Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa"

Transkripsi

1 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB I. PENGANTAR Elearning PKSM UMB menggunakan aplikasi opensource Moodle. Kata Moodle adalah tingkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle adalah sebuah Course Management System (CMS) atau sering juga disebut Learning Management Systems (LMS) atau Virtual Learning Environments (VLE) sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu Dosen melaksanakan Perkuliahan Online yang berkualitas. II. PENDAHULUAN Interface dalam sistem elearning ini terdiri dari 3, yaitu: 1. Interface Administrator, yang digunakan oleh Administrator untuk: Membuat kategori mata kuliah Menunjuk dosen untuk suatu mata kuliah Mengatur sistem sesuai aturan main (konfigurasi) yang sudah ditentukan 2. Interface Dosen, yang digunakan oleh Staff Pengajar/Dosen untuk membuat materi, mengatur dan mengevaluasi jalannya perkuliahaan. 3. Interface Mahasiswa, yang digunakan oleh Mahasiswa untuk mengikuti materi-materi yang sudah dibuat dibuat oleh dosen. Sebagaimana aplikasi komputer yang lainnya, maka sistem elearning Moodle ini akan menghasilkan sistem perkuliahaan yang optimal jika semua user menguasai dan memahami semua feature yang sudah disediakan.

2 2 III. PETUNJUK PENGGUNAAN (Pendaftaran Account) A. URL Sistem Elearning URL untuk sistem elearning Kelas Karyawan UMB adalah: Tampilan Halaman depan website e-learning Universitas Mercu Buana B. Pendaftaran Mahasiswa Peserta Elearning Setiap Mahasiswa yang mengikuti Sistem Elearning harus terlebih dahulu mendaftar. Prosedurnya: 1. Arahkan kursor ke Blok Login 2. Klik Create New Account pada halaman pojok kiri atas

3 3 Klik Create new account, maka tampil Form Pendaftaran seperti berikut: 3. Isi sesuai dengan Contoh diatas, lalu klik Create My New Account Keterangan: * Username (Nama Pengguna) : Masukkan Nomor NIM Password : Masukkan Password yang mudah anda ingat * masukkan anda. Catatan: Masukan yang valid, karena semua informasi seperti Agenda, forum diskusi akan (again) : Pengulangan yang didaftarkan diatas First Name (Nama Depan) : Masukan Nama Lengkap Anda Surname (Nama Akhir) : Masukkan Nomor NIM

4 4 City/Town (Kota) : Masukkan Kota Tempat Tinggal Country (Negara) : Masukan Negara tempat Anda Tinggal recaptcha : Masukan security kode pada kolom dibawahnya *Username dan alamat hanya dapat digunakan oleh 1 User/Pengguna karena menggunakan NIM. 4. Akan Muncul Konfirmasi dari account yang telah didaftarkan, lalu klik Continue 5. Konfirmasi Pendaftaran (Cek E mail Anda! ) Setelah anda melakukan pendaftaran, silahkan periksa anda untuk konfirmasi pendaftar. Silahkan klik link yang dikirimkan ke anda. Contoh Mail Konfirmasi >> Klik yang ditunjuk untuk Konfirmasi

5 5 Catatan: Jika setelah pendaftaran anda belum mendapatkan konfirmasi dari pihak administrator elearning, silahkan menghubungi pihak admin elearning dipesawat ext.3700,3777, Login Sekarang anda sudah bisa masuk ke sistem elearning, silhkan arahkan kursor anda ke Blok Login. Silahkan ketikkan pada form login: Username: NIM anda Password: password yang sudah anda pilih 7. Mengubah Profil Pribadi Account Anda Setelah anda melakukan konfirmasi melalui , maka account (username dan password) anda sudah dapat digunakan. Loginlah ke sistem elearning. Bila berhasil, maka di sebelah kanan atas akan ditampilkan nama anda. Untuk memulai mengubah profil, klik-lah nama anda tersebut.

6 6 Selanjutnya akan muncul tampilan layar personal profile. Klik-lah tab Edit profile, sehingga tampilan menjadi sebagai berikut.

7 7 Dalam tampilan tersebut, anda dapat mengubah berbagai informasi pribadi anda, misalnya: nama, alamat , kota, gambar pribadi, atau informasi lainnya. Perlu diperhatikan bahwa bila anda ingin mengupload gambar (foto) anda, maka gunakan ukuran file yang kecil saja, yakni kurang dari 10 KB. Setelah semua Form isian direvisi dan diedit dengan data yang diinginkan, maka proses pengeditan diakhiri dengan meng-klik tombol Update profile (perbaharui profile).

8 8 III. PETUNJUK PENGGUNAAN (Pendaftaran Mata Kuliah) Untuk mengikuti suatu matakuliah anda harus mendaftar terlebih dahulu. Prosedurnya adalah: 1. Arahkan kursor ke Blok Elearning Fakultas 2. Pilih Fakultas anda Pilih Fakultas yang anda tuju pada kolom Elearning Fakultas Setelah Fakultas di klik, maka akan membuka halaman baru elearning Fakultas yang dituju >> Contoh Pemilihan Fakultas Ekonomi

9 9 3. Pilih Jurusan Anda Pilih Jurusan yang anda tuju pada kolom Course Categories Tampilan Pilihan Mata Kuliah yang tersedia 4. Manambah Mata Kuliah Untuk menambah materi mata kuliah, prosedurnya adalah: - Arahkan Kursor kepada mata kuliah yang diinginkan - Klik Materi Mata Kuliah yang sudah tersedia - Lalu Pilih Mata kuliah yang ingin anda tambahkan

10 10 5. Kunci Mata kuliah Catatan: Untuk Mata kuliah yang mempunyai tanda kunci, artinya mata kuliah tersebut wajib menggunkan kata kunci/password untuk masuk kedalam matakuliah tersebut. Kata kunci matakuliah biasanya diberikan oleh dosen pengampu pada saat tatap muka pertemuan pertama dikelas. Masukan kunci masuk/password mata kuliah pada kolom enrollment key yang tersedia, kemudian klik tombol Enroll me in this course. IV. KEGIATAN BELAJAR ONLINE Halaman Kelas terdiri dari berbagai Menu yang tersusun di dalam blok-blok. Blok-blok ini masing-masing diberi nama pada bagian atasnya. Blok bagian terdiri adalah berisikan informasi dan pengumuman yang diberikan oleh administrator. Halaman Mata Kuliah Pada blok matakuliah silahkan klik nama matakuliah yang yang anda ikuti pada blok tersebut, maka akan tampil Halaman Matakuliah seperti Gambar di bawah ini.

