PEDOMAN PENELITIAN DANA DPP/SPP

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PEDOMAN PENELITIAN DANA DPP/SPP"

Transkripsi

1 PEDOMAN PENELITIAN DANA DPP/SPP PROGRAM KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2015

2 I. PERSYARATAN DAN ATURAN PENYUSUNAN A. Persyaratan Administratif 1. Pengusul Penelitian Dana DPP/SPP adalah kelompok pengusul yang sedang aktif dan resmi terdaftar sebagai dosen, Program Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya. 2. Satu kelompok pengusul penelitian terdiri dari satu dosen sebagai ketua peneliti dan beberapa dosen sebagai anggota peneliti. 3. Proposal usulan penelitian dana DPP/SPP diberi sampul ungu. 4. Menyertakan halaman pengesahan institusi pengusul sesuai format yang terlampir. 5. Setiap proposal usulan yang mencantumkan dana dari pihak lain harus menyertakan Surat Pernyataan Pembiayaan (dengan meterai yang berlaku) dari instansi yang menyediakan dana tersebut. 6. Proposal usulan yang dinyatakan didanai akan diumumkan melalui surat yang dikirimkan ke setiap pengusul. Dalam surat pemberitahuan akan diberikan keterangan/saran perbaikan yang harus dilakukan bagi setiap usulan yang dinyatakan lolos. Bagi pengusul yang usulannya memerlukan perbaikan, pengusul diwajibkan untuk memperbaiki usulan sesuai saran dan mengirimkan usulan yang telah diperbaiki paling lambat 1 (satu) minggu setelah diumumkan. Usulan yang telah direvisi dijilid dengan kulit muka sebagaimana usulan awal dan diberi tulisan REVISI pada sudut kiri atas. 7. Pengumpulan proposal usulan yang telah di revisi kepada BPP akan ditindak lanjuti dengan penandatanganan kontrak penelitian dan pencairan dana 70%. 8. Pelaksanaan penelitian dipantau dengan pengisian log book sesuai format terlampir. 9. Hasil penelitian dilaporkan berupa laporan akhir penelitian mengikuti format yang telah ditentukan di dalam buku panduan ini. 10. Presentasi laporan akhir dinilai oleh reviewer dengan bahan review berupa laporan akhir, log book penelitian dan presentasi hasil yang dilakukan oleh ketua peneliti. 11. Pencairan dana 30% dilaksanakan bila pengusul telah memenuhi kewajiban yang dicantumkan dalam kontrak penelitian. B. Aturan Penulisan Usulan 1. Proposal usulan ditulis mengikuti sistematika penulisan sesuai kriteria yang tercantum dalam buku Pedoman ini. 2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas. 3. Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan, diberi nomor halaman menggunakan angka Romawi kecil dan diketik di sebelah tengah (i, ii, dan seterusnya). 4. Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas.

3 5. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka Arab. 6. Gambar, baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka Arab. 7. Penyebutan sumber pustaka dalam naskah serta penulisan daftar pustaka hendaknya mengikuti aturan penulisan yang berlaku, yaitu mengikuti sistem HARDVARD. C. STRUKTUR USULAN A. JUDUL Judul kegiatan penelitian hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai kegiatan penelitian yang diusulkan. B. ABSTRAK Berisi latar belakang, tujuan, metode dan analisis yang digunakan dalam penelitian. Jumlah kata dalam abstrak tidak boleh lebih dari 250 kata, disertai dengan kata kunci penelitian. C. PENDAHULUAN (maksimal 6 halaman) LATARBELAKANG MASALAH Kegiatan dilakukan untuk menjawab keingintahuan mahasiswa untuk mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Kemukakan unsur kreativitas yang diusulkan, hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan kegiatan yang diusulkan. Uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicari solusinya. Merujuk dari berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis/peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan topik terkait dapat dikemukakan di sini. TUJUAN DAN KEPENTINGAN PENELITIAN Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan kegiatan penelitian, dapat bertujuan untuk menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, atau membuat suatu model. Rumuskan tujuan yang akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan penelitian selesai. Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur. Tujuan juga menyertakan kepentingan dari penelitian untuk dilaksanakan. LUARAN YANG DIHARAPKAN Luaran dari penelitian ini berupa presentasi dalam seminar yang harus dilaksanakan sebagai bentuk publikasi atas penelitian yang telah dilaksanakan. MANFAAT Sebutkan manfaat yang akan diperoleh setelah penelitian selesai dilaksanakan. D. TINJAUAN PUSTAKA (BAB 2) Usahakan pustaka terbaru, relevan dan asli dari jurnal ilmiah. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari kegiatan penelitian yang akan dilakukan. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan serta menjadi landasan usulan kegiatan penelitian. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka. Jadi, Tinjauan Pustaka bukan kumpulan teori, namun

4 merupakan rangkaian teori yang mempunyai sebuah atau beberapa alur pikir tentang terjadinya suatu peristiwa ilmiah (mechanism of action) dari suatu topik ilmiah yang dikaji. H. METODE PENELITIAN (BAB 3) Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian secara rinci. Meliputi tempat penelitian, variable dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. Untuk semua proposal penelitian yang didanai wajib mencantumkan Indikator Keberhasilan Jangka Pendek (IKJP) dan membuat LogBook (setiap tahap ditandatangani) untuk memudahkan pemantauan. I. JADWAL PELAKSANAAN (BAB 4) Jadwal kegiatan penelitian yang meliputi rinci kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan dalam bentuk Bar-chart. Barchart memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut. Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program (h). Untuk menghindari keterikatan waktu pelaksanaan dengan periode waktu tertentu, usahakan tidak menggunakan nama bulan secara eksplisit dalam penjadwalan rencana kegiatan. Sebagai contoh, untuk menggambarkan urutan waktu pelaksanaan, gunakan kata bulan ke-1, bulan ke-2, dan seterusnya, bukan bulan Maret, bulan April, dan seterusnya. Catatan : lama pelaksanaan penelitian maksimal 6 bulan. J. DAFTAR PUSTAKA (untuk PKM-P dan PKM-T) Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya, setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh. Penulisan daftar pustaka mengacu HARVARD STYLE. K. LAMPIRAN 1) Justifikasi anggaran penelitian 2) Biodata peneliti 3) Lain-lain D. STRUKTUR LAPORAN AKHIR A. STRUKTUR ABSTRAK, PENDAHULUAN, TINJAUAN PUSTAKA, METODE PENELITIAN. Jika tidak terdapat perubahan dari usulan proposal yang diusulkan pada awal kegiatan, maka struktur ini memiliki isi yang sama dengan usulan proposal yang telah diajukan. B. HASIL DAN PEMBAHASAN. Membahas tentang hasil yang didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan dengan dasar-dasar literatur terkini yang dapat menguatkan teori dari hasil yang diperoleh. Mencantumkan hasil analisa statistik atau analisa deskriptif dapat berupa tabel, gambar, grafik atau data dari penelitian yang telah dilakukan, serta diuraikan pembahasan terkait dengan tujuan dan rumusan masalah yang telah dirancang pada awal kegiatan. C. KESIMPULAN DAN SARAN. Penyajian kesimpulan dari keseluruhan penelitian yang telah dilakukan merujuk pada jawaban perumusan masalah yang telah dilakukan diawal perencanaan kegiatan penelitian.

