PANITIA STUDI ISLAM DAN TAFAKKUR ALAM (SITA) XV DEWAN KESEJAHTERAAN MASJID NURUL FALAH SEKOLAH TINGGI PERIKANAN

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANITIA STUDI ISLAM DAN TAFAKKUR ALAM (SITA) XV DEWAN KESEJAHTERAAN MASJID NURUL FALAH SEKOLAH TINGGI PERIKANAN"

Transkripsi

1 A. PENDAHULUAN Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dari peningkatan akhlak. Peningkatan akhlak generasi muda adalah sebagai sarana pembentukan kepribadian bangsa yang berlandaskan nilai-nilai religi dalam pelaksanaan segala aspek kehidupan. Oleh karena itu, perlu dioptimalkan ukhuwah baik antara sesama muslim maupun dengan agama lain. Hal tersebut menunjukan kesungguhan untuk memposisikan pendidikan sebagai titik tolak membangun profesionalisme dan integritas dalam rangka mewujudkan masyarakat yang beradab. Selain itu aspek-aspek yang sederhana juga tidak bisa ditinggalkan oleh manusia, seperti interaksi antar sesama dan juga perlu berinteraksi dengan lingkungan dan menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan, keduanya merupakan fitrah manusia. Manusia diciptakan untuk saling membutuhkan ukhuwah antar sesama, kita harus mengenalnya dengan cara-cara yang sesuai dengan tuntunan. Sedangkan fitrah mencintai keindahan hendaknya tidak hanya digunakan untuk memuaskan nafsu belaka, namun hendaklah digunakan juga sebagai salah satu media untuk mengingat keberadaan kita sebagai makhluk dan juga keberadaan dan kekuasaan Sang Maha Pencipta, sehingga kita tidak terlena oleh keindahan tersebut namun justru kita akan lebih mensyukuri. Dinul Islam yang disampaikan oleh Rosulullah SAW, tidak hanya memberikan penjelasan aspek-aspek kecil dari kehidupan, tetapi juga memberikan penjelasan komprehensif kepada seluruh aspek-aspek problematika kehidupan manusia disertai solusi terbaiknya. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita sebagai umat Rosulullah SAW, memposisikan diri dalam aplikasi Diinul Islam sehingga manusia dan alam semesta mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

2 B. DASAR PEMIKIRAN Sebagai dasar pertimbangan dalam melaksanakan Studi Islam dan Tafakur Alam ini antara lain : 1. Sebagaimana bunyi firman Allah SWT dalam Q.S Al Alaq yang berbunyi Iqro atau Bacalah baik itu yang tersurat dalam Al Qur an maupun yang tersirat di alam semesta ini. Di dalam surat lain Allah SWT. Berfirman Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang berakal. Yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Tuhan kami, tidaklah engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka ( QS. Ali Imran: ). Hal senada juga disabdakan oleh Rasulullah SAW: Menuntut ilmu (belajar) itu wajib bagi setiap Muslim dan Muslimah (H.R Bukhori Muslim). 2. Program kerja Senat Taruna, serta 3. Visi dan misi Sekolah Tinggi Perikanan dalam membentuk manusia perikanan yang bertaqwa. C. TUJUAN KEGIATAN 1. Membina Taruna/i yang berkualitas, disiplin, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. 2. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan/ kebersamaan diantara Taruna/i Sekolah Tinggi Perikanan. 3. Mendukung pencapaian visi dan misi STP, serta program kerja Senat Taruna Sekolah Tinggi Perikanan. 4. Sebagai sarana recruitment pengurus Rohis NF. Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

3 D. WAKTU DAN TEMPAT Adapun waktu pelaksanaannya adalah pada hari Rabu s/d Sabtu, yang bertempat di Pondok Pesantren Al Ithifak Ciwidey Bandung-Jawa Barat. E. NAMA KEGIATAN Kegiatan ini diberi nama Studi Islam dan Tafakur Alam Ke XV F. PESERTA Peserta kegiatan Taruna/Taruni muslim tingkat 1 (Remaja). G. JENIS KEGIATAN Jenis kegiatan SITA XV ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal Rabu 23 Januari Jum at 25 Januari Dengan rincian kegiatan (Terlampir). H. RENCANA ANGGARAN Jumlah dana yang dibutuhkan pada kegiatan SITA Ke XV kali ini sebesar Rp ,- ( Rincian terlampir). I. PANITIA PELAKSANA Pelaksana kegiatan ini adalah Senat Taruna Sekolah Tinggi Perikanan yang dibentuk dibawah koordinasi Seksi Kerohanian. (Terlampir) J. SEKRETARIAT Masjid Nurul Falah, kampus Sekolah Tinggi Perikanan ( STP) PO. BOX 7239/PSM, Pasar minggu Jakarta selatan Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

4 K. PENUTUP Demikian proposal SITA Ke XV ini dibuat. Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas pada umumnya dan Taruna/I Sekolah Tibnggi Perikanan pada khususnya. Semoga Allah SWT memberikan petunjuk dan bimbingan-nya serta kekuatan iman dan taqwa bagi umat-nya. Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

5 LEMBAR PENGESAHAN Kasie Kerohanian Hormat Kami, Jakarta, Desember 2012 Ketua Krisna Dani Bahari Fadli Muhamad Akbar Sa un Pembina Kerohanian Islam Ketua Senat Taruna Saifurridjal, M.Ed Hariono Pembantu Ketua III Mengetahui, Ka. Unit Pembinaan Taruna dan Asrama I Ketut Daging A.PI,MT Menyetujui, Abdul Rahman, A.Pi,M.Si Ketua Sekolah Tinggi Perikanan Dr.Ir Djojo Suwardjo M.MA Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

6 Lampiran :1 Anggaran Biaya Pengeluaran 1. Kesekretariatan Rp ,- 2. Transportasi (7 Bus) x Rp ,-) Rp ,- 3. Dokumentasi Rp ,- 4. Konsumsi peserta 430 dan tempat Rp ,- peserta (430 x 2 x ) Rp ,- 5. Obat-obatan Rp ,- 6. Penceramah (4 x Rp ,-) Rp ,- 7. Survey lokasi Rp ,- 8. Kenang-kenangan ( 350 x ,-) Rp ,- 9. Rekreasi ( 430 x Rp ,-) Rp ,- 10. Perlengkapan Spanduk (3 x ,-) Rp ,- Perlengkapan Out Bond Rp ,- Biaya tak terduga Rp ,- + JUMLAH Rp ,- PEMASUKAN : 1.Peserta (350 x Rp ,-) Rp ,- ( 80 x Rp ,-) Rp ,- 2. pengalihan uang makan ( 430 x 3 x Rp ,-) Rp Donatur Rp + JUMLAH Rp ,- Jadi jumlah dana yang masih kurang untuk kegiatan ini adalah sebesar Rp ,- Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

