Object Oriented Pemrograman yang mendukung konsep objek. (inheritance, capsulation, polymorphism)

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Object Oriented Pemrograman yang mendukung konsep objek. (inheritance, capsulation, polymorphism)"

Transkripsi

1 Komponen Swing I

2 Object Oriented Pemrograman yang mendukung konsep objek. (inheritance, capsulation, polymorphism) WORE (Write Once Run Everywhere) Program hasil kompilasi dapat dijalankan pada berbagai OS. Penerapan Luas Desktop Application, Applet, Server Side Programming, Mobile Application.

3 Inheritance (pewarisan) Extends single inheritance Implements multi inheritance Encapsulation (pengaturan hak akses) public, private, protected Polymorphism Satu nama berbeda fungsi

4 Setiap statement program diakhiri dengan semicolon (;) kecuali block Bersifat CASE SENSITIVE Nama Class harus sama dengan nama File Mendefinisikan minimal satu class Class hanya memiliki satu main method Block program dengan {} Komentar dengan menggunakan /* */ atau //

5 Berbagai program sudah menggunakan GUI (Graphical User Interface) sehingga menarik dan user friendly Untuk JAVA, komponen aplikasi desktop adalah komponen Swing (package javax.swing) dan AWT (package java.awt)

6 Component Layout Event Handling

7 radio button frame checkbox label button

8 Berguna untuk menentukan posisi setiap komponen yang kita buat. Susunan komponen di layar : Absolute : koordinat x, y ditentukan untuk setiap komponen. Relatif terhadap posisi komponen lain / ukuran, resolusi layar, font yang digunakan, dll.

9 Button Clicked by User Appropriate action taken Event generated by System

10 GUI Programming, terdapat 3 libraries yang disediakan oleh Java, yaitu : AWT (Abstract Window Toolkit) an old library, present in the first Java release. SWING an inproved library added later, componen name start from J, lightweight, dibangun diatas AWT.

11 Package terdapat di java.awt. Class Component : Mempunyai method paint untuk menggambar component pada layar. Class Container : Kumpulan dari komponen yang saling berhubungan. Mempunyai method add untuk menambah komponen.

12 Terdapat dua Container utama : Window : sebuah window bebas di layar yang tidak tergantung pada Container lain. Dua tipe Window Container : Frame : window yang memiliki title dan sudut yang dapat di resize. Dialog : window yang tidak punya menu bar dan tidak dapat di resize. Panel : harus berada di dalam container lain, mendefinisikan area yang dapat di isi komponen lain.

13 Komponen-Komponen GUI Swing, diantaranya :

14

15 JFrame merupakan komponen top-level bagi aplikasi desktop. Frame berfungsi sebagai penampung komponenkomponen lainnya. 2 cara membuat Jframe : ket: w:400 h :400 Membuat class baru yang memiliki sifat-sifat JFrame dengan cara proses inheritance. Mendefinisikan sebuah objek dari class JFrame. Tetapi untuk melakukan hal lain di Swing, Anda harus membuat frame terlebih dahulu.

16 void setlayout(null) Layout manager diset null artinya penempatan komponen bebas di mana saja dengan menentukan koordinat x dan y. Java menyediakan beberapa Layout manager yang dapat dipakai: FlowLayout, BorderLayout, CardLayout, BoxLayout, GridLayout, GridBagLayout. void setsize(int width, int height) Menentukan ukuran frame window. void setvisible(boolean) Menentukan frame window terlihat atau tidak. Secara default bernilai false.

17 void settitle(string title) void setresizable(boolean) void setlocationrelativeto(null) Cara termudah untuk menempatkan lokasi frame window supaya berada tepat di tengah layar. void setlocation(int x, int y) Cara untuk menempatkan lokasi frame sembarang terhadap window. void add(objek komponen) Menempatkan objek komponen seperti JLabel, JButton, dan komponen lainnya ke dalam frame ini.

18 Panel adalah suatu container yang dirancang untuk menampung sekumpulan komponen sedemikian rupa sehingga kumpulan tersebut dapat ditampilkan bersama-sama di dalam suatu frame. Cara yang lazim dilakukan dalam menampilkan sekumpulan komponen kontrol seperti text field, label, dan button adalah dengan menambahkan komponen-komponen tersebut ke dalam sebuah panel, kemudian panel tersebut ditambahkan ke dalam sebuah frame. Box with blue border indicates a JPanel without anything inside of it.

19 JFrame has default layout manager : Border Layout JPanel has default layout manager : Flow Layout Pertemuan 1,2,3 kita akan tetap menggunakan setlayoutmanager(null); JFrame frame = new JFrame(); frame.setlayout(null); JPanel panel = new JPanel(); panel.setlayout(null);

20 How to create a JPanel like this?

21 1. panel.setborder(borderfactory.createlineborder (Color.blue)); import javax.swing.borderfactory; and import java.awt.color; 2. panel.setbackground(new Color(0, 255, 0));

22 Teknik Umum : Buatlah sebuah JFrame untuk antarmuka aplikasi utama, Lalu, buatlah JPanel, Tempatkan semua komponen Swing di dalam JPanel tersebut, Tempatkan JPanel ke dalam JFrame, setvisible true pada JFrame, Buat objek JFrame di main method.

23 A label is a component that simply displays text. Labels are used for a variety of purposes: to display captions for other controls such as text fields or combo boxes, to display informational messages, or to show the results of a calculation or a database lookup. A label can also display an image, or it can display both an image and some text. And we have complete control over the appearance of the text We can specify the font, size, whether the text is bold, italic, or underlined, what color the text is displayed as, and so on.

