Kitab. Kisah Para Rasul

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Kitab. Kisah Para Rasul"

Transkripsi

1 Kitab Kisah Para Rasul

2 T Selamat datang di Good Morning Girls! Senang sekali engkau bergabung bersama kami. uhan menciptakan kita untuk berjalan bersama-nya, mengenal-nya dan dicintai oleh-nya. Dia-lah sumur kehidupan, dan ketika kita minum airnya, Dia terus menyediakan. Air kehidupan-nya akan mengubahkan seluruh kehidupan kita. Yesus berkata: Tetapi barangsiapa minum air yang akan kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal. ~ Yohanes 4:14 (TB) Jadi, mari kita mulai. Metode yang kita gunakan di GMG disebut sebagai metode SOAK (yang berarti meresap ). S Singkatan dari Scripture (Firman Tuhan) Baca pasal untuk hari itu. Lalu pilih 1-2 ayat dan tulis ulang kata per kata. (Tidak ada pilihan yang benar atau salah biarkan Roh Kudus membimbingmu.) O Singkatan dari Observation (Pengamatan) Amati ayat atau ayat-ayat yang telah kau tulis. Tulis 1 atau 2 pengamatan. Apa yang menarik perhatianmu? Apa yang kau pelajari tentang karakter Allah dari ayat-ayat itu? Apakah ayat itu tentang janji, perintah atau pengajaran? A Singkatan dari Application (Penerapan) Personalisasikan ayat-ayat itu. Apa yang Tuhan katakan padamu? Bagaimana kau menerapkannya dalam hidupmu? Apakah ada perubahan yang harus kau buat atau sesuatu yang harus kau lakukan? K Singkatan dari Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa) Berhentilah, berlutut dan berdoa. Akuilah dosa-dosa yang Tuhan tunjukkan padamu hari ini. Pujilah Tuhan atas firman-nya. Berdoalah untuk hidupmu atau seseorang yang kau kasihi. Mintalah Tuhan menolongmu untuk menerapkannya dalam hidupmu. Resapi firman Tuhan di dalam hatimu dan peraslah sebisa mungkin setiap firman yang kau baca setiap hari. Segera kau akan menemukan hidupmu diubahkan oleh pembaharuan pikiranmu! Berjalan bersama Tuhan! Courtney, WomenLivingWell.org, GoodMorningGirls.org

3 Bergabunglah dengan Komunitas Selamat Pagi Perempuan Indonesia (GMG Indonesia): Bagikan SOAK harianmu setiap pukul 7:30WIB di Facebook.com/SelamatPagiPerempuanIndonesia Komunitas GMG (Bahasa Inggris): Facebook.com/GoodMorningGirlsWLW Instagram.com/WomenLivingWell #GoodMorningGirls

4 TABEL PEWARNAAN ALKITAB GMG WARNA UNGU MERAH MUDA MERAH HIJAU KUNING BIRU ORANYE COKLAT/ABU- ABU KATA KUNCI Tuhan, Yesus, Roh Kudus, Juruselamat, Mesias wanita-wanita dalam Alkitab, keluarga, pernikahan, pengasuhan anak, persahabatan, relasi cinta, kebaikan, kemurahan hati, belas kasihan, damai, kasih karunia iman, ketaatan, pertumbuhan, buah Roh, keselamatan, persekutuan, pertobatan ibadah, doa, pujian, doktrin, malaikat, mujizat, kuasa Allah, berkat kebijaksanaan, pengajaran, petunjuk, perintah nubuatan, sejarah, waktu, tempat, raja, manusia, jumlah, perjanjian, nazar, visi, sumpah, masa depan Setan, dosa, kematian, neraka, kejahatan, berhala, pengajaran palsu, kemunafikan, godaan Women Living Well Ministries, LLC

5 Pengantar Kitab Kisah Para Rasul Kitab Kisah Para Rasul adalah kitab yang unik karena merupakan suatu transisi. Yaitu transisi dari periode Kristus -di dalam Injil- kepada periode gereja -di dalam Surat-surat. Dalam kitab Kisah Para Rasul kita melihat kenaikan Kristus dan awal dari suatu tugas yang besar yaitu menyebarkan Injil dari Yerusalem sampai ke ujung bumi yang akhirnya sampai kepada kita hari ini. Tujuane: Kisah Para Rasul ditulis sehingga kita dapat melihat kelahiran dan pertumbuhan gereja dan tindakan para Rasul. Penulis: Lukas (yang juga penulis kitab Injil Lukas) Waktu: Diperkirakan sekitar tahun Ayat Kunci: Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Dalam kitab Kisah Para Rasul, kita mulai dengan kenaikan Yesus, dilanjutkan dengan pelayanan Petrus, Di sana kita menemukan pembentukan dan perluasan gereja pada 12 bab pertama. Kita juga melihat Saulus yang diubahkan dari seorang penganiaya gereja menjadi seorang misionaris gereja yang hebat. Kisah pertobatannya tertulis di pasal 9, namun kita baru akan melihat permulaan pelayanannya pada pasal 13. Tema: Ada beberapa tema utama di kitab Kisah Para Rasul yang tidak hanya mengajarkan pada kita tentang gereja mula-mula tapi juga berlaku untuk kehidupan kita sendiri sebagai orang percaya. 1. Roh Kudus Yesus berjanji pada murid-murid bahwa Roh Kudus akan datang. Roh Kudus datang dengan kuasa-nya di pasal 2. Dia datang untuk menjadi penghibur kita, guru kita, dan Dia-lah kuasa dibalik semua tingkah laku kita sebagai orang percaya. Tidak ada yang dapat kita lakukan dengan kekuatan kita sendiri, semua oleh karena kuasa-nya yang hidup di dalam kita. 2. Gereja Pembentukan dan pengaturan gereja lokal adalah alur cerita utama dan tema dari kitab Kisah Para Rasul. Gereja baru itu memiliki banyak masalah seperti halnya gereja pada masa sekarang. Kisah Para Rasul memberikan kita banyak contoh tentang bagaimana tetap bertahan sekalipun banyak masalah di gereja kita. Kitab ini juga banyak berbicara tentang pertumbuhan gereja.

6 3. Misi / Bersaksi Pada akhir setiap kitab Injil, Yesus memberikan pada kita sebuah tugas. (Matius 28:16-20, Markus 16:14-16, Lukas 24:44-53, Yohanes 20:21-23) Dengan pemikiran ini, kita tahu bahwa inilah tujuan gereja untuk menyebarkan Injil! Kita harus memberitahukan pada orang-orang yang lain. Hal ini tidak hanya berlaku pada gereja lokal, tapi meluas ke seluruh gereja secara universal. Kita juga melihat di kitab Kisah Para Rasul, bahwa kita perlu bayar harga untuk memberitakan Injil, tapi iman kita akan diperkuat karena kita mengandalkan Tuhan pada saat-saat seperti itu. 4. Penganiayaan Gereja dan mereka yang mempertahankannya menderita banyak penganiayaan. Hal yang sama juga berlaku saat ini. Mereka yang memegang teguh doktrin dan keyakinan gereja mungkin ditentang atau dianiaya. Kitab Kisah Para Rasul memberi dorongan untuk berdiri teguh dalam iman kita, dan untuk mengingat mereka yang telah berdiri kokoh di depan kita. Catatan Akhir: Kitab Kisah Para Rasul akan membawa kita pada perjalanan iman. Kitab ini mengajak orang-orang Kristen untuk hidup di luar zona nyaman mereka dan berjalan dengan berani untuk membagikan Injil kepada dunia yang tidak berusaha untuk mengenal Allah. Kiranya kita dikuatkan oleh kisah mereka yang telah mendahului kita dan belajar bahwa kita juga dapat bertahan di zaman di mana Injil tidak lagi populer.

