Pemrograman Java III

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Pemrograman Java III"

Transkripsi

1 Pemrograman Java III Model Perhitungan Aritmatika berbasis Java Tugas ini disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Penilaian Pada Mata Kuliah Pemrograman Java III Fakultas Teknik Informatika Semester Ganjil Ajaran Disusun Oleh : MEGA APRILIANTI NPM Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STMIK AMIKBANDUNG Jl. Jakarta no. 28 Bandung

2 BAB I PENDAHULUAN Dewasa kini banyak aplikasi pemrograman yang telah diciptakan dan berkembang untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia. Berbagai model aplikasi mulai dari yang sifatnya edukasi, informatif, hiburan, dan banyak lainnya yang dapat kita nikmati saat ini. Terutama aplikasi yang berbasic perhitungan, contohnya kalkulator. Dan dalam hal ini penulis mencoba membuat model sederhana untuk berbagai metoda perhitungan dengan menggunakan Application Programming Interface (API) dengan basic Java. Dimana API merupakan kumpulan dari pustaka class atau komponen atau library, yang sudah disediakan oleh Sistem Operasi, dimana berisi kumpulan perintah yang membentuk sebuah komponen yang sangat mempermudah para programmer dalam membangun aplikasi. Tentunya model aplikasi apapun dapat kita bangun menjadi aplikasi yang sangat variatif dan dapat digunakan dengan mudah. Pada tugas kali ini penulis mencoba membangun model aplikasi perhitungan aritmatika sederhana seperti, pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dimana model aplikasi perhitungan kali ini berisi atribut bilangn ke-1 dan bilangan ke-2. Dengan method hitung hasil tambah, kurang, kali, dan bagi.

3 BAB II LANDASAN TEORI Untuk pembuatan berbagai model aplikasi kita bisa menggunakan berbagai macam jenis program, salah satu contohnya adalah NetBeans. Dalam pembuatan model ini penulis menggunakan aplikasi NetBeans karena dalam pengerjaannya NetBeans yang menggunakan application programming interface banyak memberi kemudahan untuk para programmer. Dengan aplikasi ini kita bisa mendesign berbagai model program sesuai dengan yang kita inginkan karena didalamnya juga terdapat FrameFrom. FrameFrom sendiri membuat penyusunan model program secara praktis, lengkap dengan berbagai macam properties. Terlebih lagi design yang telah terancang telah otomatis berisi syntak programnya. Sehingga pembangunan model program yang direncanakan dapat disusun dengan mudah. Selain FrameFrom, di dalam NetBeans juga terdapat Event yang dapat digunakan untuk memberi method tambahan terhadap berbagai tombol yang terdapat pada FrameFrom sendiri, agar model pemrogramannya dapat dijalankan. Untuk tugas kali ini penulis menggunakan program tersebut untuk membuat model aplikasi perhitungan aritmatika sederhana. Adapun dalam membuat model perhitungan menggunakan beberapa properties, diantaranya :

4 1. JFrame () JFrame digunakan untuk membentuk sebuah frame (form). Di dalam JFrame terdapat bermacam-macam properties, seperti : a. defaultcloseoperation : untuk memfungsikan tombol-tombol yang bisa digunakan untuk dapat keluar dari sebuah frame. b. title : untuk menset caption (title bar) dengan sebuah string. c. alwaysontop : untuk menjadikan sebuah frame selalu aktif di muka jendela lain. d. background : untuk mengubah warna belakang frame. e. bounds : untuk mengatur posisi kiri atas (x, y) serta lebar dan juga tinggi dari frame. f. cursor : untuk mengubah bentuk cursor (mouse) pada saat berada di sebuah frame. g. name : untuk mengubah nama frame. h. ressizeble : untuk menjadikan frame dapat berubah ukuran lebar maupun tingginya.

5 *berikut merupakan tampilan properties yang terdapat dalam JFrame. 2. JLabel () Jlabel digunakan untuk menambahkan suatu string pada JFrame, dan dipergunakan untuk member keterangan atau label sebuah komponen. Beberapa properties pada class ini sama dengan class JFrame, tetapi ada beberapa yang berbeda, diantaranya :

6 a. background : untuk menubah warna belakang label. b. displayedmnemonic : untuk men-set sebuah character menjadi hotkey (alt-carachter) pada saat menggunakan keyboard c. font : untuk menggunakan beberapa jenis font tertentu. d. Icon : untuk mengubah bentuk cursor (mouse) pada saat berada pada class ini. e. laberfor : untuk digunakan pada saat hot-key, memindahkan cursor ke sebuah komponen tertentu. f. tooltypetext : untuk menampilkan string bantuan (hint) pada saat pointer berada pada komponen ini. g. verticaalignment : untuk posisi string secara vertical terhadap tinggi (height) class ini. h. border : untuk menggunakan border (kotak luar) tertentu.

7 *berikut merupakan tampilan properties yang terdapat dalam JLabel.

8 3. JTextfield () JTextfield digunakan untuk memasukkan sebuah data (entry data ) dimana datanya akan (selalu) bertype String. a. background : untuk mengubah warna belakang. b. editable : untuk mengubah atau tidak bentuk string di dalamnya. c. font : untuk menggunakna font tertentu. d. foreground : untuk warna belakang class ini. e. verticalalignment:untuk posisi secara vertical terhadap tinggi (height) class ini. f. text : merupakan isi atau nilai text ini. g. tooltypetext : untuk menampilkan string bantuan (hint) pada saat pointer berada pada komponen ini. h. border : untuk menggunakan border (kotak luar tertentu).

9 *berikut merupakan tampilan properties yang terdapat dalam JTextfield.

10 4. JButton JButton digunakan untuk membentuk sebuah komponen button (command button), yang digunakan untuk memproses sebuah program, diantaranya : a. Background : untuk mengubah warna belakang button. b. Font : untuk memilih berbagai jenis font tertentu. c. Foreground : untuk mengatur warna belakang class ini. d. Icon : untuk mengubah bentuk pointer pada saat berada di komponen ini. e. Mnemonic : untuk men-set sebuah character menjadi hot-key (alt-character) pada saat menggunakan keyboard. f. Text : untuk membuat value pada tombol. g. Tooltypetext : untuk menampilkan string bantuan (hint) pada saat pointer berada pada komonen ini. h. Border : untuk menggunakan border (kotak luar) tertentu.

11 *berikut merupakan tampilan properties yang terdapat dalam JButton.

12 5. Event Event dipergunakan untuk mengatur label, text field, button, dan windowsnya sendiri agar design frame yang sebelumnya telah dibuat bisa dijalankan. Untuk membuat aplikasi pemrograman ini penulis menggunakan beberapa event, diantaranya : a. Event Action Perform : untuk mengatur hanya pada label, text field, dan button tertentu (private). b. Event Windows Activated [fromwindowactivated] : untuk mengatur pada sebuah program secara keseluruhan (public) 6. FrameFrom Merupakan sebuah frame yang digunakan untuk membuat design model aplikasi. 7. Class Merupakan tempat untuk membuat sebuah class yang dapat digunakan dan dipanggil dalam suatu program tertentu.

