BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut adalah spesifikasi

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut adalah spesifikasi"

Transkripsi

1 105 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Dalam implementasi, sistem solusi yang dikembangkan dibangun dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut adalah spesifikasi minimum sistem solusi yang direkomendasikan berdasarkan pengujian yang telah dilakukan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Keras Spesifikasi minimum perangkat keras sistem mobile , antara lain: Processor RAM Harddisk : Pentium 4 1,8 GHz : 512 MB : 10 GB SMS Gateway : itegno Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Kebutuhan perangkat lunak yang digunakan untuk sistem mobile , antara lain: Sistem Operasi Sistem Basis Data : MS Windows XP : MySQL Database server versi 4.0.x MySQL Administrator 1.0.x E Mail Client : Microsoft Outlook

2 106 SMS Gateway : Gammu Bahasa pemrograman : Visual Studio Prosedur Operasional Spesifikasi Uji coba Sistem Mobile Pada tahap implementasi, spesifikasi sistem yang digunakan adalah sebagai berikut: Processor RAM Harddisk : Pentium 4 2,4 GHz : 1GB : 160GB SMS Gateway : itegno 3000 Gammu Sistem Operasi Sistem Basis Data : MS Windows XP : MySQL Database server versi a MySQL Administrator E Mail Client : Microsoft Outlook 2003 Bahasa pemrograman : Visual Studio 2003 Pada persiapan awal, hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk komputer uji coba adalah: Proses instalasi Microsoft Exchange Server pada virtual machine komputer yang terkait. Kemudian, konfigurasi sistem Microsoft Exchange Server yang perlu dilakukan.

3 107 Instalasi Microsoft Outlook pada komputer user Instalasi bahasa pemrograman Visual Studio MySQL Langkah langkah instalasi dan konfigurasi sistem terdiri dari beberapa langkah yaitu : Instalasi dan konfigurasi MySQL Database server versi a Untuk installasi database server MySQL, file instalasi terbaru (versi 4.0.x) untuk platform Win32 dapat didownload dari situs atau file: mysql a-win.zip, yang disertakan dalam paket ini, dapat digunakan. Berikut adalah petunjuk instalasinya : - Extract terlebih dahulu file mysql a-win32.zip dahulu lalu double click setup.exe. - Pilih next lalu untuk tipe installasi pilih complete - Pilih button install - Pada login account mysql pilih skip sign-up - Setelah instalasi selesai, untuk melakukan konfigurasi langsung pilih configure the mysql server now lalu finish. Untuk konfigurasi dari MySQL, langkah langkahnya : - Pilih next untuk masuk ke dalam konfigurasi - Untuk tipe konfigurasi, pilih detailed configuration - Untuk pemanfaatan MySQL, pilih developer machine - Untuk tipe database, pilih multifunctional database

4 108 - Untuk tempat meletakkan konfigurasi, pilih drive C tempat installlation path - Untuk kegunaan MySQL, pilih decision support (dss)/olap - Kemudian pilih, enable tcp/ip networking dan port number Untuk tipe karakter, pilih standard character set - Pilih installl as windows service lalu pilih launch the mysql server automatically - Pada modify security settings, jika password untuk root tidak diisi atau dibuat kosong, hapus pilihan untuk modifikasi security. Jika password diisi, harap dicatat dan diingat dengan baik. - Pilih next lalu execute Installasi dan konfigurasi MySQL Administrator Langkah langkah untuk instalasi MySQL Administrator , yakni : - Double click pada mysql-administrator win.msi - Pilih I accept the terms in the license agreement lalu next - Pilih folder tempat instalasi lalu next - Pilih tipe instalasi complete lalu next - Pilih install - Pilih finish

5 109 Langkah langkah untuk konfigurasi MySQL Administrator , yakni : - Jalankan file exe dari MySQL Administrator Isi username dan password dari MySQL lalu tekan OK - Click restore - Lalu click button Open backup file - Pilih database yang akan direstore. File database ini telah disertakan bersama dengan program - Lalu click tombol Open dan Start Restore. - Setelah database selesai di-restore click tombol Close Microsoft Outlook 2003 Hal-hal yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan Microsoft Outlook 2003, yaitu: 1. instalasi Microsoft Outlook 2003 Masukkan dan jalankan CD Office 2003 Pilih program Outlook 2003 untuk di-install lalu tekan tombol install Proses instalasi akan berjalan dan setelah program instalasi selesai dilakukan jawab "OK" untuk pertanyaan "Microsoft Office 2003 has been updated successfully."

6 konfigurasi Microsoft Outlook 2003: Setelah anda melakukan instalasi Outlook pada computer client, anda akan diminta untuk mengkonfigurasi saat pertama kali membukanya. Pilihlah yes untuk pertanyaan "Would you like to configure an account?", lalu next. Pilih tipe server, yaitu Microsoft Exchange Server lalu next Isikan nama Exchange Server beserta username yang dipakai, lalu next Setelah itu tekan finish Microsoft Exchange Server 2000 Konfigurasi yang perlu dilakukan pada Exchange Server, antara lain: lakukan penambahan user pada active directory Pilih start > programs > administrative tools > active directory users and computer Pada folder user dari astra.com, click kanan new user. Buatlah biodata user dan berikan nama dalam domain Exchange Server. Mis: agus untuk user dalam domain Exchange Server: trac.astra.co.id. Kemudian, click next.

7 111 Isikan password untuk user tersebut lalu click next Pada pembuatan account , berikan nama alias untuk user tersebut, isi nama server Exchange. Kemudian, click next. Pilih finish Prosedur Penggunaan Sistem untuk Admin Untuk menggunakan sistem, ada beberapa tahap awal yang perlu dilakukan, yakni : - Admin mempersiapkan alat SMS gateway yang telah terhubung dengan komputer - Admin memeriksa port yang digunakan oleh SMS gateway dan menggantinya pada file gammurc - Admin melakukan login pada account Outlook Memulai Program Agar dapat menjalankan program administrasi sistem, admin harus melakukan prosedur login terlebih dahulu seperti yang terlihat pada Gambar 4.1.

