a) Mencari persatuan. Galatia 2:1-3.

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "a) Mencari persatuan. Galatia 2:1-3."

Transkripsi

1 Lesson 3 for July 15, 2017

2 Banyak orang-orang bukan Yahudi bergabung dengan Gereja, dan itu merupakan berkat yang besar. Namun, hal itu membawa beberapa masalah. Orang Yahudi mengerti bahwa mereka harus menjaga tradisi orang tua mereka. Paulus berpikir bahwa mereka tidak harus mewajibkan orang-orang bukan Yahudi untuk berpegang teguh pada tradisi mereka. Orang-orang Yudais mengajarkan keselamatan melalui perbuatan terhadap hukum sementara Paulus mengajarkan keselamatan melalui iman saja. Pertentangan kedua ajaran tersebut mengancam kesatuan Gereja yang baru lahir. a) Mencari persatuan. Galatia 2:1-3. b) Saudara-saudara palsu. Galatia 2:4-5. c) Persatuan dalam perbedaan. Galatia 2:6-10. d) Pertentangan di Antiokhia. Galatia 2: e) Menghadapi pertentangan. Galatia 2:14.

3 Galatia 2:1-3 Kemudian setelah lewat empat belas tahun, aku pergi pula ke Yerusalem dengan Barnabas dan Titus pun kubawa juga. Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsabangsa bukan Yahudi -- dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang --, supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha. (Galatia 2:1-2) Orang-orang Yudais yang tiba di Antiokhia menimbulkan perselisihan yang serius melawan Paulus dan Barnabas (Kis. 15: 1). Kemudian Allah menyatakan bahwa Paulus, Barnabas dan beberapa orang percaya bukan Yahudi harus pergi ke Yerusalem untuk membahas diskusi ini dengan para rasul dan para penatua (Kis. 15: 2). Pertemuan itu awalnya bersifat pribadi. Namun demikian, beberapa orang Farisi Yahudi memulai argumen didepan umum (Kis 15: 4-5). Setelah perundingan yang lama, Gereja mendukung Paulus dan persatuan dibangun kembali untuk beberapa lama (Kis. 15: 6-35).

4 Galatia 2:4-5 Memang ada desakan dari saudara-saudara palsu yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup ke dalam untuk menghadang kebebasan kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus, supaya dengan jalan itu mereka dapat memperhambakan kita. Tetapi sesaat pun kami tidak mau mundur dan tunduk kepada mereka, agar kebenaran Injil dapat tinggal tetap pada kamu. (Galatia 2:4-5) Paulus menentang saudara-saudara palsu yang berkeras memaksa orang-orang bukan Yahudi untuk disunat (Kis 15: 1). Sunat adalah upacara yang diperintahkan oleh Allah, bagaimana hal itu dapat salah? Sunat secara luar adalah merupakan simbol sunat hati (Ul 10:16, 30: 6, Yer 4: 4, Rom 2:29). Ini gambaran tentang menyangkal kepercayaan diri pada diri kita sendiri dan bergantung dengan setia pada Allah. Membuat setiap upacara sebagai syarat untuk keselamatan adalah menyangkal kuasa penebusan dari pengorbanan Kristus. Tidak ada yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan keselamatan. Keselamatan adalah pemberian cuma-cuma dari Yesus.

5 Orang-orang Yahudi selalu menyombongkan diri mereka atas ketetapan pelayanan-pelayanan Ilahi, dan banyak dari mereka yang telah bertobat kepada iman dalam Kristus masih tetap merasa bahwa semenjak Allah telah satu kali dengan nyata menggaris bawahi tata tertib kebaktian orangorang Ibrani, sudah pasti tidak mungkin bagi Dia untuk pernah memberikan suatu kuasa perubahan dalam kekhususan apa pun. Mereka meminta dengan tegas bahwa hukum-hukum Yahudi dan upacara-upacaranya harus dimasukkan ke dalam tatacara agama Kristen. Mereka lambat untuk mengerti bahwa semua persembahan korban yang telah ada menjadi lambang pendahuluan kematian Anak Allah, dalam mana lambang itu bertemu dengan yang sesungguhnya, dan setelah itu tatacara dan dispensasi upacara-upacara hukum Musa tidak lagi mengikat. E.G.W. (The Acts of the Apostles, cp. 19, p. 189)

6 Galatia 2:4-5 Memang ada desakan dari saudara-saudara palsu yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup ke dalam untuk menghadang kebebasan kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus, supaya dengan jalan itu mereka dapat memperhambakan kita. Tetapi sesaat pun kami tidak mau mundur dan tunduk kepada mereka, agar kebenaran Injil dapat tinggal tetap pada kamu. (Galatia 2:4-5) Ajaran dari saudara-saudara palsu mencoba untuk menukar kebebasan kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus untuk perbudakan. Apa arti kebebasan di dalam Kristus? Setiap orang adalah hamba, karena kita adalah hamba dosa (Yohanes 8: 33-34; Roma 6:17). Kebebasan bagi orang Kristen adalah kesempatan untuk menghidupkan suatu kehidupan penyerahan tanpa rintangan kepada Allah. Ini mencakup kebebasan dari perbudakan nafsu dosa, kebebasan dari tuntutan hukum, dan kebebasan dari kuasa maut.

7 Galatia 2:6-10 PERSATUAN DALAM PERBEDAAN Karena Ia yang telah memberikan kekuatan kepada Petrus untuk menjadi rasul bagi orang-orang bersunat, Ia juga yang telah memberikan kekuatan kepadaku untuk orang-orang yang tidak bersunat. (Galatia 2:8) Seperti yang Paulus jelaskan, hanya ada satu Injil (Galatia 1: 6-9). Namun, tidak semua orang menerimanya dengan cara yang sama. Orang Yahudi memiliki dasar Alkitabiah yang kuat, sehingga mereka dapat menerima Yesus sebagai Mesias karena Dia memenuhi semua yang dinyatakan dalam Firman. Pelayanan itu dipercayakan kepada Petrus. Orang bukan Yahudi telah dijangkau dengan cara yang berbeda. Paulus telah siap untuk menjangkau orangorang yang sebelumya tidak mengetahui kebenaran. Pelayanan bagi orang bukan Yahudi dipercayakan kepadanya. Paulus, Petrus dan rasul-rasul lainnya menggunakan cara yang berbeda, namun pekabarannya tetap sama.

