.:: INTERNET LANJUTAN ::.

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download ".:: INTERNET LANJUTAN ::."

Transkripsi

1 .:: INTERNET LANJUTAN ::. A. BROWSING Browsing adalah suatu kegiatan pencarian data atau informasi di internet dengan cara klik-mengklik menu atau kategori suatu situs. Secara mudahnya, browsing adalah mencari data atau informasi dengan memilih menu atau kategori yang dikehendaki pada suatu situs atau web. Dalam browsing banyak hal yang dapat kita lakukan dan temukan baik itu berupa informasi umum, artikel-artikel, dan lain sebagainya. Dalam materi ini diperkenalkan kepada Anda fasilitas apa saja yang bisa Anda temukan dalam browsing secara lebih mendalam, misalnya bagaimana menyimpan file atau informasi (artikel) yang telah Anda temukan dan yang lainnya. 1. Penyimpanan File Dalam penyimpanan file data atau informasi, banyak cara yang bisa kita lakukan tergantung dari bentuk data atau informasi yang ingin kita simpan. Dalam hal ini ada 3 bentuk data atau informasi yang umum bisa Anda simpan, yaitu : 1 Berupa artikel yang terdiri dari kalimat- kalimat; 2 Berupa gambar; 3 Gabungan dari kalimat dan gambar. Berikut merupakan bahasan cara penyimpanan dari ketiga bentuk data atau informasi. Cara COPY dan PASTE Cara ini digunakan jika Anda ingin menyimpan data atau informasi berupa kumpulan kalimat- kalimat pada suatu situs, dan bagi Anda yang telah sering berhubungan dengan program Microsoft Word, ini adalah hal yang biasa dalam peng-copy-an dan penyimpanan. Langkah- langkah COPY dan PASTE : 1. Tentukan dahulu data atau informasi mana yang ingin Anda simpan; 2. Arahkan dan klik kiri mouse Anda ke bagian awal data yang ingin Anda simpan tersebut; 3. Tarik mouse Anda sampai ke bagian akhir data (Pada saat ini akan terlihat blokan data yang ingin Anda simpan); 4. Kemudian klik kanan mouse; 5. Pilih (klik kiri) menu COPY; 6. Buka program Microsoft Word; 7. Klik kanan kembali pada mouse kemudian pilih menu PASTE; 8. Maka akan tampil data tersebut dan bisa menyimpannya seperti biasa.

2 Cara SAVE PICTURE AS Cara ini digunakan bagi Anda yang ingin menyimpan data atau informasi berupa gambar- gambar dari suatu situs.

3 Langkah- langkah SAVE PICTURE AS : 1. Tentukan gambar yang ingin disimpan; 2. Klik kanan mouse pada gambar; 3. Pilih (klik kiri) menu SAVE PICTURE AS; 4. Akan tampil kotak pilihan tempat penyimpanan untuk menyimpan gambar tersebut. (Bagi Anda yang ingin menyimpan langsung ke Disket silahkan pilih 3 ½ Floppy (A)); 5. Ketik nama file untuk data gambar Anda dan klik save untuk menyimpan.

4 Cara SAVE AS Sedangkan jika Anda ingin menyimpan keseluruhan bentuk asli data atau informasi dari suatu situs tersebut termasuk semua aksesoris, hyperlink, alamat web dan sebagainya ada suatu cara yang sangat mudah yaitu SAVE AS. Cara in sama seperti Anda menyimpan file dari Microsoft Word, yaitu : 1. Klik menu FILE; 2. Klik SAVE AS; 3. Pilih tempat penyimpanan; 4. Klik nama filenya dan klik SAVE.

5 Download Selain tiga cara umum di atas, ada satu cara lagi untuk menyimpan atau mengambil data atau informasi dari situs di internet yaitu Download. Download adalah proses pengambilan dan penyimpanan data atau informasi yang telah dibuat atau dibentuk menjadi file (biasa berupa Doc, Excel, dan bentuk file lainnya) dari situs di internet. Biasanya file yang kita ambil ini berukuran besar dan sudah disimpan dalam bentuk file jadi, maka yang diperlukan untuk men-download ini tergantung kecepatan koneksi internet dan besar file yang kita ambil. Semakin besar file dan semakin lambat koneksi, maka waktu yang diperlukan akan semakin lama, begitu pun sebaliknya. Animasi proses download biasanya berupa kotak dan satu cara pengambilan dan penyimpanannya pun sama seperti cara di atas.

6

7 B. (Electronic Mail) adalah surat elektronik kita di internet. Seperti yang telah pernah kita bahas bahwa untuk bisa menerima sdan mengirim , kita harus terlebih dahulu mempunyai kotak surat (mail box) yang digunakan sebagai tempat pengiriman dan penyimpanan surat-surat kita. Di dalam kotak surat ini terdapat banyak fasilitas tambahan penting untuk kita gunakan dan ketahui. Diantaranya adalah tempat penyimpanan alamat , surat-surat yang penting bagi kita. Pada materi ini kita akan membahas fasilitas yang lain yaitu fasilitas pengiriman file (attachment), surat ke banyak tujuan, bagian-bagian kotak surat, dan lain-lain. 1. Pengiriman File (Attachment) Di dalam , bagian yang digunakan untuk melampirkan file yang telah kita buat dan simpan di Disket atau di Harddisk dalam bentuk.doc,.txt dan bentuk lainnya adalah attachment (lampiran) (biasa disingkat attach). Attachment ini berada dalam bagian pengiriman surat atau compose. Langkah- langkah pengiriman file (attachment) : 1. Klik COMPOSE untuk masuk ke bagian pengiriman ; 2. Klik ATTACH FILES untuk memulai pengiriman file; 3. Klik BROWSE untuk memilih file yang ingin Anda kirim; 4. Klik ATTACH FILES untuk memasukkan file tersebut; 5. Tunggu sampai ada konfirmasi selesai; 6. Klik BROWSE kembali jika Anda ingin memasukkan file yang lain; 7. Jika tidak, klik DONE untuk menyelesaikan pemasukkan file ke ; 8. File tersebut siap dikirimkan. 1.