8 112 Gambar 4.1 Menu login Pada halaman login, masukkan username dan password. Jika admin menekan tombol Login, maka sistem akan melakukan validasi username dan password yang dimasukkan oleh admin tersebut. Jika tombol Batal yang ditekan, maka sistem akan keluar. Jika verifikasi username dan password tidak berhasil maka akan ditampilkan pesan kesalahan seperti pada Gambar 4.2.

9 113 Gambar 4.2 Tampilan dialog box untuk pesan kesalahan Admin dapat mencoba untuk login kembali setelah tombol OK atau tombol close windows yang ada di pojok kanan atas pesan kesalahan ditekan. Sistem akan menampilkan kembali form untuk melakukan login. Apabila verifikasi username dan password berhasil maka admin akan masuk ke halaman utama dari sistem yang berisi menu menu utama seperti pada Gambar 4.3. Pada halaman utama ini, secara periodik setiap 30 detik sistem akan melakukan pemeriksaan terhadap inbox dari dan SMS.

10 114 Gambar 4.3 Menu utama Setelah berhasil melakukan prosedur login, maka akan ditampilkan halaman utama sistem dan aplikasi gammu.exe akan dijalankan. Halaman utama ini merupakan halaman utama yang akan melakukan otomatisasi pengiriman SMS dan berdasarkan format tertentu serta SMS operasional seperti customer birthday dan maintenance kendaraan. Pada halaman ini terdapat menu menu utama yang berupa link ke halaman tertentu pada sistem. Untuk melakukan manajemen sistem, maka admin

11 115 dapat memilih menu menu yang terdapat pada menu utama pada bagian atas halaman. Menu menu yang terdapat pada menu utama pada bagian atas halaman halaman utama yaitu : SMS Menu ini merupakan menu yang digunakan untuk mengelompokkan segala sesuatu yang terkait dengan pengiriman SMS oleh admin. Submenu yang terdapat pada menu ini yakni : Kirim SMS Submenu ini digunakan untuk menampilkan halaman yang mengatur pengiriman SMS secara langsung oleh admin. Pengiriman ini dapat dilakukan ke suatu kelompok atau grup atau ke individu tertentu. Manajemen Grup Menu ini merupakan menu yang digunakan untuk mengatur grup dan hak pendistribusian informasi melalui SMS dan e- mail. Submenu submenu yang terdapat pada menu ini, yakni:

12 116 Master Grup Submenu ini digunakan untuk menampilkan halaman yang mengatur manajemen grup. Pengaturan ini meliputi penambahan dan pengubahan data grup. Grup inilah yang digunakan untuk mengelompokkan user user dari sistem untuk memudahkan dalam operasional sistem. Master User Submenu ini digunakan untuk menampilkan halaman yang mengatur manajemen user. Pengaturan ini meliputi penambahan, pengubahan dan penghapusan data dari user. Data user inilah yang akan digunakan untuk pengiriman SMS dan maupun untuk autentifikasi sistem. Laporan Menu ini digunakan untuk mengelompokkan submenu yang akan memberikan laporan terkait dengan SMS dan yang masuk maupun keluar dari sistem. Submenu yang terdapat pada menu ini yakni : Laporan Inbox Submenu ini digunakan untuk menampilkan halaman yang berisi daftar dari SMS atau yang masuk ke dalam sistem. Data yang diambil dapat dilihat secara harian berdasarkan tanggal tertentu.

13 117 Laporan Outbox Submenu ini digunakan untuk menampilkan halaman yang berisi daftar dari SMS atau yang keluar dari sistem. SMS yang keluar dikelompokkan berdasarkan tujuannya, yakni : otomatisasi untuk customer birthday, maintenance dan pengiriman SMS. Data yang diambil dapat dilihat secara harian berdasarkan tanggal tertentu. Setting Menu ini digunakan untuk mengelompokkan submenu yang akan mengatur otomatisasi operasional harian yakni SMS untuk customer birthday dan maintenance. Submenu yang terdapat pada menu ini, yakni : Customer Data Submenu ini digunakan untuk menampilkan halaman yang mengatur manajemen dari otomatisasi pengiriman SMS untuk customer birthday. Pengaturan ini meliputi template SMS yang akan digunakan hingga waktu pengiriman SMS. Maintenance Data Submenu ini digunakan untuk menampilkan halaman yang mengatur manajemen dari otomatisasi pengiriman SMS untuk maintenance kendaraan. Pengaturan ini meliputi template SMS yang akan digunakan hingga jam pengiriman SMS.

14 118 Template SMS Submenu ini digunakan untuk mengatur manajemen dari template SMS yang ada meliputi penciptaan template SMS untuk customer birthday maupun maintenance kendaraan. LogOut Menu ini digunakan untuk keluar dari sistem. Setelah menu ini di-click, maka pesan konfirmasi akan ditampilkan kepada admin untuk memastikan bahwa admin ingin keluar dari sistem Mengirim SMS Untuk mengirimkan SMS, admin dapat masuk ke halaman pengiriman SMS dengan meng-click menu SMS lalu submenu kirim SMS. Jika submenu ini di-click maka pada layar akan tampil halaman pengiriman SMS seperti pada Gambar 4.4. Admin mempunyai hak akses penuh untuk mengirimkan SMS.

