Keamanan Komputer & Sistem Informasi. Komang Anom Budi Utama, SKom

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Keamanan Komputer & Sistem Informasi. Komang Anom Budi Utama, SKom"

Transkripsi

1 Keamanan Komputer & Sistem Informasi Komang Anom Budi Utama, SKom

2 Definisi Menurut John D. Howard dalam bukunya An Analysis of security incidents on the internet menyatakan bahwa : Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.

3 Definisi Menurut Gollmann pada tahun 1999 dalam bukunya Computer Security menyatakan bahwa : Keamanan komputer adalah berhubungan dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam system komputer.

4 Penyebab Sering Terjadinya Kejahatan Komputer (1/2) 1. Meningkatnya pengguna komputer dan internet 2. Banyaknya software yang pada awalnya digunakan untuk melakukan audit sebuah system dengan cara mencari kelemahan dan celah yang mungkin ada disalahgunakan untuk melakukan scanning system orang lain. 3. Meningkatnya kemampuan pengguna komputer dan internet 4. Desentralisasi server sehingga lebih banyak system yang harus ditangani

5 Penyebab Sering Terjadinya Kejahatan Komputer (2/2) 6. Kurangnya hukum yang mengatur kejahatan komputer 7. Semakin banyaknya perusahaan yang menghubungkan jaringan LAN mereka ke Internet. 8. Meningkatnya aplikasi bisnis yang menggunakan internet. 9. Banyaknya software yang mempunyai kelemahan (bugs).

6 Klasifikasi Kejahatan Komputer Level annoying Level Dangerous

7 Macam-macam Jenis Keamanan Menurut David Icove [John D. Howard, An Analysis Of Security Incidents On The Internet , PhD thesis, Engineering and Public Policy, Carnegie Mellon University, 1997.] berdasarkan lubang keamanan, keamanan dapat diklasifikasikan menjadi empat, yaitu: 1. Keamanan yang bersifat fisik 2. Keamanan yang berhubungan dengan orang (personel) 3. Keamanan dari data dan media serta teknik komunikasi (communications). 4. Keamanan dalam operasi

8 Karakteristik Penyusup (1/2) 1. The Curious (Si Ingin Tahu) tipe penyusup ini pada dasarnya tertarik menemukan jenis sistem dan data yang anda miliki. 2. The Malicious (Si Perusak) tipe penyusup ini berusaha untuk merusak sistem anda, atau merubah web page anda, atau sebaliknya membuat waktu dan uang anda kembali pulih.

9 Karakteristik Penyusup (2/2) 3. The High-Profile Intruder (Si Profil Tinggi) tipe penyusup ini berusaha menggunakan sistem anda untuk memperoleh popularitas dan ketenaran. Dia mungkin menggunakan sistem profil tinggi anda untuk mengiklankan kemampuannya. 4. The Competition (Si Pesaing) tipe penyusup ini tertarik pada data yang anda miliki dalam sistem anda. Ia mungkin seseorang yang beranggapan bahwa anda memiliki sesuatu yang dapat menguntungkannya secara keuangan atau sebaliknya.

10 Istilah Bagi Penyusup (1/2) 1. Mundane ; tahu mengenai hacking tapi tidak mengetahui metode dan prosesnya. 2. Lamer (script kiddies) ; mencoba script2 yang pernah di buat oleh aktivis hacking, tapi tidak paham bagaimana cara membuatnya. 3. Wannabe ; paham sedikit metode hacking, dan sudah mulai berhasil menerobos sehingga berfalsafah ; HACK IS MY RELIGION.

11 Istilah Bagi Penyusup (2/2) 4. Larva (newbie) ; hacker pemula, teknik hacking mulai dikuasai dengan baik, sering bereksperimen 5. Hacker ; aktivitas hacking sebagai profesi. 6. Wizard ; hacker yang membuat komunitas pembelajaran di antara mereka. 7. Guru ; master of the master hacker, lebih mengarah ke penciptaan tools-tools yang powerfull yang salah satunya dapat menunjang aktivitas hacking, namun lebih jadi tools pemrograman system yang umum.

12 Aspek Keamanan (1/2) Menurut Garfinkel [Simson Garfinkel, PGP: Pretty Good Privacy, O Reilly & Associ-ates, Inc., ] 1. Privacy / Confidentiality menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Privacy : lebih kearah data-data yang sifatnya privat Confidentiality : berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut. 2. Integrity : informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi.

13 Aspek Keamanan (2/2) 3. Authentication : metoda untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli, atau orang yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud. 4. Availability : berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. 5. Access Control : cara pengaturan akses kepada informasi. 6. Non-repudiation : Aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi.

14 Security Attack Model (1/2) Menurut W. Stallings [William Stallings, Network and Internetwork Security, Prentice Hall, 1995.] serangan (attack) terdiri dari : 1. Interruption Perangkat sistem menjadi rusak atau tidak tersedia. Serangan ditujukan kepada ketersediaan (availability) dari sistem. 2. Interception Pihak yang tidak berwenang berhasil mengakses asset atau informasi.

15 Security Attack Model (2/2) 3. Modification Pihak yang tidak berwenang tidak saja berhasil mengakses, akan tetapi dapat juga mengubah (tamper) aset. 4. Fabrication Suatu pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem.

16 Tipe Program Jahat Bacteria Logic bomb Trapdoor : program yang mengkonsumsi sumber daya sistem dengan mereplikasi dirinya sendiri. : logik yang ditempelkan pada program komputer agar memeriksa suatu kumpulan kondisi di sistem. : adalah kode yang menerima suatu barisan masukan khusus atau dipicu dengan menjalankan ID pemakai tertentu atau barisan kejahatan tertentu. Trojan horse : rutin tak terdokumentasi rahasia ditempelkan dalam satu program berguna. Virus Worm : kode yang ditempelkan dalam satu program yang menyebabkan pengkopian dirinya disisipkan ke satu program lain atau lebih, dengan cara memodifikasi programprogram itu. : program yang dapat mereplikasi dirinya dan mengirim kopian-kopian dari komputer ke komputer lewat hubungan jaringan.

