sendiri maupun atas permintaan masyarakat dan pihak lain. 11. Manfaat Setiap program dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus bermanfaat seluasluasnya bagi semua pihak, baik dari segi keilmuan,sosial, ekonomi, politik, budaya dan manfaat lainnya bagi pengembangan masyarakat ke depan. Manfaat pengabdian adalah untuk mendorong masyarakat mengembangkan aset mereka. 12. Keterkaitan ilmu, amal dan transformasi sosial Menjadikan program dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi dari pembelajaran dan penelitian untuk mendukung transformasi sosial. E. BENTUK PENGABDIAN Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk intervensi perguruan tinggi untuk tujuan perubahan sosial. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan berbagai bentuk yaitu: 1. Pembelajaran masyarakat, yakni suatu kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan. 2. Pendampingan masyarakat, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intensif dan partisipatif agar tercapai kemandirian dari komunitas atau kelompok mitra.

6 3. Advokasi, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupaya menumbuhkan kepekaan sosial, politik, dan budaya, serta kapasitas/kemampuan untuk memperjuangkan dan memperoleh hak-hak sebagai warga negara. 4. Pemberdayaan ekonomi, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan pendapatan. 5. Layanan masyarakat, yakni penyediaan layanan masyarakat seperti layanan keagamaan, kesehatan, mediasi, resolusi konflik, konsultasi (psikologi, keluarga, hukum, pembuatan rencana bisnis, proyek), pelatihan, penelitian, dan lain-lain. 6. Ujicoba, adaptasi serta penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis IPTEKS, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengembangan dan penerapan hasil penelitian (action research) ataupun teknologi sederhana untuk mengembangkan potensi dan peluang yang terdapat pada suatu komunitas masyarakat. Misalnya pembuatan alat produksi, pembuatan sistem manajemen, dll. 7. Kegiatan sosial yang bersifat karitatif, seperti bantuan untuk korban bencana alam dan sosial. F. ANGGARAN DANA PROGRAM Alokasi dana program pengabdian masyarakat ini sebesar (Sepuluh juta rupiah). Dana diberikan dalam bentuk blockgrand, dicairkan di muka setelah dosen ditetapkan sebagai pelaksana pengabdian yang disahkan oleh ketua STAIN Kudus. Dosen pengabdi membuat LPJ keuangan sesuai dengan ketentuan yang ada. G. PERSYARATAN 1. Program ini bersifat kompetitif individual, dengan syarat pengusul adalah: a. Dosen STAIN Kudus b. Memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP) dan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) 2. Panitia akan menyeleksi semua usulan proposal yang masuk. Seleksi dilaksanakan meliputi 2 tahap: a. Seleksi administrasi dan substansi b. Presentasi proposal Pengusul yang lolos seleksi akan diumumkan melalui website P3M.

7 H. KRITERIA PENILAIAN Ada beberapa aspek penting yang digunakan Tim Reviewer untuk menentukan mutu proposal program pengabdian kepada masyarakat: 1. Isu dan fokus pengabdian, memiliki daya tarik, bermanfaat bagi komunitas dampingan, dan prospektif dari sisi keberlanjutan (sustainability) pelaksanaan program. 2. Alasan memilih dampingan, mencantumkan argumen-argumen yang kuat mengenai alasan memilih komunitas dampingan dan signifikansinya dalam proses pengabdian. 3. Kondisi dampingan saat ini, menjelaskan secara nyata kondisi komunitas yang akan didampingi sesuai dengan hasil survey pendahuluan (prelemenary survey) yang telah dilakukan. Deskripsi perlu disertai data-data kuantitatif maupun kualitatif yang memadai, sehingga tergambar kondisi umum dan kondisi spesifik komunitas yang akan menjadi fokus dampingan. 4. Kondisi dampingan yang diharapkan, menjelaskan kondisi yang diharapkan selama dan setelah proses dampingan berlangsung sebagaimana hasil survey pendahuluan (prelemenary research). 5. Strategi yang dilakukan untuk mencapai kondisi harapan, menyebutkan sejumlah strategi yang akan dilakukan untuk mencapai kondisi yang diharapkan dan bagaimana kaitannya satu sama lain. Hal ini bisa meliputi metode, teknik, atau kegiatan, yang akan dilakukan agar strategi yang dirancang dapat berjalan. 6. Pihak-pihak yang terlibat (stakeholders) dan bentuk keterlibatannya, menyebutkan pihak-pihak mana saja yang kemungkinan terlibat dan menjelaskan bagaimana bentuk keterlibatannya dalam konteks pengabdian untuk mencapai kondisi dampingan yang diharapkan. 7. Resources yang sudah dimiliki, menyebutkan secara gamblang kapasitas tim dan lembaga pengusul untuk melakukan program ini, dan resources apa yang dimiliki untuk menjalankan program pengabdian. 8. Besaran anggaran dan alokasi waktu, menyebutkan angka dan rincian anggaran dana yang dibutuhkan, sehingga tergambar akuntabilitas yang jelas dan alokasi waktu pelaksanaan program pengabdian.

