USER MANUAL SUB PORTAL PUBLIK BUMN

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "USER MANUAL SUB PORTAL PUBLIK BUMN"

Transkripsi

1 P a g e 0 USER MANUAL SUB PORTAL PUBLIK BUMN Versi 1.5 Disusun untuk Admin Publik BUMN Disusun oleh Bidang Sistem Informasi KEMENTERIAN BUMN ext

2 DAFTAR ISI I. AKSES PORTAL PUBLIK KEMENTERIAN BUMN... 1 Website Kementerian BUMN... 1 Tampilan Sub Portal Publik... 2 Akses Menu Administrator Sub Portal Publik... 3 II. DASHBOARD Konten Dashboard Navigasi Panel Ganti Password & Edit Profile - User Panel... 4 III. TULISAN Kategori Pengelolaan Tulisan... 7 IV. MEDIA Gallery Foto News Ticker V. TEMA Widgets Slidebar Header & Logo Setting Kontak VI. SETTING Custom VII. USER... 16

3 K e m e n t e r i a n B U M N 1 I. AKSES PORTAL PUBLIK KEMENTERIAN BUMN Website Kementerian BUMN Portal publik merupakan aplikasi media informasi berbasis web-based milik Kementerian BUMN yang bersifat global yang dapat diakses dari mana saja selama terhubung dengan jaringan internet. Melalui website ini, masyarakat dapat mengakses informasi terkait Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN, mulai dari berita terkait, kegiatan yang berlangsung, pengadaan barang dan jasa, dan lain sebagainya. Alamat akses website Kementerian BUMN untuk konsumsi publik dapat melalui Sedangkan Sub Portal Publik BUMN dapat dilihat pada menu Daftar BUMN yang ada pada website Kementerian BUMN.

4 K e m e n t e r i a n B U M N 2 Tampilan Sub Portal Publik Contoh Sub Portal Publik milik Pertamina:

5 K e m e n t e r i a n B U M N 3 Akses Menu Administrator Sub Portal Publik 1. Halaman login untuk menuju menu Administrator Sub Portal Publik adalah melalui dapat digambarkan sebagai berikut: 2. User dan password yang digunakan adalah sebagai berikut: User : kode / identitas user Password : password user 3. Klik Login atau tekan Enter untuk masuk ke aplikasi. II. DASHBOARD 1. Konten Dashboard 1. Apabila sukses melakukan login, maka tampilan awal berupa halaman Dashboard Sub Portal Publik yang ditampilkan sebagaimana gambar berikut:

6 K e m e n t e r i a n B U M N 4 2. Konten pada Dashboard memiliki beberapa panel yang telah digambarkan di atas, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut: a. Menu Navigasi : berisi menu-menu yang dapat diakses Admin untuk mengelola konten sub portal b. Icon Shortcut : merupakan menu-menu yang ada pada menu navigasi untuk fungsi shortcut c. User Panel : merupakan panel yang dapat digunakan Admin untuk mengubah password maupun profile 2. Navigasi Panel Panel Navigasi ini memiliki beberapa menu yang dapat diakses oleh Admin, sebagai berikut: 3. Ganti Password & Edit Profile - User Panel Admin dapat melakukan Ganti Password & Edit Profile pada User Panel, berikut langkah-langkahnya: 1. Klik pada icon user, kemudian pilih sub menu Edit Profile seperti gambar berikut: 2. Terdapat 2 (dua) langkah update profile dan ganti password (Gambar I), langkah pertama untuk fungsi update logo dan ganti password, seperti gambar berikut :

7 K e m e n t e r i a n B U M N 5 3. Langkah kedua merupakan kelengkapan data profile admin pengelola, klik finish untuk simpan.

8 K e m e n t e r i a n B U M N 6 III. TULISAN Menu Tulisan merupakan menu yang berisi pengelolaan konten tulisan, dengan kategori yang dapat diatur sesuai dengan yang diinginkan. Kategori inilah yang digunakan sebagai dasar dalam pengelolaan menu-menu dalam sub portal publik. 1. Kategori Pada sub menu ini, dipaparkan semua kategori yang dapat dipilih pada posting baru, beserta pengelolaannya terkait menu-menu sub portal publik. Hal-hal yang dapat dilakukan pada submenu Kategori: 1. Kategori : terletak pada menu Tulisan, aksi klik pada submenu akan mengarah pada halaman Table Kategori berisi tabel yang memuat semua kategori yang dapat dipilih untuk posting tulisan. 2. Status : Status merupakan keterangan untuk kategori dalam status live atau hide (tidak ditampilkan). Secara default lambang status adalah, penjelasan sebagai berikut : : status kategori aktif status kategori masih bisa di pilih untuk update konten : tulisan, tetapi tidak ditampilkan di menu sub portal status kategori tidak bisa dipilih untuk update konten : tulisan dan tidak ditampikan di menu sub portal 3. Tindakan : tindakan merupakan fungsi edit kategori yang memiliki tata cara yang sama dengan Add New dan hapus kategori. Gambar untuk fungsi edit, dan gambar untuk menghapus postingan. 4. Add New : aksi klik pada akan mengarah pada form pembuatan/penambahan kategori baru. Cara penambahan kategori sebagai berikut :

9 K e m e n t e r i a n B U M N 7 Kolom Parent dimaksud untuk memposisikan Kategori yang baru dibuat sebagai Menu Utama, sub Menu Utama, sub sub Menu Utama, dst. Klik untuk menyimpan kategori, data akan terlihat pada tabel yang terletak di Data Categories. 2. Pengelolaan Tulisan Menambah tulisan dapat dilakukan dengan menuju menu Selanjutnya akan tampil menu tulisan untuk semua kategori dalam bentuk tabel seperti gambar dibawah : Untuk mempublish sebuah posting klik pada tanda Selanjutnya akan tampil seperti gambar berikut. pada kanan atas tabel.

