BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN"

Transkripsi

1 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Sistem yang digunakan dalam implementasi program ini, terbagi menjadi dua perangkat. Perangkat tersebut, yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. Berikut penjelasan secara rinci perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan Perangkat Keras Untuk perangkat keras, minimal pengguna harus mempersiapkan spesifikasi sebagai berikut: 1. Processor Pentium III 1.8 Ghz. 2. Memory 128 MB. 3. Hardisk 40 GB Perangkat Lunak Adapun perangkat lunak yang digunakan, yaitu: 1. Power Designer 6 32 bit. 2. Microsoft Visual Basic.NET vesion 2003 beserta Crystal Report. 3. SQL Server Sistem operasi Windows 2000 SP4 atau Windows XP Professional. 5.2 Cara Setup Program Aplikasi sistem informasi administrasi dan inventory ini terdapat dalam satu file yang berisi paket aplikasi. File setup program aplikasi tersebut bernama 88

2 89 pelayanan_pelanggan.msi seperti yang terlihat pada gambar 5.1. Setelah mengaktifkan pelayanan_pelanggan.msi, form Instalasi tampil. Form Instalasi yang pertama tampil berisi keterangan bahwa form tersebut dapat memandu pengguna dalam menginstal aplikasi. Form Instalasi juga menampilkan file Readme, sebagaimana terlihat pada gambar 5.2, yaitu file yang berisi tentang fungsi aplikasi, kebutuhan minimal aplikasi, dan developer yang membuat aplikasi tersebut. Gambar 5.1 File Instaler Gambar 5.2 File Readme pada Form Instalasi Kemudian form Instalasi menampilkan file Lisensi, sebagaimana terlihat pada gambar 5.3. File ini berisi tentang perjanjian pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Pada tampilan form Instalasi berikutnya, pengguna dapat memilih

3 90 letak file aplikasi, sebagaimana terlihat pada gambar 5.4. Pengguna disarankan untuk memilih letak yang aman pada komputer karena file database aplikasi yang dipakai juga terdapat pada folder yang sama. Gambar 5.3 File Lisensi pada Form Instalasi Gambar 5.4 Form Instalasi Bagian Konfirmasi Letak File

4 91 Setelah pengguna memenuhi semua kebutuhan, sebagaimana diminta oleh form Instalasi, pengguna dapat mulai menggunakan aplikasi tersebut. Kesuksesan penginstalan aplikasi dapat dilihat pada keterangan yang terdapat pada form Instalasi terakhir, sebagaimana terlihat pada gambar 5.5. Pengguna dapat memanggil aplikasi yang terinstal melalui start menu yang terdapat pada desktop pengguna. Gambar 5.5 Form Instalasi Terakhir 5.3 Penjelasan Pemakaian Tahap ini merupakan langkah-langkah dari pemakaian program Sistem Informasi Administrasi dan Inventory ini. Berikut sub-sub pembahasan pemakaian: 1. Menu Utama Menu Utama merupakan tampilan awal dari program ini. Pada form ini terdapat menu-menu yang bermanfaat dalam menjalankan Sistem Informasi

5 92 Administrasi dan Inventory seperti Menu Master, Menu Transaksi, dan Menu Laporan. Form utama dapat dilihat pada gambar 5.6. Gambar 5.6 Form Utama 2. Form Login Form Login merupakan form identifikasi pengguna dari program pada saat itu. Form tersebut berguna sebagai penanda bagi pegawai yang pada saat Login. Form Login dapat dilihat pada gambar 5.7.

6 93 Gambar 5.7 Form Login 3. Form Master Pegawai Form Master Pegawai merupakan form yang berguna dalam penyimpanan dan perubahan data pegawai PT. Toyota Astra Motor. Form tersebut mempunyai beberapa inputan yang harus di isi, yang sudah ditandatai dengan kode bintang (*), dan untuk pengisian No Telpon tidak harus di isi dan juga tidak dapat di isi huruf harus dengan angka dan sebaliknya. Data yang tidak bisa di isi angka dan harus dengan huruf seperti contoh nama pegawai, kota, tempat lahir, kewarganegaraan. Form Master Pegawai dapat dilihat pada gambar 5.8.

7 94 Gambar 5.8 Form Master Pegawai 4. Form Master Pelanggan Form Mater Pelanggan merupakan form yang berguna dalam penyimpanan dan perubahan data pelanggan PT. Toyota Astra Motor. Form tersebut mempunyai beberapa inputan yang harus di isi, yang sudah ditandatai dengan kode bintang (*), dan untuk pengisian No Telpon tidak harus di isi dan juga tidak dapat di isi huruf harus dengan angka dan sebaliknya data yang tidak bisa di isi angka dan harus dengan huruf seperti contoh nama lengkap, kota, tempat lahir. Form Master Pelanggan dapat dilihat pada gambar 5.9.

8 95 Gambar 5.9 Form Master Pelanggan 5. Form Master Jasa Form Mater Jasa merupakan form yang berguna dalam penyimpanan dan perubahan data jasa PT. Toyota-Astra Motor. Form tersebut mempunyai beberapa inputan yang harus di isi, yang sudah ditandatai dengan kode bintang (*), dan untuk pengisian No Jasa tidak harus di isi dan juga tidak dapat di isi huruf harus dengan angka dan sebaliknya data yang tidak bisa di isi angka

9 96 dan harus dengan huruf seperti contoh nama jasa dan harga jasa. Form Master Jasa dapat dilihat pada gambar Gambar 5.10 Form Master Jasa 6. Form Pengaturan Suku Cadang Form Pengaturan Suku Cadang merupakan form yang berguna dalam menyimpan dan merubah data suku cadang. Form Pengaturan Suku Cadang dapat dilihat pada gambar 5.15.

