PANDUAN SISTEMATIKA & FORMAT PROPOSAL

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANDUAN SISTEMATIKA & FORMAT PROPOSAL"

Transkripsi

1 PANDUAN SISTEMATIKA & FORMAT PROPOSAL SISTEMATIKA DAN FORMAT PROPOSAL Proposal diketik pada kertas A4 dengan jarak 1.5 spasi, font 12 poin. Untuk memudahkan proses penilaian, proposal yang masuk harus dibuat dengan mengikuti sistimatika dan format yang ditetapkan oleh Panitia dan dijilid dengan warna halaman muka sesai ketentuan. Hanya Proposal yang memenuhi syarat yang akan diikutsertakan untuk dinilai oleh Tim Penilai. Format, sistematika dan ketentuan yang diberlakukan adalah sebagai berikut: Halamam Judul Untuk memudahkan klasifikasi, maka masing-masing proposal kategori peserta dijilid dengan warna halaman muka yang tertentu; sebagai berikut : Mahasiswa D3/S1: halaman muka berwarna Putih Mahasiswa S2/S3 : halaman muka berwarna Merah Kelompok Mahasiswa : halaman muka berwarna Kuning Dosen dan Peneliti : halaman muka berwarna Biru Halaman Pengesahan (lihat contoh halaman pengesahan) Daftar Isi 1. Uraian Umum (lihat keterangan uraian umum) 2. Abstrak/ Ringkasan Penelitian Tuliskan secara ringkas penelitian yang akan dilaksanakan dengan menjelaskan masalah ilmiah yang akan diteliti dan latar belakangnya, tujuan penelitian, metoda dan tahap-tahap penelitian, serta hasil, dampak dan siginifikansi yang diharapkan dari penelitian tersebut. Tidak melebihi 1000 kata (diketik dengan jarak baris 1 spasi). 3. Pendahuluan Jelaskan alur pikir pilihan topik dan area riset, terutama latar belakang dan alasan penelitian. Uraikan dengan jelas mengenai posisi penting penelitian yang diusulkan dan hasil yang diharapkan dari penelitian tersebut dalam dunia praktis dan/atau khasanah ilmu pengetahuan.

2 4. Perumusan Masalah Jelaskan masalah yang akan diteliti, ruang lingkup dan batas-batas penelitian, serta asumsi yang akan digunakan. Jelaskan pula pentingnya penelitian yang direncanakan untuk program penganekaragaman pangan. 5. Tujuan dan Manfaat Penelitian Nyatakan dengan jelas apa yang ingin dihasilkan dari penelitian ini dan jelaskan manfaat yang diperoleh jika hasil yang diharapkan ini tercapai. 6. Tinjauan Pustaka/Kemajuan yang telah dicapai dan Studi Pendahuluan yang telah dilaksanakan Tuliskan tinjauan pustaka yang ada secara jelas; sehingga menunjukkan hal-hal yang relevan dan mutakhir, serta hasil-hasil penelitian lain yang berhubungan dengan perumusan masalah penganekaragaman pangan. Tunjukkan pula secara jelas bagaimana peranan dan/atau posisi penelitian yang diajukan dalam proposal ini dalam permasalahan penganekaragaman pangan tersebut. 7. Metode Penelitian. Jelaskan metode penelitian yang akan digunakan untuk menemukan jawaban atas masalah yang telah dirumuskan. Metode penelitian hendaknya dibuat selengkap mungkin, mencakup kerangka berfikir, lokasi, waktu, bahan atau kerangka pengambilan contoh/sampel, cara dan instrumen pengumpulan data, dan kerangka pengolahan dan analisis data yang akan dilakukan. 8. Jadwal Pelaksanaan Penelitian dilakukan maksimum selama 12 bulan. Jadwal pelaksanaan penelitian yang terdiri dari kegiatan-kegiatan secara terinci perlu diuraikan dengan menggunakan diagram. 9. Rincian Anggaran Penelitian Jelaskan dengan rinci besarnya dana yang dibutuhkan berserta penggunaannya secara wajar, dengan ketentuan sebagai berikut: Pada hakekatnya Indofood Riset Nugraha bukan merupakan kegiatan penelitian komersial, dan dana yang disediakan adalah untuk bantuan pelaksanaan penelitian Tidak tersedia dana untuk pembelian capital expenditure, seperti alat-alat laboratorium, komputer, dll Untuk peneliti mahasiswa, tidak tersedia dana untuk honorarium Tidak termasuk biaya perjalanan dan akomodasi ke Jakarta dalam rangka seleksi, presentasi proposal dan penandatangan kontrak penelitian.