8 Galatia 2:11-13 Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat. (Galatia 2:12) Allah menunjukkan kepada Petrus sebuah penglihatan, kemudian dia berhenti untuk menganggap orang-orang bukan Yahudi najis dan mulai bergaul dengan mereka (Kis 10). Itulah sebabnya Petrus dengan berani hidup bersama orang-orang bukan Yahudi saat dia mengunjungi Gereja di Antiokhia. Namun, ketika beberapa orang Yahudi datang dari Yerusalem, dia berhenti bergaul dengan orang-orang bukan Yahudi untuk menyenangkan orang-orang Yahudi tersebut. Sikap munafiknya mempengaruhi orang Yahudi lainnya di Gereja. Jika sikapnya terus berlanjut, Gereja akan benar-benar terpecah.

9 Galatia 2:14 Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua: "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi? (Galatia 2:14) Bukanlah sebagai isu utama ketika Petrus makan bersama orang-orang Yahudi dari Yerusalem, namun dia sengaja menjauhkan diri dari bangsa-bangsa lain dan tidak membiarkan mereka makan bersama orang-orang Yahudi. Tindakannya memunculkan pertanyaan, apakah orangorang bukan Yahudi merupakan orang Kristen kelas dua? Hal yang paling sensitif adalah orang-orang bukan Yahudi berpikir bahwa mereka harus menjadi orang Yahudi agar menjadi orang Kristen (menerima doktrin saudarasaudara palsu). Pertentangan dari Paulus adalah penting dan jelas. Tanggapan Petrus tidak tercatat dalam Alkitab, namun jelas bahwa dia menerima seruan Paulus dan dia mengubah sikapnya. Kesatuan Gereja dan Injil berhasil diatasi.

10 Guru-guru palsu telah membawa ke Galatia doktrin-doktrin yang menentang Injil Kristus. Paulus berusaha untuk membuka dan memperbaiki kesalahan ini. Dia sangat menginginkan agar guruguru palsu itu dapat dipisahkan dari gereja, namun pengaruh mereka telah mempengaruhi begitu banyak orang percaya sehingga tampaknya berbahaya untuk melakukan tindakan terhadap mereka. Ada bahaya menyebabkan perselisihan dan perpecahan yang akan menghancurkan kepentingan rohani dari gereja. Oleh karena itu, dia berusaha untuk menekankan kepada saudara-saudaranya pentingnya untuk berusaha saling membantu dalam kasih... Oleh doa yang terus-menerus mereka harus mencari tuntunan Roh Kudus, yang akan memimpin mereka pada kasih dan persatuan. E.G.W. (Testimonies for the Church, vol. 5, cp. 25, p. 243)

Lesson 2 for October 14, 2017

Lesson 2 for October 14, 2017 Lesson 2 for October 14, 2017 Janji terkenal: Suatu hidup yang lebih baik sebagai hasil dari penurutan. Janji yang lebih baik: Keselamatan oleh iman melalui darah Yesus. Sesungguhnya kamu harus berpegang

Lebih terperinci

MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018

MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018 MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018 Orang-orang bukan Yahudi menerima Injil, dan itu merupakan masalah bagi sebagian orang Yahudi. Tidakkah seharusnya bangsa bukan Yahudi hidup di bawah aturan

Lebih terperinci

A J A R A N D I N A M I S

A J A R A N D I N A M I S 1. DOSA UNIVERSAL MANUSIA ROMA 1 : 18, 2, 16 2. PENEBUSAN ROMA 5 3. KELAHIRAN BARU YOHANES 3 4. PEMBENARAN OLEH IMAN EFESUS 2 : 1-10 & GALATIA 2 5. KRISTUS GEMBALA YANG BAIK YOHANES 10 : 1-18 6. KRISTUS

Lebih terperinci

Lesson 7 for November 17, 2018

Lesson 7 for November 17, 2018 Lesson 7 for November 17, 2018 Konflik internal adalah salah satu bahaya terbesar bagi persatuan. Gereja mula-mula menghadapi konflik semacam itu. Namun, mereka menangani dan menyelesaikannya dengan cara

Lebih terperinci

PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN. Lesson 1 for July 1, 2017

PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN. Lesson 1 for July 1, 2017 PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN Lesson 1 for July 1, 2017 Paulus adalah penulis surat kepada jemaat di Galatia. Dia memperkenalkan dirinya sebagai berikut: Semua orang Yahudi mengetahui jalan hidupku sejak

Lebih terperinci

Imbuhanpatrick.wordpress.com

Imbuhanpatrick.wordpress.com Imbuhanpatrick.wordpress.com AYAT KUNCI Kisah 15:10,11 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk muridmurid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek

Lebih terperinci

Lesson 1 for October 7, 2017

Lesson 1 for October 7, 2017 Lesson 1 for October 7, 2017 Pada triwulan ini kita akan mempelajari kitab Roma. Pertamatama, adalah penting untuk mengetahui bagaimana Paulus sebagai penulis berhubungan dengan orang-orang Kristen yang

Lebih terperinci

Ketika kita mempelajari kehidupan Petrus, kita menemukan seorang yang sangat kontras. Dia seorang yang impulsif dan mandiri namun disaat yang sama ia

Ketika kita mempelajari kehidupan Petrus, kita menemukan seorang yang sangat kontras. Dia seorang yang impulsif dan mandiri namun disaat yang sama ia Lesson 1 for April 1, 2017 Ketika kita mempelajari kehidupan Petrus, kita menemukan seorang yang sangat kontras. Dia seorang yang impulsif dan mandiri namun disaat yang sama ia seorang yang rendah hati

Lebih terperinci

OTORITAS PAULUS DAN INJIL

OTORITAS PAULUS DAN INJIL OTORITAS PAULUS DAN INJIL Lesson 2 for July 8, 2017 Banyak orang yang percaya bahwa surat-surat Paulus diinspirasikan oleh Allah, namun yang lain tidak. Beberapa orang di Galatia menipu orangorang Kristen

Lebih terperinci

PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA

PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018 Gereja mula-mula merupakan suatu contoh yang baik tentang persatuan. Bagaimana mereka mencapai persatuan itu? Dapatkah kita memiliki

Lebih terperinci

diselesaikan sebelum menyebabkan perpecahan.

diselesaikan sebelum menyebabkan perpecahan. Lesson 4 for July 28, 2018 Pertumbuhan Gereja mula-mula sangat luar biasa. Ribuan orang bergabung ke dalam gereja, termasuk beberapa imam. Namun, beberapa masalah muncul diantara umat percaya. Masalahmasalah

Lebih terperinci

KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU

KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU Lesson 1 for July 7, 2018 Pasal pertama dari buku Kisah Para Rasul menceritakan tentang hari-hari terakhir Yesus di Bumi dan reaksi pertama dari para murid setelah Kenaikan-Nya.

