AL ARIF CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "AL ARIF 2004 HTTP://WWW.ANAKJENIUS.COM CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK"

Transkripsi

1 CARA MENINGKATKAN

2 CARA MENINGKATKAN Oleh AL ARIF HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG Dilarang meng-copy, meniru, menyebarkan, mencetaknya dan mereproduksi dengan cara apapun juga, tanpa izin tertulis dari penulis. E-book ini dipublikasikan secara resmi hanya melalui website AnakJenius.com.com dengan system reseller. Semua teks dan grafis di dalamnya merupakan hak dari AnakJenius.com Anda bisa mengambil keuntungan dari E-book ini melalui program reseller bagi hasil dari setiap member baru AnakJenius.com atas rekomendasi Anda. Kita bisa menjadi mitra bisnis yang saling menguntungkan melalui program ini PERHATIAN : Jika Anda mengetahui oknum yang dengan sengaja meng-copy, meniru, menyebarkan, mencetaknya dan mereproduksi dengan cara apapun juga, tanpa izin tertulis dari penulis, mohon memberitahukan kepada kami. Kami akan memberi Anda imbalan yang menarik. Informasikan ke : AL ARIF

3 PENGANTAR Pembelajaran dan memori merupakan kemampuan manusia yang sangat penting dalam kehidupan. Mengingat dan lupa (remembering and forgetting) merupakan fenomena yang sejak beberapa ratus tahun sebelum Masehi dipelajari oleh pakar di Yunani untuk mencari rumus yang tepat bagaimana meningkatkan kemampuan mengingat (memory). Hippies, misalnya, tahun 300 sebelum Masehi menyusun rumus agar orang tidak lupa dan rumus ini hampir tidak berubah sampai zaman modern sekarang. Rumus tersebut adalah: pertama, hadirilah lebih dekat. Kedua, praktikkan. Ketiga, jika Anda mendengar sesuatu, hubungkan dengan hal yang Anda ketahui. Daya ingat, bagi anak sangat penting bagi belajarnya. Jika ia memiliki daya ingat yang baik, maka prestasi di sekolah dan prestasi dalam kehidupannya kemungkinan besar juga baik. Hal sebaliknya, jika daya ingat anak kurang baik, maka kemungkinan besar prestasi sekolahnya buruk, ditambah dengan prestasi hidup yang kurang menggembirakan. Mungkinkah daya ingat anak bisa diperbaiki? Kabar baiknya, daya ingat anak bisa diperbaiki. Jika kita mengetahui tentang teori otak, maka kita juga akan paham bahwa masalah daya ingat sebenarnya selain factor genetic, juga berkaitan dengan teknik (lingkungan). Jika si anak bisa menggunakan teknik peningkatan daya ingat, maka daya ingatnya juga akan bisa optimal. Anda mungkin tidak jarang menjumpai anak yang kelihatannya pintar. Namun ternyata prestasi sekolahnya jeblok. Bahkan dia tidak naik kelas. Apakah daya ingatnya jelek? Anda tentu ragu bukan?

4 Banyak factor penyebab prestasi anak di sekolah jeblok. Salah satunya adalah si anak tidak bisa atau tidak diberi kesempatan untuk mengoptimalkan daya ingatnya. Kita tidak boleh buru-buru mengatakan anak yang kurang berprestasi di sekolah sebagai anak yang bodoh atau daya ingatnya jelek. Ebook ini akan memberikan beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan daya ingat anak. Banyak cara untuk meningkatkan daya ingat. Namun khusus untuk anak, saya pilihkan beberapa cara yang mudah untuk dilakukan. Seperti yang Anda tahu, banyak juga cara yang bisa diterapkan oleh orang dewasa untuk meningkatkan daya ingatnya, seperti teknik asosiasi, dll. Namun karena masih sulit untuk diterapkan bagi anak, maka di ebook ini sengaja tidak saya cantumkan. Semoga ebook ini memberikan banyak manfaat kepada Anda dan anak Anda Malang, 9 Oktober 2004 AL ARIF Owner AnakJenius.com

5 PROSES MENGINGAT DAN MEMORI PROSES MENGINGAT Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang cara meningkatakn daya ingat anak, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang bagaimana proses mengingat itu berlangsung secara singkat. Proses mengingat berlangsung melalui tiga tahap. Berikut ini tahap-tahap tersebut : Tahap pertama adalah belajar. Melalui belajar orang menerima informasi dari lingkungan. Pemerolehan informasi dapat dilakukan dengan sadar dan bertujuan (intentional learneing) melalui perhatian dan konsentrasi terhadap sesuatu yang ingin dipelajari. Tetapi informasi dapat diterima tanpa tujuan untuk mengingatnya (incidental learning). Anda harus memperhatikan proses ini, agar anak Anda memiliki daya ingat yang baik. Optimalkan proses belajar anak Anda. Tahap kedua adalah penyimpanan (retention): informasi yang diterima memori jangka pendek (short-term memory), yakni hanya mengingat-ingat informasi dalam beberapa detik sampai beberapa jam. Informasi ini perlu ditransfer ke dalam memory jangka panjang (long-term memory) agar dapat disimpan dan diingat lebih lama, bahkan mungkin bertahan seumur hidup.

6 Salah satu yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu proses ini adalah dengan menyediakan jam tidur yang cukup bagi anak. Saya jelaskan hal ini pada bagian yang lain Tahap ketiga adalah mengingat kembali informasi yang telah diterima dan tersimpan dalam memori jangka panjang. Pada tahap inipun orang tua juga bisa berperan. Misalnya dengan memberikan suasana kondusif bagi anak agar ia lebih mudah mengingat segala hal yang telah dipelajari. Ketiga tahap tersebut sama-sama pentingnya untuk diperhatikan jika Anda menginginkan anak Anda memiliki daya ingat yang prima. Selalu ingatlah, bahwa daya ingat meliputi tiga tahap ini. Anda bisa berperan pada ketiganya.

7 MACAM-MACAM MEMORI Pembagian jenis memori ada beberapa macam versi. Teori yang sederhana membagi memori menjadi dua, yaitu : - memori jangka pendek - memori jangka panjang Sedangkan Thomas L Madden membagi memori manusia manjadi 5 macam, antara lain : 1. memori jangka pendek SEGERA 2. memori jangka pendek KERJA 3. memori jangka pendek - PERANTARA 4. memori jangka panjang KERJA 5. memori jangka panjang ARSIP Memori jangka pendek-segera adalah tempat dalam otak yang menampung informasi baru yang masuk. Memori ini terletak di lobe depan Cerebral Cortex dalam otak. Memori ini hanya dapat menangai sekitar tujuh bit informasi (plus atau minus 2) sebelum memori itu menyalurkan informasi ke memori kerja atau memori perantara. Catatan : otak diperkirakan dapat menangani sekitar 100 juta bit informasi per detik. Manusia terus-menerus menerima jutaan bit informasi per detik. Jika corpus callosum dapat menangani 100 juta bit per detik, maka 7 bit pasti ditransfer secara spontan (sepermiliar detik)

8 Memori jangka pendek KERJA Memori ini dapat diandaikan seperti buku catatan yang terbuka di meja kerja Anda. Informasi ditulis, dibaca, atau dicatat dalam memori ini. Yang terpenting, memori ini merupakan apa yang difokuskan saat ini. Memori jangka pendek PERANTARA Memori ini dapat diumpamakan seperti recycle bin atau tempat sampah dikomputer Anda. Ketika Anda membersihkan file-file aktif, Anda mengirim informasi ke recycle bin. Perbedaannya adalah : dalam komputer Anda dapat mengosongkan recycle bin, tetapi dalam memori jangka pendek perantara informasi ini selalu tersimpan di sana. Pada malam hari, ketika tidur, semua informasi jangka pendek di download ke dalam memori jangka panjang. Keputusan lain perlu dibuat. Apakah informasi ini akan saya perlukan besok atau dalam waktu dekat? jika jawabannya ya, informasi ini disimpan dalam memori jangka panjang-kerja. Jika jawabannya tidak, informasi disimpan dalam memori jangka panjang ARSIP. Berdasarkan inilah di awal saya menyarankan Anda agar menyediakan jam tidur yang cukup bagi anak Anda Memori jangka panjang KERJA Adalah pengetahuan yang diperlukan sehari-hari. Anda perlu tahu dimana Anda tinggal, berapa nomor telepon Anda dan sebagainya.

9 Memori jangka panjang ARSIP Adalah pengetahuan yang tidak Anda gunakan saat ini atau tidak akan digunakan untuk waktu lama. Memori yang disimpan juga makin lama makin banyak. Semakin banyak hal yang ditumpuk membuat memori yang pertama disimpan sulit diingat kembali Seperti halnya barang-barang di gudang sebuah rumah. Awalnya gudang itu kosong. Lalu kotak pertama diletakkan di sudut. Kemudian kotak kedua disusun di atasnya. Lalu ditambah kotak ketiga hingga kotak kelima ratus. Kotak pertama masih ada di sana, akan tetapi sulit mengambilnya meskipun Anda ingat kotak itu ada.