5 Memberikan saran terkait keberlanjutan penelitian yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan hasil penelitian yang telah dilakukan. D. DAFTAR PUSTAKA. Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya, setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh. Penulisan daftar pustaka mengacu HARVARD STYLE. E. LAMPIRAN. Berupa data-data pendukung terkait penelitian yang telah dilakukan serta artikel ilmiah yang akan dipublikasikan berupa presentasi dalam seminar ilmiah.

6 II. EVALUASI DAN PELAPORAN A. Tahap Penilaian Pengajuan 1. Pengajuan Proposal Penelitian dilakukan melalui panitia yang telah ditunjuk. 2. Evaluasi awal merupakan seleksi administrasi tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan proposal penelitian sesuai dengan yang telah dijelaskan di dalam buku panduan ini. 3. Proposal penelitian yang telah lolos seleksi administrasi akan diundang dalam presentasi proposal penelitian yang akan dinilai oleh reviewer untuk mendapatkan perbaikan dan masukan. 4. Dari seluruh proposal penelitian yang diajukan, akan didanai lima proposal dengan nilai evaluasi tertinggi setelah dirata-rata nilai dari kedua reviewer. 5. Proposal penelitian yang disetujui didanai akan diumumkan dan diberikan batas waktu selama satu minggu untuk melakukan revisi sesuai masukan reviewer. B. Tahap Penilaian Laporan Akhir 1. Monitoring Penelitian dilakukan melalui log book yang diisi oleh peneliti. 2. Pada akhir penelitian, peneliti diwajibkan membuat laporan akhir dan membuat pertanggungjawaban dana yang telah diterima. 3. Evaluasi hasil akhir penelitian dilaksanakan melalui presentasi ketua peneliti yang dinilai dan diberi masukan oleh reviewer. 4. Laporan akhir penelitian yang telah mendapatkan masukan dari reviewer diberikan batas waktu selama satu minggu untuk melakukan revisi dan dikumpulkan kepada panitia pelaksana.

7 LAMPIRAN 1. FORMAT KULIT MUKA USULAN PROPOSAL(warna ungu, ukuran A4) USULAN PENELITIAN PENELITIAN DANA DPP/SPP JUDUL PENELITIAN Diusulkan oleh: (Nama ketua kelompok) (Nama anggota kelompok) PROGRAM KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2015

8 LAMPIRAN 2. FORMAT HALAMAN PENGESAHAN 1. Judul Penelitian : 2. Ketua Penelitian a. Nama Lengkap : b. NIP/NIK : c. Jabatan Fungsional : e. Alamat Rumah dan HP : f. Alamat 3. Anggota Peneliti : orang Biaya Kegiatan Total : a. DPP/SPP PKH UB : Rp b. Sumber lain (sebutkan... ): Rp 6. Jangka Waktu Pelaksanaan : bulan Menyetujui, Ketua Program Kedokteran Hewan Ketua Penelitian Cap dan tanda tangan ( nama jelas ) NIP. tanda tangan ( nama jelas ) NIP./NIK. Mengetahui, Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tanda tangan ( nama jelas ) NIP.

9 LAMPIRAN 3. JUSTIFIKASI ANGGARAN PENELITIAN Rincian biaya penelitian baik yang didanai DPP/SPP PKH UB, maksimum Rp 10 (sepuluh) juta*), maupun pihak lain yang bersedia berkontribusi. Usulan yang melampaui pagu biaya tersebut, tidak akan dinilai. Rekapitulasi biaya terdiri atas: Bahan habis pakai Peralatan penunjang penelitian Perjalanan Lain-lain Rincian biaya harus lengkap, wajar dan jelas peruntukannya. Justifikasi anggaran ditulis dengan terperinci dan jelas, sebagai berikut: 1. Honor tim peneliti (untuk tenaga ahli di luar tim peneliti tidak dibenarkan) : Maks. 30 % 2. Bahan habis pakai dan peralatan, ditulis secara terperinci sesuai dengan kebutuhan : % 3. Perjalanan (jelaskan kemana dan untuk tujuan apa) : % 4. Lain-lain (administrasi, publikasi, lokakarya/seminar, laporan, lainnya sebutkan) : Maks. 15 % Rencana Anggaran dan Belanja (RAB), mengacu pada Standar Biaya Khusus (SBK) UB yang mengacu pada PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 57/PMK.02/2015 tentang Standar Biaya Maukan Tahun Anggaran 2015.

10 LAMPIRAN 4. BIODATA PENELITI 1. Biodata ketua peneliti A. Identitas Diri 1. Nama Lengkap (dengan gelar) / L/P 2. Jabatan Fungsional 3. Jabatan Struktural 4. NIP/NIK/Identitas lainnya 5. NIDN 6. Tempat dan Tanggal Lahir 7. Alamat Rumah 8. Nomor Telepon/Faks/HP 9. Alamat Kantor 10. Nomor Telepon/Faks 11. Alamat 12. Lulusan yang Telah Dihasilkan S1= ; S2= ; S3= 13. Mata Kuliah yg diampu B. Riwayat Pendidikan Nama Perguruan Tinggi Bidang Ilmu Tahun Masuk-Lulus Judul Skripsi/ Tesis/Disertasi Nama Pembimbing/ Promotor S-1 S-2 S-3

11 C. Pengalaman Penelitian dalam 5 Tahun Terakhir No. Tahun Judul Penelitian Pendanaan Sumber Jumlah D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir No. Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakat 1 Pendanaan Sumber Jumlah E. Pengalaman Penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal dalam 5 Tahun Terakhir No Tahun Judul Artikel Ilmiah Volume/ Nama Jurnal Nomor 1. F. Pengalaman Penyampaian Makalan Secara Oral Pada Pertemuan/Seminar Ilmiah dalam 5 Tahun Terakhir No. Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan Tempat G. Pengalaman Penulisan Buku 5 Tahun Terakhir No Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit H. Pengalaman Perolehan HKI dalam 5-10 Tahun Terakhir Urutkan judul HKI yang pernah diterbitkan 5-10 tahun terakhir. No Tahun Judul/Tema HKI Jenis Nomor P/ID I. Pengalaman Merumuskan Kebijakan Publik/Rekayasa Sosial Lainnya dalam 5 Tahun Terakhir No Tahun Judul/Tema/Jenis Rekayasa Sosial Lainnya yang Telah Diterapkan Tempat Penerapan Respons Masyarakat

