LISENSI PEMAKAIAN. Materi buku ini merupakan salah satu bonus untuk produk Printable Flashcard yang ada di situs Bentang Ilmu.

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "LISENSI PEMAKAIAN. Materi buku ini merupakan salah satu bonus untuk produk Printable Flashcard yang ada di situs Bentang Ilmu."

Transkripsi

1

2 LISENSI PEMAKAIAN Materi buku ini merupakan salah satu bonus untuk produk Printable Flashcard yang ada di situs Bentang Ilmu. Dapatkan ribuan printable flashcard dalam berbagai tema dan berbagai materi mengenai pendidikan anak, parenting, dan homeschooling. 20 Ide Kegiataan Flashcard Bersama Anak Oleh: Sumardiono c Bentang Ilmu, 2010 Desain cover: Masdimboy Layout: Mira Julia

3 Flashcard adalah media belajar yang menarik. Bentuknya praktis, fungsinya beragam. Dari sekedar fungsi sebagai alat meringkas dan menghafal materi belajar, flashcard dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Hal ini disebabkan oleh keunggulan flashcard sebagai media yang bersifat visual. Berikut ini beberapa ide kegiatan untuk anak dengan media flashcard. Ide kegiatan itu diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk membuat kegiatan yang menyenangkan pada anak, dan pada saat bersamaan mengandung stimulus untuk meningkatkan kecerdasan anak. Kegiatan ini ada yang dimainkan secara perorangan, ada yang dimainkan oleh beberapa anak.

4 1 Pengantar Flashcard adalah salah satu alat yang menyenangkan untuk berkegiatan dan belajar. Sebagai sebuah alat, efektivitas penggunaannya juga tergantung pada cara kita menggunakannya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kegiatan berkegiatan dengan flashcard membutuhkan suasana yang santai dan menyenangkan. Perlakukan kegiatan flashcard sebagai permainan dan kegiatan bersenang-senang, bukan kegiatan belajar.

5 Dengan menganggap flashcard sebagai kegiatan bermain 2 (bukan belajar), secara sadar orangtua akan mengendurkan ekspektasi kepada anak. Orangtua bisa melonggarkan targettarget pada anak, yang biasanya menjadi hambatan mental untuk mengadakan kegiatan yang menyenangkan bersama anak. Mengapa kegiatan yang menyenangkan penting? Ketika aspek kesenangan menonjol dalam kegiatan anak; anak dipastikan akan menikmati kegiatannya dan menyerap berbagai hal dari permainan yang dilakukannya. Kegiatan yang menyenangkan akan membuat anak ingin mengulang permainan yang sama. Pada akhirnya, penguatan pada aspek menyenangkan (fun) justru memberikan hasil yang lebih baik daripada memperlakukan kegiatan ini sebagai kegiatan yang serius. Seperti pepatah mengatakan, expect less get more; sedikit mengharap justru akan mendapatkan lebih banyak.

6 Berikut ini kami sampaikan ide-ide kegiatan menggunakan 3 flashcard. Mudah-mudahan ide-ide kegiatan menggunakan flashcard ini dapat memberikan inspirasi kepada Anda mengenai permainan yang dapat Anda lakukan bersama anak-anak ataupun murid-murid Anda. 1. Apa ini, apa itu Dimainkan oleh satu pemain. Kegiatan ini adalah permainan dasar dari flashcard, yaitu pengenalan gambar/teks yang ada di flashcard. Gunakan satu seri flashcard bergambar (pengenalan benda) Ambil satu kartu flashcard dan tunjukkan bagian gambar kepada anak selama kurang lebih 5 detik. Ajukan pertanyaan kepada anak: Gambar apa ini?, Apa yang adik lihat?, dan sejenisnya. Berikan waktu kurang lebih 5 detik untuk membiarkan anak mengamati gambar yang ada di flashcard.

7 Berikan jawaban kepada anak sambil menunjuk 4 gambar flashcard Ini... (misalnya: Ayam) Ulangi proses ini selama beberapa kali. Jika anak ingin memainkan flashcard, hentikan proses bertanya. Biarkan dan berikan kesempatan kepada anak untuk memainkan flashcard. Jika anak sudah mulai bosan, hentikan kegiatan. Ulangi kegiatan ini di lain waktu. 2. Lomba menyebutkan nama benda Dimainkan oleh beberapa pemain. Kegiatan ini dilakukan setelah anak bisa menyebutkan nama yang ada di dalam kartu flashcard dengan benar. Kegiatan ini digunakan untuk memicu semangat anak belajar mengenal nama benda dan menyebutkan nama benda yang ada flashcard. Gunakan satu seri flashcard bergambar yang telah dikenal anak. Ambil satu kartu flashcard bergambar dan tunjukkan bagian gambar kepada anak.

8 Siapa yang bisa menjawab dengan cepat dan benar, 5 kartu itu diberikan kepadanya untuk disimpan. Pemenangnya adalah anak yang bisa mengumpulkan kartu paling banyak. Variasi kegiatan ini adalah meminta anak untuk menghitung kartu yang berhasil dikumpulkannya (matematika). 3. Belajar membaca secara visual Dimainkan oleh satu pemain atau lebih. Kegiatan ini dilakukan setelah anak bisa menyebutkan nama yang ada di dalam kartu flashcard dengan benar.kegiatan ini digunakan untuk stimulus belajar membaca dengan teknik visual (anak tidak mengeja, tetapi mengenali simbol huruf sekaligus dalam bentuk satu kata). Gunakan satu seri flashcard dua muka; gambar di depan, tulisan di belakang Ambil satu kartu flashcard dan tunjukkan bagian tulisan kepada anak selama kurang lebih 10 detik.

9 Untuk proses pengenalan, baca tulisan yang ada di 6 flashcard secara perlahan tapi cukup keras. Kemudian balik flashcard dan tunjukkan gambarnya. Ulangi proses di atas dua kali untuk setiap gambar. Untuk proses menguji, ajukan pertanyaan kepada anak: Tulisan apa ini? Setiap anak menjawab, balikkan kartu dan perlihatkan gambar flashcard. Nilailah bersama-sama apakah jawaban anak benar atau salah. Jangan lupa untuk memberikan tepuk tangan dan semangat gembira dalam kegiatan ini. 4. Mencari kata yang benar Dimainkan oleh satu pemain atau lebih. Kegiatan ini dilakukan setelah anak bisa membaca simbol sebagaimana yang ditunjukkan pada permainan sebelumnya (permainan 3).

10 Gunakan satu seri flashcard yang sudah dikuasai 7 anak. Letakkan flashcard secara acak di meja sehingga bagian teksnya berada di atas. Sebutkan satu kata yang ada di flashcard yang ada di meja. Minta anak untuk mengambil flashcard yang sesuai. Untuk menguji apakah jawaban anak benar, minta dia untuk membalikkan flashcard sehingga terlihat gambarnya. Siapa yang bisa menjawab dengan cepat dan benar, kartu itu diberikan kepadanya untuk disimpan. Pemenangnya adalah anak yang bisa mengumpulkan kartu paling banyak. Variasi kegiatan ini adalah meminta anak untuk menghitung kartu yang berhasil dikumpulkannya (matematika).

11 5. Kalender 8 Dimainkan oleh 5-6 pemain. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan bulan dan urutan bulan di dalam satu tahun. Ambil satu set kartu flashcard tahun (Januari- Desember). Bagikan setiap anak mendapat satu kartu Setiap pemain diminta melihat kartunya Setiap pemain dapat menukar kartunya dengan teman di sebelah kirinya. Teman yang ada di sebelah kirinya harus mau menukarkan kartunya (pemain mengatakan TUKAR dan kemudian saling menukarkan kartu dengan teman di sebelah kirinya). Setiap pemain boleh tidak menukar kartunya dengan teman di sebelah kirinya (pemain mengatakan LEWAT; maka dia tetap memegang kartunya) Permainan dimulai dari pemain nomor 1 hingga pemain terakhir. Pemain terakhir yang ingin menukarkan kartu dapat menukarkan dengan kartu teratas yang berada di dalam tumpukan.

