BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN"

Transkripsi

1 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Sistem yang digunakan dalam implementasi program ini, terbagi menjadi dua perangkat. Perangkat tersebut, yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. Berikut penjelasan secara rinci perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan Perangkat Keras Untuk perangkat keras, minimal pengguna harus mempersiapkan spesifikasi sebagai berikut: 1. Processor Pentium III 1.8 Ghz. 2. Memory 128 MB. 3. Hardisk 40 GB Perangkat Lunak Adapun perangkat lunak yang digunakan, yaitu: 1. Power Designer 6 32 bit. 2. Microsoft Visual Basic.NET vesion 2003 beserta Crystal Report. 3. SQL Server Sistem operasi Windows 2000 SP4 atau Windows XP Professional. 5.2 Cara Setup Program Aplikasi sistem informasi administrasi dan inventory ini terdapat dalam satu file yang berisi paket aplikasi. File setup program aplikasi tersebut bernama 88

2 89 pelayanan_pelanggan.msi seperti yang terlihat pada gambar 5.1. Setelah mengaktifkan pelayanan_pelanggan.msi, form Instalasi tampil. Form Instalasi yang pertama tampil berisi keterangan bahwa form tersebut dapat memandu pengguna dalam menginstal aplikasi. Form Instalasi juga menampilkan file Readme, sebagaimana terlihat pada gambar 5.2, yaitu file yang berisi tentang fungsi aplikasi, kebutuhan minimal aplikasi, dan developer yang membuat aplikasi tersebut. Gambar 5.1 File Instaler Gambar 5.2 File Readme pada Form Instalasi Kemudian form Instalasi menampilkan file Lisensi, sebagaimana terlihat pada gambar 5.3. File ini berisi tentang perjanjian pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Pada tampilan form Instalasi berikutnya, pengguna dapat memilih

3 90 letak file aplikasi, sebagaimana terlihat pada gambar 5.4. Pengguna disarankan untuk memilih letak yang aman pada komputer karena file database aplikasi yang dipakai juga terdapat pada folder yang sama. Gambar 5.3 File Lisensi pada Form Instalasi Gambar 5.4 Form Instalasi Bagian Konfirmasi Letak File

4 91 Setelah pengguna memenuhi semua kebutuhan, sebagaimana diminta oleh form Instalasi, pengguna dapat mulai menggunakan aplikasi tersebut. Kesuksesan penginstalan aplikasi dapat dilihat pada keterangan yang terdapat pada form Instalasi terakhir, sebagaimana terlihat pada gambar 5.5. Pengguna dapat memanggil aplikasi yang terinstal melalui start menu yang terdapat pada desktop pengguna. Gambar 5.5 Form Instalasi Terakhir 5.3 Penjelasan Pemakaian Tahap ini merupakan langkah-langkah dari pemakaian program Sistem Informasi Administrasi dan Inventory ini. Berikut sub-sub pembahasan pemakaian: 1. Menu Utama Menu Utama merupakan tampilan awal dari program ini. Pada form ini terdapat menu-menu yang bermanfaat dalam menjalankan Sistem Informasi

5 92 Administrasi dan Inventory seperti Menu Master, Menu Transaksi, dan Menu Laporan. Form utama dapat dilihat pada gambar 5.6. Gambar 5.6 Form Utama 2. Form Login Form Login merupakan form identifikasi pengguna dari program pada saat itu. Form tersebut berguna sebagai penanda bagi pegawai yang pada saat Login. Form Login dapat dilihat pada gambar 5.7.

6 93 Gambar 5.7 Form Login 3. Form Master Pegawai Form Master Pegawai merupakan form yang berguna dalam penyimpanan dan perubahan data pegawai PT. Toyota Astra Motor. Form tersebut mempunyai beberapa inputan yang harus di isi, yang sudah ditandatai dengan kode bintang (*), dan untuk pengisian No Telpon tidak harus di isi dan juga tidak dapat di isi huruf harus dengan angka dan sebaliknya. Data yang tidak bisa di isi angka dan harus dengan huruf seperti contoh nama pegawai, kota, tempat lahir, kewarganegaraan. Form Master Pegawai dapat dilihat pada gambar 5.8.

7 94 Gambar 5.8 Form Master Pegawai 4. Form Master Pelanggan Form Mater Pelanggan merupakan form yang berguna dalam penyimpanan dan perubahan data pelanggan PT. Toyota Astra Motor. Form tersebut mempunyai beberapa inputan yang harus di isi, yang sudah ditandatai dengan kode bintang (*), dan untuk pengisian No Telpon tidak harus di isi dan juga tidak dapat di isi huruf harus dengan angka dan sebaliknya data yang tidak bisa di isi angka dan harus dengan huruf seperti contoh nama lengkap, kota, tempat lahir. Form Master Pelanggan dapat dilihat pada gambar 5.9.

8 95 Gambar 5.9 Form Master Pelanggan 5. Form Master Jasa Form Mater Jasa merupakan form yang berguna dalam penyimpanan dan perubahan data jasa PT. Toyota-Astra Motor. Form tersebut mempunyai beberapa inputan yang harus di isi, yang sudah ditandatai dengan kode bintang (*), dan untuk pengisian No Jasa tidak harus di isi dan juga tidak dapat di isi huruf harus dengan angka dan sebaliknya data yang tidak bisa di isi angka

9 96 dan harus dengan huruf seperti contoh nama jasa dan harga jasa. Form Master Jasa dapat dilihat pada gambar Gambar 5.10 Form Master Jasa 6. Form Pengaturan Suku Cadang Form Pengaturan Suku Cadang merupakan form yang berguna dalam menyimpan dan merubah data suku cadang. Form Pengaturan Suku Cadang dapat dilihat pada gambar 5.15.

10 97 Gambar 5.15 Form Master Suku Cadang 7. Form Pengaturan Kota dan Kode Telepon Area Form Pengaturan Kota dan Kode Telepon Area merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah kota dan kode telepon area. Form Pengaturan Kota dan Kode Telepon Area dapat dilihat pada gambar Gambar 5.16 Form Pengaturan Kota dan Kode Telepon Area

11 98 8. Form Pengaturan Leasing Form Pengaturan Leasing merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah data Leasing. Form Pengaturan Leasing dapat dilihat pada gambar Gambar 5.17 Form Master Leasing 9. Form Master Mobil Pelanggan Form Master Mobil Pelanggan merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah data mobil pelanggan. Form Master Mobil Pelanggan dapat dilihat pada gambar 5.18.

