Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login :

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login :"

Transkripsi

1 Prosedur Penggunaan Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : 1. Beranda untuk Umum Gambar 4.1 Beranda Untuk Umum Pada halaman ini, user dapat membaca pengumuman yang telah diterbitkan oleh pustakawan serta mencari buku berdasarkan kriteria judul, pengarang, dan penerbit. Untuk pengaksesan web lebih lanjut, user harus melakukan login terlebih dahulu. 257

2 Antrian Masuk Gambar 4.2 Kode PIN Antrian Masuk Pada halaman ini, pustakawan melakukan autentifikasi dengan memasukkan kode PIN pustakawan.

3 259 Gambar 4.3 Kode Anggota Antrian Masuk Pada halaman ini, pengunjung yang datang diminta untuk melakukan absensi dengan memasukkan kode anggota. Jika pengunjung sudah memasukkan kode anggota, maka kode yang dimasukkan akan divalidasi untuk dicek apakah kode anggota tersebut sudah benar. Jika sesuai, maka akan muncul pesan selamat datang dan rekaman waktu kehadiran. Jika tidak sesuai, maka akan ditampilkan pesan kesalahan.

4 260 Gambar 4.4 Tutup Absen Saat jadwal pelayanan perpustakaan telah selesai, pustakawan harus menutup aplikasi absensi. Menutup absensi dilakukan dengan cara mengklik tombol Tutup Absen yang terletak disebelah kanan bawah. Setelah diklik, akan muncul pesan Keluar dari Aplikasi Absensi? pilih tombol OK jika ya atau pilih Cancel untuk membatalkan.

5 Pencarian Buku untuk Umum Gambar 4.5 Pencarian Buku untuk Umum Pada form pencarian buku, masukkan kata kunci yang ingin dicari dan pilih kriteria pencarian berdasarkan : judul, pengarang, atau penerbit. Selanjutnya klik Cari, maka akan muncul tampilan hasil pencarian buku berdasarkan pencarian yang dituju. Apabila hasil buku yang itu ada, maka layar akan menampilkan tampilan detail buku. Kalau buku yang dicari tidak ada, maka akan tampil konfirmasi bahwa buku dicari tidak ditemukan. Berikut ini adalah contoh hasil pencarian yang dicari berdasarkan judul buku :

6 Gambar 4.6 Hasil Pencarian Buku untuk Umum 262

7 Beranda untuk anggota Gambar 4.7 Form User Login Seperti yang ditunjukkan Gambar 4.7, terdapat form login di sebelah kiri. User yang ingin mengakses fitur-fitur yang tertanam dalam aplikasi, wajib mengisi dengan benar kode pengguna, kata sandi, dan pilihan jabatan. Hal ini digunakan untuk menentukan hak akses user. Bila berhasil, maka akan masuk ke halaman beranda anggota, pustakawan, atau kepala sekolah sesuai dengan jabatannya. Jika tidak sesuai, maka akan ditampilkan pesan kesalahan dan kembali ke halaman semula. Untuk menghapus isian di field kode pengguna dan kata sandi yang telah dimasukkan sebelumnya, klik tombol Reset.

8 Gambar 4.8 Beranda untuk Anggota 264

9 Pencarian Buku untuk anggota Gambar 4.9 Pencarian Buku untuk Anggota Pada halaman beranda terdapat tabel pencarian buku yang digunakan untuk mencari informasi buku berdasarkan judul, penerbit, dan pengarang serta pengumuman. Apabila user memasukkan kata kunci, memilih kategori pencarian, dan mengklik Cari, maka akan muncul tampilan hasil pencarian buku berdasarkan pencarian yang dituju. Apabila pada hasil buku yang dicari ditemukan, maka akan menampilkan informasi detail buku. Berikut ini adalah contoh hasil pencarian yang dicari berdasarkan judul buku :

10 266 Gambar 4.10 Hasil Pencarian Buku untuk Anggota Di halaman tersebut, terdapat tombol Pesan untuk melakukan pemesanan buku ke pustakawan.

11 267 Gambar 4.11 Hasil Pencarian Buku dengan Pemesanan untuk Anggota Jika ingin memesan buku dapat mengklik tombol Pesan. Selanjutnya, akan muncul pesan konfirmasi Pesan Buku ini? pilih tombol OK jika ya atau pilih Cancel untuk membatalkan pemesanan.

12 Pemesanan Buku untuk Anggota Gambar 4.12 Pemesanan Buku untuk Anggota Halaman ini berisi informasi pemesanan buku yang dilakukan oleh anggota sebelum anggota melakukan peminjaman, dan status peminjaman adalah Tunggu selama proses belum dikonfirmasi oleh pustakawan. Setelah dikonfirmasi oleh pustakawan, maka status Tunggu akan berubah menjadi Siap.

13 Pengajuan Buku untuk Anggota Gambar 4.13 Pengajuan Buku untuk Anggota Halaman ini berisi form pengajuan buku beserta informasi buku yang pernah diajukan oleh anggota tersebut. Anggota yang ingin merekomendasikan buku baru untuk perpustakaan dapat mengisi form pengajuan buku. Anggota wajib meng-input judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, eksemplar, dan alasan pengajuan buku tersebut.

14 Peminjaman, Perpanjangan dan Pengembalian Buku Gambar 4.14 Peminjaman, Perpanjangan, dan Pengembalian untuk Anggota Gambar 4.15 Perpanjangan Masa Peminjaman untuk Anggota Anggota yang ingin melakukan perpanjangan buku dapat mengklik tombol Perpanjang. Maka akan muncul pesan Perpanjang Masa Peminjaman Buku ini?

15 271 pilih tombol OK jika ya atau pilih Cancel untuk membatalkan peminjaman. Setelah mengklik tombol OK, maka secara otomatis masa peminjaman bertambah satu minggu terhitung sejak tanggal pengembalian sebelumnya. 9. Melihat Data Pribadi untuk Anggota Gambar 4.16 Melihat Data Pribadi untuk Anggota Halaman ini terdapat pada menu Data Pribadi, yang berisi informasi anggota perpustakaan.

16 Perubahan Kata Sandi Anggota, Pustakawan, dan Kepala Sekolah Gambar 4.17 Perubahan Kata Sandi Anggota, Pustakawan, dan Kepala Sekolah Dalam rangka menjaga keamanan, user sangat disarankan untuk mengganti kata sandi secara berkala. Pada daftar menu pilih Perubahan Kata Sandi, maka akan menampilkan form untuk merubah kata sandi. Isi kata sandi lama dengan benar dilanjutkan dengan kata sandi baru beserta konfirmasinya. Bila berhasil, maka kata sandi akan terubah dan gunakan kata sandi tersebut untuk melakukan login pada saat mendatang.

