ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA KONVEKSI DAN SABLON KAOS MIRROR 22 CILACAP. Naskah Publikasi

Save this PDF as:

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA KONVEKSI DAN SABLON KAOS MIRROR 22 CILACAP. Naskah Publikasi"

Transkripsi

1 ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA KONVEKSI DAN SABLON KAOS MIRROR 22 CILACAP Naskah Publikasi disusun oleh Dani Kurniawan JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA YOGYAKARTA 2013

2 2

3 3 ANALYSIS AND DESIGN OF ORDERING INFORMATION SYSTEM ON CONVECTION AND T-SHIRT SCREEN PRINTING MIRROR 22 CILACAP ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA KONVEKSI DAN SABLON KAOS MIRROR 22 CILACAP Dani Kurniawan Bambang Sudaryatno Jurusan Sistem Informasi STMIK AMIKOM YOGYAKARTA ABSTRACT All activities will we do need information and can also tell each activity required to produce information. The information is presented quickly, precise, accurate, would make us more easy to take a decision. Computers and technology are the most appropriate tool. To require demands information and use of computers will be more and more encouraging results in information that serve more than making complete. Ordering information systems is to provide ease of data processing that were previously done manually, so it takes much time and energy to enter the data required. Data processing - data transaction ordering convection and screen printing, which has been processed in a computer-based information systems using a structured database, will produce more accurate and reliable with a faster time than manual processing. To the authors propose to the Seize The Day convection to the construction of ordering-based information system applications that are relevant and accurate data in order facilitate the processing of transaction data which will generate reports reservations information is correct and can save you time and effort in the formulation. Keywords: Information Systems, ordering information systems.

4 4 1. Pendahuluan Perkembangan teknologi dan informasi pada saat sekarang ini sudah sangat komplek dan maju serta menjalar disemua bidang baik bidang industri, perusahaan, pendidikan dan pemerintah. Perkembangan ini tidak luput dari adanya keinginan dan kebutuhan seseorang untuk dapat melaksanakan aktivitas dan kerja seseorang agar mudah, efektif dan efisien melalui teknologi yang ada. Untuk dapat mewujudkan sistem kinerja suatu perusahaan agar kinerja tersebut menjadi lebih terarah, efektif dan efisien serta mempunyai sistem informasi yang akurat dan valid harus didukung oleh sumber daya manusia dan sumber daya lainnya seperti peran sistem informasi dan teknologi dalam hal ini adalah sistem komputerisasi. Sistem komputerisasi ini sudah banyak sekali diterapkan di negara-negara yang maju bahkan negara yang sedang berkembang juga misalnya Indonesia sudah berupaya untuk menerapkan sistem komputerisasi disegala bidangnya. Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah dalam pengolahan datanya. Mirror 22 adalah sebuah bidang usaha yang bergerak dalam bidang pembuatan serta pemesanan konveksi dan sablon kaos, Mirror 22 merupakan salah satu bentuk industri yang bergerak di bidang konveksi dan sablon kaos. Mirror 22 tidak memproduksi barang untuk dijual tetapi hanya memproduksi jikalau ada pesanan. Mirror 22 dalam melakukan pengolahan data pemesanan saat ini masih mengunakan sistem manual, sehingga pelaksanaannya masih terdapat kendala. Kendala yang timbul misalnya dari segi pencatatan dan waktu dalam pemesanan yang secara tidak langsung mengurangi kualitas informasi yang seharusnya bisa lebih akurat, relevan dan tepat waktu dalam proses operasional. 2. Landasan Teori 2.1 Definisi Sistem Banyak para pakar yang mencoba mengungkapkan pengertian sistem dari berbagai sudut pandang yang berbeda, namun inti dan tujuannya sama. Sistem merupakan sekumpulan objek-objek yang saling berelasi dan berinteraksi serta hubungan antar objek bisa dilihat sebagai satu kesatuan yang dirancang untuk mencapai satu tujuan.

5 5 2.2 Definisi Informasi Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang. Kelangsungan hidup dalam suatu organisasi sangat bergantung pada kelancaran informasi yang diperoleh. Semakin banyak informasi yang diperoleh maka semakin organisasi tersebut dapat semakin berkembang. 2.3 Definisi Sistem Informasi Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan merupakan kegiatan strategi dari suatu organisasi, serta menyediakan laporan-laporan yang diperlukan oleh pihak luar. 2.4 Definisi Pemesanan Pemesanan merupakan tindakan memesan suatu barang yang dilakukan oleh seseorang (calon pembeli) kepada perusahaan, baik secara langsung maupun melalui pramuniaga. Pemesanan dilakukan oleh konsumen. Adanya pemesanan membantu penjual menentukan jumlah produksi. 3. Analisis 3.1. Pengertian Analisis Sistem Analisis sistem didefinisikan sebagaimana memahami dan menspesifikasi dengan detail apa yang harus dilakukan oleh sistem. Sedangkan sistem desain diartikan sebagai menjelaskan dengan detail bagaimana bagian-bagian dari sistem yang diimplementasikan. Sehingga analisa dan desain sistem bisa mendefinisikan sebagai proses organisasional kompleks dimana sistem diimplementasikan Analisis PIECES Dalam mengidentifikasikan masalah, maka harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan terhadap pengguna. Panduan ini dikenal dengan PIECES analysis (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency dan Service):

6 6 1) Analisis Kinerja (Performance) Adalah kemampuan menyelesaikan tugas pelayanan dengan cepat sehingga sasaran atau tujuan segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi (throughput) dan waktu tanggap (respond time) dari suatu sistem. Analisis kinerja sistem lama: - Pembuatan laporan secara manual memakan waktu 1-2 hari penuh dirasa sangat lama dan rawan kesalahan. - Pelayanan transaksi pemesanan memerlukan rata-rata selama menit. 2) Analisis Informasi (Information) Adalah evaluasi kemampuan sistem informasi dalam menghasilkan nilai atau produk yang bermanfaat untuk menyikapi peluang dalam menangani masalah yang muncul. Keakuratan - Informasi tentang data yang diolah yaitu data katalog, bahan, petugas, dan pelanggan masih berbentuk arsip, sehingga informasi yang diberikan tidak akurat jika terjadi kerusakan pada arsip tersebut. Relevansi - Informasi yang disampaikan harus menyalin dari data yang masih berupa arsip, sehingga memungkinkan informasi menjadi tidak relevan Ketepatan Waktu - Dari segi laporan sering terjadi keterlambatan antara permintaan terhadap laporan dengan kedatangan laporan itu sendiri yang disebabkan oleh hilang atau rusaknya data-data yang dibutuhkan untuk menyusun laporan.

