Dunia Penuh Desas Desus

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Dunia Penuh Desas Desus"

Transkripsi

1 Bacaan 2 Dunia Penuh Desas Desus Oleh: Nuran Wibisono / The Geo Times Dunia buku bekas di Indonesia adalah dunia dengan banyak kabar angin, desas desus, dan juga mitos. Misalkan cerita ini. Seorang pedagang menjual buku Serat Centhini klasik, tulisan tangan. Dalam sebuah pameran buku, kitab antik itu ditawarkan dengan harga fantastis: 5 milyar rupiah. Kemudian kabar angin berlanjut. Seorang menteri di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, menawar buku itu dengan banderol 250 juta rupiah. Sang pedagang menolak. Alasannya, selain karena penawaran itu dianggap terlalu murah, juga agar buku- buku dagangannya yang lain juga ikut terkerek harganya. Sekarang buku Serat Centhini itu ia simpan dalam lemari besi di bank swasta. Setelah ditelusuri, kisah itu bukan sekedar mitos. Melainkan kisah nyata. Pedagang itu bernama Daus, pemilik toko buku Samudera. Daus pernah membuat gempar para pengunjung Indonesia Book Fair dua tahun silam. Ia memajang tiga baliho berukuran sedang di stannya, menawarkan tiga buku antik dengan harga luar biasa mahal. Buku pertama berjudul Tan Malaka Bapak Repoeblik Indonesia karya Mohammad Yamin cetakan tahun 1946 yang ia banderol 150 juta rupiah. Buku kedua adalah album foto orisinil kunjungan mantan Presiden Soeharto di Jepang pada tahun Album foto ini ia beri harga lebih mahal: 200 juta. Namun yang paling bikin kaget adalah buku Serat Centhini buatan tahun 1814 yang harganya 5 milyar! Konon buku ini hanya ada tiga eksemplar di seluruh dunia. Daus yang sudah lebih dari 10 tahun terjun dalam dunia perbukuan, menganggap harga buku antik itu memang mahal karena sebanding dengan kesukaran mencari bukunya. Hingga sekarang buku ini belum laku. Desas desus di kalangan pedagang dan pembeli buku bekas, buku Serat Centhini tulisan tangan ini pernah ditawar oleh salah seorang menteri era Susilo Bambang Yudhoyono seharga 250 juta. Tapi ditolak karena penawaran itu terlalu murah. Ada lagi cerita: tentang kisah seorang anak mantan presiden Indonesia. Suatu hari ia datang ke pusat buku bekas di Blok M Square dengan membawa uang sebanyak 25 juta rupiah. Hari itu ia pulang dengan membawa tumpukan buku dan tanpa sepeser pun uang sisa. ***

2 Siahaan tampak sibuk sore itu. Ia memasukkan banyak buku ke dalam kardus bekas air mineral. Ada sekitar 10 buku yang sudah ia masukkan di dalam kardus. "Ini pesanan, nanti mau dikirim ke pemesannya," katanya sembari tersenyum dan mengelap peluh. Siahaan bertubuh pendek, namun kekar. Rambutnya pendek. Berwarna hitam dengan sedikit uban di sana sini. Ia mudah dikenali: ada dua tahi lalat. Masing- masing satu di rahang kanan dan rahang kiri. Siahaan adalah salah satu pedagang lama di kios pasar buku Senen. Pria asal Medan ini sudah membuka lapak di Senen sejak tahun "Tapi saat itu masih di depan terminal. Lalu ada penggusuran, dan dipindah ke dalam," ujarnya. Siahaan yang menempati kios berukuran 1,5 x 2,5 m di Blok E itu selalu bersemangat kalau membicarakan soal buku. Sebagai pedagang buku, ia suka membaca semua buku dagangannya. Namun ia paling suka membaca buku sastra. Karena itu, banyak buku dagangannya adalah sastra. Baik klasik maupun modern. Di rak, tampak buku karya sastrawan dan penulis besar. Shakespeare. Emily Bronte. Charles Dickens. Cervantes. Hingga John Steinbeck, pengarang favoritnya. Ia mengaku punya semua koleksi buku Steinbeck. "Tahu buku Steinbeck yang paling bagus?" tanyanya. Travels With Charley? tanya saya. Itu buku Steinbeck favorit saya, mengenai pengalaman Steinbeck berjalan- jalan keliling Amerika dengan naik truk camper ditemani anjing French poodle kesayangannya. "Iya. Itu bagus juga. Tapi menurut saya The Grapes of Wrath itu yang paling bagus," katanya menjawab sendiri pertanyaannya, sembari mengeluarkan buku itu, terbitan Pinguin Classic, dari rak. Siahaan punya dua buku The Grapes of Wrath, dari penerbit yang berbeda. Itu ia lakukan karena dulu pernah ada seorang pembeli asal Yogyakarta yang mencari buku itu, rela membayar mahal. Tapi Siahaan ternyata kehabisan stok. Kejadian itu jadi pelajaran. Sekarang, saat ia menemukan buku- buku babon sastra, ia pasti membelinya. Kalau perlu beli dua atau tiga eksemplar, seperti yang ia lakukan pada The Grapes of Wrath. Siahaan banyak bercerita mengenai dunia buku bekas di seputar Pasar Senen sore itu. Ia mengatakan bahwa perdagangan buku bekas ternyata mempekerjakan banyak sumber daya manusia. Siahaan mencatat bahwa sebelum ada pendataan pedagang buku bekas di Senen, ada sekitar 30 orang

3 pedagang buku bekas di tempat itu. Setelah dilakukan pendataan menjelang relokasi ke kios, ternyata sudah ada 46 orang yang berdagang buku. Itu belum ditambah dengan makelar buku yang berjumlah sekitar 20 orang. "Makelar itu orang yang tak punya lapak dan tak punya buku, tapi ikut mencarikan buku ke para pedagang. Ia mengambil komisi dari setiap buku yang laku. Jumlah 20 orang itu hanya untuk di Pasar Senen saja," kata pria kelahiran tahun 1967 itu. Tak banyak orang yang tahu bagaimana para pedagang buku seperti Siahaan bisa mendapatkan stok buku bekas. Ternyata alur perdagangan buku bekas bisa dilacak hingga ke akar. Menurut cerita Siahaan, akar penopang peredaran buku bekas ini adalah para pengepul buku yang mengambil buku- buku bekas dari para tukang loak. Sistem seperti ini berlaku di nyaris semua pedagang buku. Jangan salah, di tukang loak justru bisa ditemukan buku- buku bagus dengan harga yang sangat murah. Kalau sedang beruntung, para pengepul itu bisa menemukan buku- buku bekas koleksi para pejabat, atau malah orang terkenal. "Hal kayak gitu bisa terjadi karena kepemilikan buku di Indonesia itu belum mengenal regenerasi," kata Siahaan sedikit prihatin Ia lantas memberi contoh seorang tokoh besar, sembari meminta nama itu tak dicantumkan. Saat tokoh besar itu meninggal, ia turut meninggalkan ribuan buku koleksinya, dan ahli warisnya tak memiliki rasa memiliki terhadap buku itu. "Satu bulan masih bertahan. Dua bulan masih bertahan. Tiga bulan sudah mulai gak tahan. Ahli waris pasti berpikir kalau ribuan buku itu memakan banyak tempat, dan makan biaya perawatan. Jadi mending dijual saja semuanya, katanya. Biasanya buku- buku peninggalan seperti itu dijual borongan. Siahaan menyebutkan buku koleksi milik tokoh besar itu berjumlah dua truk. Konon ribuan buku itu dijual dengan harga hanya 15 juta rupiah saja. Padahal banyak diantaranya yang merupakan buku babon dan buku langka. Disinilah peran para pengepul. Kaum pengepul biasanya hafal dimana saja tukang loak ini mangkal. Juga punya jaringan luas soal buku milik tokoh besar yang dijual. "Para pengepul itu biasanya disebut sebagai pedagang tingkat pertama," kata Rico, salah seorang pemilik kios buku di Blok M Square. Rico sudah sejak 2009 membuka kios di Blok M. Namun sebelum itu ia sudah sejak tahun 2001 menjadi "pemain lapangan", istilahnya untuk menyebut penjual yang mencari buku di lapangan, bukan sekedar menjual di kios.

