BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI"

Transkripsi

1 195 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak serta sumber daya manusia yanng diperlukan agar aplikasi penyewaan peralatan perfilman pada Daksa Sarana dapat berjalan dengan baik Kebutuhan Perangkat Keras Spesifikasi kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi penyewaan barang adalah sebagai berikut : a. Server Pentium IV 2,4 GHz RAM 512 MB Harddisk 80 GB Modem 56K atau kabel modem dan koneksi Internet b. Client Pentium III 1,2 GHz RAM 128 MB Harddisk 20 GB Modem 56K atau kabel modem dan koneksi Internet

2 Kebutuhan Perangkat Lunak Spesikasi kebutuhan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi penyewaan barang pada Daksa Sarana adalah sebagai berikut: a. Server i. PHP ii. Apache iii. MySQL iv. Browser : Internet Explorer 6.0 keatas b. Client i. Browser : Internet Explorer 6.0 keatas Jaringan Jaringan yang digunakan adalah jaringan Intranet yang telah tersedia pada Daksa Sarana. Sehingga untuk menjalankan aplikasi penyewaan barang ini cukup menggunakan jaringan yang telah tersedia. Untuk pemesanan secara online Daksa Sarana menggunakan Internet. Berikut merupakan gambar topologi jaringan pada Daksa Sarana :

3 197 Gambar 4.1 Topologi Jaringan Sumber Daya Manusia untuk Operasional Sistem Sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk operasional aplikasi penyewaan barang masih menggunakan sumber daya manusia yang ada sekarang ditambah dengan satu web administrator. Berikut merupakan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk operasional aplikasi :

4 198 a. Administrator Bertangggung jawab atas operasional aplikasi dan mempunyai akses penuh untuk melakukan penambahan dan perubahan data-data yang ada pada basis data. b. Web Administrator Bertanggung jawab atas operasional aplikasi penyewaan on-line dan mempunya akses penuh untuk melakukan penambaan dan perubahan datadata aplikasi penyewaan on-line. c. Staff Pengguna dari aplikasi penyewaan, mempunyai hak untuk melakukan penambahan data yang ada pada basis data Cara Instalasi Aplikasi Hal pertama yang dilakukan untuk menggunakan aplikasi penyewaan barang ini adalah melakukan instalasi PHP, Apache sebagai web server dan MySQL sebagai data base. Cara termudah unuk melakukan instalasi adalah dengan menggunakan PHP Triad. Dengan meng-install PHP Triad maka PHP, Apache dan MySQL akan langsung terinstall sehingga proses instalasi hanya dilakukan sekali. Kemudian masukan folder Daksa2006 ke dalam folder C:\apache\htdocs. Masukan juga folder basis data ke dalam C:\apache\mysql\data. Untuk aplikasi web, file-file aplikasi dan basis data di-upload ke dalam web server. Dan aplikasi siap digunakan.

5 Cara Penggunaan Aplikasi Aplikasi penyewaan barang pada Daksa Sarana terbagi atas aplikasi penyewaan barang yang ada pada sistem internal Daksa Sarana dan aplikasi penyewaan barang online melalui web Daksa Sarana Cara Penggunaan Aplikasi Penyewaan Barang Pada Daksa Sarana Pertama kali user harus memasukan username dan password agar dapat masuk ke dalam sistem. User yang berhasil login dapat menggunakan aplikasi tersebut sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab. Untuk lebih jelasnya tampilan layar aplikasi penyewaan barang yang ada pada Daksa Sarana sebagai berikut : Gambar 4.2 Tampilan Layar Login Tampilan Layar Login untuk memasukan username dan password agar dapat mengakses aplikasi. Tombol Login jik diklik akan mengklarifikasi username dan password. Jika

6 200 berhasil akan menuju Tampilan Layar Home. Jika gagal akan kembali ke Tampilan Layar Login. Gambar 4.3 Tampilan Layar Home Tampilan Layar Home menandakan apakah pengguna sudah melakukan login atau belum, disini juga terdapat link Logout. Jika link logout diklik session pengguna akan berakhir, dan akan kembali ke halaman Login.

7 201 Gambar 4.4 Tampilan Layar Order Tampilan Layar Order untuk menampilkan daftar pesanan yang masih aktif. Jika link View diklik maka akan menuju Tampilan Layar Order Detail. Jika link New Order diklik akan menuju Tampilan Layar New Order. Jika link Delivery Order diklik maka akan menuju Tampilan Layar Delivery Order. Jika link Received Order diklik maka akan menuju Tampilan Layar Received Order. Jika link Invoice diklik maka akan menuju Tampilan Layar Invoice. Jika link Quote diklik maka akan menuju Tampilan Layar Quote. Jika link Reports diklik maka akan menuju Tampilan Layar Report. Link Create csv File jika diklik akan menuju ke halaman Create csv File. Link Insert csv File jika diklik akan menuju ke halaman Insert csv File.

8 202 Gambar 4.5 Tampilan Layar New Order Tampilan Layar New Order adalah tampilan untuk mengisi pemesanan baru. Combobox Customer Name untuk memilih pelanggan yang sudah terdaftar. Link new customer jika diklik akan menuju Tampilan Layar Customer Input. Tombol Next jika diklik akan menuju Tampilan Layar Order.

9 203 Gambar 4.6 Tampilan Layar Order Items List Tampilan Layar Order Items List menampilkan data pelanggan beserta pesanan yang dipesannya. Jika link input item diklik maka akan menuju Tampilan Layar Input Item. Jika tombol Save Order diklik maka akan menyimpan pesanan yang sudah dipesan dan menuju Tampilan Layar Order.

10 204 Gambar 4.7 Tampilan Layar Order Input Item Tampilan Layar Order Input Item adalah untuk mengisi barang-barang apa saja yang akan dipesan oleh pelanggan. Diisi atau tidaknya textfield menentukan barang apa yang akan dipesan. Link extended jika diklik akan menampilkan daftar barang baru menurut baris barang tersebut beserta waktu peminjamannya. Tombol Add Selected Items jika diklik akan menuju Tampilan Layar Order Items List.