24 void gettext(string text) Mendapatkan data text yang tertulis sebagai title objek JLabel void settext(string judul) Menset teks sebuah JLabel void setfont( jenis font, 0/1/2, int Ukuran) Menentukan jenis font yang digunakan di JLabel, style huruf (o:plain, 1:bold, 2:italic) dan ukuran font

25 void setalignmenthorizontal(int) Menentukan format text apakah rata kiri (JLabel.LEFT), rata kanan (JLabel.RIGTH), atau rata tengah (JLabel.CENTER) void setbounds(int x, int y, int width, int height) Menentukan penempatan objek JLabel di dalam suatu JPanel atau JFrame dengan menset koordinat x dan y serta lebar dan tingginya. Posisi paling pojok kiri atas adalah (0,0). Jika lebar label tidak mencukupi untuk teksnya, maka akan diakhiri dengan teks. void setforeground(color) Menentukan warna huruf yang akan digunakan. Defaultnya adalah hitam. Dapat menggunakan konstanta seperti Color.red, Color.blue, Color.green, dll. Untuk warna lain dapat menggunakan format : new Color(int R, int G, int B) void setbackground(color)

26 Merupakan komponen interaktif untuk mendapatkan data dari user. Data yang disimpan berupa String Untuk mengubah data dapat menggunakan teknik Parsing : int count = Integer.parseInt(textField1.getText()); short count = Short.parseShort(textField1.getText()); long count = Long.parseLong(textField1.getText()); byte count = Byte.parseByte(textField1.getText()); float count = Float.parseFloat(textField1.getText()); double count = Double.parseDouble(textField1.getText());

27 JTextField(int) Konstruktor dari class JTextField di mana parameter bertipe int untuk menentukan panjang JTextField String gettext() Mendapatkan teks yang tersimpan di JTextField void settext(string) Menampilkan data berupa teks atau String di JTextField. Untuk mengosongkan data di JTextField cukup dengan menset nilai. void setforeground(color) void setbackground(color) void setfont(font) void seteditable(boolean) Menentukan apakah objek ini dapat diedit atau tidak. Secara default bernilai true. void setbounds(int x, int y, int width, int height)

28 Next to labels, the Swing component you use most is the JButton component, which creates a button the user can click.

29 void settext(string teks) Menentukan teks yang akan ditampilkan pada tombol. void setfont( jenis font, int tipe, int size) void setbounds(int x, int y, int width, int height) void addactionlistener(this) Mengaktifkan JButton untuk melakukan suatu proses pada saat di klik. Untuk mengaktifkan method ini suatu class harus mengimplementasikan interface ActionListener dan juga method public void actionperfomrd(actionevent ae)

30 Kita dapat menambahkan sebuah gambar kepada JLabel dan JButton dengan cara membuat dan men-set objek ImageIcon pada label dan button tersebut. Contoh membuat label bergambar : ImageIcon gambar1 = new ImageIcon( icon1.gif ); JLabel label = new JLabel(gambar); Contoh membuat button bergambar : JButton button = new JButton(new ImageIcon( icon2.gif )); cara lain, gunakan methode seticon()

31

32 Salah satu feature Swing adalah dapat menginterpretasi teks HTML di dalam JLabel dan JButton. Contoh : JButton htmlbutton = new JButton( <html>s<font size=- 2>MALL<font size=+0>c<font size=-2>apitals ); String htmltable = <html><table border=1> + <tr><td>one</td><td>two</td></tr> + <tr><three</td><td>foure</td></tr> + </table> ; JButton htmlbutton2 = new JButton(htmlTable);

33 JPasswordField behaves just like a JTextField (it's a subclass), except every character typed is echoed as the same, obfuscating character, typically an asterisk. The creation and use of JPasswordField is basically the same as for JTextField. If you find asterisks distasteful, you can tell the JPasswordField to use a different character using the setechochar( ) method. Normally, you would use gettext( ) to retrieve the text typed into the JPasswordField. This method, however, is deprecated; you should use getpassword( ) instead. The getpassword( ) method returns a character array rather than a String object. This is done because character arrays are a little less vulnerable than Strings.

34 The Timer class provides a mechanism to generate timed events. It has properties and events, and thus can be used in application builders that understand JavaBeans. It fires an ActionEvent at a given time. The timer can be set to repeat, and an optional initial delay can be set before the repeating event starts.

35 Class Timer digunakan untuk menghasilkan kejadian / event setiap selang waktu tertentu dalam satuan ms. Kejadian ini dapat dideteksi dengan mengimplementasikan interface ActionListener. Dengan demikian di dalam program yang menggunakan class Timer agar bisa dideteksi aktivitas objek Timer-nya, maka program class haru mendefinisikan method actionperformed() seperti pada JButton.

36 Berbeda dengan objek JButton yang eventnya terdeteksi pada saat di klik, objek Timer eventnya hanya bisa terdeteksi secara periodik setiap selang waktu tertentu sebagaimana ditentukan pada waktu objek Timer dibuat. Method standar: Timer(miliseconds, this) Konstruktor untuk membuat objek timer dengan menset interval waktunya. void start() Memulai mengaktifkan timer itu sendiri, dan setiap selang waktu tertentu event dari objek Timer bisa dideteksi. void stop() Mengakhiri proses suatu objek Timer, sehingga eventnya tidak bisa dideteksi lagi.

37 Dialog biasanya digunakan untuk menampilkan informasi kepada user atau menanyakan sesuatu. Dialog dapat diakses dengan menggunakan static methods yang terdapat pada class JOptionPane.

38 Jenis Dialog - void showmessagedialog(null, informasi ) - void showmessagedialog(null, informasi, title, jenis_tombol, jenis_ikon) -int showconfirmdialog(null, informasi ) -int showconfirmdialog(null, informasi, title, jenis_tombol, jenis_ikon) String showinputdialog( Judul ) Option dialogs Fungsi Menampilkan suatu pesan kepada user, biasanya disertai dengan sebuah tombol OK Menanyakan sebuah pertanyaan dan menampilkan tombol jawaban: Yes, No, dan Cancel Meminta user untuk memasukkan suatu String Tipe yang paling umum. Kita dapat menyimpan berbagai komponen di dalamnya.

39 Jenis tombol yang dapat digunakan : JOptionPane.DEFAULT_OPTION JOptionPane.OK_CANCEL_OPTION JOptionPane.YES_NO_OPTION JOptionPane.YES_NO_CANCEL_OPTION Jenis ikon yang dapat digunakan : JOptionPane.QUESTION_MESSAGE JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE JOptionPane.WARNING_MESSAGE JOptionPane.ERROR_MESSAGE

40

41

GUI (Grapichal User Interface)

GUI (Grapichal User Interface) 1 GUI (Grapichal User Interface) Pengantar GUI GUI (Graphical User Interface), memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis,diantaranya:

Lebih terperinci

GUI & Event Handling. Viska Mutiawani, M.Sc

GUI & Event Handling. Viska Mutiawani, M.Sc GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc GUI pada Java GUI (Graphical User Interface) pada Java umumnya menggunakan kelas dari package javax.swing dan java.awt. AWT dan Swing dapat dipergunakan untuk

Lebih terperinci

GUI & Event Handling. Viska Mutiawani, M.Sc. 1 Viska Mutiawani - Informatika FMIPA Unsyiah

GUI & Event Handling. Viska Mutiawani, M.Sc. 1 Viska Mutiawani - Informatika FMIPA Unsyiah GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc 1 Viska Mutiawani - Informatika FMIPA GUI pada Java GUI (Graphical User Interface) pada Java umumnya menggunakan kelas dari package javax.swing dan java.awt.