4 Pria kelahiran Padang itu termasuk salah satu pedagang buku gelombang pertama di Blok M Square. Sebelumnya, ia membuka kios buku di Jatinegara. Para sejawatnya di Blok M, memanggil ia dengan sebutan 'bang', tanda ia cukup dihormati oleh para pedagang lain. Rico dengan unik membuat sendiri jenjang pedagang berdasarkan tugas dan harga beli buku. Dalam sistem itu, bisa diketahui kalau ada empat tingkat pedagang buku. Yang pertama, ia sebut dengan pedagang tingkat satu. Istilah lainnya adalah pemain lapangan, atau pengepul. Mereka adalah orang- orang yang bertugas untuk keliling Jakarta, mendatangi para tukang loak untuk mencari buku yang layak beli. Pedagang tingkat ini biasanya membeli buku di loakan seharga dua ribu hingga tiga ribu rupiah per buku. Atau kadangkala dengan sistem kiloan. Pedagang pertama ini lantas menjual buku ke pedagang kedua. Pedagang kedua ini sebenarnya nyaris sama dengan pedagang pertama. Pedagang kedua juga turun ke lapangan, namun mereka juga punya kios. Jadi mereka bisa saja membeli dari pedagang pertama, namun kadangkala mencari barang sendiri ke tukang loak. Jika pedagang kedua membeli dari pedagang pertama, harganya berkisar antara empat ribu sampai enam ribu rupiah per buku. Juga bisa memakai sistem kiloan. "Pedagang kedua lantas punya pilihan. Menjual di kiosnya sendiri, atau mengopernya ke pedagang ketiga," tukas Rico. Pedagang ketiga ini adalah pedagang yang murni berdagang lewat kios. Mereka nyaris tak pernah turun ke lapangan. Biasanya mereka dapat buku dari setoran pedagang kedua. "Kisaran harga belinya antara tujuh hingga sembilan ribu, lalu mereka menjual dengan harga tergantung mereka," Siahaan menerangkan. Kasta paling tinggi adalah pedagang tingkat empat. Golongan ini adalah penjual yang khusus menjual buku- buku dengan harga fantastis. Harga bukunya berkisar ratusan ribu, hingga ratusan juta. Salah satu pedagang yang seperti itu adalah Ipung. Ia adalah pemilik kios buku Bumi Nusantara di Blok M Square. Sejak mulai berdagang buku pada 2010, Ipung memang sudah memposisikan diri sebagai penjual buku dengan harga dan segmen premium. Kisaran harga buku di tempatnya mulai dari 75 ribu hingga yang termahal 75 juta. Harga itu tak mengherankan. Karena koleksi buku Ipung memang klasik dan antik. "Saya sejak awal memang sengaja fokus ke buku tentang sejarah, sastra, dan seni, buku antik," tukas lelaki yang dulu bekerja sebagai fotografer musik sebelum total menerjunkan diri jadi pedagang buku bekas. Saat ditanya harga buku termahal yang pernah ia jual, pria berambut gondrong ini sedikit rikuh. Tapi akhirnya ia mau berbagi rahasia. "Dulu saya pernah jual

5 harga 14 juta. Itu majalah kuno, bendelan," katanya tanpa menyebutkan nama majalahnya. Saat ini Ipung punya satu harta karun. Ia lupa judul bukunya, yang pasti itu buku tentang fauna di Ambon. "Itu cetakan tahun 1768, sudah hampir tiga ratus tahun," tuturnya tersenyum. Ia membanderol harga buku itu antara 40 hingga 75 juta. "Jadi harga pastinya ya di kisaran angka itu lah, tergantung nego." Hingga sekarang buku itu masih menunggu pembeli. Selain Ipung, pedagang buku bekas lain yang fokus menjual buku- buku antik dan langka adalah Harri Purnomo. Pria berbadan subur yang akrab dipanggil Gieb ini termasuk salah satu pedagang buku dunia maya yang fokus pada buku- buku antik dan langka. Dalam situsnya, ia menuliskan kalau toko buku miliknya hanya menyediakan "...banned books, rare books dan used books." Hal itu diperjelas dengan kredonya: Menjual Buku yang Tak Ada di Toko Buku. Salah satu buku dagangan Gieb yang berharga fantastis adalah Indonesia Dalem Api dan Bara. Buku yang konon hanya ada sebanyak 13 eksemplar di Indonesia ini ditawarkan dengan harga 20 juta rupiah. "Meski sampai sekarang belum ada yang membeli, tapi sudah ada beberapa yang menawar," kata pria yang juga punya buku Tan Malaka: Bapak Repoeblik Indonesia karangan Muhammad Yamin yang ia banderol 20 juta rupiah. Kisaran buku antik yang dijual Gieb berkisar ratusan ribu hingga ratusan juta. Seperti buku Gerilja, Politik, Ekonomi karya Tan Malaka cetakan pertama tahun 1948 yang ia banderol 850 ribu. Di lain waktu, Gieb juga menawarkan borongan buku yang ia jual seharga 250 juta rupiah. Ia pernah berkata suatu ketika, "Harga buku yang saya jual memang fantastis. Khusus buat manusia- manusia bibliothec fetish yang sadis." *** Semenjak terjadi coup d'état Partai Komunis Indonesia pada tahun 1965, gerakan kiri di Indonesia dianggap sebagai musuh. Rezim Orde Baru melarang peredaran dan memberangus nyaris semua buku berhaluan kiri. Tentu saja, penentuan mana kiri dan mana bukan adalah hal yang bias. Namun sejak rezim Orde Baru tumbang, maka berbondong- bondong orang mulai mencari buku berhaluan kiri. Mendadak buku Karl Marx, Pramoedya Ananta Toer, Tan Malaka, bahkan D.N Aidit, yang sebelumnya dilarang, menjadi populer. Di dunia buku bekas, buku- buku kiri yang dulu dilarang dan diberangus, sekarang malah menempati pangsa pasar premium. Harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga ratusan juta per eksemplar.

6 Ipung, sebagai salah satu pengumpul buku- buku klasik juga mengakui kalau buku kiri di zaman sekarang itu bisa berharga mahal. "Buku- buku kiri itu buku paling seksi di Indonesia. Pram (Pramoedya Ananta Toer), Tan, Aidit," katanya. Namun harga ini juga bergantung pada pengetahuan penjual. Kisah mengenai harga dokumen kiri ini juga menarik untuk diceritakan. Salah satunya adalah kisah tentang pengepul yang menjual sebuah dokumen D.N Aidit dengan harga sangat murah: dua ribu rupiah. Hal itu semata karena ia tak tahu bahwa dokumen tipis dengan kertas yang sudah berwarna cokelat dimakan usia itu, ternyata berharga. Terutama bagi para kolektor. Salah seorang pedagang buku yang tahu betapa berharganya dokumen itu lantas membelinya, lalu menjualnya kembali dengan harga jutaan rupiah. Ia beruntung. "Itu gue juga pernah beli dokumen Aidit, harganya tiga ribu aja. Gue jual ratusan ribu ke pedagang keempat. Dia terus jual ke kolektor harganya udah jutaan," kata Rico, salah satu pedagang yang beruntung itu. Akan tetapi, yang patut ditanyakan kemudian: apakah gagasan kiri itu memang kembali populer? Ataukah hanya soal gengsi karena bisa mengoleksi dokumen antik semata? Menurut Siahaan, buku kiri yang laku dengan cepat dan berharga mahal itu adalah buku atau dokumen kiri yang antik. Ia memberi contoh buku Tan Malaka yang berjudul Dari Penjara ke Penjara. Yang berharga mahal itu adalah cetakan- cetakan awal. "Cetakan barunya sih ya gak cepat laku dan gak berharga mahal pula," katanya sembari menunjukkan buku Penjara ke Penjara cetakan terbaru, yang masih belum laku. Hal yang sama juga terjadi pada buku- buku Pramoedya Ananta Toer terbitan lama. Harganya bisa ratusan ribu. Namun cetakan terbarunya berharga standar. "Buku kiri itu laku karena antiknya. Bukan soal pengetahuannya," kata Siahaan tergelak. *** Dunia buku juga dunia yang penuh nubuat. Suatu kali, diramalkan bahwa buku fisik akan habis ditelan kemajuan zaman. Atas nama kepraktisan, orang akan membaca buku digital. Jauh lebih ringan, ringkas, dan lebih murah. Plus: lebih ramah lingkungan. Ada pula tenungan bahwa toko buku akan gulung tikar satu persatu, digantikan toko buku dunia maya. Tanbiat macam itu tampaknya bukan isapan jempol belaka. Setidaknya kalau berdasarkan data statistik.