8 I. FORMAT PENULISAN PROPOSAL 1. Proposal ditulis dalam kertas ukuran A4, margin masing-masing 3 cm, spasi 1,5, font Time New Roman. 2. Jumlah halaman proposal berkisar antara halaman. 3. Proposal dijilid soft cover dengan warna putih, sebanyak 3 eksemplar. 4. Proposal juga dikirim ke J. JADWAL KEGIATAN No Uraian Kegiatan Waktu Pelaksanaan 1. Pengumuman Proposal Minggu ke I1 Juli Penerimaan proposal Minggu II-IV Juli Seleksi administrasi dan substansi Minggu II Juli II Agustus Pengumuman nominee presentasi proposal Minggu II Agustus Presentasi proposal Minggu III Agustus Pengumuman Penerima Bantuan Dana Minggu IV Agustus Pencairan dana Minggu IV September Pelaksanaan Program Minggu I September Minggu IV November Penyerahan Laporan Akhir Minggu II Desember 2017

PANDUAN BANTUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI DOSEN STAIN PONOROGO

PANDUAN BANTUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI DOSEN STAIN PONOROGO 1 PANDUAN BANTUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI DOSEN STAIN PONOROGO PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PONOROGO TAHUN 2016 2

Lebih terperinci

SOSIALIASI BANTUAN PENGABDIAN DOSEN KEPADA MASYARAKAT

SOSIALIASI BANTUAN PENGABDIAN DOSEN KEPADA MASYARAKAT SOSIALIASI BANTUAN PENGABDIAN DOSEN KEPADA MASYARAKAT (BERBASIS KEMITRAAN) Ramdani Wahyu Sururie Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M-UIN Sunan Gunung Djati Bandung BAHASAN CAPAIAN TAHUN 2016 CAPAIAN

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PROGRAM BANTUAN DANA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT TAHUN ANGGARAN 2011 DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI 2011

BUKU PANDUAN PROGRAM BANTUAN DANA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT TAHUN ANGGARAN 2011 DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA RI 2011 PROGRAM BANTUAN DANA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT TAHUN ANGGARAN 0 A. GAMBARAN UMUM PROGRAM BUKU PANDUAN PROGRAM BANTUAN DANA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT TAHUN ANGGARAN 0 DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LABORATORIUM PENGEMBANGAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2017 PENGABDIAN

Lebih terperinci

B. KRITERIA PENGUSUL PROGRAM

B. KRITERIA PENGUSUL PROGRAM PENAWARAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS PROGRAM PUSAT PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M) STAIN SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK BANGKA BELITUNG TAHUN 2016 A. PENDAHULUAN Bantuan Pengabdian

Lebih terperinci

Tempat. Jember, 31 Agustus2017. Nomor : B&tyto, 20/L.1/PP.00.9/8/2017 Lampiran :- Hal : Pengumuman Seleksi RKMII Tahun 2017

Tempat. Jember, 31 Agustus2017. Nomor : B&tyto, 20/L.1/PP.00.9/8/2017 Lampiran :- Hal : Pengumuman Seleksi RKMII Tahun 2017 IAIN JEMBER KEMENTERIAN AGAMA Rl INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Centre for Research and Community Service Jl. Mataram 1 Mangli, Kaliwates Telp.:

Lebih terperinci

PEDOMAN PROGRAM PENELITIAN KOMPETITIF DOSEN TAHUN Tema Penelitian Berbasis Integrasi Keislaman

PEDOMAN PROGRAM PENELITIAN KOMPETITIF DOSEN TAHUN Tema Penelitian Berbasis Integrasi Keislaman PEDOMAN PROGRAM PENELITIAN KOMPETITIF DOSEN TAHUN 2017 Tema Penelitian Berbasis Integrasi Keislaman LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT IAIN BATUSANGKAR 2017 DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1 BAB I PENDAHULUAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FIB UI TAHUN 2016

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FIB UI TAHUN 2016 PANDUAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FIB UI TAHUN 2016 Dasar Pemikiran Penyelenggaraan Program Salah satu dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian adalah kegiatan

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LABORATORIUM PENGEMBANGAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2016 Panduan

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN PROGRAM BANTUAN DANA KARYA PENGABDIAN DOSEN (KPD) KOMPETITIF INDIVIDUAL/KOLEKTIF

BUKU PEDOMAN PROGRAM BANTUAN DANA KARYA PENGABDIAN DOSEN (KPD) KOMPETITIF INDIVIDUAL/KOLEKTIF BUKU PEDOMAN PROGRAM BANTUAN DANA KARYA PENGABDIAN DOSEN (KPD) KOMPETITIF INDIVIDUAL/KOLEKTIF LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) UIN WALISONGO SEMARANG TAHUN 2015 Assalamu`alaikum

Lebih terperinci

KEMENTERIAN AGAMA R.I. SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

KEMENTERIAN AGAMA R.I. SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT KEMENTERIAN AGAMA R.I. SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT Jl. Tentara Pelajar No. 02 Telp. (0298) 323706 Fax. 323433 Kode Pos 50721 Salatiga Website:

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN PELAPORAN BANTUAN PROGRAM MUTU PENGABDIAN MASYARAKAT KOMPETITIF TAHUN 2017

PETUNJUK TEKNIS PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN PELAPORAN BANTUAN PROGRAM MUTU PENGABDIAN MASYARAKAT KOMPETITIF TAHUN 2017 Nomor: B-37.b/In.09/6/6.b/HM.01/03/2017 PETUNJUK TEKNIS PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN PELAPORAN BANTUAN PROGRAM MUTU PENGABDIAN MASYARAKAT KOMPETITIF TAHUN 2017 LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA

Lebih terperinci

PENINGKATAN KINERJA PENELITIAN PROGRAM STUDI KEHUTANAN

PENINGKATAN KINERJA PENELITIAN PROGRAM STUDI KEHUTANAN TERMS OF REFERENCE (TOR) PENINGKATAN KINERJA PENELITIAN PROGRAM STUDI KEHUTANAN DIBIAYAI OLEH DIPA FAKULTAS KEHUTANAN 2012 FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS HASANUDDIN KATA PENGANTAR Peningkatan kinerja penelitian

Lebih terperinci

2. Penelitian yang diselenggarakan P3M STAIN Pekalongan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

2. Penelitian yang diselenggarakan P3M STAIN Pekalongan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: PROGRAM BANTUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA Maksud Program Bantuan penelitian bagi mahasiswa merupakan program bantuan dalam rangka mendorong proses pembelajaran penelitian bagi mahasiswa secara kolektif.

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM BANTUAN DANA PENELITIAN PUSAT PENELITIANN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) STAIN WATAMPONE TAHUN 2014

PANDUAN PROGRAM BANTUAN DANA PENELITIAN PUSAT PENELITIANN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) STAIN WATAMPONE TAHUN 2014 PANDUAN PROGRAM BANTUAN DANA PENELITIAN PUSAT PENELITIANN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) STAIN WATAMPONE TAHUN 2014 PUSAT PENELITIANN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) STAIN WATAMPONE KATA PENGANTAR Alhamdulillah

Lebih terperinci

Publish by. 1

Publish by.  1 PROGRAM KOMPETISI HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYRAKAT DOSEN FAKULTAS PSIKOLOGI UIN MALIKI MALANG Improving Mental Health Base on Community Empowerment LATAR BELAKANG Badan Kesehatan dunia (WHO) telah

Lebih terperinci

PANDUAN PENGEMBANGAN DESA BINAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA (UNDIKSHA) BERBASIS TRI HITA KARANA (THK)

PANDUAN PENGEMBANGAN DESA BINAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA (UNDIKSHA) BERBASIS TRI HITA KARANA (THK) PANDUAN PENGEMBANGAN DESA BINAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA (UNDIKSHA) BERBASIS TRI HITA KARANA (THK) LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2012 1 PENGEMBANGAN DESA BINAAN

Lebih terperinci

PENILAIAN PROPOSAL-BORANG SELEKSI PUSAT UNGGULAN IPTEK TAHUN 2016

PENILAIAN PROPOSAL-BORANG SELEKSI PUSAT UNGGULAN IPTEK TAHUN 2016 PENILAIAN PROPOSAL-BORANG SELEKSI PUSAT UNGGULAN IPTEK TAHUN 2016 1 45 Lembaga Litbang Terunggul di Indonesia 19 PUI berstatus telah ditetapkan (2015) 2011 2012 2013 2014 2015 2015 2015 2015 2012-2013

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2015 Daftar Isi Daftar Isi... ii

Lebih terperinci

Prioritas Penggunaan Dana Desa

Prioritas Penggunaan Dana Desa Prioritas Penggunaan Dana Desa Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia OUTLINE A. KERANGKA PEMBANGUNAN

Lebih terperinci

KEMENTERIAN AGAMA R.I.

KEMENTERIAN AGAMA R.I. KEMENTERIAN AGAMA R.I. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Jl. Tentara Pelajar No. 02 Telp. (0298) 323706 Fax. 323433 Kode Pos 50721 Salatiga

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH PENINGKATAN MUTU PENDAMPINGAN SISWA 2008/2009

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH PENINGKATAN MUTU PENDAMPINGAN SISWA 2008/2009 PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH PENINGKATAN MUTU PENDAMPINGAN SISWA 2008/2009 UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA - 1 - A. Latar Belakang Kualitas calon mahasiswa merupakan salah satu

Lebih terperinci

PANDUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DPP/SPP

PANDUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DPP/SPP PANDUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DPP/SPP 1. PENGERTIAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Dalam buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjen Dikti edisi VI tahun 2006 mendefinisikan

Lebih terperinci

TOR PROGRAM PPM PENGEMBANGAN WILAYAH LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2015

TOR PROGRAM PPM PENGEMBANGAN WILAYAH LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2015 TOR PROGRAM PPM PENGEMBANGAN WILAYAH LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN 201 A. Latar Belakang Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (PT) yang mencakup pendidikan, penelitian dan

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN KOMPETENSI MENELITI BAGI MAHASISWA

PETUNJUK PELAKSANAAN KOMPETENSI MENELITI BAGI MAHASISWA PETUNJUK PELAKSANAAN KOMPETENSI MENELITI BAGI MAHASISWA LABORATORIUM PENGEMBANGAN, PENELITIAN, PENGABDIAN MASYARAKAT DAN KERJASAMA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM

Lebih terperinci

PRAKTIKUM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA (PES 4006) KELAS A Semester Genap 2012/2013. Eko Nugroho, S.Pt, M.Sc Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