7 Lampiran :2 Jenis Kegiatan dan Susunan Acara No Hari/Tanggal Waktu Kegiatan Pengisi Acara 1. Rabu, Persiapan 23 Januari Perjalanan Ke Lokasi panitia Tiba Dan Pembagian Tempat ISHOMA Pembukaan Ma rifatul Lokasi Sholat Ashar Berjamaah Riyadoh (Senam) Kegiatan bersih - bersih Makan Sore Shalat Magrib, Kajian, Shalat Isya Materi ( agriculture ) Pengecekan Malam Istirahat Ust firman 2. Kamis 24,Januari Qiyamullail + muhassabah Shalat subuh berjamaah Ust. Firman Riyadoh (senam pagi) Bersih-bersih Sarapan pagi Games Ust Masyudi Ishoma Kembali ke Penginapan Bersih-Bersih Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

8 Shalat Ashar Sharing Makan malam Shalat magrib, kajian, Shalat isya Motivasi dan renungan Pengecekan malam Istirahat 3. Jum at Qiyamullail Shalat Subuh Berjamaah Ust Arif 25,Januari Al Ma tsurat dan kajian Riyadoh (Senam) Sarapan Pagi Outbond Upacara penutupan kepulangan Shalat Jum at Berangkat pulang menuju Kampus STP Ust. Masyudi Ust Masyudi panitia Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

9 Nomor : - Jakarta,Desember 2012 Lampiran : Perihal : Permohonan Bantuan Sehubungan dengan adanya kegiatan SITA ( Studi Islam dan Tafakkur Alam ) yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 januari 25 januari kami dari panitia menemukan beberapa kendala yaitu kurangnya sejumlah dana, maka kami meminta bantuan kepada : Nama : Kak Miftahudin Alumni : STP ank 35 Untuk menyebarkan proposal ini ( terlampir ) dalam rangka meminta bantuan donatur kepada alumni Sekolah Tinggi Perikanan untuk mendukung kegiatan tersebut diatas. Adapun donatur dapat ditransfer ke rekening panitia. BNI : / an syarifuddin siregar Demikian atas bantuan dan donatur yang diberikan, semoga amal ibadah kita diterima allah swt. Assalamualaikum wr.wb Contac person : Syarifuddin siregar : Fadhli : Ketua M. Fadhli A. S Kegiatan SITA (Studi Islam dan Tafakkur Alam)

BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI 117 BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI Bab terakhir ini berisikan uraian kesimpulan penelitian yang telah dilakukan. Selain itu diajukan beberapa rekomendasi yang telah berpedoman pada hasil penelitian untuk

Lebih terperinci

PROPOSAL KEGIATAN. Latihan Kepemimpinan I Keluarga Mahasiswa Islam UPN Veteran Yogyakarta Wisma Sermo Asri Desa Hargowilis, Kec.

PROPOSAL KEGIATAN. Latihan Kepemimpinan I Keluarga Mahasiswa Islam UPN Veteran Yogyakarta Wisma Sermo Asri Desa Hargowilis, Kec. PROPOSAL KEGIATAN Latihan Kepemimpinan I Keluarga Mahasiswa Islam UPN Veteran Yogyakarta 2010 Wisma Sermo Asri Desa Hargowilis, Kec. Kokap PROPOSAL KEGIATAN LATIHAN KEPEMIMPINAN I KELUARGA MAHASIWA ISLAM

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. permasalahan lingkungan yang ada pada saat ini. Dalam kaitannya dengan

BAB I PENDAHULUAN. permasalahan lingkungan yang ada pada saat ini. Dalam kaitannya dengan 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Permasalahan lingkungan yang terkait dengan kenekaragaman hayati saat ini cukup menyita banyak perhatian dari berbagai kalangan terutama pada peneliti, lembaga konservasi

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. jawab. Masa remaja ditandai dengan pengalaman-pengalaman baru. indah dan tanda tanya (Basri, 1995:4).

BAB I PENDAHULUAN. jawab. Masa remaja ditandai dengan pengalaman-pengalaman baru. indah dan tanda tanya (Basri, 1995:4). 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Remaja adalah mereka yang meninggalkan masa kanak-kanak yang penuh dengan ketergantungan dan menuju masa pembentukan tanggung jawab. Masa remaja ditandai dengan

Lebih terperinci

Khutbah Pertama. Jamaah Jum'at yang dirahmati Allah.

Khutbah Pertama. Jamaah Jum'at yang dirahmati Allah. Khutbah Pertama Jamaah Jum'at yang dirahmati Allah. Mari pada kesempatan yang berharga ini kita sama-sama meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Kita memohon agar Allah SWT. menghidupkan kita dalam ketakwaan

Lebih terperinci

PROJECT PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1438 H MASJID UTSMAN BIN AFFAN

PROJECT PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1438 H MASJID UTSMAN BIN AFFAN A. Pendahuluan PROJECT PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1438 H MASJID UTSMAN BIN AFFAN Bagi umat Islam bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Dimana pada bulan ini segala rahmat dan maghfiroh Allah

Lebih terperinci

WAHYU IKA WIDIYANTI A

WAHYU IKA WIDIYANTI A PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI METODE DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP 39 SEMARANG SKRIPSI Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan

Lebih terperinci

Susunan Kegiatan Pekan Orientasi Siswa Baru 2013. Susunan Acara Serah Terima Siswa Baru Tahun Pelajaran 2013-2014

Susunan Kegiatan Pekan Orientasi Siswa Baru 2013. Susunan Acara Serah Terima Siswa Baru Tahun Pelajaran 2013-2014 Susunan Kegiatan Pekan Orientasi Siswa Baru 2013 Minggu, 30 Juni 2013 1 07.00-12.00 Check in Posba Lobby,, Seluruh Panitia Asrama 2 12.00-13.00 Shalat dan Makan Siang Kantin dan Seksi Acara 3 13.00-15.00

Lebih terperinci

PROPOSAL DONASI DAKWAH GEMOLONG KAJIAN UMUM TEMATIK YA ALLAH, TUNJUKILAH AKU JALAN YANG LURUS BERSAMA USTADZ ABU ISA

PROPOSAL DONASI DAKWAH GEMOLONG KAJIAN UMUM TEMATIK YA ALLAH, TUNJUKILAH AKU JALAN YANG LURUS BERSAMA USTADZ ABU ISA PROPOSAL DONASI DAKWAH GEMOLONG KAJIAN UMUM TEMATIK YA ALLAH, TUNJUKILAH AKU JALAN YANG LURUS BERSAMA USTADZ ABU ISA Forum Kajian Masyarakat (FKM) Gemolong Sekretariat: Masjid Al Akhlaq, Klentang, Gemolong,

Lebih terperinci

PROPOSAL. BUKA PUASA Dan SANTUNAN Bersama ANAK ASUH YAYASAN TEBAR KASIH. 12 Agustus Ramadhan 1433 H. Diselenggarakan oleh:

