Panduan Mahasiswa. e-learning Bina Sarana Informatika

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Panduan Mahasiswa. e-learning Bina Sarana Informatika"

Transkripsi

1 Panduan Mahasiswa e-learning Bina Sarana Informatika

2 Prosedur Perkuliahan e-learning 1. Perkuliahan e-learning Semester Ganjil 2016/2017 dilakukan mulai Senin, 03 Oktober Perkuliahan dilakukan secara online (e-learning) melalui laman Learning.bsi.ac.id. 3. Perkuliahan dilakukan sebanyak 16 pertemuan termasuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). 4. Pada setiap pertemuan terdapat latihan soal dan mahasiswa WAJIB mengerjakan soalsoal latihan yang telah diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah. Mahasiswa yang tidak mengerjakan soal latihan maka dianggap tidak hadir dalam perkuliahan atau nilai absensi kosong pada pertemuan yang dimaksud. 5. Pada tiap latihan soal mahasiswa memiliki kesempatan sebanyak 2 kali dan nilai terbaik yang akan diambil. 6. Latihan soal dapat dikerjakan kapanpun selama masih dalam batas waktu pertemuan yang telah ditetapkan. Contoh: Latihan Pertemuan 1 dapat dikerjakan dari 3 Oktober 2016 pukul sampai dengan 9 Oktober 2016 (lihat tabel jadwal perkuliahan e-learning) 7. Pada pertemuan 7 dan 15 terdapat Kuis Pra UTS dan Kuis Pra UAS, mahasiswa WAJIB mengerjakan soal-soal kuis tersebut. 8. Pelaksanaan ujian (UTS dan UAS) tidak dilaksanakan pada laman Learning.bsi.ac.id. UTS dan UAS dijadwalkan tersendiri oleh Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dan dilakukan secara online melalui laman 9. Sistem penilaian perkuliahan mata kuliah e-learning adalah : a. Nilai Kehadiran = 20% b. Nilai Tugas/Kuis=25% c. Nilai Ujian Tengah Semester (UTS) = 25% d. Nilai Ujian Akhir Semester (UAS) = 30% 10. Mahasiswa juga bisa menggunakan fasilitas forum diskusi untuk berdiskusi dengan dosen atau mahasiswa lain yang terkait dengan mata kuliah PTIK dan perkuliahan e-learning. 1 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

3 2 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

4 Akses laman e-learning dengan cara mengetik pada browser Internet, kemudian akan tampil halaman home e-learning seperti terlihat pada gambar 1. Gambar 1. Halaman home e-learning Bina Sarana Informatika Untuk mengikuti perkuliah e-learning, mahasiswa diwajibkan masuk (login). Pilih matakuliah yang akan anda ikuti di samping kanan atas. Gambar 2. Halaman login 3 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

5 Gunakan NIM sebagai Username dan Password standar yang sudah diberikan. Password dapat dilihat pada Ruang Mahasiswa di laman Pastikan Username dan Password yang mahasiswa masukan benar, apabila Username atau Password salah akan tampil pesan Invalid Login seperti terlihat pada gambar 2. Invalid Login Gambar 2. Tampilan Invalid Login Gambar 3. Halaman Forget Password Apabila mahasiswa lupa password, gunakan fasilitas Lost Password pada kotak login kemudian mahasiswa akan diarahkan ke halaman Lost Password. 4 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

6 Masukan username atau address lalu pilih tombol search, kemudian akan muncul konfirmasi. Klik continue maka, instruksi perubahan password akan dikirim melalui yang terdaftar. Gambar 4. Halaman konfirmasi forget password. Setelah mahasiswa berhasil login, mahasiswa akan diarahkan ke halaman home. Di dalam halaman home, mahasiswa terdapat menu mata kuliah yang wajib mahasiswa ikuti. 5 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

7 Gambar 5. Halaman Home Ruang Mahasiswa E-Learning Pada halaman home terdapat beberapa menu, di bagian kiri terdapat course overview ini adalah matakuliah yang anda ikuti. Menu navigation untuk shortcut ke halaman lain, menu private files untuk mengatur file pribadi, online user untuk mengetahui user yang sedang aktif pada ruang matakuliah. Latest badges untuk menempatkan badges seperti tags dll dan juga menu kalendar. Selain itu di pojok kanan atas juga terdapat menu tambahan, menu preference memiliki fungsi-fungsi seperti edit profile dan change password. 6 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

8 Menu Preferences Gambar 6. Menu Preferences Mahasiswa dapat merubah profil melalui menu preferences-edit profil. yang tercantum adalah yang digunakan pada saat pendaftaran online. Gunakan yang aktif dan valid karena alamat tersebut akan digunakan untuk mengirim update notification dari laman e-learning. Mahasiswa dapat merubah informasi lain seperti : city, country, description serta avatar/user picture (gunakanlah foto yang sopan dan santun). Pilih tombol Update Profile untuk menyimpan data yang telah dirubah. MAHASISWA DILARANG MERUBAH FIRST NAME (NAMA LENGKAP) DAN SURNAME (KELAS) KARENA AKAN BERPENGARUH PADA NILAI MAHASISWA Gambar 7. Menu Edit Profil 7 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