15 119 Gambar 4.4 Tampilan halaman pengiriman SMS Halaman ini digunakan untuk melakukan pengiriman SMS secara langsung oleh admin. Pengiriman SMS ini dapat ditujukan ke pihak lain baik secara individu maupun grup. Untuk mengirimkan SMS maka admin harus melakukan beberapa pengisian dan pengaturan : Pengiriman ke individu Langkah langkah yang dapat dilakukan untuk mengirimkan SMS ke individu yakni :

16 120 Pada tipe pengiriman, click combo box dan pilih kirim ke individu Pada tujuan, masukkan nomor HP dari pihak yang akan menerima SMS. Jika SMS akan dikirimkan ke beberapa nomor HP, silakan memasukkan semua nomor HP tersebut dengan tanda, ( koma ) sebagai pemisah Pada pesan, silakan memasukkan pesan SMS yang akan dikirimkan Pengiriman ke grup Pada tipe pengiriman, click combo box dan pilih kirim ke grup Setelah itu, akan tampil combo box yang berisi nama nama grup yang ada di dalam database. Pilihlah nama grup yang akan dikirimkan SMS. Untuk lebih jelasnya, perhatikan Gambar 4.5 Pada tujuan, admin tidak perlu mengisi apapun karena secara otomatis akan terisi dengan nama grup yang akan menerima SMS Pada pesan, silakan memasukkan pesan SMS yang akan dikirimkan

17 121 Gambar 4.5 Tampilan pengiriman SMS ke grup Jika tombol kirim ditekan, maka akan dilakukan validasi validasi seperti : Validasi pengisian nomor tujuan Jika admin gagal melewati validasi ini, maka akan muncul pesan kesalahan seperti pada Gambar 4.6

18 122 Gambar 4.6 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian nomor tujuan Validasi pengisian pesan SMS Jika admin gagal melewati validasi ini, maka akan muncul pesan kesalahan seperti pada Gambar 4.7.

19 123 Gambar 4.7 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian pesan Validasi pemilihan nama grup Jika admin gagal melewati validasi ini, sebuah pesan kesalahan seperti pada Gambar 4.8 akan muncul.

20 124 Gambar 4.8 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian nama grup Jika admin menekan tombol Batal maka sistem akan keluar dari halaman pengiriman SMS dan kembali ke halaman Halaman utama Mengatur Manajemen Grup Untuk mengatur manajemen dari grup pemakai sistem ini, admin dapat masuk ke halaman manajemen grup dengan cara meng-click menu Manajemen Grup lalu memilih submenu Master Grup. Jika submenu Master Grup telah di-click,

21 125 sistem akan masuk ke dalam halaman manajemen grup seperti yang terlihat pada Gambar 4.9. Gambar 4.9 Tampilan halaman manajemen grup Pada halaman manajemen grup, admin dapat melihat grup grup yang ada dalam database sistem termasuk user user yang menjadi anggotanya. Adapun langkah langkah yang harus dilakukan untuk melihat keseluruhan data dan informasi tersebut yakni : Pilihlah tipe grup yang akan dilihat, yakni internal atau customer. Tipe grup internal dipilih untuk grup dari internal

22 126 perusahaan. Tipe grup customer dipilih jika grup tersebut berasal dari pihak eksternal perusahaan seperti customer maupun rekan bisnis. Pilihlah nama grup yang akan dilihat anggotanya. Jika nama grup tersebut sudah dipilih maka daftar anggota dari grup tersebut dan tingkat keamanan grup akan muncul seperti pada Gambar Gambar 4.10 Tampilan halaman grup Pada halaman ini, admin juga dapat melakukan penambahan grup dengan langkah langkah sebagai berikut :

23 127 Tekan tombol Tambah sehingga sistem akan menampilkan halaman untuk menambah grup seperti pada Gambar Gambar 4.11 Tampilan menu untuk penambahan grup Pada tipe grup, pilihlah tipe dari grup yang akan ditambah dengan ketentuan internal untuk pihak dalam perusahaan dan customer untuk pihak luar perusahaan Selanjutnya, isi nama grup yang akan dibuat. Sebaiknya nama grup ini unik sehingga memudahkan untuk mengenali dan mengidentifikasi grup tersebut.

24 128 Pilihlah hak akses dari grup tersebut yang terbagi atas : T Tidak dapat mengirimkan dan SMS E Dapat mengirimkan S Dapat mengirimkan SMS D Dapat mengirimkan dan SMS Admin mempunyai wewenang untuk menetapkan hak akses dari setiap grup. Jika sudah yakin dengan data yang dimasukkan, tekanlah tombol Simpan. Sistem kemudian akan melakukan validasi terhadap data yang diisi. Jika admin berhasil melewati validasi ini maka pesan seperti pada Gambar 4.12 akan muncul dan sistem akan kembali ke manajemen grup jika tombol OK diclick. Jika admin gagal melewati validasi akan muncul pesan kesalahan seperti pada Gambar 4.13

25 129 Gambar 4.12 Tampilan pesan bahwa data berhasil disimpan Gambar 4.13 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian nama grup

26 130 Jika admin membatalkan keinginan untuk menambah grup maka admin dapat menekan tombol Batal dan akan membuat sistem kembali pada halaman manajemen grup. Manajemen grup juga memberikan fasilitas kepada admin untuk melakukan perubahan pada data grup. Adapun langkah langkah yang dapat dilakukan admin untuk melakukan perubahan ini yakni : Pada halaman manajemen grup, admin dapat menekan tombol Ubah setelah memilih terlebih dahulu nama grup yang akan diubah. Jika berhasil, maka admin akan masuk ke halaman yang disediakan untuk mengubah data grup dan data grup akan tampil secara otomatis seperti pada Gambar Gambar 4.14 Tampilan menu grup untuk melakukan perubahan data

27 131 Jika admin tidak memilih nama grup yang akan diubah, maka akan muncul pesan kesalahan seperti pada Gambar Gambar 4.15 Tampilan pesan kesalahan untuk menu edit Pada halaman untuk mengubah data grup, admin dapat mengubah data sesuai dengan keperluan. Jika admin sudah merasa yakin dengan data yang diisi, admin dapat menekan tombol Simpan untuk menyimpan data grup tersebut. Sistem akan melakukan validasi dalam penyimpanan ini. Jika berhasil, maka pesan seperti pada Gambar 4.16 akan muncul

28 132 dan sistem akan kembali ke manajemen grup jika tombol OK di-click. Gambar 4.16 Tampilan pesan bahwa data berhasil disimpan Jika admin gagal untuk menyimpan, maka akan muncul pesan seperti Gambar Gambar 4.17 Tampilan pesan kesalahan pengisian nama grup