10 97 Gambar 5.15 Form Master Suku Cadang 7. Form Pengaturan Kota dan Kode Telepon Area Form Pengaturan Kota dan Kode Telepon Area merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah kota dan kode telepon area. Form Pengaturan Kota dan Kode Telepon Area dapat dilihat pada gambar Gambar 5.16 Form Pengaturan Kota dan Kode Telepon Area

11 98 8. Form Pengaturan Leasing Form Pengaturan Leasing merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah data Leasing. Form Pengaturan Leasing dapat dilihat pada gambar Gambar 5.17 Form Master Leasing 9. Form Master Mobil Pelanggan Form Master Mobil Pelanggan merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah data mobil pelanggan. Form Master Mobil Pelanggan dapat dilihat pada gambar 5.18.

12 99 Gambar 5.18 Form Master Mobil Pelanggan 10. Form Master Mobil Form Master Mobil merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah data model mobil yang akan di jual. Form Master Mobil dapat dilihat pada gambar 5.19.

13 100 Gambar 5.19 Form Master Mobil 11. Form Master Harga Form Master Harga merupakan form yang yang berguna dalam menyimpan dan merubah data penentuan harga. Form Master Harga dapat dilihat pada gambar 5.20.

14 101 Gambar 5.20 Form Master Harga 12. Form Master Stok Mobil Form Master Stok Mobil merupakan form untuk absensi pegawai PT. Toyota Astra Motor. Form tersebut adalah untuk menyimpan data stok mobil yang ada di dealer. Form Master Stok Mobil dapat dilihat pada gambar 5.21.

15 102 Gambar 5.21 Form Master Stok Mobil 13. Form Transaksi Pelayanan Mobil Pelanggan Form Transaksi Pelayanan merupakan form untuk pelayanan mobil pada PT. Toyota Astra Motor. Form ini dapat digunakan ketika pelanggan yang akan melakukan pelayanan mobil. Form Transaksi Pelayanan dapat dilihat pada gambar 5.22.

16 103 Gambar 5.22 Form Transaksi Pelayanan Mobil Pelanggan 14. Form Transaksi Nota Jasa Form Transaksi Nota Jasa merupakan form yang berguna dalam menyimpan data transaksi nota jasa. Form Transaksi Nota Jasa dapat dilihat pada gambar 5.23.

17 104 Gambar 5.23 Form Transaksi Nota Jasa 15. Form Transaksi Nota Barang Form Transaksi Nota Barang merupakan form yang berguna dalam penyimpanan data transaksi nota barang. Form Transaksi Nota Barang dapat dilihat pada gambar 5.24.

18 105 Gambar 5.24 Form Transaksi Nota Barang 16. Form Transaksi Penjualan Kendaraan Form Transaksi Penjualan Kendaraan merupakan form yang berguna dalam penyimpanan data transaksi penjualan kendaraan. Form Transaksi Penjualan Kendaraan dapat dilihat pada gambar 5.25.

19 106 Gambar 5.25 Form Transaksi Penjualan Kendaraan 17. Form Transaksi Rincian Pembiayaan Mobil Form Transaksi Rincian Pembiayaan Mobil merupakan form yang berguna dalam penyimpanan data transaksi rincian pembiayaan mobil. Form Transaksi Rincian Pembiayaan Mobil dapat dilihat pada gambar 5.26.

20 107 Gambar 5.26 Form Transaksi Rincian Pembiayaan Mobil 18. Form Transaksi Perlengkapan Tambahan Form Transaksi Perlengkapan Tambahan merupakan form yang berguna untuk transaksi perlengkapan tambahan. Form Transaksi Perlengkapan Tambahan dapat dilihat pada gambar 5.27.

21 108 Gambar 5.27 Form Transaksi Perlengkapan Tambahan 19. Form Cetak Data Pegawai Form Cetak Data Pegawai merupakan form yang berguna untuk mencetak data pegawai. Form Cetak Data Pegawai dapat dilihat pada gambar 5.28.

22 109 Gambar 5.28 Form Cetak Data Pegawai 20. Form Cetak Laporan Data Pelanggan Form Cetak Laporan Data Pelanggan merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan pelanggan PT. Toyota Astra Motor. Form Cetak Laporan Data Pelanggan dapat dilihat pada gambar 5.29.

23 110 Gambar 5.29 Form Cetak Laporan Data Pelanggan 21. Form Cetak Laporan Data Jasa Form Cetak Laporan Data Jasa merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan data jasa. Form Cetak Laporan Data Jasa dapat dilihat pada gambar 5.30.

24 111 Gambar 5.30 Form Cetak Laporan Data Jasa 22. Form Cetak Laporan Data Harga Mobil Form Cetak Laporan Data Harga Mobil merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan data harga mobil. Form Cetak Laporan Data Harga Mobil dapat dilihat pada gambar 5.31.

25 112 Gambar 5.31 Form Cetak Laporan Data Harga Mobil 23. Form Cetak Laporan Suku Cadang Form Cetak Laporan Suku Cadang merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan suku cadang. Form Cetak Laporan Suku Cadang dapat dilihat pada gambar 5.32.

26 113 Gambar 5.32 Form Cetak Laporan Suku Cadang 24. Form Cetak Laporan Faktur Jual Form Cetak Laporan Faktur Jual merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan faktur jual. Form Cetak Laporan Faktur Jual dapat dilihat pada gambar 5.33.

27 114 Gambar 5.33 Form Cetak Laporan Faktur Penjualan 25. Form Cetak Laporan Bukti Serah Terima Kendaraan Baru Form Cetak Laporan Bukti Serah Terima Kendaraan Baru merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan bukti serah terima kendaraan baru. Form Cetak Laporan Bukti Serah Terima Kendaraan Baru dapat dilihat pada gambar 5.34.