PROPOSAL. BUKA PUASA Dan SANTUNAN Bersama ANAK ASUH YAYASAN TEBAR KASIH. 12 Agustus Ramadhan 1433 H. Diselenggarakan oleh: PROPOSAL BUKA PUASA Dan SANTUNAN Bersama ANAK ASUH 12 Agustus 2012 22 Ramadhan 1433 H Diselenggarakan oleh: YAYASAN TEBAR KASIH 2 PENDAHULUAN Bismillahirrahmanirrahim Tahukah kamu (orang)yang mendustakan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS TENTANG UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN SISWA SMP N 2 WARUNGASEM BATANG

BAB IV ANALISIS TENTANG UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN SISWA SMP N 2 WARUNGASEM BATANG BAB IV ANALISIS TENTANG UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN SISWA SMP N 2 WARUNGASEM BATANG A. Analisis Pembinaan Mental Keagamaan Siswa di SMP N 2 Warungasem Batang Pembinaan mental keagamaan

Lebih terperinci

PERGURUAN DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG ISLAMIC BOARDING SCHOOL FOR YOUNG MUSLIMAH

PERGURUAN DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG ISLAMIC BOARDING SCHOOL FOR YOUNG MUSLIMAH ALASANKU DATANG KE DINIYYAH PUTERI Mengapa sih kamu datang ke Diniyyah Puteri Padangpanjang? Ada ribuan Pesantren dan Boarding School di Indonesia. Mengapa sih kamu memilih Diniyyah Puteri Padangpanjang.?

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. bumi. Karena dengan memahami ciptaan-nya, keimanan kita akan senantiasa

BAB I PENDAHULUAN. bumi. Karena dengan memahami ciptaan-nya, keimanan kita akan senantiasa BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Islam mengajarkan kita untuk merenungkan ciptaan Allah yang ada di bumi. Karena dengan memahami ciptaan-nya, keimanan kita akan senantiasa bertambah. Salah satu tanda

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Keanekaragaman hayati yang terdapat di bumi ini pada dasarnya

BAB I PENDAHULUAN. Keanekaragaman hayati yang terdapat di bumi ini pada dasarnya BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Keanekaragaman hayati yang terdapat di bumi ini pada dasarnya merupakan amanat yang dipercayakan Allah SWT kepada umat manusia. Allah SWT memerintahkan manusia untuk

Lebih terperinci

SURAKARTA MEI 2015

SURAKARTA MEI 2015 2015 PROPOSAL PESERTA GATHERING LEADERSHIP FORUM 2015 SURAKARTA 16 17 MEI 2015 NAMA KEGIATAN GATHERING LEADERSHIP FORUM(GLF 2015) TEMA KEGIATAN GREEN YOUR NATURE, BRIGHT YOUR FUTURE LATAR BELAKANG Sistem

Lebih terperinci

Auditorium Sekt OKKABUN & Sekret PMB Kamtibkes + RS CC

Auditorium Sekt OKKABUN & Sekret PMB Kamtibkes + RS CC Jadwal Okkabun 2017 No. Hari /Tanggal Kegiatan MaBa Lokasi Penanggung jawab Pelaksana Kamis, 10/08/2017 Jumat, 11/08/2017 07.30-11.30 13.00-15.30 07.30-11.00 Test Kesehatan, Foto,Validasi Data, Pakta Integritas

Lebih terperinci

13 Agustus 2011 PROPOSAL PERMOHONAN DANA

13 Agustus 2011 PROPOSAL PERMOHONAN DANA 13 Agustus 2011 PROPOSAL PERMOHONAN DANA PANITIA SANTUNAN DAN BUKA BERSAMA ANAK YATIM IKATAN ALUMNI SMUN 47 JAKARTA ANGKATAN 2002 SANTUNAN DAN BUKA PUASA BERSAMA ANAK YATIM Assalamu alaikum Wr.Wb Wahai

Lebih terperinci

PROPOSAL Kerjasama dan Bantuan Kegiatan Sosial

PROPOSAL Kerjasama dan Bantuan Kegiatan Sosial S PROPOSAL Kerjasama dan Bantuan Kegiatan Sosial Peduli Yatim/Piatu dan Dhuafa Mengisi Ramadhan Bulan Berkah YAYASAN SETYA BUMI NUSANTARA Mukaddimah Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kelapangan

Lebih terperinci

AGENDA LANJUTAN CALON JAMAAH HAJI KHUSUS 1436 H / 2015 M

AGENDA LANJUTAN CALON JAMAAH HAJI KHUSUS 1436 H / 2015 M AGENDA LANJUTAN CALON JAMAAH HAJI KHUSUS 1436 H / 2015 M 1. Medical Check Up Dikhususkan untuk calon jamaah haji yang BELUM melakukan medical check up Hari, tanggal : Sabtu, 15 Agustus 2015 Pukul : 09.00

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. informasi seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi dan informasi ini telah

BAB I PENDAHULUAN. informasi seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi dan informasi ini telah BAB I PENDAHULUAN A. Konteks Penelitian Dewasa ini kebutuhan akan informasi dan komunikasi semakin tinggi. Seiring dengan perkembangan zaman yang selalu disertai dengan kemajuan teknologi dan informasi

Lebih terperinci

Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah

Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah Proposal Qurban 1438 H Bukti Cinta Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah Alamat : Jl. Bintara 14 No. 33A Kelurahan Bintara Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi 17134 Telp. 0815 1767 478 / 0812 9710 0091 / 0823

Lebih terperinci

Lailatul Qadar. Rasulullah SAW Mencontohkan beberapa amal khusus terkait Lailatul Qadar ini, di antaranya:

Lailatul Qadar. Rasulullah SAW Mencontohkan beberapa amal khusus terkait Lailatul Qadar ini, di antaranya: Lailatul Qadar Malam Lailatul Qadar ialah malam diturunkan Al-Qur an dan dirinci segala urusan manusia seperti rezeki, kematian, keberuntungan, hidup dan mati. Malam itu ada di setiap bulan Ramadhan. Allah

Lebih terperinci

Khutbah Jum'at. Memaafkan Sesama Sebelum Ramadhan Tiba. Bersama Dakwah 1

Khutbah Jum'at. Memaafkan Sesama Sebelum Ramadhan Tiba. Bersama Dakwah 1 Bersama Dakwah 1 KHUTBAH PERTAMA.. * Hari ini kita hampir berada di pertengahan bulan Sya'ban. Sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan yang mulia. Ini merupakan bagian dari nikmat Allah yang

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO SKRIPSI Disusun dan Diajukan Guna Memenuhi sebagai Syarat Mencapai Derajat Sarjana S-1 Oleh: ANIDA ISTIQOMAH AL

Lebih terperinci

LOGIKA BERPIKIR DALAM ISLAM

LOGIKA BERPIKIR DALAM ISLAM LOGIKA BERPIKIR DALAM ISLAM Oleh: DANUSIRI Posisi Alquran dalam Islam Posisi Alquran menempati poros dalam antero Islam karena fungsinya sebagai antara lain: Hudan linnaas (petunjuk bagi manusia (Q.S.