29 133 Jika admin membatalkan keinginan untuk mengubah grup maka admin dapat menekan tombol Batal dan akan membuat sistem kembali pada halaman manajemen grup. Jika admin ingin kembali ke halaman Halaman utama, admin dapat meng-click tombol close windows yang ada di pojok kanan atas layar Mengatur Manajemen User Untuk mengatur manajemen dari user sistem ini, maka admin dapat masuk ke halaman manajemen user dengan cara meng-click menu Manajemen Grup lalu memilih submenu Master User. Jika submenu Master User telah di-click maka sistem akan masuk ke dalam halaman manajemen user seperti yang terlihat pada Gambar Gambar 4.18 Tampilan menu untuk manajemen user

30 134 Pada halaman manajemen user, admin dapat melihat user user yang ada dalam database sistem termasuk data data yang terkait dengannya. Adapun langkah langkah yang harus dilakukan untuk melihat keseluruhan data dan informasi tersebut yakni : Pilihlah nomor pegawai yang menjadi identitas user tersebut. Jika admin telah memilih maka akan tampil data dan informasi user yang memiliki nomor pegawai tersebut seperti pada Gambar Gambar 4.19 Tampilan halaman yang berisi data pegawai

31 135 Pada halaman ini, admin juga dapat melakukan penambahan user dengan langkah langkah sebagai berikut : Tekan tombol Tambah sehingga sistem akan menampilkan halaman untuk menambah user seperti pada Gambar 4.20 Gambar 4.21 Tampilan menu untuk penambahan user Admin dapat mengisikan data data dari user sistem dengan lengkap Jika sudah yakin dengan data yang dimasukkan, tekan tombol Simpan. Sistem kemudian akan melakukan validasi terhadap data yang diisi. Validasi yang dilakukan meliputi validasi terhadap data data yang akan diisi oleh admin. Jika

32 136 admin berhasil melewati validasi ini maka akan muncul pesan seperti pada Gambar 4.21 dan sistem akan kembali ke manajemen user jika tombol OK di-click. Gambar 4.21 Tampilan pesan berisi data berhasil disimpan Jika ada validasi yang gagal dilewati admin, pesan kesalahan seperti yang terlihat pada Gambar 4.22 sampai Gambar 4.26 akan muncul.

33 137 Gambar 4.22 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian nomor pegawai Gambar 4.23 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian nama pegawai

34 138 Gambar 4.24 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian nomor hp pegawai Gambar 4.25 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian grup pegawai

35 139 Gambar 4.26 Tampilan pesan kesalahan untuk pengisian pegawai Jika admin membatalkan keinginan untuk menambah user maka admin dapat menekan tombol Batal dan akan membuat sistem kembali pada halaman manajemen user. Manajemen user juga memberikan fasilitas kepada admin untuk melakukan perubahan pada data user. Adapun langkah langkah yang dapat dilakukan admin untuk melakukan perubahan ini yakni :

36 140 Pada halaman manajemen user, admin dapat menekan tombol Ubah setelah memilih terlebih dahulu nomor pegawai yang akan diubah. Jika admin berhasil, admin akan masuk ke halaman yang disediakan untuk mengubah data user dan data user akan tampil secara otomatis seperti pada Gambar Gambar 4.27 Tampilan data pegawai Jika admin tidak memilih nomor pegawai yang akan diubah, pesan kesalahan seperti pada Gambar 4.28 akan muncul.

37 141 Gambar 4.28 Tampilan pesan kesalahan untuk pemilihan nomor pegawai Pada halaman untuk mengubah data user, admin dapat mengubah data sesuai dengan keperluan. Jika admin sudah merasa yakin dengan data yang diisi, admin dapat menekan tombol Simpan untuk menyimpan data grup tersebut. Sistem akan melakukan validasi dalam penyimpanan ini. Jika sistem berhasil menyimpan data, pesan seperti pada Gambar 4.29 akan muncul dan sistem akan kembali ke manajemen user jika tombol OK di-click.

SCYLLA-Pro Software Release SCLPRO PETUNJUK INSTALASI

SCYLLA-Pro Software Release SCLPRO PETUNJUK INSTALASI SCYLLA-Pro Software Release SCLPRO-50-00 PETUNJUK INSTALASI Daftar isi 1. Pendahuluan.... SCYLLA Pro.. Pra-Instalasi. Registrasi Software.. Release Program.. 1-1 1-2 1-3 1-5 1-5 2. Instalasi SCYLLA Software.

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Spesifikasi Rancangan Pada sub bab spesifikasi rancangan ini akan di bahas mengenai spesifikasi perangkat lunak dan spesifikasi perangkat keras. IV.1.1. Spesifikasi Perangkat

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Instalasi MySQL dan Penempatan File Database SIKI

Petunjuk Teknis Instalasi MySQL dan Penempatan File Database SIKI Petunjuk Teknis Instalasi MySQL dan Penempatan File Database SIKI Langkah 1 dari 20 : Langkah pertama silahkan anda membuka website www.lpjk.net dan silahkan anda klik pada menu tampilan donwload SIKI

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Manajemen Parkir pada PT. Surya Toto Indonesia

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. terbagi menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. terbagi menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Sistem yang digunakan untuk membuat Sistem Informasi Koperasi terbagi menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA 57 BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Program Adapun hasil dan pembahasan sistem transaksi adalah sebagai berikut : IV.1.1 Tampilan Input 1. Login Adapun hasil form login admin dapat dilihat pada

Lebih terperinci

Instalasi & Konfigurasi MySQL Server

Instalasi & Konfigurasi MySQL Server Instalasi & Konfigurasi MySQL Server 1. Download MySQL Download MySQL Community Server 5.6 dari : http://dev.mysql.com/downloads/mysql/ Pada halaman berikutnya, pilih MySQL Installer yang berukuran besar

Lebih terperinci

INSTALLATION GUIDE INSTALLATION GUIDE. PT.Technomatic Cipta Mandiri. IT division: Jl. Cikutra Baru Raya No.2 Bandung-40124