28 115 Gambar 5.34 Form Cetak Laporan Bukti Serah Terima Kendaraan Baru 26. Form Cetak Grafik Penjualan Mobil Form Cetak Laporan Grafik Penjualan Mobil merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan grafik penjualan mobil. Form Cetak Laporan Grafik Penjualan Mobil dapat dilihat pada gambar 5.35.

29 116 Gambar 5.35 Form Cetak Laporan Grafik Penjualan Mobil 27. Form Cetak Laporan Perintah Kerja Bengkel Form Cetak Laporan Perintah Kerja Bengkel merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan perintah kerja bengkel. Form Cetak Perintah Kerja Bengkel dapat dilihat pada gambar 5.36.

30 117 Gambar 5.36 Form Cetak Laporan Perintah Kerja Bengkel 28. Form Cetak Laporan Nota Barang Form Cetak Laporan Nota Barang merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan nota barang. Form Cetak Nota Barang dapat dilihat pada gambar 5.37.

31 118 Gambar 5.37 Form Cetak Laporan Nota Barang 29. Form Cetak Laporan Nota Jasa Form Cetak Laporan Nota Jasa merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan nota jasa. Form Cetak Nota Jasa dapat dilihat pada gambar 5.38.

32 119 Gambar 5.38 Form Cetak Laporan Nota Jasa 30. Form Cetak Laporan Angsuran Pelanggan Form Cetak Laporan Angsuran Pelanggan merupakan form yang berguna untuk mencetak laporan angsuran pelanggan. Form Cetak Angsuran Pelanggan dapat dilihat pada gambar 5.39.

33 Gambar 5.39 Form Cetak Laporan Angsuran Pelanggan 120

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. terbagi menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. terbagi menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Sistem yang digunakan untuk membuat Sistem Informasi Koperasi terbagi menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Sistem yang digunakan untuk mengimplementasikan aplikasi ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Perangkat Keras a. Processor minimum Pentium

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. analisis dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Adapun kebutuhan

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. analisis dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Adapun kebutuhan BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1. Implementasi Sistem Dan Pembahasan Tahap implementasi progam merupakan suatu tahap penerapan dari analisis dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Adapun

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. sistem ini terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak minimal harus dipenuhi

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. sistem ini terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak minimal harus dipenuhi BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Tahap implementasi program merupakan suatu tahap penerapan dari analisis dan desain sistem yang telah dibuat sebelumnya. Adapun kebutuhan sistem ini

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Installasi Program Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu komponen-komponen utama komputer yang mendukung setiap proses harus sudah

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Bab IV berisi tentang implementasi dan evaluasi sistem.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Bab IV berisi tentang implementasi dan evaluasi sistem. BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Bab IV berisi tentang implementasi dan evaluasi sistem. 4.1 Implementasi Untuk dapat menjalankan sistem sesuai rancangan yang telah dibuat, dibutuhkan spesifikasi minimum

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Instalasi Software Dalam penulisan tugas akhir ini dalam pembuatan programnya menggunakan aplikasi XAMPP dan MySQL sebagai databasenya dengan bahasa pemrograman Visual

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Pada tahap ini merupakan langkah dimana setelah perancangan, pembangunan, dan pengujian maka tahap selanjutnya yaitu mengimplementasikan sebuah

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 81 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan (H/W & S/W) Sistem yang digunakan untuk pembuatan program sistem informasi ini adalah: a. Perangkat Lunak (Software) 1. Microsoft Visual Basic.Net

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN I.1

BAB I PENDAHULUAN I.1 BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Setelah menggunakan Aplikasi Kasir Elektronik yang dibuat saat Kerja Praktek, pemilik rumah makan merasakan perubahan yang positif pada rumah makannya. Beberapa perubahan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Teknologi yang dibutuhkan Setelah pada bab sebelumnya menjelaskan tentang analisis dan desain sistem yang baru, maka di bawah ini akan diuraikan piranti-piranti yang

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Setelah tahap penganalisaan dan perancangan selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya dalam membangun sebuah sistem informasi adalah menguji apakah sistem tersebut siap diterapkan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Tahap ini merupakan pembuatan perangkat lunak yang disesuaikan dengan rancangan atau desain sistem yang telah dibuat. Aplikasi yang dibuat akan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4. 1 Hasil Hasil akhir dari pelaksanaan penelitian tugas akhir ini yaitu berupa suatu aplikasi pengolahan data penjualan kendaraan pada PD. Rezeki Palembang yang di buat menggunakan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 43 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada form utama terdapat menu-menu yang dapat mengarahkan pada form-form yang ada, menu-menu tersebut, antara lain (1) menu master pengguna, (2) menu

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. 1. Sistem Operasi Microsoft Windows Microsoft SQL Server 2005

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. 1. Sistem Operasi Microsoft Windows Microsoft SQL Server 2005 74 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem Yang Digunakan Untuk dapat menjalankan aplikasi sistem informasi sirkulasi pelayanan perpustakaan PT.Integritas Mitra Bersatu dibutuhkan : 5.1.1 Software

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggun program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan pada Kelurahan

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. menggun program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan pada Kelurahan BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Berikut ini adalah hardware dan software yang dibutuhkan untuk menggun program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan pada Kelurahan Sarirejo,

Lebih terperinci

BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SITEM. metode pengujian dan pelaksanaan pengujian.

BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SITEM. metode pengujian dan pelaksanaan pengujian. BAB V PENGUJIAN DAN IMPLEMENTASI SITEM 5.1. Pengujian Pengujian merupakan metode yang dilakukan untuk menjelaskan mengenai pengoperasian perangkat lunak yang terdiri dari perangkat pengujian, metode pengujian

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM. Requirement Planning Pada PT. WILKEN MITRA PERKASA SURABAYA.

BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM. Requirement Planning Pada PT. WILKEN MITRA PERKASA SURABAYA. BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM Pada bab ini akan dibahas mengenai implementasi dan uji coba dari aplikasi Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Material Requirement Planning Pada PT. WILKEN

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. pemrograman yang menerapkan metode fuzzy logic untuk menilai kelayakan

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. pemrograman yang menerapkan metode fuzzy logic untuk menilai kelayakan 54 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Implementasi dan evaluasi pada penelitian tugas akhir ini berupa aplikasi pemrograman yang menerapkan metode fuzzy logic untuk menilai kelayakan pemberian kredit investasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap Implementasi Sistem Operasional Lapangan Futsal Di OBC ini dilakukan

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap Implementasi Sistem Operasional Lapangan Futsal Di OBC ini dilakukan BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Tahap Implementasi Sistem Operasional Lapangan Futsal Di OBC ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, basis data yang

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 68 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Untuk menjalankan Sistem Informasi Unit Simpan Pinjam UPPKS diperlukan persiapan yang meliputi kebutuhan tentang perangkat keras dan perangkat lunak,

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. minimal pengguna harus mempersiapkan spesifikasi sebagai berikut:

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. minimal pengguna harus mempersiapkan spesifikasi sebagai berikut: BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Instalasi Program Pada tahap ini dijelaskan mengenai implementasi dari perangkat keras dan lunak yang harus dipersiapkan oleh pengguna. Untuk perangkat keras, minimal

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Tahap implementasi pada sebuah sistem informasi merupakan tahap dimana sistem yang telah dirancang pada tahap sebelumnya diterapkan, berupa perangkat

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Tetap dengan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus PT PJB Services)

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Tetap dengan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus PT PJB Services) BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Implementasi Program Sistem Informasi Seleksi Pengangkatan Pegawai Tetap dengan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus PT PJB Services) ini dibutuhkan

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Sistem setelah dianalisa dan dirancang, maka sistem tersebut siap diterapkan atau diimplementasikan. Tahap implementasi sistem ini merupakan tahap meletakkan perancangan sistem

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Aplikasi Penerimaan Pesanan Barang dan Peramalan Penjualan dengan. Menggunakan Metode Single Moving Average.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Aplikasi Penerimaan Pesanan Barang dan Peramalan Penjualan dengan. Menggunakan Metode Single Moving Average. BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Pada bab ini akan dijelaskan mengenai implementasi dan uji coba dari Aplikasi Penerimaan Pesanan Barang dan Peramalan Penjualan dengan Menggunakan Metode Single Moving

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Program Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan aplikasi ini adalah kebutuhan sistem. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Food Court terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama komputer

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTEK 4.1 Observasi Melakukan survey dan wawancara secara langsung di Koperasi Karyawan Perguruan Tinggi Swasta ABC Surabaya. Dari wawancara tersebut diperoleh data secara langsung

Lebih terperinci

4.11 Navigation diagram Navigation diagram Mencatat Jenis Penyakit

4.11 Navigation diagram Navigation diagram Mencatat Jenis Penyakit 202 4.11 Navigation diagram Navigation diagram Mencatat Jenis Penyakit Gambar 4.106 Navigation diagram Mencatat Jenis Penyakit 203 Navigation diagram Mencatat Harga Tindakan Medis Gambar 4.107 Navigation

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. dari perangkat lunak. Tujuannya dari pengujian ini adalah untuk menjamin bahwa

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. dari perangkat lunak. Tujuannya dari pengujian ini adalah untuk menjamin bahwa BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Pengujian Pengujian merupakan bagian yang penting dalam siklus pembangunan perangkat lunak. Pengujian di lakukan untuk menjamin kualitas dan juga mengetahui

Lebih terperinci

PANDUAN INSTALASI PERANGKAT LUNAK

PANDUAN INSTALASI PERANGKAT LUNAK UPRIGHT V-ROUTING PANDUAN INSTALASI PERANGKAT LUNAK Jl. Hasyim Ashari 29-29A Jakarta Pusat 10150 Indonesia Phone: 62-21-6316923 Fax: 62-21-6316920 support@uprightdecision.com www.uprightdecision.com Daftar

Lebih terperinci

Ini tampilan jika mengklik input dan rubah nilai. Gambar Layar Input dan Rubah Nilai

Ini tampilan jika mengklik input dan rubah nilai. Gambar Layar Input dan Rubah Nilai 214 Ini tampilan jika mengklik input dan rubah nilai. Gambar 4.126 Layar Input dan Rubah Nilai 215 Ini tampilan mengklik input dan rubah nilai jika sudah mengisi kolom kelas. Gambar 4.127 Layar Input dan

Lebih terperinci

BAB III KONSEP APLIKASI. tahapan pengembangan sistem menurut Jogiyanto (2005 : 433). Tahapan yang

BAB III KONSEP APLIKASI. tahapan pengembangan sistem menurut Jogiyanto (2005 : 433). Tahapan yang BAB III KONSEP APLIKASI 3.1 Analisis Sistem Sebagai alternatif pemecahan masalah untuk dapat melengkapi dan memenuhi segala aspek dalam merancang sistem yang dipakai, penulis memakai tahapan pengembangan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Sebelum melakukan implementasi dan menjalankan aplikasi Rancang Bangun Prototype Produk Paket Sistem Komputasi Akuntansi Keuangan, dibutuhkan spesifikasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. sistem yang akan diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian sistem adalah