9 Untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang yang tidak berhak, mahasiswa dianjurkan untuk mengganti password standard yang telah diberikan. Untuk mengganti password mahasiswa dapat memilih menu MAHASISWA DISARANKAN UNTUK MERUBAH PASSWORD STANDAR Gambar 8. Halaman Change Password Perhatikan Ketentuan Mengganti Password: The password must have at least 8 characters, at least 1 digit(s), at least 1 lower case letter(s), at least 1 upper case letter(s), at least 1 non-alphanumeric character(s) Password minimal harus terdiri dari 8 karakter di dalam password minimal terdiri dari 1 digit(numeric), minimal 1 digit huruf kecil, minimal 1 digit huruf besar(capital) dan minimal 1 digit non-alfa numerik atau karakter( contoh ). Menu messaging pada setting digunakan untuk mengatur notification, disarankan untuk tidak dirubah. 8 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

10 Gambar 9. Halaman Messaging Berikutnya mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah yang terdapat pada laman e-learning Bina Sarana Informatika (BSI). Untuk mengikuti kuliah e-learning, pilih mata kuliah yang ada di COURSE OVERVIEW. 9 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

11 Gambar 10. Halaman Mata Kuliah Ruang Utama mata kuliah terdiri dari 5 section, yaitu: Section Utama Section Materi Pertemuan Section Latihan Pertemuan Section Kuis : berisi forum umum, SAP, Silabus : berisi materi utama dari matakuliah : berisi latihan soal berdasarkan pertemuan : berisi Kusi 1 (pra UTS) dan kuis 2 (pra UAS) Section Materi Tambahan : berisi modul-modul tambahan dari dosen pengampu mata kuliah. Termasuk di dalamnya forum diskusi dengan dosen. 10 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

12 Section Utama Pilih bagian yang ingin mahasiswa pelajari Section Materi Pertemuan Gambar 11. Tampilan SAP mata kuliah Gambar 12. Tampilan Slide/ materi mata kuliah 11 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

13 Materi pada laman e-learning disajikan secara online. Mahasiswa dapat mengunduh materi tersebut dengan cara memilih Icon Save (Floppy Disk) dan memilih Icon Print untuk mencetak. Section Latihan Soal Gambar 13. Halaman Latihan Soal Setiap pertemuan terdapat latihan soal sebanyak 10 latihan soal pilihan ganda. Perhatikan ketentuan pada masing-masing soal-soal latihan yang ada. ATTEMPT ALLOWED menunjukan berapa kali mahasiswa diperbolehkan mengerjakan latihan soal. Jika tertulis 2 kali maka mahasiswa hanya dapat mengerjakan soal-soal latihan itu satu kali tanpa dapat mengulang kembali. TIME LIMIT menunjukan batas waktu pengerjaan soal. Soal Latihan perpertemuan ini bisa dikerjakan (attempt) maksimal sebanyak 2 kali, setelah 2 kali mengerjakan Mahasiswa tidak dapat mengerjakan soal latihan lagi. Latihan soal dapat dikerjakan kapanpun selama masih dalam batas waktu pertemuan yang telah ditetapkan. Contoh: Latihan Pertemuan 1 dapat dikerjakan dari 3 Oktober 2016 pukul sampai dengan 9 Oktober 2016 (lihat tabel jadwal perkuliahan e-learning) 12 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

14 Untuk mulai mengerjakan soal-soal latihan pilih tombol ATTEMPT QUIZ NOW kemudian akan muncul form dialog, pilih START ATTEMPT untuk memulai kuis pilih CANCEL apabila mahasiswa ingin membatalkan. Gambar 14. Dialog Box Latihan Soal Berikutnya mahasiswa akan masuk ke halaman latihan soal, mahasiswa bisa mulai mengerjakan latihan soal. Gambar 15. Halaman latihan Soal Klik next page untuk melanjutkan soal berikutnya. Perhatikan time limit yang ada di pojok kanan atas. Apabila belum selesai mahasiswa mengalami gangguan seperti koneksi putus, maka mahasiswa tetap bisa kembali ke halaman sebelumnya selama tidak melebihi batas waktu. Soal yang sudah dikerjakan akan tetap tercatat jawabannya. Klik Continue the last attempt untuk melanjutkan menjawab soal. 13 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

15 Gambar 16. Halaman latihan Soal setelah lost connection Setelah selesai mengerjakan soal akan muncul summary of attempt, mahasiswa dapat mengulang jawaban(mengkoreksi) atau submit all and finish untuk menyelesaikan latihan soal. Gambar 17. Halaman Summary Of Attempt 14 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

16 Setelah selesai mengerjakan soal akan muncul review latihan soal dan berikutnya akan muncul grade yang didapat setelah mengerjakan soal. Gambar 18. Halaman Review Latihan Soal 15 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