PRAKTIKUM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA (PES 4006) KELAS A Semester Genap 2012/2013. Eko Nugroho, S.Pt, M.Sc Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya PRAKTIKUM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA (PES 4006) KELAS A Semester Genap 2012/2013 Eko Nugroho, S.Pt, M.Sc Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya TUGAS PRAKTIKUM Buatlah proposal program pengabdian kepada

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

Lebih terperinci

Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Dosen FISIP Undip Tahun 2014

Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Dosen FISIP Undip Tahun 2014 Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Dosen FISIP Undip Tahun 2014 UNIT PENGEMBANGAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (UP3) FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2014 PEDOMAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2016

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2016 LATAR BELAKANG PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2016 Pengembangan Kemahasiswaan sebagai subsistem pendidikan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2016

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2016 PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2016 UNIT PENELITIAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2016 KERANGKA ACUAN KERJA PENELITIAN

Lebih terperinci

PANDUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Oleh: TIM PENYUSUN PANDUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Oleh: TIM PENYUSUN PANDUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Oleh: TIM PENYUSUN PANDUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG 2015 Pedoman

Lebih terperinci

KEMENTERIAN AGAMA R.I.

KEMENTERIAN AGAMA R.I. KEMENTERIAN AGAMA R.I. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Jl. Tentara Pelajar No. 02 Telp. (0298) 323706 Fax. 323433 Kode Pos 50721 Salatiga

Lebih terperinci

PANDUAN PENGAJUAN PROPOSAL HIBAH RISET MONITORING DAN EVALUASI

PANDUAN PENGAJUAN PROPOSAL HIBAH RISET MONITORING DAN EVALUASI PANDUAN PENGAJUAN PROPOSAL HIBAH RISET MONITORING DAN EVALUASI LATAR BELAKANG Crisis Center mempunyai komitmen untuk membantu pemulihan bidang kesehatan mental dan psikososial (Mental Health and Psychosocial

Lebih terperinci

LEMBARAN DAERAH KABUPATEN KUDUS

LEMBARAN DAERAH KABUPATEN KUDUS 1 LEMBARAN DAERAH KABUPATEN KUDUS NOMOR 5 TAHUN 2015 BUPATI KUDUS PROVINSI JAWA TENGAH PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUDUS NOMOR 5 TAHUN 2015 TENTANG PEDOMAN PEMBANGUNAN DESA DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN

PETUNJUK PELAKSANAAN PETUNJUK PELAKSANAAN HIBAH PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN PROYEK PENGEMBANGAN EMPAT UNIVERSITAS SEBAGAI PUSAT KEUNGGULAN UNTUK MEMPERKUAT DAYA SAING BANGSA Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan,

Lebih terperinci

Program Insentif Penelitian Universitas Gadjah Mada Tahun 2006 BATCH 3

Program Insentif Penelitian Universitas Gadjah Mada Tahun 2006 BATCH 3 Program Insentif Penelitian Universitas Gadjah Mada Tahun 2006 BATCH 3 Diberitahukan kepada para peneliti di lingkungan Fakultas dan Pusat Studi Universitas Gadjah Mada, bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian

Lebih terperinci

PANDUAN USULAN PROPOSAL P2M DAN DIPA UNDIKSHA TAHUN 2012

PANDUAN USULAN PROPOSAL P2M DAN DIPA UNDIKSHA TAHUN 2012 PANDUAN USULAN PROPOSAL P2M DAN DIPA UNDIKSHA TAHUN 2012 LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2012 0 PANDUAN USULAN PROPOSAL P2M DAN DIPA UNDIKSHA TAHUN 2012 A. Latar Belakang

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD INSENTIF PERCEPATAN PUBLIKASI UGM TAHUN ANGGARAN 2012

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD INSENTIF PERCEPATAN PUBLIKASI UGM TAHUN ANGGARAN 2012 PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD1-2012-12 INSENTIF PERCEPATAN PUBLIKASI UGM TAHUN ANGGARAN 2012 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada 2012 KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DIPA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DIPA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DIPA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG 2017 i DAFTAR ISI KATA PENGANTAR...

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Nama Perguruan Tinggi : Universitas Riau Kepulauan Batam Nama Lembaga : Lembaga Penelitian dan kepada Masyarakat Ketua : Linayati Lestari,

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA STIKES KARYA HUSADA SEMARANG

PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA STIKES KARYA HUSADA SEMARANG PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA STIKES KARYA HUSADA SEMARANG UNIT PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (UP3M) SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA SEMARANG 2014 Panduan Penelitian Dosen

Lebih terperinci

PEMERINTAH KABUPATEN PURWOREJO

PEMERINTAH KABUPATEN PURWOREJO PEMERINTAH KABUPATEN PURWOREJO PERATURAN DAERAH KABUPATEN PURWOREJO NOMOR 13 TAHUN 2009 TENTANG LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DAN KELURAHAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPATI PURWOREJO, Menimbang :

Lebih terperinci

PANDUAN AINEC RESEARCH AWARD 2014 ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA THE ASSOCIATION OF INDONESIAN NURSE EDUCATION CENTER

PANDUAN AINEC RESEARCH AWARD 2014 ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA THE ASSOCIATION OF INDONESIAN NURSE EDUCATION CENTER PANDUAN AINEC RESEARCH AWARD 2014 ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA THE ASSOCIATION OF INDONESIAN NURSE EDUCATION CENTER Secretary Office: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI)

