Praktek 1. Pendahuluan. 1. Tujuan : 2. Alat-alat 1 Unit PC atau notebook Koneksi internet

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Praktek 1. Pendahuluan. 1. Tujuan : 2. Alat-alat 1 Unit PC atau notebook Koneksi internet"

Transkripsi

1 Praktek 1 Pendahuluan 1. Tujuan : Mengidentifikasi secara umum perkembangan teknologi perangkat keras pada komputer atau notebook 2. Alat-alat Koneksi internet 3. Petunjuk Praktek Siapkan satu unit PC yang terkoneksi internet dengan baik untuk mencari informasi tentang perkembangan perangkat keras penyusun PC ataupun notebook.. Carilah informasi mengenai informasi teknik merakit PC atau notebook yang baik beserta alamat sumbernya. Kemudian lakukan deskripsi singkat menurut anda mengenai teknik merakit dari berbagai sumber dan pendapat anda. Carilah informasi mengenai informasi teknik pengujian PC atau notebook yang baik beserta alamat sumbernya. Kemudian lakukan deskripsi singkat menurut anda mengenai teknik pengujian dari berbagai sumber dan pendapat anda. Carilah informasi mengenai informasi teknik troubleshooting PC atau notebook yang baik beserta alamat sumbernya. Kemudian lakukan deskripsi singkat menurut anda mengenai teknik merakit dari berbagai sumber dan pendapat anda.

2 a. Deskripsikan secara singkat Teknik Merakit PC atau notebook. b. Deskripsikan secara singkat Teknik Pengujian PC atau notebook. c. Deskripsikan secara singkat Teknik Troubleshooting PC atau notebook.

3 Praktek 2 Identifikasi Komponen Perangkat Keras PC 1. Tujuan : Mengidentifikasi secara umum perangkat keras pada komputer atau notebook 2. Alat-alat 1 Unit PC Toolkit Alat kamera 3. Petunjuk Praktek Siapkan satu unit PC yang berfungsi dengan baik, kemudian coba di buka casingnya menggunakan toolkit dengan kondisi tanpa menyalakan komputer. Ambil gambar bagian dalam PC kemudian melakukan identifikasi perangkat keras yang ada di PC tersebut. Masing-masing bagian dilakukan pencatatan spesifikasinya sesuai dengan lembar kerja pada tabel 1:spesifikasi umum perangkat keras PC Tabel 1. Spesifikasi umum perangkat keras PC No Kategori Spesifikasi Keterangan 1 Motherboard 2 DDR RAM 3 Video card 4 Harddsik 5 Optical disk 6 Casing+power supply 7 Prosesor 8 Sistem Operasi 9 Display Monitor

4 10 Keyboard dan mouse a. Deskripsikan secara singkat Perangkat Keras pada PC anda beserta gambar yang anda ambil..

5 Praktek 3 Komponen MB, RAM dan CPU 1. Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus komponen perangkat keras seperti motherboard,ram, dan CPU. Mengidentifikasi kegagalan sistem yang dimungkinkan oleh salah satu atau lebih dari ketiga komponen diatas yang diindikasikan dengan bunyi atau pesan yang muncul. 2. Alat-alat 3. Petunjuk Praktek a. Mendiskripsikan secara singkat perangkat Motherboard yang anda gunakan bekerja. b. Mendiskripsikan secara singkat RAM yang digunakan oleh PC anda.

6 c. Mendiskripsikan secara singkat CPU dan jenis Fan yang digunakan PC anda. d. Mendiskripsikan kesalahan yang ditimbulkan jika salah satu komponen atau lebih tidak berfungsi dengan baik dengan cara melepaskan dari posisinya.

7 Praktek 4 Komponen Media Penyimpanan Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus komponen perangkat keras media penyimpanan harddisk, optical disk, Flash disk, dan Floppy Disk Mengidentifikasi kegagalan system yang dimungkinkan oleh salah satu atau lebih dari ketiga komponen diatas yang diindikasikan dengan bunyi atau pesan yang muncul. Alat-alat Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat perangkat Harddisk yang anda gunakan bekerja. 2. Mendiskripsikan secara singkat Optical Disk yang digunakan oleh PC anda.

8 . 3. Mendiskripsikan secara singkat Flash Disk yang digunakan PC anda. 4. Mendiskripsikan secara singkat Floppy Disk yang digunakan PC anda. 5. Mendiskripsikan kesalahan yang ditimbulkan jika salah satu komponen atau lebih tidak berfungsi dengan baik dengan cara melepaskan dari posisinya..

9 Praktek 5 Komponen Port Input dan Output Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus komponen perangkat keras port I/O seperti USB, COM, LPT, S-out. Mengidentifikasi kegagalan system yang dimungkinkan oleh salah satu atau lebih dari ketiga komponen diatas yang diindikasikan dengan bunyi atau pesan yang muncul. Alat-alat Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat perangkat port USB yang anda gunakan bekerja. 2. Mendiskripsikan secara singkat perangkat bluetooth yang digunakan oleh PC anda.

10 3. Mendiskripsikan secara singkat LPT yang digunakan PC anda. 4. Mendiskripsikan secara singkat S-out yang digunakan PC anda.. 5. Mendiskripsikan kesalahan yang ditimbulkan jika salah satu komponen atau lebih tidak berfungsi dengan baik dengan cara melepaskan dari posisinya..

11 Praktek 6 Komponen Display Card Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus komponen perangkat keras display card seperti EGA, CGA, VGA, XVGA. Mengidentifikasi kegagalan system yang dimungkinkan oleh salah satu komponen diatas yang diindikasikan dengan bunyi atau pesan yang muncul. Alat-alat Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat perangkat display card yang anda gunakan bekerja.

12 2. Mendiskripsikan kesalahan yang ditimbulkan jika salah satu komponen atau lebih tidak berfungsi dengan baik dengan cara melepaskan dari posisinya.. Praktek 7 Komponen Display Monitor Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus komponen perangkat keras display monitor seperti CRT, LCD, LED. Mengidentifikasi kegagalan system yang dimungkinkan oleh salah satu komponen diatas yang diindikasikan dengan bunyi atau pesan yang muncul. Alat-alat Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat perangkat display monitor yang anda gunakan bekerja.