10 K e m e n t e r i a n B U M N 8 Cara melakukan input tulisan : 1. Pilih kategori untuk menentukan posisi tulisan pada menu sub portal 2. Isi judul tulisan 3. Ketik/paste konten tulisan, catatan : - Pada konten tulisan dapat diisikan link baik untuk download maupun hiperlink - Khusus untuk upload file dalam format Ms Office atau pdf gunakan menu 4. Klik select image untuk upload file gambar tulisan, catatan : - untuk tulisan bukan berita, sebaiknya bisa diupload dengan file gambar logo BUMN) - Pada proses upload tunggu sampai proses upload selesai seperti gambar dibawah :

11 K e m e n t e r i a n B U M N 9 5. Klik save untuk menyimpan tulisan Apabila sukses terpublish akan muncul notifikasi sebagai berikut: Hasil publish dari contoh posting diatas di sub portal publik adalah sebagai berikut: Untuk tulisan dengan kategori Berita, Artikel, Pengumuman, Pengadaan Barang dan Jasa, dan Galery Foto akan otomatis tampil juga pada Portal Kementerian BUMN. Untuk 5 (lima) kategori pertama akan tampil di halaman depan, sedangkan untuk Galery Foto masuk pada menu Publikasi sub menu BUMN sub menu Galery BUMN.

12 K e m e n t e r i a n B U M N 10 IV. MEDIA 1. Gallery Terdapat 2 (dua) menu yang dikelola pada menu Gallery, yaitu : 2. Foto Menu ini mengelola file foto yang tampil pada halaman depan di sisi bagian bawah (Kolom Gallery). Menu pengelolaannya setelah klik menu foto : Untuk memasukkan file foto klik pada tanda, selanjutnya akan tampil : Pada input foto, judul dan upload gambar adalah kolom yang wajib diisi

13 K e m e n t e r i a n B U M N News Ticker Menu news ticker merupakan menu tulisan bergerak pada halaman depan di bawah slidebar. Tulisan bergerak dapat berupa visi misi BUMN atau pengumuman utama. Pengelolaan sama dengan menu yang lain, yaitu melalui tambah tulisan input pada kolom : dan Kolom Url tidak perlu diisi jika tulisan diinput pada kolom news ticker, kolom Url diisi jika News Ticker menggunakan webservice yang disediakan oleh website resmi BUMN sendiri. V. TEMA 1. Widgets Hal-hal yang dapat dilakukan pada submenu Tema: 1. Widgets : berisi form yang digunakan untuk setting kategori yang akan ditampilkan pada sub portal. 2. Widgets Kategori : kategori yang dipilih akan muncul pada sub portal sesuai gambar di bawah. 3. Slide Berita : kategori yang dipilih akan muncul pada sub portal sesuai gambar di bawah.

14 Beberapa hal yang harus diperhatikan pada pengelolaan Widget : K e m e n t e r i a n B U M N 12 - Pilihan pada Slide Berita sebaiknya konten tulisan yang bersifat narasi atau deskriptif, misal Berita, Artikel, atau Pengumuman. - Pilihan pada Slide Berita untuk satu kategori. - Untuk kategori yang dipilih pada Slide Berita harus dilengkapi dengan upload file gambar. - Pilihan untuk Widget Kategori dapat dilakukan untuk lebih dari satu kategori (sebaiknya dibuat genap untuk keseimbangan tampilan). - Untuk kategori yang sudah dipilih pada Slide Berita sebaiknya tidak dipilih lagi pada Widget Kategori. Contoh hasil pengelolaan Widget :

15 K e m e n t e r i a n B U M N Slidebar Hal-hal yang dapat dilakukan pada submenu Slidebar: 1. Add New : aksi klik pada akan mengarah pada form add slidebar. Tampilan slidebar pada sub portal BUMN: 2. Action Edit : edit slidebar, memiliki tata cara yang sama dengan Add New. 3. Action Delete : hapus slidebar.

16 K e m e n t e r i a n B U M N Header & Logo MENU ADMINISTRATOR TAMPILAN SUB PORTAL Header hanya digunakan untuk tema hasil pengembangan sendiri. (Untuk saat ini masih belum dapat difungsikan) Digunakan apabila tidak menginginkan background bawaan yang bermotif dasar:

17 K e m e n t e r i a n B U M N Setting Kontak Pengaturan kontak kami pada halaman Contact di sub portal dapat dilakukan pada sub menu ini. Berikut tampilannya sesuai setting di atas:

18 K e m e n t e r i a n B U M N 16 VI. SETTING Merupakan menu yang berfungsi untuk mengatur pengelolaan untuk komentar yang masuk dari publik. Memiliki sub menu Custom dan Contact. 1. Custom Pengaturan responder untuk komentar yang masuk dapat dilakukan pada sub menu ini. VII. USER Hal-hal yang dapat dilakukan pada menu User: 1. All User : terletak pada menu User, aksi klik pada submenu akan mengarah pada halaman Data User yang berisi tabel yang memuat daftar user terdaftar pada sistem. 2. Add New : aksi klik pada akan mengarah pada form add user.

19 K e m e n t e r i a n B U M N 17 Klik untuk menyimpan pembuatan user baru, data akan terlihat pada tabel yang terletak di Data User. 3. Search : pencarian user yang telah terdaftar. 4. Action Edit : edit user, memiliki tata cara yang sama dengan Add New. 5. Action Delete : hapus user. Klik untuk menghapus user, data akan terhapus dari tabel yang terletak di Data User.

CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE

CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE A. Cara Mendaftar di Wordpress 1. Buka http://wordpress.com/ pilih Get Started. 2. Masukkan data email, username, password dan nama blog Anda. Klik

Lebih terperinci

TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS

TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS 1. Masuk Blog Langkah pertama silahkan akses http://blog.walisongo.ac.id di browser anda dan muncul seperti tampilan di bawah ini, kemudian klik Menu Daftar

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK ADMINISTRATOR WEBSITE PKVHI

BUKU PETUNJUK ADMINISTRATOR WEBSITE PKVHI BUKU PETUNJUK ADMINISTRATOR WEBSITE PKVHI www.pkvhi.org Subdit HIV dan IMS Perhimpunan Konselor VCT HIV (PKVHI) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2014 Table of Contents Login Administrator... 3

Lebih terperinci

Link Categories, digunakan untuk mengelompokkan link ke dalam kategorikategori

Link Categories, digunakan untuk mengelompokkan link ke dalam kategorikategori Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan Wordpress WordPress Dashboard (Admin) 1. Untuk login ke halaman admin, ketik: wp-admin atau wp-login.php di belakang alamat domain Anda. Contoh feddy.staff.telkomuniversity.ac.id/wp-admin.