17 Kritik dan Saran untuk Anggota Gambar 4.18 Kritik dan Saran untuk Anggota Halaman ini berisi form kritik dan saran dari anggota, serta sebuah tabel yang berisi sejumlah daftar rekaman kritik dan saran yang pernah diajukan oleh anggota tersebut.

18 Keluar dari Aplikasi Gambar 4.19 Keluar dari Aplikasi untuk Anggota Jika ingin keluar dari aplikasi dapat mengklik menu Keluar di bagian kiri. Selanjutnya akan muncul pesan Keluar Dari Aplikasi? pilih tombol OK jika ya atau pilih Cancel untuk membatalkan keluar.

19 Beranda untuk Pustakawan Gambar 4.20 Beranda untuk Pustakawan Halaman ini adalah halaman awal ketika pustakawan mengakses aplikasi perpustakaan yang berisi fitur pencarian buku dan penerbitan serta penghapusan pengumuman-pengumuman yang berkaitan dengan perpustakaan.

20 Hasil Pencarian Buku Pustakawan Gambar 4.21 Hasil Pencarian Buku untuk Pustakawan Halaman ini merupakan halaman hasil pencarian buku untuk pustakawan. Bila buku yang dicari ditemukan, ditampilkan informasi mengenai buku tersebut. Selain itu, terdapat dua buah tombol : Ubah untuk mengubah informasi buku dan Hapus untuk menghapus buku dari daftar.

21 Pengajuan Gambar 4.22 Pengajuan untuk Pustakawan Setiap buku yang diajukan oleh anggota akan terkirim ke pustakawan. Di sini, peranan pustakawan adalah sebagai penyaring terhadap pengajuan buku berdasarkan kelayakan. Klik tombol Proses untuk pengajuan yang dinilai layak, sehingga terkirim ke Kepala Sekolah. Klik tombol Hapus untuk pengajuan yang tidak layak, sehingga dihapus dari daftar pengajuan.

22 Pemesanan untuk Pustakawan Gambar 4.23 Pemesanan untuk Pustakawan Halaman ini berisi daftar buku yang dipesan oleh anggota. Terdapat sebuah tombol Siap untuk mengubah status pemesanan buku Tunggu menjadi Siap. Setelah diklik maka status pemesanan akan menjadi siap, dan terdapat tombol X untuk menghapus data pemesanan tersebut bila tidak diperlukan lagi.

23 Gambar 4.24 Ubah Status Pemesanan untuk Pustakawan 279

24 Peminjaman untuk Pustakawan Gambar 4.25 Peminjaman untuk Pustakawan Untuk memproses anggota yang ingin meminjam buku, maka pustakawan harus mengklik menu Peminjaman dan akan keluar tampilan seperti diatas. Setelah keluar tampilan diatas, pustakawan harus memasukkan kode anggota yang akan meminjam disertai kode buku tersebut. Setelah itu, klik tombol Proses. Dalam 1 kali transaksi, maksimal terdapat 2 judul buku yang dipinjam.

25 281 Gambar 4.26 Informasi Peminjaman untuk Pustakawan Berikutnya, akan muncul tampilan diatas. Klik tombol Pinjam bila informasi yang ditampilkan sudah benar, selanjutnya transaksi ini akan masuk ke database peminjaman.

26 Pengembalian untuk Pustakawan Gambar 4.27 Pengembalian untuk Pustakawan Untuk pengembalian buku, masukkan kode anggota yang ingin mengembalikan buku dan klik tombol Proses.

27 283 Gambar 4.28 Daftar Pengembalian untuk Pustakawan Setelah itu, tampil daftar buku yang telah dipinjam oleh anggota tersebut. Pilih buku yang akan dikembalikan dengan cara klik tombol Kembali disebelah kanan daftar tersebut.

28 284 Gambar 4.29 List Pengembalian untuk Pustakawan Berikutnya, tampil informasi rinci dari buku tersebut. Pustakawan harus mengecek kondisi buku yang dikembalikan oleh anggota, kemudian pilih isian di field kondisi sesuai hasil pengecekkan buku oleh pustakawan. Klik tombol Kembalikan sebagai tanda bahwa buku tersebut sudah dikembalikan.

29 Lihat Peminjaman dan Pengembalian untuk Pustakawan Gambar 4.30 List Peminjaman Pengembalian untuk Pustakawan Untuk melihat daftar peminjaman dan pengembalian, klik menu Lihat Peminjaman Pengembalian. Selanjutnya akan ditampilkan daftar seluruh data peminjaman dan pengembalian buku. Untuk membuka atau menyimpan data tersebut, pilih tombol Download Semua Transaksi di bagian bawah.

30 286 Gambar 4.31 Unduh Daftar Seluruh Transaksi Peminjaman Pengembalian Setelah tombol Download Semua Transaksi dipilih maka akan tampil gambar seperti di atas. Pilih Open With untuk membuka daftar transaksi tanpa menyimpan ke computer, atau pilih Save File untuk menyimpan hasil unduhan transaksi. Gambar 4.32 File Excell Daftar Seluruh Transaksi Peminjaman Pengembalian

31 Pendataan Anggota untuk Pustakawan Gambar 4.33 Pendataan Anggota untuk Pustakawan Halaman ini berisi form untuk mendata anggota. Semua field wajib diisi, kecuali field dan telepon yang bersifat opsional.

32 Pendataan Buku untuk Pustakawan Gambar 4.34 Pendataan Buku untuk Pustakawan Halaman ini berisi form untuk mendata buku baru yang masuk ke perpustakaan. Semua field wajib diisi, kecuali field sinopsis yang bersifat opsional.

33 Pendataan Klasifikasi untuk Pustakawan Gambar 4.35 Pendataan klasifikasi untuk Pustakawan Halaman ini digunakan untuk menambah klasifikasi buku pada perpustakaan, dan menghapus klasifikasi yang sudah tidak terpakai lagi dengan mengklik tombol Hapus.

34 Daftar Anggota untuk Pustakawan Gambar 4.36 Daftar Anggota untuk Pustakawan Halaman ini menampilkan daftar anggota yang terdaftar di dalam sistem basis data. Di setiap daftar anggota bisa dilakukan tindakan pengubahan data anggota dengan mengklik tombol Ubah, atau menghapus data anggota dengan mengklik tombol Hapus.