Lebih terperinci

Yesus mengatakan kepada Petrus tepat sebelum penyangkalannya, Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.

Yesus mengatakan kepada Petrus tepat sebelum penyangkalannya, Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu. Lesson 6 for August 11, 2018 Yesus mengatakan kepada Petrus tepat sebelum penyangkalannya, Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu. (Lukas 22:32) Petrus memenuhi permintaan

Lebih terperinci

Seruan pastoral Paulus. Galatia 4:12. Aku minta kepadamu, saudara-saudara jadilah sama seperti aku sebab aku pun telah menjadi sama seperti kamu

Seruan pastoral Paulus. Galatia 4:12. Aku minta kepadamu, saudara-saudara jadilah sama seperti aku sebab aku pun telah menjadi sama seperti kamu Lesson 9 for August 26, 2017 Seruan pastoral Paulus. Galatia 4:12. Aku minta kepadamu, saudara-saudara jadilah sama seperti aku sebab aku pun telah menjadi sama seperti kamu Mengingat permulaan. Galatia

Lebih terperinci

Dalam rencana Allah, adalah waktunya bagi Saulus untuk mengkhotbahkan Injil dan membangun gereja-gereja baru di sekitar Kekaisaran Romawi.

Dalam rencana Allah, adalah waktunya bagi Saulus untuk mengkhotbahkan Injil dan membangun gereja-gereja baru di sekitar Kekaisaran Romawi. Lesson 7 for August 18, 2018 4. Ikonium. Kisah 14:1-7 Bekerja bagi orang Israel 5. Listra dan Derbe. Kisah 14:8-20 Bekerja diantara yang bukan Yahudi 1. Antiokhia. Kisah 13:1-3 Persiapan untuk perjalanan.

Lebih terperinci

A. 3: 1-14, 3:1-5. B.

A. 3: 1-14, 3:1-5. B. Lesson 5 for July 29, 2017 Dalam Galatia 3: 1-14, Paulus menjelaskan bahwa Allah selalu hanya memiliki satu sarana keselamatan: iman. Mengapa orang-orang Galatia melupakan doktrin dasar itu? Bukankah mereka

Lebih terperinci

Gereja didorong oleh Roh Kudus dan mulai memenuhi misi yang telah Yesus perintahkan. Orang-orang Kristen memberitakan Injil dan mengadakan mukjizat,

Gereja didorong oleh Roh Kudus dan mulai memenuhi misi yang telah Yesus perintahkan. Orang-orang Kristen memberitakan Injil dan mengadakan mukjizat, Lesson 3 for July 21, 2018 Gereja didorong oleh Roh Kudus dan mulai memenuhi misi yang telah Yesus perintahkan. Orang-orang Kristen memberitakan Injil dan mengadakan mukjizat, dan Gereja bertumbuh, terutama

Lebih terperinci

Dari Perjanjian Baru kita dapat belajar tentang baptisan Roh Kudus dan bagaimana orang-orang percaya dipenuhi Roh Kudus. Syarat-syarat apakah yang

Dari Perjanjian Baru kita dapat belajar tentang baptisan Roh Kudus dan bagaimana orang-orang percaya dipenuhi Roh Kudus. Syarat-syarat apakah yang Lesson 5 for February 4, 2017 Dari Perjanjian Baru kita dapat belajar tentang baptisan Roh Kudus dan bagaimana orang-orang percaya dipenuhi Roh Kudus. Syarat-syarat apakah yang harus kita penuhi untuk

Lebih terperinci

Kisah Para Rasul 2:1-3

Kisah Para Rasul 2:1-3 Lesson 2 for July 14, 2018 1. Kisah Para Rasul 2:1-3. Hujan awal. 2. Kisah Para Rasul 2:4-13. Karunia bahasa-bahasa. 3. Kisah Para Rasul 2:14-32. Khotbah yang pertama. 4. Kisah Para Rasul 2:33-36. Pemuliaan

Lebih terperinci

Galatia. 1 1 Dari Paulus, rasul.* Aku bukan dipilih

Galatia. 1 1 Dari Paulus, rasul.* Aku bukan dipilih 275 Galatia 1 1 Dari Paulus, rasul.* Aku bukan dipilih oleh manusia atau disuruh melalui kuasa seorang manusia, tetapi melalui Yesus Kristus dan Allah Bapa yang telah membangkitkan Yesus dari kematian.

Lebih terperinci

Lesson 8 for November 24, 2018

Lesson 8 for November 24, 2018 PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018 Berbagai suatu doktrin yang sama merupakan faktor pemersatu (Kis 2:42). Kita mungkin berbeda pendapat tentang hal-hal yang tidak penting. Berbagi keyakinan

Lebih terperinci

PENAHANAN DI YERUSALEM. Lesson 11 for September 15, 2018

PENAHANAN DI YERUSALEM. Lesson 11 for September 15, 2018 PENAHANAN DI YERUSALEM Lesson 11 for September 15, 2018 Paulus ingin sekali melihat Gereja yang bersatu (Galatia 3:28). Dia mendorong gereja-gereja yang bukan Yahudi untuk membantu saudara-saudara Yahudi

Lebih terperinci

Lesson 2 for October 13, 2018

Lesson 2 for October 13, 2018 Lesson 2 for October 13, 2018 Allah ingin agar umatnya bersatu. Taat kepada kehendak Allah adalah hal yang penting untuk mencapai persatuan. Ketika kita bersatu, sukacita dan kemakmuran membuat Gereja

Lebih terperinci

KEMERDEKAAN DALAM KRISTUS

KEMERDEKAAN DALAM KRISTUS KEMERDEKAAN DALAM KRISTUS Lesson 11 for September 9, 2017 Pertama-tama, Paulus menulis tentang kemerdekaan yang kita miliki di dalam Kristus. Kemudian dia membandingkan kemerdekaan itu dengan perbudakan

Lebih terperinci

1 Petrus 1:1. Para penerima. 1 Petrus 1:2. Orang-orang percaya yang dipilih. 1 Petrus 1:3-12. Topik.

1 Petrus 1:1. Para penerima. 1 Petrus 1:2. Orang-orang percaya yang dipilih. 1 Petrus 1:3-12. Topik. Lesson 2 for April 8, 2017 Sebagian besar Kitab Perjanjian Baru ditulis dalam bentuk surat. Surat-surat itu ditulis kepada personal, gereja atau sekelompok jemaat. Kitab 1 dan 2 Petrus adalah surat universal

Lebih terperinci

Surat-surat Petrus adalah surat-surat praktis. Ada lima tema utama di dalamnya: Bagaimanakah kita harus hidup?

