TUTORIAL WOKA 2.6. a. Klik 2x icon WokaCBT sehingga muncul gambar dibawah ini :

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "TUTORIAL WOKA 2.6. a. Klik 2x icon WokaCBT sehingga muncul gambar dibawah ini :"

Transkripsi

1 1 1. INSTALASI PROGRAM TUTORIAL WOKA 2.6 Anda harus mengunduh progam Woka CBT Versi 2.6 di halaman terlebih dahulu. Selanjutnya ikuti panduan berikut : a. Klik 2x icon WokaCBT sehingga muncul gambar dibawah ini :. b. Klik menu Next selanjutnya akan muncul gambar seperti dibawah ini : c. Masukkan Password kemudian klik menu Next. Selanjutnya muncul gambar seperti dibawah ini :

2 2 d. Klik menu Next dan program akan persetujuan Anda klik Install, seperti dbawah ini : e. Program menginstall, dan biarkan sampai dengan selesai/finish sperti gambar dibawah ini : f. Selanjutnya anda klik Next seperti gambar dibawah ini :

3 3 g. Instalasi Selesai seperti gambar dibawah ini : Sampai disini anda sudah berhasil menginstalasi Program CBT Woka 2.6.

4 4 2. Menjalan Server WOKA 2.6 a. Setelah berhasil instalasi Program CBT Woka 2.6 selanjutkan kita akan mengadministrasi Ujian dari menu Admin dengan cara terlebih dahulu kita meng-rename Woka Cbt Application seperti gambar dibawah ini : Kemudian rename folder tersebut menjadi xampplite seperti gambar di bawah ini :

5 5 Setelah itu aktifkan SERVER dan DATA BASE melalui Exampp Control seperti gambar di bawah ini : b. Buka windows explorer, Program Woka CBT yang diinstall terleka di C:\xampplite, Selanjutkan klik 2x Xampp-Control seperti tertera pada gambar di atas sehingga muncul gambar dibawah ini : c. Selanjutnya klik masing-masing menu START Apache dan START MysQL Sehingga seperti gambar di bawah ini :

6 6 Pastikan status Apache dan MySql adalah Running, hal ini utk memastikan bahwa Server Woka CBT telah siap untuk di akses. Sampai disini, SERVER WOKA CBT 2.6 Siap di akses. 3. ADMINISTRASI ADMIN DAN UJIAN WOKA CBT 2.6 a. Selanjutnya kita mengakses admin server woka dengan cara : buka browser Google Chrome kemudian isikan alamat : localhost/unbk/admin/ lalu enter sehingga tampak seperti gambar di bawah ini : Ketikkan Username dan Password lalu klik Masuk, sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini :

7 7 Keterangan : 1. Dashboard Merupakan tampilan halaman Admin. Tabel Pilih Hapus digunakan untuk menghapus data sesuai menu pilihan, lakukan pilih hapus jika anda benar-benar ingin menghapus datanya karena jika dilakukan penghapusan akan berakibat data yang sudah diinput akan terhapus!!!! 2. Status Tes Merupakan menu yang menampilkan Tes yang akan di akses oleh siswa/peserta. Terdapat pilihan tampilan nilai setelah selesai ujian 3. List Daftar meliputi : a. Daftar Peserta, merupakan informasi mengenai user, name, Password,Nama, Jurusan, Tingkat dan NIS peserta melalui input baik manual maupu import form excel b. Daftar Hadir, Merupakan Form yang berisi daftar hadir peserta tes c. Daftar Kelas, Merupakan informasi Data kelas meliputi Kode Kelas, Jenjang, Kelas melalui input baik manual maupun import form excel d. Daftar Mapel, Merupakan informasi Mata Pelajaran meliputi Kode dan Nama Mapel yang diujikan. 4. Cetak berisi a. Cetak Daftar Hadir peserta ujian berdasarkan list daftar peserta b. Beria Acara pelaksanaan ujian

8 8 5. Status Peserta merupakan informasi Peserta yang sedang mengikuti ujian/tes Mapel yang sedang dikerjakan 6. Reset Login Peserta Menu ini digunakan jika terjadi kendala disisi klien dan jika terjadi masalah dalam mengerjakan soal ujian hingga harus direset login peserta 7. Buat Soal, Menu ini digunakan untuk membuat soal baik manual maupun dari import excel. Soal yang dibuat ada 2 pilihan yaitu 1. PILIHAN GANDA (PG) dan 2. Essay 8. Laporan Tes Menu ini untuk menampilkan hasil tes siswa/peserta setelah menyelesaikan ujian. Hasil rekap dapat print dalam format excel maupun pdf. Terdapat analisa setiap jawaban siswa meliputi soal yang benar dijawab dan soal yang salah dijawab untuk Pilihan Ganda dan Essay dapat dianalisis dari jawaban peserta yang sudah tersimpan. 9. Back Up dan Restore Menu terdiri dari sub menu a. Back Up, untuk membak up database, lakukan back up secara berkala b. Restore, untuk merestore data base, lakukan jika database mengalami masalah c. Hapus, untuk menghapus database, lakukan hapus database jika server dirasa berat d. Upload Gambar, menu ini digunakan untuk mengupload/mengunggah file gambar yang berhubungan dengan soal secara PARALEL, artinya gambar dapat di unggah ke server Woka dalam jumlah lebih dari 1 (satu) secara bersamaan. File gambar berekstensi.bmp.jpg.gif.png maksimal 1Mb e. Upload Audio, menu ini digunakan untuk mengupload/mengunggah file audio yang berhubungan dengan soal secara PARALEL, artinya gambar dapat di unggah ke server Woka dalam jumlah lebih dari 1 (satu) secara bersamaan. File gambar berekstensi..mp3.ogg.wav maksimal 2Mb b. Selanjutnya kita akan mencoba memahami alur sistem WOKA CBT 2.6 Sistem WOKA CBT 2.6 dimulai dari pembuatan KELAS, selanjutnya MAPEL dan PESERTA yang akan mengikuti ujian/tes. Berikut ini kita membuat KELAS terlebih dahulu dengan cara : Klik menu List Daftar, Daftar Kelas seperti gambar dibawah ini