Lebih terperinci

Materi : GUI AWT & SWING.

Materi : GUI AWT & SWING. Materi : GUI AWT & SWING http://luemut4n.0fees.net Selain untuk pemrograman yang berbasis konsol, java juga mendukung pemrograman berbasiskan GUI (Graphical User Interface), Salah satunya menggunakan AWT

Lebih terperinci

Sendy Ferdian Sujadi

Sendy Ferdian Sujadi Sendy Ferdian Sujadi Sebutkan 1 layout manager yang sudah dipelajari, jelaskan! 2 Event Handling Event Listener Latihan 3 Event merupakan sebuah objek yang di-generate oleh user pada saat sesuatu terjadi

Lebih terperinci

PEMROGRAMAN II. Materi : nursari2010.blogdetik.com String String Handling Java.util,Java.io. By : Sri Rezeki Candra Nursari

PEMROGRAMAN II. Materi : nursari2010.blogdetik.com String String Handling Java.util,Java.io. By : Sri Rezeki Candra Nursari PEMROGRAMAN II By : Sri Rezeki Candra Nursari Materi : nursari2010.blogdetik.com String String Handling Java.util,Java.io AWT Event Windows Graphics Text Control Layout Manager Menu Image New I/O Reguler

Lebih terperinci

Modul 08. User Interface 01

Modul 08. User Interface 01 Modul 08 User Interface 01 Materi : 1. Mengenal dan mengetahui komponen package awt dan swing untuk membuat user interface 1. Konsep Dasar Swing dan awt merupakan package yang berguna untuk membangun aplikasi

Lebih terperinci

Membuat User Interface dengan Swing. Program yang dibuat sebelumnya selalu berbasis console User lebih senang berinteraksi dengan

Membuat User Interface dengan Swing. Program yang dibuat sebelumnya selalu berbasis console User lebih senang berinteraksi dengan Topik Memahami komponen dasar swing Memahami implementasi swing dalam program Mengimplementasikan button, check box, dan radio button dalam program Mengimplementasikan label,text Field dan Password Field

Lebih terperinci

BAB IX MEMBUAT FORM 9.1 Membuat Form Secara Konvensional

BAB IX MEMBUAT FORM 9.1 Membuat Form Secara Konvensional BAB IX MEMBUAT FORM 9.1 Membuat Form Secara Konvensional GUI (Graphical User Interface), memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna dapat berinteraksi dengan berbagai

Lebih terperinci

Creating Graphical User Interfaces [1] with Java By: De Rosal Ignatius Moses Setiadi

Creating Graphical User Interfaces [1] with Java By: De Rosal Ignatius Moses Setiadi Creating Graphical User Interfaces [1] with Java By: De Rosal Ignatius Moses Setiadi The Mathematical Concept of GUIs APIs for Java GUI Anatomy of GUI Application Top-Level Containers Using Swing Components

Lebih terperinci

Graphical User Interface (GUI)

Graphical User Interface (GUI) Praktikum 6 Graphical User Interface (GUI) Dosen : Ir. Nanang Syahroni M.Kom Pokok Bahasan Komponen dasar Swing JFrame, JLabel, JTextField dan JTextArea Menu bar dan Menu item Tujuan Belajar Memahami komponen

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

MODUL PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK MODUL PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK Deskripsi Singkat Praktikum pemrograman berorientasi objek adalah praktikum yang menggunakan bahasa Java sebagai bantuan dalam memahami konsep pemrograman

Lebih terperinci

2. Manakah diantara pilihan berikut ini yang merupakan bagian dari event delegation model? Sebuah komponen yang menampilkan message

2. Manakah diantara pilihan berikut ini yang merupakan bagian dari event delegation model? Sebuah komponen yang menampilkan message Waktu Sisa : 1:14:5 1. Pilih instruksi yang dapat digunakan dalam method actionperformed untuk membedakan antara tombol buttonone dan buttontwo. 2. Manakah diantara pilihan berikut ini yang merupakan bagian

Lebih terperinci

Pemrograman Lanjut. Intro to GUI (Graphical User Interface)

Pemrograman Lanjut. Intro to GUI (Graphical User Interface) Pemrograman Lanjut Intro to GUI (Graphical User Interface) PTIIK - 2014 2 Objectives Memahami struktur hirarki class GUI Mampu menjelaskan setiap komponen (class) yang terdapat pada struktur hirarki GUI

Lebih terperinci

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java Netbeans Membuat kalkulator sederhana menggunakan Java Netbeans cukup mudah. Karena program yang di tulis tidak terlalu rumit, tapi memang perlu sedikit kesabaran

Lebih terperinci

Pemrograman Berorientasi Obyek. Ramos Somya

Pemrograman Berorientasi Obyek. Ramos Somya Pemrograman Berorientasi Obyek Ramos Somya User Interface (UI) mencakup semua interaksi dan komunikasi antara sebuah program dan pemakainya termasuk semua yang didengar dan dirasakan. Kemudahan dan kecepatan

Lebih terperinci

BAGIAN XIII GRAPHICAL USER INTERFACE DENGAN SWING. Praktikum I : Menggunakan JFrame, JTextField, JLabel dan JButton

BAGIAN XIII GRAPHICAL USER INTERFACE DENGAN SWING. Praktikum I : Menggunakan JFrame, JTextField, JLabel dan JButton BAGIAN XIII GRAPHICAL USER INTERFACE DENGAN SWING A. Langkah-Langkah Praktek Praktikum I : Menggunakan JFrame, JTextField, JLabel dan JButton 1. Buatlah project java application baru dari netbeans melalui

Lebih terperinci

Membuat Menu Login Sederhana [Full Coding]

Membuat Menu Login Sederhana [Full Coding] Membuat Menu Login Sederhana [Full Coding] Oleh: Yudi Setiawan Pada tutorial, ini saya berusaha mengajari Anda secara lebih keras lagi agar Anda mempunyai bekal ilmu dasar yang kuat di ilmu pemrograman

Lebih terperinci

IF PEMROGRAMAN LANJUT GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) 11 DENGAN SWING. Oleh : Andri Heryandi, M.T.