11 205 Gambar 4.8 Tampilan Layar Delivery Order Tampilan Layar Delivery Order menampilkan daftar delivery order yang masih aktif. Link kode delivery order jika diklik akan menuju Tampilan Layar Delivery Order Detail. Link print akan keluar jika delivery order sudah di submit. Jika link print diklik akan menuju Tampilan Layar Delivery Order Print.

12 206 Gambar 4.9 Tampilan Layar Delivery Order Detail Tampilan Layar Delivery Order Detail menampilkan daftar barang yang akan dikirim. Disini juga untuk menentukan barang yang akan dipinjam satuan menurut kode barangnya. Combobox item code untuk memilih kode barang dari barang sendiri maupun dari supplier. Pilihan yang ada merupakan barang-barang yang available dan pilihan yang sudah dibuat akan tersimpan. Tombol submit jika diklik akan mengubah status delivery order menjadi siap untuk di print.

13 207 Gambar 4.10 Tampilan Layar Delivery Order Print Tampilan Layar Delivery Order Print merupakan print preview dari Delivery Order. Jika tombol print diklik maka akan mencetak halaman ini.

14 208 Gambar 4.11 Tampilan Layar Receive Order Tampilan Layar Receive Order menampilkan daftar receive order yang masih aktif. Link kode receive order jika diklik akan menuju Tampilan Layar Receive Order Detail. Jika link print diklik akan menuju Tampilan Layar Receive Order Print.

15 209 Gambar 4.12 Tampilan Layar Receive Order Detail Tampilan Layar Receive Order Detail menampilkan daftar barang yang akan dikembalikan. Tombol submit jika diklik akan menuju Tampilan Layar Receive Order Print.

16 210 Gambar 4.13 Tampilan Layar Receive Order Print Tampilan Layar Receive Order Print merupakan print preview dari receive order. Jika tombol print diklik maka akan mencetak halaman ini.

17 211 Gambar 4.14 Tampilan Layar Invoice Tampilan Layar Invoice menampilkan daftar invoice yang masih aktif. Jika view print diklik akan menuju Tampilan Layar Invoice Print. Gambar 4.15 Tampilan Layar Invoice Print Tampilan Layar Invoice Print merupakan layar print preview. Jika tombol print diklik maka printer akan mencetak halaman ini.

18 212 Gambar 4.16 Tampilan Layar Quote Tampilan Layar Quote menampilkan daftar quote yang masih aktif. Link view jika diklik akan menuju Tampilan Layar Quote Detail. Jika link approve diklik akan mengubah status quote. Jika link delete diklik akan menghapus data quote.

19 213 Gambar 4.17 Tampilan Layar Quote Detail Tampilan Layar Quote Detail adalah informasi untuk mengetahui isi dari sebuah quotation, beserta informasi pemesannya. Didalamnya juga terdapat informasi harga barang yang dipesan, kalkulasi barang berdasarkan jumlah dan durasi, total harga barang, dan total keseluruhan harga setelah ditambah tax dan dikurangi diskon. Discount dan tax dapat diubah sesuai kebijakan. Untuk menyimpannya dapat diklik tombol submit. Jika link back diklik maka akan kembali kehalaman sebelumnya. Jika link print diklik akan menuju halaman Tampilan Layar Quote Print.

20 214 Gambar 4.18 Tampilan Layar Quote Print Tampilan Layar Quote Print merupakan layar print preview. Jika tombol print diklik maka akan mencetak halaman ini.

21 215 Gambar 4.19 Tampilan Layar Customer Tampilan Layar Customer menampilkan daftar customer yang sudah tercatat atau terdaftar. Jika link nama customer diklik maka akan menampilkan Tampilan Layar Customer Detail. Jika link add new customer diklik, maka akan menampilan Tampilan Layar Customer Input. Jika link Company diklik maka akan menampilkan Tampilan Layar Company. Link Create csv File jika diklik akan menuju ke halaman Create csv File. Link Insert csv File jika diklik akan menuju ke halaman Insert csv File.

22 216 Gambar 4.20 Tampilan Layar Customer Input Tampilan Layar Customer Input adalah untuk memasukan data customer. Jika tombol submit diklik maka akan memasukan data yang sudah diisi dalam textfield. Jika tombol reset diklik akan menghilangkan semua data di dalam textfield.

23 217 Gambar 4.21 Tampilan Layar Customer Detail Tampilan Layar Customer Detail menampilkan informasi dari customer berupa nama, alamat, kota, kode pos, , telepon, handphone, fax dan perusahaan. Jika link edit diklik maka akan menampilkan Tampilan Layar Customer Update. Jika link delete diklik maka akan menghapus data customer.

24 218 Gambar 4.22 Tampilan Layar Customer Update Tampilan Layar Customer Update adalah untuk memperbaiki informasi customer yang telah ada. Jika Tombol submit diklik maka akan menyimpan informasi customer yang baru.

25 219 Gambar 4.23 Tampilan Layar Company Tampilan Layar Company menampilkan daftar perusahaan customer yang sudah tercatat atau terdaftar. Jika link nama perusahaan diklik maka akan menampilkan Tampilan Layar Company Detail. Jika link add new company diklik, maka akan menampilan Tampilan Layar Company Input. Jika link Contact Person diklik maka akan menuju ke Tampilan Layar Customer.

26 220 Gambar 4.24 Tampilan Layar Company Input Tampilan Layar Company Input adalah untuk memasukan data perusahaan customer. Jika tombol submit diklik maka akan memasukan data yang sudah diisi dalam textfield. Jika tombol reset diklik akan menghilangkan semua data di dalam textfield.

27 221 Gambar 4.25 Tampilan Layar Company Detail Tampilan Layar Company Detail menampilkan informasi dari perusahaan customer berupa nama, alamat, kota, kode pos, ,telepon, telepon lainnya, handphone dan fax. Selain itu list dari pegawainya (pelanggan) juga ditampilkan disini. Jika link edit diklik maka akan menampilkan Tampilan Layar Customer Update. Jika link delete diklik maka akan menghapus data perusahaan.