12 99 Gambar 5.18 Form Master Mobil Pelanggan 10. Form Master Mobil Form Master Mobil merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah data model mobil yang akan di jual. Form Master Mobil dapat dilihat pada gambar 5.19.

13 100 Gambar 5.19 Form Master Mobil 11. Form Master Harga Form Master Harga merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah data penentuan harga. Form Master Harga dapat dilihat pada gambar 5.20.

14 101 Gambar 5.20 Form Master Harga 12. Form Master Stok Mobil Form Master Stok Mobil merupakan form untuk absensi pegawai PT. Toyota Astra Motor. Form tersebut adalah untuk menyimpan data stok mobil yang ada di dealer. Form Master Stok Mobil dapat dilihat pada gambar 5.21.

15 102 Gambar 5.21 Form Master Stok Mobil 13. Form Transaksi Pelayanan Mobil Pelanggan Form Transaksi Pelayanan merupakan form untuk pelayanan mobil pada PT. Toyota Astra Motor. Form ini dapat digunakan ketika pelanggan yang akan melakukan pelayanan mobil. Form Transaksi Pelayanan dapat dilihat pada gambar 5.22.

16 103 Gambar 5.22 Form Transaksi Pelayanan Mobil Pelanggan 14. Form Transaksi Nota Jasa Form Transaksi Nota Jasa merupakan form yang berguna dalam menyimpan data transaksi nota jasa. Form Transaksi Nota Jasa dapat dilihat pada gambar 5.23.

17 104 Gambar 5.23 Form Transaksi Nota Jasa 15. Form Transaksi Nota Barang Form Transaksi Nota Barang merupakan form yang berguna dalam penyimpanan data transaksi nota barang. Form Transaksi Nota Barang dapat dilihat pada gambar 5.24.

18 105 Gambar 5.24 Form Transaksi Nota Barang 16. Form Transaksi Penjualan Kendaraan Form Transaksi Penjualan Kendaraan merupakan form yang berguna dalam penyimpanan data transaksi penjualan kendaraan. Form Transaksi Penjualan Kendaraan dapat dilihat pada gambar 5.25.

19 106 Gambar 5.25 Form Transaksi Penjualan Kendaraan 17. Form Transaksi Rincian Pembiayaan Mobil Form Transaksi Rincian Pembiayaan Mobil merupakan form yang berguna dalam penyimpanan data transaksi rincian pembiayaan mobil. Form Transaksi Rincian Pembiayaan Mobil dapat dilihat pada gambar 5.26.

20 107 Gambar 5.26 Form Transaksi Rincian Pembiayaan Mobil 18. Form Transaksi Perlengkapan Tambahan Form Transaksi Perlengkapan Tambahan merupakan form yang berguna untuk transaksi perlengkapan tambahan. Form Transaksi Perlengkapan Tambahan dapat dilihat pada gambar 5.27.

21 108 Gambar 5.27 Form Transaksi Perlengkapan Tambahan 19. Form Cetak Data Pegawai Form Cetak Data Pegawai merupakan form yang berguna untuk mencetak data pegawai. Form Cetak Data Pegawai dapat dilihat pada gambar 5.28.

22 109 Gambar 5.28 Form Cetak Data Pegawai 20. Form Cetak Laporan Data Pelanggan Form Cetak Laporan Data Pelanggan merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan pelanggan PT. Toyota Astra Motor. Form Cetak Laporan Data Pelanggan dapat dilihat pada gambar 5.29.

23 110 Gambar 5.29 Form Cetak Laporan Data Pelanggan 21. Form Cetak Laporan Data Jasa Form Cetak Laporan Data Jasa merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan data jasa. Form Cetak Laporan Data Jasa dapat dilihat pada gambar 5.30.

24 111 Gambar 5.30 Form Cetak Laporan Data Jasa 22. Form Cetak Laporan Data Harga Mobil Form Cetak Laporan Data Harga Mobil merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan data harga mobil. Form Cetak Laporan Data Harga Mobil dapat dilihat pada gambar 5.31.

25 112 Gambar 5.31 Form Cetak Laporan Data Harga Mobil 23. Form Cetak Laporan Suku Cadang Form Cetak Laporan Suku Cadang merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan suku cadang. Form Cetak Laporan Suku Cadang dapat dilihat pada gambar 5.32.

26 113 Gambar 5.32 Form Cetak Laporan Suku Cadang 24. Form Cetak Laporan Faktur Jual Form Cetak Laporan Faktur Jual merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan faktur jual. Form Cetak Laporan Faktur Jual dapat dilihat pada gambar 5.33.

27 114 Gambar 5.33 Form Cetak Laporan Faktur Penjualan 25. Form Cetak Laporan Bukti Serah Terima Kendaraan Baru Form Cetak Laporan Bukti Serah Terima Kendaraan Baru merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan bukti serah terima kendaraan baru. Form Cetak Laporan Bukti Serah Terima Kendaraan Baru dapat dilihat pada gambar 5.34.

28 115 Gambar 5.34 Form Cetak Laporan Bukti Serah Terima Kendaraan Baru 26. Form Cetak Grafik Penjualan Mobil Form Cetak Laporan Grafik Penjualan Mobil merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan grafik penjualan mobil. Form Cetak Laporan Grafik Penjualan Mobil dapat dilihat pada gambar 5.35.

29 116 Gambar 5.35 Form Cetak Laporan Grafik Penjualan Mobil 27. Form Cetak Laporan Perintah Kerja Bengkel Form Cetak Laporan Perintah Kerja Bengkel merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan perintah kerja bengkel. Form Cetak Perintah Kerja Bengkel dapat dilihat pada gambar 5.36.

30 117 Gambar 5.36 Form Cetak Laporan Perintah Kerja Bengkel 28. Form Cetak Laporan Nota Barang Form Cetak Laporan Nota Barang merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan nota barang. Form Cetak Nota Barang dapat dilihat pada gambar 5.37.

31 118 Gambar 5.37 Form Cetak Laporan Nota Barang 29. Form Cetak Laporan Nota Jasa Form Cetak Laporan Nota Jasa merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan nota jasa. Form Cetak Nota Jasa dapat dilihat pada gambar 5.38.

32 119 Gambar 5.38 Form Cetak Laporan Nota Jasa 30. Form Cetak Laporan Angsuran Pelanggan Form Cetak Laporan Angsuran Pelanggan merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan angsuran pelanggan. Form Cetak Angsuran Pelanggan dapat dilihat pada gambar 5.39.