11 11 Materi kuliah dan aktifitas pada matakuliah ini tersusun pada materi mingguan (jika dosen menyusunnya berdasarkan mingguan). Aktivitas dan materi kuliah Materi Kuliah, terdiri dari berbagai format (sesuai yg disediakan oleh dosen). Anda bisa melihat atau mendowload setiap materi kuliah dengan mengklik salah satunya.

12 12 Aktifitas Perkuliahan Online Mahasiswa Aktifitas Kuliah terdiri dari berbagai aktifitas yang dapat atau harus anda lakukan. Aktifitas-aktifitas yang tersedia adalah: Materi/Modul : Materi/ bahan pelajaran yang dapat didownload Forum : Tempat/ruang berdiskusi dan tanya jawab antar mahasiswa dengan dosen atau mahasiswa dengan mahasiswa Kuis : Aktifitas ujian evaluasi mingguan Tugas : Aktifitas tugas Materi/ Modul Pada tiap minggunya mahasiswa dapat mendownload modul atau bahan materi pelajaran yang telah disediakan pada tiap minggunya oleh dosen pengampu mata kuliah (bisa berupa MS.Word, Power point ataupun pdf). Arahkan kursor pada materi yang ingin didownload kemudian klik, maka akan tampilan sebagai berikut: Pilih tombol Open, jika hanya ingin melihat atau membaca materi tanpa harus menyimpanya. Pilih tombol save, jika ingin melakukan penyimpanan modul.

13 13 Forum Untuk menjembatani antara mahasiswa dengan mahasiswa atau antara mahasiswa dengan dosen pengampu, sistem elearning juga menyediakan menu forum yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung pada waktu yang berbeda. Untuk memulai suatu forum,langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-klik gambar forum seperti yang terlihat pada gambar diatas. Setelah diklik, maka tampilannya sebagai berikut: Aktifitas forum, biasanya berisi sebuah contoh kasus atau pertanyaan dari dosen yang memerlukan pendapat dari mahasiswa.

14 14 Merespon/Menanggapi Forum Untuk menjawab atau memberikan tanggapan pada forum yang ada, klik Reply (Tanggapan) pada pojok kanan bawah dari uraian forum (ditunjukkan pada gambar diatas). Selanjutnya masukan uraian/tanggapan yang ingin diberikan pada kolom yang disediakan seperti gambar dibawah ini, kemudian klik tombol Post to forum untuk mengakhiri. Catatan: Jika Uraian atau tanggapan yang diberikan berupa file yang berbentuk Ms.Doc atau pdf, mahasiswa dan dosen dapat menggunakan fasilitas Attachment dengan kapasitas maksimum 500KB. Untuk menggunakannya tinggal meng-klik tombol browse, kemudian cari file yang akan dikirimkan (penggunaannya seperti attachment di ). Untuk mengakhirinya tekan tombol post to forum. Tampilan setelah menanggapi atau merespon suatu forum dengan meng-klik tombol post to forum.

15 15 Kuis Kuis merupakan aktivitas ujian evaluasi yang ada pada tiap minggunya pada minggu online. Bentuk kuis bervariasi tergantung dari dosen pengampunya, biasanya kuis berbentuk pilihan ganda (multiple choice), essay ataupun menjodohkan.

16 16 Mengerjakan/menjawab kuis Kuis Pilihan Ganda (Multplie Choice) Untuk soal yang berbentuk pilihan ganda, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah meng-klik kuis yang terdapat dihalaman kolom mingguan. Setelah diklik, maka akan tampil informasi tentang peraturan dari kuis, tanggal buka dan tanggal tutup kuis. Untuk mengikuti kuis, Klik Attempt Quiz Now seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini. Tampilan kuis pilihan ganda, seperti yang terlihat dibawah ini. Pilih jawaban yang anda anggap paling benar (dikolom pilihan a,b,c,dan d), kemudian klik submit ditiap-tiap soalnya. Catatan: Saat men-submit jawaban, maka sistem akan otomatis secara langsung memberikan respon langsung terhadap jawaban yang ada kirimkan. (perhatikan gamabar dibawah!) Catatan: Perhatikan!! Waktu pengerjaan kuis, yang terdapat dilayar. Jika waktu pengerjaan kuis habis dan anda belum men-submit semua jawaban, maka otomatis kuis akan tertutup tanpa menyimpan jawaban yang telah anda jawab.

17 17 Tombol Submit Setelah semua pertanyaan dijawab dan disubmit ditiap soalnya, lakukan submit keseluruhan dari kuis dengan cara meng-klik tombol submit all and finish. Tampilan setelah mengklik tombol submit all and finish, akan tampil nilai, waktu pengerjaan dari kuis yang telah dikerjakan oleh mahasiswa.

18 18 Kuis Essay (Isian) Untuk soal yang berbentuk Essay, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah meng-klik kuis yang terdapat dihalaman kolom mingguan. Setelah diklik, maka akan tampil informasi tentang peraturan dari kuis, tanggal buka dan tanggal tutup kuis. Untuk mengikuti kuis, Klik Attempt Quiz Now seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah:

19 19 Tampilan kuis pilihan ganda, seperti yang terlihat dibawah ini. Untuk uraian jawaban dari pertanyaan dituliskan pada kolom answer yang telah disediakan oleh sistem, kemudian klik submit ditiap-tiap soalnya. Catatan: Perhatikan!! Jumlah pertanyaan dari kuis, biasanya jika pertanyaan kuis tersebut terdiri dari banyak pertanyaan, maka akan terbagi dalam beberapa halaman (Perhatikan gambar dibawah). Sebelum meng-klik tombol submit all and finish, pastikan semua pertanyaan sudah terisi dan terjawab semuanya. Jumlah Halam dari pertanyaan Kolom Uraian jawaban Setelah semua pertanyaan dijawab dan disubmit ditiap soalnya, lakukan submit keseluruhan dari kuis dengan cara meng-klik tombol submit all and finish.

20 20 Tampilan setelah mengklik tombol submit all and finish, akan tampil nilai, waktu pengerjaan dari kuis yang telah dikerjakan oleh mahasiswa. Catatan: Untuk nilai/grade pada kuis essay, nilai tidak langsung tampil, karena jawaban terlebih dahulu dikoreksi dan dinilai oleh dosennya, baru kemudian dientry ke dalam system.

