AL ARIF CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "AL ARIF 2004 HTTP://WWW.ANAKJENIUS.COM CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK"

Transkripsi

1 CARA MENINGKATKAN

2 CARA MENINGKATKAN Oleh AL ARIF HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG Dilarang meng-copy, meniru, menyebarkan, mencetaknya dan mereproduksi dengan cara apapun juga, tanpa izin tertulis dari penulis. E-book ini dipublikasikan secara resmi hanya melalui website AnakJenius.com.com dengan system reseller. Semua teks dan grafis di dalamnya merupakan hak dari AnakJenius.com Anda bisa mengambil keuntungan dari E-book ini melalui program reseller bagi hasil dari setiap member baru AnakJenius.com atas rekomendasi Anda. Kita bisa menjadi mitra bisnis yang saling menguntungkan melalui program ini PERHATIAN : Jika Anda mengetahui oknum yang dengan sengaja meng-copy, meniru, menyebarkan, mencetaknya dan mereproduksi dengan cara apapun juga, tanpa izin tertulis dari penulis, mohon memberitahukan kepada kami. Kami akan memberi Anda imbalan yang menarik. Informasikan ke : AL ARIF

3 PENGANTAR Pembelajaran dan memori merupakan kemampuan manusia yang sangat penting dalam kehidupan. Mengingat dan lupa (remembering and forgetting) merupakan fenomena yang sejak beberapa ratus tahun sebelum Masehi dipelajari oleh pakar di Yunani untuk mencari rumus yang tepat bagaimana meningkatkan kemampuan mengingat (memory). Hippies, misalnya, tahun 300 sebelum Masehi menyusun rumus agar orang tidak lupa dan rumus ini hampir tidak berubah sampai zaman modern sekarang. Rumus tersebut adalah: pertama, hadirilah lebih dekat. Kedua, praktikkan. Ketiga, jika Anda mendengar sesuatu, hubungkan dengan hal yang Anda ketahui. Daya ingat, bagi anak sangat penting bagi belajarnya. Jika ia memiliki daya ingat yang baik, maka prestasi di sekolah dan prestasi dalam kehidupannya kemungkinan besar juga baik. Hal sebaliknya, jika daya ingat anak kurang baik, maka kemungkinan besar prestasi sekolahnya buruk, ditambah dengan prestasi hidup yang kurang menggembirakan. Mungkinkah daya ingat anak bisa diperbaiki? Kabar baiknya, daya ingat anak bisa diperbaiki. Jika kita mengetahui tentang teori otak, maka kita juga akan paham bahwa masalah daya ingat sebenarnya selain factor genetic, juga berkaitan dengan teknik (lingkungan). Jika si anak bisa menggunakan teknik peningkatan daya ingat, maka daya ingatnya juga akan bisa optimal. Anda mungkin tidak jarang menjumpai anak yang kelihatannya pintar. Namun ternyata prestasi sekolahnya jeblok. Bahkan dia tidak naik kelas. Apakah daya ingatnya jelek? Anda tentu ragu bukan?

4 Banyak factor penyebab prestasi anak di sekolah jeblok. Salah satunya adalah si anak tidak bisa atau tidak diberi kesempatan untuk mengoptimalkan daya ingatnya. Kita tidak boleh buru-buru mengatakan anak yang kurang berprestasi di sekolah sebagai anak yang bodoh atau daya ingatnya jelek. Ebook ini akan memberikan beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan daya ingat anak. Banyak cara untuk meningkatkan daya ingat. Namun khusus untuk anak, saya pilihkan beberapa cara yang mudah untuk dilakukan. Seperti yang Anda tahu, banyak juga cara yang bisa diterapkan oleh orang dewasa untuk meningkatkan daya ingatnya, seperti teknik asosiasi, dll. Namun karena masih sulit untuk diterapkan bagi anak, maka di ebook ini sengaja tidak saya cantumkan. Semoga ebook ini memberikan banyak manfaat kepada Anda dan anak Anda Malang, 9 Oktober 2004 AL ARIF Owner AnakJenius.com

5 PROSES MENGINGAT DAN MEMORI PROSES MENGINGAT Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang cara meningkatakn daya ingat anak, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang bagaimana proses mengingat itu berlangsung secara singkat. Proses mengingat berlangsung melalui tiga tahap. Berikut ini tahap-tahap tersebut : Tahap pertama adalah belajar. Melalui belajar orang menerima informasi dari lingkungan. Pemerolehan informasi dapat dilakukan dengan sadar dan bertujuan (intentional learneing) melalui perhatian dan konsentrasi terhadap sesuatu yang ingin dipelajari. Tetapi informasi dapat diterima tanpa tujuan untuk mengingatnya (incidental learning). Anda harus memperhatikan proses ini, agar anak Anda memiliki daya ingat yang baik. Optimalkan proses belajar anak Anda. Tahap kedua adalah penyimpanan (retention): informasi yang diterima memori jangka pendek (short-term memory), yakni hanya mengingat-ingat informasi dalam beberapa detik sampai beberapa jam. Informasi ini perlu ditransfer ke dalam memory jangka panjang (long-term memory) agar dapat disimpan dan diingat lebih lama, bahkan mungkin bertahan seumur hidup.

6 Salah satu yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu proses ini adalah dengan menyediakan jam tidur yang cukup bagi anak. Saya jelaskan hal ini pada bagian yang lain Tahap ketiga adalah mengingat kembali informasi yang telah diterima dan tersimpan dalam memori jangka panjang. Pada tahap inipun orang tua juga bisa berperan. Misalnya dengan memberikan suasana kondusif bagi anak agar ia lebih mudah mengingat segala hal yang telah dipelajari. Ketiga tahap tersebut sama-sama pentingnya untuk diperhatikan jika Anda menginginkan anak Anda memiliki daya ingat yang prima. Selalu ingatlah, bahwa daya ingat meliputi tiga tahap ini. Anda bisa berperan pada ketiganya.

7 MACAM-MACAM MEMORI Pembagian jenis memori ada beberapa macam versi. Teori yang sederhana membagi memori menjadi dua, yaitu : - memori jangka pendek - memori jangka panjang Sedangkan Thomas L Madden membagi memori manusia manjadi 5 macam, antara lain : 1. memori jangka pendek SEGERA 2. memori jangka pendek KERJA 3. memori jangka pendek - PERANTARA 4. memori jangka panjang KERJA 5. memori jangka panjang ARSIP Memori jangka pendek-segera adalah tempat dalam otak yang menampung informasi baru yang masuk. Memori ini terletak di lobe depan Cerebral Cortex dalam otak. Memori ini hanya dapat menangai sekitar tujuh bit informasi (plus atau minus 2) sebelum memori itu menyalurkan informasi ke memori kerja atau memori perantara. Catatan : otak diperkirakan dapat menangani sekitar 100 juta bit informasi per detik. Manusia terus-menerus menerima jutaan bit informasi per detik. Jika corpus callosum dapat menangani 100 juta bit per detik, maka 7 bit pasti ditransfer secara spontan (sepermiliar detik)

8 Memori jangka pendek KERJA Memori ini dapat diandaikan seperti buku catatan yang terbuka di meja kerja Anda. Informasi ditulis, dibaca, atau dicatat dalam memori ini. Yang terpenting, memori ini merupakan apa yang difokuskan saat ini. Memori jangka pendek PERANTARA Memori ini dapat diumpamakan seperti recycle bin atau tempat sampah dikomputer Anda. Ketika Anda membersihkan file-file aktif, Anda mengirim informasi ke recycle bin. Perbedaannya adalah : dalam komputer Anda dapat mengosongkan recycle bin, tetapi dalam memori jangka pendek perantara informasi ini selalu tersimpan di sana. Pada malam hari, ketika tidur, semua informasi jangka pendek di download ke dalam memori jangka panjang. Keputusan lain perlu dibuat. Apakah informasi ini akan saya perlukan besok atau dalam waktu dekat? jika jawabannya ya, informasi ini disimpan dalam memori jangka panjang-kerja. Jika jawabannya tidak, informasi disimpan dalam memori jangka panjang ARSIP. Berdasarkan inilah di awal saya menyarankan Anda agar menyediakan jam tidur yang cukup bagi anak Anda Memori jangka panjang KERJA Adalah pengetahuan yang diperlukan sehari-hari. Anda perlu tahu dimana Anda tinggal, berapa nomor telepon Anda dan sebagainya.

