Membuat Newsletter Menggunakan WordPress

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Membuat Newsletter Menggunakan WordPress"

Transkripsi

1 Membuat Newsletter Menggunakan WordPress April 5, 2014 by admin 0 You are here: Newsletter bisa dikatakan sebagai salah satu metode pemasaran online yang sudah cukup tua. Sejak internet diperkenalkan, strategi untuk mengikat konsumen atau bahkan mencari dan memperluas pangsa pasar konsumen secara online dilakukan dengan metode ini. Namun, seiring dengan perkembangannya, teknologi dalam pengiriman paket data menggunakan semakin dikembangkan. Saat ini bahkan Anda dapat dengan mudah menjumpai para pengguna jasa internet dan yang mengakses layanan tersebut melalui handheld ponsel. Tentunya kenyataan ini dapat memberikan peluang tersendiri bagi Anda dan perusahaan dalam menerapkan layanan Newsletter ini terhadap para pelanggan maupun konsumen yang mengakses weblog Anda. Kapan dan dimana pun, para konsumen dapat menerima dan membaca pesan yang Anda kirim melalui layanan tersebut. Nah, plugin-plugin apa yang sekiranya Anda butuhkan untuk mengaplikasikan Newsletter pada blog WordPress? Berikut pembahasan yang bisa kami sajikan. 5.1 Newsletter Sesuai namanya, plugin ini memang ditujukan untuk penerapan metode serta layanan Newsletter pada situs blog khususnya WordPress. Namun, membahas lebih jauh tentang plugin ini, ada baiknya jika terlebih dahulu Anda men-download file instalasi Newsletter melalui alamat link yang diberikan berikut ini. LINK DOWNLOAD Untuk mendapatkan plugin Newsletter 1.2.0, Anda bisa download di Pengaturan Konfigurasi Berikut ini akan diberikan panduan untuk menyiapkan sekaligus mengatur konfigurasi yang diperlukan agar dapat menggunakan plugin Newsletter secara optimal. Caranya sebagai berikut: Lakukan instalasi plugin Newsletter terlebih dahulu ke dalam WordPress. Kalau sudah selesai, langsung aktifkan plugin tersebut dengan memilih opsi Aktifkan Plugin yang terdapat di bagian Tindakan pada halaman Memasang plugin dari berkas yang diunggah. Contohnya seperti yang ditunjukkan lewat ilustrasi di bawah ini. Memilih opsi Aktifkan Plugin Sesudah plugin Newsletter diaktifkan, lanjutkan dengan membuka kotak sidebar Newsletter.

2 Lantas pilihlah opsi Configuration yang akan mengarahkan Anda ke halaman pengaturan Newsletter seperti pada gambar di bawah ini. Memilih opsi Configuration untuk menampilkan halaman pengaturan Newsletter Mulai dari bagian Sender and subscription page, masukkan alamat perusahaan Anda pada kotak teks Sender . Memasukkan alamat perusahaan ke dalam kotak teks Sender Kemudian, ketikkan nama pengirim pada kotak teks Sender name. Mengetikkan nama pengirim pada kotak teks Sender name Di bagian Subscription page URL, masukkan alamat URL blog WordPress sesuai dengan nama domain yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan folder khusus atau server tersendiri, Anda dapat mencantumkannya pada kotak teks ini. Memasukkan alamat URL blog WordPress Beralih ke bagian Subscription form, ketikkan paragraf pembuka menggunakan fasilitas editor teks Introduction.

3 Mengetikkan paragraf pembuka pada kotak editor Introduction Sedangkan untuk editor teks Success subscription text, ketikkan isi yang akan dikirim bilamana pengguna berhasil mengirimkan permohonan keikutsertaannya ke dalam layanan Newsletter. Mengetikkan isi menggunakan editor teks Success subscription text Kalau sudah, akhiri dengan menekan tombol Save. Selanjutnya melangkah ke bagian Confirmation (double opt-in). Ketikkan tajuk yang akan ditambahkan pada konfirmasi atau balasan ke dalam kotak teks Confirmation subject. Menuliskan tajuk Pada kotak editor Confirmation message, tulis pesan konfirmasi yang akan dikirim guna mengaktifkan akun pengguna sebagai anggota layanan newsletter. Menulis pesan ke dalam kotak editor Conformation message Sedangkan pada kotak editor Successful confirmation page, ketikkan pesan konfirmasi yang ingin ditampilkan pada halaman blog setelah akun layanan newsletter pengguna tersebut berhasil diaktifkan.

4 Mengetikkan pesan konfirmasi pada halaman blog melalui kotak editor Succesful confirmation page Lanjut ke kotak teks Welcome subject, tulis tajuk atau subjek untuk pesan guna menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung dengan layanan newsletter di blog Anda. Menulis tajuk pada kotak teks Welcome subject Kemudian, gunakan kotak editor teks Welcome message untuk menuliskan isi dan pesan sebagaimana yang ingin disampaikan sesuai tajuk yang ditulis pada langkah di atas sebelumnya. Menulis isi pesan selamat datang dan selamat bergabung melalui kotak editor Welcome message Kalau sudah, klik tombol Save untuk menyimpan tersebut. Beralih ke kotak editor Unsubscription text, tulis pesan beserta link untuk akun pengguna yang ingin menonaktifkan akunnya pada layanan newsletter di blog Anda. Menuliskan pesan dan link untuk menonaktifkan akun pengguna atas layanan newsletter Pada kotak Good bye text, ketikkan pesan yang mengisyaratkan kata perpisahan. Contohnya bisa Anda lihat lewat sajian ilustrasi berikut.

5 Menuliskan pesan perpisahan pada kotak editor Good bye text Untuk bagian terakhir yakni Advanced, biarkan pengaturan opsi-opsinya dalam kondisi default. Kondisi default pada opsi-opsi pengaturan di bagian Advanced Akhiri proses pengaturan dengan menekan tombol Save. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, maka tahapan berikutnya adalah mengaktifkan widget Newsletter pada kolom yang sudah disediakan oleh template WordPress yang Anda gunakan. Untuk melakukannya, berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti: Terlebih dahulu, buka sidebar Tampilan lalu pilih opsi Widget. Sesudah halaman Widget muncul, tarik dan pindahkan kotak Newsletter ke dalam kolom widget WordPress yang ada di sisi kanan halaman tersebut. Kemudian, kotak pengaturan widget Newsletter muncul. Ketikkan nama atau tajuk widget pada kotak teks Title. Sedangkan pada kotak teks Introduction, Anda dapat mengetikkan kata atau pesan pembuka. Mengetikkan tajuk dan pesan pembuka widget Terakhir, tekan tombol Simpan agar konfigurasi Anda tersimpan di sistem WordPress. Untuk hasilnya, Anda dapat melihat tampilan widget Newsletter tersebut pada halaman blog WordPress seperti tampak pada ilustrasi di bawah ini.

6 Tampilan widget Newsletter pada halaman blog WordPress Membuat Newsletter Proses selanjutnya yang akan dipaparkan di sini adalah membuat template yang digunakan dan dikirimkan kepada pengguna setelah layanan Newsletter di blog WordPress Anda diaktifkan. Bagaimana caranya? Simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini: Awali dengan memilih opsi Composer yang terdapat pada sidebar Newsletter, hingga tampilan halaman yang selanjutnya muncul dalam jendela browser Anda tampak seperti pada gambar.