9 9 Klik pada gambar (angka 1), Tambah data kelas, selanjutnya pilih jenjang (angka 2), misal SMK, Tingkat (angka 3)isikan misalnya tingkat XII isikan nama kelas sesuai dengan nama kelas yang akan kita inputkan, misalnya TKJ, kemudian klik menu angka 5, Tambah. Hasilnya seperti gambar di bawah ini : c. Selanjutnya kita membuat Mapel, Klik menu List Daftar, Daftar Mapel, kemudian klik Tambah Mata Pelajaran (angka1), Kode Mapel isikan sesuai dengan Kode Mapel (angka 2), contoh WAN-TK, Nama Mapel sesuaikan (angka 3) contoh Administrasi Server, kemudian klik menu Tambah (angka 4)

10 10 Setelah selesai Tambah Mapel akan terlihat seperti gambar dibawah ini : d. Setelah membuat kelas dan mapel, selanjutnya membuat daftar peserta tes, dengan langkah-langkah sebagai berikut : Klik menu List Daftar, Daftar Peserta, kemudian klik Tambah Peserta ujian (angka 1) selanjutnya isikan form yang diminta, seperti pada angka 2,3,4,5 sesuaikan. Untuk nomor 7 Tingkat sesuaikan dengan Kelas yang sebelumnya kita buat yaitu Tingkat XII sedangkan angka 8, Pilih KELAS yang sudah kita buat juga sebelumnya dalam hal ini TKJ, selanjutnya klik Tambah (angka 9) Maka akan tampil peserta ujian yang kita buat seperti dibawah ini.

11 11 Setelah itu kita bisa mencetak kartu peserta untuk siswa dengan meng klik Cetak Kartu, seperti tampilan berikut : Kartu peserta dengan informasi user dan pass inilah nanti yang digunakan untuk login ujian. e. Berikutnya kita membuat soal ujian, Klik menu Buat soal selanjutnya ikuti gambar berikut : Sebagai contoh disini diberikan membuat soal hanya 2 butir pilihan ganda dan essay. Sesuaikan dengan keinginan anda untuk membuat soal misal nya anda bisa isi 45 (40 PG dan 5 Essay). Klik menu Bua Soal ( angka 1) lalu isikan jumlah soal yang dibuat (angka 2) dan klik menu Buat (angka 3) seperti gambar dibawah ini Selanjutnya akan muncul menu Formulir soal ujian seperti gambar dibawah ini :

12 Soal Nomor satu seperti digambar memerlukan gambar untuk ditampilkan di soal maka ikuti gambar dibawah ini untuk menyisipkan gambar. Klik menu Upload (angka 1) kemudian pilih choose (angka 2) lalu arahkan pada gambar yang ada di folder dmana anda simpan gambar untuk soal tersebut (angka 3) dan klik open (angka 4) maka secara otomatis gambar akan disisipkan di f ormulis soal (angka 5). Sesuaikan ukuran gambar denga meng klik pada gambar lalu menarik serta sesuaikan posisi gambar tersebut. 12

13 13 Selanjutnya isikan soal Nomor 2 yaitu soal Essay kemudian klik menu paling bawah kiri POST dan sesuaikan seperti gambar dibawah ini : Pilih Ya untuk mengacak Soal, Mata Uji Kosongkan, Nama Paket Soal misalnya WAN (singkatan dari Wide Area Network) salah satu mapel jurusan TKJ, sesuaikan dengan sekolah anda. Kemudian klik menu POST. Setelah selesai dibuat akan tampak seperti gambar berikut : Jika anda ingin merubah jumlah pilihan dari 4 menjadi 5 lakukan kemudian klik menu Edit seperti gambar dibawah ini : dengan cara klik menu Lihat, Ganti pilihan 4 menjadi 5 seperti gambar dibawah ini :

14 14 Kemudian klik menu Ubah. Silakan di cek kembali perubahan yg anda lakukan. f. Jika anda ingin menambah soal yang sudah ada dari jumlah yang sudah dibuat menjadi lebih banyak dikarenakan jumlah soal yg menurut anda perlu di tambah atau hal lain. Dalam hal ini diberikan contoh jumlah soal yg sudah dibuat sebanyak 45 (Pilihan Ganda) menjadi 50 (Pilihan Ganda). Berikut step by step : Soal yang sudah dibuat seperti gambar diatas, kemudian klik menu Lihat, gambar dibawah ini maka akan terlihat seperti Dari gambar dapat dijelaskan sebagai berikut, 1. Tambah Soal (menambahkan soal yg sudah dibuat sebelumnya) 2. Jumlah Soal yang akan ditambahkan, sebanyak 5 butir soal

15 15 3. Soal dimulai dari nomor 46 yaitu nomor setelah nomor terakhir soal yang sudah dibuat 4. Menambahkan jumlah soal menjadi 50 Setelah di klik menu Tambah maka akan muncul proses inputan 5 Soal yang akan ditambahkan, seperti gambar dibawah ini : Silakan anda inputkan soal, gambar maupun audio serta kunci jawaban pada 5 soal tambahan. Setelah itu anda klik menu paling bawah pojok kiri, Post. Maka jumlah soal akan berubah dari 45 menjadi 50 seperti gambar di bawah ini. g. CATATAN UNTUK PEMBUATAN SOAL : 1. Anda dapat membuat soal berdasarkan form Excel yang sudah tersedia di menu Upload Data Soal dan mengunduh template soal seperti gambar di bawah ini : Klik Upload Data Soal (angka 1) kemudian Download Formulir soal (angka 2) Setelah anda download lakukan penyesuaikan dengan soal yang ingin anda buat.. lalu simpan. Jika sudah yakin, lalukan Import Data Soal yang baru anda buat (angka 3)

16 16 2. Untuk mempermudah pengambilan file baik Audio maupun Gambar, silakan lakukan Upload filefile tersebut melalui menu BACK UP DAN RESTORE, upload gambar dan audio secara paralel. Hal ini akan mempermudah anda dalam menyisipkan gambar maupun audio pada saat membuat atau mengedit soal ujian. Jika nama file audio dan gambar sudah anda sesuaikan dengan formulir data soal yang anda unduh dan upload, secara otomatis file tersebut akan terpanggil/disisipkan oleh sistem ke data soal ujian anda. Sampai disini pembuatan soal sudah selesai. Selanjutnya kita menambah/mengaktifkan soal ujian yang sudah kita buat untuk di akses oleh peserta. h. Menambah ujian Menambah ujian dengan memilih menu Status Ujian seperti gambar dibawah ini : Kemudian klik menu Tambah