Lebih terperinci

Gambar diatas adalah tampilan Dashboard Admin panel Anda, silahkan masukkan username dan password untuk login.

Gambar diatas adalah tampilan Dashboard Admin panel Anda, silahkan masukkan username dan password untuk login. Daftar Isi : 1.Dashboard Admin... 2 1.1. Login Dashboard Admin... 2 1.2. Halaman Dashboard Admin... 2 2. Menu Profile... 3 2.1. Halaman Profil Sekolah... 3 2.2. Halaman Identitas Sekolah... 3 2.3. Halaman

Lebih terperinci

KKN SISDAMAS Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data

KKN SISDAMAS Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data KKN SISDAMAS 2017 Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1 Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) Berikut ini

Lebih terperinci

Panduan Dasar Membuat Website

Panduan Dasar Membuat Website Tutorial singkat cara menggunakan WordPress mulai dari masuk ke Dashboard Admin hingga cara membuat postingan. Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress Versi 3.x By Webhostmu.Com Daftar Isi

Lebih terperinci

3. Pilih layout dari blog yang akan kita buat seperti gambar di bawah ini : 4. Lalu pilih tema sesuai dengan layout yang sudah kita pilih tadi seperti

3. Pilih layout dari blog yang akan kita buat seperti gambar di bawah ini : 4. Lalu pilih tema sesuai dengan layout yang sudah kita pilih tadi seperti Membuat Blog dengan Wordpress Apa Itu WordPress? WordPress adalah salah satu platfrom blog yang saat ini sudah mengalami banyak perkembangan sehingga bisa kita gunakan untuk membuat website untuk banyak

Lebih terperinci

PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI

PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI MODUL PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI Modul ini merupakan pentunjuk awal untuk pembuatan web hosting

Lebih terperinci

Blog Akademis Dosen

Blog Akademis Dosen LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT U N DIKSHA Universitas Pendidikan Ganesha Panduan Pengoperasian blog akademis Dosen UNDIKSHA Blog Akademis Dosen http://blog.undiksha.ac.id Dalam rangka program Penerapan

Lebih terperinci

Manual Book Penggunaan CMS. Website Portal Berita Antara Bogor (Untuk Administrator)

Manual Book Penggunaan CMS. Website Portal Berita Antara Bogor (Untuk Administrator) Manual Book Penggunaan CMS Website Portal Berita Antara Bogor (Untuk Administrator) Created By W3B-PROJECT TEAM @2011 Penjelasan Umum CMS (Content Management System) merupakan fasilitas yang disediakan

Lebih terperinci

MANUAL WEBSITE PROFILE Institut Agama Islam Negeri Walisongo

MANUAL WEBSITE PROFILE Institut Agama Islam Negeri Walisongo MANUAL WEBSITE PROFILE Institut Agama Islam Negeri Walisongo Manual Web Profile IAIN Walisongo 2011 SKEMA TAMPILAN HALAMAN ADMIN Login admin melalui alamat http://nama_situs/admin/ Menu Utama Menu Profile

Lebih terperinci

Panduan Dasar Membuat Website

Panduan Dasar Membuat Website Tutorial singkat cara menggunakan WordPress mulai dari masuk ke Dashboard Admin hingga cara membuat postingan. Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress Versi 3.x By Webhostmu.Com Website (Dashboard

Lebih terperinci

User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Admin]

User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Admin] User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Admin] Pendahuluan Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian merupakan website yang dibangun untuk Telkom Divisi Digital Service. Pada situs ini

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD

TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KABUPATEN WONOSOBO Jl. Tumenggung Jogonegoro No. 08 Wonosobo Telp. (0286) 321341 / Fax. (0286) 321341 Email: diskominfo.wonosobo@gmail.com

Lebih terperinci

Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress

Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Memulai mengelola WordPress:. Login sebagai admin melalui http://nama-pengguna.staff.ugm.ac.id/wp-admin, masukkan Username dan Password anda. Bila

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN CONTROL PANEL WEBSITE SEKOLAH

PANDUAN PENGGUNAAN CONTROL PANEL WEBSITE SEKOLAH PANDUAN PENGGUNAAN CONTROL PANEL WEBSITE SEKOLAH 1. PENDAHULUAN Website Sekolah merupakan website yang memuat informasi-informasi yang berhubungan dengan lingkungan sekolah, mulai dari definisi, informasi

Lebih terperinci

MANUAL BOOK WEBGIS BAPPEDA KABUPATEN MAHULU JL. JUANDA 2, RT 16 NO 6H SAMARINDA (0541) WEBSITE DEKA.CO.ID WEB & IT SOLUTION.

MANUAL BOOK WEBGIS BAPPEDA KABUPATEN MAHULU JL. JUANDA 2, RT 16 NO 6H SAMARINDA (0541) WEBSITE DEKA.CO.ID WEB & IT SOLUTION. MANUAL BOOK WEBGIS BAPPEDA KABUPATEN MAHULU WEB & IT SOLUTION JL. JUANDA 2, RT 16 NO 6H SAMARINDA (0541) 4115101 WEBSITE DEKA.CO.ID User Bappeda 0 HALAMAN LOGIN WEBGIS BAPPEDA MAHULU Langkah awal masuk

Lebih terperinci

Daftar Isi. 2 P a g e

Daftar Isi. 2 P a g e Daftar Isi A. Spesifikasi Website... 3 1. Spesifikasi Perangkat Lunak... 3 2. Komponen Website... 3 a. Panel Admin... 3 b. Website Utama... 4 B. Komponen Panel Admin... 4 1. Halaman Login... 4 a. Petunjuk

Lebih terperinci

Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS

Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS 1 Fransisca Pramesti, S.Si, M.Eng. UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Institut Seni Indonesia Surakarta A. Web Berbasis WordPress Web dibangun menggunakan

Lebih terperinci

Daftar Isi. User Manual Website Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Daftar Isi. User Manual Website Universitas PGRI Adi Buana Surabaya User Manual Daftar Isi 1. Tampilan Halaman Depan... 1 1.1 Header... 2 1.2 Content... 3 1.3 Galeri... 4 1.4 Footer... 4 2. Portal Berita Kampus... 5 3. Login Administrator... 6 4. Content Management System...