7 7 3) Analisis Ekonomi (Economic) Adalah penilaian sistem atas biaya dan keuntungan yang akan didapatkan dari sistem yang terapkan. Sistem ini akan memberikan penghematan operasional dan keuntungan bagi instansi atau perusahaan. Hal yang diperlukan dalam analisis ini meliputi biaya dan keuntungan. Sistem lama: - Penggunaan kertas, tinta dan alat tulis lainnya untuk proses pengolahan data dan laporan serta penyimpanan dokumen sangat boros karena jika terjadi kesalahan tidak dapat digunakan lagi dan diharuskan mengganti dengan yang baru. Karena tidak dapat dipreview dulu. 4) Analisis Kontrol (Control) Adalah sistem keamanan yang digunakan harus dapat mengamankan data dari kerusakan, misalnya dengan mengbackup data. Selain itu sistem keamanan juga harus dapat mengamankan data dari akses yang tidak diizinkan. Sistem lama: - Sistem informasi yang masih manual dengan pencatatan masih menggunakan buku dan berkas-berkas seperti kwintansi dan nota yang tidak berurutan akan mempersulit dalam mengontrol arsip-arsip dan data-data yang terkait dalam proses transaksi pemesanan. Kesalahan dalam pencatatan data dapat terjadi, disebabkan oleh kesalahan personal. 5) Analisis Efisiensi (Efficiency) Adalah sumber daya yang ada guna meminimalkan pemborosan. Efisiensi dari sistem yang dikembangkan adalah pemakaian secara maksimal terhadap sumber daya infrastruktur, dan sumber daya manusia. Serta efisiensi juga menganalisis keterlambatan pengolahan data yang terjadi. Sistem lama: - Sistem ini masih secara manual tidak efisien karena perlu melakukan dokumentasi secara manual yang memerlukan ketelitian sehingga belum bisa menekan pemborosan sumber daya, waktu dan penggunaan kertas.

8 8 6) Analisis Pelayanan (Services) Adalah mengkoordinasikan aktivitas dalam pelayanan yang ingin dicapai sehingga tujuan dan sasaran pelayanan dapat dicapai. Sistem lama: - Para pelanggan Akan membutuhkan banyak waktu karena harus menunggu pemprosesan data ketika pelanggan melakukan transaksi pemesanan maupun pelunasan pesanan. 3.3 Analisis Kelayakan Sistem Analisis kelayakan system bertujuan untuk menguji apakah sistem baru yang akan diterapkan sebagai penerapan system pemesanan yang sudah terkomputerisasi dianggap layak atau tidak. 3.4 Analisis Kebutuhan Fungsional Untuk merubah keadaan yang diinginkan dan sesuai dengan perkembangan di waktu yang akan data, Mirror 22 memerlukan peralatan yang efektif dan efisien dalam menangani pengolahan datanya. Informasi sangatlah penting untuk kelangsungan hidup sebuah organisasi. Saat ini penggunaan teknologi komputer sebagai saranan informasi merupakan cara yang sangat efektif dalam proses penanganan data. Mirror 22 membutuhkan sistem baru untuk membantu kegiatan pencatatan data pemesanan setiap harinya. Yang dibutuhkan adalah sistem pengolahan data yang sudah terkomputerisasi. Dengan ini dapat diusulkan rancangan sistem baru yang diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam pencatatan data transaksi serta bias meningkatkan pelayanan dan produktifitas kerja Mirror 22 untuk memenuhi kebutuhan sebagai berikut: 1) Sistem harus bisa membatasi hak akses pengguna sesuai dengan status di perusahaan. Admin a. Mengolah data bahan b. Mengolah data katalog c. Mengolah data petugas Petugas a. Mengolah data transaksi pemesanan b. Melakukan pemesanan c. Mengolah data member

9 9 2) Sistem harus bisa melakukan entri data master. Katalog a. Admin dapat menambah katalog dengan cara memasukan katalog, bahan, harga, keterangan. b. Admin dapat mengupdate semua isi dari katalog jika terjadi perubahan. 3) Sistem dapat mendata semua transaksi yang berkaitan dengan pemesanan. Pemesanan a. Petugas dapat menginputkan data transaksi pemesanan yang terjadi sesuai dengan masukan nama member, tanggal transaksi, total pemesanan, jumlah pemesanan dan subtotal pembayaran. b. Petugas dapat melihat transaksi pemesanan yang terjadi dari laporan pemesanan. c. Petugas dapat menampilkan semua transaksi pemesanan yang terjadi berdasarkan tanggal pemesanan. 3.5 Analisis Kebutuhan Non Fungsional Analisis ini meliputi kebutuhan-kebutuhan pendukung untuk menjalankan aplikasi tersebut, diantaranya: 1) Kebutuhan Perangkat Keras Adapun perangkat keras yang digunakan penulis dalam mengembangkan aplikasi adalah Sistem Operasi yang digunakan Windows Seven, Processor yang digunakan AMD Sempron dan RAM 2GB. 2) Kebutuhan Perangkat Lunak Adapun perangkat lunak yang digunakan penulis dalam mengembangkan aplikasi adalah Borland Delphi 7 sebagai editor, MySQL sebagai database. 3.6 Perancangan Tujuan dari perancangan proses adalah untuk memberikan gambaran secara umum sistem yang baru. Pada tahap perancangan proses, komponen-komponen sistem informasi dirancang dengan tujuan untuk dikomunikasikan kepada pengguna bukan untuk pemrogram. Adapun rancangan model sistem yang didapat dilakukan adalah sebagai berikut:

10 10 A. Flowchart Sistem Petugas Pelanggan Pemesanan Katalog Bahan Input Data Petugas Input Data Pelanggan Input Data Pemesanan Cetak Nota Input Data Katalog Input Data Bahan Pengolahan Data Petugas Pengolahan Data Pelanggan Pengolahan Data Pemesanan Pengolahan Data Katalog Pengolahan Data Bahan Petugas Pelanggan Pemesanan Det_Pemesanan Katalog Bahan Pembuatan Lap. Data Petugas Pembuatan Lap. Data Pelanggan Pembuatan Lap. Data Pemesanan Pembuatan Lap. Data Katalog Pembuatan Lap. Data Bahan Laporan Data Petugas Laporan Data Pelanggan Laporan Data Pemesanan Laporan Data Katalog Laporan Data Bahan 4. Pembahasan 4.1 Pemrograman Pemrograman merupakan kegiatan menulis kode program yang akan dieksekusi oleh komputer. Kode program yang ditulis oleh prgrammer harus berdasarkan dokumentasi yang disediakan oleh analis sistem. Sedangkan pengetesan program merupakan kegiatan yang dilakukan guna mengetahui lebih dini tentang kesiapan program dalam melakukan input data, proses pengolahan data dan output data yang dihasilkan. Di samping itu, pengetesan program dimaksudkan pula untuk mengetahui lebih jauh masih adakah kesalahan-kesalahan dan kekurangan dari program yang terjadi dan yang akan mungkin terjadi. Pada proses pemrograman ini akan di lampirkan di bagian lampiran.