17 17 Maka akan muncul menu isian seperti gambar diatas, isikan sesuai dengan mapel yang akan kita ujikan. Mata uji= Administrasi Server, Kelas= SMK-XII-TKJ, Group Soal = WAN Jumlah soal = 2 (sesuai dengan soal yang sebelumnya kita buat) Tanggal test = sesuaikan dengan jam dan tanggal tes akan di aktifkan Durasi Tes = Lama Waktu tes di aktifkan (contoh 120 Menit) Tampilan nilai = Ya jika ingin ditampilan setelah peserta menyelesaikan ujian, Tidak = Jika tidak ingin ditampilkan Token = Otomatis Klik menu Simpan untuk menyimpan ujian. Jika anda ingin merubah waktu akses ujian silakan klik menu Edit pada soal ujian seperti dibawah ini, klik ubah jika sudah benar

18 18 Jika sudah di aktifkan maka selanjutnya kita melakukan ujian terhadap soal Administrasi Server yang sudah kita buat. i. Ujian CBT Akses ujian dengan membuka chrome dan ketikkan ip server/unbk misalnya ip server makan ketikkan di alamat /unbk jika anda menggunakan xambroclient sesuaikan ip server di menu setting xambro nya. Sesuai dengan daftar peserta kita masukkan username dn password ujian, dalam hal ini sebagai contoh yang sudah dibuat adalah woka26. Klik menu login maka akan tampil seperti gambar berikut :

19 19 Jika benar makan akan muncul permintaan TOKEN pada pojok kiri bawah. Catatan, untuk ujian yang terdiri dari lebih dari satu mapel TOKEN harus disesuaikan dengan TOKEN yang ada di Status Tes di Server. Klik Submit maka akan muncul menu seperti gambar dibawah ini : Jika TOKEN benar maka peserta dapat memulai ujian dengan meng klik menu MULAI. Selanjutnya akan tampil soal seperti gambar dibawh ini :

20 20 Selanjutnya jika sudah selesai menjawab soal, klik menu SELESAI dan dilanjutkan klik menu LOG OUT j. LAPORAN TES Setelah siswa/peserta selesai melakukan ujian/tes selanjutnya kita lihat hasil tes melalui menu Laporan menu Laporan Tes seperti gambar dibawah ini:

21 21 Menu Download : Excel Rekap berisi informasi hasil tes ujian peserta termasuk nilai yang diperoleh (sesuaikan dengan KKM pada soal yang anda buat yang harus dicapai oleh peserta untuk menentukan kelulusan) Download PdF : Jika anda membutuhkan file ujian peserta dalam bentuk.pdf untuk keperluan back up hasil ujian. Analisa : Melihat hasil jawaban siswa setiap nomor soal yang dijawab Cetak Essay : Untuk melihat hasil jawaban essay yang disimpan oleh siswa pada saat mengerjakan ujian. Hasil Jawaban dapat dikoreksi oleh guru yang bersangkutan untuk memberikan nilai jawaban essay terset. Silkan di print dan diberikan kepada guru mapel yang bersangkutan k. LOG OUT Klik menu Log Out untuk keluar dari Server CBT Woka 2.6 mengadministrasi ujian sampai dengan pelaporan. jika anda benar-benar sudah SELESAI WOKAPROJECT.ID TEAM

Untuk pemakaian pertama kali Button Submit tidk Nampak, hal ini karena Database belum terbentuk maka akan nampak tombol Buat Database seperti diatas.

Untuk pemakaian pertama kali Button Submit tidk Nampak, hal ini karena Database belum terbentuk maka akan nampak tombol Buat Database seperti diatas. 1. Download Versi CBT BeeSMART V2.2 Aplikasi CBT : https://drive.google.com/drive/folders/0b_nwzwtv-5l5nufstmlhqvrjc0k XAMPP ver 5.6.24 https://www.apachefriends.org/download.html 2. Instal XAMPP, kemudian

Lebih terperinci

TUJUAN PEMBELAJARAN. Tujuan Pembelajaran Umum :

TUJUAN PEMBELAJARAN. Tujuan Pembelajaran Umum : TUJUAN PEMBELAJARAN Tujuan Pembelajaran Umum : Setelah mengikuti materi, peserta mampu aplikasi SIHA menerapkan Tujuan Pembelajaran Khusus: Setelah mengikuti materi, peserta mampu: 1. Menjelaskan Pengertian,

Lebih terperinci

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan...

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan... 2 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 TUTORIAL APLIKASI ABSENKU... 4 A. ADMIN... 4 Membuka Halaman Depan... 4 1. Menu User... 6 Ganti Password... 6 2. Pengolahan Data Murid... 6 Tambah Data... 8 Import Data Murid...

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User Kecamatan)

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User Kecamatan) DAFTAR ISI A.- Persyaratan Penggunaan Aplikasi E-Planning ---------------------------------------------------- 1 1.----Kebutuhan Sistem ------------------------------------------------------------------------------------

Lebih terperinci

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM 1 MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi php dan javascript sebagai rancangan interface, untuk tempat penyimpanan data (database) digunakan MySQL client version:

Lebih terperinci

LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM

LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM LAMPIRAN : CARA MENJALANKAN PROGRAM 1. Instalasi Aplikasi XAMPP versi 1.7.4 a. Jika anda sudah memiliki file XAMPP 1.7.4. anda tinggal double click file tersebut. Kemudian akan muncul pilihan bahasa. Pilih

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Sekolah. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Sekolah. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Sekolah Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan

Lebih terperinci

MANUAL PROGRAM. Sebelum mulai menjalankan aplikasi ini, terlebih dahulu dilakukan instalasi

