Panduan Kerja Praktek (ET-4000)

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Panduan Kerja Praktek (ET-4000)"

Transkripsi

1 Panduan Kerja Praktek (ET4000) 1. Umum Matakuliah (MK) Kerja Praktek adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi T.Telekomunikasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, bernilai 2 sks, terdiri dari kegiatan kerja praktek dan seminar. Kerja praktek bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa terhadap dunia kerja yang akan dihadapinya dan memberikan pengalaman praktis utnuk melengkapi keilmuan yang diperolehnya. Kerja praktek akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengamati, membandingkan, menganalisis, dan menerapkan ilmu yang diperoleh dari kuliah dengan keadaan sebenarnya dalam praktek. Melalui kerja praktek, mahasiswa dapat melihat, mengerti, dan mempelajari halhal yang berbeda dari dunia pendidikan, seperti tingkah laku (attitude), kemampuan berkomunikasi (communication skill), dan kerjasama (team work). Seminar bertujuan untuk memberikan kemampuan menyusun presentasi laporan kerja praktek, penyajan dan diskusi. Kerja praktek dilaksanakan selama 2 bulan di industri, atau dapat terbagi atas 1 bulan di lingkungan industri dan selama 1 bulan ekivalen di lingkungan laboratorium dari suatu institusi resmi. Kerja praktek di industri dilaksanakan pada waktu libur semester (umumnya setelah semester 6, dan mahasiswa telah lulus 108 sks. Pendaftaran MK Kerja Praktek ET4000 pada FRS dilaksanakan pada semester dimana kegiatan kerja ET4000 dilaksanakan oleh Dosen Mata Kuliah Kerja Praktek yang ditetapkan oleh Kaprodi. Nilai Kerja Praktek dikeluarkan oleh Dosen Mata Kuliah Kerja Praktek. 2. Prosedur Kerja Praktek Kerja praktek diajukan melalui Kaprodi, diproses oleh tata usaha prodi atau disampaikan langsung oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan surat pengantar dari Kaprodi. Kerja praktek dapat diajukan apabila mahasiswa tersebut mengambil matakuliah sampai dengan semester VI dan lulus minimal 108 sks. Laporan kerja praktek diserahkan ke Dosen Mata Kuliah Kerja Praktek selambatlambatnya 30 hari setelah hari terakhir masa kerja praktek. Bila melebihi batas waktu tersebut, maka kerja praktek tersebut batal secara otomatis.

2 3. TUGAS SELAMA KERJA PRAKTEK Tugas pada kerja praktek diantaranya adalah penyelesaian studi kasus yang mencakup aspek teknik telekomunikasi dan atau laporan tentang suatu kegiatan atau proses yang berlangsung di perusahaan. Perusahaan dapat mengusulkan pengkajian persoalanpersoalan yang timbul di perusahaan, atau mengidentifikasi persoalan yang ada relevansinya bagi perusahaan atau dari segi akademik, atau membuat laporan suatu kegiatan proses yang berkaitan dengan teknik telekomunikasi yang diamati atau dilakukan selama kerja praktek. 4. PENULISAN LEMBAR KEGIATAN DAN LAPORAN KERJA PRAKTEK 4.1 Lembar Kegiatan /Jurnal Mingguan Ditulis tangan dan dilampirkan pada laporan kerja praktek. Minimal terdiri atas halhal berikut : o Tanggal dan waktu o Kegiatan o Tanda tangan pembimbing di perusahaan/instansi setiap hari kegiatan atau minimal satu kali dalam satu minggu (± 40 jam kerja). Peserta kerja praktek yang tidak menyerahkan lembar kegiatan sesuai ketentuan di atas akan diberikan sanksi oleh Koordinator Kerja Praktek. Contoh lembar kegiatan kerja praktek atau jurnal mingguan dapat dilihat pada Lampiran A. 4.2 Formulir Penilaian Kerja Praktek Formulir penilaian kerja diisi oleh pembimbing kerja praktek dan dilampirkan pada laporan kerja praktek. Contoh lembar kegiatan kerja praktek atau jurnal mingguan dapat dilihat pada Lampiran B. 4.3 Laporan Kerja Praktek. Laporan kerja praktek harus disahkan oleh perusahaan/instansi di mana mahasiswa melakukan kerja praktek dan dinilai oleh pembimbing di perusahaan. Pada laporan kerja praktek harus dilampirkan Lembar kegiatan (Jurnal Mingguan) Formulir Penilaian Kerja Praktek Mahasiswa Laporan Kerja Praktek ditulis dengan kalimat sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baku dan lazim digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Laporan dicetak pada kertas A4 dengan ukuran batas kiri 4 cm, sedangkan batas atas, kanan dan bawah 3 cm. Khusus untuk halaman sampul dan pengesahan, batas kiri sebesar 3 cm. Naskah tidak dicetak bolak balik. Teks ditulis dengan huruf jenis Times New Roman, ukuran 12 dan jarak satu setengah spasi. Format laporan kerja praktek dapat dilihat pada bagian Lampiran C. Contoh halaman sampul dapat dilihat pada Lampiran D.

3 5 Survey Kerja Praktek Dalam rangka proses akreditasi ABET, akuntabilitas publik dan asesmen program studi yang bertujuan memberikan pendidikan program studi yang terbaik, maka diperlukan survey kerja praktek. Survey ini diisi oleh pembimbing kerja praktek di perusahaan tempat mahasiswa melaksanakan kerja praktek.