7 Tampilan halaman Newsletter Composer yang muncul setelah memilih opsi Composer Pada halaman Newsletter Composer tersebut, lanjutkan langkah dengan mengetikkan tajuk atau subjek untuk setiap yang dikirimkan dari blog atau server perusahaan Anda. Tambahkan tag {name} agar nama anggota atau pelanggan disertakan pada teks tersebut. Menulis tajuk yang ditulis dengan menyertakan tag {name} Sesudah itu, ketikkan isi pesan newsletter Anda pada kotak editor teks Message. Gunakan fasilitas dan alat bantu yang terdapat pada editor teks tersebut guna mempercantik tampilan teks, menambahkan gambar, dan sebagainya. Menulis pesan pada kotak teks Message Klik tombol Save untuk menyimpan dokumen tersebut. Kemudian, Anda dapat langsung menuju ke bagian Test subscribers. Di sini, masukkan nama dan alamat pada masing-masing kotak teks name dan untuk melakukan simulasi pengiriman

8 Memasukkan nama dan alamat untuk menguji proses pengiriman Jika sudah, tekan tombol Send untuk mengirim pada masing-masing alamat tersebut. Langkah-langkah di atas diaplikasikan guna mengetahui tingkat keberhasilan dari pengiriman ke banyak pengguna. Karena pada prakteknya nanti, bukan tidak mungkin bahwa setiap hari sistem WordPress akan melakukan pengiriman dalam jumlah yang cukup besar ke semua anggota atau pelanggan Anda yang menggunakan layanan Newsletter ini Mengelola Daftar Pengguna Newsletter Mengelola dan mengorganisasikan daftar pengguna layanan Newsletter merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Hal ini mengingat kaitannya dengan masalah prospek terhadap pelanggan atau konsumen. Untuk mengatur konfigurasi plugin Newsletter, langkahlangkahnya seperti berikut: Mulailah terlebih dahulu dengan membuka kotak sidebar Newsletter, lalu klik opsi Manage. Beberapa saat kemudian, halaman Subscribers Management langsung ditampilkan di hadapan Anda. Tampilan halaman Subscriber Management Lanjutkan langkah Anda dengan mengklik tombol Search. Secara otomatis, tabel Results langsung tersaji di halaman tersebut dan menampilkan data para pengguna yang mengakses layanan Newsletter.

9 Tabel Result yang menampilkan daftar para pengguna yang mengakses layanan Newsletter Lakukan pengaturan akun dari masing-masing pengguna yang ada dalam daftar tersebut dengan memilih salah satu opsi yang terdapat pada kolom Actions. Remove: menghapus nama pengguna. Confirm: mengaktifkan akun pengguna Newsletter. Unconfirm: membatalkan nama/akun pengguna Newsletter. Resend confirmation: mengirim ulang konfirmasi. 5.2 MeeNews Newsletter Plugin lain yang berfungsi untuk mengaktifkan layanan Newsletter di WordPress adalah MeeNews Newsletter. Berbeda dengan plugin sebelumnya, paket instalasi MeeNews yang bisa Anda download melalui alamat link di bawah ini menyertakan 2 buah aplikasi yakni Mee News dan Meenews Widget. LINK DOWNLOAD Untuk mendapatkan plugin MEE News dan Meenews Widget 2.7.1, Anda bisa download di Meskipun terdapat 2 buah aplikasi yang berbeda, namun keduanya saling mendukung dan Anda cukup menginstal 1 file instalasi saja yaitu meenews.zip. Kembali kami ingatkan bahwa setelah Anda menginstal plugin MeeNews ke dalam WordPress, pastikan Anda langsung mengaktifkannya dengan memilih opsi Aktifkan Plugin sesaat setelah proses instalasi berakhir. Memilih opsi Aktifkan Plugin yang muncul setelah instalasi pluglin selesai

10 5.2.1 Pengaturan Konfigurasi Tahapan berikut yang perlu dilakukan setelah plugin MeeNews terinstal ke dalam sistem WordPress adalah mengatur konfigurasi . Panduan lengkapnya dapat Anda ikuti lewat sajian langkah-langkah berikut ini: Awali langkah Anda dengan membuka kotak sidebar Newsletter dan pilih opsi Configuration guna menampilkan halaman pengaturan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Tampilan halaman pengaturan yang muncul setelah memilih opsi Configuration Pada Tab General, lakukan pengaturan bentuk serta tampilan pesan perusahaan Anda berdasarkan opsi-opsi yang tersedia di halaman General Newsletter configuration. Kalau sudah, simpan hasil konfigurasinya dengan mengklik tombol General Update. Lanjut ke Tab Total Submission, masukkan alamat perusahaan Anda ke dalam kotak teks From. Kemudian ketikkan tajuk pada kotak teks Subject. Bila diperlukan, Anda dapat mengganti gambar kop dengan cara mengklik tombol Browse yang terdapat di bagian Header image. Pilih gambar yang Anda inginkan melalui kotak dialog yang muncul sesudahnya. Pada bagian Newsletter color background dan Body color background, klik kotak dan pilih warna yang Anda inginkan jika menghendaki perubahan warna pada latar belakang dan body .

11 Hasil pengaturan konfigurasi pada Tab Total Submission Klik tombol Update Sending untuk meng-update dan menyimpan hasil pengaturan yang sudah Anda lakukan. Beralih ke Tab Categories yang berisi halaman pengaturan Category of Newsletter, aktifkan kotak cek opsi di bagian Select categories sesuai dengan kategori posting yang ingin Anda tampilkan. Opsi-opsi kategori posting pada halaman pengaturan Category of Newsletter Jika sudah, klik tombol Update Categories untuk melanjutkan. Selanjutnya, buka Tab Template guna menampilkan halaman Select a Template Newsletter. Pada halaman ini, aktifkan salah satu tombol radio opsi sesuai dengan template dokumen yang ingin Anda gunakan. Halaman pengaturan Select a Template Newsletter Simpan hasil pemilihan itu dengan mengklik tombol Update Template.