21 21 Tugas Salah satu aktivitas dari perkuliahan e-learning ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengirimkan tugas berbentuk file dari mahasiswa kepada dosen. Pengiriman tugas melalui sistem elearning lebih mudah dikelola dibandingkan melalui . Dosen juga dapat menilai dan memberikan komentar yang dapat dibaca langsung oleh mahasiswa. Mengerjakan/menjawab Tugas Untuk aktivitas yang berbentuk penugasan, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah meng-klik tugas yang terdapat dihalaman kolom mingguan (perhatikan gambar diatas). Setelah diklik, maka akan tampil pertanyaan dari tugas, informasi tentang peraturan dari tugas, tanggal buka dan tanggal tutup tugas. Untuk melakukan pengiriman tugas, pilih tombol browse (Perhatikan gambar!)

22 22 Pilih file yang akan dikirimkan, kemudian klik Upload this file

23 23 Tampilan dibawah ini, menunjukkan bahwa file yang anda kirimkan berhasil. V. NILAI (GRADE) Pada system elearning, seluruh aktivitas yang menggunakan sistem penilaian (kuis, tugas ataupun forum) dapat dilihat hasilnya pada fasillitas Grade/Nilai. Pada Gambar dibawah ini, dapat dilihat nilai-nilai yang diperoleh dari tiap-tiap aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa.

24 24

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST)

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Akses laman e-learning dengan cara mengetik http://elearning.bsi.ac.id/ pada browser Internet, kemudian akan tampil halaman home

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar 1. Membuka Situs E-Learning Unsyiah Arahkan browser pada alamat situs e-learning Unsyiah: http://unsyiah.inherent-dikti.net/e-learning-unsyiah/. 2. Login Masukkan

Lebih terperinci

Langkah langkah mengakses e-mail dan e-module/ moodle LSPR Untuk Mahasiswa

Langkah langkah mengakses e-mail dan e-module/ moodle LSPR Untuk Mahasiswa Langkah langkah mengakses e-mail dan e-module/ moodle LSPR Untuk Mahasiswa I. PENGANTAR E-learning STIKOM LSPR dikembangkan dengan menggunakan aplikasi open source Moodle. Moodle adalah sebuah metode pembelajaran

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA...

BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA... DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA... 5 2.1 MENDOWNLOAD MATERI... 7 2.2 MENGIRIMKAN TUGAS... 7 2.3 MENDOWNLOAD MATERI DARI DISPLAY DIRECTORI... 10 2.4 MENONTON VIDEO TUTORIAL... 10

Lebih terperinci

Panduan User Telkom E-Learning Group

Panduan User Telkom E-Learning Group K C TCU-C M C C S Panduan User Telkom E-Learning Group Digital Learning Knowledge Management & Case Study Center Telkom Corporate University 2014 Overview Telkom E-Learning adalah media pembelajaran interaktif

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL P A N D U A N P E N G G U N A A N SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL https://www.mikroskil.ac.id/elearning/ UNTUK DOSEN DITERBITKAN OLEH: UPT PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL (2013) Persiapan Prasyarat

Lebih terperinci

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar 1 MASUK KE SYSTEM 3TELL 1. Login ke http://3tell.stptrisakti.net/. Klik Login pada sisi

Lebih terperinci

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE Pengisian Content CMS Moodle Memasukan materi 1. Isi langsung Dengan cara isi langsung, materi dimasukan dengan mengetikkannya langsung melalui situs. Langkah langkah :

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa)

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) Akses ke dalam Portal e-learning PLN User/Siswa dapat melakukan akses ke dalam Portal e-learning melalui 2 (dua) jaringan komputer: 1. Akses melalui

Lebih terperinci

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Ed.. 20150320 Panduan Mahasiswa Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150320 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Anda...

Lebih terperinci

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 3 KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

Lebih terperinci

PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin

PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin A. AKTIVASI PENGGUNA (USER) Pengguna elearning Fakultas Teknik adalah dosen dan mahasiswa yang aktif

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN MOODLE (http://semar.fkip.uns.ac.id )

PANDUAN SINGKAT LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN MOODLE (http://semar.fkip.uns.ac.id ) PANDUAN SINGKAT LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN MOODLE (http://semar.fkip.uns.ac.id ) Disampaikan dalam : Pelatihan e-learning Dosen Pendidikan Ekonomi FKIP UNS ICT-Center FKIP UNS 11 Januari 011 LEARNING

Lebih terperinci

UNIVERSITAS GADJAH MADA PANDUAN ELISA UNTUK DOSEN PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GEDUNG PUSAT SAYAP SELATAN LANTAI 3 RUANG S3-45 YOGYAKARTA

UNIVERSITAS GADJAH MADA PANDUAN ELISA UNTUK DOSEN PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GEDUNG PUSAT SAYAP SELATAN LANTAI 3 RUANG S3-45 YOGYAKARTA UNIVERSITAS GADJAH MADA PANDUAN ELISA UNTUK DOSEN PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN GEDUNG PUSAT SAYAP SELATAN LANTAI 3 RUANG S3-45 YOGYAKARTA 2012 DAFTAR ISI PENGANTAR... 1 MEMULAI... 2 Mendaftar elisa...

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNA ELISA

PANDUAN PENGGUNA ELISA UNIVERSITAS GADJAH MADA PANDUAN PENGGUNA ELISA (UNTUK DOSEN) UNIT PENGEMBANGAN BAHAN KULIAH BERBASIS TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI GEDUNG PUSAT UGM SAYAP SELATAN LANTAI 3 RUANG S3-45 YOGYAKARTA 2011 DAFTAR

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAKAN WEB INTRANET DAN E-MAIL PERUSAHAAN

PANDUAN MENGGUNAKAN WEB INTRANET DAN E-MAIL PERUSAHAAN PANDUAN MENGGUNAKAN WEB INTRANET DAN E-MAIL PERUSAHAAN URUSAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI ( UPTI ) BAGIAN PERENCANAAN PENGKAJIAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI PTP NUSANTARA V ( PERSERO ) 2011 1 I. PANDUAN

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Modul Dosen

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Modul Dosen Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online 1. Buka browser (sangat dianjurkan menggunakan browser google chrome) 2. Masuk login ke Single Sign On (SSO) yaitu fasilitas login satu pintu dimana

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN JURNAL ELEKTRONIK UNTUK MAHASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN JURNAL ELEKTRONIK UNTUK MAHASISWA PANDUAN PENGGUNAAN JURNAL ELEKTRONIK UNTUK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012 Daftar Isi 1. Alur Jurnal Elektronik... 1 2. Login... 2 3. Submission... 4 4. Revisi...