13 2. Mendiskripsikan kesalahan yang ditimbulkan jika salah satu komponen atau lebih tidak berfungsi dengan baik dengan cara melepaskan dari posisinya. Praktek 8 Komponen Power Supply dan Casing Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus komponen perangkat keras jenis-jenis power supply seperti AT,ATX. Mengidentifikasi kegagalan system yang dimungkinkan oleh salah satu komponen diatas yang diindikasikan dengan bunyi atau pesan yang muncul. Alat-alat Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat perangkat power supply dan casing yang anda gunakan bekerja.

14 2. Mendiskripsikan kesalahan yang ditimbulkan jika salah satu komponen atau lebih tidak berfungsi dengan baik dengan cara melepaskan dari posisinya.. Praktek 9 Teknik Merakit PC dan notebook Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus tahap-tahap perakitan yang benar. Mengidentifikasi kegagalan system yang dimungkinkan oleh salah satu komponen diatas yang diindikasikan dengan bunyi atau pesan yang muncul. Alat-alat Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat tahap-tahap perakitan yang anda gunakan bekerja

15 2. Mendiskripsikan kesalahan yang ditimbulkan jika salah satu komponen atau lebih tidak berfungsi dengan baik dengan cara melepaskan dari posisinya.. Praktek 10 Teknik Pengujian PC dan Notebook Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus jenis-jenis pengujian dengan memanfaatkan software diagnostics. Mampu memberikan penilaian QC terhadap PC dan notebook. Alat-alat Software diagnostics sysoftcandra, 3DMax, CDspeed Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat perangkat pengujian software diagnostics yang anda gunakan bekerja.

16 2. Mendiskripsikan penilaian QC yang baik terhadap produk PC dan notebook... Praktek 11 Teknik Pengujian Embedded Control System Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus jenis pengujian menggunakan simulasi HIL, fausel.dengan memanfaatkan software diagnostics. Mampu melakukan simulasi FUJABA untuk pengujian embedded control system. Alat-alat Software simulasi HIL, Fausel, FUJABA Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat perangkat pengujian software simulasi yang anda gunakan bekerja.

17 2. Mendiskripsikan penilaian QC yang baik terhadap produk PC dan notebook... Praktek 12 Teknik Troubleshooting Tujuan : Mengidentifikasi secara khusus teknik troubleshooting untuk PC dan notebook. Mampu melakukan teknik troubleshooting menggunakan tahapan-tahapan yang benar. Alat-alat Petunjuk Praktek 1. Mendiskripsikan secara singkat teknik troubleshooting yang anda gunakan untuk mengatasi kendala pada sistem PC atau notebook anda.

18 2. Mendiskripsikan tahapan-tahapan yang baik dan benar menurut anda untuk melakukan teknik troubleshooting.

Peserta diklat mampu memeriksa komponen dan peripheral yang telah terpasang

Peserta diklat mampu memeriksa komponen dan peripheral yang telah terpasang 5. Kegiatan Belajar 5: Pemeriksaan Hasil Perakitan PC dan Peripheral a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran Peserta diklat mampu memeriksa komponen dan peripheral yang telah terpasang b. Uraian Materi 5 Setelah

Lebih terperinci

7/27/2011. Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer

7/27/2011. Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer ARSITEKTUR KOMPUTER Secara blok blok,, arsitektur komputer digambarkan sebagai berikut : PENGENALAN KOMPUTER By Agus Rahmadi Rahmadi,, S.Pd.T Input Proses Output SISTEM KOMPUTER PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Lebih terperinci

Modul 2 Merakit Komputer

Modul 2 Merakit Komputer I. Tujuan Praktikan dapat merakit komputer. Modul 2 Merakit Komputer II. Landasan Teori Merakit komputer sangat mudah kalau kita terbiasa dengan obeng, baut, serta mengetahui sedikit teknik kelistrikan.

Lebih terperinci

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS X SEMESTER 1. Oleh : AHMAD ROFII, A.Md. Kom.

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS X SEMESTER 1. Oleh : AHMAD ROFII, A.Md. Kom. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS X SEMESTER 1 Oleh : AHMAD ROFII, A.Md. Kom. PROFIL Nama : Ahmad Rofii, A.Md. Kom. TTL : Banyuwangi, 14 Agustus 1988 Pendidikan : D3 Manajemen Informatika

Lebih terperinci

BAB III KOMPUTER DAN BAGIAN-BAGIANNYA

BAB III KOMPUTER DAN BAGIAN-BAGIANNYA BAB III KOMPUTER DAN BAGIAN-BAGIANNYA www.webopedia.com Gambar 3.1 Komputer dan Perlengkapannya A. KOMPUTER UMUM /ALL GENERAL PURPOSE COMPUTERS Komputer umum adalah komputer yang dapat melakukan banyak

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER

LAPORAN PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER LAPORAN PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER Makalah Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Organisasi Sistem Komputer Tahun Akademik 2007/2008 Oleh : HAMDAN RAMDHANI (10060206006) NUNIEK

Lebih terperinci

SIMULASI PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS JAVAFX (Studi Kasus : SMA Negeri 3 Boyolali)

SIMULASI PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS JAVAFX (Studi Kasus : SMA Negeri 3 Boyolali) TUGAS AKHIR SIMULASI PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS JAVAFX (Studi Kasus : SMA Negeri 3 Boyolali) Diajukan Guna Memenuhi Syarat dalam Menyelesaikan dan Memperoleh Gelar Sarjana Strata 1 (S1) Fakultas Teknik

Lebih terperinci

SOAL LATIHAN PERAKITAN KOMPUTER

SOAL LATIHAN PERAKITAN KOMPUTER SOAL LATIHAN PERAKITAN KOMPUTER 1. Papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik komputer yang terangkai disebut... a. Keyboard b. Casing c. Motherboard d. Socket Prosesor e. Peripheral 2.

