Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa"

Transkripsi

1 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB I. PENGANTAR Elearning PKSM UMB menggunakan aplikasi opensource Moodle. Kata Moodle adalah tingkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle adalah sebuah Course Management System (CMS) atau sering juga disebut Learning Management Systems (LMS) atau Virtual Learning Environments (VLE) sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu Dosen melaksanakan Perkuliahan Online yang berkualitas. II. PENDAHULUAN Interface dalam sistem elearning ini terdiri dari 3, yaitu: 1. Interface Administrator, yang digunakan oleh Administrator untuk: Membuat kategori mata kuliah Menunjuk dosen untuk suatu mata kuliah Mengatur sistem sesuai aturan main (konfigurasi) yang sudah ditentukan 2. Interface Dosen, yang digunakan oleh Staff Pengajar/Dosen untuk membuat materi, mengatur dan mengevaluasi jalannya perkuliahaan. 3. Interface Mahasiswa, yang digunakan oleh Mahasiswa untuk mengikuti materi-materi yang sudah dibuat dibuat oleh dosen. Sebagaimana aplikasi komputer yang lainnya, maka sistem elearning Moodle ini akan menghasilkan sistem perkuliahaan yang optimal jika semua user menguasai dan memahami semua feature yang sudah disediakan.

2 2 III. PETUNJUK PENGGUNAAN (Pendaftaran Account) A. URL Sistem Elearning URL untuk sistem elearning Kelas Karyawan UMB adalah: Tampilan Halaman depan website e-learning Universitas Mercu Buana B. Pendaftaran Mahasiswa Peserta Elearning Setiap Mahasiswa yang mengikuti Sistem Elearning harus terlebih dahulu mendaftar. Prosedurnya: 1. Arahkan kursor ke Blok Login 2. Klik Create New Account pada halaman pojok kiri atas

3 3 Klik Create new account, maka tampil Form Pendaftaran seperti berikut: 3. Isi sesuai dengan Contoh diatas, lalu klik Create My New Account Keterangan: * Username (Nama Pengguna) : Masukkan Nomor NIM Password : Masukkan Password yang mudah anda ingat * masukkan anda. Catatan: Masukan yang valid, karena semua informasi seperti Agenda, forum diskusi akan (again) : Pengulangan yang didaftarkan diatas First Name (Nama Depan) : Masukan Nama Lengkap Anda Surname (Nama Akhir) : Masukkan Nomor NIM

4 4 City/Town (Kota) : Masukkan Kota Tempat Tinggal Country (Negara) : Masukan Negara tempat Anda Tinggal recaptcha : Masukan security kode pada kolom dibawahnya *Username dan alamat hanya dapat digunakan oleh 1 User/Pengguna karena menggunakan NIM. 4. Akan Muncul Konfirmasi dari account yang telah didaftarkan, lalu klik Continue 5. Konfirmasi Pendaftaran (Cek E mail Anda! ) Setelah anda melakukan pendaftaran, silahkan periksa anda untuk konfirmasi pendaftar. Silahkan klik link yang dikirimkan ke anda. Contoh Mail Konfirmasi >> Klik yang ditunjuk untuk Konfirmasi

5 5 Catatan: Jika setelah pendaftaran anda belum mendapatkan konfirmasi dari pihak administrator elearning, silahkan menghubungi pihak admin elearning dipesawat ext.3700,3777, Login Sekarang anda sudah bisa masuk ke sistem elearning, silhkan arahkan kursor anda ke Blok Login. Silahkan ketikkan pada form login: Username: NIM anda Password: password yang sudah anda pilih 7. Mengubah Profil Pribadi Account Anda Setelah anda melakukan konfirmasi melalui , maka account (username dan password) anda sudah dapat digunakan. Loginlah ke sistem elearning. Bila berhasil, maka di sebelah kanan atas akan ditampilkan nama anda. Untuk memulai mengubah profil, klik-lah nama anda tersebut.

6 6 Selanjutnya akan muncul tampilan layar personal profile. Klik-lah tab Edit profile, sehingga tampilan menjadi sebagai berikut.

7 7 Dalam tampilan tersebut, anda dapat mengubah berbagai informasi pribadi anda, misalnya: nama, alamat , kota, gambar pribadi, atau informasi lainnya. Perlu diperhatikan bahwa bila anda ingin mengupload gambar (foto) anda, maka gunakan ukuran file yang kecil saja, yakni kurang dari 10 KB. Setelah semua Form isian direvisi dan diedit dengan data yang diinginkan, maka proses pengeditan diakhiri dengan meng-klik tombol Update profile (perbaharui profile).

8 8 III. PETUNJUK PENGGUNAAN (Pendaftaran Mata Kuliah) Untuk mengikuti suatu matakuliah anda harus mendaftar terlebih dahulu. Prosedurnya adalah: 1. Arahkan kursor ke Blok Elearning Fakultas 2. Pilih Fakultas anda Pilih Fakultas yang anda tuju pada kolom Elearning Fakultas Setelah Fakultas di klik, maka akan membuka halaman baru elearning Fakultas yang dituju >> Contoh Pemilihan Fakultas Ekonomi

9 9 3. Pilih Jurusan Anda Pilih Jurusan yang anda tuju pada kolom Course Categories Tampilan Pilihan Mata Kuliah yang tersedia 4. Manambah Mata Kuliah Untuk menambah materi mata kuliah, prosedurnya adalah: - Arahkan Kursor kepada mata kuliah yang diinginkan - Klik Materi Mata Kuliah yang sudah tersedia - Lalu Pilih Mata kuliah yang ingin anda tambahkan

10 10 5. Kunci Mata kuliah Catatan: Untuk Mata kuliah yang mempunyai tanda kunci, artinya mata kuliah tersebut wajib menggunkan kata kunci/password untuk masuk kedalam matakuliah tersebut. Kata kunci matakuliah biasanya diberikan oleh dosen pengampu pada saat tatap muka pertemuan pertama dikelas. Masukan kunci masuk/password mata kuliah pada kolom enrollment key yang tersedia, kemudian klik tombol Enroll me in this course. IV. KEGIATAN BELAJAR ONLINE Halaman Kelas terdiri dari berbagai Menu yang tersusun di dalam blok-blok. Blok-blok ini masing-masing diberi nama pada bagian atasnya. Blok bagian terdiri adalah berisikan informasi dan pengumuman yang diberikan oleh administrator. Halaman Mata Kuliah Pada blok matakuliah silahkan klik nama matakuliah yang yang anda ikuti pada blok tersebut, maka akan tampil Halaman Matakuliah seperti Gambar di bawah ini.

11 11 Materi kuliah dan aktifitas pada matakuliah ini tersusun pada materi mingguan (jika dosen menyusunnya berdasarkan mingguan). Aktivitas dan materi kuliah Materi Kuliah, terdiri dari berbagai format (sesuai yg disediakan oleh dosen). Anda bisa melihat atau mendowload setiap materi kuliah dengan mengklik salah satunya.

12 12 Aktifitas Perkuliahan Online Mahasiswa Aktifitas Kuliah terdiri dari berbagai aktifitas yang dapat atau harus anda lakukan. Aktifitas-aktifitas yang tersedia adalah: Materi/Modul : Materi/ bahan pelajaran yang dapat didownload Forum : Tempat/ruang berdiskusi dan tanya jawab antar mahasiswa dengan dosen atau mahasiswa dengan mahasiswa Kuis : Aktifitas ujian evaluasi mingguan Tugas : Aktifitas tugas Materi/ Modul Pada tiap minggunya mahasiswa dapat mendownload modul atau bahan materi pelajaran yang telah disediakan pada tiap minggunya oleh dosen pengampu mata kuliah (bisa berupa MS.Word, Power point ataupun pdf). Arahkan kursor pada materi yang ingin didownload kemudian klik, maka akan tampilan sebagai berikut: Pilih tombol Open, jika hanya ingin melihat atau membaca materi tanpa harus menyimpanya. Pilih tombol save, jika ingin melakukan penyimpanan modul.

13 13 Forum Untuk menjembatani antara mahasiswa dengan mahasiswa atau antara mahasiswa dengan dosen pengampu, sistem elearning juga menyediakan menu forum yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung pada waktu yang berbeda. Untuk memulai suatu forum,langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-klik gambar forum seperti yang terlihat pada gambar diatas. Setelah diklik, maka tampilannya sebagai berikut: Aktifitas forum, biasanya berisi sebuah contoh kasus atau pertanyaan dari dosen yang memerlukan pendapat dari mahasiswa.

14 14 Merespon/Menanggapi Forum Untuk menjawab atau memberikan tanggapan pada forum yang ada, klik Reply (Tanggapan) pada pojok kanan bawah dari uraian forum (ditunjukkan pada gambar diatas). Selanjutnya masukan uraian/tanggapan yang ingin diberikan pada kolom yang disediakan seperti gambar dibawah ini, kemudian klik tombol Post to forum untuk mengakhiri. Catatan: Jika Uraian atau tanggapan yang diberikan berupa file yang berbentuk Ms.Doc atau pdf, mahasiswa dan dosen dapat menggunakan fasilitas Attachment dengan kapasitas maksimum 500KB. Untuk menggunakannya tinggal meng-klik tombol browse, kemudian cari file yang akan dikirimkan (penggunaannya seperti attachment di ). Untuk mengakhirinya tekan tombol post to forum. Tampilan setelah menanggapi atau merespon suatu forum dengan meng-klik tombol post to forum.

15 15 Kuis Kuis merupakan aktivitas ujian evaluasi yang ada pada tiap minggunya pada minggu online. Bentuk kuis bervariasi tergantung dari dosen pengampunya, biasanya kuis berbentuk pilihan ganda (multiple choice), essay ataupun menjodohkan.

16 16 Mengerjakan/menjawab kuis Kuis Pilihan Ganda (Multplie Choice) Untuk soal yang berbentuk pilihan ganda, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah meng-klik kuis yang terdapat dihalaman kolom mingguan. Setelah diklik, maka akan tampil informasi tentang peraturan dari kuis, tanggal buka dan tanggal tutup kuis. Untuk mengikuti kuis, Klik Attempt Quiz Now seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini. Tampilan kuis pilihan ganda, seperti yang terlihat dibawah ini. Pilih jawaban yang anda anggap paling benar (dikolom pilihan a,b,c,dan d), kemudian klik submit ditiap-tiap soalnya. Catatan: Saat men-submit jawaban, maka sistem akan otomatis secara langsung memberikan respon langsung terhadap jawaban yang ada kirimkan. (perhatikan gamabar dibawah!) Catatan: Perhatikan!! Waktu pengerjaan kuis, yang terdapat dilayar. Jika waktu pengerjaan kuis habis dan anda belum men-submit semua jawaban, maka otomatis kuis akan tertutup tanpa menyimpan jawaban yang telah anda jawab.

17 17 Tombol Submit Setelah semua pertanyaan dijawab dan disubmit ditiap soalnya, lakukan submit keseluruhan dari kuis dengan cara meng-klik tombol submit all and finish. Tampilan setelah mengklik tombol submit all and finish, akan tampil nilai, waktu pengerjaan dari kuis yang telah dikerjakan oleh mahasiswa.

18 18 Kuis Essay (Isian) Untuk soal yang berbentuk Essay, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah meng-klik kuis yang terdapat dihalaman kolom mingguan. Setelah diklik, maka akan tampil informasi tentang peraturan dari kuis, tanggal buka dan tanggal tutup kuis. Untuk mengikuti kuis, Klik Attempt Quiz Now seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah:

19 19 Tampilan kuis pilihan ganda, seperti yang terlihat dibawah ini. Untuk uraian jawaban dari pertanyaan dituliskan pada kolom answer yang telah disediakan oleh sistem, kemudian klik submit ditiap-tiap soalnya. Catatan: Perhatikan!! Jumlah pertanyaan dari kuis, biasanya jika pertanyaan kuis tersebut terdiri dari banyak pertanyaan, maka akan terbagi dalam beberapa halaman (Perhatikan gambar dibawah). Sebelum meng-klik tombol submit all and finish, pastikan semua pertanyaan sudah terisi dan terjawab semuanya. Jumlah Halam dari pertanyaan Kolom Uraian jawaban Setelah semua pertanyaan dijawab dan disubmit ditiap soalnya, lakukan submit keseluruhan dari kuis dengan cara meng-klik tombol submit all and finish.

20 20 Tampilan setelah mengklik tombol submit all and finish, akan tampil nilai, waktu pengerjaan dari kuis yang telah dikerjakan oleh mahasiswa. Catatan: Untuk nilai/grade pada kuis essay, nilai tidak langsung tampil, karena jawaban terlebih dahulu dikoreksi dan dinilai oleh dosennya, baru kemudian dientry ke dalam system.

21 21 Tugas Salah satu aktivitas dari perkuliahan e-learning ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengirimkan tugas berbentuk file dari mahasiswa kepada dosen. Pengiriman tugas melalui sistem elearning lebih mudah dikelola dibandingkan melalui . Dosen juga dapat menilai dan memberikan komentar yang dapat dibaca langsung oleh mahasiswa. Mengerjakan/menjawab Tugas Untuk aktivitas yang berbentuk penugasan, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah meng-klik tugas yang terdapat dihalaman kolom mingguan (perhatikan gambar diatas). Setelah diklik, maka akan tampil pertanyaan dari tugas, informasi tentang peraturan dari tugas, tanggal buka dan tanggal tutup tugas. Untuk melakukan pengiriman tugas, pilih tombol browse (Perhatikan gambar!)

22 22 Pilih file yang akan dikirimkan, kemudian klik Upload this file

23 23 Tampilan dibawah ini, menunjukkan bahwa file yang anda kirimkan berhasil. V. NILAI (GRADE) Pada system elearning, seluruh aktivitas yang menggunakan sistem penilaian (kuis, tugas ataupun forum) dapat dilihat hasilnya pada fasillitas Grade/Nilai. Pada Gambar dibawah ini, dapat dilihat nilai-nilai yang diperoleh dari tiap-tiap aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa.

24 24

Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa

Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa I. SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING 1. SISTEM PEMBELAJARAN Sistem kuliah dilakukan dengan pertemuan di ruang kelas (tatap muka) sebanyak 5 kali, dan tidak

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA

PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran  PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA Halaman 1 PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran http://www.tp-elkadigital.org B. Pendaftaran Peserta Mahasiswa Setiap Mahasiswa

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN COURSE Disusun Oleh : Fajar Edyana, S.Kom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 E-learning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 1 SESI 1 MANAJEMEN USER 2.1. Pendaftaran Keanggotaan

Lebih terperinci

berdialog dengan teman lewat website e- learning UMB. Rincian dari pertemuan tatap muka dan pertemuan online adalah sebagai berikut:

berdialog dengan teman lewat website e- learning UMB. Rincian dari pertemuan tatap muka dan pertemuan online adalah sebagai berikut: 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa 1 Sistem Pembelajaran elearning Sistem kuliah dilakukan dengan pertemuan di ruang kelas (tatap muka) sebanyak 4 kali, dan tidak terbatas ruang dan waktu

Lebih terperinci

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Petunjuk Penggunaan Online Learning Trisakti Tourism Electronic Learning Laboratory (3tell) http://3tell.stptrisakti.ac.id Learning Management System Tutorial Singkat Untuk Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata

Lebih terperinci

berdialog dengan teman lewat situs elearning UMB. Rincian dari pertemuan tatap muka dan pertemuan online adalah sebagai berikut:

berdialog dengan teman lewat situs elearning UMB. Rincian dari pertemuan tatap muka dan pertemuan online adalah sebagai berikut: 1 PETUNJUK PENGGUNAAN ELEARNING UNTUK MAHASISWA 1 Sistem Pembelajaran Sistem kuliah dilakukan dengan pertemuan di ruang kelas (tatap muka) sebanyak 4 kali, dan tidak terbatas ruang dan waktu melalui internet

Lebih terperinci

Sehingga akan muncul window baru seperti ini :

Sehingga akan muncul window baru seperti ini : 1. Mendaftar keanggotaan dalam e-learning Untuk dapat aktif dalam sistem pengelolaan e -learning dengan Learning Management System (LMS) Moodle yang digunakan di Universitas Ahmad Dahlan maka harus terdaftar

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen 1.9.1 Workshop E-Learning Dikompilasi dari Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Yudi Wibisono oleh

Lebih terperinci

Sistem pembelajaran e- learning

Sistem pembelajaran e- learning Modul ke: Sistem pembelajaran e- learning Mahasiswa dapat menggunakan elearning. Fakultas FEB Nawindah,M.Kom Program Studi Manajemen www.mercubuana.ac.id Sistem pembelajaran Sistem kuliah dilakukan dengan

Lebih terperinci

TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA.

TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA. TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA http://elearningpasca.binadarma.ac.id Disusun oleh: UPT-SIM Versi manual 1.0 2013 (moodle 2.3) 1. E-Learning E-Learning atau Electronic Learning merupakan salah

Lebih terperinci

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR Untuk Dosen http://elearning.poltekkes-mks.ac.id/ OUTLINE 1. Membuat akun 2. Masuk ke halaman Kuliah 3. Menambahkan materi pada halaman kuliah 4. Membuat kantong

Lebih terperinci

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle 1 Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part I) Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org A. Pendahuluan Portal elearning kini banyak

Lebih terperinci

Panduan E Learning untuk Mahasiswa http://elearning.fisip-untirta.ac.id Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2013 PANDUAN PENGGUNAAN E-Learning FISIP Untirta berbasis

Lebih terperinci

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL)

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) SCELE FOR SCHOOL MODUL SISWA WORKSHOP E-LEARNING FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA 17 JANUARI 2009 DAFTAR ISI LOGIN 2 MENGUBAH PROFILE.. 3 MELIHAT PARTISIPAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses elearning 1. Buka browser (disarankan menggunakan Mozilla) 2. Ketikkan alamat http://v-class.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil halaman

Lebih terperinci

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST)

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Akses laman e-learning dengan cara mengetik http://elearning.bsi.ac.id/ pada browser Internet, kemudian akan tampil halaman home

Lebih terperinci

1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas

1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas 1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas 1. Buka browser internet anda (mozilla firefox atau internet explorer). 2. Ketikkan alamat URL (address) di browser anda : http://elearning.budiluhur.ac.id/ 3. Lakukan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA Divisi Web Administrasi UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG 2007 DAFTAR ISI I. Memilih Situs E- Learning Maranatha... 1 II. Login ke E-Learning...

Lebih terperinci

Tutorial singkat untuk Mahasiswa

Tutorial singkat untuk Mahasiswa http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat untuk Mahasiswa SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI Daftar Isi : 1. Pendahuluan 2. Pendaftaran ke website

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar 1. Membuka Situs E-Learning Unsyiah Arahkan browser pada alamat situs e-learning Unsyiah: http://unsyiah.inherent-dikti.net/e-learning-unsyiah/. 2. Login Masukkan

Lebih terperinci

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM GEOMETRI ANALITIK DATAR. Oleh : NYIMAS AISYAH PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

MODUL PRAKTIKUM GEOMETRI ANALITIK DATAR. Oleh : NYIMAS AISYAH PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA MODUL PRAKTIKUM GEOMETRI ANALITIK DATAR Oleh : NYIMAS AISYAH PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA PERTEMUAN PERTAMA JARAK ANTARA DUA TITIK A. Tujuan Praktikum

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY http://muhal.wordpress.com A. Pendahuluan Pengajar (guru, instruktur maupun dosen) merupakan

Lebih terperinci

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL)

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) SCELE FOR SCHOOL MODUL PENGAJAR WORKSHOP E-LEARNING FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA 17 JANUARI 2009 DAFTAR ISI DAFTAR ISI LOGIN 2 MENGUBAH PROFILE..

Lebih terperinci

Modul Pengguna SCeLE

Modul Pengguna SCeLE Modul Pengguna SCeLE Halaman utama SCeLE SCeLE adalah sistem yang berbasis web, sehingga untuk dapat menggunakannya dibutuhkan web browser (Internet Explorer / Mozilla / Netscape / Opera / dll). Untuk

Lebih terperinci

Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa

Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa http://smkn3wonosari.web.id/ Oleh : SMK N 3 Wonosari DAFTAR ISI A. Pendahuluan... 2 B. Login (Masuk)... 3 C. Merubah Profil dan Password...

Lebih terperinci

Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM. Patah herwannto JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272,

Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM. Patah herwannto JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272, Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM Patah herwannto - 2015 JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272, ADMIN@STMIK-IM.AC.ID TEKNIS PELAKSANAAN 1. Pelaksanaan Perkuliahan 1) Perkuliahan dilaksanakan

Lebih terperinci

Registrasi Kuliah Online

Registrasi Kuliah Online Registrasi Kuliah Online Panduan Kuliah Online untuk Dosen UPT e-learning ITB Daftar Isi A. Ketentuan Registrasi Kuliah Online... 2 1. Pengenalan Kuliah Online... 2 2. Persiapan Membuat Akun Kuliah Online...

Lebih terperinci

Panduan elearning untuk Mahasiswa

Panduan elearning untuk Mahasiswa See discussions, stats, and author profiles for this publication at: https://www.researchgate.net/publication/311453876 Panduan elearning untuk Mahasiswa Working Paper November DOI: 10.13140/RG.2.2.29085.31206

Lebih terperinci

Panduan Singkat Kuliah Secara E-learning Dengan LMS Moodle. bagi Mahasiswa

Panduan Singkat Kuliah Secara E-learning Dengan LMS Moodle. bagi Mahasiswa Panduan Singkat Kuliah Secara E-learning Dengan LMS Moodle bagi Mahasiswa Eko Aribowo Pusat Pengelolaan E-learning Lembaga Pengembangan & Peningkatan Aktivitas Instruksional UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2010

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa

PANDUAN PENGGUNAAN elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa PANDUAN PENGGUNAAN elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN (UNISKA) MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN 2016 KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Allah

Lebih terperinci

PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA

PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA UPT e-learning Institut Teknologi Bandung 2016 A. Mengubah Password 1. Ketik pditt.kuliah.itb.ac.id address bar 2. Klik login, kemudian klik lupa password 3. Fdsfd

Lebih terperinci

UAI E-learning System Versi 2.2

UAI E-learning System Versi 2.2 Buku Pedoman Singkat Versi 2.2 Pusat Komputer dan Sistem Informasi Universitas Al Azhar Indonesia 21 Pebruari 2012 Daftar Isi Riwayat Revisi........ ii 1. Pendahuluan....... 1 Apa yang disebut Course Management

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses Virtual Class - Buka browser - Ketikkan alamat - http://v-class.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil halaman utama seperti terlihat pada

Lebih terperinci

Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu Panduan Untuk Dosen Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu PENDAHULUAN Modul ini merupakan petunjuk singkat penggunaan fasilitas e-learning politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu. ebook ini disusun

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008 Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar Yudi Wibisono yudi@upi.edu Yohanes Suyanto yanto@ugm.ac.id versi dokumen: 30 Maret 2008 ... 2 Pendahuluan... 3 Membuka Situs E-Learning Kuantum Gama...

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL http://elearning.mikroskil.ac.id/ UNTUK DOSEN UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas Pembelajaran

Lebih terperinci

Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online

Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online Panduan Aktivasi UT- Online dan Tutorial Online 1. Aktivasi UT- Online Untuk mengikuti kegiatan Tutorial Online (Tuton), mahasiswa harus melakukan Aktivasi UT-Online terlebih dahulu. Cara melakukan Aktivasi

Lebih terperinci

Langkah langkah mengakses e-mail dan e-module/ moodle LSPR Untuk Mahasiswa

Langkah langkah mengakses e-mail dan e-module/ moodle LSPR Untuk Mahasiswa Langkah langkah mengakses e-mail dan e-module/ moodle LSPR Untuk Mahasiswa I. PENGANTAR E-learning STIKOM LSPR dikembangkan dengan menggunakan aplikasi open source Moodle. Moodle adalah sebuah metode pembelajaran

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa. e-learning Bina Sarana Informatika

Panduan Mahasiswa. e-learning Bina Sarana Informatika Panduan Mahasiswa e-learning Bina Sarana Informatika Prosedur Perkuliahan e-learning 1. Perkuliahan e-learning Semester Ganjil 2016/2017 dilakukan mulai Senin, 03 Oktober 2016. 2. Perkuliahan dilakukan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA TEACHER

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA TEACHER PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA TEACHER Akses V-Class 1. Buka browser (disarankan menggunakan Mozilla) 2. Ketikkan alamat http://elearning.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil

Lebih terperinci

PETUNJUK E-LEARNING STAIN KUDUS

PETUNJUK E-LEARNING STAIN KUDUS PETUNJUK E-LEARNING STAIN KUDUS Untuk dapat menggunakan fasilitas e-learning (pembelajaran online) di STAIN Kudus, langkah pertama yang dilakukan adalah aktivasi user. Aktivasi user adalah pengidentifikasian

Lebih terperinci

Panduan User Telkom E-Learning Group

Panduan User Telkom E-Learning Group K C TCU-C M C C S Panduan User Telkom E-Learning Group Digital Learning Knowledge Management & Case Study Center Telkom Corporate University 2014 Overview Telkom E-Learning adalah media pembelajaran interaktif

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA...

BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA... DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA... 5 2.1 MENDOWNLOAD MATERI... 7 2.2 MENGIRIMKAN TUGAS... 7 2.3 MENDOWNLOAD MATERI DARI DISPLAY DIRECTORI... 10 2.4 MENONTON VIDEO TUTORIAL... 10

Lebih terperinci

Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah

Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah Panduan Untuk Dosen Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah PENDAHULUAN Modul ini merupakan petunjuk singkat penggunaan fasilitas e-learning AKBID Al- Su aibah Bengkulu. ebook ini disusun dengan

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen STMIK AKAKOM DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk Penggunaan... 5 2.1 Login... 5

Lebih terperinci

Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL

Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL Tim e-journal Undiksha 2013 USER MANUAL 1. Ketikkan alamat http://ejournal.undiksha.ac.id untuk mengakses alamat ejournal. Maka tampil halaman website sebagai berikut. 2. Untuk mengakses halaman admin,

Lebih terperinci

A. E-Learning UPN Veteran Yogyakarta

A. E-Learning UPN Veteran Yogyakarta A. E-Learning UPN Veteran Yogyakarta Untuk menggunakan sistem e-learning berbasis jaringan internet diperlukan suatu alamat (domain) yang dapat dilakukan dengan proses pendaftaran situs e-learning di internet

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa)

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) Akses ke dalam Portal e-learning PLN User/Siswa dapat melakukan akses ke dalam Portal e-learning melalui 2 (dua) jaringan komputer: 1. Akses melalui

Lebih terperinci

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar 1 MASUK KE SYSTEM 3TELL 1. Login ke http://3tell.stptrisakti.net/. Klik Login pada sisi

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL P A N D U A N P E N G G U N A A N SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL https://www.mikroskil.ac.id/elearning/ UNTUK DOSEN DITERBITKAN OLEH: UPT PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL (2013) Persiapan Prasyarat

Lebih terperinci

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2008

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 2008 MAKALAH WORKSHOP E-LEARNING PENGEMBANGAN KAPABILITAS MODEL PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (E-LEARNING) MENGGUNAKAN LECTURES MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Lebih terperinci

Pengembangan E-learning dengan Moodle

Pengembangan E-learning dengan Moodle Pengembangan E-learning dengan Moodle Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org 1. Pendahuluan Moodle merupakan salah satu LMS (learning Management System)

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014 PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014 PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA 2014 DAFTAR ISI Pendahuluan... 1 Laman Utama... 1 Laman

Lebih terperinci

Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta

Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta Direktorat Penjaminan Mutu dan Sistem Informasi Versi 9 Maret 2010 L1 Klik Tombol e-usahidnet 1. Ketik pada browser anda www.usahid.ac.id, jika tidak dapat

Lebih terperinci

Langkah langkah aktivasi user elearning Politeknik Negeri Banyuwangi

Langkah langkah aktivasi user elearning Politeknik Negeri Banyuwangi Langkah langkah aktivasi user elearning Politeknik Negeri Banyuwangi 1. Buka halaman https://elearning.poliwangi.ac.id. 2. Silahkan login menggunakan user dan password yang sudah terdaftar pada proxies.poliwangi.ac.id.

Lebih terperinci

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Ed.. 20150320 Panduan Mahasiswa Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150320 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Anda...

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 5 1.1 Tentang Portal Akademik 5 1.2 Tentang Dokumen 5 2. Petunjuk Penggunaan 6 2.1 Login 6 2.2 Halaman Selamat

Lebih terperinci

Modul ke: APLIKASI KOMPUTER OLEH : Fakultas FASILKOM. Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. Program Studi Teknik Informatika.

Modul ke: APLIKASI KOMPUTER OLEH : Fakultas FASILKOM. Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. Program Studi Teknik Informatika. Modul ke: APLIKASI KOMPUTER OLEH : Fakultas FASILKOM Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. Program Studi Teknik Informatika http://mercubuana.ac.id Bagian Isi PENDAHULUAN PENGANTAR MOODLE SEPINTAS TENTANG MOODLE

Lebih terperinci

PETUNJUK CARA PENGGUNAAN E SEMKA, E-LEARNING SMKN 1 SATUI

PETUNJUK CARA PENGGUNAAN E SEMKA, E-LEARNING SMKN 1 SATUI PETUNJUK CARA PENGGUNAAN E SEMKA, E-LEARNING SMKN 1 SATUI A. Pendahuluan Banyak portal e-learning yang dikembangkan dengan LMS Moodle. Salah satu contoh adalah E semka (http://esemka1satui.net) yakni portal

Lebih terperinci

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PENGAKUAN PENGALAMAN KERJA DAN HASIL BELAJAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET http://ppkhb.fkip.uns.ac.id HANDOUT Pengenalan Link PPKHB Download

Lebih terperinci

PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE BAGI DOSEN. Oleh: Retno Sayekti

PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE BAGI DOSEN. Oleh: Retno Sayekti PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MOODLE BAGI DOSEN Oleh: Retno Sayekti Pendahuluan E-Learning IAIN Sumatera Utara Melakukan pendaftaran akun pada aplikasi Mengedit setting profil Memasukkan poto

Lebih terperinci

PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI

PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI 1 PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI Pengantar Keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik. Oleh karena itu kualitas

Lebih terperinci

11/6/2015. Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM

11/6/2015. Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM 11/6/2015 Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM Patah Herwanto 2015 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 Panduan Singkat Penggunaan e-learning... 2 STMIK IM & STIE STAN IM... 2 Alamat url

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet Browser.