3 10. Daftar Pustaka Disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam Proposal dicantumkan dalam Daftar Pustaka. Lampiran-Lampiran 1. Dukungan pada Pelaksanaan Penelitian Sebutkan dukungan dana penelitian terhadap para peneliti utama baik dari dalam maupun luar negeri termasuk dana yang sedang berjalan, yang sedang dalam pertimbangan dan yang baru diusulkan. Bila tidak ada, katakan dengan tegas tidak ada. Bila ada dukungan dana sebutkan nama lembaganya, nomor persetujuan, judul penelitian, jumlah dana. Jelaskan isi dari peneltian pendukung. Bila ada publikasi, penggantian atau merupakan tambahan dari penelitian yang diusulkan, berikan justifikasi hal tersebut di atas, baik yang menyangkut masalah ilmiah maupun anggaran. 2. Sarana dan Prasarana Jelaskan sarana yang akan digunakan termasuk kapasitas, daya dukung/kemampuan, dan berapa persen dapat menunjang kegiatan yang diusulkan. Jika diperlukan jelaskan pula pengaturannya dengan institusi lain yang terkait. 3. Daftar Riwayat Hidup Peneliti Informasikan secara lengkap biodata peneliti yang erat relevansinya dengan penelitian yang diusulkan. Setiap riwayat hidup harus ditandatangani dan diberi tanggal penandatanganan. Nama lengkap dan gelar Tempat/tanggal lahir Pendidikan (dari sarjana muda/yang sederajat ke atas; meliputi perguruan tinggi, gelar yang didapat, tahun selesai dan bidang studi). Pengalaman kerja dalam penelitian dan pengalaman profesional serta kedudukan saat ini (disusun secara kronologis; meliputi institusi, jabatan yang diemban dan periode kerja) Daftar publikasi yang relevan dengan proposal penelitian yang diajukan.

4 CONTOH HALAMAN PENGESAHAN Halaman Pengesahan untuk Mahasiswa (D3, S1, S2, S3) dan Kelompok Mahasiswa (D3 dan/atau S1) Judul : Ketua Peneliti Nama : NPM/NIM : Program Studi : Anggota Peneliti : Lembaga/Perguruan Tinggi Pengusul : Jangka Waktu Penelitian : Biaya yang Diajukan : Rp.. Ketua Peneliti, Nama & Tanda tangan Mengetahui Ketua Lembaga Pengusul Cap dan tanda tangan ( ) ( )

5 Halaman Pengesahan untuk Dosen dan Peneliti Judul : Ketua Peneliti Nama : NIP : Anggota Peneliti : Lembaga Pengusul : Jangka Waktu Penelitian : Biaya yang Diajukan : Rp.. Ketua Peneliti, tanda tangan ( ) Mengetahui Ketua Lembaga Pengusul Cap dan tanda tangan ( )

6 KETERANGAN URAIAN UMUM Judul (harus spesifik dan tidak leblh dari 20 kata) Cakupan Bidang Penelitian (pilih salah satu) ( ) Bidang Teknologi & Produksi ( ) Bidang Kesehatan & Gizi Masyarakat ( ) Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya Nama Peneliti (dan Anggota Peneliti; jika ada) Nama lengkap : Bidang Keahlian : Lembaga Pengusul : Alamat : Telepon : HP : Faksimil : Periode pelaksanaan penelitian Mulai : Berakhir : Jumlah anggaran yang diusulkan Total : Rp.... Lokasi penelitian : Hasil yang ditargetkan : Temuan baru/paket teknologi/hasil lain yang ditargetkan; dalam kaitannya dengan penganekaragaman pangan Instansi lain yang terlibat : Keterangan lain yang dianggap perlu :

7 KRITERIA PENILAIAN PROPOSAL Penilaian proposal akan dilakukan oleh Tim Penilai berdasarkan pada kriteria dan bobot tertentu, sesuai dengan Tabel berikut. No Kriteria Penilaian 1. Perumusan masalah 2. Manfaat hasil penelitian 3. Tinjauan Pustaka Indikator Penilaian Ketajaman dan keterkaitan dalam merumuskan masalah dan tujuan penelitian Kontribusi pada penganekaragaman pangan Kontribusi pada Ilmu pengetahuan dan teknologi Nilai inovasi dan peluang aplikasi hasil penelitian. Ketajaman analisis untuk mendukung latar belakang, perumusan masalah dan tujuan penelitian, khususnya dalam hubungannya dengan penganekaragaman pangan. Kemutahiran pustaka yang disajikan 4. Metodologi Kesesuaian metoda yang digunakan Kemutakhiran metode yang dipilih. 5. Kelayakan Kelayakan biaya dan pekerjaan penelitian 6 Tract Record Peneliti Catatan : KM Kelompok Mahasiswa Riwayat hidup atau curriculum vitae dari semua personalia yang terlibat sebagai pengusul. Bobot Penilaian S3/ D3/S1/ Dosen/ S2/KM Peneliti JUMLAH

PANDUAN SISTEMATIKA & FORMAT PROPOSAL SMART WIDYA ARTHA

PANDUAN SISTEMATIKA & FORMAT PROPOSAL SMART WIDYA ARTHA PANDUAN SISTEMATIKA & FORMAT PROPOSAL SMART WIDYA ARTHA SISTEMATIKA DAN FORMAT PROPOSAL Format, sistematika dan ketentuan yang diberlakukan adalah sebagai berikut : Halaman Pengesahan (lihat contoh halaman

Lebih terperinci

PANDUAN SMART WIDYA ARTHA 2011

PANDUAN SMART WIDYA ARTHA 2011 PANDUAN SMART WIDYA ARTHA 2011 KETENTUAN UMUM: a) Tema Penelitian Bioteknologi dalam Industri Perkebunan Kelapa Sawit yang Lestari dan Berkelanjutan b) Topik Penelitian 1. Budidaya tanaman kelapa sawit

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS UNIVERSITAS PADJADJARAN

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS UNIVERSITAS PADJADJARAN PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS UNIVERSITAS PADJADJARAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN Gedung Rektorat Lt.4 Kampus Universitas Padjadjaran

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL HIBAH KOMPETITIF UNIVERSITAS PADJADJARAN

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL HIBAH KOMPETITIF UNIVERSITAS PADJADJARAN PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL HIBAH KOMPETITIF UNIVERSITAS PADJADJARAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN Gedung Rektorat lt. 4 Kampus UNPAD Jatinangor Sumedang Tlp.