Lebih terperinci

Belajar Komputer dari Nol

Belajar Komputer dari Nol Belajar Komputer dari Nol Bagian 1. BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER DAN PENGOPERASIAN DASAR KOMPUTER Pada bagian ini akan dibahas tentang bagian-bagian komputer yang perlu diketahui oleh pengguna computer. Juga

Lebih terperinci

Nama Kelompok: Purnomo ( ) Ika Yuniarti ( ) Andi Annas H ( )

Nama Kelompok: Purnomo ( ) Ika Yuniarti ( ) Andi Annas H ( ) Nama Kelompok: Purnomo (10111001) Ika Yuniarti (10111025) Andi Annas H (10111066) Komputer adalah yang dirancang untuk pengguna tunggal. PC awalnya diperkenalkan oleh IBM pada 1981. Pada generasi-generasi

Lebih terperinci

SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) : PTD (Pendidikan Teknologi Dasar Kelas/ Semester : IX/ Genap Tahun Pelajaran : 2013/ 2014

SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) : PTD (Pendidikan Teknologi Dasar Kelas/ Semester : IX/ Genap Tahun Pelajaran : 2013/ 2014 SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) Bidang Study : PTD (Pendidikan Teknologi Dasar Kelas/ Semester : IX/ Genap Tahun Pelajaran : 2013/ 2014 1. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah. a. Mengolah data b.

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Sarana Simulasi Uji coba dilakukan untuk membuktikan apakah sistem jaringan yang sudah dirancang dapat berjalan dengan baik. Namun, dikarenakan pihak kantor PT Synergy Adhi

Lebih terperinci

1. Siapkan buku dan baca sebaiknya buku panduan (buku panduan motherboard, VGA, Prosesor, dll) sebelum anda memulai perakitan komputer

1. Siapkan buku dan baca sebaiknya buku panduan (buku panduan motherboard, VGA, Prosesor, dll) sebelum anda memulai perakitan komputer Belajar merakit komputer Berikut ini merupakan gambaran belajar merakit komputer yang saya capture dari video tutorial merakit komputer desktop yang diterbitkan oleh ilmu komputer. Dimana isi dari tutorial

Lebih terperinci

PROSESOR Register Memori A L U. Cache Memori Memori Utama Memori Sekunder C U

PROSESOR Register Memori A L U. Cache Memori Memori Utama Memori Sekunder C U PROSESOR Register Memori A L U C U Cache Memori Memori Utama Memori Sekunder Merupakan jenis memori dimana kecepatan, Memori ini terdapat pada CPU/Processor. : Register Data, Register Alamat, Stack Pointer

Lebih terperinci

1. Sebutkan macam-macam Perangkat Komputer

1. Sebutkan macam-macam Perangkat Komputer 1. Sebutkan macam-macam Perangkat Komputer a. Central Processing Unit (CPU) b. Memori c. Media Penyimpanan Harddisk Disket Flash Drive CD-R DVD d. Motherboard e. VGA Card f. Keyboard g. Mouse h. Monitor

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG 2007/2008

LAPORAN PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG 2007/2008 LAPORAN PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG 2007/2008 KELOMPOK 4 : AI TETI YUNINGSIH (10060207009) SHOFIYATI

Lebih terperinci

3. Layar monitor bergaris-garis penuh biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bagian :

3. Layar monitor bergaris-garis penuh biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bagian : 1. Kabel data harddisk tipe SATA memiliki lebar.. 1 cm 2. Salah satu prosessor produksi AMD adalah : athlon 3. Layar monitor bergaris-garis penuh biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bagian : horizontal

Lebih terperinci

PROSES BOOTING. proses pemeriksaan perangkar keras (hardware) komputer sebelum digunakan BOOTING

PROSES BOOTING. proses pemeriksaan perangkar keras (hardware) komputer sebelum digunakan BOOTING PROSES BOOTING Definisi booting proses pemeriksaan perangkar keras (hardware) komputer sebelum digunakan istilah untuk menghidupkan komputer proses pemasukan arus listrik ke dalam peralatan komputer sehingga

Lebih terperinci

SISTEM KOMPUTER. Oleh : Bambang Sriwijaya

SISTEM KOMPUTER. Oleh : Bambang Sriwijaya SISTEM KOMPUTER Oleh : Bambang Sriwijaya KONFIGURASI BRAINWARE 2 Brainware dikelompokkan menjadi 3, yaitu: Operator seseorang yang mengoperasikan mesin komputer atau dapat pula dikatakan dengan seseorang

Lebih terperinci

20 Macam Perangkat Keras Komputer Dan Pengertiannya

20 Macam Perangkat Keras Komputer Dan Pengertiannya 20 Macam Perangkat Keras Komputer Dan Pengertiannya Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai pengertian dan macam-macam perangkat keras komputer atau hardware. Komputer sendiri telah banyak

Lebih terperinci

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya Tulus Sukaryadi tulussukaryadi@gmail.com Abstrak Perangkat Keras Komputer Tentu sudah tidak asing lagi dengan kata Komputer namun pernah kah kita tau apa jenis perangkat

Lebih terperinci

Pengenalan perangkat keras komputer. Aplikasi teknologi informasi

Pengenalan perangkat keras komputer. Aplikasi teknologi informasi Pengenalan perangkat keras komputer Aplikasi teknologi informasi 1 2013 Pendahuluan Komputer telah digunakan untuk aplikasi bisnis sejak sekitar pertengahan tahun 1950-an, sejak saat itu perangkat keras

Lebih terperinci

Identifikasi Hardware PC

Identifikasi Hardware PC Identifikasi Hardware PC No Nama Device/Gambar Fungsi 1. Mainboard atau motherboard Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya prosesor,memori,sound card, vga card, dsb. Media transfer

Lebih terperinci

PERTEMUAN KE 3 PERANGKAT KERAS KOMPUTER

PERTEMUAN KE 3 PERANGKAT KERAS KOMPUTER PERTEMUAN KE 3 PERANGKAT KERAS KOMPUTER A. PENGANTAR Perangkat keras komputer atau lebih dikenal dengan Hardware merupakan perangkat komputer yang dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MERAKIT PC

LANGKAH-LANGKAH MERAKIT PC LANGKAH-LANGKAH MERAKIT PC Agus Kurniawan aguskpati22@gmail.com Abstrak. Kata Kunci:hardware Pendahuluan Pada kesempatan kali ini bertujuan agar dapat menyebutkan komponen penyusun system perakitan komputer,