7 The Bookseller Association, sebuah asosiasi tempat bernaung para penjual buku di Inggris dan Irlandia, mengungkapkan kalau terjadi penurunan jumlah toko buku secara drastis. Organisasi yang menaungi sekitar 95% dari total penjual buku di Inggris dan Irlandia mengeluarkan pernyataan kalau ada penurunan anggota hingga 20%. Pada tahun 2006, The Bookseller Association memiliki anggota sejumlah toko buku. Namun dalam catatan mereka circa Juni 2011, ada pengurangan sebanyak 800 toko buku dan terus berkurang. Hingga sekarang anggota organisasi ini hanya toko buku. Salah satu toko buku yang terpaksa gulung tikar adalah The Harbour Bookshop yang sudah berdiri selama 60 tahun. Salah satu manajer toko itu menyatakan alasan tutupnya toko karena, "...penjualan di toko buku ini tergerus oleh perkembangan penjualan di toko buku online." Tren penjualan buku di dunia maya ikut berkembang saat internet ada dan melahirkan tren online shopping. Gieb adalah salah satu orang yang menyadari tren jual buku di dunia maya. Lelaki berambut tipis ini sudah berjualan buku melalui laman media sosial sejak 5 tahun lalu. Ia mulai berdagang dengan menggunakan nama akun Mijielnya Gieb di Facebook. Juga memajang koleksi dagangannya di situs tokobukumijil.com Secara perhitungan bisnis, berjualan di dunia maya memang menguntungkan. Para penjual tak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, atau membayar listrik, misalnya. Tinggal mengunggah foto buku ke akun media sosial, maka pembeli bisa menawar, dan terjadi transaksi. Karena itu, modalnya pun tak perlu besar. "Aku mulai bisnisku cuma modal 300 ribu," kata Gieb sembari menyeruput kopi saat saya temui di sebuah sore yang hangat. Tak hanya menguntungkan, perputaran uang di bisnis toko buku dunia maya ini juga cepat. Di awal- awal berjualang, setiap minggu Gieb bisa mengunggah 20 buku dagangan baru. "Nyaris semua sold out," tutur Gieb yang mendapat pasokan bukunya dari para pengepul. Setiap bulan ia mengaku bisa mendapat omzet bersih 3 hingga 5 juta rupiah. Namun semenjak satu tahun belakangan, Gieb punya banyak saingan karena sudah semakin banyak akun toko buku dunia maya. Banyak dari mereka bahkan ikut turun ke lapangan, mencari buku dari tukang loak. Kadang pula langsung datang ke para pengepul buku. "Sekarang sih seminggu cuma bisa majang lima buku baru, itu udah mending," kata lelaki asal Solo ini sembari meringis. Gieb lantas mencari jalur baru - - yang ia sebut sebagai jalur bawah tanah- - untuk menjual dagangannya, yakni lewat jalur politisi. Jalur ini adalah menjual buku- buku antik - - biasanya filsafat atau ideologi tertentu- - kepada para politisi langsung.

8 Tentu bukunya yang sesuai dengan ideologi politisinya. Seperti menjual buku Marhaenisme pada politisi PDI Perjuangan," ujarnya. Selain itu ia juga mulai menjual melalui twitter, media sosial yang selama ini kurang dilirik oleh akun toko buku dunia maya yang kebanyakan menggunakan Facebook. Usaha itu menampakkan hasil. Melalui jalur bawah tanah, beberapa buku dibeli oleh politisi dengan harga lumayan. Dari twitter, ia mendapatkan pembeli dari kalangan orang beken yang suka membeli buku antik. "Dari jalur politisi, aku pernah dapat untung 10 juta dalam satu minggu. Aku buat beli motor," kata Gieb sembari tergelak. Tren toko buku di dunia maya ini diikuti dengan tren buku digital (e- book). Seringkali, buku digital dianggap membunuh penjualan buku fisik, terutama di negara- negara maju yang penduduknya banyak memiliki sabak digital. Angka penjualan buku digital juga mencatatkan angka yang mencengangkan. Di Inggris dan Irlandia, kenaikan penjualan buku digital mencapai 318% pada tahun Kenaikan ini dianggap turut andil terhadap tutupnya 72 toko buku fisik independen. Berdasarkan perkiraan dari jajaran eksekutif The Bookseller Association, dalam 10 tahun mendatang, penjualan buku digital akan merajai pasar, menyamai atau bahkan mengalahkan penjualan buku fisik. Gelombang menurunnya penjualan buku fisik ini juga sampai ke Pasar Senen. Bahkan beberapa orang pedagang merasa penurunan ini sudah dimulai lebih dulu: sejak era fotokopi. "Sebelum ada fotokopi, orang kan tak mungkin menyalin segitu banyak tulisan. Jadi harus beli buku. Pas ada foto kopi, orang tinggal fotokopi aja," kata Siahaan dengan logat Bataknya yang kental. Pedagang buku bekas di Blok M Square juga merasakan hal yang sama. "Saat ini penjualan buku emang lagi seret," tutur Rico, "tapi kalau lagi musim buku pelajaran, keuntungannya bisa nutupin seret selama setaun." Namun para penjual buku bekas ini masih bisa menghela nafas. Setidaknya ramalan buku fisik dihantam oleh buku digital, masih terasa jauh. Di Indonesia, pengguna sabak digital dan pembeli buku dunia maya masih sedikit. Setidaknya tak sebanyak di Inggris. Meski mengalami penurunan penjualan, para pedagang buku bekas tak memungkiri kalau omzet mereka masih cukup besar. "Ya mungkin omzetnya cuma kalah sama jualan narkoba lah," kata Rico tergelak.[]

BAB 1 PENDAHULUAN. ke tahun. Ini disebabkan karena pemerintah tidak menyediakan saran atransportasi

BAB 1 PENDAHULUAN. ke tahun. Ini disebabkan karena pemerintah tidak menyediakan saran atransportasi BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kebutuhan masyarakat akan kendaraan pribadi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ini disebabkan karena pemerintah tidak menyediakan saran atransportasi umum yang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang. Suatu gejala positif yang seharusnya dilakukan oleh para sastrawan,

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang. Suatu gejala positif yang seharusnya dilakukan oleh para sastrawan, 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Suatu gejala positif yang seharusnya dilakukan oleh para sastrawan, penikmat sastra ataupun masyarakat Indonesia secara umum, adalah membaca, mempelajari, bahkan menulis

Lebih terperinci

.satu. yang selalu mengirim surat

.satu. yang selalu mengirim surat .satu. yang selalu mengirim surat Bunyi klakson motor berwarna oranye, dengan teriakan khas Pos! setiap hari selalu aku nantikan. Mata tak lepas dari balik pagar besi lusuh bewarna coklat tua. Ketika pagi

Lebih terperinci

atas apa yang telah ia lakukan untuk Busuk Webzine dan komunitas musik underground di Indonesia, khususnya di kampung halamannya di Balikpapan, Kalima

atas apa yang telah ia lakukan untuk Busuk Webzine dan komunitas musik underground di Indonesia, khususnya di kampung halamannya di Balikpapan, Kalima Bab Satu Lahir pada 17 Juni 1977, Yudiansyah bin Syahrani, yang kemudian kita kenal sebagai Yudi, Freddy Krueger, John Yoedi, John Busuk, bahkan dipanggil Om oleh generasi muda berikutnya. Saya mengenalnya

