MICROSOFT EXCEL INTRODUCTION

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "MICROSOFT EXCEL INTRODUCTION"

Transkripsi

1 MICROSOFT EXCEL INTRODUCTION

2 Subject Tampilan/Interface Workbook Worksheet Pengoperasian File

3 INTERFACE & FUNCTION EXPLANATION

4 Microsoft Excel 2007 Interface Pada Windows Ms. Excel 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda masing-masing komponen berikut) : Office Button Quick Access Tool bar Menu bar, dll

5

6

7 Interface Explanation Office Button : Terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close. Quick Access Toolbar : terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja pemakai. Isinya hamper sama dengan perintah-perintah di Office Button. Menu Bar : terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007, yaitu Home, Insert, Page, Layout, Formulas, Data, Review, View. Title Bar : Berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.

8 Interface Explanation Tool Bar : tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah Tombol Ukuran : digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja. Name Box : Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box Formula Bar : Pemakan bisa mengedit data pada sebuah sel Sel Aktif : tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal

9 Interface Explanation Column : Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD Baris : untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari Tab worksheet : Perintah dimana pemakai bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah. Insert Worksheet : Dengan menekan Insert Worksheet pemakai bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya

10 Interface Explanation Status Bar : Status lembar kerja pemakai Document Area : Lembar kerja yang aktif Horizontal Scroll Bar : perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan. Vertical Scroll Bar : Perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah Tampilan Layar : Terdiri dari eprintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview Zoom : perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja pemakai.

11 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Menu Home, bisa klik tab Menu Home atau tekan Alt + H, perhatikan ribbon menu yang tampil.

12 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Menu Insert, bisa klik tab Menu Insert atau tekan Alt + N, perhatikan ribbon menu yang tampil.

13 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Menu Page Layout, bisa klik tab Menu Page Layout atau tekan Alt + P, perhatikan ribbon menu yang tampil.

14 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Menu Formulas, bisa klik tab Menu Formulas atau tekan Alt + M, perhatikan ribbon menu yang tampil.

15 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Menu Data, bisa klik tab Menu Data atau tekan Alt + A, perhatikan ribbon menu yang tampil.

16 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Menu Review, bisa klik tab Menu Review atau tekan Alt + R, perhatikan ribbon menu yang tampil.

17 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Menu View, bisa klik tab Menu View atau tekan Alt + W, perhatikan ribbon menu yang tampil.

18 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Office Button, bisa klik tab Menu Office Button atau tekan Alt + F, perhatikan ribbon menu yang tampil.

19 Mengaktifkan Menu Pada Ms. Excel 2007 Mengaktifkan Office Button, bisa klik tab Menu Office Button atau tekan Alt + F, perhatikan ribbon menu yang tampil. Note : Jika mouse terdapat tombol scroll Maka dapat berpindah satu menu Ke menu lainnya dengan menggeser Tombol scroll yang ada pada mouse

20 New Document Excel Klik Office Button -> New Pilih Blank Document -> Create

21 Save Document Excel Klik Office Button Pilih Save atau Save As Excel Document Pilih folder Document File name Save

22 Tugas 1 Ketikkan dokumen berikut dan setelah selesai simpan dengan nama Tugas1ku.

23 WOORKBOOK & WOORKSHEET

24 Woorkbook & Woorksheet Woorkbook adalah buku kerja atau file kerja excel yang di dalamnya terdapat sheets yang terdiri dari kumpulan cell, biasanya berekstensi xls atau xlsx. Woorksheet adalah lembaran kerja dalam Micrososft Excel yang terdiri dari kolom dan baris atau biasa yang disebut dengan cell.

25 Woorkbook Saat pemakai memulai bekerja dengan Excel 2007, aplikasi ini akan mulai dengan workbook yang kosong dengan tiga bagian worksheet yang bisa terlihat di bagian kiri bawah dari workbook. Pemakai bisa menghapus, menambah, mengubah, menyembunyikan worksheet di dalam workbook tanpa harus menghapusnya secara bebas. Pemakai juga bisa meng-copy worksheet tersebut ke dalam workbook baru, atau memindahkan worksheet tersebut ke dalam workbook baru tanpa meninggalkan bekas.

26

27 Membuat Worksheet baru Klik Tombol Insert Worksheet pada tab Worksheet

28 Menambah Worksheet Baru Mendapatkan worksheet baru dibelakang Worksheet yang telah ada.

29 Mengubah Nama Worksheet Klik Kanan pada worksheet yang ingin diganti nama-nya Pada menu pop-up yang muncul klik Rename Masukkan nama worksheet yang baru lalu Enter

30 Menghapus Worsheet Klik kanan pada worksheet yang ingin dihapus. Pada menu pop-up yang mncul klik Delete Maka worksheet akan terhapus

31 Proteksi pada Worksheet Proteksi seluruh worksheet Sorot seluruh cell pada worksheet atau dengan menekan tombol Select All pada bagian kiri atas worksheet

32 Proteksi pada Worksheet Pada tab Home kategori Cells, pilih Format lalu nonaktifkan Lock Cell Pada table Home kategori Cells, pilih Format lalu klik Protect Sheet sehingga akan muncul kotak dialog Protect Sheet.

33 Proteksi pada Worksheet Pada kotak dialog Protect Sheet, Pemakai diminta memasukkan password yang nantinya berfungsi untuk membuka proteksi dan mengatur pengecualian terhadap proteksi worksheet yang pemakai buat. Jika sudah tekan OK. Excel akan meminta pemakai memasukkan password satu kali lagi pada kotak dialog (Confirm Password)

34 Proteksi pada Worksheet Seluruh Worksheet Anda kini telah diproteksi dan tidak dapat melakukan eprubahan pada worksheet tersebut. Untuk membuka proteksinya, pada tab Home kategori Cells, pilih Format lalu klik Unprotect Sheet dan Anda diminta memasukkan password.

35 Mengenal & Membuat Range Langkah langkah membuat range : Letakkan kursor pada sel awal range yang di inginkan Klik dan tahan tombol kiri mouse Bawa kursor ke sel akhir range Lepaskan tombol kiri mouse

36 Proteksi pada Cell/range tertentu Sorot seluruh cell pada worksheet atau dengan menekan tombol Select All pada bagian kiri atas worksheet

37 Proteksi pada Cell/range tertentu Pada tab Home kategori Cells, pilih Format lalu pastikan toogle button Lock Cell tidak sedang dalam keadaan tidak aktif.

38 Proteksi pada Cell/range tertentu Tentukan range yang akan di proteksi

39 Proteksi pada Cell/range tertentu Pada tab Home kategori Cells, pilih Format, klik Lock Cell.

40 Proteksi pada Cell/range tertentu Pada table Home kategori Cells, pilih Format lalu klik Protect Sheet sehingga akan muncul kotak dialog Protect Sheet.

41 Proteksi pada Cell/range tertentu Pada kotak dialog Protect Sheet, diminta memasukkan password yang nantinya berfungsi untuk membuka proteksi dan mengatur pengecalian terhadap proteksi worksheet yang dibuat. Dalam hal ini biarkan Ceklist pada Select Unmlocked Celss dan hilangkan Ceklist pada Select Locked Cells, jika sudah tekan OK. Excel akan meminta pemakai memasukkan password sekali lagi untuk CONFIRM PASSWORD.