Lebih terperinci

BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4

BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4 Daftar Isi BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4 2.1. HALAMAN DEPAN... 4 2.1.1. Berita dan Pengumuman... 5 2.1.2. Jadwal Kuliah... 5 2.1.3. Forum... 7 2.1.4.

Lebih terperinci

Aplikasi Manageman Tugas dan Bahan Perkuliahan. E-Laerning Sistem PADUAN SISITEM PEMBELAJAN & TUGAS ONLINE

Aplikasi Manageman Tugas dan Bahan Perkuliahan. E-Laerning Sistem PADUAN SISITEM PEMBELAJAN & TUGAS ONLINE 2014 Panduan Mahasiswa Aplikasi Manageman Tugas dan Bahan Perkuliahan E-Laerning Sistem PADUAN SISITEM PEMBELAJAN & TUGAS ONLINE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM KALIMATAN MAAB Jl. Adhyaksa No.2 Kayu

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I

PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I PERLU DIINGAT SEBELUM MELANJUTKAN MEMBACA PANDUAN SINGKAT INI: 1. TATA LETAK MENU dan BLOK pada tampilan laman sangat tergantung pada pengaturan THEME oleh

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Administrator

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Administrator Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Administrator DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 3 1.1 Tentang Portal Akademik 3 1.2 Tentang Dokumen 3 2. Petunjuk Penggunaan 4 2.1 Login 4 2.2 Halaman

Lebih terperinci

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA 1 Sistem Informasi Kemiskinan dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan dalam penanggulangan kemiskinan secara

Lebih terperinci

PANDUAN BAGI MAHASISWA DAFTAR ISI

PANDUAN BAGI MAHASISWA DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 3 1.1 Tentang Portal Akademik UGM 3 1.2 Tentang Dokumen 3 2. Petunjuk Penggunaan 4 2.1 Login 4 2.2 Halaman Selamat Datang 5 2.3 Halaman Depan 8 2.4 Panduan 9 2.5 Profil 9 2.6

Lebih terperinci

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 1 Daftar Isi BAB 1... 3 PENDAHULUAN... 3 1.1 ALUR KERJA SI-NPP... 3 BAB 2... 4 MENJALANKAN APLIKASI SI-NPP... 4 2.1 MASUK KE APLIKASI SI-NPP... 4 2.2 MENU DALAM APLIKASI (NPP)... 4 2.2.1 Menu Informasi...

Lebih terperinci

TUTORIAL APLIKASI ONLINE AGENDA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

TUTORIAL APLIKASI ONLINE AGENDA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG TUTORIAL APLIKASI ONLINE AGENDA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2012 DAFTAR ISI 1. PANDUAN UNTUK PENGGUNA (USER)... 3 1.1. CARA

Lebih terperinci

Dokumentasi Aplikasi RUP

Dokumentasi Aplikasi RUP Dokumentasi Aplikasi RUP Daftar Isi Login... 1 Logout... 1 Ganti Profile... 2 Melihat Kode Satuan Kerja... 4 Unduh / Download File RUP... 5 Unggah File RUP... 7 Tambah Member... 9 Reset password... 10

Lebih terperinci

APLIKASI e-hosting STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) REV.1 PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR

APLIKASI e-hosting STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) REV.1 PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR APLIKASI e-hosting STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) REV.1 PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR PT PLN (Persero) DISTRIBUSI JAWA TIMUR Jl. Embong Trengguli No. 19 21 Surabaya PETUNJUK PENGOPERASIAN

Lebih terperinci

Sistem Informasi Akademik. (SIKAD Mahasiswa)

Sistem Informasi Akademik. (SIKAD Mahasiswa) Sistem Informasi Akademik (SIKAD Mahasiswa) 2 Daftar Isi BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 5 1.1. MAHASISWA... 5 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 6 2.1. HALAMAN DEPAN... 6 2.1.1. Melihat Pengumuman... 6 2.1.2.

Lebih terperinci

Daftar Isi. 6.1.1 Langkah-langkah untuk sorting data :... 7. 6.2 Filtering Data... 8. 6.2.1 Langkah 1 untuk filtering data :... 8

Daftar Isi. 6.1.1 Langkah-langkah untuk sorting data :... 7. 6.2 Filtering Data... 8. 6.2.1 Langkah 1 untuk filtering data :... 8 Daftar Isi Daftar Isi... i 1 Pendahuluan... 1 2 Alur Sistem PDDIKTI... 1 3 Persiapan Generate Data Awal... 2 4 Cara Masuk Ke Aplikasi... 5 5 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 6 Cara Sorting Dan Filtering

Lebih terperinci

MANUAL KULIAH ONLINE Universitas Komputer Indonesia 2001-2004 Oleh Taryana S & Ahmad Iskandar Tanggal 12 Juli 2004

MANUAL KULIAH ONLINE Universitas Komputer Indonesia 2001-2004 Oleh Taryana S & Ahmad Iskandar Tanggal 12 Juli 2004 MANUAL KULIAH ONLINE Universitas Komputer Indonesia 2001-2004 Oleh Taryana S & Ahmad Iskandar Tanggal 12 Juli 2004 1. Pengembangan Aplikasi Aplikasi sistem kuliah atau belajar online ini dibuat dan dikembangkan

Lebih terperinci

Lalu masukkan user name anda yang telah diberitahukan oleh administrator anda, misalnya seperti contoh dibawah ini.