10 CARA PRAKTIS MENINGKATKAN Di bawah ini saya sampaikan beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat anak Anda. Beberapa aktivitas ada kaitan langsung dengan kegiatan belajar, dan beberapa aktivitas yang lain tidak. JANGAN MEMBAGI PERHATIAN Memungkinkan bagi seseorang melakukan lebih dari satu hal dalam waktu bersamaan. Kita dapat makan malam dan menonton TV, atau berbicara dan menyetir mobil. Ini berarti bahwa sepanjang pekerjaan itu tidak tergantung pada satu proses mental yang sama, keduanya dapat dikerjakan pada satu waktu. Namun, jika kedua pekerjaan tergantung pada tipe proses mental yang sama (seperti mendengar cerita dan membaca buku), keduanya tak dapat diselesaikan dengan baik. Kapasitas untuk memberikan perhatian pada lebih dari satu hal dalam waktu bersamaan bervariasi pada setiap orang, dan dapat dipengaruhi oleh kewaspadaan, umur dan motivasi. Jika anak dapat mengerjakan lima atau enam aktivitas pada waktu bersamaan, tidaklah mungkin untuk mengingat banyak hal pada saat anak melakukannya. Anak tidak akan bisa belajar dan mengingat pelajarannya dengan baik sambil nonton tv, mendengarkan radio atau sambil makan. Jika anak Anda sedang belajar, usahakan turut membantunya dengan menghilangkan semua hal yang bisa membagi perhatiannya. Memang sebaiknya orang tua menyedaikan waktu dan tempat khusus bagi anak untuk belajar

11 MELIBATKAN EMOSI SAAT BELAJAR Dengan melibatkan emosi dalam belajar, otak akan lebih mudah mengingat materi pelajaran. Contoh dari belajar dengan melibatkan emosi antara lain : - membaca dengan keras - membaca dengan intonasi - dan lain sebagainya Masih ada kaitannya dengan emosi, berilah perasaan gembira pada anak pada saat ia belajar. Anak tidak mungkin bisa belajar dengan baik, setelah Anda memarahinya. CERITA DALAM BELAJAR Salah satu metode yang cukup efektif untuk meningkatkan daya ingat anak adalah dengan menggunakan metode bercerita dalam belajarnya. Anak terbukti lebih mudah mengingat sebuah pelajaran, jika disampaikan dalam bentuk cerita. Saat mendengarkan sebuah cerita, anak mengoptimalkan penggunaan kedua belahan otaknya dalam menyerap informasi. Sebuah cerita tidak hanya melibatkan penalaran si anak, melainkan juga melibatkan emosi. Apakah Anda suka cerita / kisah? Saya yakin YA. Karena hidup ini memang berisi cerita dan kisah. Demikian juga dengan anak Anda, ia juga suka menerima pelajaran sambil di ceritakan sebuah kisah.

12 MEMPELAJARI GAMBARAN BESARNYA DAHULU Ini adalah teknik belajar yang cukup ampuh untuk meningkatkan daya ingat anak. Setiap belajar, anak hendaknya mempelajari gambaran besar dari meteri pelajarannya tersebut. Misalnya saat akan membaca buku,, langkah berikut bisa Anda ajarkan kepada anak : - baca halaman judul dan kata pengantar terlebih dahulu. Bukan langsung membaca isinya - pelajari daftar isi - buka halaman belakang buku dan membaca indeksnya. Mungkin ada kata-kata kunci yang langsng menarik perhatian - mulai dari bab pertama dan baca sekilas buku tersebut. Baca sekilas judul topik dan kata-kata kunci setiap bab. - Pada akhir setiap bab, bacalah seluruh ringkasannya. Jika ada pertanyaan tentang bab itu, luangkan waktu untuk membaca kembali pertanyaan-pertanyaan itu. Tandai pertanyaan yang Anda piker sudah dapat dijawab Pada akhir setiap bab, mintalah anak membaca seluruh ringkasannya. Jika ada pertanyaan tentang bab itu, luangkan waktu untuk membaca kembali pertanyaan-pertanyaan itu. Prinsip ini juga bisa Anda kembangkan pada aktivitas yang lain. Misalnya jika si anak belum bisa membaca, Anda bisa menjelaskan sesuatu dengan gambaran besar terlebih dahulu. Dan setelah itu, Anda bisa mejelaskan detailnya.

13 MEMBERI HADIAH SEBAGAI STIMULUS Berilah hadiah dan ucapan selamat atas keberhasilan anak Anda. Hadiah dan ucapan selaat Anda merupakan rangsangan yang akan memberikan dampak positif bagi belajarnya. Dan tentu saja, juga berdampak positif bagi peningkatan daya ingatnya. HILANGKAH PENGGANGU BELAJAR Beberapa yang dapat mengganggu belajar anak antara lain : 1. suara gaduh 2. musik 3. pertengkaran 4. televisi 5. suara telepon 6. anak-anak yang bermain 7. mainan Jauhkan dari anak semua penggagu belajar di atas saat anak Anda sedang belajar

14 MENINGKATAKAN PERHATIAN ATAU KONSENTRASI Meningkatkan perhatian atau konsentrasi anak pada materi pelajaran adalah hal terpenring untuk meningkatkan daya ingat. Dengan meningkatkan perhatian, ini juga berarti si anak akan mengetahui mana materi yang harus diingatnya dan mana materi yang tidak perlu untuk diingat. Jika anak saat belajar tidak bisa memberikan perhatian pada materi pelajarannya, maka akan sia-sia belajarnya. Semudah apapun pelajaran, jika tanpa perhatian atau konsentrasi, maka ia akan mudah juga dilupakannya. Anak tidak akan bisa memberikan perhatian terhadap sesuatu jika ia tegang, cemas, atau dalam keadaan stress. Hal pertama yang harus dilakukan si anak agar ia bisa konsentrasi adalah rileks. MEMILIH WAKTU BELAJAR Sediakan bagi anak Anda waktu belajar. Dan bersikaplah konsisiten dengan waktu tersebut. Semua anggota keluarga harus menghargai waktu belajar tersebut. Percuma jika Anda mengalokasikan jam-jam tertentu untuk waktu belajar anak Anda, namun tidak ada dukungan dari anggota keluarga yang lain. Hilangkan semua faktor pengganggu dalam waktu belajar tersebut. Factor pengganggu belajar antara lain : - suara bising - televisi dan radio - pertengkaran

15 - permainan - dan lain-lain WAKTU TIDUR YANG CUKUP Pada malam hari, ketika anak tidur, semua informasi jangka pendek di download ke dalam memori jangka panjang. Keputusan lain perlu dibuat. Apakah informasi ini akan saya perlukan besok atau dalam waktu dekat? jika jawabannya ya, informasi ini disimpan dalam memori jangka panjang-kerja. Jika jawabannya tidak, informasi disimpan dalam memori jangka panjang ARSIP. Inilah pentingnya tidur bagi anak. Lebih baik lagi jika si anak juga disediakan jam tidur di siang harinya. Ini akan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi proses peningkatan memori jangka panjangnya. DUKUNGAN ORANG TUA Bagaimanapun juga, orang tua bagi sang anak memiliki tempat yang penting dalam hidupnya. Segala bentuk perlakuan orang tua pada anak, akan memberikan pengaruh yang besar pada anak tersebut. Jika orang tua memberikan dukungan maksimal bagi proses belajar anaknya, maka anak akan maksimal pula dalam menyerap materi belajarnya. Anda tentu sering menyaksikan anak yang orang tuanya telah meninggal atau bercerai. Kebanyakan dari mereka akan terganggu pelajarannya. Ia

16 terbebani oleh kondisi orang tuanya. Sehingga dalam belajarpun ia sering lupa dan sulit untuk memahami pelajaran. Banyak bentuk dukungan yang bisa diberikan oleh orang tua agar anaknya bisa sukses dalam mengingat pelajarannya dan menjadi berprestasi. Dukungan tersebut bisa berbentuk : 1. Sikap Sikap orang tua yang mendukung belajar anak sangat penting. Orang tua yang cuek terhadap belajar anaknya akan berakibat buruk pada prestasi belajar anak tersebut. Saya sering menyaksikan seorang anak yang sebenarnya memiliki potensi intellegensi yang tinggi, namun karena orang tuanya acuh tak acuh terhadap belajar si anak, maka ia menjadi anak yang biasa. Padahal, jika orang tua tadi lebih memperhatikan dan mendukung belajar anak, saya yakin anak tersebut dengan mudah menjadi anak pintar. 2. Perkataan Perkataan yang memotivasi anak dalam belajar sangat ampuh untuk meningkatkan daya ingat anak. Pernahkah Anda merasakan betapa mudahnya menyerap materi pelajaran, setelah Anda dipuji orang? Pernahkah Anda begitu bersemangat belajar setelah diberi motivasi oleh orang lain? Saya yakin Anda pernah mengalaminya.