17 Gambar 19. Grade latihan Soal Pada setiap mata kuliah terdapat forum diskusi mata kuliah. Mahasiswa dapat mengikuti forum tersebut untuk melakukan diskusi atau tanya jawab seputar mata kuliah. Forum diskusi mata kuliah dapat dilakukan dengan difasilitasi oleh dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan. Mahasiswa wajib mematuhi etika forum yang terdapat pada masing-masing forum diskusi. Mahasiswa dapat mereply topic yang diposting dosen. 16 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

18 Gambar 20. Halaman Forum Diskusi Gambar 21. Halaman Reply Topic 17 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

19 Isi subject dengan judul topik dan ketikan pertanyaan atau pesan pada kotak Message. Menu Chatting Gambar 22. Menu Chating Apabila dosen menyediakan ruang chating, maka mahasiswa bisa beerdiskusi secara live time dengan dosen mata kuliahnya. Pilih CLICK HERE TO ENTER THE CHAT NOW Link Chatting Gambar 23. Menu Chating 18 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

20 Pada ruang chating akan disebelah kanan akan muncul user yang aktif dalam ruang chating. Jika user tidak masuk ke ruang chating maka user tersebut tidak akan terlihat aktif. Gambar 24. Ruang Chating. Untuk melihat grades yang didapat dalam perkuliahan elearning mahasiswa dapat memilih menu ADMINISTRATION GRADES Gambar 25. Menu Grades 19 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

21 Gambar 26. Menu Grades 20 P a n d u a n M a h a s i s w a B E S T ( B S I E l e a r n i n g S y s t e m )

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST)

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Akses laman e-learning dengan cara mengetik http://elearning.bsi.ac.id/ pada browser Internet, kemudian akan tampil halaman home

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa. E-Learning Bina Sarana Informatika

Panduan Mahasiswa. E-Learning Bina Sarana Informatika Panduan Mahasiswa E-Learning Bina Sarana Informatika Halaman Home Akses laman e-learning dengan cara mengetik http://elearning.bsi.ac.id/ pada browser Internet,kemudian akan tampil halaman home e-learning

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa E-Learning UBSI

Panduan Mahasiswa E-Learning UBSI Panduan Mahasiswa E-Learning UBSI P a n d u a n M a h a s i s w a E - L e a r n i n g U B S I Page 1 1) Halaman Home Akses laman e-learning dengan cara mengetik http://elearning.ubsi.ac.id/ pada browser

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa E-Learning Bina Sarana Informatika

Panduan Mahasiswa E-Learning Bina Sarana Informatika Panduan Mahasiswa E-Learning Bina Sarana Informatika P a n d u a n M a h a s i s w a E - L e a r n i n g B i n a S a r a n a I n f o r m a t i k a Page 1 1) Halaman Home Akses laman e-learning dengan cara

Lebih terperinci

Panduan Dosen E-Learning Nusa Mandiri. Semester Ganjil 2017/2018

Panduan Dosen E-Learning Nusa Mandiri. Semester Ganjil 2017/2018 Panduan Dosen E-Learning Nusa Mandiri Semester Ganjil 2017/2018 Teacher terdiri dari Non Editing Teacher dan Teacher. Pada sistem elearning BSI yang akan diaktifkan adalah Teacher, dalam hal ini Teacher

Lebih terperinci

Panduan Mahasiswa E-Learning Nusa Mandiri. Semester Genap 2015/2016

Panduan Mahasiswa E-Learning Nusa Mandiri. Semester Genap 2015/2016 Panduan Mahasiswa E-Learning Nusa Mandiri Semester Genap 2015/2016 Sistem perkuliahan e-learning Nusa Mandiri menggunakan metode Asynchronous elearning dimana dosen dan mahasiswa dalam kelas yang sama

Lebih terperinci

User Manual Guide Salesman USER MANUAL GUIDE. Salesman. E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales E-Learning SIS Page 1 of 19

User Manual Guide Salesman USER MANUAL GUIDE. Salesman. E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales E-Learning SIS Page 1 of 19 USER MANUAL GUIDE Salesman E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales 2015 E-Learning SIS Page 1 of 19 Table of Contents 1. LOGIN... 3 2. RESET PASSWORD... 3 3. DISCUSSION FORUM... 5 4. E-LEARNING NEWS... 7

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses Virtual Class - Buka browser - Ketikkan alamat - http://v-class.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil halaman utama seperti terlihat pada

Lebih terperinci

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR Untuk Dosen http://elearning.poltekkes-mks.ac.id/ OUTLINE 1. Membuat akun 2. Masuk ke halaman Kuliah 3. Menambahkan materi pada halaman kuliah 4. Membuat kantong

Lebih terperinci

Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa

Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa http://smkn3wonosari.web.id/ Oleh : SMK N 3 Wonosari DAFTAR ISI A. Pendahuluan... 2 B. Login (Masuk)... 3 C. Merubah Profil dan Password...