Surat-surat Petrus adalah surat-surat praktis. Ada lima tema utama di dalamnya: Bagaimanakah kita harus hidup? Lesson 13 for June 24, 2017 Surat-surat Petrus adalah surat-surat praktis. Ada lima tema utama di dalamnya: Bagaimanakah kita harus hidup? Yesus Juruselamat kita yang menderita. Harapan pada Kedatangan

Lebih terperinci

GURU-GURU PALSU: MOTIVASI MEREKA

GURU-GURU PALSU: MOTIVASI MEREKA Lesson 11 for June 10, 2017 Petrus ingin memperingatkan kita mengenai bahaya guru-guru palsu di dalam Gereja, seperti yang Paulus lakukan ketika bertemu dengan para penatua di Efesus (Kis 20: 28-31). Guru-guru

Lebih terperinci

Dalam Galatia 5: 13-15, Paulus memperingatkan orang-orang Galatia supaya mereka jangan menggunakan kemerdekaan di dalam Kristus dengan tidak sopan.

Dalam Galatia 5: 13-15, Paulus memperingatkan orang-orang Galatia supaya mereka jangan menggunakan kemerdekaan di dalam Kristus dengan tidak sopan. Lesson 12 for September 16, 2017 Dalam Galatia 5: 13-15, Paulus memperingatkan orang-orang Galatia supaya mereka jangan menggunakan kemerdekaan di dalam Kristus dengan tidak sopan. Persoalan itu mungkin

Lebih terperinci

ROH KUDUS DAN JEMAAT Lesson 9 for March 4, 2017

ROH KUDUS DAN JEMAAT Lesson 9 for March 4, 2017 ROH KUDUS DAN JEMAAT Lesson 9 for March 4, 2017 Selain bekerja atas masing-masing kita, Roh Kudus juga bekerja dalam Gereja sebagai satu tubuh. Roh Kudus memelihara Gereja tetap bersatu sehingga kita dapat

Lebih terperinci

Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis.

Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis. Lesson 5 for August 4, 2018 Setelah Stefanus dirajam, Sanhedrin mengizinkan Saulus dari Tarsus (Paulus) untuk menganiaya para pengikut Yesus dari Nazaret. Saulus menjadi rasul Sanhedrin untuk menghancurkan

Lebih terperinci

Ketika kita menerima keselamatan yang Kristus berikan di kayu salib, kita dipersatukan dengan Dia dalam sebuah perjanjian. Kita didamaikan dengan

Ketika kita menerima keselamatan yang Kristus berikan di kayu salib, kita dipersatukan dengan Dia dalam sebuah perjanjian. Kita didamaikan dengan Ketika kita menerima keselamatan yang Kristus berikan di kayu salib, kita dipersatukan dengan Dia dalam sebuah perjanjian. Kita didamaikan dengan Allah dan dengan sesama manusia. Hidup kita diubahkan.

Lebih terperinci

Hampir setiap hari kita biasa mendengar peristiwa ini dalam berita.

Hampir setiap hari kita biasa mendengar peristiwa ini dalam berita. Lesson 7 for May 19, 2018 Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih

Lebih terperinci

Ada tiga kata kunci dalam Galatia 3: 15-20: Janji, perjanjian dan hukum. Kita harus mempelajari bagaimana Paulus menggunakan ketiga kata ini.

Ada tiga kata kunci dalam Galatia 3: 15-20: Janji, perjanjian dan hukum. Kita harus mempelajari bagaimana Paulus menggunakan ketiga kata ini. Lesson 6 for August 5, 2017 Ada tiga kata kunci dalam Galatia 3: 15-20: Janji, perjanjian dan hukum. Kita harus mempelajari bagaimana Paulus menggunakan ketiga kata ini. Saudara-saudara, baiklah kupergunakan

Lebih terperinci

Pembaptisan Air. Pengenalan

Pembaptisan Air. Pengenalan Pembaptisan Air Pengenalan Penting sekali bagi kita membaca Alkitab dan mempelajari apa yang Tuhan katakan kepada umatnya. Saya percaya kita perlu meneliti Kitab Suci secara menyeluruh untuk mengetahui

Lebih terperinci

KARUNIA NUBUAT SEPANJANG ZAMAN

KARUNIA NUBUAT SEPANJANG ZAMAN KARUNIA NUBUAT SEPANJANG ZAMAN Seorang yang diangkat menjadi Juru Bicara ALLAH, KARUNIA NUBUAT PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA Orang yang dikaruniakan disebut Nabi (Prophet) Kel 7:1, 2 Berfirmanlah TUHAN kepada

Lebih terperinci

Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu?

Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu? Pertanyaan Alkitabiah Pertanyaan 21-23 Bagaimanakah Orang Yang Percaya Akan Kristus Bisa Bersatu? Orang-orang yang percaya kepada Kristus terpecah-belah menjadi ratusan gereja. Merek agama Kristen sama

Lebih terperinci

Yesus mengadakan doa pengantaraan bagi murid-murid-nya (dan untuk kita) di hadapan Bapa sebelum pengorbanan-nya.

Yesus mengadakan doa pengantaraan bagi murid-murid-nya (dan untuk kita) di hadapan Bapa sebelum pengorbanan-nya. Lesson 3 for October 20, 2018 Yesus mengadakan doa pengantaraan bagi murid-murid-nya (dan untuk kita) di hadapan Bapa sebelum pengorbanan-nya. Doa ini dikenal sebagai Doa Imam Besar. Persatuan adalah salah

Lebih terperinci

Series: Sermon Series. Title: Akhirnya merdeka. Part: Speaker: Dr. David Platt. Date: Text: Página (Page) 1. Dimerdekakan Melalui Iman 12/7/09

Series: Sermon Series. Title: Akhirnya merdeka. Part: Speaker: Dr. David Platt. Date: Text: Página (Page) 1. Dimerdekakan Melalui Iman 12/7/09 Series: Sermon Series Title: Akhirnya merdeka Dimerdekakan Melalui Iman Part: 2 Speaker: Dr. David Platt Date: 12/7/09 Text: AKHIRNYA MERDEKA Jika anda memiliki Alkitab, dan saya harap anda membawanya,

Lebih terperinci

ORGANISASI: Doktrin Disiplin MISI.