IF PEMROGRAMAN LANJUT GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) 11 DENGAN SWING. Oleh : Andri Heryandi, M.T. IF34348 - PEMROGRAMAN LANJUT GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) 11 DENGAN SWING Oleh : Andri Heryandi, M.T. MATERI HARI INI Swing Definisi swing Komponen Swing Layout Manager Oleh : Andri Heryandi, M.T. 2

Lebih terperinci

GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)

GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) Pokok Bahasan 1. komponen dasar swing 2. JButton,JCheckBox, dan JRadioButton 3. JLabel, JTextField dan JPassword Field 4. JTextArea, JComboBox, JList 5. Memahami tentang

Lebih terperinci

Percobaan 7 GUI(Graphical User Interface )

Percobaan 7 GUI(Graphical User Interface ) Percobaan 7 GUI(Graphical User Interface ) Pokok Bahasan komponen dasar swing JButton,JCheckBox, dan JRadioButton JLabel, JTextField dan JPassword Field JTextArea, JComboBox, JList Memahami tentang event/kejadian

Lebih terperinci

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

A. TUJUAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM 29 GUI: KALKULATOR MINI A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Memahami konsep Graphical User Interface (GUI). 2. Mampu membuat program yang menerapkan konsep GUI. 3. Mampu membuat program berbasis GUI yang

Lebih terperinci

GUI, Ev e Ev n e t n Handling, Ex ception Handling in Java

GUI, Ev e Ev n e t n Handling, Ex ception Handling in Java GUI, Event Handling, Exception Handling in Java Nurochman Apa itu GUI? GUI > Graphical User Interface Tanpa GUI program kita kurang menarik Program GUI terdiri dari Container dan Component Container sebagai

Lebih terperinci

Dasar Perancangan Graphical User Interface

Dasar Perancangan Graphical User Interface Dasar Perancangan Graphical User Interface Restyandito e-mail : dito@ukdw.ac.id website : http://lecturer.ukdw.ac.id/~dito GUI (Graphical User Interface), memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer

Lebih terperinci

INSTRUKSI PENCABANGAN

INSTRUKSI PENCABANGAN INSTRUKSI PENCABANGAN Sebagai pengembang (programmer) sudah pasti mengetahui jenis operasi instruksi. Salah satu yang perlu dipelajari atau dimengerti adalah operasi instruksi pencabangan. 3.1 Pencabangan

Lebih terperinci

PEMROGRAMAN II. By : Sri Rezeki Candra Nursari

PEMROGRAMAN II. By : Sri Rezeki Candra Nursari PEMROGRAMAN II By : Sri Rezeki Candra Nursari Materi : nursari2010.blogdetik.com String String Handling Java.util,Java.io AWT Event Windows Graphics Text Control Layout Manager Menu GUI Handling Image

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LAB SHEET PEMROGRAMAN 2

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LAB SHEET PEMROGRAMAN 2 No. LST/EKA/PTI208/06 Revisi : 02 Maret 2010 Hal 1 dari 6 A. Kompetensi Setelah mengikuti praktikum ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep grapichal user interface (GUI) dan mampu mendesain GUI menggunakan

Lebih terperinci

1. Mana dari adapter berikut ini yang merupakan class adapter yang benar didalam Java. ComponentAdapter

1. Mana dari adapter berikut ini yang merupakan class adapter yang benar didalam Java. ComponentAdapter GUI Waktu Sisa : 1:53:37 1. Mana dari adapter berikut ini yang merupakan class adapter yang benar didalam Java. ComponentAdapter ActionAdapter AdjustmentAdapter ItemAdapter FocusAdapter 2. Method dari

Lebih terperinci

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

A. TUJUAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM 27 ANTAR MUKA GRAFIS A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Memahami konsep Graphical User Interface (GUI). 2. Mampu membuat program yang menerapkan konsep GUI. 3. Mampu membuat program berbasis GUI yang

Lebih terperinci

Java Library dan Java Swing

Java Library dan Java Swing Java Library dan Java Swing Pembuatan Class Library Aritmatik pada Bangun Datar dan Bangun Ruang serta Dimanfaatkan pada Project Java Swing Java Library dan Java Swing Pembuatan Class Library Aritmatik

Lebih terperinci

Materi 5 Pemrograman Visual

Materi 5 Pemrograman Visual Materi 5 Pemrograman Visual Pada materi ini akan dipelajari tentang pemberian aksi pada komponen swing (listener), terutama ActionListener. Sesi Materi ActionListener merupakan salah satu listener yang

Lebih terperinci

Pemrograman Java III

Pemrograman Java III Pemrograman Java III Model Perhitungan Goemetri Berbasis Java Tugas ini disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Penilaian Mata Kuliah Pemrograman Java III Fakultas Teknik Informatika Semester Ganjil Ajaran

Lebih terperinci

Membangun GUI (dengan AWT & Swing) OOP Java

Membangun GUI (dengan AWT & Swing) OOP Java Membangun GUI (dengan AWT & Swing) OOP Java Materi yg akan dibahas : Pendahuluan Event-driven Programming AWT, Swing & SWT Komponen-komponen GUI Layout manager Pendahuluan (1) Graphical User Interface

Lebih terperinci

1 of 7 2/23/2008 4:21 PM Waktu Sisa : 0:59:54 1. Interface manakah yang harus diimplementasikan Java class untuk menerima notifikasi button click event? ActionListener ButtonListener KeyListener WindowListener

Lebih terperinci

PERTEMUAN 1 Membuat Project & Komponen Swing [PBO II JAVA] dosen : SOPINGI, S.Kom

PERTEMUAN 1 Membuat Project & Komponen Swing [PBO II JAVA] dosen : SOPINGI, S.Kom PERTEMUAN 1 Membuat Project & Komponen Swing [PBO II JAVA] dosen : SOPINGI, S.Kom 1. Membuat Project Baru File New Project Browse : Cari folder tempat untuk menyimpan Project. 2. Membuat Form baru menggunakan

Lebih terperinci

Pemrograman Java III

Pemrograman Java III Pemrograman Java III Model Perhitungan Aritmatika berbasis Java Tugas ini disusun untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Penilaian Pada Mata Kuliah Pemrograman Java III Fakultas Teknik Informatika Semester Ganjil

Lebih terperinci

PEMROGRAMAN LANJUTAN JAVA. Dasar-Dasar Netbeans

PEMROGRAMAN LANJUTAN JAVA. Dasar-Dasar Netbeans PEMROGRAMAN LANJUTAN JAVA Dasar-Dasar Netbeans OLEH ONDRA EKA PUTRA, S.KOM FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS PUTRA INDONESI YPTK PADANG DASAR-DASAR NETBEANS Dalam pembahasan ini akan belajar dasar-dasar

Lebih terperinci

PERTEMUAN VI AWT DAN SWING TUJUAN PRAKTIKUM. 1. Praktikan mengenal pembuatan GUI pada Java. 2. Praktikan memahami action pada objek dalam Java.