35 291 Gambar 4.37 Pengubahan Daftar Anggota untuk Pustakawan Halaman ini digunakan untuk mengubah data anggota. Lakukan perubahan secara langsung ke field-field yang diperlukan, selanjutnya klik tombol Ubah sebagai konfirmasi akhir perubahan.

36 Daftar Buku untuk Pustakawan Gambar 4.38 Daftar Buku untuk Pustakawan Halaman ini menampilkan daftar seluruh buku yang terdaftar di dalam sistem basis data. Di daftar buku tersebut bisa dilakukan tindakan pengubahan data buku dengan mengklik tombol Ubah, menghapus data buku dengan mengklik tombol Hapus, dan dapat mengunduh daftar buku.

37 293 Gambar 4.39 Unduh Daftar Buku untuk Pustakawan Setelah tombol Unduh Daftar buku dipilih maka akan tampil gambar seperti di atas. Pilih Open With untuk membuka daftar buku tanpa menyimpan ke komputer atau pilih Save File untuk menyimpan hasil unduhan daftar buku. Gambar 4.40 File Excell Daftar Buku untuk Pustakawan

38 294 Gambar 4.41 Pengubahan Daftar Buku untuk Pustakawan Halaman ini digunakan untuk mengubah data buku. Lakukan perubahan secara langsung ke field-field yang diperlukan, selanjutnya klik tombol Ubah sebagai konfirmasi akhir perubahan.

39 Perubahan PIN untuk Pustakawan Gambar 4.42 Perubahan PIN untuk Pustakawan Apabila pustakawan memilih menu Perubahan PIN, maka akan ditampilkan form isian untuk PIN Lama, PIN Baru, dan konfirmasi PIN Baru yang akan diubah. Pastikan PIN Lama, PIN Baru, beserta konfirmasinya diisi dengan benar. Setelah itu, klik tombol Ubah sebagai finalisasi perubahan PIN.

40 Lihat Kritik dan Saran Gambar 4.43 Lihat Kritik dan Saran untuk Pustakawan Halaman ini berisi daftar kritik dan saran yang pernah disampaikan dari anggota, terdapat tombol Hapus untuk menghapus kritik dan saran tersebut.

41 297 Gambar 4.44 Hapus Kritik dan Saran untuk Pustakawan Untuk menghapus kritik dan saran dari daftar, klik tombol Hapus. Selanjutnya tampil pesan Hapus Kritik dan Saran dari Daftar? pilih tombol OK jika ya atau pilih Cancel untuk membatalkan penghapusan.

42 Beranda untuk Kepala Sekolah Gambar 4.45 Beranda untuk Kepala Sekolah Halaman ini adalah halaman awal ketika Kepala Sekolah berhasil mengakses aplikasi perpustakaan melalui form login. Berbeda dengan halaman beranda pada anggota dan pustakawan, halaman beranda Kepala Sekolah hanya berisi pengumuman saja.

43 Lihat Pengajuan untuk Kepala Sekolah Gambar 4.46 Lihat Pengajuan untuk Kepala Sekolah Pada halaman ini, Kepala Sekolah dapat melihat hasil pengajuan yang diajukan oleh anggota dan telah melalui proses penyaringan oleh pustakawan. Terdapat tombol Hapus di setiap daftar buku yang diajukan dan tombol Unduh Transaksi Pengajuan di bagian bawah untuk mengunduh daftar pengajuan buku.

44 300 Gambar 4.47 Unduh Daftar Pengajuan Buku untuk Kepala Sekolah Setelah tombol Unduh Transaksi Pengajuan dipilih, maka tampil gambar seperti di atas. Pilih Open With untuk membuka daftar pengajuan tanpa menyimpan ke komputer atau pilih Save File untuk menyimpan hasil unduhan pengajuan buku. Gambar 4.48 File Excell Daftar Pengajuan Buku untuk Kepala Sekolah

45 Pendataan Pustakawan untuk Kepala Sekolah Gambar 4.49 Pendataan Pustakawan untuk Kepala Sekolah Halaman ini digunakan Kepala Sekolah untuk menambah data pustakawan yang dilakukan dengan mengisi biodata lengkap dari pustakawan. Pendataan pustakawan akan berhasil bila semua field telah diisi dan diakhiri dengan klik tombol Tambahkan.

46 Daftar Pustakawan Gambar 4.50 Daftar Pustakawan untuk Kepala Sekolah Halaman ini menampilkan daftar pustakawan yang terdaftar di dalam sistem basis data. Di daftar pustakawan tersebut bisa dilakukan tindakan pengubahan data pustakawan dengan mengklik tombol Ubah, atau dapat menghapus data pustakawan dengan mengklik tombol Hapus.

47 303 Gambar 4.51 Pengubahan Pustakawan untuk Kepala Sekolah Pengubahan data pustakawan hanya akan berhasil bila semua field telah diisi dengan diakhiri klik tombol Ubah.

48 Laporan Absensi dan Peminjaman untuk Kepala Sekolah Gambar 4.52 Laporan Peminjaman untuk Kepala Sekolah Untuk menampilkan laporan absensi atau laporan peminjaman, pilih periode awal dan akhir yang ingin ditampilkan dan dilanjutkan dengan klik tombol Tampilkan.

49 305 Gambar 4.53 Grafik Laporan Absensi untuk Kepala Sekolah Gambar 4.53 merupakan tampilan untuk laporan absensi yang terdiri atas grafik dan dilengkapi dengan tabel rincian sesuai dengan periode yang dimasukkan sebelumnya.

50 306 Gambar 4.54 Grafik Laporan Peminjaman untuk Kepala Sekolah Gambar 4.54 merupakan tampilan untuk laporan peminjaman yang terdiri atas grafik dan dilengkapi dengan tabel rincian sesuai dengan periode yang dimasukkan sebelumnya.

51 Data Pribadi untuk Kepala Sekolah Gambar 4.55 Data Pribadi untuk Kepala Sekolah Halaman ini menampilkan data pribadi Kepala Sekolah yang sedang login. Di data pribadi tersebut bisa dilakukan tindakan pengubahan dengan mengklik tombol Ubah.