12 J. Penghargaan yang Pernah Diraih dalam 10 Tahun Terakhir (dari Pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya) No. Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Tahun Penghargaan Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima risikonya. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Penelitian DPP/SPP Program Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya Tahun Malang, 2015 Materai 6000 ( nama terang )

13 LAMPIRAN 5. SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI SURAT PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama : NIP/NIK : Pangkat/Golongan : Jabatan Fungsional : Alamat : Dengan ini menyatakan bahwa proposal penelitian saya dengan judul yang diusulkan dalam penelitian dana DPP/SPP PKH UB tahun anggaran 2015 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga/sumber dana lain. Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara. Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya. Malang, 2015 Mengetahui, Yang menyatakan, Ketua BPP Materai 6000 ( nama terang ) NIP. ( nama terang ) NIP. /NIK.

14 LAMPIRAN 6. LOG BOOK PENELITIAN DANA DPP/SPP BUKU CATATAN KEGIATAN PENELITIAN (LOG BOOK) PROGRAM KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2015

15 KATA PENGANTAR Dalam rangka pelaksanaan kegiatan penelitian, sudah selayaknya apabila setiap Peneliti merekam atau mencatat setiap kegiatan penelitiannya dalam Buku Catatan Kegiatan Penelitian (Log Book). Buku Catatan Kegiatan yang diisi dengan baik, akan memberikan manfaat yang banyak, antara lain : a. Sebagai bahan pembuatan makalah ilmiah dan laporan kegiatan b. Sebagai alat untuk memudahkan pemantauan, baik yang akan dilaksanakan oleh para penanggung jawab penelitian ataupun oleh anggota tim monitoring dan evaluasi. Untuk kegiatan itulah, setiap Peneliti diminta untuk mencatat semua kegiatan penelitian yang dilakukannya yang berkenaan dengan pelaksanaan Kegiatan Penelitian. Agar buku catatan kegiatan ini dapat memberikan informasi yang baik, teratur dan kronologis, maka tidak dibenarkan untuk merobek atau merusak sesuatu halaman yang ada di dalamnya. Jangan dihapus bila ada kesalahan, tetapi cukup dicoret. Buku catatan kegiatan ini bersifat terbatas dan menjadi milik instansi penanggung jawab dan di dalam pelaksanaan pengisiannya menjadi tanggung jawab Peneliti. Selamat Bekerja Malang,

16 Petunjuk Pengisian Berdasarkan pengalaman pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian yang lalu, dirasa perlu untuk meningkatkan sistem pencatatan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh para Peneliti, baik yang bekerja di laboratorium maupun lapangan, sekaligus bertujuan untuk menyeragamkan format catatan kegiatan yang dilakukan. Keseragaman format ini penting agar penelitian dapat dilakukan secara efisien, terarah, dan terperinci, sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Begitu juga akan sangat memudahkan pemantauan kegiatan penelitian oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Buku ini akan dipakai untuk menilai kemajuan penelitian sesuai dengan usulan penelitian yang diajukan. Dengan tidak bermaksud mengurangi kewenangan yang ada pada Peneliti yang bersangkutan, guna keseragaman format catatan kegiatan maka buku catatan kegiatan ini dikeluarkan oleh BPP PKH UB. Setiap Peneliti yang melakukan kegiatan penelitian harus mencatat semua kegiatan dan data yang diperoleh secara singkat dan jelas sehingga tergambar dalam buku catatan kegiatan ini: a. Hari, tanggal (hari, tanggal pencatatan). b. Nama kegiatan/sub-kegiatan (sesuai proposal). c. Tujuan dari kegiatan/sub kegiatan (sesuai proposal). d. Uraian kegiatan (harus dapat menggambarkan urutan kegiatan yang dilakukan harian atau mingguan, berupa desain eksperimen serta analisa yang dilakukan, berikut penggunaanpenggunaan waktu, orang, bahan, alat dan mesin, dan lain-lain). e. Hasil yang diperoleh harian atau mingguan. (cantumkan juga hari/tanggal dan tempat/lokasi pengukuran/pencatatan/analisa). f. Hambatan (jelaskan hambatan-hambatan yang dialami, jika ada). g. Kesimpulan dan saran (kesimpulan dan saran masing-masing kegiatan). h. Rencana kegiatan selanjutnya (sesuai kesimpulan dan proposal). i. Tanda tangan Peneliti di dalam Buku Peneliti.

17 LAMPIRAN 7. FORMAT KULIT MUKA LAPORAN AKHIR PENELITIAN (warna ungu, ukuran A4) LAPORAN AKHIR PENELITIAN DANA DPP/SPP JUDUL PENELITIAN Diusulkan oleh: (Nama ketua kelompok) (Nama anggota kelompok) PROGRAM KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2015

18 LAMPIRAN 8. FORMAT HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN AKHIR PENELITIAN 1. Judul Penelitian : 2. Ketua Penelitian a. Nama Lengkap : b. NIP/NIK : c. Jabatan Fungsional : e. Alamat Rumah dan HP : f. Alamat 3. Anggota Peneliti : orang Biaya Kegiatan Total : a. DPP/SPP PKH UB : Rp b. Sumber lain (sebutkan... ): Rp 6. Jangka Waktu Pelaksanaan : bulan Menyetujui, Ketua Program Kedokteran Hewan Ketua Penelitian Cap dan tanda tangan ( nama jelas ) NIP. tanda tangan ( nama jelas ) NIP./NIK. Mengetahui, Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tanda tangan ( nama jelas ) NIP.