8

9

10 2. Pengiriman ke Banyak Tujuan Dalam kotak surat tersedia juga fasilitas untuk mengirim surat / ke banyak tujuan, yaitu : 1. CC Copy Carbon Berfungsi sebagai tembusan dan tujuan alamat yang kedua. 2. BCC Blind Copy Carbon Berfungsi sebagai arsip dari file surat yang akan dikirim sekaligus juga tempat tujuan alamat yang ketiga. 3. Bagian-Bagian Lain Folders : bagian-bagian kotak khusus dalam kotak surat, terdiri atas : - Inbox : tempat surat masuk, - Draft : tempat penyimpanan surat yang belum selesai diketik dan dikirim, - Sent : tempat arsip surat terkirim, - Bulk Mail : tempat penyimpanan surat yang tersaring; - Trash : tempat pembuangan surat lama. Option : berisi pilihan-pilihan pengubahan fasilitas mail box dan data diri. C. MESSENGER Messenger adalah sebuah program khusus yang menghubungkan beberapa orang dalam sebuah percakapan baik bersifat regional ataupun global dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang memudahkan komunikasi seperti webcam, VoIP dan sebagainya secara lebih privasi atau pribadi. Program ini terpisah khusus dari situs pembuatnya yaitu seperti di situs MSN yang mempunyai messengernya tersendiri yaitu MSN Messenger yang memudahkan membernya saling berkomunikasi satu dengan yang lain. Jadi messengernya biasa digunakan khusus bagi member dari suatu situs. Pada bagian ini kita akan membahas salah satu messenger terkenal yaitu Yahoo Messenger dan berbagai fasilitasnya. Untuk menggunakan messenger ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki ID atau member di situs Yahoo. 1. Login ke Yahoo Messenger Untuk login Anda harus mencari lambang program Yahoo Messenger. Kemudian Anda klik 2x lambang tersebut dimana selanjutnya akan tampil layar tempat pengisian ID dan password Anda untuk masuk. 1.. Masukkan nama ID dan password Anda di kotak yang telah tersedia, 2.. Klik LOGIN untuk masuk, 3.. Tunggu sampai ada konfirmasi bahwa Anda telah masuk ke Messenger, 4.. Akan tampil kotak isi messenger Anda terdiri dari berbagai fasilitas.

11 2. Chatting Langkah- langkah : 1. Klik menu CHAT untuk masuk ke bagian Chatting, 2. Akan keluar menu pilihan kategori, 3. Pilih KATEGORI yang ingin Anda masuk, 4. Pilih ROOM / Channelnya, 5. Klik GO TO ROOM, 6. Tunggu sampai tampil room-nya, 7. Pilih orang yang ingin diajak Chatting.

12

13

14 3. WebCam WebCam adalah fasilitas dari messenger untuk mengadakan komunikasi dengan menampilkan tampilan wajah menggunakan kamera digital. Dengan webcam user dapat melihat gambar dan wajah orang yang sedang diajak chat. Berbagai bentuk webcam telah diciptakan dari yang paling kecil sampai sebesar kamera biasa. 5. Emoticon- emoticon dalam Messenger 4. VoIP Selain bisa menggunakan kamera untuk melihat wajah lawan bicara, messenger bisa juga menggunakan suara untuk berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Namun, fasilitas ini baru dapat digunakan jika koneksi internetnya dalam kecepatan tinggi itu pun masih ada gangguan- gangguan sedikit. 5. HomePage HomePage adalah salah satu jenis situs yang menyediakan informasi biografi atau profile pembuat atau yang memiliki homepage tersebut. Biasanya homepage ini dimiliki oleh artis, selebriti atau tokoh-tokoh

15 terkenal dunia. Alamat homepage juga biasa dibuat sesuai nama tokoh tersebut untuk lebih memudahkan dalam mengingat. Untuk punya homepage Anda harus dahulu membuatnya dan mendaftarkan alamat domainnya (situsnya) ke server atau situs yang menyediakan tempat penyimpanan data dan alamat situs. Kelebihan dari e-commerce adalah kita bisa mengembangkan usaha kita dalam hal promosi, pelayanan, kemudahan- kemudahan lain bagi perusahaan atau bagi buyer melalui internet secara on-line. Hal ini juga tidak terbatas pada waktu dan tempat, sehingga akan mengefisienkan segala sumber daya secara lebih tepat dan cepat. Contoh bentuk alamat HomePage : D. E-Commerce E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce yang merupakan pengembangan dari internet, yaitu perdagangan yang dilakukan dengan menggunakan internet atau yang lebih tepatnya pertukaran nilai elektronik antara merchant dan partner. Perkembangan dalam bidang e-commerce ini telah banyak diaplikasikan dalam perbisnisan dan ekonomi. Perkembangan itu antara lain : E-Business : penerapan teknologi internet dalam bidang bisnis, misal dalam transaksi-transaksi saham. E-Shopping : penerapan teknologi internet dalam hal transaksi jualbeli (belanja) secara on-line. E-Banking : penerapan teknologi internet dalam bidang perbankan secara on-line, misal dalam hal pertransferan uang melalui internet. Contoh Situs-Situs E-Commerce : e-business e-banking e-shopping toko.djklik.net

16 DAFTAR ISI A. Browsing Penyimpanan File Cara Copy Paste Cara Save Picture As Cara Save As Download... 9 B Pengiriman File (Attachment) Pengiriman ke banyak tujuan Bagian-bagian lain C. Messenger Login ke Yahoo Messenger Chatting Webcam VoIp Homepage D. E-commerce... 29

MENJELAJAHI DUNIA MAYA

MENJELAJAHI DUNIA MAYA Tutorial Dasar Internet untuk Pemula Andi Sholihin dieka.91@gmail.com http://sekedar-tutorial.blogspot.com Januari DAFTAR ISI BAGIAN 1 PENGENALAN INTERNET... 3 1.1 Pengertian Internet... 3 2.1 Istilah-Istilah

Lebih terperinci

PANDUAN INTERNET DASAR. Tittleba r. Menu Internet Explorer. Icon Toolbar

PANDUAN INTERNET DASAR. Tittleba r. Menu Internet Explorer. Icon Toolbar PANDUAN INTERNET DASAR I. BROWSING DENGAN INTERNET EXPLORER 1. 2. 3. 4. MEMBUKA INTERNET EXPLORER Klik Start Klik Programs Klik Internet Explorer Atau 2x klik pada shortcut Internet Explorer di desktop

Lebih terperinci

2 Jangan terlalu banyak mengutip. Perlakukan secara pribadi. Jangan gunakan huruf kapital. Jangan Membicarakan Orang Lain. Jangan gunakan CC.

2 Jangan terlalu banyak mengutip. Perlakukan  secara pribadi. Jangan gunakan huruf kapital. Jangan Membicarakan Orang Lain. Jangan gunakan CC. 1. a.to: Alamat e-mail yang dituju b.cc: Alamat lain (surat berantai) c.bcc: Alamat yang lain lagi d.subject: Hal surat/e-mail 2 Jangan terlalu banyak mengutip. Perlakukan e-mail secara pribadi. Jangan

Lebih terperinci

Mengenal Internet. Fasilitas - Fasilitas Internet

Mengenal Internet. Fasilitas - Fasilitas Internet Mengenal Internet Internet adalah sarana komunikasi, hiburan, bisnis yang tercepat dan tercanggih saat ini. Internet merupakan sarana komunikasi global yang berkembang sangat pesat saat ini. Pada dasarnya,

Lebih terperinci

Budi Setyono Pengantar Internet 1/31

Budi Setyono Pengantar Internet 1/31 P e n g e n a l a n I n t e r n e t 1. Apa itu Internet? Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer

Lebih terperinci

f. Tunggu proses download sampai selesai, di layar muncul tampilan sebagai berikut :

f. Tunggu proses download sampai selesai, di layar muncul tampilan sebagai berikut : f. Tunggu proses download sampai selesai, di layar muncul tampilan sebagai berikut : g. Tunggu sampai proses download selesai yang ditandai dengan munculnya kota form seperti berikut. 2. Download Menggunakan

Lebih terperinci

BAHAN AJAR KKPI KELAS XII

BAHAN AJAR KKPI KELAS XII KTSP SMK i DAFTAR ISI Daftar Isi... i BAB 3 MENGOPERASIKAN SOFTWARE E-MAIL CLIENT Kompetensi dan Ruang Lingkup... 1 I. Pengertian... 2 II. Langkah-Langkah Membuat Alamat Email... 2 A. Mengoperasikan Email

Lebih terperinci

BUKU MANUAL PENGGUNA WEB MAIL WONOGIRIKAB.GO.ID

BUKU MANUAL PENGGUNA WEB MAIL WONOGIRIKAB.GO.ID 1. PENDAHULUAN Dalam rangkat meningkatkan kinerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Wonogiri dalam berkordinasi dan berkomunikasi menjadi lebih cepat dan efisien sekarang ini sudah tersedia layanan webmail

Lebih terperinci

Panduan Webmail GMAIL. Webmail GMAIL

Panduan Webmail GMAIL. Webmail GMAIL Webmail GMAIL Gmail merupakan webmail berbasis dari search engine Google (www.google.com). Menurut pengalaman penulis, saat ini Gmail merupakan free webmail terbaik yang pernah ditemui sepanjang perjalanan

Lebih terperinci

WEB BROWSER World Wide Web WWW SEARCH ENGINE Mesin pencari

WEB BROWSER World Wide Web WWW SEARCH ENGINE Mesin pencari WEB BROWSER World Wide Web (www atau disebut web) adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI).

Lebih terperinci

MODUL DASAR INTERNET. Browsing Internet. Searching. . Chatting. Pelatihan Internet Dasar

MODUL DASAR INTERNET. Browsing Internet. Searching.  . Chatting. Pelatihan Internet Dasar MODUL DASAR INTERNET Browsing Internet Searching Email Chatting Pendahuluan Perkembangan teknologi pada abad ini begitu pesatnya terutama teknologi telekomunikasi dari sebuah surat yang harus dikirimkan

Lebih terperinci

Mendaftar dan Menggunakan Fasilitas Akun Facebook 2009 PUSKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Mendaftar dan Menggunakan Fasilitas Akun Facebook 2009 PUSKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA Mendaftar dan Menggunakan Fasilitas Akun Facebook 2009 PUSKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA DAFTAR ISI Daftar Isi... 1 a. Membuka website Facebook... 2 b. Mendaftar Facebook... 2 c. Login... 5 d.

Lebih terperinci

Pengenalan Komputer dan Internet

Pengenalan Komputer dan Internet Pengenalan Komputer dan Internet Apa itu Internet? Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan

Lebih terperinci

(Electronic Mail)

(Electronic Mail) E-MAIL (Electronic Mail) Kelompok 5 Rifan Bawoel, Stefani Tangkuman, Deasry Potangkuman, Risky Radjamuda Email (surat elektronik) merupakan fasilitas lain dalam dunia internet yang dalam proses pengirimannya

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAKAN LUMAJANGKAB.GO.ID

PANDUAN MENGGUNAKAN  LUMAJANGKAB.GO.ID PANDUAN MENGGUNAKAN EMAIL LUMAJANGKAB.GO.ID Penggunaan Webmail Zimbra webmail adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh Zimbra untuk mengakses email. Selain menggunakan webmail, email Zimbra juga

Lebih terperinci

MODUL XIV WEB BROWSER. A. MAKSUD 1. Maksud Memperkenalkan Internet kepada mahasiswa 2. Tujuan Mahasiswa dapat menggunakan internet, dan membuat .

MODUL XIV WEB BROWSER. A. MAKSUD 1. Maksud Memperkenalkan Internet kepada mahasiswa 2. Tujuan Mahasiswa dapat menggunakan internet, dan membuat  . MODUL XIV WEB BROWSER A. MAKSUD 1. Maksud Memperkenalkan Internet kepada mahasiswa 2. Tujuan Mahasiswa dapat menggunakan internet, dan membuat email. B. TEORI Pengertian Internet Internet berasal dari

Lebih terperinci

SURAT ELEKTRONIK. Surat Elektronik. Mengirim.

SURAT ELEKTRONIK. Surat Elektronik. Mengirim. BAB 8 SURAT ELEKTRONIK Peta Konsep Surat Elektronik Mengenal E-Mail Membuat Alamat E-Mail Menyertakan Lampiran pada E-Mail Keuntungan dan Kerugian E-Mail Membaca E-Mail Membalas dan Meneruskan E-Mail yang

Lebih terperinci

TUTORIAL OPERASIONAL SKPD KOTA PASURUAN

TUTORIAL OPERASIONAL  SKPD KOTA PASURUAN TUTORIAL OPERASIONAL EMAIL SKPD KOTA PASURUAN 1. Login Untuk menggunakan email dengan domain.pasuruankota.go.id, halaman yang bisa diakses adalah di mail.pasuruankota.go.id. User kemudian akan disambut

Lebih terperinci

CHATING A. Pengertian Chating B. Chating dengan mirc start All Programs mirc mirc Connect to server

CHATING A. Pengertian Chating B. Chating dengan mirc start All Programs mirc mirc Connect to server CHATING A. Pengertian Chating Chating adalah fasilitas di internet untuk dapat berkomunikasi secara langsung dengan mengetikkan kata-kata percakapan atau menggunakan webcam dan microphone untuk dapat bercakap-cakap

Lebih terperinci

KEGIATAN BELAJAR I I. MENGENAL E MAIL

KEGIATAN BELAJAR I I. MENGENAL E MAIL 3 I. MENGENAL E MAIL KEGIATAN BELAJAR I Apakah anda tahu tentang e mail atau elektronik mail? Atau apakah anda mempunyai keluarga atau teman yang jauh dari kota anda? Lalu bagaimanakah anda berkomunikasi

Lebih terperinci

Our profile: Agata Dwitiara S Afifah Salwa R Devi Maula N

Our profile: Agata Dwitiara S Afifah Salwa R Devi Maula N EMAIL XI IPA 5 Our profile: g Agata Dwitiara S Afifah Salwa R Devi Maula N Indra Saputra Julffy Delia D Pengertian Email Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat

Lebih terperinci

I. PEDOMAN PENGGUNAAN INTRANET

I. PEDOMAN PENGGUNAAN INTRANET 1. Prosedur Login. I. PEDOMAN PENGGUNAAN INTRANET http://www.ptpn3.co.id/ Demi tercapainya suatu sistem informasi yang cepat, akurat dan terintegrasi, maka telah dibuat fasilitas Intranet PTPN III untuk

Lebih terperinci

Daya Tarik Internet. Sumber informasi Komunikasi : chating, sms, Voip, Telekonfernce Transaksi : perbankkan dan dunia bisnis/perdagangan, pendidikan.

Daya Tarik Internet. Sumber informasi Komunikasi : chating, sms, Voip, Telekonfernce Transaksi : perbankkan dan dunia bisnis/perdagangan, pendidikan. INTERNET SEJARAH SINGKAT Awal mula sebagai pertahanan proyek ARPA ( advance Research Project Agensy). ARPANET. Dibentuk tahun1969 diperkenalkan secara umum tahun 1972 bualn Oktober. Sejak itu komputer

Lebih terperinci

Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron

Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron Kelas X SMK Gondang Kegiatan Belajar 8: Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui penerapan pengetahuan komunikasi dalam jaringan asinkron A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran,

Lebih terperinci

LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT

LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT DAFTAR ISI DAFTAR ISI...1 LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT...2 I. CARA PENGAKSESAN EMAIL...2 II. CARA MELIHAT EMAIL...4 III. CARA MEMBUAT EMAIL / PESAN BARU...6 LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL

Lebih terperinci

Modul di Yahoo

Modul  di Yahoo Penyusun : Nurita Putranti, S.Kom NIP. 198402152008022002 Cara Membuat Email Pada Web Yahoo 1. Pada link Address ketikan situs web www.yahoo.co.id. Setelah memasukan alamat web yahoo maka akan tampil beranda

Lebih terperinci

PENGANTAR INTERNET BAB 1 PENDAHULUAN

PENGANTAR INTERNET BAB 1 PENDAHULUAN PENGANTAR INTERNET BAB 1 PENDAHULUAN 1. Definisi Internet adalah jaringan komputer yang tersusun oleh ribuan bahkan jutaan komputer. Semakin hari kebutuhan akan internet semakin bertambah seiring dengan

Lebih terperinci

Modul 2 Semiloka Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran 1

Modul 2 Semiloka Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran 1 Modul 2 Semiloka Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran 1 Topik : Internet Access Muhammad Adri mhd.adri@unp.ac.id http://muhammadadri.wordpress.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

Pengantar Internet 1. Apa itu Internet? Interconnected Network Internet Browser Internet Explorer

Pengantar Internet  1. Apa itu Internet? Interconnected Network Internet Browser Internet Explorer 1 1. Apa itu Internet? Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer

Lebih terperinci

MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA LAYANAN INFORMASI YANG ADA DI INTERNET. Nama : Ilham Dimas K Kelas : IX-4 No : 15

MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA LAYANAN INFORMASI YANG ADA DI INTERNET. Nama : Ilham Dimas K Kelas : IX-4 No : 15 MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA LAYANAN INFORMASI YANG ADA DI INTERNET Nama : Ilham Dimas K Kelas : IX-4 No : 15 Standart Kompetensi 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi Kompetensi Dasar 2.2 Mengidentifikasi

Lebih terperinci

INTERNET DAN MASYARAKAT

INTERNET DAN MASYARAKAT BAB 9 INTERNET DAN MASYARAKAT Peta Konsep Internet dan Masyarakat Internet dalam Kegiatan Sehari-hari Chatting Mendownload File Kata Kunci E-commerce, Transaksi, E-banking, E-learning, E-dictionary, E-laboratory,

Lebih terperinci

PANDUAN BELAJAR INTERNET DASAR

PANDUAN BELAJAR INTERNET DASAR PANDUAN BELAJAR INTERNET DASAR PENDAHULUAN Internet adalah sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia dimana antara satu komputer dengan komputer lain di dunia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi.

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAKAN WEB INTRANET DAN E-MAIL PERUSAHAAN

PANDUAN MENGGUNAKAN WEB INTRANET DAN E-MAIL PERUSAHAAN PANDUAN MENGGUNAKAN WEB INTRANET DAN E-MAIL PERUSAHAAN URUSAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI ( UPTI ) BAGIAN PERENCANAAN PENGKAJIAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI PTP NUSANTARA V ( PERSERO ) 2011 1 I. PANDUAN

Lebih terperinci

. : Monica Justiana. Kelas : XI IPA 1. No. Absen : 26

. : Monica Justiana. Kelas : XI IPA 1. No. Absen : 26 Nama : Monica Justiana Kelas : XI IPA 1 No. Absen : 26 EMAIL 1. Pengertian Email Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam

Lebih terperinci

Petunjuk Upload database MySQL menggunakan PhpMyAdmin

Petunjuk Upload database MySQL menggunakan PhpMyAdmin Petunjuk Upload database MySQL menggunakan PhpMyAdmin Kali ini kami akan ajak anda untuk mengetahui cara meng-upload database anda ke website dengan menggunakan phpmyadmin MySQL memiliki fasilitas yang

Lebih terperinci

Petunjuk Upload Database MySQL

Petunjuk Upload Database MySQL Petunjuk Upload Database MySQL Kali ini kami akan ajak anda untuk mengetahui cara meng-upload database anda ke website dengan menggunakan phpmyadmin MySQL memiliki fasilitas yang dinamakan MySQL Dump.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SURAT ELEKTRONIK ( ) INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA

PETUNJUK PENGGUNAAN SURAT ELEKTRONIK ( ) INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA PETUNJUK PENGGUNAAN SURAT ELEKTRONIK (EMAIL) INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA Disusun oleh : UPT. Pusat Informatika Tutorial Email Edisi : 1.0 Apa Itu Email? E-mail merupakan singkatan dari Elektronic

Lebih terperinci

Perbedaan dan Kelebihan serta Kekurangan Gmail dan Yahoo Mail

Perbedaan dan Kelebihan serta Kekurangan Gmail dan Yahoo Mail Perbedaan dan Kelebihan serta Kekurangan Gmail dan Yahoo Mail Nurman Fhirmanda manda.cowo@gmail.com Abstrak Pada saat ini penggunaan pengiriman e-mail sudah menjadi salah satu alternatif dalam pengiriman

Lebih terperinci

B A I S (Brawijaya Authentication and Identification System)

B A I S (Brawijaya Authentication and Identification System) 1 B A I S (Brawijaya Authentication and Identification System) http://bais.ub.ac.id Layanan BAIS merupakan layanan TI (Teknologi Informasi) yang digunakan untuk mengatur (manage) Account Login layanan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL IKIP PGRI MADIUN. https://mail.ikippgrimadiun.ac.id

PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL IKIP PGRI MADIUN. https://mail.ikippgrimadiun.ac.id PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL IKIP PGRI MADIUN https://mail.ikippgrimadiun.ac.id PENGGUNAAN WEBMAIL Zimbra webmail adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh Zimbra untuk mengakses email. Selain menggunakan

Lebih terperinci

Daftar Isi I. PENDAHULUAN II. MEMBUKA APLIKASI P2KB IDI III. INFORMASI / LINK P2KB IDI A. Program 1 B. Program 2 C. Program 3 IV.

Daftar Isi I. PENDAHULUAN II. MEMBUKA APLIKASI P2KB IDI III. INFORMASI / LINK P2KB IDI A. Program 1 B. Program 2 C. Program 3 IV. Daftar Isi I. PENDAHULUAN II. MEMBUKA APLIKASI P2KB IDI III. INFORMASI / LINK P2KB IDI A. Program 1 B. Program 2 C. Program 3 IV. REGISTRASI ATAU MENDAFTAR A. Tahap 1 B. Tahap 2 C. Tahap 3 D. Tahap 4 V.

Lebih terperinci

Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron)

Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron) Materi Sim Dig KD 3.2 Menerapkan Komunikasi Daring (1. Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron) A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu untuk : menjelaskan bentuk komunikasi

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Daftar Isi BAB I BAIS (Brawijaya Authentication and Identification System).. 4

DAFTAR ISI. Daftar Isi BAB I BAIS (Brawijaya Authentication and Identification System).. 4 DAFTAR ISI Daftar Isi... 2 KATA PENGANTAR. 3 BAB I BAIS (Brawijaya Authentication and Identification System).. 4 I.1 LOGIN Ke BAIS 4 I.2 LUPA PASSWORD.. 8 BAB II SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa).

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA Divisi Web Administrasi UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG 2007 DAFTAR ISI I. Memilih Situs E- Learning Maranatha... 1 II. Login ke E-Learning...

Lebih terperinci

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle 1 Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part I) Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org A. Pendahuluan Portal elearning kini banyak

Lebih terperinci

Seputar Fitur dan Chart Account

Seputar Fitur  dan Chart Account Seputar Fitur Email dan Chart Account Opera memiliki fitur yang digunakan untuk melakukan pengaturan email yang Anda miliki sebagaimana layaknya email account lainnya. Berikut akan dibahas beberapa pengaturan

Lebih terperinci

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim PANDUAN (MANUAL) PENGGUNAAN BLOG http://pengawaspinrang.wordpress.com UNTUK PENGAWAS SEKOLAH A. Membuka

Lebih terperinci

BAB 2 . A. Pendahuluan

BAB 2  . A. Pendahuluan BAB 2 E-MAIL A. Pendahuluan E-mail atau electronic mail (surat elektronik) merupakan salah satu pelayanan internet sebagai alat komunikasi yang murah dan cepat. Kita dapat berkomunikasi atau berhuungan

Lebih terperinci

Cara Upload Web Repositori Persampahan Indonesia. Setelah berhasil login, akan muncul halaman DASHBOARD, seperti berikut ini:

Cara Upload Web Repositori Persampahan Indonesia. Setelah berhasil login, akan muncul halaman DASHBOARD, seperti berikut ini: Cara Upload Web Repositori Persampahan Indonesia Pertama, masuk ke halaman web http://persampahan.com/wp-admin Kemudian masukkan username dan password sebagai admin. Setelah berhasil login, akan muncul

Lebih terperinci

C. WEB I. MENDAPATKAN ACCOUNT GRATIS DARI YAHOO! 4. Ada pilihan berbayar dan gratis. Mau gratis yaitu Free Yahoo! Mail.

C. WEB  I. MENDAPATKAN  ACCOUNT GRATIS DARI YAHOO! 4. Ada pilihan berbayar dan gratis. Mau gratis yaitu Free Yahoo! Mail. C. WEB EMAIL Aplikasi Email berbasis web antara lain : Plasa, Hotmail, Yahoo, Eudoramail, Altavista, Dikmenjur.Net, Gmail, Lovemail. Pada contoh kali ini kita akan mendapatkan e-mail account gratis dari

Lebih terperinci

Membuat dan mendemonstrasikan penggunaan

Membuat dan mendemonstrasikan penggunaan Modul ke: Membuat dan mendemonstrasikan penggunaan e-mail Mahasiswa dapat membuat e-mail dan menggunakannya. Fakultas FEB Nawindah,M.Kom Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Tehnik membuat e-mail

Lebih terperinci

merupakan kepanjangan dari Elektronic Mail, yang berarti

merupakan kepanjangan dari Elektronic Mail, yang berarti E-Mail merupakan kepanjangan dari Elektronic Mail, yang berarti surat elektronik. Dikatakan sebagai surat elektronik karena media pengirimannya dengan piranti elektronik yaitu komputer melalui internet.

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa STMIK & AMIK LOGIKA 2011 (EDISI REVISI) Copyright : STMIK & AMIK LOGIKA Halaman 1 dari 10 PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Tutorial Online Langkah pertama adalah menjalankan

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PERTANIAN RI PETUNJUK OPERASIONAL. Mengirim, Menerima, Membalas dan Meneruskan Menggunakan OWA (Outlook Web App)

KEMENTERIAN PERTANIAN RI PETUNJUK OPERASIONAL. Mengirim, Menerima, Membalas dan Meneruskan  Menggunakan OWA (Outlook Web App) KEMENTERIAN PERTANIAN RI PETUNJUK OPERASIONAL Mengirim, Menerima, Membalas dan Meneruskan e-mail Menggunakan OWA (Outlook Web App) Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian 204 -- -- M e n g i r i m, M

Lebih terperinci

Berkomunikasi di Internet dengan Windows Live

Berkomunikasi di Internet dengan Windows Live Berkomunikasi di Internet dengan Windows Live Lewat kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, saat ini kita dapat berkomunikasi secara mudah dengan orang lain di belahan penjuru dunia tanpa harus mengunjungi

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN WEBSITE UNTUK SISWA

PANDUAN PENDAFTARAN WEBSITE UNTUK SISWA PANDUAN PENDAFTARAN WEBSITE UNTUK SISWA Sistem Informasi IPEKA berbasis Web adalah fasilitas yang diberikan oleh Sekolah Kristen IPEKA kepada orang tua siswa agar dapat memantau proses dan hasil belajar

Lebih terperinci

Sosiometri Berbasis Web

Sosiometri Berbasis Web Sosiometri Berbasis Web Pengantar Untuk mempermudah pembuatan sosiometri dan sosiogram, telah tersedia program Sosiometri Berbasis Web. Program ini bisa diakses melalui alamat : sosiometri.shidec.com Bagi

Lebih terperinci

Salam Pramuka. Setelah memilih menu pendaftaran, maka akan muncul tampilan isian pendaftaran

Salam Pramuka. Setelah memilih menu pendaftaran, maka akan muncul tampilan isian pendaftaran Salam Pramuka. Aplikasi ini dibangun dalam rangka percepatan pengumpulan formulir Akreditasi Gugusdepan. Dengan mengisikan dan mengunggah formulir Akreditasi yang telah disediakan maka Kakak sekalian membantu

Lebih terperinci

MANUAL BOOK UNDIKSHA

MANUAL BOOK  UNDIKSHA 2017 MANUAL BOOK EMAIL UNDIKSHA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 Pengantar Email... 2 Prosedur Pembuatan Email Institusi Undiksha... 2 Kontak:... 3 Cara Login Email... 3 Mengganti Password Default... 4 Memulai

Lebih terperinci

Buku Panduan Pengguna Portal IT. [ Calon Mahasiswa, Mahasiswa, Dosen, Tata Usaha, Komunitas, Industri ]

Buku Panduan Pengguna Portal IT. [ Calon Mahasiswa, Mahasiswa, Dosen, Tata Usaha, Komunitas, Industri ] [ Calon Mahasiswa, Mahasiswa, Dosen, Tata Usaha, Komunitas, Industri ] Daftar Isi Halaman Utama... 1 Calon Mahasiswa, Alumni, Komunitas dan industri... 2 Untuk calon mahasiswa... 3 Bagi pengguna yang berstatus

Lebih terperinci

Step By Step Menggunakan Yahoo! Mail

Step By Step Menggunakan Yahoo! Mail Step By Step Menggunakan Yahoo! Mail Oleh : Siyamta Email : [must_yamta@yahoo.com, yamta@vedcmalang.or.id] 1. Pengertian Email (Electronic Mail) merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar

Lebih terperinci

e-memo Ver 2.0 November 2016

e-memo Ver 2.0 November 2016 e-memo Ver 2.0 November 2016 Daftar Isi 1. Login e-office... 3 2. Menu e-office dan Folder... 3 2.1 Inbox folder... 4 3. Membuat memo baru... 4 3. 2 Isi Field ememo... 5 3.2.a Field Typist... 5 3.2.b Field

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAAN BPFKJAKARTA.OR.ID

PANDUAN MENGGUNAAN  BPFKJAKARTA.OR.ID PANDUAN MENGGUNAAN EMAIL BPFKJAKARTA.OR.ID A. Pendahuluan 1. Latar Belakang Teknologi informasi (TI) telah berkembang menjadi suatu teknologi yang sangat membantu bahkan menentukan tingkat kinerja sebuah

Lebih terperinci

Control Panel Windows XP Control Panel Windows 7

Control Panel Windows XP Control Panel Windows 7 1. Klik Start Menu kemudian plih Control Panel. 2. Apabila tampilan Control Panel seperti gambar di bawah, klik Switch to Classic View. 3. Untuk pengguna Sistem Operasi Windows 7, pada Pilihan View by

Lebih terperinci

1. Bagian-bagian dari Alamat

1. Bagian-bagian dari Alamat A. Pendahuluan E-mail adalah electronic mail (surat elektronik) merupakan salah satu atau pelayanan internet yang sering kita gunakan. Sebagai alat komunikasi yang murah dan cepat, kita dapat berkomunikasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA

BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA BAB IV IMPLEMENTASI DAN UJI COBA Dalam bab ini akan diuraikan implementasi program berdasarkan desain yang telah dibuat. 4.1. Kebutuhan Sistem Untuk dapat menjalankan program VoIP ini diperlukan kebutuhankebutuhan

Lebih terperinci

User untuk mencari informasi yang dimaksud sesuai kebutuhan atau keinginan User. Tampilan History dan Status Jasa Warehouse

User untuk mencari informasi yang dimaksud sesuai kebutuhan atau keinginan User. Tampilan History dan Status Jasa Warehouse 133 Tampilan History dan Status Jasa Warehouse Gambar 4.43 Tampilan History dan Status Jasa Warehouse Pada tampilan History dan Status Jasa Warehouse terdapat konten berupa pilihan tampilan yang dinginkan,

Lebih terperinci

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint.

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. MATA TATARAN : PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. B. Peserta dapat mengaplikasikan bahan ajar dalam

Lebih terperinci

Lab. Komunikasi Digital Gedung D4 PENS - ITS

Lab. Komunikasi Digital Gedung D4 PENS - ITS Pengenalan Internet Muhammad Zen S. Hadi Lab. Komunikasi Digital Gedung D4 PENS - ITS Pengenalan Browser WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena

Lebih terperinci

Menjelajah Internet (Browsing)

Menjelajah Internet (Browsing) Menjelajah Internet (Browsing) www.sitimustiani.com What is Browser? Let s start with the first set of slides Browsing ialah kegiatan menjelajahi internet. Menjelajahi internet berarti mencari informasi

Lebih terperinci

A. TUTORIAL MEMBUAT DI YAHOO

A. TUTORIAL MEMBUAT  DI YAHOO A. TUTORIAL MEMBUAT EMAIL DI YAHOO 1. Buka browser Anda, bisa menggunakan Mozilla FireFox, Internet Explorer atau Opera dll. Pada tutorial ini saya menggunakan Mozilla FireFox 2. Ketik mail.yahoo.com pada

Lebih terperinci

YAHOO MESSENGER PUSTAKA HANAFI

YAHOO MESSENGER PUSTAKA HANAFI YAHOO MESSENGER PUSTAKA HANAFI INSTALASI YAHOO MESSENGER Software yahoo messenger yang digunakan adalah ymsgr750_811_us.exe.. Bukalah software ini dengan cara double click pada file tersebut. Maka akan

Lebih terperinci

I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang paling benar! kecuali...

I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang paling benar! kecuali... I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang paling benar! 1. Yang dimaksud dengan jaringan komputer adalah... a. Sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain sehingga memungkinkan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL

PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL DISKOMINFO KABUPATEN KARANGASEM PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL WWW.KARANGASEMKAB.GO.ID PANDUAN PENGGUNAAN WEBMAIL DISKOMINFO PENDAHULUAN Dalam rangkat meningkatkan kinerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Karangasem

Lebih terperinci

Panduan Singkat Kuliah Secara E-learning Dengan LMS Moodle. bagi Mahasiswa

Panduan Singkat Kuliah Secara E-learning Dengan LMS Moodle. bagi Mahasiswa Panduan Singkat Kuliah Secara E-learning Dengan LMS Moodle bagi Mahasiswa Eko Aribowo Pusat Pengelolaan E-learning Lembaga Pengembangan & Peningkatan Aktivitas Instruksional UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2010

Lebih terperinci

Modul Pengguna SCeLE

Modul Pengguna SCeLE Modul Pengguna SCeLE Halaman utama SCeLE SCeLE adalah sistem yang berbasis web, sehingga untuk dapat menggunakannya dibutuhkan web browser (Internet Explorer / Mozilla / Netscape / Opera / dll). Untuk

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Maret 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Maret 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp 21.800 Terbit pertama: Maret 2005 Sinopsis singkat: Sudah banyak sekali buku mengenai internet yang terbit di pasaran, namun di antara buku-buku tersebut

Lebih terperinci

PREDIKSI SOAL TIK SMP/MTs PAKET C TAHUN AJARAN 2009/2010

PREDIKSI SOAL TIK SMP/MTs PAKET C TAHUN AJARAN 2009/2010 PREDIKSI SOAL TIK SMP/MTs PAKET C TAHUN AJARAN 2009/2010 1. Sebagai alat komunikasi dan penyebaran informasi-informasi dapat dikirim melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik dalam bentuk

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI WEB BPR LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI WEB BPR LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT Lampiran 3 Surat Edaran Bank Indonesia No. 11/ 21 /DKBU tanggal 10 Agustus 2009 PETUNJUK TEKNIS APLIKASI WEB BPR LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT DIREKTORAT KREDIT BPR DAN

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 1.1 Spesifikasi Sistem Spesifikasi sistem yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi berbasis web ini yaitu : 1.1.1 Kebutuhan Hardware Spesifikasi perangkat keras yang dibutuhkan

Lebih terperinci

BROWSING DAN DOWNLOAD

BROWSING DAN DOWNLOAD BROWSING DAN DOWNLOAD A. Pengertian Browsing dan Download Browsing adalah mencari artikel/situs/gambar/audio/video/software dan lain-lain dalam internet. Sedangkan download adalah mengambil/menyimpan artikel/situs/gambar/audio/video/software

Lebih terperinci

1. Untuk menyisipkan dokumen tersebut, pilih tombol Add Media. 2. Klik tombol Select Files untuk menentukan file yang akan diupload.

1. Untuk menyisipkan dokumen tersebut, pilih tombol Add Media. 2. Klik tombol Select Files untuk menentukan file yang akan diupload. Pernahkah Anda mendownload sebuah file dalam bentuk Ms. Word (DOC), Presentasi (PPT), dan Portable Documen Format (PDF)?. Ya, beberapa website menyediakan sebuah file dalam bentuk DOC, PPT, maupun PDF

Lebih terperinci

Cara Mengelompokan Pada Folder di Ms Outlook 2007

Cara Mengelompokan  Pada Folder di Ms Outlook 2007 by Alkom 1stSolution Cara Mengelompokan Email Pada Folder di Ms Outlook 2007 Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat Rule / Email Filtering di Microsoft Outlook 2007. 1. Buka aplikasi Microsoft

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi. Dapat mengetahui dan memahami tentang search engine

BAB 1 PENDAHULUAN. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi. Dapat mengetahui dan memahami tentang search engine BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dalam mencari informasi melalui internet dewasa ini sering digunakan suatu sistem perangkat lunak yang sering disebut sebagai mesin pencari (search engine). Search

Lebih terperinci

A. MENJALANKAN DAN MENUTUP APLIKASI

A. MENJALANKAN DAN MENUTUP APLIKASI A. MENJALANKAN DAN MENUTUP APLIKASI Untuk menjalankan aplikasi ini, clik pada destop atau menu Program Files dengan titel aplikasi ORS Client. Setelah di klik aplikasi ini memunculkan halaman pembuka (introduction)

Lebih terperinci

LAMPIRAN III SURAT EDARAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 41 /SEOJK.03/2017 TENTANG BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT

LAMPIRAN III SURAT EDARAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 41 /SEOJK.03/2017 TENTANG BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT LAMPIRAN III SURAT EDARAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 41 /SEOJK.03/2017 TENTANG BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT PETUNJUK TEKNIS APLIKASI WEB BPR LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN

Lebih terperinci

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress

Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Tutorial Membuat Blog dengan Layanan Wordpress Agar bisa membuat blog, anda setidaknya memerlukan komputer dengan spesifikasi yang bagus, terhubung dengan jaringan internet, email yang masih aktif dan

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP

1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP 1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP Aplikasi Akademik Online ini berbasis WEB, diperlukan koneksi internet untuk dapat mengakses aplikasi ini. Saat ini aplikasi

Lebih terperinci

Materi Sim Dig KD 3.2. Menerapkan Komunikasi Daring (2. Melaksanakan Komunikasi Daring Sinkron)

Materi Sim Dig KD 3.2. Menerapkan Komunikasi Daring (2. Melaksanakan Komunikasi Daring Sinkron) Materi Sim Dig KD 3.2. Menerapkan Komunikasi Daring (2. Melaksanakan Komunikasi Daring Sinkron) A. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu : menjelaskan bentuk komunikasi daring

Lebih terperinci

TUTORIAL PENERIMAAN NASABAH SECARA ON-LINE PT. BIMASAKTI BERJANGKA

TUTORIAL PENERIMAAN NASABAH SECARA ON-LINE PT. BIMASAKTI BERJANGKA TUTORIAL PENERIMAAN NASABAH SECARA ON-LINE PT. BIMASAKTI BERJANGKA ========================================================== TATA CARA PENDAFTARAN CLIENT AREA 1. Calon Nasabah masuk di website www.bisfx.com

Lebih terperinci

Kita dapat memperoleh data dan informasi dengan. Fasilitas-Fasilitas di Internet BAB VI. Tujuan Pembelajaran. Kata kunci

Kita dapat memperoleh data dan informasi dengan. Fasilitas-Fasilitas di Internet BAB VI. Tujuan Pembelajaran. Kata kunci BAB VI Fasilitas-Fasilitas di Internet Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa akan mampu: Mengerti dan memahami berbagai layanan informasi di Internet. Mengerti dan memahami

Lebih terperinci

TUTORIAL MEMBUAT BLOG di BLOG.COM Oleh : yuhefizar

TUTORIAL MEMBUAT BLOG di BLOG.COM Oleh : yuhefizar TUTORIAL MEMBUAT BLOG di BLOG.COM Oleh : yuhefizar http://www.ephi.web.id Berikut ini adalah tutorial cara membuat blog di www.blog.com. Sebelum melakukan langkah di bawah ini, pastikan komputer anda sudah

Lebih terperinci

Linux untuk. PC Linux Linux untuk Pemakai Internet -

Linux untuk. PC Linux  Linux untuk Pemakai Internet - Linux untuk Pemakai Internet PC Linux Http://www.pclinux.web.id/ Table of Contents Linux untuk Pemakai Internet...1 Program Internet di Linux...3 Firefox Web Browser...10 Yahoo Chat...11 Gaim - Internet

Lebih terperinci

AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM. Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login

AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM. Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login P a g e 0 18 AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM Login Menggunakan Username Dan Password Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login Username adalah Nomor Induk Pegawai

Lebih terperinci

Membuat Blog Menggunakan Wordpress

Membuat Blog Menggunakan Wordpress Membuat Blog Menggunakan Wordpress - 2013 Pengertian Blog Blog atau Weblog adalah buku harian online yang diisi secara terus menerus secara periodik. Blog pada awalnya hanya dimiliki oleh artis dan selebriti

Lebih terperinci

Sehingga akan muncul window baru seperti ini :

Sehingga akan muncul window baru seperti ini : 1. Mendaftar keanggotaan dalam e-learning Untuk dapat aktif dalam sistem pengelolaan e -learning dengan Learning Management System (LMS) Moodle yang digunakan di Universitas Ahmad Dahlan maka harus terdaftar

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY http://muhal.wordpress.com A. Pendahuluan Pengajar (guru, instruktur maupun dosen) merupakan

Lebih terperinci

PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS DINAS PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 CILONGOK Jalan Raya Pernasidi Cilongok Purwokerto I(0281)

PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS DINAS PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 CILONGOK Jalan Raya Pernasidi Cilongok Purwokerto I(0281) PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS DINAS PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 CILONGOK Jalan Raya Pernasidi Cilongok Purwokerto 53162 I(0281) 655457 UJIAN SEKOLAH UTAMA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI

Lebih terperinci

PRAKTEK E-LEARNING. Mengaskses e-learning UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Puskom UNY

PRAKTEK E-LEARNING. Mengaskses e-learning  UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Puskom UNY PRAKTEK E-LEARNING Oleh: Puskom UNY UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012 1 Mengaskses e-learning http://besmart.uny.ac.id 2 Akun e-learning Username dan password yang digunakan adalah NIM masing-masing mahasiswa

Lebih terperinci