7 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Kisah Para Rasul 1:8 Refleksi: Para rasul tahu mereka perlu menggantikan Yudas. Mereka mempercayakannya pada Tuhan bahwa Tuhan menempatkan orang yang tepat untuk jabatan itu. Bagaimana kita mengaplikasikan prinsip ini dalam kehidupan kita?

8 KISAH PARA RASUL 1 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

9 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan Kisah Para Rasul 2:21 Refleksi: Orang-orang mengira pengikut Yesus sedang mabuk karena mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Ketika orang lain melihatmu, dapatkah mereka berkata bahwa engkau dipenuhi oleh Roh Kudus?

10 KISAH PARA RASUL 2 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

11 Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah! Kisah Para Rasul 3:6 Refleksi: Sementara orang-orang takjub akan penyembuhan orang lumpuh, Petrus mengambil kesempatan untuk mengarahkan perhatian mereka pada Tuhan. Bagaimana kita dapat mengaplikasikan ini kepada orang-orang yang bersentuhan dengan kita?

12 KISAH PARA RASUL 3 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

13 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. Kisah Para Rasul 4:12 Refleksi: Meskipun Petrus dan Yohanes tahu apa yang terjadi pada Yesus ketika Dia berbicara menentang ahli-ahli Taurat, mereka tetap teguh dalam iman. Apakah engkau membiarkan rasa takut menguasai pilihanmu untuk berbicara tentang Tuhan ataukah membiarkan iman untuk terus berperan?

14 KISAH PARA RASUL 4 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

15 Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia. Kisah Para Rasul 5:29 Refleksi: Petrus dan para rasul diperintahkan untuk tidak mengajarkan tentang Yesus. Namun, mereka menolak dan menyatakan bahwa mereka akan taat pada perintah-perintah Tuhan. Sebutkan satu kejadian ketika anda diminta untuk tidak berbicara tentang Tuhan. Bagaimana respon anda?

16 KISAH PARA RASUL 5 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

17 Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak. Kisah Para Rasul 6:7 Refleksi: Para rasul tahu mereka memiliki keterbatasan. Mereka tidak dapat efektif di semua area yang perlu dikerjakan dalam pelayanan yang telah Tuhan percayakan pada mereka. Adakah area di hidupmu yang perlu kau tinggalkan atau delegasikan supaya engkau lebih efektif di area yang Tuhan ingin agar kau memimpinnya?

18 KISAH PARA RASUL 6 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

19 Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah. Kisah Para Rasul 7:55 Refleksi: Stefanus dianiaya karena keyakinannya. Namun ia berdiri kokoh meskipun ia menghadapi kematian. Bagaimana perjalananmu dengan Tuhan yang menyebabkanmu dianiaya?

20 KISAH PARA RASUL 7 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

21 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. Kisah Para Rasul 8:4 Refleksi: Tuhan menaruh Filipus di posisi pelayanan kepada seorang sida-sida. Sebutkan sebuah waktu ketika Tuhan membuat jalanmu berpapasan dengan seseorang yang memerlukanmu untuk melayaninya.

22 KISAH PARA RASUL 8 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

23 Jawab Saulus: "Siapakah Engkau, Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kauaniaya itu. Kisah Para Rasul 9:5 Refleksi: Kisah Saulus mengingatkan bahwa Tuhan dapat memakai masa lalu kita sebagai kesaksian yang luar biasa untuk menjangkau orang lain. Dengan cara-cara apa Tuhan memakai kesaksianmu untuk menjangkau dan menyentuh orang lain?

24 KISAH PARA RASUL 9 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

25 Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-nya. Kisah Para Rasul 10:34-35 Refleksi: Petrus memusatkan perhatiannya pada komunitas Yahudi. Namun Tuhan menaruh di hati Petrus bahwa keselamatan adalah untuk semua orang. Sebutkan satu waktu ketika kamu bergumul dengan fakta bahwa seseorang mungkin tidak layak akan karunia keselamatan Allah. Bagaimana engkau mengatasinya?

26 KISAH PARA RASUL 10 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

27 Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen. Kisah Para Rasul 11:26 Refleksi: Petrus dipertanyakan saat menjangkau komunitas di luar orang Yahudi. Pernahkah engkau dipertanyakan saat menjangkau seseorang yang Tuhan letakkan di hatimu? Bagaimana responmu?

28 KISAH PARA RASUL 11 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

29 Maka firman Tuhan makin tersebar dan makin banyak didengar orang. Kisah Para Rasul 12:24 Refleksi: Petrus diselamatkan oleh Tuhan dari tangan Herodes. Pernahkah engkau mengalami campur tangan Tuhan yang menyelamatkanmu dari sebuah situasi?

30 KISAH PARA RASUL 12 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

31 Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-ku dan yang melakukan segala kehendak-ku. Kisah Para Rasul 13:22 Refleksi: Paulus dan Barnabas menyampaikan sebuah pesan yang tidak diterima dengan baik. Pernahkah engkau memiliki keyakinan di hatimu yang tidak diterima dengan baik? Bagaimana kamu mengatasinya?

32 KISAH PARA RASUL 13 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

33 Untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara. Kisah Para Rasul 14:22 Refleksi: Paulus dan Barnabas dianggap sebagai dewa. Namun, mereka tetap rendah hati dan mengembalikan segala pujian kepada Tuhan. Bagaimana kau tetap rendah hati ketika kau dipuji?

34 KISAH PARA RASUL 14 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

35 Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga. Kisah Para Rasul 15:11 Refleksi: Sepanjang sejarah, orang-orang Kristen telah bergumul dengan persatuan dan pertentangan. Bagaimana kau mengatasi masalah-masalah ini di sepanjang hidupmu?

36 KISAH PARA RASUL 15 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

37 Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu. Kisah Para Rasul 16:31 Refleksi: Mematuhi panggilan Tuhan di hidup kita seringkali membawa cobaan yang tidak terduga, tapi berkat bagi ketaatan kita pasti akan datang. Berkat apa yang Tuhan telah berikan padamu ketika kamu mengikuti panggilan yang Dia berikan padamu?

38 KISAH PARA RASUL 16 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

39 Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada Kisah Para Rasul 17:28 Refleksi: Paulus tidak takut memberitakan Injil Kristus. Dia tidak takut akan apa yang manusia bisa lakukan padanya. Bagaimana kamu bisa menjadi lebih seperti Paulus dan mengabarkan Injil dengan orang lain?

40 KISAH PARA RASUL 17 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

41 Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam! Kisah Para Rasul 18:9 Refleksi: Paulus tidak hanya memberitakan Injil Yesus Kristus, tapi dia menghabiskan sejumlah besar waktu untuk mengajar dan memberi semangat pada sesama orang percaya. Apa yang hari ini dapat kau lakukan untuk mengajar dan atau memberi semangat pada sesama orang percaya?

42 KISAH PARA RASUL 18 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

43 Dengan jalan ini makin tersiarlah firman Tuhan dan makin berkuasa. Kisah Para Rasul 19:20 Refleksi: Bisnis Demetrius dipertaruhkan karena Paulus memberitakan kebenaran Yesus Kristus di Efesus. Pernahkah kau dihadapkan pada kesulitan atau kehilangan pekerjaan karena imanmu?