Lalu masukkan user name anda yang telah diberitahukan oleh administrator anda, misalnya seperti contoh dibawah ini. 1. Penggunaan Aplikasi Untuk menjalankan aplikasi ini, anda dapat mengetik http://dosen.bundamulia.ac.id/ pada browser Internet Explorer. Setelah itu, maka akan tampil Menu Login seperti dibawah ini :

Lebih terperinci

PEDOMAN PENGUSULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) SECARA ONLINE

PEDOMAN PENGUSULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) SECARA ONLINE PANDUAN PENGGUNAAN SIMLITABMAS MAHASISWA PENGUSUL PEDOMAN PENGUSULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) SECARA ONLINE DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN

Lebih terperinci

PANDUAN MANUAL JENTERPRISE

PANDUAN MANUAL JENTERPRISE PANDUAN MANUAL JENTERPRISE Untuk memulai pengoperasian Web jenterprise, langkah langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan konfigurasi halaman administrator. Halaman administrator bisa di akses di http://namadomainanda/admin/,

Lebih terperinci

PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA

PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA Daftar Isi MEMULAI APLIKASI...2 LOGIN...2 MENU...4 NEW...5 BROWSE...15 N E W...16 E D I T...16 D E L E T E...17 APPROVE...17 S E N D...18 DOWNLOAD...19 UPLOAD...20 REFERENCE...21

Lebih terperinci

USER GUIDE BEBAN KERJA DOSEN

USER GUIDE BEBAN KERJA DOSEN USER GUIDE BEBAN KERJA DOSEN 1. Tahap pertama dosen mengetikkan alamat website http://bkd.unila.ac.id, maka akan tampil halaman website seperti berikut : 2. Kemudian dosen mengisi login dan password, login

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 SISTEM AKADEMIK YARSI Modul Pelatihan Dosen Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 Daftar Isi Contents I. Login... 2 II. Kalender Akademik... 3 III. Menu Penilaian... 4 III.1 Input Nilai...

Lebih terperinci

PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2011 PETUNJUK PENGISIAN RPP Berikut ini panduan langkah-langkah pengisian template RPP. Jika pengguna sebagai guru

Lebih terperinci

SIPP Online. User Manual SIPP Online

SIPP Online. User Manual SIPP Online PETUNJUK PENGGUNAAN : Aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) Online BPJS Ketenagakerjaan, adalah : aplikasi untuk pengelolaan laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Buku ini

Lebih terperinci

PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI PERKOTAAN

PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI PERKOTAAN PANDUAN PENGISIAN PROPOSAL LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI PERKOTAAN Daftar Layar Login Registrasi Lupa Username dan Password Masukkan Data Profil Informasi

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online

Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online Petunjuk Penggunaan Pendaftaran Mahasiswa Baru STPP Bogor Sistem Online Untuk bisa masuk mendaftar menjadi mahasiswa baru STPP Bogor saat ini dilakukan secara online dengan mengakses http://pmb.stpp-bogor.ac.id

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. I.1. Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. I.1. Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN I.1. Latar Belakang Manajemen pelayanan publik di era otonomi daerah semakin mempermudah ruang gerak masing-masing daerah untuk melakukan upaya perbaikan layanan. Pengalaman beberapa

Lebih terperinci

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Dosen. Versi 2.0 27 Desember 2011

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Dosen. Versi 2.0 27 Desember 2011 Aplikasi KRS Online User Manual Level Dosen Versi 2.0 27 Desember 2011 MODUL DOSEN DCISTEM UNPAD 2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 DAFTAR GAMBAR... 3 PENDAHULUAN... 4 MEMULAI APLIKASI KRS ONLINE... 4 Proses

Lebih terperinci

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna: Mahasiswa

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna: Mahasiswa MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK Pengguna: Mahasiswa UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2008 PENDAHULUAN Sistem Informasi Akademik dibangun untuk memudahkan struktur pengelolaan data

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE

PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE LEMBAGA INFORMASI DAN PUBLIKASI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UMM 2 MEI 2015 PANDUAN PENGELOLAAN WEBSITE UNIT-UNIT DI LINGKUNGAN FEB UMM A. PENDAHULUAN Website di lingkungan

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015

PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015 PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015 PANITIA PELAKSANA SPAN-PTKIN 2015 DAFTAR ISI 1. Panduan Untuk Sekolah... 1 1.1. Pendaftaran Sekolah... 1 1.2. Login Sekolah... 5 1.3. Mengisi Jurusan dan Jumlah Siswa

Lebih terperinci

Manual Program Tukar Faktur

Manual Program Tukar Faktur Manual Program Tukar Faktur Link Website : http://dnp_tukar_faktur.online-pharos.com 1. Halaman Login Pada Halaman ini,supplier dapat login dengan menggunakan Username dan Password yang sudah diberikan.

Lebih terperinci

MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id

MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id Sebelum mengisi KRS online baiknya Anda perhatikan petunjuk berikut ini Pastikan Anda telah membayar SPP karena syarat untuk mengisi KRS online adalah pembayaran

Lebih terperinci

Tutorial Penggunaan. Bagian I. www.indonesiawebdesign.com

Tutorial Penggunaan. Bagian I. www.indonesiawebdesign.com Daftar Isi 1. Tutorial Penggunaan Bagian I 1.1 Pengantar... 1.2 Persiapan... 1.3 Pengenalan Medan... 1.4 Navigasi... 1.5 Widget... 1.6 Statistik... 1.7 Setting Website... 2. Tutorial Penggunaan Bagian

Lebih terperinci

Sistem Informasi Terpadu

Sistem Informasi Terpadu Lecturer s Guide Panduan Dosen Panduan Penggunaan Portal Akademik Universitas Gadjah Mada Sistem Informasi Terpadu Universitas Gadjah Mada DAFTAR ISI Sistem Informasi Terpadu 0 DAFTAR ISI 1 1 Tentang Portal

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan dan Akses

Panduan Penggunaan dan Akses ProQuest Panduan Penggunaan dan Akses Cara Masuk Ke ProQuest ProQuest dapat di akses melalui website universitas, ataupun melalui URL http://search.proquest.com Untuk akses didalam universitas, dapat langsung

Lebih terperinci

E-Learning System PANDUAN DOSENT APLIKASI MANAJEMANT PERKULIAHAN ONLINE RAHMAN IT. FATEK -UNISKA rahman@edukasi-online.net

E-Learning System PANDUAN DOSENT APLIKASI MANAJEMANT PERKULIAHAN ONLINE RAHMAN IT. FATEK -UNISKA rahman@edukasi-online.net 2014 E-Learning System PANDUAN DOSENT APLIKASI MANAJEMANT PERKULIAHAN ONLINE RAHMAN IT FATEK -UNISKA rahman@edukasi-online.net Daftar Isi MEMULAI APLIKASI... 3 LOGIN APLIKASI... 3 RESET PASSWORD... 3 MATERI

Lebih terperinci

USER MANUAL RENCANA UMUM PENGADAAN (RUP) PUSAT LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK

USER MANUAL RENCANA UMUM PENGADAAN (RUP) PUSAT LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK USER MANUAL RENCANA UMUM PENGADAAN (RUP) PUSAT LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan R.I. 2012 i DAFTAR ISI DAFTAR ISI...i 1 PENDAHULUAN... 1 1.1 Latar Belakang...