MANUAL PROGRAM. Sebelum mulai menjalankan aplikasi ini, terlebih dahulu dilakukan instalasi MANUAL PROGRAM Sebelum mulai menjalankan aplikasi ini, terlebih dahulu dilakukan instalasi software pendukung untuk menjalankan aplikasi ini. Langkah-langkahnya yaitu : 1. Buka folder Software Pendukung

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User SKPD)

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User SKPD) DAFTAR ISI A.- Persyaratan Penggunaan Aplikasi E Planning --------------------------------------------------.----Kebutuhan Sistem ------------------------------------------------------------------------------------

Lebih terperinci

[TEST/UJIAN/TRYOUT ONLINE] Sistem Informasi Ujian Online. Versi Oktober 2015

[TEST/UJIAN/TRYOUT ONLINE] Sistem Informasi Ujian Online. Versi Oktober 2015 2015 Sistem Informasi Ujian Online Versi Oktober 2015 [TEST/UJIAN/TRYOUT ONLINE] Aplikasi berbasis website yang dirancang untuk mempermudah sekolah dalam pelaksanaan ujian secara masal baik online maupun

Lebih terperinci

Prosedur Installasi Program. Perangkat Ajar Aku dan Darahku

Prosedur Installasi Program. Perangkat Ajar Aku dan Darahku Prosedur Installasi Program Perangkat Ajar Aku dan Darahku 1. Install software XAMPP terbaru, dapat didapatkan melalui internet http://sourceforge.net/projects/xampp/ (kami menyarankan untuk instalasi

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Asesor Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Akreditasi Tutorial ini akan memberikan pemahman kepada Asesor bagaimana

Lebih terperinci

MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY Twitter

MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY Twitter MANUAL PENGOPERASIAN JSTOCKINVENTORY 2 www.jasaplus.com 082227927747 Twitter : @ringlayer email : ringlayer@gmail.com jasapluscom@yahoo.com DAFTAR ISI BAB 1. PENGENALAN DAN INSTALASI JSTOCKINVENTORY 1.1.

Lebih terperinci

TUTORIAL PENGGUNAAN SYSTEM PENILAIAN SILEMKERMA

TUTORIAL PENGGUNAAN SYSTEM PENILAIAN SILEMKERMA 1 TUTORIAL PENGGUNAAN SYSTEM PENILAIAN SILEMKERMA Login Untuk melakukan login buka browser anda dan ketikkan alamat berikut pada address: http://silemkerma.dikti.go.id/officer Ketikkan user id dan password

Lebih terperinci

MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS

MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS MANUAL BOOK USER GURU Sistem JBClass merupakan sebuah aplikasi learning management system berbasis website yang di design sebagai media tambahan atau pengayaan pembelajaran

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pada bab ini akan dilakukan implementasi dan pengujian terhadap sistem. Tahapan ini dilakukan setelah perancangan selesai dilakukan dan selanjutnya akan diimplementasikan

Lebih terperinci

Membangun Website dengan Joomla!

Membangun Website dengan Joomla! ! Joomla! adalah salah satu Content Management System (CMS) yang banyak digunakan saat ini karena Joomla! menawarkan kemudahan dalam meng-update isi website, pengaturan tampilan Website dan pengelolaan

Lebih terperinci

SMK BATIK 2 SURAKARTA

SMK BATIK 2 SURAKARTA MANUAL INSTALASI SERVER DAN CLIENT UNBK (COMPUTER BASED TEST) 2015/2016 Oleh : PRIS PRIYANTO SMK BATIK 2 SURAKARTA Team UNBK SMK Batik 2 Surakarta MODUL INSTALASI UNBK (Computer Based Test) Team UNBK SMK

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA

BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA WEB-BASE SISTEM PELAPORAN ON LINE PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI AREAL KONSESI MITRA Buku Panduan untuk Pengguna - Web-Base Sistem Pelaporan On Line Pengendalian

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM

PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM DAFTAR ISI 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Halaman Login Halaman Penginputan Surat Keluar Halaman Penginputan Surat Masuk Non-SKPD Halaman Tampilan Tabel Surat

Lebih terperinci

USER MANUAL APLIKASI DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA

USER MANUAL APLIKASI DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA 2017 USER MANUAL APLIKASI 1 1. Pendahuluan User Manual APLIKASI berisi informasi tata-cara penggunaan sistem yang bertujuan agar pemakai (user) dapat mengoperasikan sistem tersebut dengan benar. 1.1 Cara

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Asesor Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Akreditasi Tutorial ini akan memberikan pemahman kepada Asesor bagaimana

Lebih terperinci

LAMPIRAN. 1. Apakah kamu merasa kesulitan dalam mempelajari sistem peredaran darah

LAMPIRAN. 1. Apakah kamu merasa kesulitan dalam mempelajari sistem peredaran darah LAMPIRAN Lampiran 1 Pertanyaan Analisis Kuisioner 1. Apakah kamu merasa kesulitan dalam mempelajari sistem peredaran darah manusia? a. Sangat sulit b. Sulit c. Cukup sulit d. Tidak sulit 2. Apakah yang

Lebih terperinci

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Aplikasi Pendukung Untuk Menjalankan Website 1. Browser (Chrome, Mozilla Firefox, etc) 2. Xampp Versi 3.2.1 Xampp dibutuhkan apabila mengakses website dalam server local. Berikut

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4. 1 Implementasi Sistem Atau Aplikasi 4. 1. 1 Spesifikasi Sistem Aplikasi pengolahan jurnal online berbasis web dibuat dengan menggunakan bahasa PHP 5.0 sebagai

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU SMP NEGERI 1 PRAMBANAN BERBASIS WEB

SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU SMP NEGERI 1 PRAMBANAN BERBASIS WEB SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU SMP NEGERI 1 PRAMBANAN BERBASIS WEB Disusun Oleh : ERLIANA PRIMAYANTI 065610127 SISTEM INFORMASI STRATA 1 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AKAKOM

Lebih terperinci

PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS

PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS DAFTAR ISI Daftar perubahan manual SIPTL External... 2 Pendahuluan... 5 Tentang Aplikasi... 5 Kebutuhan Perangkat... 5 Fitur