33 Gambar 5.39 Form Cetak Laporan Angsuran Pelanggan 120

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Tahap ini merupakan pembuatan perangkat lunak yang disesuaikan dengan rancangan atau desain sistem yang telah dibuat. Aplikasi yang dibuat akan

Lebih terperinci

PANDUAN INSTALASI PERANGKAT LUNAK

PANDUAN INSTALASI PERANGKAT LUNAK UPRIGHT V-ROUTING PANDUAN INSTALASI PERANGKAT LUNAK Jl. Hasyim Ashari 29-29A Jakarta Pusat 10150 Indonesia Phone: 62-21-6316923 Fax: 62-21-6316920 support@uprightdecision.com www.uprightdecision.com Daftar

Lebih terperinci

ACCURATE 4 QUICK START

ACCURATE 4 QUICK START ACCURATE 4 QUICK START 1. DATA PERUSAHAAN YANG PERLU DIPERSIAPKAN Sebelum membuat database ACCURATE 4, data perusahaan yang perlu Anda siapkan adalah sbb : Daftar Kas dan Bank beserta jumlahnya masing-masing.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN DESAIN

BAB IV ANALISA DAN DESAIN 26 BAB IV ANALISA DAN DESAIN 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum proses analisa dilakukan, tahapan yang terlebih dahulu dilakukan adalah identifikasi permasalahan yang terdiri dari survey, wawancara kepada

Lebih terperinci

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 1. Tujuan dan Sasaran Manual ini dibuat sebagai padoman bagi para petugas operator / database KTA GAPENSI didalam menggunakan aplikasi

Lebih terperinci

www.konsultasivb.com

www.konsultasivb.com Oleh : Uus Rusmawan Hal - 1 Program Ganti Password User Catatan : Anda harus membuat database dan memiliki tabel kasir terlebih dahulu. Field Type Size Ket Kodeksr Text 5 Primary Key Namaksr Text 30 Passwordksr

Lebih terperinci

BAB V UJI COBA DAN IMPLEMENTASI

BAB V UJI COBA DAN IMPLEMENTASI BAB V UJI COBA DAN IMPLEMENTASI 5.1 Uji Coba 5.1.1 Desain Input/Output Desain input/output merupakan rancangan input/output berupa form-form untuk memasukkan data master dan transaksi dan mencetak hasil

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI (Evaluation Phase dan Deployment Phase)

BAB V IMPLEMENTASI (Evaluation Phase dan Deployment Phase) BAB V IMPLEMENTASI (Evaluation Phase dan Deployment Phase) 5.1 Lingkungan Implementasi Implementasi merupakan tahapan dimana hasil perancangan yang telah dibangun mulai diterapkan pada kondisi yang menyerupai

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER JOB I Instalasi Sistem Operasi Windows Server 2008 Di susun oleh: Nama : Winda Rizky Putri NIM : 3.33.10.1.21 Kelas : TK 3B PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. dan pencatatan kasus Perselisihan Hubungan Industrial (PHI).

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK. dan pencatatan kasus Perselisihan Hubungan Industrial (PHI). 30 4.1 Observasi BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK Melakukan survey dan wawancara secara langsung di Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya. Wawancara dilakukan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. ABSTRAK... vi DAFTAR ISI... DAFTAR TABEL... xii. DAFTAR GAMBAR... xiii. DAFTAR LAMPIRAN... xvi BAB I PENDAHULUAN... 1

DAFTAR ISI. ABSTRAK... vi DAFTAR ISI... DAFTAR TABEL... xii. DAFTAR GAMBAR... xiii. DAFTAR LAMPIRAN... xvi BAB I PENDAHULUAN... 1 DAFTAR ISI ABSTRAK... vi DAFTAR ISI... x DAFTAR TABEL... xii DAFTAR GAMBAR... xiii DAFTAR LAMPIRAN... xvi BAB I PENDAHULUAN... 1 1.1 Latar Belakang Masalah... 1 1.2 Rumusan Masalah... 2 1.3 Batasan Masalah...

Lebih terperinci

SISTEM ADMINISTRASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KOPKAR SEJAHTERA UPY MENGGUNAKAN MULTI INTERFACE. Oleh: MUHAMMAD NASHIR 1 AHMAD RIYADI 2 ABSTRAK

SISTEM ADMINISTRASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KOPKAR SEJAHTERA UPY MENGGUNAKAN MULTI INTERFACE. Oleh: MUHAMMAD NASHIR 1 AHMAD RIYADI 2 ABSTRAK SISTEM ADMINISTRASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KOPKAR SEJAHTERA UPY MENGGUNAKAN MULTI INTERFACE Oleh: MUHAMMAD NASHIR 1 AHMAD RIYADI 2 1 Mahasiswa S1-Program Studi Teknik Informatika, Universitas PGRI Yogyakarta

Lebih terperinci

Pilih file kemudian akan muncul form Login. Rancangan Layar Form Login

Pilih file kemudian akan muncul form Login. Rancangan Layar Form Login Rancangan Layar Form Menu Pilih file kemudian akan muncul form Login. Rancangan Layar Form Login Login sesuai dengan jabatan karyawan. Rancangan Layar Form Nota Penjualan Jika ada transaksi penjualan maka

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Spesifikasi pendukung sistem lainnya a. Layar Monitor b. Kabel Conektor

LAMPIRAN. Spesifikasi pendukung sistem lainnya a. Layar Monitor b. Kabel Conektor 68 LAMPIRAN A. Implementasi sistem Dalam mengimplementasikan sistem software perlu beberapa spesifikasi hadware, hal ini perlu guna melihat kecocokan antara hadware vang digunakan dengan software yang

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIMPAN PINJAM KOPERASI BANK SUMSEL BABEL

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIMPAN PINJAM KOPERASI BANK SUMSEL BABEL SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIMPAN PINJAM KOPERASI BANK SUMSEL BABEL Juwita Eka Putri Salimin Bahar Jurusan Sistem Informasi STMIK PalComTech Palembang Abstrak Koperasi Cermat Bank Sumsel adalah salah satu

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. mengatasi permasalahan yang diangkat pada penelitian ini. Tahap-tahap yang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM. mengatasi permasalahan yang diangkat pada penelitian ini. Tahap-tahap yang BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4.1 Implementasi Sistem Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun untuk mengatasi permasalahan yang diangkat pada penelitian ini. Tahap-tahap

Lebih terperinci

INSTALASI JAVA SDK DAN NETBEANS

INSTALASI JAVA SDK DAN NETBEANS INSTALASI JAVA SDK DAN NETBEANS Java SDK dan NetBeans diperlukan jika anda hendak mulai bermain-main dengan bahasa pemrograman Java. Java SDK adalah platform dasar Java yang diperlukan agar PC anda bisa

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM. 4.1 Proses Bisnis Peminjaman dan Pengembalian Perpustakaan. terkait dengan siswa, guru dan petugas perpustakaan.

BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM. 4.1 Proses Bisnis Peminjaman dan Pengembalian Perpustakaan. terkait dengan siswa, guru dan petugas perpustakaan. BAB IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM 4.1 Proses Bisnis Peminjaman dan Pengembalian Perpustakaan 4.1.1Peminjaman Buku Perpustakaan Proses bisnis yang di bahas oleh penulis adalah mengenai peminjaman buku perpustakaan

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH 3.1 Analisa Masalah Mencatat data alamat seseorang merupakan tugas yang ringan. Akan tetapi ketika data tersebut bertambah banyak maka akan sulit dilaku kan dalam

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK 1. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada saat kerja praktek di PT

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK 1. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada saat kerja praktek di PT BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK 1. 1.1. Analisis Sistem Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada saat kerja praktek di PT ENERGI MUDA NUSANTARA, secara garis besar permasalahan yang ada dalam perusahaan

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI MANAGEMENT SPBU PERTAMINA ( FPOS SPBU) PT. FTF Globalindo

SISTEM INFORMASI MANAGEMENT SPBU PERTAMINA ( FPOS SPBU) PT. FTF Globalindo PRODUK PROFILE SISTEM INFORMASI MANAGEMENT SPBU PERTAMINA ( FPOS SPBU) PT. FTF Globalindo I. SEKILAS TENTANG APLIKASI Sistem Informasi Management SPBU Pertamina adalah aplikasi komputer yang dikembangkan

Lebih terperinci

Fungsi Library EX-word TextLoader

Fungsi Library EX-word TextLoader EW-ID2000 Kamus Elektronik EX-word Fungsi Library EX-word TextLoader Pedoman Pemakaian Pendahuluan Pedoman Pemakaian ini menjelaskan cara menggunakan software EX-word TextLoader dan fungsi Library Kamus

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH. Didalam jaman komputer sekarang ini program aplikasi seperti ini sangat

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH. Didalam jaman komputer sekarang ini program aplikasi seperti ini sangat BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH 3.1 Analisa Masalah Didalam jaman komputer sekarang ini program aplikasi seperti ini sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan dan organisasi yang bekerja dengan database

Lebih terperinci

Invent (Aplikasi Inventaris Barang)

Invent (Aplikasi Inventaris Barang) Use Case Model Invent (Aplikasi Inventaris Barang) Disusun oleh: Rifki Fauzie Auriza Rahmad Akbar Diyan Kurniawan Azis Santoso Haryanto G64052772 G64050089 G64052539 G64052587 G64052669 DEPARTEMEN ILMU

Lebih terperinci

STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU

STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU 1. Download File Setup.exe dari http://www.bakoelppob.com atau klik disini. Jika melalui website bakoelppob, silahkan klik seperti gambar di bawah.

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI

Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI Langkah 1 dari 23: Langkah Instalasi ODBC dan Install SIKI dilakukan setelah selesai langkah Instal MySQL dan Penempatan File Database SIKI (baca : Juknis

Lebih terperinci

USER MANUAL TREND MICRO. Instalasi Trend Micro Internet Security. By: PT. Amandjaja Multifortuna Perkasa

USER MANUAL TREND MICRO. Instalasi Trend Micro Internet Security. By: PT. Amandjaja Multifortuna Perkasa USER MANUAL Instalasi Trend Micro Internet Security TREND MICRO By: PT. Amandjaja Multifortuna Perkasa DAFTAR ISI 1. System Requirements Untuk TIS 2. Pertimbangan Instalasi TIS 3. Proses Instalasi TIS

Lebih terperinci

Gambar 4.159 Tampilan Menu Penyesuaian Stok Barang

Gambar 4.159 Tampilan Menu Penyesuaian Stok Barang 367 Form ini dapat menampilkan jumlah transaksi pembelian. Pengguna cukup memilih periode tahun dan kemudian tekan tombol Proses. Form Penyesuian Stok Barang Gambar 4.159 Tampilan Menu Penyesuaian Stok

Lebih terperinci

Direktorat Jenderal Pajak. User Manual espt PPN 1111 v 1.00

Direktorat Jenderal Pajak. User Manual espt PPN 1111 v 1.00 Direktorat Jenderal Pajak User Manual espt PPN 1111 v 1.00 2010 i Daftar Isi Aplikasi espt PPN 1111... 1 System Requirement... 1 Update Produk... 1 Penggunaan Aplikasi espt PPN 1111... 2 Ringkasan Penggunaan

Lebih terperinci

CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id

CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman cara menginstal dan remove/uninstall aplikasi ada beberapa cara yang akan dijelaskan dalam panduan ini terutama adalah linux yang menggunakan

Lebih terperinci

Diagram Alir Data (Data Flow Diagram) Metode Yang Digunakan Tujuan Penelitian

Diagram Alir Data (Data Flow Diagram) Metode Yang Digunakan Tujuan Penelitian - - - Level 0 Sistem Gambar 2. Level 1 Transaksi Proses Pembelian Level 1 Transaksi Proses Penjualan Gambar 5. DAD Level 1 Transaksi Proses Input Jurnal Penyesuaian DAD Level 1 Laporan Jurnal Gambar

Lebih terperinci

I. PROSES INSTALASI APLIKASI PIN PPSPM

I. PROSES INSTALASI APLIKASI PIN PPSPM I. PROSES INSTALASI APLIKASI PIN PPSPM Setup Aplikasi Injeksi PIN PPSPM terdiri dari satu paket installer dengan nama file setuppinppspm.exe Untuk menginstal aplikasi ini cukup dobel klik pada file installer

Lebih terperinci

PAYMENT POINT ONLINE BANK BRI PANDUAN TEKNIS INSTALASI DAN PENGGUNAAN APLIKASI PAYMENT POINT

PAYMENT POINT ONLINE BANK BRI PANDUAN TEKNIS INSTALASI DAN PENGGUNAAN APLIKASI PAYMENT POINT PAYMENT POINT ONLINE BANK BRI PANDUAN TEKNIS INSTALASI DAN PENGGUNAAN APLIKASI PAYMENT POINT A. INSTALASI APLIKASIBARU LANGKAH 1 : Download Installer Aplikasi di website dengan alamat http://www.mitrapln.com/download/ppob_bri.exe