4 LAMPIRAN A JURNAL MINGGUAN KERJA PRAKTEK (ET 4000) Nama : NIM : Tempat Kerja Praktek :

5 Minggu Tanggal Kegiatan Diketahui Paraf 1 23/5/2016 Pengenalan organisasi perusahaan Presentasi Studi Literatur Pembimbing Bapak A 25 Mei Mei Pelatihan Kesalamatan Kerja Perusahaan (Safety Induction) oleh Tim Keselamatan Kerja Perusahaahan Pengenalan Laboratorium Instruktur Bapak B Teknisi Bapak C 2 30/5/2016 Survey Lapangan

6 LAMPIRAN B FORMULIR PENILAIAN KERJA PRAKTEK ET Nama Mahasiswa / NIM : 2. Perioda Kerja Praktek : s/d 3. Pembimbing : 4. Lembaga / Perusahaan : 5. Judul Laporan Kerja : Praktek 6. Tabel Penilaian NO MATERI PENILAIAN NILAI Kurang Cukup Baik Sangat Baik 1 Pemahaman Terhadap Pekerjaan Kemampuan Menyelesaikan Pekerjaan Keterampilan Bekerja Disiplin Kerja Kemampuan Bekerja Sama (team work) Kemampuan Mengambil Keputusan Kemampuan Berkomunikasi Sikap dan Perilaku Kerajinan dan Ketekunan Percaya Diri (Mohon dilingkari nilai yang diberikan) 7. Komentar : , (Kota,Tanggal) Pembimbing Kerja Praktek ( )

7 LAMPIRAN C Format Laporan Kerja Praktek Halaman Sampul Halaman Pengesahan Kata Pengantar Daftar Isi Bab I Pendahuluan 1.1. Latar Belakang 1.2. Tujuan Kerja Praktek 1.3. Waktu dan Tempat Kerja Praktek Bab II Profil Instansi Kerja Praktek Bab III Pelaksanaan Kerja Praktek Bab IV 3.1 Deskripsi Aktivitas 3.2 Pengamatan dan Analisis Data Kesimpulan dan Saran 4.1 Kesimpulan 4.2 Saran Daftar Pustaka Lampiran 1. Penjelasan Isi Halaman Sampul Secara berurutan berisi kalimat judul, tulisan Laporan Kerja Praktek, oleh:, nama, NIM, lambang ITB, Program Studi Teknik Telekomunikasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, tahun penyelesaian laporan. Judul harus menggambarkan jenis kegiatan dan lokasi kerja praktek anda. Seluruh kata dicetak tebal (bold) dan huruf besar (kapital) dengan jarak antar baris sebesar dua spasi. Halaman ini tidak diberi nomor.

8 Halaman Pengesahan Halaman pnegesahan harus ditanda tangani pembimbing kerja praktek. Secara berurutan berisi : pernyataan tentang kerja praktek, tanda tangan pembimbing kerja praktek, tanda tangan koordinator kerja praktek. Kata Pengantar Berisi ucapan terima kasih kepada pihakpihak yang membantu kelancaran kerja praktek dan pembuatan laporan, mis. pembimbing KP, evaluator laporan dll. Daftar Isi Daftar isi sebaiknya dibuat secara otomatis dengan table of contents generator dari Word Processor. Karena proses penyuntingan seringkali mengubah halaman, kerjakan bagian ini paling akhir. Bab I Pendahuluan 1.1. Latar Belakang Bagian ini berisi paparan mengenai latar belakang dan nilai penting topik yang menjadi kajian dari kerja praktek anda. Dalam bagian ini juga disampaikan beberapa pengertian atau teori penting yang berkaitan dengan bidang kajian kerja praktek Tujuan Kerja Praktek Bagian ini berisi pernyataan tujuan dari pekerjaan yang ditugaskan kepada anda di institusi kerja praktek dan bukan pernyataan tujuan matakuliah kerja praktek secara umum Waktu dan Tempat Kerja Praktek Bagian ini berisi informasi mengenai waktu (berapa hari & tanggalnya) serta unit kerja tempat anda melakukan kerja praktek. Misalnya : Unit Pengembangan Perangkat, PT LAN Industri, Bandung Bab II Profil Instansi Kerja Praktek; mis. Profil PT LAN Industri Bagian ini berisi paparan singkat tentang sejarah, ruang lingkup pekerjaan dan/atau bidang usaha, struktur organisasi dan gambaran spesifik tentang unit kerja tempat anda melakukan kerja praktek. Bab III Pelaksanaan Kerja Praktek 3.1 Deskripsi Aktivitas Bagian ini berisi paparan pekerjaan yang dilakukan tata kerja, bahan dan alat yang dipergunakan beserta jadwal kerja dan cara menganalisis data (bila diperlukan).

9 3.2 Pengamatan dan Analisis Data Sub bab ini merupakan bagian terpenting dari laporan. Pada bab ini juga dijelaskan proses identifikasi masalah kerekayasaan dan proses mendapatkan solusi dalam menyelesaikan masalah dengan menerapkan pengetahuan teknik telekomunikasi. Anda diminta untuk menyajikan pembahasan secara kritis dan ilmiah dengan memperhatikan keterkaitannya dengan pengetahuan di bidang telekomunikasi. Bab IV Kesimpulan dan Saran 4.1 Kesimpulan Menyatakan pokokpokok terpenting yang diperoleh setelah melaksanakan kerja praktek, misalnya hasil atau pelajaran yang dapat ditarik dari kerja praktek. 4.2 Saran Berisi masukan untuk perbaikan dalam aspek yang dikaji selama kerja praktek dan/atau pelaksanaan kerja praktek secara umum. Daftar Pustaka Lampiran Bagian ini berisi informasi dan data pendukung yang relevan dengan isi laporan, namun bukan merupakan pokok penting utama, sehingga tidak perlu dimasukkan dalam badan laporan.