Lebih terperinci

Step-Step dalam pembuatan Web

Step-Step dalam pembuatan Web Step-Step dalam pembuatan Web Langkah-langkah pembuatannya tidak terlalu sulit. Yang pertama dilakukan adalah kita harus menginstall web servernya yaitu misalnya XAMPP. Setelah itu, kita langsung bisa

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perangkat lunak (software) lain dan perangkat keras (hardware) tertentu. Berikut ini

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perangkat lunak (software) lain dan perangkat keras (hardware) tertentu. Berikut ini BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Implementasi Sistem Sistem atau aplikasi dapat berjalan dengan baik, karena ditunjang oleh perangkat lunak (software) lain dan perangkat keras (hardware)

Lebih terperinci

PANDUAN UNBK UNTUK PELAKSANA, PROKTOR, PENGAWAS, TEKNISI DAN TATA TERTIB PESERTA I. PANDUAN SEKOLAH/MADRASAH PELAKSANA UNBK

PANDUAN UNBK UNTUK PELAKSANA, PROKTOR, PENGAWAS, TEKNISI DAN TATA TERTIB PESERTA I. PANDUAN SEKOLAH/MADRASAH PELAKSANA UNBK PANDUAN UNBK UNTUK PELAKSANA, PROKTOR, PENGAWAS, TEKNISI DAN TATA TERTIB PESERTA I. PANDUAN SEKOLAH/MADRASAH PELAKSANA UNBK 1. menentukan pembagian sesi ujian UNBK; 2. menunjuk proktor, pengawas, dan teknisi.

Lebih terperinci

Cara Menjalankan Aplikasi Exambro CBTSync [CBTSync Terbaru]

Cara Menjalankan Aplikasi Exambro CBTSync [CBTSync Terbaru] Cara Menjalankan Aplikasi Exambro CBTSync [CBTSync Terbaru] Cara Menjalankan Aplikasi Exambro CBTSync [CBTSync Terbaru Simulasi 2 unbk 2017] CBTSync adalah aplikasi yang mengatur lalu lintas data yang

Lebih terperinci

MANUAL UNTUK MENJALANKAN

MANUAL UNTUK MENJALANKAN MANUAL UNTUK MENJALANKAN Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi php dan javascript sebagai rancangan interface, untuk tempat penyimpanan data (database) digunakan MySQL client version: 5.1.37.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-catalogue PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA Update 25 Mei 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-catalogue Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam Aplikasi...

Lebih terperinci

Tambah Data Pengumuman C. ADMIN/HRD Link Menuju Halaman Depan Icon status Level User, Ganti Password dan Logout...

Tambah Data Pengumuman C. ADMIN/HRD Link Menuju Halaman Depan Icon status Level User, Ganti Password dan Logout... 2 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 TUTORIAL APLIKASI ABSENKU KARYAWAN... 5 Membuka Halaman login... 5 A. STAFF... 6 1. Link Menuju Halaman Depan... 7 2. Icon status Level User, Ganti Password dan Logout... 7

Lebih terperinci

ELIRA - PTLR USER MANUAL V1.0. Badan Tenaga Nuklir Nasional. layanan.batan.go.id/ptlr/elira PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL

ELIRA - PTLR USER MANUAL V1.0. Badan Tenaga Nuklir Nasional. layanan.batan.go.id/ptlr/elira PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL USER MANUAL V1.0 PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL ELIRA - PTLR PUSAT TEKNOLOGI LIMBAH RADIOAKTIF Badan Tenaga Nuklir Nasional layanan.batan.go.id/ptlr/elira DAFTAR ISI DAFTAR ISI...i DAFTAR TABEL... ii DAFTAR

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- CATALOGUE PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- CATALOGUE PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- CATALOGUE PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA Update 21 Januari 2015 E- CATALOGUE PENYEDIA 1 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 3 1.1 Alur Proses e- Catalogue Produk Barang/Jasa

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 62 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

Instalasi Joomla 1.7

Instalasi Joomla 1.7 Instalasi Joomla 1.7 Pada bab ini akan membahas mengenai langkah-langkah instalasi Joomla 1.7 di komputer. Sebelum mempelajari fitur-fitur yang ada di Joomla 1.7 Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. proses mengubah hasil dari analisis kedalam bahasa pemrograman yang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. proses mengubah hasil dari analisis kedalam bahasa pemrograman yang BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Dalam tahap ini merupakan pembuatan sistem yang membutuhkan proses mengubah hasil dari analisis kedalam bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Implementasi adalah sebuah tahap dimana analisa dan rancangan yang sudah dibuat sebelumnya dijalankan. Pada tahap ini perangkat keras dan perangkat lunak

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Sekolah. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Sekolah. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Sekolah Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan

Lebih terperinci

LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom

LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom LANGKAH INSTALL XAMPP DAN WORDPRESS DI PC KOMPUTER Oleh: Akhmad Syaiful, S.Kom Bagi Anda yang ingin membuat website namun belum memiliki domain dan hosting sendiri, jangan berkecil hati dulu. Karena masih

Lebih terperinci

PANDUAN POKOK PIKIRAN

PANDUAN POKOK PIKIRAN PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Pokok Pikiran ini dibuat untuk tujuan sebagai

Lebih terperinci

PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROPINSI DAN KABUPATEN/KOTA

PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROPINSI DAN KABUPATEN/KOTA 7 LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18/PRT/M/2011 TENTANG PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN

Lebih terperinci

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6.