9 Memori jangka panjang ARSIP Adalah pengetahuan yang tidak Anda gunakan saat ini atau tidak akan digunakan untuk waktu lama. Memori yang disimpan juga makin lama makin banyak. Semakin banyak hal yang ditumpuk membuat memori yang pertama disimpan sulit diingat kembali Seperti halnya barang-barang di gudang sebuah rumah. Awalnya gudang itu kosong. Lalu kotak pertama diletakkan di sudut. Kemudian kotak kedua disusun di atasnya. Lalu ditambah kotak ketiga hingga kotak kelima ratus. Kotak pertama masih ada di sana, akan tetapi sulit mengambilnya meskipun Anda ingat kotak itu ada.

10 CARA PRAKTIS MENINGKATKAN Di bawah ini saya sampaikan beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat anak Anda. Beberapa aktivitas ada kaitan langsung dengan kegiatan belajar, dan beberapa aktivitas yang lain tidak. JANGAN MEMBAGI PERHATIAN Memungkinkan bagi seseorang melakukan lebih dari satu hal dalam waktu bersamaan. Kita dapat makan malam dan menonton TV, atau berbicara dan menyetir mobil. Ini berarti bahwa sepanjang pekerjaan itu tidak tergantung pada satu proses mental yang sama, keduanya dapat dikerjakan pada satu waktu. Namun, jika kedua pekerjaan tergantung pada tipe proses mental yang sama (seperti mendengar cerita dan membaca buku), keduanya tak dapat diselesaikan dengan baik. Kapasitas untuk memberikan perhatian pada lebih dari satu hal dalam waktu bersamaan bervariasi pada setiap orang, dan dapat dipengaruhi oleh kewaspadaan, umur dan motivasi. Jika anak dapat mengerjakan lima atau enam aktivitas pada waktu bersamaan, tidaklah mungkin untuk mengingat banyak hal pada saat anak melakukannya. Anak tidak akan bisa belajar dan mengingat pelajarannya dengan baik sambil nonton tv, mendengarkan radio atau sambil makan. Jika anak Anda sedang belajar, usahakan turut membantunya dengan menghilangkan semua hal yang bisa membagi perhatiannya. Memang sebaiknya orang tua menyedaikan waktu dan tempat khusus bagi anak untuk belajar

11 MELIBATKAN EMOSI SAAT BELAJAR Dengan melibatkan emosi dalam belajar, otak akan lebih mudah mengingat materi pelajaran. Contoh dari belajar dengan melibatkan emosi antara lain : - membaca dengan keras - membaca dengan intonasi - dan lain sebagainya Masih ada kaitannya dengan emosi, berilah perasaan gembira pada anak pada saat ia belajar. Anak tidak mungkin bisa belajar dengan baik, setelah Anda memarahinya. CERITA DALAM BELAJAR Salah satu metode yang cukup efektif untuk meningkatkan daya ingat anak adalah dengan menggunakan metode bercerita dalam belajarnya. Anak terbukti lebih mudah mengingat sebuah pelajaran, jika disampaikan dalam bentuk cerita. Saat mendengarkan sebuah cerita, anak mengoptimalkan penggunaan kedua belahan otaknya dalam menyerap informasi. Sebuah cerita tidak hanya melibatkan penalaran si anak, melainkan juga melibatkan emosi. Apakah Anda suka cerita / kisah? Saya yakin YA. Karena hidup ini memang berisi cerita dan kisah. Demikian juga dengan anak Anda, ia juga suka menerima pelajaran sambil di ceritakan sebuah kisah.

12 MEMPELAJARI GAMBARAN BESARNYA DAHULU Ini adalah teknik belajar yang cukup ampuh untuk meningkatkan daya ingat anak. Setiap belajar, anak hendaknya mempelajari gambaran besar dari meteri pelajarannya tersebut. Misalnya saat akan membaca buku,, langkah berikut bisa Anda ajarkan kepada anak : - baca halaman judul dan kata pengantar terlebih dahulu. Bukan langsung membaca isinya - pelajari daftar isi - buka halaman belakang buku dan membaca indeksnya. Mungkin ada kata-kata kunci yang langsng menarik perhatian - mulai dari bab pertama dan baca sekilas buku tersebut. Baca sekilas judul topik dan kata-kata kunci setiap bab. - Pada akhir setiap bab, bacalah seluruh ringkasannya. Jika ada pertanyaan tentang bab itu, luangkan waktu untuk membaca kembali pertanyaan-pertanyaan itu. Tandai pertanyaan yang Anda piker sudah dapat dijawab Pada akhir setiap bab, mintalah anak membaca seluruh ringkasannya. Jika ada pertanyaan tentang bab itu, luangkan waktu untuk membaca kembali pertanyaan-pertanyaan itu. Prinsip ini juga bisa Anda kembangkan pada aktivitas yang lain. Misalnya jika si anak belum bisa membaca, Anda bisa menjelaskan sesuatu dengan gambaran besar terlebih dahulu. Dan setelah itu, Anda bisa mejelaskan detailnya.

13 MEMBERI HADIAH SEBAGAI STIMULUS Berilah hadiah dan ucapan selamat atas keberhasilan anak Anda. Hadiah dan ucapan selaat Anda merupakan rangsangan yang akan memberikan dampak positif bagi belajarnya. Dan tentu saja, juga berdampak positif bagi peningkatan daya ingatnya. HILANGKAH PENGGANGU BELAJAR Beberapa yang dapat mengganggu belajar anak antara lain : 1. suara gaduh 2. musik 3. pertengkaran 4. televisi 5. suara telepon 6. anak-anak yang bermain 7. mainan Jauhkan dari anak semua penggagu belajar di atas saat anak Anda sedang belajar

14 MENINGKATAKAN PERHATIAN ATAU KONSENTRASI Meningkatkan perhatian atau konsentrasi anak pada materi pelajaran adalah hal terpenring untuk meningkatkan daya ingat. Dengan meningkatkan perhatian, ini juga berarti si anak akan mengetahui mana materi yang harus diingatnya dan mana materi yang tidak perlu untuk diingat. Jika anak saat belajar tidak bisa memberikan perhatian pada materi pelajarannya, maka akan sia-sia belajarnya. Semudah apapun pelajaran, jika tanpa perhatian atau konsentrasi, maka ia akan mudah juga dilupakannya. Anak tidak akan bisa memberikan perhatian terhadap sesuatu jika ia tegang, cemas, atau dalam keadaan stress. Hal pertama yang harus dilakukan si anak agar ia bisa konsentrasi adalah rileks. MEMILIH WAKTU BELAJAR Sediakan bagi anak Anda waktu belajar. Dan bersikaplah konsisiten dengan waktu tersebut. Semua anggota keluarga harus menghargai waktu belajar tersebut. Percuma jika Anda mengalokasikan jam-jam tertentu untuk waktu belajar anak Anda, namun tidak ada dukungan dari anggota keluarga yang lain. Hilangkan semua faktor pengganggu dalam waktu belajar tersebut. Factor pengganggu belajar antara lain : - suara bising - televisi dan radio - pertengkaran

15 - permainan - dan lain-lain WAKTU TIDUR YANG CUKUP Pada malam hari, ketika anak tidur, semua informasi jangka pendek di download ke dalam memori jangka panjang. Keputusan lain perlu dibuat. Apakah informasi ini akan saya perlukan besok atau dalam waktu dekat? jika jawabannya ya, informasi ini disimpan dalam memori jangka panjang-kerja. Jika jawabannya tidak, informasi disimpan dalam memori jangka panjang ARSIP. Inilah pentingnya tidur bagi anak. Lebih baik lagi jika si anak juga disediakan jam tidur di siang harinya. Ini akan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi proses peningkatan memori jangka panjangnya. DUKUNGAN ORANG TUA Bagaimanapun juga, orang tua bagi sang anak memiliki tempat yang penting dalam hidupnya. Segala bentuk perlakuan orang tua pada anak, akan memberikan pengaruh yang besar pada anak tersebut. Jika orang tua memberikan dukungan maksimal bagi proses belajar anaknya, maka anak akan maksimal pula dalam menyerap materi belajarnya. Anda tentu sering menyaksikan anak yang orang tuanya telah meninggal atau bercerai. Kebanyakan dari mereka akan terganggu pelajarannya. Ia

16 terbebani oleh kondisi orang tuanya. Sehingga dalam belajarpun ia sering lupa dan sulit untuk memahami pelajaran. Banyak bentuk dukungan yang bisa diberikan oleh orang tua agar anaknya bisa sukses dalam mengingat pelajarannya dan menjadi berprestasi. Dukungan tersebut bisa berbentuk : 1. Sikap Sikap orang tua yang mendukung belajar anak sangat penting. Orang tua yang cuek terhadap belajar anaknya akan berakibat buruk pada prestasi belajar anak tersebut. Saya sering menyaksikan seorang anak yang sebenarnya memiliki potensi intellegensi yang tinggi, namun karena orang tuanya acuh tak acuh terhadap belajar si anak, maka ia menjadi anak yang biasa. Padahal, jika orang tua tadi lebih memperhatikan dan mendukung belajar anak, saya yakin anak tersebut dengan mudah menjadi anak pintar. 2. Perkataan Perkataan yang memotivasi anak dalam belajar sangat ampuh untuk meningkatkan daya ingat anak. Pernahkah Anda merasakan betapa mudahnya menyerap materi pelajaran, setelah Anda dipuji orang? Pernahkah Anda begitu bersemangat belajar setelah diberi motivasi oleh orang lain? Saya yakin Anda pernah mengalaminya.