PERTEMUAN VI AWT DAN SWING TUJUAN PRAKTIKUM. 1. Praktikan mengenal pembuatan GUI pada Java. 2. Praktikan memahami action pada objek dalam Java. PERTEMUAN VI AWT DAN SWING TUJUAN PRAKTIKUM 1. Praktikan mengenal pembuatan GUI pada Java. 2. Praktikan memahami action pada objek dalam Java. Selain untuk pemrograman yang berbasis konsol, java juga mendukung

Lebih terperinci

Modul Praktikum 9 BAB IX LAYOUTING. Departemen Teknologi Informasi Telkom Applied Science School H a l

Modul Praktikum 9 BAB IX LAYOUTING. Departemen Teknologi Informasi Telkom Applied Science School H a l 9 BAB IX LAYOUTING 9.1 IDENTITAS Kajian Komponen Swing Java non-visual Editor; Database & Swing Topik 1. Layout Grid, GridBag dan Border Referensi 1. http://docs.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/layout/index

Lebih terperinci

1. MENGENAL VISUAL BASIC

1. MENGENAL VISUAL BASIC 1. MENGENAL VISUAL BASIC 1.1 Mengenal Visual Basic 6.0 Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh

Lebih terperinci

PEMROGRAMAN DASAR XI TKJ SMK NEGERI 1 KUPANG

PEMROGRAMAN DASAR XI TKJ SMK NEGERI 1 KUPANG Pengenalan Bagian Utama Delphi 7 Gambar 1.1 IDE (Integrated Development Environment) Delphi 7 atau lingkungan pengembangan terpadu merupakan lingkungan kerja Delphi 7 yang terbagi menjadi delapan bagian

Lebih terperinci

- Setiap pola yang menggambarkan permasalahan yang terjadi secara berulang, serta

- Setiap pola yang menggambarkan permasalahan yang terjadi secara berulang, serta MODUL 1 IMPLEMENTASI MODEL VIEW CONTROLLER (MVC) DESIGN PATTERN Design Pattern dapat didefinisikan : - Setiap pola yang menggambarkan permasalahan yang terjadi secara berulang, serta menjelaskan cara utama

Lebih terperinci

Pemrograman Java III

Pemrograman Java III Pemrograman Java III Model Program Perhitungan Transaksi Penjualan Berbasis Java Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat penilaian Mata Kuliah Pemrograman Java III Semester Ganjil Tahun Ajaran

Lebih terperinci

JAVA SWING. Swing merupakan library pada java untuk membuat sebuah tampilan seperti

JAVA SWING. Swing merupakan library pada java untuk membuat sebuah tampilan seperti Judul : Java Swing Tingkat : Pemula Email : kholidiswan@gmail.com Mohon maaf bila masih terjadi kesalahan dalam penulisan. Silakan kritik sarannya ke email diatas. JAVA SWING Swing merupakan library pada

Lebih terperinci

Pemograman Swing. Netbeans:

Pemograman Swing. Netbeans: Pemograman Swing Topics: Cara Menggunakan Netbeans Java Application Java Desktop Application Materi Tambahan Netbeans: Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai swing. Swing adalah

Lebih terperinci

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN (GBPP)

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN (GBPP) GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN (GBPP) Mata Kuliah: Pemrograman Berorientasi Objek; Kode/Bobot: TSK 502 / 3 sks; Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini berisi konsep pemrograman berorientasi objek

Lebih terperinci

PENDAHULUAN TENTANG NETBEANS

PENDAHULUAN TENTANG NETBEANS PENDAHULUAN TENTANG NETBEANS Yuliana Setiowati Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 1 TOPIK Pendahuluan IDE Netbeans Membuat Project Baru. 2 Konsep Netbeans Netbeans sebagai IDE ditujukan untuk memudahkan

Lebih terperinci

LAPORAN PERCOBAAN V ( MENGHITUNG NILAI UJIAN MAHASISWA) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

LAPORAN PERCOBAAN V ( MENGHITUNG NILAI UJIAN MAHASISWA) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN V ( MENGHITUNG NILAI UJIAN MAHASISWA) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Diajukan untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Pemrograman JAVA VISUAL III Oleh : SITI SARWENDAH 1142203

Lebih terperinci

KEAHLIAN PEMROGAMAN JAVA

KEAHLIAN PEMROGAMAN JAVA SILABUS KURIKULUM KEAHLIAN KOMPUTER KEAHLIAN PEMROGAMAN JAVA Bulan 1 : Dasar Pemrogaman Java Bulan 2 : Dasar Pemrogaman Java Bulan 3 : Java Swing J-Frame (GUI) Netbeans Bulan 4 : Java Swing J-Frame (GUI)

Lebih terperinci

BAB IX. USER INTERFACE

BAB IX. USER INTERFACE BAB IX. USER INTERFACE 9.1.Dasar GUI Program GUI (Graphical User Interface) merupakan metode pendesainan program ke dunia nyata (real world) atau visual bukan dalam bentuk console. Paket yang dapat digunakan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Maksud dan tujuan dari pembuatan Aplikasi Penentu Nilai Mahasiswa pada pemrograman java adalah:

BAB I PENDAHULUAN. Maksud dan tujuan dari pembuatan Aplikasi Penentu Nilai Mahasiswa pada pemrograman java adalah: A i T i t i n 1 1.1 Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN Kemajuan ilmu dan teknologi saat ini begitu pesat perkembangannya. Dengan perkembangan zaman, banyak orang yang membutuhkan kecepatan akses data sehingga

Lebih terperinci

TUTORIAL PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN AUTOPLAY OLEH KELOMPOK 1. gunakan start menu untuk menampilkan program autoplay media studio.