INSTALLATION GUIDE INSTALLATION GUIDE. PT.Technomatic Cipta Mandiri. IT division: Jl. Cikutra Baru Raya No.2 Bandung-40124 INSTALLATION GUIDE PT.Technomatic Cipta Mandiri IT division: Jl. Cikutra Baru Raya No.2 Bandung-40124 Telp./Fax.: 022 70051771; 7219761 INSTALLATION GUIDE INSTALLATION GUIDE MailTracking merupakan sebuah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum menjalankan program aplikasi ini ada elemen-elemen

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum menjalankan program aplikasi ini ada elemen-elemen BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Sebelum menjalankan program aplikasi ini ada elemen-elemen pendukung yang harus diperhatikan yaitu perangkat lunak dari komputer (Software) dan perangkat

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan pada UD. ROHMAT JAYA,

Lebih terperinci

PETUNJUK INSTALASI RETAIL OPERATIONS

PETUNJUK INSTALASI RETAIL OPERATIONS PETUNJUK INSTALASI RETAIL OPERATIONS Dari CD MyRetail Operations pilih install MySQL 5. Saat trdapat dialog pertama kali pilih Complete dan tekan Next Kemudian dilanjutkan dialog seterusnya seperti pada

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. harus disediakan server, perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware)

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. harus disediakan server, perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) 144 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Untuk mengimplementasikan aplikasi e-learning ini, terlebih dahulu harus disediakan server, perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) untuk

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam ilmu komputer, implementasi menjadi tahap realisasi dari spesifikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam ilmu komputer, implementasi menjadi tahap realisasi dari spesifikasi BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Dalam ilmu komputer, implementasi menjadi tahap realisasi dari spesifikasi teknis atau algoritma dalam bentuk sebuah program, komponen sistem, maupun software

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan implementasi dan Kebutuhan Sumberdaya Aplikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan implementasi dan Kebutuhan Sumberdaya Aplikasi 352 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Program Magang Setelah melakukan analisis dan perancangan solusi terhadap permasalahan yang telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan pada UD. PRIBUMI,

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Sistem Implementasi dilakukan setelah Bab 3 yaitu perancangan dan pembuatan program telah selesai dilakukan. Implementasi ini akan dilakukan sebagai

Lebih terperinci

d. Pilih partisi atau hard disk untuk menginstall windows Xp. setelah itu tekan enter untuk melanjutkan, tekan tombol C untuk membuat partisi baru

d. Pilih partisi atau hard disk untuk menginstall windows Xp. setelah itu tekan enter untuk melanjutkan, tekan tombol C untuk membuat partisi baru 1. Tuliskan langkah langkah install windows xp Jawaban: a. Masukkan DVD instalasi windows XP ke DVD-ROM Drive atau masukkan USB Flash Drive ke USB Port. Ketika sistem menyala lihat pesan Press any key

Lebih terperinci

BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI. komponen sistem yang diimplementasikan dan mengetahui kelemahan dari

BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI. komponen sistem yang diimplementasikan dan mengetahui kelemahan dari BAB V PENGUJIAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI 5.1. Pengujian Pengujian merupakan bagian yang terpenting dalam siklus pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan untuk untuk memeriksa kekompakan antara komponen

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dibuat diharapkan dapat menjadi solusi dalam proses pengajuan aplikasi pada IT

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. dibuat diharapkan dapat menjadi solusi dalam proses pengajuan aplikasi pada IT BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Setelah melalui tahap analisa dan perancangan, selanjutnya aplikasi yang dibuat diharapkan dapat menjadi solusi dalam proses pengajuan aplikasi pada IT

Lebih terperinci

[HOW TO SETUP AX SERVER]

[HOW TO SETUP AX SERVER] 2012 Documentation only, S.Kom, MM [HOW TO SETUP AX SERVER] How and step by step configuration for ax server, including active directory domain controller, sql server, and ax applications Contents BAB

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi 4.1.1. Sumberdaya yang Dibutuhkan Dalam mengimplementasikan sistem yang dijalankan, maka diperlukan beberapa kebutuhan yang harus disiapkan. Kebutuhan-kebutuhan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA 61 BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari Sistem Informasi Akuntansi Kendaraan Dan Gedung Berdasarkan Persentase Rata-Rata Pada UPT. Kesehatan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Setelah melakukan analisis dan perancangan terhadap Fax Server, tahapan selanjutnya adalah implementasi dan pengujian. Pada tahapan implementasi terdapat

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Berikut ini adalah daftar spesifikasi perangkat lunak yang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Berikut ini adalah daftar spesifikasi perangkat lunak yang BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Kebutuhan Sumber Daya 4.1.1.1 Kebutuhan Sumber Daya Perangkat Lunak Berikut ini adalah daftar spesifikasi perangkat lunak yang direkomendasikan agar

Lebih terperinci

Buku Panduan. Sistem Informasi Manajemen Lembaga Kursus dan Pelatihan (v.1.0)

Buku Panduan. Sistem Informasi Manajemen Lembaga Kursus dan Pelatihan (v.1.0) Sistem Informasi Manajemen Lembaga Kursus dan Pelatihan (v.1.0) Webmedia Training Center 2014 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 Proses Instalasi MySQL... 4 Konfigurasi MySQL... 7 Proses Instalasi Aplikasi Kursus...

Lebih terperinci

LAMPIRAN A INSTALASI APACHE DAN MYSQL

LAMPIRAN A INSTALASI APACHE DAN MYSQL LAMPIRAN A INSTALASI APACHE DAN MYSQL Lampiran A menjelaskan tentang langkah-langkah instalasi software Apache dan MySQL sebagai berikut: A. Langkah Instalasi Apache Web Server Apache merupakan software

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Gambaran Umum Sistem aplikasi penjualan barang dan jasa berbasis web pada PT Media Stella Tata Mandiri secara umum merupakan alat untuk membantu kegiatan penjualan barang

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup spesifikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup spesifikasi BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Sistem Dalam melakukan implementasi suatu sistem perlu diperhatikan spesifikasi sistem. Dimana spesifikasi sistem tersebut mencakup

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Sistem yang digunakan untuk mengimplementasikan aplikasi ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Perangkat Keras a. Processor minimum Pentium

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sistem yang dibangun merupakan sistem yang berbasis web. Untuk dapat