28 222 Gambar 4.26 Tampilan Layar Company Update Tampilan Layar Company Update adalah untuk memperbaiki informasi yang terdapat dalam data perusahaan customer. Tombol submit jika diklik akan mengubah informasi perusahaan customer.

29 223 Gambar 4.27 Tampilan Layar Inventory Tampilan Layar Inventory menampilkan daftar barang-barang berdasarkan pada jenisnya. Jika diklik Inventory Management maka akan menuju Tampilan Layar Inventory Management. Dalam kolom Booking merupakan link yang jika diklik akan menuju ke layar Booking Detail. Gambar 4.28 Tampilan Layar Booking Tampilan Layar Booking menampilkan daftar barang-barang yang akan dipesan. Link Back jika diklik akan kembali ke halaman sebelumnya..

30 224 Gambar 4.29 Tampilan Layar Inventory Management Tampilan Layar Inventory Management menampilkan daftar barang persatuan. Jika link add new item diklik maka akan menuju halaman inventory input. Jika link delete diklik maka data tersebut akan dihapus.

31 225 Gambar 4.30 Tampilan Layar Item Input Tampilan Layar Item Input untuk memasukan data barang. Combobox Type untuk memilih kode jenis yang sudah terdaftar. Tombol submit jika diklik akan menyimpan data barang. Tombol reset jika diklik akan menghilangkan semua isi textfield.

32 226 Gambar 4.31 Tampilan Layar Supplier Tampilan Layar Supplier menampilkan daftar perusahaan Supplier yang sudah tercatat atau terdaftar. Jika link nama perusahaan diklik maka akan menampilkan Tampilan Layar Supplier Detail. Jika link add new supplier diklik, maka akan menampilan Tampilan Layar Supplier Input. Jika link Order Items diklik maka akan menuju ke Tampilan Layar Supplier.

33 227 Gambar 4.32 Tampilan Layar Supplier Order Items Tampilan Layar Supplier Order Items menampilkan daftar barang yang dipinjam dari supplier. Jika link add new order diklik maka akan menuju Tampilan Layar Supplier Item Input. Delete digunakan untuk menghapus data, dan Completed digunakan untuk memberi tanda bahwa barang yang dipinjam telah selesai dan sudah dikembalikan kepada supplier.

34 228 Gambar 4.33 Tampilan Layar Supplier Order Item Input Tampilan Layar Supplier Item Input adalah digunakan untuk melakukan peminjaman barang kepada pihak supplier. Combobox items untuk memilih kode jenis barang yang sudah terdaftar. Combobox Supplier untuk memilih Supplier. Combobox Do Number untuk memilih Do Number yang aktif. Jika tombol submit diklik maka akan memasukan data yang sudah diisi dalam textfield. Jika tombol reset diklik akan menghilangkan semua data di dalam textfield.

35 229 Gambar 4.34 Tampilan Layar Supplier Input Tampilan Layar Supplier Input adalah untuk memasukan data perusahaan supplier. Jika tombol submit diklik maka akan memasukan data yang sudah diisi dalam textfield. Jika tombol reset diklik akan menghilangkan semua data di dalam textfield.

36 230 Gambar 4.35 Tampilan Layar Supplier Detail Tampilan Layar Supplier Detail menampilkan informasi dari perusahaan customer berupa nama, alamat, kota, kode pos, ,telepon, handphone dan fax. Jika link edit diklik maka akan menampilkan Tampilan Layar Supplier Update. Jika link delete diklik maka akan menghapus data perusahaan supplier. Tabel dibawah menampilkan katalog barang yang dimiliki supplier tersebut. Tombol add new item digunakan untuk menambah data barang pada katalog ini. Tombol Edit digunakan untuk mengubah data katalog. Tombol delete digunakan untuk menghapus data barang pada catalogue.

37 231 Gambar 4.36 Tampilan Layar Supplier Update Tampilan Layar Supplier Update adalah untuk memperbaiki informasi yang terdapat dalam data perusahaan supplier. Tombol submit jika diklik akan mengubah informasi perusahaan supplier.

38 232 Gambar 4.37 Tampilan Layar Supplier Item Input Tampilan Layar Supplier Item Input adalah untuk memasukan data catalogue barang. Tombol submit jika diklik akan memasukan data ke dalam basis data.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dalam pengoperasian sistem basis data yang baru: : HP Deskjet 656c

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dalam pengoperasian sistem basis data yang baru: : HP Deskjet 656c BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Rencana Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Berikut adalah spesifikasi perangkat keras minimum yang dibutuhkan dalam pengoperasian sistem basis data yang

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki yaitu : Monitor : SVGA 17. : Optical Mouse.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki yaitu : Monitor : SVGA 17. : Optical Mouse. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi perangkat keras yang direkomendasikan untuk menerapkan sistem aplikasi basis data pada CV. Lumbung Rejeki

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Kebutuhan Sumber Daya Sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem inventaris perangkat keras di PT. Kartika Buana Ayu (pihak pengelola gedung

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Gambar L.1 Halaman Login. Pada layar ini user diminta untuk memasukkan UserID dan Password. Layar ini

LAMPIRAN. Gambar L.1 Halaman Login. Pada layar ini user diminta untuk memasukkan UserID dan Password. Layar ini L1 LAMPIRAN Petunjuk Pemakaian Aplikasi - Halaman Login Gambar L.1 Halaman Login Pada layar ini user diminta untuk memasukkan UserID dan Password. Layar ini berfungsi untuk membatasi hak akses user ke

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Sistem

Petunjuk Pemakaian Sistem Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian sistem dari aplikasi pengiriman barang PT. Buana Resota. Aplikasi ini dimulai dengan membuka browser, kemudian memasukkan alamat website.