Lebih terperinci

PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAANN AKHLAK di SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO SKRIPSI

PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAANN AKHLAK di SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO SKRIPSI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAANN AKHLAK PESERTA DIDIK di SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo Oleh: EDY SURYANTO NIM:

Lebih terperinci

Laporan Pertanggung Jawaban Panitia Retreat POSA PNJ 2009

Laporan Pertanggung Jawaban Panitia Retreat POSA PNJ 2009 Laporan Pertanggung Jawaban Panitia Retreat POSA PNJ 2009 I. LATAR BELAKANG Memasuki era milennium yang baru, rakyat Indonesia diperhadapkan kepada kondisi bangsa dan negara yang penuh tantangan. Perjuangan

Lebih terperinci

PROPOSAL BUKA PUASA BERSAMA ANAK YATIM

PROPOSAL BUKA PUASA BERSAMA ANAK YATIM PROPOSAL BUKA PUASA BERSAMA ANAK YATIM Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh PENDAHULUAN Dalam rangka acara buka bersama anak yatim yang akan diadakan pada tanggal 21 Ramadhan 1432 H (21 Agustus

Lebih terperinci

AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID

AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID AYO BUDAYAKAN SHOLAT SUBUH DI MASJID Disarikan dari buku: MISTERI SHALAT SUBUH Karya Dr. Raghib As-Sirjani IRONI SHOLAT SUBUH Ada seorang ustad yang giat berdakwah menyerukan tegaknya syariat Islam. Herannya

Lebih terperinci

Dialihbahasakan oleh: Ummu Abdullah. Desain Sampul: Ummu Zaidaan. Edisi Revisi ke III

Dialihbahasakan oleh: Ummu Abdullah. Desain Sampul: Ummu Zaidaan. Edisi Revisi ke III Dialihbahasakan oleh: Ummu Abdullah Desain Sampul: Ummu Zaidaan Edisi Revisi ke III Sumber: Islam4Kids.com dengan beberapa penyesuaian. Aku seorang Muslim Kamu pasti bisa melihatnya Yuk, aku ceritakan

Lebih terperinci

Merenungi Makna di Balik Penetapan Waktu Shalat Thursday, 25 April :16

Merenungi Makna di Balik Penetapan Waktu Shalat Thursday, 25 April :16 Shalat adalah ibadah yang telah ditentukan waktunya. (QS. An-Nisa: 103). Setiap waktu shalat adalah pembuka titik balik dan cermin bagi umat manusia untuk mengejawantahkan rasa syukur atas kenikmatan yang

Lebih terperinci

Khutbah Jum'at. Keutamaan Bulan Sya'ban. Bersama Dakwah 1

Khutbah Jum'at. Keutamaan Bulan Sya'ban. Bersama Dakwah 1 Bersama Dakwah 1 KHUTBAH PERTAMA.. * Hari ini kita telah memasuki bulan Sya'ban. Tidak terasa telah enam hari kita bersamanya. Bulan Sya'ban, yang terletak diantara Rajab dan Ramadhan ini seringkali dilalaikan

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terlaksana tanpa ada kendala apapun. Semoga Allah SWT memberi kelancaran pada kegiatan ini.

PENDAHULUAN. Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terlaksana tanpa ada kendala apapun. Semoga Allah SWT memberi kelancaran pada kegiatan ini. PENDAHULUAN Salah satu tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mencetak generasi muda Indonesia yang berilmu pengetahuan, beriman, dan bertakwa kepada Allah SWT, serta berbudi pekerti luhur, berkepribadian,

Lebih terperinci

PROPOSAL SANTUNAN DAN BUKA PUASA BERSAMA ANAK YATIM & DHUAFA Masjid Al-Ikhlas Desa Cibuntu Kec. Cigandamekar Kab. Kuningan JABAR

PROPOSAL SANTUNAN DAN BUKA PUASA BERSAMA ANAK YATIM & DHUAFA Masjid Al-Ikhlas Desa Cibuntu Kec. Cigandamekar Kab. Kuningan JABAR No : 02/PSB/07/2011 Kuningan, 11 Juli 2011 Lamp : 1 Lampiran Hal : Permohonan Bantuan Untuk Santunan Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr/i Para Dermawan di Tempat Assalamu alaikum Wr. Wb. Puji syukur kehadirat Allah

Lebih terperinci

Nomor : 01/PH/BKO/PKS/IX/2013 Jember, 27 Syawal 1434 Lampiran : 1 Berkas 3 September 2013 : Undangan

Nomor : 01/PH/BKO/PKS/IX/2013 Jember, 27 Syawal 1434 Lampiran : 1 Berkas 3 September 2013 : Undangan Nomor : 01/PH/BKO/PKS/IX/2013 Jember, 27 Syawal 1434 Lampiran : 1 Berkas 3 September 2013 Hal : Undangan Kepada Ketua DPC PKS se-keresidenan Besuki u.p. Ketua BKO DPC se-keresidenan Besuki Di Tempat Assalamu

Lebih terperinci

LATAR BELAKANG... 2 NAMA KEGIATAN... 3 BENTUK KEGIATAN... 3 TUJUAN KEGIATAN... 3 SASARAN KEGIATAN... 3 SUSUNAN ACARA... 4 SPONSORSHIP DAN DONASI...

LATAR BELAKANG... 2 NAMA KEGIATAN... 3 BENTUK KEGIATAN... 3 TUJUAN KEGIATAN... 3 SASARAN KEGIATAN... 3 SUSUNAN ACARA... 4 SPONSORSHIP DAN DONASI... Daftar Isi LATAR BELAKANG... 2 NAMA KEGIATAN... 3 BENTUK KEGIATAN... 3 TUJUAN KEGIATAN... 3 SASARAN KEGIATAN... 3 SUSUNAN ACARA... 4 PELAKSANAAN.... 4 SPONSORSHIP DAN DONASI... 4 KEPANITIAAN... 5 RENCANA

Lebih terperinci

Khutbah Jum'at. Memakmurkan Masjid. Bersama Dakwah 1

Khutbah Jum'at. Memakmurkan Masjid. Bersama Dakwah 1 Bersama Dakwah 1 KHUTBAH PERTAMA.. * Marilah kita meningkatkan taqwa kita kepada Allah Azza wa Jalla. Taqwa yang juga menjadi wujud syukur kita kepada Allah atas segala nikmat yang telah dianugerahkannya

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN. untuk bekerja demi tercapainya tujuan organisasi. (biographical), kemampuan (ability) kepribadian (personality) dan pembelajaran

BAB V PEMBAHASAN. untuk bekerja demi tercapainya tujuan organisasi. (biographical), kemampuan (ability) kepribadian (personality) dan pembelajaran 96 BAB V PEMBAHASAN Komitmen organisasi karyawan merupakan suatu kebanggaan karyawan dan kesetiaan terhadap organisasi, dimana pada diri karyawan mempunyai kemauan untuk bekerja demi tercapainya tujuan

Lebih terperinci

LAILATIS SHOFIA NIM :

LAILATIS SHOFIA NIM : UNIVERSITAS JEMBER CHARACTER BUILDING Resume Kegiatan LAILATIS SHOFIA NIM : 1515110501174 Character Building adalah salah satu dari serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) Universitas Jember