11 Pengetesan Program Tujuan pelaksanaan pengetesan program adalah untuk mengetahui letak dan bentuk kekurangan dari sistem yang dibuat. Adapun bentuk kesalahan-kesalahan pada program yaitu: 1) Kesalahan Penulisan (Syntax Error) Kesalahan ini terjadi jika penulisan kode program tidak sesuai dengan yang ditentukan. 2) Kesalahan Waktu (Run Time Error) Kesalahan waktu proses adalah kesalahan yang terjadi sewaktu executable program dijalankan. Kesalahan ini akan menyebabkan proses program terhenti sebelum selesai pada saatnya, karena compiler menemukan kondisi-kondisi yang belum terpenuhi yaitu tidak bisa dikerjakan. 3) Kesalahan Logika (Logical Error) Merupakan kesalahan dari logika program yang dibuat. Kesalahan seperti ini sulit ditemukan, karena tidak ada pemberitahuan mengenai kesalahan dan tetap akan didapatkan hasil dari proses program. Kesalahan seperti ini merupakan kesalahan yang berbahaya, karena bila tidak disadari dan tidak ditemukan, hasil yang salah menyesatkan bagi yang menggunakan.

12 12 5 Kesimpulan Dari berbagai uraian dan penjelasan keseluruhan materi pada bab-bab sebelumnya dan dalam mengakhiri pembahasan Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan pada Konveksi dan Sablon Kaos Mirror 22 Cilacap, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Sistem baru ini memungkinkan sistem lebih baik dari pada sistem sebelumnya karena segala hal pencatatan data-data petugas, pelanggan, katalog, bahan dan transaksi pemesanan digantikan dengan memasukkan datanya pada aplikasi pemesanan ini. 2. Keuntungan yang diperoleh dengan adanya komputerisasi pengolahan data ini antara lain: a. Dapat menghemat waktu untuk pencarian data dan pencatatan data. b. Dapat menyajikan informasi secara cepat, tepat dan akurat. c. Dengan adanya sistem baru ini secara otomatis akan meningkatkan keefisienan dan keefektifan dalam mengolah data

13 13 DAFTAR PUSTAKA Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset Hanif Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset Kusrini, M.Kom, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset Sigit Winarno dan Sujan Ismaya, Kamus Besar Ekonomi, Bandung : Penerbit Pustaka Grafika

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA KONVEKSI SEIZE THE DAY T-SHIRTING THE WORLD YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA KONVEKSI SEIZE THE DAY T-SHIRTING THE WORLD YOGYAKARTA. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA KONVEKSI SEIZE THE DAY T-SHIRTING THE WORLD YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Hanung Arif Pamungkas 07.12.2393 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI KEUANGAN PADA SMA PANCASILA PURWOREJO. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI KEUANGAN PADA SMA PANCASILA PURWOREJO. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI KEUANGAN PADA SMA PANCASILA PURWOREJO Naskah Publikasi diajukan oleh Winda Asti Devega 08.11.2404 Kepada JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMPN 213 JAKARTA NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMPN 213 JAKARTA NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMPN 213 JAKARTA NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh ALIEF 05.12.1210 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKAN DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA PADA SDIT SALMAN AL FARISI. Naskah Publikasi

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA PADA SDIT SALMAN AL FARISI. Naskah Publikasi ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA PADA SDIT SALMAN AL FARISI Naskah Publikasi diajukan oleh RIZKI ADI PRASETYA 08.22.0972 Kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM

Lebih terperinci

ANALISIS PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI STOK BARANG DIVISI PENJUALAN MORNING COFFE YOGYAKARTA. Skripsi

ANALISIS PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI STOK BARANG DIVISI PENJUALAN MORNING COFFE YOGYAKARTA. Skripsi ANALISIS PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI STOK BARANG DIVISI PENJUALAN MORNING COFFE YOGYAKARTA Skripsi disusun oleh Anita Manik 09.22.1079 JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA SMK NEGERI 1 GIRISUBO GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA SMK NEGERI 1 GIRISUBO GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA SMK NEGERI 1 GIRISUBO GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Wuri Dariyati 07.12.2352 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

PROGRAM APLIKASI PEMBUKUAN PADA COUNTER HANDPHONE MORA PONSEL YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

PROGRAM APLIKASI PEMBUKUAN PADA COUNTER HANDPHONE MORA PONSEL YOGYAKARTA. Naskah Publikasi PROGRAM APLIKASI PEMBUKUAN PADA COUNTER HANDPHONE MORA PONSEL YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh R. Pamuka Fatharoni 06.11.1060 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA TOKO BANGUNAN JAYA INDAH KULON PROGO NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA TOKO BANGUNAN JAYA INDAH KULON PROGO NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA TOKO BANGUNAN JAYA INDAH KULON PROGO NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Yunanto Cahyo Prabowo 08.11.2265 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO PLASTIK WS YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO PLASTIK WS YOGYAKARTA. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO PLASTIK WS YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Binti Musta adah 07.12.2617 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KERAJINAN KERTAS PADA TOKO RAN PAPERCRAFT DI PURWOREJO. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KERAJINAN KERTAS PADA TOKO RAN PAPERCRAFT DI PURWOREJO. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KERAJINAN KERTAS PADA TOKO RAN PAPERCRAFT DI PURWOREJO Naskah Publikasi disusun oleh Ririh Astu Nawati 13.22.1502 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH

Lebih terperinci

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA DI SMP NEGERI 1 KERSANA BREBES. Naskah Publikasi. diajukan oleh Tri Handoko (08.11.