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN Kode Dok. F-PM-08-01-01 Revisi 0 Kampus Bukit Jimbaran Phone (0361) 701 801, 701 803, Fax; (0361) 701 801 DIAGRAM ALIR PROSES PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Pengumuman Pengajuan Proposal Pengabdian kepada

Lebih terperinci

Tipe A: pengembangan bahan ajar multimedia, dengan dana hibah sebesar Rp ,00 bagi 15 pemenang

Tipe A: pengembangan bahan ajar multimedia, dengan dana hibah sebesar Rp ,00 bagi 15 pemenang Panduan HIBAH PENINGKATAN E-LEARNING UGM 2016 Pusat Inovasi dan Kajian Akademik Universitas Gadjah Mada Ikhtisar Pemanfaatan e-learning sebagai salah satu penunjang pembelajaran saat ini telah berkembang

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN

PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Lebih terperinci

TOR PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM PPM PENGEMBANGAN WILAYAH TAHUN 2014

TOR PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM PPM PENGEMBANGAN WILAYAH TAHUN 2014 TOR PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM PPM PENGEMBANGAN WILAYAH TAHUN 2014 LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2014 TOR PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM PPM PENGEMBANGAN

Lebih terperinci

Karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha 2 Materi kegiatan Semua bidang ilmu atau yang relevan

Karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha 2 Materi kegiatan Semua bidang ilmu atau yang relevan PANDUAN KOMPETISI LOMBA BUSSINESS PLAN PROGRAM DIII ANALIS KIMIA F-MIPA UII 2014 I. PENDAHULUAN 1.1 Penjelasan Umum Lulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of

Lebih terperinci

PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS DIPONEGORO

PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS DIPONEGORO PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS DIPONEGORO A. UMUM Tujuan dari program ini adalah peningkatan mutu kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM PENELITIAN PENGUATAN PROGRAM STUDI (P3S) https://www2.warwick.ac.uk

PANDUAN PROGRAM PENELITIAN PENGUATAN PROGRAM STUDI (P3S) https://www2.warwick.ac.uk PANDUAN PROGRAM PENELITIAN PENGUATAN PROGRAM STUDI (P3S) https://www2.warwick.ac.uk LABORATORIUM PENGEMBANGAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN BATCH I (SATU)

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN BATCH I (SATU) PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN BATCH I (SATU) DIREKTORAT PENELITIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA 2018 1 P a g e KATA PENGANTAR Dalam rangka

Lebih terperinci

Panduan Hibah E Learning UGM 2015 Pusat Inovasi dan Kebijakan Akademik UNIVERSITAS GADJAH MADA

Panduan Hibah E Learning UGM 2015 Pusat Inovasi dan Kebijakan Akademik UNIVERSITAS GADJAH MADA Panduan Hibah E Learning UGM 2015 Pusat Inovasi dan Kebijakan Akademik UNIVERSITAS GADJAH MADA Pendahuluan Pemanfaatan e Learning sebagai penunjang pembelajaran telah berkembang di UGM, salah satunya dengan

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF UNGGULAN DAN BERMUTU TAHUN 2016

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF UNGGULAN DAN BERMUTU TAHUN 2016 1 PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF UNGGULAN DAN BERMUTU TAHUN 2016 PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PONOROGO TAHUN 2016 2 DAFTAR ISI PANDUAN

Lebih terperinci

PROGRAM BANTUAN DANA PENELITIAN KOMPETITIF INDIVIDUAL/KOLEKTIF IAIN WALISONGO SEMARANG TAHUN

PROGRAM BANTUAN DANA PENELITIAN KOMPETITIF INDIVIDUAL/KOLEKTIF IAIN WALISONGO SEMARANG TAHUN PROGRAM BANTUAN DANA PENELITIAN KOMPETITIF INDIVIDUAL/KOLEKTIF IAIN WALISONGO SEMARANG TAHUN 2013 A. GAMBARAN UMUM PROGRAM Program Bantuan Dana Penelitian Kompetitif Individual/Kolektif adalah program

Lebih terperinci

PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2017

PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2017 PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 07 Dalam rangka meningkatkan budaya ilmiah dan mutu penelitian pada mahasiswa, maka Fakultas Sains dan Teknologi dengan

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PELAJAR SE- JAWA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS TAHUN 2017

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PELAJAR SE- JAWA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS TAHUN 2017 PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PELAJAR SE- JAWA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS TAHUN 2017 KEMENTERIAN AGAMA Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada

Lebih terperinci

PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL KULIAH KERJA NYATA

PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL KULIAH KERJA NYATA BUKU PANDUAN PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL KULIAH KERJA NYATA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Dei PUSAT KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA 2008 1 Pengantar Dewasa ini globalisasi menjadi

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Panduan Pengabdian kepada Masyarakat tahun

BAB I PENDAHULUAN. Panduan Pengabdian kepada Masyarakat tahun BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Pengabdian kepada masyarakat adalah suatu bentuk kegiatan institusi yang diadakan oleh dosen (baik dengan atau tanpa mahasiswa), yang ditujukan untuk masyarakat sebagai

Lebih terperinci

PANDUAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN KARYA PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN STAIN Curup. Tim Penyusun: P3M STAIN Curup

PANDUAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN KARYA PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN STAIN Curup. Tim Penyusun: P3M STAIN Curup PANDUAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN KARYA PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN STAIN Curup Tim Penyusun: P3M STAIN Curup STAIN Curup 2016 1 BAB I PENDAHULUAN Program Karya Pengabdian Masyarakat Do sen (KMPD) adalah

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL PENGABDIAN REGULER UNISNU JEPARA. Luaran program Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNISNU Jepara dapat berupa: a.