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6. Panduan Instalasi Aplikasi SIDeKa 1. Instalasi Web Server menggunakan XAMPP. Di Windows Web Server diperlukan untuk menjalankan aplikasi SIDeKa, karena aplikasi ini dibangun berbasis web (Web Base). Step

Lebih terperinci

soal tes + ujian asil + ujian BUKU PANDUAN SISTEM MANAJEMEN KONTEN PADA PLATFORM MOODLE Buku Panduan CMS pada Platform Moodle 1

soal tes + ujian asil + ujian BUKU PANDUAN SISTEM MANAJEMEN KONTEN PADA PLATFORM MOODLE Buku Panduan CMS pada Platform Moodle 1 soal tes + ujian asil + ujian BUKU PANDUAN SISTEM MANAJEMEN KONTEN PADA PLATFORM MOODLE Buku Panduan CMS pada Platform Moodle 1 Daftar Isi Daftar Isi...2 BAB I. PENDAHULUAN...3 1.1. Sekilas Tentang Moodle...3

Lebih terperinci

1. Prosedur Persiapan Aplikasi Berikut ini adalah panduan untuk melakukan install aplikasi untuk dapat menjalankan program penilai esai otomatis :

1. Prosedur Persiapan Aplikasi Berikut ini adalah panduan untuk melakukan install aplikasi untuk dapat menjalankan program penilai esai otomatis : PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM 1. Prosedur Persiapan Aplikasi Berikut ini adalah panduan untuk melakukan install aplikasi untuk dapat menjalankan program penilai esai otomatis : 1.1. Download Aplikasi berikut:

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 72 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1. Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada sub bab ini akan dijelaskan

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR USER MANUAL

KATA PENGANTAR USER MANUAL KATA PENGANTAR A rsip Nasional RI (ANRI) adalah lembaga pemerintah non kementerian yang melaksanakan tugas negara di bidang kearsipan. Salah satu tugas ANRI adalah melaksanakan kebijakan di bidang konservasi

Lebih terperinci

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Persiapan Generate Data Awal... 2 3 Cara Masuk Ke Aplikasi... 6 4 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 5 Cara Sorting Dan Filtering Untuk

Lebih terperinci

Mengembangkan Website Berbasis Wordpress

Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Mengembangkan Website Berbasis Wordpress Bagian 1: Pengenalan dan Instalasi Wordpress Hanif Rasyidi Pendahuluan Perkembangan teknologi saat ini membuat internet menjadi salah satu sumber utama dalam pencarian

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah)

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah) 2015 BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah) PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PMDK POLITEKNIK NEGERI Daftar Isi Daftar Isi...2 1. Petunjuk Umum PMDK-PN...3 1.1. Login Sekolah...3

Lebih terperinci

Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL

Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL 1. Ketikkan alamat http://ejournal.undiksha.ac.id untuk mengakses alamat ejournal. Maka tampil halaman website sebagai berikut. 2. Untuk mengakses halaman admin,

Lebih terperinci

APLIKASI SIMDIKLAT KEAHLIAN GANDA

APLIKASI SIMDIKLAT KEAHLIAN GANDA APLIKASI SIMDIKLAT KEAHLIAN GANDA SUPLEMEN :: PEMBEKALAN Buku panduan untuk mengoperasikan aplikasi simdiklat untuk diklat keahlian ganda 0 RIWAYAT DOKUMEN Nomor Revisi 01 Tanggal Revisi 10 November 2016

Lebih terperinci

Manual Pendataan CAPESUN SLB

Manual Pendataan CAPESUN SLB DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... i ii PENDAHULUAN... SPESIFIKASI... 1. Spesifikasi Komputer... 2. Spesisikasi Aplikasi... 3. Situs Web Entry Data... 4. Auto Log Out... 5. Download File... 1 1

Lebih terperinci

Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla

Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla Posted by: yoedha / Category: Langkah-langkah Pembuatan Web dengan Joomla... Dewasa ini internet sudah merasuki semua masyarakat dunia. Mereka menganggap internet

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Instalasi Software Dalam penulisan tugas akhir ini, pembuatan program dibuat dengan menggunakan aplikasi pendukung seperti: Web Server, aplikasi pengelolaan sampah

Lebih terperinci

Gambar Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua)

Gambar Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua) Gambar 4.149 Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Langkah Dua) 270 Gambar 4.150 Rancangan Layar Halaman Kuis Guru (Cek) 271 Gambar 4.151 Rancangan Layar Halaman Nilai Guru 272 Gambar 4.152 Rancangan Layar

Lebih terperinci

PETUNJUK UMUM APLIKASI & TATA CARA PENDAFTARAN PPDB ONLINE TINGKAT SMP KOTA TANGERANG SELATAN

PETUNJUK UMUM APLIKASI & TATA CARA PENDAFTARAN PPDB ONLINE TINGKAT SMP KOTA TANGERANG SELATAN PETUNJUK UMUM APLIKASI & TATA CARA PENDAFTARAN PPDB ONLINE TINGKAT SMP KOTA TANGERANG SELATAN Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMP Online (PPDB) merupakan sebuah aplikasi berbasis web (web

Lebih terperinci

Daftar Isi. Login Sekolah... 2 Informasi Sekolah... 6 Data Siswa... 9 Data Prestasi Siswa Informasi Hasil Seleksi

Daftar Isi. Login Sekolah... 2 Informasi Sekolah... 6 Data Siswa... 9 Data Prestasi Siswa Informasi Hasil Seleksi Daftar Isi Daftar Isi Login Sekolah... 2 Informasi Sekolah... 6 Data Siswa... 9 Data Prestasi Siswa... 13 Informasi Hasil Seleksi... 16 Halaman 1 dari 17 1. Login Sekolah Requirement 1) Sekolah yang memiliki

Lebih terperinci

PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PLANNING KOTA PEMATANGSIANTAR

PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PLANNING KOTA PEMATANGSIANTAR PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PLANNING KOTA PEMATANGSIANTAR 1 A. Pendahuluan 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Pokok Pikiran ini dibuat untuk tujuan sebagai wujud dari kedaulatan

Lebih terperinci

Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win )

Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win ) Cara Meng-install Web Server Lokal (xampp-win32-1.7.3.) 1. Apabila Anda belum mempunyai file setup XAMMP yang akan di-install, silahkan unduh (download) terlebih dahulu 2. Setelah berhasil mengunduh file

Lebih terperinci

4. Pilih direktori tempat penyimpanan lalu klik Lanjut. A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM

4. Pilih direktori tempat penyimpanan lalu klik Lanjut. A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM A. INSTALLASI SOFTWARE 1. Masukkan CD Program ke dalam CD ROM 4. Pilih direktori tempat penyimpanan lalu klik Lanjut 2. Lanjut untuk melanjutkan 5. Centangi 2 opsi seperti pada gambar, klik Lanjut 3. Pilih