ORGANISASI: Doktrin Disiplin MISI. Lesson 12 for December 22, 2018 Orang-orang percaya mengakui Kristus sebagai Kepala dari gereja. Namun demikian, tingkat organisasi manusia sangat penting untuk misi dan persatuan gereja. Para pemimpin

Lebih terperinci

Pelajaran Enam. Yesus Adalah Kebenaran. mendengar kepalsuan, kesalahan, atau kebohongan; kita tidak mau hidup atau

Pelajaran Enam. Yesus Adalah Kebenaran. mendengar kepalsuan, kesalahan, atau kebohongan; kita tidak mau hidup atau Pelajaran Enam Yesus Adalah Kebenaran Kebenaran dalam agama adalah sangat penting. Sebenarnya kebenaran adalah penting dalam bidang apapun. Manusia ingin mengetahui kebenaran dalam bidang pengobatan, dalam

Lebih terperinci

Tujuan langsung dari penatalyanan adalah untuk memenuhi misi Allah dan menebus dunia. Allah ingin membuat prinsip penatalayanan menjadi suatu

Tujuan langsung dari penatalyanan adalah untuk memenuhi misi Allah dan menebus dunia. Allah ingin membuat prinsip penatalayanan menjadi suatu Lesson 13 for 31 March 2018 Tujuan langsung dari penatalyanan adalah untuk memenuhi misi Allah dan menebus dunia. Allah ingin membuat prinsip penatalayanan menjadi suatu kenyataan dalam hidup kita. Hal

Lebih terperinci

Lesson 7 for May 13, 2017 KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI

Lesson 7 for May 13, 2017 KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI Lesson 7 for May 13, 2017 KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI Dalam 1 Petrus 5: 1-10, Petrus menjelaskan peran para penatua di Gereja. Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat, terutama

Lebih terperinci

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #1 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #1 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

Kotak gandar. Sumbu. Pelek. Jari-jari. Bantalan besi

Kotak gandar. Sumbu. Pelek. Jari-jari. Bantalan besi Lesson 10 for March 10, 2018 Penatalayanan harus dipahami sebagai pengelolaan kehidupan Kristen yang benar. Seluruh aspek kehidupan kita dan Gereja juga terlibat dalam penatalayanan. Mari kita pelajari

Lebih terperinci

Mereka berkumpul karena Paulus akan pergi keesokan harinya. Kisah 20:7

Mereka berkumpul karena Paulus akan pergi keesokan harinya. Kisah 20:7 Lesson 6 for May 12, 2018 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka

Lebih terperinci

RENUNGAN KITAB 1Tesalonika Oleh: Pdt. Yabes Order

RENUNGAN KITAB 1Tesalonika Oleh: Pdt. Yabes Order RENUNGAN KITAB 1Tesalonika Oleh: Pdt. Yabes Order Bacaan Alkitab hari ini: 1Tesalonika 1 HARI 1 MENJADI TELADAN Mengingat waktu pelayanan Rasul Paulus di Tesalonika amat singkat, mungkin kita heran saat

Lebih terperinci

Pertanyaan Alkitab (24-26)

Pertanyaan Alkitab (24-26) Pertanyaan Alkitab (24-26) Bagaimanakah orang Kristen Bisa Menentukan Dia Tidak Jatuh Dari Iman/Berpaling Dari Tuhan? Menurut Alkitab seorang Kristen bisa jatuh dari kasih karunia, imannya bisa hilang.

Lebih terperinci

Lihatlah, bagaimana besarnya huruf-huruf yang kutulis kepadamu dengan tanganku sendiri. (Galatia 6:11)

Lihatlah, bagaimana besarnya huruf-huruf yang kutulis kepadamu dengan tanganku sendiri. (Galatia 6:11) Lesson 14 for September 30, 2017 Kata-kata penutup dari Paulus sebenarnya merupakan seruan bagi orang-orang Galatia. Paulus seperti seorang gembala yang merawat kawanan ternaknya. Dia ingin menanamkan

Lebih terperinci

Pertentangan Akhir antara Kristus dan Setan adalah latar belakang di seluruh Alkitab. Hal ini terutama muncul dalam kitab Ayub. Pertentangan Akhir.

Pertentangan Akhir antara Kristus dan Setan adalah latar belakang di seluruh Alkitab. Hal ini terutama muncul dalam kitab Ayub. Pertentangan Akhir. Lesson 2 for October 8, 2016 Pertentangan Akhir antara Kristus dan Setan adalah latar belakang di seluruh Alkitab. Hal ini terutama muncul dalam kitab Ayub. Pertentangan Akhir. Pertentangan dimulai. Pertentangan

Lebih terperinci

BAGIAN II--TEOLOGI KISAH PARA RASUL. l. Lukas adalah seorang Yunani, bukan seorang Yahudi-- Kol. 4:l0- l4

BAGIAN II--TEOLOGI KISAH PARA RASUL. l. Lukas adalah seorang Yunani, bukan seorang Yahudi-- Kol. 4:l0- l4 1 BAGIAN II--TEOLOGI KISAH PARA RASUL PENDAHULUAN A. Penulis. l. Lukas adalah seorang Yunani, bukan seorang Yahudi-- Kol. 4:l0- l4 2. Ada yang merasa bahwa dia dilahirkan di Antiokhia di Siria, dan ada

Lebih terperinci

Lesson 9 for May 27, 2017

Lesson 9 for May 27, 2017 Lesson 9 for May 27, 2017 Pada bagian awal dari surat Petrus yang kedua, dia menulis tentang iman sehingga kita supaya juga sesudah kepergianku itu kamu selalu mengingat semuanya itu. (2 Pet 1:15). Dia

Lebih terperinci

Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela. Seri Kitab Wahyu Pasal 14, Pembahasan #5 oleh Chris McCann Selamat malam dan selamat datang di pembahasan Alkitab EBible Fellowship dalam Kitab Wahyu. Malam ini adalah pembahasan #5 tentang Wahyu, pasal

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI KUNCI MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI BAGI MEREKA YANG MEMBUAT KEPUTUSAN Saudara yang terkasih, pada waktu Saudara menerima Yesus Kristus menjadi Juruselamat pribadi,

Lebih terperinci

Dalam Roma 12-13, Paulus berbicara tentang hubungan orang Kristen dengan...

Dalam Roma 12-13, Paulus berbicara tentang hubungan orang Kristen dengan... Lesson 12 for December 23, 2017 ALLAH Roma 12:1-2 Roma 13:11-14 KEDATANGAN YESUS YANG KEDUA KALI HUKUM TAURAT Dalam Roma 12-13, Paulus berbicara tentang hubungan orang Kristen dengan... GEREJA ORANG LAIN

Lebih terperinci

The State of incarnation : Exaltation

The State of incarnation : Exaltation The State of incarnation : Exaltation (Keadaan Kemuliaan Kristus) Rudi Zalukhu, M.Th BGA : Mat. 28:1-10 Ke: 1 2 3 APA YANG KUBACA? (Observasi: Tokoh, Peristiwa) APA YANG KUDAPAT? (Penafsiran: Pelajaran,

Lebih terperinci

Yesus Adalah Juru Selamat Manusia. pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya

Yesus Adalah Juru Selamat Manusia. pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya Pelajaran Kedua Yesus Adalah Juru Selamat Manusia Apabila kita bicara tentang Juru Selamat, mungkin sementara orang mengajukan pertanyaan : Mengapa manusia perlu seorang juru selamat? Apa artinya diselamatkan?