17 Siklus Hidup Virus Fase tidur (dormant phase). Virus dalam keadaan menganggur. Fase propagasi (propagation phase). Virus menempatkan kopian dirinya ke program lain atau daerah sistem tertentu di disk. Fase pemicuan (triggering phase). Virus diaktifkan untuk melakukan fungsi tertentu. Fase eksekusi (execution phase). Virus menjalankan fungsinya, fungsinya mungkin sepele seperti sekedar menampilkan pesan dilayar atau merusak seperti merusak program dan file-file data, dan sebagainya.

18 Klasifikasi Tipe Virus Parasitic virus. Tipe ini mencantolkan dirinya ke file.exe. Virus mereplikasi ketika program terinfeksi dieksekusi dengan mencari file-file.exe lain untuk diinfeksi. Memory resident virus. Virus memuatkan diri ke memori utama sebagai bagian program yang menetap. Virus menginfeksi setiap program yang dieksekusi. Boot sector virus. Virus menginfeksi master boot record atau boot record dan menyebar saat sistem diboot dari disk yang berisi virus. Stealth virus. Virus yang bentuknya telah dirancang agar dapat menyembunyikan diri dari deteksi perangkat lunak antivirus. Polymorphic virus. Virus bermutasi setiap kali melakukan infeksi.

19 Management Kontrol Keamanan Kontrol preventif adalah kontrol yang diterapkan untuk mencegah hasil-hasil yang diharapkan sebelum terjadi. Kontrol Detektif adalah kontrol yang dirancang untuk menemukan hasil-hasil yang tidak diharapkan pada saat terjadinya. Kontrol Korektif adalah kontrol yang dirancang untuk memastikan bahwa tindakan korektif diambil untuk memperbaiki hal-hal yang tidak diharapkan atau untuk memastikan bahwa hal-hal tersebut tidak terulang.

20 Daftar Pustaka [Tanggal Akses : 9 Maret 2016]

PENDAHULUAN Keamanan Komputer Mengapa dibutuhkan?

PENDAHULUAN Keamanan Komputer Mengapa dibutuhkan? Ade Sarah H, M. Kom PENDAHULUAN Keamanan Komputer Mengapa dibutuhkan? information based society menyebabkan nilai informasi menjadi sangat penting dan menuntut kemampuan untuk mengakses dan menyediakan

Lebih terperinci

Andi Dwi Riyanto, M.Kom

Andi Dwi Riyanto, M.Kom 1. KEAMANAN KOMPUTER, MENGAPA DIBUTUHKAN? 2. MENGAPA KEJAHATAN KOMPUTER SEMAKIN MENINGKAT? 3. KLASIFIKASI KEJAHATAN KOMPUTER 4. ASPEK KEAMANAN KOMPUTER 5. SECURITY ATTACK MODELS 6. Mengapa Tidak ada Jaminan

Lebih terperinci

10/10/2010 PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI KEAMANAN KOMPUTER MENGAPA KEJAHATAN KOMPUTER SEMAKIN. Materi 13: Pengenalan Keamanan Komputer DIBUTUHKAN?

10/10/2010 PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI KEAMANAN KOMPUTER MENGAPA KEJAHATAN KOMPUTER SEMAKIN. Materi 13: Pengenalan Keamanan Komputer DIBUTUHKAN? PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI Materi 13: Pengenalan Keamanan Komputer KEAMANAN KOMPUTER MENGAPA DIBUTUHKAN? information-based society, menyebabkan nilai informasi menjadi sangat penting dan menuntut kemampuan

Lebih terperinci

Rahmady Liyantanto liyantanto.wordpress.com

Rahmady Liyantanto liyantanto.wordpress.com Rahmady Liyantanto liyantanto@gmail.com liyantanto.wordpress.com Sistem Operasi D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo Program-Program Jahat Virus Ancaman-ancaman canggih terhadap sistem komputer

Lebih terperinci

SISTEM OPERASI. Pendahuluan KEAMANAN SISTEM. Keamanan sistem komputer. Pembagian Keamanan Sistem 9/11/2008

SISTEM OPERASI. Pendahuluan KEAMANAN SISTEM. Keamanan sistem komputer. Pembagian Keamanan Sistem 9/11/2008 Pendahuluan SISTEM OPERASI KEAMANAN SISTEM Sistem time-sharing dan akses jarak jauh menyebabkan kelemahan komunikasi data dan penyebab masalah keamanan Sistem operasi merupakan bagian kecil dari keseluruhan

Lebih terperinci

KEAMANAN DARI KEJAHATAN PROGRAM. Kemal Ade Sekarwati

KEAMANAN DARI KEJAHATAN PROGRAM. Kemal Ade Sekarwati KEAMANAN DARI KEJAHATAN PROGRAM Kemal Ade Sekarwati ade@staff.gunadarma.ac.id Taksonomi Ancaman PL Taksonomi ancaman perangkat lunak / klasifikasi program jahat (malicious program): 1.Program-program yang

Lebih terperinci

Chapter 22. Malicious Logic ==========================

Chapter 22. Malicious Logic ========================== Chapter 22 Malicious Logic ========================== Nama Anggota : Miftah Alfian Syah (09.04.111.00096) Moch. Dannish K (09.04.111.00126) Achmad Fauzi (09.04.111.00113) Fitriansyah P. Putra (09.04.111.00125)

Lebih terperinci

Andi Dwi Riyanto, M.Kom

Andi Dwi Riyanto, M.Kom KEAMANAN KOMPUTER, MENGAPA DIBUTUHKAN? KEJAHATAN KOMPUTER SEMAKIN MENINGKAT KARENA..??? KLASIFIKASI KEJAHATAN KOMPUTER ASPEK KEAMANAN KOMPUTER SECURITY ATTACK MODELS SECURITY BREACH ACCIDENT MEMAHAMI HACKER