42 Proteksi pada Cell/range tertentu Bagian worksheet yang dipilih pada contoh ini yaitu Range B5:D10 telah diproteksi dan Anda tidak dapat melakukan perubahan pada worksheet tersebut.

43 Proteksi pada Cell/range tertentu Untuk membuka proteksinya, pada tab Home kategori Cells, pilih Format lalu klik Unprotect Sheet dan Masukkan password sebelumnya.

44 Fasilitas Autofill Masukkan dua data pertama pada sel. Buat range pada kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang terletak pada sudut kanan bawah range. Kotak yang menampilkan isi sel akan muncul. Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan terisi secara otomotis dengan data yang berurutan.

45

46 Fasilitas Autofill Memasukkan variasi data yang berupa angka dan teks. Masukkan dua data pertama pada sel. Buat range pada kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang terletak pada sudut kanan bawah range. Kotak yang menampilkan isi sel akan muncul. Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan terisi data angka dan teks secara berurutan

47

48 Maka, seluruh sel pada range tersebut akan terisi data tanggal bulan dan tahun secara berurutan. Fasilitas Autofill Memasukkan data hari, bulan serta tanggal. Masukkan dua data pertama pada sel. Buat range pada kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang terletak pada sudut kanan bawah range. Geser mouse untuk memperbesar area range sesuai dengan keinginanmu. Kotak yang menampilkan isi sel akan muncul. Lepaskan tombol mouse kiri.

49

50 Jenis Kursor Pada Excel Pada Excel terdapat beberapa macam jenis atau tipe kursor. Dan setiap kursor tersebut memiliki fungsi masing. Berikut perbedaan dari Excel. Ketikkan di lembar kerja Excel.

51 Jenis Kursor Pada Excel Kursor Seleksi

52 Jenis Kursor Pada Excel Kursor Tampilan Blok

53 Jenis Kursor Pada Excel Kursor Untuk Memindahkan

54 Proteksi Pada Workbook Excel memberikan proteksi pada workbook Anda dengan tingkat yang berlapis, workbook Anda pun dapat diproteksi untuk menambah tingkat keamanan. Caranya adalah sebagai berikut : Pada tab Review kategori Changes, pilih Protect Workbook lalu klik Protect Structure and Windows sehingga muncul kotak dialog Protect Structure and Windows.

55 Proteksi Pada Workbook

56 Proteksi Pada Workbook Pada kotak dialog ini, ada 2 pilihan yang diberikan Excel. Structure, berfungsi untuk memberikan proteksi terhadap struktur workbook Anda, seperti menambah sheet baru, menghapus, memindahkan, mengubah nama dan menyembunyikan sheet. Windows, berfungsi untuk memberikan proteksi terhadap ukuran dan posisi workbook Anda ketika workbook dibuka.

57 Proteksi Pada Workbook Pilih proteksi yang Anda ingin untuk workbook Anda dan isikan password. Klik OK. Excel akan meminta Anda memasukkan password satu kali lagi pada kotak dialog Confirm password, hal ini dilakukan untuk memastikan Anda tidak melakukan kesalahan dalam pengisian password. Lalu klik OK.

58 Proteksi Pada Workbook

59 Proteksi Pada Workbook Workbook Anda telah diproteksi, kini Anda tidak dapat melakukan perubahan pada workbook Anda. Untuk membuka proteksinya, pada tab Review kategori Changes, pilih Protect Workbook lalu klik Protect Structure and Windows. Anda akan diminta memasukkan password.

60 Proteksi Pada Workbook

61 Security Option Seperti halnya aplikasi Office yang lain, Excel juga mempunyai fasilitas Security Option yang berfungsi untuk membatasi pengguna lain dalam pemakaian workbook Anda. Fasilitas ini dapat Anda lakukan ketika anda menyimpan workbook anda. Caranya adalah sebagai berikut : Klik Office Button lalu pilih Save As sehingga muncul kotak dialog Save As.

62 Security Option

63 Security Option Pada kotak dialog Save As, klik Tools > General Options sehingga muncul kotak dialog General Options.

64 Security Option Pada kotak dialog General Options ada 2 jenis Password yang ditawarkan Excel, Open untuk membuka workbook dan Modify untuk mengubah isi workbook. Isikan password pada jenis password yang Anda inginkan. Excel akan meminta Anda memasukkan password satu kali lagi pada kotak dialog Confirm password, hal ini dilakukan untuk memastikan Anda tidak melakukan kesalahan dalam pengisian password. Lalu klik OK.

65 Security Option

66 Security Option Sekarang jika Anda membuka workbook Anda, Anda harus memasukkan password terlebih dahulu, jika salah workbook Anda tidak akan terbuka. Untuk membuka proteksinya, lakukan hal yang sama ketika mebuat proteksi hanya saja kosongkan isian pada password.

67 Manajemen Worksheet dan Workbook Mengisi Data Secara Otomatis ke Dalam Cell Jika Anda sering menuliskan kata atau kalimat panjang berulang-ulang setiap waktu seperti nama perusahaan atau nama barang, Excel memberikan kemudahan bagi Anda untuk mempercepat menuliskan kata atau kalimat tersebut sehingga Anda tak perlu lagi menuliskannya begitu panjang. Caranya adalah sebagai berikut : Klik Office Button lalu pilih Excel Options sehingga muncul kotak dialog Excel Options. Pada tab Proofing, klik AutoCorrect Options sehingga muncul kotak dialog AutoCorrect.

68 Manajemen Worksheet dan Workbook

69 Manajemen Worksheet dan Workbook

70 Manajemen Worksheet dan Workbook Pada kotak dialog AutoCorrect tab AutoCorrect, isikan inisial atau singkatan yang akan Anda pakai ketika menulis di Cell pada kotak isian Replace, dan isikan kata atau kalimat yang ingin dimunculkan ketika Anda menulis inisial atau singkatan tadi pada kotak isian With. Contohnya, untuk mempercepat penulisan PT ValueStream International Anda cukup tuliskan singkatan `vsi pada cell. Klik Add, lakukan hal serupa untuk singkatan selanjutnya. Jika sudah tekan OK. Sekarang coba tuliskan `vsi pada salah satu cell, ketika Anda menekan Enter singkatan `vsi tadi berubah menjadi PT ValueStream International.

71 Manajemen Worksheet dan Workbook Untuk meneruskan kembali penulisan, tempatkan kursor di B6, lalu tekan F2 pada keyboard.

72 Menggabungkan Worksheet Jika Anda sering bekerja dengan workbook yang memiliki format worksheet yang sama, adakalanya worksheet tersebut Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Namun untuk perubahan yang sedikit akan dirasa begitu banyak jika worksheet Anda berjumlah belasan atau bahkan puluhan. untuk mengatasinya, Excel menyediakan fasilitas Grouping Sheet yang memudahkan Anda memodifikasi beberapa sheet sekali dalam satu waktu. Caranya adalah seperti berikut :

73 Menggabungkan Worksheet Pilih Sheet mana saja yang akan Anda modifikasi, caranya dengan klik sheet tersebut sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard. Jika seluruh sheet yang akan Anda modifikasi, cukup klik kanan pada salah satu sheet lalu pilih Select all sheets.