52 308 Gambar 4.56 Perubahan Data Pribadi untuk Kepala Sekolah Untuk mengubah data pribadi, bisa dilakukan dengan langsung mengubah isi fieldfield yang diperlukan dan dilanjutkan dengan klik tombol Ubah. Pastikan tidak ada field yang kosong.

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai 72 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN Bab ini berisi tentang hasil desain program sistem informasi perpustakaan pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai spesifikasi hardware

Lebih terperinci

20. Halaman Detail Produk Setelah Login

20. Halaman Detail Produk Setelah Login 178 20. Halaman Detail Produk Setelah Login Gambar 4.20 Layar Customer-Detail Produk Setelah Login Halaman detail produk menampilkan informasi lengkap tentang produk beserta spesifikasinya dan harga. Terdapat

Lebih terperinci

Layar Halaman Laporan Soal Guru

Layar Halaman Laporan Soal Guru 320 Halaman ini akan ditampilkan jika guru mengklik menu Jadwal Mengajar. Disini guru dapat melihat jadwal mengajarnya. Selain itu guru dapat melihat jadwal ujian dengan mengklik link Jadwal Ujian pada

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN

BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN 4.1 Rancangan Layar Gambar 4.1 Struktur rancangan sistem pengarsipan Surat Ukur secara digital 4.2 Perancangan Database Tahap awal dalam perancangan sistem ini yaitu membuat

Lebih terperinci

Cara menggunakan aplikasi Logbook TAS

Cara menggunakan aplikasi Logbook TAS Cara menggunakan aplikasi Logbook TAS Aplikasi Berbasis Web Bagian Administrator Proses manajemen data dosen Mengakses ke halaman aplikasi Logbook TAS berbasis Web dan selanjutnya login menggunakan akun

Lebih terperinci

ada submenu untuk pengaturan user.

ada submenu untuk pengaturan user. 179 4. Layar Menu User Disini tampilan untuk melihat submenu user, jika diklik maka akan ada submenu untuk pengaturan user. Gambar 4.90 Layar Menu User Jika kita klik submenu logout, maka kita akan dikembalikan

Lebih terperinci

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN Form Menu Utama Gambar 5.1 Form Menu Utama Form menu utama ini merupakan form utama untuk memanggil seluruh form lainnya. Melalui form ini, aplikasi perpustakaan ini dijalankan.

Lebih terperinci

- Tunggu hingga proses selesai.

- Tunggu hingga proses selesai. 97 Gambar 4.31 Tampilan aplikasi kasir telah berhasil diinstal Keterangan: - Tunggu hingga proses selesai. - Kemudian klik Close untuk menutup proses instalasi jika telah berhasil diinstal. 98 4.2 Cara

Lebih terperinci

Gambar 4.56 Halaman Tentang Kami

Gambar 4.56 Halaman Tentang Kami Untuk melihat peraturan user dapat mengklik link Peraturan dan akan muncul layar di bawah ini: Gambar 4.55 Halaman Peraturan Kemudian jika user ingin melihat profile Perpustakaan BPPT, maka user dapat

Lebih terperinci

PANDUAN APLIKASI 2014

PANDUAN APLIKASI 2014 PANDUAN APLIKASI 2014 I. INSTALASI Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan instalasi aplikasi SimpulDESA : 1. Klik dua kali pada file setup. 2. Klik tombol Next pada dialog yang muncul. Dialog Awal

Lebih terperinci

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser

Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser 4.3.4 Petunjuk Pemakaian Sistem Aplikasi Document Imaging untuk PT. XYZ dapat diakses melalui web browser yang terhubung dengan internet. Berikut ini adalah detail prosedur pemakaian dari aplikasi tersebut.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BERMOTOR PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN BERMOTOR PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing KENDARAAN BERMOTOR PANITIA Update 27 Februari 2014 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Kendaraan bermotor Pemerintah Dalam Aplikasi... 4

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA Update 27 Februari 2014 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Alsintan Pemerintah Dalam Aplikasi...

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN WEBSITE

PROSEDUR MENJALANKAN WEBSITE PROSEDUR MENJALANKAN WEBSITE Aplikasi telah diimplementasikan di www.awitashop.com ADMIN Login 1. Admin melakukan login melalui www.awitashop.com/admin 2. Username dan Password default adalah admin dan

Lebih terperinci

Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman

Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman 1. Halaman Front-End Halaman ini merupakan halaman awal saat pengguna membuka web. Pada halaman ini terdapat beberapa gambar yang disajikan didalam frame, yang pada masing masing gambar tersebut terdapat

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN COORBY BISNIS

PANDUAN PENGGUNAAN COORBY BISNIS PANDUAN PENGGUNAAN COORBY BISNIS 1. Daftar Akun Jika belum punya akun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar terlebih dahulu, caranya yaitu dengan mengklik daftar disini yang ditunjukkan

Lebih terperinci

BAB IV. Hasil dan Pembahasan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk

BAB IV. Hasil dan Pembahasan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk BAB IV Hasil dan Pembahasan 4.1 Hasil Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang menampilkan produk-produk perusahaan pada CV. Indah Jati dan memberikan informasi mengenai produk yang

Lebih terperinci

Gambar 4.9 Layar Customer-Pertanyaan Sebelum Login. oleh user. User yang belum melakukan login tidak dapat mengakses halaman ini, user

Gambar 4.9 Layar Customer-Pertanyaan Sebelum Login. oleh user. User yang belum melakukan login tidak dapat mengakses halaman ini, user 167 9. Halaman Pertanyaan Sebelum Login Gambar 4.9 Layar Customer-Pertanyaan Sebelum Login Halaman pertanyaan menampilkan pertanyaan yang bersifat rahasia yang diajukan oleh user. User yang belum melakukan

Lebih terperinci

1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i

1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i 1 P a n d u a n A p l i k a s i S i H a r g a W i Daftar Isi Daftar Isi... 2 A. Login Aplikasi SiHargaWi... 3 B. Input Data Harga Barang di Pasar... 9 C. Website Sihargawi... 17 D. Penutup... 22 2 P a

Lebih terperinci

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online)

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut: 1. LOGIN MAHASISWA, Mahasiswa membuka internet dengan memasukkan alamat website www.unira.ac.id kemudian pilih krs

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Pembuatan Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan SLTP Negeri 1

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. Pembuatan Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan SLTP Negeri 1 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Program Implementasi merupakan tahapan penerapan sebuah program dalam pembangunan sistem. Implementasi dibuat berdasarkan hasil suatu analisis serta

Lebih terperinci

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 1 Daftar Isi BAB 1... 3 PENDAHULUAN... 3 1.1 ALUR KERJA SI-NPP... 3 BAB 2... 4 MENJALANKAN APLIKASI SI-NPP... 4 2.1 MASUK KE APLIKASI SI-NPP... 4 2.2 MENU DALAM APLIKASI (NPP)... 4 2.2.1 Menu Informasi...