13 BAB III ANALISIS 1. Analisis Perangkat Dalam pembuatan model aplikasi perhitungan ini, penulis menggunakan beberapa tools dan hardware sebagai pendukung, diantaranya adalah : a. Hardware Hardisk Installed Memory (RAM) Processor 2.00 GB Intel Core 2CPU GHz 2.20 GHz VGA *Spesifikasi Hardware b. Tools Untuk pembuatan model aplikasi ini penulis menggunakan aplikasi NetBeans IDE 6.8.

14 Sedangkan NetBeans sendiri merupakan Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Mycrosystem yang berjalan di atas Swing. Dimana Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat berjalan di berbagai macam platforms. NetBeans sendiri menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu complier atau interpreterdan suatu debugger. Didalam Netbeans sendiri terdapat suatu Frame yang dapat memudahkan kita dalam membuat suatu aplikasi, yaitu FrameFrom. Dan didalam FrameFrom berisi method yang dapat kita variasikan sesuai kebutuhan pembangunan aplikasi kita, di dalam sebuah Event.

15 2. Analisis Model Perhitungan Geometri pada bangun Segi Empat Dalam membangun model aplikasi perhitungan ini penulis menerapkan beberapa syntak tambahan untuk setiap perhitungannya. Dimana penerapannya sendiri dibutuhkan pemikiran logika dan beberapa rumus perhitungan aritmatika lainnya. A. Pembuatan Model Perhitungan 1) Tahap 1 Pada tahap satu penulis membuat design model perhitungannya terlebih dahulu. Penulis menggunakan 3 buah label, 3 buah jtextfield, dan 3 buah button, dengan tampilan sebagai berikut : Setelah itu di edit untuk setiap atribut dalam frame diatas sehingga menghasilkan tampilan :

16 2) Tahap 2 Setelah frame telah di bangun, selanjtunya kita bisa membuat class tambahan pada project yang telah kita buat, agar class tersebut dapat digunakan dan dipanggil untuk memudahkan program perhitungannya. Dan dalam class ini berisi kan atribut dalam dasar perhitungan, seperti bilangan ke-1 dan bilangan ke- 2. Juga berisikan perhitungan untuk menghitung hasil tambah, kurang, bagi, dan kali. /** * Ega */ public class Hitung { int a; int b; // constuctor public Hitung() { } public Hitung(int a, int b) { this.a = a; this.b = b; } // method void seta(int a) { this.a = a; } void setb(int b) { this.b = b; } int geta() { return a; }

17 int getb() { return b; } int gethasiljumlah() { return a + b; } int gethasilkurang() { return a - b; } int gethasilkali() { return a * b; } double gethasilbagi() { return a / b; } } 3) Tahap 3 Setelah membuat class hitung baru lalu penulis mencoba mengembangkan model perhitungan yang tadinya hanya untuk menghitung jumlah ditambahkan 3 button lain, untuk perhitungan lainnya. Lalu sesuaikan button yang akan kita gunakan. Dan eksekusi button-button tersebut dengan memanggil class yang sebelumnya kita buat. Dan setelah ditambahkan dan dirubah maka tampilan frame perhitungan aritmatika menjadi seperti berikut :

18 B. Syntak untuk mengeksekusi Program Ada beberapa syntak yang dapat penulis terapkan dalam aplikasi ini, diantaranya : 1) Syntak untuk mengeksekusi button selesai : System.exit(0); Dimana method tersebut dapat menutup aplikasi yang sebelumnya telah kita jalankan, sehingga apabila aplikasi yang kita gunakan telah selesai maka dengan menekan button Selesai aplikasi tersebut bisa tertutup otomatis. 2) Syntak untuk mengeksekusi button reset : jtextfield1.settext(""); jtextfield2.settext(""); jtextfield3.settext(""); jtextfield4.settext(""); jtextfield1.requestfocus();

19 Eksekusi tersebut dapat membuat perhitungan yang telah kita jalankan kembali ke nilai semula, yaitu 0 dan siap untuk lanjut ke perhitungan selanjutnya. Hanya saja dalam hal ini penulis menerapkan cara lain, yaitu menggunakan event window active (fromwindowactivated) agar eksekusi tersebut tidak hanya berlaku pada button Reset tapi juga untuk program windowsnya secara keseluruhan dan dipanggil kembali pada button reset dengan ekekusi : fromwindowactivated (null); 3) Syntak untuk mengeksekusi button Hitung : Untuk mengeksekusi button Hitung ini digunakan dengan memanggil class rumussegitiga yang sebelumnya telah kita buat. Dengan menggunakan beberapa syntak perhitungan, seperti : a) Perhitungan tambah H.setA(Integer.parseInt(jTextField1.getText())); H.setB(Integer.parseInt(jTextField2.getText())); jtextfield3.settext(h.gethasiljumlah()+""); b) Perhitungan kurang H.setA(Integer.parseInt(jTextField1.getText())); H.setB(Integer.parseInt(jTextField2.getText())); jtextfield3.settext(h.gethasilkurang()+""); c) Perhitungan kali H.setA(Integer.parseInt(jTextField1.getText())); H.setB(Integer.parseInt(jTextField2.getText())); jtextfield3.settext(h.gethasilkali()+"");

20 d) Perhitungan bagi H.setA(Integer.parseInt(jTextField1.getText())); H.setB(Integer.parseInt(jTextField2.getText())); jtextfield3.settext(h.gethasilbagi()+""); Dan sebelumnya kita tambahkan syntak dibawah ini diawal program : /** Creates new form calculator */ private Hitung H = new Hitung(); public calculator() { initcomponents(); }

21 BAB IV Implementasi Pembuatan model perhitungan geometri segiempat ini terdiri dari beberapa elemen, diantaranya : 1. Atribut (dengan type data ex.integer) a. Bilangan ke-1(a) b. Bilangan ke-2(b) 2. Method a. nilai untuk bilangan ke-1 b. nilai untuk bilangan ke-2 c. ambil nilai bilangan ke-1 d. ambil nilai bilangan ke-2 e. hitung hasil tambah f. hitung hasil kuranga g. hitung hasil kali h. hitung hasil bagi 3. Class a. nama class : calculator b. nama class tambahan : hitung c. field : int.bil ke-2 dan int.bil ke-1 d. method : +set a()+gethasiltambah *bisa untuk hasil kurang, kali, dan bagi *untuk memberi nilai : (set ) *untuk mengambil nilai : (get ) Dan berikut tabel rincian dari berbagai class yang digunakan dalam pembuatan model perhitungan aritmatika sederhana :

22 Class Properties Value JLabel1 Text Bilangan ke-1 Tooltiptext a JLabel2 Text Bilangan ke-2 Tooltiptext b JLabel3 Text Hasil Tooltiptext Hitung dari a dan b JTextfield1 Tooltiptext Beri nilai a JTextfield2 Tooltiptext Beri nilai b JTextfield3 Background Color(240, 240, 240) JButton1 Text + JButton2 Mnemonic U Text Tooltiptext Ulangi Hapus dan ulangi JButton3 Mnemonic S Text Tooltiptext Selesai Klik jika sudah selesai JButton4 Text - JButtin5 Text X JButton6 Text /