17 Kondisi ini juga berlaku bagi anak Anda. Berilah ia motivasi yang menyemangatinya. Ucapkan kata-kata positif yang menyenangkan dan memberikan harapan kepadanya. Dengan begitu, Anda telah membantunya untuk meningkatkan kemampuan belajar, dan tentu saja meningkatkan daya ingatnya. MENGGUNAKAN GAMBAR Salah satu dari cara manusia untuk menyerap informasi dari lingkungannya adalah dengan menggunakan cara visual. Anak belajar visual dengan menggunakan penglihatannya. Nah, salah satu bentuk metode belajar visual adalah dengan menggunakan gambar. Bisakah belajar dengan gambar lebih meningkatkan daya ingat kita? Tentu saja bisa. Saya sendiri hingga saat ini sering mengalaminya. Betapa sulitnya saya harus belajar di Fakultas kedokteran jika hanya membaca tulisan, tanpa ada ilustrasi berupa gambar. Saya bisa membedakan tatkala menerima materi kuliah oleh dosen yang menggunakan gambar dengan yang tidak menggunakan gambar. Dan ternyata penjelasan dosen dengan menggunakan gambar jauh lebih mudah dipahami daripada yang tanpa gambar. Sayangnya, sebagian besar dosen saya dulu, hanya mengandalkan tulisan dalam memberikan kuliahnya tanpa menggunakan gambar. Mengapa menggunakan gambar bisa meningkatkan daya ingat anak dalam belajar? Ada beberapa alasan untuk hal ini, antara lain : - Dengan gambar, anak lebih menggunakan banyak indera untuk menerima materi pelajarannya. Sehingga ia lebih mudah mengingatnya.

18 - Dengan gambar, anak lebih senang dalam belajar. Bandingkan jika anak hanya disodori tulisan saja dan disuruh menghafalnya. Dan dengan ini pula, saya bisa mengatakan bahwa gambar memberikan emosi positif bagi anak dalam belajar. Emosi positif sangat dibutuhkan dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak. - Dengan gambar, anak lebih bisa menangkap maksud dari pelajaran. Pepatah mengatakan gambar bisa mewakili seribu kata. Memang benar demikian. Jadi gambar bisa menjelaskan lebih banyak hal dan memiliki makna yang luas. - Secara ilmiah, dengan gambar berarti anak telah belajar sesuatu dengan menggunakan dua belahan otaknya, yaitu otak kiri dan kanan. Dengan belajar menggunakan dua belahan otak, daya ingat anak jauh lebih baik dibanding jika ia hanya menggunakan otak kirinya semata. GIZI YANG BAIK DAN CUKUP Gizi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatakan daya ingat anak. Daya ingat berhubungan dengan proses di otak. Dan proses di otak bisa berjalan dengan baik jika ia didukung dengan gizi yang cukup pula. Karena itu, berilah anak Anda gizi yang baik dan cukup. Gizi yang baik tidak harus mahal.

19 LINGKUNGAN BELAJAR Dimakah anak Anda belajar setiap hari di rumah? Apakah Anda telah menyediakan tempat khusus baginya untuk belajar? Apakah tempat yang Anda sediakan untuk belajarnya tersebut layak untuk belajar? Lingkungan belajar juga berpengaruh pada proses belajar anak. Mungkin anak Anda memiliki intellegensi yang cukup bagus. Namun bisakah ia belajar di tempat yang gaduh dan banyak gangguan? Jawabannya tentu : sulit! Anda aharus menyediakn tempat belajar anak yang layak. Maksud dari lingkungan belajar yang layak adalah : 1. Khusus sebagai tempat belajar Sediakan tempat yang memang khusus sebagai tempat belajar. Kebanyaka orang tua menyediakan tempat belajar, namun tempat belajar tersebut biasanya juga berfungsi sebagai tempat tidur. Apa akibatnya? Karena tempat tersebut adalah tempat tidur, sehingga hanya membuat si anak mengantuk. 2. Tidak gaduh Kegaduhan hanya kan memecah konsentrasi belajar anak, sehingga ia akan sulit mengingat pelajarannya. Sumber kegaduhan bisa berasal dari manusia, televisi, tape, dll. 3. Penataan ruangan yang rapi Dulu saya pernah tinggal bersama saudara yang memiliki dua anak yang telah sekolah di SD. Hampir setiap hari kedua anak tersebut

20 selalu kehilangan bolpoin dan bukunya. Dan ini membuat jengkel kedua orang tuanya. Sehingga orang tuanya sering berkata : Kamu ini masih anak-anak kok sudah pikun? Apakah anak-anak tersebut memang telah pikun? Tentu saja tidak kan. Mereka tidak pikun. Yang membuat mereka sering kehilangan barang adalah karena penataan ruang yang kurang baik. Andai saja penataan ruang diatur sedemikian rupa dan semua anggota keluarga konsisten, maka tidak akan ada lagi yang akan kehilangan barang Yang harus Anda perhatikan juga adalah, dimana ia sekolah. Sekolah adalah tempat belajar utama anak Anda. Lingkungan sekolah juga mempengaruhi hasil belajar anak Anda MENUMBUHKAN MENTAL POSITIF PADA ANAK Saat kecil dulu, saya tidak jarang menerima perkataan kamu tidak bisa, mana mungkin kamu bisa dan kata-kata negatif lainnya. Kata-kata tersebut saya terima dari teman atau saudara. Tentu saja kata-kata tersebut memberikan pengaruh pada jiwa saya saat itu. Saya benar-benar merasa tidak bisa, minder, kalah sebelum perang dan menjadi tidak melakukan sesuatu. Kata-kata tersebut benar-benar mempengaruhi saya. Hal ini juga berlaku pada anak-anak. Kondisikanlah mental anak Anda sepositif mungkin agar ia bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Hindari kata-kata dan tindakan negatif terhadap mereka. Karena hal tersebut

21 akan berakibat mental mereka negatif pula. Dan mental negatif akan menyulitkan mereka dalam mempelajari sesuatu dalam hidupnya. Mental negatif juga membuat ia merasa tidak bisa. Saya yakin Anda setuju dengan hal ini. Bisakah Anda belajar, apalagi mengingat sesuatu dengan baik, tatkala mental Anda lagi drop. Tentu saja tidak bisa bukan??? Dan ternyata masalah ini juga berlaku secara umum bagi manusia, tidak saja pada anak. Jika mental kita positif, maka kita bisa melakukan apa saja. Contoh sederhananya adalah yang saya alami. Dulu saya sama sekali tidak bisa menulis. Apalagi menulis ebook atau buku. Walaupun saya sebenarnya menginginkan sekali akan hal itu. Namun karena mental saya belum siap dan merasa tidak bisa, akhirnya juga tidak bisa menulis. Untuknya suatu saat saya mendapatkan suntikan motivasi dari sebuah tulisan yang membuat kini berani untuk menulis. Dan ternyata tulisan saya memberikan manfaat bagi banyak orang hingga saat ini, walaupun masih banyak kekurangan. Saya mempublikasikan tulisan saya online maupun offline. Untuk online, Anda bisa mendapatkan tulisan saya di : dan lain-lain Dan yang lebih menggembirakan, banyak tulisan saya di internet tersebut yang bisa membantu mereka yang membacanya untuk memperbaiki kondisi

22 finansialnya. Karena memang sebagian besar tulisan saya membahas bisnis praktis berdasarkan pengalaman pribadi. Itulah pentingnya menumbuhkan sikap mental positif pada anak Anda. Sikap mental positif tidak saja meningkatkan daya ingat anak, namun juga meningkatkan kreatifitas dan keberanian anak dalam melakukan sesuatu. MOTIVASI Pernahkah Anda ke toko buku? Saya yakin, bukan hanya pernah tapi justru sering. Anda adalah penggemar buku. Buktinya Anda bersedia membaca ebook. Jika Anda suka membaca ebook, apalagi buku? Dan biasanya orang yang suka buku, mereka juga sering ke toko buku. Atau paling tidak mengikuti perkembangan buku-buku. Jika Anda pergi ke toko buku, pasti akan menemui banyak sekali buku-buku motivasi. Bahkan ada beberapa penerbit yang khusus menerbitkan karya buku motivasi. Penerbit tersebut memahami dengan benar bahwa penerbitan buku-buku motivasi merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Terbukti buku-buku tersebut berhasil memberikan keuntungan besar bagi penerbitnya. Dan bahkan banyak buku motivasi yang menjadi best seller. Mengapa motivasi begitu penting bagi kebanyakan orang. Tidak lain karena motivasi memberikan kekuatan. Dengan motivasi manusia bisa melakukan banyak hal. Dan dengan motivasi sesuatu yang sebelumnya dikira mustahil, bisa menjadi kenyataan.

23 Bagaimana dengan pemberian motivasi pada anak? Apakah berpengaruh? Tentu saja motivasi bagi anak memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain : - menjadikan anak lebih percaya diri - anak tidak minder - anak bisa melakukan sesuatu melebihi kemampuan dasarnya - anak akan melakukan semua aktivitasnya dengan senang hati - dan masih banyak manfaat lainnya. Apakah motivasi memberikan dampak pada daya ingat anak? Jawabannya Ya. Semua manfaat motivasi memberikan energi bagi anak untuk lebih mudah mengingat. Anak juga akan lebih mudah berkonsentrasi, sesuatu yang amat dibutuhkan dalam meningkatkan daya ingat. BERSUARA DALAM BELAJAR Ini salah satu teknik kuno, namun ternyata tetap manjur untuk meningkatkan daya ingat anak. Ijinkanlah anak Anda bersuara saat ia belajar. Jangan larang dia tatkala ia membaca buku dengan bersuara. Masing-masing anak memiliki gaya belajarnya sendiri-sendiri. Ada anak yang suka belajar dengan bersuara, ada pula anak yang lebih suka diam dalam belajarnya. Nah, jika anak Anda termasuk tipe bersuara, biarkanlah ia dengan gayanya tersebut. Larangan Anda justru akan memberikan dampak buruk bagi mentalnya.