Lebih terperinci

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan

Lebih terperinci

Kegiatan yang mendukung pelaksanaan KRRS. Prosedur Umum Pengisian KRRS

Kegiatan yang mendukung pelaksanaan KRRS. Prosedur Umum Pengisian KRRS Kegiatan yang mendukung pelaksanaan KRRS Prosedur Umum Pengisian KRRS Mulai 1. Kunjungi Situs http://www.tarumanagara.ac.id 2. Klik CEP UNTAR ada di situs www.tarumanagara.ac.id 3. Inputkan username dengan

Lebih terperinci

WEBSITE REGISTRATION P T B I N A M A H A S I S W A I N D O N E S I A. F a x : ( 0 2 1 ) 5 7 9 4 3 7 2 8. F a x : ( 0 2 1 ) 5 7 9 4 3 7 2 8

WEBSITE REGISTRATION P T B I N A M A H A S I S W A I N D O N E S I A. F a x : ( 0 2 1 ) 5 7 9 4 3 7 2 8. F a x : ( 0 2 1 ) 5 7 9 4 3 7 2 8 WEBSITE REGISTRATION M A N U A L B O O K P T B I N A M A H A S I S W A I N D O N E S I A F a x : ( 0 2 1 ) 5 7 9 4 3 7 2 8 F a x : ( 0 2 1 ) 5 7 9 4 3 7 2 8 LIMA Copyright 2014 DAFTAR ISI Cover... i Daftar

Lebih terperinci

Tutorial Google Classroom Mahasiswa

Tutorial Google Classroom Mahasiswa Tutorial Google Classroom Mahasiswa Pendahuluan dan cara forwarding email mahasiswa Pertama-tama aktifkan email mahasiswa Universitas AKI, tata cara mengaktifkan email dapat di lihat di http://www.unaki.ac.id/layanan/email-unaki

Lebih terperinci

Cara Penggunaan email KEMENHUB :

Cara Penggunaan email KEMENHUB : Cara Penggunaan email KEMENHUB : 1. Untuk membuka halaman login Mail KEMENHUB dilakukan dengan 2 Cara : a. Membuka halaman depan web KEMENHUB dengan mengetik alamat website http://www.dephub.go.id pada

Lebih terperinci

Manual Sistem Informasi Akademik EduSystem Manual for Student

Manual Sistem Informasi Akademik EduSystem Manual for Student 1.0.0 Ver Manual Sistem Informasi Akademik EduSystem Manual for Student Manual ini memberikan uraian langkah per langkah untuk menggunakan Sistem Informasi Akademik (Edusystem) bagi seorang Mahasiswa Universitas

Lebih terperinci

Membuat Web Pribadi dengan biaya Rp. 0,- (Domain Pribadi, Web Host, E-Mail Forwarding, Sub Domain, MySQL 5 Database, FTP, CPanel)

Membuat Web Pribadi dengan biaya Rp. 0,- (Domain Pribadi, Web Host, E-Mail Forwarding, Sub Domain, MySQL 5 Database, FTP, CPanel) Membuat Web Pribadi dengan biaya Rp. 0,- (Domain Pribadi, Web Host, E-Mail Forwarding, Sub Domain, MySQL 5 Database, FTP, CPanel) Langkah-Langkah 1. Membuat e-mail 2. Membuat domain 3. Webhost (andri@heryandi.net)

Lebih terperinci

Manual SIAP DITJENSPK. Disiapkan Oleh CV. Lightbulb. Manual SIAP-SETSPK

Manual SIAP DITJENSPK. Disiapkan Oleh CV. Lightbulb. Manual SIAP-SETSPK SIAP Manual DITJENSPK Aplikasi ini adalah sebuah sistem terintegrasi untuk mengatu proses masuk dan keluar surat dalam sebuah direktorat serta mengotomasi proses disposisi dari eselon yang lebih tinggi

Lebih terperinci

STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU

STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU 1. Download File Setup.exe dari http://www.bakoelppob.com atau klik disini. Jika melalui website bakoelppob, silahkan klik seperti gambar di bawah.

Lebih terperinci

PEDOMAN PENGOPERASIAN. Aplikasi e-procurement Untuk Penyedia Barang/Jasa Versi 1.0

PEDOMAN PENGOPERASIAN. Aplikasi e-procurement Untuk Penyedia Barang/Jasa Versi 1.0 PEDOMAN PENGOPERASIAN Aplikasi e-procurement Untuk Penyedia Barang/Jasa Versi 1.0 Aplikasi Sistem e-procurement PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) DAFTAR ISI : I PENDAHULUAN... 1 1. Tujuan... 3 2. Alur

Lebih terperinci

Maker merupakan suatu fungsi atau role dimana user melakukan input atau membuat transaksi yang akan dijalankan.

Maker merupakan suatu fungsi atau role dimana user melakukan input atau membuat transaksi yang akan dijalankan. IV. Batch Upload Batch Upload adalah menu dalam MCM yang digunakan untuk melakukan transaksi ke beberapa rekening sekaligus, baik transaksi ke sesama rekening Bank Mandiri (In House Transfer) maupun transaksi

Lebih terperinci

USER MANUAL INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW)

USER MANUAL INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW) USER MANUAL INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW) User Manual Petunjuk Operasional INSW Admin Perusahaan i Daftar Isi MEMULAI APLIKASI... 2 LOGIN... 3 VIEW PROFILE... 5 MENU... 6 CHANGE PASSWORD / MERUBAH

Lebih terperinci

Maker merupakan suatu fungsi atau role dimana user melakukan input atau membuat transaksi yang akan dijalankan.