TUTORIAL PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN AUTOPLAY OLEH KELOMPOK 1. gunakan start menu untuk menampilkan program autoplay media studio. TUTORIAL PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN AUTOPLAY OLEH KELOMPOK 1 MEMULAI PROYEK BARU 1. buka autoplay, dengan cara : gunakan start menu untuk menampilkan program autoplay media studio.

Lebih terperinci

PENGENALAN JAVA GUI PROGRAMMING

PENGENALAN JAVA GUI PROGRAMMING PENGENALAN JAVA GUI PROGRAMMING Sub Pokok Bahasan JFC AWT Swing Ilustrasi JFC (Java Founda=on Classes) Java Founda=on Class Merupakan framework dalam Java untuk mengembangkan aplikasi berbasis GUI (Graphical

Lebih terperinci

MEMBUAT PROJECT. 1. Buat project baru, beri nama JHangMan. Gambar 1.1

MEMBUAT PROJECT. 1. Buat project baru, beri nama JHangMan. Gambar 1.1 2 APLIKASI GAME HANGMAN Pada bab ini kita akan membuat aplikasi game Hang Man. Game ini adalah game tebak kata. Pemain akan menebak kata yang tersembunyi huruf demi huruf. Pemain diberi kesempatan menebak

Lebih terperinci

Modul Praktikum 7 Pemograman Berorientasi Objek

Modul Praktikum 7 Pemograman Berorientasi Objek Modul Praktikum 7 Pemograman Berorientasi Objek 1. Judul : Grapichal User Interface (GUI) 2. Tujuan Percobaan : Diakhir praktikum, mahasiswa diharapkan mampu : Memahami persamaan dan perbedaan antara AWT

Lebih terperinci

Menghubungkan Database Access Menggunakan Netbeans Oleh : Yuliana Setiowati

Menghubungkan Database Access Menggunakan Netbeans Oleh : Yuliana Setiowati Menghubungkan Database Access Menggunakan Netbeans Oleh : Yuliana Setiowati (yuliana@eepis-its.edu) Membuat Projek Baru di Netbeans 1. Buatlah projek baru dinetbeans pilih File New Project. Pilih Categories

Lebih terperinci

Percobaan 9 Basic Widget

Percobaan 9 Basic Widget Percobaan 9 Basic Widget 9.1 Pokok Bahasan XML Layout Basic Widget 9.2 Tujuan Dengan praktikum ini mahasiswa diharapkan dapat: Memahami pembuatan user interfaces dengan menggunakan XML layout Memahami

Lebih terperinci

Membuat Frame, Label, TextField dan Button di Java [Full Coding]

Membuat Frame, Label, TextField dan Button di Java [Full Coding] Membuat Frame, Label, TextField dan Button di Java [Full Coding] Oleh: Yudi Setiawan Dalam bahasa pemrograman visual, ada istilah yang sering Anda dengar dengan sebutan Frame. Di Java, Frame merupakan

Lebih terperinci

PRAKTIKUM 10 REPORT LANJUTAN 72 C. TUGAS PENDAHULUAN Buat perancangan report untuk pegawai dan kerja seperti contoh dibawah ini : D. PERCOBAAN Buka da

PRAKTIKUM 10 REPORT LANJUTAN 72 C. TUGAS PENDAHULUAN Buat perancangan report untuk pegawai dan kerja seperti contoh dibawah ini : D. PERCOBAAN Buka da Praktikum 10 Report Lanjutan A. TUJUAN 1. Menjelaskan tentang pengurutan dan pengelompokan data pada report 2. Menjelaskan tentang penambahkan header dan footer pada report 3. Menambahkan data dalam bentuk

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LAB SHEET PEMROGRAMAN JAVA 2

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LAB SHEET PEMROGRAMAN JAVA 2 No. LST/EKA/PTI208/08 Revisi : 01 April 2009 Hal 1 dari 5 A. Kompetensi Setelah mengikuti praktikum ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan JTextField serta JComponent lain dalam swing. B. Dasar Teori

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNISKA. Modul NetBeans 8.1. Disusun oleh: Mirza Yogy Kurniawan. Modul Praktek NetBeans 8.1 Studi Kasus Perpustakaan

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNISKA. Modul NetBeans 8.1. Disusun oleh: Mirza Yogy Kurniawan. Modul Praktek NetBeans 8.1 Studi Kasus Perpustakaan FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNISKA Modul NetBeans 8.1 Disusun oleh: Mirza Yogy Kurniawan Modul Praktek NetBeans 8.1 Studi Kasus Perpustakaan FAKULTAS TEKNOLOGI INFORM ASI UNISKA Daftar Isi BAB I KONEKSI

Lebih terperinci

LAPORAN TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA

LAPORAN TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA LAPORAN TUGAS AKHIR APLIKASI KALKULATOR BERBASIS JAVA Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas dari matakuliah Pemrograman III Oleh : Nama : Ai Titin Npm : 1142228 STMIK AMIK BANDUNG BANDUNG 2012 Latar

Lebih terperinci

Sendy Ferdian Sujadi

Sendy Ferdian Sujadi Sendy Ferdian Sujadi 1 Layout Manager JTable 2 Komponen dapat diorganisasikan di dalam container dengan menggunakan class layout manager. Kita dapat mengubah secara manual class layout yang ingin digunakan,

Lebih terperinci

Tugas IV Kelas Virtual Pemr. Visual

Tugas IV Kelas Virtual Pemr. Visual Tugas IV Kelas Virtual Pemr. Visual Nomor 1: Buatlah sebuah GUI sebagai berikut menggunakan Netbeans: Gunakan Free Design/Absolute Layout untuk mengatur peletakan komponen. Gunakan JFormattedTextField

Lebih terperinci

KASUS INHERITANCE. (Window, Multithreading dan Applet)

KASUS INHERITANCE. (Window, Multithreading dan Applet) KASUS INHERITANCE (Window, Multithreading dan Applet) FRAME/WINDOWS FRAME Frame : merupakan komponen window paling atas yang memiliki judul dan border Frame merupakan salah satu komponen utama dalam GUI

Lebih terperinci

IKG2I4 / Software Project I

IKG2I4 / Software Project I IKG2I4 / Software Project I Mahmud Imrona, M.T. Izzatul Ummah, M.T. Kelompok Keahlian Algoritma dan Komputasi LECTURE NOTE WEEK 8 1 3/11/2015 WEEK 8 Graphical User Interface (GUI) AWT Swing OOP menggunakan

Lebih terperinci

Penggunaan Netbeans IDE, Hello World, variable dan Operator aritmetika.