17 Kondisi ini juga berlaku bagi anak Anda. Berilah ia motivasi yang menyemangatinya. Ucapkan kata-kata positif yang menyenangkan dan memberikan harapan kepadanya. Dengan begitu, Anda telah membantunya untuk meningkatkan kemampuan belajar, dan tentu saja meningkatkan daya ingatnya. MENGGUNAKAN GAMBAR Salah satu dari cara manusia untuk menyerap informasi dari lingkungannya adalah dengan menggunakan cara visual. Anak belajar visual dengan menggunakan penglihatannya. Nah, salah satu bentuk metode belajar visual adalah dengan menggunakan gambar. Bisakah belajar dengan gambar lebih meningkatkan daya ingat kita? Tentu saja bisa. Saya sendiri hingga saat ini sering mengalaminya. Betapa sulitnya saya harus belajar di Fakultas kedokteran jika hanya membaca tulisan, tanpa ada ilustrasi berupa gambar. Saya bisa membedakan tatkala menerima materi kuliah oleh dosen yang menggunakan gambar dengan yang tidak menggunakan gambar. Dan ternyata penjelasan dosen dengan menggunakan gambar jauh lebih mudah dipahami daripada yang tanpa gambar. Sayangnya, sebagian besar dosen saya dulu, hanya mengandalkan tulisan dalam memberikan kuliahnya tanpa menggunakan gambar. Mengapa menggunakan gambar bisa meningkatkan daya ingat anak dalam belajar? Ada beberapa alasan untuk hal ini, antara lain : - Dengan gambar, anak lebih menggunakan banyak indera untuk menerima materi pelajarannya. Sehingga ia lebih mudah mengingatnya.

18 - Dengan gambar, anak lebih senang dalam belajar. Bandingkan jika anak hanya disodori tulisan saja dan disuruh menghafalnya. Dan dengan ini pula, saya bisa mengatakan bahwa gambar memberikan emosi positif bagi anak dalam belajar. Emosi positif sangat dibutuhkan dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak. - Dengan gambar, anak lebih bisa menangkap maksud dari pelajaran. Pepatah mengatakan gambar bisa mewakili seribu kata. Memang benar demikian. Jadi gambar bisa menjelaskan lebih banyak hal dan memiliki makna yang luas. - Secara ilmiah, dengan gambar berarti anak telah belajar sesuatu dengan menggunakan dua belahan otaknya, yaitu otak kiri dan kanan. Dengan belajar menggunakan dua belahan otak, daya ingat anak jauh lebih baik dibanding jika ia hanya menggunakan otak kirinya semata. GIZI YANG BAIK DAN CUKUP Gizi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatakan daya ingat anak. Daya ingat berhubungan dengan proses di otak. Dan proses di otak bisa berjalan dengan baik jika ia didukung dengan gizi yang cukup pula. Karena itu, berilah anak Anda gizi yang baik dan cukup. Gizi yang baik tidak harus mahal.

19 LINGKUNGAN BELAJAR Dimakah anak Anda belajar setiap hari di rumah? Apakah Anda telah menyediakan tempat khusus baginya untuk belajar? Apakah tempat yang Anda sediakan untuk belajarnya tersebut layak untuk belajar? Lingkungan belajar juga berpengaruh pada proses belajar anak. Mungkin anak Anda memiliki intellegensi yang cukup bagus. Namun bisakah ia belajar di tempat yang gaduh dan banyak gangguan? Jawabannya tentu : sulit! Anda aharus menyediakn tempat belajar anak yang layak. Maksud dari lingkungan belajar yang layak adalah : 1. Khusus sebagai tempat belajar Sediakan tempat yang memang khusus sebagai tempat belajar. Kebanyaka orang tua menyediakan tempat belajar, namun tempat belajar tersebut biasanya juga berfungsi sebagai tempat tidur. Apa akibatnya? Karena tempat tersebut adalah tempat tidur, sehingga hanya membuat si anak mengantuk. 2. Tidak gaduh Kegaduhan hanya kan memecah konsentrasi belajar anak, sehingga ia akan sulit mengingat pelajarannya. Sumber kegaduhan bisa berasal dari manusia, televisi, tape, dll. 3. Penataan ruangan yang rapi Dulu saya pernah tinggal bersama saudara yang memiliki dua anak yang telah sekolah di SD. Hampir setiap hari kedua anak tersebut

20 selalu kehilangan bolpoin dan bukunya. Dan ini membuat jengkel kedua orang tuanya. Sehingga orang tuanya sering berkata : Kamu ini masih anak-anak kok sudah pikun? Apakah anak-anak tersebut memang telah pikun? Tentu saja tidak kan. Mereka tidak pikun. Yang membuat mereka sering kehilangan barang adalah karena penataan ruang yang kurang baik. Andai saja penataan ruang diatur sedemikian rupa dan semua anggota keluarga konsisten, maka tidak akan ada lagi yang akan kehilangan barang Yang harus Anda perhatikan juga adalah, dimana ia sekolah. Sekolah adalah tempat belajar utama anak Anda. Lingkungan sekolah juga mempengaruhi hasil belajar anak Anda MENUMBUHKAN MENTAL POSITIF PADA ANAK Saat kecil dulu, saya tidak jarang menerima perkataan kamu tidak bisa, mana mungkin kamu bisa dan kata-kata negatif lainnya. Kata-kata tersebut saya terima dari teman atau saudara. Tentu saja kata-kata tersebut memberikan pengaruh pada jiwa saya saat itu. Saya benar-benar merasa tidak bisa, minder, kalah sebelum perang dan menjadi tidak melakukan sesuatu. Kata-kata tersebut benar-benar mempengaruhi saya. Hal ini juga berlaku pada anak-anak. Kondisikanlah mental anak Anda sepositif mungkin agar ia bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Hindari kata-kata dan tindakan negatif terhadap mereka. Karena hal tersebut

21 akan berakibat mental mereka negatif pula. Dan mental negatif akan menyulitkan mereka dalam mempelajari sesuatu dalam hidupnya. Mental negatif juga membuat ia merasa tidak bisa. Saya yakin Anda setuju dengan hal ini. Bisakah Anda belajar, apalagi mengingat sesuatu dengan baik, tatkala mental Anda lagi drop. Tentu saja tidak bisa bukan??? Dan ternyata masalah ini juga berlaku secara umum bagi manusia, tidak saja pada anak. Jika mental kita positif, maka kita bisa melakukan apa saja. Contoh sederhananya adalah yang saya alami. Dulu saya sama sekali tidak bisa menulis. Apalagi menulis ebook atau buku. Walaupun saya sebenarnya menginginkan sekali akan hal itu. Namun karena mental saya belum siap dan merasa tidak bisa, akhirnya juga tidak bisa menulis. Untuknya suatu saat saya mendapatkan suntikan motivasi dari sebuah tulisan yang membuat kini berani untuk menulis. Dan ternyata tulisan saya memberikan manfaat bagi banyak orang hingga saat ini, walaupun masih banyak kekurangan. Saya mempublikasikan tulisan saya online maupun offline. Untuk online, Anda bisa mendapatkan tulisan saya di : dan lain-lain Dan yang lebih menggembirakan, banyak tulisan saya di internet tersebut yang bisa membantu mereka yang membacanya untuk memperbaiki kondisi

22 finansialnya. Karena memang sebagian besar tulisan saya membahas bisnis praktis berdasarkan pengalaman pribadi. Itulah pentingnya menumbuhkan sikap mental positif pada anak Anda. Sikap mental positif tidak saja meningkatkan daya ingat anak, namun juga meningkatkan kreatifitas dan keberanian anak dalam melakukan sesuatu. MOTIVASI Pernahkah Anda ke toko buku? Saya yakin, bukan hanya pernah tapi justru sering. Anda adalah penggemar buku. Buktinya Anda bersedia membaca ebook. Jika Anda suka membaca ebook, apalagi buku? Dan biasanya orang yang suka buku, mereka juga sering ke toko buku. Atau paling tidak mengikuti perkembangan buku-buku. Jika Anda pergi ke toko buku, pasti akan menemui banyak sekali buku-buku motivasi. Bahkan ada beberapa penerbit yang khusus menerbitkan karya buku motivasi. Penerbit tersebut memahami dengan benar bahwa penerbitan buku-buku motivasi merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Terbukti buku-buku tersebut berhasil memberikan keuntungan besar bagi penerbitnya. Dan bahkan banyak buku motivasi yang menjadi best seller. Mengapa motivasi begitu penting bagi kebanyakan orang. Tidak lain karena motivasi memberikan kekuatan. Dengan motivasi manusia bisa melakukan banyak hal. Dan dengan motivasi sesuatu yang sebelumnya dikira mustahil, bisa menjadi kenyataan.