Lebih terperinci

UKDW BAB I PENDAHULUAN

UKDW BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang Hobi atau kegemaran bisa mengalahkan kebutuhan primer (Sudarto,2008). Hal ini menunjukkan bahwa kegemaran atau hobi bukan hanya sebatas pelepas penat atau sekedar mengalihkan

Lebih terperinci

Kenapa Website Perlu SEO

Kenapa Website Perlu SEO 1 Kenapa Website Perlu SEO Tahukah Anda bahwa hampir 80% bisnis online gulung tikar pada tahun pertama. Hal ini disebabkan pemilik website tidak menaruh perhatian pada promosi. Rata rata para pemilik website

Lebih terperinci

Rahasia 5. Menjual ke semua orang, Adalah kekonyolan. Bidik target market yang tepat! Kelas BOS - Fahmi Hakim

Rahasia 5. Menjual ke semua orang, Adalah kekonyolan. Bidik target market yang tepat! Kelas BOS - Fahmi Hakim Rahasia 5 Menjual ke semua orang, Adalah kekonyolan. Bidik target market yang tepat! Pada satu sesi seminar, saya bertanya ke peserta.. Siapa spesifik target market mu? Jawabannya bikin saya kaget. Betapa

Lebih terperinci

BAB III LAPORAN HASIL PENELITIAN. Daftar Alamat Lokasi Pasar Tengah Tanjung Karang

BAB III LAPORAN HASIL PENELITIAN. Daftar Alamat Lokasi Pasar Tengah Tanjung Karang BAB III LAPORAN HASIL PENELITIAN A. Profil Pasar Tengah Tajung Karang Kota Bandar Lampung Pasar Tengah sudah ada sejak tahun 80an, dulunya sebenarnya merupakan pasar Tradisional yang Induknya adalah di

Lebih terperinci

Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/ :41:24

Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/ :41:24 Buku BI 3 (12 des).indd 1 16/12/2014 11:41:24 2 Buku BI 3 (12 des).indd 2 16/12/2014 11:41:25 Bintang berkunjung ke rumah Tante Menik, adik ibunya. Tante Menik seorang wartawati. Rumah Tante Menik kecil,

Lebih terperinci

SD kelas 6 - BAHASA INDONESIA BAB 7. MEMBACA SASTRALatihan Soal 7.11

SD kelas 6 - BAHASA INDONESIA BAB 7. MEMBACA SASTRALatihan Soal 7.11 SD kelas 6 - BAHASA INDONESIA BAB 7. MEMBACA SASTRALatihan Soal 7.11 1. Kemarin, Hana menerima undangan dari Ibu guru Santi. Bu Santi akan merayakan pesta ulang tahun ke-26 pada sabtu ini. Sekarang baru

Lebih terperinci

I. Arga ( tentang Dia dan Dia )

I. Arga ( tentang Dia dan Dia ) I. Arga ( tentang Dia dan Dia ) Dia indah, dia cantik. Bagiku dia penghuni taman hatiku. Namanya Andin. Buatku melihatnya tertawa, melihat dia tak terbebani itu bahagiaku. Andini Soebagio, perempuan cantik

Lebih terperinci

LONCENG NATAL BERBUNYI. Ditulis oleh Peter Purwanegara Rabu, 29 April :16

LONCENG NATAL BERBUNYI. Ditulis oleh Peter Purwanegara Rabu, 29 April :16 Betapa sedihnya ketika mendengar lonceng Natal berbunyi. Karena lonceng itu bukan membunyikan arti sebenarnya, arti Natal yang sebenarnya. Tetapi lonceng itu mengingatkan manusia untuk bersiap-siap berbelanja,

Lebih terperinci

INVESTASI LEWAT BARANG KOLEKSI

INVESTASI LEWAT BARANG KOLEKSI INVESTASI LEWAT BARANG KOLEKSI Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. 715/XIV Ke mana saja Anda pernah berinvestasi? Pertanyaan itu mungkin mudah sekali untuk Anda jawab. Yang pasti, saya rasa

Lebih terperinci

diproduksi terbatas itu menjadi nilai tersendiri yang membanggakan. Nah, gaya yang menempel pada atribut bikinan sendiri itu biasanya memang banyak

diproduksi terbatas itu menjadi nilai tersendiri yang membanggakan. Nah, gaya yang menempel pada atribut bikinan sendiri itu biasanya memang banyak DISTRO Anak muda identik dengan gaya kekinian. Ada yang aneh, unik, nyeleneh, kadang bahkan terkesan nakal. Kamu sendiri mungkin punya gaya atau style yang beda dengan temanmu. Makin unik, makin keren.

Lebih terperinci

JELI MELIHAT PELUANG BISNIS MENGGUNAKAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK

JELI MELIHAT PELUANG BISNIS MENGGUNAKAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK JELI MELIHAT PELUANG BISNIS MENGGUNAKAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK KARYA ILMIAH Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Kelulusan Mata Kuliah Lingkungan Bisnis Disusun Oleh : Triana Hadi Kusuma 10.02.7717 /

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. besar dalam waktu yang singkat, termasuk informasi tercetak dalam berbagai

BAB I PENDAHULUAN. besar dalam waktu yang singkat, termasuk informasi tercetak dalam berbagai BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Zaman ini disebut era informasi di saat terjadi ledakan informasi. Ledakan informasi berarti jumlah informasi yang dipindahkan dan dibutuhkan sangatlah besar

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. hal meningkatkan bisnis, penjualan dan pembelian produk adalah dengan

BAB I PENDAHULUAN. hal meningkatkan bisnis, penjualan dan pembelian produk adalah dengan BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Perkembangan zaman yang semakin modern mendorong perubahan sistem, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti sistem perdagangan, cara bertransaksi

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. Pasar mobil bekas di Indonesia dari tahun ke tahun terus menunjukkan

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. Pasar mobil bekas di Indonesia dari tahun ke tahun terus menunjukkan BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Pasar mobil bekas di Indonesia dari tahun ke tahun terus menunjukkan tren positif (meningkat). Pesatnya pertumbuhan sektor industri otomotif nasional dan melonjaknya

Lebih terperinci

Pertanyaan Wawancara. 1. Sejak kapan anda memulai berjualan buku di Lapangan Merdeka? 3. Dari manakah anda mendapatkan pasokan buku untuk dijual?

Pertanyaan Wawancara. 1. Sejak kapan anda memulai berjualan buku di Lapangan Merdeka? 3. Dari manakah anda mendapatkan pasokan buku untuk dijual? Pertanyaan Wawancara 1. Sejak kapan anda memulai berjualan buku di Lapangan Merdeka? 2. Mengapa anda memilih berjualan buku? 3. Dari manakah anda mendapatkan pasokan buku untuk dijual? 4. Bagaimana caranya

Lebih terperinci

KARYA ILMIAH PELUANG USAHA BATIK SPORT DAN MUSIK

KARYA ILMIAH PELUANG USAHA BATIK SPORT DAN MUSIK KARYA ILMIAH PELUANG USAHA BATIK SPORT DAN MUSIK DI SUSUN OLEH : GILANG PAKARISA 11.11.5208 / 11-S1TI-09 STMIK AMIKOM YOGYAKARTA SEMESTER GENAP A B S T R A K S I Peluang usaha paling gress di tahun 2011

Lebih terperinci

TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS. Peluang Bisnis Keripik Singkong Pedas

TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS. Peluang Bisnis Keripik Singkong Pedas TUGAS KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS Peluang Bisnis Keripik Singkong Pedas Di Susun Oleh: ELWANDA EKO PRASETYO 11-S1TI-14 11.11.5606 STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2012 A. Abstraksi Keripik singkong merupakan

Lebih terperinci

DAFTAR WAWANCARA. Daftar Wawancara untuk Pemilik Usaha. 1) Kapan ibu memulai usaha kue ini?

DAFTAR WAWANCARA. Daftar Wawancara untuk Pemilik Usaha. 1) Kapan ibu memulai usaha kue ini? DAFTAR WAWANCARA I. Identitas Responden Nama : Jenis Kelamin : Umur : Pendidikan : II. Daftar Wawancara untuk Pemilik Usaha 1) Kapan ibu memulai usaha kue ini? 2) Apakah alasan ibu memilih untuk menjalankan

Lebih terperinci

Oleh. Soekirno. Tantangan Budaya Baca dan Perbukuan Nasional. Tantangan Budaya Baca dan Perbukuan Nasional

Oleh. Soekirno. Tantangan Budaya Baca dan Perbukuan Nasional. Tantangan Budaya Baca dan Perbukuan Nasional Tantangan Budaya Baca dan Perbukuan Nasional Oleh Soekirno Hari ini (14 September) adalah Hari Kunjung Perpustakaan. Dunia mencatat peradaban maupun budaya bisa maju pesat, sebagai dampak positif buku

Lebih terperinci

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PERATURAN PRESIDEN NOMOR 83 TAHUN 2010 TENTANG PEMBERIAN UANG PENGHARGAAN BAGI KETUA, WAKIL KETUA, DAN ANGGOTA KOMISI PEMILIHAN UMUM, KETUA DAN ANGGOTA KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI, DAN KETUA DAN ANGGOTA

Lebih terperinci

Penjelasan Seputar MoU Perorangan

Penjelasan Seputar MoU Perorangan Penjelasan Seputar MoU Perorangan Berikut kami sampaikan penjelasan berkaitan dengan MoU Perorangan, istilah yang kami pakai untuk penerbitan jalur khusus dari Penerbit ANDI untuk BUKU UMUM : 1) Latar

Lebih terperinci

Template Chat. Penjual : Halo, selamat datang di MisterLaris. Ada yang bisa dibantu??? emoticon senyum di belakang chat agar kesannya ramah)

Template Chat. Penjual : Halo, selamat datang di MisterLaris. Ada yang bisa dibantu??? emoticon senyum di belakang chat agar kesannya ramah) TEMPLATE CHAT Template Chat Berikut Adalah contoh template chat yang biasa Admin gunakan, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Penjual : Halo, selamat datang di MisterLaris. Ada yang bisa dibantu???

Lebih terperinci

Biografi Presiden Megawati Soekarnoputri. Oleh Otto Ismail Rabu, 05 Desember :20

Biografi Presiden Megawati Soekarnoputri. Oleh Otto Ismail Rabu, 05 Desember :20 Bernama Lengkap Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri atau akrab di sapa Megawati Soekarnoputri lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947. Sebelum diangkat sebagai presiden, beliau adalah Wakil Presiden

Lebih terperinci

BAB 1 Pendahuluan. Mengenal Bisnis Afiliasi

BAB 1 Pendahuluan. Mengenal Bisnis Afiliasi BAB 1 Pendahuluan Mengenal Bisnis Afiliasi Bisnis afiliasi merupakan salah satu bidang bisnis di Internet yang sedang booming sampai saat ini. Afiliasi merupakan konsep penjualan online yang melibatkan

Lebih terperinci

Surat dari Praha, Kisah Cinta Sejati yang Terhalang Tirani

Surat dari Praha, Kisah Cinta Sejati yang Terhalang Tirani Surat dari Praha, Kisah Cinta Sejati yang Terhalang Tirani 01 Februari 2016 12:43:56 Diperbarui: 01 Februari 2016 22:44:39 Dibaca : 1,006 Komentar : 6 Nilai : 13 Ilustrasi: Twitter Ofisial @SuratDariPraha

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN. merupakan suatu hal yang membanggakan. Kita dapat melihat hal tersebut dari

I. PENDAHULUAN. merupakan suatu hal yang membanggakan. Kita dapat melihat hal tersebut dari 1 I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Hingga saat ini perkembangan teknologi khususnya di bidang komunikasi merupakan suatu hal yang membanggakan. Kita dapat melihat hal tersebut dari munculnya berbagai

Lebih terperinci

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil dari pengumpulan dan pengolahan data yang dilakukan maka perumusan masalah yang ada pun dapat dijawab berupa kesimpulan dan saran sebagai berikut

Lebih terperinci

Mantan. Itu. Pengalaman

Mantan. Itu. Pengalaman Mantan Itu Pengalaman Penerbit Aksara Hati(k) UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA Lingkup Hak Cipta: Pasal 2 1. Hak Cipta merupakan eksklusif bagi Pencipta dan Pemegang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Penelitian

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Penelitian BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Penelitian Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini berkembang dengan pesat. Teknologi dan informasi merupakan suatu hal yang tidak asing

Lebih terperinci

Banyak pemilik akun Twitter yang muncul di. Setelah Bapakku Bebas

Banyak pemilik akun Twitter yang muncul di. Setelah Bapakku Bebas Setelah Bapakku Bebas Banyak pemilik akun Twitter yang muncul di timeline pada tanggal 19 dan 20 Juni 2010 berbicara tentang perayaan Father s Day. Sejujurnya, saya tidak terlalu memberi perhatian yang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Tabel 1.1 Jumlah Perbandingan Pengguna Media Sosial di Indonesia No Media Sosial Pengguna

BAB I PENDAHULUAN. Tabel 1.1 Jumlah Perbandingan Pengguna Media Sosial di Indonesia No Media Sosial Pengguna BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Di era globalisasi seperti saat ini banyak orang sibuk dengan ponselnya saat perjalanan di kereta, di ruang tunggu, bahkan ketika sedang makan. Mereka menganggap

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Akhir-akhir ini dampak kehadiran pasar modern terhadap keberadaan

BAB I PENDAHULUAN. Akhir-akhir ini dampak kehadiran pasar modern terhadap keberadaan 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Akhir-akhir ini dampak kehadiran pasar modern terhadap keberadaan pasar tradisional menjadi topik yang menyulut perdebatan hangat di kalangan masyarakat. Liberalisasi

Lebih terperinci

CARA MENJUAL PRODUK ANDA SECARA EFEKTIF VIA EBAY

CARA MENJUAL PRODUK ANDA SECARA EFEKTIF VIA EBAY CARA MENJUAL PRODUK ANDA SECARA EFEKTIF VIA EBAY Yusnita Dewi Yusnita@raharja.info Abstrak Menjual produk adalah suatu proses yang dilakukan antara si penjual dan si pembeli, dimana kedua belah pihak sama

Lebih terperinci

Life Style Dot Com (cuplikan)

Life Style Dot Com (cuplikan) Life Style Dot Com (cuplikan) Era internet telah merubah pola bisnis secara mendasar. Banyak orang yang langsung memanfaatkannya dan melakukan berbagai upaya dan berbagai kemungkinan untuk pemanfaatannya,

Lebih terperinci

- ephy - Catatan dan Novela. dalamceritasaja.blogspot.com

- ephy - Catatan dan Novela. dalamceritasaja.blogspot.com - ephy - Catatan dan Novela dalamceritasaja.blogspot.com CATATAN DAN NOVELA Oleh: ephy Copyright 2013 by ephy Diterbitkan melalui: www.nulisbuku.com 2 Catatan Cinta Bintang dan Angkasa Sketsa Kasih Perempuan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang. Data dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menyebutkan bahwa terdapat

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang. Data dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menyebutkan bahwa terdapat BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Data dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menyebutkan bahwa terdapat 793 penerbit yang menjadi anggotanya. Jumlah tersebut tersebar di 14 propinsi di Indonesia.

Lebih terperinci

disusun oleh : Singgih Priyambodo ( ) JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA JENJANG STRATA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

disusun oleh : Singgih Priyambodo ( ) JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA JENJANG STRATA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER Tugas E-Bisnis Karya Ilmiah Usaha Rental komik disusun oleh : Singgih Priyambodo (08.11.2481) JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA JENJANG STRATA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Lebih terperinci

106 intisari-online.com

106 intisari-online.com 106 intisari-online.com BISNIS Reinkarnasi BISNIS MAK COMBLANG DI ZAMAN DIGITAL Penulis: M. Habib Asyhad Fotografer: Bhisma Adinaya Selama orang masih membutuhkan cinta, selama itu juga bisnis mak comblang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. ayat 3 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia (UUD RI) tahun 1945

BAB I PENDAHULUAN. ayat 3 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia (UUD RI) tahun 1945 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Indonesia merupakan negara hukum. Hal ini tercantum dalam pasal 1 ayat 3 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia (UUD RI) tahun 1945 amandemen ketiga yang berbunyi

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2010 TENTANG

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2010 TENTANG PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2010 TENTANG PERUBAHAN KESEMBILAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 10 TAHUN 1980 TENTANG PEMBERIAN TUNJANGAN KEHORMATAN KEPADA BEKAS ANGGOTA KOMITE

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. 1.1 Sejarah Kaskus

PENDAHULUAN. 1.1 Sejarah Kaskus PENDAHULUAN Mungkin banyak orang lebih familier dengan Facebook, Friendster, Linkedin dan situs-situs komunitas lainnya yang berasal dari luar negeri. Padahal Kaskus sebagai situs komunitas terbesar di

Lebih terperinci

ARISAN BERANTAI LEWAT ATM Program Investasi

ARISAN BERANTAI LEWAT ATM Program Investasi ARISAN BERANTAI LEWAT ATM Program Investasi 1 "Sudah Saatnya Kita Biarkan Uang Yang Bekerja Untuk Kita, Bukan Kita Lagi Yang Bekerja Untuk Uang", Robert T. Kiyosaki Tentang Kami Donny, E-Mail: nozion@gmail.com

Lebih terperinci

Peran koran Tionghoa buat Sumpah Pemuda

Peran koran Tionghoa buat Sumpah Pemuda Peran koran Tionghoa buat Sumpah Pemuda Senin, 30 Oktober 2017 06:00Reporter : Rendi Perdana Koran Sin Po. 2017 Merdeka.com/rendi Merdeka.com - Alunan biola di tengah Kongres Pemuda II pada 28 Oktober

Lebih terperinci

BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITAN. dalam hal memenuhi kebutuhan, praktis adalah salah satu ciri khas dari bisnis online

BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITAN. dalam hal memenuhi kebutuhan, praktis adalah salah satu ciri khas dari bisnis online BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITAN 4.1 Gambaran Umum Bisnis Online Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan di masa mendatang dimana hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan

Lebih terperinci

Muhammad Ismail Yusanto, Jubir Hizbut Tahrir Indonesia

Muhammad Ismail Yusanto, Jubir Hizbut Tahrir Indonesia Muhammad Ismail Yusanto, Jubir Hizbut Tahrir Indonesia Yang berhak membuat hukum hanyalah Allah SWT. Namun masih saja ada kaum Muslim yang turut dalam Pemilu legislatif (DPR/DPRD) dengan berdalih dalam

Lebih terperinci

MODUL TEKNOLOGI KOMUNIKASI. Oleh : Dwi Hastuti Puspitasari, SKom, MMSI

MODUL TEKNOLOGI KOMUNIKASI. Oleh : Dwi Hastuti Puspitasari, SKom, MMSI Pertemuan 4 MODUL Oleh : Dwi Hastuti Puspitasari, SKom, MMSI POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN SURAT KABAR DESKRIPSI Pokok bahasan perkembangan surat kabar. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS Setelah mengikuti pokok

Lebih terperinci

Presiden Seumur Hidup

Presiden Seumur Hidup Presiden Seumur Hidup Wawancara Suhardiman : "Tidak Ada Rekayasa dari Bung Karno Agar Diangkat Menjadi Presiden Seumur Hidup" http://tempo.co.id/ang/min/02/18/nas1.htm Bung Karno, nama yang menimbulkan

Lebih terperinci

MENYIBAK HAKIKAT KESUKSESAN TERTINGGI

MENYIBAK HAKIKAT KESUKSESAN TERTINGGI MENYIBAK HAKIKAT KESUKSESAN TERTINGGI Penulis : Ahmad Fatahillah Trainer, Motivator, Coach dan Konsultan Pelajar, Praktisi di Bidang Pendidikan, NLP/NAC, ESQ, Hypnotherapi & Mind Power Pengasuh dan Founder

Lebih terperinci

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2011 TENTANG

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2011 TENTANG PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2011 TENTANG PERUBAHAN KESEPULUH ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 10 TAHUN 1980 TENTANG PEMBERIAN TUNJANGAN KEHORMATAN KEPADA BEKAS ANGGOTA KOMITE

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN. jenis serta bentuknya yang bermacam-macam.batu akik dengan kualitas terbaik

I. PENDAHULUAN. jenis serta bentuknya yang bermacam-macam.batu akik dengan kualitas terbaik 1 I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Di Era modern seperti saat ini, bebatuan sangat diminati oleh masyarakat dengan jenis serta bentuknya yang bermacam-macam.batu akik dengan kualitas terbaik mampu menembus

Lebih terperinci

Sirajuddin hanya seorang pelayan bakso dia bukan seorang teroris namun dibunuh oleh Densus 88.

Sirajuddin hanya seorang pelayan bakso dia bukan seorang teroris namun dibunuh oleh Densus 88. Sepak terjang Densus 88 kian hari kian terkuak. Bukan profesionalisme yang dimunculkan, tapi kebrutalan yang tidak sesuai dengan jati dirinya sebagai penegak hukum. Walhasil banyak pihak sekarang menuntut

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Penelitian. Patriakat merupakan sistem pengelompokkan sosial yang menempatkan posisi

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Penelitian. Patriakat merupakan sistem pengelompokkan sosial yang menempatkan posisi 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Penelitian Patriakat merupakan sistem pengelompokkan sosial yang menempatkan posisi laki-laki sebagai pemilik otoritas lebih tinggi daripada perempuan. Karena laki-laki

Lebih terperinci

Perpustakaan Universitas Bina Nusantara (Ubinus)

Perpustakaan Universitas Bina Nusantara (Ubinus) PROFIL Perpustakaan Universitas Bina Nusantara (Ubinus) Sejarah Nusantara telah dirintis sejak tahun 1982. guna mendukung kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan belajar mengajar, penelitian,

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. pada tahun 2014 ini. Politik selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas bagi

BAB I PENDAHULUAN. pada tahun 2014 ini. Politik selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas bagi BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Tahun 2014 ini menjadi tahun yang ramai dengan perbincangan politik. Mulai dari pemilihan anggota DPRD sampai pemilihan calon presiden terjadi pada tahun 2014 ini.

Lebih terperinci

Peluang Bisnis Sampingan Distro Online

Peluang Bisnis Sampingan Distro Online Peluang Bisnis Sampingan Distro Online Bagi sebagian besar anak muda, terlihat modis, rapi, dan trendy, sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa dipisahkan. Tidaklah heran bila perubahan gaya hidup

Lebih terperinci

PEMBAHASAN. Gambaran Objek Penelitian

PEMBAHASAN. Gambaran Objek Penelitian PEMBAHASAN Pada bab ini akan disajikan gambaran umum objek penelitian, analisis, serta bahasan analisis dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis. Untuk penelitian ini, informan kuncinya adalah

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Perkembangan zaman yang semakin modern mendorong berbagai macam

BAB I PENDAHULUAN. Perkembangan zaman yang semakin modern mendorong berbagai macam BAB I PENDAHULUAN 1.5 Latar Belakang Perkembangan zaman yang semakin modern mendorong berbagai macam perubahan sistem, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti sistem perdagangan, cara bertransaksi

Lebih terperinci

BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITIAN

BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITIAN BAB IV GAMBARAN UMUM PENELITIAN 4.1 Gambaran Umum Usaha Baju Sisa Import Awul-awul Berkembangnya gaya fashion di negara kita, memang tidak dapat dihindari lagi. Dari model terkenal, artis ibukota hingga

Lebih terperinci

PANDUAN WAWANCARA PEMILIK (PIHAK INTERNAL) karyawan UD Sinar Pembagunan, dalam hal keramahan dan kesopanan?

PANDUAN WAWANCARA PEMILIK (PIHAK INTERNAL) karyawan UD Sinar Pembagunan, dalam hal keramahan dan kesopanan? 41 PANDUAN WAWANCARA PEMILIK (PIHAK INTERNAL) 1. Bagaimanakah harga jual dari barang yang dijual oleh UD Sinar Pembangunan jika dibandingkan dengan pesaing? 2. Selama ini bagaimanakah pelayanan kepada

Lebih terperinci

DAFTAR WAWANCARA. Daftar pertanyaan wawancara untuk pemilik usaha Family Doorsmeer. 1. Apa promosi yang dilakukan Family Doorsmeer?

DAFTAR WAWANCARA. Daftar pertanyaan wawancara untuk pemilik usaha Family Doorsmeer. 1. Apa promosi yang dilakukan Family Doorsmeer? 78 Lampiran 1 DAFTAR WAWANCARA I. Karakteristik Seorang Informan a. Nama : b. Jenis kelamin : c. Umur : d. Pekerjaan : II. Daftar pertanyaan wawancara untuk pemilik usaha Family Doorsmeer 1. Apa promosi

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS TENTANG STRATEGI PEMASARAN TOKO CLARISSA GROSIR FASHION GRESIK

BAB IV ANALISIS TENTANG STRATEGI PEMASARAN TOKO CLARISSA GROSIR FASHION GRESIK 91 BAB IV ANALISIS TENTANG STRATEGI PEMASARAN TOKO CLARISSA GROSIR FASHION GRESIK A. Analisis Terhadap Strategi Pemasaran antara Sistem Online dan Sistem Offline 1. Strategi Pemasaran Sistem Online a.

Lebih terperinci

Resensi Buku JADI KAYA DENGAN BERBISNIS DI RUMAH OLEH NETTI TINAPRILLA * FENOMENA WANITA * WANITA BERBISNIS : ANTARA KELUARGA DAN KARIR

Resensi Buku JADI KAYA DENGAN BERBISNIS DI RUMAH OLEH NETTI TINAPRILLA * FENOMENA WANITA * WANITA BERBISNIS : ANTARA KELUARGA DAN KARIR 69 Resensi Buku JADI KAYA DENGAN BERBISNIS DI RUMAH OLEH NETTI TINAPRILLA * FENOMENA WANITA * WANITA BERBISNIS : ANTARA KELUARGA DAN KARIR Feryanto W. K. 1 1 Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan

Lebih terperinci

Wawancara. Pertanyaan 1: Siapakah yang mengelola perpustakaan saat ini? (pustakawan/ pustakawan guru/ tenaga honorer) dan berapa jumlahnya?

Wawancara. Pertanyaan 1: Siapakah yang mengelola perpustakaan saat ini? (pustakawan/ pustakawan guru/ tenaga honorer) dan berapa jumlahnya? LAMPIRAN 1 : Hasil Wawancara Wawancara Pertanyaan 1: Siapakah yang mengelola perpustakaan saat ini? (pustakawan/ pustakawan guru/ tenaga honorer) dan berapa jumlahnya? Hay (206) Bja (215) oleh Mas Dodi,

Lebih terperinci

BAB II DESKRIPSI OBYEK PENELITIAN

BAB II DESKRIPSI OBYEK PENELITIAN BAB II DESKRIPSI OBYEK PENELITIAN A. SMS Mop Kata 'Mop' sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan pada budaya Papua sebagai representasi dari humor khas Papua.Cerita-cerita lucu menggunakan logat

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. melakukan pembelian (Lee et al., 2011). Zeithaml et al. (2013) berpendapat bahwa

BAB I PENDAHULUAN. melakukan pembelian (Lee et al., 2011). Zeithaml et al. (2013) berpendapat bahwa BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Munculnya internet telah mengubah sudut pandang seluruh kalangan bisnis dari produsen hingga konsumen. Internet telah menciptakan peluang bagi perusahaan untuk lebih

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang. dengan persoalan akses informasi dan dunia internet. Online shopping merupakan

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang. dengan persoalan akses informasi dan dunia internet. Online shopping merupakan BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Penggunaan internet semakin popular dikacamata para generasi muda tak terkecuali mahasiswi. Mahasiswi adalah bagian masyarakat yang sangat dekat dengan persoalan akses

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan unik karena sikap dan

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan unik karena sikap dan 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan unik karena sikap dan pemilihan terhadap objek setiap orang berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan

Lebih terperinci

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA. Rental Plus Plus : The Online Printed Service BIDANG KEGIATAN: PKM-K. Diusulkan Oleh:

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA. Rental Plus Plus : The Online Printed Service BIDANG KEGIATAN: PKM-K. Diusulkan Oleh: USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA Rental Plus Plus : The Online Printed Service BIDANG KEGIATAN: PKM-K Diusulkan Oleh: Sekar Wulan Pratiwi (H 0810107) (2010) Sendy Christina Kusumawardhani (H 0810108)

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. manusia itu bisa menjadi bosan dan hasil kerjanya tidak akan maksimal.

BAB I PENDAHULUAN. manusia itu bisa menjadi bosan dan hasil kerjanya tidak akan maksimal. BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Setiap manusia membutuhkan hiburan untuk melepaskan diri dari padatnya aktivitas sehari-hari. Pekerjaan dan rutinitas yang dilakukan setiap hari membutuhkan konsentrasi

Lebih terperinci

INTISARI BAB I PENDAHULUAN

INTISARI BAB I PENDAHULUAN INTISARI Novel teenlit menjadi fenomena menarik dalam perkembangan dunia fiksi di Indonesia. Hal itu terbukti dengan semakin bertambahnya novel-novel teenlit yang beredar di pasaran. Tidak sedikit pula

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. aktifitas, seperti mencari informasi, berkomunikasi, serta sarana berbelanja.

BAB I PENDAHULUAN. aktifitas, seperti mencari informasi, berkomunikasi, serta sarana berbelanja. 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pertumbuhan ekonomi serta pengembangan teknologi di Indonesia membuat internet menjadi media yang digemari masyarakat, karena internet dapat memberikan kemudahan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. pelemahan neraca posisi transaksi berjalan. Meskipun demikian, Bank Dunia

BAB I PENDAHULUAN. pelemahan neraca posisi transaksi berjalan. Meskipun demikian, Bank Dunia BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dewasa ini, krisis global yang sedang melanda berbagai negara membuat Indonesia terkena dampaknya. Sebelumnya, Bank Dunia membuat proyeksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN. Nenden Lilis Aisiyah (cerpenis dan pengajar di Jurusan Pendidikan Bahasa dan

I. PENDAHULUAN. Nenden Lilis Aisiyah (cerpenis dan pengajar di Jurusan Pendidikan Bahasa dan 1 I. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Nenden Lilis Aisiyah (cerpenis dan pengajar di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia) menyatakan dalam Artikel Sastra

Lebih terperinci

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN. berdasarkan kriteria tertentu dan atas pemahaman mereka terhadap objek yang

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN. berdasarkan kriteria tertentu dan atas pemahaman mereka terhadap objek yang BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN 5.1 Identitas Informan Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian dengan menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap sejumlah informan. Penentuan informan pada penelitian

Lebih terperinci

Berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa, saya dipertemukan dengan

Berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa, saya dipertemukan dengan EMPAT RAHASIA Berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa, saya dipertemukan dengan hamba-nya yang satu ini. Beliau adalah seorang leader yang selalu mengayomi, memberikan bimbingan, semangat, inspirasi, ide dan

Lebih terperinci

Perihal : Permohonan Pengisian Kuesioner Lampiran : Satu Berkas. Kepada responden yang terhormat,

Perihal : Permohonan Pengisian Kuesioner Lampiran : Satu Berkas. Kepada responden yang terhormat, Lampiran 1. (lanjutan) Kuesioner No. Kuesioner : KUESIONER PEMANFAATAN PRODUK KEMASAN INFORMASI PAKET INFORMASI TEKNOLOGI INDUSTRI (PITI) DI PUSAT DOKUMENTASI INFORMASI ILMIAH LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara. 1 Universitas Sumatera Utara

BAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara. 1 Universitas Sumatera Utara BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Pada era globalisasi sekarang ini, informasi mengenai berbagai hal bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat. Berkomunikasi adalah cara yang digunakan manusia

Lebih terperinci

PROPOSAL KERJASAMA RESELLER

PROPOSAL KERJASAMA RESELLER PROPOSAL KERJASAMA RESELLER WWW.RODADUA.NET Seiring dengan peningkatan pengguna kendaraan bermotor roda dua, maka kebutuhan perlengkapan pengendara atau Bikersnya tentu berbanding lurus, sehingga berkecimpung

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN. Salah satu bentuk teknologi informasi yang berkembang pesat sejak

I. PENDAHULUAN. Salah satu bentuk teknologi informasi yang berkembang pesat sejak I. PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Salah satu bentuk teknologi informasi yang berkembang pesat sejak awal tahun 2000 ialah internet. Internet dapat menyediakan informasi dengan cepat, murah, dan dalam

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Universitas Sumatera Utara

LAMPIRAN. Universitas Sumatera Utara LAMPIRAN HASIL WAWANCARA Informan I Nama : Manimbul Hutauruk Tanggal Wawancara : 31 Januari 2015 Tempat : Rumah Bapak Manimbul Hutauruk Waktu : Pukul 13.00 WIB 1. Berapa lama anda tinggal di Desa Hutauruk?

Lebih terperinci

Lampiran. Ringkasan Novel KoKoro. Pertemuan seorang mahasiswa dengan seorang laki-laki separuh baya di pantai

Lampiran. Ringkasan Novel KoKoro. Pertemuan seorang mahasiswa dengan seorang laki-laki separuh baya di pantai Lampiran Ringkasan Novel KoKoro Pertemuan seorang mahasiswa dengan seorang laki-laki separuh baya di pantai Kamakura menjadi sejarah dalam kehidupan keduanya. Pertemuannya dengan sensei merupakan hal yang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. berkelompok itu juga yang mendorong manusia untuk menyatukan dirinya dengan kelompok yang

BAB I PENDAHULUAN. berkelompok itu juga yang mendorong manusia untuk menyatukan dirinya dengan kelompok yang BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Hidup berkelompok adalah sebuah naluri manusia sejak ia dilahirkan. Naluri ini yang mendorongnya untuk selalu menyatukan hidupnya dengan orang lain dalam kelompok.

Lebih terperinci

Arian Sahidi. a novel Tuhan, Aku Kembali. Nulisbuku.com

Arian Sahidi. a novel Tuhan, Aku Kembali. Nulisbuku.com Arian Sahidi a novel Tuhan, Aku Kembali Nulisbuku.com UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA Lingkup Hak Cipta: Pasal 2 1. Hak Cipta merupakan eksklusif bagi Pencipta dan

Lebih terperinci

IMPIAN FOTOGRAFER PEMULA

IMPIAN FOTOGRAFER PEMULA 1 IMPIAN FOTOGRAFER PEMULA Setelah begitu banyak berinteraksi dengan berbagai fotografer, saya menyadari betapa keinginan semua orang adalah menciptakan sebuah foto berkualitas, dengan kamera digital yang

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. memberikan banyak kemudahan dalam berkomunikasi, telah mampu mengubah

BAB I PENDAHULUAN. memberikan banyak kemudahan dalam berkomunikasi, telah mampu mengubah BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan teknologi memberikan dampak yang nyata di segala aspek kehidupan masyarakat. Khususnya perkembangan teknologi internet yang memberikan banyak kemudahan

Lebih terperinci

Cinta itu bukan tentang diri sendiri tapi tentang dia, yang kau sayangi Cinta itu bukan cinta sebelum kau berani mengungkapkannya

Cinta itu bukan tentang diri sendiri tapi tentang dia, yang kau sayangi Cinta itu bukan cinta sebelum kau berani mengungkapkannya the love(l)y love Kumpulan kata ringan yang terdiri dari ceritacerita setengah panjang, semuanya tentang cinta. Cinta itu takkan sempurna sebelum kamu mencintai dirimu yang tak sempurna Cinta itu bukan

Lebih terperinci

Aku, Suamiku, dan Gunpla-nya

Aku, Suamiku, dan Gunpla-nya Aku, Suamiku, dan Gunpla-nya Copyright 2017 Shireishou Editor: Afrianty P. Pardede Andriyani Loa Design Cover: OddRunes, Amarglais, PhiliaFate, dan Shireishou Hak cipta dilindungi oleh undang-undang Diterbitkan

Lebih terperinci

Dear Mumtazah. Kumpulan Catatan & Sajak. Penulis: Mumtazah Bura Datu. Penata Aksara: Muhammad Zulfikar Akbar. Desain & Layout: Ady Mulyadi

Dear Mumtazah. Kumpulan Catatan & Sajak. Penulis: Mumtazah Bura Datu. Penata Aksara: Muhammad Zulfikar Akbar. Desain & Layout: Ady Mulyadi Dear Mumtazah Kumpulan Catatan & Sajak Penulis: Mumtazah Bura Datu Penata Aksara: Muhammad Zulfikar Akbar Desain & Layout: Ady Mulyadi Penata Letak Muhammad Zulfikar Akbar Ady Mulyadi Diterbitkan melalui:

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN WALISONGO SEMARANG TENTANG BLOG SEBAGAI MEDIA DAKWAH

BAB IV ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN WALISONGO SEMARANG TENTANG BLOG SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAB IV ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN WALISONGO SEMARANG TENTANG BLOG SEBAGAI MEDIA DAKWAH Kehidupan manusia modern ditandai dengan adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara

BAB I PENDAHULUAN. Universitas Sumatera Utara BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Perpustakaan yang dikenal sebagai pusat informasi berorientasi untuk mendistribusikan informasi kepada pengguna. Salah satu cara dalam mendistribusikan informasi

Lebih terperinci

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia dituntut untuk bekerja. Mencari penghasilan merupakan salah satu tujuan orang tua kita bekerja. Manusia akan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja.

Lebih terperinci

Peluang Usaha Perabot Rumah Tangga Batok Kelapa

Peluang Usaha Perabot Rumah Tangga Batok Kelapa Peluang Usaha Perabot Rumah Tangga Batok Kelapa Hampir setiap rumah atau keluarga pastinya membutuhkan barang-barang perabot rumah tangga. Selain menjadi perlengkapan rumah semata, kehadiran barang-barang

Lebih terperinci

Aku menoleh. Disana berdiri seorang pemuda berbadan tinggi yang sedang menenteng kantong belanjaan di tangan kirinya. Wajahnya cukup tampan.

Aku menoleh. Disana berdiri seorang pemuda berbadan tinggi yang sedang menenteng kantong belanjaan di tangan kirinya. Wajahnya cukup tampan. 1st Spring Hujan lagi. Padahal ini hari Minggu dan tak ada yang berharap kalau hari ini akan hujan. Memang tidak besar, tapi cukup untuk membuat seluruh pakaianku basah. Aku baru saja keluar dari supermarket

Lebih terperinci

Mengajarkan Budi Pekerti

Mengajarkan Budi Pekerti 4 Mengajarkan Budi Pekerti Sukakah kamu membaca cerita dan dongeng? Banyak cerita dan dongeng anak-anak yang dapat kamu baca. Dalam sebuah cerita, terdapat pelajaran. Belajarlah dari isi cerita dan dongeng.

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. individu yang beranekaragam mendorong banyak orang mendirikan tempat

BAB I PENDAHULUAN. A. Latar Belakang Masalah. individu yang beranekaragam mendorong banyak orang mendirikan tempat 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Manusia pada dasarnya berupaya memenuhi kebutuhan dari mulai kebutuhan primer, sekunder hingga tersier. Perkembangan kebutuhan dari setiap individu yang beranekaragam

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. serta menerima perubahan yang ada. Dampak yang terlihat adalah trend

BAB I PENDAHULUAN. serta menerima perubahan yang ada. Dampak yang terlihat adalah trend BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Teknologi yang semakin berkembang, membuat semua orang harus beradaptasi serta menerima perubahan yang ada. Dampak yang terlihat adalah trend penggunaan situs

Lebih terperinci