12 Setelah semua pemain mendapat giliran, semua 9 pemain membuka kartunya. Pemenangnya adalah pemegang kartu bulan terakhir (mis: Jan, Mar, Mei, Juli, Okt; maka pemenangnya adalah pemegang kartu Okt). 6. Mari Menginap Dimainkan oleh satu pemain. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan konsep hari dalam satu minggu. Ambil satu set kartu flashcard hari (Senin-Minggu). Letakkan kartu di atas meja dengan kondisi terbuka. Buat sebuah cerita dan minta anak untuk mengambil kartu flashcard yang sesuai. Berikut ini contoh cerita: Hari ini hari Minggu. Dodi pergi ke rumah kakek. Di sana mereka menginap selama dua hari. Sampai hari apakah Dodi menginap?

13 Setelah menginap di rumah kakek, Dodi pergi ke rumah Tante Dona. Di sana Dodi menginap satu hari. Sampai hari apakah Dodi menginap? Kemudian Dodi pergi ke rumah sepupunya, Raka. Dia pergi naik kereta yang berangkat malam, pukul Perjalanan kereta membutuhkan waktu 12 jam. Hari apakah Dodi sampai di rumah Raka? Perjalanan Keliling Dunia Dimainkan oleh satu pemain atau lebih. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan konsep bulan dalam satu tahun. Ambil satu set kartu flashcard bulan (Januari- Desember). Letakkan kartu di atas meja dengan kondisi terbuka Buat sebuah cerita dan minta anak untuk mengambil kartu flashcard yang sesuai. Berikut ini contoh cerita:

14 Andree adalah seorang petualang. Dia senang berpetualang keliling dunia dan mengambil fotofoto berbagai tempat yang menarik di seluruh dunia. Foto-foto itu kemudian dimuat di majalah. Andree juga mengambil film tentang perjalannya untuk dan ditampilkan di televisi. Tahun ini, Andre mulai petualangannya pada bulan Januari. Dia pergi mengunjungi tempat-tempat yang menarik di Cina. Andree berada di Cina selama satu bulan. Sampai bulan apakah Andree di Cina? Setelah dari Cina, Andree pergi naik kapal pesiar. Kapal pesiar itu membawanya keliling-keliling dunia. Di kapal pesiar, Andree membuat foto tentang laut dan cerita tentang lumba-lumba. Andree juga pergi mengunjungi Coral Reef di Australia. Perjalanan itu memakan waktu 2 bulan. Sampai bulan apakah Andree melakukan perjalanan? 11

15 8. Kemarin, besok, dan lusa (1 orang) 12 Dimainkan oleh satu pemain. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan dan menguji pemahaman anak mengenai konsep waktu (kemarin, besok, lusa). Ambil satu set kartu flashcard hari (Senin-Minggu) Letakkan kartu di atas meja dengan kondisi terbuka Mainkan tebak-tebakan; minta anak untuk menunjuk flashcard yang benar Sekarang hari Selasa, besok hari apa? Sekarang hari Rabu, kemarin hari apa? Sekarang hari Sabtu, lusa hari apa? 9. Kemarin, besok, dan lusa (lomba) Dimainkan oleh 2 pemain atau lebih. Kegiatan ini dilakukan untuk menguji pemahaman anak mengenai konsep waktu (kemarin, besok, lusa). Setiap pemain mendapatkan satu set kartu flashcard hari (Senin-Minggu)

16 Mainkan tebak-tebakan; yang bisa menjawab dengan benar harus menjatuhkan kartunya di meja. Kalau 13 jawabannya benar, maka dia mengambil semua kartu. Mainkan tebak-tebakan; minta anak untuk menunjuk flashcard yang benar Sekarang hari Selasa, besok hari apa? Sekarang hari Rabu, kemarin hari apa? Sekarang hari Sabtu, lusa hari apa? Pemenangnya adalah yang mengumpulkan kartu paling banyak. 10. Mengumpulkan poin Dimainkan oleh 2 pemain atau lebih. Kegiatan ini ditujukan untuk menguji pengenalan anak terhadap gambar/simbol di flashcard yang sudah dipelajarinya. Ambil flashcard yang telah dipelajari dan diketahui anak-anak.

17 Buka sebuah kartu dan tunjukkan gambar kartu kepada anak. Anak yang mengetahui jawabannya 14 diminta mengacungkan tangannya. Yang mengacungkan tangan lebih awal, dia yang mendapat giliran menjawab dan menyebutkan nama flashcard yang baru saja ditunjukkan. Jika jawabannya benar, maka flashcard itu diserahkan kepadanya. Pemenangnya adalah anak yang mengumpulkan kartu paling banyak. 11. Mengumpulkan poin (bermain sendiri) Dimainkan oleh satu pemain. Permainan ini ditujukan untuk memberikan semangat dan penghargaan atas pencapaian anak dalam mempelajari flashcard. Cara permainan sama dengan sebelumnya. Bedanya, permainan ini hanya dilakukan oleh satu anak bersama Anda.

18 Aturan mainnya adalah: Anda membuat kesepakatan bersama Anak untuk memberikan hadiah jika dia 15 berhasil menjawab dengan benar. Jika dia mengumpulkan 3 kartu, dia mendapatkan satu kue Jika dia mengumpulkan 5 kartu, dia mendapatkan dua kue Jika dia mengumpulkan 7 kartu, dia mendapatkan susu Jika dia mengumpulkan 10 kartu, dia boleh main game di komputer 12. Siapa memegang kartu? Dimainkan oleh 5 pemain. Permainan ini digunakan untuk melatih anak berfikir dan bereaksi cepat sesuai dengan kondisi yang ditentukan. Ambil satu set flashcard alfabet. Bagikan setiap flashcard kepada anak; setiap anak mendapatkan 5 huruf acak. Nyanyikan lagu ABC dengan irama lambat.

19 Untuk setiap huruf yang disebutkan, anak harus melompat ke depan. 16 Permainan ini dilakukan sampai lagu selesai. 13. Mengurutkan huruf Dimainkan oleh 5 pemain. Permainan ini digunakan untuk melatih anak berfikir dan bereaksi cepat sesuai dengan kondisi yang ditentukan. Anak belajar mengurutkan huruf sesuai dengan urutan yang benar. Ambil satu set flashcard huruf Berikan anak FC huruf sesuai jumlah anak. Setiap anak mendapatkan satu kartu. Minta mereka untuk melihat kartu yang dipegangnya dan yang dipegang temannya. Nyanyikan sebuah lagu bersama-sama. Sambil bernyanyi, anak-anak ikut menari. Setelah lagu selesai, minta anak untuk berbaris sesuai urutan huruf yang ada

20 Pada awalnya, berikan huruf yang berurutan (mis: A, B, C, D, E atau J, K, L, M, N). Jika anak sudah 17 mengerti permainan ini, berikan huruf acak (mis: A, C, K, P, S atau D, B, O, T, Q). 14. Mencari pasangan Dimainkan oleh 2 pemain atau lebih. Permainan ini digunakan untuk melatih ingatan. Anak diminta mencari pasangan flashcard yang benar. Ambil dua set flashcard satu-sisi yang sama. Kocok dan letakkan dengan posisi telungkup, gambar ada di bawah. Setiap pemain membuka dua kartu flashcard. Jika flashcard yang terbuka adalah gambar yang sama, pemain berhak mengambil kartu itu dan mengulangi langkah yang sama. Jika flashcard yang dibuka berisi gambar yang tak sama, maka flashcard ditelungkupkan kembali dengan posisi yang sama.

21 Permainan ini bergantian diantara pemain sampai kartu habis. Pemenangnya adalah yang memiliki kartu 18 paling banyak. Permainan ini bisa disesuaikan tingkat kesulitannya. Pada awalnya, kartu yang dimainkan hanya tiga pasang. Jumlah kartu bisa ditambahkan sesuai perkembangan kemampuan anak. 15. Menebak kartu Dimainkan oleh 2 pemain atau lebih. Permainan ini digunakan untuk melatih ingatan. Anak berlatih mengingat gambar dan letaknya. Ambil satu set flashcard satu-sisi. Letakkan di meja dalam keadaan terbuka. Minta anak untuk menghafal gambar dan posisinya. Setelah cukup, balik kartu hingga tertelungkup dan gambar ada di bawah. Minta anak untuk menyebutkan gambar yang diingatnya. Setelah itu baru minta dia untuk menunjuk dan membuka flashcard. Jika benar, dia

22 boleh mengambil flashcard. Jika salah, dia harus menutup kembali kartu itu. 19 Pemain yang berikutnya melakukan hal yang sama. Menyebutkan gambar yang diingatnya, menunjuk kartu yang tertutup, dan membukanya. Jika benar, dia boleh mengambil flashcard. Jika salah, dia harus menutup kembali kartu itu. Permainan ini bergantian diantara pemain sampai kartu habis. Pemenangnya adalah yang memiliki kartu paling banyak. 16. Bercerita Dimainkan oleh 2 pemain atau lebih. Permainan ini dilakukan sebagai stimulus untuk merangsang imajinasi dan kemampuan bahasa (bercerita secara lisan). Ambil satu set flashcard. Kocok dan letakkan tumpukan flashcard di depan. Minta anak untuk memilih dan mengambil flashcard.

23 Buka dan minta anak untuk bercerita tentang gambar yang dilihatnya Mencari Pasangan Dimainkan oleh satu pemain. Permainan ini ditujukan untuk melatih kemampuan anak menghubungkan antara gambar dengan teks. Sediakan dua kotak kosong untuk diisi flashcard. Cetak satu set flashcard satu sisi berisi huruf/teks (misalnya Apel). Cetak satu set flashcard berisi gambar yang merupakan pasangan dari set pertama (gambar Apel). Masukkan setiap set flashcard pada sebuah kotak. Minta anak untuk mengambil satu flashcard dan kemudian mencari flashcard pasangannya pada kotak kedua.

24 18. Binatang apakah aku? 21 Dimainkan oleh satu pemain atau lebih. Permainan ini ditujukan untuk melatih ingatan anak tentang gambar yang baru saja dilihatnya dan mengajarkan anak mengenai ciri-ciri binatang. Ambil satu set flascard binatang. Buka semua kartu di atas meja. Minta anak untuk memperhatikan dan mengingatnya. Setelah itu ambil seluruh kartu dan pegang di tangan. Ambil satu kartu, kemudian sebutkan ciri-ciri binatang yang ada di kartu dan minta anak untuk menebaknya: warna kulitnya kuning, berambut panjang, hidup di hutan (jawaban: singa). Jika anak dapat menjawab dengan benar, kartu diserahkan ke anak. Jika salah, buka kartu itu dan letakkan di meja. Lanjutkan dengan kartu yang lain hingga habis. Hitung jumlah kartu yang berhasil dikumpulkan anak.

25 19. Bermain dadu 22 Dimainkan oleh 2 pemain atau lebih. Permainan ini untuk menstimulus ingatan anak. Ambil satu set flashcard Susun flashcard di meja dalam keadaan terbuka. Minta anak untuk memperhatikan dan mengingatnya. Kemudian telungkupkan flashcard sehingga gambarnya menghadap ke bawah (tidak terlihat). Pemain pertama melemparkan dadu kemudian melangkah sesuai angka di dadu yang keluar. Pemain harus menebak isi flashcard tempatnya berhenti. Jika benar, pemain boleh menyimpan flashcard dan melempar dadu lagi untuk mengulangi langkah. Jika salah, pemain berikutnya melempar dadu. Permainan ini dilakukan sampai kartu habis. Pemenangnya adalah pemain yang mengumpulkan kartu paling banyak.

26 20. Adu Kecepatan Memegang 23 Dimainkan oleh 2 pemain atau lebih. Permainan ini ditujukan untuk melatih kecepatan ingatan anak. Ambil satu set flashcard. Susun flashcard di meja dalam keadaan terbuka. Minta anak untuk memperhatikan dan mengingatnya. Sebutkan satu kartu dengan keras dan minta anak berlomba untuk menunjuk kartu yang disebutkan. Pemain yang paling cepat menunjuk kartu yang benar, dia berhak mengambil dan menyimpan kartu. Permainan ini dilakukan sampai kartu habis. Pemenangnya adalah pemain yang mengumpulkan kartu paling banyak.

27 Penulis Sumardiono, biasa dipanggil Aar, adalah seorang ayah dari 3 (tiga) anak, yaitu Yudhistira (2001), Tata (2004), dan Duta (2008). Bersama isterinya, Mira Julia (Lala), mereka memilih homeschooling untuk pendidikan anak-anaknya. Aar dan Lala menjalani homeschooling sejak anak-anak mereka lahir hingga saat ini. Aar memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi dan manajemen keuangan. Aar menyelesaikan pendidikan di Teknik Informatika ITB dan Magister Manajemen bidang Keuangan di Lembaga PPM, Jakarta. Sempat berkarir di dunia keuangan, Aar saat ini memilih untuk menjadi bapak rumah tangga dan menjadi Working At Home Dad (WAHD). Dalam dunia homeschooling, Aar aktif menulis dan mengelola blog Rumah Inspirasi ( Aar juga telah menulis buku tentang homeschooling berjudul Homeschooling Lompatan Cara Belajar dan Warna-warni Homeschooling yang diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo, serta buku "Apa itu Homeschooling" yang diterbitkan penerbit Panda Media. Blog: Facebook:

Oleh: Sumardiono Layout: Mira Julia

Oleh: Sumardiono Layout: Mira Julia FAQ Homeschooling Oleh: Sumardiono Layout: Mira Julia Dibuat dan dipublikasikan oleh: Rumah Inspirasi & Bentang Ilmu www.rumahinspirasi.com www.bentangilmu.com 1 Pengantar Wacana tentang homeschooling/home

Lebih terperinci

Kami sering melakukan kegiatan bersama, yaitu

Kami sering melakukan kegiatan bersama, yaitu Sebutkan anggota keluargamu di rumah? Sebutkan sifat-sifat anggota keluargamu tersebut! Ceritakan dalam bahasa tulis sederhana mengenai kebersamaan keluargamu! Anggota keluargaku adalah Sifat-sifat mereka

Lebih terperinci

Oleh: Sumardiono Layout: Mira Julia

Oleh: Sumardiono Layout: Mira Julia Belajar Mandiri Self-Directed Learning Oleh: Sumardiono Layout: Mira Julia Dibuat dan dipublikasikan oleh: Rumah Inspirasi & Bentang Ilmu www.rumahinspirasi.com www.bentangilmu.com 1 "The illiterate of

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. bangsa. Peningkatan kualitas SDM, jauh lebih mendesak untuk segera

BAB 1 PENDAHULUAN. bangsa. Peningkatan kualitas SDM, jauh lebih mendesak untuk segera BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjamin kelangsungan pembangunan suatu bangsa. Peningkatan kualitas

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... HALAMAN SAMPUL DALAM... PERNYATAAN KEASLIAN... PERSETUJUAN PEMBIMBING TESIS... PENGESAHAN TIM PENGUJI TESIS... TRANSLITERASI...

DAFTAR ISI... HALAMAN SAMPUL DALAM... PERNYATAAN KEASLIAN... PERSETUJUAN PEMBIMBING TESIS... PENGESAHAN TIM PENGUJI TESIS... TRANSLITERASI... xiii DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL DALAM... PERNYATAAN KEASLIAN... PERSETUJUAN PEMBIMBING TESIS... PENGESAHAN TIM PENGUJI TESIS... TRANSLITERASI... MOTTO... PERSEMBAHAN... ABSTRAK... KATA PENGANTAR... DAFTAR

Lebih terperinci

OLIMPIADE SAINS NASIONAL VII

OLIMPIADE SAINS NASIONAL VII SOAL SESI 2 OLIMPIADE SAINS NASIONAL VII BIDANG INFORMATIKA 10 AGUSTUS 2008 MAKASSAR, SULAWESI SELATAN Selamat Bekerja, Berkompetisi, Jadilah Yang Terbaik! Kartu 1 Nama Program: kartu1.pas / C / CPP Pak

Lebih terperinci

Kegiatan Sehari-hari

Kegiatan Sehari-hari Bab 1 Kegiatan Sehari-hari Kegiatan Sehari-hari 1 Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu: 1) membuat daftar kegiatan sehari-hari berdasarkan penjelasan guru; 2) menceritakan

Lebih terperinci

Menghormati Orang Lain

Menghormati Orang Lain BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Desain Sikap Toleran Pada Buku Teks Tematik Kelas 1 SD Desain sikap toleran pada buku teks tematik kelas 1 SD meliputi: sikap menghormati orang lain, bekerjasama,

Lebih terperinci

Berwisata ke Kebun Binatang

Berwisata ke Kebun Binatang 9 Berwisata ke Kebun Binatang Berwisata merupakan cara belajar di tempat lain atau di luar kelas di bawah bimbingan orang dewasa. Di tempat itu, kamu dapat mempelajari hal tertentu sambil mencari kesenangan

Lebih terperinci

Kasus A : Coklat Gratis

Kasus A : Coklat Gratis Kasus A : Coklat Gratis (Waktu: 0 menit, Score: 0) Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya, Coklat merk Kedburi mengadakan promosi dengan memberikan satu coklat gratis bila menukarkan bungkus coklat

Lebih terperinci

Mengasah Kecerdasan. di Usia 4-6 tahun SERI BACAAN ORANG TUA

Mengasah Kecerdasan. di Usia 4-6 tahun SERI BACAAN ORANG TUA 09 SERI BACAAN ORANG TUA Mengasah Kecerdasan di Usia 4-6 tahun Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan

Lebih terperinci

NASKAH SOAL MATEMATIKA JMSO Tingkat SD/MI 2015

NASKAH SOAL MATEMATIKA JMSO Tingkat SD/MI 2015 Pilihlah jawaban yang benar dari soal-soal berikut dengan cara menyilang abjad jawaban yang benar pada lembar jawaban kerja yang disediakan. 1. Hasil dari 2 + 4 : 2 3 + 7 adalah a. 8 b. 15 c. 16 d. 30

Lebih terperinci

Di unduh dari : Bukupaket.com

Di unduh dari : Bukupaket.com bab 3 pengukuran q belajar matematika kalian telah belajar penjumlahan dan pengurangan pada bab ini kalian akan belajar tentang pengukuran penjumlahan dan pengurangan bilangan sangat membantu dalam pengukuran

Lebih terperinci

Standar Kompetensi 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan.

Standar Kompetensi 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. pelajaran 1 diri sendiri Standar Kompetensi 1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan. Kompetensi Dasar 1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa. 1.2. Melaksanakan sesuatu sesuai dengan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. A. Deskripsi Pra tindakan

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. A. Deskripsi Pra tindakan BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Pra tindakan Penelitian dilakukan di TK Merpati Pos yang tepatnya berada di Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan Kabupaten Surakarta. TK Merpati Pos berdiri

Lebih terperinci

SUATU HAL TENTANG WAKTU (Waktu Berlalu Dengan Cepat), 29 Desember 2012

SUATU HAL TENTANG WAKTU (Waktu Berlalu Dengan Cepat), 29 Desember 2012 Pelajaran 13 SUATU HAL TENTANG WAKTU Waktu Berlalu Dengan Cepat 29 Desember 2012 1. Persiapan A. Sumber Mazmur 31:14,15 Mazmur 89:47 Pengkhotbah 3:1-8 Roma 8:18 Yakobus 4:14,15 (lebih jauh: Filipi1-4,

Lebih terperinci

MENGUNGKAPKAN PERASAANMU (Semuanya, Sekitar Naik, Turun), 15 Desember B. Apa yang dikatakan tentang Mengungkapkan Perasaanmu

MENGUNGKAPKAN PERASAANMU (Semuanya, Sekitar Naik, Turun), 15 Desember B. Apa yang dikatakan tentang Mengungkapkan Perasaanmu Pelajaran 11 MENGUNGKAPKAN PERASAANMU Semuanya Sekitar, Naik, Turun 15 Desember 2012 1. Persiapan A. Sumber Matius 7:12 Yohanes 15:11 2 Samuel 6:14 Efesus 4:26-32 Yohanes 2:13-15 Matius 26:38 Mazmur 6:6,7

Lebih terperinci

DDS (Dadu Duabelas Sisi)

DDS (Dadu Duabelas Sisi) DDS (Dadu Duabelas Sisi) Latar Belakang Dadu yang selama ini ada adalah dadu enam sisi, yang berisi angka 1 sampai 6. Benda kubus ini digunakan untuk bermain ular tangga, monopoli, ludo dan lainnya. Dadu

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan :... Kelas / Semester : I (Satu) / 1 Tema / Topik : Kegiatanku Petemuan ke : 2 Sub Tema : Kegiatanku Pagi Hari Alokasi Waktu : 1 Hari A. KOMPETENSI

Lebih terperinci

AZAN PERTAMA DENDY. (Penulis : IDM)

AZAN PERTAMA DENDY. (Penulis : IDM) AZAN PERTAMA DENDY (Penulis : IDM) Jam menunjukkan pukul 10.30, suasana ruang kelas dua SD Negeri Watambo menjadi ramai. Setiap anak saling mendahului untuk keluar dari kelas. Ibu guru wali kelas dua hanya

Lebih terperinci

D) 1 A) 3 C) 5 B) 4 D) 6

D) 1 A) 3 C) 5 B) 4 D) 6 1. Hasil penjumlahan dua buah bilangan pecahan positif adalah 41 5. Jika penyebut dari kedua pecahan tersebut kurang dari 5, berapakah pembilang dari pecahan yang lebih besar? A) C) 4 B) D) 5. Dalam sebuah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. tindakan penelitian adalah sebagai berikut. a. Observasi awal dan wawancara dengan guru kelas II SD Negeri

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. tindakan penelitian adalah sebagai berikut. a. Observasi awal dan wawancara dengan guru kelas II SD Negeri BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian 1. Deskripsi Tahap Prasiklus Tahapan yang dilakukan oleh peneliti sebelum melaksanakan tindakan penelitian adalah sebagai berikut. a. Observasi

Lebih terperinci

bab 2 satuan pengukuran waktu tema makanan dan kesehatan

bab 2 satuan pengukuran waktu tema makanan dan kesehatan bab tema makanan dan kesehatan satuan pengukuran waktu setiap pagi bayu selalu sarapan pagi ini ia menikmati sarapan dengan lahap ia makan nasi sayur dan lauk tidak lupa ia minum segelas susu jam menunjukkan

Lebih terperinci

Permainan Tradisional: Media Pembelajaran di Dalam Kelas BIPA

Permainan Tradisional: Media Pembelajaran di Dalam Kelas BIPA Permainan Tradisional: Media Pembelajaran di Dalam Kelas BIPA Ni Putu Dian Cahyani, IALF Bali Abstrak Salah satu cara untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran.

Lebih terperinci

Kegiatan : Lomba Balap Karung

Kegiatan : Lomba Balap Karung Bacalah teks di bawah dengan percaya diri! Dayu bermain balapan karung di halaman sekolah. Ujung karung dipegang dengan erat. Peluit dibunyikan tanda permainan dimulai. Yang paling cepat sampai di garis

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Penelitian Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas II SD Kutowinangun 08. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar

Lebih terperinci

Sebelumnya, Dayu mengikuti kegiatan pramuka dan bermain Kereta Api. Sekarang Dayu akan bermain Roti dan Mentega. Bagaimana Dayu melakukannya?

Sebelumnya, Dayu mengikuti kegiatan pramuka dan bermain Kereta Api. Sekarang Dayu akan bermain Roti dan Mentega. Bagaimana Dayu melakukannya? Sebelumnya, Dayu mengikuti kegiatan pramuka dan bermain Kereta Api. Sekarang Dayu akan bermain Roti dan Mentega. Bagaimana Dayu melakukannya? Amati gambar berikut dengan teliti! Subtema 2 : Kegiatan Ekstrakurikulerku

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. : Diriku/Aku dan Teman Baru Pertemuan ke- : 4 Alokasi Waku : 1 hari (5 x 35 )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. : Diriku/Aku dan Teman Baru Pertemuan ke- : 4 Alokasi Waku : 1 hari (5 x 35 ) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : Kelas/Semester : I/1 Tema/Subtema : Diriku/Aku dan Teman Baru Pertemuan ke- : 4 Alokasi Waku : 1 hari (5 x 35 ) A. KOMPETENSI INTI Menerima dan menjalankan

Lebih terperinci

Tema Parenting : (MengasahKecerdasan) SERI BACAAN PARENTING ORANG TUA

Tema Parenting : (MengasahKecerdasan) SERI BACAAN PARENTING ORANG TUA Tema Parenting : (MengasahKecerdasan) SERI BACAAN PARENTING ORANG TUA Selama periode usia 2-4 tahun, anak menunjukkan perubahan di seluruh aspek perkembangannya. Dari bayi yang sangat bergantung pada orang

Lebih terperinci

BAB II KAJIAN PUSTAKA. maka semakin banyak pula ide dan gagasan yang dikuasai seseorang. Purwo (Aris

BAB II KAJIAN PUSTAKA. maka semakin banyak pula ide dan gagasan yang dikuasai seseorang. Purwo (Aris BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Hakekat Kemampuan Penguasaan Kosakata Penguasaan kosakata merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai penguasaan bahasa, semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang maka

Lebih terperinci

SILABUS TEMATIK KELAS II : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan : Aturan Keselamatan di Rumah Alokasi Sumber.

SILABUS TEMATIK KELAS II : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan : Aturan Keselamatan di Rumah Alokasi Sumber. Tema 8 Subtema 1 Mata PPKn Bahasa Indonesia SILABUS TEMATIK KELAS II : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan : Aturan Keselamatan di Rumah 3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan

Lebih terperinci

Kasus A : Permainan Jumlah Hari

Kasus A : Permainan Jumlah Hari Kasus A : Permainan Jumlah Hari Adek dan Kakak suka maen tebak-tebakan terutama yang berhubungan sama matematika. Pemenangnya adalah yang menebak dengan selisih nilai paling rendah atau paling mendekati

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Uraian mengenai hasil penelitian sebagai jawaban dari rumusan masalah

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Uraian mengenai hasil penelitian sebagai jawaban dari rumusan masalah BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Uraian mengenai hasil penelitian sebagai jawaban dari rumusan masalah yang diungkapkan pada Bab I akan disajikan dalam Bab IV ini. Pada bab ini diuraikan mengenai

Lebih terperinci

BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Pratindakan Penggambaran kondisi awal sebelum dilaksanakannya sebuah penelitian tindakan, diperlukan untuk mengetahui gambaran nyata kondisi kelas yang

Lebih terperinci

Mobil atau Kambing. 2. Berikan satu kalimat deskripsi dari apa yang Anda pikirkan tentang pengertian dari kemungkinan (probability) dalam konteks ini.

Mobil atau Kambing. 2. Berikan satu kalimat deskripsi dari apa yang Anda pikirkan tentang pengertian dari kemungkinan (probability) dalam konteks ini. Mobil atau Kambing Suatu acara televisi game show popular, Let's Make a Deal, dari tahun 1960an dan 1970an memberikan fitur permainan dengan menyembunyikan mobil di belakang pintu dari ketiga pilihan pintu

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. di zaman modern, sehingga lulusan tersebut dituntut memiliki kualitas yang baik

BAB I PENDAHULUAN. di zaman modern, sehingga lulusan tersebut dituntut memiliki kualitas yang baik BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dewasa ini, dunia pendidikan dituntut untuk lebih maju dan berkualitas dalam menghasilkan lulusan-lulusan. Lulusan-lulusan itu diharapkan dapat bersaing di zaman modern,

Lebih terperinci

bab 1 bilangan aku dan keluargaku lingkunganku tema

bab 1 bilangan aku dan keluargaku lingkunganku tema bab 1 tema aku dan keluargaku lingkunganku bilangan namaku bayu rumahku di jalan pemuda nomor 1 aku sangat sayang kepada ayah dan ibu saudaraku 2 orang kakakku bernama salfa adikku bernama gagah aku juga

Lebih terperinci

Lengkapi barisan bilangan berikut dengan pola bilangan Bila digambarkan dengan kubus satuan adalah sebagai berikut

Lengkapi barisan bilangan berikut dengan pola bilangan Bila digambarkan dengan kubus satuan adalah sebagai berikut Ibu Guru mempunyai buku kumpulan lagu. Buku itu terbagi dalam kelompok lagu-lagu. Kelompok lagu anak dimulai pada halaman 1. Kelompok lagu wajib dimulai pada halaman 11. Kelompok lagu daerah dimulai pada

Lebih terperinci

Pemanfaatan Lagu Anak Indonesia dalam Keluarga Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi Pada Anak

Pemanfaatan Lagu Anak Indonesia dalam Keluarga Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi Pada Anak Pemanfaatan Lagu Anak Indonesia dalam Keluarga Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi Pada Anak Maya Dewi Kurnia Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon 1.Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Anak merupakan pribadi

Lebih terperinci

MATEMATIKA 1. Untuk SD/MI Kelas I. Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional dilindungi oleh Undang-Undang. : Harris Syamsi Yulianto

MATEMATIKA 1. Untuk SD/MI Kelas I. Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional dilindungi oleh Undang-Undang. : Harris Syamsi Yulianto i ii Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional dilindungi oleh Undang-Undang MATEMATIKA 1 Untuk SD/MI Kelas I Penyusun Penelaah Editor Design Cover Ukuran Buku : Wakino : C. Jacob : Harris Syamsi Yulianto

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. 1 Semester 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. 1 Semester 1 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS 1 Semester 1 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS

Lebih terperinci

Penerapan Metode Permainan Kotak Pesan Bermedia Kartu Perkalian Berwarna dalam Pembelajaran Matematika

Penerapan Metode Permainan Kotak Pesan Bermedia Kartu Perkalian Berwarna dalam Pembelajaran Matematika Penerapan Metode Permainan Kotak Pesan Bermedia Kartu Perkalian Berwarna dalam Pembelajaran Matematika BEST PRACTICE Oleh Yuliati, S.Pd KELOMPOK KERJA GURU Gugus I Ganeas 1 Best Practice Judul: Penerapan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PAUD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI BABAGAN KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG

BAB IV ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PAUD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI BABAGAN KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG BAB IV ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PAUD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI BABAGAN KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG Data yang telah tersusun dari Bab III tentang model pembelajaran pendidikan

Lebih terperinci

Kenali Kartu Permainan

Kenali Kartu Permainan 01 05 09 29 22 14 26 14 27 (bag. 1) Kenali Kartu Permainan Poin Objek Diperlukan Kartu Objek (12) Kartu Tugas (18) Memulai Permainan 1. Kocok Kartu Tugas dan Kartu Objek secara terpisah. 2. Ambil 3 Kartu

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. berjumlah 3 yaitu 2 guru dan 1 kepala sekolah.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. berjumlah 3 yaitu 2 guru dan 1 kepala sekolah. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Deskripsi Subyek Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di RA Mluweh Ungaran Timur pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2015/2016. Subyek yang menerima

Lebih terperinci

IBADAH YANG BENAR (Apakah Dia berharga untukmu?), 27 Oktober 2012

IBADAH YANG BENAR (Apakah Dia berharga untukmu?), 27 Oktober 2012 Pelajaran 4 IBADAH YANG BENAR (Apakah Dia berharga untukmu?), 27 Oktober 2012 IBADAH YANG BENAR Apakah Dia Berharga Untukmu? 27 Oktober 2012 1. Persiapan A. Sumber Roma 12:1 Ibrani 12:28,29 Mazmur 29:2

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. makhluk individu, tetapi juga makhluk hidup. sosial. Sebagai makhluk sosial manusia dalam kesehariannya selalu melakukan

BAB I PENDAHULUAN. makhluk individu, tetapi juga makhluk hidup. sosial. Sebagai makhluk sosial manusia dalam kesehariannya selalu melakukan BAB I PENDAHULUAN A. Lalatar Belakang Masalah Manusia bukan hanya makhluk individu, tetapi juga makhluk hidup sosial. Sebagai makhluk sosial manusia dalam kesehariannya selalu melakukan interaksi komunikasi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. dikemukakan. Data hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel berisi temuan

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. dikemukakan. Data hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel berisi temuan 23 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian Pada bab IV ini akan diuraikan hasil penelitian yang akan dibahas dengan merujuk kepada teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian yang telah

Lebih terperinci

MENULIS ITU BERCERITA!

MENULIS ITU BERCERITA! SERI JURNALISME DESA MENULIS ITU BERCERITA! Menulis itu (terasa) sulit. Demikian komentar banyak orang ketika mereka harus menulis. Benar kah demikian? Atau barangkali itu hanya pikiran kita saja? Sebelum

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. HASIL PENELITIAN Hasil penelitian ini akan diuraikan dalam tahapan-tahapan pada setiap siklusnya. Dalam penelitian ini dilakukan dua siklus proses pembelajaran.

Lebih terperinci

BAB II. KAJIAN PUSTAKA. kebanyakan dari pakar pendidikan menjadikan masalah belajar sebagai sentral

BAB II. KAJIAN PUSTAKA. kebanyakan dari pakar pendidikan menjadikan masalah belajar sebagai sentral BAB II. KAJIAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Belajar Masalah belajar adalah masalah yang pelik dan komplek, sehingga tiada seorang ahlipun yang dapat membahas secara tuntas dan sempurna. Oleh karena itu kebanyakan

Lebih terperinci

Sekolah :.. Kelas/Semester :.. Mata Pelajaran :.. Materi Pokok :.. Alokasi Waktu :.. A. Kompetensi Inti : B. Kompetensi Dasar dan : Indikator C. Tujuan Pembelajaran : D. Materi Pembelajaran : E. Metode

Lebih terperinci

Matematika dalam Turnamen Bridge

Matematika dalam Turnamen Bridge Matematika dalam Turnamen Bridge Nicky Irawan 1) 1) Jurusan Teknik Informatika ITB, Bandung 40135, email: if17078@students.if.itb.ac.id Abstract Makalah ini membahas mengenai aplikasi matematika atau struktur

Lebih terperinci

BAB II KAJIAN PUSTAKA

BAB II KAJIAN PUSTAKA BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Kajian Teori 2.1.1 Hasil Belajar Matematika 2.1.1.1 Hasil Belajar Hasil Belajar Matematika merupakan suatu perubahan yang dicapai oleh proses usaha yang dilakukan seseorang dalam

Lebih terperinci

pelajaran 1 keluarga setiap anak pasti punya ayah ibu kakek nenek dan saudara semua itu disebut keluarga tahukah kamu anggota keluargamu keluarga 1

pelajaran 1 keluarga setiap anak pasti punya ayah ibu kakek nenek dan saudara semua itu disebut keluarga tahukah kamu anggota keluargamu keluarga 1 pelajaran 1 keluarga setiap anak pasti punya ayah ibu kakek nenek dan saudara semua itu disebut keluarga tahukah kamu anggota keluargamu keluarga 1 menulis kapital bertanya melengkapi cerita memperkenalkan

Lebih terperinci

SEKOLAH TOEFL. Panduan Belajar Siswa Sekolah TOEFL 8B. Jangan biarkan keterbatasan membuatmu tidak mampu berbuat lebih dari yang orang lain pikirkan..

SEKOLAH TOEFL. Panduan Belajar Siswa Sekolah TOEFL 8B. Jangan biarkan keterbatasan membuatmu tidak mampu berbuat lebih dari yang orang lain pikirkan.. SEKOLAH TOEFL Panduan Belajar Jangan biarkan keterbatasan membuatmu tidak mampu berbuat lebih dari yang orang lain pikirkan.. Panduan Belajar Siswa Sekolah TOEFL 8B 1 Selamat Bergabung di Keluarga Besar

Lebih terperinci

4. Jika kubus di samping dibuka dan dibentangkan sisi-sisinya, maka gambar jaring-jaring bangun ruang yang akan terbentuk adalah

4. Jika kubus di samping dibuka dan dibentangkan sisi-sisinya, maka gambar jaring-jaring bangun ruang yang akan terbentuk adalah 1. 007 : ( + 0 + 0 + 7) - x 0 x 0 x 7 =? A) 1 C) 14 B) 9 D). Ada berapa bilangan angka yang jika dikalikan maka penjumlahan angka-angka pada bilangan pertama sama dengan jumlah angka-angka pada bilangan

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 28 November 2012 SILABUS Kelas I Tema 2 : Kegemaranku Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2012 SILABUS KELAS: 1 TEMA: KEGEMARANKU KOMPETENSI DASAR INDIKATOR

Lebih terperinci

Pengalaman Sahabatku. Belajar Apa di Pelajaran 4? Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan sesuatu melalui kegiatan membaca

Pengalaman Sahabatku. Belajar Apa di Pelajaran 4? Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan sesuatu melalui kegiatan membaca 4 Pengalaman Sahabatku Pepatah mengatakan, Pengalaman adalah guru kehidupan. Setiap pengalaman baik dan buruk akan tetap bernilai dan menjadi pemicu agar kita lebih hatihati melangkah atau lebih giat lagi

Lebih terperinci

20 Tips CARA MEMPROMOSIKAN TOKO ONLINE. Jejualan

20 Tips CARA MEMPROMOSIKAN TOKO ONLINE. Jejualan 20 Tips CARA MEMPROMOSIKAN TOKO ONLINE Jejualan DaftarIsi Judul Daftar Isi Introduction Isi 1. Berikan Penawaran Awal yang Reguler 2. Gunakan Email Pemasaran untuk Mengingatkan Pelanggan Berbelanja 3.

Lebih terperinci

Lampiran 1. Kisi-kisi Pre Test Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas II A SD Negeri Sinduadi 1 Mlati. 2. Menulis kembali kalimat. dan tanda titik.

Lampiran 1. Kisi-kisi Pre Test Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas II A SD Negeri Sinduadi 1 Mlati. 2. Menulis kembali kalimat. dan tanda titik. Lampiran 1. Kisi-kisi Pre Test Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas II A SD Negeri Sinduadi 1 Mlati No Kompetensi Dasar Indikator Bentuk Soal Item 1 Menulis kalimat 2. Menulis kembali kalimat Uraian 1

Lebih terperinci

kegiatan sehari hari pelajaran 2

kegiatan sehari hari pelajaran 2 pelajaran 2 kegiatan sehari hari semua anak senang bermain anak anak bermain setiap hari bermain membuat hati senang bermain boleh saja asal jangan lupa belajar kegiatan sehari hari 17 mengenal tanda baca

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. usia dini yang merupakan periode awal yang paling penting dan mendasar

BAB I PENDAHULUAN. usia dini yang merupakan periode awal yang paling penting dan mendasar BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan wahana pendidikan yang sedang digalakkan oleh pemerintah dan sedang menjadi suatu lahan yang sangat menguntungkan

Lebih terperinci

2-3. Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 2-3 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007

2-3. Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 2-3 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 2-3 Checklist Indikator PERKEMBANGANANAK Usia 2-3 tahun Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 Diolah oleh: http://www.rumahinspirasi.com MORAL & NILAI AGAMA a. Dapat

Lebih terperinci

Beri tanda [v] pada statement di bawah ini yang sesuai dengan diri Anda saat ini. Jumlahkan tanda [v] pada masing-masing kolom.

Beri tanda [v] pada statement di bawah ini yang sesuai dengan diri Anda saat ini. Jumlahkan tanda [v] pada masing-masing kolom. Beri tanda [v] pada statement di bawah ini yang sesuai dengan diri Anda saat ini. Jumlahkan tanda [v] pada masing-masing kolom. Suka menulis kreatif Menonjol dalam kelas seni di sekolah Mengarang kisah

Lebih terperinci

BAB III METODE PERANCANGAN

BAB III METODE PERANCANGAN BAB III METODE PERANCANGAN 3.1 Metodologi Dalam kerja praktek ini, peneliti berusaha menganalisa dan menemukan informasi sebagai jalan keluar untuk permasalahan yang ada pada bimbingan belajar Bright n

Lebih terperinci

Mengasah Kecerdasan. di Usia 2-4 tahun SERI BACAAN ORANG TUA

Mengasah Kecerdasan. di Usia 2-4 tahun SERI BACAAN ORANG TUA 08 SERI BACAAN ORANG TUA Mengasah Kecerdasan di Usia 2-4 tahun Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan

Lebih terperinci

SILABUS KELAS: I (satu)

SILABUS KELAS: I (satu) Format Silabus Edisi 04-03-2013 SILABUS KELAS: I (satu) Format Silabus Edisi 04-03-2013 Satuan Pendidikan : SD Kompetensi Inti* KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya KI 2 : Memiliki

Lebih terperinci

HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION. Indonesian Beginners. (Section I Listening) Transcript

HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION. Indonesian Beginners. (Section I Listening) Transcript 2014 HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION Indonesian Beginners (Section I Listening) Transcript Familiarisation Text Sudah pindah rumah, Sri? Sudah Joko. Bagaimana rumah barumu? Bagus Joko. Aku punya

Lebih terperinci

PANITIA MALAM KEAKRABAN FORUM MAHASISWA SURAKARTA (FORMASKA) PURWOKERTO Sekretariat: Grendeng, Purwokerto Utara CP:

PANITIA MALAM KEAKRABAN FORUM MAHASISWA SURAKARTA (FORMASKA) PURWOKERTO Sekretariat: Grendeng, Purwokerto Utara CP: Games Malam Keakraban Outbond No Nama permainan Waktu (menit) Peserta Deskripsi Peralatan 1. Bottle Sponge 15-20 5 orang Masing masing peserta berupaya bagaimana cara mengisi botol dengan air dengan cara

Lebih terperinci

KB PAUD JATENG TERPADU RENCANA PROGRAM SEMESTER (PROMES) KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB-A (USIA 2 3 TAHUN)

KB PAUD JATENG TERPADU RENCANA PROGRAM SEMESTER (PROMES) KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB-A (USIA 2 3 TAHUN) KB PAUD JATENG TERPADU RENCANA PROGRAM (PROMES) KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KB-A (USIA 2 3 TAHUN) 1 & 2 TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 YAYASAN PENGELOLA PENDIDIKAN BERMAIN KB PAUD JATENG TERPADU

Lebih terperinci

BAB I PELUANG A. PERCOBAAN dan RUANG SAMPEL PERCOBAAN adalah setiap proses mengamati/mengukur yang menghasilkan data

BAB I PELUANG A. PERCOBAAN dan RUANG SAMPEL PERCOBAAN adalah setiap proses mengamati/mengukur yang menghasilkan data BAB I PELUANG A. PERCOBAAN dan RUANG SAMPEL PERCOBAAN adalah setiap proses mengamati/mengukur yang menghasilkan data Contoh : 1. Melempar mata uang, menghasilkan 2 hasil yaitu munculnya sisi gambar atau

Lebih terperinci

Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/ :41:24

Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/ :41:24 Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/2014 11:41:24 2 Buku BI 3 (12 des).indd 2 16/12/2014 11:41:25 Bintang berkunjung ke rumah Tante Menik, adik ibunya. Tante Menik seorang wartawati. Rumah Tante Menik kecil,

Lebih terperinci

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 97 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas I SDN Cibodas I Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang dengan menerapkan

Lebih terperinci

Dokumentasi media flash card. gambar

Dokumentasi media flash card. gambar LAMPIRAN 86 Lampiran 1 Dokumentasi media flash card 1 set media flash card tampak dari tulisan 1 set media flash card tampak dari gambar 2 set media flash card tampak dari tulisan 2 set media flash card

Lebih terperinci

Peta konsep BILANGAN. Kata Kunci. Operasi Hitung Bilangan Sampai Tiga Angka. meminjam menaksir meyimpan pola

Peta konsep BILANGAN. Kata Kunci. Operasi Hitung Bilangan Sampai Tiga Angka. meminjam menaksir meyimpan pola Peta konsep BILANGAN Operasi Hitung Bilangan Sampai Tiga Angka Mengenal Bilangan Garis Bilangan Operasi Hitung Bilangan Nilai Mata Uang Kata Kunci barisan bilangan garis bilangan ketidaksamaan meminjam

Lebih terperinci

Lihat Ma, Dengar Ma! Copyright Murtiyarini.

Lihat Ma, Dengar Ma! Copyright Murtiyarini. Lihat Ma, Dengar Ma! Lihat Ma, Asa seperti kerbau, kata Asa (2 tahun) sambil kedua telunjuknya di atas kepala. Tak lama kemudian dia merangkak di lantai. Mama dengar suara Asa seperti kucing, meoow! Gerakan,

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : Kelas / Semester : II / 1 Tema 3 : Tugasku Sehari-Hari Sub Tema 2 : Tugasku Sehari-Hari di Sekolah Pembelajaran Ke : 3 Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Lebih terperinci

Sugeng Rawuh Malih Ing Ngayogyakarta

Sugeng Rawuh Malih Ing Ngayogyakarta Sugeng Rawuh Malih Ing Ngayogyakarta Time limit: 1 s Memory limit: 32 MB Kini Petruk sudah menjadi tour guide senior di Yogyakarta. Petruk tidak perlu lagi keliling Jogja. Tugas Petruk kini hanya menuliskan

Lebih terperinci

1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SIKLUS

1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SIKLUS 35 Lampiran 1 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SIKLUS 1 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Tema : Lingkungan Kelas/Semester : II / 1 Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 3 x pertemuan) Pelaksanaan : 27

Lebih terperinci

Paket 9 STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK

Paket 9 STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK Paket 9 STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK Pendahuluan 9-1 Rencana Pelaksanaan Perkuliahan Pembelajaran Tematik 9-2 9-3 9-4 9-5 9-6 Lembar Kegiatan 9.1A 9-7 Lembar Kegiatan 9.1B 9-8 9-9 Uraian Materi 9.2 9-10

Lebih terperinci

A. Mengumpulkan dan Membaca Data

A. Mengumpulkan dan Membaca Data Dalam bab ini kamu akan mempelajari: 1. mengumpulkan data; 2. membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran; 3. menyajikan data dalam bentuk tabel; dan 4.

Lebih terperinci

hidup damai pelajaran 6 suasana hutan damai ada kicauan burung suara hewan bersahutan suara daun bergesekan kehidupan di hutan sungguh damai

hidup damai pelajaran 6 suasana hutan damai ada kicauan burung suara hewan bersahutan suara daun bergesekan kehidupan di hutan sungguh damai pelajaran 6 hidup damai suasana hutan damai ada kicauan burung suara hewan bersahutan suara daun bergesekan kehidupan di hutan sungguh damai apakah kamu suka hidup damai hidup damai 77 menulis melengkapi

Lebih terperinci

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK PENGABDIAN MASYARAKAT MAHASISWA PROGRAM D-IV BIDAN PENDIDIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATRA UTARA T.A. 2007/2008 P E R T UMB UH AN Pertumbuhan PERTAMBAHAN

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS

BAB IV DESKRIPSI HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS BAB IV DESKRIPSI HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS A. Deskripsi Penelitian Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana pra siklus dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2014, siklus I pada tanggal 22 Oktober

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK UPT PENDIDIKAN KECAMATAN GEBOG DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KUDUS PROVINSI JAWA TENGAH 2012 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Tema : Alat Komunikasi

Lebih terperinci

BAB 5 PELAKSANAAN METODE FERNALD BERBASIS MULTISENSORI SEBAGAI UPAYA PENANGANAN MEMBACA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN

BAB 5 PELAKSANAAN METODE FERNALD BERBASIS MULTISENSORI SEBAGAI UPAYA PENANGANAN MEMBACA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN BAB 5 PELAKSANAAN METODE FERNALD BERBASIS MULTISENSORI SEBAGAI UPAYA PENANGANAN MEMBACA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN Peneliti merumuskan alternatif pemecahan masalah berupa bentuk perlakuan

Lebih terperinci

Tim Dosen Pengembangan Interaksi dan Komunikasi Anak Autis

Tim Dosen Pengembangan Interaksi dan Komunikasi Anak Autis PROGRAM PEMBELAJARAN BAGI ANAK AUTISTIK Tim Dosen Pengembangan Interaksi dan Komunikasi Anak Autis MEMILIH PROGRAM PEMBELAJARAN Program Penilaian Kemampuan Memilih Program untuk memulai pembelajaran Saatnya

Lebih terperinci

KATAKAN HAL ITU DENGAN BIJAKSANA (Taktik Yang Bijaksana), 8 Desember 2012

KATAKAN HAL ITU DENGAN BIJAKSANA (Taktik Yang Bijaksana), 8 Desember 2012 Pelajaran 10 KATAKAN HAL ITU DENGAN BIJAKSANA Taktik yang Bijaksana 8 Desember 2012 1. Persiapan A. Sumber Amsal 16:24 1 Korintus 9:22 (ayat pendukung: 2 Samuel 12:1-14; Ester 4:9-17; 5:1-8; 7; 1 Raja-raja

Lebih terperinci

SILABUS TEMATIK KELAS II

SILABUS TEMATIK KELAS II SILABUS TEMATIK KELAS II Satuan Pendidikan Kelas Kompetensi Inti : SD/MI : II (Dua) KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,

Lebih terperinci

PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK SD KELAS 1

PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK SD KELAS 1 PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK ANAK SD KELAS 1 Latar Belakang Dan Permasalahan Gambaran Umum Nilai rata-rata siswa di Surabaya untuk kelas 1 SD pada pelajaran

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah dan Penegasan Judul. Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yg tertulis (dengan

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah dan Penegasan Judul. Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yg tertulis (dengan BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah dan Penegasan Judul Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yg tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati); atau membaca bisa juga diartikan

Lebih terperinci

BERCERITA PADA ANAK SERI BACAAN ORANG TUA

BERCERITA PADA ANAK SERI BACAAN ORANG TUA 24 SERI BACAAN ORANG TUA BERCERITA PADA ANAK Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional Milik Negara

Lebih terperinci

Tips Membangun Blog yang Sukses - 1

Tips Membangun Blog yang Sukses - 1 Tips Membangun Blog yang Sukses - 1 Tips Membangun BLOG yang Sukses Oleh: Mira Julia & Sumardiono Dibuat dan dipublikasikan oleh: Digital Mommie www.digitalmommie.com (c) 2013 Hak cipta dilindungi Undang-undang

Lebih terperinci

III. METODE PENELITIAN. yang berjarak kurang lebih 12 kilometer dari ibukota Kabupaten Pringsewu.

III. METODE PENELITIAN. yang berjarak kurang lebih 12 kilometer dari ibukota Kabupaten Pringsewu. III. METODE PENELITIAN A. Setting Penelitian Penelitian ini diadakan di SMPN 1 Gadingrejo yang terletak di Jl. Raya Gadingrejo yang berjarak kurang lebih 12 kilometer dari ibukota Kabupaten Pringsewu.

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. game kini juga berkembang dengan pesat. Game-game didesain sedemikian rupa agar

BAB 1 PENDAHULUAN. game kini juga berkembang dengan pesat. Game-game didesain sedemikian rupa agar BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian cepat, teknologi game kini juga berkembang dengan pesat. Game-game didesain sedemikian rupa agar dapat

Lebih terperinci

PENGELOLAAN KELAS MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

PENGELOLAAN KELAS MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR PELATIHAN SUPERVISI PENGAJARAN UNTUK SEKOLAH DASAR Tanggal 19 JUNI s.d 2 juli 2003 DI PPPG MATEMATIKA YOGYAKARTA PENGELOLAAN KELAS MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Disusun Oleh: Dra. Sukayati, M. Pd. DEPARTEMEN

Lebih terperinci

bangun ruang bab 3 kejadian sehari hari belanja di swalayan hewan dan tumbuhan hewan dan tumbuh-tumbuhan

bangun ruang bab 3 kejadian sehari hari belanja di swalayan hewan dan tumbuhan hewan dan tumbuh-tumbuhan bab 3 bangun ruang tema 5 kejadian sehari hari belanja di swalayan tema 6 hewan dan tumbuhan hewan dan tumbuh-tumbuhan tujuan pembelajaran pembelajaran ini bertujuan agar kamu mampu: mengelompokkan berbagai

Lebih terperinci

Soal Penyisihan Logika ILPC 2016

Soal Penyisihan Logika ILPC 2016 Soal Penyisihan Logika ILPC 2016 1. Di dalam suatu peternakan bebek, terdapat 1000 ekor bebek yang sangat unik. Ada bebek yang bisa terbang, bebek yang bisa jungkir balik, dan bebek yang bisa memangsa

Lebih terperinci

DoLing (Domino Luas dan Keliling)

DoLing (Domino Luas dan Keliling) Ihsan Maulana Kartu DoLing (Domino Luas dan Keliling) Seri Pusat Sumber Pembelajaran Modul Media Pembelajaran Identitas Media Nama Media : Kartu Doling ( Domino Luas dan Keliling ) Jenis Media : Kartu

Lebih terperinci