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT

PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT BAB I. APLIKASI KOMPILASI DATA TIK Aplikasi Kompilasi Data TIK bisa di akses di halaman berikut : http://komdat.jabarprov.go.id/ Aplikasi

Lebih terperinci

[CMS Website Organisasi Kemahasiswaan FEB Unpad] Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran

[CMS Website Organisasi Kemahasiswaan FEB Unpad] Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran 2012 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran [CMS Website Organisasi Kemahasiswaan FEB Unpad] 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran. IT Support Team Content Management System Website

Lebih terperinci

PANDUAN ADMIN WEB BLOG PRIBADI MAHASISWA. Oleh: A. Fathurohman

PANDUAN ADMIN WEB BLOG PRIBADI MAHASISWA. Oleh: A. Fathurohman PANDUAN ADMIN WEB BLOG PRIBADI MAHASISWA Oleh: A. Fathurohman 1 Daftar Isi Sekilas CMS WordPress (3) User Login (5) Bagian Pokok Web Blog (6) Dashboard (7) Situs Web (8) Menu Dashboard (9) Posting Berita

Lebih terperinci

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website Panduan Pengelolaan Website V.2.0 0 LOGIN DASHBOARD Silahkan masuk ke url : http://namadomain.com/wp-admin Username dan password telah kami kirim ke email Anda. Setelah login, anda akan melihat tampilan

Lebih terperinci

PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE

PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE PANDUAN DASAR MEMBUAT WEBSITE WORDPRESS 4.4.1 Daftar Isi Dashboard (Admin) 1. Masuk ke login admin http://namadomain.com/wp login.php. 2. Setelah login sukses, halaman admin/dashboard akan terlihat. 3.

Lebih terperinci

Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator)

Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator) Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator) Penjelasan Umum CMS (Content Management System) merupakan fasilitas yang disediakan untuk mempermudah pengelolaan data/konten

Lebih terperinci

MODUL PENGEMBANGAN WEBSITE UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. (Web Fakultas, Program Pascasarjana, & Lembaga Versi Inggris)

MODUL PENGEMBANGAN WEBSITE UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. (Web Fakultas, Program Pascasarjana, & Lembaga Versi Inggris) MODUL PENGEMBANGAN WEBSITE UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Web Fakultas, Program Pascasarjana, & Lembaga Versi Inggris) 0 STRUKTUR WEBSITE 1 No Tipe Konten Letak Block Role 1. Header Logo - Webmaster UNY

Lebih terperinci

PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL

PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL Handout PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL Disusun oleh : TIM TEKNIS UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA 2016 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Pendahuluan... 3 1. Identifikasi... 3 2. Gambaran Sistem...

Lebih terperinci

Pengelolaan Website SILHD (Sistem Informasi Lingkungan Hidup Daerah)

Pengelolaan Website SILHD (Sistem Informasi Lingkungan Hidup Daerah) Pengelolaan Website SILHD (Sistem Informasi Lingkungan Hidup Daerah) Konsep Website SILHD Manajemen Web hosting, sebuah konsep pengelolaan data secara terpusat dengan cara memfasilitasi para penggunanya

Lebih terperinci

User Manual. Website i-come.petra.ac.id

User Manual. Website i-come.petra.ac.id User Manual Website i-come.petra.ac.id 1 P a g e Contents Pembuka...2 Kumpulan Username dan Password...2 Email i-come@petra.ac.id...2 Login admin website i-come.petra.ac.id...2 Media...3 Pages...5 Comments...7

Lebih terperinci

DOKUMENTASI PENGGUNA LPPM ADMINISTRATION CENTRE

DOKUMENTASI PENGGUNA LPPM ADMINISTRATION CENTRE DOKUMENTASI PENGGUNA LPPM ADMINISTRATION CENTRE 1. Halaman Login Untuk mengakses dashboard admin LPPM anda dapat mengakses lppm.dinus.ac.id di browser anda. Kemudian masuk melalui halaman login menggunakan

Lebih terperinci

Deskripsi Proyek. Yang paling penting 1. Keamanan 2. Dapat digunakan pada Android Stabilitas 4. Tampilan elegan tapi simpel

Deskripsi Proyek. Yang paling penting 1. Keamanan 2. Dapat digunakan pada Android Stabilitas 4. Tampilan elegan tapi simpel Deskripsi Proyek Yang paling penting 1. Keamanan 2. Dapat digunakan pada Android 4+ 3. Stabilitas 4. Tampilan elegan tapi simpel Fitur Umum 1. Halaman Contact Us 2. Halaman Biasa (Added by Admin) 3. Login

Lebih terperinci

DAFTAR ISI PANDUAN PENGGUNAAN WEB SEKOLAH

DAFTAR ISI PANDUAN PENGGUNAAN WEB SEKOLAH DAFTAR ISI PANDUAN PENGGUNAAN WEB SEKOLAH 1. Bagian - Bagian Website... 2 - Halaman (page), Artikel Berita (post), Widget... 2 2. Cara Masuk ke Website (Admin / Dashboard)... 3 3. Cara Mengisi Artikel

Lebih terperinci

PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL

PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL PANDUAN MANUAL PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL DAFTAR ISI PANDUAN MANUAL... 1 PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL... 1 DAFTAR ISI... 2 BAB 1. PENGENALAN... 3 a. Tampilan Desa01... 3 b. Tampilan Desa02... 3

Lebih terperinci

UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS

UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS Software User Manual Sistem Informasi gtjurnal Panduan Bagi Pengguna Portal Jurnal UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS Daftar Isi Daftar Isi... 2 1. Pendahuluan... 3 1.1 Identifikasi... 3 1.2 Gambaran Sistem...

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Kritik dan saran untuk pengembangan software sangat kami tunggu demi perbaikan software ke depannya.

KATA PENGANTAR. Kritik dan saran untuk pengembangan software sangat kami tunggu demi perbaikan software ke depannya. 1 KATA PENGANTAR Website, E-Office dan Aplikasi Pojok Pendidikan merupakan software yang dikembangkan untuk memudahkan operasional dan publikasi di lingkup Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Salatiga.