Lebih terperinci

USER MANUAL GUIDE. Training for Trainer

USER MANUAL GUIDE. Training for Trainer USER MANUAL GUIDE Training for Trainer E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales 2015 E-Learning SIS Page 1 of 24 Table of Contents 1. LOGIN... 3 2. RESET PASSWORD... 3 3. DISCUSSION FORUM... 5 4. E-LEARNING

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA Oleh: UPT-TIK Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2017 DAFTAR ISI 1. PENGANTAR E-LEARNING... 1 2. MENGAKSES E-LEARNING... 2 a. Eksplorasi Menu

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA Divisi Web Administrasi UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG 2007 DAFTAR ISI I. Memilih Situs E- Learning Maranatha... 1 II. Login ke E-Learning...

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL P A N D U A N P E N G G U N A A N SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL https://www.mikroskil.ac.id/elearning/ UNTUK DOSEN DITERBITKAN OLEH: UPT PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL (2013) Persiapan Prasyarat

Lebih terperinci

Sehingga akan muncul window baru seperti ini :

Sehingga akan muncul window baru seperti ini : 1. Mendaftar keanggotaan dalam e-learning Untuk dapat aktif dalam sistem pengelolaan e -learning dengan Learning Management System (LMS) Moodle yang digunakan di Universitas Ahmad Dahlan maka harus terdaftar

Lebih terperinci

1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas

1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas 1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas 1. Buka browser internet anda (mozilla firefox atau internet explorer). 2. Ketikkan alamat URL (address) di browser anda : http://elearning.budiluhur.ac.id/ 3. Lakukan

Lebih terperinci

Modul untuk Siswa. Langkah-langkah Mudah Mengoperasikan E-Learning

Modul untuk Siswa. Langkah-langkah Mudah Mengoperasikan E-Learning Modul ini disusun sebagai panduan siswa SMA N 8 Yogyakarta untuk memaksimalkan penggunaan e-learning sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Diiharapkan dengan panduan dalam modul ini siswa dapat memudahkan

Lebih terperinci

PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG

PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG ( 2 0 1 6, P a t a h H e r w a n t o & T e g u h W i h a r k o ) 1 PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG Jl. PH.H. Mustofa No.31, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa

Lebih terperinci

Panduan Dosen. E-Learning Bina Sarana Informatika. Ganjil 2016/2017

Panduan Dosen. E-Learning Bina Sarana Informatika. Ganjil 2016/2017 Panduan Dosen E-Learning Bina Sarana Informatika Ganjil 2016/2017 Teacher terdiri dari Non Editing Teacher dan Teacher. Pada sistem E-Learning Bina Sarana Informatika yang akan diaktifkan adalah Teacher,

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA 2016 PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA STAIN PONOROGO KATA PENGANTAR Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-nya, sehingga penyusunan Buku Panduan Penggunaan E-Learning

Lebih terperinci

Kata Pengantar. Singaraja, 7 Agustus a.n Tim pelaksana I b M MGMP Model Asinkronus Kabupaten Buleleng Ketua,

Kata Pengantar. Singaraja, 7 Agustus a.n Tim pelaksana I b M MGMP Model Asinkronus Kabupaten Buleleng Ketua, Daftar Isi Daftar Isi... 2 Kata Pengantar... 3 I. Teknologi Informasi Asinkronus Bagi MGMP Se-Kabupaten Buleleng... 4 A. Tentang Web MGMP... 4 B. Peran Aktor dalam Web MGMP... 6 II. Login dan Mengubah

Lebih terperinci

Mekanisme dan Panduan Mengikuti LJJ Pusdiklat Aparatur untuk Peserta

Mekanisme dan Panduan Mengikuti LJJ Pusdiklat Aparatur untuk Peserta Mekanisme dan Panduan Mengikuti LJJ Pusdiklat Aparatur untuk Peserta A. Memulai Pelatihan Jarak Jauh (LJJ) Untuk memulai pembelajaran, hal yang dilakukan adalah dengan mengakses web resmi LJJ Pusdiklat

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa

Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB I. PENGANTAR Elearning PKSM UMB menggunakan aplikasi opensource Moodle. Kata Moodle adalah tingkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment.

Lebih terperinci

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL)

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) SCELE FOR SCHOOL MODUL SISWA WORKSHOP E-LEARNING FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA 17 JANUARI 2009 DAFTAR ISI LOGIN 2 MENGUBAH PROFILE.. 3 MELIHAT PARTISIPAN

Lebih terperinci

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN MOODLE (BAGI MAHASISWA)

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN MOODLE (BAGI MAHASISWA) LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN MOODLE (BAGI MAHASISWA) Bowo Sugiharto Panduan singkat pelaksanaan pembelajaran secara online khususnya di lingkungan Pendidikan Biologi FKIP UMS 2016 Panduan Learning