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. sistem yang akan diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian sistem adalah BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Pengujian Pengujian Sistem dilakukan untuk memeriksa keselarasan antar komponen sistem yang akan diimplementasikan. Tujuan utama dari pengujian sistem adalah

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Implementasi Sistem merupakan kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan suatu sistem yang bekerja. Dalam tahap implementasi sistem

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. diagram relasi antar entity (entity relationship diagram) yang telah dibahas pada

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. diagram relasi antar entity (entity relationship diagram) yang telah dibahas pada BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sistem ini dalam implementasinya, berpijak pada konsep disain, didapatkan alur sistem (sistem flow), diagram alur data (data flow diagram), serta diagram relasi antar entity

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE DATABASE KUALITAS AIR LIMBAH RUMAH SAKIT

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE DATABASE KUALITAS AIR LIMBAH RUMAH SAKIT BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE DATABASE KUALITAS AIR LIMBAH RUMAH SAKIT I. PENDAHULUAN Software Database Kualitas Air Limbah Rumah Sakit () adalah sistem perangkat lunak basis data yang dapat

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 5.1 Sistem yang Digunakan Dalam pengimplementasiannya, sistem ini membutuhkan dukungan peralatan-peralatan lain, baik itu software (perangkat lunak) maupun hardware (perangkat

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE SISTEM INFORMASI KUALITAS LINGKUNGAN MODUL DATABASE KUALITAS AIR

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE SISTEM INFORMASI KUALITAS LINGKUNGAN MODUL DATABASE KUALITAS AIR BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE SISTEM INFORMASI KUALITAS LINGKUNGAN MODUL DATABASE KUALITAS AIR I. PENDAHULUAN Software Sistem Informasi Kualitas Lingkungan Modul Database Kualitas Air (SIKLDBKA)

Lebih terperinci

BAB III ANALISA PEMBAHASAN MASALAH

BAB III ANALISA PEMBAHASAN MASALAH BAB III ANALISA PEMBAHASAN MASALAH 3.1 Analisa Aplikasi Dalam program yang penulis buat terdiri dari 7 buah form yaitu, form menu utama, form pilihan, form ciri-ciri anak aktif, form ciri-ciri anak hiperaktif,

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM. keras, form program yang sesuai, query yang digunakan, pemrograman dan

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM. keras, form program yang sesuai, query yang digunakan, pemrograman dan BAB V IMPLEMENTASI SISTEM 5.1 Lingkungan Implementasi Implementasi aplikasi ini meliputi kebutuhan perangkat lunak, perangkat keras, form program yang sesuai, query yang digunakan, pemrograman dan pengujian

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Pada bab ini akan dijelaskan implementasi dari Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian kinerja yang sudah dibangun 5.1 Lingkungan Implementasi Lingkungan implementasi meliputi

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Sekarang ini sudah banyak perusahaan, pabrik maupun toko yang menggunakan teknologi komputer untuk membantu mereka dalam melakukan kontrol, dan manajemen terhadap

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang 6 7 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM Tahap Implementasi merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang dilakukan setelah tahap perancangan sistem selesai dilaksanakan dengan tujuan yang ingin dicapai

Lebih terperinci

OTOMATISASI SISTEM INVENTORY DAN PENEMBAKAN VOUCHER ELKTRONIK MKIOS

OTOMATISASI SISTEM INVENTORY DAN PENEMBAKAN VOUCHER ELKTRONIK MKIOS OTOMATISASI SISTEM INVENTORY DAN PENEMBAKAN VOUCHER ELKTRONIK Andriyano Raferino Barry Universitas Komputer Indonesia Jl. Dipati Ukur No. 112-116, Bandung Email : bey_0209@yahoo.com ABSTRAK Pada proses

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. menjalankan aplikasi SIG ini dengan baik adalah sebagai berikut :

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. menjalankan aplikasi SIG ini dengan baik adalah sebagai berikut : BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Perangkat Keras (Hardware) Spesifikasi minimum perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi SIG ini dengan baik adalah sebagai berikut

Lebih terperinci

PT GLOBAL EUSHANASOFT

PT GLOBAL EUSHANASOFT APLIKASI RITEL PT GLOBAL EUSHANASOFT Penjelasan Singkat Aplikasi toko retail ini dirancang sedemikian rupa agar dapat memberikan kemudahan bagi anda dalam melakukan pengelolaan usaha retail seperti penjualan

Lebih terperinci

BAB I PERSYARATAN PRODUK

BAB I PERSYARATAN PRODUK 1 BAB I PERSYARATAN PRODUK 1.1 PENDAHULUAN Seiring berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi, kebutuhan manusia pun semakin bertambah, sehingga perusahaan berusaha untuk selalu memenuhi kebutuhan tersebut.

Lebih terperinci

2. Buka browser dan tuliskan silahkan login dengan menggunakan username dan password appserv yang diinsstall sebelumnya.

2. Buka browser dan tuliskan  silahkan login dengan menggunakan username dan password appserv yang diinsstall sebelumnya. Cara Instalasi Sistem 1. Instal aplikasi pendukung yang terdapat pada folder Software pendukung a. Install aplikasi appserv-win32-2.5.10 yang digunakan sebagai database server, install seperti biasa dan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. mengatasi permasalahan yang diangkat pada tugas akhir ini. Tahap-tahap yang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. mengatasi permasalahan yang diangkat pada tugas akhir ini. Tahap-tahap yang BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Implementasi bertujuan untuk menerapkan sistem yang dibangun untuk mengatasi permasalahan yang diangkat pada tugas akhir ini. Tahap-tahap yang dilakukan