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI 2010 Hak cipta dilindungi

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI DATA ENTRY LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI DATA ENTRY LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT Lampiran 2 Surat Edaran Bank Indonesia No. 11/ 21 /DKBU tanggal 10 Agustus 2009 PETUNJUK TEKNIS APLIKASI DATA ENTRY LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT DIREKTORAT KREDIT BPR

Lebih terperinci

Jika login gagal, maka akan ditampilkan informasi bahwa ID Operator atau Password yang dinputkan salah

Jika login gagal, maka akan ditampilkan informasi bahwa ID Operator atau Password yang dinputkan salah Utama (Login) Merupakan halaman utama ketika pengguna membuka halaman Sistem Informasi Administrasi Perkuliahan (SIAP), Halaman ini menampilkan form login untuk dapat masuk ke bagian administrator sistem

Lebih terperinci

Instalasi Sistem Operasi ( OS )

Instalasi Sistem Operasi ( OS ) Instalasi OS ( System Operasi) Setelah selesai merakit PC maka langkah selanjutnya adalah instalasi Sistem Operasi atau OS. Yang harus diperhatikan dalam menginstal / menginstal ulang windows xp : 1. Siapkan

Lebih terperinci

PROGRAM KOPERASI SIMPAN PINJAM

PROGRAM KOPERASI SIMPAN PINJAM PROGRAM KOPERASI SIMPAN PINJAM Merupakan program untuk mencatat transaksi pinjaman, angsuran, simpanan, dan accounting pada koperasi simpan pinjam. Feature yang terdapat pada program Sistem Informasi Koperasi

Lebih terperinci

RONNIE ABU KHANSA PENGENALAN KOMPUTER DAN WINDOWS UNTUK PEMULA. Penerbit Khansa Production

RONNIE ABU KHANSA PENGENALAN KOMPUTER DAN WINDOWS UNTUK PEMULA. Penerbit Khansa Production RONNIE ABU KHANSA PENGENALAN KOMPUTER DAN WINDOWS UNTUK PEMULA Penerbit Khansa Production PENGENALAN KOMPUTER DAN WINDOWS UNTUK PEMULA Oleh: Ronnie Abu Khansa Copyright 2010 by Ronnie Abu Khansa Penerbit

Lebih terperinci

APLIKASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT VITUS INDONESIA

APLIKASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT VITUS INDONESIA APLIKASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT VITUS INDONESIA Abstrak Yulianto Tampubolon ( egajulianto@yahoo.com ), Ferry Adrian. Z (ferry.adrian75@yahoo.co.id) Rika Kharlina ( rikachan@stmik-mdp.net

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER (Studi Kasus: CV Computer Plus Palembang)

SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER (Studi Kasus: CV Computer Plus Palembang) SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERBAIKAN KOMPUTER (Studi Kasus: CV Computer Plus Palembang) Oleh: Syaprina, Leon Andretti Abdillah, & Nyimas Sopiah Mahasiswa & Dosen Universitas Bina Darma, Palembang Abstracts:

Lebih terperinci

SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN

SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN A. Muatan Aplikasi Aplikasi Database Masyarakat Miskin Perkotaan ini adalah sistem penyimpanan data kemiskinan yang bersumber dari data PPLS 2011 dan Podes

Lebih terperinci

Komputer Terapan. Untuk XI TKJ SMK Negeri 3 Depok

Komputer Terapan. Untuk XI TKJ SMK Negeri 3 Depok Komputer Terapan Untuk XI TKJ SMK Negeri 3 Depok Komputer Terapan Mengenal sistem informasi, sistem komputer dan aplikasi komputer yang diperlukan untuk mendukung perkuliahan dengan menggunakan komputer.

Lebih terperinci

Bab 1 BEKERJA DENGAN MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING PLUS V.13

Bab 1 BEKERJA DENGAN MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING PLUS V.13 Bab 1 BEKERJA DENGAN MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING PLUS V.13 A. MENJALANKAN PROGRAM MYOB ACCOUNTING Setelah yakin komputer Saudara dipasang dan diinstal Software MYOB Accounting Plus versi 13, maka ada 2

Lebih terperinci

APLIKASI SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM BERBASIS WEB PADA KOPERASI SPBNI SYARIAH

APLIKASI SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM BERBASIS WEB PADA KOPERASI SPBNI SYARIAH APLIKASI SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM BERBASIS WEB PADA KOPERASI SPBNI SYARIAH Junaedi Abdillah Oktavianus Benny S. 2 Program Studi Manajemen Informatika PKN LPKIA Jln. Soekarno Hatta No. 456 Bandung

Lebih terperinci

Sistem Aplikasi Penentuan Harga Pokok Produksi Tas Pada Konveksi IMA Collection Kudus

Sistem Aplikasi Penentuan Harga Pokok Produksi Tas Pada Konveksi IMA Collection Kudus LAPORAN SKRIPSI Sistem Aplikasi Penentuan Harga Pokok Produksi Tas Pada Konveksi IMA Collection Kudus Disusun Oleh : Nama : Pujiyanto Wibowo NIM : 2007-53-123 Jurusan : Sistem Informasi Fakultas : Teknik

Lebih terperinci

Klik File setup.exe lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Klik File setup.exe lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. 1. Instalasi Net Support Manager Klik File setup.exe lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Tekan Next, maka akan muncul tampilan License Agreement Pilih Accept lalu tekan Next, lalu akan

Lebih terperinci

Kata kunci - RUP (Relational Unified Process), Sistem Informasi Manajemen, CV. KARYA SUKSES PRIMA Palembang.

Kata kunci - RUP (Relational Unified Process), Sistem Informasi Manajemen, CV. KARYA SUKSES PRIMA Palembang. 1 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA CV. KARYA SUKSES PRIMA PALEMBANG Hendy Wijaya 1, M.Deni Juliansyah 2, Nyimas Artina 3, Desi Pibriana 4 1,2 STMIK GI MDP 3 Jurusan Sistem Informasi Email

Lebih terperinci

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 1 Daftar Isi BAB 1... 3 PENDAHULUAN... 3 1.1 ALUR KERJA SI-NPP... 3 BAB 2... 4 MENJALANKAN APLIKASI SI-NPP... 4 2.1 MASUK KE APLIKASI SI-NPP... 4 2.2 MENU DALAM APLIKASI (NPP)... 4 2.2.1 Menu Informasi...

Lebih terperinci

Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com

Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Instalasi Windows XP pada VM VirtualBox Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM Hanif Al Fatta M.Kom

ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM Hanif Al Fatta M.Kom ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM Hanif Al Fatta M.Kom Abstraks Hasil dokumentasi dari tahap analisis kelemahan system digunakan untuk rekomendasi fungsionalitas apa saja yang bisa dilakukan sistem baru. Fungsionalitas

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Instalasi Software WAYout

Petunjuk Singkat Instalasi Software WAYout Petunjuk Singkat Instalasi Software WAYout Terima kasih karena Anda telah memilih Software WAYout untuk keperluan komputerisasi, silahkan lanjutkan proses instalasi Software dengan mengikuti petunjuk berikut.

Lebih terperinci

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BEASISWA KURANG MAMPU DI SD NEGERI TAMANAN BANTUL YOGYAKARTA. Naskah Publikasi

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BEASISWA KURANG MAMPU DI SD NEGERI TAMANAN BANTUL YOGYAKARTA. Naskah Publikasi SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMA BEASISWA KURANG MAMPU DI SD NEGERI TAMANAN BANTUL YOGYAKARTA Naskah Publikasi diajukan oleh Tegar Adi Prayogo 09.22.1041 kepada SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

Tutorial Spektra Accounting System

Tutorial Spektra Accounting System Tutorial Spektra Accounting System Requirements Aplikasi 1. Windows XP Service Pack 2. Jika tidak Windows XP Service Pack 2, maka jalankan file "install\windowsinstaller-kb893803-v2-x86.exe" dan "install\dotnetfx.exe".

Lebih terperinci

Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak

Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak Pengenalan 1. Mengenai CBM CBM adalah aplikasi yang dikembangan untuk pengambilan KRS (Kartu Rencana Studi), review KHS (Kartu Hasil

Lebih terperinci

UTILITY (SEBAS) PT.GALAXY INTERAKTIF. www.galaxyinteraktif.com PT. GALAXY INTERAKTIF. Telp. 021. 44760953 68999294. www.galaxyinteraktif.

UTILITY (SEBAS) PT.GALAXY INTERAKTIF. www.galaxyinteraktif.com PT. GALAXY INTERAKTIF. Telp. 021. 44760953 68999294. www.galaxyinteraktif. UTILITY (SEBAS) PT. GALAXY INTERAKTIF Telp. 021. 44760953 68999294. www.galaxyinteraktif.com -Smart Enterprise Business Accounting System Hal : IX - 1 Setup Company Di dalam menu ini berisi informasi mengenai

Lebih terperinci

BAB III LANDASAN TEORI. 3.1 Pengertian Sistem Informasi Manajemen. informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan.

BAB III LANDASAN TEORI. 3.1 Pengertian Sistem Informasi Manajemen. informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. BAB III LANDASAN TEORI 3.1 Pengertian Sistem Informasi Manajemen 3.1.1 Sistem Informasi Untuk menghasilkan informasi yang berkualitas maka dibuatlah sistem informasi. Sistem informasi didefinisikan oleh

Lebih terperinci

Instalasi KLI Network Gateway 1.30 Hari S. (hari_abenks@yahoo.com)

Instalasi KLI Network Gateway 1.30 Hari S. (hari_abenks@yahoo.com) Instalasi KLI Network Gateway 1.30 Hari S. (hari_abenks@yahoo.com) Berikut adalah langkah singkat instalasi Access Point Internet menggunakan radio, dengan software KLI Network Gateway 1.30, yang pernah

Lebih terperinci

MENGINSTAL SISTEM OPERASI JARINGAN BERBASIS GUI

MENGINSTAL SISTEM OPERASI JARINGAN BERBASIS GUI Nama : Kelas : Absen : UNTUK KALANGAN SENDIRI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN MENGINSTAL SISTEM OPERASI JARINGAN BERBASIS GUI Disusun Oleh : MUKHLAS NUR IMAN, S.Kom.

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Fitur Sinkronisasi PDDIKTI. Daftar Isi

Buku Petunjuk Fitur Sinkronisasi PDDIKTI. Daftar Isi Daftar Isi Daftar Isi... i I. Pendahuluan... 1 II. Sinkronisasi Online... 1 1. Langkah-langkah sinkronisasi online... 1 III. Sinkronisasi Offline... 3 1. Langkah-langkah sinkronisasi offline... 3 Halaman

Lebih terperinci

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN. Alat penelitian berupa komputer yang akan diimplementasikan prototipe

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN. Alat penelitian berupa komputer yang akan diimplementasikan prototipe BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN 3.1 Alat dan Bahan Penelitian 3.1.1 Alat Penelitian Alat penelitian berupa komputer yang akan diimplementasikan prototipe perangkat lunak sistem manajemen klaim asuransi dengan

Lebih terperinci

web kami di Membuka Login PT DELAPAN PUTRA www.delaprasta.com

web kami di Membuka Login PT DELAPAN PUTRA www.delaprasta.com Aplikasi Androidd Bagi anda yang telah melakukan pendaftaran online dan telah menyeselesaikan semua persyaratan, maka kami akan mengirimkann user dan password dan anda dapat melakukan penginstalan aplikasi

Lebih terperinci

KEMENTERIAN KEHUTANAN DIREKTORAT JENDERAL BINA PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN PERHUTANAN SOSIAL

KEMENTERIAN KEHUTANAN DIREKTORAT JENDERAL BINA PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN PERHUTANAN SOSIAL KEMENTERIAN KEHUTANAN DIREKTORAT JENDERAL BINA PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN PERHUTANAN SOSIAL PERATURAN DIREKTUR JENDERAL BINA PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN PERHUTANAN SOSIAL NOMOR : P.

Lebih terperinci

BAB 1 PENDAHULUAN. tiga strategic business unit yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara X

BAB 1 PENDAHULUAN. tiga strategic business unit yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara X BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Jember Klinik (Rumah Sakit Perkebunan Jember) adalah salah satu dari tiga strategic business unit yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara X (Persero). Rumah

Lebih terperinci

Praktikum 10 Mendesain Report

Praktikum 10 Mendesain Report Praktikum 10 Mendesain Report A. Mendesain Report Barang 1. Buka kembali project prjpenjualan.vbp yang ada di folder D:\Penjualan. 2. Klik menu Project, pilih Add Data Report. 3. Selanjutnya akan tampil

Lebih terperinci

Kebutuhan Sistem. Cara Mendapatkan BlankOn. Endi Dwi Kristianto endidwikristianto@engineer.com http://endidwikristianto.blogspot.com.