74 Menggabungkan Worksheet Pada title bar akan muncul kata [Group] pada akhir nama Workbook. Ini menunjukkan seluruh atau beberapa sheet sedang dipilih.

75 Menggabungkan Worksheet Setelah itu Anda dapat melakukan modifikasi, seperti mengganti isi cell, shading, edit formula, insert atau delete baris dan kolom dan yang lainnya. Sebagai contoh, lakukan modifikasi berikut : Ganti kata Daily Transaction menjadi Transaksi Harian. Ganti warna font judul kolom (A4:G4) menjadi warna putih. Pada cell B5 tambahkan kata Saldo Awal. Sisipkan Kolom Referensi antara kolom F (Keluar) dengan Kolom G (Jumlah). Sehingga tampilannya menjadi seperti

76 Menggabungkan Worksheet

77 Menggabungkan Worksheet Sekarang perhatikan pada tiap sheet, perubahan yang tadi Anda buat juga terjadi pada seluruh sheet. Tapi pada mode grouping ini, fitur Conditional Formatting dan Format as Table dan seluruh fitur di tab Data dan Insert (kecuali Header&Footer) tidak dapat digunakan. Untuk mengakhiri mode grouping ini, klik di salah satu nama sheet dan pastikan kata [Group] telah hilang dari title bar.

78 Menambahkan Header dan Footer Anda dapat memberikan keterangan tambahan pada workbook Anda dengan menggunakan Header dan Footer seperti tanggal dan waktu, halaman, lokasi penyimpanan workbook, nama workbook dan gambar. Cara membuatnya yaitu : Pada tab Page Layout, kategori Page Setup klik icon panah di sebelah kanan bawah.

79 Menambahkan Header dan Footer

80 Menambahkan Header dan Footer Ketika muncul kotak dialog Page Setup, pilih tab Header/Footer, lalu klik button Custom Header atau Costum Footer sesuai keinginan Anda sehingga akan muncul kotak dialog Header atau Footer.

81 Menambahkan Header dan Footer Keterangan yang dapat ditambahkan yaitu nomor halaman, jumlah halaman, tanggal, waktu, lokasi penyimpanan, nama file, nama sheet dan gambar. Ada beberapa section yang ditawarkan, Anda dapat memilih tambahan informasi tersebut ingin ditempatkan di sebelah kiri, tengah atau kanan. Sebagai contoh, pada header tambahkan nama workbook di left section, nama sheet di center section dan tanggal di right section, klik OK. Sehingga tampilan pada kotak dialog Header dan workbook akan menjadi seperti ini :

82 Menambahkan Header dan Footer

83 Menambahkan Header dan Footer

84 Menyimpan WorkBook dalam Format PDF/XPS Excel dapat menyimpan workbook Anda menjadi format PDF atau XPS yang memudahkan Anda untuk medistribusikannya secara elektronik. Caranya adalah seperti berikut ini : Tentukan workbook mana yang akan Anda simpan dengan format PDF/XPS Pada Office Button pilih Save As > PDF or XPS sehingga akan muncul kotak dialog Save As. Sebagai contoh simpan workbook Anda dengan format PDF.

85 Menyimpan WorkBook dalam Format PDF/XPS

86 Menyimpan WorkBook dalam Format PDF/XPS Tentukan dimana Anda akan menyimpannya, dan klik button Options

87 Menyimpan WorkBook dalam Format PDF/XPS Pada kotak dialog Options tentukan pada area mana Anda akan menyimpan menjadi format PDF, lalu klik OK dan Publish.

88 Menyimpan WorkBook dalam Format PDF/XPS Setelah proses Publishing, dokumen dengan format PDF akan terbuka secara otomatis dan tampilannya akan seperti berikut ini :

89 Menyimpan WorkBook dalam Format PDF/XPS

90 END OF FILE Thank You Merci. Arigato.

APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN B BAB 2 LEMBAR KERJA PADA MS EXCEL

APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN B BAB 2 LEMBAR KERJA PADA MS EXCEL APLIKASI MANAJEMEN PERKANTORAN B BAB 2 LEMBAR KERJA PADA MS EXCEL PEMBAHASAN Mengenal komponen komponen dari Microsoft Excel : TAMPILAN LEMBAR KERJA MENU BAR STANDARD TOOLBAR FORMATTING TOOLBAR FORMULA

Lebih terperinci

BAB I Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka

BAB I Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka BAB I Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka A. Mengenal Microsoft Excel Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar

Lebih terperinci

PERTEMUAN 8: MENGOPERASIKAN DASAR DASAR MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007

PERTEMUAN 8: MENGOPERASIKAN DASAR DASAR MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007 PERTEMUAN 8: MENGOPERASIKAN DASAR DASAR MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007 A. TUJUAN PEMBELAJARAN Pada bab ini akan dijelaskan mengenai mengoperasikan dasar dasar Microsoft Office Excel 2007. Melalui Penjelasan

Lebih terperinci

MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET

MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi dan software aplikasi Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Spreadsheet Kelas :

Lebih terperinci

Modul ke: Aplikasi Komputer. Microsoft Word. Fakultas TEKNIK. Muhammad Rifqi, S.Kom, M.Kom. Program Studi. Ilmu Komputer.

Modul ke: Aplikasi Komputer. Microsoft Word. Fakultas TEKNIK. Muhammad Rifqi, S.Kom, M.Kom. Program Studi. Ilmu Komputer. Modul ke: Aplikasi Komputer Microsoft Word Fakultas TEKNIK Muhammad Rifqi, S.Kom, M.Kom Program Studi Ilmu Komputer http://www.mercubuana.ac.id MEMULAI MS WORD Klik START > Program > Micorosoft Office

Lebih terperinci

DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto

DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto 1. Penempatan Jari Pada Keyboard Penempatan jari pada keyboard khususnya pada Type Write Keypad sama persis dengan penempatan jari

Lebih terperinci

BAB I Membuat Dan Menyimpan Lembar Kerja Pengolah Angka

BAB I Membuat Dan Menyimpan Lembar Kerja Pengolah Angka BAB I Membuat Dan Menyimpan Lembar Kerja Pengolah Angka 1. Menjalankan Microsoft Excel 2007 a. Cara 1 : Klik tombol Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 2007. b. Cara 2 : Klik

Lebih terperinci

PERTEMUAN I PENGENALAN SHEET

PERTEMUAN I PENGENALAN SHEET PERTEMUAN I PENGENALAN SHEET Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan

Lebih terperinci

1. Pendahuluan. 2. Mengaktifkan Microsoft Excell. 3. Mengenal Lingkungan Kerja Microsoft Excell 4. Mengakhiri Microsoft Excell

1. Pendahuluan. 2. Mengaktifkan Microsoft Excell. 3. Mengenal Lingkungan Kerja Microsoft Excell 4. Mengakhiri Microsoft Excell By F. Denie Wahana 1. Pendahuluan 2. Mengaktifkan Microsoft Excell 3. Mengenal Lingkungan Kerja Microsoft Excell 4. Mengakhiri Microsoft Excell Program aplikasi pengolah angka Microsoft Excel disebut

Lebih terperinci

Pokok Bahasan Membuat dan Menempatkan Tabel Menempatkan Footnotes Menempatkan Komentar (Comment) Mencetak Dokumen