23 Bagaimana dengan pemberian motivasi pada anak? Apakah berpengaruh? Tentu saja motivasi bagi anak memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain : - menjadikan anak lebih percaya diri - anak tidak minder - anak bisa melakukan sesuatu melebihi kemampuan dasarnya - anak akan melakukan semua aktivitasnya dengan senang hati - dan masih banyak manfaat lainnya. Apakah motivasi memberikan dampak pada daya ingat anak? Jawabannya Ya. Semua manfaat motivasi memberikan energi bagi anak untuk lebih mudah mengingat. Anak juga akan lebih mudah berkonsentrasi, sesuatu yang amat dibutuhkan dalam meningkatkan daya ingat. BERSUARA DALAM BELAJAR Ini salah satu teknik kuno, namun ternyata tetap manjur untuk meningkatkan daya ingat anak. Ijinkanlah anak Anda bersuara saat ia belajar. Jangan larang dia tatkala ia membaca buku dengan bersuara. Masing-masing anak memiliki gaya belajarnya sendiri-sendiri. Ada anak yang suka belajar dengan bersuara, ada pula anak yang lebih suka diam dalam belajarnya. Nah, jika anak Anda termasuk tipe bersuara, biarkanlah ia dengan gayanya tersebut. Larangan Anda justru akan memberikan dampak buruk bagi mentalnya.

24 Bersuara memang bisa meningkatkan daya ingat kita. Saya pribadi ada pengalaman. Saat kuliah, saya pernah mengikuti lembaga hafalan Al Quran. Saya bersyukur, saat itu bisa hafal 5 juz (sekitar 90 halaman). Salah satu metode saya menghafal adalah membaca Al Qur an dengan bersuara. Dengan bersuara, saya bisa lebih cepat menghafal Al Qur an. Bagaimana jika saya menghafal tanpa bersuara? Bisa. Namun kurang optimal dan butuh waktu yang lama. Itulah bukti bahwa suara bisa meningkatkan daya ingat anak Anda. Asal suara tersebut tidak menggangu yang lain. PENGGUNAAN WARNA Penggunaan warna bisa meningkatkan daya ingat anak dalam belajarnya. Bagaimana caranya? Berikut beberapa aplikasi penggunaan warna dalam meningkatkan daya ingat anak : 1. Sediakan stabilo atau pensil warna bagi anak untuk menandai materi pelajaran yang penting. Dengan menandai kata atau kalimat penting pada buku pelajaran akan mambantu anak memfokuskan diri pada materi penting tersebut. 2. Biarkan anak menggunakan bolpoin atau pensil warna-warni. 3. Jika Anda membelikan buku atau bahan bacaan bagi anak, pilihlah warna yang berbeda-beda. Mengapa warna bisa meningkatkan daya ingat anak.? Dengan adanya warn, otak kanan anak juga turut ambil bagian dalam belajar. Warna juga

25 memberikan pengaruh positif pada mental anak. Warna yang cerah memberikan kesan bahagia dan menyenangkan DAMPINGI ANAK ANDA BELAJAR Sebagaimana yang telah saya katakana di awal, orang tua memiliki posisi yang sangat penting di hati anaknya. Alangkah senangnya si anak jika ia bisa didampingi oleh orang tuanya saat belajar. Perasaan senang ini saja banyak memberikan dampak positif bagi belajar dan daya ingat anak. Apalagi jika si orang tua bisa banyak berperan membantu saat anaknya belajar. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk meningkatakn daya ingat anak adalah, berilah anak Anda beberapa pertanyaan seputar materi yang akan dipelajari. Lakukan hal ini sebelum anak Anda belajar. Pertanyaan Anda tersebut akan membuat si anak penasaran dan terangasng untuk mencari jawabannya. Dengan cara ini pula, ingatan anak pada materi tersebut lebih baik daripada jika ia hanya membaca buku sendirian. Anda bisa mencari cara lain untuk turut membantu anak Anda dalam belajar. Namun yang paling penting adalah jangan melakukan tindakan yang bagi anak terasa sebagai intimidasi. Banyak orang tua yang tidak sabar dengan lambatnya si anak dalam belajar. Akhirnya orang tua semacam ini justru menjadi satpam bagi sang anak. Anak tidak merasa aman saat orang tuanya mendampingi belajarnya. Yang anak harapkan justru si orang tua segera pergi. Fungsi Anda saat mendampingi anak Anda belajar adalah sebagai pendamping yang memberikan bimbingan dan rasa aman. Bukan sebaliknya.

26 MELAGUKAN PELAJARAN Ini juga salah satu teknik kuno yang masih manjur untuk meningkatkan daya ingat. Mengapa anak TK banyak diajari lagu? Karena dengan lagulah mereka bisa menyerap materi pelajaran. Dengan lagulah mereka hafal nilainilai kehuidupan. Teknik ini sebenarnya tidak tabu untuk diterapkan oleh anak di atas TK. Saya juga menerapkan teknik ini untuk menghafal Al Quran. Anda bisa melatih anak untuk melagukan materi-materi pelajaran yang sulit. ============================================= Ebook Ini Selalu Di Update Update ebook ini terakhir tanggal 10 oktober 2004

OLEH ERDINI ENGGAR S, SP OWNER BISNISWANITA.COM

OLEH ERDINI ENGGAR S, SP OWNER BISNISWANITA.COM OLEH ERDINI ENGGAR S, SP OWNER BISNISWANITA.COM Membangun Bisnis Busana Oleh ERDINI ENGGAR S, SP http://www.bisniswanita.com 2004 HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG Dilarang meng-copy, meniru, menyebarkan,

Lebih terperinci

BAB II KAJIAN TEORI. A. Teori. 1. Mind mapping. a. Pengertian mind mapping. Secara etimologi, metode berasal dari kata method yang berarti

BAB II KAJIAN TEORI. A. Teori. 1. Mind mapping. a. Pengertian mind mapping. Secara etimologi, metode berasal dari kata method yang berarti BAB II KAJIAN TEORI A. Teori 1. Mind mapping a. Pengertian mind mapping Secara etimologi, metode berasal dari kata method yang berarti suatu cara kerja yang sistematis untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan

Lebih terperinci

Rentang perhatian pada anak pra-sekolah sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya

Rentang perhatian pada anak pra-sekolah sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya TINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK Konsentrasi adalah bagaimana anak fokus dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu sehingga pekerjaan itu mampu dikerjakan dalam waktu tertentu. Kemampuan anak berkonsentrasi

Lebih terperinci

Transkrip Video Modul 2.2. Kursus Membaca Cepat Online

Transkrip Video Modul 2.2. Kursus Membaca Cepat Online Transkrip Video Modul 2.2. Kursus Membaca Cepat Online http://www.membacacepat.com Modul 2 Bagian 2 Membaca Aktif dan Kritis Terima kasih Anda telah bergabung kembali bersama saya, Muhammad Noer dalam

Lebih terperinci

BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN. By ABDULKHOLID.S.Psi. I. PENGERTIAN dan PRINSIP BELAJAR. A. Pengertian Belajar

BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN. By ABDULKHOLID.S.Psi. I. PENGERTIAN dan PRINSIP BELAJAR. A. Pengertian Belajar BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN By ABDULKHOLID.S.Psi I. PENGERTIAN dan PRINSIP BELAJAR A. Pengertian Belajar Belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang dilakukan secara sengaja untuk mendapatkan perubahan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DI SMP NEGERI 14 PEKALONGAN. A. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan

BAB IV ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DI SMP NEGERI 14 PEKALONGAN. A. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan BAB IV ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DI SMP NEGERI 14 PEKALONGAN A. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SMP Negeri 14 Pekalongan Analisis terhadap gaya belajar siswa berprestasi di SMP

Lebih terperinci

Menggunakan Metode Peta Pikiran (mind mapping) dalam Menulis

Menggunakan Metode Peta Pikiran (mind mapping) dalam Menulis Menggunakan Metode Peta Pikiran (mind mapping) dalam Menulis Oleh Susana Widyastuti, M.A. Disampaikan pada Seminar Metode Belajar yang Efektif Yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 September 2010 Oleh Pusat

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Konsentrasi belajar anak adalah bagaimana anak fokus dalam mengerjakan

BAB I PENDAHULUAN. Konsentrasi belajar anak adalah bagaimana anak fokus dalam mengerjakan 1 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG MASALAH Konsentrasi belajar anak adalah bagaimana anak fokus dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu, hingga pekerjaan itu dikerjakan dalam waktu tertentu (Alim,

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. tahu terhadap apa yang dilihat, didengar, mereka seolah-olah tak pernah

BAB I PENDAHULUAN. tahu terhadap apa yang dilihat, didengar, mereka seolah-olah tak pernah 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan, karena anak memiliki karakteristik yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa,

Lebih terperinci

Pekerjaan. Menghargai kelebihan orang lain merupakan wujud sikap memiliki harga diri

Pekerjaan. Menghargai kelebihan orang lain merupakan wujud sikap memiliki harga diri Tema 4 Pekerjaan Menghargai kelebihan orang lain merupakan wujud sikap memiliki harga diri Kamu Harus Mampu Setelah mempelajari tema ini, kamu akan mampu: 1. mengenal pentingnya memiliki harga diri; 2.

