PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL)

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL)"

Transkripsi

1 PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL) SIMPEL merupakan layanan informasi berupa laporan keuangan dan akademik yang dimiliki oleh setiap fakultas sesuai data akademik dan keuangan mahasiswa yang melakukan pendaftaran ulang (registrasi). Layanan ini hanya dapat diakses melalui aplikasi BROWSER INTERNET semisal: Internet Explorer (yang mempunyai ikon e dan terdapat pada tampilan desktop Windows). Catatan dalam menggunakan layanan SIMPEL, yaitu: 1. Mempunyai login ke layanan SIMPEL, berupa username dan password. 2. Tidak dapat diakses melalui aplikasi Registrasi-UB layaknya yang dimiliki oleh para operator bank. 3. Laporan dapat di-download dalam bentuk file MS Excel. Selanjutnya, dapat dicetak maupun diolah sesuai dengan kebutuhan fakultas. Panduan memperoleh informasi keuangan maupun akademik dalam layanan SIMPEL, meliputi laporan lengkap informasi pembayaran setiap mahasiswa dan laporan ringkas berupa rekapitulasi pembayaran yang dapat dibedakan dalam setiap item pembayaran atau status akademik. Langkah-langkah yang dilakukan, meliputi: 1. Menjalankan aplikasi Internet Explorer, dengan klik ikonnya yang terdapat pada desktop maupun menu Start. Ikon aplikasi Internet Explorer Pada layar, akan muncul tampilan seperti dalam Gambar 1 berikut. Gambar 1. Aplikasi Internet Explorer dengan halaman situs SIAKAD

2 2. Pada kolom Address, ketikkan: Klik tombol Enter atau Go yang dapat Anda jumpai di samping kolom Address tersebut. Selanjutnya, pada layar muncul halaman situs SIAKAD seperti juga nampak dalam Gambar Pada halaman web yang ditunjukkan, cari pilih dan klik link ke layanan SIMPEL. Pada Gambar 1, telah ditunjukkan tanda dimana Anda dapat klik untuk menampilkan halaman situs SIMPEL. 4. Pada Gambar 2, ditunjukkan halaman situs SIMPEL dengan default pada modul Login. Gambar 2. Halaman utama web situs SIMPEL. 5. Masukkan informasi username dan password pada kolom yang tersedia. Klik tombol LANJUT. Gambar 3. Memasukkan data username dan password dalam modul Login. Hendaknya berhati-hati dengan account Anda, mengingat layanan ini menyangkut informasi akademik dan keuangan fakultas yang sangat vital. Bila tidak nyaman dengan password yang diberikan, Anda berkesempatan menggantinya melalui layanan BAIS ( 6. Apabila Anda memiliki akses pada data akademik, maka yang muncul hanyalah modul laporan akademik. Demikian pula bila bidang kerja Anda di keuangan maka yang akan tampil hanyalah modul laporan keuangan. Namun tidak demikian untuk pejabat fakultas (semisal: dekan) atau KTU yang memiliki akses data untuk kedua modul laporan baik akademik maupun keuangan.

3 7. Untuk setiap modul laporan, Anda harus memasukkan parameter batasan data yang akan ditampilkan. Dalam modul laporan keuangan, Anda diminta melengkapi isian sesuai Gambar 4 berikut: a. Jenis laporan yang diinginkan, terdiri atas: Laporan lengkap dan Laporan rekapitulasi. b. Rentang tanggal laporan keuangan yang akan dibuat. c. Lingkup studi, terdiri dari: - nama fakultas (tertentu sesuai account Anda) - jenjang pendidikan (S1/D3 dan seterusnya) - jurusan yang berada di bawah fakultas pilihan - program studi yang berada di bawah jurusan yang dipilih - seleksi masuk ke UNIBRAW, meliputi: SPMB, PSB, SPMK, SPMD, SAP, dan sebagainya - angkatan masuk mahasiswa d. Jenis pembayaran, terdiri atas semua item pembayaran. e. Status pembayaran, terdiri atas segala bentuk keringanan maupun pembebasan pembayaran. Gambar 4. Kolom isian yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh laporan keuangan. Dalam modul laporan akademik, Anda diminta melengkapi isian sesuai Gambar 5 berikut: a. Jenis laporan yang diinginkan, terdiri atas: Laporan lengkap dan Laporan rekapitulasi. b. Lingkup studi, terdiri dari: - nama fakultas (tertentu sesuai account Anda) - jenjang pendidikan (S1/D3 dan seterusnya) - jurusan yang berada di bawah fakultas pilihan - program studi yang berada di bawah jurusan yang dipilih - seleksi masuk ke UNIBRAW, meliputi: SPMB, PSB, SPMK, SPMD, SAP, dan sebagainya - angkatan masuk mahasiswa c. Status akademik. Gambar 5. Kolom isian yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh laporan akademik.