Pokok Bahasan Membuat dan Menempatkan Tabel Menempatkan Footnotes Menempatkan Komentar (Comment) Mencetak Dokumen Membuat Tabel, Footnote, Komentar dan Mencetak pada Word 2007 Pokok Bahasan Membuat dan Menempatkan Tabel Menempatkan Footnotes Menempatkan Komentar (Comment) Mencetak Dokumen 36 JBK Microsoft Office 2007

Lebih terperinci

APLIKASI KOMPUTER. Pokok Bahasan : MS. WORD (BAGIAN 1) Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM. Modul ke: Fakultas MKCU

APLIKASI KOMPUTER. Pokok Bahasan : MS. WORD (BAGIAN 1) Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM. Modul ke: Fakultas MKCU APLIKASI KOMPUTER Modul ke: Pokok Bahasan : MS. WORD (BAGIAN 1) Fakultas MKCU Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM Program Studi Sistem Informasi & MarComm www.mercubuana.ac.id PENGERTIAN MICROSOFT WORD Microsoft

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA

MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA A. MENYALAKAN KOMPUTER Pastikan Kabel Supply terhubung ke PLN, kemudian lakukan langkah sbb: 1. Nyalakan Stabilizer 2. Nyalakan

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007 Bagian 1: Mengenal Microsoft Office Word 2007 1.1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007 Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah: Klik Tombol Start yang ada di taskbar. Pilih menu All Program

Lebih terperinci

Microsoft Excel. I. Pendahuluan

Microsoft Excel. I. Pendahuluan Microsoft Excel I. Pendahuluan Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang bekerja dibawah Sistem Operasi Windows. Microsoft Excel dapat digunakan untuk menghitung angka-angka, bekerja

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

KATA PENGANTAR. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. KATA PENGANTAR M icrosoft Excel adalah program untuk mengolah lembar kerja yang paling populer saat ini. Dengan Excel, kita bisa membuat dan menganalisa berbagai data, menghitung dan membuat grafik. Modul

Lebih terperinci

Mengenal Microsoft Word 2010

Mengenal Microsoft Word 2010 Mengenal Microsoft Word 2010 Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak (software) pengolah kata yang bernama Microsoft Word (MS Word). Sejak pertama kali dirilis tahun 1983 dengan nama

Lebih terperinci

PERTEMUAN 1 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE WORD 2007

PERTEMUAN 1 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE WORD 2007 PERTEMUAN 1 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE WORD 2007 Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk

Lebih terperinci

Persiapan Sertifikasi MOS Microsoft Excel Rabu, 30 Januari 2013 Gedung Pusat Komputer

Persiapan Sertifikasi MOS Microsoft Excel Rabu, 30 Januari 2013 Gedung Pusat Komputer Persiapan Sertifikasi MOS Microsoft Excel 2010 Rabu, 30 Januari 2013 Gedung Pusat Komputer 1 Topik Pembahasan Komponen Antarmuka Excel 2010 Istilah-Istilah Excel 2010 Fitur-Fitur Populer Latihan Soal dan

Lebih terperinci

2. What s the name of picture or symbol in desktop which has fuction to open Program? a. toolbar b. icon c. shortcut d. menu

2. What s the name of picture or symbol in desktop which has fuction to open Program? a. toolbar b. icon c. shortcut d. menu 1. Look at the picture toolbar above, in microsoft word program this toolbar is called. a. drawing toolbar b. standart toolbar c. formatting toolbar d. table and borders toolbar 2. What s the name of picture

Lebih terperinci

Membuat Buku Kerja dengan Microsoft Excel

Membuat Buku Kerja dengan Microsoft Excel Pelajaran 5 Membuat Buku Kerja dengan Microsoft Excel A B C D 1 Nama Murid Jenis Kelamin Nilai Matematika Keterangan 2 Andi L 8 Lulus 3 Siti Nurlaela P 8 Lulus 4 Dinar Nugraha L 8 Lulus 5 Bayu Purbaya

Lebih terperinci

SOAL LATIHAN UTS GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/ / TIK / 2012 KAPAN BAE SING PENTING SEDURUNG UTS KAPAN BAE SING PENTING 180 MENIT

SOAL LATIHAN UTS GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/ / TIK / 2012 KAPAN BAE SING PENTING SEDURUNG UTS KAPAN BAE SING PENTING 180 MENIT SOAL LATIHAN UTS TIK XI SEMESTER GENAP HAL 1 PEMERINTAH KOTA CIREBON DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 1 CIREBON Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 81 Telp. 203666 Fax. 208011 web www.smansacirebon.sch.id email info@smansacirebon.sch.id

Lebih terperinci

MODUL MENGENAL PROGRAM PENGOLAH ANGKA. Oleh: Dian C. Rusliadi. Web:

MODUL MENGENAL PROGRAM PENGOLAH ANGKA. Oleh: Dian C. Rusliadi.   Web: MODUL MENGENAL PROGRAM PENGOLAH ANGKA Oleh: Dian C. Rusliadi Email: dian.quinnara@gmail.com Web: http://halodian.wordpress.com http://halodian.wordpress.com Page 1 A. PROGRAM PENGOLAH ANGKA Perangkat lunak

Lebih terperinci

Ketika jendela Microsoft Word dibuka, maka secara otomatis akan disediakan 1 buah dokumen baru. Untuk menambahkan dokumen baru, caranya :

Ketika jendela Microsoft Word dibuka, maka secara otomatis akan disediakan 1 buah dokumen baru. Untuk menambahkan dokumen baru, caranya : BAB 2 A. Menggunakan Menu dan Ikon Standar Pengolahan dokumen meliputi : 1. Membuat Dokumen Baru Ketika jendela Microsoft Word dibuka, maka secara otomatis akan disediakan 1 buah dokumen baru. Untuk menambahkan

Lebih terperinci

APLIKASI KOMPUTER. Pokok Bahasan : MS. Excell 2010 (Bagian 2) Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM. Modul ke: Fakultas MKCU

APLIKASI KOMPUTER. Pokok Bahasan : MS. Excell 2010 (Bagian 2) Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM. Modul ke: Fakultas MKCU APLIKASI KOMPUTER Modul ke: Pokok Bahasan : MS. Excell 2010 (Bagian 2) Fakultas MKCU www.mercubuana.ac.id Anggun Puspita Dewi, S.Kom., MM Program Studi Sistem Informasi & MarComm Micosoft Excel 2010 Untuk

Lebih terperinci

Paket Aplikasi : Microsoft Office Power Point

Paket Aplikasi : Microsoft Office Power Point P11 & 12 Paket Aplikasi : Microsoft Office Power Point 11.1. TUJUAN Mahasiswa memahami dan terampil menggunakan paket aplikasi presentasi. 11.2. PEMBAHASAN Membuka aplikasi Microsoft Office Power Point

Lebih terperinci

PEMBUATAN DOKUMEN. Untuk mengubah ukuran kertas dan orientasi pencetakan dapat dilakukan langkah berikut:

PEMBUATAN DOKUMEN. Untuk mengubah ukuran kertas dan orientasi pencetakan dapat dilakukan langkah berikut: PEMBUATAN DOKUMEN I. PENGETIKAN DAN PENGATURAN TEKS Membuka Halaman Kerja Ms. Word Start Microsoft Office Microsoft Office Word 2007 Muncul Lembar Kerja Ms. Word yang secara otomatis diberi nama Document1