PEDOMAN HIBAH PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM HIBAH KOMPETISI PENINGKATAN MUTU AKREDITASI

PEDOMAN HIBAH PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM HIBAH KOMPETISI PENINGKATAN MUTU AKREDITASI PEDOMAN HIBAH PENELITIAN MAHASISWA PROGRAM HIBAH KOMPETISI PENINGKATAN MUTU AKREDITASI PROGRAM KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2015 1. LATAR BELAKANG PEDOMAN HIBAH PENELITIAN MAHASISWA PHK

Lebih terperinci

Struktur usulan PKM-P, PKM-K, dan PKM-M terdiri dari komponen berikut:

Struktur usulan PKM-P, PKM-K, dan PKM-M terdiri dari komponen berikut: Petunjuk Teknis Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa PKM-P, PKM-K, dan PKM-M Struktur usulan PKM-P, PKM-K, dan PKM-M terdiri dari komponen berikut: A. Judul B. Latar Belakang Masalah C. Perumusan Masalah

Lebih terperinci

Lampiran 1. Format Justifikasi Anggaran

Lampiran 1. Format Justifikasi Anggaran Lampiran. Format Justifikasi Anggaran Lampiran. Justifikasi Anggaran. Honor Pelaksana Jumlah Honor (Rp.). Ketua. Anggot a Sub total. Peralatan Penunjang dan bahan habis pakai ATK, dll Nama Barang Justifikasi

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENELITIAN DIPA

BUKU PANDUAN PENELITIAN DIPA BUKU PANDUAN PENELITIAN DIPA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA 2016 1. Umum Program ini dimaksudkan sebagai kegiatan pembinaan penelitian yang mengarahkan

Lebih terperinci

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS. p3m.ppns.ac.id

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS.   p3m.ppns.ac.id PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS Email : p3m@ppns.ac.id p3m.ppns.ac.id PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA 2017 1. Umum Program ini dimaksudkan sebagai

Lebih terperinci

PANDUAN STUDENT UNION GRANT 2013 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PANDUAN STUDENT UNION GRANT 2013 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PANDUAN STUDENT UNION GRANT 2013 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A. PENDAHULUAN Seiring dengan kebijakan dikti terkait dengan keharusan melakukan publikasi ilmiah bagi mahasiswa, maka sudah selayaknya membiasakan

Lebih terperinci

BUKU BIMBINGAN MAHASISWA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

BUKU BIMBINGAN MAHASISWA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO Kode Dokumen : BIMA-PKM-KONSULTASI-0001 Revisi ke / Tgl. : - / - Tanggal Berlaku : 11 Maret 2010 BUKU BIMBINGAN MAHASISWA PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO NAMA :... NIM :.... BIRO

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI (PMFE) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

PANDUAN PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI (PMFE) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 PANDUAN PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI (PMFE) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 A. PENDAHULUAN Dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis, meneliti, dan mengolah kreativitas mahasiswa di

Lebih terperinci

PANDUAN KOMPETISI PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2017 A. PENDAHULUAN

PANDUAN KOMPETISI PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2017 A. PENDAHULUAN PANDUAN KOMPETISI PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2017 A. PENDAHULUAN Pengembangan kemahasiswaan sebagai subsistem pendidikan di Perguruan Tinggi menjadi

Lebih terperinci

PANDUAN HIBAH PENELITIAN SKRIPSI MAHASISWA UPNVY TAHUN 2015

PANDUAN HIBAH PENELITIAN SKRIPSI MAHASISWA UPNVY TAHUN 2015 PANDUAN HIBAH PENELITIAN SKRIPSI MAHASISWA UPNVY TAHUN 2015 A. PENDAHULUAN Sesuai arahan Rektor UPNVY dalam rangka meningkatkan kemampuan menelit, dan membuat publikasi bagi mahasiswa di bidang penelitian,

Lebih terperinci

PEDOMAN USUL PENELITIAN SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN

PEDOMAN USUL PENELITIAN SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN Usulan Penelitian Internal Univ Mercu Buana maksimum berjumlah 0 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times

Lebih terperinci

PANDUAN SISTEMATIKA PENGUSULAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PANDUAN SISTEMATIKA PENGUSULAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PANDUAN SISTEMATIKA PENGUSULAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KENDAL 2015 A. Pendahuluan BAB I PANDUAN PENELITIAN

Lebih terperinci

PEDOMAN USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET

PEDOMAN USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET Usulan Riset Internal Univ Mercu Buana maksimum berjumlah 0 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM X BAHASA INDONESIA: Kegiatan 12 & 13. Penyusunan Proposal PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)

MODUL PRAKTIKUM X BAHASA INDONESIA: Kegiatan 12 & 13. Penyusunan Proposal PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) MODUL PRAKTIKUM X BAHASA INDONESIA: Kegiatan 12 & 13. Penyusunan Proposal PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) Dr. Lilik Wahyuni, M.Pd Faculty of Agriculture, Brawijaya University www.fp.ub.ac.id 1.Kegiatan

Lebih terperinci

JUDUL PENELITIAN. Tim Pengusul. 1. Nama Pengusul (Ketua), NIDN 2. Nama Pengusul (Anggota 1), NIDN 3. Nama Pengusul (Anggota 2), NIDN

JUDUL PENELITIAN. Tim Pengusul. 1. Nama Pengusul (Ketua), NIDN 2. Nama Pengusul (Anggota 1), NIDN 3. Nama Pengusul (Anggota 2), NIDN USUL PENELITIAN JUDUL PENELITIAN Tim Pengusul. Nama Pengusul (Ketua), NIDN. Nama Pengusul (Anggota ), NIDN 3. Nama Pengusul (Anggota ), NIDN DEPARTEMEN...FAKULTAS... UNIVERSITAS AIRLANGGA Januari 07 HALAMAN

Lebih terperinci

PANDUAN KOMPETISI PENELITIAN LATIHAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012

PANDUAN KOMPETISI PENELITIAN LATIHAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012 PANDUAN KOMPETISI PENELITIAN LATIHAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012 A. PENDAHULUAN Tantangan dalam pengembangan pendidikan tinggi tidak dapat dipisahkan dari

Lebih terperinci

PANDUAN SISTEMATIKA PENGUSULAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PANDUAN SISTEMATIKA PENGUSULAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PANDUAN SISTEMATIKA PENGUSULAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KENDAL 2015 A. Pendahuluan BAB I PANDUAN PENELITIAN

Lebih terperinci

HIBAH PENELITIAN/PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2017

HIBAH PENELITIAN/PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2017 HIBAH PENELITIAN/PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2017 A. SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN/PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN

Lebih terperinci

PKM KARSA CIPTA (PKM-KC)

PKM KARSA CIPTA (PKM-KC) PKM KARSA CIPTA (PKM-KC) DITLITABMAS-DIKTI 1 Sumber Panduan 2012 PKM-KARSA CIPTA (PKM-KC) Merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa Bersifat konstruktif serta menghasilkan

Lebih terperinci

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PEDOMAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI PEDOMAN PKM KARSA CIPTA (KC) FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS 6 PKM-KARSACIPTA

Lebih terperinci

PANDUAN PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN PRANATA LABORATORIUM DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

PANDUAN PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN PRANATA LABORATORIUM DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PANDUAN PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN PRANATA LABORATORIUM DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT 1. Pendahuluan Pranata laboratorium merupakan jabatan fungsional PLP berkedudukan sebagai pelaksana

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

Lebih terperinci

PROGRAM. Ketua. Anggota Tim

PROGRAM. Ketua. Anggota Tim PETUNJUK TEKNIS SISTEMATIKA PENYUSUNAN LAPORAN KEMAJUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM PRIORITAS UNIVERSITAS PADJADJARAN a. Sampul Muka LAPORAN KEMAJUAN PROGRAM PRIORITAS UNIVERSITAS PADJADJARAN

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENYUSUNAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

BUKU PANDUAN PENYUSUNAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BUKU PANDUAN PENYUSUNAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PENELITIAN (P), KEWIRAUSAHAAN (K), PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (M), TEKNOLOGI (T) DAN KARSA CIPTA (KC) Berdasarkan Panduan PKM Dikti 2012 PELATIHAN

Lebih terperinci

PEDOMAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA TAHUN 2014

PEDOMAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA TAHUN 2014 PEDOMAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA TAHUN 2014 KREATIVITAS GAGASAN PKM-P PKM-M PKM-K PKM-T PKM-KC PKM-AI PKM-GT KEMAUAN DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN

Lebih terperinci

PENELITIAN HIBAH FAKULTAS TEKNIK UNPAS. Kegiatan penelitian Hibah Fakultas Teknik dilaksanakan sebagai

PENELITIAN HIBAH FAKULTAS TEKNIK UNPAS. Kegiatan penelitian Hibah Fakultas Teknik dilaksanakan sebagai PENELITIAN HIBAH FAKULTAS TEKNIK UNPAS I. Pendahuluan Kegiatan penelitian Hibah Fakultas Teknik dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam mendukung dosen melaksanakan kegiatan penelitian seperti yang

Lebih terperinci

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA <<>> BIDANG KEGIATAN: PKM Karsa Cipta

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA <<<JUDUL>>> BIDANG KEGIATAN: PKM Karsa Cipta USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BIDANG KEGIATAN: PKM Karsa Cipta Diusulkan oleh: Nama Ketua NIM Angkatan Nama Anggota 1 NIM Angkatan Nama Anggota 2 NIM Angkatan Nama Anggota 3 NIM Angkatan

Lebih terperinci

USULAN PENELITIAN PROGRAM STUDI/JURUSAN/FAKULTAS

USULAN PENELITIAN PROGRAM STUDI/JURUSAN/FAKULTAS LAMPIRAN I a. Format Usulan Penelitian Universitas Hasanuddin tahun 2013 Berbasis Kompetisi Internal,(sampul muka warna Merah Tua) Kompetensi Laboratorium (merah muda) dan Postdoc (Putih) USULAN PENELITIAN

Lebih terperinci

pembimbing/pendamping diperkenankan mendampingi maksimal 2 (dua) disetujui untuk didanai. Hal ini didasarkan pada kewajaran alokasi waktu bagi

pembimbing/pendamping diperkenankan mendampingi maksimal 2 (dua) disetujui untuk didanai. Hal ini didasarkan pada kewajaran alokasi waktu bagi KERANGKA ACUAN STUDENT UNION GRANT 2017 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A. PENDAHULUAN Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa di bidang penelitian sekaligus sebagai embrio berbagai

Lebih terperinci

IV. PENELITIAN HIBAH KOMPETENSI

IV. PENELITIAN HIBAH KOMPETENSI IV. PENELITIAN HIBAH KOMPETENSI A. PENDAHULUAN Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas tridarmanya.

Lebih terperinci

Universitas WirarajA PEDOMAN USULAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TIM PENYUSUN

Universitas WirarajA PEDOMAN USULAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TIM PENYUSUN PEDOMAN USULAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Universitas WirarajA TIM PENYUSUN Alamat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Wiraraja Sumenep Jl. Raya Sumenep-Pamekasan KM.5

Lebih terperinci

Penelitian Kompetitif Nasional

Penelitian Kompetitif Nasional 4/30/05 Skim Penelitian Desentralisasi Oleh : Wurlina Meles Hp. 083008090 E-mail: wurlina_made@yahoo.co.id Disampaikan pada Workshop Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Pendidikan D-III Keperawatan. Diselenggarakan

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW)

PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG 2016 Daftar Isi A. Pendahuluan... 1 B. Tujuan... 1 C. Luaran... 1 D. Kriteria dan Pengusulan... 1 E. Sistematika Proposal Kegiatan...

Lebih terperinci

PEDOMAN PENELITIAN HIBAH UNITRI

PEDOMAN PENELITIAN HIBAH UNITRI PEDOMAN PENELITIAN HIBAH UNITRI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG 2014 KATA PENGANTAR Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Lebih terperinci

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KERJASAMA DOSEN-MAHASISWA

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KERJASAMA DOSEN-MAHASISWA PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KERJASAMA DOSEN-MAHASISWA DISUSUN OLEH: PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG 05 PANDUAN PENGABDIAN KEPADA

Lebih terperinci

Edisi Revisi PANDUAN HIBAH PENELITIAN DOSEN

Edisi Revisi PANDUAN HIBAH PENELITIAN DOSEN Edisi Revisi PANDUAN HIBAH PENELITIAN DOSEN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2017 1. PENDAHULUAN Hibah penelitian dosen merupakan salah satu aktivitas yang diusulkan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian

Lebih terperinci

KISI-KISI PROGRAM INSENTIF PENELITIAN INSTITUSIONAL OLEH MAHASISWA (PIPIM)

KISI-KISI PROGRAM INSENTIF PENELITIAN INSTITUSIONAL OLEH MAHASISWA (PIPIM) PENDAHULUAN Penelitian merupakan salah satu komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setiap mahasiswan semua perguruan tinggi, termasuk di Universitas Muhammadiyah Malang diwajibkan untuk melakukan kegiatan

Lebih terperinci

PENULISAN PROPOSAL PEDOMAN HIBAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA BINAAN. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

PENULISAN PROPOSAL PEDOMAN HIBAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA BINAAN. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 1 PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA BINAAN Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada 2013 2 3 DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR...