Lebih terperinci

Panduan Dosen. E-Learning Bina Sarana Informatika

Panduan Dosen. E-Learning Bina Sarana Informatika Panduan Dosen E-Learning Bina Sarana Informatika Teacher terdiri dari Non Editing Teacher dan Teacher. Pada sistem E-Learning Bina Sarana Informatika yang akan diaktifkan adalah Teacher, dalam hal ini

Lebih terperinci

Panduan Dosen. E-Learning Universitas BSI

Panduan Dosen. E-Learning Universitas BSI Panduan Dosen E-Learning Universitas BSI Teacher terdiri dari Non Editing Teacher dan Teacher. Pada sistem E-Learning UBSI yang akan diaktifkan adalah Teacher, dalam hal ini Teacher memiliki privilege

Lebih terperinci

Pedoman Penggunaan GaMeL S1 Pendidikan Dokter BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN DOKTER UGM 2011/2012

Pedoman Penggunaan GaMeL S1 Pendidikan Dokter BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN DOKTER UGM 2011/2012 Pedoman Penggunaan GaMeL S1 Pendidikan Dokter BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN DOKTER UGM 2011/2012 Penyusun: Tim Gamel Updated 09 September 2011 1 PEDOMAN SINGKAT PENGGUNAAN GAMEL BAGI MAHASISWA 1. Pendahuluan

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN COURSE Disusun Oleh : Fajar Edyana, S.Kom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 E-learning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 1 SESI 1 MANAJEMEN USER 2.1. Pendaftaran Keanggotaan

Lebih terperinci

MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang

MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang MODUL PEMBELAJARAN E-LEARNING SMP Mitra Bintaro, Kota Tangerang Disampaikan dalam rangka Pengabdian pada Masyarakat di SMP Mitra Bintaro tahun 2017 Disusun oleh Achmad Solichin achmatim@gmail.com DAFTAR

Lebih terperinci

Panduan Dosen. E-Learning Bina Sarana Informatika

Panduan Dosen. E-Learning Bina Sarana Informatika Panduan Dosen E-Learning Bina Sarana Informatika Semester Ganjil 2017-2018 Teacher terdiri dari Non Editing Teacher dan Teacher. Pada sistem E-Learning Bina Sarana Informatika yang akan diaktifkan adalah

Lebih terperinci

11/6/2015. Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM

11/6/2015. Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM 11/6/2015 Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM Patah Herwanto 2015 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 Panduan Singkat Penggunaan e-learning... 2 STMIK IM & STIE STAN IM... 2 Alamat url

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014 PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014 PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA 2014 DAFTAR ISI Pendahuluan... 1 Laman Utama... 1 Laman

Lebih terperinci

Modul Pelatihan : Pemanfaatan Sistem E-Learning dengan. untuk Siswa. Disusun oleh:

Modul Pelatihan : Pemanfaatan Sistem E-Learning dengan. untuk Siswa. Disusun oleh: Modul Pelatihan : Pemanfaatan Sistem E-Learning dengan untuk Siswa Disusun oleh: Anisa Herdiani, M.T Herika Hayurani, M.Kom Aan Kardiana, M.Si Puspa Setia Pratiwi, S.Kom, M.A PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK MAHASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK MAHASISWA PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK MAHASISWA Indah Purwitasari Ihsan, MT Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Ichsan Gorontalo September - 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat ALLAH

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL http://elearning.mikroskil.ac.id/ UNTUK DOSEN UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas Pembelajaran

Lebih terperinci

PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA

PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA UPT e-learning Institut Teknologi Bandung 2016 A. Mengubah Password 1. Ketik pditt.kuliah.itb.ac.id address bar 2. Klik login, kemudian klik lupa password 3. Fdsfd

Lebih terperinci

Edmodo untuk peserta didik Hal 1

Edmodo untuk peserta didik Hal 1 DIREKTORAT JENDERAL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT BALAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TIMUR 2016 Edmodo untuk peserta didik Hal

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses elearning 1. Buka browser (disarankan menggunakan Mozilla) 2. Ketikkan alamat 3. http://papers.gunadarma.ac.id/vcla ss-stei/ maka akan

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL http://elearning.mikroskil.ac.id/ UNTUK MAHASISWA UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas

Lebih terperinci

TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA.

TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA. TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA http://elearningpasca.binadarma.ac.id Disusun oleh: UPT-SIM Versi manual 1.0 2013 (moodle 2.3) 1. E-Learning E-Learning atau Electronic Learning merupakan salah

Lebih terperinci

PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin

PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin PANDUAN PEMANFAATAN ELEARNING FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2015 Salamun Rohman Nudin A. AKTIVASI PENGGUNA (USER) Pengguna elearning Fakultas Teknik adalah dosen dan mahasiswa yang aktif

Lebih terperinci

Panduan User Telkom E-Learning Group

Panduan User Telkom E-Learning Group K C TCU-C M C C S Panduan User Telkom E-Learning Group Digital Learning Knowledge Management & Case Study Center Telkom Corporate University 2014 Overview Telkom E-Learning adalah media pembelajaran interaktif