Lebih terperinci

ULANGAN TENGAH SEMESTER Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas / Semester : VIII ( Delapan ) / 1 Hari / Tanggal : W a k t u :

ULANGAN TENGAH SEMESTER Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas / Semester : VIII ( Delapan ) / 1 Hari / Tanggal : W a k t u : PEMERINTAH KOTA SEMARANG DINAS PENDIDIKAN SMP NEGERI 37 SEMARANG Jl. Sompok No. 43 Telp. 8446802, Fax, (8446802) Semarang ULANGAN TENGAH SEMESTER Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas

Lebih terperinci

MODUL PPN: MICROSOFT EXCEL

MODUL PPN: MICROSOFT EXCEL MODUL PPN: MICROSOFT EXCEL Tentang Microsoft Office Microsoft Excel adalah salah satu bagian dari paket Microsoft Office, yaitu sekumpulan perangkat lunak untuk keperluan perkantoran secara umum. Berikut

Lebih terperinci

Bekerja Dengan Lembar Kerja Excel

Bekerja Dengan Lembar Kerja Excel Bekerja Dengan Lembar Kerja Excel A. Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Excel Langkah-langkahnya : 1. Klik File pada menubar > New. 2. Pada Kotak Dialog yang muncul Pilih > Blank Document > klik tombol

Lebih terperinci

MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN PROGRAM PENGOLAH ANGKA (MS. EXCEL) Oleh EDI SETIAWAN

MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN PROGRAM PENGOLAH ANGKA (MS. EXCEL) Oleh EDI SETIAWAN MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN PROGRAM PENGOLAH ANGKA (MS. EXCEL) Oleh EDI SETIAWAN ELEMEN-ELEMEN DASAR JENDELA KERJA MICROSOFT EXCEL Baris Judul (Tittle Bar), bagian ini berisi nama file dan nama program

Lebih terperinci

Pengenalan Microsoft Excel 2007

Pengenalan Microsoft Excel 2007 Pengenalan Microsoft Excel 2007 Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.

Lebih terperinci

Latihan 1: Mengoperasikan Excel

Latihan 1: Mengoperasikan Excel Student Exercise Series: Microsoft Office Excel 007l Latihan : Mengoperasikan Excel Buatlah sebuah buku kerja baru, kemudian ketikkan teks-teks berikut ini. Simpan hasilnya dengan nama Lat-0 dalam folder

Lebih terperinci

Modul ke: Aplikasi komputer. Microsoft Excel 2010 Bagian 1. 09Fakultas FASILKOM. Wardhana., S.Kom., S.T., MM. Program Studi MKCU

Modul ke: Aplikasi komputer. Microsoft Excel 2010 Bagian 1. 09Fakultas FASILKOM. Wardhana., S.Kom., S.T., MM. Program Studi MKCU Modul ke: 09Fakultas Ariyani FASILKOM Aplikasi komputer Microsoft Excel 2010 Bagian 1 Wardhana., S.Kom., S.T., MM Program Studi MKCU Microsoft Excel Sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang

Lebih terperinci

KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak , KABUPATEN MAGELANG 56194

KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak , KABUPATEN MAGELANG 56194 KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak 0298-318070,318234 KABUPATEN MAGELANG 56194 ULANGAN TENGAH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Mata Pelajaran :

Lebih terperinci

PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007

PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 Microsoft Office 2007 ini memiliki perbedaan mendasar dengan Microsoft versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilannya, terutama menu. Microsoft Office 2007

Lebih terperinci

Modul 5 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2

Modul 5 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2 Modul 5 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2 3.1. Modul 3.1.1. Mengenali Bagian-Bagian, Menu dan Istilah dalam Open Office Calc. Open Office Calc adalah salah

Lebih terperinci

Pelatihan Microsoft Excel

Pelatihan Microsoft Excel Pelatihan Microsoft Excel Basic Petrus Santoso 13 Isi Pengantar... 1 Memasukkan Data... 2 Alamat Sel... 3 Manajemen File... 5 Formatting... 6 Tips 1... 10 Tips 2... 10 Tips 3... 11 Grafik/Chart... 11 Pencetakan...

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Bekerja Dengan Microsoft Excel 2010 (1) Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Fakultas ILMU KOMPUTER. Program Studi Informatika

Aplikasi Komputer. Bekerja Dengan Microsoft Excel 2010 (1) Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Fakultas ILMU KOMPUTER. Program Studi Informatika Modul ke: Aplikasi Komputer Bekerja Dengan Microsoft Excel 2010 (1) Fakultas ILMU KOMPUTER Ita Novita, S.Kom, M.T.I Program Studi Informatika www.mercubuana.ac.id Sejarah dan Pengenalan Ms. Excel 2010

Lebih terperinci

Pengenalan Aplikasi Lembar Sebar dengan Microsoft Excel Disusun Oleh : Drs. Hendra Lesmana Guru SMA Muhammadiyah Sukabumi

Pengenalan Aplikasi Lembar Sebar dengan Microsoft Excel Disusun Oleh : Drs. Hendra Lesmana Guru SMA Muhammadiyah Sukabumi Pengenalan Aplikasi Lembar Sebar dengan Microsoft Excel Disusun Oleh : Drs. Hendra Lesmana Guru SMA Muhammadiyah Sukabumi Excel Microsoft Excel XP 1 1 Dasar-dasar Excel Setelah mempelajari modul ini, peserta

Lebih terperinci

Entri dan Modifikasi Sel

Entri dan Modifikasi Sel BAB Entri dan Modifikasi Sel 6 Pada Bab ini anda akan mempelajari cara: Memasukkan teks dan angka pada spreadsheet secara manual Menyimpan file spreadsheet Menggunakan fasilitas cepat Fill Series Memotong,

Lebih terperinci

Bab 2 Entri dan Modifikasi Sel

Bab 2 Entri dan Modifikasi Sel Bab 2 Entri dan Modifikasi Sel Pada Bab ini anda akan mempelajari cara: Memasukkan teks dan angka pada spreadsheet secara manual Menyimpan file spreadsheet Menggunakan fasilitas cepat Fill Series Memotong,

Lebih terperinci

MICROSOFT WORD. Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2007:

MICROSOFT WORD. Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2007: MICROSOFT WORD 1. Mengenal Microsoft Word Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label

Lebih terperinci

Panduan Lengkap Menggunakan Excel 2016

Panduan Lengkap Menggunakan Excel 2016 Panduan Lengkap Menggunakan Excel 2016 Panduan Lengkap Menggunakan Excel 2016 Yudhy Wicaksono & Solusi Kantor PENERBIT PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO Panduan Lengkap Menggunakan Excel 2016 Yudhy Wicaksono &

Lebih terperinci

MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2007

MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2007 MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2007 Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Microsoft

Lebih terperinci

Mengenal Ms.Excel 2010

Mengenal Ms.Excel 2010 Modul ke: 09Fakultas Prionggo FASILKOM Mengenal Ms.Excel 2010 Mata Kuliah APLIKASI KOMPUTER ( 90001 ) / 3 sks ) Hendradi, S.Kom., MMSI. Program Studi Sistem Informasi Microsoft Excel Pendahuluan Microsoft

Lebih terperinci

MAKALAH APLIKASI KOMPUTER

MAKALAH APLIKASI KOMPUTER MAKALAH APLIKASI KOMPUTER Materi 1 A.MENGENAL MICROSOFT WORD 2007 Microsoft word merupakan sofware pengolah kata yang di produksi oleh microsoft corporation yang sangat bermanfaat dalam aplikasi perkantoran

Lebih terperinci

Soal Mid Semester II Th 2010/2011

Soal Mid Semester II Th 2010/2011 Soal Mid Semester II Th 2010/2011 1. Microsoft Excel merupakan program aplikasi a. Spreadsheet b. Wordprosesor c. Presentation d. Animasi 2. Fungsi yang digunakan untuk menghitung penjumlahan data angka

Lebih terperinci

merge to new document

merge to new document 1. Untuk menjalankan program, langkah awal adalah melakukan klik. pada taskbar. a. Start b. Exit c. Turn off d. Log off e. Shutdown 2. Perintah yang digunakan untuk mengaktifkan windows explore adalah.