Lebih terperinci

Halaman View Invoice. Berikut ini adalah rancangan untuk layar View Invoice:

Halaman View Invoice. Berikut ini adalah rancangan untuk layar View Invoice: 360 4.3.3.86 Halaman View Invoice Berikut ini adalah rancangan untuk layar View Invoice: Gambar 4.129 Halaman View Invoice Halaman ini berfungsi untuk menampilkan Invoice yang ada pada PT. Bina karakter

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sarana-sarana yang dibutuhkan dalam mengoperasikan sistem pemesanan dan laporan penjualan yang telah dibuat ini dapat dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI

BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI 81 BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI 5.1 Implementasi Sistem Implementasi adalah tahap penerapan dan sekaligus pengujian bagi sistem berdasarkan hasil analisa dan perancangan yang telah dilakukan pada

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Kebutuhan Pengembangan Sistem. mengembangkan sistem pemesanan berbasis web ini terdiri atas kebutuhan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Kebutuhan Pengembangan Sistem. mengembangkan sistem pemesanan berbasis web ini terdiri atas kebutuhan BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Kebutuhan Sistem 4.1.1. Kebutuhan Pengembangan Sistem Pada tahap pengembangan sistem, hal-hal yang dibutuhkan dalam mengembangkan sistem pemesanan berbasis web ini

Lebih terperinci

Prosedur Menjalankan Aplikasi

Prosedur Menjalankan Aplikasi Prosedur Menjalankan Aplikasi 1. Install & Jalankan Xampp. 2. Masukan folder yang berisikan data aplikasi(php,css) kedalam folder htdocs, yang berada di dalam folder xampp. 3. Kemudian buka browser anda

Lebih terperinci

Gambar Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua)

Gambar Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua) Gambar 4.149 Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua) 270 Gambar 4.150 Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Cek) 271 Gambar 4.151 Rancangan Layar Halaman Nilai Guru 272 Gambar 4.152 Rancangan Layar

Lebih terperinci

BAB 5 IMPLEMENTASI. Gambar 5.1 Arsitektur Jaringan. diimplementasikan pada lebih dari satu komputer dengan satu server. Di

BAB 5 IMPLEMENTASI. Gambar 5.1 Arsitektur Jaringan. diimplementasikan pada lebih dari satu komputer dengan satu server. Di BAB 5 IMPLEMENTASI 5.1 Implementasi 5.1.1 Spesifikasi perangkat keras Gambar 5.1 Arsitektur Jaringan Gambar jaringan di atas menggambarkan bahwa aplikasi ini akan diimplementasikan pada lebih dari satu

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Infrastruktur Aplikasi Verifikasi Warkat Berbasis Website Setelah melakukan analisis dan perancangan diharapkan agar aplikasi yang telah dibuat dapat menjadi solusi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Implementasi adalah sebuah tahap dimana analisa dan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya dijalankan. Pada tahap ini perangkat keras dan perangkat lunak

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.1 Deskripsi Umum Perangkat Lunak Sistem informasi kost di sekitar Universitas Sebelas Maret ini memberikan informasi tentang kost kepada mahasiswa Universitas Sebelas

Lebih terperinci

Gambar Halaman Account Receivable Insert Sales Return Detail Tampilan halaman edit sama dengan tampilan halaman insert, tetapi ID tidak dapat

Gambar Halaman Account Receivable Insert Sales Return Detail Tampilan halaman edit sama dengan tampilan halaman insert, tetapi ID tidak dapat 454 Gambar 5.75 - Halaman Account Receivable Insert Sales Return Detail Tampilan halaman edit sama dengan tampilan halaman insert, tetapi ID tidak dapat diedit. Tombol view detail untuk melihat isi lengkap

Lebih terperinci

tentang perubahan kondisi aplikasi dijalankan :

tentang perubahan kondisi aplikasi dijalankan : 253 Gambar 4.22 Halaman Ganti Password Halaman ini digunakan oleh semua pengguna aplikasi ini untuk menggantikan kode sandi pengaksesan aplikasi. Dengan memasukkan kode sandi lama, kemudian memasukkan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sumber Daya yang Dibutuhkan Kebutuhan Perangkat Keras

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sumber Daya yang Dibutuhkan Kebutuhan Perangkat Keras BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1 Sumber Daya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan suatu perangkat lunak yang dibangun sebagai solusi pada PT.Andalan Express Utama, diperlukan

Lebih terperinci

BAB 4 RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN. perusahaan saat ini, maka diusulkan adanya sistem yang baru. Sistem yang diusulkan

BAB 4 RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN. perusahaan saat ini, maka diusulkan adanya sistem yang baru. Sistem yang diusulkan 57 BAB 4 RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN 4.1 Usulan Prosedur Yang Baru Setelah menganalisis permasalahan-permasalahan yang dialami oleh perusahaan saat ini, maka diusulkan adanya sistem yang baru. Sistem

Lebih terperinci

Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa.

Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa. 142 Gambar 4.15 Tampilan Halaman Absensi Kelas Tampilan Halaman Absensi Kelas akan menampilkan data-data siswa pada kelas yang dipilih. Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa. Link

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai 72 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN Bab ini berisi tentang hasil desain program sistem informasi perpustakaan pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai spesifikasi hardware

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Setelah melakukan analisis dan perancangan terhadap situs web yang akan dibangun, tahapan selanjutnya adalah implementasi dan pengujian. Pada tahapan

Lebih terperinci

Batal mengisi data pelanggan. Jika tombol update barang diterima ditekan. Tampilkan layar update status penerimaan barang

Batal mengisi data pelanggan. Jika tombol update barang diterima ditekan. Tampilkan layar update status penerimaan barang 296 Balik kelayar pelanggan pada menu Penjualan Batal mengisi data pelanggan Balik kelayar pelanggan pada menu penjualan Jika tombol update status bayar ditekan Tampilkan layar update status bayar Jika

Lebih terperinci

Halaman Login Halaman Staff

Halaman Login Halaman Staff 1. Pada saat aplikasi dijalankan, maka pertama kali akan muncul halaman login, dimana user harus memasukkan kode staff dan password untuk dapat masuk ke halaman utama. Halaman Login 2. Halaman Login merupakan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI. dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi

BAB IV IMPLEMENTASI. dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi 62 BAB IV IMPLEMENTASI 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Jadwal Implementasi Penerapan aplikasi ini terdiri dari beberapa tahapan berkelanjutan, dengan penjadwalan yang dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap ini merupakan tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Untuk menjalankan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup spesifikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup spesifikasi BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Sistem Dalam melakukan implementasi suatu sistem perlu diperhatikan spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Aplikasi Tahap ini merupakan pembuatan perangkat lunak yang disesuaikan dengan rancangan atau desain sistem yang telah dibuat. Aplikasi yang dibuat akan diterapkan

Lebih terperinci

Bab 4 Implementasi dan Evaluasi

Bab 4 Implementasi dan Evaluasi Bab 4 Implementasi dan Evaluasi 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam melakukan implementasi dan evaluasi sistem informasi berbasis web pada

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam melakukan implementasi dan evaluasi sistem informasi berbasis web pada BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi 4.1.1. Kebutuhan Sumber Daya Dalam melakukan implementasi dan evaluasi sistem informasi berbasis web pada PT. PETROENERGI PROMOUTAMA ini, perlu disiapkan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4. 1 Implementasi Sistem Atau Aplikasi 4. 1. 1 Spesifikasi Sistem Aplikasi pengolahan jurnal online berbasis web dibuat dengan menggunakan bahasa PHP 5.0 sebagai

Lebih terperinci

Gambar 1 Layar Login. - Pada halaman ini, user diharuskan menginput username dan password. - Klik tombol login. Gambar 2 Layar Main Menu

Gambar 1 Layar Login. - Pada halaman ini, user diharuskan menginput username dan password. - Klik tombol login. Gambar 2 Layar Main Menu Untuk menjalankan aplikasi sistem basis data pada PT. Global Mandiri Transindo ini, dimulai dengan : 1) Membuka browser 2) Buka link http://localhost/gmt/index.php 1. Gambar 1 Layar Login 2. - Pada halaman

Lebih terperinci

IF SearchButton Student diklik THEN. IF Tombol Submit Student diklik THEN. Tampilkan Pesan You have to input remark. Tampilkan Modul Attendance

IF SearchButton Student diklik THEN. IF Tombol Submit Student diklik THEN. Tampilkan Pesan You have to input remark. Tampilkan Modul Attendance IF UsernameInput == Username && PasswordInput == Password THEN Simpan UserType Validasi Sukses ELSEIF UsernameInput!= Username PasswordInput!= Pasword THEN Validasi = error ENDIF 3. Modul Attendance //Mencari

Lebih terperinci

Gambar Login form

Gambar Login form PROSEDUR PENGGUNAAN PROGRAM DAN FUNGSI Pada sub bab ini, menjelaskan tentang prosedur dan petunjuk penggunaan aplikasi yang telah dibat. Adapun petunjuk dan prosedur yang dibuat meliputi gambar screenshoot

Lebih terperinci

b. Spesifikasi komputer yang disarankan pada client Processor : Intel Pentium IV 1,8 Ghz

b. Spesifikasi komputer yang disarankan pada client Processor : Intel Pentium IV 1,8 Ghz 212 b. Spesifikasi komputer yang disarankan pada client Processor : Intel Pentium IV 1,8 Ghz Memory (RAM) : 256 MB Hard Disk : 40 GB 4.2.2 Perangkat Lunak yang dibutuhkan a. Perangkat lunak yang digunakan

Lebih terperinci

ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB

ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB Pendahuluan AL-QUR AN WEB adalah program aplikasi pencarian ayat-ayat Al-Qur an berbasis web. Untuk dapat mengakses program maka user perlu menggunakan internet browser dan mengunjungi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Pada bab ini akan dijelaskan implementasi dari Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian kinerja yang sudah dibangun 5.1 Lingkungan Implementasi Lingkungan implementasi meliputi

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM. Berikut ini merupakan tampilan user interface beserta keterangan dari user interface bersangkutan

PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM. Berikut ini merupakan tampilan user interface beserta keterangan dari user interface bersangkutan PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM Berikut ini merupakan tampilan user interface beserta keterangan dari user interface bersangkutan 1. User Interface Login Gambar User Interface Login Keterangan : Ini adalah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Sistem BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisa dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri. Manual Book. Sistem Informasi Database Resources Balai. .Versi 1.0

Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri. Manual Book. Sistem Informasi Database Resources Balai. .Versi 1.0 Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri Manual Book Sistem Informasi Database Resources Balai.Versi 1.0 12 ii MANUAL BOOK SISTEM APLIKASI DATABASE RESOURCES BALAI Pendahuluan Database Pemetaan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi minimum sebagai berikut: Server yang dibutuhkan sebagai Internet gateway di PT.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi minimum sebagai berikut: Server yang dibutuhkan sebagai Internet gateway di PT. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Sumber Daya yang Dibutuhkan 4.1.1.1 Kebutuhan Perangkat Keras Dalam membangun sistem ini, dibutuhkan kebutuhan perangkat keras dengan spesifikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. tampilan layar sistem ERP CV.Gracia Jaya beserta prosedur penggunaannya

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. tampilan layar sistem ERP CV.Gracia Jaya beserta prosedur penggunaannya BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Prosedur Umum Pengunaan Sistem Sistem ERP yang di rancang pada CV.Gracia Jaya terdiri dari beberapa modul besar seperti Master, Inventory, Keuangan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program sistem administrasi pendaftaran mahasiswa baru pada

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program sistem administrasi pendaftaran mahasiswa baru pada BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program sistem administrasi pendaftaran mahasiswa baru pada bagian

Lebih terperinci

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Aplikasi Pendukung Untuk Menjalankan Website 1. Browser (Chrome, Mozilla Firefox, etc) 2. Xampp Versi 3.2.1 Xampp dibutuhkan apabila mengakses website dalam server local. Berikut

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Berikut ini adalah implementasi dalam pembuatan sistem yang diajukan. 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Berikut ini adalah spesifikasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka 47 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka dihasilkan suatu aplikasi pengolahan data service pada CV. Salsabila Multi Jasa Palembang, adapun

Lebih terperinci

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser 4.3.4 Petunjuk Pemakaian Sistem Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser yang terhubung dengan internet. Berikut ini adalah detail prosedur pemakaian dari aplikasi tersebut.