10 LAMPIRAN D : Contoh Halaman Sampul KOMUNIKASI SERIAL ASINKRON MELALUI BLUETOOTH 4.0 LAPORAN KERJA PRAKTEK Oleh : MACAMANA PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DA INFORMATIKA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2016

11 LAMPIRAN E : Contoh Halaman Pengesahan Tugas kerja praktek sebagai syarat untuk memenuhi ketentuan yang berlaku dalam menempuh studi tingkat sarjana di Program Studi Teknik Telekomunikasi, Institut Teknologi Bandung Diperiksa dan disetujui : Pembimbing Kerja Praktek Dr. Macamini Disetujui : Koordinator Kerja Praktek ET 4000 Dr. Effrina Yanti Hamid

Format Penulisan Laporan Kerja Praktek

Format Penulisan Laporan Kerja Praktek Format Penulisan Laporan Kerja Praktek Halaman Pengesahan Secara berurutan berisi : pernyataan tentang kerja praktek, tanda tangan pembimbing kerja praktek beserta cap instansi, tanda tangan koordinator

Lebih terperinci

SOP Kerja Praktik Mahasiswa S1 Program Studi Oseanografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung

SOP Kerja Praktik Mahasiswa S1 Program Studi Oseanografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung SOP Kerja Praktik Mahasiswa S1 Program Studi Oseanografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung 1. Pendahuluan Kerja praktik (OS4090) merupakan salah satu matakuliah pilihan dengan

Lebih terperinci

Bagi perusahaan atau instansi tempat kerja praktek :

Bagi perusahaan atau instansi tempat kerja praktek : 1. PENDAHULUAN Kerja praktek di Departemen Teknik Mesin ITB merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa sebelum menempuh sidang sarjana. Sejak Kurikulum 2003, kerja praktek mempunyai

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

BUKU PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) BUKU PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) Untuk Mahasiswa S-1 Program Studi Sistem Informasi Tahun Akademik 2016/2017 FAKULTAS SAIN, TEKNOLOGI DANINFORMASI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MEDAN 2016

Lebih terperinci

Bagian I. Latar Belakang, Tujuan, Batasan dan Ketentuan Umum

Bagian I. Latar Belakang, Tujuan, Batasan dan Ketentuan Umum Bagian I. Latar Belakang, Tujuan, Batasan dan Ketentuan Umum I.1 KERJA PRAKTEK Kerja Praktek (KP) adalah salah satu dari mata kuliah wajib dengan bobot 2 sks yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Fakultas

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA. Tim Penyusun : Prodi Sistem Informasi

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA. Tim Penyusun : Prodi Sistem Informasi PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA Tim Penyusun : Prodi Sistem Informasi SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 1 DAFTAR ISI BAB 1 PENDAHULUAN 3 1.1 Deskripsi Kerja Praktek 3

Lebih terperinci

BUKU PRESENSI KERJA PRAKTEK (KP)

BUKU PRESENSI KERJA PRAKTEK (KP) BUKU PRESENSI KERJA PRAKTEK (KP) Judul Lokasi :.... :.. Nama Mahasiswa :.. Jurusan :.. No.Pokok :.. PROGRAM DIPLOMA-III FAKULTAS TEKNIK - UNIVERSITAS PANCASILA Jl. Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta 12640

Lebih terperinci

PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA

PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA PANDUAN MAGANG PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA 2017 Kata Pengantar Mulai Semester Ganjil 2017/2018 magang menjadi mata kuliah wajib di Prodi

Lebih terperinci

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR. Hal

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR. Hal KATA PENGANTAR Didalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 dinyatakan bahwa pendidikan Politeknik bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik memilki keahlian terapan. Salah satu

Lebih terperinci

Bab 1 Panduan Umum Kerja Praktek

Bab 1 Panduan Umum Kerja Praktek Bab 1 Panduan Umum Kerja Praktek I. Pengertian Kerja Praktek (KP) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa di suatu perusahaan atau instansi dan merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Teknik

Lebih terperinci

PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK

PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK PEDOMAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO CILEGON 2011 PEDOMAN PELAKSANAAN KERJA

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH

PANDUAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH PANDUAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH 2017 LEMBAR PENGESAHAN PANDUAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK Disahkan

Lebih terperinci

TEKNIK DAN TATA CARA PENULISAN LAPORAN STUDI BANDING/ MAGANG

TEKNIK DAN TATA CARA PENULISAN LAPORAN STUDI BANDING/ MAGANG TEKNIK DAN TATA CARA PENULISAN LAPORAN STUDI BANDING/ MAGANG A. Jenis dan Ukuran Kertas Bahan meliputi bahan untuk : naskah dan sampul a. Naskah Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (+ 210 mm x 297 mm)

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA No.Dokumen IK-01-AKD-21C PENULISAN LAPORAN AKHIR PKL

INSTRUKSI KERJA No.Dokumen IK-01-AKD-21C PENULISAN LAPORAN AKHIR PKL Halaman 1 dari 6 A. PETUNJUK PENYUSUNAN LAPORAN Laporan Praktik Kerja Lapangan () disusun dalam bentuk karya ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Garis besar laporan : A. Bagian Awal 1. Halaman

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK Ketentuan Umum Laporan Praktek Kerja Lapangan diketik menggunakan kertas HVS ukuran A4 70 gram, jenis

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR ISI KATA PENGANTAR Hal Kata Pengantar... Daftar Isi... I. PENDAHULUAN... II. PERSIAPAN... III. PELAKSANAAN A. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)... B. Kegiatan Kerja Praktek (KP)... IV. PELAPORAN...