Lebih terperinci

MANUAL BLOG STAFF.UNS.AC.ID

MANUAL BLOG STAFF.UNS.AC.ID STAFF.UNS.AC.ID UPT. PUSAT KOMPUTER UNIVERSITAS SURAKARTA 2008 BAB I Pendahuluan Registrasi Blog awal mulanya adalah sebuah catatan pribadi, lambat laun perkembangan blog lebih mengarah ke Web Personal

Lebih terperinci

REKAYASA WEB SESI - 2 Dosen : Tri Ari Cahyono, S.Kom, M.Kom

REKAYASA WEB SESI - 2 Dosen : Tri Ari Cahyono, S.Kom, M.Kom REKAYASA WEB SESI - 2 Dosen : Tri Ari Cahyono, S.Kom, M.Kom ------------------------------------------------------------------------------ INSTALASI AURACMS Download terlebih dahulu file script AuraCMS

Lebih terperinci

LOGIN ADMINISTRATOR 1. subdomaindesa.malangkab.go.id/log/user/ username enter Username Login

LOGIN ADMINISTRATOR 1. subdomaindesa.malangkab.go.id/log/user/ username enter Username Login Daftar Isi LOGIN ADMINISTRATOR... 2 MODUL KONFIGURASI... 4 MODUL RUBRIK... 6 MODUL SUB RUBRIK... 8 MODUL POSTING... 10 MODUL PAGE... 12 MODUL VIDEO... 14 MODUL AGENDA KEGIATAN... 16 MODUL FOTO... 18 1

Lebih terperinci

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting Modul (artikel) sebelumnya, yaitu: Cara Membuat Email Gmail. http://khudri.com/download/tutorial/pembuatan-email-gmail.pdf

Lebih terperinci

Teknis Pengelolaan Website Fakultas Universitas Tanjungpura

Teknis Pengelolaan Website Fakultas Universitas Tanjungpura Teknis Pengelolaan Website Fakultas Universitas Tanjungpura A. Halaman Login 1. Pada halaman ini di suruh memasukkan username dan password untuk login. 2. Anda bisa mengaksesnya dengan mengetikan nama_fakultas.ac.id/login

Lebih terperinci

Manual CMS Wordpress

Manual CMS Wordpress Manual CMS Wordpress Manajemen CMS Wordpress by IT Support Team FEB Unpad Page 2 Manual CMS Wordpress Untuk Admin Contents : A. Laman Utama B. Manajemen Pengelolaan Konten dengan Wordpress C. General Settings

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Website Aceh

Panduan Penggunaan Website Aceh Panduan Penggunaan Website Aceh Pada panduan ini akan dijelaskan bagaimana cara pengoperasian Panel Admin sebagai halaman untuk memanipulasi (tambah/ubah/hapus) konten website. Disamping itu akan dijelaskan

Lebih terperinci

User Manual Pengoperasian Website Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten

User Manual Pengoperasian Website Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten User Manual Pengoperasian Website Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten 1. Login Dasboard website Untuk dapat mengoperasikan dashboard website Dinas Perhubungan, harus melakukan login dengan langkah-langkah

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN WEBSITE

PANDUAN PENGGUNAAN WEBSITE PANDUAN PENGGUNAAN WEBSITE SISTEM DATA PILAH GENDER KABUPATEN KENDAL BAPPEDA KABUPATEN KENDAL Jalan Soekarno-Hatta No. 191 Kendal - Jawa tengah Telp. (0294) - 381225 Kode Pos 51311 Daftar ISI 1. Penejelasan

Lebih terperinci

UPDATING WEBSITE INFORMASI BAHAN BANGUNAN TAHUN ANGGARAN 2016

UPDATING WEBSITE INFORMASI BAHAN BANGUNAN TAHUN ANGGARAN 2016 PEKERJAAN : Tahun 2016 UPDATING WEBSITE INFORMASI BAHAN BANGUNAN TAHUN ANGGARAN 2016 DINAS PEKERJAAN UMUM CIPTA KARYA DAN TATA RUANG PROVINSI JAWA TIMUR USER MANUAL PEKERJAAN : UPDATING WEBSITE INFORMASI

Lebih terperinci

PANDUAN MANUAL JENTERPRISE

PANDUAN MANUAL JENTERPRISE PANDUAN MANUAL JENTERPRISE Untuk memulai pengoperasian Web jenterprise, langkah langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan konfigurasi halaman administrator. Halaman administrator bisa di akses di http://namadomainanda/admin/,

Lebih terperinci

USER MANUAL DMS-ISO APLIKASI SISTEM MANAJEMEN DOKUMEN INTEGRASI ISO 9001 :2008, 14001:2004, SMK3, SMP

USER MANUAL DMS-ISO APLIKASI SISTEM MANAJEMEN DOKUMEN INTEGRASI ISO 9001 :2008, 14001:2004, SMK3, SMP USER MANUAL DMS-ISO APLIKASI SISTEM MANAJEMEN DOKUMEN INTEGRASI ISO 9001 :2008, 14001:2004, SMK3, SMP DAFTAR ISI Hal A. Prosedur Pengendalian Dokumen... 1 B. Login Aplikasi DMS-ISO... 2 C. Upload Dokumen...

Lebih terperinci

IAIN WALISONGO SEMARANG

IAIN WALISONGO SEMARANG PPG BLOG DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO SEMARANG SEMARANG, 27 NOVEMBER 2014 OLEH PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN PANGKALAN DATA IAIN WALISONGO SEMARANG Cara Instal Web Server - XAMPP di Windows 1. Download

Lebih terperinci

Panduan Manajemen Halaman & Artikel Webkece

Panduan Manajemen Halaman & Artikel Webkece Panduan Manajemen Halaman & Artikel Webkece Halaman (Page) adalah halaman statis yang biasanya di design satu kali untuk jangka panjang dan biasa digunakan untuk menulis halaman profil, kontak, overview

Lebih terperinci

MODUL ADMINISTRATOR WEBSITE SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) PEMERINTAH KABUPATEN KLUNGKUNG

MODUL ADMINISTRATOR WEBSITE SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) PEMERINTAH KABUPATEN KLUNGKUNG MODUL ADMINISTRATOR WEBSITE SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) PEMERINTAH KABUPATEN KLUNGKUNG 1. PENGELOLAAN WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) Pada Website SKPD Pemkab Klungkung

Lebih terperinci

PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE

PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE LEMBAGA INFORMASI DAN PUBLIKASI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UMM 2 MEI 2015 PANDUAN PENGELOLAAN WEBSITE UNIT-UNIT DI LINGKUNGAN FEB UMM A. PENDAHULUAN Website di lingkungan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI KARYA

BAB V IMPLEMENTASI KARYA 47 BAB V IMPLEMENTASI KARYA 5.1 Implementasi Pembuatan Karya Website Karya yang dibuat dalam Kerja Praktek ini adalah pembuatan website yang bertujuan sebagai proses pengenalan tentang seni dan media promosi

Lebih terperinci

Website Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Universitas Pendidikan Indonesia (http://fpeb.upi.edu)

Website Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Universitas Pendidikan Indonesia (http://fpeb.upi.edu) Website Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Universitas Pendidikan Indonesia (http://fpeb.upi.edu) Copyright 2012 KATA PENGANTAR Dalam memenuhi kebutuhan informasi profil, kegiatan dan informasi-informasi

Lebih terperinci

MANUAL UPDATE WEBSITE DEMO 1.