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI. dan perangkat lunak adalah sebagai berikut.

BAB IV IMPLEMENTASI. dan perangkat lunak adalah sebagai berikut. 42 BAB IV IMPLEMENTASI 4.1 Kebutuhan Sistem Untuk dapat menjalankan aplikasi ini maka diperlukan perangkat keras dan perangkat lunak dengan kondisi dan persyaratan tertentu agar aplikasi dapat berjalan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN Update 18 Februari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN Update 25 Mei 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam

Lebih terperinci

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia Versi : 06-Juni-2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

USER MANUAL IMPORTIR. e-bpom

USER MANUAL IMPORTIR. e-bpom USER MANUAL IMPORTIR e-bpom Daftar Isi Daftar Isi... 2 Alur Permohonan SKI... 3 Memulai aplikasi... 3 Login... 4 Registrasi... 4 Menu Importir... 7 Pilih Dokumen Baru... 7 Memasukkan Dokumen Produk...

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Asesor Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Akreditasi Tutorial ini akan memberikan pemahman kepada Asesor bagaimana

Lebih terperinci

User Manual SIA-DPA. Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik YOGYAKARTA M UNIVERSITAS SANATA DHARMA

User Manual SIA-DPA. Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik YOGYAKARTA M UNIVERSITAS SANATA DHARMA 2011 User Manual SIA-DPA Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA M2011.05.18.01 USER MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK DPA Alamat web : http://sia.usd/dpa/

Lebih terperinci

Manual Book For Customer

Manual Book For Customer Manual Book For Customer Daftar isi... 1 Pendaftaran member... 2 Login member... 3 Manajemen akun member... 8 Profil... 9 Ubah kata sandi... 9 Invoice... 9 Pesan admin... 10 Konfirmasi pembayaran... 10

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA Update 19 Juni 2013 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Obat Pemerintah Dalam Aplikasi... 4 2 Memulai Aplikasi... 5 2.1 Akses

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Asesor Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Akreditasi Tutorial ini akan memberikan pemahman kepada Asesor bagaimana

Lebih terperinci

SIPP Online. User Manual SIPP Online

SIPP Online. User Manual SIPP Online PETUNJUK PENGGUNAAN : Aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) Online BPJS Ketenagakerjaan, adalah : aplikasi untuk pengelolaan laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Buku ini

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK Update 12 Februari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam Aplikasi

Lebih terperinci

RISTEKDIKTI PANDUAN PENGISISAN FORM

RISTEKDIKTI PANDUAN PENGISISAN FORM RISTEKDIKTI PANDUAN PENGISISAN FORM DAFTAR ISI DAFTAR ISI...II 1 AKSES WEBSITE... 1 1.1 LOG IN...2 1.2 LOG OUT...2 2 BERANDA... 3 3 WEB INOVASI... 6 3.1 DATA...6 3.1.1 Data Peneliti...6 3.1.1.1 Menambahkan

Lebih terperinci

TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE

TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE Buka website www.dppksurabaya.id 1) Link Register / Pendaftaran. Pilih menu Layanan Wajib Pajak, pilih submenu seperti yang ada dibawah ini : Setelah submenu di pilih

Lebih terperinci

Tampilan layar menu login

Tampilan layar menu login L1 Tampilan layar menu login Merupakan form awal dari aplikasi. Pada Form Login terdapat field untuk mengisi nama user dengan password nya. Tombol ok digunakan untuk mengkomfirmasi username dan password.

Lebih terperinci

Aplikasi permohonan paspor online adalah aplikasi yang dibuat untuk menghindari penumpukan calon pemohon paspor di unit layanan paspor / kantor

Aplikasi permohonan paspor online adalah aplikasi yang dibuat untuk menghindari penumpukan calon pemohon paspor di unit layanan paspor / kantor DAFTAR ISI... 2 1. PENGENALAN... 3 2. PANDUAN PENGGUNAAN...4-8 A. Halaman Utama... 4 B. Pendaftaran Dan Login... 4 C. Daftar Kanim Dan Permohonan Antrian... 6 D. Lupa Password... 8 2 Aplikasi permohonan

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR. Disampaikan oleh: Rasiman

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR. Disampaikan oleh: Rasiman SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR Disampaikan oleh: Rasiman PADA PELATIHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN, 2008 DAFTAR ISI 1. Tentang SIPUS...

Lebih terperinci

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA PEMBUATAN PAKET 1. Silahkan membuka aplikasi SPSE di LPSE masing- masing instansi atau LPSE tempat Panitia terdaftar. 2. Klik menu login Non- Penyedia.

Lebih terperinci

selanjutnya (menampilkan serial number yang tersedia). Back : untuk kembali ke halaman sebelumnya. Halaman yang akan muncul adalah sebagai berikut

selanjutnya (menampilkan serial number yang tersedia). Back : untuk kembali ke halaman sebelumnya. Halaman yang akan muncul adalah sebagai berikut Penanggungjawab barang Tombol tombol yang dapat digunakan pada halaman ini adalah Booking : berfungsi untuk melanjutkan peminjaman barang ke tahap selanjutnya (menampilkan serial number yang tersedia).

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH ULP/PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH ULP/PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH ULP/PEJABAT PENGADAAN Update 21 Januari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. perpustakaan. Aplikasi yang telah dihasilkan yaitu Aplikasi Peminjaman dan

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. perpustakaan. Aplikasi yang telah dihasilkan yaitu Aplikasi Peminjaman dan BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Berdasarkan data yang didapat pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang, maka dapat dihasilkan suatu program aplikasi yang dapat digunakan dalam pengolahan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 1. Buka Browser anda, kemudian ketikkan alamat silab.uny.ac.id lalu tekan Enter. SI Pinjaman Alat Laboratorium akan terbuka

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN

BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN BAB IV ANALISA PERANCANGAN DESAIN 4.1 User Interface Pada bab ini di gambarkan mengenai user interface dari sistem yang akan di buat, yang merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN PANITIA 1 D I R E K T O R A T P E N G E M B A N G A N S I S T E M K A T A L O G - L K P P