12 Tab berikut yang Anda buka yakni Front End Form dimana kali ini halaman pengaturan yang muncul adalah General Newsletter configuration yang namanya sama dengan halaman pengaturan pada Tab General sebelumnya. Tampilan halaman General Newsletter configuration Pilih konfigurasi warna yang Anda inginkan sesuai dengan opsi-opsi yang tersedia di halaman tersebut, seperti Text color (warna teks), Background color input (warna latar belakang), Border color input (warna bingkai), Links size (warna teks hyperlink), How looks like the color (warna sampel), Button image (gambar tombol), dan Header image (gambar kop ). Terapkan perubahan konfigurasi yang sudah Anda buat dengan mengklik tombol Update FrontEnd. Selanjutnya, buka halaman pengaturan terakhir yakni Tab Message Configuration. Seperti pada pengaturan isi pada teknik-teknik sebelumnya, pada halaman Text configuration ini Anda dapat menulis isi pesan yang akan dikirim secara otomatis oleh sistem mulai dari pesan konfirmasi (Confirm message), pesan pada kop (Header message for Newsletter), catatan kaki (Footer message for Newsletter) hingga pesan konfirmasi pengaktifan akun pengguna (Confirmation message of active users). Tampilan halaman pengaturan Text configuration

13 Mengakhiri keseluruhan proses pengaturan, tekan tombol Update Mesagges tersebut. yang terdapat di bagian akhir halaman Mendesain Newsletter Selain menggunakan template standar atau default sebagaimana yang sudah diatur oleh MeeNews, Anda pun dapat mendesain bentuk serta tampilan sesuai keinginan. Penasaran? Simak dan ikuti panduan berikut ini: Buka terlebih dahulu kotak sidebar Newsletter dan pilihlah opsi Design Newsletter. Beberapa saat kemudian, Anda langsung diarahkan ke halaman Titulo del newsletter seperti yang tampak pada ilustrasi berikut ini. Tampilan halaman Titulo del newsletter Dalam kotak posting, klik tombol link Add pada judul artikel yang ingin dikirimkan via layanan Newsletter. Mengklik tombol link Add pada judul artikel yang akan dikirim via Geser tombol scrollbar ke arah bawah hingga Anda menemukan halaman preview seperti yang tampak pada gambar berikut.

14 Tampilan halaman preview yang menyajikan isi pesan Newsletter Jika sudah, geser kembali scrollbar ke arah atas lalu masukkan tajuk tersebut pada kotak teks yang telah disediakan. Memasukkan tajuk Klik tombol Save Design sesudahnya. Nah, selain menggunakan artikel posting sebagai isi pesan dalam Newsletter yang Anda kirim, halaman Titulo del newsletter pun menyediakan kotak editor teks yang bisa digunakan untuk menulis pesan . Kotak editor teks tersebut tepat berada di bagian akhir halaman tersebut. Tampilan kotak teks editor pesan yang terdapat di bagian bawah halaman Titulo del newsletter Untuk melihat daftar pesan Newsletter yang sudah dibuat, pilih opsi Sends yang terdapat pada sidebar Newsletter. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Newsletter seperti yang diperlihatkan lewat ilustrasi berikut.

15 Menampilkan halaman Newsletter lewat opsi Sends yang terdapat pada sidebar Newsletter Menambahkan Widget MeeNewsletter Berikut ini diberikan langkah-langkah untuk menambahkan dan menampilkan widget MeeNews Newsletter ke dalam halaman blog, atau lebih tepatnya pada kolom widget. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Pada sidebar Tampilan, pilihlah opsi Widget. Setelah halaman Widget muncul, klik dan drag kotak Newsletter ke dalam kolom widget yang ada di sisi kanan halaman pengaturan. Kalau sudah, lepas klik-kiri. Selanjutnya, ketikkan nama widget pada kotak teks Title. Mengetikkan nama widget pada kotak teks Title Kemudian tekan tombol Simpan untuk mengakhiri.

16 Tampilan widget MeeNews Newsletter pada halaman depan blog WordPress Anda nantinya akan terlihat seperti pada gambar yang disajikan berikut ini. Tampilan widget MeeNews Newsletter pada halaman depan blog 5.3 Sendit Plugin terakhir yang kami bahas pada bab ini adalah Sendit. Plugin ini yang sudah mencapai tahapan versi ini dikembangkan oleh Giuseppe Surace, seorang developer berkebangsaan Italia. Untuk memperoleh plugin Sendit, berikut alamat link download-nya. LINK DOWNLOAD Untuk mendapatkan plugin Sendit 1.4.4, Anda bisa download di Menambahkan Widget Sendit ke dalam Blog Tidak berbeda dengan widget-widget WordPress pada umumnya, Anda cukup menarik kotak widget tersebut ke dalam kolom yang sudah disediakan. Namun untuk lebih jelas mengenai widget Sendit, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan: Pastikan Anda sudah menginstal dan mengaktifkan plugin Sendit terlebih dahulu menggunakan teknik yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kalau sudah, buka sidebar Tampilan dan klik opsi Widget. Setelah Anda masuk ke halaman Widget, temukan kotak Sendit Widget lalu tariklah ke dalam kolom widget menggunakan metode klik dan drag. Lantas pada kotak teks Newsletter title, masukkan teks yang ingin Anda tampilkan sebagai judul widget. Untuk kotak teks Mailing list ID, masukkan angka sesuai urutan kategori pengguna yang terdaftar di layanan Newsletter Anda. Teknik pembuatan kategori pengguna ini akan dibahas pada subbab berikutnya.

17 Pengaturan dalam kotak Sendit Widget pada kolom widget Akhiri langkah dengan mengklik tombol Simpan. Untuk lebih jelas tentang widget Sendit, berikut ilustrasi yang menunjukkan tampilan widget tersebut pada halaman depan blog WordPress. Tampilan widget Sendit pada halaman depan blog Membuat Kategori dan Mengelola Subscriber Untuk membuat daftar kategori dan mengelola subscriber atau para pengguna layanan Newsletter yang diaktifkan menggunakan plugin Sendit, berikut langkah-langkahnya: Mulailah dengan memilih opsi Newsletter settings dari dalam sidebar Newsletter. Pada halaman Options, klik tombol Create new list yang terdapat di dalam tabel Available lists. Mengklik tombol Create new list Setelah data kategori yang baru ditambahkan ke dalam tabel, klik link Edit.

18 Mengklik link Edit Secara otomatis, halaman pengaturan Newsletter options langsung dimunculkan. Masukkan alamat serta nama pengirim Newsletter Anda ke dalam kotak teks from dan Newsletter name. Pada kotak teks Header maupun Footer, ketikkan teks berupa informasi singkat tentang perusahaan Anda dengan menggunakan kode XHTML. Mengisi data dan informasi pada halaman pengaturan Newsletter options Tekan tombol Save untuk mengakhiri pengaturan di halaman itu. Sekarang, beralihlah ke sidebar Newsletter dengan memilih opsi Message subscribers. Sesudah Anda masuk ke halaman Mailing list management, klik kotak kombo Select list dan pilih salah satu opsi kategori sesuai dengan daftar pengguna yang ingin ditampilkan. Memilih opsi kategori pengguna pada kotak kombo Select list Apabila data pengguna yang mendaftarkan alamat -nya sudah ada, maka tampilan halaman yang selanjutnya muncul tampak seperti pada gambar di bawah ini.

19 Tampilan daftar pengguna yang sudah mendaftarkan alamat Nah, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengelola daftar alamat pengguna tersebut menggunakan tombol maupun opsi yang telah disediakan. Sebagai contoh, kotak kombo yang terdapat pada masing-masing alamat bertujuan untuk mengkonfirmasikan keanggotaan (Confirm), belum/ tidak mengkonfirmasi keanggotaan (Not confirmed), dan membatalkan Newsletter (Canceled). Pengaturan pada kotak kombo konfirmasi keanggaan Newsletter Pengaturan Konfigurasi SMTP Agar lebih optimal, Anda dapat mengatur konfigurasi SMTP sesuai dengan layanan server yang Anda gunakan melalui blog WordPress. Langkah-langkah pengaturannya seperti di bawah ini: Buka sidebar Newsletter lalu pilih opsi SMTP settings. Selang beberapa saat, halaman Sendit SMPT settings ditampilkan dalam jendela browser. Masukkan alamat, nama, dan port host Anda ke dalam masing-masing kotak teks SMPT host, SMTP hostname, dan SMTP port. Kemudian, masukkan pula nama serta kata sandi pengguna server SMTP Anda ke dalam kotak teks SMTP username dan SMTP password.