MANUAL UPDATE WEBSITE DEMO 1. MANUAL UPDATE WEBSITE DEMO 1 www.eduweb.co.id 1 DAFTAR ISI 1. LOGIN KE DALAM HALAMAN ADMIN... 3 2. UPDATE KONTEN MENU TENTANG KAMI (KEPALA SEKOLAH/SEJARAH/VISI DAN MISI/FASILITAS/PROGRAM UNGGULAN/PRESTASI

Lebih terperinci

Oleh: Herman D. Surjono, Ph.D.

Oleh: Herman D. Surjono, Ph.D. PENGENALAN DAN PEMBUATAN BLOG UNY Oleh: Herman D. Surjono, Ph.D. http://blog.uny.ac.id/hermansurjono PELATIHAN PEMBUATAN BLOG UNY 15 dan 16 Juli 2010 Apa blog itu? Blog adalah kependekan dari Weblog Blog

Lebih terperinci

PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL

PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL PANDUAN MANUAL PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 BAB 1. PENGENALAN... 3 a. Tampilan Cerdas... 3 b. Tampilan Prestasi... 3 c. Tampilan Berbakti... 4 BAB 2. Managemen Konten... 5

Lebih terperinci

Tutorial penggunaan CMS / Application By. Steph/IT/04/2010

Tutorial penggunaan CMS / Application By. Steph/IT/04/2010 Tutorial penggunaan CMS / Application By. Steph/IT/04/2010 Bab I Pengenalan dasar Website Ditek Jaya terdaftar dengan menggunakan nama domain http://www. ditekjaya.co.id Website Ditek Jaya dilengkapi dengan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI KARYA. bagian yaitu, header, content, dan footer. Kerangka ini dibuat untuk mengatur

BAB IV IMPLEMENTASI KARYA. bagian yaitu, header, content, dan footer. Kerangka ini dibuat untuk mengatur 4.1 Kerangka dan Desain Website BAB IV IMPLEMENTASI KARYA Website PT Revtech Solution ini memiliki kerangka yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu, header, content, dan footer. Kerangka ini dibuat untuk mengatur

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Wordpress Mengenal Dashboard Memposting Artikel Membuat Halaman Baru Eksplorasi Menu Appearance

DAFTAR ISI. Wordpress Mengenal Dashboard Memposting Artikel Membuat Halaman Baru Eksplorasi Menu Appearance DAFTAR ISI Wordpress... 2 Mengenal Dashboard... 4 Memposting Artikel... 5 Penjelasan Area Posting Artikel... 5 Menambah Gambar Pada Tulisan... 8 Menambah Kategori dan Tag Pada Tulisan... 10 Pratampil dan

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN PEMASUKAN DATA WEBSITE

MODUL PELATIHAN PEMASUKAN DATA WEBSITE MODUL PELATIHAN PEMASUKAN DATA WEBSITE 1. Buka website magelang dengan mengetik url : magelangkab.go.id di browser ( yang paling compatible adalah dengan MOZZILA FIREFOX ) 2. Klik link Sub Domain (SKPD)

Lebih terperinci

Manual Book Mengisi Konten Website Kecamatan Kota Bogor

Manual Book Mengisi Konten Website Kecamatan Kota Bogor Manual Book Mengisi Konten Website Kecamatan Kota Bogor Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor 2016 1. Buka browser dengan alamat url http://kotabogor.go.id/index.php/login 2. Kemudian masukkan Username

Lebih terperinci

CARA PENGGUNAAN WEBSITE

CARA PENGGUNAAN WEBSITE CARA PENGGUNAAN WEBSITE PUSAT PENGEMBANGAN KEUANGAN DAN EKONOMI DAERAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN A. Login 1. Buka browser (Ex: Mozilla Forefox, Google Chrome, dll) 2. Ketikkan

Lebih terperinci

Manual esakip v Pengantar. Hal. 2 / 36

Manual esakip v Pengantar. Hal. 2 / 36 Pengantar Hal. 2 / 36 Daftar isi Pengantar 2 Daftar isi.. 3 Persiapan.. 4 Menjalankan aplikasi pada halaman utama 5 Halaman sakip publik.. 9 Halaman login 14 Penutup 36 Hal. 3 / 36 Persiapan Untuk dapat

Lebih terperinci

Mengelola Bagian Utama Website Sekolah

Mengelola Bagian Utama Website Sekolah Mengelola Bagian Utama Website Sekolah Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3 kate gori pokok, yakni: Mengelola Admin Merubah Disain Banner Atas Melengkapi Profil Sekolah A. Mengelola

Lebih terperinci

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DOSEN MENGGUNAKAN

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DOSEN MENGGUNAKAN LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DOSEN MENGGUNAKAN Sites Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPANDA) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta 1 LANGKAH MUDAH MEMBUAT BLOG DOSEN

Lebih terperinci

Panduan Penggunan Situs Web

Panduan Penggunan Situs Web Panduan Penggunan Situs Web Daftar Isi 1. Deskripsi Singkat 2 2. Level dan Hak Akses Pengguna 2 3. Mengelola Subsitus (Khusus Admin) 2 4. Mengelola Pengguna (Khusus Admin) 4 5. Mengelola Informasi Umum

Lebih terperinci

TRAINING. Jul Post, Pages & Media

TRAINING. Jul Post, Pages & Media TRAINING Jul-2013 Post, Pages & Media Training WP Post, Pages & Media Table of Contents 1 PENDAHULUAN... 3 2 TULISAN (POST)... 5 1.1 Categories... 5 1.2 All Post... 6 1.3 Add New Post... 7 3 HALAMAN (PAGES)...