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA DI SMP NEGERI 1 KERSANA BREBES. Naskah Publikasi. diajukan oleh Tri Handoko (08.11. ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI SISWA DI SMP NEGERI 1 KERSANA BREBES Naskah Publikasi diajukan oleh Tri Handoko (08.11.2213) kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADEPOKAN TRAH SATRIA MATARAM YOGYAKARTA

SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADEPOKAN TRAH SATRIA MATARAM YOGYAKARTA SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADEPOKAN TRAH SATRIA MATARAM YOGYAKARTA Naskah Publikasi Diajukan oleh Kurniawan Agung Pamungkas 05.12.1411 Kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI APOTEK FARAH FARMA DI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Naskah Publikasi. diajukan oleh Yulianto

SISTEM INFORMASI APOTEK FARAH FARMA DI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Naskah Publikasi. diajukan oleh Yulianto SISTEM INFORMASI APOTEK FARAH FARMA DI TEMPEL SLEMAN Naskah Publikasi diajukan oleh Yulianto 11.22.1344 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM 2012 INFORMATION SYSTEMS FARAH FARMA

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA KLINIK RUMAH SEHAT YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Tuti Astriyani

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA KLINIK RUMAH SEHAT YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Tuti Astriyani PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA KLINIK RUMAH SEHAT YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Tuti Astriyani 11.12.5395 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELATIHAN KOMPUTER PADA CV. AMANAH MULIA INFORMATIKA YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELATIHAN KOMPUTER PADA CV. AMANAH MULIA INFORMATIKA YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELATIHAN KOMPUTER PADA CV. AMANAH MULIA INFORMATIKA YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Yuli Nurcahyo 11.11.5420 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA PAUD YAYASAN ULUL AZMI MARDIKA GUNUNG KIDUL NASKAH PUBLIKASI

SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA PAUD YAYASAN ULUL AZMI MARDIKA GUNUNG KIDUL NASKAH PUBLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA PAUD YAYASAN ULUL AZMI MARDIKA GUNUNG KIDUL NASKAH PUBLIKASI disusun oleh Martcellyne Rossadina 10.12.4354 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK BATIK SAKTI 2 KEBUMEN. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK BATIK SAKTI 2 KEBUMEN. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK BATIK SAKTI 2 KEBUMEN Naskah Publikasi diajukan oleh Nunung Erfina 08.12.3123 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS SISTEM. komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen

BAB III ANALISIS SISTEM. komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen BAB III ANALISIS SISTEM 3.1 ANALISIS SISTEM Analisis sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagianbagian komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen tersebut bekerja

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPARE PARTS DAN SERVICE PADA BENGKEL ISTA MOTOR YOGYAKARTA. Naskah Publikasi. diajukan oleh Septian Permadi

SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPARE PARTS DAN SERVICE PADA BENGKEL ISTA MOTOR YOGYAKARTA. Naskah Publikasi. diajukan oleh Septian Permadi SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPARE PARTS DAN SERVICE PADA BENGKEL ISTA MOTOR YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Septian Permadi 10.12.5009 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI STMIK AMIKOM PURWOKERTO. Oleh Giat Karyono Dosen STMIK AMIKOM Purwokerto

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI STMIK AMIKOM PURWOKERTO. Oleh Giat Karyono Dosen STMIK AMIKOM Purwokerto ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI STMIK AMIKOM PURWOKERTO Oleh Giat Karyono Dosen STMIK AMIKOM Purwokerto Abstract Academic Information Systems is one of the main functions in a data

Lebih terperinci

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE PADA INTAN SALON SORONG NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE PADA INTAN SALON SORONG NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE PADA INTAN SALON SORONG NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Anggi Prasetya 10.11.4250 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPARE PART PADA BENGKEL PERDANA MOTOR JAKARTA SELATAN. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPARE PART PADA BENGKEL PERDANA MOTOR JAKARTA SELATAN. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPARE PART PADA BENGKEL PERDANA MOTOR JAKARTA SELATAN Naskah Publikasi diajukan oleh Muhammad Romdhoni Mulyana 08.12.3376 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

SISTEM KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA SERVIS SEPEDA MOTOR PADA ARYO MOTOR YOGYAKARTA. Naskah Publikasi. diajukan oleh Heni Rusdiana Dewi

SISTEM KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA SERVIS SEPEDA MOTOR PADA ARYO MOTOR YOGYAKARTA. Naskah Publikasi. diajukan oleh Heni Rusdiana Dewi SISTEM KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA SERVIS SEPEDA MOTOR PADA ARYO MOTOR YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Heni Rusdiana Dewi 08.12.3449 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMALANG KLATEN NASKAH PUBLIKASI

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMALANG KLATEN NASKAH PUBLIKASI SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA DI SMP NEGERI 2 KEMALANG KLATEN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Boy Eka Febrian Zain 09.02.7625 Friliana Pasadi 09.02.7629 Arum Sinta Candrawati 09.02.7634 Kepada

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN DI SMA NEGERI 1 BANJARHAJO MENGGUNAKAN JAVA. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN DI SMA NEGERI 1 BANJARHAJO MENGGUNAKAN JAVA. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN DI SMA NEGERI 1 BANJARHAJO MENGGUNAKAN JAVA Naskah Publikasi diajukan oleh Buaetin Nadir 08.11.2466 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

KOMPUTERISASI SISTEM INFORMASI PRESENSI GURU DAN KARYAWAN PADA SMP NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG DENGAN MENGGUNAKAN BARCODE.

KOMPUTERISASI SISTEM INFORMASI PRESENSI GURU DAN KARYAWAN PADA SMP NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG DENGAN MENGGUNAKAN BARCODE. KOMPUTERISASI SISTEM INFORMASI PRESENSI GURU DAN KARYAWAN PADA SMP NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG DENGAN MENGGUNAKAN BARCODE Naskah Publikasi Disusun Oleh: INTAN YULIANA TANJUNG 07.02.6992 TITIK MUSLIMAH

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN HASIL BELAJAR DAN KEPRIBADIAN SISWA PADA SD N GILIS REMBANG NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN HASIL BELAJAR DAN KEPRIBADIAN SISWA PADA SD N GILIS REMBANG NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN HASIL BELAJAR DAN KEPRIBADIAN SISWA PADA SD N GILIS REMBANG NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Agus Purwanto 12.22.1404 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN

Lebih terperinci

KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA PADA APOTEK SIAGA FARMA CILACAP NASKAH PUBLIKASI

KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA PADA APOTEK SIAGA FARMA CILACAP NASKAH PUBLIKASI KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA PADA APOTEK SIAGA FARMA CILACAP NASKAH PUBLIKASI Disusun oleh : SIGIT ENDRIANTO 07.02.6654 WISNU AJI NUGROHO 07.02.6714 JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO AN NISA TURI SLEMAN NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Susi Susanti