PETUNJUK PENGGUNAAN PANITIA 1 D I R E K T O R A T P E N G E M B A N G A N S I S T E M K A T A L O G - L K P P PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing PP-SHEET PANITIA 1 D I R E K T O R A T P E N G E M B A N G A N S I S T E M K A T A L O G - L K P P - RI@ 2 0 1 3 I. PENDAHULUAN Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH. PPK "Buat Paket"

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH. PPK Buat Paket PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK "Buat Paket" Update 25 Mei 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam

Lebih terperinci

PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS

PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS DAFTAR ISI Daftar perubahan manual SIPTL External... 2 Pendahuluan... 5 Tentang Aplikasi... 5 Kebutuhan Perangkat... 5 Fitur

Lebih terperinci

Cara Bertransaksi Di Mandiri internet

Cara Bertransaksi Di Mandiri internet Cara Bertransaksi Di Mandiri internet DAFTAR ISI Login - Logout...3 Website Bank Mandiri...4 Login...4 Menu...4 Logout...4 Transfer Dana...5 Transfer Antar Rekening Mandiri...6 Transfer Antar Bank Domestik...8

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENCATATAN PERKULIAHAN DAN ABSENSI (VERSI PENGELOLA DATA JURUSAN) Oleh: Andri Heryandi, M.T.

SISTEM INFORMASI PENCATATAN PERKULIAHAN DAN ABSENSI (VERSI PENGELOLA DATA JURUSAN) Oleh: Andri Heryandi, M.T. SISTEM INFORMASI PENCATATAN PERKULIAHAN DAN ABSENSI (VERSI PENGELOLA DATA JURUSAN) Oleh: Andri Heryandi, M.T. DESKRIPSI SISTEM Pencatatan Materi Perkuliahan dan Absensi diintegrasikan dengan Situs Perwalian

Lebih terperinci

Gambar 4.88 STD Guru Data Pribadi

Gambar 4.88 STD Guru Data Pribadi 230 STD Guru STD Guru Data Pribadi Gambar 4.87 STD Guru Gambar 4.88 STD Guru Data Pribadi 231 STD Guru Mata Pelajaran Gambar 4.89 STD Guru Mata Pelajaran STD Guru Materi Gambar 4.90 STD Guru Materi 232

Lebih terperinci

Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya

Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi sistem basis data. Petunjuk berikut ini disertai dengan tampilan layar. Keterangan selengkapnya dapat dilihat bersamaan dengan tampilan

Lebih terperinci

Ask Guestions). Pada halaman ini customer dapat melihat pertanyaan-pertayaan

Ask Guestions). Pada halaman ini customer dapat melihat pertanyaan-pertayaan 203 Gambar 4.22 menggambarkan tampilan layar untuk halaman FAQ (Frequently Ask Guestions). Pada halaman ini customer dapat melihat pertanyaan-pertayaan mengenai prosedur perusahaan yang sering diajukan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIMTAKA)

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIMTAKA) PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIMTAKA) PENGGUNA: Admin POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG 2014 PENDAHULUAN SIMTAKA merupakan Sistem Informasi Perpustakaan yang berguna untuk mengelola data-data

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan

BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

Sandi dan menekan tombol OK maka akan dilakukan validasi apabila ID. Pengguna dan Kata Sandi tidak sesuai dengan database, maka akan muncul

Sandi dan menekan tombol OK maka akan dilakukan validasi apabila ID. Pengguna dan Kata Sandi tidak sesuai dengan database, maka akan muncul L L1 L2 Pada layar ini pengguna akan mengisi ID pengguna dan Kata Sandi yang berfungsi untuk membatasi hak akses ke dalam basis data sesuai dengan hak akses yang dimiliki. Setelah Karyawan mengisi ID Pengguna

Lebih terperinci

Prosedur menjalankan program

Prosedur menjalankan program Prosedur menjalankan program Saat pertama kali user membuka sistem, user harus melakukan login terlebih dahulu. Dengan memasukan username dan password, pada saat username dan password sudah benar maka

Lebih terperinci

ONLINE PAYMENT SYSTEM 2016

ONLINE PAYMENT SYSTEM 2016 User Guide ONPAYS ONLINE PAYMENT SYSTEM 2016 1 ONPAYS DAFTAR ISI APLIKASI MANAGEMENT MITRA... 3 MENU MANAGEMENT MITRA... 4 TAMBAH LOKET BARU... 4 1. Pendaftaran Loket PC... 4 2. Pendaftaran Loket SMS...

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. tampilan layar sistem ERP CV.Gracia Jaya beserta prosedur penggunaannya

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. tampilan layar sistem ERP CV.Gracia Jaya beserta prosedur penggunaannya BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Prosedur Umum Pengunaan Sistem Sistem ERP yang di rancang pada CV.Gracia Jaya terdiri dari beberapa modul besar seperti Master, Inventory, Keuangan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan implementasi dan Kebutuhan Sumberdaya Aplikasi

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan implementasi dan Kebutuhan Sumberdaya Aplikasi 352 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Program Magang Setelah melakukan analisis dan perancangan solusi terhadap permasalahan yang telah di identifikasi pada bab 3, saatnya untuk melakukan

Lebih terperinci

Cara Bertransaksi Di Internet Banking Mandiri

Cara Bertransaksi Di Internet Banking Mandiri Cara Bertransaksi Di Internet Banking Mandiri DAFTAR ISI Login - Logout...3 Website Bank Mandiri...4 Login...4 Menu...4 Logout...4 Transfer Dana...5 Transfer Antar Rekening Mandiri...6 Transfer Antar Bank

Lebih terperinci

Gambar 4.57 Layar Ubah Pemasok. Data pemasok dapat diubah di sini. Data-data akan disimpan ke

Gambar 4.57 Layar Ubah Pemasok. Data pemasok dapat diubah di sini. Data-data akan disimpan ke 184 Gambar 4.57 Layar Ubah Pemasok Data pemasok dapat diubah di sini. Data-data akan disimpan ke tabel pemasok jika kolom nama, alamat dan telepon pemasok telah diisi. 185 Gambar 4.58 Layar Transaksi Pembelian

Lebih terperinci

BAB IV PROTOTYPE. 4.1 Perancangan Antarmuka

BAB IV PROTOTYPE. 4.1 Perancangan Antarmuka BAB IV PROTOTYPE 4.1 Perancangan Antarmuka Perancangan antarmuka pada aplikasi perpustakaan yang penulis buat meliputi Halaman Utama (Home), Halaman Anggota (User), Halaman Admin, Halaman Login, Halaman

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Dari hasil penelitian, analisis, perancangan dan pengembangan sistem yang diusulkan, maka hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah perangkat lunak Sistem

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN BAGI MAHASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN BAGI MAHASISWA PANDUAN PENGGUNAAN BAGI MAHASISWA SIPENSAMA TE-UM SIPENSAMA TE-UM (Sistem Informasi Pendaftaran Sajian Mata Kuliah Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang) Daftar Isi Bagian I. Pendahuluan...