44 KISAH PARA RASUL 19 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

45 Adalah lebih berbahagia memberi daripada menerima. Kisah Para Rasul 20:35 Refleksi: Paulus tahu dia tidak akan melihat lagi orang-orang percaya di Efesus. Dia menyiapkan dan memberi mereka semangat untuk kesulitan-kesulitan yang akan datang di masa depan. Dia sama sekali tidak mempedulikan dirinya. Mengikuti teladan Yesus dan Paulus, bagaimana kau bisa lebih berfokus pada misi di dalam hidupmu?

46 KISAH PARA RASUL 20 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

47 Tetapi Paulus menjawab : "Mengapa kamu menangis dan dengan jalan demikian mau menghancurkan hatiku? Sebab aku ini rela bukan saja untuk diikat, tetapi juga untuk mati di Yerusalem oleh karena nama Tuhan Yesus." Kisah Para Rasul 21:13 Refleksi: Hati dan hidup Paulus semata-mata ditujukan untuk Kristus. Dia tidak takut mati sebagai martir. Jika engkau dihadapkan dengan hal seperti ini di masa yang akan datang, bagaimanakah engkau akan meresponnya?

48 KISAH PARA RASUL 21 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

49 Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan! Kisah Para Rasul 22:16 Refleksi: Paulus tidak ragu-ragu untuk memberikan kesaksiannya, meskipun masa lalunya sarat dengan dosa. Hidupnya membuktikan bahwa Tuhan DAPAT dan AKAN memakai SIAPA PUN yang mau dipakai Tuhan. Kepada siapakah kau dapat bersaksi hari ini? Bagaimana Tuhan telah memakaimu terlepas dari masa lalumu?

50 KISAH PARA RASUL 22 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

51 Pada malam berikutnya Tuhan datang berdiri di sisinya dan berkata kepadanya: "Kuatkanlah hatimu, sebab sebagaimana engkau dengan berani telah bersaksi tentang Aku di Yerusalem, demikian jugalah hendaknya engkau pergi bersaksi di Roma." Kisah Para Rasul 23:11 Refleksi: Tuhan mengungkapkan bahwa Dia belum selesai dengan Paulus dan Paulus akan bersaksi di Roma. Kapankah engkau berpikir bahwa Tuhan telah selesai denganmu, namun Tuhan memakaimu lagi?

52 KISAH PARA RASUL 23 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

53 Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia. Kisah Para Rasul 24:16 Refleksi: Feliks mendengar kasus Paulus dan tidak menemukan alasan untuk menjatuhkan hukuman, dia bahkan berharap Paulus akan memberikan uang kepadanya untuk dilepaskan. Namun, dia tetap menahan Paulus hanya untuk memuaskan orangorang Yahudi. Pernahkan kau dihadapkan dengan keputusan yang tidak adil di kehidupanmu? Jika ya, bagaimanakah kau menanggapinya?

54 KISAH PARA RASUL 24 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

55 Jadi, jika aku benar-benar bersalah dan berbuat sesuatu kejahatan yang setimpal dengan hukuman mati, aku rela mati, Kisah Para Rasul 25:11 Refleksi: Tidak ada dakwaan terhadap Paulus yang dapat dibuktikan, namun tidak ada penguasa yang melepaskannya. Bagaimana kau menanggapi tuduhan yang tidak benar yang tidak dapat dibuktikan di hidupmu?

56 KISAH PARA RASUL 25 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa)

57 Dan Aku akan mengutus engkau kepada mereka, untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan. Kisah Para Rasul 26:17-18 Refleksi: Meski Paulus dipenjara, dia diijinkan untuk berbicara tentang dirinya dan memberikan kesaksiannya lagi, seperti yang Tuhan janjikan. Pernahkan Tuhan memberikanmu kesempatan yang lain untuk membagikan kesaksianmu dengan seseorang? Jika ya, apakah kau memanfaatkan kesempatan itu?

58 KISAH PARA RASUL 26 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa) Good Morning Girls

59 Sebab itu tabahkanlah hatimu, saudara-saudara! Karena aku percaya kepada Allah, bahwa semuanya pasti terjadi sama seperti yang dinyatakan kepadaku. Kisah Para Rasul 27:25 Refleksi: Paulus dapat bersaksi lagi untuk Kristus dan mengungkapkan apa yang Tuhan telah janjikan, bahwa semua orang yang ada di kapal akan selamat. Bagaimana kau dapat membagikan janji-janji Tuhan kepada orang lain? Good Morning Girls

60 KISAH PARA RASUL 27 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa) Good Morning Girls

61 Sebab itu kamu harus tahu, bahwa keselamatan yang dari pada Allah ini disampaikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan mendengarnya." Kisah Para Rasul 28:28 Refleksi: Kemana pun Paulus pergi atau dibawa pergi, dia membagikan kesaksiannya dan membiarkan Tuhan bekerja melalui dirinya. Dimana Tuhan telah memberikanmu kesempatan untuk bersaksi yang sepertinya tidak mungkin atau tidak biasa? Good Morning Girls

62 KISAH PARA RASUL 28 S Scripture (Firman Tuhan) O Observation (Pengamatan) A Application (Penerapan) K Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa) Good Morning Girls

63 Ucapan Terima Kasih Saya ingin mengucapkan terima kasih khususnya pada Mandy Kelly, Rosilind Jukic, Bridget Childress dan Misty Leask yang telah menolong pembuatan jurnal ini. Cinta kasih, dedikasi dan kepemimpinan kalian pada pelayanan Good Morning Girls adalah berkat bagi semua orang. Terima kasih untuk persembahanmu pada Tuhan. ~ Courtney Jurnal ini diterjemahkan oleh Dita W. Utomo untuk Selamat Pagi Perempuan Indonesia Blog: Facebook: Good Morning Girls

64 Good Morning Girls

Seri Kedewasaan Kristen (6/6)

Seri Kedewasaan Kristen (6/6) Seri Kedewasaan Kristen (6/6) Nama Kursus : ORANG KRISTEN YANG BERTANGGUNG JAWAB (OKB) Nama Pelajaran : Bertanggung Jawab dalam Hal Bersaksi dan Memuridkan Orang Lain Kode Pelajaran : OKB-T06 DAFTAR ISI

Lebih terperinci

Siapakah Yesus Kristus? (3/6)

Siapakah Yesus Kristus? (3/6) Siapakah Yesus Kristus? (3/6) Nama Kursus : SIAPAKAH YESUS KRISTUS? Nama Pelajaran : Yesus adalah Allah Sejati dan Manusia Sejati Tanpa Dosa Kode Pelajaran : SYK-P03 Pelajaran 03 - YESUS ADALAH ALLAH SEJATI

Lebih terperinci

KARUNIA TUHAN UNTUK KESELAMATAN

KARUNIA TUHAN UNTUK KESELAMATAN KARUNIA TUHAN UNTUK KESELAMATAN Pengantar Apakah Anda berpikir bahwa Tuhan tidak memedulikan Anda sebagai seorang perempuan? Bahwa Ia tidak tertarik pada masalah Anda, harapan Anda, dan mimpi Anda? Bahwa

Lebih terperinci

Pembaptisan Air. Pengenalan

Pembaptisan Air. Pengenalan Pembaptisan Air Pengenalan Penting sekali bagi kita membaca Alkitab dan mempelajari apa yang Tuhan katakan kepada umatnya. Saya percaya kita perlu meneliti Kitab Suci secara menyeluruh untuk mengetahui