Lebih terperinci

Visi : Mewujudkan Generasi Qurani yang Berwawasan global dan Mandiri

Visi : Mewujudkan Generasi Qurani yang Berwawasan global dan Mandiri DESAIN PESANTREN AL QURAN AMANAH UMMAT Pesantren Tahfidz Amanah ummat merupakan sebuah lembaga pendidikan yang fokus dalam mencetak generasi-generasi qur ani masa depan. Para santri bukan hanya dibekali

Lebih terperinci

KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA SAMBUTAN PADA ACARA PERINGATAN ISRA MI RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1435 H / 2014 H TANGGAL 20 JUNI 2014

KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA SAMBUTAN PADA ACARA PERINGATAN ISRA MI RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1435 H / 2014 H TANGGAL 20 JUNI 2014 KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA SAMBUTAN PADA ACARA PERINGATAN ISRA MI RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1435 H / 2014 H TANGGAL 20 JUNI 2014 Assalamu alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Yang

Lebih terperinci

Khutbah Jum'at. Menyambut Ramadhan 1432 H. Bersama Dakwah 1

Khutbah Jum'at. Menyambut Ramadhan 1432 H. Bersama Dakwah 1 Bersama Dakwah 1 KHUTBAH PERTAMA.. * Jamaah Jum at yang dirahmati Allah, Hari demi hari kita lalui, hingga kita bertemu dengan Jum'at kembali. Sebuah hari yang agung, sayyidul ayyam, yang penuh dengan

Lebih terperinci

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.

Lebih terperinci

Kiat Kiat Untuk Mendapatkan Keluasan Rezki

Kiat Kiat Untuk Mendapatkan Keluasan Rezki Kiat Kiat Untuk Mendapatkan Keluasan Rezki Oleh: Ahmad Munir Krisis Yang yang terjadi adalah bukan krisis ekonomi tapi krisis ketaqwaan 1. Memelihara Keimanan dan Ketaqwaan Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. agama. Minat terhadap agama pada remaja tampak dari aktivitas mereka dalam

BAB 1 PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. agama. Minat terhadap agama pada remaja tampak dari aktivitas mereka dalam BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Salah satu minat yang berkembang pada masa remaja adalah minat terhadap agama. Minat terhadap agama pada remaja tampak dari aktivitas mereka dalam membahas hal-hal

Lebih terperinci

SMK Muhammadiyah Pangkalan Bun tampak depan

SMK Muhammadiyah Pangkalan Bun tampak depan FOTO SMK NEGERI 1 DAN SMK MUHAMMADIYAH PANGKALAN BUN Halaman SMK Negeri 1 Pangkalan Bun digunakan untuk upacara, dll SMK Muhammadiyah Pangkalan Bun tampak depan 1 2 Unit Usaha SMK Negeri 1 Pangkalan Bun

Lebih terperinci

Adab dan Keutamaan Hari Jumat

Adab dan Keutamaan Hari Jumat Adab dan Keutamaan Hari Jumat Khutbah Pertama:??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.???????????????????????????????????????????????

Lebih terperinci

Pendidikan Agama Islam Bab 9 Kesehatan dan Lingkungan

Pendidikan Agama Islam Bab 9 Kesehatan dan Lingkungan Modul ke: 11 Pendidikan Agama Islam Bab 9 Kesehatan dan Lingkungan Fakultas Teknik Alimudin, S.Pdi, M.Si Program Studi Teknik Elektro www.mercubuana.ac.id PERLUNYA LINGKUNGAN SEHAT Bagaimana sebetulnya

Lebih terperinci

PROPOSAL. Peranan Ilmuwan Muslim dalam Membangun Peradaban Abad 21. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU Contact person: Alfariz Amir

PROPOSAL. Peranan Ilmuwan Muslim dalam Membangun Peradaban Abad 21. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU Contact person: Alfariz Amir PROPOSAL Seminar Sains dan Musyawarah Nasional Peranan Ilmuwan Muslim dalam Membangun Peradaban Abad 21 2009 FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS INDONESIA LATAR BELAKANG Puji dan

Lebih terperinci

Proposal Kegiatan. Ramadhanmu, Inspirasimu! Pelita Ramadhan Kampus 1432 H

Proposal Kegiatan. Ramadhanmu, Inspirasimu! Pelita Ramadhan Kampus 1432 H Proposal Kegiatan Pelita Ramadhan Kampus 1432 H Pendahuluan Bulan Ramadhan sering disebut dengan sayyidusysyuhur (penghulu bulan), karena keutamaan yang ada di dalamnya melebihi bulan-bulan yang lain.

Lebih terperinci

Bulan Penuh Rahmat itu Telah Meninggalkan Kita. Written by Mudjia Rahardjo Friday, 15 November :41 -

Bulan Penuh Rahmat itu Telah Meninggalkan Kita. Written by Mudjia Rahardjo Friday, 15 November :41 - Sebuah bulan yang didambakan kehadirannya oleh setiap muslim, yakni bulan Ramadan 1432 H, telah meninggalkan kita dan insya Allah kikta akan bertemu lagi 11 bulan yang akan datang jika Allah memberi kita

Lebih terperinci

PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN ISRA MI RAJ NABI MUHAMMAD SAW SMP NEGERI 14 DEPOK H / 2007 M

PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN ISRA MI RAJ NABI MUHAMMAD SAW SMP NEGERI 14 DEPOK H / 2007 M PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN ISRA MI RAJ NABI MUHAMMAD SAW SMP NEGERI 14 DEPOK - 1428 H / 2007 M I. Pendahuluan Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang penuh dengan rahmat dan hidayah (kebajikan). Didalamnya

Lebih terperinci

Ditulis oleh Administrator Selasa, 10 September :56 - Terakhir Diperbaharui Selasa, 10 September :15

Ditulis oleh Administrator Selasa, 10 September :56 - Terakhir Diperbaharui Selasa, 10 September :15 Rasullullah pernah bersabda bahwa ada 3 hal yang menunjuk pada pintu kebaikan, yaitu puasa, sedekah yang bisa menghapus dosa dan mengerjakan sholat tahajjud di tengah malam. Sholat tahajjud merupakan salah

Lebih terperinci

Nomor : 11/PP-PTWP/07/ Juli 2016 Sifat : Penting Lampiran : 1 rangkap Hal : Pemberitahuan Jadwal Kegiatan Turnamen KPTA Padang Cup III 2016

Nomor : 11/PP-PTWP/07/ Juli 2016 Sifat : Penting Lampiran : 1 rangkap Hal : Pemberitahuan Jadwal Kegiatan Turnamen KPTA Padang Cup III 2016 PANITIA PELAKSANA TURNAMEN TENIS PIALA KETUA PTA PADANG CUP III Sekretariat: Pengadilan AgamaPayakumbuh Jln. Ade Irma Suryani No 15 Telp./Fax: (0752) 92603 Email : papayakumbuh@yahoo.co.id Cp. 081349070937

Lebih terperinci

PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS PADA KELAS 4 DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG)

PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS PADA KELAS 4 DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS PADA KELAS 4 DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana S1 Pada

Lebih terperinci

LDKS SMP UNGGULAN AMANATUL UMMAH PROGRAM BERBASIS PESANTREN 2017

LDKS SMP UNGGULAN AMANATUL UMMAH PROGRAM BERBASIS PESANTREN 2017 LDKS SMP UNGGULAN AMANATUL UMMAH PROGRAM BERBASIS PESANTREN 2017 Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) merupakan salah satu program rutin setiap tahun di SMP BP Amanatul Ummah yang diikuti oleh semua

Lebih terperinci

Modul ke: Kesalehan Sosial. Fakultas. Rusmulyadi, M.Si. Program Studi.