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PPM PRODUKTIF T.A HIBAH KOMPETITIF UNIVERSITAS PADJADJARAN

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PPM PRODUKTIF T.A HIBAH KOMPETITIF UNIVERSITAS PADJADJARAN PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PPM PRODUKTIF T.A. 2012 HIBAH KOMPETITIF UNIVERSITAS PADJADJARAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN Jl. Banda 40 Bandung, Telp (022)

Lebih terperinci

TATA CARA USUL PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN KERJASAMA INTERNASIONAL DALAM RANGKA PUBLIKASI INTERNASIONAL

TATA CARA USUL PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN KERJASAMA INTERNASIONAL DALAM RANGKA PUBLIKASI INTERNASIONAL TATA CARA USUL PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN KERJASAMA INTERNASIONAL DALAM RANGKA PUBLIKASI INTERNASIONAL a. Sampul Muka Sampul muka warna sampul Hijau Muda. Format selengkapnya seperti contoh

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2015 Daftar Isi Daftar Isi... i 1. Pendahuluan... 1 2. Tujuan... 2 3. Luaran... 2 4.

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR DAFTAR ISI : 1. Persyaratan Umum 2. Waktu dan Biaya Penelitian 3. Sistematika Usulan Penelitian 4. Seleksi Proposal 5. Format Halaman 6. Format Laporan Akhir

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL PENELITIAN MANDIRI UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL PENELITIAN MANDIRI UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PROGRAM HIBAH KOMPETISI INTERNAL PENELITIAN MANDIRI 2011 2012 I. Latar Belakang Lembaga Penelitian

Lebih terperinci

PENELITIAN LITMUD UNIVERSITAS PADJADJARAN

PENELITIAN LITMUD UNIVERSITAS PADJADJARAN FORMAT USULAN PENELITIAN LITMUD UNIVERSITAS PADJADJARAN PROGRAM PPM - PRODUKTIF LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN Jl. Gedung Rektorat lt 4 Jatinangor, Telp (022)..,

Lebih terperinci

PEDOMAN PENELITIAN KAJIAN WANITA

PEDOMAN PENELITIAN KAJIAN WANITA PEDOMAN PENELITIAN KAJIAN WANITA 1. Umum Kegiatan penelitian Kajian Wanita dilaksanakan sebagai salah satu model penelitian kompetitif yang tergolong dalam kelompok penelitian mandiri yang lebih diarahkan

Lebih terperinci

NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2016

NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2016 NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2016 I. LATAR BELAKANG PROGRAM Berdasarkan laporan International Diabetes Federation tahun 2015, jumlah populasi Indonesia yang terkena diabetes mencapai 9,1 juta orang

Lebih terperinci

HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN BIDANG KEPUSTAKAWANAN BAGI PUSTAKAWAN

HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN BIDANG KEPUSTAKAWANAN BAGI PUSTAKAWAN HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN BIDANG KEPUSTAKAWANAN BAGI PUSTAKAWAN 1. Umum Salah satu kriteria pejabat fungsional Pustakawan Tingkat Ahli adalah memiliki kemampuan meneliti. Menyadari pentingnya kompetensi

Lebih terperinci

Persyaratan administrasi meliputi hal-hal sebagai berikut: 2) Tim Peneliti terdiri atas Peneliti Utama dan Anggota

Persyaratan administrasi meliputi hal-hal sebagai berikut: 2) Tim Peneliti terdiri atas Peneliti Utama dan Anggota B. PENELITIAN HIBAH BERSAING 1. Umum Kegiatan penelitian Hibah Bersaing dilaksanakan sebagai salah satu model penelitian kompetitif yang tergolong dalam kelompok penelitian mandiri yang lebih diarahkan

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN FAKULTAS PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2015 Daftar Isi Daftar Isi... i 1. Pendahuluan... 2 2. Tujuan... 2 3. Luaran... 3 4. Kriteria dan Kewajiban

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PENELITIAN PEMBINAAN BAGI TENAGA FUNGSIONAL NON DOSEN UNIVERSITAS JEMBER

PEDOMAN PENULISAN PENELITIAN PEMBINAAN BAGI TENAGA FUNGSIONAL NON DOSEN UNIVERSITAS JEMBER PEDOMAN PENULISAN PENELITIAN PEMBINAAN BAGI TENAGA FUNGSIONAL NON DOSEN UNIVERSITAS JEMBER LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS JEMBER 2016 PENELITIAN PEMBINAAN BAGI TENAGA FUNGSIONAL NON DOSEN 1. Pendahuluan

Lebih terperinci

PANDUAN HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN SESUAI PRIORITAS NASIONAL

PANDUAN HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN SESUAI PRIORITAS NASIONAL PANDUAN HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN SESUAI PRIORITAS NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT 2009 PANDUAN HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN SESUAI

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN Kode Dok. F-PL-08-01-01 Revisi 0 Kampus Bukit Jimbaran Phone (0361) 701 801, 701 803, Fax; (0361) 701 801 DIAGRAM ALIR PROSES PENELITIAN DI PS. ITP Pengumuman Pengajuan Penelitian Pembentukan Panitia Seleksi