Lebih terperinci

BAGAN PROSEDUR PENGAJUAN SKRIPSI

BAGAN PROSEDUR PENGAJUAN SKRIPSI BAGAN PROSEDUR PENGAJUAN SKRIPSI Langkah 8 : Mahasiswa mendaftar Ujian Skripsi ke Panitia di Jurusan setelah skripsi disetujui oleh TPS W I S U D A Langkah 10 A : Mahasiswa mendapatkan YUDISIUM (nilai

Lebih terperinci

PANDUAN KERJA PRAKTEK DAN PENULISAN LAPORAN PROGRAM STRATA I PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

PANDUAN KERJA PRAKTEK DAN PENULISAN LAPORAN PROGRAM STRATA I PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA PANDUAN KERJA PRAKTEK DAN PENULISAN LAPORAN PROGRAM STRATA I PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA PERENCANAN WILAYAH DAN KOTA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA 2016 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL DAFTAR

Lebih terperinci

TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR. Fakultas Teknik Elektro 1

TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR. Fakultas Teknik Elektro 1 TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR Fakultas Teknik Elektro 1 Kertas Jenis kertas : HVS A4 (210 mm x 297 mm) dan berat 80 g/m2 (HVS 80 GSM), khusus untuk gambar yang tdk memungkinkan dicetak di kertas A4 dapat

Lebih terperinci

DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR TANGGAL DIKELUARKAN: 23 FEBRUARI 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI: -

DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR TANGGAL DIKELUARKAN: 23 FEBRUARI 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI: - JURUSAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS DIPONEGORO DOKUMEN LEVEL MANUAL PROSEDUR KODE: MP. FIS - 11 JUDUL KERJA PRAKTEK TANGGAL DIKELUARKAN: 23 FEBRUARI 2010 AREA BIDANG AKADEMIK NO. REVISI: - Manual Prosedur

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra

PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra Surabaya 2013 KATA PENGANTAR Buku Pedoman Penulisan Skripsi ini disusun untuk memberikan

Lebih terperinci

PANDUAN PROYEK MAGANG (PROMA) FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS NAROTAMA

PANDUAN PROYEK MAGANG (PROMA) FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS NAROTAMA PANDUAN PROYEK MAGANG (PROMA) FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS NAROTAMA Edisi ke-1. Oktober 2015. 1 Panduan Proyek Magang (PROMA) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama Surabaya 1. Prosedur Pelaksanaan

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN KERJA PRAKTEK

BUKU PANDUAN KERJA PRAKTEK BUKU PANDUAN KERJA PRAKTEK PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU 2012 DAFTAR ISI BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang............ 1 1.2. Manfaat... 1 1.3. Bentuk Kegiatan...2

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK A. DASAR HUKUM a. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Lebih terperinci

Buku Panduan Penulisan Proposal Tugas Akhir Program Studi Sarjana Teknik Informatika

Buku Panduan Penulisan Proposal Tugas Akhir Program Studi Sarjana Teknik Informatika 2013 v2.0 Buku Panduan Penulisan Proposal Tugas Akhir Versi 2.0 Buku Panduan Penulisan Proposal Tugas Akhir Program Studi Sarjana Teknik Informatika Buku ini merupakan buku pedoman penulisan Proposal TA

Lebih terperinci

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS No. Dok: 00.01.17.01 Revisi : 00 Page 1 of 6 Fakultas Keperawatan Program Studi S1 Keperawatan Gugus Kendali Mutu Program Studi S1 Keperawatan DAFTAR DISTRIBUSI Biro Adm. Akademik dan Kemahasiswaan Biro

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN KULIAH KERJA PRAKTEK

BUKU PANDUAN KULIAH KERJA PRAKTEK BUKU PANDUAN KULIAH KERJA PRAKTEK Revisi 03 PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BUDI LUHUR JAKARTA, Agustus 2009 Revisi - 03 1 KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat

Lebih terperinci

BAGIAN I PENDAHULUAN

BAGIAN I PENDAHULUAN BAGIAN I PENDAHULUAN 1.1. Pengertian Kerja Praktek Kerja Praktek merupakan salah satu kegiatan kurikuler mahasiswa yang dilakukan diluar kampus sebagai latihan praktek mahasiswa di industri dan dilaksanakan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. b. Tatacara Pengajuan Usulan Penelitian dan Pembimbing Mengisi formulir Pengajuan Usulan Penelitian dan Dosen Pembimbing.

BAB I PENDAHULUAN. b. Tatacara Pengajuan Usulan Penelitian dan Pembimbing Mengisi formulir Pengajuan Usulan Penelitian dan Dosen Pembimbing. BAB I PENDAHULUAN BUKU PEDOMAN SKRIPSI 2014 Pendidikan sarjana pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana dijalankan sesuai dengan visi Universitas Udayana yaitu menghasilkan lulusan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2012/2013

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2012/2013 PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2012/2013 PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER INTeL COM GLOBAL INDO KISARAN 2013 KATA PENGANTAR Setiap lulusan

Lebih terperinci

Buku Pedoman Penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan 2011 / 2012

Buku Pedoman Penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan 2011 / 2012 0 PEDOMAN UMUM PENYUSUNAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN BAGIAN I PENDAHULUAN A. Pengertian dan Tujuan 1. Pengertian Praktek Kerja Lapangan merupakan tugas

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN. (Semester Ganjil 2016/2017)

PANDUAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN. (Semester Ganjil 2016/2017) PANDUAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (Semester Ganjil 2016/2017) PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA 2016 A. TUJUAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN Praktik Kerja

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

PANDUAN PENULISAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PANDUAN PENULISAN L A P O R A N PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DISUSUN OLEH TIM JURUSAN TEKNIK ELEKTRO KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI PENDIDIKAN TINGGI POLITEKNIK NEGERI LHOKSUEMAWE JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Deskripsi kerja praktek Kerja praktek merupakan kegiatan akademik, berupa mata

Lebih terperinci

Bab 1. PENDAHULUAN. Pengertian Praktek Kerja Lapangan / PKL / Magang. Tujuan Praktik Kerja Lapangan / PKL / Magang

Bab 1. PENDAHULUAN. Pengertian Praktek Kerja Lapangan / PKL / Magang. Tujuan Praktik Kerja Lapangan / PKL / Magang 1 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Bab 1. PENDAHULUAN... 3 Pengertian Praktek Kerja Lapangan / PKL / Magang... 3 Tujuan Praktik Kerja Lapangan / PKL / Magang... 3 Prosedur Pengambilan Mata Kuliah Praktik Kerja