Lebih terperinci

Keamanan Sistem dan Proteksi

Keamanan Sistem dan Proteksi 14 Keamanan Sistem dan Proteksi Penyebab Data Hilang Kasus Umum 1. Bencana Alam dan Perang 2. Kesalahan Hardware atau software CPU malfunction, bad disk, program bugs 3. Kesalahan manusia Data entry, wrong

Lebih terperinci

Penyebab Data Hilang. Aspek Keamanan Sistem. Intruder (1/ 5) Keamanan Sistem dan Proteksi. Kasus Umum

Penyebab Data Hilang. Aspek Keamanan Sistem. Intruder (1/ 5) Keamanan Sistem dan Proteksi. Kasus Umum Mata Kuliah : Sistem Operasi Kode MK : IT-012336 14 Keamanan Sistem dan Proteksi Tim Teaching Grant Mata Kuliah Sistem Operasi Penyebab Data Hilang Kasus Umum 1. Bencana Alam dan Perang 2. Kesalahan Hardware

Lebih terperinci

SistemKeamanan Komputer

SistemKeamanan Komputer Sistem Keamanan Komputer () By: U. Abd. Rohim, MT mailto: Website: http://www.abdrohim.com 1 Kita telah memasuki era Information- Based Society Teknologi informasi (komputer dan telekomunikasi) mampumembawa

Lebih terperinci

Pengantar Keamanan Sistem Informasi. Hasdiana, S.Kom, M.Kom

Pengantar Keamanan Sistem Informasi. Hasdiana, S.Kom, M.Kom Pengantar Keamanan Sistem Informasi Hasdiana, S.Kom, M.Kom Konsep Dasar Sistem Informasi Konsep Dasar Sistem Sistem dapat didefenisikan melalui dua kelompok pendekatan yaitu : 1. Pendekatan Prosedur 2.

Lebih terperinci

12/4/2010. Ancaman tersebut dibedakan menjadi :

12/4/2010. Ancaman tersebut dibedakan menjadi : 12/4/2010 2010 - Busran, Teknik Informatika ITP Padang Malicious Programs program-program yang berpotensi untuk jahat yang digunakan untuk mengeksploitasi kelemahan sistem Komputer. Medianya : pertukaran

Lebih terperinci

Ancaman Sistem Keamanan Komputer SISTEM KEAMANAN KOMPUTER

Ancaman Sistem Keamanan Komputer SISTEM KEAMANAN KOMPUTER Ancaman Sistem Keamanan Komputer SISTEM KEAMANAN KOMPUTER KEAMANAN DARI DEVIL PROGRAM Klasifikasi program jahat (malicious program): 1. Program-program yang memerlukan program inang (host program). Fragmen

Lebih terperinci

Pengenalan Keamanan Jaringan

Pengenalan Keamanan Jaringan Pengenalan Keamanan Jaringan Pertemuan I Keamanan dan Manajemen Perusahaan Pengelolaan terhadap keamanan dapat dilihat dari sisi pengelolaan resiko (risk management). Lawrie Brown dalam Lecture Notes for

Lebih terperinci

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER ASPEK KEAMANAN DATA

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER ASPEK KEAMANAN DATA SISTEM KEAMANAN KOMPUTER ASPEK KEAMANAN DATA Mengapa Keamanan Komputer Dibutuhkan? Information-based society, menyebabkan nilai informasi menjadi sangat penting dan menuntut kemampuan untuk mengakses dan

Lebih terperinci

Security Sistem Informasi.

Security Sistem Informasi. Security Sistem Informasi TANTRI HIDAYATI S, M.KOM PROFIL Nama S1 S2 EMAIL BLOG : TANTRI HIDAYATI S, M.KOM : UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA : UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA PADANG : tantri.study@yahoo.com :

Lebih terperinci

PROTEKSI PADA SISTEM OPERASI

PROTEKSI PADA SISTEM OPERASI PROTEKSI PADA SISTEM OPERASI SISTEM OPERASI? Seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak Sistem operasi mempunyai

Lebih terperinci

PENDAHULUAN KEAMANAN KOMPUTER MATERI KE-1

PENDAHULUAN KEAMANAN KOMPUTER MATERI KE-1 PENDAHULUAN KEAMANAN KOMPUTER MATERI KE-1 MATERI 1. Masalah keamanan sistem komputer secara umum 2. Masalah etika 3. Dasar-dasar gangguan keamanan komputer 4. Prinsip dasar perancangan sistem yang aman

Lebih terperinci

Bab 9 KEAMANAN SISTEM

Bab 9 KEAMANAN SISTEM Bab 9 KEAMANAN SISTEM Saat ini sistem komputer yang terpasang makin mudah diakses, sistem time-sharing dana akses jarak jauh menyebabkan kelemahan komuniksai data menjadi pokok masalah keamanan. Terlebih

Lebih terperinci

PENDAHULUAN KEAMANAN KOMPUTER

PENDAHULUAN KEAMANAN KOMPUTER PENDAHULUAN KEAMANAN KOMPUTER MATERI 1. Masalah keamanan sistem komputer secara umum 2. Masalah etika 3. Dasar-dasar gangguan keamanan computer 4. Prinsip dasar perancangan sistem yang aman Sebelum adanya

Lebih terperinci

Computer & Network Security : Information security. Indra Priyandono ST

Computer & Network Security : Information security. Indra Priyandono ST + Computer & Network Security : Information security Indra Priyandono ST + + Outline n Information security n Attacks, services and mechanisms n Security attacks n Security services n Methods of Defense

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Keamanan Sistem Informasi

PENDAHULUAN. Keamanan Sistem Informasi PENDAHULUAN Keamanan Sistem Informasi Data Internet (Tahun 2010) EMAIL PENGGUNA INTERNET SOCIAL MEDIA PICTURES WEBSITES * 107 trilyun - Jumlah emails yang dikirim melalui inernet dalam 2010. * 294 milyar-

Lebih terperinci

KEAMANAN SISTEM KOMPUTER TEKNIK INFORMATIKA STT-PLN

KEAMANAN SISTEM KOMPUTER TEKNIK INFORMATIKA STT-PLN KEAMANAN SISTEM KOMPUTER TEKNIK INFORMATIKA STT-PLN Keamanan Sistem Komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja,fungsi atau proses komputer. KSK juga berguna untuk menjaga

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Keamanan Sistem Informasi

PENDAHULUAN. Keamanan Sistem Informasi PENDAHULUAN Keamanan Sistem Informasi Pendahuluan Informasi saat ini sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kita sudah berada di sebuah information-based society.