Maker merupakan suatu fungsi atau role dimana user melakukan input atau membuat transaksi yang akan dijalankan. III. PAYROLL Payroll adalah menu dalam MCM yang digunakan untuk melakukan pembayaran gaji, baik Payroll In House (payroll ke sesama rekening Bank Mandiri) maupun Payroll Mixed (payroll ke sesama rekening

Lebih terperinci

1 Panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Mahasiswa ver1.0. UP

1 Panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Mahasiswa ver1.0. UP 1 Panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Mahasiswa ver1.0. UP Aplikasi Akademik Online ini berbasis WEB, diperlukan koneksi internet untuk dapat mengakses aplikasi ini. Saat ini aplikasi dapat

Lebih terperinci

4 Langkah Mudah Kemitraan SPBU Pertamina

4 Langkah Mudah Kemitraan SPBU Pertamina BAB JUDUL 1 4 Langkah Mudah Kemitraan SPBU Pertamina Application User Guideline OVERVIEW User Manual Aplikasi Management Registrasi Online SPBU ini disusun untuk memudahkan pengguna dalam mengisi Aplikasi

Lebih terperinci

User Manual. Sistem Informasi ABK 15 April 2011. Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan. Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan

User Manual. Sistem Informasi ABK 15 April 2011. Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan. Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan User Manual Sistem Informasi ABK 15 April 2011 Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 DAFTAR GAMBAR... 4 HISTORY DOKUMEN... 6

Lebih terperinci

PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG SiAmus. Untuk Mahasiswa

PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG SiAmus. Untuk Mahasiswa PANDUAN OPERASIONAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG SiAmus Untuk Mahasiswa SEMARANG 2011 http://siamus.unimus.ac.id (in Unimus Network) PROSEDUR KRS ONLINE CEK KEWAJIBAN PADA

Lebih terperinci

Cara Pemesanan Snapy Photobook

Cara Pemesanan Snapy Photobook snap it, print it, lovin it! Cara Pemesanan Snapy Photobook www.snapypho tobook.com celebra te all the na rcism in us Cara Pemesanan Snapy Photobook Setelah Anda selesai membuat Project Anda, klik pada

Lebih terperinci

USER GUIDE versi 1.0 MENGGUNAKAN APLIKASI E-PROCUREMENT MODUL REKANAN

USER GUIDE versi 1.0 MENGGUNAKAN APLIKASI E-PROCUREMENT MODUL REKANAN USER GUIDE versi 1.0 MENGGUNAKAN APLIKASI E-PROCUREMENT MODUL REKANAN PT PERKEBUNAN NUSANTARA V ( PERSERO ) 2011 BAB 2 - Page 1 of 22 MODUL REKANAN 1. Login Rekanan menginputkan nama user dan password

Lebih terperinci

PENGANTAR MOODLE. Apa itu Moodle?

PENGANTAR MOODLE. Apa itu Moodle? PENGANTAR MOODLE Apa itu Moodle? Moodle adalah perangkat lunak pengelola course (kuliah) yang open source dan berbasis web. Moodle sering disebut sebagai Course Management System (CMS) yang saat ini telah

Lebih terperinci

PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI

PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI Halaman Login Website keanggotaan HPJI (http://www.hpji.or.id/keanggotaan) dapat diakses dengan terlebih dahulu melakukan login dengan akun yang telah

Lebih terperinci

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP URL (UNIFIED RESOURCES LOCATOR) Untuk dapat melakukan pengelolaan halaman web di situs web BPKP, kita harus mengetikkan URL atau unified resources locator atau alamat

Lebih terperinci

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana 1 Daftar Isi DAFTAR ISI... II 1 MELAKUKAN LOGIN ( LOGIN SEBAGAI MAHASISWA )... 1 1.1 Untuk Melakukan Proses Login...1 1.2 Untuk Melakukan Perubahan Password...2 1.3 Untuk Melihat Detail Mahasiswa...3 1.4

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah)

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah) 2015 BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PMDK-PN (Untuk Sekolah) PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PMDK POLITEKNIK NEGERI Daftar Isi Daftar Isi...2 1. Petunjuk Umum PMDK-PN...3 1.1. Login Sekolah...3

Lebih terperinci

Daftar Isi. User Manual. Sistem e-ska untuk Eksportir VERSI 1.3 - FULL

Daftar Isi. User Manual. Sistem e-ska untuk Eksportir VERSI 1.3 - FULL Daftar Isi User Manual Sistem e-ska untuk Eksportir VERSI 1.3 - FULL COPYRIGHT @2013 Daftar Isi i Daftar Isi Pendahuluan... 3 Manfaat Penggunaan Sistem... 3 Tahapan Proses pada Sistem... 3 Tipe Pengguna...

Lebih terperinci

D. START DAN PAUSE IKLAN

D. START DAN PAUSE IKLAN D. START DAN PAUSE IKLAN Posisi status di adpoint sangat penting untuk mengatur dana deposit anda. Disaat anda ingin ikut dalam bursa penawaran harga zona iklan tempatkan posisi banner pada posisi running

Lebih terperinci

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH BUKU MANUAL APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JADWAL PIMPINAN Daftar Isi 1 Pendahuluan... 1 1.1 Tata Usaha... 2 1.2 Memulai Aplikasi...

Lebih terperinci

USER MANUAL VENDOR. Pengembangan Aplikasi E-Procurement (ACQUIS) Disusun Oleh: PT. MALLOCI SOFTWARE SOLUTION

USER MANUAL VENDOR. Pengembangan Aplikasi E-Procurement (ACQUIS) Disusun Oleh: PT. MALLOCI SOFTWARE SOLUTION USER MANUAL VENDOR Pengembangan Aplikasi E-Procurement (ACQUIS) Disusun Oleh: PT. MALLOCI SOFTWARE SOLUTION Graha Mobilkom Lt. 4 Jl. Raden Saleh Raya No. 53 Cikini, Jakarta Pusat 10330 DAFTAR ISI DAFTAR

Lebih terperinci

PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S

PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S 2 1.1 Cara Petunjuk Instalasi PostgreSQL Langkah-langkah untuk instalasi PostgreSQL Klik pada

Lebih terperinci

Buku Panduan Simpol Staf

Buku Panduan Simpol Staf 1. Login Ini adalah halaman login untuk kelas regular. - Ketikkan username dan password anda. Buku Panduan Simpol Staf Jika anda ingin mengakses simpol staf untuk kelas malam, klik terlebih dahulu kelas

Lebih terperinci

PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012. Versi 1.0

PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012. Versi 1.0 User Manual PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012 Versi 1.0 i Daftar Isi Daftar Isi Pendahuluan... 1 Tujuan Penulisan Dokumen...