Kebutuhan Sistem. Cara Mendapatkan BlankOn. Endi Dwi Kristianto endidwikristianto@engineer.com http://endidwikristianto.blogspot.com. Instalasi Linux BlankOn 7 Pattimura Endi Dwi Kristianto endidwikristianto@engineer.com http://endidwikristianto.blogspot.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci

Pra Instalasi. A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini:

Pra Instalasi. A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini: Pra Instalasi A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini: 1. Silahkan buka start (disebelah kiri bawah menu) atau klik,

Lebih terperinci

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6.

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6. Panduan Instalasi Aplikasi SIDeKa 1. Instalasi Web Server menggunakan XAMPP. Di Windows Web Server diperlukan untuk menjalankan aplikasi SIDeKa, karena aplikasi ini dibangun berbasis web (Web Base). Step

Lebih terperinci

PANDUAN UMUM PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOP TOKOMOBILE (Android)

PANDUAN UMUM PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOP TOKOMOBILE (Android) PANDUAN UMUM PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOP TOKOMOBILE (Android) Aplikasi Online Shop Tokomobile (Android) adalah aplikasi yang ditujukan untuk para pelanggan yang menggunakan Android Smartphone. Aplikasi

Lebih terperinci

PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN SECARA TUNAI PADA TOKO BUSANA XYZ DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN SECARA TUNAI PADA TOKO BUSANA XYZ DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN SECARA UNAI PADA OKO BUSANA XZ DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOF VISUAL BASIC 6.0 UGAS AKHIR Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Program Diploma iga Rizqa Shaumi

Lebih terperinci

SISTEM DISTRIBUSI ALAT KESEHATAN PADA PT USAHA ENAM SAUDARA. Suparjo Riski Novalian Jurusan Sistem Informasi STMIK Palcomtech Palembang.

SISTEM DISTRIBUSI ALAT KESEHATAN PADA PT USAHA ENAM SAUDARA. Suparjo Riski Novalian Jurusan Sistem Informasi STMIK Palcomtech Palembang. SISTEM DISTRIBUSI ALAT KESEHATAN PADA PT USAHA ENAM SAUDARA Suparjo Riski Novalian Jurusan Sistem Informasi STMIK Palcomtech Palembang Abstrak Sistem distribusi alat kesehatan pada PT Usaha Enam Saudara

Lebih terperinci

PEMBUATAN APLIKASI PEMROGRAMAN DAFTAR URUT KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PURBALINGGA.

PEMBUATAN APLIKASI PEMROGRAMAN DAFTAR URUT KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PURBALINGGA. PEMBUATAN APLIKASI PEMROGRAMAN DAFTAR URUT KEPANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PURBALINGGA Naskah Publikasi diajukan oleh : Ruliati Teja Ningrum 09.12.3814 Kepada SEKOLAH TINGGI

Lebih terperinci

APLIKASI SIMPAN PINJAN PADA KOPERASI RATIM PT PLN Persero PALEMBANG

APLIKASI SIMPAN PINJAN PADA KOPERASI RATIM PT PLN Persero PALEMBANG APLIKASI SIMPAN PINJAN PADA KOPERASI RATIM PT PLN Persero PALEMBANG Janwar Guswandy (wandy.style@gmail.com), Aprizal Fitriansyah Siregar (ijalsiregar@ymail.com) Nyimas Artina, (tina_kity2007@yahoo.co.id)

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK Update 12 Februari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam Aplikasi

Lebih terperinci

www.tokohpku.info www.klikmyshop.com www.it-webstore.web.id www.it-blog.web.id www.tokohpku.web.id MANUAL VRE GATEWAY

www.tokohpku.info www.klikmyshop.com www.it-webstore.web.id www.it-blog.web.id www.tokohpku.web.id MANUAL VRE GATEWAY MANUAL VRE GATEWAY 1. Buat data kartu misal dengan nama MENTARI GATEWAY 2. Input data produk misal NAMA KARTU MENTARI GATEWAY 3. Kemudian klik simpan II. Setting Data Supplier Vre gateway NAMA= Disesuaikan

Lebih terperinci

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN CALON SISWA BARU DI SMA NEGERI 1 BADAR DENGAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP)

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN CALON SISWA BARU DI SMA NEGERI 1 BADAR DENGAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN CALON SISWA BARU DI SMA NEGERI 1 BADAR DENGAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP) Ahmad Khaidir (0911023) Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, STMIK

Lebih terperinci

1. Halaman Depan Halaman depan menampilkan beberapa informasi mengenai e-procurement, terdiri dari : Registrasi Penyedia Barang/Jasa Digunakan untuk

1. Halaman Depan Halaman depan menampilkan beberapa informasi mengenai e-procurement, terdiri dari : Registrasi Penyedia Barang/Jasa Digunakan untuk 1. Halaman Depan Halaman depan menampilkan beberapa informasi mengenai e-procurement, terdiri dari : Registrasi Penyedia Barang/Jasa Digunakan untuk registrasi bagi penyedia barang/jasa yang belum terdaftar

Lebih terperinci

CMS Joomla. Materi Kuliah Rekayasa Web Universitas Budi Luhur. A. Pengenalan Joomla

CMS Joomla. Materi Kuliah Rekayasa Web Universitas Budi Luhur. A. Pengenalan Joomla CMS Joomla A. Pengenalan Joomla Joomla merupakan sebuah CMS open source yang digunakan untuk membuat website dan aplikasi online lainnya (seperti forum, toko online) secara cepat dan mudah. Dengan menggunakan

Lebih terperinci

COMPIERE. 2009

COMPIERE.  2009 COMPIERE http://en.wikipedia.org, 2009 M. Choirul Amri, Romi Satria Wahono, Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux,www.ilmukomputer.com, 21-11-2003 Panduan Pendayagunaan Open Source Software: Enterprise

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PENYEDIA Update 12 Februari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam

Lebih terperinci

Cara Bertransaksi Di Mandiri internet

Cara Bertransaksi Di Mandiri internet Cara Bertransaksi Di Mandiri internet DAFTAR ISI Login - Logout...3 Website Bank Mandiri...4 Login...4 Menu...4 Logout...4 Transfer Dana...5 Transfer Antar Rekening Mandiri...6 Transfer Antar Bank Domestik...8

Lebih terperinci

III. DOKUMENTASI HASIL PEKERJAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PERJALANAN DINAS. Aplikasi Perjalanan Dinas Sekretariat Dewan Prov.