24 Bersuara memang bisa meningkatkan daya ingat kita. Saya pribadi ada pengalaman. Saat kuliah, saya pernah mengikuti lembaga hafalan Al Quran. Saya bersyukur, saat itu bisa hafal 5 juz (sekitar 90 halaman). Salah satu metode saya menghafal adalah membaca Al Qur an dengan bersuara. Dengan bersuara, saya bisa lebih cepat menghafal Al Qur an. Bagaimana jika saya menghafal tanpa bersuara? Bisa. Namun kurang optimal dan butuh waktu yang lama. Itulah bukti bahwa suara bisa meningkatkan daya ingat anak Anda. Asal suara tersebut tidak menggangu yang lain. PENGGUNAAN WARNA Penggunaan warna bisa meningkatkan daya ingat anak dalam belajarnya. Bagaimana caranya? Berikut beberapa aplikasi penggunaan warna dalam meningkatkan daya ingat anak : 1. Sediakan stabilo atau pensil warna bagi anak untuk menandai materi pelajaran yang penting. Dengan menandai kata atau kalimat penting pada buku pelajaran akan mambantu anak memfokuskan diri pada materi penting tersebut. 2. Biarkan anak menggunakan bolpoin atau pensil warna-warni. 3. Jika Anda membelikan buku atau bahan bacaan bagi anak, pilihlah warna yang berbeda-beda. Mengapa warna bisa meningkatkan daya ingat anak.? Dengan adanya warn, otak kanan anak juga turut ambil bagian dalam belajar. Warna juga

25 memberikan pengaruh positif pada mental anak. Warna yang cerah memberikan kesan bahagia dan menyenangkan DAMPINGI ANAK ANDA BELAJAR Sebagaimana yang telah saya katakana di awal, orang tua memiliki posisi yang sangat penting di hati anaknya. Alangkah senangnya si anak jika ia bisa didampingi oleh orang tuanya saat belajar. Perasaan senang ini saja banyak memberikan dampak positif bagi belajar dan daya ingat anak. Apalagi jika si orang tua bisa banyak berperan membantu saat anaknya belajar. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk meningkatakn daya ingat anak adalah, berilah anak Anda beberapa pertanyaan seputar materi yang akan dipelajari. Lakukan hal ini sebelum anak Anda belajar. Pertanyaan Anda tersebut akan membuat si anak penasaran dan terangasng untuk mencari jawabannya. Dengan cara ini pula, ingatan anak pada materi tersebut lebih baik daripada jika ia hanya membaca buku sendirian. Anda bisa mencari cara lain untuk turut membantu anak Anda dalam belajar. Namun yang paling penting adalah jangan melakukan tindakan yang bagi anak terasa sebagai intimidasi. Banyak orang tua yang tidak sabar dengan lambatnya si anak dalam belajar. Akhirnya orang tua semacam ini justru menjadi satpam bagi sang anak. Anak tidak merasa aman saat orang tuanya mendampingi belajarnya. Yang anak harapkan justru si orang tua segera pergi. Fungsi Anda saat mendampingi anak Anda belajar adalah sebagai pendamping yang memberikan bimbingan dan rasa aman. Bukan sebaliknya.

26 MELAGUKAN PELAJARAN Ini juga salah satu teknik kuno yang masih manjur untuk meningkatkan daya ingat. Mengapa anak TK banyak diajari lagu? Karena dengan lagulah mereka bisa menyerap materi pelajaran. Dengan lagulah mereka hafal nilainilai kehuidupan. Teknik ini sebenarnya tidak tabu untuk diterapkan oleh anak di atas TK. Saya juga menerapkan teknik ini untuk menghafal Al Quran. Anda bisa melatih anak untuk melagukan materi-materi pelajaran yang sulit. ============================================= Ebook Ini Selalu Di Update Update ebook ini terakhir tanggal 10 oktober 2004

ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN

ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN 1. Pesat tapi tidak merata. - Otot besar mendahului otot kecil. - Atur ruangan. - Koordinasi mata dengan tangan belum sempurna. - Belum dapat mengerjakan pekerjaan

Lebih terperinci

MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Oleh Mansur HR Widyaiswara LPMP Provinsi Sulawesi Selatan

MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Oleh Mansur HR Widyaiswara LPMP Provinsi Sulawesi Selatan MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh Mansur HR Widyaiswara LPMP Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 19 disebutkan bahwa

Lebih terperinci

Uji Penilaian Profesional Macquarie. Leaflet Latihan. Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian.

Uji Penilaian Profesional Macquarie. Leaflet Latihan. Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian. Uji Penilaian Profesional Macquarie Leaflet Latihan Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian. Mengapa Uji Penilaian psikometrik digunakan Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang menyertakan

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN. A. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

BAB V PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN. A. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa 100 BAB V PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN A. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 03 Singosari Malang Motivasi belajar merupakan

Lebih terperinci

Ditulis oleh Orang Gila

Ditulis oleh Orang Gila 1 PRAMA WIRATAMA Ditulis oleh Orang Gila Ditulis oleh Orang Gila Oleh: Prama Wiratama Copyright 2010 by Prama Wiratama Desain Sampul: PENGANTAR 2 Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah akhirnya buku saya

Lebih terperinci

DISIPLIN PADA ANAK SERI BACAAN ORANG TUA

DISIPLIN PADA ANAK SERI BACAAN ORANG TUA 30 SERI BACAAN ORANG TUA DISIPLIN PADA ANAK Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional Milik Negara

Lebih terperinci

APA YANG HARUS DIKETAHUI DI USIA 2 TAHUN?

APA YANG HARUS DIKETAHUI DI USIA 2 TAHUN? APA YANG HARUS DIKETAHUI DI USIA 2 TAHUN? ASPEK YANG DISUKAI ANAK YANG BISA KITA AJARKAN FISIK Sangat Aktif. Bisa jalan, lari, lompat 2 kaki, bertumpu, dan manjat. Bisa corat-coret, bekerja dengan 3-4

Lebih terperinci

Kompetensi Dasar. Menerapkan kemampuan dasar mengajar dalam mengelola pembelajaran. Kemampuan Dasar Mengajar

Kompetensi Dasar. Menerapkan kemampuan dasar mengajar dalam mengelola pembelajaran. Kemampuan Dasar Mengajar Kompetensi Dasar Menerapkan kemampuan dasar mengajar dalam mengelola pembelajaran 2 Indikator Keberhasilan menjelaskan karakteristik 8 kemampuan dasar mengajar dengan lengkap melaksanakan praktek salah

Lebih terperinci

Menulis Makalah Yang Baik:

Menulis Makalah Yang Baik: Menulis Makalah Yang Baik: 1. Memilih topik, ide Teman saya Peter Turney memiliki bagian kunci dari saran: menjadi ambisius. Bayangkan setiap kertas baru Anda menulis sebagai referensi berlangsung selama

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Abad ke-21 disebut-sebut oleh pakar, termasuk futurology, sebagai abad

BAB I PENDAHULUAN. Abad ke-21 disebut-sebut oleh pakar, termasuk futurology, sebagai abad 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Abad ke-21 disebut-sebut oleh pakar, termasuk futurology, sebagai abad informasi dan pengetahuan. Karena informasi dan pengetahuan akan menjadi landasan

Lebih terperinci

Menjadi Anggota Masyarakat Gereja

Menjadi Anggota Masyarakat Gereja Menjadi Anggota Masyarakat Gereja Chee Kim adalah seorang anak yatim piatu. Meskipun ia baru berusia enam tahun, ia hidup sebagai gelandangan di kota Hong Kong. Ia tidak mempunyai keluarga. Pada suatu

Lebih terperinci

FORUM DIKLAT Vol 13 No. 03 MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK AGAR PEMBELAJARAN MENJADI DINAMIS DAN DEMOKRATIS. Oleh : M. Hasan Syukur, ST *)

FORUM DIKLAT Vol 13 No. 03 MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK AGAR PEMBELAJARAN MENJADI DINAMIS DAN DEMOKRATIS. Oleh : M. Hasan Syukur, ST *) MENGENAL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK AGAR PEMBELAJARAN MENJADI DINAMIS DAN DEMOKRATIS Oleh : M. Hasan Syukur, ST *) Setiap insan manusia adalah unik. Artinya setiap individu pasti memiliki perbedaan antara

Lebih terperinci

12/19/2013. Setiap orang dewasa mengalaminya ribuan kali dalam hidupnya. Hypnosis adalah alami