Modul ke: Kesalehan Sosial. Fakultas. Rusmulyadi, M.Si. Program Studi. Modul ke: Kesalehan Sosial Fakultas Rusmulyadi, M.Si. Program Studi www.mercubuana.ac.id Secara bahasa makna kesalehan sosial adalah kebaikan atau keharmonisan dalam hidup bersama, berkelompok baik dalam

Lebih terperinci

DOCTOR S RALLY 2013 SUSUR JAWA BARAT SELATAN JUNI 2013 IKATAN ALUMNI UNPAD KOMISARIAT FAKULTAS KEDOKTERAN

DOCTOR S RALLY 2013 SUSUR JAWA BARAT SELATAN JUNI 2013 IKATAN ALUMNI UNPAD KOMISARIAT FAKULTAS KEDOKTERAN DOCTOR S RALLY 2013 SUSUR JAWA BARAT SELATAN 28-30 JUNI 2013 IKATAN ALUMNI UNPAD KOMISARIAT FAKULTAS KEDOKTERAN SINOPSIS Kegiatan Rally Doctor 2013 merupakan kegiatan perjalanan bersama (touring) antar

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satu pangan fungsional yang

BAB I PENDAHULUAN. dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Salah satu pangan fungsional yang BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kemajuan pengetahuan tentang pangan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan telah meningkatkan minat masyarakat terhadap pangan fungsional. Pangan fungsional

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. prestasi akademik yang dicapai seseorang, akan tetapi harus di imbangi dengan

BAB I PENDAHULUAN. prestasi akademik yang dicapai seseorang, akan tetapi harus di imbangi dengan BAB I PENDAHULUAN A. Konteks Penelitian Kualitas sumber daya manusia yang berkarakter bukan hanya dilihat dari prestasi akademik yang dicapai seseorang, akan tetapi harus di imbangi dengan meningkatnya

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN. A. Kemampuan Membaca Al Qur an Siswa di MAN se-kabupaten Blitar

BAB V PEMBAHASAN. A. Kemampuan Membaca Al Qur an Siswa di MAN se-kabupaten Blitar BAB V PEMBAHASAN A. Kemampuan Membaca Al Qur an Siswa di MAN se-kabupaten Blitar Rumusan masalah pertama dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar kemampuan membaca Al Qur an

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. di antara makluk-nya yang lain. Allah memberi banyak kelebihan kepada

BAB I PENDAHULUAN. di antara makluk-nya yang lain. Allah memberi banyak kelebihan kepada BAB I PENDAHULUAN A. Konteks Penelitian Allah menciptakan manusia dengan penciptaan yang paling sempurna di antara makluk-nya yang lain. Allah memberi banyak kelebihan kepada manusia, salah satunya yang

Lebih terperinci

LATIHAN KEPEMIMPINAN MANAJEMEN MAHASISWA (LKMM) FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG PROJECT PROPOSAL LKMM FTI 2009

LATIHAN KEPEMIMPINAN MANAJEMEN MAHASISWA (LKMM) FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG PROJECT PROPOSAL LKMM FTI 2009 PROJECT PROPOSAL LKMM FTI 2009 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Unissula I. Latar Belakang Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang merupakan lembaga perguruan

Lebih terperinci

3 Wasiat Agung Rasulullah

3 Wasiat Agung Rasulullah 3 Wasiat Agung Rasulullah Dalam keseharian kita, tidak disangsikan lagi, kita adalah orang-orang yang senantiasa berbuat dosa menzalimi diri kita sendiri, melanggar perintah Allah atau meninggalkan kewajiban

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS. ersepsi Ulama terhadap Akhlak Remaja di Desa Sungai Lulut Kecamatan

BAB IV ANALISIS. ersepsi Ulama terhadap Akhlak Remaja di Desa Sungai Lulut Kecamatan BAB IV ANALISIS A... P ersepsi Ulama terhadap Akhlak Remaja di Desa Sungai Lulut Kecamatan Banjarmasin Timur Dimaksud dengan persepsi disini adalah tanggapan atau pendapat ulama pemimpin majelis taklim

Lebih terperinci

PROPOSAL SATU CINTA. 17 November 2010

PROPOSAL SATU CINTA. 17 November 2010 PROPOSAL Kegiatan Bakti Sosial Penyembelihan Hewan Qurban kepada Anak-anak Yatim dan Warga Tidak Mampu di Kampung Sindangkarsa RT 003/RW 006 Pekapuran Cimanggis Depok dalam rangka Menyambut Hari Raya Idul

Lebih terperinci

PROPOSAL DOMPET DHUAFA VOLUNTEER EVENT

PROPOSAL DOMPET DHUAFA VOLUNTEER EVENT PROPOSAL DOMPET DHUAFA VOLUNTEER EVENT JAMBORE ANAK YATIM DasarPemikiran Lambat laun rasa cinta dan nasionalisme para pemuda Indonesia kepada bangsa dan tanah air nya semakin pudar, dengan tergerus nya

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Di dalam perkembangan dan kemajuan zaman saat ini, hasil-hasil. teknologi maupun sumber-sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan,

PENDAHULUAN. Di dalam perkembangan dan kemajuan zaman saat ini, hasil-hasil. teknologi maupun sumber-sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan, PENDAHULUAN Di dalam perkembangan dan kemajuan zaman saat ini, hasil-hasil teknologi maupun sumber-sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan, khususnya di bidang Teknologi Komputer. Ilmu pengetahuan yang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. mereka yang belum beragama. Dakwah yang dimaksud adalah ajakan kepada

BAB I PENDAHULUAN. mereka yang belum beragama. Dakwah yang dimaksud adalah ajakan kepada BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Salah satu ajaran Islam mewajibkan kepada setiap muslim untuk berdakwah yang ditujukan kepada seluruh manusia, baik muslim maupun kepada mereka yang belum beragama.