Lebih terperinci

Gambar 4.41 Form Nota Retur. retur ke pemasok. User harus mengklik Retur Barang ke Pemasok pada Form Menu

Gambar 4.41 Form Nota Retur. retur ke pemasok. User harus mengklik Retur Barang ke Pemasok pada Form Menu 131 4.7.16 Form Nota Retur Gambar 4.41 Form Nota Retur Form Nota Retur ini digunakan oleh bagian gudang untuk merekam transaksi retur ke pemasok. User harus mengklik Retur Barang ke Pemasok pada Form Menu

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI CAFÉ VERSI 1.0

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI CAFÉ VERSI 1.0 PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI CAFÉ VERSI 1.0 JAKARTA, MEI 2011 i DAFTAR ISI MEMULAI APLIKASI... 1 LOGIN... 1 MENU APLIKASI... 2 MENGISI MASTER DATA... 4 OUTLET... 4 GROUP ITEM... 5 DETAIL ITEM... 7 PAYMENT

Lebih terperinci

BORANG PANDUAN PENDAFTARAN DAN PEMINJAMAN RUANG UP. KINARYA KUNINGAN

BORANG PANDUAN PENDAFTARAN DAN PEMINJAMAN RUANG UP. KINARYA KUNINGAN BORANG PANDUAN PENDAFTARAN DAN PEMINJAMAN RUANG UP. KINARYA KUNINGAN A. Cara Memperoleh Password dan Username 1. Calon peminjam datang ke Kantor UP. Kinarya Kuningan untuk mendaftarkan ID dengan membawa:

Lebih terperinci

Institut Agama Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (IAIN) MAHASISWA

Institut Agama Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (IAIN) MAHASISWA Institut Agama Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (IAIN) MAHASISWA 2013 Contents 1 BAGAIMANA CARA LOGIN SEBAGAI PENGGUNA?... 2 2 BAGAIMANA CARA MERUBAH PASSWORD LAMA DENGAN

Lebih terperinci

USER MANUAL HUMAN RESOURCE MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (DOSEN LUAR BIASA)

USER MANUAL HUMAN RESOURCE MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (DOSEN LUAR BIASA) USER MANUAL HUMAN RESOURCE MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (DOSEN LUAR BIASA) LOGIN Langkah-langkah untuk melakukan autentifikasi atau pengecekan hak akses user pada Sistem Kepegawaian adalah sebagai berikut

Lebih terperinci

Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa.

Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa. 142 Gambar 4.15 Tampilan Halaman Absensi Kelas Tampilan Halaman Absensi Kelas akan menampilkan data-data siswa pada kelas yang dipilih. Link Nama digunakan untuk menuju halaman Data Absensi Siswa. Link

Lebih terperinci

PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA

PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA Daftar Isi MEMULAI APLIKASI...2 LOGIN...2 MENU...4 NEW...5 BROWSE...15 N E W...16 E D I T...16 D E L E T E...17 APPROVE...17 S E N D...18 DOWNLOAD...19 UPLOAD...20 REFERENCE...21

Lebih terperinci

USER MANUAL PERISET RISPRO

USER MANUAL PERISET RISPRO lembaga pengelola dana pendidikan USER MANUAL PERISET RISPRO w w w. r i s p r o l p d p. o r g Manual Pendaftaran RISPRO Proses Pendaftaran RISPRO Berikut ini adalah halaman pendaftaran ketika memilih

Lebih terperinci

Gambar 4.23 Halaman View Materi Umum ( Admin ) untuk menampilkan materi-materi yang telah diupload oleh admin. Materi dapat

Gambar 4.23 Halaman View Materi Umum ( Admin ) untuk menampilkan materi-materi yang telah diupload oleh admin. Materi dapat 220 Gambar 4.23 Halaman View Materi Umum ( Admin ) Gambar di atas adalah halaman view materi umum untuk admin. Halaman ini berfungsi untuk menampilkan materi-materi yang telah diupload oleh admin. Materi

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online

Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online Untuk bisa masuk mendaftar menjadi mahasiswa baru STPP Bogor saat ini dilakukan secara online dengan mengakses http://pmb.stpp-bogor.ac.id

Lebih terperinci

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 1. LOGIN... 2 1.1 REGISTER... 2 1.2 MERUBAH DATA PROFILE USER... 3 1.3 LOGIN... 5 2. PERMOHONAN... 7 2.1 PENGAJUAN

Lebih terperinci

Prosedur Menjalankan Aplikasi

Prosedur Menjalankan Aplikasi Prosedur Menjalankan Aplikasi 1. Halaman Home Gambar 4.1 Halaman Home Pada halaman ini berlaku untuk user, client dan admin.. Pada halaman ini terdapat tampilan menu di bagian atas web yaitu Home, Tentang

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1. Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini aan dijelaskan

Lebih terperinci

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat

Bab 4. Implementasi dan Evaluasi. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat 152 Bab 4 Implementasi dan Evaluasi 4 Implementasi dan evaluasi 4.1 Implementasi Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, aplikasi yang dibuat diharapkan dapat menjadi solusi pada perancangan

Lebih terperinci

MANUAL INPUT SPP. APLIKASI SPP Online

MANUAL INPUT SPP. APLIKASI SPP Online MANUAL INPUT SPP APLIKASI SPP Online DIREKTORAT KEUANGAN ITB 2016 Daftar Isi 1 Mengakses Aplikasi... 1 2 Masuk Aplikasi... 1 3 Input SPP... 2 3.1 Pengisian Kode File, No. PO, dan No. Release... 10 3.2

Lebih terperinci

Daftar isi. 1. Layar Login Menu Laporan Rencana Edukasi... 3

Daftar isi. 1. Layar Login Menu Laporan Rencana Edukasi... 3 Daftar isi 1. Layar Login... 3 2. Menu Laporan Rencana Edukasi... 3 a. Membuat Laporan Rencana Edukasi... 4 b. Mengubah Data Laporan... 11 c. Menghapus Rincian Data Laporan... 12 d. Menambah Rincian Data

Lebih terperinci

User Guide. System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA

User Guide. System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA User Guide System Sertifikasi LSP TIK Indonesia LSP TIK INDONESIA DAFTAR ISI 1. Registrasi Akun... 2 2. Forgot Password... 8 3. Daftar Asesmen... 13 4. Asesmen Mandiri... 17 5. Pemeliharaan Sertifikat...