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sistem yang dibangun merupakan sistem yang berbasis web. Untuk dapat BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Sistem yang dibangun merupakan sistem yang berbasis web. Untuk dapat menjalankan sistem tersebut dengan baik dibutuhkan beberapa persyaratan mengenai

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pengadilan Pajak secara umum merupakan alat untuk membantu kegiatan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pengadilan Pajak secara umum merupakan alat untuk membantu kegiatan 159 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Gambaran Umum Sistem apikasi persediaan barang dan jasa berbasis web pada Sekretariat Pengadilan Pajak secara umum merupakan alat untuk membantu kegiatan persediaan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 141 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Perancangan Aplikasi 1. Form Login Form Login ini muncul pertama kali saat aplikasi dijalankan. Untuk menjaga keamanan pengaksesan informasi, hanya mereka yang memiliki

Lebih terperinci

A. INSTALLASI SOFTWARE

A. INSTALLASI SOFTWARE A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM 4. Isikan username dan Organization, Next 2. Next untuk melanjutkan 5. Pilih Typical, Next 3. Pilih I accept the terms in the licence agrement,

Lebih terperinci

PANDUAN INSTALASI CONNECTION KIT PADA WINDOWS 3.1

PANDUAN INSTALASI CONNECTION KIT PADA WINDOWS 3.1 PANDUAN INSTALASI CONNECTION KIT PADA WINDOWS 3.1 Untuk menjalankan PPP Connection pada Windows 3.1 harus menggunakan software khusus, karena Windows 3.1 tidak menyediakannya. Salah satu software tersebut

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1 Tampilan Hasil Pada bab ini akan ditampilkan hasil dari perancangan program yang terdiri dari form-form sistem pendukung keputusan pemilihan makanan bayi yang terdiri dari

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Lunak, Implementasi Perangkat Keras, Implementasi Basis Data, Implementasi

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Lunak, Implementasi Perangkat Keras, Implementasi Basis Data, Implementasi BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1 Implementasi Tahap implementasi merupakan tahap penerapan sistem supaya dapat dioperasikan. Pada tahap ini dijelaskan mengenai, Implementasi Perangkat Lunak,

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Untuk mengetahui manfaat dari aplikasi backup dan restore ini, perlu dilakukan suatu implementasi. Implementasi yang benar dan tepat sasaran memerlukan pula ketersediaan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perancangan sistem yang telah dibuat sebelumnya. Implementasi terdiri dari:

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perancangan sistem yang telah dibuat sebelumnya. Implementasi terdiri dari: BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Tahap implementasi program adalah tahap penerapan dari analisis dan perancangan sistem yang telah dibuat sebelumnya. Implementasi terdiri dari: Pembuatan

Lebih terperinci

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi sms gateway ini :

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi sms gateway ini : Cara Menjalankan Program Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi sms gateway ini : 1. Instal Apache2triad 5.4 dengan cara klik 2 kali pada Apache2triad 5.4 pada folder software

Lebih terperinci

INSTALASI WEB SERVER PADA MICROSOFT WINDOWS

INSTALASI WEB SERVER PADA MICROSOFT WINDOWS INSTALASI WEB SERVER PADA MICROSOFT WINDOWS Proses instalasi yang harus dilakukan setelah Sistem Operasi terinstall adalah melakukan instalasi Web Server. Web Server yang dipergunakan adalah Apache Web

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 129 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Kebutuhan Sumber Daya Aplikasi 4.1.1.1 Kebutuhan Perangkat Lunak Spesifikasi recomended perangkat lunak yang diperlukan dalam implementasi aplikasi

Lebih terperinci

dengan XP Embedded :

dengan XP Embedded : 206 Tahapan yang ada dalam pembentukkan sistem operasi dengan XP Embedded : Gambar 4.55 Tahapan pembentukkan Sistem O perasi XP Embedded Tahapan pertama dalam pembentukkan sistem operasi adalah target

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Implementasi yang diterapkan demi terciptanya suatu sistem informasi

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Implementasi yang diterapkan demi terciptanya suatu sistem informasi 82 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Implementasi yang diterapkan demi terciptanya suatu sistem informasi yang dibutuhkan, membutuhkan suatu rincian implementasi sebagai berikut

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran 61 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1 Implementasi Implementasi perancangan pada sistem informasi perparkiran dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, dengan basis data

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan Penerapan Program Sistem Informasi Akutansi Estimasi Pembiayaan Bahan Baku Pada PT. Nitori

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. a. Spesifikasi piranti keras pada local server: Processor : Intel Pentium IV 1.8 Ghz

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. a. Spesifikasi piranti keras pada local server: Processor : Intel Pentium IV 1.8 Ghz BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi yang Diperlukan 4.1.1 Spesifikasi Piranti Keras Berikut merupakan spesifikasi piranti keras yang digunakan pada saat melakukan pengujian e-book reader berbasis

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Instalasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Versi 2.0

Buku Petunjuk Instalasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Versi 2.0 Buku Petunjuk Instalasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Versi 2.0 Daftar Isi Halaman Tentang Instalasi SIKD versi 2.0... 3 Spesifikasi Kebutuhan Teknis Minimum... 4 Langkah-langkah Instalasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Installasi Program Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu komponen-komponen utama komputer yang mendukung setiap proses harus sudah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. Implementasi program adalah implementasi dari analisis dan desain

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. Implementasi program adalah implementasi dari analisis dan desain BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Implementasi program adalah implementasi dari analisis dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya, sehingga diharapkan dengan adanya implementasi

Lebih terperinci

Install Client ipat. Pada bagian ini akan di terangkan cara menginstalasi software client ipat.