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Installasi Program Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu komponen-komponen utama komputer yang mendukung setiap proses harus sudah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1. Implementasi Sistem Pada bab ini akan dilakukan implementasi dan pengujian terhadap sistem, implementasi merupakan penerapan dari proses sebelumnya yaitu proses

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Tahap ini merupakan pembuatan perangkat lunak yang disesuaikan dengan rancangan atau desain sistem yang telah dibuat. Aplikasi yang dibuat akan

Lebih terperinci

Manual Book Website Adverse Drug Report

Manual Book Website Adverse Drug Report Manual Book Website Adverse Drug Report Latar Belakang... 3 Maksud dan Tujuan... 3 Solusi... 3 Tahapan - tahapan pembangunan... 3 Deskripsi Umum Sistem... 4 Spesifikasi Sistem... 16 Latar Belakang Perkembangan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Setelah melakukan perancangan dan pengembangan untuk solusi yang diusulkan, maka dilakukan implementasi dari sistem yang telah dibangun tersebut.

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Sistem Implementasi dilakukan setelah Bab 3 yaitu perancangan dan pembuatan program telah selesai dilakukan. Implementasi ini akan dilakukan sebagai

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 141 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Perancangan Aplikasi 1. Form Login Form Login ini muncul pertama kali saat aplikasi dijalankan. Untuk menjaga keamanan pengaksesan informasi, hanya mereka yang memiliki

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: : Intel Core 2. 1 Ghz. : 1024 MB 133 Mhz

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: : Intel Core 2. 1 Ghz. : 1024 MB 133 Mhz BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Implementasi 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras untuk Server: Processor Memory Harddisk Space : Intel Core 2. 1 Ghz : 1024 MB 133 Mhz : 80 GB SCSI 4.1.2 Spesifikasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. IMPLEMENTASI SISTEM Implementasi menajemen sistem purchase order sparepart kendaraan ini membutuhkan beberapa perangkat lunak serta spesifikasi hardware yang mendukung.

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Penjelasan hardware/software

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Penjelasan hardware/software BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Installasi Program Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu komponen-komponen utama komputer yang mendukung setiap proses harus

Lebih terperinci

BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SITEM. metode pengujian dan pelaksanaan pengujian.

BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SITEM. metode pengujian dan pelaksanaan pengujian. BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SITEM 5.1. Pengujian Pengujian merupakan metode yang dilakukan untuk menjelaskan mengenai pengoperasian perangkat lunak yang terdiri dari perangkat pengujian, metode pengujian

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap perancangan dalam pembuatan program merupakan suatu hal yang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap perancangan dalam pembuatan program merupakan suatu hal yang 91 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM Tahap perancangan dalam pembuatan program merupakan suatu hal yang sangat penting, karena didalam perancangan tersebut terdapat elemen-elemen yang mewakili isi

Lebih terperinci

Mengacu kepada PIN Nr.: 019/2011 tentang "PROCEDURE CORPORATE ONLINE BOOKING GARUDA"

Mengacu kepada PIN Nr.: 019/2011 tentang PROCEDURE CORPORATE ONLINE BOOKING GARUDA Mengacu kepada PIN Nr.: 019/2011 tentang "PROCEDURE CORPORATE ONLINE BOOKING GARUDA" DAFTAR ISI A. PENDAHULUAN... 1 B. TAHAPAN PEMBELIAN TIKET... 1 C. PRIVILEGE... 2 D. AKSES COS... 2 1. AKSES INTERNET...

Lebih terperinci

USER MANUAL UM 17.C - E-Catalog Vendor [Untuk Vendor ]

USER MANUAL UM 17.C - E-Catalog Vendor [Untuk Vendor ] USER MANUAL UM 17.C - E-Catalog Vendor [Untuk Vendor ] 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 I. Login & Pengaturan Akun... 3 1.1 Login Vendor... 3 1.2 Lupa Password... 5 1.3 Mengubah Username dan Password... 7

Lebih terperinci

Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya

Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya dapat dilihat bersamaan dengan tampilan

Lebih terperinci

Trouble Ticket Management Manual PT. Intercontinental Network Communucation

Trouble Ticket Management Manual PT. Intercontinental Network Communucation Trouble Ticket Management Manual PT. Intercontinental Network Communucation Aplikasi Trouble Ticket Management dibuat dengan maksud untuk memberikan instruksi atau informasi kepada user yang ada diperusahaan

Lebih terperinci

5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pada bab lima ini akan menjelaskan mengenai implementasi dan pengujian dari sistem yang dibuat. Implementasi dan pengujian sistem ini meliputi lingkungan hardware dan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Sistem Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP yang berjalan diatas protokol HTTP. Proses implementasi ini tidak berjalan apabila tidak

Lebih terperinci

Persiapan Hardware dan Software Implementasi Basis Data Pemasangan (Instalasi) Konversi Data Pelatihan Evaluasi. Tabel 4.40 Rencana Implementasi

Persiapan Hardware dan Software Implementasi Basis Data Pemasangan (Instalasi) Konversi Data Pelatihan Evaluasi. Tabel 4.40 Rencana Implementasi 229 4.5 Rencana Implementasi 4.5.1 Jadwal rencana Implementasi Kegiatan Persiapan Hardware dan Software Implementasi Basis Data Pemasangan (Instalasi) Konversi Data Pelatihan Evaluasi M inggu Ke- 1 2 3

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sumber Daya yang Dibutuhkan Kebutuhan Perangkat Keras. b. Hardisk minimum 80GB. c. Memory 512MB.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sumber Daya yang Dibutuhkan Kebutuhan Perangkat Keras. b. Hardisk minimum 80GB. c. Memory 512MB. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Sumber Daya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan sistem yang akan dijalankan, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus disiapkan. Kebutuhankebutuhan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM. analisis dan perancangan dijadikan acuan dalam pembuatan kode program. Pada