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL PENGABDIAN REGULER UNISNU JEPARA. Luaran program Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNISNU Jepara dapat berupa: a. PANDUAN PENULISAN PROPOSAL PENGABDIAN REGULER UNISNU JEPARA 1. Pendahuluan Program Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma perguruan Tinggi yang dimana dalam pengeloaan dan

Lebih terperinci

BUKU STANDAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

BUKU STANDAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BUKU STANDAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLTEKNIK KESEHATAN KEMENKES KUPANG KEMENTERIAN KESEHATAN RI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES KUPANG JL. PIET A TALLO, LILIBA KUPANG Tlp. (0380) 881880, 881881 Fax.

Lebih terperinci

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015 PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015 UNIT PENELITIAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2015 Page 1 of 16 KERANGKA ACUAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN SUMBER DANA DIPA PASCA SARJANA UNDIP TAHUN ANGGARAN 2016

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN SUMBER DANA DIPA PASCA SARJANA UNDIP TAHUN ANGGARAN 2016 HALAMAN JUDUL PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN SUMBER DANA DIPA PASCA SARJANA UNDIP TAHUN ANGGARAN 2016 Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Jl. Imam Bardjo, SH No. 5 Semaranag,

Lebih terperinci

STANDAR OPERASI DAN PROSEDUR (SOP) KOMPETISI PENELITIAN MAHASISWA

STANDAR OPERASI DAN PROSEDUR (SOP) KOMPETISI PENELITIAN MAHASISWA STANDAR OPERASI DAN PROSEDUR (SOP) KOMPETISI PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2014 A. LATAR BELAKANG Fakultas Sains dan Teknologi

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN SINERGI FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN SINERGI FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN SINERGI FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA DANA RKAT FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN TAHUN 2017 0 PROPOSAL HIBAH PENELITIAN SINERGI FAKULTAS TEKNOLOGI

Lebih terperinci

Panduan Hibah Elearning UGM 2014

Panduan Hibah Elearning UGM 2014 Panduan Hibah Elearning UGM 2014 Ringkasan Eksekutif Pusat Pengembangan Pendidikan UGM mengadakan Hibah e-learning untuk 13 penerima hibah. Hibah ditujukan bagi staf pengajar di UGM untuk memanfaatkan

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2017

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2017 LATAR BELAKANG PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2017 Pengembangan Kemahasiswaan sebagai subsistem pendidikan

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN Perguruan tinggi mempunyai tiga kewajiban utama yang harus dipenuhi yakni menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian

I. PENDAHULUAN Perguruan tinggi mempunyai tiga kewajiban utama yang harus dipenuhi yakni menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian 1 2 I. PENDAHULUAN Perguruan tinggi mempunyai tiga kewajiban utama yang harus dipenuhi yakni menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen perguruan tinggi dituntut untuk

Lebih terperinci

dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157); 5. Undang-Undang Nomor

dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157); 5. Undang-Undang Nomor KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM Nomor: 7141 Tahun 2017 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TERINTEGRASI DAN SHORT COURSE PENGABDIAN BERBASIS RISET TAHUN 2018 DENGAN

Lebih terperinci

KERANGKA ACUAN KEGIATAN HIBAH IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN INOVASI AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA

KERANGKA ACUAN KEGIATAN HIBAH IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN INOVASI AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA KERANGKA ACUAN KEGIATAN HIBAH IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN INOVASI AKADEMIK UNIVERSITAS GADJAH MADA A. Latar Belakang Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 1950 tentang peraturan

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG LATAR BELAKANG PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Pengembangan Kemahasiswaan sebagai subsistem pendidikan di Perguruan

Lebih terperinci

PANDUAN AINEC RESEARCH AWARD 2015 ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA THE ASSOCIATION OF INDONESIAN NURSE EDUCATION CENTER

PANDUAN AINEC RESEARCH AWARD 2015 ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA THE ASSOCIATION OF INDONESIAN NURSE EDUCATION CENTER PANDUAN 2015 ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA THE ASSOCIATION OF INDONESIAN NURSE EDUCATION CENTER Secretary Office: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) The Association of

Lebih terperinci

Kerangka Acuan Call for Proposals : Voice Indonesia

Kerangka Acuan Call for Proposals : Voice Indonesia Kerangka Acuan Call for Proposals 2016-2017: Voice Indonesia Kita berjanji bahwa tidak akan ada yang ditinggalkan [dalam perjalanan kolektif untuk mengakhiri kemiskinan dan ketidaksetaraan]. Kita akan

Lebih terperinci

PROVINSI KEPULAUAN RIAU PERATURAN DAERAH KABUPATEN KARIMUN NOMOR 6 TAHUN 2015 TENTANG PELAKSANAAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBANGUNAN

PROVINSI KEPULAUAN RIAU PERATURAN DAERAH KABUPATEN KARIMUN NOMOR 6 TAHUN 2015 TENTANG PELAKSANAAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBANGUNAN 1 PROVINSI KEPULAUAN RIAU PERATURAN DAERAH KABUPATEN KARIMUN NOMOR 6 TAHUN 2015 TENTANG PELAKSANAAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBANGUNAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPATI KARIMUN, Menimbang

Lebih terperinci

PEDOMAN PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PEDOMAN PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEDOMAN PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BUDI LUHUR JAKARTA 2016 BAB I KETENTUAN UMUM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT A. LATAR

Lebih terperinci

KODE ETIK KONSIL LSM INDONESIA

KODE ETIK KONSIL LSM INDONESIA KODE ETIK KONSIL LSM INDONESIA MUKADIMAH Konsil LSM Indonesia menyadari bahwa peran untuk memperjuangkan partisipasi masyarakat dalam segala proses perubahan membutuhkan pendekatan dan pentahapan yang

Lebih terperinci

Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STIE Kusuma Negara 2016

Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STIE Kusuma Negara 2016 Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat 2016-2020 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) STIE Kusuma Negara 2016 Kata Pengantar Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu Tri

Lebih terperinci

Petunjuk Pelaksanaan Seleksi Proposal Anugerah Sobat Bumi 2013

Petunjuk Pelaksanaan Seleksi Proposal Anugerah Sobat Bumi 2013 Petunjuk Pelaksanaan Seleksi Proposal Anugerah Sobat Bumi 2013 A. Pendahuluan Anugerah Sobat Bumi adalah hadiah Pertamina Foundation kepada mahasiswa S1, S2 dan S3 serta pakar maestro yang melakukan riset/pengabdian

Lebih terperinci

Program Riset Desentralisasi DIKTI

Program Riset Desentralisasi DIKTI Panduan Pengajuan Proposal Program Riset Desentralisasi DIKTI 2012 Institut Teknologi Bandung September 2011 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Latar Belakang... 2 II. Deskripsi Program Riset Desentralisasi

Lebih terperinci

KETENTUAN TAMBAHAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA (PKM) 2015

KETENTUAN TAMBAHAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA (PKM) 2015 KETENTUAN TAMBAHAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA (PKM) 2015 1. Program PKM pada hakikatnya bersifat bantuan bagi Mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Lebih terperinci

PENELITIAN DOSEN PEMULA

PENELITIAN DOSEN PEMULA PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Oleh: TIM P3M PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI JAKARTA 2012 PENGANTAR Kegiatan penelitian, merupakan salah satu

Lebih terperinci

PUSAT PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UINIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

PUSAT PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UINIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG PUSAT PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UINIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG Pusat Pangabdian kepada Masyarakat LP2M UIN Sunan Gunung Djati

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2015 Daftar Isi Daftar Isi... ii

Lebih terperinci

BUPATI BLORA PROVINSI JAWA TENGAH PERATURAN BUPATI BLORA NOMOR 39 TAHUN 2017

BUPATI BLORA PROVINSI JAWA TENGAH PERATURAN BUPATI BLORA NOMOR 39 TAHUN 2017 BUPATI BLORA PROVINSI JAWA TENGAH PERATURAN BUPATI BLORA NOMOR 39 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN LEMBAGA KOMUNIKASI SOSIAL DI KABUPATEN BLORA DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

Lebih terperinci

Secara umum, perencanaan sosial dimaksudkan untuk:

Secara umum, perencanaan sosial dimaksudkan untuk: PERENCANAAN SOSIAL BERBASIS KOMUNITAS YANG INDEPENDEN PADA SEKTOR RELAWAN Pada tahun 1992, Dewan Perencanaan Sosial Halton bekerjasama dengan organisasi perencanaan sosial yang lain menciptakan Jaringan

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN USULAN KERJASAMA PENELITIAN DENGAN GURU/DOSEN TAHUN ANGGARAN 2011

PANDUAN PENYUSUNAN USULAN KERJASAMA PENELITIAN DENGAN GURU/DOSEN TAHUN ANGGARAN 2011 PANDUAN PENYUSUNAN USULAN KERJASAMA PENELITIAN DENGAN GURU/DOSEN TAHUN ANGGARAN 2011 PUSAT PENELITIAN KEBIJAKAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL 2011 KATA PENGANTAR Peran

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD1-2012-13 INSENTIF KARYA ILMIAH YANG DIPUBLIKASIKAN PADA JURNAL TERAKREDITASI ATAU INTERNASIONAL TAHUN ANGGARAN 2012 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada

Lebih terperinci

PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PANDUAN PELAKSANAAN LOKAKARYA PENDAMPINGAN-PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN dan/atau METODE PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (EfSD) DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI DEPARTEMEN

Lebih terperinci

No : 121/AINEC.Ka.Sr/II/2017 Jakarta, 20 Februari 2017 Lampiran : satu berkas Perihal : Hibah AINEC Research Awards tahun 2017