Lebih terperinci

Mengidentifikasi Masalah Melalui Gejala Yang Muncul

Mengidentifikasi Masalah Melalui Gejala Yang Muncul MENDIAGNOSIS PERMASALAHAN PENGOPERASIAN PC & PERIFERAL Mengidentifikasi Masalah Melalui Gejala Yang Muncul DEPAN PETA KEDUDUKAN KOMPETENSI Dasar Kejuruan Level I ( Kelas X ) Level II ( Kelas XI ) Level

Lebih terperinci

INPUT PROCESS (CPU) STORAGE OUTPUT

INPUT PROCESS (CPU) STORAGE OUTPUT Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorgani- sasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasil

Lebih terperinci

BAB II PERAKITAN PC Dasar Teori. 1. Motherboard. Gambar 2.1 Motherboard

BAB II PERAKITAN PC Dasar Teori. 1. Motherboard. Gambar 2.1 Motherboard BAB II PERAKITAN PC 2.1 Pendahuluan Sistem Komputer terdiri atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua perangkat ini merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dalam sistem komputer.

Lebih terperinci

Litelatur Masalah Hardware Komputer

Litelatur Masalah Hardware Komputer Litelatur Masalah Hardware Komputer 1. Komputer mengalami hanging Penyebab : processor yang terlalu panas, kurangnya kapasitas memori, pc terinfeksi virus Solusi : pemasang kipas tambahan pada CPU untuk

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. Sejak tahun 1970-an sampai dengan tahun 1980-an, pengembangan

BAB 1 PENDAHULUAN. Sejak tahun 1970-an sampai dengan tahun 1980-an, pengembangan BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang masalah Sejak tahun 1970-an sampai dengan tahun 1980-an, pengembangan kecerdasan buatan khususnya dibidang sistem pakar menjadi sesuatu yang masih sangat sulit untuk

Lebih terperinci

SOAL SISTEM KOMPUTER Pilihan Ganda XI TKJ

SOAL SISTEM KOMPUTER Pilihan Ganda XI TKJ SOAL SISTEM KOMPUTER Pilihan Ganda XI TKJ 1. I/O adalah kependekan dari a. In/out b. Is/output c. Input/output d. Input/other e. Semua jawaban benar 2. Memberikan bantuan kepada user untuk memungkinkan

Lebih terperinci

INFORMATION TECHNOLOGY INTRODUCTION

INFORMATION TECHNOLOGY INTRODUCTION Week 6 INFORMATION TECHNOLOGY INTRODUCTION By : Ruktin Handayani, M.Kom Pengertian Hardware (Perangkat keras) Merupakan salah satu element dari sistem komputer Sebuah alat yang bisa dilihat dan diraba

Lebih terperinci

Gambar: Buku panduan dari Motherboard dan VGA

Gambar: Buku panduan dari Motherboard dan VGA [ halaman 1 dari 18 halaman ] MERAKIT PC Berikut ini merupakan gambaran merakit komputer desktop. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merakit komputer dan alat yang dibutuhkan adalah obeng

Lebih terperinci

Pengantar Teknologi Informasi

Pengantar Teknologi Informasi Pengantar Teknologi Informasi Materi 3 Perangkat Komputer Memahami Bagian & Komponen Komputer Semester Genap TA.2011/2012 Fakultas Hukum Fungsi komputer Data versus informasi Bits dan bytes Perangkat Input

Lebih terperinci

1. Port power supply kabel power listrik, Port ini digunakan untuk menghubungkan power supply dengan CPU

1. Port power supply kabel power listrik, Port ini digunakan untuk menghubungkan power supply dengan CPU Macam-macam port dalam komputer Satu unit komputer terdiri dari CPU, Monitor, Keyboard dan Mouse. Pada CPU yang merupakan sistem unit atau console memiliki beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai

Lebih terperinci

PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER

PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER PRAKTIKUM ORGANISASI SISTEM KOMPUTER LAPORAN Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Orientasi Sistem Komputer Tahun Akademik 2007/2008 Di susun oleh : Wita Rosita 10060206003 Ida Solihat 10060206004

Lebih terperinci

Disusun oleh : Deni Sujatmiko dan Rizal Aditiya SMK PGRI Pandaan

Disusun oleh : Deni Sujatmiko dan Rizal Aditiya SMK PGRI Pandaan Disusun oleh : Deni Sujatmiko dan Rizal Aditiya SMK PGRI Pandaan BAB I Pengenalan Hardware Komputer Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu 1. CPU ( Central Processing

Lebih terperinci

Amalia Sundari ( ) Daeng M. Feisal ( ) Hanna Amalia N ( ) Ika Fitri Fortuna ( ) Ridwan Fadjar ( )

Amalia Sundari ( ) Daeng M. Feisal ( ) Hanna Amalia N ( ) Ika Fitri Fortuna ( ) Ridwan Fadjar ( ) Amalia Sundari (0908101) Daeng M. Feisal (0905845) Hanna Amalia N (0902283) Ika Fitri Fortuna (0903994) Ridwan Fadjar (0901939) Hardware terbagi atas 3 hal : 1. Bagian Input 2. Peralatan Pemrosesan 3.

Lebih terperinci

Komputer. 1. Pengenalan Teknologi Komputer

Komputer. 1. Pengenalan Teknologi Komputer Merakit Komputer Pengenalan Pembahasan Hardware Merakit Komputer 1. Pengenalan Teknologi Komputer dengan pendekatan hardware (hardware approach) yang menjelaskan bagian dari komputer secara keseluruhan

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Pengenalan Komputer. Dosen : Dr. Windu Gata, M.Kom. Modul ke: 01Fakultas Ekonomi & Bisnis. Program Studi Manajemen

Aplikasi Komputer. Pengenalan Komputer. Dosen : Dr. Windu Gata, M.Kom. Modul ke: 01Fakultas Ekonomi & Bisnis. Program Studi Manajemen Modul ke: 01Fakultas Ekonomi & Bisnis Program Studi Manajemen Aplikasi Komputer Pengenalan Komputer Dosen : Dr. Windu Gata, M.Kom Apa itu computer literacy? Termasuk mempunyai pengetahuan dan pemahaman

Lebih terperinci

PENGANTAR TROUBLESHOOTING KOMPUTER. Fery Antony, S.T, M.Kom Sistem Komputer - Universitas IGM

PENGANTAR TROUBLESHOOTING KOMPUTER. Fery Antony, S.T, M.Kom Sistem Komputer - Universitas IGM PENGANTAR TROUBLESHOOTING KOMPUTER Fery Antony, S.T, M.Kom Sistem Komputer - Universitas IGM TROUBLESHOOTING KOMPUTER Mata Kuliah : Troubleshooting komputer Program Studi : Sistem Komputer (S1) SKS : 4

Lebih terperinci

Komponen komponen CPU dan fungsinya

Komponen komponen CPU dan fungsinya Komponen komponen CPU dan fungsinya CPU (Central Processing Untit) adalah induk atau pusat pemprosesan data dari sebuah perangkat komputer, didalam CPU terdapat beberapa komponen yang saling terhubng satu

Lebih terperinci

BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN

BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN 3.1 Perancangan Aplikasi Dalam perancangan aplikasi Sistem Konsultasi Kerusakan Komputer, terdapat beberapa perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan penulis guna

Lebih terperinci

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan Peralatan Multymedia dan Fungsi - fungsinya Dahulu, multimedia hanya menggunakan alat-alat berupa speaker dan layar komputer yang terhubung langsung. Saat ini multimedia sudah menggunakan berbagai alat

Lebih terperinci

ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PEMERINTAH KABUPATEN TAPIN DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 BINUANG Jalan Oscar, RT 5/RW 2, Desa Pualam Sari, Kec. Binuang, Kab. Tapin 71183 email : smknsatubinuang@yahoo.com ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN IV.1. Tampilan Hasil Pada Bab ini akan di jelaskan tampilan hasil dari aplikasi yang telah dibuat, yang digunakan untuk memperjelas tentang tampilan-tampilan yang ada pada aplikasi

Lebih terperinci

Pengenalan dan Simulasi Perakitan Komputer Menggunakan CISCO IT Esentials Virtual Desktop

Pengenalan dan Simulasi Perakitan Komputer Menggunakan CISCO IT Esentials Virtual Desktop A. Pendahuluan Pengenalan dan Simulasi Perakitan Komputer Menggunakan CISCO IT Esentials Virtual Desktop Kadang kala untuk bisa merakit komputer ada hal yang harus di persiapakan seperti komputer untuk

Lebih terperinci

PENGENALAN DAN KARAKTERISTIK KOMPONEN CPU

PENGENALAN DAN KARAKTERISTIK KOMPONEN CPU PENGENALAN DAN KARAKTERISTIK KOMPONEN CPU Tulisan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Organisasi & Arsitektur Komputer Mohammad Rizky Alimansyah 3411141040 JURUSAN INFORMATIKA FAKULTAS

Lebih terperinci

SISTEM KOMPUTER HARDWARE SOFTWARE BRAINWARE

SISTEM KOMPUTER HARDWARE SOFTWARE BRAINWARE SISTEM KOMPUTER HARDWARE SOFTWARE BRAINWARE Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu yaitu menerima INPUT, MEMPROSES

Lebih terperinci

CARA MERAKIT KOMPUTER. Pasangkan atau masukkan POWER SUPPLY ke dalam kerangka CPU dan kemudian pasangkan + kencangkan baut pengunci POWER SUPPLY tsb.

CARA MERAKIT KOMPUTER. Pasangkan atau masukkan POWER SUPPLY ke dalam kerangka CPU dan kemudian pasangkan + kencangkan baut pengunci POWER SUPPLY tsb. CARA MERAKIT KOMPUTER I. Langkah Pertama Pemasangan Komponen (POWER SUPPLY) Pasangkan atau masukkan POWER SUPPLY ke dalam kerangka CPU dan kemudian pasangkan + kencangkan baut pengunci POWER SUPPLY tsb.

Lebih terperinci

Modul ke: Aplikasi Kompoter. Sistim Operasi. Fakultas FTPD. Giri Purnama, S.Pd, M.Kom. Program Studi Teknik Sipil

Modul ke: Aplikasi Kompoter. Sistim Operasi. Fakultas FTPD. Giri Purnama, S.Pd, M.Kom. Program Studi Teknik Sipil Modul ke: Aplikasi Kompoter Sistim Operasi Fakultas FTPD Giri Purnama, S.Pd, M.Kom. Program Studi Teknik Sipil http://www.mercubuana.ac.id Sistem Komputer Arsitektural Berkaitan dengan sebuah sistem yang

Lebih terperinci

MODUL 1 PERAKITAN PC ( PERSONAL COMPUTER )

MODUL 1 PERAKITAN PC ( PERSONAL COMPUTER ) MODUL 1 PERAKITAN PC ( PERSONAL COMPUTER ) 1.1 Tujuan 1. Praktikan dapat menjelaskan apa itu komputer 2. Praktikan dapat menjelaskan bagian bagian dari sistem komputer meliputi : I/O, Process, Memori 3.

Lebih terperinci

YAYASAN PENDIDIKAN CAHAYA PUTRA BANGSA SMK KARYA PUTRA BANGSA Teknik Komputer Jaringan

YAYASAN PENDIDIKAN CAHAYA PUTRA BANGSA SMK KARYA PUTRA BANGSA Teknik Komputer Jaringan YAYASAN PENDIDIKAN CAHAYA PUTRA BANGSA SMK KARYA PUTRA BANGSA Teknik Komputer Jaringan Kompetensi Dasar : Set PC Tingkat : II (Dua) Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan Tanggal : Bidang Keahlian

Lebih terperinci

Cara RESET Password BIOS pada Komputer

Cara RESET Password BIOS pada Komputer Cara RESET Password BIOS pada Komputer Service Komputer Jakarta November 7, 2014 By IT Support jakarta BIOS atau Basic Input Output System merupakan program yang mengatur dan mengkonfigurasikan system

Lebih terperinci

Melakukan operasi dasar komputer

Melakukan operasi dasar komputer BAB I Dasar-dasar Pengoperasian Komputer Standar Kompetensi Melakukan operasi dasar komputer Kompetensi Dasar Mengenal peralatan komputer Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur Menjalankan

Lebih terperinci

TUTORIAL MERAKIT KOMPUTER

TUTORIAL MERAKIT KOMPUTER Achmad Setiawan TUTORIAL MERAKIT KOMPUTER achmad.setiawan18@gmail.com Abstrak Komputer saat ini sudah bukan merupakan barang mewah yang sulit di dapatkan, tetapi telah banyak di jual di pasaran dengan

Lebih terperinci

MEMUTUSKAN : BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1

MEMUTUSKAN : BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 2 5. Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 05 Tahun 2008 tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/ Kota; 6. Peraturan Komisi Pemilihan

Lebih terperinci

KOMPONEN HARDWARE KOMPUTER

KOMPONEN HARDWARE KOMPUTER KOMPONEN HARDWARE KOMPUTER Casing (BOX/penutup CPU): Sebuah kotak komputer sebagai tempat penampung keseluruhan perangkat computer. Saat ini Casing komputer pribadi tidak lagi terbatas pada menara gaya

Lebih terperinci

- Moh.Erdda Habiby.SST

- Moh.Erdda Habiby.SST Pengenalan Sistem Komputer - Moh.Erdda Habiby.SST SISTEM KOMPUTER Sistem komputer (computer system) : terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras dan perangkat

Lebih terperinci

STRUKTUR KOMPUTER. Computer. Peripherals. Central Processing Unit. Main Memory. Computer. Systems Interconnection. Input Output. Communication lines

STRUKTUR KOMPUTER. Computer. Peripherals. Central Processing Unit. Main Memory. Computer. Systems Interconnection. Input Output. Communication lines STRUKTUR KOMPUTER Peripherals Computer Central Processing Unit Main Memory Computer Systems Interconnection Communication lines Input Output FUNGSIONAL KOMPUTER Data Storage (penyimpanan) Misal : Internet

Lebih terperinci

Pengantar Komputer. Sistem Komputer. Salhazan Nasution, S.Kom

Pengantar Komputer. Sistem Komputer. Salhazan Nasution, S.Kom Pengantar Komputer Sistem Komputer Salhazan Nasution, S.Kom Sistem Komputer 2 Sistem Komputer Sistem komputer adalah elemen elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.

Lebih terperinci

KONSEP DASAR HARDWARE KOMPUTER

KONSEP DASAR HARDWARE KOMPUTER 1 KONSEP DASAR HARDWARE KOMPUTER 1.1. Arsitektur Komputer Tidak ada suatu ketentuan khusus tentang bagaimana seharusnya struktur sistem sebuah komputer. Setiap ahli dan desainer arsitektur komputer memiliki

Lebih terperinci

Pengenalan Komputer. Pembahasan pada modul materi merakit dan troubleshooting komputer ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

Pengenalan Komputer. Pembahasan pada modul materi merakit dan troubleshooting komputer ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu : Pengenalan Komputer Pembahasan pada modul materi merakit dan troubleshooting komputer ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu : 1. Pengenalan Teknologi Komputer dengan pendekatan hardware (hardware approach)

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.1 Analisa Analisa adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu kasus, mengetahui isu apa yang sedang terjadi, dan memutuskan tindakan

Lebih terperinci

Tutorial Merakit Komputer

Tutorial Merakit Komputer Tutorial Merakit Komputer Pembahasan pada modul materi merakit dan troubleshooting komputer ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu : 1. Pengenalan Teknologi Komputer dengan pendekatan hardware (hardware

Lebih terperinci

PENGANTAR TEKTONOGI INFORMASI UNIT SISTEM

PENGANTAR TEKTONOGI INFORMASI UNIT SISTEM PENGANTAR TEKTONOGI INFORMASI UNIT SISTEM PENGANTAR TEKTONOGI INFORMASI UNIT SISTEM 05 Refnal Rianto. Skom BAGIAN UNIT SISTEM Prosesor Keyboard Printer Prosesor I/O Diskette dan Disk drive Disk Controller

Lebih terperinci

Modul ke: Aplikasi Komputer. Sistem Operasi. Fakultas Fikom. Eppstian Syah As ari. Program Studi Jati Sampurna / Kranggan

Modul ke: Aplikasi Komputer. Sistem Operasi. Fakultas Fikom. Eppstian Syah As ari. Program Studi Jati Sampurna / Kranggan Modul ke: Aplikasi Komputer Sistem Operasi Fakultas Fikom Eppstian Syah As ari Program Studi Jati Sampurna / Kranggan Sistem Komputer Aplikasi Komputer Sistem Operasi Sistem Komputer Berdasarkan dari definisi

Lebih terperinci

PENCARIAN KESALAHAN DASAR PADA KOMPUTER

PENCARIAN KESALAHAN DASAR PADA KOMPUTER PENCARIAN KESALAHAN DASAR PADA KOMPUTER Kesalahan dasar pada komputer atau yang sering disebut troubleshooting komputer adalah adanya suatu masalah atau ketidak normalan pada komputer. Masalah komputer

Lebih terperinci

PENGANTAR TEKTONOGI INFORMASI UNIT SISTEM

PENGANTAR TEKTONOGI INFORMASI UNIT SISTEM PENGANTAR TEKTONOGI INFORMASI UNIT SISTEM 05 Refnal Rianto. Skom BAGIAN UNIT SISTEM Keyboard Prosesor Keyboard ROM Printer Prosesor I/O BUS CPU Bus Memori RAM Diskette dan Disk drive Disk Controller Video

Lebih terperinci

DAFTAR ISI.. KATA PENGANTAR... DAFTAR GAMBAR. DAFTAR LAMPIRAN BAB I. PENDAHULUAN.. 1. I.1. Latar Belakang I.2. Pembatasan Masalah...

DAFTAR ISI.. KATA PENGANTAR... DAFTAR GAMBAR. DAFTAR LAMPIRAN BAB I. PENDAHULUAN.. 1. I.1. Latar Belakang I.2. Pembatasan Masalah... DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL LEMBAR PENGESAHAN ABSTRAKSI KATA PENGANTAR... DAFTAR ISI.. DAFTAR GAMBAR. DAFTAR LAMPIRAN i iii vi vii BAB I. PENDAHULUAN.. 1 I.1. Latar Belakang...... 1 I.2. Pembatasan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Aplikasi Sistem Informasi Geografis Lokasi Rumah Zakat di Kota Medan Berbasis Web memiliki fungsi sebagai berikut : masyarakat dapat mengetahui informasi

Lebih terperinci

BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN

BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN 3.1 Analisis Analisis bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada pada sistem serta menentukan kebutuhan dari sistem yang dibangun. Analisis tersebut

Lebih terperinci

A. CEK KEMAMPUAN. I. Soal Teori

A. CEK KEMAMPUAN. I. Soal Teori A. CEK KEMAMPUAN I. Soal Teori 1. Sebukan dan Jelaskan jenis-jenis periferal dan spesifikasinya 2. Sebutkan dan jelaskan alat-alat apa saja yang dibutuhkan dalam melakukan perbaikan periferal 3. Jelaskan

Lebih terperinci

Soal latihan. 3. gambar di samping / diatas memiliki fungsi untuk... a. Menghasilkan suara dan menyediakan port-port input dan output

Soal latihan. 3. gambar di samping / diatas memiliki fungsi untuk... a. Menghasilkan suara dan menyediakan port-port input dan output Soal latihan 1. Dalam komputer memiliki peranti input, proses dan output, yang termasuk piranti proses yaitu... a. Monitor b. Processor c. Heatsink d. Chipset e. Random Acces Memori 2. Sound Card dalam

Lebih terperinci

KOMP. PTSIA 2. Materi 1 TEKNOLOGI KOMPUTER (TINJAUAN SEKILAS)

KOMP. PTSIA 2. Materi 1 TEKNOLOGI KOMPUTER (TINJAUAN SEKILAS) KOMP. PTSIA 2 Materi 1 TEKNOLOGI KOMPUTER (TINJAUAN SEKILAS) Dr. Kartika Sari Universitas Gunadarma Materi 1-1 Materi Perangkat keras computer Peralatan masukan Peralatan keluaran Perangkat lunak komputer

Lebih terperinci

PANDUAN MERAKIT PERSONAL KOMPUTER

PANDUAN MERAKIT PERSONAL KOMPUTER PANDUAN MERAKIT PERSONAL KOMPUTER http://habibahmadpurba.wordpress.com Pada dasarnya merakit PC itu cukup mudah, hanya saja dibutuhkan ketelitian saat mengerjakanya, sehingga hasilnya cukup memuaskan diri

Lebih terperinci

BAB IV PROSES PERBAIKAN KOMPUTER DESKTOP. perakitan komputer menjadi dasar untuk memperbaiki computer.

BAB IV PROSES PERBAIKAN KOMPUTER DESKTOP. perakitan komputer menjadi dasar untuk memperbaiki computer. BAB IV PROSES PERBAIKAN KOMPUTER DESKTOP 4.1 Perakitan Komputer Desktop Dengan memiliki pengetahuan proses perakitan komputer nantinya dapat membuat proses perbaikan komputer akan lebih mudah. Pengetahuan

Lebih terperinci

A B S T R A K. : Mikrokontroler, System Robot, User Friendly

A B S T R A K. : Mikrokontroler, System Robot, User Friendly 1 A B S T R A K Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir ini semakin pesat dan canggih. Peralatan-peralatan modern saat ini banyak diciptakan, hampir sebagian besar peralatan yang tercipta

Lebih terperinci

Instruktur : Ferry Wahyu Wibowo, S.Si., M.Cs.

Instruktur : Ferry Wahyu Wibowo, S.Si., M.Cs. Instruktur : Ferry Wahyu Wibowo, S.Si., M.Cs. Troubleshooting Motherboard Fungsi motherboard Trace dan bus Daftar jenis bus dalam komputer Definisi Chipset Fungsi Northbridge dan Southbridge Lima pertimbangan

Lebih terperinci

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN III.1. Analisis Masalah Dalam perancangan alat pendeteksi kadar alkohol pada buah-buahan untuk dikonsumsi ibu hamil menggunakan beberapa metode rancang bangun yang pembuatannya

Lebih terperinci

Berikut ini akan dibahas tentang komponen penyusun komputer (PC) juga pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan untuk merakitnya.

Berikut ini akan dibahas tentang komponen penyusun komputer (PC) juga pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan untuk merakitnya. PENGENALAN HARDWARE Berikut ini akan dibahas tentang komponen penyusun komputer (PC) juga pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan untuk merakitnya. 1. Motherboard/Mainboard (MB) Dalam istilah sehari-hari,

Lebih terperinci

Pengantar Hardware: Konfigurasi BIOS. Hanif Fakhrurroja, MT

Pengantar Hardware: Konfigurasi BIOS. Hanif Fakhrurroja, MT Pengantar Hardware: Konfigurasi BIOS Hanif Fakhrurroja, MT PIKSI GANESHA, 2012 Hanif Fakhrurroja @hanifoza hanifoza@gmail.com Pendahuluan BIOS (Basic Input Output System) merupakan sebuah program atau

Lebih terperinci

MODUL 1 - MENGENAL HARDWARE

MODUL 1 - MENGENAL HARDWARE MODUL 1 - MENGENAL HARDWARE I. TUJUAN 1. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang struktur komputer. 2. Praktikan dapat mengerti dan memahami tentang hardware komputer dan macam-macam bagiannya. 3.

Lebih terperinci

Mengenal Komponen Komputer Lebih Dalam

Mengenal Komponen Komputer Lebih Dalam Mengenal Komponen Komputer Lebih Dalam Kita tau kalo komputer itu terdiri dari 2 hal yaitu software dan hardware. Software merupakan perangkat lunak (tak tampak) yg berupa program, aplikasi, dan data2

Lebih terperinci

MASALAH HARDWARE KOMPUTER

MASALAH HARDWARE KOMPUTER MASALAH HARDWARE KOMPUTER Tulisan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Organisasi & Arsitektur Komputer Mohammad Rizky Alimansyah 3411141040 JURUSAN INFORMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK NOTEBOOK

BUKU PETUNJUK NOTEBOOK FORSA http://www.forsa.co.id BUKU PETUNJUK NOTEBOOK FS-0 SERIES BUKU PETUNJUK NOTEBOOK FS-0 NO : 56 / 669 / 46.5. / 009 Daftar Isi Konfigurasi Notebook Tampak Atas / Terbuka... Tampak Depan... Tampak Samping

Lebih terperinci

Pengelolaan Perangkat Keras

Pengelolaan Perangkat Keras Pengelolaan Perangkat Keras Sakroni, S.Kom D3 Teknik Informatika FMIPA D3 Teknik Informatika FMIPA UNS BIOS dan CMOS BIOS merupkan sekumpulan program yang tersimpan pada ROM (Read Only Memori) yang digunakan

Lebih terperinci

Merakit Personal Komputer. Pahrul rozi Smkn 3 mataram

Merakit Personal Komputer. Pahrul rozi Smkn 3 mataram Merakit Personal Komputer Pahrul rozi Smkn 3 mataram Daftar Content 1. Persiapan. a. Spesifikasi Komputer b. Alat Dan Bahan 2. Mengenal Bagian-Bagian Komputer. a. CPU b. VDU c. Printer d. Scanner e. Periferal

Lebih terperinci

No Gambar Alat Nama Alat Fungsi

No Gambar Alat Nama Alat Fungsi Alat Input Alat input adalah alat-alat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Macam-Macam

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA IV.1. Tampilan Hasil Aplikasi Sistem Informasi Geografis Penentuan Distor Capasity Wilsu Cab. Lubuk Pakam Rayon Perbaungan Berbasis Web memiliki fungsi sebagai berikut : pegawai

Lebih terperinci

BAB IV. IMPLEMENTASI dan PEMBAHASAN SISTEM. Implementasi sistem pendukung keputusan untuk. pemilihan perangkat computer rakitan sesuai budget dengan

BAB IV. IMPLEMENTASI dan PEMBAHASAN SISTEM. Implementasi sistem pendukung keputusan untuk. pemilihan perangkat computer rakitan sesuai budget dengan 32 BAB IV IMPLEMENTASI dan PEMBAHASAN SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi sistem pendukung keputusan untuk pemilihan perangkat computer rakitan sesuai budget dengan metode bayes. Implementasi sistem

Lebih terperinci

DEFINISI & KLASIFIKASI KOMPUTER

DEFINISI & KLASIFIKASI KOMPUTER MATA KULIAH KOMPUTER PG PAUD DEFINISI & KLASIFIKASI KOMPUTER Definisi Komputer Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Definisi Komputer 1. Menurut Hamacher : mesin

Lebih terperinci

MODUL I PENGENALAN KOMPUTER DAN KOMPONENNYA

MODUL I PENGENALAN KOMPUTER DAN KOMPONENNYA MODUL I PENGENALAN KOMPUTER DAN KOMPONENNYA A. Sekilas Tentang Komputer Komputer dapat didefinisikan sebagai kumpulan rangkaian elektronika yang berfungsi untuk menerima input, mengolahnya, danmenghasilkan

Lebih terperinci

PERANTI INPUT TEKS GRAFIK. Sebarang peranti perkakasan yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. 4 jenis input:

PERANTI INPUT TEKS GRAFIK. Sebarang peranti perkakasan yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. 4 jenis input: PERKAKASAN PERANTI INPUT Sebarang peranti perkakasan yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. 4 jenis input: TEKS GRAFIK AUDIO VIDEO PERANTI INPUT Peranti input yang digunakan untuk memasukkan

Lebih terperinci

Pertemuan 6: Laptop dan Piranti Portable Dasar

Pertemuan 6: Laptop dan Piranti Portable Dasar Pertemuan 6: Laptop dan Piranti Portable Dasar PC Hardware and Software Instruktur : Ferry Wahyu Wibowo, S.Si., M.Cs. 1 Virtual Laptop Virtual laptop merupakan alat yang dirancang sebagai: Pembelajaran

Lebih terperinci

P 7 Materi Tambahan : Komputer Hardware. Komponen Komputer

P 7 Materi Tambahan : Komputer Hardware. Komponen Komputer Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta Kampus II, Jl. Jembatan Merah, Nomor 84.C. Gejayan, Yogyakarta 55283, Telp: (0274) 584922, 550704, Fax 550703

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer PERANGKAT KERAS (HARDWARE) Sulis Sandiwarno, S.Kom.,M.Kom. Sistem Informasi. Modul ke: Fakultas FASILKOM.

Aplikasi Komputer PERANGKAT KERAS (HARDWARE) Sulis Sandiwarno, S.Kom.,M.Kom. Sistem Informasi. Modul ke: Fakultas FASILKOM. Aplikasi Komputer Modul ke: PERANGKAT KERAS (HARDWARE) Fakultas FASILKOM Sulis Sandiwarno, S.Kom.,M.Kom Program Studi Sistem Informasi Pengantar Perangkat Keras (Hardware) Komputer Komputer adalah peralatan

Lebih terperinci

Hardware Komputer dan Fungsinya

Hardware Komputer dan Fungsinya Hardware Komputer dan Fungsinya Saiful Rahman Yuniarto, S.Sos, MAB Hardware atau perangkat keras adalah bagian komputer yang bisa kita lihat wujud fisiknya. Hardware komputer tersusun dari komponen komponen

Lebih terperinci

APLIKASI KOMPUTER PENGENALAN KOMPUTER. Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: 01Fakultas Ekonomi. Program Studi Manajemen.

APLIKASI KOMPUTER PENGENALAN KOMPUTER. Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: 01Fakultas Ekonomi. Program Studi Manajemen. APLIKASI KOMPUTER Modul ke: 01Fakultas Ekonomi PENGENALAN KOMPUTER Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I. Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Pengenalan Komputer APLIKASI KOMPUTER Pengenalan Komputer,

Lebih terperinci

MELAKUKAN PERAWATAN PC DAN PERIPHERAL

MELAKUKAN PERAWATAN PC DAN PERIPHERAL MELAKUKAN PERAWATAN PC DAN PERIPHERAL JOB SHEET 1 1) Unit Komputer 2) Alat pembersih yang meliputi : kuas, penyedot debu, kain, cleaner. Keselamatan Kerja Langkah Kerja : 2) Amatilah kondisi kebersihan

Lebih terperinci