Lebih terperinci

Menambahkan Image Slider di Homepage

Menambahkan Image Slider di Homepage Upload Website ke server 1. Akses local host website 2. Buka plugin duplicator 3. Create new file duplicator 4. Download file directorynya dan installernya 5. Buka cpanel domain 6. Akses create file directory

Lebih terperinci

Cara Upload Web Repositori Persampahan Indonesia. Setelah berhasil login, akan muncul halaman DASHBOARD, seperti berikut ini:

Cara Upload Web Repositori Persampahan Indonesia. Setelah berhasil login, akan muncul halaman DASHBOARD, seperti berikut ini: Cara Upload Web Repositori Persampahan Indonesia Pertama, masuk ke halaman web http://persampahan.com/wp-admin Kemudian masukkan username dan password sebagai admin. Setelah berhasil login, akan muncul

Lebih terperinci

Berikut ini langkah-langkah untuk konfigurasi awal dari paket toko online yang sudah kami siapkan :

Berikut ini langkah-langkah untuk konfigurasi awal dari paket toko online yang sudah kami siapkan : Konfigurasi Awal Konfigurasi awal ini dilakukan untuk merubah data-data dengan menyesuaikan dengan data pemilik UKM. Pada layanan preload content ini kami sudah menyiapkan 3 template sebagai template default

Lebih terperinci

DAFTAR ISI DAFTAR ISI KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i KATA PENGANTAR... ii A. Halaman Utama... 1 B. Halaman Berita... 4 C. Halaman Katalog Duta... 5 D. Halaman Galeri Foto... 10 E. Halaman Buku Kenangan... 11 F. Aktifitas Duta Sanitasi...

Lebih terperinci

MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN RUMAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 2016 Daftar Isi Pendahuluan Pengertian Hosting Pengertian Domain Cara Instal WordPress Cara

Lebih terperinci

Modul Pembuatan Website Menggunakan

Modul Pembuatan Website Menggunakan Design : www.mhdsyarif.p.ht Modul Pembuatan Website Menggunakan Versi 3.5.1 07-08 Mei 2013 Oleh : Divisi Web Puskom UR http://puskom.unri.ac.id Daftar Isi Daftar Isi...i A. Install XAMPP... 1 B. Install

Lebih terperinci

1 A p l i k a s i D e s a O n l i n e BAB I PENDAHULUAN

1 A p l i k a s i D e s a O n l i n e BAB I PENDAHULUAN 1 A p l i k a s i D e s a O n l i n e BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Desa Online adalah Aplikasi yang dibangun oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan

Lebih terperinci

MODUL PENGEMBANGAN WEBSITE Fakultas BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

MODUL PENGEMBANGAN WEBSITE Fakultas BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MODUL PENGEMBANGAN WEBSITE Fakultas BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 0 STRUKTUR WEBSITE 1 No Tipe Konten Letak Block Role 1. Header - Webmaster UNY 2. Main Menu - Admin 3. Header Slideshow/Banner

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad UPT Tekonologi Informasi Universitas Padjadjaran i Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Daftar Isi Daftar Isi... i Mengetahui Alamat Blog... 1 Log In ke Blog KKNM... 2

Lebih terperinci

KELENGKAPAN KERJA LANGKAH KERJA. 1. Buka browser internet ketik URL

KELENGKAPAN KERJA LANGKAH KERJA. 1. Buka browser internet ketik URL KELENGKAPAN KERJA 1. PC Dekstop, Laptop, Netbook, HP Android 2. Koneksi Internet 3. SK Tim PKG Sekolah 4. Hasil Penilain PKG 5. Data PTK (File Excel) hasil unduhan dari Aplikasi Dapodik yang sudah di Save

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Pengembangan dan Implementasi Sistem 4.1.1 Tools Pengembangan Tools pada pengembangan aplikasi web ini yaitu menggunakan XAMPP. Setelah selesai melakukan instalasi maka

Lebih terperinci

Manual SIPM. (Sistem Informasi Pembangunan Masyarakat)

Manual SIPM. (Sistem Informasi Pembangunan Masyarakat) (Sistem Informasi Pembangunan Masyarakat) BPM Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pidie Jaya 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan...3 2 Klasifikasi Pengguna...3 3 Frontend...4 3.1 Beranda... 4 3.2 Sekilas

Lebih terperinci

A. CARA MEMBUAT POSTINGAN DENGAN 1 GAMBAR 1. Pilih menu Post Add New, isikan judul & konten

A. CARA MEMBUAT POSTINGAN DENGAN 1 GAMBAR 1. Pilih menu Post Add New, isikan judul & konten A. CARA MEMBUAT POSTINGAN DENGAN 1 GAMBAR 1. Pilih menu Post Add New, isikan judul & konten Kontent 2. Untuk membuat artikel pastikan diberi 1 gambar sebagai tampilan awal ( featured image) suapaya tampilan

Lebih terperinci

TRAINING. Jul Gallery Foto, Banner & Document

TRAINING. Jul Gallery Foto, Banner & Document TRAINING Jul-2013 Gallery Foto, Banner & Document Table of Contents 1 PREFACE... 3 2 GALLERY FOTO / BANNER... 3 1.1 Add Gallery/Images... 4 1.2 Manage Gallery... 4 1.3 Album... 5 3 DOWNLOADS... 5 3.1 Categories...