Penggunaan Netbeans IDE, Hello World, variable dan Operator aritmetika. Topik Penggunaan Netbeans IDE, Hello World, variable dan Operator aritmetika. Tujuan Setelah menyelesaikan praktikum ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1. Menggunakan Netbeans IDE untuk membuat program Java

Lebih terperinci

Praktikum III : Menggunakan JRadioButton

Praktikum III : Menggunakan JRadioButton Praktikum III : Menggunakan JRadioButton 1. Buatlah project java application baru dari netbeans melalui menu file > new project, Pilih java application dan klik Next. 2. Beri nama project ContohRadioButton.

Lebih terperinci

BAHASA PEMROGRAMAN 2 PENGENALAN GAMBAS

BAHASA PEMROGRAMAN 2 PENGENALAN GAMBAS BAHASA PEMROGRAMAN 2 PENGENALAN GAMBAS 1. LATAR BELAKANG Gambas (Gambas Almost Means BASic) adalah sebuah bahasa pemrograman visual berbasis objek yang menyerupai visual basic yang berjalan di platform

Lebih terperinci

BINA NUSANTARA UNIVERSITY NATA LASE

BINA NUSANTARA UNIVERSITY NATA LASE Sesuai dengan hasil rapat persiapan UTS Mata kuliah Programming I : Pilihan ganda 20 soal 40% Essay 3 soal 30% Kasus 1 soal 30% Essay: Layout manager Even driven programming Review Fundamental Java Kasus:

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM KE 3 A.

MODUL PRAKTIKUM KE 3 A. MODUL PRAKTIKUM KE 3 A. Target Praktikum - Mahasiswa mengetahui berbagai macam operator java dan penggunaannya - Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait penggunaan operator - Mengetahui build

Lebih terperinci

visit : www.marisharingilmu.wordpress.com

visit : www.marisharingilmu.wordpress.com Lisensi Pocket Book Pocket Book ini dapat anda copy dan distribusikan dengan gratis untuk kegiatan pembelajaran. Selamat datang di Pocket Book edisi selanjutnya yaitu Pocket Book : Membuat Aplikasi Java

Lebih terperinci

Pemrograman Lanjut. Interface

Pemrograman Lanjut. Interface Pemrograman Lanjut Interface PTIIK - 2014 2 Objectives Interfaces Defining an Interface How a class implements an interface Public interfaces Implementing multiple interfaces Extending an interface 3 Introduction

Lebih terperinci

Modul 2. [access specifier] [tipe data] [nama variabel];

Modul 2. [access specifier] [tipe data] [nama variabel]; Modul 2 Objek, Kelas, dan Instance Variabel 1. Deklarasi variable, kelas, dan method Di setiap bahasa pemrograman, programmer selalu membuat variabel untuk dapat memanipulasi data dan mengoperasikannya.

Lebih terperinci

Membuat Form Dinamis di Java

Membuat Form Dinamis di Java Membuat Form Dinamis di Java Oleh: Yudi Setiawan Dalam pemrograman web, istilah ini sering disebut dengan dinamis. Maksud dinamis di sini ialah membuat tampilan form pada aplikasi Anda lebih fleksibel

Lebih terperinci

MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0. Visual Basic adalah sebuah program yang berfungsi untuk membuat aplikasi berbasis

MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0. Visual Basic adalah sebuah program yang berfungsi untuk membuat aplikasi berbasis MODUL I PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0 1. Visual Basic 6.0 Visual Basic adalah sebuah program yang berfungsi untuk membuat aplikasi berbasis Microsoft Windows secara cepat dan mudah. Dalam Visual Basic terdapat

Lebih terperinci

AWT (ABSTRACT WINDOWS TOOLKITS)

AWT (ABSTRACT WINDOWS TOOLKITS) AWT (ABSTRACT WINDOWS TOOLKITS) Pendahuluan Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas paket AWT sebuah paket yang telah ada dalam Java yang dapat digunakan untuk merancang GUI (Graphical User Interface).

Lebih terperinci

KOMPONEN GUI DI SWING. Visual Mode (NetBeans)

KOMPONEN GUI DI SWING. Visual Mode (NetBeans) KOMPONEN GUI DI SWING Visual Mode (NetBeans) Sub Pokok Bahasan Membuat komponen GUI menggunakan NetBeans (Visual/Design Mode) Membuat Window JFrame Membuat Window dengan JFrame Jalankan NetBeans (yang

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LAB SHEET PEMROGRAMAN JAVA 2

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LAB SHEET PEMROGRAMAN JAVA 2 No. LST/EKA/PTI208/09 Revisi : 01 April 2009 Hal 1 dari 7 A. Kompetensi Setelah mengikuti praktikum ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami Grapichal User Interface (GUI) dan mendesain GUI menggunakan

Lebih terperinci

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

A. TUJUAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM 28 PENANGANAN EVENT A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Memahami konsep Graphical User Interface (GUI). 2. Mampu membuat program yang menerapkan konsep GUI. 3. Mampu membuat program berbasis GUI yang melibatkan

Lebih terperinci

J2ME GUI dan Manajemen Event

J2ME GUI dan Manajemen Event J2ME GUI dan Manajemen Event Muhammad Zen S. Hadi, ST. MSc. Contents J2ME (Review) Manajemen Event GUI dalam J2ME Passing parameter di dalam J2ME 2 Arsitektur Jaringan dgn J2ME 3 Design Aplikasi vmiles

Lebih terperinci

GUI Event Handling. minggu 13. Wednesday, 16 May 12

GUI Event Handling. minggu 13. Wednesday, 16 May 12 GUI Event Handling minggu 13 Objectives / Tujuan Mengenal The Delegation Event Model Mengenal Event Classes Mengenal Event Listener: ActionListener Method MouseListener Method MouseMotionListener Method

Lebih terperinci

MK. Pemrograman Berorientasi Objek. Input dari Keyboard. Karmilasari

MK. Pemrograman Berorientasi Objek. Input dari Keyboard. Karmilasari MK. Pemrograman Berorientasi Objek Input dari Keyboard Karmilasari 2 Input dari Keyboard Kelas Scanner Kelas Buffer Reader GUI (Graphical User Interface) Joption Pane 3 Perbedaan Scanner, BufferedReader