Lebih terperinci

Panduan E Learning untuk Mahasiswa http://elearning.fisip-untirta.ac.id Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2013 PANDUAN PENGGUNAAN E-Learning FISIP Untirta berbasis

Lebih terperinci

Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas

Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas Panduan Dosen Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150212 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Yang Diampu... 3 III. Melihat Daftar Mahasiswa... 4 IV. Mengubah

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa

Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa I. SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING 1. SISTEM PEMBELAJARAN Sistem kuliah dilakukan dengan pertemuan di ruang kelas (tatap muka) sebanyak 5 kali, dan tidak

Lebih terperinci

PETUNJUK E-LEARNING STAIN KUDUS

PETUNJUK E-LEARNING STAIN KUDUS PETUNJUK E-LEARNING STAIN KUDUS Untuk dapat menggunakan fasilitas e-learning (pembelajaran online) di STAIN Kudus, langkah pertama yang dilakukan adalah aktivasi user. Aktivasi user adalah pengidentifikasian

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL http://elearning.mikroskil.ac.id/ UNTUK DOSEN UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas Pembelajaran

Lebih terperinci

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Petunjuk Penggunaan Online Learning Trisakti Tourism Electronic Learning Laboratory (3tell) http://3tell.stptrisakti.ac.id Learning Management System Tutorial Singkat Untuk Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses elearning 1. Buka browser (disarankan menggunakan Mozilla) 2. Ketikkan alamat http://v-class.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil halaman

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa)

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) Akses ke dalam Portal e-learning PLN User/Siswa dapat melakukan akses ke dalam Portal e-learning melalui 2 (dua) jaringan komputer: 1. Akses melalui

Lebih terperinci

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL)

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) SCELE FOR SCHOOL MODUL PENGAJAR WORKSHOP E-LEARNING FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA 17 JANUARI 2009 DAFTAR ISI DAFTAR ISI LOGIN 2 MENGUBAH PROFILE..

Lebih terperinci

LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar

LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar 2. Langkah selanjutnya untuk melihat mata kuliah yang bapak/ibu ampu adalah

Lebih terperinci

OLYMPIA STUDENT USER GUIDE

OLYMPIA STUDENT USER GUIDE OLYMPIA STUDENT USER GUIDE 1 Daftar Isi 1. Student 2. Mendaftarkan Diri 3. Mengerjakan Quiz Pemrograman 4. Contact 2 Daftar Gambar 1. Gambar 1. Contoh pemilihan username. 2. Gambar 2. Contoh format pengisian

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA

PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA PANDUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI 1 KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan rahmat-nya,

Lebih terperinci

Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu Panduan Untuk Dosen Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu PENDAHULUAN Modul ini merupakan petunjuk singkat penggunaan fasilitas e-learning politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu. ebook ini disusun

Lebih terperinci

Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom

Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom Buku Panduan Aplikasi (user manual) STISI Telkom STISI Telkom Daftar Isi 1. PENDAHULUAN... 3 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen... 3 1.2. Deskripsi Umum Aplikasi... 3 2. Menu dan Cara Penggunaan... 4 2.1. Struktur

Lebih terperinci

TUTORIAL. Tutorial Moodle. Membuat Pertanyaan Quiz Berbentuk soal True-False. By: NUR ALAMSYAH NURDIN

TUTORIAL. Tutorial Moodle. Membuat Pertanyaan Quiz Berbentuk soal True-False. By: NUR ALAMSYAH NURDIN TUTORIAL Tutorial Moodle Membuat Pertanyaan Quiz Berbentuk soal True-False By: NUR ALAMSYAH NURDIN langkah-langkahnya: MEMBUAT PERTANYAAN QUIS TRUE-FALSE DI MOODLE 1. Yang pertama adalah koneksikan ke

Lebih terperinci

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR 2009 I. PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR Fakultas Ekonomi Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta 29/Agustus/2009 PENDAHULUAN Selamat datang di e:learning Community (elcom) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lebih terperinci

Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta

Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta Manual E-Learning Dosen Universitas Sahid Jakarta Direktorat Penjaminan Mutu dan Sistem Informasi Versi 9 Maret 2010 L1 Klik Tombol e-usahidnet 1. Ketik pada browser anda www.usahid.ac.id, jika tidak dapat

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen 1.9.1 Workshop E-Learning Dikompilasi dari Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Yudi Wibisono oleh

Lebih terperinci

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE http://etraining.tkplb.org 2014 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Lebih terperinci

berdialog dengan teman lewat situs elearning UMB. Rincian dari pertemuan tatap muka dan pertemuan online adalah sebagai berikut:

berdialog dengan teman lewat situs elearning UMB. Rincian dari pertemuan tatap muka dan pertemuan online adalah sebagai berikut: 1 PETUNJUK PENGGUNAAN ELEARNING UNTUK MAHASISWA 1 Sistem Pembelajaran Sistem kuliah dilakukan dengan pertemuan di ruang kelas (tatap muka) sebanyak 4 kali, dan tidak terbatas ruang dan waktu melalui internet

Lebih terperinci

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa

Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Elearning Perbanas Panduan Mahasiswa Ed.. 20150320 Panduan Mahasiswa Pengguna elearning Perbanas Ed. 20150320 Daftar Isi Daftar Isi... 1 I. Login ke Elearning Perbanas... 2 II. Melihat Mata Kuliah Anda...