20 Hasil pengaturan opsi-opsi di halaman Sendit SMTP settings Mengakhiri langkah, klik tombol Save Settings.

Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress

Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Memulai mengelola WordPress:. Login sebagai admin melalui http://nama-pengguna.staff.ugm.ac.id/wp-admin, masukkan Username dan Password anda. Bila

Lebih terperinci

Mengembangkan Website Berbasis Wordpress

Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Bagian 1: Pengenalan dan Instalasi Wordpress Hanif Rasyidi Pendahuluan Perkembangan teknologi saat ini membuat internet menjadi salah satu sumber utama dalam pencarian

Lebih terperinci

MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MODUL PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN RUMAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 2016 Daftar Isi Pendahuluan Pengertian Hosting Pengertian Domain Cara Instal WordPress Cara

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Wordpress Mengenal Dashboard Memposting Artikel Membuat Halaman Baru Eksplorasi Menu Appearance

DAFTAR ISI. Wordpress Mengenal Dashboard Memposting Artikel Membuat Halaman Baru Eksplorasi Menu Appearance DAFTAR ISI Wordpress... 2 Mengenal Dashboard... 4 Memposting Artikel... 5 Penjelasan Area Posting Artikel... 5 Menambah Gambar Pada Tulisan... 8 Menambah Kategori dan Tag Pada Tulisan... 10 Pratampil dan

Lebih terperinci

Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana?

Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana? Pendahuluan Pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang yang ingin membuat website (mungkin Jamaah IKMI juga termasuk) adalah: harus mulai dari mana? Biar kami beritahu sedikit rahasia: Jamaah IKMI

Lebih terperinci

Modul Pembuatan Website Menggunakan

Modul Pembuatan Website Menggunakan Design : www.mhdsyarif.p.ht Modul Pembuatan Website Menggunakan Versi 3.5.1 07-08 Mei 2013 Oleh : Divisi Web Puskom UR http://puskom.unri.ac.id Daftar Isi Daftar Isi...i A. Install XAMPP... 1 B. Install

Lebih terperinci

Membuat Blog Menggunakan Wordpress

Membuat Blog Menggunakan Wordpress Membuat Blog Menggunakan Wordpress Pengertian Blog Blog atau Weblog adalah buku harian online yang diisi secara terus menerus secara periodik. Blog pada awalnya hanya dimiliki oleh artis dan selebriti

Lebih terperinci

Plugin Wajib WordPress

Plugin Wajib WordPress Plugin Wajib WordPress Bab ini akan mengajarkan Anda menggunakan plugin sederhana yang boleh dikatakan plugin wajib untuk diinstal pada WordPress Anda. Untuk kebutuhan apa pun blog Anda, maka daftar plugin

Lebih terperinci

: Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi : Menginstal Tema dan Menulis Artikel (Pos) MENGINSTAL TEMA DAN MENULIS ARTIKEL (POS)

: Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi : Menginstal Tema dan Menulis Artikel (Pos) MENGINSTAL TEMA DAN MENULIS ARTIKEL (POS) Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Kelas : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi : Menginstal Tema dan Menulis Artikel (Pos) : XII Pertemuan 3 MENGINSTAL TEMA DAN MENULIS ARTIKEL (POS) A. Menginstal

Lebih terperinci

Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS

Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS Panduan Pengelolaan Web Berbasis WordPress IICACS 1 Fransisca Pramesti, S.Si, M.Eng. UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Institut Seni Indonesia Surakarta A. Web Berbasis WordPress Web dibangun menggunakan

Lebih terperinci

MODUL TUTORIAL WORDPRESS

MODUL TUTORIAL WORDPRESS MODUL TUTORIAL WORDPRESS TIM KKN FMIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA JULI 2012 MEMBUKA WORDPRESS: 1. Buka www.id.wordpress.com atau www.wordpress.com 2. Masukkan username dan password, klik masuk 3. Tampilan web

Lebih terperinci

PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI

PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI MODUL PENGABDIAN MASYRAKAT PELATIHAN PEMBUATAN WEB UNTUK USTADZ DAN PENGELOLA PONDOK PESANTREN SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI KABUPATEN/KOTA KEDIRI Modul ini merupakan pentunjuk awal untuk pembuatan web hosting

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Agar bisa membuat blog, anda setidaknya memerlukan komputer dengan spesifikasi yang bagus, terhubung dengan jaringan internet, email yang masih aktif dan

Lebih terperinci

KKN SISDAMAS Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data

KKN SISDAMAS Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data KKN SISDAMAS 2017 Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1 Panduan Penggunaan Blog KKN ( UIN SGD BANDUNG) Berikut ini

Lebih terperinci

PANDUAN MANUAL JENTERPRISE

PANDUAN MANUAL JENTERPRISE PANDUAN MANUAL JENTERPRISE Untuk memulai pengoperasian Web jenterprise, langkah langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan konfigurasi halaman administrator. Halaman administrator bisa di akses di http://namadomainanda/admin/,

Lebih terperinci

BAB 5 COMPANY PROFILE: LEMBAGA AGAMA

BAB 5 COMPANY PROFILE: LEMBAGA AGAMA BAB 5 COMPANY PROFILE: LEMBAGA AGAMA Situs bertema agama masih kalah populer bila dibandingkan dengan situssitus yang mengusung tema teknologi, bisnis, atau berita. Karena itu situs bertemakan agama harus

Lebih terperinci

IAIN WALISONGO SEMARANG

IAIN WALISONGO SEMARANG PPG BLOG DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO SEMARANG SEMARANG, 27 NOVEMBER 2014 OLEH PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN PANGKALAN DATA IAIN WALISONGO SEMARANG Cara Instal Web Server - XAMPP di Windows 1. Download

Lebih terperinci

Daarul Abroor is beloved my campus http//ppda.wordpress.com

Daarul Abroor is beloved my campus http//ppda.wordpress.com Panduan Mengelola Website Pribadi Mengelola WordPress Memulai mengelola WordPress: 1. Login sebagai admin melalui http://nama-pengguna.staff.ugm.ac.id/wpadmin, masukkan Username dan Password anda. Bila

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG. Version 0.1

PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG. Version 0.1 PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG Version 0.1 1 Table of Contents PANDUAN PENGGUNAAN PERSONAL WEB BLOG...1 Login...3 Mengenal Dashboard...3 Membuat Kategori...3 Menulis Artikel...4 Membuat Halaman Statik...7

Lebih terperinci

CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE

CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE CARA MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS SECARA ONLINE A. Cara Mendaftar di Wordpress 1. Buka http://wordpress.com/ pilih Get Started. 2. Masukkan data email, username, password dan nama blog Anda. Klik

Lebih terperinci

TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA UMS Team IT & IT helpdesk Supported

TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA UMS Team IT & IT helpdesk Supported TUTORIAL BLOG STAF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2011 http://blogstaf.ums.ac.id/ PENDAFTARAN BLOG STAF UMS Dalam upaya pengembangan dalam bidang IT (informasi teknologi) UMS telah menyediakan Web

Lebih terperinci

Blog Akademis Dosen

Blog Akademis Dosen LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT U N DIKSHA Universitas Pendidikan Ganesha Panduan Pengoperasian blog akademis Dosen UNDIKSHA Blog Akademis Dosen http://blog.undiksha.ac.id Dalam rangka program Penerapan

Lebih terperinci

Registrasi Blogger. Gambar 2.1. Halaman Awal Blogger

Registrasi Blogger. Gambar 2.1. Halaman Awal Blogger Registrasi Blogger Cara tercepat untuk mengerti blogging adalah dengan mencobanya. Kami telah bekerja sangat keras untuk membuatnya sangat mudah bagi Anda, dan Anda bisa menjadi bagian dari fenomena yang

Lebih terperinci

MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS

MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS Blog adalah salah satu aplikasi internet yang sangat digemari pada sat ini, karena di samping tersedia secara gratis, juga dapat dikembangkan sesuai dengan tujuan dari si empunya

Lebih terperinci

TUTORIAL MEMBUAT BLOG di BLOG.COM Oleh : yuhefizar

TUTORIAL MEMBUAT BLOG di BLOG.COM Oleh : yuhefizar TUTORIAL MEMBUAT BLOG di BLOG.COM Oleh : yuhefizar http://www.ephi.web.id Berikut ini adalah tutorial cara membuat blog di www.blog.com. Sebelum melakukan langkah di bawah ini, pastikan komputer anda sudah

Lebih terperinci

3. Pilih layout dari blog yang akan kita buat seperti gambar di bawah ini : 4. Lalu pilih tema sesuai dengan layout yang sudah kita pilih tadi seperti

3. Pilih layout dari blog yang akan kita buat seperti gambar di bawah ini : 4. Lalu pilih tema sesuai dengan layout yang sudah kita pilih tadi seperti Membuat Blog dengan Wordpress Apa Itu WordPress? WordPress adalah salah satu platfrom blog yang saat ini sudah mengalami banyak perkembangan sehingga bisa kita gunakan untuk membuat website untuk banyak

Lebih terperinci

Tip dan Trik Seputar Photoshop.Com

Tip dan Trik Seputar Photoshop.Com 6 Tip dan Trik Seputar Photoshop.Com Adobe telah meluncurkan sebuah situs photo sharing yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja pengguna internet yang telah mendaftakan diri dalam situs tersebut sehingga

Lebih terperinci

MODUL WEBSITE JaringanPelajarAceh.com. Dipersiapkan oleh: Kusnandar Zainuddin

MODUL WEBSITE JaringanPelajarAceh.com. Dipersiapkan oleh: Kusnandar Zainuddin MODUL WEBSITE JaringanPelajarAceh.com Dipersiapkan oleh: Kusnandar Zainuddin Version 14 Halaman 1 September 2013 DAFTAR ISI 1. Tampilan Tatap Muka Website... 3 2. Halaman Admin... 4 2.1. Posting Berita...

Lebih terperinci

BLOG DOSEN TEKNIK FISIKA

BLOG DOSEN TEKNIK FISIKA BLOG DOSEN TEKNIK FISIKA Pendaftaran Selamat, situs dosen.tf.itb.ac.id kini dapat memfasilitasi blog pribadi. Silahkan segera mendaftar, dan berbagi buah pikiran anda dengan para akademisi lain. Untuk

Lebih terperinci

Berikut ini langkah-langkah untuk konfigurasi awal dari paket toko online yang sudah kami siapkan :

Berikut ini langkah-langkah untuk konfigurasi awal dari paket toko online yang sudah kami siapkan : Konfigurasi Awal Konfigurasi awal ini dilakukan untuk merubah data-data dengan menyesuaikan dengan data pemilik UKM. Pada layanan preload content ini kami sudah menyiapkan 3 template sebagai template default

Lebih terperinci

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim PANDUAN (MANUAL) PENGGUNAAN BLOG http://pengawaspinrang.wordpress.com UNTUK PENGAWAS SEKOLAH A. Membuka

Lebih terperinci

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website

V.2.0. Panduan Pengelolaan Website Panduan Pengelolaan Website V.2.0 0 LOGIN DASHBOARD Silahkan masuk ke url : http://namadomain.com/wp-admin Username dan password telah kami kirim ke email Anda. Setelah login, anda akan melihat tampilan

Lebih terperinci

Website Training Off. On line

Website Training Off. On line Website Training Off On line Thuesday, February 19, 2013 Petunjuk Install XAMPP Ada beberapa langkah dalam install XAMPP sebagai berikut : 1. Download XAMPP dialamat : http://sourceforge.net/projects/xampp/files/xampp%20windows/1.7.1/xamp

Lebih terperinci

Manual CMS Wordpress

Manual CMS Wordpress Manual CMS Wordpress Manajemen CMS Wordpress by IT Support Team FEB Unpad Page 2 Manual CMS Wordpress Untuk Admin Contents : A. Laman Utama B. Manajemen Pengelolaan Konten dengan Wordpress C. General Settings

Lebih terperinci

Membuat Blog Menggunakan Wordpress

Membuat Blog Menggunakan Wordpress Membuat Blog Menggunakan Wordpress - 2013 Pengertian Blog Blog atau Weblog adalah buku harian online yang diisi secara terus menerus secara periodik. Blog pada awalnya hanya dimiliki oleh artis dan selebriti

Lebih terperinci

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP-ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting Modul (artikel) sebelumnya, yaitu: Cara Membuat Email Gmail. http://khudri.com/download/tutorial/pembuatan-email-gmail.pdf

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN. Joomla! Versi 1.5. Oleh: Anon Kuncoro Widigdo

PANDUAN PENGGUNAAN. Joomla! Versi 1.5. Oleh: Anon Kuncoro Widigdo PANDUAN PENGGUNAAN Joomla! Versi 1.5 Oleh: Anon Kuncoro Widigdo anonkuncoro@yahoo.com Kendari 2009-2010 MODUL I Pendahuluan Joomla adalah sebuah aplikasi sistim manajemen konten atau Content Management

Lebih terperinci

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Ed.. 20150320 Panduan Mahasiswa Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150320 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Anda...

Lebih terperinci

FLEXIBLE & SIMPLE E-COMMERCE MANUAL SISTEM MANAJEMEN KONTEN (CMS) ONLINE SHOP. Copyright 2016 by Flimmerce

FLEXIBLE & SIMPLE E-COMMERCE MANUAL SISTEM MANAJEMEN KONTEN (CMS) ONLINE SHOP. Copyright 2016 by Flimmerce FLEXIBLE & SIMPLE E-COMMERCE MANUAL SISTEM MANAJEMEN KONTEN (CMS) ONLINE SHOP Copyright 2016 by Flimmerce 1 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL... 1 DAFTAR ISI... 2 HALAMAN LOGIN... 4 Melakukan Login... 4 Lupa Password

Lebih terperinci

PANDUAN MEMBUAT BLOG Wordpress.Com

PANDUAN MEMBUAT BLOG Wordpress.Com PANDUAN MEMBUAT BLOG Wordpress.Com Sekilas mengenai Blog Web log = Blog : situs web yang ditulis berdasarkan kronologi waktu Pengelolaan yang jauh lebih mudah dibanding situs web pada umumnya Dapat membuat

Lebih terperinci

MODUL MULTI LANGUAGE WORDPRESS

MODUL MULTI LANGUAGE WORDPRESS MODUL MULTI LANGUAGE WORDPRESS Universitas Padjadjaran DIREKTORAT PERENCANAAN DAN SISTEM INFORMASI 2016 1 Pada dasarnya, wordpress bukan platform yang diperuntukkan untuk multi-language atau banyak bahasa.