Lebih terperinci

BAPTISAN ROH KUDUS. Baptisan Roh Kudus Baptism in the Holy Spirit Halaman 1

BAPTISAN ROH KUDUS. Baptisan Roh Kudus Baptism in the Holy Spirit Halaman 1 BAPTISAN ROH KUDUS Pengantar Sebagai orang Kristen, pernahkah Anda merindukan kuasa rohani yang lebih besar dalam hidup Anda? Kuasa yang lebih besar untuk melawan dosa? Kuasa yang lebih besar untuk menceritakan

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA. melainkan beroleh hidup yang kekal Yohanes 3:16. (Bahasa Indonesian)

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA. melainkan beroleh hidup yang kekal Yohanes 3:16. (Bahasa Indonesian) (Bahasa Indonesian) INJIL BAGI DUNIA Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-nya tidak binasa, melainkan

Lebih terperinci

PENDAHULUAN INJIL MARKUS

PENDAHULUAN INJIL MARKUS PENDAHULUAN INJIL MARKUS INJIL MARKUS Injil Markus memiliki ciri-ciri, Ditulis paling pertama dari semua Injil buku yang paling pendek dari Keempat Injil, mengatakan kepada kita lebih banyak tentang tindakan-tindakan

Lebih terperinci

Siapakah Yesus Kristus? (4/6)

Siapakah Yesus Kristus? (4/6) Siapakah Yesus Kristus? (4/6) Nama Kursus : SIAPAKAH YESUS KRISTUS? Nama Pelajaran : Yesus adalah Juru Selamat dan Tuhan Kode Pelajaran : SYK-P04 Pelajaran 04 - YESUS ADALAH JURU SELAMAT DAN TUHAN DAFTAR

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS. Bagi Dunia

INJIL YESUS KRISTUS. Bagi Dunia Alkitab mengatakan bahwa kita harus MEMILIH: untuk beribadah kepada Tuhan, atau untuk menolak-nya. Yosua 24:14-15 berbunyi, Oleh sebab itu, takutlah akan Tuhan dan beribadahlah kepada-nya dengan tulus

Lebih terperinci

Pertanyaan Alkitab (24-26)

Pertanyaan Alkitab (24-26) Pertanyaan Alkitab (24-26) Bagaimanakah orang Kristen Bisa Menentukan Dia Tidak Jatuh Dari Iman/Berpaling Dari Tuhan? Menurut Alkitab seorang Kristen bisa jatuh dari kasih karunia, imannya bisa hilang.

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #38 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #38 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #38 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #38 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Pelajaran Tiga. Yesus Adalah Mesias. Dari kitab Injil Yohanes, kita membaca, " Andreas mula-mula bertemu dengan

Pelajaran Tiga. Yesus Adalah Mesias. Dari kitab Injil Yohanes, kita membaca,  Andreas mula-mula bertemu dengan Pelajaran Tiga Yesus Adalah Mesias Dari kitab Injil Yohanes, kita membaca, " Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya, "Kami telah menemukan Mesias" (artinya Kristus).

Lebih terperinci

Level 3 Pelajaran 6. RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow

Level 3 Pelajaran 6. RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow Level 3 Pelajaran 6 RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow Di Perjanjian Lama, apa yang membedakan bangsa Israel dari bangsa-bangsa lain adalah mereka merupakan sebuah teokrasi. Dengan kata lain, mereka diperintah

Lebih terperinci

Roh Kudus. Penolong dan Penghibur HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Roh Kudus. Penolong dan Penghibur HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS Roh Kudus Penolong dan Penghibur GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150, 65304151

Lebih terperinci

Yesus Adalah Juru Selamat Manusia. pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya

Yesus Adalah Juru Selamat Manusia. pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya Pelajaran Kedua Yesus Adalah Juru Selamat Manusia Apabila kita bicara tentang Juru Selamat, mungkin sementara orang mengajukan pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya diselamatkan?

Lebih terperinci

KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA. (Pertanyaan dan Jawaban)

KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA. (Pertanyaan dan Jawaban) KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA (Pertanyaan dan Jawaban) 1 TUHAN, MANUSIA DAN DOSA * Q. 1 Siapakah yang membuat anda? A. Tuhan yang membuat kita. Kejadian 1:26,27; Kejadian 2:7 Q. 2 Apa lagi

Lebih terperinci

Dikutip dari ALKITAB Terjemahan Baru (TB) LAI 1974

Dikutip dari ALKITAB Terjemahan Baru (TB) LAI 1974 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. (Lukas 10:27)

Lebih terperinci

Siapakah Yesus Kristus? (2/6)

Siapakah Yesus Kristus? (2/6) Siapakah Yesus Kristus? (2/6) Nama Kursus : SIAPAKAH YESUS KRISTUS? Nama Pelajaran : Yesus adalah Firman Allah dan Anak Allah Kode Pelajaran : SYK-P02 Pelajaran 02 - YESUS ADALAH FIRMAN ALLAH DAN ANAK

Lebih terperinci

PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN. Lesson 1 for July 1, 2017

PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN. Lesson 1 for July 1, 2017 PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN Lesson 1 for July 1, 2017 Paulus adalah penulis surat kepada jemaat di Galatia. Dia memperkenalkan dirinya sebagai berikut: Semua orang Yahudi mengetahui jalan hidupku sejak

Lebih terperinci

Siapakah Yesus Kristus? (5/6)

Siapakah Yesus Kristus? (5/6) Siapakah Yesus Kristus? (5/6) Nama Kursus : SIAPAKAH YESUS KRISTUS? Nama Pelajaran : Yesus Memiliki Semua Kuasa dan Penakluk Kematian Kode Pelajaran : SYK-P05 Pelajaran 05 - YESUS MEMILIKI SEMUA KUASA

Lebih terperinci

Tujuan 1. Mengenali keempat masyarakat dalam Kisah 1:8.

Tujuan 1. Mengenali keempat masyarakat dalam Kisah 1:8. Masyarakat Kristen Seorang lurah adalah kepala desanya. Seorang walikota adalah pemimpin sebuah kota. Seorang polisi memelihara hukum dan tata tertib di suatu lingkungan tertentu. Lurah dan walikota itu

Lebih terperinci

TUBUH KRISTUS. 1. Gambarkan dengan singkat datangnya Roh Kudus pada orang-orang percaya.

TUBUH KRISTUS. 1. Gambarkan dengan singkat datangnya Roh Kudus pada orang-orang percaya. TUBUH KRISTUS Pengantar Apakah Tubuh Kristus itu? Apakah sama dengan Gereja? Mungkin definisi yang sangat sederhana ini akan dapat menjelaskannya. Tubuh Kristus terdiri dari orang-orang percaya dalam semua

Lebih terperinci

Kitab Mazmur : Kumpulan Tulisan Nubuatan

Kitab Mazmur : Kumpulan Tulisan Nubuatan Setelah pada bulan lalu kita mempelajari kitab Mazmur sebagai kitab puisi yang berisi seni ekspresi hati manusia dalam hubungannya dengan Tuhan, pada bulan ini kita akan melihat kitab Mazmur sebagai kitab

Lebih terperinci

Level 3 Pelajaran 3. MUKJIZAT MEMULIAKAN ALLAH Oleh Andrew Wommack

Level 3 Pelajaran 3. MUKJIZAT MEMULIAKAN ALLAH Oleh Andrew Wommack Level 3 Pelajaran 3 MUKJIZAT MEMULIAKAN ALLAH Oleh Andrew Wommack Kita telah bicara mengenai berjalan di dalam kuasa Allah dan melayani orang lain dengan karunia-karunia yang Dia berikan pada kita. Saya

Lebih terperinci

Setiap Orang Bisa Menjadi Pengajar

Setiap Orang Bisa Menjadi Pengajar Setiap Orang Bisa Menjadi Pengajar Beberapa berkat yang terbesar dalam hidup ini datang kepada orang Kristen yang mengajar. Ketika saudara melihat sukacita yang dialami seseorang karena menerima Yesus

Lebih terperinci

Roh Kudus. Siapakah Roh Kudus itu? Dia adalah Tuhan. Dia adalah bagian dari KeTuhanan, yang mana terdiri dari Allah Bapa, Putra (Yesus) dan Roh Kudus.