Lebih terperinci

RUKUN TETANGGA 004 RUKUN WARGA 07 KEL. JATISAMPURNA KEC. JATISAMPURNA KOTA BEKASI Sekretariat : Grand Cibubur Blok D No 9, Jatisampurna - Bekasi 17422

RUKUN TETANGGA 004 RUKUN WARGA 07 KEL. JATISAMPURNA KEC. JATISAMPURNA KOTA BEKASI Sekretariat : Grand Cibubur Blok D No 9, Jatisampurna - Bekasi 17422 RUKUN TETANGGA 004 RUKUN WARGA 07 KEL. JATISAMPURNA KEC. JATISAMPURNA KOTA BEKASI Sekretariat : Grand Cibubur Blok D No 9, Jatisampurna - Bekasi 17422 No : Jatisampurna, 2 Oktober 2009 Lampiran : 1 bundel

Lebih terperinci

SIKAP MUSLIM MENGHADAPI MUSIBAH. Ust. H. Ahmad Yani, MA. Kondisi Manusia Menghadapi Musibah

SIKAP MUSLIM MENGHADAPI MUSIBAH. Ust. H. Ahmad Yani, MA. Kondisi Manusia Menghadapi Musibah SIKAP MUSLIM MENGHADAPI MUSIBAH Ust. H. Ahmad Yani, MA Kondisi Manusia Menghadapi Musibah Setiap manusia di Dunia ini pasti pernah melewati masa-masa ujian dari Allah SWT. Beragam ujian yang dialami manusia

Lebih terperinci

RAKERDA KE-9 TAHUN 2012 & OUTBOND DPD PERPAMSI BANTEN Pandeglang, April 2012

RAKERDA KE-9 TAHUN 2012 & OUTBOND DPD PERPAMSI BANTEN Pandeglang, April 2012 PERSATUAN PERUSAHAAN AIR MINUM SELURUH INDONESIA (Indonesian Water Supply Association) DEWAN PENGURUS DAERAH PROPINSI BANTEN Sekretariat : Jalan Kisamaun No. 204 Tangerang 15118. Telp. / Fax. 021 55794821

Lebih terperinci

DO'A PENGUAT IMAN. Pertanyaan Dari: Mulyadi, Laren, Lamongan, Jawa Timur. (disidangkan pada hari Jum at, 9 Muharram 1434 H / 23 November 2012)

DO'A PENGUAT IMAN. Pertanyaan Dari: Mulyadi, Laren, Lamongan, Jawa Timur. (disidangkan pada hari Jum at, 9 Muharram 1434 H / 23 November 2012) DO'A PENGUAT IMAN Pertanyaan Dari: Mulyadi, Laren, Lamongan, Jawa Timur (disidangkan pada hari Jum at, 9 Muharram 1434 H / 23 November 2012) Pertanyaan : Kepada para pengasuh fatwa yang terhormat, kami

Lebih terperinci

Pendidikan Anak Dimulai dari Rumah

Pendidikan Anak Dimulai dari Rumah Pendidikan Anak Dimulai dari Rumah Khutbah Pertama:?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.

Lebih terperinci

TALIM MADANI #12 IMAN KEPADA ALLAH (PERBEDAAN MALAIKAT DAN MANUSIA)

TALIM MADANI #12 IMAN KEPADA ALLAH (PERBEDAAN MALAIKAT DAN MANUSIA) TALIM MADANI #12 IMAN KEPADA ALLAH (PERBEDAAN MALAIKAT DAN MANUSIA) KAJIAN DALIL (AL-Qur an & Hadits) 30. ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS TENTANG PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN SISWA SMP N 2 WARUNGASEM BATANG

BAB IV ANALISIS TENTANG PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN SISWA SMP N 2 WARUNGASEM BATANG BAB IV ANALISIS TENTANG PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN MENTAL KEAGAMAAN SISWA SMP N 2 WARUNGASEM BATANG A. Analisis Pembinaan Mental Keagamaan Siswa di SMP N 2 Warungasem Batang Pembinaan mental keagamaan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. alam yang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu alam dan filsafat moral yang

BAB I PENDAHULUAN. alam yang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu alam dan filsafat moral yang BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Ilmu pengetahuan semakin hari semakin berkembang akhirnya terlihat kecenderungan untuk membagi ilmu pengetahuan menjadi berbagai disiplin ilmu. Pada dasarnya ilmu berkembang

Lebih terperinci

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENYISIHAN PAPER PEKAN INOVASI PERTANIAN INDONESIA 2015 Integrasi Sektor Pertanian Menuju Indonesia Emas 2045

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENYISIHAN PAPER PEKAN INOVASI PERTANIAN INDONESIA 2015 Integrasi Sektor Pertanian Menuju Indonesia Emas 2045 PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENYISIHAN PAPER PEKAN INOVASI PERTANIAN INDONESIA Integrasi Sektor Pertanian Menuju Indonesia Emas 2045 Surat Keputusan Nomor : 051/C.2/PIMPI/FORCES/VIII/ DEWAN JURI TAHAP SELEKSI

Lebih terperinci

CARING COMMUNITY. Sebuah komunitas sosial Mempersembahkan: Berbagi Kebahagiaan dengan Seribu Tangan Cinta Pada Bulan Suci Ramadhan

CARING COMMUNITY. Sebuah komunitas sosial Mempersembahkan: Berbagi Kebahagiaan dengan Seribu Tangan Cinta Pada Bulan Suci Ramadhan CARING COMMUNITY Sebuah komunitas sosial Mempersembahkan: Berbagi Kebahagiaan dengan Seribu Tangan Cinta Pada Bulan Suci Ramadhan Sebuah Upaya untuk Menguatkan Tali Silaturahmi Sambil Berbagi Pondok Pesantren

Lebih terperinci

BUPATI PADANG LAWAS SAMBUTAN BUPATI PADANG LAWAS PADA ACARA PERINGATAN ISRA MI RAJ 1437 H DI KABUPATEN PADANG LAWAS KAMIS, 26 MEI 2016

BUPATI PADANG LAWAS SAMBUTAN BUPATI PADANG LAWAS PADA ACARA PERINGATAN ISRA MI RAJ 1437 H DI KABUPATEN PADANG LAWAS KAMIS, 26 MEI 2016 BUPATI PADANG LAWAS SAMBUTAN BUPATI PADANG LAWAS PADA ACARA PERINGATAN ISRA MI RAJ 1437 H DI KABUPATEN PADANG LAWAS KAMIS, 26 MEI 2016 ASSALAMU ALAIKUM WR, WB, YANG SAYA HORMATI : WAKIL BUPATI PADANG LAWAS,

Lebih terperinci

Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya. Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya

Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya. Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya Urgensi (Pentingnya) Tauhid dan Pembagiannya Ketika manusia lalai dari tujuan ini dan mengalihkan ibadah mereka kepada selain Allah, maka Allah Subhanahu wa Ta ala mengutus para rasul dan menurunkan kitab-kitab

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Pendefinisian manusia dinyatakan Allah Swt. dalam Al-Qur an dengan

BAB I PENDAHULUAN. Pendefinisian manusia dinyatakan Allah Swt. dalam Al-Qur an dengan BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendefinisian manusia dinyatakan Allah Swt. dalam Al-Qur an dengan menyebut manusia dengan istilah al-basyr, al-insan, dan al-nas. Allah memberikan gambaran