Lebih terperinci

Panduan Penulisan Kerja Praktek

Panduan Penulisan Kerja Praktek Panduan Penulisan Kerja Praktek FORMAT PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTEK I. FORMAT KERJA PRAKTEK A. BAGIAN AWAL Susunan/urutan untuk bagian awal ini adalah : 1. Sampul Kerja Praktek Sampul Kerja Praktek

Lebih terperinci

Panduan Penulisan laporan PKL TA 2015/2016 BAB I PENDAHULUAN

Panduan Penulisan laporan PKL TA 2015/2016 BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN I.1. Latar Belakang Untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai dunia kerja bagi para mahasiswa STMIK MURA Lubuklinggau sekaligus memberikan kesempatan mengaplikasikan

Lebih terperinci

Kata Pengantar. Kolaka, Oktober Ketua Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi USN

Kata Pengantar. Kolaka, Oktober Ketua Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi USN Kata Pengantar Sebagai syarat untuk meraih gelar Sarjana Komputer (S.Kom), mahasiswa Program Studi Sistem Informasi FTI USN diwajibkan untuk menyususn skripsi yang merupakan laporan tertulis dari penelitian

Lebih terperinci

Pedoman Penulisan Skripsi 1 BAB I. PEDOMAN UMUM

Pedoman Penulisan Skripsi 1 BAB I. PEDOMAN UMUM Pedoman Penulisan Skripsi 1 BAB I. PEDOMAN UMUM A. Pengertian 1. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa Program Strata Satu (S1) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan

Lebih terperinci

PERATURAN TUGAS AKHIR

PERATURAN TUGAS AKHIR PERATURAN TUGAS AKHIR 1. Pengertian Tugas Akhir ( TA ) Tugas Akhir adalah salah satu mata kuliah dalam kurikulum Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas, memiliki bobot 5 Satuan Kredit Semester ( SKS

Lebih terperinci

Panduan Tesis Program Magister Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia

Panduan Tesis Program Magister Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia Panduan Tesis Program Magister Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Maret 2017 Panduan Tesis Program Magister Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (c) Maret 2017 Panduan

Lebih terperinci

Materi Sosialisasi TUGAS AKHIR. Semester Genap 2016/2017

Materi Sosialisasi TUGAS AKHIR. Semester Genap 2016/2017 Materi Sosialisasi TUGAS AKHIR Semester Genap 2016/2017 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur Jakarta, 19 Januari 2017 Pengertian Tugas Akhir Tugas akhir adalah karya tulis

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR

PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR POLITEKNIK KOTA MALANG KOMPLEK PENDIDIKAN INTERNASIONAL TLOGOWARU MALANG 2012 I. Pendahuluan Proposal tugas akhir (selanjutnya disebut sebagai proposal) merupakan

Lebih terperinci

PANDUAN KERJA PRAKTEK

PANDUAN KERJA PRAKTEK PANDUAN KERJA PRAKTEK Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung 2014 Panduan Kerja Praktek Jurusan Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung Halaman 1 LEMBAR PENGESAHAN PANDUAN

Lebih terperinci

Gerbang Technopreneur KUNJUNGAN DUNIA INDUSTRI

Gerbang Technopreneur KUNJUNGAN DUNIA INDUSTRI A. Definisi Kunjungan Dunia Industri (KDI) adalah salah satu matakuliah wajib sebagai salah satu syarat memperoleh derajat sarjana strata satu (S1). KDI dilaksanakan dengan berkunjung ke sebuah industri

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG TAHUN

PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG TAHUN PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG TAHUN 2012 I i ITB CAREER CENTER LEMBAGA KEMAHASISWAAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2012 1. Latar Belakang Berdasarkan data survey tenaga kerja

Lebih terperinci

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN Visi : Menjadi Program Studi Unggul 50 Besar di Indonesia yang menghasilkan lulusan berkompeten dalam bidang sistem cerdas dan jaringan komputer

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LAPORAN MAGANG

PANDUAN PENULISAN LAPORAN MAGANG PANDUAN PENULISAN LAPORAN MAGANG DEPARTEMEN ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN DEPARTEMEN FAKULTAS ILMU EKOLOGI KELUARGA MANUSIA DAN KONSUMEN INSTITUT PERTANIAN FAKULTAS EKOLOI BOGOR MANUSIA 2015 INSTITUT PERTANIAN

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) MALANG 2010 KATA PENGANTAR Untuk mendukung pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL) program studi telah memberikan pengarahan pada mahasiswa. Dan sebagai pelengkap

Lebih terperinci

KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL)

KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) Kuliah Kerja Lapangan atau KKL adalah suatu bentuk program pendidikan yang dilaksanakan oleh Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UNIKOM dalam upayanya meningkatkan isi dan bobot

Lebih terperinci

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER TRIGUNA DHARMA TERAKREDITASI B

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER TRIGUNA DHARMA TERAKREDITASI B SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER TRIGUNA DHARMA TERAKREDITASI B No. 018/BAN-PT/Ak-VII/Dp-III/2008 Langkah Pasti Menuju Sukses! DIGUNAKAN UNTUK KALANGAN SENDIRI KATA PENGANTAR Panduan ini

Lebih terperinci

IDENTITAS PEMILIK NAMA :

IDENTITAS PEMILIK NAMA : IDENTITAS PEMILIK NAMA : NIM : PANDUAN PRAKTEK KERJA NYATA KATA PENGANTAR Bismillaahirrahmaanirrahiim Alhamdulillah, puji syukur selalu kita panjatkan kepada Allah SWT atas selesainya penyusunan Buku Panduan

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK (KP.AK Rev.01)

PEDOMAN KERJA PRAKTEK (KP.AK Rev.01) PEDOMAN KERJA PRAKTEK (KP.AK Rev.01) AKADEMI KOMUNITAS NEGERI LAMONGAN Jl. Jendral Sudirman No. 84 Lamongan Telp/Fax: 0322 317454 Email: aklamongan@gmail.com URL: http://www.aknela.ac.id 2014 KP.AK Rev.01

Lebih terperinci

PROSEDUR SISTEM PENJAMINAN MUTU FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SOP PELAKSANAAN SEMINAR SOP/FT/AKD/XXX

PROSEDUR SISTEM PENJAMINAN MUTU FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SOP PELAKSANAAN SEMINAR SOP/FT/AKD/XXX PROSEDUR SISTEM PENJAMINAN MUTU FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SOP/FT/AKD/XXX PENGESAHAN Disiapkan Oleh Diperiksa Oleh Disahkan Oleh GPM Program Studi Teknik Geologi Ketua Program Studi Teknik

Lebih terperinci

Petunjuk Pembuatan Laporan Magang Kerja. Kaprodi D3 MI

Petunjuk Pembuatan Laporan Magang Kerja. Kaprodi D3 MI Petunjuk Pembuatan Laporan Magang Kerja Kaprodi D3 MI Pengumuman Terkait Waktu Batas Akhir Ujian Assesment Magang Kerja adalah tanggal 18 Juli 2014 Jika ingin lulus semester ini dan mengikuti wisuda periode

Lebih terperinci

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN Visi : Menjadi program studi unggul 50 besar di Indonesia, menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang aplikasi bisnis berbasis web

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN PROYEK AKHIR. Teknik Multimedia dan Broadcasting

PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN PROYEK AKHIR. Teknik Multimedia dan Broadcasting PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN PROYEK AKHIR Teknik Multimedia dan Broadcasting PROGRAM STUDI MULTIMEDIA DAN BROADCASTING POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA

Lebih terperinci

Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi Jurusan Sistem Informasi Panduan ini disusun sebagai gambaran bagi mahasiswa STMIK Triguna Dharma program studi Sistem Informasi dan Sistem Komputerdalam penyusunan Laporan Kerja Praktik. Panduan ini berisi

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Bengkulu, Januari Tim penyusun

KATA PENGANTAR. Bengkulu, Januari Tim penyusun BUKUU PANDUAN SKRIPSI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU 2011 KATA PENGANTAR Salah satu syarat untuk menyelesaikan program strata satu di Program Studi Teknik Elektro Fakultas

Lebih terperinci

A. Pendahuluan B. Tujuan C. Kriteria, Persyaratan Penulis dan Tata Cara Pengiriman Naskah

A. Pendahuluan B. Tujuan C. Kriteria, Persyaratan Penulis dan Tata Cara Pengiriman Naskah A. Pendahuluan Sejalan dengan Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 15/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 perihal publikasi karya ilmiah yang menyebutkan bahwa untuk lulus program sarjana harus menghasilkan makalah

Lebih terperinci

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) BUG1A2 BAHASA INDONESIA Disusun oleh: Diyas Puspandari, S.S., M.Pd. PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTASI FAKULTAS INFORMATIKA TELKOM UNIVERSITY 1 LEMBAR PENGESAHAN Rencana Pembelajaran

Lebih terperinci

Buku Panduan. 1 Page. Panduan KP JSI-ITS

Buku Panduan. 1 Page. Panduan KP JSI-ITS Buku Panduan 1 Page Panduan KP JSI-ITS A. Pengertian Kerja Praktek (KP) adalah salah satu mata kuliah dengan bobot 2 (dua) SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program S1 Sistem Informasi, Jurusan Sistem

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL)

BUKU PEDOMAN KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) 7. SA.P2M.PHB.03.03.A.3 BUKU PEDOMAN KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) Program Studi D IV TEKNIK INFORMATIKA Politeknik Harapan Bersama Tegal Jln. Mataram No. 09 Kota Tegal, Telp/Fax : (0283) 353353 ii iii KATA

Lebih terperinci

PROYEK AKHIR (Kerja Praktik)

PROYEK AKHIR (Kerja Praktik) PROYEK AKHIR (Kerja Praktik) Proyek Akhir Pengertian dari Kerja Praktik adalah : Kegiatan mandiri mahasiswa dengan bobot 4 sks yang dilakukan pada instansi/perusahaan untuk mengaplikasikan ilmu yg diperoleh

Lebih terperinci

BAB I PENGERTIAN BAB II PERSYARATAN DAN PROSEDUR

BAB I PENGERTIAN BAB II PERSYARATAN DAN PROSEDUR BAB I PENGERTIAN 1) Tesis merupakan karya ilmiah jenjang pendidikan tinggi berdasarkan atas hasil penelitian pribadi di lapangan atau riset kepustakaan yang disusun oleh mahasiswa sesuai prosedur yang

Lebih terperinci

P A N D U A N PRAKTIKUM MATAKULIAH

P A N D U A N PRAKTIKUM MATAKULIAH P A N D U A N PRAKTIKUM MATAKULIAH JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA Status Terakreditasi Nomor : 012/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2007 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SILIWANGI Jl. Siliwangi No. 24 Tasikmalaya Kotak Pos 164

Lebih terperinci

FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D3 TEKNIK INFORMATIKA

FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D3 TEKNIK INFORMATIKA FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D3 TEKNIK INFORMATIKA A. BAGIAN AWAL Bagian awal mencakup sampul depan, halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar

Lebih terperinci

Gerbang Technopreneur KERJA PRAKTEK

Gerbang Technopreneur KERJA PRAKTEK KERJA PRAKTEK A. Definisi Kerja Praktek (KP) adalah salah satu matakuliah wajib sebagai salah satu syarat memperoleh derajat sarjana strata satu (S1). KP dilaksanakan di sebuah institusi tertentu dan mendapatkan

Lebih terperinci

PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ROSMA 2009 KARAWANG BAB I PENDAHULUAN A. Dasar Pemikiran Tugas Perguruan Tinggi dalam hal ini

Lebih terperinci

PANDUAN MAGANG FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

PANDUAN MAGANG FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI PANDUAN MAGANG FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASBULLAH (LPPM UNWAHA) TAMBAKBERAS JOMBANG 2017 Kata Pengantar Assalamulaiakum

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR ( HANYA UNTUK LINGKUNGAN SENDIRI ) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA JENJANG DIPLOMA III

PANDUAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR ( HANYA UNTUK LINGKUNGAN SENDIRI ) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA JENJANG DIPLOMA III PANDUAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR ( HANYA UNTUK LINGKUNGAN SENDIRI ) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA JENJANG DIPLOMA III AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER (AMIK) BUMI NUSANTARA CIREBON 2014 KATA

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN MATAKULIAH KERJA PRAKTEK

BUKU PANDUAN MATAKULIAH KERJA PRAKTEK BUKU PANDUAN MATAKULIAH KERJA PRAKTEK PROGRAM STUDI DESAIN PRODUK GRAFIS DAN MULTIMEDIA FAKULTAS DESAIN DAN SENI KREATIF UNIVERSITAS MERCU BUANA 2014 1 DESKRIPSI MATA KULIAH KERJA PRAKTEK 1. DESKRIPSI

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA 2013 1 KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan

Lebih terperinci

Gerbang Technopreneur ASISTENSI

Gerbang Technopreneur ASISTENSI ASISTENSI A. Dasar Pemikiran Asistensi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa mulai angkatan 2006. Asistensi masing-masing memiliki 1 SKS. Asistensi bertujuan untuk membantu Dosen dalam melaksanakan

Lebih terperinci

SOP TUGAS AKHIR/SKRIPSI No. Dok: Revisi : 00 Page 1 of 6

SOP TUGAS AKHIR/SKRIPSI No. Dok: Revisi : 00 Page 1 of 6 No. Dok: 00.01.17.01 Revisi : 00 Page 1 of 6 Fakultas Pertanian Falkultas Ekonomi Fakultas kedokteran Fakultas MIPA Fakultas Hukum Fakultas Peternakan Fakultas Teknik Fakultas Sastra Fakultas Ilmu Sosial

Lebih terperinci

PANDUAN TUGAS AKHIR Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

PANDUAN TUGAS AKHIR Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia PANDUAN TUGAS AKHIR, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia 1. Pengantar Tugas Akhir (TA) adalah sebuah penelitian di bidang teknik elektro yang dapat mencakup salah satu dari bidang

Lebih terperinci

KULIAH UMUM SEMINAR PROGRAM MAGISTER DAN DOKTOR TAHUN AKADEMIK

KULIAH UMUM SEMINAR PROGRAM MAGISTER DAN DOKTOR TAHUN AKADEMIK KULIAH UMUM SEMINAR PROGRAM MAGISTER DAN DOKTOR TAHUN AKADEMIK 2015/2016 SEKOLAH PASCASARJANA INSTITUT PERTANIAN BOGOR Bogor, 16 Februari 2016 MATA KULIAH SEMINAR (PPS 690/PPS 790) SKS: 1(1-0) PROGRAM

Lebih terperinci

FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D4 / D3 TEKNIK INFORMATIKA A. BAGIAN AWAL

FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D4 / D3 TEKNIK INFORMATIKA A. BAGIAN AWAL FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D4 / D3 TEKNIK INFORMATIKA A. BAGIAN AWAL Bagian awal mencakup sampul depan, halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi,

Lebih terperinci

Aryo Pinandito, ST, M.MT Dokumen Bimbingan Skripsi v2.0

Aryo Pinandito, ST, M.MT Dokumen Bimbingan Skripsi v2.0 Bimbingan Skripsi Aryo Pinandito, ST, M.MT Dokumen Bimbingan Skripsi v2.0 Laboratorium Pemrograman Aplikasi Perangkat Bergerak Mobile Application Development Laboratory Program Teknologi Informasi dan

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA Tim Penyusun : Sabar Rudiarto, M.Kom Dr. Harwikarya, MT Nia Kusuma Wardhani, S.Kom, MM TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 BAB 1 PENDAHULUAN

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

PANDUAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI PANDUAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA 2013 1 PANDUAN KERJA PRAKTEK Kode mata kuliah

Lebih terperinci

PANDUAN TUGAS AKHIR 27

PANDUAN TUGAS AKHIR 27 PANDUAN TUGAS AKHIR 27 1. PENDAHULUAN Tugas Akhir (TA) bernilai 5 SKS merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh setiap mahasiswa TI ITS sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan Strata satu dan

Lebih terperinci

Universitas Budi Luhur. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Program Studi Hubungan Internasional. Panduan. Penulisan Laporan

Universitas Budi Luhur. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Program Studi Hubungan Internasional. Panduan. Penulisan Laporan Program Studi Hubungan Internasional Panduan Penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktik (KKP) disusun oleh: Program Studi Hubungan Internasional 2008 Panduan Penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktik Program

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PROGRAM STUDI S-1 ILMU GIZI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HOLISTIK PURWAKARTA 2016 PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH Berdasarkan Surat Edaran Dirjen DIKTI Nomor 152/E/T/2012

Lebih terperinci

PEDOMAN TEKNIS PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA

PEDOMAN TEKNIS PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PEDOMAN TEKNIS PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA Disusun Oleh : Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN BALIKPAPAN 2012 DAFTAR ISI Halaman BAB I

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENULISAN TESIS

BUKU PANDUAN PENULISAN TESIS BUKU PANDUAN PENULISAN TESIS Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Juni 2016 ii KATA PENGANTAR Tesis merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian yang

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Nomor: 46/O/2002. tentang PEDOMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Nomor: 46/O/2002. tentang PEDOMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Nomor: 46/O/2002 tentang PEDOMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Menimbang : Bahwa dalam rangka pelaksanaan