Lebih terperinci

03ILMU. Microsoft Word Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. KOMPUTER. Modul ke: Fakultas

03ILMU. Microsoft Word Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. KOMPUTER. Modul ke: Fakultas Modul ke: Microsoft Word 2007 Mata Kuliah: Aplikasi Komputer Fakultas 03ILMU KOMPUTER Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. Program Studi Teknik Informatika Materi Yang Akan Disampaikan Pendahuluan Membuat Dokumen

Lebih terperinci

Microsoft. Office 2007

Microsoft. Office 2007 Microsoft Office 2007 Mengenal Microsoft Office PowerPoint 2007 Microsoft PowerPoint 2007 adalah program yang digunakan untuk membuat slide atau presentasi. PowerPoint 2007 merupakan versi terbaru dari

Lebih terperinci

PENGANTAR MICROSOFT EXCEL

PENGANTAR MICROSOFT EXCEL PENGANTAR MICROSOFT EXCEL A. Memulai Microsoft Excel Ada beberapa cara untuk memulai program microsoft excel antara lain : Dari menu Start 1. Klik Start, pilih menu All Program 2. Klik Microsoft Office

Lebih terperinci

BAB VII PERANGKAT LUNAK PENGOLAH TEKS

BAB VII PERANGKAT LUNAK PENGOLAH TEKS BAB VII PERANGKAT LUNAK PENGOLAH TEKS 7.1 Pendahuluan A. Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dijelaskan tentang beberapa penerapan dari perangkat lunak pengolah teks. Di dalamnya akan diuraikan bagaimana

Lebih terperinci

OpenOffice.org Writer OpenOffice.org Calc OpenOffice.org Impress OpenOffice.org Draw OpenOffice.org Math OpenOffice.org Base OPEN OFFICE CALC

OpenOffice.org Writer OpenOffice.org Calc OpenOffice.org Impress OpenOffice.org Draw OpenOffice.org Math OpenOffice.org Base OPEN OFFICE CALC OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang didalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation),

Lebih terperinci

DEPARTEMEN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak Telepon KABUPATEN MAGELANG 56194

DEPARTEMEN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak Telepon KABUPATEN MAGELANG 56194 DEPARTEMEN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak Telepon 0298-318070 KABUPATEN MAGELANG 56194 ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL TAHUN 2010/2011 Mata Pelajaran : Tek. Inf.

Lebih terperinci

PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007

PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 Microsoft Office 2007 ini memiliki perbedaan mendasar dengan Microsoft versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilannya, terutama menu. Microsoft Office 2007

Lebih terperinci

3. Marka Margin ( Bentuk Pengaturan Paragraph) sebuah paragraph. paragraph sebelah kiri.

3. Marka Margin ( Bentuk Pengaturan Paragraph) sebuah paragraph. paragraph sebelah kiri. 1. Untuk mengataur Halaman : - Klik Tab Page Layout - Pilih Margin dan Klik Custom margin - Atur sesuai dengan kebutuhan.. * Top = Untuk batas Atas Kertas * Botom = Untuk batas bawah kertas * Left = Untuk

Lebih terperinci

Header-Footer, Preview dan Cetak Dokumen

Header-Footer, Preview dan Cetak Dokumen Header-Footer, Preview dan Cetak Dokumen BAB 4 Pada Bab ini anda akan mempelajari cara: Membuat header dan footer Membuat nomor halaman pada header Menambahkan informasi pada footer Mengatur ukuran halaman

Lebih terperinci

LATIHAN SOAL PERSIAPAN UTS DAN UAS GENAP KELAS 8 1. Microsoft Excel merupakan program aplikasi A. Spreadsheet C. Wordprosesor B. Presentation D.

LATIHAN SOAL PERSIAPAN UTS DAN UAS GENAP KELAS 8 1. Microsoft Excel merupakan program aplikasi A. Spreadsheet C. Wordprosesor B. Presentation D. LATIHAN SOAL PERSIAPAN UTS DAN UAS GENAP KELAS 8 1. Microsoft Excel merupakan program aplikasi A. Spreadsheet C. Wordprosesor B. Presentation D. Animasi 2. Fungsi yang digunakan untuk menghitung penjumlahan

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer Microsoft Word 2010

Aplikasi Komputer Microsoft Word 2010 Modul ke: Aplikasi Komputer Microsoft Word 2010 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yusuf Elmande., S.Si., M.Kom Program Studi Akuntansi Pendahuluan Microsoft Word (biasa diakronimkan dengan Ms.Word) merupaka

Lebih terperinci

MENGENALI LAYAR KERJA MICROSOFT WORD 2007

MENGENALI LAYAR KERJA MICROSOFT WORD 2007 MENGENALI LAYAR KERJA MICROSOFT WORD 2007 Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003 mungkin akan kebingungan dengan tampilan baru pada Word 2007 dan memutuskan tetap menggunakan Word 2003

Lebih terperinci

KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak Telepon KABUPATEN MAGELANG 56194

KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak Telepon KABUPATEN MAGELANG 56194 KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak Telepon 0298-318070 KABUPATEN MAGELANG 56194 ULANGAN MID SEMESTER GASAL TAHUN 2012/2013 Mata Pelajaran : Tek. Inf.