Roh Kudus. Siapakah Roh Kudus itu? Dia adalah Tuhan. Dia adalah bagian dari KeTuhanan, yang mana terdiri dari Allah Bapa, Putra (Yesus) dan Roh Kudus. Roh Kudus Pengenalan Tujuan booklet ini adalah menjelaskan siapa Roh Kudus itu dan fungsinya dalam hidup kita. Selain itu, booklet ini juga akan menunjukkan bagaimana kamu dapat menerima Roh Kudus and

Lebih terperinci

Level 1 Pelajaran 14

Level 1 Pelajaran 14 Level 1 Pelajaran 14 KUASA DARI HIDUP YANG DI PENUHI ROH Oleh Don Krow Markus 16:15-16 di kenal sebagai Perintah/Amanat Agung. Yesus berkata kepada murid2nya, Lalu Ia berkata kepada mereka:"pergilah ke

Lebih terperinci

Level 1 Pelajaran 15

Level 1 Pelajaran 15 Level 1 Pelajaran 15 BAGAIMANA DAPAT MENERIMA ROH KUDUS Oleh Don Krow (Revisi no.1/07/2017) Hari ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menerima Roh Kudus. Kisah Para Rasul 10:1 berkata, Di Kaisarea

Lebih terperinci

Apa yang Seharusnya Kita Doakan?

Apa yang Seharusnya Kita Doakan? Apa yang Seharusnya Kita Doakan? Oleh John Piper Desiring God. Website: www.desiringgod.org Apa yang harus kita doakan? Untuk menjawab pertanyaan itu, kita bisa merenungkan semua pokok yang didoakan oleh

Lebih terperinci

SAUDARA BELAJAR BERJALAN

SAUDARA BELAJAR BERJALAN SAUDARA BELAJAR BERJALAN Dalam Pelajaran Ini Saudara Akan Mempelajari Letakkan Tangan Saudara di dalam Tangan Allah Sudahkah Iblis Berusaha untuk Menjatuhkan Saudara? Apakah Saudara Menderita karena Kristus?

Lebih terperinci

Pelajaran ini akan menolong saudara... Menerangkan siapa Yesus. Mengerti tujuan kedatangan-nya yang pertama dan kedatangan-nya

Pelajaran ini akan menolong saudara... Menerangkan siapa Yesus. Mengerti tujuan kedatangan-nya yang pertama dan kedatangan-nya Yesus Kristus "Ya, tentu saja saya percaya kepada Yesus Kristus," kata teman baru saya. "Ia seorang nabi besar, seorang utusan Allah yang memberi banyak ajaran yang harus kita ikuti." "Baik sekali," jawab

Lebih terperinci

I M A N Bagian ke-1. Bahkan, ketika Yesus menderita kesakitan di atas kayu salib, para pencemooh-nya masih terus menuntut tanda.

I M A N Bagian ke-1. Bahkan, ketika Yesus menderita kesakitan di atas kayu salib, para pencemooh-nya masih terus menuntut tanda. I M A N Bagian ke-1 Pengantar Tuhan telah memilih untuk menjadikan iman sebagai salah satu batu pondasi hubungan kita dengan Dia. Tetapi seberapa banyak kita benar-benar mengerti tentang iman? Dari manakah

Lebih terperinci

Seri Kedewasaan Kristen (3/6)

Seri Kedewasaan Kristen (3/6) Seri Kedewasaan Kristen (3/6) Nama Kursus   : ORANG KRISTEN YANG BERTANGGUNG JAWAB (OKB) Nama Pelajaran : Bertanggung Jawab untuk Hidup Benar dan Menggunakan                 Karunia-karunia

Lebih terperinci

Roh Kudus. Para murid tahu bahwa Yesus akan pergi. Ia telah memberitahukannya

Roh Kudus. Para murid tahu bahwa Yesus akan pergi. Ia telah memberitahukannya Roh Kudus Para murid tahu bahwa Yesus akan pergi. Ia telah memberitahukannya kepada mereka. Pada mulanya kedengarannya bukan sebagai berita gembira dan hati mereka sedih. Mereka mengasihi Yesus; mereka

Lebih terperinci

Level 3 Pelajaran 5. PENGANIAYAAN Oleh Don Krow

Level 3 Pelajaran 5. PENGANIAYAAN Oleh Don Krow Level 3 Pelajaran 5 PENGANIAYAAN Oleh Don Krow Di Matius 10:16-23, Yesus ingin mempersiapkan murid-muridnya untuk menghadapi oposisi (perlawanan); Dia ingin memberitahu mereka bahwa akan muncul perlawanan.

Lebih terperinci

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Gereja Menghadapi Kesulitan

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Gereja Menghadapi Kesulitan Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Gereja Menghadapi Kesulitan Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh : Janie Forest Disadur oleh: Ruth Klassen Diterjemahkan

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-nya tidak binasa, melainkan

Lebih terperinci

GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN

GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN I Allah Tritunggal Kami percaya kepada satu Allah yang tidak terbatas, yang keberadaan-nya kekal, Pencipta dan Penopang alam semesta yang berdaulat; bahwa

Lebih terperinci

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari...

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Yohanes 7 Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Yesus dan Saudara-saudaraNya Yesus pada Pesta Pondok Daun Mesiaskah Dia? Penjaga Bait Allah Disuruh Menangkap Yesus Aliran Air Hidup Pertentangan

Lebih terperinci

KALENDER DOA DESEMBER 2016

KALENDER DOA DESEMBER 2016 KALENDER DOA DESEMBER 2016 Berdoa Bagi Wanita Agar Mengalami Kehidupan Kekal Hidup ini singkat. Sebaliknya kekekalan merupakan waktu yang sangat panjang. Satu hal yang pasti: 100 orang yang hidup saat

Lebih terperinci

Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai?

Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai? Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai? Buku ini menjelaskan mengenai dua belas ajaran dasar dari umat Kristen Baptis. Dasar kepercayaan ini tidak hanya khusus untuk orang Kristen Baptis,

Lebih terperinci

SAUDARA MEMPUNYAI PENOLONG

SAUDARA MEMPUNYAI PENOLONG SAUDARA MEMPUNYAI PENOLONG Dalam Pelajaran Ini Saudara Akan Mempelajari Roh Kudus adalah Penolong Saudara Buah Roh Kudus Berjalan di dalam Roh Kuasa Roh Kudus di dalam Saudara Karunia-karunia Roh Roh Kudus

Lebih terperinci

Pelajaran 8. Yesus Adalah Penguasa Ajaib. suatu kejadian di tempat jauh - "disana". Kata orang" ada tanda ajaib di desa

Pelajaran 8. Yesus Adalah Penguasa Ajaib. suatu kejadian di tempat jauh - disana. Kata orang ada tanda ajaib di desa Pelajaran 8 Yesus Adalah Penguasa Ajaib Apakah tanda ajaib atau mujizat itu? Kita sering mendengar berita tentang mujizat-mujizat yang terjadi di dunia ini. Biasanya berita itu adalah mengenai suatu kejadian