Lebih terperinci

STRUKTUR PENULISAN TUGAS AKHIR SKRIPSI

STRUKTUR PENULISAN TUGAS AKHIR SKRIPSI FAKULTAS SENI RUPA INSTITUT KESENIAN JAKARTA STRUKTUR PENULISAN TUGAS AKHIR SKRIPSI NO BAGIAN KETERANGAN TEKNIS 1 Cover - Hard Cover warna Jingga (orange). - Tulisan dan Logo IKJ di Cover depan dan punggung

Lebih terperinci

SEKOLAH TINGGI SENI RUPA DAN DESAIN VISI INDONESIA PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

SEKOLAH TINGGI SENI RUPA DAN DESAIN VISI INDONESIA PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI SENI RUPA DAN DESAIN VISI INDONESIA PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT 2014 1 BAB I PENDAHULUAN A. Pengertian Sekolah Tinggi Seni Rupa

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI

BUKU PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI BUKU PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI PROGRAM STUDI FISIOTERAPI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2016 BAB I PENDAHULUAN Skripsi adalah tugas akhir yang harus ditulis oleh mahasiswa dalam Program

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI PANDUAN TUGAS AKHIR. Tgl 11 April 2012 UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Presented By: Moh Sulhan

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI PANDUAN TUGAS AKHIR. Tgl 11 April 2012 UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Presented By: Moh Sulhan FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI PANDUAN TUGAS AKHIR Tgl 11 April 2012 UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG Presented By: Moh Sulhan TUGAS AKHIR DISUSUN BERDASARKAN HASIL PENELITIANYANG MEMILIKI CIRI-CIRI: Terdapat

Lebih terperinci

PANDUAN SEMINAR USULAN PENELITIAN PENULISAN OUTLINE USULAN PENELITIAN / SKRIPSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN S-I STIE YASA ANGGANA GARUT

PANDUAN SEMINAR USULAN PENELITIAN PENULISAN OUTLINE USULAN PENELITIAN / SKRIPSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN S-I STIE YASA ANGGANA GARUT PANDUAN SEMINAR USULAN PENELITIAN DAN PENULISAN OUTLINE USULAN PENELITIAN / SKRIPSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN S-I STIE YASA ANGGANA GARUT I. PENGERTIAN 1. Mahasiswa / Peserta didik adalah anggota masyarakat

Lebih terperinci

PANDUAN KULIAH KERJA PRAKTIK

PANDUAN KULIAH KERJA PRAKTIK PANDUAN KULIAH KERJA PRAKTIK Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala 2010 ii TIM PENYUSUN PENANGGUNG JAWAB Dr. Mustanir, M.Sc. PENGARAH Dr. T. M. Iqbalsyah, M.Sc. Fauzi, M.Si.

Lebih terperinci

SURAT KEPUTUSAN KETUA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK SUMEDANG

SURAT KEPUTUSAN KETUA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK SUMEDANG SURAT KEPUTUSAN KETUA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK SUMEDANG Nomor : 09/SK-STMIK/X/2013 Tentang Pedoman Teknis Penulisan Skripsi/Tugas Akhir Mahasiswa STMIK Sumedang KETUA STMIK

Lebih terperinci

Persyaratan Administratif Proposal PKM Hibah

Persyaratan Administratif Proposal PKM Hibah Persyaratan Administratif Proposal PKM Hibah Persyaratan administratif merupakan aspek penting dalam penulisan PKM. Oleh karena itu, mahasiswa pengusul PKM wajib mematuhi persyaratan tersebut. Berikut

Lebih terperinci

SYARAT PENGUMPULAN LAPORAN TUGAS AKHIR UNTUK YUDISIUM SIDANG SARJANA PRODI SISTEM INFORMASI

SYARAT PENGUMPULAN LAPORAN TUGAS AKHIR UNTUK YUDISIUM SIDANG SARJANA PRODI SISTEM INFORMASI SYARAT PENGUMPULAN LAPORAN TUGAS AKHIR UNTUK YUDISIUM SIDANG SARJANA PRODI SISTEM INFORMASI Setelah Sidang Tugas Akhir dan dinyatakan Lulus, Mahasiswa wajib mengumpulkan : 1. Tiga (3) Laporan Tugas Akhir

Lebih terperinci

PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI

PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI PETUNJUK PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PROGRAM DOKTOR (S3) A. UJIAN KUALIFIKASI 1. Ujian Kualifikasi a. Ujian kualifikasi terdiri atas ujian lisan dan tulis yang pelaksanaannya merupakan satu kesatuan. b.

Lebih terperinci

PANDUAN PROPOSAL LNT-RBM VII

PANDUAN PROPOSAL LNT-RBM VII PANDUAN PROPOSAL LNT-RBM VII - 2017 Sistematika penulisan Proposal: a. HALAMAN SAMPUL (lampiran 1) b. HALAMAN PERSETUJUAN (lampiran 2) c. PERNYATAAN ORISINALITAS (lampiran 3) d. DAFTAR ISI e. RINGKASAN

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 II. BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR... 6

DAFTAR ISI. Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 II. BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR... 6 DAFTAR ISI Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 1. 1. Bahasa Penulisan... 1 1. 2. Format penulisan... 1 1. 3. Penomoran Halaman... 3 1. 4. Tabel, gambar, grafik, skema, dan objek lainnya... 3 1. 5.

Lebih terperinci

TOR HIBAH PENELITIAN

TOR HIBAH PENELITIAN TOR HIBAH PENELITIAN TOR-B1-PSPF Kegiatan Sub Kegiatan : B. Peningkatan kompetensi lulusan : B.1 Peningkatan Soft Skill Mahasiswa dalam Penguasaan TIK PENINGKATAN KUALITAS KOLABORASI DOSEN DAN MAHASISWA

Lebih terperinci