23 Setelah dilakukan berbagai macam pengaturan pada elemen-elemen tertentu maka hasil running dari program perhitungan segiempat, adalah seperti dibawah ini : Dan hasil percobaan model perhitungan aritmatika tersebut adalah : a. Untuk button tambah

24 b. Untuk button kurang c. Untuk button kali

25 d. Untuk button bagi

26 BAB V TUGAS PRAKTIKUM 1. Praktikum 1 Pada praktikum satu penulis membuat model yang sangat sederhana dari tampilan kartu mahasiswa, yang terdiri dari 2 label, 2 jtextfield, dan 1 button. Class properties values JLabel 1 text No.Pokok displayedmnemonic N labelfor JTextfield1 JLabel2 text Nama Mahasiswa displayedmnemonic M labelfor JTextfield2 JTextfield1 Text Tooltiptext Nomor pokok Mahasiwa variabelname txtnpm JTextfiel2 Text Java Visual Tooltiptext Nama Mahasiswa variabelname txtnama JButton1 Text Selesai Mnemonic S Tooltiptext Klik untuk selesai VariabelName BtnSelesai Dan akan menampilkan tampilan model perhitungan seperti di bawah ini :

27 2. Praktikum 2 Dalam pembuatan model perhitungan luas dan keliling segitiga penulis membuat nama class Model II, yang berisi beberapa JLabel, JTextfield, dan JButton, yang berisi seperti dalam table dibawah ini : Class Properties Value JLabel 1 Text Alas JLabel 2 Text Tinggi JLabel 3 Text Luas JLabel 4 Text Keliling JTextField 1 Text Blanktext JTextField 2 Text Blanktext JTextField 3 Text Blanktext JTextField 4 Text Blanktext

28 JButton 1 Text Selesai JButton 2 Text Ulangi JButton 3 Text Hitung Berikut tampilan dari model perhitungan II : *Dalam model perhitungan 2 juga terdapat tombol selesai dan ulangi yang dapat dieksekusi dengan syntak seperti yang dilakukan di model perhitungan sebelumnya. *sedangkan untuk mengeksekusi tombol hitung kita bisa menambahkan beberapa syntak seperti di bawah ini :

29 *gambar disamping merupakan hasil running ari eksekusi button Hitung 3. Praktikum 3 Dalam pembuatan model perhitungan luas dan keliling kubus satu ini kita membuat nama class Model III, yang berisi beberapa JLabel, JTextfield, dan JButton, yang berisi seperti dalam table dibawah ini : Class Properties Value JLabel 1 Text Panjang Sisi JLabel 2 Text Luas JLabel 3 Text Keliling JTextField 1 Text Blanktext JTextField 2 Text Blanktext JTextField 3 Text Blanktext JTextField 4 Text Blanktext JButton 1 Text Hitung JButton 2 Text Ulangi JButton 3 Text Selesai

30 Berikut merupakan hasil tampilan dari model perhitungan III : *sedangkan untuk mengeksekusi tombol hitung pada model ketiga ini penulis bisa tambahkan syntak seperti pada gambar dibawah ini

31 *dan hasil running dari model III, yaitu :

32 BAB V PENUTUP Untuk membuat berbagai macam model aplikasi kita dapat menerapkan beberapa method dengan sangat mudah, tentunya dengan banyak pengetahuan yang kita miliki. Karena dengan adanya aplikasi yang kini sudah berkembang dimasyarakat, sangat mempermudah sekali penulis untuk membuat baerbagai jenis model aplikasi. Contohnya menggunakan NetBeans kita dapat mencuptakan aplikasi hanya dengan membuat modelnya terlebih dahulu dan kita bisa melalkukan variasi yang sangat beragam sesuai dengan keinginan kita. Tentunya aplikasi apapun hanya akan dapat tercipta dengan kerjakeras dan kemauan yang tinggi.

Pemrograman Java III

Pemrograman Java III Pemrograman Java III Model Perhitungan Goemetri Berbasis Java Tugas ini disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Penilaian Mata Kuliah Pemrograman Java III Fakultas Teknik Informatika Semester Ganjil Ajaran

Lebih terperinci

Pemrograman Java III

Pemrograman Java III Pemrograman Java III Model Program Perhitungan Transaksi Penjualan Berbasis Java Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat penilaian Mata Kuliah Pemrograman Java III Semester Ganjil Tahun Ajaran

Lebih terperinci

APLIKASI PERHITUNGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN NETBEANS

APLIKASI PERHITUNGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN NETBEANS APLIKASI PERHITUNGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN NETBEANS Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pemrograman JavaIII Oleh : Lies Gandhi Yuniarti 1142205 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA dan KOMPUTER

Lebih terperinci

TUGAS Pemrograman Java

TUGAS Pemrograman Java TUGAS Pemrograman Java Oleh : Deden Wahyudin NPM. 1142207 SekolahTinggiManajemenInformatikadanKomputer STMIK AMIKBANDUNG 2012 BAB 1 Pendahuluan Aplikasi pemrograman yang Berkembang untuk membantu berbagai

Lebih terperinci

LAPORAN TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA

LAPORAN TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA LAPORAN TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas dari matakuliah Pemrograman III Oleh : Nama : Ai Titin Npm : 1142228 STMIK AMIK BANDUNG BANDUNG 2012 Latar

Lebih terperinci

BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN IV ( MENGHITUNG GAJI KARYAWAN DAN TUNJANGANNYA) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Oleh: Deden Wahyudin 1142207 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA&KOMPUTER AMIKBANDUNG

Lebih terperinci

PROGRAM PENGGUNAAN FORMULA GEOMETRIK DENGAN JAVA

PROGRAM PENGGUNAAN FORMULA GEOMETRIK DENGAN JAVA PROGRAM PENGGUNAAN FORMULA GEOMETRIK DENGAN JAVA Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pemrogramam Visual III Disusun Oleh : Nama : Lies Gandhi Yuniarti NPM : 1142205 Jurusan : Teknik Informatika SEKOLAH

Lebih terperinci

Program Penghitungan II Dengan Java

Program Penghitungan II Dengan Java P E M O G R M A N J A V A I I I 1 Program Penghitungan II Dengan Java Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu mata kuliah yang di berikan oleh Bapak Aan Dwianta Disusun oleh : Restina Rachmawati NPM:

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN IV ( MENGHITUNG GAJI PEGAWAI) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

LAPORAN PERCOBAAN IV ( MENGHITUNG GAJI PEGAWAI) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN IV ( MENGHITUNG GAJI PEGAWAI) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah pemrograman JAVA VISUAL Oleh : SITI SARWENDAH 1142203

Lebih terperinci

LAPORAN TUGAS 2 PROGRAM PENGGUNAAN FORMULA GEOMETRIK DENGAN JAVA

LAPORAN TUGAS 2 PROGRAM PENGGUNAAN FORMULA GEOMETRIK DENGAN JAVA LAPORAN TUGAS 2 PROGRAM PENGGUNAAN FORMULA GEOMETRIK DENGAN JAVA Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas dari matakuliah Pemrograman III Oleh : Ai Titin 1142228 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN

Lebih terperinci

LAPORAN TUGAS 3 PENGGUNAAN PROGRAM TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN JAVA

LAPORAN TUGAS 3 PENGGUNAAN PROGRAM TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN JAVA LAPORAN TUGAS 3 PENGGUNAAN PROGRAM TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN JAVA Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas dari matakuliah Pemrograman III Oleh : Ai Titin 1142228 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

LAPORAN TUGAS 4 PROGRAM PERHITUNGAN GAJI PEGAWAI DENGAN JAVA

LAPORAN TUGAS 4 PROGRAM PERHITUNGAN GAJI PEGAWAI DENGAN JAVA LAPORAN TUGAS 4 PROGRAM PERHITUNGAN GAJI PEGAWAI DENGAN JAVA Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas dari matakuliah Pemrograman III Oleh : Ai Titin 1142228 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN V ( MENGHITUNG NILAI UJIAN MAHASISWA) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

LAPORAN PERCOBAAN V ( MENGHITUNG NILAI UJIAN MAHASISWA) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN V ( MENGHITUNG NILAI UJIAN MAHASISWA) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Diajukan untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Pemrograman JAVA VISUAL III Oleh : SITI SARWENDAH 1142203

Lebih terperinci

Program Penghitungan III Dengan Java

Program Penghitungan III Dengan Java P E M O G R A M A N J A V A I I I 1 Program Penghitungan III Dengan Java Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu mata kuliah yang di berikan oleh Bapak Aan Dwianta Disusun oleh : Restina Rachmawati

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Maksud dan tujuan dari pembuatan Aplikasi Penentu Nilai Mahasiswa pada pemrograman java adalah:

BAB I PENDAHULUAN. Maksud dan tujuan dari pembuatan Aplikasi Penentu Nilai Mahasiswa pada pemrograman java adalah: A i T i t i n 1 1.1 Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN Kemajuan ilmu dan teknologi saat ini begitu pesat perkembangannya. Dengan perkembangan zaman, banyak orang yang membutuhkan kecepatan akses data sehingga

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN PEMBUATAN CALCULATOR BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

LAPORAN PERCOBAAN PEMBUATAN CALCULATOR BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN PEMBUATAN CALCULATOR BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah pemrograman JAVA VISUAL Oleh : SITI SARWENDAH 1142203 SEKOLAH

Lebih terperinci

APLIKASI PERHITUNGAN GAJI PEGAWAI DENGAN JAVA Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pemrograman JavaIII

APLIKASI PERHITUNGAN GAJI PEGAWAI DENGAN JAVA Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pemrograman JavaIII APLIKASI PERHITUNGAN GAJI PEGAWAI DENGAN JAVA Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pemrograman JavaIII Disusun oleh : Nama : Lies Gandhi Yuniarti NPM : 1142205 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA dan

Lebih terperinci

PEMOGRAMMAN VISUAL III APLIKASI TRANSAKSI PENJUALAN

PEMOGRAMMAN VISUAL III APLIKASI TRANSAKSI PENJUALAN PEMOGRAMMAN VISUAL III APLIKASI TRANSAKSI PENJUALAN Tugas ini ditulis untuk Memenuhi Tugas Pada Mata Kuliah Pemrograman Java III Tahun Pelajaran 2011-2012 Oleh: Nama: Iis Puspita Laelasari Npm: 1142218

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN III PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG TOTAL TRANSAKSI) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

LAPORAN PERCOBAAN III PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG TOTAL TRANSAKSI) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN III PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG TOTAL TRANSAKSI) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Oleh : Deden Wahyudin 1142207 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER AMIKBANDUNG

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN III ( MENGHITUNG TOTAL DAN HARGA JUAL BARANG) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

LAPORAN PERCOBAAN III ( MENGHITUNG TOTAL DAN HARGA JUAL BARANG) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN III ( MENGHITUNG TOTAL DAN HARGA JUAL BARANG) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah pemrograman JAVA VISUAL Oleh : SITI

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN II PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG KELILING DAN VOLUME BALOK) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

LAPORAN PERCOBAAN II PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG KELILING DAN VOLUME BALOK) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN II PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG KELILING DAN VOLUME BALOK) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah pemrograman JAVA VISUAL

Lebih terperinci

INSTRUKSI PENCABANGAN

INSTRUKSI PENCABANGAN INSTRUKSI PENCABANGAN Sebagai pengembang (programmer) sudah pasti mengetahui jenis operasi instruksi. Salah satu yang perlu dipelajari atau dimengerti adalah operasi instruksi pencabangan. 3.1 Pencabangan

Lebih terperinci

PEMBUATAN APLIKASI PERHITUNGAN TRANSAKSI DENGAN JAVA

PEMBUATAN APLIKASI PERHITUNGAN TRANSAKSI DENGAN JAVA PEMBUATAN APLIKASI PERHITUNGAN TRANSAKSI DENGAN JAVA Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pemrogramam Visual III Disusun Oleh : Nama : Lies Gandhi Yuniarti NPM : 1142205 Jurusan : Teknik Informatika

Lebih terperinci

LAPORAN 2 PEMOGRAMAN JAVA III APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE

LAPORAN 2 PEMOGRAMAN JAVA III APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE LAPORAN 2 PEMOGRAMAN JAVA III APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE Lporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemograman Java III Fakultas Teknik Informatika Tahun ajaran 2011-2012 Oleh : Hana Marwati

Lebih terperinci

APLIKASI KALKULATOR BALOK BERBASIS JAVA

APLIKASI KALKULATOR BALOK BERBASIS JAVA APLIKASI KALKULATOR BALOK BERBASIS JAVA Oleh: Nama : aryan sigit NPM : 1142216 STMIK AMIK BANDUNG 2012 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia saat ini sangat

Lebih terperinci

TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BOLA BERBASIS JAVA

TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BOLA BERBASIS JAVA TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BOLA BERBASIS JAVA Oleh : Putri Indriyaningsih NPM. 1142208 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STMIK AMIKBANDUNG Jl. Jakarta no. 28 Bandung BAB I Pendahuluan

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN IV PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG GAJI KARYAWAN DAN TUNJANGANNYA) BERBASIS JAVA

LAPORAN PERCOBAAN IV PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG GAJI KARYAWAN DAN TUNJANGANNYA) BERBASIS JAVA LAPORAN PERCOBAAN IV PEMBUATAN CALCULATOR ( MENGHITUNG GAJI KARYAWAN DAN TUNJANGANNYA) BERBASIS JAVA Oleh : Putri Indriyaningsih NPM. 1142208 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STMIK AMIKBANDUNG

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN V ( APLIKASI NILAI MAHASISWA) BERBASIS JAVA

LAPORAN PERCOBAAN V ( APLIKASI NILAI MAHASISWA) BERBASIS JAVA LAPORAN PERCOBAAN V ( APLIKASI NILAI MAHASISWA) BERBASIS JAVA Oleh : Putri Indriyaningsih NPM. 1142208 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STMIK AMIKBANDUNG Jl. Jakarta no. 28 Bandung 1 BAB