Lebih terperinci

Surat Roma ini merupakan surat Paulus yang paling panjang, paling teologis, dan paling berpengaruh. Mungkin karena alasan-alasan itulah surat ini

Surat Roma ini merupakan surat Paulus yang paling panjang, paling teologis, dan paling berpengaruh. Mungkin karena alasan-alasan itulah surat ini Catatan: Bahan ini diambil dari http://www.sabda.org/sabdaweb/biblical/intro/?b=47, diakses tanggal 3 Desember 2012. Selanjutnya mahasiswa dapat melihat situs www.sabda.org yang begitu kaya bahan-bahan

Lebih terperinci

Dihadapan Festus. Kisah 25:1-12. Isu-isu politik. Dihadapan Agripa. Kisah 25:13-26:32. Raja Agripa dan Bernike. Pidato Paulus. Respon Agripa.

Dihadapan Festus. Kisah 25:1-12. Isu-isu politik. Dihadapan Agripa. Kisah 25:13-26:32. Raja Agripa dan Bernike. Pidato Paulus. Respon Agripa. Lesson 12 for September 22, 2018 Paulus ditahan di Kaisarea untuk keselamatannya sendiri. Dia berada di bawah hukum Romawi. Setiap orang yang telah menginterogasi Paulus mengerti bahwa dia tidak melakukan

Lebih terperinci

PEMBENARAN OLEH IMAN SAJA

PEMBENARAN OLEH IMAN SAJA PEMBENARAN OLEH IMAN SAJA Lesson 4 for July 22, 2017 Konsep pembenaran. 1. Apa itu pembenaran? Pengertian dari dibenarkan. 2. Melakukan hukum Taurat. 3. Iman dalam Yesus Kristus. Hasil dari pembenaran.

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Kristen Protestan

Pendidikan Agama Kristen Protestan Modul ke: 02Fakultas Psikologi Program Studi Psikologi Pendidikan Agama Kristen Protestan TERBENTUKNYA GEREJA Drs. Sugeng Baskoro,M.M. Sebelum Yesus naik ke surga, Ia memberikan perintah kepada para murid-nya

Lebih terperinci

Level 3 Pelajaran 6. RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow

Level 3 Pelajaran 6. RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow Level 3 Pelajaran 6 RAJA DAN KERAJAAN-NYA Oleh Don Krow Di Perjanjian Lama, apa yang membedakan bangsa Israel dari bangsa-bangsa lain adalah mereka merupakan sebuah teokrasi. Dengan kata lain, mereka diperintah

Lebih terperinci

Mat. 16: Ev. Bakti Anugrah, M.A.

Mat. 16: Ev. Bakti Anugrah, M.A. Mat. 16: 13-20 Ev. Bakti Anugrah, M.A. Identitas Kristus yang sudah dinyatakan berulang-ulang dari pasal pertama sampai pasal kelima belas ternyata masih menimbulkan kebingungan dan perpecahan pendapat

Lebih terperinci

PEKERJAAN ROH KUDUS Lesson 12 for March 25, 2017

PEKERJAAN ROH KUDUS Lesson 12 for March 25, 2017 PEKERJAAN ROH KUDUS Lesson 12 for March 25, 2017 Yesus memperkenalkan Roh Kudus sebagai Penghibur dan Penolong kita. Dia juga mengatakan kepada kita bahwa pekerjaan utamanya adalah untuk menginsafkan dunia.

Lebih terperinci

KUNCI PERSATUAN RUANG LINGKUP PERSATUAN. Persatuan dalam Kristus. Efesus 1:3-14. Persatuan tanpa batas. Efesus 2:11-22.

KUNCI PERSATUAN RUANG LINGKUP PERSATUAN. Persatuan dalam Kristus. Efesus 1:3-14. Persatuan tanpa batas. Efesus 2:11-22. Lesson 4 for October 27, 2018 Persatuan adalah salah satu topik yang Paulus tuliskan dalam suratnya kepada jemaat di Efesus. Orang-orang dari berbagai ras dan budaya adalah bagian dari gereja di Efesus.

Lebih terperinci

Surat-surat Paulus DR Wenas Kalangit

Surat-surat Paulus DR Wenas Kalangit Surat-surat Paulus DR Wenas Kalangit 15 Januari 2008 Jakarta 1 Surat-surat Paulus Catatan Umum Hampir separuh PB, yakni 13 kitab, memakai nama Paulus sebagai penulisnya (= Suratsurat Paulus). Selain itu,

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI KUNCI MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI BAGI MEREKA YANG MEMBUAT KEPUTUSAN Saudara yang terkasih, pada waktu Saudara menerima

Lebih terperinci

Level 1 Pelajaran 14

Level 1 Pelajaran 14 Level 1 Pelajaran 14 KUASA DARI HIDUP YANG DI PENUHI ROH Oleh Don Krow Markus 16:15-16 di kenal sebagai Perintah/Amanat Agung. Yesus berkata kepada murid2nya, Lalu Ia berkata kepada mereka:"pergilah ke

Lebih terperinci

Paulus: Nabi Palsu? Atau Rasul Sejati?

Paulus: Nabi Palsu? Atau Rasul Sejati? Paulus: Nabi Palsu? Atau Rasul Sejati? Yahushua tahu bahwa ketika Dia kembali ke surga, Setan akan berusaha untuk menghancurkan Gereja Kristen yang masih muda. Dengan ejekan, dengan kekerasan, dengan tipu

Lebih terperinci

Seri Kedewasaan Kristen (6/6)

Seri Kedewasaan Kristen (6/6) Seri Kedewasaan Kristen (6/6) Nama Kursus : ORANG KRISTEN YANG BERTANGGUNG JAWAB (OKB) Nama Pelajaran : Bertanggung Jawab dalam Hal Bersaksi dan Memuridkan Orang Lain Kode Pelajaran : OKB-T06 DAFTAR ISI

Lebih terperinci

Hukum dan janji. Galatia 3:21. Tetap dibawah hukum Taurat. Galatia 3: Hukum sebagai pembimbing kita. Galatia 3:24.