Lebih terperinci

Modul 6 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2

Modul 6 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2 Modul 6 Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Open Source) 1 KEGIATAN BELAJAR 2 3.1. Modul 3.1.1. Mengenali Bagian-Bagian, Menu dan Istilah dalam Open Office Calc. Open Office Calc adalah salah

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Word 2010 Part 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Aplikasi Komputer. Microsoft Office 2010 Microsoft Office Word 2010 Part 1. Miftahul Fikri, M.Si. Modul ke: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Modul ke: Microsoft Office 2010 Microsoft Office Word 2010 Part 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Miftahul Fikri, M.Si Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Microsoft Office adalah perangkat lunak paket

Lebih terperinci

Perangkat Lunak Pengolah Angka. SMK KKPI XI/1/Media

Perangkat Lunak Pengolah Angka. SMK KKPI XI/1/Media Perangkat Lunak Pengolah Angka SMK KKPI XI/1/Media Software Spreadsheet Perangkat Lunak pengolah angka yang dapat memudahkan kita menghitung angka,menganalisis hasil pengolahan angka,menampilkan data dari

Lebih terperinci

Mengenal Calc. Pada Bab ini anda akan mempelajari cara:

Mengenal Calc. Pada Bab ini anda akan mempelajari cara: BAB Mengenal Calc 5 Pada Bab ini anda akan mempelajari cara: Mengenal lingkungan spreadsheet Mengenal navigasi pada spreadsheet Mengenal dan memilih sel Membuat range sel Menyisipkan sheet baru Mengganti

Lebih terperinci

Bahan Ajar TIK MICROSOFT EXCEL A. Mengenal Microsoft Excel 2007

Bahan Ajar TIK MICROSOFT EXCEL A. Mengenal Microsoft Excel 2007 Bahan Ajar TIK MICROSOFT EXCEL 2007 A. Mengenal Microsoft Excel 2007 Microsoft Excel 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Excel 2007 merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang paling popular

Lebih terperinci

Mengenal Microsoft Excel

Mengenal Microsoft Excel Mengenal Microsoft Excel Ivan Abdurrahman SMPN 14 Depok Daftar Isi Mengenal Microsoft Excel 2010 a. Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel 2010..2 b. Mengenal Menu dan Ikon pada Microsoft Excel 2010..3 1.

Lebih terperinci

Pengenalan Ms. Excel 2-6-

Pengenalan Ms. Excel 2-6- Konsep Sistem Informasi A Pengenalan Ms. Excel 2-6- KSI A. Missa Lamsani Hal 1 Microsoft Excell General Purpose Electronic Spreadsheet yang bekerja dibawah Sistem Operasi Windows. Microsoft Excel dapat

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Pengenalan tentang Ms. Word 2010 serta fungsi-fungsi dasarnya (1) Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Fakultas Ilmu Komputer

Aplikasi Komputer. Pengenalan tentang Ms. Word 2010 serta fungsi-fungsi dasarnya (1) Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Modul ke: Fakultas Ilmu Komputer Modul ke: Aplikasi Komputer Pengenalan tentang Ms. Word 2010 serta fungsi-fungsi dasarnya (1) Fakultas Ilmu Komputer Ita Novita, S.Kom, M.T.I Program Studi Informatika www.mercubuana.ac.id Pengenalan Microsoft

Lebih terperinci

Latihan Soal Ulangan Semester Genap 2015 Matpel TIK Kelas 8

Latihan Soal Ulangan Semester Genap 2015 Matpel TIK Kelas 8 1. Microsoft Excel 2007 dikeluarkan dalam bentuk paket: a. Microsoft office 2007 b. Microsoft Word c. Microsoft Excel d. Microsoft Power Point 2. Untuk mengaktifkan program Excel 2007 kita dapat mengikuti

Lebih terperinci

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 PENGENALAN MS WORD 2007 PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007 DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 PENGENALAN MS WORD 2007 PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007 DAFTAR PUSTAKA DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 PENGENALAN MS WORD 2007 PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007 DAFTAR PUSTAKA PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 Microsoft Office 2007 ini

Lebih terperinci

Microsoft Word Bagian I

Microsoft Word Bagian I APLIKASI KOMPUTER Modul ke: Microsoft Word Bagian I Fakultas Teknik Program Studi Elektro www.mercubuana.ac.id I b r a h i m, S.T, M.T. Ibra.lammada@gmail.com Pengertian Sejauh ini kita sudah sedikit banyak

Lebih terperinci

Pemrograman Komputer B

Pemrograman Komputer B OPEN OFFICE WRITER Pengenalan OpenOffice OpenOffice adalah perangkat lunak open source untuk office suite dengan kemampuan seandal office suite komersial seperti MS Office, dengan menggunakan openoffice

Lebih terperinci

MODUL I OPERASI DASAR MS-WORD

MODUL I OPERASI DASAR MS-WORD MODUL I OPERASI DASAR MS-WORD A. MAKSUD DAN TUJUAN 1. MAKSUD Memperkenalkan pengolah kata dengan Microsoft Word pada system windows. 2. TUJUAN 1. Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami pengolahan

Lebih terperinci

ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL TAHUN

ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL TAHUN KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI NGABLAK Jalan Ngablak-Mangli Km. 0 Ngablak Telepon 0298-318070 KABUPATEN MAGELANG 56194 ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL TAHUN 2012-2013 Mata Pelajaran : Teknologi

Lebih terperinci

MICROSOFT OFFICE EXCEL. Adi Rachmanto UNIKOM 2012

MICROSOFT OFFICE EXCEL. Adi Rachmanto UNIKOM 2012 MICROSOFT OFFICE EXCEL Adi Rachmanto UNIKOM 2012 Pengenalan Microsoft Excel Suatu program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data.

Lebih terperinci

Pengenalan Ms. Excel -5a-

Pengenalan Ms. Excel -5a- Konsep Sistem Informasi A Pengenalan Ms. Excel -5a- KSI A. Pengenalan Ms. Excel Missa Lamsani Hal 1 Pengenalan MS EXCEL Memulai dengan MS. EXCEL Jendela aplikasi MS.EXCEL dan Fungsi fungsinya Lembar kerja

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Berisi tentang Microsoft Excel (Bagian 1) Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom. Modul ke: Fakultas Fakultas Teknik

Aplikasi Komputer. Berisi tentang Microsoft Excel (Bagian 1) Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom. Modul ke: Fakultas Fakultas Teknik Modul ke: Aplikasi Komputer Berisi tentang Microsoft Excel (Bagian 1) Fakultas Fakultas Teknik Dosen : Teguh Budi Santoso, S.Kom, M.Kom Program Studi Elektro www.mercubuana.ac.id Pendahuluan Microsoft

Lebih terperinci

BAB 1. Mengenal Pengolah Kata Micosoft Word 2007

BAB 1. Mengenal Pengolah Kata Micosoft Word 2007 BAB 1 Mengenal Pengolah Kata Micosoft Word 2007 A. Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh

Lebih terperinci

Bab 3. Tip dan Trik Seputar Data

Bab 3. Tip dan Trik Seputar Data Bab 3 Tip dan Trik Seputar Data Setelah mengenal worksheet, ada baiknya Anda mengenal berbagai hal yang menyangkut masalah data. MS Excel adalah aplikasi pengolah data sehingga segala hal yang berkaitan

Lebih terperinci

KETERAMPILAN KOMPUTER 2B** (IT :S1-SA) Pertemuan 2 Ahmad hidayat. Keterampilan Komputer 2B** Pertemuan 2

KETERAMPILAN KOMPUTER 2B** (IT :S1-SA) Pertemuan 2 Ahmad hidayat. Keterampilan Komputer 2B** Pertemuan 2 KETERAMPILAN KOMPUTER 2B** (IT-061208:S1-SA) Pertemuan 2 Ahmad hidayat 1 Bahasan Materi Pertemuan 2 Pengenalan WORDSTAR (WS) Pembuatan dan Pengeditan dok / file Pengenalan MS-WORD Pengolahan file & Teks

Lebih terperinci

ULANGAN MID SEMESTER. Tahun Pelajaran 2010/2011. Mata Pelajaran : TIK Waktu : 90 MENIT

ULANGAN MID SEMESTER. Tahun Pelajaran 2010/2011. Mata Pelajaran : TIK Waktu : 90 MENIT ULANGAN MID SEMESTER Tahun Pelajaran 2010/2011 Mata Pelajaran : TIK Waktu : 90 MENIT Hari, Tanggal : Kelas : 8 1. Dibawah ini yang bukan perangkat lunak pengolah kata adalah... a. Notepad dan wordpad b.