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA

PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran  PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA Halaman 1 PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran http://www.tp-elkadigital.org B. Pendaftaran Peserta Mahasiswa Setiap Mahasiswa

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE 2010 (WWW.KTIGURU.ORG)

PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE 2010 (WWW.KTIGURU.ORG) PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE 2010 (WWW.KTIGURU.ORG) - 2/2 A. Langkah Kerja 1. Membuka Situs KTI Online Situs KTI Online dapat diakses melalui alamat www.ktiguru.org. Untuk mengakses

Lebih terperinci

UAI E-learning System Versi 2.2

UAI E-learning System Versi 2.2 Buku Pedoman Singkat Versi 2.2 Pusat Komputer dan Sistem Informasi Universitas Al Azhar Indonesia 21 Pebruari 2012 Daftar Isi Riwayat Revisi........ ii 1. Pendahuluan....... 1 Apa yang disebut Course Management

Lebih terperinci

PANDUAN E-ELEARNING FK UMM UNTUK TEACHER DAN COURSE CREATOR

PANDUAN E-ELEARNING FK UMM UNTUK TEACHER DAN COURSE CREATOR PANDUAN E-ELEARNING FK UMM UNTUK TEACHER DAN COURSE CREATOR MENGAKSES E-LEARNING FK UMM DAN LOGIN 1. Buka alamat situs http://kuliah-fk.umm.ac.id untuk mengakses e-learning Fakultas Kedokteran UMM, sehingga

Lebih terperinci

Langkah-langkah memulai menggunakan e-learning Lab Komputer dengan cara : 1. Klik Login di sudut kanan atas

Langkah-langkah memulai menggunakan e-learning Lab Komputer dengan cara : 1. Klik Login di sudut kanan atas Jhonas Fahran Arif Moodle adalah e-learning platform yang dapat digunakan secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan karena source codenya tersedia (open source). Kelebihan utama Moodle adalah

Lebih terperinci

Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM. Patah herwannto JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272,

Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM. Patah herwannto JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272, Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM Patah herwannto - 2015 JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272, ADMIN@STMIK-IM.AC.ID TEKNIS PELAKSANAAN 1. Pelaksanaan Perkuliahan 1) Perkuliahan dilaksanakan

Lebih terperinci

PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI

PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI 1 PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI Pengantar Keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik. Oleh karena itu kualitas

Lebih terperinci

Panduan Menggunakan Web Pembelajaran

Panduan Menggunakan Web Pembelajaran Panduan Menggunakan Web Pembelajaran Berikut panduan untuk menggunakan media belajar berbasis website yang di sediakan web www.nahlcode.com. 1. Daftar akun Untuk dapat menggunakan atau mengakses materi

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 5 1.1 Tentang Portal Akademik 5 1.2 Tentang Dokumen 5 2. Petunjuk Penggunaan 6 2.1 Login 6 2.2 Halaman Selamat

Lebih terperinci

Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah

Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah Panduan Untuk Dosen Panduan e-learning Akademi Kebidanan Al-Su aibah PENDAHULUAN Modul ini merupakan petunjuk singkat penggunaan fasilitas e-learning AKBID Al- Su aibah Bengkulu. ebook ini disusun dengan

Lebih terperinci

elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta

elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta DTSS Penanganan dan Pengawasan Barang Berbahaya Metode Blended Learning KEMENTERIAN

Lebih terperinci

Digital Library & Distance Learning Lab. Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar

Digital Library & Distance Learning Lab. Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar KATA PENGANTAR Pendidikan merupakan salah satu pilar bangsa yang perlu diselenggarakan dan ditingkatkan pelaksanaannya. Perguruan Tinggu

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen STMIK AKAKOM DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk Penggunaan... 5 2.1 Login... 5

Lebih terperinci

Gambar Halaman Awal KTI Online

Gambar Halaman Awal KTI Online - 1/24 A. Langkah Kerja 1. Membuka Situs KTI Online Situs KTI Online dapat diakses melalui alamat www.ktiguru.net. Untuk mengakses situs tersebut disarankan untuk menggunakan web browser Mozilla Firefox

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-RECRUITMENT IPC

PETUNJUK PENGGUNAAN E-RECRUITMENT IPC PETUNJUK PENGGUNAAN E-RECRUITMENT IPC DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 1.1 System Overview... 2 1.2 Purpose... 2 2. Memulai Aplikasi... 3 3. Registrasi... 5 4. Login... 7 5. Edit Resume... 9 6. Submit Lamaran...

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet Browser.

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY http://muhal.wordpress.com A. Pendahuluan Pengajar (guru, instruktur maupun dosen) merupakan

Lebih terperinci

APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID

APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID PANDUAN REMBUK WARGA APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Rembuk Warga ini dibuat untuk tujuan sebagai

Lebih terperinci

User Manual e-learning

User Manual e-learning User Manual e-learning Oleh: Dudut Lesmono 1 Contents User Manual Dosen... 4 Langkah Awal... 4 Menjalankan aplikasi... 4 Login Aplikasi... 4 Mengelola Profile... 5 Melihat Profile... 5 Mengedit Profile...

Lebih terperinci

A. Cara mengakses Tutorial Online

A. Cara mengakses Tutorial Online Tutorial Online merupakan fasilitas yang diberikan oleh Universitas Terbuka untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Tutorial Online berbasiskan Moodle yang menawarkan banyak fitur untuk

Lebih terperinci

2 Pengaturan Profil Mahasiswa

2 Pengaturan Profil Mahasiswa 1 Situs elearning Universitas Mercu Buana Alamat situs elearning Universitas Mercu Buana Kelas Karyawan http://elearning2.mercubuana.ac.id/ Loginlah ke sistem elearning dengan user dan password yang diberikan.

Lebih terperinci

FASILITAS TIK MAHASISWA KRS ONLINE

FASILITAS TIK MAHASISWA KRS ONLINE FASILITAS TIK MAHASISWA Setiap mahasiswa UMY memiliki fasilitas TIK sebagai berikut : 1. Email 2. Koneksi Internet (Wifi) 3. E learning 4. KRS Online Berikut uraian masing-masing fasilitas tersebut KRS

Lebih terperinci

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL

SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PANDUAN PENGGUNAAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL http://elearning.mikroskil.ac.id/ UNTUK DOSEN UPT. PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MIKROSKIL PERSIAPAN PRASYARAT Untuk dapat menggunakan fasilitas Pembelajaran

Lebih terperinci

MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id

MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id Sebelum mengisi KRS online baiknya Anda perhatikan petunjuk berikut ini Pastikan Anda telah membayar SPP karena syarat untuk mengisi KRS online adalah pembayaran

Lebih terperinci

3. Apabila Partner melupakan Passwordnya, dapat click link Reset Password dibawah tombol Login. Setelah itu akan muncul Popup dibawah ini:

3. Apabila Partner melupakan Passwordnya, dapat click link Reset Password dibawah tombol Login. Setelah itu akan muncul Popup dibawah ini: Penggunaan Aplikasi GLS untuk Partner 1. Buka halaman web https://newbinusmaya.binus.ac.id/gls 2. Partner Login menggunakan Email dan Password yang sudah ditentukan pihak Industri. 3. Apabila Partner melupakan

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Aplikasi

Petunjuk Penggunaan Aplikasi Petunjuk Penggunaan Aplikasi Berikut adalalah panduan penggunaan aplikasi Online Learning System: 1. Halaman Sign Up Halaman ini dipakai untuk melakukan proses registrasi user sebagai member dalam sistem

Lebih terperinci

AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM. Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login

AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM. Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login P a g e 0 18 AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM Login Menggunakan Username Dan Password Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login Username adalah Nomor Induk Pegawai

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING PPPPTK TK DAN PLB

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING PPPPTK TK DAN PLB PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING PPPPTK TK DAN PLB (etraining.tkplb.org) E-training atau elektronik training merupakan suatu jenis diklat yang menggunakan media elektronik sebagai alat bantu dalam proses pelaksanaan

Lebih terperinci

Panduan Umum SDLR LPKIA 2016

Panduan Umum SDLR LPKIA 2016 Panduan Umum SDLR LPKIA 2016 Pendahuluan SDLR (Student Digital Learning Resource) merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dirancang untuk menjembatani proses pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa

Lebih terperinci

MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA. Oleh. Infokom

MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA. Oleh. Infokom MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA Oleh Infokom Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda 2012 Infokom Pedoman E Learning Bagi Mahasiswa 1 Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT Penulis panjatkan,

Lebih terperinci

berdialog dengan teman lewat website e- learning UMB. Rincian dari pertemuan tatap muka dan pertemuan online adalah sebagai berikut:

berdialog dengan teman lewat website e- learning UMB. Rincian dari pertemuan tatap muka dan pertemuan online adalah sebagai berikut: 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa 1 Sistem Pembelajaran elearning Sistem kuliah dilakukan dengan pertemuan di ruang kelas (tatap muka) sebanyak 4 kali, dan tidak terbatas ruang dan waktu

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA

PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA 1. LOGIN - Mahasiswa mengakses halaman http://sikadu.unwahas.ac.id/sia untuk membuka sikadu (sistem akademik). - Setelah halaman

Lebih terperinci

PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN

PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN APLIKASI E-MUSRENBANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN EMUSRENBANG.BENGKULUSELATANKAB.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang

Lebih terperinci

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 3 KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

Lebih terperinci