Lebih terperinci

APLIKASI PERHITUNGAN NILAI MAHASISWA. Untuk membuat aplikasi nilai mahasiswa, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

APLIKASI PERHITUNGAN NILAI MAHASISWA. Untuk membuat aplikasi nilai mahasiswa, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : APLIKASI PERHITUNGAN NILAI MAHASISWA Untuk membuat aplikasi nilai mahasiswa, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Buka aplikasi Java Netbeans kemudian buat project baru, pilih Java dan Java Application

Lebih terperinci

LAPORAN 4 PEMOGRAMAN JAVA III APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE

LAPORAN 4 PEMOGRAMAN JAVA III APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE LAPORAN 4 PEMOGRAMAN JAVA III APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE Lporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemograman Java III Teknik Informatika Tahun ajaran 2011-2012 Oleh : Hana Marwati 1142231

Lebih terperinci

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans Membuat kalkulator sederhana menggunakan Java Netbeans cukup mudah. Karena program yang di tulis tidak terlalu rumit, tapi memang perlu sedikit kesabaran

Lebih terperinci

PERTEMUAN 1 Membuat Project & Komponen Swing [PBO II JAVA] dosen : SOPINGI, S.Kom

PERTEMUAN 1 Membuat Project & Komponen Swing [PBO II JAVA] dosen : SOPINGI, S.Kom PERTEMUAN 1 Membuat Project & Komponen Swing [PBO II JAVA] dosen : SOPINGI, S.Kom 1. Membuat Project Baru File New Project Browse : Cari folder tempat untuk menyimpan Project. 2. Membuat Form baru menggunakan

Lebih terperinci

Membuat Menu Login Sederhana [Full Coding]

Membuat Menu Login Sederhana [Full Coding] Membuat Menu Login Sederhana [Full Coding] Oleh: Yudi Setiawan Pada tutorial, ini saya berusaha mengajari Anda secara lebih keras lagi agar Anda mempunyai bekal ilmu dasar yang kuat di ilmu pemrograman

Lebih terperinci

BAB I PROJECT NETBEANS DAN GUI SEDERHANA

BAB I PROJECT NETBEANS DAN GUI SEDERHANA BAB I PROJECT NETBEANS DAN GUI SEDERHANA 1.1 Tujuan Instruksional Bab ini akan membahas pengenalan struktur project NetBeans, cara membuat Form, memberi Title, memasang komponen GUI Label, Button dan TextField

Lebih terperinci

BAB IX MEMBUAT FORM 9.1 Membuat Form Secara Konvensional

BAB IX MEMBUAT FORM 9.1 Membuat Form Secara Konvensional BAB IX MEMBUAT FORM 9.1 Membuat Form Secara Konvensional GUI (Graphical User Interface), memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna dapat berinteraksi dengan berbagai

Lebih terperinci

APLIKASI KALKULATOR PENGHITUNGAN NILAI BERBASIS JAVA

APLIKASI KALKULATOR PENGHITUNGAN NILAI BERBASIS JAVA APLIKASI KALKULATOR PENGHITUNGAN NILAI BERBASIS JAVA Oleh: Nama : aryan sigit NPM : 1142216 STMIK AMIK BANDUNG 2012 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia saat

Lebih terperinci

BAB I Pengenalan Visual Basic pada Pemrograman Akuntansi 1

BAB I Pengenalan Visual Basic pada Pemrograman Akuntansi 1 BAB I Pengenalan Visual Basic pada Pemrograman Akuntansi 1 1.1 Mengenal Visual Basic Visual Basic 6 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang banyak diminati oleh orang. Di sini Visual

Lebih terperinci

Refreshing Praktikum: GUI (Graphical User Interface)

Refreshing Praktikum: GUI (Graphical User Interface) Refreshing Praktikum: GUI (Graphical User Interface) 1. Buat package/paket gui pada project Anda (kalau belum ada). 2. Buat JFrame Form pada paket gui. Klik kanan paket gui >New > JFrame Form, dan beri

Lebih terperinci

VISUAL JAVA PROGRAMMING

VISUAL JAVA PROGRAMMING 9/9/2009 TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNP PADANG VISUAL JAVA PROGRAMMING Java Education Network Indonesia Basic Visual Java Component Muhammad Adri, S.Pd, MT MODUL 1. BASIC VISUAL JAVA PROGRAMMING Topik Pembina

Lebih terperinci

Membuat Frame, Label, TextField dan Button di Java [Full Coding]

Membuat Frame, Label, TextField dan Button di Java [Full Coding] Membuat Frame, Label, TextField dan Button di Java [Full Coding] Oleh: Yudi Setiawan Dalam bahasa pemrograman visual, ada istilah yang sering Anda dengar dengan sebutan Frame. Di Java, Frame merupakan

Lebih terperinci

JAVA SWING. Swing merupakan library pada java untuk membuat sebuah tampilan seperti

JAVA SWING. Swing merupakan library pada java untuk membuat sebuah tampilan seperti Judul : Java Swing Tingkat : Pemula Email : kholidiswan@gmail.com Mohon maaf bila masih terjadi kesalahan dalam penulisan. Silakan kritik sarannya ke email diatas. JAVA SWING Swing merupakan library pada

Lebih terperinci

BAB I SEKILAS VISUAL STUDIO.NET 2008

BAB I SEKILAS VISUAL STUDIO.NET 2008 BAB I SEKILAS VISUAL STUDIO.NET 2008 Pembahasan Materi : Mengenal IDE Visual Studio.NET 2008. Pembuatan project pada Visual Studio.NET 2008. Pengenalan kontrol yang sering digunakan, menulis kode program

Lebih terperinci

MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0. Visual Basic adalah sebuah program yang berfungsi untuk membuat aplikasi berbasis

MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0. Visual Basic adalah sebuah program yang berfungsi untuk membuat aplikasi berbasis MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0 1. Visual Basic 6.0 Visual Basic adalah sebuah program yang berfungsi untuk membuat aplikasi berbasis Microsoft Windows secara cepat dan mudah. Dalam Visual Basic terdapat

Lebih terperinci

MODUL I Pengenalan IDE Visual Basic 6.0

MODUL I Pengenalan IDE Visual Basic 6.0 MODUL I Pengenalan IDE Visual Basic 6.0 Visual Basic (VB) pada dasarnya adalah sebuah bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh komputer

Lebih terperinci

Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Dengan Java

Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Dengan Java Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Dengan Java Wiranti Sri Utami whiranty68@gmail.com Abstrak Dalam pembuatan suatu aplikasi memudahkan kita melakukan segala sesuatu tanpa harus membuang waktu yang

Lebih terperinci

BAGIAN XIII GRAPHICAL USER INTERFACE DENGAN SWING. Praktikum I : Menggunakan JFrame, JTextField, JLabel dan JButton

BAGIAN XIII GRAPHICAL USER INTERFACE DENGAN SWING. Praktikum I : Menggunakan JFrame, JTextField, JLabel dan JButton BAGIAN XIII GRAPHICAL USER INTERFACE DENGAN SWING A. Langkah-Langkah Praktek Praktikum I : Menggunakan JFrame, JTextField, JLabel dan JButton 1. Buatlah project java application baru dari netbeans melalui