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. mencoba semua fitur masing masing tingkatan pengguna. Untuk melakukan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. mencoba semua fitur masing masing tingkatan pengguna. Untuk melakukan BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pengujian aplikasi website Fontana Perkasa Motor ini dilakukan dengan mencoba semua fitur masing masing tingkatan pengguna. Untuk melakukan pengujian digunakan komputer

Lebih terperinci

Daarul Abroor is beloved my campus http//ppda.wordpress.com

Daarul Abroor is beloved my campus http//ppda.wordpress.com Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Memulai mengelola WordPress: 1. Login sebagai admin melalui http://nama-pengguna.staff.ugm.ac.id/wpadmin, masukkan Username dan Password anda. Bila

Lebih terperinci

- Administrator Website - Sumbarprov.go.id

- Administrator Website - Sumbarprov.go.id - Administrator Website - Sumbarprov.go.id 1 Manual Book [ Tutorial Cara Penggunaan Administrator] sumbarprov.go.id - #2015 BUKU PETUNJUK CARA PENGGUNAAN ADMINISTRATOR SUMBARPROV.GO.ID Buku ini Merupakan

Lebih terperinci

MANUAL USER Website KLA

MANUAL USER Website KLA Website KLA http://kla.id/wp-admin Daftar Isi Daftar Isi... 2 Panduan Aplikasi CMS... 3 Login... 3 Halaman Utama / Dashboard Wp-admin... 4 Edit User / Ubah Password... 5 Menu Media... 6 Menu Post... 7

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMERINGKATAN KEMAHASISWAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMERINGKATAN KEMAHASISWAAN PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMERINGKATAN KEMAHASISWAAN HTTP://SIMKATMAWA.RISTEKDIKTI.GO.ID 2017 HALAMAN UTAMA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMERINGKATAN KEMAHASISWAAN Sistem ini dapat

Lebih terperinci

Tutorial pembuatan Company Profile dengan JagoanWeb

Tutorial pembuatan Company Profile dengan JagoanWeb Tutorial pembuatan Company Profile dengan JagoanWeb Untuk memudahkan Anda dalam membuat company profile Anda, berikut adalah panduan untuk setting / pengaturan pada halaman Admin Anda. A. MENGGANTI TEMPLATE

Lebih terperinci

Tutorial penggunaan CMS / Supervisor

Tutorial penggunaan CMS / Supervisor By.Steph/IT/04/2010 Tutorial penggunaan CMS / Supervisor Bab I Pengenalan dasar Website Ditek Jaya terdaftar dengan menggunakan nama domain http://www. ditekjaya.co.id Website Ditek Jaya dilengkapi dengan

Lebih terperinci

PANDUAN SITU [ MANAJEMEN WEBSITE ] MANAJEMEN BERITA MANAJEMEN AGENDA MANAJEMEN GALERY MANAJEMEN HALAMAN COSTUMIZE MENU PENGATURAN PRODI / JURUSAN

PANDUAN SITU [ MANAJEMEN WEBSITE ] MANAJEMEN BERITA MANAJEMEN AGENDA MANAJEMEN GALERY MANAJEMEN HALAMAN COSTUMIZE MENU PENGATURAN PRODI / JURUSAN MANAJEMEN BERITA MANAJEMEN AGENDA MANAJEMEN GALERY PANDUAN SITU [ MANAJEMEN WEBSITE ] MANAJEMEN HALAMAN COSTUMIZE MENU [ Website Fakultas, Prodi dan Jurusan] Penjelasan singkat disertai dengan gambar yang

Lebih terperinci

PELATIHAN PEMANFAATAN INTERNET UNTUK DOSEN PENDIDIKAN GEOGRAFI FISE UNY

PELATIHAN PEMANFAATAN INTERNET UNTUK DOSEN PENDIDIKAN GEOGRAFI FISE UNY PELATIHAN PEMANFAATAN INTERNET UNTUK DOSEN PENDIDIKAN GEOGRAFI FISE UNY (Lab. FISENET, Sabtu, 16 April 2011) A. Mengisikan Identitas pada http://staf.uny.ac.id Langkah-langkah: 1. Membuka website UNY atau

Lebih terperinci

Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL

Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL 1. Ketikkan alamat http://ejournal.undiksha.ac.id untuk mengakses alamat ejournal. Maka tampil halaman website sebagai berikut. 2. Untuk mengakses halaman admin,

Lebih terperinci

Panduan skpd.batamkota.go.id Tahun 2010

Panduan skpd.batamkota.go.id Tahun 2010 Panduan skpd.batamkota.go.id Tahun 2010 Daftar Isi Format standar website SKPD - 1 Menambah file & gambar pada halaman berita - 4 Membuat kategori berita - 5 Membuat halaman induk dan sub halaman - 6 Memoderasi

Lebih terperinci

STMIK STIKOM SURABAYA Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Surabaya. Modul Pelatihan Blog Pengembangan Media Online, 2012

STMIK STIKOM SURABAYA Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Surabaya. Modul Pelatihan Blog Pengembangan Media Online, 2012 STMIK STIKOM SURABAYA Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Surabaya Modul Pelatihan Blog Pengembangan Media Online, 2012 Pengenalan Blog 1 Blog adalah kependekan dari WeBlog, istilah yang pertama

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... 0 KATA PENGANTAR... 3 BAB I PENDAHULUAN...

DAFTAR ISI... 0 KATA PENGANTAR... 3 BAB I PENDAHULUAN... 0 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 0 KATA PENGANTAR... 3 BAB I PENDAHULUAN... 4 1. FRONTEND... 4 A. Profil... 5 a. Visi dan Misi... 5 b. Sejarah... 6 c. AD/ART... 6 d. Hymne/Mars... 7 e. Susunan Pengurus... 7

Lebih terperinci

Sistem Informasi Persediaan Barang Jadi & Setengah Jadi

Sistem Informasi Persediaan Barang Jadi & Setengah Jadi Sistem Informasi Persediaan Barang Jadi & Setengah Jadi No Kode Program : VBNET01 www.101peluangbisnis.com Bahasa Pemograman VB. NET + Database Ms. Access Terima kasih telah memilih aplikasi pengolahan

Lebih terperinci

Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY

Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY 1 Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. http://blog.uny.ac.id/hermansurjono Pendahuluan Blog adalah kependekan dari Weblog. Blog merupakan halaman web yang berisi tulisan, gambar,

Lebih terperinci

Posting, Edit dan Hapus Berita

Posting, Edit dan Hapus Berita Posting, Edit dan Hapus Berita a. Posting Berita Cara membuat postingan berita baru adalah dengan cara memilih menu post pada menu kemudian pilih tombol tambah baru di bagian atas seperti gambar di bawah

Lebih terperinci

Untuk awal login bisa masuk ke URL.

Untuk awal login bisa masuk ke URL. Untuk awal login bisa masuk ke URL http://www.namawebsiteanda.com/wp-admin NamaWebsiteAnda diganti dengan URL Website Anda Untuk Username dan password diemail terpisah Setelah login akan muncul gambar

Lebih terperinci