Lebih terperinci

Copyright

Copyright Copyright www.tipsbayi.com Informasi dalam ebook ini tidak boleh direproduksi dan dijiplak dengan cara apapun termasuk mencetak, mem-fotokopi, mendownload dan mengirim secara elektronik tanpa izin dari

Lebih terperinci

Tips Menangani Pertanyaan Peserta Diklat. Oleh: Wakhyudi. Widyaiswara Madya Pusdiklatwas BPKP. Abstrak

Tips Menangani Pertanyaan Peserta Diklat. Oleh: Wakhyudi. Widyaiswara Madya Pusdiklatwas BPKP. Abstrak Tips Menangani Pertanyaan Peserta Diklat Oleh: Wakhyudi Widyaiswara Madya Pusdiklatwas BPKP Abstrak Dalam proses belajar mengajar, terdapat berbagai dinamika yang dialami, baik oleh widyaiswara maupun

Lebih terperinci

Dengarkan Allah Bila Saudara Berdoa

Dengarkan Allah Bila Saudara Berdoa Dengarkan Allah Bila Saudara Berdoa!II Allah Ingin Berbicara dengan Saudara *I Bagaimana Allah Berbicara dengan Saudara li Bagaimana Mendengar Allah Berbicara III Bertindak Menurut Apa yang Dikatakan Allah

Lebih terperinci

Uji Penilaian Profesional Macquarie. Leaflet Latihan. Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian.

Uji Penilaian Profesional Macquarie. Leaflet Latihan. Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian. Uji Penilaian Profesional Macquarie Leaflet Latihan Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian. Mengapa Uji Penilaian psikometrik digunakan Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang menyertakan

Lebih terperinci

Kami sering melakukan kegiatan bersama, yaitu

Kami sering melakukan kegiatan bersama, yaitu Sebutkan anggota keluargamu di rumah? Sebutkan sifat-sifat anggota keluargamu tersebut! Ceritakan dalam bahasa tulis sederhana mengenai kebersamaan keluargamu! Anggota keluargaku adalah Sifat-sifat mereka

Lebih terperinci

Apa Yang Anda Akan Dapatkan?

Apa Yang Anda Akan Dapatkan? PANDUAN EKSKLUSIF UNTUK MEMBER AKTIF Teknik Rahasia Bagaimana Mempengaruhi Pikiran Orang Lain Dengan Subjective Communication Apa Yang Anda Akan Dapatkan? 1 Halaman Preview Selamat Datang dan Selamat Berjumpa!

Lebih terperinci

Lengkapi barisan bilangan berikut dengan pola bilangan Bila digambarkan dengan kubus satuan adalah sebagai berikut

Lengkapi barisan bilangan berikut dengan pola bilangan Bila digambarkan dengan kubus satuan adalah sebagai berikut Ibu Guru mempunyai buku kumpulan lagu. Buku itu terbagi dalam kelompok lagu-lagu. Kelompok lagu anak dimulai pada halaman 1. Kelompok lagu wajib dimulai pada halaman 11. Kelompok lagu daerah dimulai pada

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam perkembangan suatu negara. Dengan pendidikan yang lebih baik akan mengarah pada perkembangan suatu negara yang

Lebih terperinci

kegiatan sehari hari pelajaran 2

kegiatan sehari hari pelajaran 2 pelajaran 2 kegiatan sehari hari semua anak senang bermain anak anak bermain setiap hari bermain membuat hati senang bermain boleh saja asal jangan lupa belajar kegiatan sehari hari 17 mengenal tanda baca

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN AUDIO MP3 TEKNOLOGI OTAK MENDATANGKAN KELIMPAHAN RAHASIA BAGAIMANA MENARIK KELIMPAHAN DALAM HIDUP ANDA

PETUNJUK PENGGUNAAN AUDIO MP3 TEKNOLOGI OTAK MENDATANGKAN KELIMPAHAN RAHASIA BAGAIMANA MENARIK KELIMPAHAN DALAM HIDUP ANDA PETUNJUK PENGGUNAAN AUDIO MP3 TEKNOLOGI OTAK MENDATANGKAN KELIMPAHAN RAHASIA BAGAIMANA MENARIK KELIMPAHAN DALAM HIDUP ANDA Hidup dalam kelimpahan atau kekayaan adalah dambaan semua orang, dan tidak ada

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) menyatakan bahwa, pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan

Lebih terperinci

KELUARGA ADALAH MINIATUR PERILAKU BUDAYA. Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin

KELUARGA ADALAH MINIATUR PERILAKU BUDAYA. Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin KELUARGA ADALAH MINIATUR PERILAKU BUDAYA Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin i Topik Makalah Keluarga Adalah Miniatur Perilaku Budaya Kelas : 1-ID08 Tanggal Penyerahan Makalah

Lebih terperinci

Strategi Belajar CERDAS Pada Pendidikan Jarak Jauh. Tri Darmayanti UNIVERSITAS TERBUKA

Strategi Belajar CERDAS Pada Pendidikan Jarak Jauh. Tri Darmayanti UNIVERSITAS TERBUKA Strategi Belajar CERDAS Pada Pendidikan Jarak Jauh Tri Darmayanti UNIVERSITAS TERBUKA 2 0 0 4 DAFTAR ISI Halaman Judul... i Daftar Isi... ii Tahukah Anda?... 1 Strategi Belajar CERDAS... 2 1 Huruf C untuk

Lebih terperinci

PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF, MENGOPTIMALKAN POTENSI OTAK 1

PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF, MENGOPTIMALKAN POTENSI OTAK 1 PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF, MENGOPTIMALKAN POTENSI OTAK 1 Oleh: MAULANA, M.Pd. 2 PEMBUKA Di antara kita, para pembaca yang budiman, mungkin sudah sangat paham, fasih, dan sering menengadahkan tangan seraya

Lebih terperinci

KIAT CERDAS MENDIDIK ANAK

KIAT CERDAS MENDIDIK ANAK KIAT CERDAS MENDIDIK ANAK Oleh : Sativa Disampaikan dalam Pembekalan Orangtua Siswa Lembaga Bimbingan Belajar Adzkiya First Colledge 12 Pebruari 2009 Memberi motivasi agar anak berprestasi Setiap orangtua

Lebih terperinci

Personality Plus : Mengenal Watak Sanguinis http://meetabied.wordpress.com Tempat Belajar Melembutkan Hati 1 Bagaimana Memahami Orang Lain dengan Memahami Diri Kita Sendiri : Mengenal Watak Sanguinis Berbicara

Lebih terperinci

MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Oleh Mansur HR Widyaiswara LPMP Provinsi Sulawesi Selatan

MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Oleh Mansur HR Widyaiswara LPMP Provinsi Sulawesi Selatan MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh Mansur HR Widyaiswara LPMP Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 19 disebutkan bahwa

Lebih terperinci

KUMPULAN CERITA DARI NEGERI BUKU

KUMPULAN CERITA DARI NEGERI BUKU KUMPULAN CERITA DARI NEGERI BUKU Disusun oleh: Heru Kurniawan x + 74 ISBN: 978-602-98476-9-7 2013 Pustaka Anak Jl. Ruko Jambusari No. 7A Yogyakarta 55283 Telp. 0274-889836; 0274-889398 Fax. 0274-889057

Lebih terperinci

BY: METTY VERASARI MENGENAL TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)

BY: METTY VERASARI MENGENAL TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK) BY: METTY VERASARI MENGENAL TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK) MENGAPA PERLU IDENTIFIKASI BELAJAR ANAK??? Dengan mengenali gaya belajar anak maka : 1. Menciptakan cara belajar yang menyenangkan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pemerolehan proses belajar di kelas tidak utuh dan tidak berorientasi tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar adalah salah satu masalah yang terjadi dalam

Lebih terperinci

- Lokasi belajar yang kondusif. - Lokasi belajar yang kondusif via sinmarine.mindmix.ru

- Lokasi belajar yang kondusif. - Lokasi belajar yang kondusif via sinmarine.mindmix.ru Kegiatan bernama belajar tentu sudah kamu akrabi sedari kecil. Duduk di depan meja belajar, berusaha menyelesaikan tugas, menghapal materi yang akan diujikan besok, latihan dengan beragam tipe soal, sering

Lebih terperinci

Enaknya Bukuku

Enaknya Bukuku www.rajaebookgratis.com Enaknya Bukuku Maunya membiasakan anak suka buku sejak bayi. Eh, di tangan mungilnya buku gambar warna-warni itu digigitgigit, dirobek, dsb. Mungkinkah mengenalkan buku pada bayi?

Lebih terperinci

Membangun Bisnis Dengan Internet

Membangun Bisnis Dengan Internet Peluang 2008 Membangun Bisnis Dengan Internet Sederhanakan Cara Anda Membangun Bisnis!!! Informasi Gratis Cara Cepat Membangun Bisnis Halal dan 100% LEGAL Jabat Kaban DISCLAIMER : No portion of this report

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orangtua menginginkan yang terbaik

BAB I PENDAHULUAN. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orangtua menginginkan yang terbaik BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, termasuk dalam hal pendidikan. Orangtua berharap anaknya bisa mendapat

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI. Slameto (2010:2), bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan

BAB II LANDASAN TEORI. Slameto (2010:2), bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Belajar 2.1.1 Pengertian Belajar Belajar tidak hanya dapat dilakukan di sekolah saja, namun dapat dilakukan di mana-mana, seperti di rumah ataupun di lingkungan masyarakat. Menurut

Lebih terperinci

Upaya Bacanisasi pada Masyarakat Masa Kini (Memperingati hari buku nasional 17 mei 2011)

Upaya Bacanisasi pada Masyarakat Masa Kini (Memperingati hari buku nasional 17 mei 2011) Upaya Bacanisasi pada Masyarakat Masa Kini (Memperingati hari buku nasional 17 mei 2011) Oleh : Agus Samsudrajat S, SKM Krisisnya minat baca buku masyarakat Indonesia saat ini boleh jadi yang menjadi penyebab

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER KEMANDIRIAN

LAMPIRAN 1 KUESIONER KEMANDIRIAN LAMPIRAN KUESIONER KEMANDIRIAN Di bawah ini terdapat beberapa pernyataan dengan berbagai kemungkinan jawaban. Saudara diminta untuk memilih salah satu dari pilihan jawaban yang tersedia sesuai dengan keadaan

Lebih terperinci

Kegiatan Sehari-hari

Kegiatan Sehari-hari Bab 1 Kegiatan Sehari-hari Kegiatan Sehari-hari 1 Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu: 1) membuat daftar kegiatan sehari-hari berdasarkan penjelasan guru; 2) menceritakan

Lebih terperinci

Cara Membangun Daftar Nama Yang Akan Memasukkan Uang Terus Menerus Ke Rekening Bank Anda, Sekali Anda Tahu Bagaimana Caranya!

Cara Membangun Daftar Nama Yang Akan Memasukkan Uang Terus Menerus Ke Rekening Bank Anda, Sekali Anda Tahu Bagaimana Caranya! 1 Cara Membangun Daftar Nama Yang Akan Memasukkan Uang Terus Menerus Ke Rekening Bank Anda, Sekali Anda Tahu Bagaimana Caranya! Kusuma Putra http://buatnewsletter.com/ 2 Pesan Dari Penulis Hi, saya Kusuma

Lebih terperinci

menyukai tokoh animasi kartun Spongebob karena

menyukai tokoh animasi kartun Spongebob karena BAB IV TINJAUAN PERSEPSI VISUAL ANAK-ANAK DAN PESAN MORAL PADA FILM ANIMASI KARTUN SPONGEBOB SQUAREPANTS 1.1. Deskripsi Penemuan Pada Penelitian Deskriptif Berdasarkan pengamatan melalui metode analisis

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. Semester 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS. Semester 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik KELAS 1 Semester 2 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA

Lebih terperinci

AKHIR PERJALANAN. ( Kisah Tentang Kehidupan ) Aghana V Idents. Diterbitkan secara mandiri. melalui Nulisbuku.com

AKHIR PERJALANAN. ( Kisah Tentang Kehidupan ) Aghana V Idents. Diterbitkan secara mandiri. melalui Nulisbuku.com AKHIR PERJALANAN ( Kisah Tentang Kehidupan ) Aghana V Idents Diterbitkan secara mandiri melalui Nulisbuku.com AKHIR PERJALANAN Oleh: Aghana V Idents Copyright 2015 by Aghana V Idents Penerbit ( nulisbuku.com

Lebih terperinci

BAB IV USAHA GURU DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SDN 02 KALIJOYO KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN

BAB IV USAHA GURU DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SDN 02 KALIJOYO KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN BAB IV USAHA GURU DALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SDN 02 KALIJOYO KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN A. Analisis bentuk kenakalan siswa di SDN 02 Kalijoyo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan SDN 02

Lebih terperinci

FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MEMACU KEAKSARAAN MULTIBAHASA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MEMACU KEAKSARAAN MULTIBAHASA PADA SISWA SEKOLAH DASAR FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MEMACU KEAKSARAAN MULTIBAHASA PADA SISWA SEKOLAH DASAR Irfai Fathurohman, Agung Dwi Nurcahyo, Wawan Shokib Rondli Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lebih terperinci

NEIL KEENAN UPDATE Seekor Lalat di Dinding

NEIL KEENAN UPDATE Seekor Lalat di Dinding NEIL KEENAN UPDATE Seekor Lalat di Dinding http://neilkeenan.com/neil-keenan-update-a-fly-on-the-wall/ 7 MARET 2016 Selama hampir dua bulan penuh ketika Neil berada di Jakarta akhir tahun 2015 bekerja

Lebih terperinci

Naskah berikut ini disusun oleh Departemen Kesehatan NSW.

Naskah berikut ini disusun oleh Departemen Kesehatan NSW. Disusun oleh A Indonesian [BHC-7220] Bermain itu semata-mata belajar : Pedoman bermain bagi yang anaknya 2½ - 5 tahun - A guide to play for parents of children 2½ - 5 years Naskah berikut ini disusun oleh

Lebih terperinci

Lampiran B.2 Kuesioner. Nama : Kelas : Alamat :

Lampiran B.2 Kuesioner. Nama : Kelas : Alamat : Lampiran B.2 Kuesioner Nama : Kelas : Alamat : ANGKET PENELITIAN A. UMUM 1. Angket ini disusun dalam rangka untuk menyusun Karya Ilmiah yang berjudul FAKTOR INTERNAL DAN EKTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRESTASI

Lebih terperinci

*Artikel ini dimuat juga di Tabloid Gaya Hidup Sehat

*Artikel ini dimuat juga di Tabloid Gaya Hidup Sehat *Artikel ini dimuat juga di Tabloid Gaya Hidup Sehat Anak Super Sibuk! 1 2 HR Excellency www.hrexcellency.com *Artikel ini dimuat juga di Tabloid Gaya Hidup Sehat Dalam iklan-iklan dengan anak-anak sebagai

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 43 A. Hasil Penelitian BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Pendidikan Anak Usia Dini Bhayangkari 26 Kota Bengkulu dengan dua siklus. Pada setiap siklus

Lebih terperinci

ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN

ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN 1. Pesat tapi tidak merata. - Otot besar mendahului otot kecil. - Atur ruangan. - Koordinasi mata dengan tangan belum sempurna. - Belum dapat mengerjakan pekerjaan

Lebih terperinci

Orang Tuamu T. nakmu, Tet. Ajaran dan Nasihat Tuhan.

Orang Tuamu T. nakmu, Tet. Ajaran dan Nasihat Tuhan. Hai nak-anak Anak, Taatilah Orang Tuamu T di Dalam Tuhan, Karen arena Haruslah Demikian. Hormatilah Ayahmu dan Ibumu ini Adalah Suatu Perintah yang Penting, Seperti yang Nyata dari Janji ini: Supaya Kamu

Lebih terperinci

Ditulis oleh Orang Gila

Ditulis oleh Orang Gila 1 PRAMA WIRATAMA Ditulis oleh Orang Gila Ditulis oleh Orang Gila Oleh: Prama Wiratama Copyright 2010 by Prama Wiratama Desain Sampul: PENGANTAR 2 Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah akhirnya buku saya

Lebih terperinci

QUANTUM LEARNING SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DI TK *

QUANTUM LEARNING SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DI TK * QUANTUM LEARNING SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DI TK * Oleh: Nelva Rolina PENDAHULUAN Pembelajaran di TK sudah seharusnya mengikuti karakter anak karena pada masa ini adalah masa terpenting dalam kehidupan

Lebih terperinci

Pengalaman Sahabatku. Belajar Apa di Pelajaran 4? Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan sesuatu melalui kegiatan membaca

Pengalaman Sahabatku. Belajar Apa di Pelajaran 4? Menjelaskan urutan petunjuk penggunaan sesuatu melalui kegiatan membaca 4 Pengalaman Sahabatku Pepatah mengatakan, Pengalaman adalah guru kehidupan. Setiap pengalaman baik dan buruk akan tetap bernilai dan menjadi pemicu agar kita lebih hatihati melangkah atau lebih giat lagi

Lebih terperinci

Terapi Kognitif dan Perilaku Untuk Penderita Hipomania dan Mania

Terapi Kognitif dan Perilaku Untuk Penderita Hipomania dan Mania Materi ini merupakan salah satu Bahan kuliah online gratis Bagi anggota keluarga, relawan kesehatan jiwa Danperawat pendamping Terapi Kognitif dan Perilaku Untuk Penderita Hipomania dan Mania Oleh: TirtoJiwo,

Lebih terperinci

TINJAUAN PUSTAKA. seseorang dalam proses pembelajaran (Suparlan, 2004: 31). Di dunia

TINJAUAN PUSTAKA. seseorang dalam proses pembelajaran (Suparlan, 2004: 31). Di dunia 9 II. TINJAUAN PUSTAKA A. Gaya Belajar Gaya Belajar adalah cara atau pendekatan yang berbeda yang dilakukan oleh seseorang dalam proses pembelajaran (Suparlan, 2004: 31). Di dunia pendidikan, istilah gaya

Lebih terperinci

LAMPIRAN A-1 SKALA DEPRESI PADA REMAJA

LAMPIRAN A-1 SKALA DEPRESI PADA REMAJA LAMPIRAN A-1 SKALA DEPRESI PADA REMAJA A. IDENTITAS Kelas : B. PETUNJUK PENGISIAN SKALA 1. Bacalah pernyataan-pernyataan pada lembar berikut, kemudian kerjakan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan keadaan

Lebih terperinci

Available online at Jurnal KOPASTA. Jurnal KOPASTA, 2 (2), (2015) 13-17

Available online at  Jurnal KOPASTA. Jurnal KOPASTA, 2 (2), (2015) 13-17 82 Available online at www.journal.unrika.ac.id Jurnal KOPASTA Jurnal KOPASTA, 2 (2), (2015) 13-17 Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Junierissa Marpaung* Division of Counseling and

Lebih terperinci

BAB IV. ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NURUL QOMAR KERGON PEKALONGAN DALAM KELUARGA BROKEN HOME

BAB IV. ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NURUL QOMAR KERGON PEKALONGAN DALAM KELUARGA BROKEN HOME BAB IV ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs NURUL QOMAR KERGON PEKALONGAN DALAM KELUARGA BROKEN HOME Dari hasil penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara dan observasi, mengenai motivasi belajar

Lebih terperinci

MENANAMKAN NILAI MORAL DAN KEAGAMAAN PADA ANAK

MENANAMKAN NILAI MORAL DAN KEAGAMAAN PADA ANAK Artikel MENANAMKAN NILAI MORAL DAN KEAGAMAAN PADA ANAK Oleh : Drs. Mardiya Banyaknya anak yang cenderung nakal, tidak sopan, suka berkata kasar, tidak disiplin, tidak mau bekerjasama dengan teman, malas

Lebih terperinci

Keluarga 117. Bab 11. Keluarga

Keluarga 117. Bab 11. Keluarga Keluarga 117 Bab 11 Keluarga Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu: 1) menirukan dialog drama yang dibacakan guru; 2) menceritakan peristiwa yang pernah dialami; 3) membaca

Lebih terperinci

Miracle In You. Syarat membaca e-book ini

Miracle In You. Syarat membaca e-book ini Miracle In You Syarat membaca e-book ini 1. Buka pikiran anda, apa yang ada di e-book ini adalah KENYATAAN!! 2. Sekali membaca, SELESAIKAN. Ingat Kegagalan terbesar adalah tidak menyelesaikan apa yang

Lebih terperinci

REKREASI. "Segala sesuatu ada masanya. Page 1

REKREASI. Segala sesuatu ada masanya. Page 1 REKREASI "Segala sesuatu ada masanya. Page 1 Perbedaan Rekreasi & Hiburan Ada perbedaan yang nyata antara rekreasi dan hiburan. Bilamana sesuai dengan namanya, Rekreasi cenderung untuk menguatkan dan membangun

Lebih terperinci

Transkrip Video Modul 2.4. Kursus Membaca Cepat Online

Transkrip Video Modul 2.4. Kursus Membaca Cepat Online Transkrip Video Modul 2.4. Kursus Membaca Cepat Online http://www.membacacepat.com Modul 2 Bagian 4 Menguasai Membaca Beberapa Kata Sekaligus Terimakasih Anda menyaksikan kembali Kursus Membaca Cepat Online,

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. merupakan salah satu aspek yang mendukung siswa untuk mencapai prestasi

BAB I PENDAHULUAN. merupakan salah satu aspek yang mendukung siswa untuk mencapai prestasi BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Konsentrasi adalah pemusatan fungsi jiwa terhadap suatu objek seperti konsentrasi pikiran, perhatian dan sebagainya (Djamarah, 2008). Slameto (2003) mengungkapkan konsentrasi

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN. deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menurut Margono (2005: 105),

BAB III METODE PENELITIAN. deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menurut Margono (2005: 105), 37 BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menurut Margono (2005: 105), Pendekatan kuantitatif

Lebih terperinci

Manfaatkan Waktu. Semaksimal Mungkin

Manfaatkan Waktu. Semaksimal Mungkin Manfaatkan Waktu Semaksimal Mungkin Oleh: U Sikkhānanda (Andi Kusnadi) Pernahkah anda merenungkan seberapa baik anda memanfaatkan waktu yang anda miliki? Dapat dipastikan jawabannya adalah TIDAK. Sebagian

Lebih terperinci

BAB II IDENTIFIKASI DAN PRIORITAS MASALAH

BAB II IDENTIFIKASI DAN PRIORITAS MASALAH BAB II IDENTIFIKASI DAN PRIORITAS MASALAH 2.1 Permasalahan Keluarga Berbicara tentang permasalahan keluarga, setiap keluarga pastilah memiliki permasalahan tersendiri dalam membina rumah tangga. Tidak

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran umum

BAB I PENDAHULUAN. Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran umum BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran umum yang ada dalam setiap jenjang pendidikan. Bahasa Indonesia merupakan bahasa kesatuan yang wajib

Lebih terperinci

Informasi 107. Bab 10. Informasi

Informasi 107. Bab 10. Informasi Informasi 107 Bab 10 Informasi Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu: 1) menirukan percakapan teks drama yang dibacakan guru; 2) menceritakan peristiwa yang pernah dialami;

Lebih terperinci

note THE POWER OF LESS AQUARIUS note D18 Learn More in Less Time AQUARIUS

note THE POWER OF LESS AQUARIUS note D18 Learn More in Less Time AQUARIUS Learn More in Less Time THE OWER OF LESS The Fine Art of Limiting Yourself to The Essential...In Business And In Life OLEH : LEO BABAUTA HYERION BOOKS 170 AGES ISBN-13 : 978-1401309701 Dengan begitu banyak

Lebih terperinci

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF KELAS VI SD YPKP 1 SENTANI, KABUPATEN JAYAPURA PAPUA

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF KELAS VI SD YPKP 1 SENTANI, KABUPATEN JAYAPURA PAPUA PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF KELAS VI SD YPKP 1 SENTANI, KABUPATEN JAYAPURA PAPUA Etyn Nurkhayati SD YPKP I Sentani Jayapura Papua Abstrak:Kesulitan siswa dalam menulis

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Permasalahan

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Permasalahan 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Permasalahan Bahasa merupakan sesuatu yang penting untuk dikuasai karena bahasa adalah sarana interaksi dan alat komunikasi antar manusia. Negara Indonesia merupakan

Lebih terperinci

LAMPIRAN A SKALA PENELITIAN

LAMPIRAN A SKALA PENELITIAN 54 LAMPIRAN A SKALA PENELITIAN 55 No. Jurusan Semester Pekerjaan : : : : PETUNJUK PENGISIAN SKALA 1. Skala ini terdiri dari 2, skala yang pertama berjumlah 30 item dan skala yang kedua berjumlah 42 item.