Lebih terperinci

PANDUAN APLIKASI 2014

PANDUAN APLIKASI 2014 PANDUAN APLIKASI 2014 I. INSTALASI Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan instalasi aplikasi SimpulDESA : 1. Klik dua kali pada file setup. 2. Klik tombol Next pada dialog yang muncul. Dialog Awal

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI

BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI Implementasi adalah tahap penerapan sekaligus pengujian bagi sistem baru serta merupakan tahap dimana aplikasi siap dioperasikan pada keadaan yang sebenarnya, efektifitas

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE DATABASE STASIUN BUMI PEMANTAU GAS RUMAH KACA (DBGRK)

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE DATABASE STASIUN BUMI PEMANTAU GAS RUMAH KACA (DBGRK) BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE DATABASE STASIUN BUMI PEMANTAU GAS RUMAH KACA (DBGRK) I. PENDAHULUAN Software Database Stasiun Bumi Pemantau Gas Rumah Kaca (DBGRK) adalah sistem perangkat lunak

Lebih terperinci

BAB 5 IMPLEMENTASI. Gambar 5.1 Arsitektur Jaringan. diimplementasikan pada lebih dari satu komputer dengan satu server. Di

BAB 5 IMPLEMENTASI. Gambar 5.1 Arsitektur Jaringan. diimplementasikan pada lebih dari satu komputer dengan satu server. Di BAB 5 IMPLEMENTASI 5.1 Implementasi 5.1.1 Spesifikasi perangkat keras Gambar 5.1 Arsitektur Jaringan Gambar jaringan di atas menggambarkan bahwa aplikasi ini akan diimplementasikan pada lebih dari satu

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE LANDFILL GAS ANALYSER MANAGER (LGAM) - TPA

BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE LANDFILL GAS ANALYSER MANAGER (LGAM) - TPA BUKU PETUNJUK OPERASIONAL (MANUAL) SOFTWARE LANDFILL GAS ANALYSER MANAGER (LGAM) - TPA I. PENDAHULUAN Software Landfill Gas Analyser Manager (LGAM) - TPA adalah sistem perangkat lunak basis data yang dapat

Lebih terperinci

PROGRAM KASIR BORNEO POS V0.2.3

PROGRAM KASIR BORNEO POS V0.2.3 USER MANUAL PROGRAM KASIR BORNEO POS V0.2.3 Rekomendasi Hardware dan Software 1. Minimal Pentium 233 MMX 2. Minimal 32MB RAM 3. Minimal 4,3GB Hardisk 4. Monitor 5. Keyboard dan Mouse 6. UPS 7. Microsoft

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi penerapan

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi penerapan BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil 4.1.1 Konfigurasi Software dan Hardware Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi penerapan Activity-Based Costing terlebih dahulu komponen-komponen utama

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. PT. Toyota Astra Motor Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah. PT. Toyota Astra Motor Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah PT. Toyota Astra Motor Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan mobil dan menerima permintaan servis dari konsumen. Hampir semua sistem

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM

BAB V IMPLEMENTASI SISTEM BAB V IMPLEMENTASI SISTEM Tahapan selanjutnya dalam perancangan sistem adalah tahapan implementasi sistem. Dalam tahap implementasi sistem terdapat beberapa kegiatan yang lakukan, antara lain : pengujian

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sarana-sarana yang dibutuhkan dalam mengoperasikan sistem pemesanan dan laporan penjualan yang telah dibuat ini dapat dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. aplikasi program berdasarkan tahapan analisa dan desain sistem yang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. aplikasi program berdasarkan tahapan analisa dan desain sistem yang 42 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1. Implementasi Pengertian implementasi program adalah penerapan dalam bentuk aplikasi program berdasarkan tahapan analisa dan desain sistem yang sebelumnya telah

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK. Analisis sistem bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahanpermasalahan

BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK. Analisis sistem bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahanpermasalahan 19 BAB IV DESKRIPSI KERJA PRAKTIK 4.1 Analisis Sistem Analisis sistem bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahanpermasalahan yang ada pada sistem dimana aplikasi dibangun yang meliputi perangkat keras

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI SISTEM BAB 4 IMPLEMENTASI SISTEM 4.1 Spesifikasi Sistem Program aplikasi diberi nama maintenance.exe memiliki ukuran 2060 Kb. Spesifikasi Sistem aplikasi maintenance ini terdiri dari spesifikasi perangkat keras

Lebih terperinci

BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI

BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI 81 BAB V PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI 5.1 Implementasi Sistem Implementasi adalah tahap penerapan dan sekaligus pengujian bagi sistem berdasarkan hasil analisa dan perancangan yang telah dilakukan pada

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN DISAIN SISTEM. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada TK Dharma Wanita

BAB IV ANALISIS DAN DISAIN SISTEM. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada TK Dharma Wanita BAB IV ANALISIS DAN DISAIN SISTEM 4.1 Analisa Sistem Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada TK Dharma Wanita Curahmojo, ditemukan masih banyak hal hal yang perlu dibenahi, yaitu masih banyaknya

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. diperlukan kesiapan dari kebutuhan perangkat keras (hardware) maupun perangkat

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. diperlukan kesiapan dari kebutuhan perangkat keras (hardware) maupun perangkat BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Implementasi sistem merupakan wujud dari analisis dan perancangan sistem yang telah dibuat. Untuk dapat terlaksananya implementasi sistem dengan baik,

Lebih terperinci

Membuat File Exe Dan File Setup

Membuat File Exe Dan File Setup Oleh : Uus Rusmawan Hal - 1 Membuat File Exe Dan File Setup Membuat File Exe Program yang telah dibuat biasanya harus dijalankan dengan cara membuka sistem Visual Basic terlebih dahulu, hal ini memerlukan

Lebih terperinci

BAB V UJI COBA DAN IMPLEMENTASI

BAB V UJI COBA DAN IMPLEMENTASI BAB V UJI COBA DAN IMPLEMENTASI 5.1 Uji Coba 5.1.1 Desain Input/Output Desain input/output merupakan rancangan input/output berupa form-form untuk memasukkan data master dan transaksi dan mencetak hasil

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang akhirnya sesuai dengan sistem yang akan dibangun.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. yang akhirnya sesuai dengan sistem yang akan dibangun. 69 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Sistem ini dalam implementasinya, berpijak pada konsep disain, didapatkan alur sistem (sistem flow), diagram alur data (data flow diagram), serta diagram relasi antar

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. a. Spesifikasi piranti keras pada local server: Processor : Intel Pentium IV 1.8 Ghz

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. a. Spesifikasi piranti keras pada local server: Processor : Intel Pentium IV 1.8 Ghz BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi yang Diperlukan 4.1.1 Spesifikasi Piranti Keras Berikut merupakan spesifikasi piranti keras yang digunakan pada saat melakukan pengujian e-book reader berbasis

Lebih terperinci

BAB V IMLEMENTASI SISTEM. sistem kedalam bentuk coding bahasa pemprograman, selain implementasi dalam

BAB V IMLEMENTASI SISTEM. sistem kedalam bentuk coding bahasa pemprograman, selain implementasi dalam 5.1 Implementasi BAB V IMLEMENTASI SISTEM Tahap implementasi sistem merupakan tahap meletakkan perancangan sistem kedalam bentuk coding bahasa pemprograman, selain implementasi dalam instansi perusahaan

Lebih terperinci

Laporan Tugas Akhir. Rekayasa Perangkat Lunak

Laporan Tugas Akhir. Rekayasa Perangkat Lunak Laporan Tugas Akhir Rekayasa Perangkat Lunak Disusun Oleh : 1. Febrian adiatma (10018116) 2. Nita Ningtyas (10018117) 3. Desi Nurkarimah (10018118) 4. Harry Kuswandi (10018119) 5. Ahsan anwar sandiah (10018133)

Lebih terperinci

- User mengisi user ID sesuai kode karyawan. - Mengisi password dengan password sendiri atau pribadi

- User mengisi user ID sesuai kode karyawan. - Mengisi password dengan password sendiri atau pribadi L 1 Tampilan aplikasi yang digunakan Tampilan aplikasi Login Lampiran 1 Tampilan Log In Panduan pengguna aplikasi LOGIN : - User mengisi user ID sesuai kode karyawan - Mengisi password dengan password

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, perlu disediakan perangkat yang

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, perlu disediakan perangkat yang 74 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan Sistem Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, perlu disediakan perangkat yang memadai. Perangkat tersebut menyangkut perangkat keras (hardware) dan perangkat

Lebih terperinci

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 1. Tujuan dan Sasaran Manual ini dibuat sebagai padoman bagi para petugas operator / database KTA GAPENSI didalam menggunakan aplikasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SYSTEM. Pada tahap implementasi, merupakan tahap dimana proses pembuatan

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SYSTEM. Pada tahap implementasi, merupakan tahap dimana proses pembuatan BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SYSTEM 5.1. Implementasi Pada tahap implementasi, merupakan tahap dimana proses pembuatan perangkat lunak sistem informasi dilakukan. Peletakan rancangan yang telah dibuat

Lebih terperinci

BAB 1. PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah

BAB 1. PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang Masalah BAB 1. PENDAHULUAN Dalam bab ini, akan dibahas mengenai latar belakang, rumusan masalah, tujuan pembahasan, ruang lingkup kajian, sumber data, serta sistematika penulisan dari laporan tugas akhir ini.

Lebih terperinci

ACCURATE 4 QUICK START

ACCURATE 4 QUICK START ACCURATE 4 QUICK START 1. DATA PERUSAHAAN YANG PERLU DIPERSIAPKAN Sebelum membuat database ACCURATE 4, data perusahaan yang perlu Anda siapkan adalah sbb : Daftar Kas dan Bank beserta jumlahnya masing-masing.

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Gambaran Umum Sistem aplikasi penjualan barang dan jasa berbasis web pada PT Media Stella Tata Mandiri secara umum merupakan alat untuk membantu kegiatan penjualan barang

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. b. Web Server (IIS 5.0) d. Microsoft XML Client : Windows NT / 9x / ME / XP / 2K

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. b. Web Server (IIS 5.0) d. Microsoft XML Client : Windows NT / 9x / ME / XP / 2K 79 BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Instalasi Perangkat-perangkat yang dibutuhkan aplikasi ini adalah sebagai berikut: a. Perangkat lunak 1. Server : a. Windows 2000 b. Web Server (IIS 5.0) c. MDAC

Lebih terperinci

KELOMPOK 04. Sistem Informasi Koperasi Karyawan STIKOM Surabaya Software Requirements Specification. Version 3.0

KELOMPOK 04. Sistem Informasi Koperasi Karyawan STIKOM Surabaya Software Requirements Specification. Version 3.0 KELOMPOK 04 Sistem Informasi Koperasi Karyawan STIKOM Surabaya Software Requirements Specification Version 3.0 Sistem Informasi Koperasi Karyawan Version : 3.0 Revision History Date Version Description

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. transaksi dan transaksi operasional. Interaksi ini berupa pengisian form akrualisasi dan

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. transaksi dan transaksi operasional. Interaksi ini berupa pengisian form akrualisasi dan BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Rencana Implementasi Aplikasi ini direncanakan akan diimplementasikan pada Bank Indonesia sebagai salah satu alat bantu untuk dapat memasukkan, mengubah, serta memverifikasi

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. PT. Citra Mitra Niaga dilakukan menggunakan bahasa dan lingkungan

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. PT. Citra Mitra Niaga dilakukan menggunakan bahasa dan lingkungan BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Implementasi prototype sistem informasi penyediaan layanan jasa boga di PT. Citra Mitra Niaga dilakukan menggunakan bahasa dan lingkungan pemrograman

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. siap dioperasikan, maka perlu diadakan kegiatan-kegiatan dari penerapannya.