Lebih terperinci

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan...

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan... 2 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 TUTORIAL APLIKASI ABSENKU... 4 A. ADMIN... 4 Membuka Halaman Depan... 4 1. Menu User... 6 Ganti Password... 6 2. Pengolahan Data Murid... 6 Tambah Data... 8 Import Data Murid...

Lebih terperinci

PROSEDUR PROGRAM. Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi basis data penjualan, pembelian

PROSEDUR PROGRAM. Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi basis data penjualan, pembelian PROSEDUR PROGRAM Berikut ini adalah petunjuk pemakaian aplikasi basis data penjualan, pembelian dan persediaan berbasis web pada PT.Datacomindo Mitrausaha. 1. Halaman Home Pada halaman utama Home, user

Lebih terperinci

Sistem Kendali Akta PPAT Panduan Pengguna

Sistem Kendali Akta PPAT Panduan Pengguna Sistem Kendali Akta PPAT Panduan Pengguna Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi Daftar Isi 2 Memulai Aplikasi 2 Login Aplikasi 2 Halaman Beranda

Lebih terperinci

Gambar 1. Tampilan awal/ login user id

Gambar 1. Tampilan awal/ login user id PENDAHULUAN Aplikasi Pendataan Ujian Nasional tahun 2012/2013 jenjang SMA/MA dan SMK, ini adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Ujan Nasional tahun 2012/2013. Aplikasi

Lebih terperinci

LAYANAN PERMOHONAN PRODUSEN IMPOR BARANG JADI USER MANUAL

LAYANAN PERMOHONAN PRODUSEN IMPOR BARANG JADI USER MANUAL LAYANAN PERMOHONAN PRODUSEN IMPOR BARANG JADI USER MANUAL Daftar Isi PENDAHULUAN...3 PEDOMAN PENGGUNAAN...4 Layanan Permohonan Produsen Impor Barang Jadi Inatrade Halaman 2 dari 12 Bab 1 Pendahuluan P

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... iii QUICK START SIMPEG...1 LOGIN...3 MENU-MENU SIMPEG...5 MENU UTAMA...7 4.1. Meja Kerja...7

Lebih terperinci

PROSEDUR MENJALANKAN ALAT APLIKASI PEMBELIAN, UTANG DAGANG DAN PERSEDIAAN PT. TRIPOLA INTERINDO

PROSEDUR MENJALANKAN ALAT APLIKASI PEMBELIAN, UTANG DAGANG DAN PERSEDIAAN PT. TRIPOLA INTERINDO PROSEDUR MENJALANKAN ALAT APLIKASI PEMBELIAN, UTANG DAGANG DAN PERSEDIAAN PT. TRIPOLA INTERINDO Gambar 1 Form Utama Form ini merupakan tampilan awal pada saat user membuka aplikasi. Di dalam form utama

Lebih terperinci

Gambar 4.35 Halaman Contact Us

Gambar 4.35 Halaman Contact Us 256 Gambar 4.35 Halaman Contact Us Pada gambar 4.35 dapat dilihat menu Contact Us, dimana pelanggan dapat memberikan saran, kritik, ataupun komentar melalui menu Contact Us tersebut. Pada halaman ini juga

Lebih terperinci

BAB 4 RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

BAB 4 RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN BAB 4 RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN 4.1 Overview Sistem baru yang diusulkan untuk PT. Karya Mandiri Persada adalah bertujuan untuk meminimalisir masalah-masalah yang ada pada sistem yang sedang digunakan

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

CARA MENJALANKAN PROGRAM

CARA MENJALANKAN PROGRAM CARA MENJALANKAN PROGRAM 1. Tiket Pesawat Buka browser ketik localhost/thykatravel/ maka akan tampil program halaman utama da nada beberapa halaman diantaranya halaman tiket pesawat, tiket kereta api dan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN AKREDITASI (SIMAK) UNTUK OPERATOR PROGRAM STUDI

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN AKREDITASI (SIMAK) UNTUK OPERATOR PROGRAM STUDI PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN AKREDITASI (SIMAK) UNTUK OPERATOR PROGRAM STUDI 1 1. Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Akreditasi (SIMAK) Aplikasi SIMAK memungkinkan Program Studi dapat

Lebih terperinci

User Manual WEBFORM USER GA. Version 2.0. Agustus 2017

User Manual WEBFORM USER GA. Version 2.0. Agustus 2017 User Manual Version 2.0 Agustus 2017 WEBFORM USER GA D a f t a r I s i MEMULAI APLIKASI... 2 LOGIN... 3 MENU... 4 NEW... 5 BROWSE... 20 N E W... 22 E D I T... 23 D E L E T E... 27 D O W N L O A D... 28

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun agar dapat mengatasi permasalahan yang telah diangkat pada penelitian ini. Tahaptahap

Lebih terperinci

Daftar Isi. Daftar Gambar

Daftar Isi. Daftar Gambar Daftar Isi Daftar Isi...1 Daftar Gambar...2 Pendahuluan...3 1.1 Tujuan Pembuatan Dokumen...3 1.2 Definisi Dan Singkatan...3 1.3 Alamat Akses...3 Sumber Daya Yang Dibutuhkan...4 2.1 Perangkat Keras...4

Lebih terperinci

Gambar 4.40 Layar Pelanggan

Gambar 4.40 Layar Pelanggan 162 penghapusan dapat ditekan tombol tidak, maka akan kembali ke layar pegawai. 1. Layar Pelanggan Kemudian jika user meng-klik menu pelanggan maka akan ditampilkan layar pelanggan dan muncul submenu input

Lebih terperinci

Prosedur Penggunaan Sistem

Prosedur Penggunaan Sistem Prosedur Penggunaan Sistem Gambar 4.1Layar Login Pada halaman Login ini pegawai diminta menginput ID Login pada kolom ID Login, dan Password pada kolom password. Dataakan diterimaolehsistem jikadatasesuaidenganbasisdatapegawaiyangtelah

Lebih terperinci