12/19/2013. Setiap orang dewasa mengalaminya ribuan kali dalam hidupnya. Hypnosis adalah alami APAKAH HYPNOSIS ITU? Setiap orang dewasa mengalaminya ribuan kali dalam hidupnya. Hypnosis adalah alami 1 TINGKATAN SADAR (CONSCIOUS LEVEL) Contoh Aktivitas 1. Anda sedang bermain tenis 2. Anda melamun

Lebih terperinci

Merancang Strategi Komunikasi Memenangkan Pemilih Dan Kelompok - edit

Merancang Strategi Komunikasi Memenangkan Pemilih Dan Kelompok - edit esaunggul.ac.id http://www.esaunggul.ac.id/article/merancang-strategi-komunikasi-memenangkan-pemilih-dan-kelompok/ Merancang Strategi Komunikasi Memenangkan Pemilih Dan Kelompok - edit Dr. Erman Anom,

Lebih terperinci

pelajaran 9 energi tahukah kamu apa itu energi 119

pelajaran 9 energi tahukah kamu apa itu energi 119 pelajaran 9 energi benda yang bergerak butuh energi benda yang bunyi butuh energi benda yang bersinar butuh energi energi diperlukan dalam hidup tahukah kamu apa itu energi energi 119 energi menulis puisi

Lebih terperinci

Menyiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar. Oleh. Dra. Hj. Yunani, M.Pd. *

Menyiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar. Oleh. Dra. Hj. Yunani, M.Pd. * Menyiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar Oleh. Dra. Hj. Yunani, M.Pd. * Makalah Ini Disampaikan Pada Acara Seminar : Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Kabupaten Ogan Ilir Pada Tanggal 9 Februari 2013 *Dosen Pada

Lebih terperinci

Amati gambar di bawah dengan teliti!

Amati gambar di bawah dengan teliti! Ayo mengenal kewajiban yang sama di sekolah! Setiap hari Dayu pergi ke sekolah. Dayu belajar dengan teman-teman. Semua siswa belajar dengan tanggung jawab. Mereka memiliki kewajiban yang sama di sekolah.

Lebih terperinci

AGAR MENDAPAT LEBIH DARI YANG ENGKAU INGINKAN

AGAR MENDAPAT LEBIH DARI YANG ENGKAU INGINKAN AGAR MENDAPAT LEBIH DARI YANG ENGKAU INGINKAN 11 Februari 2009 Mari kita ubah SKK (Sikap, Konsentrasi dan Komitmen) Pertama : SIKAP Sikap merupakan kependekan dari SI = EMOSI; KA = TINDAKAN; P = PENDAPAT,

Lebih terperinci

SIAP Mencoba Yammer? MENGAPA YAMMER? ANDA DAPAT MENGGUNAKAN YAMMER UNTUK BERGABUNG DENGAN JARINGAN SEKARANG JUGA!

SIAP Mencoba Yammer? MENGAPA YAMMER? ANDA DAPAT MENGGUNAKAN YAMMER UNTUK BERGABUNG DENGAN JARINGAN SEKARANG JUGA! SIAP Mencoba Yammer? Yammer adalah jejaring sosial pribadi perusahaan kita, yaitu alat online untuk berkomunikasi dan berkolaborasi. Yammer tersedia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda serta mendukung

Lebih terperinci

PEMBELAJARAN MENEMUKAN MAKNA DAN INFORMASI SECARA TEPAT DALAM KAMUS DENGAN MEMBACA MEMINDAI

PEMBELAJARAN MENEMUKAN MAKNA DAN INFORMASI SECARA TEPAT DALAM KAMUS DENGAN MEMBACA MEMINDAI PEMBELAJARAN MENEMUKAN MAKNA DAN INFORMASI SECARA TEPAT DALAM KAMUS DENGAN MEMBACA MEMINDAI Suhardi SD Negeri 007 Ranai Bunguran Timur Natuna Abstrak: Siswa kelas IV SDN 007 Ranai cenderungmengalami kesulitan

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG 1.2 TUJUAN

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG 1.2 TUJUAN BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Perkembangan teknologi komputer pada saat ini sangat pesat, dimana yang telah kita ketahui dalam instansi pemerintahan maupun swasta, lebih mengutamakan menggunakan

Lebih terperinci

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 SUKOHARJO SKRIPSI

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 SUKOHARJO SKRIPSI PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 SUKOHARJO SKRIPSI Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Menyelesaikan Studi Program Strata Satu

Lebih terperinci

TINGKAH LAKU ANAK DAN PENGELOLAAN PADA PERAWATAN GIGI DEPARTEMEN PEDODONSIA FKG USU

TINGKAH LAKU ANAK DAN PENGELOLAAN PADA PERAWATAN GIGI DEPARTEMEN PEDODONSIA FKG USU TINGKAH LAKU ANAK DAN PENGELOLAAN PADA PERAWATAN GIGI DEPARTEMEN PEDODONSIA FKG USU 15 BULAN 2,5 TAHUN (TODDLERHOOD) Daya tangkap : Terbatas Perhatian : Tidak tetap Aman, jika : didampingi ibu/orang dikenal

Lebih terperinci

Berpikir Benar, Berpikir Positif Oleh Elsa Sakina http://inspirasi-motivasi.blogspot.com

Berpikir Benar, Berpikir Positif Oleh Elsa Sakina http://inspirasi-motivasi.blogspot.com Berpikir Benar, Berpikir Positif Oleh Elsa Sakina http://inspirasi-motivasi.blogspot.com Hak Cipta 2008 oleh Elsa Sakina Produk ini boleh Anda sebar-luaskan secara cuma-cuma alias gratis. Dilarang keras

Lebih terperinci

Keterampilan Penting bagi Konselor

Keterampilan Penting bagi Konselor e-konsel edisi 370 (10-3-2015) Keterampilan Penting bagi Konselor e-konsel Milis Publikasi Elektronik Pelayanan Konseling Kristen e-konsel -- Keterampilan Penting bagi Konselor Edisi 370/Maret 2015 Salam

Lebih terperinci

BANK KATA: Ide Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Oleh: Asri Musandi Waraulia, M.Pd.

BANK KATA: Ide Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Oleh: Asri Musandi Waraulia, M.Pd. BANK KATA: Ide Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Oleh: Asri Musandi Waraulia, M.Pd. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia mempunyai empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menulis,

Lebih terperinci

2 Ketika aku mengundang Yesus masuk ke dalam hidupku, Ia menerangi hatiku yang gelap, dingin dan kosong. Keputusanku untuk mengundang Yesus tidak akan pernah kusesali. Karena itu, aku berkata kepada-nya,

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Warsito Adnan MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 untuk Kelas II SD dan MI Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas

Lebih terperinci

07. KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 07 KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL / Hal. 1

07. KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 07 KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL / Hal. 1 07. KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PSIKOLOGI KOMUNIKASI 07 KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL / Hal. 1 KOMUNIKASI VERBAL KOMUNIKASI VERBAL adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal (bahasa).

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. masyarakat. Menurut Galler (dalam Sinaga, 2003: 16), perubahan pada

BAB 1 PENDAHULUAN. masyarakat. Menurut Galler (dalam Sinaga, 2003: 16), perubahan pada BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Kemajuan ilmu dan teknologi, serta keadaan ekonomi yang semakin membaik dapat menyebabkan perubahan pada pola konsumsi dan cara makan masyarakat. Menurut Galler

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. agar manusia tidak terjerumus dalam kehidupan yang negatif. Pendidikan

BAB 1 PENDAHULUAN. agar manusia tidak terjerumus dalam kehidupan yang negatif. Pendidikan BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Secara umum pengertian pendidikan adalah proses perubahan atau pendewasaan manusia, berawal dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak biasa menjadi biasa, dari

Lebih terperinci

Kuesioner Penggunaan Bahasa Sehari-hari

Kuesioner Penggunaan Bahasa Sehari-hari Kuesioner Penggunaan Bahasa Sehari-hari Kita semua mengetahui bahwa ada banyak se bahasa yang digunakan di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya peran bahasa Indonesia dalam setiap aspek kehidupan masyarakat

Lebih terperinci

Beri tanda [v] pada statement di bawah ini yang sesuai dengan diri Anda saat ini. Jumlahkan tanda [v] pada masing-masing kolom.

Beri tanda [v] pada statement di bawah ini yang sesuai dengan diri Anda saat ini. Jumlahkan tanda [v] pada masing-masing kolom. Beri tanda [v] pada statement di bawah ini yang sesuai dengan diri Anda saat ini. Jumlahkan tanda [v] pada masing-masing kolom. Suka menulis kreatif Menonjol dalam kelas seni di sekolah Mengarang kisah

Lebih terperinci

Pelajaran ini akan menolong saudara... Mengerti syarat-syarat utama untuk menyiapkan diri saudara bagi penginjilan pribadi.

Pelajaran ini akan menolong saudara... Mengerti syarat-syarat utama untuk menyiapkan diri saudara bagi penginjilan pribadi. Siap Sedia Ingatkah saudara waktu saudara mulai belajar membaca? Amat sukar, bukan? Mula-mula saudara tidak tahu apa-apa tentang membaca. Lalu saudara mulai diajari membaca huruf-huruf abjad yang pertama.