Lebih terperinci

Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis

Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis Tutorial Menggunakan webpraktis profil bisnis 1. Kunjungi Webpraktis.com dan klik tombol Buat Website 2. Pilih Jenis Template Setelah klik buat website,pilih template yang ingin Anda gunakan dari kategori

Lebih terperinci

MODUL 7. Apakah Joomla itu? A. Pra-Instalasi Joomla. Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories

MODUL 7. Apakah Joomla itu? A. Pra-Instalasi Joomla. Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories MODUL 7 JOOMLA Tujuan : 1. Pengenalan Joomla 2. Installasi Joomla 3. Pengenalan Section dan Categories Apakah Joomla itu? Sejauh ini joomla adalah: Joomla! is a free open source framework and content publishing

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD

TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD TUTORIAL PENGELOLAAN WEB PROFIL OPD DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KABUPATEN WONOSOBO Jl. Tumenggung Jogonegoro No. 08 Wonosobo Telp. (0286) 321341 / Fax. (0286) 321341 Email: diskominfo.wonosobo@gmail.com

Lebih terperinci

Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator)

Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator) Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator) Penjelasan Umum CMS (Content Management System) merupakan fasilitas yang disediakan untuk mempermudah pengelolaan data/konten

Lebih terperinci

TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS

TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS TUTORIAL MEMBUAT BLOG SENDIRI BERBASIS WORDPRESS 1. Masuk Blog Langkah pertama silahkan akses http://blog.walisongo.ac.id di browser anda dan muncul seperti tampilan di bawah ini, kemudian klik Menu Daftar

Lebih terperinci

BUKU MANUAL PENGGUNA WEB MAIL WONOGIRIKAB.GO.ID

BUKU MANUAL PENGGUNA WEB MAIL WONOGIRIKAB.GO.ID 1. PENDAHULUAN Dalam rangkat meningkatkan kinerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Wonogiri dalam berkordinasi dan berkomunikasi menjadi lebih cepat dan efisien sekarang ini sudah tersedia layanan webmail

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad

Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad UPT Tekonologi Informasi Universitas Padjadjaran i Panduan Penggunaan Blog KKNM Unpad Daftar Isi Daftar Isi... i Mengetahui Alamat Blog... 1 Log In ke Blog KKNM... 2

Lebih terperinci

Link Categories, digunakan untuk mengelompokkan link ke dalam kategorikategori

Link Categories, digunakan untuk mengelompokkan link ke dalam kategorikategori Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan Wordpress WordPress Dashboard (Admin) 1. Untuk login ke halaman admin, ketik: wp-admin atau wp-login.php di belakang alamat domain Anda. Contoh feddy.staff.telkomuniversity.ac.id/wp-admin.

Lebih terperinci

Bab 1. Joomla, Dasar Dasar!

Bab 1. Joomla, Dasar Dasar! Bab 1 Joomla, Dasar Dasar! Joomla itu merupakan Content Management System yang gampanggampang susah. Dibilang gampang, nyatanya Joomla tidak seperti Wordpress yang begitu sederhana. Namun dibilang mudah,

Lebih terperinci

Gambar 1. Halaman Awal Website

Gambar 1. Halaman Awal Website Membuat Website Dengan Drupal CMS Oleh : Tim IT UMS Daftar Isi (Contents) A. Settingan Awal Website B. Membuat Menu (Site Navigation) C. Mengatur Posisi Menu D. Membuat Konten E. Membuat Kategori (Taxonomy)

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL

PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL DISKOMINFO KABUPATEN KARANGASEM PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL WWW.KARANGASEMKAB.GO.ID PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL DISKOMINFO PENDAHULUAN Dalam rangkat meningkatkan kinerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Karangasem

Lebih terperinci

PADUAN DASAR Menggunakan dan Mengelola Website. Created by:

PADUAN DASAR Menggunakan dan Mengelola Website. Created by: PADUAN DASAR Menggunakan dan Mengelola Website Created by: Mengakses Halaman Admin Halaman Administrator adalah bagian website yang berguna untuk mengelola data yang akan ditampilkan di halaman publik

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Pembuatan Blog dengan Wordpress

Modul Pelatihan Pembuatan Blog dengan Wordpress Modul Pelatihan Pembuatan Blog dengan Wordpress Disusun oleh: Dr. Sri Chusri Haryanti, S.T., M.T. Indah Dwi Lestantri, S.T., M.Si. Mubarik Ahmad, S.Kom., M.Kom. PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS

Lebih terperinci

STMIK STIKOM SURABAYA. Sekolah Tinggi i Manajemen Informatika & Komputer Surabaya. Modul Pelati ihan. Blog

STMIK STIKOM SURABAYA. Sekolah Tinggi i Manajemen Informatika & Komputer Surabaya. Modul Pelati ihan. Blog STMIK STIKOM SURABAYA Sekolah Tinggi i Manajemen Informatika & Komputer Surabaya Modul Pelati ihan Blog bagi Mahasi siswa Pengembangan Media Online, Juli 2012 Pengenalan PENGENALAN BLOG Blog 1 Blog adalah

Lebih terperinci

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP URL (UNIFIED RESOURCES LOCATOR) Untuk dapat melakukan pengelolaan halaman web di situs web BPKP, kita harus mengetikkan URL atau unified resources locator atau alamat

Lebih terperinci

Panduan Dasar Membuat Website

Panduan Dasar Membuat Website Tutorial singkat cara menggunakan WordPress mulai dari masuk ke Dashboard Admin hingga cara membuat postingan. Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress Versi 3.x By Webhostmu.Com Daftar Isi

Lebih terperinci

Manual Book Penggunaan CMS. Website Portal Berita Antara Bogor (Untuk Administrator)

Manual Book Penggunaan CMS. Website Portal Berita Antara Bogor (Untuk Administrator) Manual Book Penggunaan CMS Website Portal Berita Antara Bogor (Untuk Administrator) Created By W3B-PROJECT TEAM @2011 Penjelasan Umum CMS (Content Management System) merupakan fasilitas yang disediakan

Lebih terperinci

MANUAL BLOG STAFF.UNS.AC.ID

MANUAL BLOG STAFF.UNS.AC.ID STAFF.UNS.AC.ID UPT. PUSAT KOMPUTER UNIVERSITAS SURAKARTA 2008 BAB I Pendahuluan Registrasi Blog awal mulanya adalah sebuah catatan pribadi, lambat laun perkembangan blog lebih mengarah ke Web Personal

Lebih terperinci

Mengelola Bagian. Website Sekolah. Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3

Mengelola Bagian. Website Sekolah. Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3 Bab II: Mengelola Bagian Website Sekolah Utama Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3 kategori pokok, yakni: Mengelola Admin Merubah Disain Banner Atas Melengkapi Profil Sekolah A. Mengelola

Lebih terperinci

Tutorial pembuatan Company Profile dengan JagoanWeb

Tutorial pembuatan Company Profile dengan JagoanWeb Tutorial pembuatan Company Profile dengan JagoanWeb Untuk memudahkan Anda dalam membuat company profile Anda, berikut adalah panduan untuk setting / pengaturan pada halaman Admin Anda. A. MENGGANTI TEMPLATE

Lebih terperinci

Panduan Blog Mahasiswa Ver

Panduan Blog Mahasiswa Ver PANEL ADMINISTRASI BLOG (DASHBOARD) Blog yang sudah terdaftar harus selalu kita kelola (posting, delete, edit). Selain itu kita dapat mendesain blog untuk memperoleh tampilan (thema) yang lebih baik, men-setting

Lebih terperinci

USER MANUAL CMS BLOG

USER MANUAL CMS BLOG USER MANUAL CMS BLOG Disusun oleh : 1. Abdul Hafidh Sidiq (09650031) 2. Moch. Shidqul Ahdi (09650032) 3. Jauharoh Pratami (09650033) 4. Sigit Budi Permana (09650035) 5. Ismi Fitriyani (09650036) 6. Arum

Lebih terperinci

Panduan Dasar Membuat Website

Panduan Dasar Membuat Website Tutorial singkat cara menggunakan WordPress mulai dari masuk ke Dashboard Admin hingga cara membuat postingan. Panduan Dasar Membuat Website Menggunakan WordPress Versi 3.x By Webhostmu.Com Website (Dashboard

Lebih terperinci

Welcome to staff.blog.ui.edu. Untuk dapat masuk ke website ini, silahkan login terlebih dahulu

Welcome to staff.blog.ui.edu. Untuk dapat masuk ke website ini, silahkan login terlebih dahulu Welcome to staff.blog.ui.edu Untuk dapat masuk ke website ini, silahkan login terlebih dahulu Login Masukkan username dan password SIAK NG anda Welcome to Wordpress Dashboard View Your Own Site Table List

Lebih terperinci

Bu k u Ma n u a l Web Si t e SK PD Pem er i n t a h K a b u pa t en Ma l a n g

Bu k u Ma n u a l Web Si t e SK PD Pem er i n t a h K a b u pa t en Ma l a n g Bu k u Ma n u a l Web Si t e SK PD 2016 Pem er i n t a h K a b u pa t en Ma l a n g Situs web Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Malang didesain untuk bisa dirubah atau diupdate secara

Lebih terperinci

Sukses Membuat Toko Online di Dunia Maya

Sukses Membuat Toko Online di Dunia Maya Sukses Membuat Toko Online di Dunia Maya Membuat toko online memang merupakan salah satu prospek bisnis yang cerah untuk masa depan. Alasannya sederhana. Manusia semakin terkoneksi dengan jaringan internet,

Lebih terperinci

USER GUIDE BLOG MAHASISWA

USER GUIDE BLOG MAHASISWA USER GUIDE BLOG MAHASISWA LOGIN Akses URL login blog mahasiswa di alamat [namablog]/wp-admin semisal : randy./wpadmin. Masukkan username dan password BASIC SETTING PERMALINK Agar memudahkan mesin pencari

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN COURSE Disusun Oleh : Fajar Edyana, S.Kom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 E-learning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 1 SESI 1 MANAJEMEN USER 2.1. Pendaftaran Keanggotaan

Lebih terperinci

www.niagahoster.co.id cs@niagahoster.co.id 0274 5305505 Daftar Isi Pendahuluan... 1 1. Cara Membeli Domain dan Hosting (di Niagahoster)... 2 1.1. Pengertian Hosting... 2 1.2. Pengertian Domain... 2 2.

Lebih terperinci

E-commerce Development Berbasis Wordpress

E-commerce Development Berbasis Wordpress E-commerce Development Berbasis Wordpress P A R T 2 A / 4 w w w. v e r o n i c a s t e v a n y. c o m w w w. g r a p h i c b y v e s t e. c o m PAGE 2 Pendahuluan WordPress merupakan sebuah CMS (Content

Lebih terperinci

Menambahkan Image Slider di Homepage

Menambahkan Image Slider di Homepage Upload Website ke server 1. Akses local host website 2. Buka plugin duplicator 3. Create new file duplicator 4. Download file directorynya dan installernya 5. Buka cpanel domain 6. Akses create file directory

Lebih terperinci

MEMBUAT WORDPRESS DI IDHOSTINGER

MEMBUAT WORDPRESS DI IDHOSTINGER MEMBUAT WORDPRESS DI IDHOSTINGER 1. Tampilan awal ketika anda sudah login sebagai user/admin.. 2. Pada bagian kiri Dashboard terdapat beberapa fitur. Jika ingin melakukan input data atau posting artikel,

Lebih terperinci

MODUL WORDPRESS MOBILE

MODUL WORDPRESS MOBILE MODUL WORDPRESS MOBILE RUMAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 2016 DAFTAR ISI BAB 1: PENGENALAN DASAR WORDPRESS MOBILE A. Pengenalan Aplikasi Android WordPress Mobile B. Menginstall WordPress Mobile

Lebih terperinci

MODUL PERTEMUAN 2 BLOGGING. Mata kuliah : Pengantar Komputer dan Software

MODUL PERTEMUAN 2 BLOGGING. Mata kuliah : Pengantar Komputer dan Software MODUL PERTEMUAN 2 BLOGGING Mata kuliah : Pengantar Komputer dan Software INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA 2018 Contents 1. Latihan Membuat Blog... 3 2. Pengelolaan Wordpress... 7 3. Personalisasi... 9 4. Konfigurasi...

Lebih terperinci

Sugeng Widodo,S.Kom STIKI

Sugeng Widodo,S.Kom STIKI Jl. Tidar 100 Malang 65146 0341 560823 Sugeng Widodo,S.Kom STIKI Materi Workshop Drupal 7 .. Table of Contents Persiapan... 3 Instalasi XAMPP... 3 Download Drupal... 3 Membuat Database... 3 Mulai instalasi...