Lebih terperinci

PEMROGRAMAN LANJUTAN JAVA. Dasar-Dasar Netbeans

PEMROGRAMAN LANJUTAN JAVA. Dasar-Dasar Netbeans PEMROGRAMAN LANJUTAN JAVA Dasar-Dasar Netbeans OLEH ONDRA EKA PUTRA, S.KOM FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS PUTRA INDONESI YPTK PADANG DASAR-DASAR NETBEANS Dalam pembahasan ini akan belajar dasar-dasar

Lebih terperinci

Java Library dan Java Swing

Java Library dan Java Swing Java Library dan Java Swing Pembuatan Class Library Aritmatik pada Bangun Datar dan Bangun Ruang serta Dimanfaatkan pada Project Java Swing Java Library dan Java Swing Pembuatan Class Library Aritmatik

Lebih terperinci

BAB 2 LANDASAN TEORI. yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan. yang dimaksud dengan data dan informasi? Data adalah fakta fakta yang

BAB 2 LANDASAN TEORI. yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan. yang dimaksud dengan data dan informasi? Data adalah fakta fakta yang BAB 2 LANDASAN TEORI 2.1. Sistem Informasi Sistem berasal dari bahasa Yunani yaitu systema yang mengandung arti kesatuan dari bagian yang berhubungan satu dengan yang lain. Menurut Jogiyanto system adalah

Lebih terperinci

LAPORAN TUGAS MINGGUAN III PEMBUATAN KALKULATOR ( MENGHITUNG TOTAL TRANSAKSI) BERBASIS JAVA

LAPORAN TUGAS MINGGUAN III PEMBUATAN KALKULATOR ( MENGHITUNG TOTAL TRANSAKSI) BERBASIS JAVA LAPORAN TUGAS MINGGUAN III PEMBUATAN KALKULATOR ( MENGHITUNG TOTAL TRANSAKSI) BERBASIS JAVA Oleh : Kamal Najib (1142202) IF - A STMIK AMIKBANDUNG BANDUNG 2012 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan

Lebih terperinci

Mengerti dan memahami pemrograman berbasis object Mengerti dan memahami pembuatan visualisasi untuk interface

Mengerti dan memahami pemrograman berbasis object Mengerti dan memahami pembuatan visualisasi untuk interface PERCOBAAN 9 Dasar Pemograman Visual A. Tujuan Mengerti dan memahami pemrograman berbasis object Mengerti dan memahami pembuatan visualisasi untuk interface B. Teori 1. Mengenal Visual Basic Visual Basic

Lebih terperinci

PEMROGRAMAN DASAR XI TKJ SMK NEGERI 1 KUPANG

PEMROGRAMAN DASAR XI TKJ SMK NEGERI 1 KUPANG Pengenalan Bagian Utama Delphi 7 Gambar 1.1 IDE (Integrated Development Environment) Delphi 7 atau lingkungan pengembangan terpadu merupakan lingkungan kerja Delphi 7 yang terbagi menjadi delapan bagian

Lebih terperinci

Pemrograman dengan C++ Builder 2004 Taryana S Pendahuluan C++ Builder adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengembangan dengan

Pemrograman dengan C++ Builder 2004 Taryana S Pendahuluan C++ Builder adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengembangan dengan 1.1. Pendahuluan C++ Builder adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengembangan dengan memanfaatkan keistimewaan konsep- konsep antar muka grafis dalam Microsoft Windows. Aplikasi yang dihasilkan

Lebih terperinci

KOMPONEN GUI DI SWING. Visual Mode (NetBeans)

KOMPONEN GUI DI SWING. Visual Mode (NetBeans) KOMPONEN GUI DI SWING Visual Mode (NetBeans) Sub Pokok Bahasan Membuat komponen GUI menggunakan NetBeans (Visual/Design Mode) Membuat Window JFrame Membuat Window dengan JFrame Jalankan NetBeans (yang

Lebih terperinci

- Setiap pola yang menggambarkan permasalahan yang terjadi secara berulang, serta

- Setiap pola yang menggambarkan permasalahan yang terjadi secara berulang, serta MODUL 1 IMPLEMENTASI MODEL VIEW CONTROLLER (MVC) DESIGN PATTERN Design Pattern dapat didefinisikan : - Setiap pola yang menggambarkan permasalahan yang terjadi secara berulang, serta menjelaskan cara utama

Lebih terperinci

Delphi Cara membuka aplikasi Delphi 7. Start All Programs Borland Delphi 7 Delphi Perkenalan jendela Delphi 7. syahada.blogspot.

Delphi Cara membuka aplikasi Delphi 7. Start All Programs Borland Delphi 7 Delphi Perkenalan jendela Delphi 7. syahada.blogspot. 1. Cara membuka aplikasi Delphi 7 Start All Programs Borland Delphi 7 Delphi 7 2. Perkenalan jendela Delphi 7 Ket : 1. Object Tree View Merupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis

Lebih terperinci

Pemrograman Lanjut. Intro to GUI (Graphical User Interface)

Pemrograman Lanjut. Intro to GUI (Graphical User Interface) Pemrograman Lanjut Intro to GUI (Graphical User Interface) PTIIK - 2014 2 Objectives Memahami struktur hirarki class GUI Mampu menjelaskan setiap komponen (class) yang terdapat pada struktur hirarki GUI

Lebih terperinci

Pengenalan VB.net. Ibnu Muakhori, S.Kom (wa)

Pengenalan VB.net. Ibnu Muakhori, S.Kom (wa) Pengenalan VB.net Ibnu Muakhori, S.Kom ibnu0176@gmail.com 083807361504(wa) www.ibnu-muakhori.id Pengenalan VB.net Seputar VB.NET Memulai aplikasi VB.NET Tujuan Umum Mahasiswa dapat memahami dan Dapat membuat

Lebih terperinci

VISUAL BASIC. Standar Kompetensi: Siswa mampu membuat program sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0

VISUAL BASIC. Standar Kompetensi: Siswa mampu membuat program sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 1 VISUAL BASIC Standar Kompetensi: Siswa mampu membuat program sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 Visual Basic adalah bahasa permograman yang mempunyai kemudahan dan keunggulan

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM 1 DASAR VISUAL BASIC 6.0

MODUL PRAKTIKUM 1 DASAR VISUAL BASIC 6.0 MODUL PRAKTIKUM 1 DASAR VISUAL BASIC 6.0 Setelah melaksanakan praktikum pada bab ini diharapkan mahasiswa dapat: Mengetahui konsep properti, event, methode dalam VB 6 Mengetahui lingkungan kerja IDE VB

Lebih terperinci

Tabel 1. Instruksi untuk menampilkan teks No. Bahasa Pemrograman Instruksi 1. Pascal WRITE ( Bahasa pemrograman itu mudah );

Tabel 1. Instruksi untuk menampilkan teks No. Bahasa Pemrograman Instruksi 1. Pascal WRITE ( Bahasa pemrograman itu mudah ); PERTEMUAN I BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN PENGENALAN NETBEANS 1. Program dan Bahasa Pemrograman Di dalam dunia komputer sering kali dijumpai istilah program dan bahasa pemrograman. Kedua istilah tersebut