Install Client ipat. Pada bagian ini akan di terangkan cara menginstalasi software client ipat. Install Client ipat Pada bagian ini akan di terangkan cara menginstalasi software client ipat. Pertama tama masukan CD ipat dan akan langsung autorun menjalankan menu utama yang memungkinkan kita untuk

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Aplikasi Web Laporan Berkala BPR (Web BPR)

Petunjuk Teknis Aplikasi Web Laporan Berkala BPR (Web BPR) Petunjuk Teknis Aplikasi Web Laporan Berkala BPR (Web BPR) Versi 1.0 2402 I. Pendahuluan 1.1. Pengantar Sistem Aplikasi Aplikasi Laporan Berkala Bank Perkreditan Rakyat (LBBPR) terdiri dari : 1. Aplikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4. 1 Implementasi Sistem Atau Aplikasi 4. 1. 1 Spesifikasi Sistem Aplikasi pengolahan jurnal online berbasis web dibuat dengan menggunakan bahasa PHP 5.0 sebagai

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA 75 BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Hasil Berikut ini dijelaskan tentang tampilan hasil dari analisa dan rancang bangun sistem pakar mendiagnosis kerusakan mesin hoisting crane. Website ini terdiri dari

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. 1. Processor Intel(R) Core(TM)2 Duo 4. VGA Card Ati Radeon X600 Pro 256 MB

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. 1. Processor Intel(R) Core(TM)2 Duo 4. VGA Card Ati Radeon X600 Pro 256 MB BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Sistem yang digunakan untuk pembuatan program sistem informasi penjualan ini adalah: a. Perangkat Lunak (Software) 1. Microsoft Visual Studio

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Pembahasan mengenai hasil mencakup spesifikasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) serta tampilan output perangkat lunak. IV.1.1.

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Akademik pada SMAN 1 Driyorejo, yaitu a.

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program Sistem Informasi Rental Bus pada PT. Cipaganti Citra

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program Sistem Informasi Rental Bus pada PT. Cipaganti Citra BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Rental Bus pada PT. Cipaganti Citra Graha

Lebih terperinci

Bab IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

Bab IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Bab IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pada bab ini akan dilakukan implementasi dan pengujian terhadap sistem yang baru. Tahapan ini dilakukan setelah perancangan selesai dilakukan dan selanjutnya akan diimplementasikan

Lebih terperinci

BAB IV TESTING DAN IMPLEMENTASI

BAB IV TESTING DAN IMPLEMENTASI BAB IV TESTING DAN IMPLEMENTASI 4.1 Implementasi Implementasi sistem aplikasi ujian nasional di Lembaga Pendidikan Indonesia-Amerika berbasis web ini membutuhkan beberapa perangkat lunak serta spesifikasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pada bagian implemenatasi ini, akan dijelaskana mengenai rencana Kebutuhan Sumber Daya Aplikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pada bagian implemenatasi ini, akan dijelaskana mengenai rencana Kebutuhan Sumber Daya Aplikasi BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada bagian implemenatasi ini, akan dijelaskana mengenai rencana implementasi yang meliputi kebutuhan sumber daya aplikasi, cara instalasi aplikasi dan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Software yang mendukung aplikasi ini, yaitu: 1. Sistem Operasi Microsoft Windows 7 atau 8.

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Software yang mendukung aplikasi ini, yaitu: 1. Sistem Operasi Microsoft Windows 7 atau 8. BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem Yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan Aplikasi ini yaitu: a. Software Pendukung Software yang mendukung

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Implementasi sistem ini menggambarkan penerapan dan kebutuhan sistem untuk menjalankan program dimana aplikasi ini merupakan aplikasi stand alone untuk

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Berikut ini akan dijelaskan tentang tampilan hasil dari perancangan Penerapan Program Sistem Informasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Tahap ini merupakan pembuatan perangkat lunak yang disesuaikan dengan rancangan atau desain sistem yang telah dibuat. Aplikasi yang dibuat akan

Lebih terperinci

PANDUAN INSTALASI SOFTWARE

PANDUAN INSTALASI SOFTWARE UPRIGHT V-ROUTING PANDUAN INSTALASI SOFTWARE Jl. Hasyim Ashari 29-29A Jakarta Pusat 10150 Indonesia Phone: 62-21-6316923 Fax: 62-21-6316920 support@uprightdecision.com www.uprightdecision.com 1 1. Informasi

Lebih terperinci

PANDUAN INSTALASI CONNECTION KIT PADA WINDOWS 95

PANDUAN INSTALASI CONNECTION KIT PADA WINDOWS 95 PANDUAN INSTALASI CONNECTION KIT PADA WINDOWS 95 Untuk menjalankan PPP Connection pada Windows 95 tidak diperlukan software lain selain windows 95, karena Windows 95 sudah menyediakan fasilitas untuk koneksi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. dibutuhkan Hardware dan software untuk menggunakan program Sistem Informasi

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. dibutuhkan Hardware dan software untuk menggunakan program Sistem Informasi BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Implementasi sistem merupakan prosedur pemakaian program. Selain itu dibutuhkan Hardware dan software untuk menggunakan program Sistem Informasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 72 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1 Hasil Hasil dari Sistem Informasi Akuntansi Pamasukan Kas Pada Top Diesel yang dibangun dapat dilihat pada gambar-gambar dibawah ini. IV.1.1 Tampilan Form Koneksi Server

Lebih terperinci

Tutorial Dual Boot Windows 7 dan Linux Ubuntu Menggunakan VirtualBox

Tutorial Dual Boot Windows 7 dan Linux Ubuntu Menggunakan VirtualBox Tutorial Dual Boot Windows 7 dan Linux Ubuntu Menggunakan VirtualBox Oleh Nody Risky Pratomo 5214100166 Sistem Informasi FTIF INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER DESKRIPSI SECARA UMUM Pada laporan ini,

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sarana-sarana yang dibutuhkan dalam mengoperasikan sistem pemesanan dan laporan penjualan yang telah dibuat ini dapat dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Infrastruktur Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Android Setelah melakukan analisis dan perancangan diharapkan agar aplikasi yang telah dibuat dapat menjadi solusi

Lebih terperinci

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM 1 MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi php dan javascript sebagai rancangan interface, untuk tempat penyimpanan data (database) digunakan MySQL client version:

Lebih terperinci

Mengenal Oracle 10g XE

Mengenal Oracle 10g XE Mengenal Oracle 10g XE Oracle Corporation adalah salah satu perusahaan pembuat software yang terkenal khususnya pada Database software. Perusahaan ini telah mengeluarkan banyak versi dari software mulai