Lebih terperinci

KETENTUAN-KETENTUAN UMUM. I. Persyaratan Umum

KETENTUAN-KETENTUAN UMUM. I. Persyaratan Umum KETENTUAN-KETENTUAN UMUM I. Persyaratan Umum Persyaratan umum enelitian yang bersumber dari dana DIPA Institusional ditetapkan sebagai berikut.. Usulan penelitian dapat diajukan secara perseorangan atau

Lebih terperinci

BAB 14 PENELITIAN DOSEN PEMULA

BAB 14 PENELITIAN DOSEN PEMULA BAB 14 PENELITIAN DOSEN PEMULA 14.1 Pendahuluan Program Penelitian Dosen Pemula (PDP) dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan

Lebih terperinci

FORMAT PROPOSAL PENELITIAN REGULER

FORMAT PROPOSAL PENELITIAN REGULER FORMAT PROPOSAL PENELITIAN REGULER Proposal ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A4 margin kiri 4 cm, margin

Lebih terperinci

1. Peserta bersifat kelompok yang terdiri dari 3-5 orang;

1. Peserta bersifat kelompok yang terdiri dari 3-5 orang; PEDOMAN PENULISAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA USULAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PKM-M) OLIMPIADE ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS INDONESIA (OIM FHUI 2013) A. PEDOMAN GAGASAN TERTULIS

Lebih terperinci

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA <> BIDANG KEGIATAN : PKM ARTIKEL ILMIAH. Diusulkan oleh :

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA <<JUDUL>> BIDANG KEGIATAN : PKM ARTIKEL ILMIAH. Diusulkan oleh : PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BIDANG KEGIATAN : PKM ARTIKEL ILMIAH Diusulkan oleh : > > >

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2014

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2014 PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2014 LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2014 PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2014 I. BIDANG PENELITIAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2013

PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2013 PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2013 LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL Jl. PHH. Mustafa No. 23 Bandung 40124, tlp : 022-7272215, psw 157,

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF DOSEN UNIVERSITAS ICSHAN GORONTALO

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF DOSEN UNIVERSITAS ICSHAN GORONTALO PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF DOSEN UNIVERSITAS ICSHAN GORONTALO LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS ICHSAN GORONTALO 2016 I. Penyusunan Usulan Penelitian Dalam rangka pelaksanaan kegiatan penelitian kompetitif

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL PENELITIAN MANDIRI UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL PENELITIAN MANDIRI UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL PENELITIAN MANDIRI 2011 2012 I. Latar Belakang Lembaga Penelitian

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN, PENCIPTAAN SENI, PENGABDIAN MASYARAKAT, BUKU AJAR, DAN MEDIA AJAR

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN, PENCIPTAAN SENI, PENGABDIAN MASYARAKAT, BUKU AJAR, DAN MEDIA AJAR PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN, PENCIPTAAN SENI, PENGABDIAN MASYARAKAT, BUKU AJAR, DAN MEDIA AJAR LEMBAGA PENELITIAN, PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA

PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PADJADJARAN Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung 2014 PENELITIAN DOSEN PEMULA A. Pendahuluan Program Penelitian Dosen Pemula dimaksudkan sebagai kegiatan

Lebih terperinci

PRAKATA. Surakarta, Agustus UP2M APIKES Citra Medika Surakarta. UP2M APIKES Citra Medika Surakarta

PRAKATA. Surakarta, Agustus UP2M APIKES Citra Medika Surakarta. UP2M APIKES Citra Medika Surakarta PRAKATA Sesuai kebijakan APIKES Citra Medika Surakarta untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maka Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M)

Lebih terperinci

PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN PRANATA LABORATORIUM PENDIDIKAN (PLP)

PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN PRANATA LABORATORIUM PENDIDIKAN (PLP) PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN PRANATA LABORATORIUM PENDIDIKAN (PLP) TIM PENYUSUN UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG 2015 0 BAB I PENELITIAN SUMBER DANA DIPA POLINELA

Lebih terperinci

1. JADWAL PELAKSANAAN HIBAH PENELITIAN ITENAS TAHUN 2016

1. JADWAL PELAKSANAAN HIBAH PENELITIAN ITENAS TAHUN 2016 PANDUAN PENELITIAN INSTITUTT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2016 LEMBAGA PENELITIANN DAN PENGABDIAN KEPADAA MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL Jl. PHH. Mustafaa No. 23 Bandung 40124,, tlp : 022 7272215,

Lebih terperinci

D. PENELITIAN KOMPETENSI

D. PENELITIAN KOMPETENSI D. PENELITIAN KOMPETENSI 1. Pendahuluan Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas tridarmanya.

Lebih terperinci

PANDUAN LOMBA PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) 5 BIDANG REKTOR CUP UMM 2015

PANDUAN LOMBA PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) 5 BIDANG REKTOR CUP UMM 2015 PANDUAN LOMBA PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) 5 BIDANG REKTOR CUP UMM 2015 OLEH : UKM FORUM DISKUSI ILMIAH 1. PKM-PENELITIAN (PKM-P) I. Pendahuluan Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian (PKM-P)

Lebih terperinci

I. PENJELASAN UMUM Tujuan Sasaran Pengertian 1. Penelitian, Penerapan Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

I. PENJELASAN UMUM Tujuan Sasaran Pengertian 1. Penelitian, Penerapan Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat. I. PENJELASAN UMUM Tujuan Program Penelitian Terapan Mahasiswa (PTM) Polban 2009, bertujuan untuk : 1. Memberikan landasan awal secara praktis bagi mahasiswa Polban dalam proses penelitian terapan. 2.

Lebih terperinci

BUKU CATATAN KEGIATAN PENELITIAN (LOG BOOK)

BUKU CATATAN KEGIATAN PENELITIAN (LOG BOOK) BUKU CATATAN PENELITIAN (LOG BOOK) 1. Program Penelitian : (Desentralisasi BOPTN, Desentralisasi Terpusat Hikom, Stranas, PNBP)* Disesuaikan dengan SKIM. 2. Nama Peneliti : 3. NIP/NIDN : 4. Judul Penelitian

Lebih terperinci

BAB 14 PENELITIAN DOSEN PEMULA

BAB 14 PENELITIAN DOSEN PEMULA BAB 14 14.1 Pendahuluan Program Penelitian Dosen Pemula (PDP) dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

Lebih terperinci

PEDOMAN PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PEDOMAN PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEDOMAN PENELITIAN & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FKIP UNILA FKIP UNILA A. PENDAHULUAN Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 202 tentang pendidikan tinggi pasal 5 bahwa pendidikan

Lebih terperinci

PEDOMAN PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT SUMBER DANA: SWADANA FAKULTAS/JURUSAN/PRODI DAN SWADANA MANDIRI

PEDOMAN PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT SUMBER DANA: SWADANA FAKULTAS/JURUSAN/PRODI DAN SWADANA MANDIRI EDISI-01 PEDOMAN PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT SUMBER DANA: SWADANA FAKULTAS/JURUSAN/PRODI DAN SWADANA MANDIRI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2014

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN MUDA SATEKS UNSRI TAHUN 2014

PANDUAN PENELITIAN DOSEN MUDA SATEKS UNSRI TAHUN 2014 PANDUAN PENELITIAN DOSEN MUDA SATEKS UNSRI TAHUN 2014 LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2014 PANDUAN PENELITIAN DOSEN MUDA SATEKS UNRI TAHUN 2014 I. Umum Program ini dimaksudkan sebagai kegiatan

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN

PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN AKHIR KEGIATAN KKNM PPMD INTEGRATIF. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan Laporan Akhir :

PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN AKHIR KEGIATAN KKNM PPMD INTEGRATIF. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan Laporan Akhir : PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN AKHIR KEGIATAN KKNM PPMD INTEGRATIF Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan Laporan Akhir : I. Ketentuan Umum Penulisan Laporan Akhir PPMD Integratif a.

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG TAHUN

PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG TAHUN PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG TAHUN 2012 I i ITB CAREER CENTER LEMBAGA KEMAHASISWAAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2012 1. Latar Belakang Berdasarkan data survey tenaga kerja

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR DAFTAR ISI : 1. Persyaratan Umum 2. Waktu dan Biaya Penelitian 3. Sistematika Usulan Penelitian 4. Seleksi Proposal 5. Format Halaman 6. Format Laporan Akhir

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN PENELITIAN DANA PNBP UNIVERSITAS SUMATERA UTARA LEMBAGA PENELITIAN

PEDOMAN PENYUSUNAN PENELITIAN DANA PNBP UNIVERSITAS SUMATERA UTARA LEMBAGA PENELITIAN PEDOMAN PENYUSUNAN PENELITIAN DANA PNBP UNIVERSITAS SUMATERA UTARA LEMBAGA PENELITIAN MEDAN 2014 KATA PENGANTAR Buku Pedoman Penyusunan Penelitian Dosen Pemula ini disusun untuk memberikan informasi bagi

Lebih terperinci

B. PENELITIAN TIM PASCASARJANA

B. PENELITIAN TIM PASCASARJANA B. PENELITIAN TIM PASCASARJANA 1. Pendahuluan Penelitian Tim Pascasarjana pada hakikatnya adalah penelitian untuk mengembangkan mutu pendidikan program pascasarjana di Indonesia. Tujuan penelitian Tim

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF BAGI PENYELENGGARA SEMINAR UNTUK PEMUATAN ARTIKEL ILMIAH TERPILIH DI JURNAL TERINDEKS SCOPUS

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF BAGI PENYELENGGARA SEMINAR UNTUK PEMUATAN ARTIKEL ILMIAH TERPILIH DI JURNAL TERINDEKS SCOPUS PANDUAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF BAGI PENYELENGGARA SEMINAR UNTUK PEMUATAN ARTIKEL ILMIAH TERPILIH DI JURNAL TERINDEKS SCOPUS Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada 2015 PANDUAN PROPOSAL

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN MUSABAQAH KARYA TULIS ILMIAH ALQURAN MTQ REGIONAL JAWA TIMUR TINGKAT SLTA 2014 FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PEDOMAN PENULISAN MUSABAQAH KARYA TULIS ILMIAH ALQURAN MTQ REGIONAL JAWA TIMUR TINGKAT SLTA 2014 FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG PEDOMAN PENULISAN MUSABAQAH KARYA TULIS ILMIAH ALQURAN MTQ REGIONAL JAWA TIMUR TINGKAT SLTA 2014 FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG A. Tema Karya Tulis Ilmiah Alquran - Al-Qur an, Ilmu Pengetahuan,

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF PUBLIKASI JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI DAN JURNAL INTERNASIONAL

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF PUBLIKASI JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI DAN JURNAL INTERNASIONAL PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF PUBLIKASI JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI DAN JURNAL INTERNASIONAL Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada 2015 PANDUAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF PUBLIKASI

Lebih terperinci

SISTEMATIKA LAPORAN PPM

SISTEMATIKA LAPORAN PPM HALAMAN PENGESAHAN ABSTRAK KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN BAB I. BAB II. BAB III. BAB IV. BAB V. PENDAHULUAN SISTEMATIKA LAPORAN PPM TARGET DAN LUARAN METODE PELAKSANAAN

Lebih terperinci

TATA CARA USUL PENELITIAN USULAN PENELITIAN

TATA CARA USUL PENELITIAN USULAN PENELITIAN TATA CARA USUL PENELITIAN A. SAMPUL MUKA Sampul muka proposal penelitian WARNA HIJAU seperti berikut: USULAN PENELITIAN...Judul Penelitian... Oleh: Nama Pengusul Program Studi Diajukan untuk memperoleh

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN MUDA TAHUN 2017

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN MUDA TAHUN 2017 PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN MUDA TAHUN 2017 LEMBAGA PENELITIAN, PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DAN PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS SAMUDRA 2017 KATA PENGANTAR Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat

Lebih terperinci

REVISI PANDUAN PROGRAM BANTUAN SEMINAR LUAR NEGERI BAGI PENELITI/DOSEN DI PERGURUAN TINGGI TAHUN 2011

REVISI PANDUAN PROGRAM BANTUAN SEMINAR LUAR NEGERI BAGI PENELITI/DOSEN DI PERGURUAN TINGGI TAHUN 2011 REVISI PANDUAN PROGRAM BANTUAN SEMINAR LUAR NEGERI BAGI PENELITI/DOSEN DI PERGURUAN TINGGI TAHUN 2011 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional 2011 PANDUAN PENGUSULAN PROGRAM

Lebih terperinci

PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN. Oleh: TIM PENYUSUN PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN

PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN. Oleh: TIM PENYUSUN PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN Oleh: TIM PENYUSUN PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKATUNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG 2015 PANDUAN KEGIATAN PENELITIAN Oleh: TIM PENYUSUN

Lebih terperinci

UNIVERSITAS MUARA BUNGO LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PEDOMAN PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN INTERNAL KAMPUS 2012

UNIVERSITAS MUARA BUNGO LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PEDOMAN PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN INTERNAL KAMPUS 2012 UNIVERSITAS MUARA BUNGO LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT PEDOMAN PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN INTERNAL KAMPUS 2012 MUARA BUNGO 2012 1 PENELITIAN DOSEN INTERNAL KAMPUS I. Pendahuluan Program

Lebih terperinci

1. Peserta bersifat kelompok yang terdiri dari 3-5 orang;

1. Peserta bersifat kelompok yang terdiri dari 3-5 orang; PEDOMAN PENULISAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA USULAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN (PKM-K) OLIMPIADE ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS INDONESIA (OIM FHUI 2013) A. PEDOMAN GAGASAN TERTULIS 1) Pengertian

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD1-2012-13 INSENTIF KARYA ILMIAH YANG DIPUBLIKASIKAN PADA JURNAL TERAKREDITASI ATAU INTERNASIONAL TAHUN ANGGARAN 2012 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada

Lebih terperinci

Penelitian Reguler Pemula

Penelitian Reguler Pemula P a n d u a n Penelitian Reguler Pemula Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta PANDUAN PENELITIAN REGULER PEMULA Program penelitian ini

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN TAHUN ANGGARAN 2017 BATCH 1 (SATU)

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN TAHUN ANGGARAN 2017 BATCH 1 (SATU) PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN TAHUN ANGGARAN 2017 BATCH 1 (SATU) DIREKTORAT PENELITIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA TAHUN 2017 KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL TAHUN ANGGARAN 2015

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL TAHUN ANGGARAN 2015 PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL INSENTIF PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL TAHUN ANGGARAN 2015 Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada 2015 KATA PENGANTAR Pada tahun anggaran

Lebih terperinci

@YndAgs03 PANDUAN PELAKSANAAN PROGRAM INSENTIF HIBAH PASCASARJANA UNSYIAH TAHUN 2015

@YndAgs03 PANDUAN PELAKSANAAN PROGRAM INSENTIF HIBAH PASCASARJANA UNSYIAH TAHUN 2015 @YndAgs03 PANDUAN PELAKSANAAN PROGRAM INSENTIF HIBAH PASCASARJANA UNSYIAH TAHUN 2015 LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA ACEH - 2015 Kata Pengantar Lembaga penelitian sebagai salah

Lebih terperinci

Panduan Penyusunan PROPOSAL PENELITIAN Tahun 2016 Untuk Mahasiswa S1

Panduan Penyusunan PROPOSAL PENELITIAN Tahun 2016 Untuk Mahasiswa S1 Panduan Penyusunan PROPOSAL PENELITIAN Tahun 206 Untuk Mahasiswa S KOMISI PENELITIAN Divisi Penelitian dan Pengembangan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar,

Lebih terperinci

Jangka Waktu Penelitian/Pengabdian : Dari... s/d...

Jangka Waktu Penelitian/Pengabdian : Dari... s/d... Nama Peneliti : NIM/NIP/NIK : Jurusan : Fakultas / Unit kerja : Nomor HP & Telepon : Judul Penelitian/Pengabdian : Nama Pembimbing : 1. 2. Mitra Penelitian/Pengabdian : Jangka Waktu Penelitian/Pengabdian

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD INSENTIF PERCEPATAN PUBLIKASI UGM TAHUN ANGGARAN 2012

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD INSENTIF PERCEPATAN PUBLIKASI UGM TAHUN ANGGARAN 2012 PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD1-2012-12 INSENTIF PERCEPATAN PUBLIKASI UGM TAHUN ANGGARAN 2012 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada 2012 KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN SAINS TEKNOLOGI DAN SENI UNVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015

PANDUAN PENELITIAN SAINS TEKNOLOGI DAN SENI UNVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015 PANDUAN PENELITIAN SAINS TEKNOLOGI DAN SENI UNVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015 I. UMUM Program ini dimaksudkan sebagai kegiatan pembinaan penelitian yang mengarahkan dan membimbing calon-calon peneliti untuk

Lebih terperinci

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DPP / SPP

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DPP / SPP PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DPP / SPP FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2017 PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DPP/SPP 1. KRITERIA SELEKSI PROPOSAL PENELITIAN No. Proposal penelitian diseleksi

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INTERNAL UNIVERSITAS FAJAR TAHUN 2016 LPPM UNIVERSITAS FAJAR MAKASSAR

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INTERNAL UNIVERSITAS FAJAR TAHUN 2016 LPPM UNIVERSITAS FAJAR MAKASSAR PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INTERNAL UNIVERSITAS FAJAR TAHUN 2016 LPPM UNIVERSITAS FAJAR MAKASSAR KATA PENGANTAR Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada

Lebih terperinci

PKM-PENELITIAN (PKM-P)

PKM-PENELITIAN (PKM-P) 2 2.1 Pendahuluan PKM-PENELITIAN (PKM-P) Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian (PKM-P) merupakan program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BUDI LUHUR 2016 P ANDUAN PENELITIAN DOSE N 1. Latar Belakang Perguruan tinggi berkewajiban

Lebih terperinci

BAB 9 PENELITIAN DOSEN PEMULA

BAB 9 PENELITIAN DOSEN PEMULA BAB 9 PENELITIAN DOSEN PEMULA 9.1 Pendahuluan Program Penelitian Dosen Pemula dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuannya

Lebih terperinci

PANDUAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DANA DIPA PPNS. p3m.ppns.ac.id

PANDUAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DANA DIPA PPNS.   p3m.ppns.ac.id PANDUAN PROPOSAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DANA DIPA PPNS Email : p3m@ppns.ac.id p3m.ppns.ac.id PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA 2017 I. Latar Belakang

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD INSENTIF PERCEPATAN PENERBITAN BUKU KARYA UGM TAHUN ANGGARAN 2012

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD INSENTIF PERCEPATAN PENERBITAN BUKU KARYA UGM TAHUN ANGGARAN 2012 PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL No. MP-UGM-LPPM-BD1-2012-11 INSENTIF PERCEPATAN PENERBITAN BUKU KARYA UGM TAHUN ANGGARAN 2012 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada 2012

Lebih terperinci

PEDOMAN HIBAH PENELITIAN MAHASISWA

PEDOMAN HIBAH PENELITIAN MAHASISWA PEDOMAN HIBAH PENELITIAN MAHASISWA KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2014 PANDUAN HIBAH PENELITIAN MAHASISWA A. Pendahuluan Kualitas

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ABDURRAB 2017 i KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahuwata

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN MANDIRI

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN MANDIRI PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN MANDIRI Pendahuluan Kinerja satuan pendidikan tinggi dalam bidang penelitian merupakan parameter yang sangat penting dan menunjukkan kualitas institusi itu sendiri. Salah

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN AKHIR KEGIATAN PPM PRIORITAS UNIVERSITAS PADJADJARAN

PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN AKHIR KEGIATAN PPM PRIORITAS UNIVERSITAS PADJADJARAN PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN AKHIR KEGIATAN PPM PRIORITAS UNIVERSITAS PADJADJARAN Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan Laporan Akhir : I. Ketentuan Umum Penulisan Laporan Akhir:

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN TAHUN ANGGARAN 2016 BATCH 2 (DUA)

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN TAHUN ANGGARAN 2016 BATCH 2 (DUA) PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL PENINGKATAN KAPASITAS PENELITI DALAM PENYUSUNAN PROPOSAL MULTIDISIPLIN TAHUN ANGGARAN 2016 BATCH 2 (DUA) DIREKTORAT PENELITIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA TAHUN 2016 KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN THESIS DAN DISERTASI PROGRAM PPM - PRODUKTIF LOGO UNPAD

PANDUAN PENELITIAN THESIS DAN DISERTASI PROGRAM PPM - PRODUKTIF LOGO UNPAD PANDUAN PENELITIAN THESIS DAN DISERTASI PROGRAM PPM - PRODUKTIF LOGO UNPAD LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN 2012 PANDUAN PENELITIAN THESIS DAN DISERTASI TAHUN

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN

PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Lebih terperinci