Lebih terperinci

E. HIBAH PENELITIAN KERJA SAMA ANTARPERGURUAN TINGGI

E. HIBAH PENELITIAN KERJA SAMA ANTARPERGURUAN TINGGI E. HIBAH PENELITIAN KERJA SAMA ANTARPERGURUAN TINGGI 1. Umum Melalui berbagai program pembinaan penelitian yang telah dilaksanakan oleh Ditjen Dikti (Depdiknas) dan Kementerian Negara Riset dan Teknologi,

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN THESIS DAN DISERTASI PROGRAM PPM - PRODUKTIF LOGO UNPAD

PANDUAN PENELITIAN THESIS DAN DISERTASI PROGRAM PPM - PRODUKTIF LOGO UNPAD PANDUAN PENELITIAN THESIS DAN DISERTASI PROGRAM PPM - PRODUKTIF LOGO UNPAD LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN 2012 PANDUAN PENELITIAN THESIS DAN DISERTASI TAHUN

Lebih terperinci

Buku Pedoman Hibah Penelitian PROGRAM HIBAH KOMPETISI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DOKTER

Buku Pedoman Hibah Penelitian PROGRAM HIBAH KOMPETISI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DOKTER Buku Pedoman Hibah Penelitian PROGRAM HIBAH KOMPETISI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang HKI & publikasi

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN PEMULA TAHUN 2017/2018

PANDUAN PENELITIAN PEMULA TAHUN 2017/2018 1 I. PENDAHULUAN PANDUAN PENELITIAN PEMULA TAHUN 2017/2018 Program Penelitian Pemula merupakan kegiatan pembinaan penelitian bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang memiliki jabatan fungsional

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA 2015 I. PENDAHULUAN Salah satu ketentuan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003

Lebih terperinci

NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2017

NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2017 I. DESKRIPSI PROGRAM NUTRIFOOD RESEARCH CENTER GRANT 2017 Nutrifood Research Center Grant 2017 merupakan program bantuan dana penelitian yang diberikan bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk mendukung

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN Kode Dok. F-PM-08-01-01 Revisi 0 Kampus Bukit Jimbaran Phone (0361) 701 801, 701 803, Fax; (0361) 701 801 DIAGRAM ALIR PROSES PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Pengumuman Pengajuan Proposal Pengabdian kepada

Lebih terperinci

DRAFT PANDUAN PENELITIAN DOSEN STIKES WIDYA HUSADA TAHUN 2014

DRAFT PANDUAN PENELITIAN DOSEN STIKES WIDYA HUSADA TAHUN 2014 DRAFT PANDUAN PENELITIAN DOSEN STIKES WIDYA HUSADA TAHUN 2014 I. Pendahuluan Program ini dimaksudkan sebagai kegiatan meningkatkan kemampuan dan kepekaan meneliti. Cakupan program ialah penelitian-penelitian

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENELITIAN DIPA

BUKU PANDUAN PENELITIAN DIPA BUKU PANDUAN PENELITIAN DIPA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA 2016 1. Umum Program ini dimaksudkan sebagai kegiatan pembinaan penelitian yang mengarahkan

Lebih terperinci

LAMPIRAN KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA NOMOR: KEP/001/III/2015/UBJ, TANGGAL 18 MARET 2015 TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN

LAMPIRAN KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA NOMOR: KEP/001/III/2015/UBJ, TANGGAL 18 MARET 2015 TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN LAMPIRAN KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA NOMOR: KEP/001/III/2015/UBJ, TANGGAL 18 MARET 2015 TENTANG PELAKSANAAN KEGIATAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI DOSEN UNIVERSITAS

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS LAMPUNG UNIVERSITAS LAMPUNG

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS LAMPUNG UNIVERSITAS LAMPUNG PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS LAMPUNG UNIVERSITAS LAMPUNG KATA PENGANTAR Buku Panduan Penelitian Unggulan Unila ini merupakan pengembangan dari panduan penelitian hibah kompetitif penelitian

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DIPA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DIPA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DIPA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG 2017 i DAFTAR ISI KATA PENGANTAR...

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM PENELITIAN INTERNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Divisi Penelitian. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

PANDUAN PROGRAM PENELITIAN INTERNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Divisi Penelitian. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat COVER PANDUAN PROGRAM PENELITIAN INTERNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO Divisi Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO 2017/2018 1 DAFTAR

Lebih terperinci

TOR PENELITIAN PENDIDIKAN KARAKTER UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

TOR PENELITIAN PENDIDIKAN KARAKTER UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 TOR PENELITIAN PENDIDIKAN KARAKTER UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 A. Pendahuluan Setiap perguruan tinggi memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran masing-masing. Rumusan visi, misi, tujuan, dan

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BUDI LUHUR TAHUN 2019 P ANDUAN PENELITIAN DOSE N 1. Latar Belakang Perguruan tinggi berkewajiban

Lebih terperinci

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN INTERNAL DOSEN UMI TAHUN 2018 LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA (LP2S)

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN INTERNAL DOSEN UMI TAHUN 2018 LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA (LP2S) PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN INTERNAL DOSEN UMI TAHUN 2018 LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA (LP2S) UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA 2018 1. Latar Belakang I. PENDAHULUAN Sejalan dengan visi yang

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2013

PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2013 PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2013 LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL Jl. PHH. Mustafa No. 23 Bandung 40124, tlp : 022-7272215, psw 157,

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA

PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA PANDUAN PENELITIAN DOSEN PEMULA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PADJADJARAN Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung 2014 PENELITIAN DOSEN PEMULA A. Pendahuluan Program Penelitian Dosen Pemula dimaksudkan sebagai kegiatan

Lebih terperinci

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS. p3m.ppns.ac.id

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS.   p3m.ppns.ac.id PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS Email : p3m@ppns.ac.id p3m.ppns.ac.id PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA 2017 1. Umum Program ini dimaksudkan sebagai

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2015 Daftar Isi Daftar Isi... ii

Lebih terperinci

FORMAT PROPOSAL PENELITIAN REGULER

FORMAT PROPOSAL PENELITIAN REGULER FORMAT PROPOSAL PENELITIAN REGULER Proposal ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A4 margin kiri 4 cm, margin

Lebih terperinci

PANDUAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN 2012

PANDUAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN 2012 PANDUAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN TAHUN 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2012 A. LATAR BELAKANG Salah satu misi yang harus diemban oleh Fakultas Ilmu Pendidikan

Lebih terperinci

KETENTUAN PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN

KETENTUAN PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN KETENTUAN PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN TEMA Tema penelitian yang dinyatakan sebagai unggulan dan pohon penelitian FKUB adalah: 1) Penyakit Autoimmun 2) Penyakit Infeksi 3) Teknologi kedokteran 4) Herbal

Lebih terperinci

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2016

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2016 PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2016 UNIT PENELITIAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2016 KERANGKA ACUAN KERJA PENELITIAN

Lebih terperinci

Kriteria pengusulan Penelitian ini dijabarkan sebagai berikut:

Kriteria pengusulan Penelitian ini dijabarkan sebagai berikut: Pedoman Penyusunan Proposal Penelitian Menggunakan DIPA Prodi Akuntansi Pendahuluan Program Penelitian yang dipertunkan untuk dosen pemula dengan menggunakan DIPA Prodi Akuntnasi dimaksudkan sebagai kegiatan

Lebih terperinci

Panduan Penelitian Hibah Internal

Panduan Penelitian Hibah Internal STT STIKMA INTERNASIONAL Panduan Penelitian Hibah Internal Edisi II Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Mei 2017 Panduan penelitian hibah internal berisi tentang jadwal kegiatan, lingkup penelitian,

Lebih terperinci

USULAN PENELITIAN PROGRAM STUDI/JURUSAN/FAKULTAS

USULAN PENELITIAN PROGRAM STUDI/JURUSAN/FAKULTAS LAMPIRAN I a. Format Usulan Penelitian Universitas Hasanuddin tahun 2013 Berbasis Kompetisi Internal,(sampul muka warna Merah Tua) Kompetensi Laboratorium (merah muda) dan Postdoc (Putih) USULAN PENELITIAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI

Lebih terperinci

C. Hibah Penelitian Utama

C. Hibah Penelitian Utama C. Hibah Penelitian Utama Kekhususan Hasil evaluasi hibah penelitian kompetitif nasional berupa hibah Penelitian Fundamental, Hibah Pekerti, Hibah Bersaing dan Hibah Pascasarjana menunjukkan bahwa ternyata

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS BUDI LUHUR 2016 P ANDUAN PENELITIAN DOSE N 1. Latar Belakang Perguruan tinggi berkewajiban

Lebih terperinci

PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS DIPONEGORO

PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS DIPONEGORO PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH VOKASI UNIVERSITAS DIPONEGORO A. UMUM Tujuan dari program ini adalah peningkatan mutu kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN INOVATIF FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN INOVATIF FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN INOVATIF FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA DANA RKAT FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN TAHUN 2018 PROPOSAL HIBAH PENELITIAN INOVATIF FAKULTAS TEKNOLOGI

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN FUNDAMENTAL

PANDUAN PENELITIAN FUNDAMENTAL PANDUAN PENELITIAN FUNDAMENTAL 5.1 Pendahuluan Kegiatan Penelitian Fundamental diluncurkan untuk mendorong dosen melakukan penelitian dasar dalam rangka memperoleh modal ilmiah yang mungkin tidak berdampak

Lebih terperinci

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS. p3m.ppns.ac.id

PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS.   p3m.ppns.ac.id PANDUAN PROPOSAL PENELITIAN DANA DIPA PPNS Email : p3m@ppns.ac.id p3m.ppns.ac.id PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA 2018 1. Latar Belakang Politeknik Perkapalan

Lebih terperinci

E. PENELITIAN KERJASAMA ANTAR PERGURUAN TINGGI (PEKERTI)

E. PENELITIAN KERJASAMA ANTAR PERGURUAN TINGGI (PEKERTI) E. PENELITIAN KERJASAMA ANTAR PERGURUAN TINGGI (PEKERTI) 1. Pendahuluan Dampak positif dari pelaksanaan otonomi daerah salah satunya adalah semakin berkembangnya dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Hampir

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DANA DIPA POLITEKNIK INFORMATIKA NASIONAL

PANDUAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DANA DIPA POLITEKNIK INFORMATIKA NASIONAL PANDUAN PENELITIAN HIBAH INTERNAL DANA DIPA POLITEKNIK INFORMATIKA NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK INFORMATIKA NASIONAL TAHUN 2018 1 PENDAHULUAN Program penelitian

Lebih terperinci

PANDUAN SMART WIDYA ARTHA 2013

PANDUAN SMART WIDYA ARTHA 2013 PANDUAN SMART WIDYA ARTHA 2013 KETENTUAN UMUM a) SMART Widya Artha SMART Widya Artha merupakan program dana bantuan penelitian tugas akhir/skripsi untuk mahasiswa S1, yang diberikan oleh PT SMART Tbk (merupakan

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR PANDUAN PENELITIAN DOSEN UNIVERSITAS BUDI LUHUR DAFTAR ISI : 1. Latar Belakang 2. Tujuan 3. Lingkup Penelitian 4. Luaran Penelitian 5. Persyaratan Umum 6. Tahapan Kegiatan 7. Sumber Dana Penelitian 8.

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN

PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN PANDUAN PELAKSANAAN HIBAH PENGEMBANGAN KAPASITAS RISET DOSEN DI UNIVERSITAS PADJADJARAN DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS PADJADJARAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN

Lebih terperinci

BAB 6 PENELITIAN HIBAH BERSAING

BAB 6 PENELITIAN HIBAH BERSAING BAB 6 6.1 Pendahuluan Kegiatan penelitian Hibah Bersaing dilaksanakan sebagai salah satu model penelitian kompetitif yang tergolong dalam kelompok penelitian mandiri yang lebih diarahkan untuk menciptakan

Lebih terperinci

4/8/ Workshop Penelitian dan Sosialisasi Panduan Penyusunan Proposal Edisi X 2016, DRPM RISTEK DIKTI 1

4/8/ Workshop Penelitian dan Sosialisasi Panduan Penyusunan Proposal Edisi X 2016, DRPM RISTEK DIKTI 1 Setiap Pengusul hanya boleh mengajukan 1 proposal untuk skema dan tahun yang sama baik sebagai ketua maupun sebagai anggota. Pada satu saat, peneliti hanya dapat memperoleh dana penelitian pada 2 skema

Lebih terperinci

PANDUAN SKIM PENELITIAN DOSEN PEMULA HIBAH INTERNAL UNMAS DENPASAR 2018

PANDUAN SKIM PENELITIAN DOSEN PEMULA HIBAH INTERNAL UNMAS DENPASAR 2018 PANDUAN SKIM PENELITIAN DOSEN PEMULA HIBAH INTERNAL UNMAS DENPASAR 2018 1.1. Pendahuluan Program Penelitian Dosen Pemula (PDP) dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan

Lebih terperinci

TATA CARA USUL PENELITIAN USULAN PENELITIAN

TATA CARA USUL PENELITIAN USULAN PENELITIAN TATA CARA USUL PENELITIAN A. SAMPUL MUKA Sampul muka proposal penelitian WARNA HIJAU seperti berikut: USULAN PENELITIAN...Judul Penelitian... Oleh: Nama Pengusul Program Studi Diajukan untuk memperoleh

Lebih terperinci

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015 PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM PENELITIAN HIBAH KOMPETITIF DANA DIPA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015 UNIT PENELITIAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2015 Page 1 of 16 KERANGKA ACUAN

Lebih terperinci

TOR PENELITIAN DOSEN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012

TOR PENELITIAN DOSEN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012 TOR PENELITIAN DOSEN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012 A. PENDAHULUAN Pengembangan FIP UNY tidak dapat dilepaskan dari konteks kesejarahannya. Pada saat berada di UGM, pengembangan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK TAHUN 2017

PANDUAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK TAHUN 2017 PANDUAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK TAHUN 2017 Unit Pelaksanaan dan Pengabdian Pada Masyarakat Politeknik Negeri Pontianak 2017 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kami panjatkan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN SINERGI FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN SINERGI FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN SINERGI FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA DANA RKAT FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN TAHUN 2017 0 PROPOSAL HIBAH PENELITIAN SINERGI FAKULTAS TEKNOLOGI

Lebih terperinci

Hibah Penelitian Fakultas 2016 PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN FAKULTAS TAHUN ANGGARAN 2016

Hibah Penelitian Fakultas 2016 PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN FAKULTAS TAHUN ANGGARAN 2016 PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN FAKULTAS TAHUN ANGGARAN 2016 Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada 2016 1 PANDUAN HIBAH PENELITIAN FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS GADJAH MADA TAHUN ANGGARAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN DOSEN

PANDUAN PENELITIAN DOSEN PANDUAN PENELITIAN DOSEN OLEH: TIM P3M PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI PADANG TAHUN 2016 1. Pendahuluan Mengacu kepada DRPM Kemenristek Dikti bahwa Program Penelitian

Lebih terperinci

B. PENELITIAN TIM PASCASARJANA

B. PENELITIAN TIM PASCASARJANA B. PENELITIAN TIM PASCASARJANA 1. Pendahuluan Penelitian Tim Pascasarjana pada hakikatnya adalah penelitian untuk mengembangkan mutu pendidikan program pascasarjana di Indonesia. Tujuan penelitian Tim

Lebih terperinci

PEDOMAN PENELITIAN TENAGA KEPENDIDIKAN

PEDOMAN PENELITIAN TENAGA KEPENDIDIKAN PEDOMAN PENELITIAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI BANDUNG 2018 KATA PENGANTAR Skim Penelitian Tenaga Kependidikan di Politeknik Negeri Bandung (Polban)

Lebih terperinci

TOR PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

TOR PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 TOR PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015 A. Pendahuluan Setiap perguruan tinggi memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran masing-masing. Rumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN DESA MITRA DAN PENARIKAN MINAT MASYARAKAT PADA BIDANG PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2015 Daftar Isi Daftar Isi... ii

Lebih terperinci

PENELITIAN UNGGULAN PROGRAM STUDI (PUPS)

PENELITIAN UNGGULAN PROGRAM STUDI (PUPS) PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN PROGRAM STUDI (PUPS) Disusun Oleh Tim LPPM UMS LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2015 PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN PROGRAM

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2015

PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2015 PANDUAN PENELITIAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2015 LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL Jl. PHH. Mustafa No. 23 Bandung 40124, tlp : 022 7272215, psw 157,

Lebih terperinci

INDOFOOD RISET NUGRAHA. Program Penghargaan bagi Peneliti Unggul Bidang Penganekaragaman Pangan

INDOFOOD RISET NUGRAHA. Program Penghargaan bagi Peneliti Unggul Bidang Penganekaragaman Pangan INDOFOOD RISET NUGRAHA Program Penghargaan bagi Peneliti Unggul Bidang Penganekaragaman Pangan KILAS PROGRAM 1998 2005 disebut BOGASARI NUGRAHA 2006 sekarang disebut INDOFOOD RISET NUGRAHA TEMA PROGRAM

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN TIM PASCASARJANA

PANDUAN PENELITIAN TIM PASCASARJANA PANDUAN PENELITIAN TIM PASCASARJANA 4.1 Pendahuluan Salah satu sebab dari minimnya jumlah publikasi artikel di Indonesia adalah kurang tingginya produktivitas karya ilmiah di tingkat pendidikan pascasarjana.

Lebih terperinci

BAB 4 PENELITIAN TIM PASCASARJANA

BAB 4 PENELITIAN TIM PASCASARJANA BAB 4 4.1 Pendahuluan Salah satu sebab dari minimnya jumlah publikasi artikel di Indonesia adalah kurang tingginya produktivitas karya ilmiah di tingkat pendidikan pascasarjana. Upaya untuk meningkatkan

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2014

PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2014 PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2014 LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2014 PANDUAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2014 I. BIDANG PENELITIAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN TERAPAN POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK TAHUN 2018

PANDUAN PENELITIAN TERAPAN POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK TAHUN 2018 PANDUAN PENELITIAN TERAPAN POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK TAHUN 2018 Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Politeknik Negeri Pontianak 2018 KATA PENGANTAR Buku Panduan Penelitian Terapan Politeknik

Lebih terperinci

Sumplemen Panduan Pelaksanaan Hibah Penelitian Strategis Nasional Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Anggaran 2009

Sumplemen Panduan Pelaksanaan Hibah Penelitian Strategis Nasional Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Anggaran 2009 Sumplemen Panduan Pelaksanaan Hibah Penelitian Strategis Nasional Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Anggaran 2009 A. Pengantar Kegiatan penelitian (riset) merupakan salah satu unsur Tridarma Perguruan

Lebih terperinci

3. Kriteria dan Persyaratan Pengusul Kriteria dan persyaratan skema PMD ini ditetapkan sebagai berikut.

3. Kriteria dan Persyaratan Pengusul Kriteria dan persyaratan skema PMD ini ditetapkan sebagai berikut. PENELITIAN MANDIRI DOSEN PENDIDIK 1. Pendahuluan Kemajuan dan daya saing suatu bangsa selalu seiring dan sejalan dengan kemampuan bangsa tersebut dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)

Lebih terperinci

Petunjuk Pelaksanaan LOMBA RISET DAERAH TAHUN 2018

Petunjuk Pelaksanaan LOMBA RISET DAERAH TAHUN 2018 PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN Petunjuk Pelaksanaan LOMBA RISET DAERAH TAHUN 2018 BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN Halaman i Lomba Riset Daerah 2018 Kata Pengantar

Lebih terperinci

Petunjuk Pelaksanaan LOMBA RISET DAERAH TAHUN 2019

Petunjuk Pelaksanaan LOMBA RISET DAERAH TAHUN 2019 PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN Petunjuk Pelaksanaan LOMBA RISET DAERAH TAHUN 2019 BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN Halaman i Lomba Riset Daerah 2019 Kata Pengantar

Lebih terperinci

PEDOMAN USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET

PEDOMAN USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET Usulan Riset Internal Univ Mercu Buana maksimum berjumlah 0 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman

Lebih terperinci

PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS LAMPUNG (REVISI)

PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS LAMPUNG (REVISI) PEDOMAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS LAMPUNG (REVISI) LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA M,ASYARAKAT UNIVERSITAS LAMPUNG 2008 PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 1. Umum Program pengabdian kepada masyarakat

Lebih terperinci

PEDOMAN USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET

PEDOMAN USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET SISTEMATIKA USULAN RISET Usulan Riset Internal Univ Mercu Buana maksimum berjumlah 0 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman

Lebih terperinci

SISTEMATIKA USULAN PPM SISTEMATIKA USULAN PPM

SISTEMATIKA USULAN PPM SISTEMATIKA USULAN PPM SISTEMATIKA USULAN PPM Usulan PPM Internal Univ Mercu Buana maksimum berjumlah 20 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman

Lebih terperinci

1. JADWAL PELAKSANAAN HIBAH PENELITIAN ITENAS TAHUN 2016

1. JADWAL PELAKSANAAN HIBAH PENELITIAN ITENAS TAHUN 2016 PANDUAN PENELITIAN INSTITUTT TEKNOLOGI NASIONAL TAHUN 2016 LEMBAGA PENELITIANN DAN PENGABDIAN KEPADAA MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL Jl. PHH. Mustafaa No. 23 Bandung 40124,, tlp : 022 7272215,

Lebih terperinci

LAMPIRAN KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA NOMOR : KEP/ /III/2015/UBJ, TANGGAL MARET 2015 TENTANG :PELAKSANAAN KEGIATAN

LAMPIRAN KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA NOMOR : KEP/ /III/2015/UBJ, TANGGAL MARET 2015 TENTANG :PELAKSANAAN KEGIATAN LAMPIRAN KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA NOMOR : KEP/ /III/2015/UBJ, TANGGAL MARET 2015 TENTANG :PELAKSANAAN KEGIATAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI DOSEN UNIVERSITAS

Lebih terperinci

HIBAH PENELITIAN DOSEN PEMULA UNIDHA (HIBOLA UNIDHA)

HIBAH PENELITIAN DOSEN PEMULA UNIDHA (HIBOLA UNIDHA) HIBAH PENELITIAN DOSEN PEMULA UNIDHA (HIBOLA UNIDHA) A. Pendahuluan 1.Latar Belakang Salah satu tugas dosen adalah melakukan penelitian sebagai perwujudan dari pelaksaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai

Lebih terperinci

PEDOMAN UMUM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT STIE, STIKES, STMIK MITRA LAMPUNG

PEDOMAN UMUM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT STIE, STIKES, STMIK MITRA LAMPUNG PEDOMAN UMUM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT STIE, STIKES, STMIK MITRA LAMPUNG UPT PPM (STIE,STMIK,STIKES) MITRA LAMPUNG Bandar Lampung 2014 PEDOMAN UMUM PROPOSAL PENELITIAN PERGURUAN TINGGI MITRA LAMPUNG

Lebih terperinci

KERANGKA ACUAN KEGIATAN HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN DANA MASYARAKAT FAKULTAS KEHUTANAN UGM TAHUN ANGGARAN 2019

KERANGKA ACUAN KEGIATAN HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN DANA MASYARAKAT FAKULTAS KEHUTANAN UGM TAHUN ANGGARAN 2019 KERANGKA ACUAN KEGIATAN HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN DANA MASYARAKAT FAKULTAS KEHUTANAN UGM TAHUN ANGGARAN 2019 FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS GADJAH MADA 2019 I. PENDAHULUAN Pada tahun 2019, Fakultas

Lebih terperinci

Penelitian Pengembangan DIPA UNTAN

Penelitian Pengembangan DIPA UNTAN Penelitian Pengembangan DIPA UNTAN 1. Pendahuluan Penelitian Pengembangan DIPA UNTAN (PPDU) mengacu pada bidang unggulan yang telah ditetapkan dalam Renstra dan RIP Penelitian dan ditujukan untuk mencapai

Lebih terperinci

PANDUAN PROGRAM PENELITIAN REGULER UNISNU JEPARA

PANDUAN PROGRAM PENELITIAN REGULER UNISNU JEPARA 2017 PANDUAN PROGRAM PENELITIAN REGULER UNISNU JEPARA TAHUN ANGGARAN 2016-2017 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara DAFTAR ISI Sampul...

Lebih terperinci

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2017

PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2017 LATAR BELAKANG PANDUAN PENELITIAN KOMPETITIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TAHUN 2017 Pengembangan Kemahasiswaan sebagai subsistem pendidikan

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MANDIRI

PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MANDIRI PANDUAN PELAKSANAAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MANDIRI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA ACEH. TAHUN 2016 Kata Pengantar Berdasarkan

Lebih terperinci

pembimbing/pendamping diperkenankan mendampingi maksimal 2 (dua) disetujui untuk didanai. Hal ini didasarkan pada kewajaran alokasi waktu bagi

pembimbing/pendamping diperkenankan mendampingi maksimal 2 (dua) disetujui untuk didanai. Hal ini didasarkan pada kewajaran alokasi waktu bagi KERANGKA ACUAN STUDENT UNION GRANT 2017 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A. PENDAHULUAN Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa di bidang penelitian sekaligus sebagai embrio berbagai

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN KERJASAMA DOSEN DAN MAHASISWA

PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN KERJASAMA DOSEN DAN MAHASISWA PANDUAN PELAKSANAAN PENELITIAN KERJASAMA DOSEN DAN MAHASISWA DISUSUN OLEH: PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG 2015 DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL... 1 DAFTAR

Lebih terperinci

Karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha 2 Materi kegiatan Semua bidang ilmu atau yang relevan

Karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha 2 Materi kegiatan Semua bidang ilmu atau yang relevan PANDUAN KOMPETISI LOMBA BUSSINESS PLAN PROGRAM DIII ANALIS KIMIA F-MIPA UII 2014 I. PENDAHULUAN 1.1 Penjelasan Umum Lulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of

Lebih terperinci