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 62 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Hardware dan Software Dalam pembuatan program aplikasi ini digunakan komputer dengan spesifikasi hardware sebagai berikut: 1) Processor : Pentium IV 2.80

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program Sistem Informasi Koperasi pada PT. Tong Prima Jaya

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program Sistem Informasi Koperasi pada PT. Tong Prima Jaya BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Koperasi pada PT. Tong Prima Jaya Lestari,

Lebih terperinci

User Manual DIVIPOS Free Version 1.0 versi 1.0

User Manual DIVIPOS Free Version 1.0 versi 1.0 User Manual DIVIPOS Free Version 1.0 versi 1.0 http://www.datadigi.com http://www.divipos.com 1 INSTALASI APLIKASI 1. SPESIFIKASI MINIMUM KOMPUTER Berikut adalah spesifikasi minimal komputer yang diperlukan:

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Infrastruktur Aplikasi Verifikasi Warkat Berbasis Website Setelah melakukan analisis dan perancangan diharapkan agar aplikasi yang telah dibuat dapat menjadi solusi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program Sistem Informasi Rekrutmen Pegawai pada PT. Mitra Jaya

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggunakan program Sistem Informasi Rekrutmen Pegawai pada PT. Mitra Jaya BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan program Sistem Informasi Rekrutmen Pegawai pada PT. Mitra Jaya Abadi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1 Analisa Kebutuhan Sistem Sistem yang akan dirancang dan dibangun bernama Sistem Informasi MyLibrary Telkomsel. Sistem informasi ini dirancang menggunakan PHP

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Pada tahap ini merupakan langkah dimana setelah perancangan, pembangunan, dan pengujian maka tahap selanjutnya yaitu mengimplementasikan sebuah

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Setelah melakukan perancangan sistem serta tampilan antarmuka, maka langkah selanjutnya ialah penginstalan server server yang akan digunakan dalam sistem

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Administrasi Paket Lelang Proyek ini, yaitu : Administrasi Paket Lelang Proyek ini, yaitu :

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Administrasi Paket Lelang Proyek ini, yaitu : Administrasi Paket Lelang Proyek ini, yaitu : BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem Yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi pengelolaan administrasi paket lelang proyek yaitu: a. Software

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Penjelasan hardware/software

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Penjelasan hardware/software BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Installasi Program Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu komponen-komponen utama komputer yang mendukung setiap proses harus

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Gambaran Umum Sistem aplikasi lelang proyek pengadaan barang atau jasa berbasis web pada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara secara umum merupakan alat untuk membantu

Lebih terperinci

11. Tampilan Tambah Barang

11. Tampilan Tambah Barang 281 11. Tampilan Tambah Barang Gambar 4.78 Rancangan Layar Tambah Barang 12. Tampilan Ubah Barang Gambar 4.79 Rancangan Layar Ubah Barang 282 13. Tampilan Master Stok Barang Gambar 4.80 Rancangan Layar

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun agar dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1 Tampilan Program Adapun hasil dan pembahasan sistem akuntanasi piutang pada PT. Pertamina UPMS 1 Medan adalah seperti berikut : IV.1.1 Tampilan Input 1. Login Adapun hasil

Lebih terperinci

PANDUAN APLIKASI 2014

PANDUAN APLIKASI 2014 PANDUAN APLIKASI 2014 I. INSTALASI Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan instalasi aplikasi SimpulDESA : 1. Klik dua kali pada file setup. 2. Klik tombol Next pada dialog yang muncul. Dialog Awal

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM 3.1 Analisis Sistem Analisis sistem merupakan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Agar aplikasi pemesanan tiket pesawat terbang dengan menggunakan teknologi mobile BlackBerry ini dapat diimplementasikan oleh pengguna, maka harus disediakan

Lebih terperinci

2.1 Instalasi Joomla Secara Lokal

2.1 Instalasi Joomla Secara Lokal Instalasi Joomla Sebelum belajar membuat web, kita perlu menginstal perangkat lunak yang dibutuhkan oleh Joomla. Sebenarnya Anda dapat menginstal perangkat lunak komponen Joomla secara terpisah, tetapi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. 2. Menghitung tarif percakapan berdasarkan daerah tujuan dan durasi percakapan.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. 2. Menghitung tarif percakapan berdasarkan daerah tujuan dan durasi percakapan. BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Aplikasi yang Dihasilkan Aplikasi yang dihasilkan adalah hot billing system VoIP yang memiliki fitur-fitur sebagai berikut: 1. Menghitung durasi percakapan. 2. Menghitung

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Implementasi sistem merupakan hasil implementasi dari analisis dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Diharapkan dengan adanya implementasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Penjelasan yang diberikan yaitu tentang hardware dan software yang dibutuhkan

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Penjelasan yang diberikan yaitu tentang hardware dan software yang dibutuhkan BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN Bab ini berisi tentang hasil desain program yang telah dibuat aplikasinya. Penjelasan yang diberikan yaitu tentang hardware dan software yang dibutuhkan untuk implementasi

Lebih terperinci

Instalasi Server ipat

Instalasi Server ipat Instalasi Server ipat Instalasi Server ipat minimal hanya dapat dilakukan pada Windows XP SP2 pada file system NTFS. Bagi anda yang menggunakan Windows 2000 maupun Windows 2003 tentunya dapat menginstalasi

Lebih terperinci

9) File-file yang ada di CD ROM akan diload ke dalam memori selama proses instalasi ini. Selanjutnya layar Welcome To Set Up Windows akan tampil.

9) File-file yang ada di CD ROM akan diload ke dalam memori selama proses instalasi ini. Selanjutnya layar Welcome To Set Up Windows akan tampil. 1) Siapkan CD Windows XP dan Serial Number 2) Siapkan CD Driver Motherboard 3) Pastikan computer anda sudah disetting untuk booting dari CD ROM, kalau belum, silakan ubah melalui BIOS 4) Boot computer

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun agar dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama komputer

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem Yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi Administrasi Daya Dan Keluhan Masyarakat Pada PT. PLN (PERSERO)

Lebih terperinci