4 8. Klik tombol DISPLAY untuk menampilkan laporan sesuai pilihan yang telah Anda tentukan melalui kolom-kolom yang tersedia. Gambar 6. Bentuk laporan lengkap untuk semua item pembayaran yang dibayarkan normal. Gambar 7. Bentuk laporan rekapitulasi data akademik. 9. Spesifikasi laporan yang dihasilkan, tertera pada bagian atas halaman yang sedang tampil. Anda dapat menggeser tampilan laporan dari atas ke bawah, kiri ke kanan, begitu pula sebaliknya. a. Jenis Laporan detail, merupakan detail laporan keuangan yang diterima fakultas untuk setiap mahasiswa baik dari loket pembayaran dan validasi keuangan di BAUK. Apabila Anda hendak menampilkan laporan untuk semua item pembayaran, maka pada laporan yang dihasilkan tidak akan ditunjukkan nomor kwitansi mengingat kedua transaksi pembayaran (loket bank dan BAUK) mempunyai nomor kwitansi yang berbeda dan tidak dapat ditampilkan secara bersamaan. Untuk setiap item pembayaran, Anda dapat membedakan transaksi pembayaran yang dilakukan di loket bank dengan validasi dari BAUK melalui blok warna kuning yang akan muncul apabila data yang dimaksud adalah transaksi karena validasi BAUK. b. Jenis Laporan rekapitulasi, merupakan total perolehan keuangan untuk setiap program studi, seleksi masuk dan angkatan.

5 10. Apabila laporan belum ditampilkan, Anda dapat memperhatikan status proses yang berlangsung melalui kolom yang berada di paling bawah aplikasi Internet Explorer. Apabila Anda perhatikan, kotak statusnya masih bergeser, maka aplikasi Internet Explorer masih dalam proses mengambil data dari server Registrasi. Tunggulah beberapa menit, hingga laporan yang diinginkan muncul. Gambar 8. Aplikasi masih dalam proses menampilkan informasi laporan. 11. Anda dapat men-download laporan yang ditampilkan, dengan klik tombol DOWNLOAD. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti nampak dalam Gambar 9. Klik tombol Save untuk menyimpan laporan tersebut dalam bentuk file MS Excel. Gambar 9. Kotak dialog untuk men-download laporan yang ditampilkan. 12. Selanjutnya, Anda akan ditanyakan nama dan lokasi dimana file laporan ini akan disimpan. Hendaknya menggunakan penamaan yang mudah. Misal: isi laporan dan tanggal pembuatan laporan. Gambar 10. Kotak dialog untuk memberi nama dan menyimpan file laporan.

6 13. Klik tombol Save pada kotak dialog yang ditunjukkan. 14. Anda juga dapat memperoleh informasi neraca keuangan mahasiswa berdasarkan proses registrasi online yang berlangsung sejak tahun 2002, melalui: a. Menu Pencarian - Masukkan NIM untuk mendapatkan data keuangan mahasiswa pada kolom yang tersedia. - Klik tombol DISPLAY. Selanjutnya akan ditunjukkan neraca keuangannya sesuai hasil registrasi. Gambar 11. Menu pencarian untuk mendapat neraca keuangan mahasiswa hasil registrasi. Gambar 12. Detil neraca keuangan mahasiswa sesuai hasil pencarian. b. Laporan lengkap - Pada laporan lengkap yang ditunjukkan, Anda dapat klik di salah satu mahasiswa pada kolom NIM maupun Nama untuk mendapatkan data kuangannya. Gambar 13. Mendapatkan neraca keuangan setiap mahasiswa dari laporan lengkap. c. Laporan Tunggakan Fitur ini akan menunjukkan kepada Anda daftar mahasiswa yang sedang mempunyai tunggakan pembayaran sesuai lingkup data yang Anda miliki. Anda dapat menspesifikkan hasil laporan berdasarkan jenjang studi, item pebayaran, dan status pembayaran yang diajukan mahasiswa. Jumlah pada laporan tunggakan menunjukkan jumlah pembayaran yang belum dilunasi oleh mahasiswa.

7 15. Apabila Anda telah menyelesaikan pembuatan laporan melalui layanan SIMPEL, senantiasa logout dari aplikasi dengan klik tombol LOGOUT yang terdapat di bagian atas kanan halaman. Gambar 14. Klik tombol LOGOUT untuk kembali ke menu Login.

Manual Penggunaan Aplikasi SIMPEL (Sistem Pelaporan Online)

Manual Penggunaan Aplikasi SIMPEL (Sistem Pelaporan Online) Manual Penggunaan Aplikasi SIMPEL (Sistem Pelaporan Online) PPTI UB 2012 Daftar Isi Manual Pengguna SIMPEL... 3 1. Login... 3 2. Menu Utama... 4 3. Akademik... 4 3.1 Status Akademik... 4 3.2. Hasil Studi...

Lebih terperinci

Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa)

Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya 2013 Panduan SIAM S I A M (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) http://siam.ub.ac.id

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Akademik (SIPA)

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Akademik (SIPA) TIM SIPA UMRAH Panduan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Akademik (SIPA) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Untuk Mahasiswa 1. Sekilas Tentang SIPA Sistem Informasi Pengelolan Akademik (SIPA)

Lebih terperinci

PETUNJUK KEY IN (KRS ONLINE) VIA WEB (INTERNET)

PETUNJUK KEY IN (KRS ONLINE) VIA WEB (INTERNET) PETUNJUK KEY IN (KRS ONLINE) VIA WEB (INTERNET) Jalankan web browser (mozilla firefox, internet explorer atau yang lain) lalu panggil alamat http://krs.umy.ac.id maka akan muncul halaman beranda web krs

Lebih terperinci

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo 1

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo 1 Aplikasi SIMLIT (Sistem Informasi Penelitan) Universitas Negeri Gorontalo berfungsi untuk mengumpulkan dan mengatur arsip penelitian di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan adanya Aplikasi ini

Lebih terperinci

Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online

Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online 2010 Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online http://mahasiswa.unpad.ac.id USER MANUAL MAHASISWA MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2010 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Daftar Gambar... 3 ABSTRAK... 4 TUJUAN... 4 MEMULAI

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet Browser.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 Untuk Operator Sekolah Dasar Modul 1 Registrasi, Login, Ubah Profil, dan Logout A. Registrasi 1. Buka web browser dan ketikkan pada url kurtilas.org/register.

Lebih terperinci

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Dosen. Tim Siakad Puskom UNY

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Dosen. Tim Siakad Puskom UNY Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Modul Dosen Tim Siakad Puskom UNY UPT Pusat Komputer Universitas Negeri Yogyakarta 2005 Siakad UNY pengembangan terbaru ini adalah sebuah sistem informasi berbasis web.

Lebih terperinci

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Ed.. 20150320 Panduan Mahasiswa Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150320 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Anda...

Lebih terperinci

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini.

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini. PROSES REGISTRASI ULANG KOPERASI Untuk mempermudah proses registrasi ulang koperasi-koperasi di seluruh Indonesia, Sistem Elektronik Administrasi dan Layanan Badan Hukum Koperasi (SALBH-KOP) menyediakan

Lebih terperinci

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6.

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6. Panduan Instalasi Aplikasi SIDeKa 1. Instalasi Web Server menggunakan XAMPP. Di Windows Web Server diperlukan untuk menjalankan aplikasi SIDeKa, karena aplikasi ini dibangun berbasis web (Web Base). Step

Lebih terperinci

APLIKASI KRS ONLINE. Fikom.ust.ac.id. User Manual. Level Mahasiswa. Versi September 2016

APLIKASI KRS ONLINE. Fikom.ust.ac.id. User Manual. Level Mahasiswa. Versi September 2016 APLIKASI KRS ONLINE Fikom.ust.ac.id User Manual Level Mahasiswa Versi 1.0 01 September 2016 Sistem Informasi Akademik (SIAK) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas SU Medan 2 0 1 6 P a

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SITUS

PETUNJUK PENGGUNAAN SITUS Untuk masuk kedalam situs e-rekrutmen BPPT, silahkan membuka browser internet anda dan ketik alamat situs yang dituju yaitu http://lowongan.bppt.go.id. Tampilan pertama pada modul ini adalah sebagai berikut

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI KEARSIPAN STATIS (SiKS) ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA

PANDUAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI KEARSIPAN STATIS (SiKS) ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA PANDUAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI KEARSIPAN STATIS (SiKS) ARSIP UNIVERSITAS GADJAH MADA A. Akses SiKS Untuk mengakses aplikasi SiKS, pengguna dapat menggunakan salah satu dari dua cara berikut : 1.

Lebih terperinci

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Mahasiswa. Versi Desember 2011

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Mahasiswa. Versi Desember 2011 Aplikasi KRS Online User Manual Level Mahasiswa Versi 2.0 27 Desember 2011 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI.. 2 DAFTAR GAMBAR. 3 PENDAHULUAN. 4 MEMULAI APLIKASI MAHASISWA DAN KRS

Lebih terperinci

Menggunakan Browser dan Mesin Pencari

Menggunakan Browser dan Mesin Pencari Menggunakan Browser dan Mesin Pencari A. Pengantar Pada kegiatan ini, anda akan berlatih menggunakan perangkat lunak browser yang digunakan untuk mengakses situs Internet. Keterampilan menggunakan browser

Lebih terperinci

SELAMAT DATANG DI SITUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM) (http://siakad.brawijaya.ac.id/siam)

SELAMAT DATANG DI SITUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM) (http://siakad.brawijaya.ac.id/siam) SELAMAT DATANG DI SITUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM) (http://siakad.brawijaya.ac.id/siam) Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (disingkat SIAM ) yang diterapkan di Universitas Brawijaya ini

Lebih terperinci

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Persiapan Generate Data Awal... 2 3 Cara Masuk Ke Aplikasi... 5 4 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 5 Cara Sorting Dan Filtering Untuk

Lebih terperinci

User Manual SIA-Mahasiswa

User Manual SIA-Mahasiswa 2011 User Manual SIA-Mahasiswa Sistem Informasi Akademik Kemahasiswaan Akademik UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA M2011.07.13.01 USER MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK KEMAHASISWAAN Alamat web : http://sia.usd/mahasiswa/

Lebih terperinci

Manual Pendataan CAPESUN SLB

Manual Pendataan CAPESUN SLB DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... i ii PENDAHULUAN... SPESIFIKASI... 1. Spesifikasi Komputer... 2. Spesisikasi Aplikasi... 3. Situs Web Entry Data... 4. Auto Log Out... 5. Download File... 1 1

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA SUB BAGIAN PENDIDIKAN & PENGAJARAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TADULAKO 2016 Menjalankan Program Untuk menjalankan Siakad,

Lebih terperinci

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Software User Manual Sistem Informasi Pembayaran Mahasiswa Panduan Bagi Operator UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1 PENDAHULUAN... 3 1.1 Identifikasi... 3 1.2 Gambaran Sistem...

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI Menu Login Halaman Awal Menu Diklat Memilih Diklat...

DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI Menu Login Halaman Awal Menu Diklat Memilih Diklat... DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI... 4 Menu Login... 4 Halaman Awal... 5 Menu Diklat... 6 Memilih Diklat... 7 Mengakses Konten Materi... 8 Mengakses Forum...

Lebih terperinci

Panduan IMB Online. Dinas Tata Ruang Kota Bontang, Kaltim

Panduan IMB Online.  Dinas Tata Ruang Kota Bontang, Kaltim Panduan IMB Online http://imb.bontangkota.go.id Dinas Tata Ruang Kota Bontang, Kaltim Panduan Penggunaan IMB Online Pendaftaran (Registrasi) 1. Berikut ini adalah data-data berkas yang dapat Anda siapkan

Lebih terperinci

Sistem Informasi Akademik Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan (SIAKAD AKBMB) merupakan sebuah sistem informasi berbasis website yang

Sistem Informasi Akademik Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan (SIAKAD AKBMB) merupakan sebuah sistem informasi berbasis website yang Sistem Informasi Akademik Akademi Kebidanan Borneo Medistra Balikpapan (SIAKAD AKBMB) merupakan sebuah sistem informasi berbasis website yang dikembangkan dan diimplementasikan di Akademi Kebidanan Borneo

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA PPTI UB 2012 Panduan SIAM UB bagi Orang Tua/Wali Mahasiswa SIAM UB (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas

Lebih terperinci

SISTEM VERIFIKASI DAN VALIDASI (VERVAL) PROSES PEMBELAJARAN

SISTEM VERIFIKASI DAN VALIDASI (VERVAL) PROSES PEMBELAJARAN SISTEM VERIFIKASI DAN VALIDASI (VERVAL) PROSES PEMBELAJARAN Sistem "Verifikasi dan Validasi Data Proses Pembelajaran" dimaksudkan untuk memastikan konsistensi proses belajar mengajar (PBM) dengan acuan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD MAHASISWA INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD MAHASISWA INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL TAHUN 2015/2016 1. PENDAHULUAN Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) ini dikembangkan untuk mempercepat dalam memasukkan dan mendapatkan data maupun informasi

Lebih terperinci

Memulai Google+ 2.1 Registrasi Google+

Memulai Google+ 2.1 Registrasi Google+ Memulai Google+ Layanan Gmail memang seolah-olah merupakan pintu gerbang untuk masuk ke berbagai layanan Google yang lain. Untuk memulai Google+ juga demikian. Jadi mula-mula, bukalah terlebih dahulu akun

Lebih terperinci

Modul Pengguna SCeLE

Modul Pengguna SCeLE Modul Pengguna SCeLE Halaman utama SCeLE SCeLE adalah sistem yang berbasis web, sehingga untuk dapat menggunakannya dibutuhkan web browser (Internet Explorer / Mozilla / Netscape / Opera / dll). Untuk

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa STMIK & AMIK LOGIKA 2011 (EDISI REVISI) Copyright : STMIK & AMIK LOGIKA Halaman 1 dari 10 PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Tutorial Online Langkah pertama adalah menjalankan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan (Admin Fakultas) Sistem Informasi Kegiatan dan Prestasi Ekstrakurikuler - SIKAPE

Panduan Penggunaan (Admin Fakultas) Sistem Informasi Kegiatan dan Prestasi Ekstrakurikuler - SIKAPE Panduan Penggunaan (Admin Fakultas) Sistem Informasi Kegiatan dan Prestasi Ekstrakurikuler - SIKAPE Direktorat Sistem Informasi UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG 2017 Fitur pada SIAMIK yang dapat diakses

Lebih terperinci

Gambar 1.1 Alamat laman SITEDI

Gambar 1.1 Alamat laman SITEDI BAB I PENDAHULUAN Tesis merupakan karya tulis ilmiah sebagai bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam penelitian dan pengembangan keilmuanan pada salah satu bidang keilmuan yang sedang ditempuh oleh mahasiswa,

Lebih terperinci

PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI

PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI I. PENGANTAR 1. Pengertian Portal Akademik Universitas, merupakan sebuah sistem informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi akademik yang ada di berbagai

Lebih terperinci

Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR

Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR Universitas Islam Negeri Surabaya USER GUIDE SISTEM PENDAFTARAN ONLINE PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE (UINSA) PENDAFTAR 2014 Contents 1 BAGAIMANA MENGAKSES PENERIMAAN MAHASISWA BARU ONLINE?... 2 2 BAGAIMANA

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional 2018 Paket B dan C

DAFTAR ISI. Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional 2018 Paket B dan C DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... PENDAHULUAN... SPESIFIKASI... A. Spesifikasi Hardware... B. Spesifikasi Software... 1. Browser Internet... 2. Microsoft Excel... i ii 1 2 2 2 2 3 MEMULAI SISTEM

Lebih terperinci

Sistem Informasi Wisuda Page 1

Sistem Informasi Wisuda Page 1 Sistem Informasi Wisuda Page 1 PETUNJUK LOGIN BAA DAN VERIFIKASI PENDAFTARAN WISUDAWAN UNIVERSITAS UDAYANA 1. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman situs imissu terlebih dahulu

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SIAkad Yudharta

Panduan Penggunaan SIAkad Yudharta Panduan Penggunaan SIAkad Yudharta Untuk mahasiswa PPIK Daftar Isi Daftar Isi...2 1. Pendahuluan...4 1.1 Tentang Sistem Informasi Akademik...4 1.2 Tentang Dokumen...4 2. Petunjuk Penggunaan...5 2.1 Menjalankan

Lebih terperinci

PANDUAN MANUAL PENGISIAN PENILAIAN KINERJA ONLINE SMP TARUNA JAYA I SURABAYA 2013

PANDUAN MANUAL PENGISIAN PENILAIAN KINERJA ONLINE SMP TARUNA JAYA I SURABAYA 2013 PANDUAN MANUAL PENGISIAN PENILAIAN KINERJA ONLINE SMP TARUNA JAYA I SURABAYA 2013 I. PANDUAN UMUM Penilaian kinerja secara online ini merupakan bagian kecil dari tahapan pembangunan yang hendak mewujudkan

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA

BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA WEB-BASE SISTEM PELAPORAN ON LINE PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI AREAL KONSESI MITRA Buku Panduan untuk Pengguna - Web-Base Sistem Pelaporan On Line Pengendalian

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN PANEL MATERI SMKN6 PALEMBANG

PETUNJUK PENGGUNAAN PANEL MATERI SMKN6 PALEMBANG PETUNJUK PENGGUNAAN PANEL MATERI SMKN6 PALEMBANG SMK Negeri 6 Palembang http://smkn6palembang.net Palembang, Juli 2011 BAB 1 PENGISIAN MATERI SMK NEGERI 6 PALEMBANG Langkah langkah pengisian materi website

Lebih terperinci

Student s Guide. Portal Akademik. Panduan Mahasiswa. Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Student s Guide. Portal Akademik. Panduan Mahasiswa. Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Student s Guide Portal Akademik Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Pendahuluan Tentang Portal Akademik USU Portal akademik Universitas Sumatera Utara (USU), merupakan sebuah sistem informasi

Lebih terperinci

Kegiatan yang mendukung pelaksanaan KRRS. Prosedur Umum Pengisian KRRS

Kegiatan yang mendukung pelaksanaan KRRS. Prosedur Umum Pengisian KRRS Kegiatan yang mendukung pelaksanaan KRRS Prosedur Umum Pengisian KRRS Mulai 1. Kunjungi Situs http://www.tarumanagara.ac.id 2. Klik CEP UNTAR ada di situs www.tarumanagara.ac.id 3. Inputkan username dengan

Lebih terperinci

APLIKASI PEMETAAN INSTALASI FARMASI PETUNJUK PENGGUNAAN

APLIKASI PEMETAAN INSTALASI FARMASI PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI PEMETAAN INSTALASI FARMASI PETUNJUK PENGGUNAAN KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL BINA KEFARMASIAN DAN ALAT KESEHATAN DAFTAR ISI APLIKASI PEMETAAN INSTALASI FARMASI PETUNJUK

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 1. Buka Browser anda, kemudian ketikkan alamat silab.uny.ac.id lalu tekan Enter. SI Pinjaman Alat Laboratorium akan terbuka

Lebih terperinci

1. Prosedur Persiapan Aplikasi Berikut ini adalah panduan untuk melakukan install aplikasi untuk dapat menjalankan program penilai esai otomatis :

1. Prosedur Persiapan Aplikasi Berikut ini adalah panduan untuk melakukan install aplikasi untuk dapat menjalankan program penilai esai otomatis : PROSEDUR MENJALANKAN PROGRAM 1. Prosedur Persiapan Aplikasi Berikut ini adalah panduan untuk melakukan install aplikasi untuk dapat menjalankan program penilai esai otomatis : 1.1. Download Aplikasi berikut:

Lebih terperinci

Panduan Aplikasi Database Riset Iptek Lokal. dipersiapkan oleh : Hadiyanto Pengelola Utama Situs DBRiptek

Panduan Aplikasi Database Riset Iptek Lokal. dipersiapkan oleh : Hadiyanto Pengelola Utama Situs DBRiptek Panduan Aplikasi Database Riset Iptek Lokal dipersiapkan oleh : Hadiyanto Pengelola Utama Situs DBRiptek http://www.dbriptek.ristek.go.id Januari 2007 Panduan Aplikasi Database Riset Iptek Lokal Panduan

Lebih terperinci

2. Login Gunakan Username dan password masing-masing program studi.

2. Login Gunakan Username dan password masing-masing program studi. Program Studi 1. Buka browser dan ketik alamat Program Siakad Universitas Jambi : http://siakad.unja.ac.id atau untuk jaringan lokal ketik http://10.10.10.10 Maka muncul Laman sebagai berikut : 2. Login

Lebih terperinci

MANUAL BOOK APLIKASI ABSENSI

MANUAL BOOK APLIKASI ABSENSI i DAFTAR ISI Halaman Sampul i Daftar Isi ii 1. Mekanisme Presensi Manual 1 2. Mencetak Rekap Presensi 5 3. Mencetak Perhitungan Tunjangan 8 4. Mencetak Rekap Absensi Bulanan 11 5. Master Data Pegawai 13

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN ELEARNING PETUNJUK BAGI SISWA PADA E-LEARNING. Muhamad Ali, MT

MATERI PELATIHAN ELEARNING PETUNJUK BAGI SISWA PADA E-LEARNING. Muhamad Ali, MT MATERI PELATIHAN ELEARNING PETUNJUK BAGI SISWA PADA E-LEARNING Muhamad Ali, MT http://elektro.uny.ac.id/muhal A. Memasuki Situs E-Learning Aktivitas utama yang dilakukan oleh pengguna system pembelajaran

Lebih terperinci

User Manual SIA-Kaprodi

User Manual SIA-Kaprodi 2011 User Manual SIA-Kaprodi Sistem Informasi Akademik Ketua Program Studi UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA M2011.05.18.01 USER MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK KAPRODI Alamat web : http://sia.usd/kaprodi/

Lebih terperinci

PANDUAN SETUP AWAL & PEMANFAATAN

PANDUAN SETUP AWAL & PEMANFAATAN PANDUAN SETUP AWAL & PEMANFAATAN Online Marketplace yang dikembangkan untuk Anggota & Mitra Binaan KADIN Provinsi Bali Presented by: KADIN Provinsi Bali Sekilas Gatetobali.com Portal ini dikembangkan untuk

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah perangkat keras, perangkat lunak,

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah perangkat keras, perangkat lunak, BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. IMPLEMENTASI 4.1.1. Kebutuhan Sumber Daya Agar sistem dapat berjalan dengan baik pada PT. Bintaro Pool Site, maka harus disediakan beberapa faktor-faktor pendukung

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian AMIO untuk JURI

Petunjuk Pemakaian AMIO untuk JURI Petunjuk Pemakaian AMIO untuk JURI Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang perlu dilakukan oleh Juri dalam rangka melakukan penilaian terhadap karya-karya pada kegiatan Lomba Karya Inovasi yang diselenggarakan

Lebih terperinci

Wijaya Graha Puri Blok D-1 Jl. Darmawangsa Raya No. 2 Jakarta Phone: (62-21) , Fax: (62-21)

Wijaya Graha Puri Blok D-1 Jl. Darmawangsa Raya No. 2 Jakarta Phone: (62-21) , Fax: (62-21) Wijaya Graha Puri Blok D-1 Jl. Darmawangsa Raya No. 2 Jakarta 12160 Phone: (62-21) 7200794, 72790672 Fax: (62-21) 7206805 Email: akinet@aki.or.id Panduan Praktis Dalam Mengoperasikan Website AKI I. MENGAKSES

Lebih terperinci

Berselancar dengan Kids Web Menu

Berselancar dengan Kids Web Menu Berselancar dengan Kids Web Menu Bab ini membahas: Instalasi Kids Web Menu Pengaturan Awal Kids Web Menu Browsing dengan Kids Web Menu Mengganti Tema P ada dasarnya Kids Web Menu adalah sebuah browser

Lebih terperinci

Isikan alamat website

Isikan alamat website BUKU MANUAL PENDAFTARAN PERIZINAN ONLINE 1. Cara Masuk ke Aplikasi Adapun untuk masuk ke dalam aplikasi Perizinan Online Provinsi Jawa Tengah, terlebih dahulu jalankan aplikasi browser Google Chrome. Pada

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Aplikasi E-Absensi Untuk Operator

Panduan Penggunaan Aplikasi E-Absensi Untuk Operator Panduan Penggunaan Aplikasi E-Absensi Untuk Operator Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta DAFTAR ISI 1. Login dan Halaman Utama... 3 2. Menu Rekap Absen... 4 3. Menu Mesin Absensi....

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 SISTEM AKADEMIK YARSI Modul Pelatihan Dosen Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 Daftar Isi Contents I. Login... 2 II. Kalender Akademik... 3 III. Menu Penilaian... 4 III.1 Input Nilai...

Lebih terperinci

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM

MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM 1 MANUAL UNTUK MENJALANKAN PROGRAM Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi php dan javascript sebagai rancangan interface, untuk tempat penyimpanan data (database) digunakan MySQL client version:

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen STMIK AKAKOM DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk Penggunaan... 5 2.1 Login... 5

Lebih terperinci

PANDUAN MANUAL PENGISIAN PENILAIAN KINERJA ONLINE SMP TARUNA JAYA I SURABAYA 2013

PANDUAN MANUAL PENGISIAN PENILAIAN KINERJA ONLINE SMP TARUNA JAYA I SURABAYA 2013 PANDUAN MANUAL PENGISIAN PENILAIAN KINERJA ONLINE SMP TARUNA JAYA I SURABAYA 2013 I. PANDUAN UMUM Penilaian kinerja secara online ini merupakan bagian kecil dari tahapan pembangunan yang hendak mewujudkan

Lebih terperinci

PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG

PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG ( 2 0 1 6, P a t a h H e r w a n t o & T e g u h W i h a r k o ) 1 PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG Jl. PH.H. Mustofa No.31, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa

Lebih terperinci

User Manual SIA-DPA. Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik YOGYAKARTA M UNIVERSITAS SANATA DHARMA

User Manual SIA-DPA. Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik YOGYAKARTA M UNIVERSITAS SANATA DHARMA 2011 User Manual SIA-DPA Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA M2011.05.18.01 USER MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK DPA Alamat web : http://sia.usd/dpa/

Lebih terperinci

PANDUAN SETUP AWAL & PEMANFAATAN

PANDUAN SETUP AWAL & PEMANFAATAN PANDUAN SETUP AWAL & PEMANFAATAN Online Marketplace yang dikembangkan untuk Anggota APKOM Semarang Dikembangkan & Didukung oleh : APKOM SEMARANG Sekilas Apkomsemarangmall.com Portal ini dikembangkan untuk

Lebih terperinci

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Dosen. Versi 2.0 27 Desember 2011

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Dosen. Versi 2.0 27 Desember 2011 Aplikasi KRS Online User Manual Level Dosen Versi 2.0 27 Desember 2011 MODUL DOSEN DCISTEM UNPAD 2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 DAFTAR GAMBAR... 3 PENDAHULUAN... 4 MEMULAI APLIKASI KRS ONLINE... 4 Proses

Lebih terperinci

Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online

Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online 1. Aktivasi UT- Online Untuk mengikuti kegiatan Tutorial Online (Tuton), mahasiswa harus melakukan Aktivasi UT-Online terlebih dahulu. Cara melakukan Aktivasi

Lebih terperinci

Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kenagarian ini dibuat untuk. Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi Musrenbang

Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kenagarian ini dibuat untuk. Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi Musrenbang PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kenagarian ini dibuat untuk tujuan sebagai berikut : Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi Musrenbang Kenagarian

Lebih terperinci

1. Prosedur penggunaan aplikasi Gambar 1.1 Gambar Tampilan Layar Login

1. Prosedur penggunaan aplikasi Gambar 1.1 Gambar Tampilan Layar Login 1. Prosedur penggunaan aplikasi Gambar 1.1 Gambar Tampilan Layar Login Tampilan awal halaman pada aplikasi Sharing Education diawali dengan menu login seperti pada gambar 1.1 Gambar tampilan layar login.

Lebih terperinci

USER MANUAL MUSRENBANG KELURAHAN

USER MANUAL MUSRENBANG KELURAHAN USER MANUAL MUSRENBANG KELURAHAN APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kelurahan ini dibuat

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 3 1.1 Tentang Portal Akademik... 3 1.2 Tentang Dokumen... 3 2. Petunjuk Penggunaan...

Lebih terperinci

Aplikasi Portal Mahasiswa

Aplikasi Portal Mahasiswa Aplikasi Portal Mahasiswa User Manual Level Mahasiswa Versi 4.0 16 Agustus 2013 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2012 i PENDAHULUAN Aplikasi Portal Mahasiswa merupakan portal informasi bagi mahasiswa UNPAD.

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User Kecamatan)

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User Kecamatan) DAFTAR ISI A.- Persyaratan Penggunaan Aplikasi E-Planning ---------------------------------------------------- 1 1.----Kebutuhan Sistem ------------------------------------------------------------------------------------

Lebih terperinci

PETUNJUK OPERASIONAL

PETUNJUK OPERASIONAL PETUNJUK OPERASIONAL WEB MONITORING DAN EVALUASI Konfigurasi Web browser Setelah melakukan konfigurasi pada IP LAN hal selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada Web Browser sehingga mampu mengakses

Lebih terperinci

DAFTAR ISI PENDAHULUAN

DAFTAR ISI PENDAHULUAN DAFTAR ISI PENDAHULUAN Spesifikasi Komputer... 1 Spesisikasi Aplikasi... 2 Situs Web Entry Data... 2 Auto Log Out... 3 Download File... 3 Jendela Baru... 4 PENGGUNAAN MODUL Identifikasi User... 5 Login

Lebih terperinci

Software User Manual PORTAL AKADEMIK PANDUAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Software User Manual PORTAL AKADEMIK PANDUAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA Software User Manual PORTAL AKADEMIK PANDUAN BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA Petunjuk Penggunaan Login Untuk memasuki Sistem Portal Akademik Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan, pengguna

Lebih terperinci

PETUNJUK UMUM APLIKASI & TATA CARA PENDAFTARAN PPDB ONLINE TINGKAT SMP KOTA TANGERANG SELATAN

PETUNJUK UMUM APLIKASI & TATA CARA PENDAFTARAN PPDB ONLINE TINGKAT SMP KOTA TANGERANG SELATAN PETUNJUK UMUM APLIKASI & TATA CARA PENDAFTARAN PPDB ONLINE TINGKAT SMP KOTA TANGERANG SELATAN Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMP Online (PPDB) merupakan sebuah aplikasi berbasis web (web

Lebih terperinci

PANDUAN BAGI ADMIN YUDIWIS

PANDUAN BAGI ADMIN YUDIWIS PANDUAN BAGI ADMIN YUDIWIS ONLINE http://admin.yudiwis.uny.ac.id UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Jl. Colombo No. 1, Karangmalang Caturtunggal Depok Sleman 0274586168 akademik@uny.ac.id http://www.uny.ac.id

Lebih terperinci

DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... I. PENDAHULUAN... II. SPESIFIKASI... III. MEMULAI SISTEM PENDATAAN...

DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... I. PENDAHULUAN... II. SPESIFIKASI... III. MEMULAI SISTEM PENDATAAN... 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i KATA PENGANTAR... ii I. PENDAHULUAN... 1 II. SPESIFIKASI... 1 A. Spesifikasi Hardware... 1 B. Spesifikasi Software... 2 III. MEMULAI SISTEM PENDATAAN... 3 A. Proses Login...

Lebih terperinci

Panduan Ringkas Upload Dokumen pada Sistem Informasi Pengendalian RP2KPKP (http://ciptakarya.pu.go.id/bangkim/rp2kpkp)

Panduan Ringkas Upload Dokumen pada Sistem Informasi Pengendalian RP2KPKP (http://ciptakarya.pu.go.id/bangkim/rp2kpkp) Panduan Ringkas Upload Dokumen pada Sistem Informasi Pengendalian RP2KPKP (http://ciptakarya.pu.go.id/bangkim/rp2kpkp) Catatan: Panduan ini dibuat sebagai petunjuk bagi Pokja, TAP dan Satker di daerah

Lebih terperinci

Univ_rsit[s Muh[mm[^iy[h Sum[t_r[ Ut[r[

Univ_rsit[s Muh[mm[^iy[h Sum[t_r[ Ut[r[ Univ_rsit[s Muh[mm[^iy[h Sum[t_r[ Ut[r[ Panduan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) A. SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) Sistem informasi akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Universitas

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 5 1.1 Tentang Portal Akademik 5 1.2 Tentang Dokumen 5 2. Petunjuk Penggunaan 6 2.1 Login 6 2.2 Halaman Selamat

Lebih terperinci

2. Perangkat Jaringan (Kabel UTP, Switch/Hub,Ethernet) Perangkat Lunak 1. Sistem Operasi (WindowsXP, Windows 2000, Windows 2003, Linux)

2. Perangkat Jaringan (Kabel UTP, Switch/Hub,Ethernet) Perangkat Lunak 1. Sistem Operasi (WindowsXP, Windows 2000, Windows 2003, Linux) Bab I Installasi Untuk menjalankan dan mempraktekan Web Site Sekolah ini ada 2 tahapan installasi yang harus diinstall di komputer: Installasi Web Server. Installasi Web Sekolah. A. Installasi Web Server

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... iii QUICK START SIMPEG...1 LOGIN...3 MENU-MENU SIMPEG...5 MENU UTAMA...7 4.1. Meja Kerja...7

Lebih terperinci

PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATABASE PEGAWAI (SIMDAPEG)

PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATABASE PEGAWAI (SIMDAPEG) PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATABASE PEGAWAI (SIMDAPEG) http://dislautkan.kalbarprov.go.id/simdapeg/ DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT 21 Mei, 2014 Oleh : Wendy,

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA

PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA PANDUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI 1 KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan rahmat-nya,

Lebih terperinci

PANDUAN KRRS ONLINE UNIVERSITAS TARUMANAGARA

PANDUAN KRRS ONLINE UNIVERSITAS TARUMANAGARA Puskom Universitas Tarumanagara PANDUAN KRRS ONLINE UNIVERSITAS TARUMANAGARA KEGIATAN YANG MENDUKUNG PELAKSANAAN KRRS ONLINE Prosedur Umum Pengisian KRRS 1. Kunjungi Situs http://lintar.tarumanagara.ac.id

Lebih terperinci

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Cara Masuk Ke Aplikasi...

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE Aplikasi SKP Online merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah PNS dalam penyusunan dan penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan aturan-aturan

Lebih terperinci

Manual Pengunaan Perijinan Online (Calon Pemohon Ijin)

Manual Pengunaan Perijinan Online (Calon Pemohon Ijin) MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Aplikasi Perizinan Online ini merupakan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu, sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun

Lebih terperinci

PANDUAN REGISTRASI MAHASISWA BARU SECARA ON LINE

PANDUAN REGISTRASI MAHASISWA BARU SECARA ON LINE PANDUAN REGISTRASI MAHASISWA BARU SECARA ON LINE Mahasiswa baru yang telah diterima dalam seleksi ujian masuk di Universitas Udayana wajib melakukan registrasi ulang mahasiswa baru untuk memberikan informasi

Lebih terperinci

d. Pilih menu HerRegistrasi Asesor yang terdapat di kanan atas layar

d. Pilih menu HerRegistrasi Asesor yang terdapat di kanan atas layar Langkah-langkah melakukan Her-Registrasi Asesor BAPSM Jatim 2017. Berkas yang harus dipersiapkan (dalam bentuk SCAN) 1. Pas Foto terakhir 2. Sertifikat kelulusan akademik (S1/S2/S3) 3. KTP yang masih berlaku

Lebih terperinci

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE http://etraining.tkplb.org 2014 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN (SIMDIK) KABUPATEN BREBES

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN (SIMDIK) KABUPATEN BREBES SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN (SIMDIK) KABUPATEN BREBES PANDUAN PENGGUNAAN UNTUK SEKOLAH Abstract Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Kabupaten Brebes merupakan sistem pendataan online berbasis

Lebih terperinci

Panduan Aplikasi SIM Diklat Keahlian Ganda untuk Operator

Panduan Aplikasi SIM Diklat Keahlian Ganda untuk Operator Panduan Aplikasi SIM Diklat Keahlian Ganda untuk Operator I. Instalasi dan Pengoperasian Aplikasi SIM Diklat Keahlian Ganda II. Registrasi Peserta Keahlian Ganda dan Pencetakan Presensi III. Update Biodata

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

Gambar 1. Halaman Utama E-PROCUREMENT. Panduan Aplikasi eproc Rekanan

Gambar 1. Halaman Utama E-PROCUREMENT. Panduan Aplikasi eproc Rekanan Modul Rekanan adalah fasilitas yang diseiakan di E-Procurement (Pelelangan Online) untuk dipergunakan oleh para rekanan agar dapat memperoleh informasi tentang pelelangan serta dapat mengikuti proses pelelangan

Lebih terperinci