Lebih terperinci

ALKITAB. Alkitab The Bible Halaman 1

ALKITAB. Alkitab The Bible Halaman 1 ALKITAB Pengantar Perempuan manakah yang tidak menghargai surat cinta dari orang yang ia cintai? Dalam diri kita semua terdapat suatu kebutuhan untuk mengetahui bahwa kita diperhatikan dan dihargai, terutama

Lebih terperinci

Level 3 Pelajaran 2. MENGGUNAKAN KARUNIA-KARUNIA DALAM PELAYANAN Oleh Andrew Wommack

Level 3 Pelajaran 2. MENGGUNAKAN KARUNIA-KARUNIA DALAM PELAYANAN Oleh Andrew Wommack Level 3 Pelajaran 2 MENGGUNAKAN KARUNIA-KARUNIA DALAM PELAYANAN Oleh Andrew Wommack Bagaimana Anda dapat menggunakan kasih Allah yang Anda telah terima, dan membagikannya kepada orang lain - bagaimana

Lebih terperinci

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Gereja menghadapi kesulitan

Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan. Gereja menghadapi kesulitan Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Gereja menghadapi kesulitan Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh : Janie Forest Disadur oleh: Ruth Klassen Diterjemahkan

Lebih terperinci

KEBENARAN SEDERHANA untuk ORANG PERCAYA BARU (Pertanyaan dan Jawaban)

KEBENARAN SEDERHANA untuk ORANG PERCAYA BARU (Pertanyaan dan Jawaban) KEBENARAN SEDERHANA untuk ORANG PERCAYA BARU (Pertanyaan dan Jawaban) EDISI KEDUA VERSI 2.0 Kata Pengantar Selama bertahun-tahun, umat Allah telah menggunakan sekumpulan pertanyaan dan jawaban untuk membantu

Lebih terperinci

Gereja menghadapi kesulitan

Gereja menghadapi kesulitan Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Gereja menghadapi kesulitan Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh : Janie Forest Disadur oleh: Ruth Klassen Diterjemahkan

Lebih terperinci

Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah. Tanggal Penulisan: M Latar Belakang

Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah. Tanggal Penulisan: M Latar Belakang SUPLEMEN MATERI KHOTBAH PELKAT 10 11 MARET 2017 Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M Latar Belakang YOHANES 4 : 27 54 Injil Yohanes adalah unik di antara keempat Injil.

Lebih terperinci

Bagaimana Berjalan Dalam Roh Bagian ke-2

Bagaimana Berjalan Dalam Roh Bagian ke-2 Bagaimana Berjalan Dalam Roh Bagian ke-2 Pengantar Dalam bagian pertama dari pelajaran ini, kita melihat pentingnya menerima baptisan Roh Kudus. Dalam bagian ini kita akan melihat pentingnya mempelajari

Lebih terperinci

ROH KUDUS DAN JEMAAT Lesson 9 for March 4, 2017

ROH KUDUS DAN JEMAAT Lesson 9 for March 4, 2017 ROH KUDUS DAN JEMAAT Lesson 9 for March 4, 2017 Selain bekerja atas masing-masing kita, Roh Kudus juga bekerja dalam Gereja sebagai satu tubuh. Roh Kudus memelihara Gereja tetap bersatu sehingga kita dapat

Lebih terperinci

Ikutilah Yesus! Pelayanan Orang Kristen. Bagian. Sastra Hidup Indonesia

Ikutilah Yesus! Pelayanan Orang Kristen. Bagian. Sastra Hidup Indonesia Pertanyaan-pertanyaan Pelajaran Ikutilah Yesus! Sastra Hidup Indonesia 5 Bagian Pelayanan Orang Kristen Edisi yang Pertama 2013 (C01) Penerbit: Editor: Sastra Hidup Indonesia, http://www.sastra-hidup.net

Lebih terperinci

LITURGI SABDA. Tahun C Minggu Paskah VII. Bacaan Pertama Kis. 7 : Aku melihat Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah.

LITURGI SABDA. Tahun C Minggu Paskah VII. Bacaan Pertama Kis. 7 : Aku melihat Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah. 1 Tahun C Minggu Paskah VII LITRGI SABDA Bacaan Pertama Kis. 7 : 55-60 Aku melihat Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah. Bacaan diambil dari Kisah Para Rasul: Di hadapan Mahkamah Agama Yahudi, Stefanus,

Lebih terperinci

Gereja Memberitakan Firman

Gereja Memberitakan Firman Gereja Memberitakan Firman Gereja-gereja yang mengakui kewibawaan Firman Allah memberikan tempat terhormat dan utama kepadanya. Pendeta dalam gereja-gereja seperti ini dengan setia memberitakan Firman

Lebih terperinci

Ketika kita mempelajari kehidupan Petrus, kita menemukan seorang yang sangat kontras. Dia seorang yang impulsif dan mandiri namun disaat yang sama ia

Ketika kita mempelajari kehidupan Petrus, kita menemukan seorang yang sangat kontras. Dia seorang yang impulsif dan mandiri namun disaat yang sama ia Lesson 1 for April 1, 2017 Ketika kita mempelajari kehidupan Petrus, kita menemukan seorang yang sangat kontras. Dia seorang yang impulsif dan mandiri namun disaat yang sama ia seorang yang rendah hati

Lebih terperinci

Keadaan dan Perbuatan yang Dikehendaki Allah Pernahkah saudara belajar naik sepeda? Jika demikian, tentunya saudara tahu bahwa ketika belajar itu

Keadaan dan Perbuatan yang Dikehendaki Allah Pernahkah saudara belajar naik sepeda? Jika demikian, tentunya saudara tahu bahwa ketika belajar itu Keadaan dan Perbuatan yang Dikehendaki Allah Pernahkah saudara belajar naik sepeda? Jika demikian, tentunya saudara tahu bahwa ketika belajar itu saudara harus mengingat banyak hal yang harus dilakukan

Lebih terperinci

Pekerja Dalam Gereja Tuhan

Pekerja Dalam Gereja Tuhan Pekerja Dalam Gereja Tuhan Kim, seorang yang baru beberapa bulan menjadi Kristen, senang sekali dengan kebenaran-kebenaran indah yang ditemukannya ketika ia mempelajari Firman Tuhan. Ia membaca bagaimana

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI KUNCI MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI BAGI MEREKA YANG MEMBUAT KEPUTUSAN Saudara yang terkasih, pada waktu Saudara menerima

Lebih terperinci

MENGAPA KITA HARUS BERBAHASA ROH? Bagian ke-1

MENGAPA KITA HARUS BERBAHASA ROH? Bagian ke-1 MENGAPA KITA HARUS BERBAHASA ROH? Bagian ke-1 Pengantar Mengapa kita harus berbahasa roh? Bagi saya, kedengarannya seperti orang menyerepet saja. Bukankah bahasa roh itu biasanya menimbulkan masalah dalam

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI KUNCI MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI BAGI MEREKA YANG MEMBUAT KEPUTUSAN Saudara yang terkasih, pada waktu Saudara menerima Yesus Kristus menjadi Juruselamat pribadi,

Lebih terperinci

Man of God Transformation 2 Transformasi Manusia Allah 2 Holy Spirit Measures

Man of God Transformation 2 Transformasi Manusia Allah 2 Holy Spirit Measures Man of God Transformation 2 Transformasi Manusia Allah 2 Holy Spirit Measures PEMBUKAAN: Hari ini saya ingin melanjutkan seri khotbah Man of God Transformation bagian kedua, yaitu: Holy Spirit Measures

Lebih terperinci

TRAINING BERTEMPAT DI GEREJA SESI 1 - Model Untuk Training Pelayanan

TRAINING BERTEMPAT DI GEREJA SESI 1 - Model Untuk Training Pelayanan TRAINING BERTEMPAT DI GEREJA SESI 1 - Model Untuk Training Pelayanan PENDAHULUAN Ketika Yesus memulai pelayanan-nya di muka bumi ini, Ia memulai sebagai seorang guru yang diutus Allah. (Yohanes 3:1-2).

Lebih terperinci

PERINTAH YESUS DITURUTI (KISAH 2) contoh orang yang secara tepat menuruti pengaturan Yesus.

PERINTAH YESUS DITURUTI (KISAH 2) contoh orang yang secara tepat menuruti pengaturan Yesus. PERINTAH YESUS DITURUTI (KISAH 2) Berbeda dengan mereka yang sekarang mengubah pengaturan Yesus, Kisah 2 memberi contoh orang yang secara tepat menuruti pengaturan Yesus. Cerita Awalnya Dalam Kisah 2 Petrus

Lebih terperinci

Pola Tuhan Bagi Para Pekerja

Pola Tuhan Bagi Para Pekerja Pola Tuhan Bagi Para Pekerja Kim mempelajari alasan-alasan bagi perkumpulan orang percaya dalam gereja yang mula-mula. Ia melihat adanya bermacam-macam keperluan yang mempersatukan mereka - keperluan akan

Lebih terperinci

Bisa. Mengajar. Merupakan Pelayanan

Bisa. Mengajar. Merupakan Pelayanan Mengajar Bisa Merupakan Pelayanan Tahukah saudara bahwa Allah menginginkan saudara menjadi guru? Dalam pelajaran ini saudara akan belajar bahwa demikianlah halnya. Saudara akan belajar mengapa Allah menghendaki

Lebih terperinci

Firman Tuhan Datang Kepada Nabi William Marrion Branham

Firman Tuhan Datang Kepada Nabi William Marrion Branham Firman Tuhan Datang Kepada Nabi William Marrion Branham Yesus Kristus Adalah Tuhan Nah itulah wahyunya: Yesus Kristus adalah Tuhan. Yehova di Perjanjian Lama adalah Yesus di Perjanjian Baru. Tidak peduli

Lebih terperinci

DIPENUHI & DIBAPTIS DENGAN ROH KUDUS

DIPENUHI & DIBAPTIS DENGAN ROH KUDUS MAKALAH 2 DIPENUHI & DIBAPTIS DENGAN ROH KUDUS Oleh Herlianto herlianto@yabina.org (Depok, Indonesia) ( Ya y a s a n b in a a w a m ) *) Makalah ini disampaikan dalam rangka Seminar Pneumatologi yang diselenggarakan

Lebih terperinci

BAPTISAN ROH KUDUS. Yohanes 4 : 23 24

BAPTISAN ROH KUDUS. Yohanes 4 : 23 24 BAPTISAN ROH KUDUS Roh Kudus adalah pribadi Allah sendiri dan Tuhan mau supaya setiap anak-anak Tuhan yang telah menerima penebusan juga menerima Baptisan Roh Kudus kemudian dipenuhkan dengan Roh Kudus

Lebih terperinci

Pertumbuhan Dalam Masyarakat

Pertumbuhan Dalam Masyarakat Pertumbuhan Dalam Masyarakat Pernahkah saudara memikirkan bagaimana seseorang bertumbuh? Seorang bayi yang memulai hidup ini hanya dapat menangis dan makan. Dalam waktu satu setengah tahun ia sudah dapat

Lebih terperinci

Dalam-pelajaran ini saudara akan mempelajari...

Dalam-pelajaran ini saudara akan mempelajari... Yohanes 17 Dalam-pelajaran ini saudara akan mempelajari... Yesus Berdoa untuk murid-muridnya Semua Orang yang Engkau Berikan Kepadaku Peliharalah.Mereka Supaya Mereka Menjadi Satu Berada Bersama-sama dengan

Lebih terperinci

Gereja. Tubuh Kristus HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Gereja. Tubuh Kristus HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS Gereja Tubuh Kristus GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150, 65304151 Faks.

Lebih terperinci

BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS

BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS MAKALAH 3 BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS Oleh Herlianto herlianto@yabina.org (Depok, Indonesia) ( Ya y a s a n b in a a w a m ) *) Makalah ini disampaikan dalam rangka Seminar Pneumatologi yang diselenggarakan

Lebih terperinci

Buku buku Perjanjian Baru

Buku buku Perjanjian Baru Buku buku Perjanjian Baru Pada saat Perjanjian Baru mulai dituliskan, gambaran Perjanjian Lama sudah banyak berubah. Zaman para nabi sudah berlalu dan banyak orang bersikap acuh tak acuh terhadap hal-hal

Lebih terperinci

Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB)

Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Mengaryakan Pelayanan dan Kesaksian dengan Mewujudkan Kebebasan, Keadilan, Kebenaran dan Kesejahteraan bagi Sesama dan Alam Semesta (LUKAS 4:19) Minggu,

Lebih terperinci

Gereja Membaptis Orang Percaya

Gereja Membaptis Orang Percaya Gereja Membaptis Orang Percaya Beberapa tahun lalu di daratan Cina ada beberapa orang Kristen yang sedang membicarakan pandangan berbagai gereja tentang baptisan. Salah seorang pemimpin awam mengatakannya

Lebih terperinci

oleh Gereja Iuhan Apayang Dilakukan untuk Allah

oleh Gereja Iuhan Apayang Dilakukan untuk Allah Apayang Dilakukan oleh Gereja Iuhan untuk Allah Dalam pelajaran 6, kita telah belajar bagaimana orang Kristen saling menolong dalam tubuh Kristus. Dalam Pelajaran 7, kita melihat beberapa kewajiban kita

Lebih terperinci

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Nama-namanya Peraturannya Tugasnya Masa depannya

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Nama-namanya Peraturannya Tugasnya Masa depannya Gereja Ada gedung-gedung dan katedral indah, pos penginjilan dan bangunan sederhana yang memakai nama "Gereja". Bangunan-bangunan itu mempunyai menara, salib, dan lonceng yang mempunyai caranya sendiri

Lebih terperinci

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Definisi Keselamatan Permulaan Memasuki Keselamatan Akibat-akibat Keselamatan

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Definisi Keselamatan Permulaan Memasuki Keselamatan Akibat-akibat Keselamatan Keselamatan Saya sedang duduk di rumahnya yang kecil, ketika Amelia, yang berusia 95 tahun, menceritakan apa sebabnya ia menerima Yesus sebagai Juruselamatnya. Bertahun-tahun yang lalu ia berdiri di depan

Lebih terperinci

Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus

Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus Dalam pelajaran dua kita melihat pentingnya mengajar, baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Sejarah pengajaran dalam Alkitab merupakan pedoman bagi

Lebih terperinci

Rencana Allah untuk Gereja Tuhan

Rencana Allah untuk Gereja Tuhan Rencana Allah untuk Gereja Tuhan Yesus berkata, "Aku akan mendirikan jemaatku dan alam maut tidak akan menguasainya" (Matius 16:18). Inilah janji yang indah! Ayat ini memberitahukan beberapa hal yang penting

Lebih terperinci

Yesus Itu Adalah Hakim Agung. ketika dunia ini berakhir, yaitu di akhir zaman, akhir segala sesuatu. " Tetapi

Yesus Itu Adalah Hakim Agung. ketika dunia ini berakhir, yaitu di akhir zaman, akhir segala sesuatu.  Tetapi Pelajaran Empat Yesus Itu Adalah Hakim Agung Menurut Alkitab Allah akan mengadakan suatu hari pengadilan, pada hari kiamat, ketika dunia ini berakhir, yaitu di akhir zaman, akhir segala sesuatu. " Tetapi

Lebih terperinci

Tahun C Hari Minggu Biasa III LITURGI SABDA. Bacaan Pertama Neh. 8 : 3-5a

Tahun C Hari Minggu Biasa III LITURGI SABDA. Bacaan Pertama Neh. 8 : 3-5a 1 Tahun C Hari Minggu Biasa III LITURGI SABDA Bacaan Pertama Neh. 8 : 3-5a. 6-7. 9-11 Bagian-bagian Kitab Taurat Allah dibacakan dengan jelas, dengan diberi keterangan-keterangan sehingga pembacaan dimengerti.

Lebih terperinci

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann

Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #20 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #20 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Surat Paulus yang pertama kepada jemaat Tesalonika

Surat Paulus yang pertama kepada jemaat Tesalonika 1 Surat Paulus yang pertama kepada jemaat Tesalonika Kepada yang kekasih saudara-saudari saya seiman di Tesalonika yaitu kalian yang sudah bersatu dengan Allah Bapa dan Tuhan kita Kristus Yesus: Salam

Lebih terperinci

Kalender Doa Oktober 2016

Kalender Doa Oktober 2016 Kalender Doa Oktober 2016 Berdoa Bagi Wanita Yang Merindukan Tuhan Pada Banyak budaya wanita dan anak anak gadis diberi tahu bahwa mereka tidak terlalu berharga dan merupakan beban bagi keluarga. Pada

Lebih terperinci

Tahun A-B-C : Hari Raya Paskah LITURGI SABDA

Tahun A-B-C : Hari Raya Paskah LITURGI SABDA 1 Tahun A-B-C : Hari Raya Paskah LITURGI SABDA Bacaan Pertama Kis. 10 : 34a. 37-43 Kami telah makan dan minum bersama dengan Yesus setelah Ia bangkit dari antara orang mati. Bacaan diambil dari Kisah Para

Lebih terperinci

KARUNIA-KARUNIA ROH. 3. Apa yang terjadi?

KARUNIA-KARUNIA ROH. 3. Apa yang terjadi? KARUNIA-KARUNIA ROH Pengantar Mujizat-mujizat, kesembuhan, pengetahuan supranatural, orang-orang mati dibangkitkan. Tidak heran bahwa kekristenan kita kadang-kadang nampaknya seperti tidak memiliki kuasa

Lebih terperinci

Gereja Tunduk Kepada Roh Kudus

Gereja Tunduk Kepada Roh Kudus Gereja Tunduk Kepada Roh Kudus Kami menuliskan pelajaran ini pada waktu musim semi! Cabang-cabang pohon mengeluarkan tunas-tunas baru yang berwarna hijau muda dan hijau tua. Kuncup-kuncup mulai tumbuh

Lebih terperinci

Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya?

Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya? Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya?... saya belum yakin akan rencana-nya bagiku. Tentu saja saudara telah menerima Kristus sebagai Juruselamat saudara. Dan sekarang

Lebih terperinci

Ministry by : Cahya Nugraha.

Ministry by : Cahya Nugraha. Ministry by : Cahya Nugraha www.cahyanugraha.com www.twc-counselor.com HUKUMAN YANG TERAKHIR (Baca Kisah Para Rasul 18 : 5-6) Sama seperti Rasul Paulus ketika memberitakan Injil Keselamatan & Kesaksian

Lebih terperinci

BAGIAN II--TEOLOGI KISAH PARA RASUL. l. Lukas adalah seorang Yunani, bukan seorang Yahudi-- Kol. 4:l0- l4

BAGIAN II--TEOLOGI KISAH PARA RASUL. l. Lukas adalah seorang Yunani, bukan seorang Yahudi-- Kol. 4:l0- l4 1 BAGIAN II--TEOLOGI KISAH PARA RASUL PENDAHULUAN A. Penulis. l. Lukas adalah seorang Yunani, bukan seorang Yahudi-- Kol. 4:l0- l4 2. Ada yang merasa bahwa dia dilahirkan di Antiokhia di Siria, dan ada

Lebih terperinci

Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu?

Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu? Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan 21-23 Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu? Orang-orang yang percaya kepada Kristus terpecah-belah menjadi ratusan gereja. Merek agama Kristen sama

Lebih terperinci

MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB. Kasih Allah Untuk Orang Berdosa

MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB. Kasih Allah Untuk Orang Berdosa MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB Kasih Allah Untuk Orang Berdosa Hari ini kita mau belajar tentang kasih Allah. Untuk menghargai kasih Allah kepada kita, kita harus pertama-tama

Lebih terperinci

Kehidupan Yang Dipenuhi Roh

Kehidupan Yang Dipenuhi Roh Kehidupan Yang Dipenuhi Roh Hidup yang dipenuhi Roh hendaknya menjadi tujuan setiap orang percaya. Dipenuhi dengan Roh Allah merupakan langkah berikutnya atau kemajuan yang harus terjadi dalam pengalaman

Lebih terperinci

APA ARTI GEREJA BAGI HIDUPMU?

APA ARTI GEREJA BAGI HIDUPMU? APA ARTI GEREJA BAGI HIDUPMU? Bahan Refleksi dari PA Pemuda Pondok Indah, 12 Februari 2014 Refleksi oleh : Daniel Salim PENDAHULUAN Kita melihat berbagai aliran gereja bertumbuh pesat sekarang. Fenomena

Lebih terperinci

Kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi (Luk 24:49)

Kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi (Luk 24:49) HR KENAIKAN TUHAN : Kis 1:1-11; Ef 1:17-23; Luk 24:46-53 Kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi (Luk 24:49) Sebelum menerima tahbisan imamat,

Lebih terperinci

MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB BANGUNLAH, BERILAH DIRIMU DIBAPTIS (2)

MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB BANGUNLAH, BERILAH DIRIMU DIBAPTIS (2) MARILAH KITA PELAJARI RENCANA KESELAMATAN MENURUT ALKITAB BANGUNLAH, BERILAH DIRIMU DIBAPTIS (2) Kursi berkaki tiga bisa digunakan. Bayangkanlah kursi berkaki tiga dalam pikiran Anda. Lalu, bayangkanlah

Lebih terperinci

Karunia Karunia Pelayanan Lainnya: 1 Melayani Mengajar Menasihati

Karunia Karunia Pelayanan Lainnya: 1 Melayani Mengajar Menasihati Karunia Karunia Pelayanan Lainnya: 1 Melayani Mengajar Menasihati Kita telah menyelesaikan penelaahan mengenai keempat karunia yang kita sebut karunia pelayanan. Walaupun daftar karunia-dalam Efesus 4

Lebih terperinci

Mempertimbangkan Pendekatan Saudara

Mempertimbangkan Pendekatan Saudara Mempertimbangkan Pendekatan Saudara Di negara saya ada pepatah yang berbunyi, "Dengan satu tongkat orang dapat menggembalakan 100 ekor domba, tetapi untuk memimpin 100 orang dibutuhkan 100 tongkat." Semua

Lebih terperinci

oleh Gereja 1Uhan Apa yang Dilakukan untuk Dunia Ini

oleh Gereja 1Uhan Apa yang Dilakukan untuk Dunia Ini Apa yang Dilakukan oleh Gereja 1Uhan untuk Dunia Ini Dalam pelajaran 6, kita melihat bahwa orang percaya mempunyai tanggung jawab terhadap orang-orang percaya lainnya. Semua orang percaya termasuk keluarga

Lebih terperinci