Lebih terperinci

Bab. Peng. engolah Angka. Lunak Peng. onsep. Title Bar Save As Workbook Menu Bar Save In Sel Standar Bar Shut down Range

Bab. Peng. engolah Angka. Lunak Peng. onsep. Title Bar Save As Workbook Menu Bar Save In Sel Standar Bar Shut down Range Bab VI Peng enggunaan gunaan Menu dan Ikon pada Per erangk angkat Lunak Peng engolah Angka Peta Konse onsep Penggunaan Menu dan Ikon pada Perangkat Lunak Pengolah Angka Memulai Lembar Kerja Mengisi Sel

Lebih terperinci

MICROSOFT EXCEL (OCE RIDWANUDIN)

MICROSOFT EXCEL (OCE RIDWANUDIN) MICROSOFT EXCEL (OCE RIDWANUDIN) 1.1 Mengenal Excel Microsoft Excel atau biasa disebut Excel adalah sebuah program buatan Microsoft yang terkenal di lingkungan Windows yang dikenal sebagai spreadsheet.

Lebih terperinci

2. Untuk menghilangkan garis pinggiran pada tabel menggunakan pilihan. a. All d. Grid b. Box e. Custom c. None

2. Untuk menghilangkan garis pinggiran pada tabel menggunakan pilihan. a. All d. Grid b. Box e. Custom c. None Pilihan ganda Soal Jawaban Microsoft Word 2007 10 butir. 5 uraian Soal Jawaban Microsoft Word 2007 A. Pilihlah a, b, c, d, atau e sebagai jawaban yang paling benar! 1. Submenu Header and Footer terletak

Lebih terperinci

MICROSOFT OFFICE EXCEL

MICROSOFT OFFICE EXCEL MICROSOFT OFFICE EXCEL Adalah aplikasi pengolah angka (spreadsheet), untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, merepresentasikan data. MEMULAI EXCEL Dengan Memilih MENU PROGRAM 1. Nyalakan komputer,

Lebih terperinci

PERTEMUAN 4 MENYISIPKAN TABEL

PERTEMUAN 4 MENYISIPKAN TABEL PERTEMUAN 4 MENYISIPKAN TABEL 4.1 Menyisipkan Tabel Baru Microsoft Office Word 2007 juga dapat menyisipkan objek berbentuk tabel ke dalam dokumen dengan cara: Klik tab insert lalu klik icon table pada

Lebih terperinci

MODUL IV PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007

MODUL IV PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007 MODUL IV PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007 A. TUJUAN 1. Mahasiswa dapat mengatur cells dalam Microsoft excel 2. Mahasiswa dapat melakukan pengaturan tampilan table yang menarik dalam Microsoft excel B. ALAT

Lebih terperinci

1.1 Mengenal dan Memulai Excel 2007

1.1 Mengenal dan Memulai Excel 2007 Student Guide Series: Microsoft Office Excel 007. Mengenal dan Memulai Excel 007 Microsoft Office Excel 007 atau sering disebut sebagai MS Excel -untuk selanjutnya dalam buku ini disebut dengan Excel sajamerupakan

Lebih terperinci

LATIHAN SOAL TIK UKK KELAS 8 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

LATIHAN SOAL TIK UKK KELAS 8 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 LATIHAN SOAL TIK UKK KELAS 8 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 1. Berikut ini merupakan program pengolah angka adalah A. Microsoft Excel B. Foxit Reader C. Microsoft Outlook D. Microsoft Power

Lebih terperinci

Mencari Text 2) 3) KTI A : Week 02 (Pembuatan Dokumen)

Mencari Text 2) 3) KTI A : Week 02 (Pembuatan Dokumen) 1 Mencari Text Untuk mencari sebuah text secara cepat, gunakan fasilitas Find and Replace, yang dapat dipanggil melalui menu Edit Find atau Ctrl+F. Hasilnya adalah : 4) Mencari untuk Highlight : menandai

Lebih terperinci

Aplikasi Komputer. Microsoft Excel 2010 (Bag 1) Amin Shabana. Modul ke: Fakultas Ilmu Komunikasi. Program Studi Hubungan Masyarakat

Aplikasi Komputer. Microsoft Excel 2010 (Bag 1) Amin Shabana. Modul ke: Fakultas Ilmu Komunikasi. Program Studi Hubungan Masyarakat Aplikasi Komputer Modul ke: Microsoft Excel 2010 (Bag 1) Fakultas Ilmu Komunikasi Amin Shabana Program Studi Hubungan Masyarakat www.mercubuana.ac.id Pengantar Microsoft Excel adalah program aplikasi spreadsheet

Lebih terperinci

Microsoft Power Point 2007 Oleh : Sugeng, S.Kom

Microsoft Power Point 2007 Oleh : Sugeng, S.Kom Microsoft Power Point 2007 Oleh : Sugeng, S.Kom Microsoft PowerPoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang handal. Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks,

Lebih terperinci

Bekerja dengan MS. Excel. Memasukkan Data dalam Lembar Kerja

Bekerja dengan MS. Excel. Memasukkan Data dalam Lembar Kerja Bab VII Mulai Beker erja dengan MS.. Excel Peta Konse onsep Bekerja dengan MS. Excel Membuat Lembar Kerja Baru Memasukkan Data dalam Lembar Kerja Memformat Kolom dan Baris Mencetak Lembar Kerja Kata Kunci

Lebih terperinci

Membuat Grafik dengan Microsoft Excel

Membuat Grafik dengan Microsoft Excel Pelajaran 7 Membuat Grafik dengan Microsoft Excel Tabel dan grafik merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam mengolah data. Dengan adanya grafik menunjukkan bahwa data yang disajikan lebih

Lebih terperinci

BAB 2 MICROSOFT SHORT CLASS (EXCEL)

BAB 2 MICROSOFT SHORT CLASS (EXCEL) BAB 2 MICROSOFT SHORT CLASS (EXCEL) 2. 1. Pengenalan Microsoft Excel Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan

Lebih terperinci

BAB I Mengenal Ms. PowerPoint 2007

BAB I Mengenal Ms. PowerPoint 2007 BAB I Mengenal Ms. PowerPoint 2007 Micorosoft PowerPoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang handal. Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, objek

Lebih terperinci

Memulai Menggunakan Microsoft Excel

Memulai Menggunakan Microsoft Excel 1 Memulai Menggunakan Microsoft Excel Microsoft Excel atau sering disebut sebagai Ms. Excel merupakan program aplikasi lembar kerja elektronik (spreadsheet), yang dapat dipakai untuk mengelola teks, angka,

Lebih terperinci

( Microsoft office Word, Excel, Power Point 2013 )

( Microsoft office Word, Excel, Power Point 2013 ) ( Microsoft office Word, Excel, Power Point 2013 ) Silabus Mata Kuliah KAA - 1 Microsoft office Word - Pengenalan MS Word 2013 - Page Setup, Header & Footer, Insert Number - Penyisipkan Objek - Tabel Microsoft

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2013 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci