KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI SEKOLAH DASAR ( SD ) PENGEMBANGAN SILABUS BERBASIS KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN M A T E M A T I K A

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI SEKOLAH DASAR ( SD ) PENGEMBANGAN SILABUS BERBASIS KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN M A T E M A T I K A"

Transkripsi

1 KURIKULUM BERBASIS SEKOLAH ( SD ) PENGEMBANGAN SILABUS BERBASIS MATA PELAJARAN M A T E M A T I K A DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL JAKARTA

2 Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V/1 STANDAR NO 1. Melakukan operasi hitung bulat dan pemecahan masalah. 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran. 1. Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), assosiatif (pengelompokan), distributif (penyebaran) untuk melakukan operasi. MATERI POKOK/ Operasi Hitung Bilangan Bulat. 1. Menjumlahkan bilangan bulat dengan menggunakan sifat komutatif. 2. Menjumlahkan bilangan bulat dengan menggunakan sifat assosiatif. 3. Menjumlahkan bilangan bulat dengan menggunakan sifat distributif. ALK WKT SUMBER BELAJAR 2. Membulatkan hasil operasi hitung ke puluhan dan ratusan terdekat. 1. Melakukan pembulatan hasil hasil operasi bilangan kedalam puluhan terdekat. 2. Melakukan pembulatan hasil hasil operasi bilangan kedalam ratusan terdekat. 3. Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan. 1. Menaksir hasil penjumlahan bilangan dengan teknik taksiran tinggi. 2. Menaksir hasil penjumlahan bilangan dengan teknik taksiran rendah.

3 NO STANDAR 1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK. dan FPB. 1. Menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan faktorisasi prima. MATERI POKOK/ 1. Menentukan faktor prima dan faktorisasi prima. 2. Menentukan KPK dengan faktor prima dan faktorisasi prima. ALK WKT SUMBER BELAJAR 2. Memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan KPK dan FPB. 1. Menentukan FPB dengan Menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima dari masalah sehari-hari. 2. Menentukan KPK dengan menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima dari masalah sehari-hari. 1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat. 1. Membaca dan menulis bilangan bulat dengan kata-kata dan angka. 1. Membaca bilangan bulat. 2. Menulis bilangan bulat. 2. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. 1. Menentukan hasil penjumlahan bilangan bulat. 2. Menentukan hasil pengurangan bilangan bulat. 3. Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

4 NO STANDAR 3. Melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat positif. MATERI POKOK/ 1. Menentukan hasil perkalian bilangan bulat positif. 2. Menentukan hasil pembagian. 3. Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat positif. ALK WKT SUMBER BELAJAR 4. Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat. 1. Menentukan hasil operasi hitung campuran dengan menggunakan maksimal 3 operasi hitung. 2. Menentukan hasil operasi hitung campuran dengan menggunakan maksimal 4 operasi hitung. 5. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat. 1. Menyusun soal cerita sederhana. 2. Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan sekurangkurangnya 2 operasi hitung dengan melibatkan bilangan bulat. 1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana. 1. Menentukan hasil perpangkatan dua satu bilangan. 2. Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua. 3. Melakukan penarikan akar pangkat dua hari bilangan kuadrat. 4. Memecahkan masalah seha ri-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan berpangkat dua.

5 STANDAR NO 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah. 2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam. - Menggunakan tanda waktu dengan notasi 12 jam. MATERI POKOK/ Pengukuran (waktu, sudut, jarak dan (kecepatan). * Menyusun daftar kegiatan harian. * Menggambar jam dan menentukan waktu berdasarkan daftar kegiatan yang disusun. * Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam. * Membaca tanda waktu dengan notasi 12 jam. ALK WKT SUMBER BELAJAR - Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam. * Membaca dan menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam (pengulangan). * Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam. * Membaca tanda waktu dengan notasi 24 jam (melibatkan keterangan pagi, sore dan malam). 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu. - Melakukan operasi satuan waktu. * Menyusun soal cerita yang melibatkan satuan waktu. * Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan satuan waktu. 2.3 Melakukan pengukuran sudut. - Menentukan dan menaksir besar suatu sudut. * Menentukan besar sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam. * Menaksir besar dari beberapa bentuk sudut. - Menggambar dan mengukur besar sudut dengan busur derajat. * Menggambar beberapa bentuk sudut. * Mengukur sudut menggunakan busur derajat. * Menentukan besar sudut yang telah diukur.

6 NO STANDAR 2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan. - Menunjukkan hubungan antara satuan jarak, waktu dan kecepatan. MATERI POKOK/ * Membuat soal cerita sederhana yang menunjukkan Hubungan antara satuan jarak, waktu dan kecepatan. * Menyelesaikan soal cerita yang menunjukkan hubungan antara satuan jarak, waktu dan kecepatan. * Menunjukkan hubungan antara satuan jarak, waktu dan kecepatan. ALK WKT SUMBER BELAJAR 2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan. - Menentukan lama waktu yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu jika diketahui kecepatan rata-rata. * Membuat soal cerita yang jarak dan kecepatan rataratanya diketahui. * Menentukan lama waktu yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu yang kecepatannya rata-rata nya diketahui. waktu. - Menentukan kecepatan ratarata jika diketahui lama perjalanan dan jarak yang ditempuh. * Membuat soal cerita yang lama perjalanan dan jarak tempuh diketahui. * Menentukan kecepatan ratarata jika lama perjalanan dan jarak tempuh diketahui. - Menentukan jarak yang ditempuh jika diketahui lama perjalanan dan kecepatan rata-rata. * Membuat soal cerita yang lama perjalanan dan kecepatan rata-rata diketahui. * Menentukan jarak yang ditempuh jika lama perjalanan dan kecepatan rata-rata diketahui.

7 STANDAR NO 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. 3.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang. - Menentukan luas trapesium. MATERI POKOK/ Pengukuran (luas bangun datar). * Membuat gambar trapesium. * Menentukan ukuran sisi. * Menentukan luas trapesium. * Menentukan salah satu sisi sejajar jika luas sisi sejajar yang lain dan tinggi diketahui. * Menentukan tinggi jika luas dan sisi sejajar diketahui. ALK WKT SUMBER BELAJAR - Menentukan luas layanglayang. * Membuat gambar layanglayang. * Menentukan ukuran sisi * Menghitung luas layanglayang. 3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. - Menyelesaikan soal cerita luas lingkaran. * Menghitung luas lingkaran. berdasarkan gambar. * Menentukan luas lingkaran yang disajikan dalam bentuk soal cerita. * Menentukan luas suatu tempat/lokasi yang disajikan dalam bentuk soal cerita. - Menyelesaikan soal cerita keliling lingkaran. * Menghitung keliling lingkaran berdasarkan gambar. * Menentukan keliling lingkaran yang disajikan dalam bentuk soal cerita. - Menyelesaikan soal cerita luas jajaran genjang. * Menentukan luas dan keliling jajaran genjang. * Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berhubungan dengan luas dan keliling jajaran genjang.

8 Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V/1 SILABUS STANDAR NO 4. Menghitung volume kubus dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. 4.1 Menghitung volume kubus dan balok. - Menentukan volume kubus. - Menentukan volume balok. MATERI POKOK/ * Mengamati benda-benda yang berbentuk kubus yang ada di lingkungan sekolah. * Melakukan pengukuran terhadap sisi/rusuk bendabenda yang berbentuk kubus. * Menghitung volume kubus. * Mengamati benda-benda yang berbentuk balok yang ada di lingkungan sekolah. * Melakukan pengukuran terhadap panjang, lebar dan tinggi rusuk yang berbentuk balok. * Menghitung volume balok. ALK WKT SUMBER BELAJAR 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok. - Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus. - Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume balok. * Menentukan volume kubus yang ukuran rusuknya diketahui. * Menyelesaikan soal cerita volume kubus. * Menentukan volume balok yang ukuran panjang dan lebar rusuknya diketahui. * Menyelesaikan soal cerita volume balok. Mengetahui Kepala Sekolah SYAIFUL MALIK S.Pd, MSI NIP Surabaya, 21 Desember 2007 Guru Kelas SITI MUNAIYAH S.Pd NIP

9 Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V/2 STANDAR MATERI ALK SUMBER WKT BELAJAR Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. - Mengubah pecahan biasa kebentuk persen dan sebaliknya. Operasi hitung pecahan. 5.1 Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya. - Mengubah pecahan biasa kebentuk desimal dan sebagainya. - Mengubah pecahan biasa kebentuk persen dan desimal atau sebaliknya. - Mengubah pecahan campuran kepecahan biasa, desimal, dan sebaliknya. * Mengubah pecahan biasa ke pecahan perseratusan. * Mengubah pecahan perseratusan ke pecahan biasa. * Membagi pembilang dengan penyebut untuk mendapatkan pecahan desimal. * Mengubah pecahan desimal ke bentuk persen. * Mengubah bentuk persen ke pecahan desimal. * Mengubah pecahan biasa ke pecahan perseratusan untuk selanjutnya diubah menjadi pecahan desimal. * Membagi pembilang dengan penyebut untuk mendapatkan pecahan desimal kemudian diubah menjadi pecahan persen. * Mengubah pecahan desimal ke bentuk pecahan biasa selanjutnya diubah ke bentuk persen. * Mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa. * Mengubah pecahan biasa ke pecahan perseratusan untuk atau membagi pembilang. * Mengubah pecahan biasa ke desimal ke persen. * Mengubah bentuk persen ke pecahan biasa, desimal dan biasa.

10 STANDAR MATERI ALK SUMBER WKT BELAJAR Menjumlah dan mengurangi berbagai bentuk pecahan. - Menentukan hasil penjumlahan, pengurangan pecahan biasa. * Menyamakan penyebut dari pecahan yang dijumlahkan. * Menentukan hasil penjumlahan pecahan biasa berpenyebut tidak sama. * Menuliskan hasil penjumlahan pecahan dalam bentuk yang paling Sederhana. * Menentukan hasil pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama dengan langkah seperti - Menentukan hasil dengan pengurangan, penjumlahan campuran. diatas. * Menjumlahkan & mengkurangkan bilangan bulat selanjutnya bilangan pecahan dalam bentuk pengelompokkan. * Mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa. * Menyamakan penyebut. * Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dan menuliskannya dalam bentuk yang paling sederhana. - Menentukan hasil penjumlahan & pengurangan pecahan desimal. * Menjumlahkan pecahan desimal. * Mengurangkan pecahan desimal. * Menempatkan sejajar bentuk koma. * Menentukan hasil penjumlahan & pengurangan.

11 STANDAR MATERI ALK SUMBER WKT BELAJAR Menentukan hasil penjumlahan & pengurangan pecahan biasa dan pecahan campuran. * Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. * Menyamakan penyebut dari pecahan tersebut. * Menentukan hasil penjumlahan & pengurangan pecahan yang telah diubah. * Menuliskan hasil penjumlahan & pengurangan ke dalam bentuk yang 5.3 Mengalikan & membagi berbagai bentuk pecahan. - Menentukan hasil perkalian berbagai bentuk pecahan. - Menentukan hasil pembagian berbagai bentuk pecahan. paling sederhana. pecahan biasa. pecahan campuran. pecahan desimal. pecahan biasa dan pecahan campuran. * Menuliskan hasil perkalian pecahan biasa dan pecahan campuran dalam bentuk yang paling sederhana. * Menentukan hasil pembagian pecahan biasa. * Menentukan hasil pembagian pecahan campuran. * Menentukan hasil pecahan desimal. * Menentukan hasil pecahan biasa dan campuran. * Menuliskan hasil pembagian pecahan biasa dan pecahan campuran dalam bentuk yang paling sederhana.

12 STANDAR MATERI ALK SUMBER WKT BELAJAR Menentukan hasil perkalian dan pembagian berbagai pecahan. 5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala. dan pembagian pecahan biasa dan pembagian pecahan campuran. dan pembagian pecahan desimal. dan pembagian pecahan biasa dan pecahan campuran. dan pembagian dalam bentuk yang paling sederhana. - Menjelaskan arti dan skala. * Menuliskan bentuk perbandingan dari beberapa contoh. * Menjelaskan arti perbandingan. * Menuliskan contoh-contoh skala. * Menjelaskan arti skala. - Melakukan operasi hitung dengan menggunakan skala. * Melakukan pengukuran di lingkungan sekolah. * Merubah ukuran dengan menggunakan skala. * Menentukan ukuran sebenarnya jika skala diketahui. * Membuat gambar dengan skala tertentu. * Menentukan ukuran gambar sebenarnya jika skala diketahui.

13 STANDAR MATERI ALK SUMBER WKT BELAJAR Memahami sifat-sifat dan hubungan antar bangun. 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun persegi dan persegi panjang. Sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang. * Mengidentifikasi ciri-ciri bangun persegi. * Mengidentifikasi sifat-sifat bangun persegi. * Mengidentifikasi ciri-ciri bangun persegi panjang. * Mengidentifikasi sifat-sifat 6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang. - Mengidentifikasi jajaran genjang dan segitiga. - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun kubus dan balok. - Mengidentifikasi sifat-sifat bangun limas dan tabung. bangun persegi panjang. * Mengidentifikasi ciri-ciri bangun segitiga. * Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga. * Mengidentifikasi ciri-ciri bangun segitiga. * Mengidentifikasi sifat-sifat jajaran genjang. * Mengidentifikasi ciri-ciri bangun kubus. * Mengidentifikasi sifat-sifat bangun kubus. * Menyebutkan sifat-sifat bangun kubus. * Menggambar bangun kubus. * Mengidentifikasi ciri-ciri bangun balok. * Menyebutkan sifat-sifat bangun balok. * Mengidentifikasi sifat-sifat bangun balok. * Menggambar bangun balok. * Mengidentifikasi ciri-ciri bangun limas. * Mengidentifikasi sifat-sifat bangun limas. * Menyebutkan sifat-sifat bangun limas. * Menggambar bangun limas.

14 STANDAR MATERI ALK SUMBER WKT BELAJAR * Mengidentifikasi ciri-ciri bangun tabung. * Mengidentifikasi sifat-sifat bangun tabung. * Menyebutkan sifat-sifat bangun tabung. * Menggambar bangun tabung. - Menentukan jaring-jaring kubus. 6.3 Menentukan jaringjaring berbagai bangun ruang sederhana. - Menentukan jaring-jaring balok. - Menentukan jaring-jaring limas. * Mengamati bangun kubus. * Membuka kubus dalam berbagai cara. * Merangkai enam sisi kubus dalam berbagai cara. * Menentukan jaring-jaring kubus. * Menggambar jaring-jaring kubus. * Mengamati bangun balok. * Membuka balok dalam berbagai cara. * Merangkai sisi-sisi balok dalam berbagai bentuk/cara untuk menentukan jaringjaring balok. * Menentukan jaring-jaring balok. * Menggambar jaring-jaring balok. * Mengamati bangun tabung. * Membuka tabung dalam berbagai cara. * Menentukan jaring-jaring tabung. * Menggambar jaring-jaring tabung. * Mengamati bangun limas (segitiga dan segi empat). * Membuka limas dengan berbagai cara.

15 STANDAR MATERI ALK SUMBER WKT BELAJAR * Menentukan jaring-jaring limas. * Menggambar jaring-jaring limas. - Menunjukkan kesebangunan antar bangun. 6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri. - Menentukan simetri lipat suatu bangun datar. - Menentukan simetri putar suatu bangun datar. * Mengamati berbagai bangun datar (persegi panjang, persegi, segitiga, jajaran genjang). * Menunjukkan bangunbangun yang sebangun. * Menggambar bangun-bangun yang sebangun. * Melipat berbagai bangun datar dengan berbagai cara. * Menentukan banyak simetri lipat pada berbagai bangun datar. * Menentukan banyak sumbu simetri pada setiap bangun datar. * Memberi tanda melalui gambar sumbu simetri pada setiap bangun datar. * Memutar berbagai bangun datar pada pusat. * Memutar berbagai bangun datar berdasarkan besar derajat sudut putarnya. * Menentukan jumlah/banyak tingkat simetri putar suatu bangun datar.

16 STANDAR MATERI ALK SUMBER WKT BELAJAR Menyelesaikan soal cerita bangun datar. 6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana. - Menyelesaikan soal cerita bangun ruang. * Mengamati bangun datar sederhana yang ada disekeliling kelas/sekolah. * Menyelesaikan soal cerita bangun datar misal (menyambung tali, balok, memberi pagar kebun dll) sehingga menjadi bentuk bangun datar sederhana. * Mengamati bangun ruang Sederhana/model yang ada disekeliling kelas/sekolah. * Menyelesaikan soal cerita bangun ruang misal membuat/menyambung rusuk, dengan tali kayu, hingga membentuk bangun ruang sederhana.

PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER

PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 1 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : MATEMATIKA KELAS / SEMESTER : V (Lima) / 1 (satu) Standar Kompetensi : 1. Melakukan

Lebih terperinci

SILABUS Membulatkan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat Menaksirkan hasil hitung dua bilangan

SILABUS Membulatkan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat Menaksirkan hasil hitung dua bilangan : SDIT INSAN KAMIL : V/I : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya,pembulatan, dan penaksiran.

Lebih terperinci

SILABUS. Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah. 1.2 Menggunakan. pengerjaan hitung bilangan

SILABUS. Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah. 1.2 Menggunakan. pengerjaan hitung bilangan 1 SILABUS Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaan bilangan bulat dalam pemecahan masalah. Kegiatan Indikator Dasar 1.1Melakukan Pengerjaan pengerjaan bilangan bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya,

Lebih terperinci

SILABUS. 8 Silabus Matematika Kelas 5. Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. desimal dan sebaliknya.

SILABUS. 8 Silabus Matematika Kelas 5. Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. desimal dan sebaliknya. 8 Silabus Matematika Kelas 5 SILABUS Sekolah : SD Kelas : V Mata Pelajaran : Matematika Semester : 2 Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. Dasar 5.1 Mengubah pecahan ke bentuk

Lebih terperinci

Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan

Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Nama Sekolah : SD Negeri 1 Pagerpelah Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan

Lebih terperinci

Identitas, bilangan identitas : adalah bilangan 0 pada penjumlahan dan 1 pada perkalian.

Identitas, bilangan identitas : adalah bilangan 0 pada penjumlahan dan 1 pada perkalian. Glosarium A Akar pangkat dua : akar pangkat dua suatu bilangan adalah mencari bilangan dari bilangan itu, dan jika bilangan pokok itu dipangkatkan dua akan sama dengan bilangan semula; akar kuadrat. Asosiatif

Lebih terperinci

37. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

37. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 37. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Berikut ini adalah pertanyaan wawancara yang dilakukan dengan Bapak Gabriel

LAMPIRAN. Berikut ini adalah pertanyaan wawancara yang dilakukan dengan Bapak Gabriel LAMPIRAN A. Wawancara dengan Guru Berikut ini adalah pertanyaan wawancara yang dilakukan dengan Bapak Gabriel Yudhistira S.Si dan Bapak Yusuf S.Pd selaku guru matematika kelas 5 pada SD Strada Wiyatasana.

Lebih terperinci

37. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

37. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 37. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting

Lebih terperinci

08. Mata Pelajaran Matematika A. Latar Belakang B. Tujuan

08. Mata Pelajaran Matematika A. Latar Belakang B. Tujuan 08. Mata Pelajaran Matematika A. Latar Belakang Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir

Lebih terperinci

14. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD/MI

14. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD/MI 14. KOMPETENSI INTI DAN MATEMATIKA SD/MI KELAS: I Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut

Lebih terperinci

C D Tanda yang tepat untuk kalimat : 3,2 x ( 4,3 + 0,7 )... ( 4,3-0,3 ) x 0,4 adalah... A. B. <

C D Tanda yang tepat untuk kalimat : 3,2 x ( 4,3 + 0,7 )... ( 4,3-0,3 ) x 0,4 adalah... A. B. < 1. Hasil penjumlahan bilangan-bilangan di bawah ini adalah... 14.826 B. 14.824 C. 14.816 14.126 2. Harga b pada kalimat : b - 3 = 1 adalah... C. B. 3. Tanda yang tepat untuk kalimat : 3,2 x ( 4,3 + 0,7

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V/2 Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. Kompetensi Dasar : 5.1 Mengubah

Lebih terperinci

KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI. Mata Pelajaran

KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI. Mata Pelajaran KURIKULUM 2004 STANDAR KOMPETENSI Mata Pelajaran MATEMATIKA SEKOLAH DASAR dan MADRASAH IBTIDAIYAH DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL Jakarta, Tahun 2003 Katalog dalam Terbitan Indonesia. Pusat Kurikulum, Badan

Lebih terperinci

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah : SD Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V/1 Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah. Kompetensi

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 1 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : Matematika KELAS / SEMESTER : IV (Empat) / 1 (satu) Standar Kompetensi : 1.

Lebih terperinci

UNIT 4. Kurikulum Matematika

UNIT 4. Kurikulum Matematika UNIT 4 Kurikulum Matematika D alam Bab 4 yang berjudul kurikulum matematika ini, akan dipelajari tentang kurikulum matematika, materi add matematika dan peta konsep materi matematika. Tujuan dari mempelajari

Lebih terperinci

PERANGKAT PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN

PERANGKAT PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Mata Pelajaran Matematika Kelas V (5) Semester 2 untuk Seklah (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) 1 SILABUS PEMBELAJARAN Nama Seklah :... Mata Pelajaran : MATEMATIKA

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) A. Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) A. Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah :... Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V/ I Pertemuan Ke : -5 Alokasi Waktu : 0 x 35 Menit A. Standar Kompetensi :. Melakukan Operasi Hitung

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Supardjo MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) MATEMATIKA 15A Gemar Berhitung untuk Kelas V SD dan MI Semester Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas

Lebih terperinci

Bahan Ajar untuk Guru Kelas 6 Oleh Sufyani P

Bahan Ajar untuk Guru Kelas 6 Oleh Sufyani P Bahan Ajar untuk Guru Kelas 6 Oleh Sufyani P Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : Bilangan Bulat : A. Sifat-Sifat Operasi Hitung B. FPB dan KPK 1. Menentukan FPB 2. Menentukan

Lebih terperinci

CONTOH SOAL UAN/UN/UASBN SD 2012

CONTOH SOAL UAN/UN/UASBN SD 2012 CONTOH SOAL UAN/UN/UASBN SD 2012 DISESUAIKAN DENGAN KISI-KISI UASBN SD 2012 Kompetensi 3 : Memahami konsep, sifat, dan unsur-unsur bangun geometeri, dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2

PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : Matematika KELAS / SEMESTER : IV (Empat) / 2 (dua) Standar Kompetensi : 5.

Lebih terperinci

4 Silabus Matematika Kelas IV

4 Silabus Matematika Kelas IV 4 Silabus Matematika Kelas IV Semester : 1 Standar Kompetensi : 2. Memahami menggunakan faktor kelipatan dalam pemecahan masalah. Kegiatan Indikator Dasar 2.1 Mendeskripsikan konsep faktor kelipatan Faktor

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) B. Kompetensi Dasar 5.1 Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) B. Kompetensi Dasar 5.1 Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Sekolah :... Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V/ Pertemuan Ke : - Alokasi Waktu : 8 x 5 Menit A. Standar Kompetensi : 5. Menggunakan Pecahan dalam pemecahan

Lebih terperinci

KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI

KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS I - VI KELAS I 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, keluarga, teman, dan guru. 3. Memahami pengetahuan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Salah satu upaya guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

BAB I PENDAHULUAN. Salah satu upaya guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Salah satu upaya guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan yaitu dapat menarik minat, antusiasme siswa, dan memotivasi siswa agar senantiasa belajar

Lebih terperinci

BAB I BILANGAN BULAT dan BILANGAN PECAHAN

BAB I BILANGAN BULAT dan BILANGAN PECAHAN BAB I BILANGAN BULAT dan BILANGAN PECAHAN A. Bilangan Bulat I. Pengertian Bilangan bulat terdiri atas bilangan bulat positif atau bilangan asli, bilangan nol dan bilangan bulat negatif. Bilangan bulat

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UN/UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2012/2013

Soal-soal dan Pembahasan UN/UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2012/2013 Soal-soal dan Pembahasan UN/UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2012/2013 Bab I Bilangan 500 + 75 x 12 kerjakan perkalian dahulu = 500 + (75 x 12 ) = 500 + 900 = 1400 Bab I Bilangan ( 162 + (15 x 18

Lebih terperinci

GLOSSARIUM. A Akar kuadrat

GLOSSARIUM. A Akar kuadrat A Akar kuadrat GLOSSARIUM Akar kuadrat adalah salah satu dari dua faktor yang sama dari suatu bilangan. Contoh: 9 = 3 karena 3 2 = 9 Anggota Himpunan Suatu objek dalam suatu himpunan B Belahketupat Bentuk

Lebih terperinci

PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 KODE P2 UTAMA

PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 KODE P2 UTAMA PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 009/00 KODE P UTAMA. Hasil 86 4 : 6 adalah A. 558 B. 568 C. 744 D. 764 86 4 86 4 : 6 = = 744 (C) 6 aturan operasi hitung campuran. tambah dan kurang

Lebih terperinci

PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 KODE P1 UTAMA. Jawaban: = = 68.

PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 KODE P1 UTAMA. Jawaban: = = 68. PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 009/010 KODE P1 UTAMA 1. Hasil 39.788 + 56.895 7.798 adalah A. 68.875 B. 68.885 C. 68.975 D. 69.885 39.788 + 56.895 7.798 = 96.683 7.798 = 68.885

Lebih terperinci

PANDUAN MATERI SD DAN MI

PANDUAN MATERI SD DAN MI UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2007/2008 PANDUAN MATERI SD DAN MI M A T E M A T I K A PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN BALITBANG DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan BALITBANG

Lebih terperinci

PAKET 2 UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 UTAMA SD/MI MATEMATIKA

PAKET 2 UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 UTAMA SD/MI MATEMATIKA PAKET UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 010/011 UTAMA SD/MI MATEMATIKA Tim Pembahas: Astuti Waluyati, S.Si, M.Pd.Si Nanny Dharmawati, M.Si Rumiati, S.Pd., M.Ed. Sri Wulandari D, S.Si, M.Pd Verifikator: Drs.

Lebih terperinci

Mas Titing Sumarmi Siti Kamsiyati. Asyiknya Belajar. Matematika. Untuk SD/MI Kelas V

Mas Titing Sumarmi Siti Kamsiyati. Asyiknya Belajar. Matematika. Untuk SD/MI Kelas V Mas Titing Sumarmi Siti Kamsiyati Asyiknya Belajar Matematika Untuk SD/MI Kelas V PUSAT PERBUKUAN Departemen Pendidikan Nasional i Hak Cipta Pada Departemen Pendidikan Nasional Dilindungi Undang-undang

Lebih terperinci

Prediksi Soal US/M SD/MI Tahun Pelajaran 2015/2016 1

Prediksi Soal US/M SD/MI Tahun Pelajaran 2015/2016 1 Prediksi Soal US/M SD/MI Tahun Pelajaran 15/1 1 KISI-KISI PREDIKSI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH SD/MI TAHUN PELAJARAN 15/1 MATEMATIKA PAKET SOAL PREDIKSI GANJIL No. Materi Indikator A. BILANGAN 1. Operasi hitung

Lebih terperinci

X : SILABUS PEMBELAJARAN. Nama Sekolah :... Kelas/Program Semester : 1 (satu)

X : SILABUS PEMBELAJARAN. Nama Sekolah :... Kelas/Program Semester : 1 (satu) SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah :... Mata Pelajaran : Kelas/Program : VI Semester : 1 (satu) : 18 x 30 menit Standar : 1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah Dasar Sumber/

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012

Soal-soal dan Pembahasan UN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 Soal-soal dan Pembahasan UN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2011/2012 1. Hasil dari 125 x ( 32 16 ) =... A. 2.000 B. 3.000 C. 3.984 D. 4.000 Bab I Bilangan kerjakan yang di dalam kurung dahulu. 125 x

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2007/2008

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2007/2008 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2007/2008 1. Hasil dari (43 x 14) (5.453 : 19) + 17 =... A. 322 B. 332 C. 223 D. 232 Bab I Bilangan Perkalian dan pembagaian derajatnya lebih

Lebih terperinci

Materi Olimpiade Matematika Vektor Nasional 2016 Jenjang SD:

Materi Olimpiade Matematika Vektor Nasional 2016 Jenjang SD: Materi Olimpiade Matematika Vektor Nasional 2016 Jenjang SD: 1. Bilangan dan Operasinya 2. Kelipatan dan Faktor 3. Angka Romawi, Pecahan dan Skala 4. Perpangkatan dan Akar 5. Waktu, Kecepatan, dan Debit

Lebih terperinci

Perangkat Pembelajaran Silabus Pembelajaran SD 1 BANYUGLUGUR X : Matematika untuk SD Kelas VI./Semester SILABUS PEMBELAJARAN.

Perangkat Pembelajaran Silabus Pembelajaran SD 1 BANYUGLUGUR X : Matematika untuk SD Kelas VI./Semester SILABUS PEMBELAJARAN. SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Program Semester Standar : SDN 1 BANYUGLUGUR. : A : VI : 1 (satu) : 18 x 30 menit : 1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Lebih terperinci

2. Pengurangan pada Bilangan Bulat

2. Pengurangan pada Bilangan Bulat b. Penjumlahan tanpa alat bantu Penjumlahan pada bilangan yang bernilai kecil dapat dilakukan dengan bantuan garis bilangan. Namun, untuk bilangan-bilangan yang bernilai besar, hal itu tidak dapat dilakukan.

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011 1. Hasil dari 756 x 12 : 7 adalah.. A. 1.296 B. 1.294 C. 1.286 D. 1.284 BAB I Bilangan: Perkalian dan pembagian derajatnya sama

Lebih terperinci

SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2016 MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN GURU KELAS SD

SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2016 MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN GURU KELAS SD SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 06 MATA PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN GURU KELAS SD BAB I BILANGAN Dra.Hj.Rosdiah Salam, M.Pd. Dra. Nurfaizah, M.Hum. Drs. Latri S, S.Pd., M.Pd. Prof.Dr.H. Pattabundu, M.Ed. Widya

Lebih terperinci

MATEMATIKA. *Untuk Kalangan Sendiri

MATEMATIKA. *Untuk Kalangan Sendiri MATEMATIKA *Untuk Kalangan Sendiri 1 PENJUMLAHAN 1 1 5 4 6 + 3 8 7 3 = 0 5 8 6 Caranya: 3 8 7 3 + 1. Disusun lurus dari satuan 4 4 5 9 2. Urutan yang kosong diberi angka 0 3. Ditambahkan dari satuan (

Lebih terperinci

Luky, S.Pt. RINGKASAN MATERI MATEMATIKA SD Ujian Sekolah

Luky, S.Pt. RINGKASAN MATERI MATEMATIKA SD Ujian Sekolah Kompetensi 1 Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari (1.) OPERASI HITUNG Urutan langkah pengerjaan : 1. Dikerjakan operasi dalam kurung terlebih

Lebih terperinci

LATIHAN UJIAN AKHIR SEKOLAH

LATIHAN UJIAN AKHIR SEKOLAH LATIHAN UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL MATEMATIKA WAKTU : 0 menit DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL PETUNJUK UMUM 1. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum menjawab.. Jawaban dikerjakan pada lembar

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SIKLUS I. Sekolah : SD Negeri Ngurensiti 02

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SIKLUS I. Sekolah : SD Negeri Ngurensiti 02 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SIKLUS I Sekolah : SD Negeri Ngurensiti 0 Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V/ I Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit (1 pertemuan) A. Standar Kompetensi : 1.

Lebih terperinci

41. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

41. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) 41. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) A. Latar Belakang Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai

Lebih terperinci

Matematika 5 SD dan MI Kelas 5

Matematika 5 SD dan MI Kelas 5 R.J. Soenarjo Matematika SD dan MI Kelas i Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional Dilindungi Undang-undang MATEMATIKA Untuk SD/MI Kelas Tim Penyusun Penulis : R. J. Sunaryo Ukuran Buku : x 8 7.7

Lebih terperinci

15. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTs

15. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTs 15. KOMPETENSI INTI DAN MATEMATIKA SMP/MTs KELAS: VII Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi

Lebih terperinci

Aep Saepudin Babudin Dedi Mulyadi Adang. Gemar Belajar. Matematika. untuk Siswa SD/MI Kelas V

Aep Saepudin Babudin Dedi Mulyadi Adang. Gemar Belajar. Matematika. untuk Siswa SD/MI Kelas V Aep Saepudin Babudin Dedi Mulyadi Adang Gemar Belajar Matematika untuk Siswa SD/MI Kelas V 5 Hak Cipta pada Departemen Pendidikan Nasional Dilindungi Undang-Undang Gemar Belajar Matematika 5 untuk Siswa

Lebih terperinci

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN ) Kelas V (5) Semester 1. untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN ) Kelas V (5) Semester 1. untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) PERANGKAT PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN ) Kelas V (5) Semester 1 untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011 1. Hasil dari 756 x 12 : 7 adalah.. A. 1.296 B. 1.294 C. 1.286 D. 1.284 BAB I Bilangan: Perkalian dan pembagian derajatnya sama

Lebih terperinci

PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 1

PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 1 PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 1 1 PROGRAM SEMESTER TAHUN PELAJARAN 20 / 20 MATA PELAJARAN : Matematika KELAS / SEMESTER : VI (enam) / 1 (satu) Standar Kompetensi : 1.

Lebih terperinci

Copyright all right reserved

Copyright  all right reserved Latihan Soal UASBN SD/MI 011 Mata Ujian : Matematika Jumlah Soal : 40 1. Hasil dari 4 : 6 x (-5) =... -7-1. Najwa memiliki 1 bungkus permen yang akan dibagikan kepada 4 orang temanny Jika setiap bungkus

Lebih terperinci

semua ada tentang sekolah dasar

semua ada tentang sekolah dasar CONTOH SOAL DAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN 2012/2013 MATA PELAJARAN MATEMATIKA No Kompetensi Indikator Soal Jawaban 1 Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya

Lebih terperinci

Untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas V

Untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas V Untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas V Untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas V Hardi Mikan Ngadiyono Pandai Berhitung MATEMATIKA Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas V

Lebih terperinci

PROGRAM TAHUNAN MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

PROGRAM TAHUNAN MATA PELAJARAN : MATEMATIKA PERANGKAT PEMBELAJARAN PROGRAM TAHUNAN MATA PELAJARAN : MATEMATIKA Kelas VII SEMESTER 1 & 2 MTs.... PROGRAM TAHUNAN Sekolah : MTs.... Mata Pelajaran : MATEMATIKA Kelas / Semester : VII / 1 dan 2 Tahun

Lebih terperinci

SOAL MATEMATIKA SD. Jawaban: 39.788 + 56.895 27.798 = 96.683 27.798 = 68.885 (B)

SOAL MATEMATIKA SD. Jawaban: 39.788 + 56.895 27.798 = 96.683 27.798 = 68.885 (B) SOAL MATEMATIKA SD. Hasil 39.788 + 56.895 7.798 adalah A. 68.875 B. 68.885 C. 68.975 D. 69.885 39.788 + 56.895 7.798 = 96.683 7.798 = 68.885 (B) Pengetahuan prasyarat Aturan Internasional operasi hitung

Lebih terperinci

Bangun Ruang dan Bangun Datar

Bangun Ruang dan Bangun Datar Bab 8 Bangun Ruang dan Bangun Datar Mari memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar. Bangun Ruang dan Bangun Datar 205 206 Ayo Belajar Matematika Kelas IV A. Bangun Ruang Sederhana

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Supardjo MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) MATEMATIKA 14A Gemar Berhitung untuk Kelas IV SD dan MI Semester Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas

Lebih terperinci

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH KISI-KISI UJIAN SEKOLAH Matematika SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI) JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012-2013 KISI KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2012-2013 Jenjang : SMP

Lebih terperinci

Kegiatan Pembelajaran Indikator Teknik Bentuk Instrumen. Tugas individu. Memberikan contoh bilangan bulat.

Kegiatan Pembelajaran Indikator Teknik Bentuk Instrumen. Tugas individu. Memberikan contoh bilangan bulat. Silabus Jenjang : SMP dan MTs Mata Pelajaran : Matematika Kelas : VII Semester : 1 Standar Kompetensi : BILANGAN 1. Memahami sifat-sifat dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. Kompetensi Dasar Materi

Lebih terperinci

Dari gambar jaring-jaring kubus di atas bujur sangkar nomor 6 sebagai alas, yang menjadi tutup kubus adalah bujur sangkar... A. 1

Dari gambar jaring-jaring kubus di atas bujur sangkar nomor 6 sebagai alas, yang menjadi tutup kubus adalah bujur sangkar... A. 1 1. Diketahui : A = { m, a, d, i, u, n } dan B = { m, e, n, a, d, o } Diagram Venn dari kedua himpunan di atas adalah... D. A B = {m, n, a, d} 2. Jika P = bilangan prima yang kurang dari Q = bilangan ganjil

Lebih terperinci

INFORMASI PENTING. No 1 Bilangan Bulat. 2 Pecahan Bentuk pecahan campuran p dapat diubah menjadi pecahan biasa Invers perkalian pecahan adalah

INFORMASI PENTING. No 1 Bilangan Bulat. 2 Pecahan Bentuk pecahan campuran p dapat diubah menjadi pecahan biasa Invers perkalian pecahan adalah No RUMUS 1 Bilangan Bulat Sifat penjumlahan bilangan bulat a. Sifat tertutup a + b = c; c juga bilangan bulat b. Sifat komutatif a + b = b + a c. Sifat asosiatif (a + b) + c = a + (b + c) d. Mempunyai

Lebih terperinci

Sifat-Sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang

Sifat-Sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang ab 9 Sifat-Sifat angun Datar dan angun Ruang Setiap benda memiliki sifat yang menjadi ciri khas benda tersebut. oba kamu sebutkan bagaimana sifat yang dimiliki oleh benda yang terbuat dari karet! egitu

Lebih terperinci

KTSP Perangkat Pembelajaran SMP/MTs, KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) Mapel Matematika kls VII s/d IX. 1-2

KTSP Perangkat Pembelajaran SMP/MTs, KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) Mapel Matematika kls VII s/d IX. 1-2 KTSP Perangkat Pembelajaran SMP/MTs, PERANGKAT PEMBELAJARAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester : Matematika. : SMP/MTs. : VII s/d IX /1-2 Nama Guru

Lebih terperinci

PENGEMBANGAN KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2016/2017

PENGEMBANGAN KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2016/2017 PENGEMBANGAN KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2016/2017 Jenis Sekolah : SMP Waktu : 90 menit Mata Pelajaran : Matematika Banyak soal : 25/5 Kelas : VII Pembuat Soal : Tim Kurikulum : KTSP Bentuk Soal

Lebih terperinci

09. Mata Pelajaran Matematika A. Latar Belakang B. Tujuan

09. Mata Pelajaran Matematika A. Latar Belakang B. Tujuan 09. Mata Pelajaran Matematika A. Latar Belakang Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir

Lebih terperinci

KISI-KISI SOAL OLIMPIADE MATEMATIA VEKTOR NASIONAL (OMVN) 2015 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

KISI-KISI SOAL OLIMPIADE MATEMATIA VEKTOR NASIONAL (OMVN) 2015 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG KISI-KISI SOAL OLIMPIADE MATEMATIA VEKTOR NASIONAL (OMVN) 2015 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG TINGKAT SD 1. Bilangan dan Operasinya 2. Kelipatan dan Faktor 3. Angka Romawi,

Lebih terperinci

50 LAMPIRAN NILAI SISWA SOAL INSTRUMEN Nama : Kelas : No : BERILAH TANDA SILANG (X) PADA JAWABAN YANG DIANGGAP BENAR! 1. Persegi adalah.... a. Bangun segiempat yang mempunyai empat sisi dan panjang

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) : 2 x 40 menit (satu kali pertemuan)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) : 2 x 40 menit (satu kali pertemuan) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : V / 1 Pertemuan ke- Alokasi waktu : 1 (satu) : 2 x 40 (satu kali pertemuan) A. TAHAP PERENCANAAN 1. STANDAR KOMPETENSI

Lebih terperinci

PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs

PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs 1. * Kemampuan yang Diuji Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat

Lebih terperinci

4. BAHASA INDONESIA SDLB A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)

4. BAHASA INDONESIA SDLB A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS) B. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SDLB 4. BAHASA INDONESIA SDLB A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS) NO. KOMPETENSI INDIKATOR 1. Membaca dan memahami berbagai bentuk teks bacaan nonsastra

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009 1. Hasil dari 635 + 175 225 =... A. 575 B. 585 C. 800 D. 900 BAB I Bilangan Penjumlahan dan pengurangan derajatnya sama, pengerjaannya

Lebih terperinci

41. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

41. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) 41. Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) A. Latar Belakang Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai

Lebih terperinci

MATEMATIKA EBTANAS TAHUN 1992

MATEMATIKA EBTANAS TAHUN 1992 MATEMATIKA EBTANAS TAHUN 99 EBT-SMP-9-0 Diketahui: A = {m, a, d, i, u, n} dan B = {m, a, n, a, d, o} Diagram Venn dari kedua himpunan di atas A. m a d o a m o i e e I d u a a u n e m i d o m i d a u n

Lebih terperinci

DURASI PEMELAJARAN KURIKULUM SMK EDISI 2004

DURASI PEMELAJARAN KURIKULUM SMK EDISI 2004 DESKRIPSI PEMELAJARAN MATA DIKLAT TUJUAN : MATEMATIKA : Melatih berfikir dan bernalar secara logis dan kritis serta mengembangkan aktifitas kreatif dalam memecahkan masalah dan mengkomunikasikan ide/gagasan

Lebih terperinci

PAKET 2 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs

PAKET 2 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs PAKET CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs 1. * Kemampuan yang diuji. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.

Lebih terperinci

PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs

PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs 1. Indikator, menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat Indikator Soal, menentukan hasil operasi campuran bilangan

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2009/2010

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2009/2010 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2009/2010 1. Hasil dari 576 + 712 376 =... A. 348 B. 912 C. 1.288 D. 1.652 BAB I Bilangan Penjumlahan dan pengurangan derajatnya sama, pengerjaannya

Lebih terperinci

Pembahasan Soal UN Matematika SMP Tahun Ajaran 2010/2011 Paket 12

Pembahasan Soal UN Matematika SMP Tahun Ajaran 2010/2011 Paket 12 Pembahasan Soal UN Matematika SMP Tahun Ajaran 2010/2011 Paket 12 Tim Pembahas : Th. Widyantini Untung Trisna Suwaji Wiworo Choirul Listiani Estina Ekawati Nur Amini Mustajab PPPPTK Matematika Yogyakarta

Lebih terperinci

PENELAAHAN SOAL MATEMATIKA PREDIKSI UN 2012

PENELAAHAN SOAL MATEMATIKA PREDIKSI UN 2012 PENELHN SOL MTEMTIK PREDIKSI UN 2012 1. INDIKTOR SOL: Peserta didik dapat menghitung hasil operasi campuran bilangan bulat. SOL: Hasil dari 6 5 7 : 8 4. -18 B. -6 C. 6 D. 18 Kunci jawaban : adalah. 2.

Lebih terperinci

PROGRAM TAHUNAN dan PROGRAM SEMESTER

PROGRAM TAHUNAN dan PROGRAM SEMESTER PROGRAM TAHUNAN dan PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, ILMU PENGETAHUAN ALAM, DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEMESTER GANJIL DAN GENAP ROSMAYASARI, S.PD.

Lebih terperinci

BAB V BILANGAN PECAHAN

BAB V BILANGAN PECAHAN BAB V BILANGAN PECAHAN Bilangan pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut ; a pembilang dan b penyebut 1. Macam-macam bilangan Pecahan a. Pecahan Biasa pembilangnya lebih kecil dari penyebut ; a < b,,

Lebih terperinci

MATEMATIKA. Hak Cipta Pada Departemen Pendidikan Nasional Dilindungi Undang-undang

MATEMATIKA. Hak Cipta Pada Departemen Pendidikan Nasional Dilindungi Undang-undang Hak Cipta Pada Departemen Pendidikan Nasional Dilindungi Undang-undang MATEMATIKA Untuk kelas 5 SD / MI Penyusun : Lusia Tri Astuti, S.Pd P. Sunardi, S.Pd Editor : Helen Anggraini, ST Suharto, ST Ukuran

Lebih terperinci

Kumpulan soal masuk perguruan tinggi, SNMPTN, SPMB, Ujian Masuk ITB, Undip, dsb

Kumpulan soal masuk perguruan tinggi, SNMPTN, SPMB, Ujian Masuk ITB, Undip, dsb LATIHAN SOAL DAN PREDIKSI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) 2010 Dilengkapi kisi-kisi Ujian Nasional standard Depdiknas 2010 dan kunci jawaban dan Pembahasan setiap nomor soal Matematika

Lebih terperinci

1. Soal Isian Singkat

1. Soal Isian Singkat . Soal Isian Singkat. ilangan pecahan untuk bilangan desimal 0, adalah... 2. Dari pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 0.00 pagi, jarum menit pada jam sudah berputar berapa derajat? 3. Ani membuka sebuah

Lebih terperinci

I. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMPLB TUNAGRAHITA

I. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMPLB TUNAGRAHITA - 1017 - I. KOMPETENSI INTI DAN MATEMATIKA SMPLB TUNAGRAHITA KELAS: VII Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan sebagai

Lebih terperinci

1. Soal Isian Singkat

1. Soal Isian Singkat . Soal Isian Singkat. Bilangan pecahan untuk bilangan desimal 0, adalah... 2. Dari pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 0.00 pagi, jarum menit pada jam sudah berputar berapa derajat? 3. Ani membuka sebuah

Lebih terperinci

KI dan KD Matematika SMP/MTs

KI dan KD Matematika SMP/MTs KI dan KD Matematika SMP/MTs Kelas VIII Kompetensi Inti 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,

Lebih terperinci

PENJABARAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 75 TAHUN SKL Kemampuan yang diuji Alternatif Indikator SKL

PENJABARAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 75 TAHUN SKL Kemampuan yang diuji Alternatif Indikator SKL PENJABARAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 75 TAHUN 2009 Mata Pelajaran : Matematika No. 1. Menggunakan konsep operasi 1. Menghitung operasi tambah, kurang, kali dan 1.1. Menentukan

Lebih terperinci

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2016

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2016 EDISI PERTAMA ENIKLOPEDI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Disusun oleh: Dr. Yurniwati, M.Pd UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2016 Tidak untuk diperjualbelikan dan dipakai di lingkungan sendiri

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Supardjo MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) MATEMATIKA 16A Gemar Berhitung untuk Kelas VI SD dan MI Semester Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009 1. Hasil dari 635 + 175 225 =... A. 575 B. 585 C. 800 D. 900 BAB I Bilangan Penjumlahan dan pengurangan derajatnya sama, pengerjaannya

Lebih terperinci

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Supardjo MODEL Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) MATEMATIKA 24B Gemar Berhitung untuk Kelas IV SD dan MI Semester Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas

Lebih terperinci

Standar Kompetensi 1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Standar Kompetensi 1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah Apa yang akan Anda Pelajari? Bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil Mengubah bentuk pecahan ke bentuk yang lain Operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat dengan melibatkan

Lebih terperinci

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI 1. BAHASA INDONESIA SD/MI NO. KOMPETENSI INDIKATOR 1. Membaca Disajikan teks bacaan 3 4 paragraf, siswa dapat: Membaca

Lebih terperinci

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/M) SD/MI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/M) SD/MI TAHUN PELAJARAN 2014/2015 KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH (US/M) SD/MI TAHUN PELAJARAN 2014/2015 A. KISI-KISI UJIAN UJIAN SEKOLAH SD/MI 1. BAHASA INDONESIA SD/MI NO. KOMPETENSI INDIKATOR 1. Membaca Disajikan teks bacaan 3 4 paragraf,

Lebih terperinci