Lebih terperinci

Bab 4 Belajar Mendirikan Shalat Berlatih Akhlak Mulia Membangun Kesejahteraan Umat

Bab 4 Belajar Mendirikan Shalat Berlatih Akhlak Mulia Membangun Kesejahteraan Umat Bab 4 Belajar Mendirikan Shalat Berlatih Akhlak Mulia Membangun Kesejahteraan Umat Al Qur an merupakan petunjuk dari Allah Swt bagi makhluknya, jin dan manusia, yang harus diikuti sebagai pedoman dalam

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Internet, media sosial, hand phone, dan lain-lain. Dan tantangan yang paling

BAB I PENDAHULUAN. Internet, media sosial, hand phone, dan lain-lain. Dan tantangan yang paling 1 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Problematika kehidupan di era globalisasi telah menawarkan banyak tantangan dan keuntungan bagi kelangsungan hidup manusia, antara lain: Internet, media sosial, hand

Lebih terperinci

Bab 1 Keadaan Sepeninggal Ramadan

Bab 1 Keadaan Sepeninggal Ramadan Bab 1 Keadaan Sepeninggal Ramadan Langit, Bumi, dan Para Malaikat Menangis Ramadan adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan. Ia memang khusus diturunkan oleh Allah untuk hamba-hamba-nya yang sedang

Lebih terperinci

UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA. (Studi Program Pembiasaan di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo) SKRIPSI

UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA. (Studi Program Pembiasaan di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo) SKRIPSI UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) SISWA (Studi Program Pembiasaan di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Lebih terperinci

Nomor : 888 /Dj.I/DT.I.II./3/HM.01/05/2016 Jakarta, 30 Mei 2016 Lamp : 1(satu) set Perihal : Panduan Ibadah Ramadhan SMP

Nomor : 888 /Dj.I/DT.I.II./3/HM.01/05/2016 Jakarta, 30 Mei 2016 Lamp : 1(satu) set Perihal : Panduan Ibadah Ramadhan SMP KEMENTERIAN AGAMA RI DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta Telp./Faks. 021-3811772, Email :subditpai.smp@gmail.com J A K A R T A Nomor : 888 /Dj.I/DT.I.II./3/HM.01/05/2016

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. pendidikan agama anak di sekolah. Hal ini sesuai dengan pemikiran jalaluddin

BAB I PENDAHULUAN. pendidikan agama anak di sekolah. Hal ini sesuai dengan pemikiran jalaluddin BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Dewasa ini kesadaran akan pentingnya internalisasi nilai-nilai agama pada anak sejak dini mulai meningkat. Kondisi ini disebabkan orangtua sangat menyadari bahwa

Lebih terperinci

BAB V SIMPULAN DAN SARAN

BAB V SIMPULAN DAN SARAN BAB V SIMPULAN DAN SARAN A. Simpulan Membangun suasana religius di dalam lingkungan sekolah adalah membudayakan kebudayaan atau kebiasaan islami di sekolah, agar siswa mempunyai akhlak baik sehingga mampu

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. kepemimpinan

BAB I PENDAHULUAN. kepemimpinan BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang 1.1.1. Problematika Umat Disebabkan Penurunan Kualitas Pendidikan Islam Problematika umat manusia dewasa ini telah menjalar ke setiap lini kehidupan. Dari aspek moral

Lebih terperinci

Bab I Apa Sih Kuncinya?

Bab I Apa Sih Kuncinya? Bab I Apa Sih Kuncinya? Kesuksesan dan kebahagiaan orang selalu diukur dengan kekayaan di dunia. Jarang orang mengukurnya dengan yang tidak terlihat. Arang lebih cenderung percaya kepada orang sukses dengan

Lebih terperinci

PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1435 H MASJID AL-IKHLAS SERPONG CITY PARADISE

PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1435 H MASJID AL-IKHLAS SERPONG CITY PARADISE PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1435 H MASJID AL-IKHLAS SERPONG CITY PARADISE Dengan Semangat Ukhuwah Islamiyah Kita Jadikan Tarbiyah Ramadhan menuju Insan Muttaqun 1 PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN 1435 H MASJID

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Pertama, harus menguasai huruf Hijaiyyah beserta perubahannya. Kedua,

BAB I PENDAHULUAN. Pertama, harus menguasai huruf Hijaiyyah beserta perubahannya. Kedua, BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Hakekatnya belajar membaca al Qur`an adalah bukan suatu perkara yang sulit, tidak membosankan dan tidak membutuhkan waktu yang lama, karena pada prinsipnya hanya

Lebih terperinci

OLAH RAGA DALAM PANDANGAN ULAMA. Abdullah Al-Baatil

OLAH RAGA DALAM PANDANGAN ULAMA. Abdullah Al-Baatil OLAH RAGA DALAM PANDANGAN ULAMA Abdullah Al-Baatil Syekh Abdurrahman As Sa di Rahimahullah menulis dalam kitabnya yang indah: Ar-Riyad hah An-Nadhirah pada bab ke-27 tentang olahraga yaitu latihan dan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. pengetahuan dan keterampilan yang berguna dalam menjalani hidup.

BAB I PENDAHULUAN. pengetahuan dan keterampilan yang berguna dalam menjalani hidup. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan dalam mengantar seseorang untuk meraih kesejahteraan yang didambakan baik di dunia maupun di akhirat.

Lebih terperinci

Mengenal Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah

Mengenal Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Mengenal Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Khutbah Pertama:???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????.??????????????????????????????????????????????

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. dengan melalui wahyu Allah yang disampaikan oleh Malaikat jibril. Islam itu

BAB I PENDAHULUAN. dengan melalui wahyu Allah yang disampaikan oleh Malaikat jibril. Islam itu BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Islam adalah agama Allah yang kepada Nabi Muhammad SAW, dengan melalui wahyu Allah yang disampaikan oleh Malaikat jibril. Islam itu sendiri didirikan atas lima

Lebih terperinci

ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7-E

ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7-E ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SETELAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7-E, LEARNING CYCLE 5-E, DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI PERBANDINGAN SKRIPSI Diajukan Kepada Institut

Lebih terperinci

PANITIA WISATA BINA KELUARGA BALITA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FLAMBOYANT RW.02 KELURAHAN GEDONG PASAR REBO JAKARTA TIMUR PROPOSAL

PANITIA WISATA BINA KELUARGA BALITA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FLAMBOYANT RW.02 KELURAHAN GEDONG PASAR REBO JAKARTA TIMUR PROPOSAL PANITIA WISATA BINA KELUARGA BALITA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FLAMBOYANT RW.02 KELURAHAN GEDONG PASAR REBO JAKARTA TIMUR PROPOSAL A. PENDAHULUAN Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Flamboyant merupakan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1 Tatang, Ilmu Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2012), hlm Ibid., hlm

BAB I PENDAHULUAN. 1 Tatang, Ilmu Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2012), hlm Ibid., hlm BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pendidikan adalah usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis untuk memotivasi, membina, membantu, serta membimbing seseorang untuk mengembangkan segala potensinya

Lebih terperinci