Lebih terperinci

MENJADI ORANG TUA YANG TERUS BELAJAR

MENJADI ORANG TUA YANG TERUS BELAJAR Blitar, 7 Maret 2015 PSIKOLOGI PARENTING MENJADI ORANG TUA YANG TERUS BELAJAR Talk show dan pelatihan memaksimalkan usia emas dan keberagaman anak usia dini, di PGIT TKIT Al-Hikmah Bence, Garum, Blitar

Lebih terperinci

tempat. Teori Atribusi

tempat. Teori Atribusi 4 C. PERSEPSI DAN KEPRIBADIAN Persepsi adalah suatu proses di mana individu mengorganisasikan dan menginterpretasikan kesan sensori mereka untuk memberi arti pada lingkungan mereka. Riset tentang persepsi

Lebih terperinci

LAPORAN OBSERVASI LAPANGAN PERKEMBANGAN DAN PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

LAPORAN OBSERVASI LAPANGAN PERKEMBANGAN DAN PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS LAPORAN OBSERVASI LAPANGAN PERKEMBANGAN DAN PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Suatu Observasi Lapangan di SDLB Desa Labui, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh) Oleh: Qathrinnida, S.Pd Suatu

Lebih terperinci

Dalam-pelajaran ini saudara akan mempelajari...

Dalam-pelajaran ini saudara akan mempelajari... Yohanes 17 Dalam-pelajaran ini saudara akan mempelajari... Yesus Berdoa untuk murid-muridnya Semua Orang yang Engkau Berikan Kepadaku Peliharalah.Mereka Supaya Mereka Menjadi Satu Berada Bersama-sama dengan

Lebih terperinci

Datanglah kepada Allah dalam Cara yang Tepat Bila Saudara Berdoa

Datanglah kepada Allah dalam Cara yang Tepat Bila Saudara Berdoa Datanglah kepada Allah dalam Cara yang Tepat Bila Saudara Berdoa III Apakah cara yang tepat itu? II Dengan sikap yang bagaimana? II Di mana? II Dengan sikap badan yang bagaimana? II Dengan pola apa? Pelajaran

Lebih terperinci

SKALA AFEKTIF BERFIKIR KRITIS

SKALA AFEKTIF BERFIKIR KRITIS SKALA AFEKTIF BERFIKIR KRITIS PETUNJUK 1. Skala ini terdiri dari pernyataan. Anda diminta membaca pernyataan dan kemudian memberikan jawaban yang paling sesuai dengan keadaan diri Anda sendiri dengan cara

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. (Depok: Intuisi Press,1998) Cet 2, hlm. 2-3

BAB I PENDAHULUAN. (Depok: Intuisi Press,1998) Cet 2, hlm. 2-3 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Tantangan kehidupan selalu muncul secara alami seiring dengan berputarnya waktu. Berbagai tantangan bebas bermunculan dari beberapa sudut dunia menuntut untuk

Lebih terperinci

HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION. Indonesian Beginners. (Section I Listening) Transcript

HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION. Indonesian Beginners. (Section I Listening) Transcript 2014 HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION Indonesian Beginners (Section I Listening) Transcript Familiarisation Text Sudah pindah rumah, Sri? Sudah Joko. Bagaimana rumah barumu? Bagus Joko. Aku punya

Lebih terperinci

Tinjauan Mata Kuliah. allo Saudara... Selamat jumpa pada mata kuliah Keterampilan Musik

Tinjauan Mata Kuliah. allo Saudara... Selamat jumpa pada mata kuliah Keterampilan Musik i Tinjauan Mata Kuliah allo Saudara... Selamat jumpa pada mata kuliah Keterampilan Musik H dan Tari! Pada mata kuliah ini, Anda akan mempelajari bagaimana mencipta sebuah karya tari dan musik atau sering

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. ini. Proses pendidikan seumur hidup itu lebih dikenal dengan istilah long life

BAB I PENDAHULUAN. ini. Proses pendidikan seumur hidup itu lebih dikenal dengan istilah long life 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pada dasarnya pendidikan adalah laksana eksperimen yang tidak pernah selesai sampai kapan pun, sepanjang ada kehidupan manusia di dunia ini. Proses pendidikan

Lebih terperinci

Dua Sisi Mata Uang Dampak Teknologi Jumat, 14 Februari 2014 17:15. Oleh Ahmad Turmudzi*

Dua Sisi Mata Uang Dampak Teknologi Jumat, 14 Februari 2014 17:15. Oleh Ahmad Turmudzi* Oleh Ahmad Turmudzi* Sebelum masuk ke inti tulisan singkat ini, saya ingin mengulas terlebih dahulu arti remaja. Menurut akar katanya, remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau

Lebih terperinci

FesbukOnlineShop.com

FesbukOnlineShop.com CARA GAMPANG JUALAN ONLINE II: TRIK MENCARI PEMBELI TERTARGET (FREE EBOOK FESBUKONLINESHOP.COM) Free ebook lagi??? Alhamdulillah ternyata response terhadap ebook pertama, yakni CARA GAMPANG JUALAN ONLINE:

Lebih terperinci

KESAN MANFAAT JEAP. Devina Amanda Putri. Elang Sandyawan Pamungkas

KESAN MANFAAT JEAP. Devina Amanda Putri. Elang Sandyawan Pamungkas KESAN MANFAAT JEAP Jessica A. Putri Saya berterima kasih atas bantuan yang saya terima, dana JEAP selama saya bersekolah yang sangat membantu saya dalam pendidikan dan prestasi saya disekolah. Dengan bantuan

Lebih terperinci

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN TUKPD II PAKET A SMP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN 2012/2013

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN TUKPD II PAKET A SMP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN 2012/2013 KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN TUKPD II PAKET A SMP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN 2012/2013 NO Kunci PEMBAHASAN 1 C Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. pelajaran matematika. Permasalahan ini relevan dengan bukti empiris yang. membaca atau mengerjakan soal-soal yang ada di dalamnya.

BAB I PENDAHULUAN. pelajaran matematika. Permasalahan ini relevan dengan bukti empiris yang. membaca atau mengerjakan soal-soal yang ada di dalamnya. 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Kurang maksimalnya pemanfaatan media merupakan salah satu dari sekian banyak masalah dalam pembelajaran di sekolah termasuk pada mata pelajaran matematika. Permasalahan

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT APLIKASI SIAP

PANDUAN SINGKAT APLIKASI SIAP PANDUAN SINGKAT APLIKASI SIAP 1. sama dengan Home sama dengan menu pada Pegawai adalah tampilan utama dimana menampilkan : - Satuan Kerja : berisi satuan kerja dan daftar nama pegawai sesuai penempatannya.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. orang tua yang sudah memiliki anak. Enuresis telah menjadi salah satu

BAB I PENDAHULUAN. orang tua yang sudah memiliki anak. Enuresis telah menjadi salah satu 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Enuresis atau yang lebih kita kenal sehari-hari dengan istilah mengompol, sudah tidak terdengar asing bagi kita khususnya di kalangan orang tua yang sudah memiliki

Lebih terperinci

Nama Soal Peta Jalan Batas Waktu - Nama Berkas peta[no.urut].out.[1..10] Batas Memori - Tipe output only Sumber Prima Chairunnanda

Nama Soal Peta Jalan Batas Waktu - Nama Berkas peta[no.urut].out.[1..10] Batas Memori - Tipe output only Sumber Prima Chairunnanda Nama Soal Peta Jalan Batas Waktu - Nama Berkas peta[no.urut].out.[1..10] Batas Memori - Tipe output only Sumber Prima Chairunnanda Pada suatu hari Pak Ganesh ingin pergi ke kota untuk membeli barang keperluan

Lebih terperinci

Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 1-2 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007

Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 1-2 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 -2 Checklist Indikator PERKEMBANGANANAK Usia 1-2 tahun Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 Diolah oleh: http://www.rumahinspirasi.com MORAL & NILAI AGAMA a. Dapat

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi suatu bangsa agar bangsa tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM yang dimilikinya. Dengan SDM yang berkualitas maka

Lebih terperinci

Yang Kecil Akan Menjadi Besar

Yang Kecil Akan Menjadi Besar Yang Kecil Akan Menjadi Besar Segala sesuatu yang besar berawal dari yang kecil. Ibarat pertumbuhan manusia, dari anak kecil hingga menjadi besar alias dewasa. Besar karena diberi makan, dari makan akan

Lebih terperinci

SENI DAPAT MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK

SENI DAPAT MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK SENI DAPAT MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK Nur Auliah Hafid Widyaiswara LPMP Sulsel 1 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Seni dapat meningkatkan Kecerdasan Emosional

Lebih terperinci

Cara Berhubungan Intim Tahan Lama Tanpa Obat Dan Ramuan Apapun

Cara Berhubungan Intim Tahan Lama Tanpa Obat Dan Ramuan Apapun Cara Berhubungan Intim Tahan Lama Tanpa Obat Dan Ramuan Apapun Ebook ini di ciptakan untuk pria-pria yang ingin mengatasi ejakulasi dini tanpa menggunakan bantuan dari obat apapun. Ebook ini khusus pasutri