III. DOKUMENTASI HASIL PEKERJAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PERJALANAN DINAS. Aplikasi Perjalanan Dinas Sekretariat Dewan Prov. III. DOKUMENTASI HASIL PEKERJAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PERJALANAN DINAS Aplikasi Perjalanan Dinas Sekretariat Dewan Prov. Sulawesi Barat Struktur Sistem Informasi Perjalanan Dinas Aplikasi terdiri

Lebih terperinci

Evaluasi Sistem Akuntansi Penjualan Pada PT.Cakra Laksana Sakti Cabang Bekasi. Nama : Wulan Noviani NPM : 27211473 Jurusan : Akuntansi

Evaluasi Sistem Akuntansi Penjualan Pada PT.Cakra Laksana Sakti Cabang Bekasi. Nama : Wulan Noviani NPM : 27211473 Jurusan : Akuntansi Evaluasi Sistem Akuntansi Penjualan Pada PT.Cakra Laksana Sakti Cabang Bekasi ama : Wulan oviani PM : 27211473 Jurusan : Akuntansi LATAR BELAKAG Perkembangan pemakai sepeda motor di Indonesia berkembang

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T.

Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T. Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T. cakrabirawa@mail.ru Dalam dunia perpustakaan, ada sebuah program yang telah dikenal luas dalam membantu tugas-tugas pengelolaan

Lebih terperinci

Tutorial Opsi Biner GDMFX di MT4

Tutorial Opsi Biner GDMFX di MT4 Tutorial Opsi Biner GDMFX di MT4 CARA MENDAFTAR AKUN OPSI BINER 1. Mendaftar untuk akun demo atau nyata di situs web kami. Masukkan Nama Depan, Nama Belakang, Email, Negara, dan Nomor Telepon Anda. Lalu,

Lebih terperinci

Panduan Instalasi Koneksi Galileo SSL Client (SSL127)

Panduan Instalasi Koneksi Galileo SSL Client (SSL127) Panduan Instalasi Koneksi Galileo SSL Client (SSL127) Persiapan : Ada beberapa file yang diperlukan sebelum kita melakukan instalasi Galileo SSL Client : 1 2 TAHAP 1 Pastikan SSL Certificate Windows Anda

Lebih terperinci

Cara Mudah Koneksi Php Dan Mysql Dengan Database

Cara Mudah Koneksi Php Dan Mysql Dengan Database Cara Mudah Koneksi Php Dan Mysql Dengan Database Pendahuluan Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Mulai dari informasi, komunikasi sampai teknologi internet yang sudah merambah

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Berkembangnya suatu perusahaan tentu harus di tunjang dengan berkembangnya sistem yang ada didalamnya, hal ini bertujuan agar penanganan masalah yang kompleks

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 SISTEM AKADEMIK YARSI Modul Pelatihan Dosen Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 Daftar Isi Contents I. Login... 2 II. Kalender Akademik... 3 III. Menu Penilaian... 4 III.1 Input Nilai...

Lebih terperinci

Panduan Instalasi dan Transaksi PPOB Aplikasi Mainsoft Symphoni

Panduan Instalasi dan Transaksi PPOB Aplikasi Mainsoft Symphoni Panduan Instalasi dan Penggunaan Aplikasi Mainsoft Symphoni Teleanjar 1. SETUP PRINTER Langkah Penting sebelum Instalasi dan transaksi adalah SETUP Printer PASTIKAN PRINTER yang Anda gunakan sudah menjadi

Lebih terperinci

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan

Lebih terperinci

MDS100. Panduan Pengguna Sistem Deteksi Molekuler

MDS100. Panduan Pengguna Sistem Deteksi Molekuler MDS100 ID Panduan Pengguna Sistem Deteksi Molekuler 3 Tanggal Penerbitan: 2011-11 Panduan Pengguna Sistem Deteksi Molekuler MDS100 Daftar Isi Daftar Isi...1 Penggunaan Panduan ini...3 Penggunaan yang Dimaksudkan...

Lebih terperinci

Daftar Isi. 6.1.1 Langkah-langkah untuk sorting data :... 7. 6.2 Filtering Data... 8. 6.2.1 Langkah 1 untuk filtering data :... 8

Daftar Isi. 6.1.1 Langkah-langkah untuk sorting data :... 7. 6.2 Filtering Data... 8. 6.2.1 Langkah 1 untuk filtering data :... 8 Daftar Isi Daftar Isi... i 1 Pendahuluan... 1 2 Alur Sistem PDDIKTI... 1 3 Persiapan Generate Data Awal... 2 4 Cara Masuk Ke Aplikasi... 5 5 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 6 Cara Sorting Dan Filtering

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM STUDI KASUS PADA KOPERASI KARYAWAN PT. DOK&PERKAPALAN SURABAYA

SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM STUDI KASUS PADA KOPERASI KARYAWAN PT. DOK&PERKAPALAN SURABAYA SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM STUDI KASUS PADA KOPERASI KARYAWAN PT. DOK&PERKAPALAN SURABAYA SHINTA AYUDYA P. 04204090, adyahime@yahoo.co.id PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Lebih terperinci

SISTEM KOMPUTER STANDAR KOMPETENSI & KOMPETENSI DASAR

SISTEM KOMPUTER STANDAR KOMPETENSI & KOMPETENSI DASAR BAB 1 SISTEM KOMPUTER STANDAR KOMPETENSI & KOMPETENSI DASAR Kelas 10 Semester 1 1. Melakukan operasi dasar komputer 1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur 1.2 Menggunakan perangkat

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL SIDAK (Sistem Informasi DAK)

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL SIDAK (Sistem Informasi DAK) BUKU PETUNJUK OPERASIONAL SIDAK (Sistem Informasi DAK) Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Daftar Isi Daftar Isi...I A. AKSES SIDAK...1 B. MENU

Lebih terperinci

Menjalankan aplikasi MYSQL

Menjalankan aplikasi MYSQL Menjalankan aplikasi MYSQL MYSQL adalah aplikasi database yang berjalan sebagai service. Aplikasi service berjalan tanpa menampilkan antar muka pada dekstop/taskbar MYSQL menyediakan berbagai aplikasi

Lebih terperinci

E-REGISTRATION VERSI 1.3. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia

E-REGISTRATION VERSI 1.3. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia User Manual E-REGISTRATION VERSI 1.3 Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Copyright @2013 COPYRIGHT @2013 Daftar Isi Pendahuluan... 3 Aplikasi e-registration... 3 Perangkat & Aplikasi Lain

Lebih terperinci

Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio)

Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio) Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio) Fitri Andriyani fitriandriyani18@gmail.com Abstrak C# (DIBACA SEE-SHARP ) adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan oleh Microsoft yang

Lebih terperinci