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO AN NISA TURI SLEMAN NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Susi Susanti SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO AN NISA TURI SLEMAN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Susi Susanti 10.12.5286 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA YOGYAKARTA 2016

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN GULA TEMBAKAU pada UD. MUJI YANTO BERBASIS VISUAL BASIC 6.0

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN GULA TEMBAKAU pada UD. MUJI YANTO BERBASIS VISUAL BASIC 6.0 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN GULA TEMBAKAU pada UD. MUJI YANTO BERBASIS VISUAL BASIC 6.0 Handi Yunanto 1), Ahkmad Dahlan 2) 1,2) Manajemen Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta email : alland@amikom.ac.id

Lebih terperinci

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO BANGUNAN SINAR BARU DI SUNGAILIAT. Naskah Publikasi

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO BANGUNAN SINAR BARU DI SUNGAILIAT. Naskah Publikasi RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO BANGUNAN SINAR BARU DI SUNGAILIAT Naskah Publikasi Diajukan oleh ELEN PRATIWI 06.12.1944 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMA TUNAS LUHUR PAITON DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM VISUAL BASIC 6.0. Naskah Publikasi

SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMA TUNAS LUHUR PAITON DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM VISUAL BASIC 6.0. Naskah Publikasi SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMA TUNAS LUHUR PAITON DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM VISUAL BASIC 6.0 Naskah Publikasi diajukan oleh M Miftahul Munir 07.12.2624 Kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MEBEL DI TOKO JEPARA FURNITURE PURWOREJO NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MEBEL DI TOKO JEPARA FURNITURE PURWOREJO NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MEBEL DI TOKO JEPARA FURNITURE PURWOREJO NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Subangkit 10.11.4448 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH PADA MTSN AL-HIJRAH BONGAS INDRAMAYU-JAWA BARAT. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH PADA MTSN AL-HIJRAH BONGAS INDRAMAYU-JAWA BARAT. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH PADA MTSN AL-HIJRAH BONGAS INDRAMAYU-JAWA BARAT Naskah Publikasi diajukan oleh: Jamakhsari Anas 07.12.2118 Kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI

Lebih terperinci

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SDN TENGKI 01 BREBES. Naskah Publikasi

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SDN TENGKI 01 BREBES. Naskah Publikasi MEMBANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SDN TENGKI 01 BREBES Naskah Publikasi diajukan Oleh Amir Rudin 08.12.3310 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA 2012 1 2 BUILD

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PADA CHRYSANT SKIN CARE KLATEN NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PADA CHRYSANT SKIN CARE KLATEN NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PADA CHRYSANT SKIN CARE KLATEN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh : Evie Nur Harsari 09.12.3536 Kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI INFORMATIKA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO SEPATU IMPOR YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO SEPATU IMPOR YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO SEPATU IMPOR YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI Disusun oleh : Mardo Pelupessy 07.12.2182 JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENJADWALAN KENDARAAN OPERASIONAL STMIK AMIKOM YOGYAKARTA MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENJADWALAN KENDARAAN OPERASIONAL STMIK AMIKOM YOGYAKARTA MENGGUNAKAN SMS GATEWAY ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENJADWALAN KENDARAAN OPERASIONAL STMIK AMIKOM YOGYAKARTA MENGGUNAKAN SMS GATEWAY Sarjiyono Program Studi Teknik Informatika STMIK El Rahma Jl. Sisingamangaraja no. 76 Yogyakarta

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI STOK OBAT APOTEK ALFA FARMA YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Andini Andre Purossani

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI STOK OBAT APOTEK ALFA FARMA YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Andini Andre Purossani PERANCANGAN SISTEM INFORMASI STOK OBAT APOTEK ALFA FARMA YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Andini Andre Purossani 10.12.5148 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP MA ARIF SOKORINI, MUNTILAN, MAGELANG NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Maya Sustiyana

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP MA ARIF SOKORINI, MUNTILAN, MAGELANG NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Maya Sustiyana SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP MA ARIF SOKORINI, MUNTILAN, MAGELANG NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Maya Sustiyana 09.12.4114 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA UD BATU ALAM MERAPI KLEREP KEMALANG KLATEN NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Prasetyo Cahyono

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA UD BATU ALAM MERAPI KLEREP KEMALANG KLATEN NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Prasetyo Cahyono PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA UD BATU ALAM MERAPI KLEREP KEMALANG KLATEN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Prasetyo Cahyono 10.12.5310 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN TOKO ROTI DIVA GUNUNGKIDUL NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Grahadika Astama

PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN TOKO ROTI DIVA GUNUNGKIDUL NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Grahadika Astama PERANCANGAN SISTEM PENJUALAN TOKO ROTI DIVA GUNUNGKIDUL NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Grahadika Astama 10.12.5168 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA YOGYAKARTA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI ADMINISTRASI PADA NADILA SALON DAN SPA DI YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI ADMINISTRASI PADA NADILA SALON DAN SPA DI YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI ADMINISTRASI PADA NADILA SALON DAN SPA DI YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Dwi Anggraini 12.22.1430 Kepada SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DAN PRESENSI PADA PT. KOSOEMA NANDA PUTRA KLATEN

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DAN PRESENSI PADA PT. KOSOEMA NANDA PUTRA KLATEN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DAN PRESENSI PADA PT. KOSOEMA NANDA PUTRA KLATEN Baptista Septia Kristi 1), Bambang Sudaryatno 2) 1) Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta email: baptista.k@students.amikom.ac.id

Lebih terperinci

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SD NEGERI 04 KRANDEGAN BANJARNEGARA. Naskah Publikasi. diajukan oleh Hendiko Kindani

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SD NEGERI 04 KRANDEGAN BANJARNEGARA. Naskah Publikasi. diajukan oleh Hendiko Kindani PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SD NEGERI 04 KRANDEGAN BANJARNEGARA Naskah Publikasi diajukan oleh Hendiko Kindani 08.12.2845 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI DATA AKADEMIK DI SMP NEGERI I MINGGIR SLEMAN. Naskah Publikasi. diajukan oleh Arinda Isnia Andriyati