Lebih terperinci

2.0. Laporan Realisasi Impor INATRADE

2.0. Laporan Realisasi Impor INATRADE 2.0 Laporan Realisasi Impor INATRADE User Manual @copyright 2015 Daftar Isi APLIKASI LAPORAN REALISASI IMPOR INATRADE... 1 Alamat Akses... 1 WEB FORM PENDAFTARAN REALISASI... ERROR! BOOKMARK NOT DEFINED.

Lebih terperinci

Daftar Gambar. Gambar 1. Form Pengaduan hal.1... 3 Gambar 2. Form Pengaduan hal.2... 4 Gambar 3. Form Tanda Terima Penagaduan... 6

Daftar Gambar. Gambar 1. Form Pengaduan hal.1... 3 Gambar 2. Form Pengaduan hal.2... 4 Gambar 3. Form Tanda Terima Penagaduan... 6 Daftar Isi Daftar Isi... 1 Daftar Gambar... 2 Petunjuk Penggunaan Aplikasi Sistem Pengaduan Masyarakat (SPM) - Pelapor... 3 Menjalankan Aplikasi Sistem Pengaduan Masyarakat (SPM)... 3 Entry Pengaduan...

Lebih terperinci

USER MANUAL UM 17.C - E-Catalog Vendor [Untuk Vendor ]

USER MANUAL UM 17.C - E-Catalog Vendor [Untuk Vendor ] USER MANUAL UM 17.C - E-Catalog Vendor [Untuk Vendor ] 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 I. Login & Pengaturan Akun... 3 1.1 Login Vendor... 3 1.2 Lupa Password... 5 1.3 Mengubah Username dan Password... 7

Lebih terperinci

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini.

Dokumen ini menerangkan cara penggunaan dan fitur-fitur yang terdapat pada system registrasi koperasi online ini. PROSES REGISTRASI ULANG KOPERASI Untuk mempermudah proses registrasi ulang koperasi-koperasi di seluruh Indonesia, Sistem Elektronik Administrasi dan Layanan Badan Hukum Koperasi (SALBH-KOP) menyediakan

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Kontes Online KOI s

Petunjuk Pemakaian Kontes Online KOI s Petunjuk Pemakaian Kontes Online KOI s Cara akses Untuk akses ke sistem ini silahkan buka browser anda bisa menggunakan Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dll ketikkan pada address bar : koishow.koi-s.org

Lebih terperinci

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6.

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6. Panduan Instalasi Aplikasi SIDeKa 1. Instalasi Web Server menggunakan XAMPP. Di Windows Web Server diperlukan untuk menjalankan aplikasi SIDeKa, karena aplikasi ini dibangun berbasis web (Web Base). Step

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

E Layanan Pendidikan Dasar DAFTAR ISI

E Layanan Pendidikan Dasar DAFTAR ISI DAFTAR ISI Penjelasan Umum.. 2 Model Entri Data 2 Text Box.. 2 Combo Box 2 Calendar. 3 Option Button. 4 Check Box.. 4 Penyetaraan Ijazah 4 Prosedur Penyetaraan Ijazah.. 4 Pendaftaran Baru. 7 Edit Permohonan..

Lebih terperinci

SISTEM VERIFIKASI DAN VALIDASI (VERVAL) PROSES PEMBELAJARAN

SISTEM VERIFIKASI DAN VALIDASI (VERVAL) PROSES PEMBELAJARAN SISTEM VERIFIKASI DAN VALIDASI (VERVAL) PROSES PEMBELAJARAN Sistem "Verifikasi dan Validasi Data Proses Pembelajaran" dimaksudkan untuk memastikan konsistensi proses belajar mengajar (PBM) dengan acuan

Lebih terperinci

CMS Joomla. Materi Kuliah Rekayasa Web Universitas Budi Luhur. A. Pengenalan Joomla

CMS Joomla. Materi Kuliah Rekayasa Web Universitas Budi Luhur. A. Pengenalan Joomla CMS Joomla A. Pengenalan Joomla Joomla merupakan sebuah CMS open source yang digunakan untuk membuat website dan aplikasi online lainnya (seperti forum, toko online) secara cepat dan mudah. Dengan menggunakan

Lebih terperinci

SILOG PEMILU. Buku Panduan. Sistem Informasi Logistik Pemilu] Komisi Pemilihan Umum

SILOG PEMILU. Buku Panduan. Sistem Informasi Logistik Pemilu] Komisi Pemilihan Umum SILOG PEMILU 2013 Buku Panduan Sistem Informasi Logistik Pemilu Komisi Pemilihan Umum [PETUNJUK PENGGUNAAN] SISTEM INFORMASI LOGISTIK KPU OPERATOR KPU PROVINSI [Dokumen ini ditujukan untuk membantu operator

Lebih terperinci

PANDUAN PENGUNGGAHAN LAPORAN KEMAJUAN, CATATAN HARIAN, DAFTAR PENGELUARAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT TAHUN 2013 MELALUI SIM-LITABMAS

PANDUAN PENGUNGGAHAN LAPORAN KEMAJUAN, CATATAN HARIAN, DAFTAR PENGELUARAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT TAHUN 2013 MELALUI SIM-LITABMAS PANDUAN PENGUNGGAHAN LAPORAN KEMAJUAN, CATATAN HARIAN, DAFTAR PENGELUARAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT TAHUN 2013 MELALUI SIM-LITABMAS Ketentuan Umum : 1. Format standar laporan mengacu pada Buku

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI

Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI Langkah 1 dari 23: Langkah Instalasi ODBC dan Install SIKI dilakukan setelah selesai langkah Instal MySQL dan Penempatan File Database SIKI (baca : Juknis

Lebih terperinci

I. LOGIN. - Fungsi Untuk membatasi penggunaan Aplikasi Ewarn

I. LOGIN. - Fungsi Untuk membatasi penggunaan Aplikasi Ewarn I. LOGIN Untuk membatasi penggunaan Aplikasi Ewarn a. Buka browser anda (Firefox) b. Ketik alamat http://www.pusat.peringatandini.tk/ c. Masukkan username : admin dan password : admin d. Klik tombol Sign

Lebih terperinci

MEMASANG WEBSITE DI INTERNET

MEMASANG WEBSITE DI INTERNET MEMASANG WEBSITE DI INTERNET Bila anda telah membuat halaman-halaman web yang tersimpan sebagai file-file HTML dalam hardisk komputer anda, berarti anda telah mempunyai website sendiri secara offline.

Lebih terperinci