Lebih terperinci

SURVEY GLOBAL KESEHATAN BERBASIS SEKOLAH DI INDONESIA TAHUN 2007

SURVEY GLOBAL KESEHATAN BERBASIS SEKOLAH DI INDONESIA TAHUN 2007 SURVEY GLOBAL KESEHATAN BERBASIS SEKOLAH DI INDONESIA TAHUN 2007 Survei ini merupakan survey mengenai kesehatan dan hal-hal yang yang mempengaruhi kesehatan. Informasi yang anda berikan akan digunakan

Lebih terperinci

STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK UNTUK MENCAPAI TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL

STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK UNTUK MENCAPAI TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK UNTUK MENCAPAI TUMBUH KEMBANG YANG OPTIMAL Oleh: dr. Nia Kania, SpA., MKes PENDAHULUAN Memiliki anak dengan tumbuh kembang yang optimal adalah dambaan setiap orang tua. 1

Lebih terperinci

STUDI KASUS MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RENDAH DENGAN PENDEKATAN KONSELING BEHAVIOR PADA SISWA KELAS X1 IPA 3 SMA I MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN

STUDI KASUS MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RENDAH DENGAN PENDEKATAN KONSELING BEHAVIOR PADA SISWA KELAS X1 IPA 3 SMA I MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN STUDI KASUS MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RENDAH DENGAN PENDEKATAN KONSELING BEHAVIOR PADA SISWA KELAS X1 IPA 3 SMA I MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Disusun Oleh : Nining Nurhayatun 2008-31-028

Lebih terperinci

Oleh: Egrita Buntara Widyaiswara Muda Balai Diklat Kepemimpinan www.bppk.depkeu.go.id/bdpimmagelang

Oleh: Egrita Buntara Widyaiswara Muda Balai Diklat Kepemimpinan www.bppk.depkeu.go.id/bdpimmagelang Pemimpin : Lakukan NetWORK Bukan NetSit Atau NetEat Oleh: Egrita Buntara Widyaiswara Muda Balai Diklat Kepemimpinan www.bppk.depkeu.go.id/bdpimmagelang Dalam rangka meningkatkan nilai dan kualitas kehidupan,

Lebih terperinci

Ketika Kamu Memperoleh Uang: Gunakan Uangmu Dengan Cerdas. Dipersembahkan oleh

Ketika Kamu Memperoleh Uang: Gunakan Uangmu Dengan Cerdas. Dipersembahkan oleh Ketika Kamu Memperoleh Uang: Gunakan Uangmu Dengan Cerdas Dipersembahkan oleh Aktivitas Ini Menjawab Pertanyaan... HALAMAN 2 SAYA TAHU APA YANG HARUS DILAKUKAN DENGAN UANG SAYA Mengapa ini penting? Memahami

Lebih terperinci

IKLIM ORGANISASI. Rangkaian Kolom Kluster I, 2012

IKLIM ORGANISASI. Rangkaian Kolom Kluster I, 2012 IKLIM ORGANISASI Sebuah mesin memiliki batas kapasitas yang tidak dapat dilampaui berapapun besaran jumlah energi yang diberikan pada alat itu. Mesin hanya dapat menghasilkan produk dalam batas yang telah

Lebih terperinci

101 Ide. Multifungsi. Ruang Luar Kaya Manfaat. Rahasia di Balik Dinding: Manfaatkan dan Optimalkan Sesuai Kebutuhan

101 Ide. Multifungsi. Ruang Luar Kaya Manfaat. Rahasia di Balik Dinding: Manfaatkan dan Optimalkan Sesuai Kebutuhan 101 Ide Multifungsi IKUTI! LOMBA DESAIN RUMAH Total Hadiah 45 juta Simak Infonya di Halaman 37 Ruang Luar Kaya Manfaat Rahasia di Balik Dinding: Manfaatkan dan Optimalkan Sesuai Kebutuhan Pojok Tersembunyi

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Pendidikan merupakan suatu unsur yang tidak bisa dipisahkan dari

BAB I PENDAHULUAN. Pendidikan merupakan suatu unsur yang tidak bisa dipisahkan dari BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang masalah Pendidikan merupakan suatu unsur yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia membutuhkan pendidikan untuk keberlangsungan hidupnya. Berdasarkan

Lebih terperinci

- ephy - Catatan dan Novela. dalamceritasaja.blogspot.com

- ephy - Catatan dan Novela. dalamceritasaja.blogspot.com - ephy - Catatan dan Novela dalamceritasaja.blogspot.com CATATAN DAN NOVELA Oleh: ephy Copyright 2013 by ephy Diterbitkan melalui: www.nulisbuku.com 2 Catatan Cinta Bintang dan Angkasa Sketsa Kasih Perempuan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. yang diajarkan adalah keinginan setiap orang tua (Ummu Shofi, 2008 : 2006).

BAB I PENDAHULUAN. yang diajarkan adalah keinginan setiap orang tua (Ummu Shofi, 2008 : 2006). 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Memiliki anak yang mudah dibimbing dan mudah mengerti segala hal yang diajarkan adalah keinginan setiap orang tua (Ummu Shofi, 2008 : 2006). Obsesi menjadikan

Lebih terperinci

PT GALACTIC MULTIMEDIA LUNCURKAN OOMPH, RUMAH ANDROID PUNYA INDONESIA

PT GALACTIC MULTIMEDIA LUNCURKAN OOMPH, RUMAH ANDROID PUNYA INDONESIA PT Galactic Multimedia Mobile Aplikasi hiburan pada platform Android sesuai minat masyarakat local Siaran Pers PT GALACTIC MULTIMEDIA LUNCURKAN OOMPH, RUMAH ANDROID PUNYA INDONESIA Jakarta, PT Galactic

Lebih terperinci

PERHATIAN: Anda TIDAK MEMILIKI hak untuk menjual materi ini

PERHATIAN: Anda TIDAK MEMILIKI hak untuk menjual materi ini PERHATIAN: Anda TIDAK MEMILIKI hak untuk menjual materi ini Copyright 2013 http://dellarosa.org ALL RIGHTS RESERVED Tidak ada bagian dalam produk ini yang boleh diperbanyak,disebarkan, disiarkan atau diproduksi

Lebih terperinci

Teknologi & Media Pembelajaran

Teknologi & Media Pembelajaran Teknologi & Media Pembelajaran Oleh: Khairul Umam dkk 1.1 Pengertian Secara etimologi, kata "media" merupakan bentuk jamak dari "medium", yang berasal dan Bahasa Latin "medius" yang berarti tengah. Sedangkan

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Pola Asuh Orang Tua 2.1.1 Pengertian Pola Asuh Orang Tua Menurut Hurlock (1999) orang tua adalah orang dewasa yang membawa anak ke dewasa, terutama dalam masa perkembangan. Tugas

Lebih terperinci

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MANAJEMEN WAKTU BELAJAR Bahan disajikan pada Character Development Training bagi mahasiswa Bidik-Misi UNM Abdullah Pandang UPT LAYANAN KONSELING DAN PSIKOLOGI MAHASISWA (LKPM) UNIVERSITAS NENEGERI MAKASSAR

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. hasil tes keterampilan membaca puisi untuk mengetahui kondisi awal keterampilan

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. hasil tes keterampilan membaca puisi untuk mengetahui kondisi awal keterampilan BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Penelitian Pada bab ini akan disajikan hasil penelitian tindakan kelas yang berupa hasil tes dan nontes. Hasil tes meliputi siklus I dan siklus II. Hasil

Lebih terperinci

14 Prinsip Sukses Yang Akan Merubah Hidup Anda!

14 Prinsip Sukses Yang Akan Merubah Hidup Anda! 14 Prinsip Sukses Yang Akan Merubah Hidup Anda! Hello teman-teman, di sini Tertius. Tulisan berikut ini bukan milik saya. Saya tidak mau jadi plagiator, yakni mengakui tulisan atau karya orang lain sebagai

Lebih terperinci

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI Semua gagasan besar manajemen hanya akan terhenti di dibelakang meja saja, apabila para pemimpin tidak memiliki kemampuan penyampaian pesan melalui komunikasi. Rencana seorang

Lebih terperinci

isi kita Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

isi kita Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. SUKACITA dari isi kita Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. (2 Kor. 9:7; Amsal 22:9 dan Sirakh 35:8) Cerialah dan bergembiralah senantiasa, karena Allah menghendaki untuk dilayani dengan

Lebih terperinci

PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN STANDAR PROSES. MULAI. Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN

PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN STANDAR PROSES. MULAI. Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN STANDAR PROSES. ALUR PROSES /FLOWCHART PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MULAI Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran Menetapkan rombongan belajar. Menetapkan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. berbagai masalah, misalnya tentang hal hal yang berkaitan dengan tugas perkembangan remaja

BAB I PENDAHULUAN. berbagai masalah, misalnya tentang hal hal yang berkaitan dengan tugas perkembangan remaja BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Setiap orang pasti punya masalah. Masalah merupakan satu hal yang selalu mengiringi kehidupan setiap manusia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Kehidupan

Lebih terperinci

CARA MENJUAL PRODUK ANDA SECARA EFEKTIF VIA EBAY

CARA MENJUAL PRODUK ANDA SECARA EFEKTIF VIA EBAY CARA MENJUAL PRODUK ANDA SECARA EFEKTIF VIA EBAY Yusnita Dewi Yusnita@raharja.info Abstrak Menjual produk adalah suatu proses yang dilakukan antara si penjual dan si pembeli, dimana kedua belah pihak sama

Lebih terperinci

Kami dapat membantu Anda belajar bahasa Inggris

Kami dapat membantu Anda belajar bahasa Inggris Kami dapat membantu Anda belajar bahasa Inggris Mengapa saya harus belajar bahasa Inggris? Kini setelah Anda berada di Australia, sangatlah penting bagi Anda untuk belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris

Lebih terperinci

PERANAN LOGIKA INFORMATIKA PADA HITUNGAN PERKALIAN BERBASIS HUKUM DISTRIBUTIF. Oleh RUSDY AGUSTAF

PERANAN LOGIKA INFORMATIKA PADA HITUNGAN PERKALIAN BERBASIS HUKUM DISTRIBUTIF. Oleh RUSDY AGUSTAF Jurnal Dinamika Informatika Volume 4, Nomor 1, Pebruari 2010 : 45-52 PERANAN LOGIKA INFORMATIKA PADA HITUNGAN PERKALIAN BERBASIS HUKUM DISTRIBUTIF Oleh RUSDY AGUSTAF Dosen Tetap Fakultas Teknik, Universitas

Lebih terperinci

Program Pembangunan Karakter Klinik Abu Albani Centre

Program Pembangunan Karakter Klinik Abu Albani Centre Program Pembangunan Karakter Klinik Abu Albani Centre Tujuan Pembangunan Karakter Anak : Membangun sikap dan watak seseorang sehingga mempunyai sebuah sikap yang dapat dinilai sebagai sikap yang baik menurut

Lebih terperinci

Modul Matematika Segi Empat

Modul Matematika Segi Empat Modul Matematika Segi Empat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP-Standar Isi 2006) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP Kelas VII Semester 2 Penulis : Tutik Shahidayanti Pembimbing :

Lebih terperinci

200 kata permenit (kpm) : Kecepatan baca rata-rata anak sekolah dasar.

200 kata permenit (kpm) : Kecepatan baca rata-rata anak sekolah dasar. PERHATIKAN data berikut. 200 kata permenit (kpm) : Kecepatan baca rata-rata anak sekolah dasar. Benar. Kecepatan baca rata-rata anak sekolah dasar, tepatnya mereka yang belum lama dan berlum berpengalaman

Lebih terperinci

Siap Hadapi Kerugian dalam Trading

Siap Hadapi Kerugian dalam Trading Siap Hadapi Kerugian dalam Trading Kerugian adalah hal yang pasti pernah dialami oleh trader manapun, bahkan sejago apapun pasti pernah merasakan kerugian satu-dua kali. Baik itu trader pemula maupun yang

Lebih terperinci

SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN MINAT DAN BUDAYA BACA

SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN MINAT DAN BUDAYA BACA SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN MINAT DAN BUDAYA BACA Disajikan Dalam Rangka Memenuhi Tugas Pelatihan Petugas Perpustakaan Oleh VEGASARI YUNIATI BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KOTA SURABAYA 2010 1 Sesal Seandainya

Lebih terperinci

Bagaimana Mendapatkan Full UK Licence Selama Studi di UK?

Bagaimana Mendapatkan Full UK Licence Selama Studi di UK? Bagaimana Mendapatkan Full UK Licence Selama Studi di UK? Atas permintaan teman-teman dan Pak Atdik, saya akan berbagi sedikit tips untuk dapat mengendarai mobil dengan tenang di UK, tentu dengan Full

Lebih terperinci

KATA-KATA BIJAK 2 TOKOH INDONESIA. A. Kata-kata Bijak KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

KATA-KATA BIJAK 2 TOKOH INDONESIA. A. Kata-kata Bijak KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) KATA-KATA BIJAK 2 TOKOH INDONESIA A. Kata-kata Bijak (Gus Dur) 1. "Betapa banyak hal-hal tragis/ menyedihkan terjadi karena kita tidak dapat membedakan antara mengetahui dan mengerti akan perjalanan hidup."

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. sangat padat (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan sebagainya)

BAB I PENDAHULUAN. sangat padat (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan sebagainya) BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Pembelajaran operasi hitung adalah pelajaran yang banyak memerlukan keterampilan berpikir dan berkonsentrasi, sebab materi-materi operasi hitung yang sangat

Lebih terperinci

MENOLONG ANAK MENGGENAPKAN RENCANA ALLAH DALAM HIDUPNYA

MENOLONG ANAK MENGGENAPKAN RENCANA ALLAH DALAM HIDUPNYA MENOLONG ANAK MENGGENAPKAN RENCANA ALLAH DALAM HIDUPNYA Sekarang saatnya kita bertanya bagaimana menjalankan peran sebagai orang dalam kehidupan anak? Sebab menolong anak untuk mengerti panggilan dan misi

Lebih terperinci

dengan acara yang dibawakan

dengan acara yang dibawakan Saya Cahyo Dian Prasetyo mahasiswa Universitas Esa Unggul jurusan Broadcasting, saat ini sedang melakukan penelitian sebagai syarat kelulusan untuk memperoleh gelar Strata 1. Sehubungan dengan hal ini

Lebih terperinci

Masa Kanak-Kanak Akhir. Siti Rohmah Nurhayati

Masa Kanak-Kanak Akhir. Siti Rohmah Nurhayati Masa Kanak-Kanak Akhir Siti Rohmah Nurhayati MASA KANAK-KANAK AKHIR Masa kanak-kanak akhir sering disebut sebagai masa usia sekolah atau masa sekolah dasar. Masa ini dialami anak pada usia 6 tahun sampai

Lebih terperinci

PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PELAKSANAAN ULANGAN HARIAN DALAM MATA PELAJARAN

PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PELAKSANAAN ULANGAN HARIAN DALAM MATA PELAJARAN PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PELAKSANAAN ULANGAN HARIAN DALAM MATA PELAJARAN PKn Studi Kasus: Siswa Kelas VII B MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014) NASKAH PUBLIKASI

Lebih terperinci

Belajar menjadi Mudah dan Menyenangkan

Belajar menjadi Mudah dan Menyenangkan Belajar menjadi Mudah dan Menyenangkan KASUS I Dominasi guru (teacher center) Siswa sebagai objek pembelajar Sumber belajar terbatas Kurang komunikatif Berfikir tingkat rendah Pembelajaran tidak menyenangkan

Lebih terperinci

4 Langkah Mudah Kemitraan SPBU Pertamina

4 Langkah Mudah Kemitraan SPBU Pertamina BAB JUDUL 1 4 Langkah Mudah Kemitraan SPBU Pertamina Application User Guideline OVERVIEW User Manual Aplikasi Management Registrasi Online SPBU ini disusun untuk memudahkan pengguna dalam mengisi Aplikasi

Lebih terperinci

Bacalah dengan teliti, ini sangat penting!

Bacalah dengan teliti, ini sangat penting! Bacalah dengan teliti, ini sangat penting! Pernah ada anak lelaki dengan watak buruk. Ayahnya memberi dia sekantung penuh paku, dan menyuruh memaku satu batang paku di pagar pekarangan setiap kali dia

Lebih terperinci

3.1 Pendekatan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendayagunaan konteks dalam

3.1 Pendekatan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendayagunaan konteks dalam 29 BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Pendekatan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendayagunaan konteks dalam tindak tutur anak usia tujuh tahun. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian

Lebih terperinci

Yohanes 16. Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Pekerjaan Roh Kudus Dukacita dan Sukacita Kemenangan atas Dunia PEKERJAAN ROH KUDUS

Yohanes 16. Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Pekerjaan Roh Kudus Dukacita dan Sukacita Kemenangan atas Dunia PEKERJAAN ROH KUDUS Yohanes 16 Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Pekerjaan Roh Kudus Dukacita dan Sukacita Kemenangan atas Dunia PEKERJAAN ROH KUDUS Bacalah Yohanes 16:4-15 Pada perjamuan terakhir bersama murid-muridnya,

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. Dewasa ini, penggunaan bahasa kedua (misal: bahasa Inggris) di Indonesia

BAB 1 PENDAHULUAN. Dewasa ini, penggunaan bahasa kedua (misal: bahasa Inggris) di Indonesia BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dewasa ini, penggunaan bahasa kedua (misal: bahasa Inggris) di Indonesia bukan merupakan sesuatu yang asing lagi ditelinga kita bahkan sudah merupakan hal yang perlu

Lebih terperinci

Mendengar Secara Aktif

Mendengar Secara Aktif Mendengar Secara Aktif Selama kursus ini, anda akan melihat bahwa pertanyaan (bagaimana merumuskan pertanyaan, bagaimana mengajukannya dan jenis pertanyaan apa yang diajukan) akan menjadi tema yang konstan.

Lebih terperinci