SISTEM INFORMASI DATA AKADEMIK DI SMP NEGERI I MINGGIR SLEMAN. Naskah Publikasi. diajukan oleh Arinda Isnia Andriyati SISTEM INFORMASI DATA AKADEMIK DI SMP NEGERI I MINGGIR SLEMAN Naskah Publikasi diajukan oleh Arinda Isnia Andriyati 08.11.2210 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI EKSPOR BARANG PADA PT. RAKATA RIMBA RAYA KALIANDA LAMPUNG SELATAN NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI EKSPOR BARANG PADA PT. RAKATA RIMBA RAYA KALIANDA LAMPUNG SELATAN NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI EKSPOR BARANG PADA PT. RAKATA RIMBA RAYA KALIANDA LAMPUNG SELATAN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Bambang Hadi Prayogi 14.22.1612 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 BATANGAN NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 BATANGAN NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 BATANGAN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Riko Puji Laksono 08.12.3075 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN DI AMANDA 2 SWALAYAN YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN DI AMANDA 2 SWALAYAN YOGYAKARTA. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN DI AMANDA 2 SWALAYAN YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Handayani Septiningsih 06.12.1706 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PADA U.D. BAJA PRATAMA GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI

SISTEM INFORMASI PADA U.D. BAJA PRATAMA GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI SISTEM INFORMASI PADA U.D. BAJA PRATAMA GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Bambang Hadi Prayogi 10.02.7797 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SMP N 1 TEMPEL NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SMP N 1 TEMPEL NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SMP N 1 TEMPEL NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Sofi Yuli Anita 09.12.4169 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

BAB III ANALISA SISTEM

BAB III ANALISA SISTEM BAB III ANALISA SISTEM 3.1 Analisa Sistem Analisis sistem adalah suatu proses mengumpulkan dan menginterpretasikan kenyataan kenyataan yang ada, mendiagnosa persolan dan menggunakan keduanya untuk memperbaiki

Lebih terperinci

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Mesin Fotokopi Pada CV. Jaya Mitra Abadi Dengan Metode PIECES

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Mesin Fotokopi Pada CV. Jaya Mitra Abadi Dengan Metode PIECES Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Mesin Fotokopi Pada CV. Jaya Mitra Abadi Dengan Metode PIECES Zulhendri Jurusan : Teknik Informatika zul_hendri@yahoo.com Karpen Jurusan

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SMP PGRI KASIHAN BANTUL NASKAH PUBLIKASI

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SMP PGRI KASIHAN BANTUL NASKAH PUBLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SMP PGRI KASIHAN BANTUL NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Linawati Arrohmah 10.02.7824 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA YOGYAKARTA 2013

Lebih terperinci

APLIKASI PENJADWALAN KEGIATAN UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) DI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA BERBASIS WEBSITE NASKAH PUBLIKASI

APLIKASI PENJADWALAN KEGIATAN UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) DI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA BERBASIS WEBSITE NASKAH PUBLIKASI APLIKASI PENJADWALAN KEGIATAN UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) DI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA BERBASIS WEBSITE NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Dian Nurma Arif 13.02.8560 Nofiana Dwi Dayanti 13.02.8562 kepada SEKOLAH

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB PADA NUSANTARA FUTSAL KEBUMEN NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB PADA NUSANTARA FUTSAL KEBUMEN NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB PADA NUSANTARA FUTSAL KEBUMEN NASKAH PUBLIKASI disusun oleh Didik Iswanto 11.12.6068 Kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN KEDAI NUSANTARA DI YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN KEDAI NUSANTARA DI YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN KEDAI NUSANTARA DI YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Irmawati 10.12.4863 Kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TUGAS SISTEM INFORMASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SD NEGERI 1 PANJANG KUDUS YOGYAKARTA Oleh : SITI FAJAR ALDILHA 1205664 PENDIDIKAN FISIKA JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN STOK BARANG PADA TOKO JOKO WONOGIRI NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN STOK BARANG PADA TOKO JOKO WONOGIRI NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN STOK BARANG PADA TOKO JOKO WONOGIRI NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Gita Kuswara Dhani 09.12.4277 Kepada SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

gambar 3.1 berikut ini:

gambar 3.1 berikut ini: 39 Adapun form surat masuk yang digunakan dapat dilihat pada gambar 3.1 berikut ini: Gambar 3.1 Form Lembar Disposisi 3.2 Analisa Prosedur Yang Sedang Berjalan Dalam memodelkan suatu aplikasi diperlukan

Lebih terperinci

ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PENGOLAHAN DATA NILAI SISWA SD NEGERI 2 KATEKAN

ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PENGOLAHAN DATA NILAI SISWA SD NEGERI 2 KATEKAN ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PENGOLAHAN DATA NILAI SISWA SD NEGERI 2 KATEKAN Ike Verawati 1), Aullya Rachmawati 2) 1), 2) Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta Jl Ring road Utara, Condongcatur,

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENJUALAN (CASH DAN KREDIT) MOBIL DI SUDIR MOTOR CILACAP NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Arif Tri Pambudi

SISTEM INFORMASI PENJUALAN (CASH DAN KREDIT) MOBIL DI SUDIR MOTOR CILACAP NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Arif Tri Pambudi SISTEM INFORMASI PENJUALAN (CASH DAN KREDIT) MOBIL DI SUDIR MOTOR CILACAP NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Arif Tri Pambudi 13.22.1541 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

ANALISA DAN DESAIN SISTEM DISTRIBUSI BARANG

ANALISA DAN DESAIN SISTEM DISTRIBUSI BARANG ANALISA DAN DESAIN SISTEM DISTRIBUSI BARANG KELOMPOK 6 Gladis Ansiga Yan Makarunggala Rifan Bawoel Juli Pardede Kevin Mantiri Juliano Nelwan Difinisi Sistem Informasi Distribusi Barang suatu pengendalian

Lebih terperinci

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Yotabakti Marine Hotel Training School Yogyakarta

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Yotabakti Marine Hotel Training School Yogyakarta Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Yotabakti Marine Hotel Training School Yogyakarta Naskah Publikasi Disusun oleh: Ryan Fahmi 07.12.2397 JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA PEGAWAI PADA DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN MANGGARAI. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA PEGAWAI PADA DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN MANGGARAI. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA PEGAWAI PADA DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN MANGGARAI Naskah Publikasi disusun oleh Eka Puji Widyatami 09.22.1130 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI

Lebih terperinci

KOMPUTERISASI PEMBAYARAN JASA PADA BIMBINGAN BELAJAR SCEMATIC DI KEBUMEN NASKAH PUBLIKASI

KOMPUTERISASI PEMBAYARAN JASA PADA BIMBINGAN BELAJAR SCEMATIC DI KEBUMEN NASKAH PUBLIKASI KOMPUTERISASI PEMBAYARAN JASA PADA BIMBINGAN BELAJAR SCEMATIC DI KEBUMEN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Esti Hadi Kusmawan 11.02.7914 kepada JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA PT. SANG HYANG SERI (PERSERO) CABANG KULON PROGO NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA PT. SANG HYANG SERI (PERSERO) CABANG KULON PROGO NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA PT. SANG HYANG SERI (PERSERO) CABANG KULON PROGO NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Yulistiana Kurniawati 10.12.4836 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU SMA NEGERI/SEDERAJAT BERBASIS WEB DI KOTA AMUNTAI NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU SMA NEGERI/SEDERAJAT BERBASIS WEB DI KOTA AMUNTAI NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU SMA NEGERI/SEDERAJAT BERBASIS WEB DI KOTA AMUNTAI NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Muhammad Rahmat Hidayat 10.12.4409 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN PADA PD MASA BARU BAN PONTIANAK

PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN PADA PD MASA BARU BAN PONTIANAK PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN PADA PD MASA BARU BAN PONTIANAK Thommy Willay 1, Sandi Tendean 2 1,2 Sistem Informasi, STMIK Widya Dharma, Pontianak e-mail: 1 twillay@yahoo.com, 2 sanditendean@gmail.com

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI BARANG DI LABORATORIUM SMK NEGERI 1 NANGGULAN NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI BARANG DI LABORATORIUM SMK NEGERI 1 NANGGULAN NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI BARANG DI LABORATORIUM SMK NEGERI 1 NANGGULAN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh : Taufik Rahman 12.01.3089 Abdul Faqih Sudrajat 12.01.3099 kepada SEKOLAH TINGGI

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI SERVICE DAN PENJUALAN SPARE PARTS PADA BENGKEL RACHMAT MOTOR IMOGIRI NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI SERVICE DAN PENJUALAN SPARE PARTS PADA BENGKEL RACHMAT MOTOR IMOGIRI NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI SERVICE DAN PENJUALAN SPARE PARTS PADA BENGKEL RACHMAT MOTOR IMOGIRI NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Arum Kumalasari 10.12.4476 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN ISSN : VOL. 9 NO. 1 April 2016

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN ISSN : VOL. 9 NO. 1 April 2016 JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN ISSN : 2086 481 VOL. NO. 1 April 2016 SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PADA KOPERASI REZEKY Sophan Sophian 1 ABSTRACT The Cooperative is a business activity aimed

Lebih terperinci

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA PUSAT OLEH-OLEH DANICA YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA PUSAT OLEH-OLEH DANICA YOGYAKARTA. Naskah Publikasi PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA PUSAT OLEH-OLEH DANICA YOGYAKARTA Naskah Publikasi Disusun oleh Yena Anjuani Dubut 07.12.2068 JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

PEMBUATAN SISTEM INVENTARIS BARANG KOPERASI SISWA DI SMP N 2 GANTIWARNO, KLATEN. Naskah Publikasi. diajukan oleh Nanang Harbudi Irawan

PEMBUATAN SISTEM INVENTARIS BARANG KOPERASI SISWA DI SMP N 2 GANTIWARNO, KLATEN. Naskah Publikasi. diajukan oleh Nanang Harbudi Irawan PEMBUATAN SISTEM INVENTARIS BARANG KOPERASI SISWA DI SMP N 2 GANTIWARNO, KLATEN Naskah Publikasi diajukan oleh Nanang Harbudi Irawan 08.12.3401 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

ABSTRACT. Keywords: Point Of Sale system, accounting information systems, selling transaction. viii. Universitas Kristen Maranatha

ABSTRACT. Keywords: Point Of Sale system, accounting information systems, selling transaction. viii. Universitas Kristen Maranatha ABSTRACT The progress of information technology on every section makes the data management become very short. Input process with manual way or data searching process with searching files use much time.

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SEKOLAH PADA SMK MUHAMMADIYAH WATUKELIR SUKOHARJO BERBASIS CLIENT SERVER.

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SEKOLAH PADA SMK MUHAMMADIYAH WATUKELIR SUKOHARJO BERBASIS CLIENT SERVER. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SEKOLAH PADA SMK MUHAMMADIYAH WATUKELIR SUKOHARJO BERBASIS CLIENT SERVER Naskah Publikasi disusun oleh Anton Kurniawan 07.11.1790 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO ALBA SAKTI MENGGUNAKAN NETBEANS DAN MYSQL. Naskah Publikasi. diajukan oleh Wulan Maysari

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO ALBA SAKTI MENGGUNAKAN NETBEANS DAN MYSQL. Naskah Publikasi. diajukan oleh Wulan Maysari SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO ALBA SAKTI MENGGUNAKAN NETBEANS DAN MYSQL Naskah Publikasi diajukan oleh Wulan Maysari 05.11.0852 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA SISWA GURU DAN KARYAWAN PADA SMK BOPKRI I YOGYAKARTA. Naskah Publikasi. diajukan oleh.

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA SISWA GURU DAN KARYAWAN PADA SMK BOPKRI I YOGYAKARTA. Naskah Publikasi. diajukan oleh. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA SISWA GURU DAN KARYAWAN PADA SMK BOPKRI I YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Kawitna Utami 08.12.2861 Kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMASI DAN

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP NEGERI 3 SURUH KABUPATEN SEMARANG

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP NEGERI 3 SURUH KABUPATEN SEMARANG PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMP NEGERI 3 SURUH KABUPATEN SEMARANG Maula Ihsan Adrianto Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jl. Nakula I No. 5-11 Semarang, Kode

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM APLIKASI ADMINISTRASI PADA LAUNDRY ORANGE SLEMAN YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

PERANCANGAN SISTEM APLIKASI ADMINISTRASI PADA LAUNDRY ORANGE SLEMAN YOGYAKARTA. Naskah Publikasi PERANCANGAN SISTEM APLIKASI ADMINISTRASI PADA LAUNDRY ORANGE SLEMAN YOGYAKARTA Naskah Publikasi Diajukan oleh : YOGHA INGGIL DIRAJAT 06.11.1010 Kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP SMK SWADAYA TEMANGGUNG NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Rita Vidyaningrum