No : 121/AINEC.Ka.Sr/II/2017 Jakarta, 20 Februari 2017 Lampiran : satu berkas Perihal : Hibah AINEC Research Awards tahun 2017 No : 121/AINEC.Ka.Sr/II/2017 Jakarta, 20 Februari 2017 Lampiran : satu berkas Perihal : Hibah AINEC Research Awards tahun 2017 Kepada Yth. Dekan/Ketua STIKES/Kaprodi Keperawatan Anggota AIPNI (terlampir)

Lebih terperinci

LEMBARAN DAERAH KABUPATEN PACITAN NOMOR 6 TAHUN 2009 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PACITAN NOMOR 9 TAHUN 2008 TENTANG

LEMBARAN DAERAH KABUPATEN PACITAN NOMOR 6 TAHUN 2009 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PACITAN NOMOR 9 TAHUN 2008 TENTANG LEMBARAN DAERAH KABUPATEN PACITAN NOMOR 6 TAHUN 2009 PERATURAN DAERAH KABUPATEN PACITAN NOMOR 9 TAHUN 2008 TENTANG PEDOMAN PENATAAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA BUPATI PACITAN

Lebih terperinci

DESA: Gender Sensitive Citizen Budget Planning in Villages

DESA: Gender Sensitive Citizen Budget Planning in Villages DESA: Gender Sensitive Citizen Budget Planning in Villages Baseline Study Report Commissioned by September 7, 2016 Written by Utama P. Sandjaja & Hadi Prayitno 1 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Sekilas Perjalanan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI Halaman A. Latar Belakang... 1 B. Tujuan Program Magang... 2 C. Uraian Program... 2 D. Tatacara Pelamaran Dan Pengalokasian Peserta...

DAFTAR ISI Halaman A. Latar Belakang... 1 B. Tujuan Program Magang... 2 C. Uraian Program... 2 D. Tatacara Pelamaran Dan Pengalokasian Peserta... DAFTAR ISI Halaman A. Latar Belakang... 1 B. Tujuan Program Magang... 2 C. Uraian Program... 2 D. Tatacara Pelamaran Dan Pengalokasian Peserta... 5 E. Tahapan Dan Jadwal Kegiatan... 7 F. Pendanaan... 8

Lebih terperinci

KERANGKA ACUAN PROGRAM BANTUAN PENGUATAN UNIT URUSAN INTERNASIONAL DAN KEMITRAAN (UUIK) TAHUN ANGGARAN 2017

KERANGKA ACUAN PROGRAM BANTUAN PENGUATAN UNIT URUSAN INTERNASIONAL DAN KEMITRAAN (UUIK) TAHUN ANGGARAN 2017 KERANGKA ACUAN PROGRAM BANTUAN PENGUATAN UNIT URUSAN INTERNASIONAL DAN KEMITRAAN (UUIK) TAHUN ANGGARAN 2017 A. Latar Belakang Sebagai bagian integral dari Rencana Strategis Universitas Negeri Yogyakarta

Lebih terperinci

PENGUMUMAN. Nomor: In.17/10/TL.00/1329/2014. Assalamu alaikum Wr. Wb.

PENGUMUMAN. Nomor: In.17/10/TL.00/1329/2014. Assalamu alaikum Wr. Wb. KEMENTERIAN AGAMA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) Jl. Mayor Sujadi Timur Nomor 46 Telepon (0355) 321513 Tulungagung 66221 PENGUMUMAN Nomor:

Lebih terperinci

Australia Awards Indonesia

Australia Awards Indonesia Australia Awards Paket Aplikasi Studi Singkat Kepemimpinan Organisasi dan Praktek-praktek Manajemen untuk Organisasi Penyandang Disabilitas (OPD) Page 1 Maksud dan tujuan Australia Awards Australia Awards

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN KOLABORATIF DOSEN BLU DAN MAHASISWA

PANDUAN PENELITIAN KOLABORATIF DOSEN BLU DAN MAHASISWA PANDUAN PENELITIAN KOLABORATIF DOSEN BLU DAN MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2015 1 PENELITIAN KOLABORATIF DOSEN BLU DAN MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH

Lebih terperinci

PANDUAN USULAN RENCANA USAHA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA

PANDUAN USULAN RENCANA USAHA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA PANDUAN USULAN RENCANA USAHA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA BIDANG KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA 2016 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Data

Lebih terperinci

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM Nomor: Tahun 2015 TENTANG PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM Nomor: Tahun 2015 TENTANG PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM Nomor: Tahun 2015 TENTANG PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN

Lebih terperinci

KOMISI B. KEANGGOTAAN: 6 Laki-laki ; 12 Perempuan = 18orang. ( Tgl 24 September 2013 ) Kode Etik Konsil LSM Indonesia

KOMISI B. KEANGGOTAAN: 6 Laki-laki ; 12 Perempuan = 18orang. ( Tgl 24 September 2013 ) Kode Etik Konsil LSM Indonesia KOMISI B KEANGGOTAAN: 6 Laki-laki ; 12 Perempuan = 18orang ( Tgl 24 September 2013 ) Kode Etik Konsil LSM Indonesia Mukadimah Konsil LSM Indonesia menyadari bahwa peran untuk memperjuangkan partisipasi

Lebih terperinci

NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2017

NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2017 I. DESKRIPSI PROGRAM NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2017 Nutrifood Research Center Grant 2017 merupakan program bantuan dana penelitian yang diberikan bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk mendukung

Lebih terperinci