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM. analisis dan perancangan dijadikan acuan dalam pembuatan kode program. Pada BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM 4.1 Implemetasi Sistem Implementasi sistem merupakan tahap meletakan sistem supaya dapat siap untuk dioperasikan. Implementasi merupakan tahap pengembangan dimana hasil analisis

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Penerapan aspek Teknologi Informasi dalam bentuk sebuah website merupakan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Penerapan aspek Teknologi Informasi dalam bentuk sebuah website merupakan 138 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Penerapan aspek Teknologi Informasi dalam bentuk sebuah website merupakan solusi dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pihak PT. Karyananda

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Pembangunan Sistem Pembanguna sistem dari aplikasi dimulai dari instalasi aplikasi server dan membuat kebutuhan data seperti data anggota, data pengguna, data transaksi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA SISTEM. Aplikasi Sistem Penerimaan Karyawan dibuat berbasis web dengan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA SISTEM. Aplikasi Sistem Penerimaan Karyawan dibuat berbasis web dengan BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA SISTEM 4.1. Analisa Kebutuhan Sistem Aplikasi Sistem Penerimaan Karyawan dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 1.5 dan database MySQL. Dalam

Lebih terperinci

MANUAL REGISTRASI INSTITUSI

MANUAL REGISTRASI INSTITUSI MANUAL REGISTRASI INSTITUSI Copyright 2016 Simian Group. All rights reserved. PARTICIPANT REGISTRATION LOGIN FORM Untuk bisa mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh APRDI anda harus jadi terdaftar menjadi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 85 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Instalasi Software Dalam penulisan tugas akhir ini, pembuatan program dibuat menggunakan aplikasi pendukung seperti : Web Server, aplikasi pengolahan monitoring

Lebih terperinci

Setting local IP address dan subnet mask dari VoIP Gateway tersebut. Berikut adalah cara mengkonfigurasi modem ADSL:

Setting local IP address dan subnet mask dari VoIP Gateway tersebut. Berikut adalah cara mengkonfigurasi modem ADSL: 113 Masukkan username dan password Gambar 4.45 Konfigurasi VoIP Gateway 3 Setting service DHCP untuk membagikan IP ke komputer yang terkoneksi ke port LAN VoIP Gateway Setting local IP address dan subnet

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. selanjutnya yaitu tahap implementasi. Pada bab ini akan dibahas mengenai

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. selanjutnya yaitu tahap implementasi. Pada bab ini akan dibahas mengenai 50 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Aplikasi Setelah dilakukan tahap analisis dan perancangan pada bab III, maka tahap selanjutnya yaitu tahap implementasi. Pada bab ini akan dibahas

Lebih terperinci

MANUAL INPUT SPP. APLIKASI SPP Online

MANUAL INPUT SPP. APLIKASI SPP Online MANUAL INPUT SPP APLIKASI SPP Online DIREKTORAT KEUANGAN ITB 2016 Daftar Isi 1 Mengakses Aplikasi... 1 2 Masuk Aplikasi... 1 3 Input SPP... 2 3.1 Pengisian Kode File, No. PO, dan No. Release... 10 3.2

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 SKENARIO PENGGUNAAN APLIKASI CORE ERP 2 LAMPIRAN

LAMPIRAN 1 SKENARIO PENGGUNAAN APLIKASI CORE ERP 2 LAMPIRAN LAMPIRAN 1 SKENARIO PENGGUNAAN APLIKASI CORE ERP 2 LAMPIRAN 1. Login Page Gambar diatas merupakan tampilan awal pada saat Anda membuka aplikasi Core ERP 2, dimana user diminta untuk memasukan username

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi tersebut mencakup perangkat lunak (software) dan perangkat keras

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi tersebut mencakup perangkat lunak (software) dan perangkat keras BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Dalam menjalankan suatu sistem perlu diperhatikan sistem spesifikasi apa saja yang dapat menunjang berjalannya sistem agar berjalan secara optimal. Dimana

Lebih terperinci

BAB IV PERANCANGAN USER INTERFACE

BAB IV PERANCANGAN USER INTERFACE BAB IV PERANCANGAN USER INTERFACE 4.1 Perancangan Arsitektur Sistem Perancangan arsitektur adalah pola keterhubungan antara spesifikasi hardware dan komunikasi data yang terjadi dalam sistem. Berikut digambarkan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Sistem Spesifikasi sistem dibagi menjadi dua, yaitu spesifikasi perangkat keras dan spesifikasi perangkat lunak. Perangkat keras dibagi menjadi perangkat

Lebih terperinci

Prosedur Penggunaan Aplikasi. 1. Prosedur Penggunaan Aplikasi Client. a. Menu Utama

Prosedur Penggunaan Aplikasi. 1. Prosedur Penggunaan Aplikasi Client. a. Menu Utama Prosedur Penggunaan Aplikasi 1. Prosedur Penggunaan Aplikasi Client a. Menu Utama Gambar Tampilan Menu Utama Ketika pelanggan ingin memesan makanan, pelanggan pertama kali akan dihadapkan dengan Menu Utama

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Gambar 4.1 Skema Implementasi Sistem

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Gambar 4.1 Skema Implementasi Sistem BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Bab ini berisi tentang implementasi dan evaluasi dalam pengembangan aplikasi berbasis web. Langkah-langkah pengerjaan yang dilakukan pada bab ini akan ditunjukkan pada

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... 2 PENDAHULUAN... 5 PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN... 6 CARA MEMBUKA SITUS... 7 MENU BUKU PELAUT A. GENERAL User Profile...

DAFTAR ISI... 2 PENDAHULUAN... 5 PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN... 6 CARA MEMBUKA SITUS... 7 MENU BUKU PELAUT A. GENERAL User Profile... Halaman 1 Halaman 2 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 PENDAHULUAN... 5 PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN... 6 CARA MEMBUKA SITUS... 7 MENU BUKU PELAUT... 12 A. GENERAL... 14 1. User Profile... 14 2. Change Password...

Lebih terperinci

Gambar 4.13 STD Layar Menu Project Level Akses 4 dan Level Akses 3. Gambar 4.14 STD Layar Menu Project Level Akses 2 dan Level Akses 1

Gambar 4.13 STD Layar Menu Project Level Akses 4 dan Level Akses 3. Gambar 4.14 STD Layar Menu Project Level Akses 2 dan Level Akses 1 151 Gambar 4.13 STD Layar Menu Project Level Akses 4 dan Level Akses 3 Gambar 4.14 STD Layar Menu Project Level Akses 2 dan Level Akses 1 152 Gambar 4.15 STD Layar Karyawan level akses 1 Gambar 4.16 STD

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Pada tahap ini merupakan langkah dimana setelah perancangan, pembangunan, dan pengujian maka tahap selanjutnya yaitu mengimplementasikan sebuah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi merupakan tahapan penerapan dan pengujian dan aplikasi yang sudah dirancang. Penerapan rancangan yang telah dibuat dituangkan

Lebih terperinci

BAB 5 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam menjalankan aplikasi target letter ini dibutuhkan perangkat keras yang

BAB 5 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam menjalankan aplikasi target letter ini dibutuhkan perangkat keras yang BAB IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Spesifikasi Perangkat Keras Dalam menjalankan aplikasi target letter ini dibutuhkan perangkat keras yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja dari aplikasi ini, sehingga aplikasi

Lebih terperinci

Gambar 4.63 Login Form

Gambar 4.63 Login Form Storyboard Pada awalnya, sebelum memulai program, user harus melakukan login terlebih dahulu. Login dari user akan sangat berpengaruh terhadapt hak akses yang akan dia dapatkan. Jika user adalah bagian

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Implementasi merupakan tahapan penerapan sebuah program dalam pembangunan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Implementasi merupakan tahapan penerapan sebuah program dalam pembangunan BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Implementasi merupakan tahapan penerapan sebuah program dalam pembangunan sistem. Implementasi dibuat berdasarkan hasil suatu analisis serta desain yang

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM DAN PENGUJIAN 77 BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Pada tahap implementasi, merupakan tahapan penerapan dan pengujian dari portal informasi yang sudah dirancang. Penerapan rancangan yang

Lebih terperinci

U U U UC-17 Skenario normal I Skenario alternatif I

U U U UC-17 Skenario normal I Skenario alternatif I 6 6.1 Rencana dan Prosedur 6.1.1 Rencana Rencana pengujian dibuat berdasarkan skenario use case yang terdefinisi pada Subbab 2.3.4. Rencana pengujian dapat dilihat pada Tabel 6-1. Tabel 6-1 Rencana Use

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Kebutuhan Perangkat Keras Agar aplikasi dapat dijalankan dengan lancar, diperlukan spesifikasi standar dari suatu perangkat keras. Ada beberapa spesifikasi

Lebih terperinci

USER MANUAL E CHARTERING UNTUK PENYEDIA JASA (SHIP OWNER / SHIP BROKER)

USER MANUAL E CHARTERING UNTUK PENYEDIA JASA (SHIP OWNER / SHIP BROKER) USER MANUAL E CHARTERING UNTUK PENYEDIA JASA (SHIP OWNER / SHIP BROKER) CHARTERING COMMERCIAL SHIPPING MARKETING & TRADING DIRECTORATE 2014 User Manual E-Chartering Untuk Penyedia Jasa (Ship Owner/Ship

Lebih terperinci

Gambar 4.21 UI Storyboard Menu Login dan Tampilan Awal

Gambar 4.21 UI Storyboard Menu Login dan Tampilan Awal 1 4.1.1. User Interface Storyboard User interface (UI) storyboard merupakan penggambaran dari navigasi desain sistem yang diusulkan. Penggambaran ini dipergunakan sebagai panduan alur dari tampilan pada

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Pada implementasi sistem ini akan dijelaskan implementasi dari aplikasi sistem yang dari ruang implementasi, pengkodean dan interface dari aplikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Web wizard akan ditempatkan pada server yang merupakan sebuah proxy server

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Web wizard akan ditempatkan pada server yang merupakan sebuah proxy server BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Web wizard akan ditempatkan pada server yang merupakan sebuah proxy server yang bersifat coresident server pada sebuah jaringan lokal. Dalam hal ini, server

Lebih terperinci

BAB IV PERANCANGAN. Daftar Account Customer. Pesan LOGIN GAGAL! Ulangi Lagi. Input Booking Service. Simpan Data ke Database. Cetak Nota Boking Service

BAB IV PERANCANGAN. Daftar Account Customer. Pesan LOGIN GAGAL! Ulangi Lagi. Input Booking Service. Simpan Data ke Database. Cetak Nota Boking Service BAB IV PERANCANGAN 4.1 Perancangan Algoritma 4.1.1 Algoritma Pemesanan Servis Start Login Punya Account User? Daftar Account Y Input Login T Pesan LOGIN GAGAL! Ulangi Lagi Tampil Halaman Utama Input Data

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan P3SWOT Online

Petunjuk Penggunaan P3SWOT Online 2010 Petunjuk Penggunaan P3SWOT Online DAFTAR ISI DAFTAR ISI... ii PENDAHULUAN... 1 MENGAKSES APLIKASI... 1 MENU UTAMA... 1 A. Home... 1 B. Syarat... 2 C. Petunjuk... 2 D. FAQ... 2 E. Statistik... 3 F.

Lebih terperinci

Gambar Halaman File Download (buat baru/edit) (Admin) Gambar di atas merupakan halaman file download untuk admin.

Gambar Halaman File Download (buat baru/edit) (Admin) Gambar di atas merupakan halaman file download untuk admin. 274 Gambar 4.176 Halaman File Download (buat baru/edit) (Admin) Gambar di atas merupakan halaman file download untuk admin. Pada menu file download (buat baru/edit) diatas digunakan untuk menambah atau

Lebih terperinci