Lebih terperinci

BAHASA PEMROGRAMAN 2 PENGENALAN GAMBAS

BAHASA PEMROGRAMAN 2 PENGENALAN GAMBAS BAHASA PEMROGRAMAN 2 PENGENALAN GAMBAS 1. LATAR BELAKANG Gambas (Gambas Almost Means BASic) adalah sebuah bahasa pemrograman visual berbasis objek yang menyerupai visual basic yang berjalan di platform

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNISKA. Modul NetBeans 8.1. Disusun oleh: Mirza Yogy Kurniawan. Modul Praktek NetBeans 8.1 Studi Kasus Perpustakaan

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNISKA. Modul NetBeans 8.1. Disusun oleh: Mirza Yogy Kurniawan. Modul Praktek NetBeans 8.1 Studi Kasus Perpustakaan FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNISKA Modul NetBeans 8.1 Disusun oleh: Mirza Yogy Kurniawan Modul Praktek NetBeans 8.1 Studi Kasus Perpustakaan FAKULTAS TEKNOLOGI INFORM ASI UNISKA Daftar Isi BAB I KONEKSI

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Pembahasan mengenai hasil mencakup spesifikasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) serta tampilan output perangkat lunak. IV.1.1.

Lebih terperinci

TUGAS AKHIR MINGGU APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA

TUGAS AKHIR MINGGU APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA TUGAS AKHIR MINGGU APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA Oleh : Nama : PUTRI INDRIYANINGSIH Npm : 1142208 STMIK AMIK BANDUNG BANDUNG 2012 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Di era globalisasi saat ini perkembangan

Lebih terperinci

Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang

Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang STANDAR KOMPETENSI Mengenal Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 KOMPETENSI DASAR Mengenal perintah dasar dan menu Visual Basic 6.0 1 2 3 IDE dan konsep penggunaan Visual Basic 6.0 Mengenal Interface visual

Lebih terperinci

MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC.NET

MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC.NET MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC.NET A. TUJUAN Memahami platform Microsoft.NET. Mengenal Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic.NET. Memahami struktur project Visual Basic.NET. Memahami jenis-jenis

Lebih terperinci

1. MENGENAL VISUAL BASIC

1. MENGENAL VISUAL BASIC 1. MENGENAL VISUAL BASIC 1.1 Mengenal Visual Basic 6.0 Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh

Lebih terperinci

Modul Praktikum Ke-1

Modul Praktikum Ke-1 Bahasa Pemrograman Dasar Fathurrohman 1 Modul Praktikum Ke-1 (Tampilan VB, Event, Property, Objek Kontrol : form, text, label, command) Mengenal Visual Basic (VB) Visual Basic adalah salah satu perangkat

Lebih terperinci

Algoritma Pemrograman A

Algoritma Pemrograman A Algoritma Pemrograman A Memahami Proyek Proyek dan Dasar Dasar Delphi Code Memahami proyek Delphi Komponen Proyek Project Explorer Windows Dasar-Dasar Delphi Code Procedures IDE (Intregated Development

Lebih terperinci

Bab I Pengenalan Visual BASIC

Bab I Pengenalan Visual BASIC Bab I Pengenalan Visual BASIC 1. Pendahuluan Visual BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft

Lebih terperinci

PRAKTIKUM 1. Framework adalah kerangka kerja yang terdiri dari kumpulan dari beberapa fungsi,

PRAKTIKUM 1. Framework adalah kerangka kerja yang terdiri dari kumpulan dari beberapa fungsi, PRAKTIKUM 1 I. JUDUL PENGENALAN C# (Csharp) II. TUJUAN - Memahami platform Microsoft.NET; - Mengenal Integrated Development Environment (IDE) Visual Basic.NET; - Memahami struktur project C# - Memahami

Lebih terperinci

BAB I. 1 P e m r o g r a m a n V i s u a l B a s i c - J a t i L e s t a r i

BAB I. 1 P e m r o g r a m a n V i s u a l B a s i c - J a t i L e s t a r i BAB I Konsep Visual Basic: Penerapan di dunia Usaha, Instalasi serta Pengenalan IDE (Integrated Development Environment) VB dan konsep pemrograman visual I. Tujuan Praktikum 1. Mahasiswa mengenal VB, penerapan

Lebih terperinci

Pemrograman Visual Modul I Perkenalan Lembar Kerja VB 6.0. S. Thya Safitri

Pemrograman Visual Modul I Perkenalan Lembar Kerja VB 6.0. S. Thya Safitri Pemrograman Visual Modul I Perkenalan Lembar Kerja VB 6.0 S. Thya Safitri Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto 2016 Visual Basic adalah salah suatu development tools

Lebih terperinci

Pemrograman Berorientasi Obyek. Ramos Somya

Pemrograman Berorientasi Obyek. Ramos Somya Pemrograman Berorientasi Obyek Ramos Somya User Interface (UI) mencakup semua interaksi dan komunikasi antara sebuah program dan pemakainya termasuk semua yang didengar dan dirasakan. Kemudahan dan kecepatan

Lebih terperinci

MODUL I PENDAHULUAN. Modul I : Pengenalan Visual Basic 1

MODUL I PENDAHULUAN. Modul I : Pengenalan Visual Basic 1 MODUL I PENDAHULUAN MENGENAL VISUAL BASIC Microsoft Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang dugunakan untuk membuat aplikasi windows yang berbasis GUI. Visual Basil merupakan Event-Driven Programming

Lebih terperinci

BAB IV TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM

BAB IV TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM BAB IV TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM 4.1. Implementasi Sistem Implementasi merupakan tahap pengembangan analisa dan rancangan menjadi sebuah sistem untuk dilakukan kajian mengenai rangkaian sistem baik

Lebih terperinci

Materi : GUI AWT & SWING.

Materi : GUI AWT & SWING. Materi : GUI AWT & SWING http://luemut4n.0fees.net Selain untuk pemrograman yang berbasis konsol, java juga mendukung pemrograman berbasiskan GUI (Graphical User Interface), Salah satunya menggunakan AWT

Lebih terperinci

PEMOGRAMMAN VISUAL III APLIKASI NILAI MAHASISWA. Diajukan untuk Memenuhi Tugas UTS Pada Mata Kuliah Pemogramman Visual III Tahun Pelajaran

PEMOGRAMMAN VISUAL III APLIKASI NILAI MAHASISWA. Diajukan untuk Memenuhi Tugas UTS Pada Mata Kuliah Pemogramman Visual III Tahun Pelajaran PEMOGRAMMAN VISUAL III APLIKASI NILAI MAHASISWA Diajukan untuk Memenuhi Tugas UTS Pada Mata Kuliah Pemogramman Visual III Tahun Pelajaran 2011-2012 Oleh : Nama: Iis Puspita Laelasari NPM: 1142218 SEKOLAH

Lebih terperinci

MODUL 1 PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0

MODUL 1 PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0 MODUL 1 PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0 A. PENGANTAR Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa pemrograman yang dibuat agar mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN III.1. Analisis Sistem yang Berjalan Adapun analisis dari game mencari perbedaan pada gambar adalah dengan menggunakan desain dan ActionScript untuk bahasa pemrograman

Lebih terperinci

Pengenalan VB.net Ibnu Muakhori

Pengenalan VB.net Ibnu Muakhori Pengenalan VB.net 2012 Pengenalan VB.net Seputar VB.NET Memulai aplikasi VB.NET Tujuan Umum Mahasiswa dapat memahami dan Dapat membuat aplikasi Dengan Visual Basic Net 2012 Pemrograman merupakan sekumpulan

Lebih terperinci

Visual Basic 6.0 For Beginners

Visual Basic 6.0 For Beginners Visual Basic 6.0 For Beginners Febryan Hari Purwanto fharipurwanto@gmail.com Chapter 1 Mengenal Visual Basic 6.0 Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang sudah mendukung OOP (Object

Lebih terperinci

Praktikum 6a Melakukan koneksi dengan basis data

Praktikum 6a Melakukan koneksi dengan basis data Praktikum 6a Melakukan koneksi dengan basis data Tujuan : Memperkenalkan cara berhubungan dan melakukan transaksi dengan basis data. Lakukan langkah-langkah berikut ini: 1. Lakukan langkah-langkah seperti

Lebih terperinci

PRAKTIKUM 2. Variabel, Tipe Data dan Operator. Tipe data dan variabel. - Microsoft Visual Studio 2010

PRAKTIKUM 2. Variabel, Tipe Data dan Operator. Tipe data dan variabel. - Microsoft Visual Studio 2010 PRAKTIKUM 2 I. JUDUL Variabel, Tipe Data dan II. TUJUAN - Memahami Variabel ; - Memahami Penggunaan Tipe Data; - Memahami Penggunaan III. ALAT DAN BAHAN - Microsoft Visual Studio 2010 IV. DASAR TEORI Tipe

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM. system informasi hanya saja Implementasi sistem (system implementation)

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM. system informasi hanya saja Implementasi sistem (system implementation) BAB V IMPLEMENTASI SISTEM 5.1 IMPLEMENTASI SISTEM Tahap dari proses implementasi system merupakan bagian dari pengembangan system informasi hanya saja Implementasi sistem (system implementation) Merupakan

Lebih terperinci

Penggunaan Netbeans IDE, Hello World, variable dan Operator aritmetika.

Penggunaan Netbeans IDE, Hello World, variable dan Operator aritmetika. Topik Penggunaan Netbeans IDE, Hello World, variable dan Operator aritmetika. Tujuan Setelah menyelesaikan praktikum ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menggunakan Netbeans IDE untuk membuat program Java

Lebih terperinci

Praktikum Pemrograman 1. Mengenal Delphi

Praktikum Pemrograman 1. Mengenal Delphi Praktikum Pemrograman 1 Mengenal Delphi I. Pendahuluan Delphi muncul dari bahasa pemograman yang cukup populer yaitu Pascal. Sejak saat itu, mulai dirilis beberapa versi Pascal diantaranya Turbo Pascal

Lebih terperinci

Krisna D. Octovhiana. 1.1 Membuat User Interface (UI)

Krisna D. Octovhiana. 1.1 Membuat User Interface (UI) Cepat Mahir Visual Basic 6.0 mail4krisna@yahoo.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit),

Lebih terperinci

BAB II. Manggunakan JComboBox

BAB II. Manggunakan JComboBox BAB II Manggunakan JComboBox Sebuah JComboBox, yang memungkinkan pengguna memilih salah satu dari beberapa pilihan, dapat memiliki dua bentuk yang sangat berbeda. Bentuk default adalah kotak kombo bisa

Lebih terperinci

Pemograman Swing. Netbeans:

Pemograman Swing. Netbeans: Pemograman Swing Topics: Cara Menggunakan Netbeans Java Application Java Desktop Application Materi Tambahan Netbeans: Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai swing. Swing adalah

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI. Bab ini membahas mengenai implementasi dan hasil dari pengujian sistem.

BAB V IMPLEMENTASI. Bab ini membahas mengenai implementasi dan hasil dari pengujian sistem. BAB V IMPLEMENTASI Bab ini membahas mengenai implementasi dan hasil dari pengujian sistem. 5. Lingkungan Implementasi Implementasi merupakan tahapan dimana hasil perancangan yang telah dibangun mulai diterapkan

Lebih terperinci

Bekerja dengan FORM dan EVENTS

Bekerja dengan FORM dan EVENTS Praktikum II Pemrograman Visual Bekerja dengan FORM dan EVENTS A. Pengantar tentang FORM Form adalah inti dari program visual dimana merupakan daerah kerja utama dimana kita akan mendesign program-program

Lebih terperinci

PENGENALAN DELPHI A. PENGENALAN DELPHI

PENGENALAN DELPHI A. PENGENALAN DELPHI Borland Delphi dirilis pada bulan februari 1995 mulai dari delphi 1.0 hingga saat ini mencapai delphi 2009. Delphi merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, sehingga sangat memudahkan user untuk bermain-main

Lebih terperinci

URAIAN POKOK PERKULIAHAN

URAIAN POKOK PERKULIAHAN Minggu ke : 1 Penyusun : Dian Usdiyana Rini Marwati Materi : 1. Pengenalan Delphi 1.1 IDE 1.2 Bagian-bagian IDE 1.3 Membuat & Menyimpan Program 1.4 Memanggil & Mengedit Program 1.5 Simbol Button 1.6 Label

Lebih terperinci

BAB 2 LANDASAN TEORI. Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa latin computere yang berarti

BAB 2 LANDASAN TEORI. Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa latin computere yang berarti BAB 2 LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Komputer Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa latin computere yang berarti menghitung. Dalam bahasa Inggris komputer berasal dari kata to compute yang artinya

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN III.1. Analisa Sistem yang Berjalan Adapun analisis dari game mencari perbedaan jenis rumah adalah dengan menggunakan desain dan ActionScript untuk bahasa pemrograman Flash

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Pengertian Aplikasi Aplikasi dapat diartikan sebagai program komputer yang dibuat untuk menolong manusia dalam melaksanakan tugas tertentu ( kamus komputer, 1996, Hal:20). Aplikasi

Lebih terperinci

Rekomendasi Min Perangkat Keras. Prosesor dual core 1.5 GHz RAM 2 GB Monitor 10 " VGA Onboard Keyboard PS2 Mouse PS2

Rekomendasi Min Perangkat Keras. Prosesor dual core 1.5 GHz RAM 2 GB Monitor 10  VGA Onboard Keyboard PS2 Mouse PS2 Netbeans IDE Netbeans merupakan IDE (Integreted Development Environment) yang powerfull untuk membangun sebuah aplikasi berbasis Java, PHP, C/C++, Ruby dan lainnya. Netbeans awalnya diciptakan hanya untuk

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut adalah tampilan hasil dan perbandingan dari sistem pemotongan pajak dengan Net Method dan Gross Up Method pada DPRD Provinsi Sumatera Utara. IV.1.1.

Lebih terperinci