BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN. Pengelolaan Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya memiliki

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN. Pengelolaan Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya memiliki"

Transkripsi

1 BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN Pengellaan Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya memiliki prsedur sistem yang sedikit berbeda dengan beberapa Fakultas. Hal ini diakibatkan karena sistem yang dijalankan masih terglng manual. Manual disini mempunyai arti bahwa belum adanya sebuah sistem yang mampu mengella datadata dan lapran yang diselesaikan antar bagian secara tmatis. Kerja praktek ini dilakukan selama 160 jam dengan pembagian waktu dalam satu minggu, 2 jam dilakukan sebanyak 3 kali, 3 jam 2 kali, dan 4 jam 1 kali. Dalam kerja praktek ini, diharuskan menemukan permasalahan yang ada, mempelajari serta memberikan slusi bagi masalah yang timbul. Permasalahan yang ada pada Keuangan Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya ini terdapat pada prsedur Alur Penerimaan dan Pengeluaran Kas Fakultas secara efektif dan efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan langkah-langkah yaitu: a. Menganalisis sistem b. Mendesain sistem c. Mengimplementasikan sistem d. Melakukan pembahasan terhadap hasil implementasi sistem. Keempat langkah tersebut, dilakukan agar dapat menemukan slusi dari permasalahan yang ada. Lebih jelasnya dipaparkan pada sub bab dibawah ini. 32

2 Menganalisis Sistem Menganalisis Sistem bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada pada sistem tersebut. Menganalisis sistem ini merupakan langkah awal untuk membuat sistem baru yang sesuai dengan kebutuhan. Prses menganalisis sistem dimulai dengan melakukan wawancara dan dilanjutkan dengan menganalisis dkumen-dkumen yang biasa digunakan leh pihak Tata Usaha (TU). Wawancara dilakukan dengan Tata Usaha bagian keuangan. Dekan tersebut memberikan infrmasi berupa data-data dan lapran-lapran yang diperlukan. Bagian TU memberikan gambaran besar tentang keuangan yang ada, mulai dari dkumen-dkumen yang diperlukan hingga desain sistem yang diinginkan leh pihak TU Fakultas Teknik. Infrmasi-infrmasi yang diperleh tersebut dapat mempermudah dalam pembuatan prgram nantinya. Hasil dari wawancara dengan bagian tata usaha, digambarkan leh serang penganalisa melalui dcument flw yang berguna dalam pembuatan struktur tabel selanjutnya Dcument Flw Pengeluaran Kas (Akademik) Prses dimulai ketika petugas mengecek jenis/kmpnen pengeluaran kas khususnya terglng Akademik, dari beberapa kmpnen yang tersedia dan dari setiap kmpnen pengeluaran tersebut menghasilkan lapran. Dimana hasil lapran pengeluaran yang akan dilakukan ataupun yang telah dilakukan di rekap (rangkap 2) yang satu digunakan sebagai bukti untuk pengajuan pengeluaran kepada Dekan untuk mendapatkan ACC lapran (persetujuan) pengeluaran kas. Kemudian jika lapran telah di ACC di kembalikan pada petugas bagian keuangan yang telah di tandatangani dan di stempel, dengan begitu pengeluaran kas terlaksana. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar 5.1.

3 Gambar 5.1 Dcument Flw Pengeluaran Kas (Akademik) 34

4 Dcument Flw Pengeluaran Kas (Nn Akademik) Prses dimulai ketika petugas mengecek jenis/kmpnen pengeluaran kas khususnya terglng Nn Akademik, dari beberapa kmpnen yang tersedia dan dari setiap kmpnen pengeluaran tersebut menghasilkan lapran. Dimana hasil lapran pengeluaran yang akan dilakukan ataupun yang telah dilakukan di rekap (rangkap 2) yang satu digunakan sebagai bukti untuk pengajuan pengeluaran kepada Dekan untuk mendapatkan ACC lapran (persetujuan) pengeluaran kas. Kemudian jika lapran telah di ACC di kembalikan pada petugas bagian keuangan yang telah di tandatangani dan di stempel, dengan begitu pengeluaran kas terlaksana. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar 5.2.

5 Gambar 5.2 Dcument Flw Pengeluaran Kas (Nn Akademik) 36

6 Dcument Flw Pengeluaran Dana Rutin Prses dimulai ketika petugas/tata Usaha (TU) menerima dana rutin perbulan yang digunakan untuk pengeluaran dana bulanan fakultas teknik. Adapun lapran pengeluaran yang akan diajukan kepada dekan untuk di acc/persetujuan dalam pengeluaran kas kebutuhan fakultas teknik. Kemudian diserahkan kembali kepada bagian TU untuk mengeluarkan kas yang akan digunakan sesuai kebutuhannya dan memberi tanda bukti lapran pengeluaran yang telah dilakukan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar 5.3.

7 Gambar 5.3 Dcument Flw Pengeluaran Dana Rutin 38

8 Desain Sistem Desain sistem merupakan tahap pengembangan setelah dilakukan analisis sistem. Desain sistem yang dibuat diantaranya : System Flw, Cntext Diagram, Data Flw Diagram (DFD), Entity Relatinal Diagram (ERD), struktur tabel dan desain input utput. System flw dibuat dengan mengembangkan dcument flw lama dan semua prses kmputerisasi yang harus terjadi di dalam alur sistem yang baru harus ada dalam system flw. Prses tersebut juga membutuhkan database yang tepat untuk penyimpanan data. Prses desain sistem selanjutnya adalah membuat Cntext Diagram. External Entity dan prses-prses yang terjadi pada Cntext Diagram didapat dari system flw yang telah dibuat. System Designer kemudian menyusun secara lengkap masing-masing prses beserta file file yang dibutuhkan pada DFD.. File yang terdapat pada DFD digunakan sebagai acuan dalam pembuatan ERD dan struktur tabel System Flw Dalam sub bab ini dijelaskan cara kerja aliran sistem yang direkmendasikan sebagai pengganti prses manual pada Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya, sehingga prses berjalan efisien. A. System Flw Pengeluaran Kas (Akademik) Prses ini dimulai dari petugas menginputkan kas (Akademik). Setelah kas akademik sudah tersimpan di database dan terprses maka cetak lapran pengeluaran. Untuk jelasnya bisa dilihat pada gambar 5.4.

9 40 System Flw Pengeluaran Kas Akademik Petugas Dekan Start Perjalanan Dinas Input Kas Akademik Pengajaran Prses Daftar Jenis Pengeluaran T. Jenis Pengeluaran Lembur Cetak Cetak Printer? y Perjalanan Dinas 1 HR t Cetak Printer? y Pengajaran 2 THR t Cetak Printer? y Lembur 3 t Cetak Printer? y HR 4 t Cetak Printer? y THR 5 t Cetak Printer? y Pengabdian Masyarakat Pengabdian Masyarakat 6 t End Gambar 5.4 System Flw Pengeluaran Kas (Akademik)

10 41 B. System Flw Pengeluaran Kas (Nn Akademik) Prses ini dimulai dari petugas menginputkan kas nn akademik, setelah kas nn akademik sudah tersimpan di database dan terprses maka cetak lapran penerimaan kas nn akademik sebagai bukti kas pengeluaran. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 5.5. System Flw Pengeluaran Kas Akademik Petugas Dekan Start Perjalanan Dinas Input Kas Akademik Pengajaran Prses Daftar Jenis Pengeluaran T. Jenis Pengeluaran Lembur Cetak Cetak Printer? y Perjalanan Dinas 1 HR t Cetak Printer? y Pengajaran 2 THR t Cetak Printer? y Lembur 3 t Cetak Printer? y HR 4 t Cetak Printer? y THR 5 t Cetak Printer? y Pengabdian Masyarakat Pengabdian Masyarakat 6 t End Gambar 5.5 System Flw Pengeluaran Kas (Nn Akademik)