Lebih terperinci

MENGENAL TEKNIK-TEKNIK KEAMANAN KOMPUTER DAN MODEL- MODEL SERANGANNYA (SECURITY ATTACK MODELS)

MENGENAL TEKNIK-TEKNIK KEAMANAN KOMPUTER DAN MODEL- MODEL SERANGANNYA (SECURITY ATTACK MODELS) MENGENAL TEKNIK-TEKNIK KEAMANAN KOMPUTER DAN MODEL- MODEL SERANGANNYA (SECURITY ATTACK MODELS) Dian Wirdasari ABSTRAK Informasi saat ini sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting. Bahkan ada yang

Lebih terperinci

16 Agustus 2011 PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER

16 Agustus 2011 PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER 16 Agustus 2011 PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER Dasar Pemikiran Keamanan Komputer Aman : terhindar dari serangan atau kegagalan Suatu sistem dapat dikatakan aman apabila dalam segala keadaan, sumberdaya yang

Lebih terperinci

KEAMANAN SISTEM INFORMASI. Gentisya Tri Mardiani, S.Kom

KEAMANAN SISTEM INFORMASI. Gentisya Tri Mardiani, S.Kom KEAMANAN SISTEM INFORMASI Gentisya Tri Mardiani, S.Kom Pendahuluan Sistem Informasi Ward, J. dan Peppard, J. (2003) Information systems as the means by which people and organizations, utilizing technology,

Lebih terperinci

Database Security BY NUR HIDAYA BUKHARI PRODI TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2012

Database Security BY NUR HIDAYA BUKHARI PRODI TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2012 Database Security BY NUR HIDAYA BUKHARI 102904037 PRODI TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2012 Mengapa masalah keamanan basis data menjadi penting? Kemampuan menyediakan informasi

Lebih terperinci

KEAMANAN SISTEM INFORMASI. Gentisya Tri Mardiani, S.Kom., M.Kom

KEAMANAN SISTEM INFORMASI. Gentisya Tri Mardiani, S.Kom., M.Kom KEAMANAN SISTEM INFORMASI Gentisya Tri Mardiani, S.Kom., M.Kom Pendahuluan Sistem Informasi Ward, J. dan Peppard, J. (2003) Information systems as the means by which people and organizations, utilizing

Lebih terperinci

KEAMANAN INFORMASI. Keamanan informasi ditujukan untuk mencapai tiga tujuan utama, yaitu :

KEAMANAN INFORMASI. Keamanan informasi ditujukan untuk mencapai tiga tujuan utama, yaitu : KEAMANAN INFORMASI a. Keamanan Informasi Saat pemerintah dan kalangan industry mulai menyadari kebutuhan untuk keamanan sumber daya informasi mereka, perhatian nyaris terfokus secara eksklusif pada perlindungan

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Keamanan Komputer Mengapa dibutuhkan?

PENDAHULUAN. Keamanan Komputer Mengapa dibutuhkan? PENDAHULUAN Keamanan Komputer Mengapa dibutuhkan? information-based society, menyebabkan nilai informasi menjadi sangat penting dan menuntut kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat

Lebih terperinci

BAB X KEAMANAN KOMPUTER. "Pengantar Teknologi Informasi" 1

BAB X KEAMANAN KOMPUTER. Pengantar Teknologi Informasi 1 BAB X KEAMANAN KOMPUTER "Pengantar Teknologi Informasi" 1 Teknologi informasi yang semakin maju dan berkembang memiliki banyak keuntungan dalam kehidupan manusia, namun dibalik itu aspek negatifnya juga

Lebih terperinci

Pengantar Komputer. Keamanan Komputer. Salhazan Nasution, S.Kom

Pengantar Komputer. Keamanan Komputer. Salhazan Nasution, S.Kom Pengantar Komputer Keamanan Komputer Salhazan Nasution, S.Kom Keamanan Komputer 2 Pendahuluan Dalam dunia komunikasi data global dan perkembangan teknologi informasi yang senantiasa berubah serta cepatnya

Lebih terperinci

Network Security: Malware

Network Security: Malware 1 Network Security: Malware Malware adalah singkatan dari Malicious Ware yang berarti perangkat lunak yang dirancang untuk mengganggu kerja dari sebuah sistem komputer. Perangkat lunak ini diperintahkan

Lebih terperinci

PENDAHULUAN SISTEM KEAMANAN

PENDAHULUAN SISTEM KEAMANAN PENDAHULUAN SISTEM KEAMANAN Muhammad Izzuddin Mahali, M.Cs. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Keamanan Komputer: Definisi Computer Security is preventing

Lebih terperinci

Pertemuan ke 2 Hendra Di Kesuma, S.Kom., M.Cs. Sistem Informasi STMIK BINA NUSANTARA JAYA

Pertemuan ke 2 Hendra Di Kesuma, S.Kom., M.Cs. Sistem Informasi STMIK BINA NUSANTARA JAYA Keamanan Komputer Pertemuan ke 2 Hendra Di Kesuma, S.Kom., M.Cs. Sistem Informasi STMIK BINA NUSANTARA JAYA Mengapa Keamanan Komputer dibutuhkan? Information-Based Society menyebabkan nilai informasi menjadi

Lebih terperinci

PROTEKSI ASET INFORMASI ASIH ROHMANI,M.KOM

PROTEKSI ASET INFORMASI ASIH ROHMANI,M.KOM PROTEKSI ASET INFORMASI ASIH ROHMANI,M.KOM INTRODUCTION DEFINISI ASET INFORMASI Aset informasi adalah sesuatu yang terdefinisi dan terkelola sebagai satu unit informasi sehingga dapat dipahami, dibagi,

Lebih terperinci

Mengapa masalah keamanan basis data menjadi penting? Kemampuan menyediakan informasi dengan cepat dan akurat, merupakan kebutuhan dalam

Mengapa masalah keamanan basis data menjadi penting? Kemampuan menyediakan informasi dengan cepat dan akurat, merupakan kebutuhan dalam KEAMANAN BASISDATA Mengapa masalah keamanan basis data menjadi penting? Kemampuan menyediakan informasi dengan cepat dan akurat, merupakan kebutuhan dalam information-based society. Sangat pentingnya informasi

Lebih terperinci

: Internet & Mobile Security

: Internet & Mobile Security Mata kuliah Semester Jurusan SKS : Internet & Mobile Security : VI : Manajemen Informatika : 3 sks CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa dapat memahami seperti apa sistem dan ancaman keamanan informasi internet,

Lebih terperinci

Laboratorium Universitas Widyatama

Laboratorium Universitas Widyatama Keamanan Komputer [caption id="attachment_53" align="alignleft" width="300"] Sumber : http://www.computersxcetera.com/security-news/[/caption] Keamanan komputer (computer security) merupakan keamanan informasi

Lebih terperinci

Komputer dan Jaringan

Komputer dan Jaringan 731 Komputer dan Jaringan email: achmad_mail@yahoo.com, asyafaat@gmail.com Web: http://asyafaat.webnet-id.com Blog: http://asyafaat.wordpress.com, http://asyafaat.blogspot.com 24 Desember 2008 Fakultas

Lebih terperinci

Pendahuluan. Keamanan Komputer mencakup:

Pendahuluan. Keamanan Komputer mencakup: Keamanan Komputer Pendahuluan Keamanan Komputer mencakup: Pencegahan (preventif) dari akses yang tidak berhak, penyadapan, pencurian, modifikasi, dan pengrusakan Penyidikan (detektif) terhadap tindakan-tindakan

Lebih terperinci

Keamanan Sistem dan Jaringan Komputer

Keamanan Sistem dan Jaringan Komputer Keamanan Sistem dan Jaringan Komputer Klafisifikasi Keamanan Sistem Informasi menurut David Icove Umumnya orang-orang hanya terfokus pada bagian ini Network Security - Josua M. Sinambela 2 Berdasarkan

Lebih terperinci

Masalah Keamanan Pada Sistem Mobile

Masalah Keamanan Pada Sistem Mobile Masalah Keamanan Pada Sistem Mobile Penggunaan perangkat mobile dapat meningkatkan produktivitas kerja, walau penggunaan perangkat ini akan menimbulkan masalah baru yaitu masalah keamanan, beberapa masalah

Lebih terperinci

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAKASSAR

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAKASSAR Tugas Individu Oleh : Sitti Nurhaeraty 60200105042 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAKASSAR 2008 A. Serangan terhadap system komputer 1. Port Scanning Pengertian : Pada dasarnya, port scanning berupa scan IP

Lebih terperinci

Haida Dafitri, ST, M.Kom

Haida Dafitri, ST, M.Kom Sistem keamanan komputer Sistem keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja,fungsi atau proses komputer. sistem keamanan komputer juga berguna untuk menjaga komputer

Lebih terperinci

Etika, Kejahatan Komputer, dan Keamanan Sistem Informasi. Etika Sistem Informasi. Tujuan Bab 9. Information Systems Today

Etika, Kejahatan Komputer, dan Keamanan Sistem Informasi. Etika Sistem Informasi. Tujuan Bab 9. Information Systems Today Etika,, dan Keamanan Sistem Informasi Information Systems Today Leonard Jessup and Joseph Valacich 2003 Prentice Hall, Inc. 9-1 2003 Prentice Hall, Inc. 9-2 Tujuan Bab 9 Memahami bagaimana etika komputer

Lebih terperinci

VIRUS KOMPUTER DORY AMANDA SARI

VIRUS KOMPUTER DORY AMANDA SARI VIRUS KOMPUTER DORY AMANDA SARI Deskripsi Virus Istilah VIRUS pertama kali diperkenalkan ke dunia akademisi oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat.VIRUS KOMPUTER dinamakan virus karena memiliki

Lebih terperinci

PROSEDUR & KEAMANAN KOMPUTER

PROSEDUR & KEAMANAN KOMPUTER PROSEDUR & KEAMANAN KOMPUTER Pengelolaan Instalasi Komputer (PIK) By: Fery Antony, S.T, M.Kom Definisi : Segala jenis tata cara dan aturan dalam pengelolaan instalasi komputer Jenis Prosedur 1. Perencanaan

Lebih terperinci

DESAIN DAN ANALISIS KEAMANAN JARINGAN

DESAIN DAN ANALISIS KEAMANAN JARINGAN DESAIN DAN ANALISIS KEAMANAN JARINGAN MAKALAH Security Service (Layanan Keamanan) Oleh : Desi Nilawati 1102636 Dosen pembimbing : Muhammad Adri, S.Pd.,M.T PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA JURUSAN

Lebih terperinci

Keamanan Jaringan (Network Security)

Keamanan Jaringan (Network Security) Keamanan Jaringan (Network Security) Kartika Firdausy - UAD kartika@ee.uad.ac.id kartikaf@indosat.net.id blog.uad.ac.id/kartikaf kartikaf.wordpress.com 1 Risiko Keamanan Komputer Aktivitas yang menyebabkan

Lebih terperinci

Keamanan Komputer. Pengertian Keamanan Komputer

Keamanan Komputer. Pengertian Keamanan Komputer Keamanan Komputer Dalam dunia komunikasi data global dan perkembangan teknologi informasi yang senantiasa berubah serta cepatnya perkembangan software, keamanan merupakan suatu isu yang sangat penting,

Lebih terperinci

Computer & Network Security : Information security. Indra Priyandono ST, MKom

Computer & Network Security : Information security. Indra Priyandono ST, MKom + Computer & Network Security : Information security Indra Priyandono ST, MKom + + Outline n Information security n Attacks, services and mechanisms n Security attacks n Security services n Methods of

Lebih terperinci

QUIZ PRA UTS (Take Home) Keamanan Jaringan Komputer

QUIZ PRA UTS (Take Home) Keamanan Jaringan Komputer QUIZ PRA UTS (Take Home) Keamanan Jaringan Komputer Ketentuan lembar jawaban: 1. Kirimkan jawaban ke alamat email sdk_sidik@yahoo.com 2. Lembar jawaban yang dikirimkan harus sudah dalam format PDF 3. Tuliskan

Lebih terperinci

PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER. 4. Mudahnya diperoleh software untuk menyerang komputer dan jaringan komputer.

PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER. 4. Mudahnya diperoleh software untuk menyerang komputer dan jaringan komputer. PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER 17.1 Munculnya Kejahatan Komputer Penyebab Meningkatnya Kejahatan Komputer Maraknya kejahatan komputer hingga saat ini, yang diindikasikan terus mengalami peningkatan, disebabkan

Lebih terperinci

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER

PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER Penyebaran virus komputer Hacking Fraud (penipuan) Denial of Service (DoS) Data Manipulation Extortion (pemerasan) Web Spoofing Program yang dapat menginfeksi program lainnya dengan cara melakukan perubahan

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI KEAMANAN INFORMASI Saat pemerintah dan kalangan industri mulai menyadari kebutuhan untuk mengamankan sumber daya informasi mereka, perhatian nyaris terfokus

Lebih terperinci

INTRODUCTION ASPEK-ASPEK PROTEKSI SISTEM INFORMASI

INTRODUCTION ASPEK-ASPEK PROTEKSI SISTEM INFORMASI INTRODUCTION ASPEK-ASPEK PROTEKSI SISTEM INFORMASI Referensi Conklin, White, Williams, Davis,Cothren, (2012), Principles of Conputer Security : CompTIA Security and Beyond, 3rd edition, Mc. Graw Hill Technology

Lebih terperinci

VIRUS, TROJAN HORSE DAN WORM

VIRUS, TROJAN HORSE DAN WORM VIRUS, TROJAN HORSE DAN WORM Haryono / 0320408 Program Diploma IV Teknik Komputer dan Jaringan Abstrak Virus, Trojan Horse dan Worm merupakan program yang dibuat oleh programer untuk tujuan merusak atau

Lebih terperinci

Viruses and Other Wild Life. Abdul Aziz

Viruses and Other Wild Life. Abdul Aziz Abdul Aziz Email : abdulazizprakasa@ymail.com Viruses Worms Trojan Horses Bombs Trap Doors / Back Doors Other Wild Life Viruses Sebuah program yang mempunyai kemampuan memecahkan diri dan meng- copy ke

Lebih terperinci

Dasar Keamanan Jaringan Komputer

Dasar Keamanan Jaringan Komputer Dasar Keamanan Jaringan Komputer Keamanan Jaringan Komputer 1 Topik Kerapuhan Sistem (Vulnerabilities) Ancaman (Threats) Penyelesaian (Solutions) Pertahanan (Defence) Keamanan Jaringan Komputer 2 1 Mungkinkah

Lebih terperinci

KEAMANAN SISTEM INFORMASI

KEAMANAN SISTEM INFORMASI KEAMANAN SISTEM INFORMASI Budi Rahardjo budi@cert.or.id Latar Belakang Meningkatnya teknologi komputer dan Internet Mulai digunakan sebagai basis dari bisnis (e-commerce) Mudah membuat identitas, email

Lebih terperinci

www. dickyprihandoko.worpress.com

www. dickyprihandoko.worpress.com Apa Itu Hacking? www. dickyprihandoko.worpress.com Hacking Dan Security Aktifitas penyusupan ke dalam sebuah sistem komputer atau jaringan dengan tujuan menyalahgunakan ataupun merusak sistem yang ada

Lebih terperinci

Manajemen Keamanan Informasi

Manajemen Keamanan Informasi RAPAT KERJA NASIONAL LPSE 2015 Manajemen Keamanan Informasi Dipaparkan oleh Lembaga Sandi Negara Jakarta, 11 November 2015 Definisi TIK Teknologi Informasi & Komunikasi Terdiri dari dua aspek yaitu Teknologi

Lebih terperinci

PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER P E N G A N T A R T E K N O L O G I I N F O R M A S I ( T I F )

PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER P E N G A N T A R T E K N O L O G I I N F O R M A S I ( T I F ) PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER P E N G A N T A R T E K N O L O G I I N F O R M A S I ( T I F 1 1 0 1) PENGANTAR KEAMANAN KOMPUTER Pengertian Keamanan Komputer Penyebab Meningkatnya Kejahatan Komputer Perlukah

Lebih terperinci

ETIKA & KEAMANAN SISTEM INFORMASI

ETIKA & KEAMANAN SISTEM INFORMASI ETIKA & KEAMANAN SISTEM INFORMASI ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI, mencakup : 1. Privasi Hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi ijin

Lebih terperinci

Computer Science, University of Brawijaya. Putra Pandu Adikara, S.Kom. Keamanan Komputer. Kompetensi Aplikasi Komputer

Computer Science, University of Brawijaya. Putra Pandu Adikara, S.Kom. Keamanan Komputer. Kompetensi Aplikasi Komputer Computer Science, University of Brawijaya Putra Pandu Adikara, S.Kom Keamanan Komputer Kompetensi Aplikasi Komputer Keamanan Komputer Komputer yang kita punya tidaklah aman dari ancaman. Ancaman dan masalah

Lebih terperinci

KEYLOGGER PADA ASPEK KEAMANAN KOMPUTER

KEYLOGGER PADA ASPEK KEAMANAN KOMPUTER KEYLOGGER PADA ASPEK KEAMANAN KOMPUTER Muhammad Siddik Hasibuan Magister Teknik Informatika, Universitas Sumatera Utara Jl. Almamater Kampus USU, Medan 20155, Telp. 061-8219005, Fax. 061-8213250 Email

Lebih terperinci

Pada sistem terdistribusi, security berfungsi untuk: pengambilan informasi oleh penerima yang tidak berhak

Pada sistem terdistribusi, security berfungsi untuk: pengambilan informasi oleh penerima yang tidak berhak 11. SECURITY Definisi Keamanan Keamanan (Security) : Serangkaian langkah untuk menjamin privasi, integritas dan ketersediaan sumber daya seperti obyek, database, server, proses, saluran, dll yang melibatkan

Lebih terperinci

Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Komputer

Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Komputer amanan Komputer Halaman : 1 dari 6 Kode Mata Kuliah : KP043 Nama Mata Kuliah : amanan Komputer Beban Kredit : 3 SKS Prasyarat : - URAIAN Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang

Lebih terperinci

Pengantar Open Source dan Aplikasi Aspek Keamanan Open Source. Rusmanto at gmail.com Rusmanto at nurulfikri.ac.id

Pengantar Open Source dan Aplikasi Aspek Keamanan Open Source. Rusmanto at gmail.com Rusmanto at nurulfikri.ac.id Pengantar Open Source dan Aplikasi Aspek Keamanan Open Source Rusmanto at gmail.com Rusmanto at nurulfikri.ac.id Twitter @ruslinux Program Studi TI & SI STT Terpadu Nurul Fikri www.nurulfikri.ac.id Topik

Lebih terperinci

Tugas Bahasa Indonesia

Tugas Bahasa Indonesia Tugas Bahasa Indonesia Semester 100 Membuat Jurnal Vidyatama Kurnia 5235127270 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (Non Reguler) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (Kampus A) Jl. Rawamangun Muka Jakarta

Lebih terperinci

Pengenalan dan Penanggulangan Virus, Trojan dan Worm

Pengenalan dan Penanggulangan Virus, Trojan dan Worm Pengenalan dan Penanggulangan Virus, Trojan dan Worm Pertemuan IX Definisi Virus Suatu program komputer yang dapat menyebar pada komputer atau jaringan dengan cara membuat copy dari dirinya sendiri tanpa

Lebih terperinci

KEAMANAN SISTEM INFORMASI

KEAMANAN SISTEM INFORMASI KEAMANAN SISTEM INFORMASI 3 SKS Semester 8 S1 Sistem Informasi Pertemuan 2 Nizar Rabbi Radliya nizar.radliya@yahoo.com Universitas Komputer Indonesia 2015 Tinjauan Ulang Sistem Informasi Sistem Informasi

Lebih terperinci

Mencuri Password dengan teknik sniffing password menggunakan wireshark. Dan Pencegahan dari tindakan Sniffing

Mencuri Password dengan teknik sniffing password menggunakan wireshark. Dan Pencegahan dari tindakan Sniffing Mencuri Password dengan teknik sniffing password menggunakan wireshark Dan Pencegahan dari tindakan Sniffing Pengertian Sniffing Sniffer Paket (arti tekstual: pengendus paket -dapat pula diartikan penyadap

Lebih terperinci

Cara Kerja virus dan Anti Virus Computer

Cara Kerja virus dan Anti Virus Computer Cara Kerja virus dan Anti Virus Computer Tatik yuniati Abstrak Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan

Lebih terperinci

CHAPTER 8 MELINDUNGI SISTEM INFORMASI

CHAPTER 8 MELINDUNGI SISTEM INFORMASI CHAPTER 8 MELINDUNGI SISTEM INFORMASI Disusun Oleh: Febrizio Hoggi Akhiradi 041411331008 Hilda Devi Noeraini 041411331015 Shabrina Kirgizia Hanum 041411331067 Ammar Zaky Ramadhan 041411331125 Fakultas

Lebih terperinci

Virus Komputer. Heni Handayani.

Virus Komputer. Heni Handayani. Virus Komputer Heni Handayani Henihandayani61@yahoo.com Abstrak virus komputer adalah Aplikasi atau program pada komputer yang bisa merusak program suatu komputer atau pun juga dapat merusak data dokumen

Lebih terperinci

FAKTA MENARIK TENTANG VIRUS

FAKTA MENARIK TENTANG VIRUS Diona Kusuma dionakusuma@gmail.com FAKTA MENARIK TENTANG VIRUS Abstrak Laptop atau PC anda pernah diserang virus? saya rasa para pengguna komputer pasti pernah mengalami serangan virus. baik itu virus

Lebih terperinci

Rahmady Liyantanto liyantanto.wordpress.com

Rahmady Liyantanto liyantanto.wordpress.com Rahmady Liyantanto liyantanto@gmail.com liyantanto.wordpress.com Sistem Operasi D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo Pendahuluan Keamanan Otentifikasi Pemakai Password Mekanisme Proteksi Sistem

Lebih terperinci

Kebutuhan ini muncul karena sumber tersebut digunakan secara bersama

Kebutuhan ini muncul karena sumber tersebut digunakan secara bersama Kebutuhan untuk melindungi kesatuan dan rahasia informasi dan sumber lain yang dimiliki oleh individu ataupun organisasi dapat meliputi kamanan fisik maupun data digital. Kebutuhan ini muncul karena sumber

Lebih terperinci

KEAMANAN INFORMASI INTRODUCTION

KEAMANAN INFORMASI INTRODUCTION KEAMANAN INFORMASI INTRODUCTION PROFILE Erwien Tjipta Wijaya, ST., M.Kom Pengelola Situs : 1. http://sinaugratis.wordpress.com 2. http://www.piunixhosting.com 3. http://www.piunixlab.com (underconstruction!!!)

Lebih terperinci

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER SISTEM KEAMANAN KOMPUTER Bagian kedua Outline Pendahuluan Ancaman keamanan pada sistem berbasis komputer Social engineering Keamanan fisik Security hole pada sistem operasi dan servis Serangan pada jaringan

Lebih terperinci

Keamanan Jaringan Komputer LU K IS A LA M

Keamanan Jaringan Komputer LU K IS A LA M Keamanan Jaringan Komputer LU K IS A LA M Intro Computer Security is preventing attackers form achieving objectives through unathorized access or unauthorized use of computers & networks. (John D. Howard,

Lebih terperinci

AUDIT SECURITY SERVICES PADA PT. XYZ

AUDIT SECURITY SERVICES PADA PT. XYZ AUDIT SECURITY SERVICES PADA PT. XYZ Aulia Primadani 1, Basuki Rahmad 2, M.Teguh Kurniawan 3 1,2,3 Prodi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom Email: primadanul@gmail.com 1,

Lebih terperinci

Masalah-Masalah dalam Keamanan Informasi

Masalah-Masalah dalam Keamanan Informasi Informasi = Uang? Masalah-Masalah dalam Keamanan Informasi Muhammad Sholeh Teknik Informatika Institut Sains & Teknologi KPRIND Informasi memiliki nilai (value) yang dapat dijual belikan Data- data nasabah,

Lebih terperinci

Keamanan Sistem Informasi

Keamanan Sistem Informasi Keamanan Sistem Informasi Oleh: Puji Hartono Versi: 2014 Modul 1 Pengantar Keamanan Sistem Informasi Overview 1. Mengapa banyak insiden? 2. Statistik insiden keamanan di Indonesia 3. Contoh kasus insiden

Lebih terperinci

10/10/2010 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Materi 14 : Pengantar Etika Profesi ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI. 1. Privasi

10/10/2010 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Materi 14 : Pengantar Etika Profesi ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI. 1. Privasi PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Materi 14 : Pengantar Etika Profesi ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI Masalah etika dalam pengembangan dan pemakaian sistem informasi, Menurut Richard Mason : privasi akurasi property

Lebih terperinci

KEAMANAN JARINGAN. 1. Apa itu Keamanan Jaringan

KEAMANAN JARINGAN. 1. Apa itu Keamanan Jaringan KEAMANAN JARINGAN 1. Apa itu Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada jaringan yang anti sadap atau tidak ada jaringan komputer yang benar-benar aman. Sifat dari jaringan adalah melakukan komunikasi.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Komputer adalah salah satu alat dari sekian banyak peralatan yang dibuat manusia guna meningkatkan efisiensi kerja, produktivitas dan tingkat kehidupan manusia.

Lebih terperinci

Etika dan Keamanan Sistem Informasi

Etika dan Keamanan Sistem Informasi Etika dan Keamanan Sistem Informasi Makalah Ini Disusun Sebagai Tugas Mata Kuliah Konsep Sistem Informasi Dosen Pembina: Putri Taqwa Prasetyaningrum Ditulis Oleh: Dedy Irawan 14111094 Teknik Informatika

Lebih terperinci

Pengantar E-Business dan E-Commerce

Pengantar E-Business dan E-Commerce Pengantar E-Business dan E-Commerce Pertemuan Ke-5 (Keamanan Sistem E-Commerce) Noor Ifada noor.ifada@if.trunojoyo.ac.id S1 Teknik Informatika - Unijoyo 1 Sub Pokok Bahasan Pendahuluan Pilar Keamanan Sistem

Lebih terperinci

Hacking & Security (Internet) #2

Hacking & Security (Internet) #2 Hacking & Security (Internet) #2 /* Security */ Bahaya sewaktu berinternet sudah dimulai sewaktu anda berselancar dan dapat dibagi atas dua bagian besar Remote Controlled PC dan Ιnfeksi Digital: Virus

Lebih terperinci

PERANCANGAN PERLINDUNGAN PERANGKAT LUNAK SEBAGAI ASET INFORMASI TERHADAP MALICIOUS CODE DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERITAS PASUNDAN

PERANCANGAN PERLINDUNGAN PERANGKAT LUNAK SEBAGAI ASET INFORMASI TERHADAP MALICIOUS CODE DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERITAS PASUNDAN PERANCANGAN PERLINDUNGAN PERANGKAT LUNAK SEBAGAI ASET INFORMASI TERHADAP MALICIOUS CODE DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERITAS PASUNDAN TUGAS AKHIR Disusun sebagai salah satu syarat untuk kelulusan Program Strata

Lebih terperinci

PENGAMANAN SISTEM INFORMASI

PENGAMANAN SISTEM INFORMASI Media Informatika Vol. 5 No. 1 (2006) PENGAMANAN SISTEM INFORMASI Djajasukma Tjahjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI Jl. Ir. H. Juanda 96 Bandung 40132 Abstract Sistem informasi

Lebih terperinci

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER SISTEM KEAMANAN KOMPUTER Tujuan Instruksional Umum: Pembaca dapat konsep dasar keamanan komputer Tujuan Instruksional Khusus: 1. Mengetahui dasar sistem keamanan komputer dan pada jaringan komputer 2.

Lebih terperinci

PENGAMANANSISTEM KOMPUTER Kejahatan Pelaku Undang-undang

PENGAMANANSISTEM KOMPUTER Kejahatan Pelaku Undang-undang 1 PENGAMANANSISTEM KOMPUTER Kejahatan Pelaku Undang-undang MATERI Kejahatan Bidang Komputer Cyber Law Virus Worm Trojan Spyware Hacker Cracker 2 MAKSUD Mengenal Kejahatan dan Pelaku Bidang Komputer, serta

Lebih terperinci

KOMPUTER DAN MASYARAKAT. Mia Fitriawati S.Kom

KOMPUTER DAN MASYARAKAT. Mia Fitriawati S.Kom KOMPUTER DAN MASYARAKAT Mia Fitriawati S.Kom Cybercrime Adalah tindak kriminal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer sebagai alat kejahatan utama. Karakteristik: Kejahatan kerah biru (blue

Lebih terperinci

Mengamankan Sistem Informasi. Gentisya Tri Mardiani, S.Kom

Mengamankan Sistem Informasi. Gentisya Tri Mardiani, S.Kom Mengamankan Sistem Informasi Gentisya Tri Mardiani, S.Kom Bentuk Pengamanan Preventif contoh: Recovery contoh: Cara Pengamanan Mengatur akses (access control) Menutup service yang tidak digunakan Memasang

Lebih terperinci