Lebih terperinci

Area kerja. Gambar 1. Tampilan awal MS FrontPage

Area kerja. Gambar 1. Tampilan awal MS FrontPage Microsoft FrontPage I. Mengenal Microsoft FrontPage Microsoft FrontPage (MS FrontPage) adalah sebuah program untuk membuat, mendesain, dan mengedit halaman World Wide Web seperti menambahkan text, images,

Lebih terperinci

Pengenalan Visual Basic

Pengenalan Visual Basic Pengenalan Visual Basic KETERANGAN : 1. Baris Menu, digunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll. 2. Main Toolbar, digunakan untuk melakukan tugastugas tertentu

Lebih terperinci

Abstract Window Toolkit

Abstract Window Toolkit Graphical User Interface (GUI) Oleh: Ali Ridho Barakbah Pemrograman Berbasis Obyek Pertemuan 14 IT-EEPIS Abstract Window Toolkit Menyediakan komponen-komponen GUI yang digunakan di semua aplikasi Java

Lebih terperinci

Dwiny Meidelfi, M.Cs

Dwiny Meidelfi, M.Cs Dwiny Meidelfi, M.Cs Tujuan: Praktikan mengerti perbedaan dari sistem koordinat kartesius dan sistem koordinat layar Praktikan mengetahui software yang digunakan dalam Kerja Lab Grafika Komputer titik

Lebih terperinci

BAB I PROJECT NETBEANS DAN GUI SEDERHANA

BAB I PROJECT NETBEANS DAN GUI SEDERHANA BAB I PROJECT NETBEANS DAN GUI SEDERHANA 1.1 Tujuan Instruksional Bab ini akan membahas pengenalan struktur project NetBeans, cara membuat Form, memberi Title, memasang komponen GUI Label, Button dan TextField

Lebih terperinci

FLASH, FRAME, BEHAVIOR

FLASH, FRAME, BEHAVIOR FLASH, FRAME, BEHAVIOR 1. Flash Menyisipkan Flash Button a. Pilih menu : insert image interactive flash button b. Tentukan property : Style : pilih bentuk / jenis tombol flash Button text : tulis label

Lebih terperinci

PEMBUATAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE

PEMBUATAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE PEMBUATAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MICROSOFT FRONTPAGE Oleh: Asyti Febliza I. Mengenal Microsoft FrontPage Microsoft FrontPage (MS FrontPage) adalah sebuah program untuk membuat, mendesain,

Lebih terperinci

Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut Lecture 01 - Introduction

Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut Lecture 01 - Introduction Pemrograman Berorientasi Objek Lanjut Lecture 01 - Introduction N I K O I B R A H I M, M I T P R O G R A M S T U D I S I S T E M I N F O R M A S I F A K U L T A S T E K N O L O G I I N F O R M A S I U

Lebih terperinci

PBO LANJUT USING WYSIWYG EDITOR FOR BUILDING GUI. Niko Ibrahim, MIT Universitas Kristen Maranatha

PBO LANJUT USING WYSIWYG EDITOR FOR BUILDING GUI. Niko Ibrahim, MIT Universitas Kristen Maranatha PBO LANJUT USING WYSIWYG EDITOR FOR BUILDING GUI Niko Ibrahim, MIT Universitas Kristen Maranatha Prerequisites Install NetBeans IDE 6 Anda diasumsikan sudah mengenal: Use the GUI Builder interface Create

Lebih terperinci

Bahasa Pemrograman Java. Yudi Adha. ST. MMSI

Bahasa Pemrograman Java. Yudi Adha. ST. MMSI Bahasa Pemrograman Java Yudi Adha. ST. MMSI Tujuan Pada bagian ini, kita akan mendiskusikan mengenai bagian dasar pemrograman Java. Kita akan memulai dengan mencoba menjelaskan bagian dasar dari program

Lebih terperinci

Tutorial A Menggambar Bendera Merah Putih Pada Frame

Tutorial A Menggambar Bendera Merah Putih Pada Frame Tutorial A Menggambar Bendera Merah Putih Pada Frame Batas pengumpulan : 17.30 WIB waktu Scele Nama berkas pengumpulan : Kedua kode sumber di kompres dalam zip dengan nama NPM.zip (Cth: 1106018888.zip)

Lebih terperinci

DASAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC

DASAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC BAHAN BELAJAR 1 DASAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC Sasaran : Setelah mempelajari bahan belajar ini, diharapkan mahasiswa dapat : a. Mengenal dan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic b. Mengenal dan

Lebih terperinci

Pemrograman Berorientasi Obyek Lanjut (IT251) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.

Pemrograman Berorientasi Obyek Lanjut (IT251) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs. Pemrograman Berorientasi Obyek Lanjut (IT251) Ramos Somya, S.Kom., M.Cs. Applet adalah program Java sederhana yang dapat dijalankan melalui web browser. Applet berbeda dengan aplikasi Java pada umumnya,

Lebih terperinci

Pemrograman Web Lanjut

Pemrograman Web Lanjut Session 04 JSF Event Handling Pemrograman Web Lanjut 2015 Niko Ibrahim, MIT Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha Tujuan Mahasiswa memahami jenis-jenis event handling yang ada pada

Lebih terperinci

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek CLASS & OBJECT Kita dapat membuat banyak OBJECT dari satu CLASS Untuk membuat banyak OBJECT, kita cukup gunakan keyword new berulang kali Misal: Rekening CLASS

Lebih terperinci

BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS

BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS LAPORAN PERCOBAAN IV ( MENGHITUNG GAJI KARYAWAN DAN TUNJANGANNYA) BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN TOOLS NETBEANS Oleh: Deden Wahyudin 1142207 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA&KOMPUTER AMIKBANDUNG

Lebih terperinci

TIPE DATA PADA JAVA. Pertemuan (K-04/L-04)

TIPE DATA PADA JAVA. Pertemuan (K-04/L-04) TIPE DATA PADA JAVA Pertemuan (K-04/L-04) Alangkah baiknya kita mempelajari terlebih dahulu tentang apa itu tipe data dan mengenal ada berapa tipe data yang digunakan dalam Bahasa Pemrograman Java. Sudah

Lebih terperinci