11 Cntext Diagram Petugas Username & Passwrd Data Penerimaan Kas (Nn Tunai) Dekan Data Penerimaan Kas (Tunai) Data Pengeluaran Kas (Nn Akademik) Data Pengeluaran Kas (Akademik) Lapran Penerimaan Kas (Tunai & Nn Tunai) 1 Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya Lapran Penerimaan Kas (Tunai & Nn Tunai) Lapran Pengeluaran Kas (Akademik & Nn Akademik) Lapran Pengeluaran Kas (Akademik & Nn Akademik) Mahasiswa Data Mahasiswa Data Jenis Pembayaran Inf Data Jenis Pembayaran Gambar 5.6 Cntext Diagram Cntext diagram menggambarkan asal data dan menunjukkan aliran data tersebut. Cntext Diagram Rancang Bangun Aplikasi Alur Penerimaan dan Pengeluaran Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya terdiri dari 3 eksternal entity yaitu Petugas, Mahasiswa, dan Dekan. Aliran data yang keluar dari masingmasing eksternal entity mempunyai arti bahwa data tersebut berasal dari eksternal entity tersebut. Sedangkan aliran data yang masuk mempunyai arti infrmasi data ditujukan untuk eksternal entity tersebut.

12 Data Flw Diagram Level 0 Entry Data Mahasiswa Petugas Entry Data Penerimaan Kas (Nn Tunai) Entry Data Penerimaan Kas (Tunai) Data Mahasiswa Mahasiswa Entry Data Pengeluaran Kas (Akademik) 1.1 Maintenance Data Master Data Jenis Pembayaran Entry Data Pengeluaran Kas (Nn Akademik) 1 Mahasiswa 3 Pengeluaran Kas 2 Penerimaan Kas Lapran Penerimaan Kas (Tunai & Nn Tunai) Lapran Pengeluaran Kas (Akademik & Nn Akademik) Lapran Penerimaan Kas (Tunai & Nn Tunai) 1.2 Lapran Dekan Lapran Pengeluaran Kas (Akademik & Nn Akademik) Gambar 5.7 DFD Level 0 Pada gambar 5.7 merupakan DFD Level 0 Rancang Bangun Aplikasi Alur Penerimaan & Pengeluaran Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya yang memiliki beberapa prses yaitu prses maintenance data master dan prses lapran. Pada gambar 5.7 juga digambarkan data stre yang digunakan dalam sistem diantaranya : data mahasiswa, data penerimaan kas dan data pengeluaran kas.

13 Data Flw Diagram Level 1 Mengella Data Master DFD Level 1 subsistem maintenance data master pada gambar 5.8 terdiri atas prses mengella data mahasiswa, mengella data penerimaan kas, mengella data pengeluaran kas. Pada prses maintenance mahasiswa, data mahasiswa dimasukkan lalu disimpan pada data stre data mahasiswa. Pada prses maintenance penerimaan kas, data penerimaan kas dimasukkan lalu disimpan pada data stre data penerimaan kas. Pada prses maintenance pengeluaran kas data pengeluaran dimasukkan lalu disimpan pada data stre data pengeluaran kas. Data Mahasiswa Petugas Inf Data Mahasiswa Data Mahasiswa Mahasiswa Data Mahasiswa 1 Mahasiswa Data Penerimaan Kas (Nn Tunai) Inf Data Penerimaan Kas (Nn Tunai) Data Penerimaan Kas Data Jenis Pembayaran 2 Penerimaan Kas Data Penerimaan Kas (Tunai) Inf Data Penerimaan Kas (Tunai) Data Pengeluaran 3 Pengeluaran Kas Gambar 5.8 DFD Level 1 Maintenance Data Master Data Flw Diagram Level 1 Lapran DFD Level 1 subsistem lapran pada gambar 5.9 terdiri dari 2 prses yaitu, prses lapran penerimaan kas dan lapran pengeluaran kas.

14 45 Lapran Penerimaan Kas (Tunai & Nn Tunai) Petugas Lapran Penerimaan Kas Lapran Pengeluaran Kas (Akademik & Nn Akademik) 3 Pengeluaran Kas Lapran Pengeluaran Kas (Akademik & Nn Akademik) Lapran Pengeluaran Kas 2 Penerimaan Kas Lapran Penerimaan Kas (Tunai & Nn Tunai) Dekan Gambar 5.9 DFD Level 1 Lapran A. Cnceptual Data Mdel (CDM) Pada gambar 5.10 merupakan cnceptual data mdel pada Rancang Bangun Aplikasi Alur Penerimaan Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya. Terdapat 4 tabel yang digunakan dalam aplikasi ini, tabel-tabel itu antara lain tabel Petugas TU, Mahasiswa, Jenis Penerimaan dan Jenis Pengeluaran.

15 46 Jurusan # id jurusan Integer * nama_jurusan Variable characters (35) id admin Petugas TU Integer mengeluarkan # username Variable characters (35) dimiliki pass Variable characters (35) diterima Mahasiswa # nim_mahasiswa Variable characters (25) nama_mhs Variable characters (50) nama_jurusan Variable characters (25) tempat_lahir tanggal_lahir jenis_kelamin alamat agama n hp Variable characters (50) Date & Time Variable characters (35) Variable characters (150) Variable characters (30) Variable characters (12) # Jenis Pengeluaran id_jenis_keluar Integer nama_jenis_keluar Variable characters (50) nminal_jenis_keluar Integer status_jenis Variable characters (2) Transaksi_Pengeluaran # jenis_penerimaan id_jenis_terima Integer nama_jenis_terima Variable characters (50) nminal_jenis_terima Integer status_jenis Variable characters (2) # Pengeluaran username Variable characters (10) tgl_pengeluaran Date & Time nama_jenis_keluar Variable characters (50) nminal_pengeluaran Integer ttal_penerimaan Integer ttal_pengeluaran Integer Memiliki Transaksi_Penerimaan Penerimaan # username tgl_penerimaan nama_jenis_terima nminal_jenis_terima Variable characters (10) Date & Time Integer Integer Gambar 5.10 Cnceptual Data Mdel Sistem Infrmasi Alur Penerimaan dan Pengeluaran Kas B. Physical Data Mdel (PDM) Pada gambar 5.11 merupakan physical data mdel dari Rancang Bangun Aplikasi Alur Penerimaan Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya. PDM merepresentasikan tabel-tabel fisik yang digunakan dalam sistem infrmasi alur penerimaan dan pengeluaran kas beserta dengan tipe data dan panjang masingmasing tipe data tersebut.

16 47 Petugas TU id jurusan Jurusan int <pk> FK_JENIS_PE_DITERIMA_PETUGAS_ id admin username pass int varchar(35) varchar(35) <pk> nim_mahasiswa varchar(25) <fk> nama_jurusan varchar(35) FK_JENIS_PE_MENGELUAR_PETUGAS_ Transaksi_Pengeluaran FK_JURUSAN_DIMILIKI_MAHASISW id_jenis_keluar username int <pk,fk1> varchar(10) <pk,fk2> FK_TRANSAKS_TRANSAKSI_JENIS_PE Mahasiswa nim_mahasiswa varchar(25) <pk> nama_mhs varchar(50) nama_jurusan tempat_lahir varchar(25) varchar(50) Jenis Pengeluaran tanggal_lahir datetime id_jenis_keluar int <pk> jenis_kelamin varchar(35) username varchar(35) <fk> alamat varchar(150) nama_jenis_keluar varchar(50) agama n hp varchar(30) varchar(12) nminal_jenis_keluar int FK_TRANSAKS_TRANSAKSI_PENGELUA status_jenis varchar(2) Pengeluaran jenis_penerimaan id_jenis_terima int <pk> username varchar(35) <fk> nama_jenis_terima varchar(50) nminal_jenis_terima int FK_PENERIMA_MEMILIKI_MAHASISW status_jenis varchar(2) username varchar(10) <pk> tgl_pengeluaran datetime nama_jenis_keluar varchar(50) nminal_pengeluaran int ttal_penerimaan int ttal_pengeluaran int FK_TRANSAKS_TRANSAKSI_JENIS_PE FK_TRANSAKS_TRANSAKSI_PENERIMA Penerimaan username varchar(10) <pk> nim_mahasiswa tgl_penerimaan varchar(25) datetime <pk,fk> Transaksi_Penerimaan nama_jenis_terima int id_jenis_terima int <pk,fk1> nminal_jenis_terima int username varchar(10) <pk,fk2> Gambar 5.11 Physical Data Mdel Sistem Infrmasi Alur Penerimaan dan Pengeluaran Kas Struktur Tabel Prgram Rancang Bangun Aplikasi Alur Penerimaan Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya ini, memiliki database yang terdiri dari 4 tabel. Tabel tabel tersebut memiliki struktur tabel yang saling terintegrasi dan memberikan infrmasi yang cukup lengkap bagi pengguna sistem.

17 48 Berikut penjelasan struktur tabel dari tiap tabel: 1. Tabel Petugas Primary Key : ID Freign Key : - Fungsi : Lgin user dan passwrd Tabel 5.1 Petugas N Field Data Type Length Descriptin 1 ID Varchar 35 Identitas Petugas 2 User Varchar 35 Identitas Petugas 3 Passwrd Varchar 35 Passwrd Petugas 2. Tabel Mahasiswa Primary Key : ID Freign Key : - Fungsi : Untuk menyimpan data mahasiswa. Tabel 5.2 Mahasiswa N Field Data Type Length Descriptin 1 ID Varchar 25 Identitas Mahasiswa 2 NIM Varchar 25 NIM Mahasiswa 3 Nama Varchar 50 Nama Mahasiswa 4 Tempat_lahir Varchar 50 Tempat Lahir Mahasiswa 5 Tanggal_lahir Datetime Tanggal Lahir Mahasiswa 6 Jenis_kelamin Varchar 35 Jenis Kelamin Mahasiswa 7 Alamat Varchar 150 Alamat Mahasiswa 8 Agama Varchar 30 Agama Mahasiswa 9 N_hp Varchar 12 N hp Mahasiswa 10 Jurusan Varchar 25 Jurusan Mahasiswa

18 49 3. Tabel Jurusan Primary Key Freign Key Fungsi : ID : Nama : Untuk mengetahui identitas jurusan. Tabel 5.3 Jurusan N Field Data Type Length Descriptin 1 ID Varchar 25 Identitas Jurusan 2 Nama Varchar 25 Nama Jurusan 4. Tabel Jenis Penerimaan Primary Key : ID Jenis Penerimaan Freign Key : ID Admin ID Mahasiswa Fungsi : Untuk menyimpan data penerimaan. Tabel 5.4 Jenis Penerimaan N Field Data Type Length Descriptin 1 ID_Jenis_Penerimaan Varchar Int Identitas jenis penerimaan 2 ID_Admin Varchar Int Identitas admin 3 ID_mahasiswa Varchar Int Identitas mahasiswa 4 Nama_Jenis Varchar 50 Identitas jenis penerimaan 5 Praktikum Varchar 50 Jenis penerimaan praktikum 6 SP Varchar 50 Jenis penerimaan SP 7 TA Varchar 50 Jenis penerimaan SP 8 Yudisium Varchar 50 Jenis penerimaan Yudisium 9 PKL Varchar 50 Jenis penerimaan PKL

19 50 N Field Data Type Length Descriptin 10 Transkrip Varchar 50 Jenis penerimaan Transkrip 11 Kenang_kenangan Varchar 50 Jenis penerimaan Kenang-kenangan 12 Dana Rutin Varchar 50 Jenis penerimaan Dana Rutin 5. Tabel Jenis Pengeluaran Primary Key : ID Jenis Pengeluaran Freign Key : ID Admin Fungsi : Untuk menyimpan data pengeluaran. Tabel 5.5 Jenis Pengeluaran N Field Data Type Length Descriptin 1 Id_Jenis_Pengeluaran Varchar 50 Identitas jenis pengeluaran 2 Id_Admin Varchar 50 Identitas admin 3 Tanggal Varchar 50 Tanggal pengeluaran 4 Nama_Jenis Varchar 50 Identitas jenis pengeluaran 5 Perjalanan_Dinas Varchar 50 Jenis pengeluaran perjalanan dinas 6 Pengajaran Varchar 50 Jenis pengeluaran pengajaran 7 Lembur Varchar 50 Jenis pengeluaran lembur 8 HR Varchar 50 Jenis pengeluaran HR 9 THR Varchar 50 Jenis pengeluaran THR 10 Pengabdian_Masyarakat Varchar 50 Jenis pengeluaran pengabdian masyarakat

20 51 N Field Data Type Length Descriptin 11 URT Varchar 50 Jenis pengeluaran URT 12 Pemeliharaan_Gedung Varchar 50 Jenis pengeluaran pemeliharaan gedung 13 Perawatan_Kendaraan Varchar 50 Jenis pengeluaran perawatan kendaraan 14 Lain-lain Varchar 50 Jenis pengeluaran lain-lain Desain Input/Output Desain input/uput dari Rancang Bangun Aplikasi Alur Pengeluaran Kas Fakultas Teknik Universitas 45 Surabaya adalah sebagai berikut: a. Desain Frm Menu Utama Desain frm menu utama adalah frm yang berisi menu menu penerimaan dan pengeluaran, menu data mahasiswa, dan menu cetak lapran. Terlihat pada gambar 5.12 Applicatin Title Menu Utama Lgin Data Mahasiswa Penerimaan Pengeluaran Lapran Gambar 5.12 Desain menu utama

21 52 b. Desain Frm Lgin Frm lgin ini digunakan masuk ke dalam prgram sehingga fitur fitur yang ada dalam prgram dapat dijalankan. Terlihat pada gambar 5.13 Applicatin Title User Name Passwrd OK cancel Gambar 5.13 Desain lgin user c. Desain Frm Admin Frm admin digunakan untuk lgin aplikasi berdasarkan username dan passwrd tertentu. Terlihat pada gambar 5.14 Applicatin Title Master Admin Admin ID ADMIN USERNAME PASSWORD Clumn 1 SIMPAN UBAH HAPUS KELUAR Gambar 5.14 Desain input admin

22 53 d. Desain Master Mahasiswa Frm master mahasiswa digunakan untuk menyimpan dan mengubah data mahasiswa sesuai identitas dan jurusan masing-masing mahasiswa. Terlihat pada gambar 5.15 Applicatin Title MAHASISWA MAHASISWA NIM ALAMAT NAMA TEMPAT LAHIR JENIS KELAMIN Jenis Kelamin Laki-laki Perempuan TANGGAL LAHIR AGAMA JURUSAN NO HP Clumn 1 Clumn 2 Clumn 3 SIMPAN UBAH HAPUS KELUAR Gambar 5.15 Desain master mahasiswa e. Desain Master Jenis Pengeluaran Kas (Nn Akademik) Master jenis pengeluaran kas nn akademik merupakan desain untuk melakukan prses menyimpan,perhitungan dan lapran jenis pengeluaran kas nn akademik. Terlihat pada gambar 5.16

23 54 Applicatin Title Jenis Pengeluaran Kas Nn Akademik Jenis Pengeluaran Kas Nn Akademik ID JENIS NAMA JENIS NOMINAL Clumn 1 Clumn 2 Clumn 3 SIMPAN UBAH HAPUS KELUAR Gambar 5.16 Desain master jenis pengeluaran kas nn akademik f. Desain Master Jenis Pengeluaran Kas (Akademik) Master jenis pengeluaran kas akademik merupakan desain untuk melakukan prses menyimpan,perhitungan dan lapran jenis pengeluaran kas akademik. Terlihat pada gambar 5.17 Applicatin Title Jenis Pengeluaran Kas Akademik Jenis Pengeluaran Kas Akademik ID JENIS NAMA JENIS NOMINAL Clumn 1 Clumn 2 Clumn 3 SIMPAN UBAH HAPUS KELUAR Gambar 5.17 Desain master jenis pengeluaran kas akademik

24 Mengimplementasikan Sistem Mengimplementasikan sistem merupakan tahap pengujian dimana desain sistem dapat berjalan dengan baik. Implementasi dilakukan leh dua rang, yaitu penganalisa sistem dan pendesain input utput. Desain frm yang telah dibuat leh pendesain input utput cukup sesuai untuk mengimplementasikan sistem, sehingga tidak membutuhkan banyak perubahan Kebutuhan Sistem Pada tahap ini, dijelaskan mengenai implementasi dari perangkat lunak yang harus dipersiapkan leh pengguna. Adapun perangkat lunak yang digunakan, yaitu: 1. Pwer Designer bit. 2. Micrsft Visual Basic Ms.Access Crystal Reprt 8. Untuk perangkat keras, minimal pengguna harus mempersiapkan spesifikasi sebagai berikut: 1. Prcessr Intel(R) Pentium(R) CPU 2. Memry 6144 MB. 3. Hardisk 6 GB.

25 Melakukan Pembahasan Terhadap Hasil Implementasi Sistem Penjelasan Pemakaian Tahap ini merupakan langkah-langkah dari pemakaian prgram Aplikasi Keuangan ini. Berikut sub-sub pembahasan pemakaian: 1. Menu Utama Menu Utama merupakan tampilan awal dari prgram ini. Pada frm ini terdapat menu-menu yang bermanfaat dalam menjalankan Aplikasi Keuangan, seperti Menu Maintenance, Menu Transaksi, dan Menu Lapran. Frm utama dapat dilihat pada gambar Gambar 5.18 Tampilan menu utama 2. Lgin Lgin merupakan frm identifikasi pengguna dari prgram pada saat itu. Frm ini berguna dalam memberikan trisasi pemakaian prgram. User Berlita mendapat wewenang lebih dari pada user biasa. Lgin dapat dilihat pada gambar 5.19.

26 57 Lgin aplikasi dengan Username dan Passwrd telah sesuai maka muncul keterangan Data Berhasil. Terlihat pada gambar Gambar 5.19 Tampilan lgin 3. Frm Admin Gambar 5.20 Tampilan Lgin Berhasil Frm admin merupakan manajemen admin atau maitenance sebagai user yang akan mengaksesnya dan sebagai frm induk yang berguna untuk memberikan identifikasi lgin aplikasi sesuai admin itu sendiri. Terlihat gambar 5.21

27 58 Gambar 5.21 Tampilan frm admin 4. Frm Data Mahasiswa Frm data mahasiswa merupakan frm untuk mengetahui dan menyimpan identitas mahasiswa. Terlihat pada gambar 5.22 Gambar 5.22 Tampilan frm data mahasiswa 5. Frm Jenis Pengeluaran Frm jenis pengeluaran merupakan frm untuk mengetahui jenis-jenis pengeluaran yang sesuai berdasarkan kategri jenis pengeluaran. Terlihat pada gambar 5.23

28 59 Gambar 5.23 Tampilan frm jenis pengeluaran 6. Frm Detil Pengeluaran Frm detil pengeluaran merupakan frm transaksi dari ttal penerimaan dikurangi nminal pengeluaran yang telah dikeluarkan atau akan dikeluarkan. Terlihat pada gambar 5.24 Gambar 5.24 Tampilan frm detil pengeluaran

29 60 7. Frm Lapran Pengeluaran Frm Lapran Pengeluaran merupakan utput atau bukti keseluruhan dari ttal pengeluaran. Terlihat pada gambar 5.25 Gambar 5.25 Tampilan frm lapran pengeluaran

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak CV. Bintang Anggara Jaya

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak CV. Bintang Anggara Jaya BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK 4.1 Identifikasi Masalah Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak CV. Bintang Anggara Jaya pada saat kerja praktek, maka dapat diketahui aplikasi pendukung yang dapat mengatasi

Lebih terperinci

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN. cara langsung menemui bagian PPQC (Production Planning and Quality Control)

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN. cara langsung menemui bagian PPQC (Production Planning and Quality Control) BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisis Sistem Menganalisa adalah langkah awal dalam merandang dan membuat sistem baru. Langkah pertama yang dilakukan penulis yaitu melakukan bservasi ke lapangan secara

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK. tersebut, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut. di harapkan akan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK. tersebut, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut. di harapkan akan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK 4.1 Prsedur Kerja Berdasarkan hasil pengamatan dan survey yang dilakukan pada saat kerja praktik di PT. Karana Line, terdapat permasalahan tentang prses penggajian yang menggunakan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Semua rganisasi membutuhkan aliran infrmasi yang membantu manajer untuk mengambil bermacam keputusan yang dibutuhkan. Aliran infrmasi ini diatur dan diarahkan dalam suatu sistem

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. agar pekerjaan jauh lebih efisien serta meminimalisir terjadinya human eror. Untuk

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. agar pekerjaan jauh lebih efisien serta meminimalisir terjadinya human eror. Untuk BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK Berdasarkan hasil analisis sistem yang sedang berjalan pada CV. Sinergi Design, prses perhitungan gaji masih menggunakan rumus sendiri sehingga dalam prses pembuatan lapran

Lebih terperinci

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN. pesanan barang oleh distributor. Saat ini, kegiatan pemesanan barang dimulai dari

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN. pesanan barang oleh distributor. Saat ini, kegiatan pemesanan barang dimulai dari BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisis Sistem Aplikasi yang akan dibangun, digunakan leh bagian pemasaran tentang pesanan barang leh distributr. Saat ini, kegiatan pemesanan barang dimulai dari distributr

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. meninjau SMA Wahid Hasyim Krian, didapatkan informasi bahwa proses

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. meninjau SMA Wahid Hasyim Krian, didapatkan informasi bahwa proses BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Berdasarkan survey dan wawancara yang penulis lakukan saat pertama kali meninjau SMA Wahid Hasyim Krian, didapatkan infrmasi bahwa prses penerimaan siswa baru masih dilakukan

Lebih terperinci

Bab IV. Deskripsi Kerja Praktek. UPADAYA PT.PLN (Persero) Surabaya, maka didapatkan proses-proses yang terjadi

Bab IV. Deskripsi Kerja Praktek. UPADAYA PT.PLN (Persero) Surabaya, maka didapatkan proses-proses yang terjadi Bab IV. Deskripsi Kerja Praktek 4.1 Analisa Sistem Berdasarkan hasil survey dan pengamatan yang dilakukan di Bagian KOPEG UPADAYA PT.PLN (Perser) Surabaya, maka didapatkan prses-prses yang terjadi dalam

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM. menginginkan adanya pelaporan yang dapat dilakukan secara berkala tiap periode.

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM. menginginkan adanya pelaporan yang dapat dilakukan secara berkala tiap periode. BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM Berasarkan hasil survey yang penulis lakukan pada saat kerja praktek di PT Semen Gresik, secara garis besar saat ini pada divisi diklat khususnya seksi perencanaan telah

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Fortuna Badja Inti, menemukan permasalahan seperti pencatatan permintaan dari

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Fortuna Badja Inti, menemukan permasalahan seperti pencatatan permintaan dari BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada saat kerja praktek di PT. Frtuna Badja Inti, menemukan permasalahan seperti pencatatan dari custmer, ke pabrik dan pencatatan penawaran

Lebih terperinci

BAB IV PERANCANGAN SISTEM. praktek ini, baik di dalam memperoleh data, menyelesaikan, dan memecahkan

BAB IV PERANCANGAN SISTEM. praktek ini, baik di dalam memperoleh data, menyelesaikan, dan memecahkan BAB IV PERANCANGAN SISTEM 4.1. Prsedur Kerja Praktek Cara pengumpulan data yang akan digunakan untuk menyelesaikan kerja praktek ini, baik di dalam memperleh data, menyelesaikan, dan memecahkan permasalahan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. adalah sebuah istilah yang secara kolektif mendeskripsikan fase-fase awal

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. adalah sebuah istilah yang secara kolektif mendeskripsikan fase-fase awal BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisis Sistem Analisis sistem merupakan sebuah tahapan untuk menganalisis kebutuhan dari sebuah sistem. Al Fatta (2007:44), mengemukakan bahwa analisis sistem adalah sebuah

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1. Analisis Kebutuhan Aplikasi Analisis kebutuhan sistem adalah tahap awal dalam membuat aplikasi baru. Langkah awalnya dengan melakukan wawancara dan pengamatan. Wawancara

Lebih terperinci

sering dihadapi oleh petugas perpustakaan SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

sering dihadapi oleh petugas perpustakaan SD Muhammadiyah 4 Surabaya. 24 BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1. Metde Penelitian Pada bab ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam merancang bangun Sistem Infrmasi Perpustakaan berbasis web pada SD Muhammadiyah

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK. sistem yang ada saat ini pada CV. Rahayu Sentosa. Hasil yang ditemukan dalam

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK. sistem yang ada saat ini pada CV. Rahayu Sentosa. Hasil yang ditemukan dalam BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK 1.1 Analisis Sistem Dalam pengembangan teknlgi dibutuhkan analisis dan perancangan sistem yang ada saat ini pada CV. Rahayu Sentsa. Hasil yang ditemukan dalam analisa sistem

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_APLIKASI. kontrak kru yaitu menggunakan metode System Development Lyfe Cycle (SDLC)

BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_APLIKASI. kontrak kru yaitu menggunakan metode System Development Lyfe Cycle (SDLC) BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_APLIKASI 3.1 Analisis Metde yang digunakan dalam pembutan Aplikasi pengendalian dkumen kntrak kru yaitu menggunakan metde System Develpment Lyfe Cycle (SDLC) mdel waterfall

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. kerja praktek di CV. Sinergi Design adalah melakukan pengenalan terhadap

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. kerja praktek di CV. Sinergi Design adalah melakukan pengenalan terhadap BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum melakukan prses analisa, tahapan pertama ketika melakukan kerja praktek di CV. Sinergi Design adalah melakukan pengenalan terhadap perusahaan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK Berdasarkan hasil pengamatan dan bservasi yang dilakukan saat kerja praktek di CV. Bintang Anggara Jaya. Penulis mendapati suatu permasalahan di dalam perusahaan yang selama

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_SISTEM. berjalan pada CV. Azaria Abadi Permai saat ini, meliputi proses penjualan

BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_SISTEM. berjalan pada CV. Azaria Abadi Permai saat ini, meliputi proses penjualan BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_SISTEM 3.1 Analisis Sistem Analisis sistem bertujuan untuk menganalisis sistem yang ada atau yang berjalan pada CV. Azaria Abadi Permai saat ini, meliputi prses penjualan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 2. DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisis Sistem Berdasarkan hasil survei dan pengamatan yang dilakukan di labratrium kmputer, maka didapatkan prses-prses yang terjadi dalam transaksi

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM. Identifikasi permasalahan merupakan langkah awal yang harus dilakukan

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM. Identifikasi permasalahan merupakan langkah awal yang harus dilakukan BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Identifikasi Permasalahan Identifikasi permasalahan merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam membuat suatu sistem yang baru. Langkah awal yang dilakukan

Lebih terperinci

BAB IV 4. DESKRIPSI KERJA PRAKTIK

BAB IV 4. DESKRIPSI KERJA PRAKTIK BAB IV 4. DESKRIPSI KERJA PRAKTIK 4.1. Analisa Sistem Pada pengembangan teknlgi infrmasi pada era ini dibutuhkan analisisa dan perancangan sistem penglahan data yang baik. Sistem penglahan data tersebut

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. menggunakan model waterfall. Pada model waterfall terdapat tahapan analisis

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. menggunakan model waterfall. Pada model waterfall terdapat tahapan analisis BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis Sistem Pada tahapan ini dilakukan beberapa prses yang berhubungan dengan tahapan awal metde penelitian. Pada metde penelitian yang diambil menggunakan

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. sistem aplikasi penjualan dan pembelian pada UD. Tirta Samudra ini

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. sistem aplikasi penjualan dan pembelian pada UD. Tirta Samudra ini BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan analisis dan perancangan sistem aplikasi penjualan dan pembelian pada UD. Tirta Samudra ini menggunakan metde System Develpment

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. informasi agar dapat terorganisir dengan baik dan jelas.

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. informasi agar dapat terorganisir dengan baik dan jelas. BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Analisis merupakan cara untuk menganalisa permasalahan berdasarkan data yang telah diperleh dari hasil studi lapangan. Sedangkan desain sistem merupakan langkah yang harus ditempuh

Lebih terperinci

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN Kerja Praktik ini dilakukan selama 160 jam dengan pembagian waktu dalam satu minggu, 8 jam sebanyak 20 kali. Dalam kerja Praktik ini, diharuskan menemukan permasalahan yang ada,

Lebih terperinci

BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN

BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN 3.1 Analisis Kebutuhan Dalam perancangan sistem aplikasi ini, infrmasi yang sangat diperlukan adalah analisis kebutuhan sistem. 3.1.1 Kebutuhan Hardware Hardware minimum

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN DESAIN SISTEM

BAB IV ANALISA DAN DESAIN SISTEM BAB IV ANALISA DAN DESAIN SISTEM 4.1. Identifikasi Masalah Merujuk pada latar belakang masalah dapat diidentifikasi munculnya beberapa masalah pada Kperasi Wanita Anugerah Bersama yaitu sebagai berikut:

Lebih terperinci

BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN

BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN 3.1. Diagram Knteks Diagram Knteks ini menggambarkan sistem secara garis besar dengan memperlihatkan masukan, prses, dan keluaran dari sistem yangakan dirancang. Diagram

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Identifikasi Masalah, Peluang dan Tujuan Tahap pertama yaitu melakukan identifikasi masalah dan melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara pemilik perusahaan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum prses analisis, tahapan yang terlebih dahulu dilakukan adalah identifikasi dan analisis permasalahan yang ada apa SMA Negeri 16 Surabaya

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. aplikasi penjualan perangkat komputer pada CV. Data Baru. Berdasarkan tahaptahap

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. aplikasi penjualan perangkat komputer pada CV. Data Baru. Berdasarkan tahaptahap BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Pada bab ini akan dibahas mengenai hasil analisis dan perancangan aplikasi penjualan perangkat kmputer pada CV. Data Baru. Berdasarkan tahaptahap analisis dan perancangan

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. proses transaksi pada Rasyid English Course Denpasar.

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. proses transaksi pada Rasyid English Course Denpasar. BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Identifikasi Permasalahan Sebelum prses analisa, tahapan yang terlebih dahulu dilakukan adalah identifikasi permasalahan yang terdiri dari survei, wawancara

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. berbeda dengan beberapa institusi pendidikan lain. Hal ini disebabkan karena

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. berbeda dengan beberapa institusi pendidikan lain. Hal ini disebabkan karena BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN SMA Kristen Kalam Kudus memiliki prosedur sistem yang sedikit berbeda dengan beberapa institusi pendidikan lain. Hal ini disebabkan karena sistem yang dijalankan masih tergolong

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. sistem informasi agar dapat mengorganisir permasalahan dengan baik dan jelas.

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. sistem informasi agar dapat mengorganisir permasalahan dengan baik dan jelas. BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK Analisis merupakan cara untuk mengetahui permasalahan berdasarkan data yang telah diperleh dari hasil studi lapangan selama beberapa waktu. Sedangkan desain sistem merupakan

Lebih terperinci

BAB IV. Deskripsi Kerja Praktek. perancangan sistem pengoahan data yang baik dengan analisa yang matang, maka

BAB IV. Deskripsi Kerja Praktek. perancangan sistem pengoahan data yang baik dengan analisa yang matang, maka BAB IV Deskripsi Kerja Praktek 1.1. Analisis Sistem Menurut Kendall (2006:7), Analisa dan Perancangan Sistem dipergunakan untuk menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan peningkatanpeningkatan fungsi

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. 4 Berdasarkan hasil wawancara dengan Supervisor TI PT Kimia Farma

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. 4 Berdasarkan hasil wawancara dengan Supervisor TI PT Kimia Farma BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4 Berdasarkan hasil wawancara dengan Supervisr TI PT Kimia Farma Aptek Surabaya dapat diketahui slusi aplikasi yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Analisis

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisa Sistem Pelaksanaan kerja praktik dilakukan pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Putri yang berlkasi Jl. Arief Rachman Hakim N.122 Keputih Suklil Surabaya. Berdasarkan hasil

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. adalah melakukan identifikasi permasalahn dan analisis permasalahan.

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. adalah melakukan identifikasi permasalahn dan analisis permasalahan. BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Pada bab ini membahas tentang identifikasi permasalahan, analisis permasalahan, slusi permasalahan dan perencanaan sistem dalam Rancang Bangun Aplikasi Penjualan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK Dalam pengumpulan data sebagai bahan penyusunan lapran kerja praktek ini, pendekatan terhadap permasalahan yang dilakukan adalah dengan mempelajari data dan infrmasi yang

Lebih terperinci

BAB 4 DESKRIPSI PEKERJAAN. tersebut kedalam laporan perilaku siswa selama 1 hari, 1 bulan, dan 1 tahun.

BAB 4 DESKRIPSI PEKERJAAN. tersebut kedalam laporan perilaku siswa selama 1 hari, 1 bulan, dan 1 tahun. 1 BAB 4 DESKRIPSI PEKERJAAN Dalam merancang, membangun dan mengimplementasikan aplikasi yang dibuat dengan aplikasi sistem informasi pencatatan perilaku siswa menjadi satu kesatuan yang utuh, maka terdapat

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Perancangan Sistem Perancangan sistem dimaksudkan untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah yang terjadi saat ini sehingga dapat menjadi lebih baik dengan adanya sistem

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Kerja praktik yang kami laksanakan di PT. Indoberka Investama pada

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Kerja praktik yang kami laksanakan di PT. Indoberka Investama pada BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Kerja praktik yang kami laksanakan di PT. Indberka Investama pada tanggal 11 Juli 2016 s.d 11 Agustus 2016. PT. Indberka Investama merupakan perusahaan nasinal yang bergerak

Lebih terperinci

DESKRIPSI PEKERJAAN. Pada proses penyusunan laporan kerja praktik peneliti melakukan

DESKRIPSI PEKERJAAN. Pada proses penyusunan laporan kerja praktik peneliti melakukan DESKRIPSI PEKERJAAN Pada proses penyusunan laporan kerja praktik peneliti melakukan proses penghimpunan data yang akan digunakan sebagai dasar kebutuhan sistem pelayanan pengelolaan obat. Penghimpunan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. perhitungan data presensi siswa yang dilakukan oleh wali kelas. Dalam

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. perhitungan data presensi siswa yang dilakukan oleh wali kelas. Dalam BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada saat kerja praktek di SMA Negeri 2 Sidoarjo, permasalahan yang terjadi adalah proses yang berkaitan dengan perhitungan data presensi

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur. BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisa Sistem Menganalisa sistem merupakan langkah awal dalam membuat sistem baru. Langkah pertama adalah melakukan wawancara dan pengamatan, dalam hal ini sistem informasi

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK. satu usaha yang didirikan adalah Surya Mart. Saat ini Surya Mart masih

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK. satu usaha yang didirikan adalah Surya Mart. Saat ini Surya Mart masih BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK PT. Layindo Surya Gemilang adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang perdagangan umum dan jasa. Perusahaan ini memiliki beberapa lingkup usaha meliputi kafe, franchise

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_SISTEM

BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_SISTEM 4841948 BAB III ANALISIS_DAN_PERANCANGAN_SISTEM 3.1 Analisis Sistem Penilaian kinerja karyawan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Hal ini disebabkan karena apabila penilaian kinerja

Lebih terperinci

BAB IV SISTEM DAN IMPLEMENTASI. Indonesia Tbk. diperoleh data secara langsung dari manager operasional yang

BAB IV SISTEM DAN IMPLEMENTASI. Indonesia Tbk. diperoleh data secara langsung dari manager operasional yang BAB IV SISTEM DAN IMPLEMENTASI 4.1 Analisis Sistem Berdasarkan pengamatan secara langsung di perusahaan PT. Telkom Indonesia Tbk. diperoleh data secara langsung dari manager operasional yang meliputi:

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. informasi dalam membuat Aplikasi Pemeliharaan Sarana (Pengadaan).

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. informasi dalam membuat Aplikasi Pemeliharaan Sarana (Pengadaan). BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Prosedur Kerja Praktek Dalam pengumpulan data sebagai bahan penyusunan laporan dan penyelesaian masalah dalam kerja praktek ini, dilakukan dengan magang selama kurang lebih

Lebih terperinci

BAB IV PERANCANGAN SISTEM. harus menyerahkan data kompetensi siswa kepada pihak staff PSG untuk

BAB IV PERANCANGAN SISTEM. harus menyerahkan data kompetensi siswa kepada pihak staff PSG untuk BAB IV PERANCANGAN SISTEM Aplikasi yang dibangun adalah Aplikasi Penjadwalan Pendidikan Sistem Ganda berbasis web di SMK Negeri 1 Cerme. Aplikasi pengolahan data ini diharapkan mampu memberikan kemudahan

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. pada CV. Permata, maka didapatkan proses-proses yang terjadi dalam kegiatan

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. pada CV. Permata, maka didapatkan proses-proses yang terjadi dalam kegiatan BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Berdasarkan hasil survey, wawancara dan pengamatan yang dilakukan pada CV. Permata, maka didapatkan prses-prses yang terjadi dalam kegiatan penjualan. Diantaranya

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. data, selanjutnya melakukan tahapan sebagai berikut: menyajikan suatu rancangan langkah kerja dari sistem yang baru.

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. data, selanjutnya melakukan tahapan sebagai berikut: menyajikan suatu rancangan langkah kerja dari sistem yang baru. BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Pada proses penyusunan laporan kerja praktik peneliti melakukan proses penghimpunan data yang akan digunakan sebagai dasar kebutuhan sistem penjualan bahan kimia. Penghimpunan

Lebih terperinci

BAB III DESAIN DAN PERENCANAAN. berbasis web di SD Negeri Tapelan, terdapat perangkat lunak dan perangkat keras

BAB III DESAIN DAN PERENCANAAN. berbasis web di SD Negeri Tapelan, terdapat perangkat lunak dan perangkat keras BAB III DESAIN DAN PERENCANAAN 3.1 Perancangan Aplikasi Dalam pembuatan sistem penglahan nilai raprt ktsp seklah dasar berbasis web di SD Negeri Tapelan, terdapat perangkat lunak dan perangkat keras yang

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. Berdasarkan data yang didapat, identifikasi masalah yang didapat adalah

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. Berdasarkan data yang didapat, identifikasi masalah yang didapat adalah BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK Berdasarkan data yang didapat, identifikasi masalah yang didapat adalah kesulitan dalam proses perekapitulasian ataupun pembuatan laporan secara periodik terhadap proses

Lebih terperinci

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN. akan diperbaiki dalam hal ini perancangan aplikasi mencakup system flow, hirarki

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN. akan diperbaiki dalam hal ini perancangan aplikasi mencakup system flow, hirarki BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Perancangan Aplikasi Perancangan aplikasi dimaksudkan untuk menggambarkan aplikasi yang akan diperbaiki dalam hal ini perancangan aplikasi mencakup system flow, hirarki input

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM 4.1 Pengamatan dan Analisis 4.1.1 Pengamatan Setelah dilakukan pengamatan langsung di CV. Universal Teknik Utama, diperoleh data langsung dari petugas yang mengelola pengadaan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. material langsung dan biaya tenaga kerja langsung. Sedangkan biaya overheadnya

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. material langsung dan biaya tenaga kerja langsung. Sedangkan biaya overheadnya BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1. Analisis Sistem Berdasarkan hasil analisis sistem yang sedang berjalan saat ini pada PT. Sumatraco Langgeng Makmur, ditemukan masih banyak kekurangan yang terjadi. Salah

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Bangun Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pengendalian DBD pada

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Bangun Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pengendalian DBD pada BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Pada bab ini akan dibahas tentang identifikasi permasalahan, analisis permasalahan, slusi permasalahan dan perancangan sistem dalam Rancang Bangun Sistem Infrmasi

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1. Analisis Sistem Dalam pengembangan teknologi informasi ini dibutuhkan analisa dan perancangan sistem. Sistem tersebut diharapkan mampu membantu PT. Sumatraco Langgeng Makmur

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI SISTEM. terhadap sistem inventaris hardware serta sistem pengolahan data hardware

BAB IV DESKRIPSI SISTEM. terhadap sistem inventaris hardware serta sistem pengolahan data hardware 30 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum proses analisa BAB IV DESKRIPSI SISTEM dilakukan, tahapan yang terlebih dahulu dilakukan adalah identifikasi permasalahan yang terdiri dari survey, wawancara kepada

Lebih terperinci

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN Kerja praktek ini dilakukan selama 160 jam pada PT. Sinar Baja Hutama yang bertujuan untuk mengidentifikasi sistem yang ada serta untuk menemukan permasalahan yang terjadi pada

Lebih terperinci

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisa Sistem Menganalisa sistem merupakan langkah awal dalam membuat rancang bangun sebuah sistem baru. Langkah pertama adalah melakukan wawancara dan pengamatan secara

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. dilakukan dalam pengumpulan data tersebut, antara lain:

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. dilakukan dalam pengumpulan data tersebut, antara lain: BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Dalam pengumpulan data sebagai bahan penyusunan laporan kerja praktek, diperlukan adanya pengamatan data dan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Data dan informasi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM. berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil studi lapangan. Sedangkan desain

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM. berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil studi lapangan. Sedangkan desain BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM Perkembangan teknologi informasi saat ini membutuhkan analisa dan perancangan sistem pengolah data yang baik. Sistem pengolah data tersebut diharapkan mampu meningkatkan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Sesuai dengan topik yang diajukan penulis yaitu Aplikasi Rapor Siswa

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Sesuai dengan topik yang diajukan penulis yaitu Aplikasi Rapor Siswa BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Sesuai dengan topik yang diajukan penulis yaitu Aplikasi Rapor Siswa berbasis Web pada SD Muhammadiyah 6 Gadung, maka penulis menganalisis bagaimana proses terjadinya pembuatan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK 4.1 Observasi Melakukan survey dan wawancara secara langsung di Koperasi Karyawan Perguruan Tinggi Swasta ABC Surabaya. Dari wawancara tersebut diperoleh data secara langsung

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM. perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna. Analisis ini diperlukan sebagai

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM. perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna. Analisis ini diperlukan sebagai BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM 4.1 Analisis Sistem Analisis sistem bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahanpermasalahan yang ada pada sistem dimana aplikasi dibangun yang meliputi perangkat keras,

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. berupa data data hasil wawancara, observasi, analisis masalah.

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. berupa data data hasil wawancara, observasi, analisis masalah. 25 BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis sistem Tahap ini merupakan tahap awal dalam pembuatan aplikasi dimulai dari tahap perencanaan yang membahas mengenai proses pengumpulan informasi

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI SISTEM KERJA PRAKTEK

BAB IV DESKRIPSI SISTEM KERJA PRAKTEK BAB IV DESKRIPSI SISTEM KERJA PRAKTEK 4.1 Analisis Sistem Dalam pengembangan teknologi informasi saat ini dibutuhkan analisa dan perancangan sistem pengolahan data yang baik. Sistem pengolahan data tersebut

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. memberikan masukan dalam pengembangan sistem informasi yang dibuat.

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. memberikan masukan dalam pengembangan sistem informasi yang dibuat. BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Dalam pengumpulan data sebagai bahan penyusunan laporan kerja praktik, diperlukan adanya pengamatan data dan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Data dan informasi

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisis Permasalahan Dalam proses pengaduan pekerja, pada Dinas Tenga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur, hanya proses manual yang dilakukan menggunakan

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Metode Single Exponential Smoothing pada CV Lintas Nusa Surabaya.

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Metode Single Exponential Smoothing pada CV Lintas Nusa Surabaya. BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Pada bab ini dijelaskan mengenai analisis permasalahan dari sistem yang diambil pada CV Lintas Nusa Surabaya. Selain itu, bab ini merancang Perancangan sistem dari

Lebih terperinci

BAB IV METODE PENELITIAN. ditemukan solusi yang tepat sesuai dengan harapan pihak perusahaan.

BAB IV METODE PENELITIAN. ditemukan solusi yang tepat sesuai dengan harapan pihak perusahaan. BAB IV METODE PENELITIAN 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum membuat aplikasi penjualan pada PT. Bahtera Citra Abadi, perlu dilakukan identifikasi masalah yang ada pada perusahaan. Hal ini dilakukan agar

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. COLLECTION III, penulis berusaha menemukan permasalahan yang ada,

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. COLLECTION III, penulis berusaha menemukan permasalahan yang ada, BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK Dalam kerja praktek di Bank BTN Surabaya tepatnya di AREA COLLECTION III, penulis berusaha menemukan permasalahan yang ada, mempelajari serta mengatasi masalah tersebut.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN DESAIN

BAB IV ANALISA DAN DESAIN 26 BAB IV ANALISA DAN DESAIN 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum proses analisa dilakukan, tahapan yang terlebih dahulu dilakukan adalah identifikasi permasalahan yang terdiri dari survey, wawancara kepada

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1. Analisa Sistem Menganalisis sistem adalah langkah awal untuk mengerti model system yang digunakan oleh perusahaan. Pada tahap ini, dilakukan analisa terhadap prosedur yang

Lebih terperinci

BAB IV PEMBAHASAN 4.1 Analisis Sistem 1. Permasalahan yang timbul

BAB IV PEMBAHASAN 4.1 Analisis Sistem 1. Permasalahan yang timbul BAB IV PEMBAHASAN 4.1 Analisis Sistem Analis sistem (system analysis) dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian atau komponenkomponen dengan maksud

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Data dan informasi yang telah didapat untuk membuat sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh CV. Hikmah Utama yaitu Rancang Bangun Aplikasi Pergudangan, dideskripsikan sebagai berikut:

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI SISTEM. yaitu, adanya kesalahan penginputan data pada saat Input jumlah lembur, Input

BAB IV DESKRIPSI SISTEM. yaitu, adanya kesalahan penginputan data pada saat Input jumlah lembur, Input 1. 1.1 Analisis Sistem BAB IV DESKRIPSI SISTEM Berdasarkan hasil analisis sistem yang sedang berjalan pada SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo, sistem untuk menghitung gaji yang digunakan masih manual dan tidak terintegrasi

Lebih terperinci

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN. Kerja praktik ini dilaksanakan selama satu bulan di Klinik Pendidikan

BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN. Kerja praktik ini dilaksanakan selama satu bulan di Klinik Pendidikan BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN Kerja praktik ini dilaksanakan selama satu bulan di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Tujuan dari kerja praktik ini adalah untuk memberikan solusi atas

Lebih terperinci

DISKRIPSI PEKERJAAN. tahapan penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut.

DISKRIPSI PEKERJAAN. tahapan penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut. 32 BAB IV DISKRIPSI PEKERJAAN 4.1. Metode Penelitian Dalam penyelesaian laporan kerja praktik ini dilakukan beberapa tahapan penelitian sebagai penunjang dalam pembuatan laporan kerja praktik. Beberapa

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. sistem. Menurut Kendall & Kendall (2003), perangkat atau teknik

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. sistem. Menurut Kendall & Kendall (2003), perangkat atau teknik BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1. Analisis Menganalisis sistem merupakan tahapan dalam menganalisis kebutuhankebutuhan sistem. Menurut Kendall & Kendall (2003), perangkat atau teknik untuk menentukan kebutuhan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. identifikasi masalah. Adapun penjelasannya sebagai berikut: beberapa cara yang telah dilakukan, antara lain:

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. identifikasi masalah. Adapun penjelasannya sebagai berikut: beberapa cara yang telah dilakukan, antara lain: BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK 4.1 Analisa Sistem Pada tahap ini penulis melakukan 2 langkah, yaitu prosedur penelitian dan identifikasi masalah. Adapun penjelasannya sebagai berikut: 4.2 Prosedur Penelitian

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak bagian DPP Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi jawa Timur pada saat kerja praktek, dimana proses pencatatan inventaris yang ada

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI SISTEM. manual. Manual di sini mempunyai arti bahwa belum adanya sebuah sistem yang

BAB IV DESKRIPSI SISTEM. manual. Manual di sini mempunyai arti bahwa belum adanya sebuah sistem yang BAB IV DESKRIPSI SISTEM 4.1 Analisis Permasalahan Sistem Perpustakaan yang ada di PT. PAL INDONESIA masih tergolong manual. Manual di sini mempunyai arti bahwa belum adanya sebuah sistem yang mampu mengelola

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI SISTEM. terintegrasi yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel dengan cara penginputan

BAB IV DESKRIPSI SISTEM. terintegrasi yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel dengan cara penginputan BAB IV DESKRIPSI SISTEM 4.1 Analisis Sistem Berdasarkan hasil analisis sistem yang sedang berjalan pada PT Indotrans Mandiri, sistem untuk menghitung gaji yang digunakan masih manual dan tidak terintegrasi

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. berupa kertas, sehingga sering terjadi redudansi data dan adanya

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. berupa kertas, sehingga sering terjadi redudansi data dan adanya BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada saat kerja praktek di CV Daun Muda Communication, secara garis besar permasalahan yang ada dalam perusahaan ini adalah proses perhitungan

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. mempelajari serta memberikan solusi bagi masalah yang timbul. Permasalahan yang ada pada PT Istana Keramik Indah

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. mempelajari serta memberikan solusi bagi masalah yang timbul. Permasalahan yang ada pada PT Istana Keramik Indah BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN PT Istana Keramik Indah memiliki proses transaksi yang hamper sama dengan perusahaan took keramik yang laen namun yang membedakan adalah perusahaan ini telah terkomputerisasi

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DAN PENILAIAN SEKOLAH BERDASAR KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS : SMA PGRI SUMBERREJO)

SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DAN PENILAIAN SEKOLAH BERDASAR KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS : SMA PGRI SUMBERREJO) SISTEM INFORMASI PENJADWALAN DAN PENILAIAN SEKOLAH BERDASAR KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS : SMA PGRI SUMBERREJO) Friesta Isyateen S 1, Rangsang Purnama 2, Latifah Rifani 3 1,2,3 Prgram Studi Sistem Infrmasi,

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Pada bab ini terlebih dahulu akan dibahas tentang identifikasi permasalahan, analisis permasalahan, slusi permasalahan dan perancangan sistem dalam rancang bangun

Lebih terperinci

STIKOM SURABAYA BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN

STIKOM SURABAYA BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Analisis Sistem Berdasarkan hasil analisis sistem yang sedang berjalan saat ini pada SMAK Karitas III, sistem yang ada di SMAK Karitas III ini belum terkomputerisasi dengan

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. departemen Health, Safety dan Environment (HSE) PT Bangun Sarana Baja,

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. departemen Health, Safety dan Environment (HSE) PT Bangun Sarana Baja, BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis 3.1.1 Identifikasi Masalah Untuk melakukan identifikasi masalah maka dilakukan wawancara di departemen Health, Safety dan Environment (HSE) PT Bangun

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Perkembangan teknologi informasi saat ini membutuhkan analisa

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Perkembangan teknologi informasi saat ini membutuhkan analisa BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Perkembangan teknologi informasi saat ini membutuhkan analisa dan perancangan sistem pengolah data yang baik. Sistem pengolah data tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. dan harus menyampaikan perintah disposisi tersebut.

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. dan harus menyampaikan perintah disposisi tersebut. BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1. Analisis Dan Desain Sistem Berdasarkan hasil survey dan wawancara pada PDAM Surya Sembada Surabaya ditemukan prses bisnis dispsisi yang masih manual dalam hal pencatatan

Lebih terperinci

BAB IV METODE KERJA PRAKTEK. Sistem yang terdapat pada SMU Negeri 1 Sidoarjo khususnya pada

BAB IV METODE KERJA PRAKTEK. Sistem yang terdapat pada SMU Negeri 1 Sidoarjo khususnya pada BAB IV METODE KERJA PRAKTEK 4.1 Observasi Melakukan pengamatan secara langsung di SMU Negeri 1 Sidoarjo. Dari pengamatan tersebut dapat diperoleh data secara langsung dari karyawan bagian keuangan serta

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN 30 BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum proses analisa dilakukan, tahapan yang terlebih dahulu dilakukan adalah identifikasi permasalahan yang terdiri dari survey, wawancara

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Excel tanpa proses lebih lanjut. Sehingga dalam pencatatannya dapat terjadi

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Excel tanpa proses lebih lanjut. Sehingga dalam pencatatannya dapat terjadi BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Membuat Prosedur Kerja Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada saat kerja praktek di PT. Acatya Gading Bimata Surabaya, secara garis besar permasalahan yang ada dalam

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. kosong. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan berapa jumlah limit yang

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. kosong. Hal ini dapat digunakan untuk menentukan berapa jumlah limit yang BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN Pada puskesmas Kupang, sistem yang diperlukan oleh puskesmas adalah sistem yang dapat membantu dan memenuhi kebutuhan semua proses yang ada secara terkomputerisasi dengan baik

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. perusahaan. Data dan informasi tersebut diperoleh dari sumber terkait untuk

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. perusahaan. Data dan informasi tersebut diperoleh dari sumber terkait untuk BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Dalam pengumpulan data sebagai bahan penyusunan laporan kerja praktek, diperlukan adanya pengamatan data dan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Data dan informasi

Lebih terperinci