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI No. BAK/TBB/TBB204/05 Revisi : 00 Tgl. 19 Agustus 2009 Hal 1 dari 9 BAB IV PANDUAN MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS.COM A. Pendahuluan Blog merupakan singkatan dari "web log". Blog adalah bentuk aplikasi website

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen 1.9.1 Workshop E-Learning Dikompilasi dari Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Yudi Wibisono oleh

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Website Aceh

Panduan Penggunaan Website Aceh Panduan Penggunaan Website Aceh Pada panduan ini akan dijelaskan bagaimana cara pengoperasian Panel Admin sebagai halaman untuk memanipulasi (tambah/ubah/hapus) konten website. Disamping itu akan dijelaskan

Lebih terperinci

Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY

Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY 1 Pengenalan dan Pembuatan Blog UNY Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. http://blog.uny.ac.id/hermansurjono Pendahuluan Blog adalah kependekan dari Weblog. Blog merupakan halaman web yang berisi tulisan, gambar,

Lebih terperinci

Langkah-Langkah Membuat Blog Wordpress

Langkah-Langkah Membuat Blog Wordpress Langkah-Langkah Membuat Blog Wordpress Login cpanel. Login ke cpanel anda dengan informasi yang diberikan oleh hosting anda. URL atau alamat website untuk login ke cpanel umumnya seperti dibawah ini: http://domainanda.com/cpanel

Lebih terperinci

3.1 Mendaftar dan Pengenalan Cloudo

3.1 Mendaftar dan Pengenalan Cloudo Cloudo Layanan komputer online ini tidak hanya icloud, ada banyak layanan komputer online lain yang memiliki visi yang sama seperti icloud, yaitu komputer yang senantiasa On 24 jam, di cloud. Walaupun

Lebih terperinci

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting

TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting TUTORIAL ADMINISTRATOR WORDPRESS WP ADMIN Contents Management Wordpress Selfhosting Modul artikel sebelumnya, yaitu: Cara Membuat Email Gmail. http://khudri.com/download/tutorial/pembuatan email gmail.pdf

Lebih terperinci

Tutorial Wordpress Bagi Pemula

Tutorial Wordpress Bagi Pemula Tutorial Wordpress Bagi Pemula Hari gini ga punya blog? Mungkin ungkapan seperti itu akan terdengar beberapa tahun atau bahkan beberapa bulan lagi di telinga kita. Seperti halnya, ungkapan Hari gini ga

Lebih terperinci

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser 4.3.4 Petunjuk Pemakaian Sistem Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser yang terhubung dengan internet. Berikut ini adalah detail prosedur pemakaian dari aplikasi tersebut.

Lebih terperinci

MENGOPI DAFTAR KONTAK

MENGOPI DAFTAR KONTAK MENGOPI DAFTAR KONTAK DARI PONSEL LAMA Tanya: Pak, BlackBerry saya tipe Gemini 8520. Saya ingin mengkopikan semua kontak lama yang ada di Nokia E63. Saya coba cara kopi lewat SIM card, namun tidak semua

Lebih terperinci

Menata Tampilan Website

Menata Tampilan Website Bab 2 Menata Tampilan Website Selanjutnya adalah mulai menata content website. Namun sebelum masuk ke dalam menu tersebut, Anda harus sudah memiliki gambaran dan juga materi yang akan Anda masukkan ke

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H

Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL PPPPTK MATEMATIKA YOGYAKARTA 2007 MENDAFTAR DI WORDPRESS 1. Masuk ke id.wordpress.com Klik tombol

Lebih terperinci

WEB BROWSER World Wide Web WWW SEARCH ENGINE Mesin pencari

WEB BROWSER World Wide Web WWW SEARCH ENGINE Mesin pencari WEB BROWSER World Wide Web (www atau disebut web) adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI).

Lebih terperinci

PEMBUATAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE

PEMBUATAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE PEMBUATAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE Oleh: Asyti Febliza I. Mengenal Microsoft FrontPage Microsoft FrontPage (MS FrontPage) adalah sebuah program untuk membuat, mendesain,

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H

Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H Tutorial Membuat Web Blog Menggunakan Layanan WORDPRESS MUH. TAMIMUDDIN H DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL PPPPTK MATEMATIKA YOGYAKARTA 2008 MENDAFTAR DI WORDPRESS 1. Masuk ke id.wordpress.com Klik tombol

Lebih terperinci

CMS Content Management System

CMS Content Management System CMS Content Management System DISUSUN OLEH: AHMAD SYAUQI AHSAN Disampaikan pada bimtek di Diskominfo Jatim 3 Mei 2016 Apa itu CMS? 2 CMS = Content Management System (Sistem Pengelola Isi). Dengan CMS,

Lebih terperinci

Cara Mengelompokan Pada Folder di Ms Outlook 2007

Cara Mengelompokan  Pada Folder di Ms Outlook 2007 by Alkom 1stSolution Cara Mengelompokan Email Pada Folder di Ms Outlook 2007 Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat Rule / Email Filtering di Microsoft Outlook 2007. 1. Buka aplikasi Microsoft

Lebih terperinci

adalah berikut : I. MENDAFTAR halaman depan

adalah berikut : I. MENDAFTAR halaman depan Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Agar bisa membuat blog, anda setidaknya memerlukan komputer dengan spesifikasi yang bagus, terhubung dengan jaringan internet, email yang masih aktif dan

Lebih terperinci

Cara mendaftar ke blog dosen

Cara mendaftar ke blog dosen Mengenal WordPress WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang digunakan untuk membuat sebuah blog atau website. Di dunia ini, ada berbagai macam CMS, seperti misalnya Joomla, Drupal,

Lebih terperinci

EBOOK TUTORIAL (PANDUAN) LAPAX THEME TEMPLATE TOKO ONLINE WORDPRESS INDONESIA JASA PEMBUATAN WEBSITE TOKO ONLINE. Butuh bantuan? Hubungi kami!

EBOOK TUTORIAL (PANDUAN) LAPAX THEME TEMPLATE TOKO ONLINE WORDPRESS INDONESIA JASA PEMBUATAN WEBSITE TOKO ONLINE. Butuh bantuan? Hubungi kami! EBOOK TUTORIAL (PANDUAN) LAPAX THEME TEMPLATE TOKO ONLINE WORDPRESS INDONESIA JASA PEMBUATAN WEBSITE TOKO ONLINE Butuh bantuan? Hubungi kami! Perhatian! Sebagai pengguna jasa pembuatan website, Anda dilarang

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGGUNAAN APLIKASI HALO UKM

TUTORIAL PENGGUNAAN APLIKASI HALO UKM 1. INTRODUCTION / PENGENALAN 1.1 Persiapan kebutuhan Aplikasi Sebelum kita masuk kedalam penggunaan aplikasi Halo UKM, sekilas ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun sebuah toko online

Lebih terperinci

Area kerja. Gambar 1. Tampilan awal MS FrontPage

Area kerja. Gambar 1. Tampilan awal MS FrontPage Microsoft FrontPage I. Mengenal Microsoft FrontPage Microsoft FrontPage (MS FrontPage) adalah sebuah program untuk membuat, mendesain, dan mengedit halaman World Wide Web seperti menambahkan text, images,

Lebih terperinci

Tutorial Setting Toko Online JagoanStore

Tutorial Setting Toko Online JagoanStore Tutorial Setting Toko Online JagoanStore 1. General Setting a. Setting Template Silakan Anda masuk ke halaman General Setting dari halaman admin. Kemudian di samping kiri terdapat 2 bagian, yang pertama

Lebih terperinci

Membuat Web BERBASIS WORDPRESS

Membuat Web BERBASIS WORDPRESS Membuat Web BERBASIS WORDPRESS Dibuat untuk kegiatan Pembinaan Teknologi Informasi bagi Perangkat Desa Se- Kecamatan Bener Tahun 2015 bersama ANDRIAWAN Kaur Pemerintahan Desa Ngasinan 1 2 ANDRIAWAN Kaur

Lebih terperinci