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS BENGKULU DAFTAR ISI DAFTAR ISI...2 1. Pendahuluan...4 1.1 Tentang Portal Akademik...4 1.2 Tentang Dokumen...4 2. Petunjuk Penggunaan...5

Lebih terperinci

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR 2009 I. PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR Fakultas Ekonomi Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta 29/Agustus/2009 PENDAHULUAN Selamat datang di e:learning Community (elcom) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lebih terperinci

elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta

elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta DTSS Penanganan dan Pengawasan Barang Berbahaya Metode Blended Learning KEMENTERIAN

Lebih terperinci

2. Klik Menu Login. 3. Ketik Username. 4. Klik Tombol Login. Untuk Submit Artikel, Klik New Submission

2. Klik Menu Login. 3. Ketik Username. 4. Klik Tombol Login. Untuk Submit Artikel, Klik New Submission III. Tahap III (Login, Submit Artikel Online) 1. Setelah Register Account berhasil, 2. Telah dilakukan Validasi Account pada Email yang didaftarkan oleh user 3. Login Account dengan mengakses ke website

Lebih terperinci

PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP

PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP 1) Ketentuan Umum a. Ada 15 (lima belas) pengusul yang diundang untuk memasukkan konten e learning. Kelima belas konten ini selanjutnya akan diseleksi untuk

Lebih terperinci

Panduan Umum SDLR LPKIA 2016

Panduan Umum SDLR LPKIA 2016 Panduan Umum SDLR LPKIA 2016 Pendahuluan SDLR (Student Digital Learning Resource) merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dirancang untuk menjembatani proses pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa E-Learning Nusa Mandiri. Semester Genap 2015/2016

Panduan Mahasiswa E-Learning Nusa Mandiri. Semester Genap 2015/2016 Panduan Mahasiswa E-Learning Nusa Mandiri Semester Genap 2015/2016 Sistem perkuliahan e-learning Nusa Mandiri menggunakan metode Asynchronous elearning dimana dosen dan mahasiswa dalam kelas yang sama

Lebih terperinci

MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS

MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS MANUAL BOOK USER GURU Sistem JBClass merupakan sebuah aplikasi learning management system berbasis website yang di design sebagai media tambahan atau pengayaan pembelajaran

Lebih terperinci

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE Pengisian Content CMS Moodle Memasukan materi 1. Isi langsung Dengan cara isi langsung, materi dimasukan dengan mengetikkannya langsung melalui situs. Langkah langkah :

Lebih terperinci

PEDOMAN KULIAH BLENDED LEARNING UNTUK DOSEN BAGIAN 1. Disusun oleh: Dr. Khaerudin, M.Pd.

PEDOMAN KULIAH BLENDED LEARNING UNTUK DOSEN BAGIAN 1. Disusun oleh: Dr. Khaerudin, M.Pd. PEDOMAN KULIAH BLENDED LEARNING UNTUK DOSEN BAGIAN 1 Disusun oleh: Dr. Khaerudin, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 2011 DAFTAR ISI BAGIAN I PERSIAPAN

Lebih terperinci

Mengapresiasi e-learning Berbasis MOODLE Basori 1

Mengapresiasi e-learning Berbasis MOODLE Basori 1 Mengapresiasi e-learning Berbasis MOODLE Basori 1 A. Pendahuluan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem e-learning untuk

Lebih terperinci

PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA. UPT e-learning ITB

PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA. UPT e-learning ITB PANDUAN MENGAKSES LMS KULIAH ONLINE BAGI MAHASISWA UPT e-learning ITB A. Memanfaatkan Kuliah Online 1. Mahasiswa Umum 2. Mahasiswa Program TPB B. LOG IN KE SITUS LMS KULIAH ONLINE Setiap user, baik Dosen

Lebih terperinci

Langkah-langkah memulai menggunakan e-learning Lab Komputer dengan cara : 1. Klik Login di sudut kanan atas

Langkah-langkah memulai menggunakan e-learning Lab Komputer dengan cara : 1. Klik Login di sudut kanan atas Jhonas Fahran Arif Moodle adalah e-learning platform yang dapat digunakan secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan karena source codenya tersedia (open source). Kelebihan utama Moodle adalah

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa. E-Learning Bina Sarana Informatika

Panduan Mahasiswa. E-Learning Bina Sarana Informatika Panduan Mahasiswa E-Learning Bina Sarana Informatika Halaman Home Akses laman e-learning dengan cara mengetik http://elearning.bsi.ac.id/ pada browser Internet,kemudian akan tampil halaman home e-learning

Lebih terperinci

Memanfaatkan Fitur Member Website Sekolah

Memanfaatkan Fitur Member Website Sekolah Bab VI: Memanfaatkan Fitur Member Website Sekolah Dalam website sekolah ini terdapat sistem komunitas dari pengguna website yang merupakan bagian dari komunitas pendidikan. Sesuai dengan penjelasan bab

Lebih terperinci

PANDUAN PERKULIAHAN ONLINE KULIAH ONLINE WAJIB BAGI SELURUH MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG

PANDUAN PERKULIAHAN ONLINE KULIAH ONLINE WAJIB BAGI SELURUH MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG PANDUAN PERKULIAHAN ONLINE KULIAH ONLINE WAJIB BAGI SELURUH MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG PANDUAN 1: LOGIN, MERUBAH PASSWORD, DAN MENGGANTI EMAIL 1. SITUS ONLINE LEARNING Klik Browser Mozilla Firefox

Lebih terperinci

PANDUAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB E-LEARNING

PANDUAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB E-LEARNING PANDUAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB E-LEARNING DENGAN MOODLE BAGI SISWA Untuk membuat web e-learning dengan moodle, pastikan bahwa Anda sudah memiliki akun (rekening) e-mail. Akun e-mail yang Anda miliki

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 4 1.1 Tentang Portal Akademik 4 1.2 Tentang Dokumen 4 2. Petunjuk Penggunaan 5 2.1 Login 5 2.2 Halaman

Lebih terperinci

Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas

Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150212 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Yang Diampu... 3 III. Melihat Daftar Mahasiswa... 4 IV. Mengubah

Lebih terperinci

TUTORIAL EDMODO A. MENGAKSES EDMODO B. MEMBUAT AKUN EDMODO SEBAGAI GURU

TUTORIAL EDMODO A. MENGAKSES EDMODO B. MEMBUAT AKUN EDMODO SEBAGAI GURU TUTORIAL EDMODO Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school based environment). Dikembangkan oleh Nicolas Borg and Jeff O'Hara, Edmodo ditujukan untuk penggunaan bagi guru, siswa

Lebih terperinci

PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin

PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin A. AKTIVASI PENGGUNA (USER) Pengguna elearning Fakultas Teknik adalah dosen dan mahasiswa yang aktif

Lebih terperinci

Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI

Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI Ujian LSPP AAMAI dan AAMAI saat ini dapat dilakukan melalui E-AAMAI pada url berikut : http://eaamai.aamai.or.id atau http://www.aamai.or.id klik Daftar Ujian untuk ujian

Lebih terperinci

MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA. Oleh. Infokom

MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA. Oleh. Infokom MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA Oleh Infokom Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda 2012 Infokom Pedoman E Learning Bagi Mahasiswa 1 Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT Penulis panjatkan,

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa E-Learning Bina Sarana Informatika

Panduan Mahasiswa E-Learning Bina Sarana Informatika Panduan Mahasiswa E-Learning Bina Sarana Informatika P a n d u a n M a h a s i s w a E - L e a r n i n g B i n a S a r a n a I n f o r m a t i k a Page 1 1) Halaman Home Akses laman e-learning dengan cara

Lebih terperinci

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle 1 Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part II) Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. http://blog.uny.ac.id/hermansurjono http://herman.elearning-jogja.org A. Pendahuluan Portal elearning

Lebih terperinci

PANDUAN PPHC ONLINE 2016

PANDUAN PPHC ONLINE 2016 PANDUAN PPHC ONLINE 2016 1. REGISTRASI Untuk mengakses website PPHC Online silahkan masuk ke url berikut: http://pphc.surabaya1.com Kemudian muncul halaman login, dan klik link REGISTRASI DISINI Gambar

Lebih terperinci

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE http://etraining.tkplb.org 2014 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Lebih terperinci

Modul untuk Siswa. Langkah-langkah Mudah Mengoperasikan E-Learning

Modul untuk Siswa. Langkah-langkah Mudah Mengoperasikan E-Learning Modul ini disusun sebagai panduan siswa SMA N 8 Yogyakarta untuk memaksimalkan penggunaan e-learning sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Diiharapkan dengan panduan dalam modul ini siswa dapat memudahkan

Lebih terperinci

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 3 KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar. Yudi Wibisono versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006

Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar. Yudi Wibisono versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar Yudi Wibisono yudi@upi.edu versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Universitas Pendidikan Indonesia 2006 DAFTAR ISI Pendahuluan... 3 Fitur Moodle... 4 Membuka

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk

Lebih terperinci

UB Virtual Learning. Selanjutnya akan dijelaskan langkah-langkah menggunakan UBVL : Gambar 1

UB Virtual Learning. Selanjutnya akan dijelaskan langkah-langkah menggunakan UBVL : Gambar 1 UB Virtual Learning UBVL adalah sistem learning management system berbasis perangkat lunak moodle. Sistem ini ditujukan sebagai pendukung/pengganti sistem pembelajaran konvensional dengan berbagai fitur

Lebih terperinci

Digital Library & Distance Learning Lab. Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar

Digital Library & Distance Learning Lab. Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar KATA PENGANTAR Pendidikan merupakan salah satu pilar bangsa yang perlu diselenggarakan dan ditingkatkan pelaksanaannya. Perguruan Tinggu

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA 2016 PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA STAIN PONOROGO KATA PENGANTAR Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-nya, sehingga penyusunan Buku Panduan Penggunaan E-Learning

Lebih terperinci