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM. siap dioperasikan, maka perlu diadakan kegiatan-kegiatan dari penerapannya. 98 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 5.1. Implementasi Dalam rencana penerapan sistem yeng terkomputerisi yakni agar sistem siap dioperasikan, maka perlu diadakan kegiatan-kegiatan dari penerapannya.

Lebih terperinci

Persyaratan Produk. 1.1 Pendahuluan Tujuan

Persyaratan Produk. 1.1 Pendahuluan Tujuan Bab 1 Persyaratan Produk 1.1 Pendahuluan BPP-BSDM (Bagian Pengembangan Pelatihan Sumber Daya Manusia) merupakan badan yang mengurus pelatihan terhadap staff dan dosen di Universitas Kristen Maranatha,

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. aplikasi sistem informasi geografis ini adalah : a. Spesifikasi perangkat keras minimum : memori 64 MB.

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. aplikasi sistem informasi geografis ini adalah : a. Spesifikasi perangkat keras minimum : memori 64 MB. 92 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi 4.1.1 Perangkat keras (Hardware) Perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengoperasikan program aplikasi sistem informasi geografis ini adalah : a. Spesifikasi

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. belajar mengajar. Pada tahap ini guru ataupun administrator akan mengolah datadata

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. belajar mengajar. Pada tahap ini guru ataupun administrator akan mengolah datadata BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN 4.1. Implementasi Sistem Aplikasi yang di buat akan di gunakan oleh guru komputer (TIK) pada SMP N 1 Punggur Kec. Punggur Lapung Tengah, sebagai alat bantu dalam proses

Lebih terperinci

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Dalam pengumpulan data sebagai bahan penyusunan laporan dan

BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN. Dalam pengumpulan data sebagai bahan penyusunan laporan dan BAB IV DESKRIPSI PEKERJAAN 4.1 Prosedur Kerja Praktek Dalam pengumpulan data sebagai bahan penyusunan laporan dan penyelesaian masalah dalam kerja praktek ini, dilakukan dengan magang selama kurang lebih

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN DESAIN

BAB IV ANALISA DAN DESAIN 26 BAB IV ANALISA DAN DESAIN 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum proses analisa dilakukan, tahapan yang terlebih dahulu dilakukan adalah identifikasi permasalahan yang terdiri dari survey, wawancara kepada

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum melakukan implementasi dan menjalankan sistem E-Auction pada

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. Sebelum melakukan implementasi dan menjalankan sistem E-Auction pada BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Kebutuhan dan Instalasi Sistem Sebelum melakukan implementasi dan menjalankan sistem E-Auction pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Maka dibutuhkan spesifikasi perangkat

Lebih terperinci

PANDUAN APLIKASI 2016

PANDUAN APLIKASI 2016 PANDUAN APLIKASI 2016 INFORMASI DOKUMEN Document Reference Document History No Revision Created by Released Revised by Final Released 1 PT. Reksa Tata Artha Penabulu Alliance 2 DAFTAR ISI INFORMASI DOKUMEN...

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN DI VOLLTUS DISTRO BANDUNG

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN DI VOLLTUS DISTRO BANDUNG SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN DI VOLLTUS DISTRO BANDUNG ISRA AL RAIS 10706038 Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Jl. Dipati UkurNo. 112 116 Bandung 40132 Rais_88@ymail.com Volltus Distro bergerak

Lebih terperinci

5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 5 BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN Pada bab lima ini akan menjelaskan mengenai implementasi dan pengujian dari sistem yang dibuat. Implementasi dan pengujian sistem ini meliputi lingkungan hardware dan

Lebih terperinci

KONVERSI DATABASE SQL SERVER KE

KONVERSI DATABASE SQL SERVER KE Oleh : Uus Rusmawan Hal - 1 KONVERSI DATABASE SQL SERVER KE EXCEL Sebagian besar pengguna komputer lebih banyak mengenal excel dari pada sql server, oleh karena itu jika anda sebagai database administrator

Lebih terperinci

Contoh file instalernya adalah sebagai berikut: Jalankan file instalernya, lalu klik lanjut terus sampai Finish.

Contoh file instalernya adalah sebagai berikut: Jalankan file instalernya, lalu klik lanjut terus sampai Finish. INSTALASI Untuk melakukan instalasi aplikasii toko (menginstal ke dalam komputer), siapkanlah file instalernya. Untuk mendapatkan instaler, Anda bisa mendownloadnya di http://indoaplikasi.com Contoh file

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perancangan dapat diimplementasikan dalam tahap-tahap sebagai berikut :

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. perancangan dapat diimplementasikan dalam tahap-tahap sebagai berikut : BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI Berdasarkan perancangan sistem yang dibuat sebelumnya, maka perancangan dapat diimplementasikan dalam tahap-tahap sebagai berikut : 4.1 Running Program Untuk menjalankan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. bidang sistem informasi. Perkembangan tersebut memiliki banyak penemuan yang

BAB I PENDAHULUAN. bidang sistem informasi. Perkembangan tersebut memiliki banyak penemuan yang 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian Perkembangan teknologi saat ini yang meliputi banyak aspek, seperti dalam bidang sistem informasi. Perkembangan tersebut memiliki banyak penemuan yang

Lebih terperinci