Lebih terperinci

USER MANUAL SISTEM INFORMASI PEMBINAAN GEDUNG DAN BAGUNAN

USER MANUAL SISTEM INFORMASI PEMBINAAN GEDUNG DAN BAGUNAN USER MANUAL SISTEM INFORMASI PEMBINAAN GEDUNG DAN BAGUNAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) Modul Tata Cara pemeriksaan Kesesuaian substansi Perda BG pada http://103.12.84.126/simbg/ Halaman 1 A. Mengakses

Lebih terperinci

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting:

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting: Cara install wordpress di local host Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk memasang wordpress di localhosting: Xampp wordpress terbaru, download disini https://wordpress.org/download/

Lebih terperinci

PANDUAN SUBMIT (UPLOAD) Proposal/Persetujuan Anggota/Input Logbook/Lap. Kemajuan/ Keuangan/ Laporan Akhir iris1103.uns.ac.id

PANDUAN SUBMIT (UPLOAD) Proposal/Persetujuan Anggota/Input Logbook/Lap. Kemajuan/ Keuangan/ Laporan Akhir iris1103.uns.ac.id PANDUAN SUBMIT (UPLOAD) Proposal/Persetujuan Anggota/Input Logbook/Lap. Kemajuan/ Keuangan/ Laporan Akhir iris1103.uns.ac.id 1 1. Buka browser dan ketik http://iris1103.uns.ac.id , sehingga akan

Lebih terperinci

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Persiapan Generate Data Awal... 2 3 Cara Masuk Ke Aplikasi... 5 4 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 5 Cara Sorting Dan Filtering Untuk

Lebih terperinci

PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROPINSI DAN KABUPATEN/KOTA

PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROPINSI DAN KABUPATEN/KOTA Lampiran Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 18/PRT/M/2011 Tanggal : 7 Desember 2011 PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN DATABASE JALAN PROPINSI DAN KABUPATEN/KOTA 1 PEDOMAN TEKNIS SISTEM PENGELOLAAN

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Pada tahapan ini sistem yang telah dirancang pada tahap ke tiga akan dikembangkan, sehingga sistem yang dibuat harus mengacu pada rancangan yang telah

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL SMK ( Sinkronisasi dan Pelaksanaan )

PETUNJUK PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL SMK ( Sinkronisasi dan Pelaksanaan ) PETUNJUK PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL SMK ( Sinkronisasi dan Pelaksanaan ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia PERSIAPAN SEKOLAH Sekolah menyiapkan Server yang tercatat dalam aplikasi

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE Aplikasi SKP Online merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah PNS dalam penyusunan dan penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan aturan-aturan

Lebih terperinci

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA 1 Sistem Informasi Kemiskinan dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan dalam penanggulangan kemiskinan secara

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN UJI COBA

BAB IV HASIL DAN UJI COBA BAB IV HASIL DAN UJI COBA Adapun yang akan dibahas pada bab ini yaitu mengenai hasil dari pembahasan Sistem Informasi Geografis Lokasi Studio Prewedding di kota medan, yang telah dibuat serta akan dipaparkan

Lebih terperinci

PEDOMAN PELAKSANAAN UNBK 2016

PEDOMAN PELAKSANAAN UNBK 2016 PEDOMAN PELAKSANAAN UNBK 2016 PANDUAN PROKTOR A. Tugas Proktor Sebelum Ujian 1. mengecek dan memastikan semua server terhubung dengan internet; 2. mengecek IP address komputer peserta seluruhnya sudah

Lebih terperinci

Bab 4 Implementasi dan Evaluasi

Bab 4 Implementasi dan Evaluasi Bab 4 Implementasi dan Evaluasi 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka 47 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka dihasilkan suatu aplikasi pengolahan data service pada CV. Salsabila Multi Jasa Palembang, adapun

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 81 BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan

Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan untuk Industri/Perusahaan U s e r M a n u a l VERSI 1.0 COPYRIGHT @2015 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 3 Aplikasi SIAPIK... 3 Halaman Beranda Aplikasi SIAPIK...

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN CARA PENGGUNAAN APLIKASI PERHITUNGAN TITIK IMPAS PADA MULTIPLE PRODUCT

BUKU PANDUAN CARA PENGGUNAAN APLIKASI PERHITUNGAN TITIK IMPAS PADA MULTIPLE PRODUCT LAMPIRAN BUKU PANDUAN CARA PENGGUNAAN APLIKASI PERHITUNGAN TITIK IMPAS PADA MULTIPLE PRODUCT a. Cara penggunaan dasar aplikasi. Untuk membuka apllikasi ini diperlukan beberapa software pendukung diantaranya

Lebih terperinci

Buku Manual. Download, Aplikasi Aspak, dan Tanya Jawab.

Buku Manual. Download, Aplikasi Aspak, dan Tanya Jawab. Buku Manual Gambar diatas adalah halaman awal yang akan muncul pada saat pertama kali membuka situs aspak.buk.depkes.go.id. Lalu dibawah judul terdapat beberapa link yaitu : Beranda, Halaman Download,

Lebih terperinci

GhaidaKoperasi Software Koperasi Berbasis Web

GhaidaKoperasi Software Koperasi Berbasis Web GhaidaKoperasi Software Koperasi Berbasis Web indogt Software Development indogt.com GhaidaKoperasi Software Koperasi Berbasis Web I. Pendahuluan indogt Software Development indogt.com Apa itu GhaidaKoperasi?

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 Untuk Operator Sekolah Dasar Modul 1 Registrasi, Login, Ubah Profil, dan Logout A. Registrasi 1. Buka web browser dan ketikkan pada url kurtilas.org/register.