Hukum dan janji. Galatia 3:21. Tetap dibawah hukum Taurat. Galatia 3: Hukum sebagai pembimbing kita. Galatia 3:24. Lesson 7 for August 12, 2017 Bagaimana hukum dan iman berkaitan? Apa peran kedua hal ini dalam rencana keselamatan? Apa yang dimaksud dengan berada dibawah hukum? Apakah hukum itu tidak berlaku lagi setelah

Lebih terperinci

SIAPA YANG LEMAH DALAM IMAN? (Roma 14:1-15:3)

SIAPA YANG LEMAH DALAM IMAN? (Roma 14:1-15:3) Lesson 13 for December 30, 2017 SIAPA YANG LEMAH DALAM IMAN? (Roma 14:1-15:3) Seseorang yang memiliki pemahaman terbatas tentang prinsip-prinsip kebenaran. Dia rindu untuk diselamatkan dan dia bersedia

Lebih terperinci

Buku buku Perjanjian Baru

Buku buku Perjanjian Baru Buku buku Perjanjian Baru Pada saat Perjanjian Baru mulai dituliskan, gambaran Perjanjian Lama sudah banyak berubah. Zaman para nabi sudah berlalu dan banyak orang bersikap acuh tak acuh terhadap hal-hal

Lebih terperinci

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari...

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Yohanes 7 Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Yesus dan Saudara-saudaraNya Yesus pada Pesta Pondok Daun Mesiaskah Dia? Penjaga Bait Allah Disuruh Menangkap Yesus Aliran Air Hidup Pertentangan

Lebih terperinci

Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus. (Imamat 11:44). Allah itu kudus dan

Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus. (Imamat 11:44). Allah itu kudus dan Lesson 6 for February 11, 2017 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus. (Imamat 11:44). Allah itu kudus dan Dia ingin agar anak-anak-nya

Lebih terperinci

Lesson 10 for December 8, 2018

Lesson 10 for December 8, 2018 Lesson 10 for December 8, 2018 Persatuan kita berdasarkan pada persatuan pribadi dengan Kristus, tetapi hubungan pribadi dengan yang lain juga mempengaruhinya. Kita dapat menemukan beberapa contoh masalah

Lebih terperinci

Seri Kedewasaan Kristen (3/6)

Seri Kedewasaan Kristen (3/6) Seri Kedewasaan Kristen (3/6) Nama Kursus   : ORANG KRISTEN YANG BERTANGGUNG JAWAB (OKB) Nama Pelajaran : Bertanggung Jawab untuk Hidup Benar dan Menggunakan                 Karunia-karunia

Lebih terperinci

Gereja Membaptis Orang Percaya

Gereja Membaptis Orang Percaya Gereja Membaptis Orang Percaya Beberapa tahun lalu di daratan Cina ada beberapa orang Kristen yang sedang membicarakan pandangan berbagai gereja tentang baptisan. Salah seorang pemimpin awam mengatakannya

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Kristen Protestan

Pendidikan Agama Kristen Protestan Modul ke: 04Fakultas Psikologi Pendidikan Agama Kristen Protestan GEREJA SESUDAH ZAMAN PARA RASUL (2) Program Studi Psikologi Drs. Sugeng Baskoro,M.M. A. Latar Belakang Dalam kepercayaan Iman Kristen,

Lebih terperinci

Bab Sembilan-Belas (Chapter Nineteen) Realitas dalam Kristus (In-Christ Realities)

Bab Sembilan-Belas (Chapter Nineteen) Realitas dalam Kristus (In-Christ Realities) Bab Sembilan-Belas (Chapter Nineteen) Realitas dalam Kristus (In-Christ Realities) Di seluruh suratan-suratan dalam Perjanjian Baru, kita temukan frase-frase seperti dalam Kristus, bersama Kristus, melalui

Lebih terperinci

HUBUNGAN HUKUM TAURAT DENGAN ORANG PERCAYA PERJANJIAN BARU

HUBUNGAN HUKUM TAURAT DENGAN ORANG PERCAYA PERJANJIAN BARU HUBUNGAN HUKUM TAURAT DENGAN ORANG PERCAYA PERJANJIAN BARU SEBUAH KARYA TULIS ILMIAH DITUJUKAN KEPADA: dr. Andrew M. Liauw, M.Div., M.Th DOSEN GRAPHE INTERNATIONAL THEOLOGICAL SEMINARY UNTUK MEMENUHI TUNTUTAN

Lebih terperinci

ANAK-ANAK ALLAH DAN AHLI WARIS (Galatia 3: 26-29) ALLAH MENGUTUS ANAKNYA (Galatia 4: 4)

ANAK-ANAK ALLAH DAN AHLI WARIS (Galatia 3: 26-29) ALLAH MENGUTUS ANAKNYA (Galatia 4: 4) Lesson 8 for August 19, 2017 ANAK-ANAK ALLAH DAN AHLI WARIS (Galatia 3: 26-29) ALLAH MENGUTUS ANAKNYA (Galatia 4: 4) AHLI WARIS SEBELUM KRISTUS: HAMBA (Galatia 4: 1-3) AHLI WARIS SETELAH KRISTUS: DIADOPSI

Lebih terperinci

KARUNIA-KARUNIA ROH. 3. Apa yang terjadi?

KARUNIA-KARUNIA ROH. 3. Apa yang terjadi? KARUNIA-KARUNIA ROH Pengantar Mujizat-mujizat, kesembuhan, pengetahuan supranatural, orang-orang mati dibangkitkan. Tidak heran bahwa kekristenan kita kadang-kadang nampaknya seperti tidak memiliki kuasa

Lebih terperinci

Petrus mengajarkan bahwa berdusta kepada Roh Kudus juga berdusta kepada Allah.

Petrus mengajarkan bahwa berdusta kepada Roh Kudus juga berdusta kepada Allah. Lesson 3 for January 21, 2017 Sesudah itu, Ananias dan Safira mendukakan Roh Kudus oleh menyerah kepada perasaan tamak. Mereka mulai menyesali perjanjian mereka dan tidak lama kemudian hilanglah pengaruh

Lebih terperinci

Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai?

Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai? Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai? Traktat kecil ini menjelaskan mengenai dua belas ajaran dasar dari umat Kristen Baptis. Ayat Alkitab Bahasa Indonesia diambil dari Alkitab Terjemahan

Lebih terperinci

Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai?

Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai? Siapakah orang Kristen Baptis dan Apa yang mereka percayai? Buku ini menjelaskan mengenai dua belas ajaran dasar dari umat Kristen Baptis. Dasar kepercayaan ini tidak hanya khusus untuk orang Kristen Baptis,

Lebih terperinci

KEMERDEKAAN VANG BARU

KEMERDEKAAN VANG BARU KEMERDEKAAN VANG BARU Dalam Pelajaran Ini Saudara Akan Mempelajari Kemerdekaan dari Dosa Kemerdekaan dari Ketakutan Kemerdekaan dari Kesalahan Kemerdekaan dari Taurat Musa Kemerdekaan dari Kekuatiran Kemerdekaan

Lebih terperinci

Hukum Taurat Atau Anugerah 1/4 Wednesday, 27 July 2011

Hukum Taurat Atau Anugerah 1/4 Wednesday, 27 July 2011 Hukum Taurat Atau Anugerah 1/4 Wednesday, 27 July 2011 Awal dan akhir dari Hukum Taurat Bab Satu Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada dibawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah

Lebih terperinci

Alkitab untuk Anak-anak. memperkenalkan. Petrus Dan Kuasa Doa

Alkitab untuk Anak-anak. memperkenalkan. Petrus Dan Kuasa Doa Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Petrus Dan Kuasa Doa Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh : Janie Forest Disadur oleh: Ruth Klassen Diterjemahkan oleh:

Lebih terperinci

EFEK BAPTISAN BAYI TERHADAP GEREJA SECARA JANGKA PANJANG

EFEK BAPTISAN BAYI TERHADAP GEREJA SECARA JANGKA PANJANG EFEK BAPTISAN BAYI TERHADAP GEREJA SECARA JANGKA PANJANG SEBUAH KARYA TULIS ILMIAH DITUJUKAN KEPADA Dr. Suhento Liauw, S.Th., M.R.E., D.R.E., Th.D DOSEN GRAPHE INTERNATIONAL THEOLOGICAL SEMINARY UNTUK

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA. melainkan beroleh hidup yang kekal Yohanes 3:16. (Bahasa Indonesian)

INJIL YESUS KRISTUS BAGI DUNIA. melainkan beroleh hidup yang kekal Yohanes 3:16. (Bahasa Indonesian) (Bahasa Indonesian) INJIL BAGI DUNIA Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-nya tidak binasa, melainkan

Lebih terperinci

Rencana Allah untuk Gereja Tuhan

Rencana Allah untuk Gereja Tuhan Rencana Allah untuk Gereja Tuhan Yesus berkata, "Aku akan mendirikan jemaatku dan alam maut tidak akan menguasainya" (Matius 16:18). Inilah janji yang indah! Ayat ini memberitahukan beberapa hal yang penting

Lebih terperinci

Bagaimana Saya Menjadi Sebagian dari Gereja Tuhan

Bagaimana Saya Menjadi Sebagian dari Gereja Tuhan Bagaimana Saya Menjadi Sebagian dari Gereja Tuhan Kita telah banyak mempelajari masa lampau gereja Tuhan. Kita telah melihat bagaimana Allah mengerjakan rencananya. Kita juga telah mempelajari arti kata

Lebih terperinci

GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN

GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN GEREJA KRISTEN NAZARENE PASAL-PASAL TENTANG IMAN I Allah Tritunggal Kami percaya kepada satu Allah yang tidak terbatas, yang keberadaan-nya kekal, Pencipta dan Penopang alam semesta yang berdaulat; bahwa

Lebih terperinci

PENDAHULUAN INJIL MARKUS

PENDAHULUAN INJIL MARKUS PENDAHULUAN INJIL MARKUS INJIL MARKUS Injil Markus memiliki ciri-ciri, Ditulis paling pertama dari semua Injil buku yang paling pendek dari Keempat Injil, mengatakan kepada kita lebih banyak tentang tindakan-tindakan

Lebih terperinci

TAHUN B - Hari Raya Pentakosta 24 Mei 2015 LITURGI SABDA

TAHUN B - Hari Raya Pentakosta 24 Mei 2015 LITURGI SABDA TAHN B - Hari Raya Pentakosta 24 Mei 2015 LITRGI SABDA Bacaan pertama (Kis 2 : 1-11) Mereka penuh dengan Roh Kudus dan mulai berbicara. Bacaan diambil dari Kisah Para Rasul.. pause 4 detik Ketika tiba

Lebih terperinci

Surat-surat Am DR Wenas Kalangit

Surat-surat Am DR Wenas Kalangit Surat-surat Am DR Wenas Kalangit 22 Januari 2008 Jakarta 1 Surat-surat Ibrani dan Am Catatan Umum Delapan surat terakhir dalam PB disebut juga dengan nama: Surat-surat Am atau Umum. Disebut demikian karena

Lebih terperinci

Satu gembala dan satu kawanan. Yohanes 10:1-11. Satu Bait Allah. 1 Korintus 3: Satu tubuh. 1 Korintus 12:12-26

Satu gembala dan satu kawanan. Yohanes 10:1-11. Satu Bait Allah. 1 Korintus 3: Satu tubuh. 1 Korintus 12:12-26 Lesson 6 for November 10, 2018 Alkitab berisi bermacam-macam gambaran yang mewakili kebenaran spiritual dan teologis. Misalnya, air dalam Yohanes 7:38, angin dalam Yohanes 3: 8 dan tiang penopang dalam

Lebih terperinci

INJIL YESUS KRISTUS. Bagi Dunia

INJIL YESUS KRISTUS. Bagi Dunia Alkitab mengatakan bahwa kita harus MEMILIH: untuk beribadah kepada Tuhan, atau untuk menolak-nya. Yosua 24:14-15 berbunyi, Oleh sebab itu, takutlah akan Tuhan dan beribadahlah kepada-nya dengan tulus

Lebih terperinci

ROH KUDUS DAN KARUNIA ROH. Lesson 8 for February 25, 2017

ROH KUDUS DAN KARUNIA ROH. Lesson 8 for February 25, 2017 ROH KUDUS DAN KARUNIA ROH Lesson 8 for February 25, 2017 Karunia Roh berbeda dengan buah Roh. Karunia roh adalah keterampilan yang secara supranatural diberikan oleh Roh Kudus kepada seseorang sehingga

Lebih terperinci

KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA. (Pertanyaan dan Jawaban)

KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA. (Pertanyaan dan Jawaban) KEBENARAN SEDERHANA untuk yang BARU PERCAYA (Pertanyaan dan Jawaban) 1 TUHAN, MANUSIA DAN DOSA * Q. 1 Siapakah yang membuat anda? A. Tuhan yang membuat kita. Kejadian 1:26,27; Kejadian 2:7 Q. 2 Apa lagi

Lebih terperinci