Lebih terperinci

MENGENAL PEMBELAJARAN MODEL MIND MAPPING

MENGENAL PEMBELAJARAN MODEL MIND MAPPING MENGENAL PEMBELAJARAN MODEL MIND MAPPING Suhel Madyono Universitas Negeri Malang Alamat: Tunjung, Udanawu, Blitar, HP: 085733311038 e-mail: suhel.madyono.fip@um.ac.id Abstrak: Metode pembelajaran di SD

Lebih terperinci

Setiap Orang Membutuhkan Pengajaran

Setiap Orang Membutuhkan Pengajaran Setiap Orang Membutuhkan Pengajaran Pernahkah saudara melihat seekor induk burung yang mendesak anaknya keluar dari sarangnya? Induk burung itu memulai proses pengajaran yang akan berlangsung terus sampai

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. memiliki kemampuan terbatas dalam belajar (limitless caoacity to learn ) yang

BAB I PENDAHULUAN. memiliki kemampuan terbatas dalam belajar (limitless caoacity to learn ) yang 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang Masalah Hakikat pendidikan anak usia dini, secara alamiah, perkembangan anak berbeda-beda, baik intelegensi, bakat, minat, kreativitas, kematang emosi, kepribadian,

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI A. Minat Belajar 1. Pengertian Minat Belajar Slameto (2003) berpendapat bahwa minat adalah suatu kecenderungan untuk mempelajari sesuatu dengan perasaan senang. Apabila individu membuat

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Silma Ratna Kemala, 2013

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Silma Ratna Kemala, 2013 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pembelajaran sebaiknya dilakukan secara terarah dan secara fakta dalam kegiatan pembelajaran pasti terdapat subjek dan objek yang akan menjadi target pencapaian suatu

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah

BAB 1 PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pengajaran membaca juga sangat penting. Hal itu disebabkan membaca informasi dapat diserap dan dipergunakan di kemudian

Lebih terperinci

Perpustakaan Unika LAMPIRAN 172

Perpustakaan Unika LAMPIRAN 172 LAMPIRAN 172 PEDOMAN WAWANCARA, OBSERVASI DAN TES MEMBACA 173 PEDOMAN WAWANCARA, OBSERVASI DAN TES MEMBACA Pedoman Wawancara Untuk Subyek Penelitian 1. Kamu bisa mengikuti pelajaran di sekolah atau tidak?

Lebih terperinci

KERANGKA PIDATO. Tine A. Wulandari, M.I.Kom.

KERANGKA PIDATO. Tine A. Wulandari, M.I.Kom. KERANGKA PIDATO Tine A. Wulandari, M.I.Kom. Pendahuluan Isi Pembahasan Penutup Pendahuluan Berisi salam pembuka. Salam pembuka ini berfungsi untuk mengantar kea rah pokok persoalan yang akan dibahas dan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB IV HASIL PENELITIAN 70 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Deskripsi Data Pada tanggal 4 April 2016 peneliti melakukan penelitian yang pertama. Peneliti datang ke sekolah MTs Darul Hikmah pada pukul 08.30 WIB. Ketika sampai di sekolahan,

Lebih terperinci

Seputar Dunia Anak : Teknologi Tablet Bagi Anak Usia Sekolah Oleh : Laili Dimyati, S.E, M.Si(Dosen Aktif STIE Lembah Dempo Pagaralam)

Seputar Dunia Anak : Teknologi Tablet Bagi Anak Usia Sekolah Oleh : Laili Dimyati, S.E, M.Si(Dosen Aktif STIE Lembah Dempo Pagaralam) Seputar Dunia Anak : Teknologi Tablet Bagi Anak Usia Sekolah Oleh : Laili Dimyati, S.E, M.Si(Dosen Aktif STIE Lembah Dempo Pagaralam) Pengantar Pernahkah anda mengalami situasi ketika anak, adik atau keponakan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan, menurut Ayub Yahya, terdiri dari bermacam bentuk, yaitu pendidikan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak. diselenggarakan pada jalur formal, nonformal maupun informal.

BAB I PENDAHULUAN. membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak. diselenggarakan pada jalur formal, nonformal maupun informal. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir

Lebih terperinci

Ciri-Ciri Bahasa Lisan (Prof. Dr. A. Teeuw)

Ciri-Ciri Bahasa Lisan (Prof. Dr. A. Teeuw) Ciri-Ciri Bahasa Lisan (Prof. Dr. A. Teeuw) 1. Tidak kehilangan sarana komunikasi: suprasegmental, tekanan suara tertentu, lagu kalimat istimewa, bicara cepat dan lambat,keras atau lirih, gerakgerik tangan,

Lebih terperinci

Kesehatan 39. Bab 4. Kesehatan

Kesehatan 39. Bab 4. Kesehatan Kesehatan 39 Bab 4 Kesehatan Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu: 1) mengomentari tokoh-tokoh cerita anak; 2) memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah

Lebih terperinci

INTISARI BAB I PENDAHULUAN

INTISARI BAB I PENDAHULUAN INTISARI Novel teenlit menjadi fenomena menarik dalam perkembangan dunia fiksi di Indonesia. Hal itu terbukti dengan semakin bertambahnya novel-novel teenlit yang beredar di pasaran. Tidak sedikit pula

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. dikenal dan diakui oleh masyarakat. Undang-undang Dasar Negara Republik

BAB I PENDAHULUAN. dikenal dan diakui oleh masyarakat. Undang-undang Dasar Negara Republik BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan atau acuan cara lain yang dikenal dan diakui oleh

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. usia dini yang berfungsi untuk membantu meletakkan dasar-dasar kearah

BAB I PENDAHULUAN. usia dini yang berfungsi untuk membantu meletakkan dasar-dasar kearah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Taman Kanak-Kanak merupakan bentuk layanan pendidikan bagi anak usia dini yang berfungsi untuk membantu meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan,

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pelajaran 9 Sekolah : SD dan MI Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : V/2 Standar Kompetensi : Mendengarkan 5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa

Lebih terperinci

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

PSIKOLOGI PENDIDIKAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN POKOK-POKOK BAHASAN Pengantar Gejala Jiwa dalam Pendidikan Perbedaan Individu dan Aplikasinya dalam pendidikan Masalah Belajar Masalah Pembelajaran Pengukuran dan Penilaian Diagnostik

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI A. Konsentrasi Belajar 1. Pengertian Konsentrasi Belajar Konsentrasi adalah pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan mengesampingkan semua hal lain yang tidak berhubungan (Emon,

Lebih terperinci

II. TINJAUAN PUSTAKA, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS

II. TINJAUAN PUSTAKA, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS II. TINJAUAN PUSTAKA, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS A. Tinjauan Pustaka 1. Pengertian Belajar Secara psikologis belajar adalah suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS URGENSI PENGENALAN BUKU SEJAK USIA DINI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK

BAB IV ANALISIS URGENSI PENGENALAN BUKU SEJAK USIA DINI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK BAB IV ANALISIS URGENSI PENGENALAN BUKU SEJAK USIA DINI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK A. Analisis Tentang Pengenalan Buku Pada Anak Membaca bagi sebagian besar anak-anak mungkin menjadi kegiatan yang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Resha Aprylet, 2013

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Resha Aprylet, 2013 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat peka untuk menerima berbagai stimulasi dari lingkungan. Keberhasilan anak dalam mencapai perkembangan yang optimal

Lebih terperinci

Hemat Energi. Belajar Apa di Pelajaran 8? Menjelaskan isi drama dan memerankan drama melalui kegiatan mendengarkan

Hemat Energi. Belajar Apa di Pelajaran 8? Menjelaskan isi drama dan memerankan drama melalui kegiatan mendengarkan 8 Hemat Energi Bertelepon dan bermain drama hampir sama. Dalam dua kegiatan tersebut terdapat percakapan. Tahukah kamu bagaimana berbicara di telepon? Apa pula yang dinamakan drama itu? Belajar Apa di

Lebih terperinci

Pikirlah tentang Allah Bila. Saudara Berdoa

Pikirlah tentang Allah Bila. Saudara Berdoa Pikirlah tentang Allah Bila. Saudara Berdoa Allah Akan Mengajar Saudara Berdoa Allah Itu Baik Allah Mengasihi Saudara Allah adalah Bapa Kita Allah Dapat Melakukan Segala Sesuatu Pelajaran ini akan menolong

Lebih terperinci

DISIPLIN PADA ANAK SERI BACAAN ORANG TUA

DISIPLIN PADA ANAK SERI BACAAN ORANG TUA 30 SERI BACAAN ORANG TUA DISIPLIN PADA ANAK Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional Milik Negara

Lebih terperinci