Lebih terperinci

Daftar Isi. 6.1.1 Langkah-langkah untuk sorting data :... 7. 6.2 Filtering Data... 8. 6.2.1 Langkah 1 untuk filtering data :... 8

Daftar Isi. 6.1.1 Langkah-langkah untuk sorting data :... 7. 6.2 Filtering Data... 8. 6.2.1 Langkah 1 untuk filtering data :... 8 Daftar Isi Daftar Isi... i 1 Pendahuluan... 1 2 Alur Sistem PDDIKTI... 1 3 Persiapan Generate Data Awal... 2 4 Cara Masuk Ke Aplikasi... 5 5 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 6 Cara Sorting Dan Filtering

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN PPDB ONLINE SMK NEGERI PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAAN

PANDUAN PENDAFTARAN PPDB ONLINE SMK NEGERI PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAAN PANDUAN PENDAFTARAN PPDB ONLINE SMK NEGERI PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAAN 1. Buka web browser (Mozila Firefox, Google Chrome, Internet Explorer maupun lainnnya)

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini akan dijelaskan implementasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. harus dijalankan diantaranya adalah: hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN. harus dijalankan diantaranya adalah: hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut: BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5.1 Implementasi sistem Tahap implementasi sistem ini merupakan tahap meletakan sistem supaya siap untuk dioperasikan. Dalam implementasi perancangan aplikasi web E-Commerce

Lebih terperinci

ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB

ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB ADMIN MANUAL AL-QUR AN WEB Pendahuluan AL-QUR AN WEB adalah program aplikasi pencarian ayat-ayat Al-Qur an berbasis web. Untuk dapat mengakses program maka user perlu menggunakan internet browser dan mengunjungi

Lebih terperinci

Panduan Praktikum Aplikasi Komputer Aplikasi Komputer berbasis web

Panduan Praktikum Aplikasi Komputer Aplikasi Komputer berbasis web 2015 Panduan Praktikum Aplikasi Komputer Aplikasi Komputer berbasis web Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2014/2015 Arigus Wahyu Nur Prabowo UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 4/14/2015

Lebih terperinci

2014 User Manual SIKEMAS

2014 User Manual SIKEMAS 2014 User Manual SIKEMAS 2014 Sistem Informasi Kemahasiswaan Universitas Jenderal Soedirman Bagian Kemahasiswaan UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO User Mahasiswa 1. Login Sistem Informasi Kemahasiswaan

Lebih terperinci

Menjalankan Program Aplikasi Web Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa SMA Negeri 1 Piyungan Bantul

Menjalankan Program Aplikasi Web Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Menjalankan Program Aplikasi Web Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa SMA Negeri 1 Piyungan Bantul Siapkan Kebutuhan (Requirements) Untuk menjalankan Program Aplikasi Web Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN PENDAFTRAN MAHASISWA ONLINE. Panduan Pendaftaran Mahasiswa Online IST AKPRIND Yogyakarta

PANDUAN PENGGUNAAN PENDAFTRAN MAHASISWA ONLINE. Panduan Pendaftaran Mahasiswa Online IST AKPRIND Yogyakarta PANDUAN PENGGUNAAN PENDAFTRAN MAHASISWA ONLINE 2017 Panduan Pendaftaran Mahasiswa Online IST AKPRIND Yogyakarta PANITIA PENMARU Email : penmaru@akprind.ac.id Hunting : (0274) 555032 Daftar ISI 1. Halaman

Lebih terperinci

PENGENALAN POLA WAJAH DENGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION UNTUK PRESENSI REAL-TIME ANGGOTA PERPUSTAKAAN STMIK AKAKOM YOGYAKARTA

PENGENALAN POLA WAJAH DENGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION UNTUK PRESENSI REAL-TIME ANGGOTA PERPUSTAKAAN STMIK AKAKOM YOGYAKARTA BUKU PEDOMAN PENGGUNAAN APLIKASI PENGENALAN POLA WAJAH DENGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION UNTUK PRESENSI REAL-TIME ANGGOTA PERPUSTAKAAN STMIK AKAKOM YOGYAKARTA Mukhamad Rintaufani STMIK AKAKOM

Lebih terperinci

MODUL JOOMLA! oleh: Putu A. Widhiartha dan Made J. Wiranatha BAB II INSTALASI JOOMLA

MODUL JOOMLA! oleh: Putu A. Widhiartha dan Made J. Wiranatha BAB II INSTALASI JOOMLA MODUL JOOMLA! oleh: Putu A. Widhiartha dan Made J. Wiranatha BAB II INSTALASI JOOMLA Installasi Joomla dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online dan offline. Jika anda hendak melakukan installasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. telah dibuat pada tahap tiga. Adapun kebutuhan software (perangkat lunak) dan BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Pada tahapan ini sistem yang telah dirancang pada tahap ke tiga akan dikembangkan sehingga sistem yang dibuat harus mengacu pada rancangan yang telah

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Aplikasi IBS RB BPR

Petunjuk Teknis Aplikasi IBS RB BPR User Manual IBS RBBPR 1 Petunjuk Teknis Aplikasi IBS RB BPR I. Pendahuluan Petunjuk teknis ini dibuat sebagai panduan dalam melakukan setup Aplikasi IBS RBBPR. Pada intinya Aplikasi IBS RBBPR ini harus

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT PENGGUNAAN

PANDUAN SINGKAT PENGGUNAAN PANDUAN SINGKAT PENGGUNAAN E RAPOR SMA V. 08.b OLEH : TIM e-rapor SMA Direktorat Pembinaan SMA SYARAT BERJALANNYA SISTEM A. Instalasi Aplikasi. Syarat Teknis Server Untuk mendukung instalasi e-rapor SMA

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Tahap implementasi dan pengujian sistem, dilakukan setelah tahap analisis dan perancangan selesai dilakukan. Pada bab ini akan dijelaskan

Lebih terperinci

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 1. Tujuan dan Sasaran Manual ini dibuat sebagai padoman bagi para petugas operator / database KTA GAPENSI didalam menggunakan aplikasi

Lebih terperinci

DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... PENDAHULUAN...

DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... PENDAHULUAN... DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... PENDAHULUAN... i ii 1 A. Halaman Utama... 2 B. My Account... 3 1. Update Profil Dinas... 2. Edit Pengguna... 3. Logout/keluar... 4 6 8 C. Data Master... 9 1.

Lebih terperinci

1. Agar bisa mengakses aplikasi ini, yang pertama kali harus dilakukan adalah menyalakan XAMPP.

1. Agar bisa mengakses aplikasi ini, yang pertama kali harus dilakukan adalah menyalakan XAMPP. 1. Agar bisa mengakses aplikasi ini, yang pertama kali harus dilakukan adalah menyalakan XAMPP. 2. Setelah itu, kita memasukkan username dan password pada halaman login aplikasi. Admin Username : admin

Lebih terperinci