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP SMK SWADAYA TEMANGGUNG NASKAH PUBLIKASI. diajukan oleh Rita Vidyaningrum PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP SMK SWADAYA TEMANGGUNG NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Rita Vidyaningrum 10.12.5088 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN WONOBOYO KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN WONOBOYO KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN WONOBOYO KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Angga Nur Pratama 09.12.3924 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DI SMP NEGERI 3 TEMPURAN NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DI SMP NEGERI 3 TEMPURAN NASKAH PUBLIKASI ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DI SMP NEGERI 3 TEMPURAN NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Rendi Rizki Rinaldi 09.12.4280 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA DI SMA N 1 BAYAT KLATEN JAWA TENGAH. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA DI SMA N 1 BAYAT KLATEN JAWA TENGAH. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA DI SMA N 1 BAYAT KLATEN JAWA TENGAH Naskah Publikasi Diajukan Oleh Irfan Ardyanto 06.12.1725 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO ARIF SEBAGAI SUPPLIER PLASTIK DI BANDAR LAMPUNG NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO ARIF SEBAGAI SUPPLIER PLASTIK DI BANDAR LAMPUNG NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO ARIF SEBAGAI SUPPLIER PLASTIK DI BANDAR LAMPUNG NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh : Chintya Rosiansah 09.12.4237 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFOMATIKA

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS SISTEM

BAB III ANALISIS SISTEM BAB III ANALISIS SISTEM Analisis sistem merupakan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian dari komponen dengan maksud untuk melakukan identifikasi dan evaluasi permasalahan,

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. tidak terlepas dengan bantuan alat elektronik seperti handphone, PC(personal

BAB I PENDAHULUAN. tidak terlepas dengan bantuan alat elektronik seperti handphone, PC(personal 1 BAB I PENDAHULUAN I.1. Latar Belakang Persoalan teknologi dan informasi di Indonesia semakin kompleks, setiap penyampaian suatu pesan dan pemunculan suatu ide didalam aktivitas sehari-hari tidak terlepas

Lebih terperinci

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMA NEGERI 1 BODEH PEMALANG NASKAH PUBLIKASI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMA NEGERI 1 BODEH PEMALANG NASKAH PUBLIKASI PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMA NEGERI 1 BODEH PEMALANG NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Riski Diah Ayu Kusuma 12.12.6517 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMA NEGERI 3 MODEL SORONG. Naskah Publikasi

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMA NEGERI 3 MODEL SORONG. Naskah Publikasi ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMA NEGERI 3 MODEL SORONG Naskah Publikasi diajukan oleh Yuliana Irianti Making 08.12.2904 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

ANALISIS PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM GADAI PADA PEGADAIAN KEWAPANTE KEC.KEWAPANTE KAB.SIKKA PROV. NUSA TENGGARA TIMUR.

ANALISIS PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM GADAI PADA PEGADAIAN KEWAPANTE KEC.KEWAPANTE KAB.SIKKA PROV. NUSA TENGGARA TIMUR. ANALISIS PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM GADAI PADA PEGADAIAN KEWAPANTE KEC.KEWAPANTE KAB.SIKKA PROV. NUSA TENGGARA TIMUR Naskah Publikasi Diajukan Oleh Nurul Yakin Maluserang 05.12.1452 Kepada SEKOLAH

Lebih terperinci

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN PADA SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN PADA SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Naskah Publikasi RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN PADA SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Yongki Wahyono 09.22.1077 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN

Lebih terperinci

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Fitrianto Satrio Nugroho 11.02.7907 Siti Umi Mu arifah 11.02.7943 kepada JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Pada PTUN Yogyakarta

Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Pada PTUN Yogyakarta Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Pada PTUN Yogyakarta Naskah Publikasi diajukan oleh Novita Retnaning Winastuti 08.02.7095 Resmi Tri Nugroho 08.02.7111 Dwi Jayanti 08.02.7150 Kepada SEKOLAH TINGGI

Lebih terperinci

MEMBANGUN APLIKASI PENGOLAHAN DATA PEMESANAN DAN LAYANAN PADA BENGKEL LAS CIPTA SARI YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

MEMBANGUN APLIKASI PENGOLAHAN DATA PEMESANAN DAN LAYANAN PADA BENGKEL LAS CIPTA SARI YOGYAKARTA. Naskah Publikasi MEMBANGUN APLIKASI PENGOLAHAN DATA PEMESANAN DAN LAYANAN PADA BENGKEL LAS CIPTA SARI YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Siti Mayasari 09.02.7475 Russitasari 09.02.7481 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI RAWAT INAP PASIEN PADA RUMAH SAKIT BEDAH MITRA SEHAT DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC

SISTEM INFORMASI RAWAT INAP PASIEN PADA RUMAH SAKIT BEDAH MITRA SEHAT DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC SISTEM INFORMASI RAWAT INAP PASIEN PADA RUMAH SAKIT BEDAH MITRA SEHAT DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC Kemal Farouq Mauladi 1 1) Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan

Lebih terperinci

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP PADA SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN. Naskah Publikasi. diajukan oleh Ria Puspitasari

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP PADA SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN. Naskah Publikasi. diajukan oleh Ria Puspitasari ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP PADA SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN Naskah Publikasi diajukan oleh Ria Puspitasari 09.12.3696 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

ISBN: SNIPTEK 2014 SISTEM MANAJEMEN OPERASIONAL PADA PENGELOLAAN APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYAWAN

ISBN: SNIPTEK 2014 SISTEM MANAJEMEN OPERASIONAL PADA PENGELOLAAN APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYAWAN SISTEM MANAJEMEN OPERASIONAL PADA PENGELOLAAN APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYAWAN Irma Afrianti AMIK BSI JAKARTA irma.iai@bsi.ac.id Ani Oktarini Sari AMIK BSI JAKARTA ani.aos@bsi.ac.id Intisari Koperasi

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS SISTEM

BAB III ANALISIS SISTEM BAB III ANALISIS SISTEM 3.1 Analisis Sistem Yang Sedang Berjalan Toko Tambelan merupakan salah satu toko yang bergerak di dalam bidang usaha elektronik dan melakukan transaksi jual beli barang-barang kepada

Lebih terperinci

APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN MURAKABANA FURNITURE YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN MURAKABANA FURNITURE YOGYAKARTA. Naskah Publikasi APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN MURAKABANA FURNITURE YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Sekarningtyas Dewi Utami 08.12.3320 kepada JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN

Lebih terperinci

PERANCANGAN APLIKASI RENTAL KOMPUTER MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 PADA VISSICOM YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

PERANCANGAN APLIKASI RENTAL KOMPUTER MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 PADA VISSICOM YOGYAKARTA. Naskah Publikasi PERANCANGAN APLIKASI RENTAL KOMPUTER MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 PADA VISSICOM YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Erni Dwi Rastuti 10.22.1223 kepada SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci