PANDUAN PENGGUNAAN elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANDUAN PENGGUNAAN elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa"

Transkripsi

1 PANDUAN PENGGUNAAN elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN (UNISKA) MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN 2016

2 KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Allah S.W.T. karena berkat dan rahmat-nya Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kaimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin untuk Mahasiswa dapat diselesaikan. Panduan ini berisi langkah-langkah bagi mahasiswa dalam mengakses dan menggunakan eleaning Uniska yang dikembangkan dari aplikasi Moodle. Namun demikian, panduan ini tidak membahas seluruh fitur yang ada dalam elearning Uniska, tapi panduan ini hanya membahas fitur-fitur yang akan digunakan oleh mahasiswa dalam mengakses dan menggunakan elearning dalam proses perkuliahannya. Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan panduan ini. Ucapan terimakasih juga penulis ucapkan kepada Rektor dan dosendosen UNISKA yang mendukung pengembangan elearning di Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Penulis menyadari bahwa panduan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritikan yang membangun untuk kesempurnaan panduan ini. Semoga panduan ini dapat memberikan informasi yang berharga kepada mahasiswa dalam mengakses elearning pada perkuliahannya. Penulis juga mengharapkan, dengan adanya panduan ini dapat memotivasi mahasiswa untuk dapat terlibat aktif dalam proses perkuliahan baik secara tatap muka maupun melalui elearning. Banjarmasin, 21 September 2016 Hamdan Husein Batubara, M.Pd.I. i

3 DAFTAR ISI halaman KATA PENGANTAR... i DAFTAR ISI... ii PENDAHULUAN... 1 LOG IN DAN PENGATURAN PROFIL Alamat Website elearning Cara Log In (Masuk) Cara Mengubah Profile Mengubah Password... Error! Bookmark not defined. MENGAKSES MATERI DAN KEGIATAN PERKULIAHAN Materi yang berupa file berformat Ms. Word, Pdf, dan Ms. Powerpoint Materi dalam format halaman website Materi dalam format video Kumpulan Materi pelajaran online MENGAKSES KEGIATAN PERKULIAHAN Forum diskusi Kuis atau ujian online Penyerahan Tugas melalui E-Learning TEKNIK MELIHAT NILAI DAFTAR PUSTAKA ii

4 PENDAHULUAN Elearning Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin merupakan sarana pembelajaran online yang dikembangkan untuk melengkapi perkuliahan tatap muka yang dilakukan secara konvensional. Melalui elearning Uniska, para Dosen dapat menyajikan materi perkuliahan berformat teks, file doc, pdf, ppt, web, animasi, video, multimedia, dan ebook. Disamping itu, dosen dan mahasiswa juga dapat melaksanakan berbagai kegiatan akademk menggunakan elearning menggunakan aplikasi e-learning, seperti diskusi online, ujian online, penyerahan tugas online dan aktivitas lainnya secara online, sehingga mahasiswa dapat belajar dari bebragai sumber tanpa dibatasi oleh waktu ataupun jadwal perkuliahan dan tempat perkuliahan. Elearning Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin dikelmbangkan dengan menggunakan aplikasi Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle). Moodle merupakan platform elearning atau Learning Management System (LMS) yang dapat digunakan dengan gratis dan dapat dikembangkan secara bebas. Selain gratis dan bebas dikembangkan, Moodle juga mudah untuk digunakan terutama bagi pengguna yang sering menggunakan internet seperti browsing dan . Oleh karena itu, tidak mengherankan bila banyak institusi pendidikan di seluruh dunia, baik sekolah maupun perguruan tinggi yang telah menggunakan Moodle sebagai portal elearning institusinya. Hal tersebut terlihat dimana Moodle telah diterjemahkan ke dalam 70 bahasa. Jumlah pengguna Moodle terbesar pada Tahun 2005 adalah UK Open University yang memiliki mahasiswa. Di Indonesia, Moodle telah digunakan oleh berbagai perguruan tinggi ternama seperti Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Indnesia (UPI) Bandung, dan Institut Teknologi Bogor dan universitas lainnya. Panduan ini hanya membahas sebagian kecil cara penggunaan fitur elearning Uniska yang dikembangkan menggunakan Moodle. Selain itu, penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin pada panduan ini akan dibahas secara praktis. Oleh karena itu, para pengguna (user) diharapkan mempraktikkan panduan ini secara langsung menggunakan komputer atau laptop. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (1)

5 LOG IN DAN PENGATURAN PROFIL 1. Alamat Website elearning Mahasiswa dapat mengunjungi elearning Universitas Islam Kalimantan menggunakan Laptop dan Smartphone yang terkoneksi dengan internet melalui salah satu software internet seperti Mozilla, Internet explorer, Google Chrome, Opera, dan lain sebagainya. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat: pada kolom pencarian software internet. Kemudian Klik kolom yang ditandai berikut Lalu akan muncul halaman muka elearning seperti berikut. Silahkan Login untuk dapat Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (2)

6 menggunakannya. 2. Cara Log In (Masuk) Mahasiswa dapat login ke dalam aplikasi elearning Universitas Islam Kalimantan menggunakan akun yang telah diperoleh dari administrator. Umumnya, NPM merupakan username akun elearning mahasiswa dan password perdananya dapat diminta langsung kepada administrator atau dosen yang bersangkutan. Login elearning dilakukan dengan cara memilih menu Log in. Selanjutnya, isi Username dengan NPM mahasiswa dan isi Password dengan kata yang diberikan oleh administrator atau dosen yang bersangkutan, serta klik tombol Login (yang dilingkari) Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (3)

7 Ketika berhasil Login maka akan muncul halaman muka elearning seperti berikut. Profil Mahasiswa Web Universitas dan Web SIA UNISKA Daftar mata kuliah yang dapat diakses mahasiswa Penelitian Dosen pada Jurnal Online Daftar mata kuliah perjurusan Ketika Log in pertama kali, mahasiswa diharuskan untuk menchek kebenaran profilnya dan melengkapinya dengan informasi yang benar melalui menu Ubah Profil. Kemudian mengubah passwordnya demi meningkatkan keamanan akunnya melalui menu Ubah Password. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (4)

8 3. Cara Mengubah Profile Ketika pertama kali menggunakan elearning, mahasiswa harus memastikan bahwa data yang ada pada profile sudah lengkap dan semuanya benar. Untuk merubah profil, Klik nama akun Anda (nama Anda) selanjutnya arahkan mouse ke menu Preferensi kemudian klik tombol ubah profil. Silahkan isi data nama dan alamat dengan benar dan kemudian gulir ScollBar ke bawah untuk melihat halaman selanjutnya. Perhatikan gambar berikut. ScrollBar Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (5)

9 Selanjutnya isi keterangan dengan nama program studi, angkatan masuk, dan nama kelas. Selanjutnya masukkan (upload) foto mahasiswa pada menu Foto pengguna. Caranya adalah tekan tanda panah berikut. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (6)

10 Kemudian klik tombol Choose File Cari foto yang akan diupload dari dalam komputer. Kemudian tekan tombol Upload this file Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (7)

11 Selanjutnya berikan keterangan nama foto pada kolom deskripsi gambar, lalu tekan tombol Perbaharui Profil untuk menyimpan perubahan data profil. Setelah profil anda berhasil diubah, silahkan tekan tombol rumah saya untuk kembali ke halaman muka. Tombol kembali ke halaman muka Foto profil telah berubah Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (8)

12 4. Mengubah Password Mengubah password perlu dilakukan untuk meningkatkan perlindungan akun e-learning dari orang lain yang tidak bertanggung jawab. Adapun cara mengubahnya adalah: klik nama akun Anda kemudian arahkan mouse ke menu Preferensi lalu klik tombol Ubah Password. Kemudian isi kolom Password saat ini dengan password sekarang selanjutnya isi kolom Password baru dan kolom Password baru (lagi) dengan password pengganti yang akan digunakan kemudian kemudian tekan tombol Simpan perubahan. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (9)

13 MENGAKSES MATERI DAN KEGIATAN PERKULIAHAN Mahasiswa yang telah terdaftar dalam system elearning Universitas Islam Kalimantan dapat mengakses materi mata kuliah yang telah disediakan oleh dosen. Oleh karena itu, mahasiswa telah didaftarkan pada mata kuliah yang sesuai dengan mata kuliah yang telah direncanakan pada Kartu Rencana Semester (KRS). Adapun cara mengakses materi kuliah tersebut adalah dengan memilih/ mengklik judul mata kuliah yang ingin diikuti. Sebagai contoh pada panduan ini, mata kuliah yang ingin diikuti adalah PGM307 Strategi Pembelajaran, maka mahasiswa bisa langsung masuk ke dalam halaman mata kuliah PGM307 Strategi Pembelajaran dengan cara mengklik judul mata kuliah tersebut. Selanjutnya pada halaman mata kuliah PGM307 Strategi Pembelajaran mahasiswa dapat mengakses seluruh materi yang telah disajikan oleh dosen per topik perkuliahan. Silahkan gulir scrollbar ke bawah sehingga Anda melihat seluruh materi perkuliahan. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (10)

14 ScrollBar Selanjutnya silahkan klik judul materi perkuliahan yang ingin diakses atau judul forum diskusi yang ingin diikuti, ataupun tugas yang ingin dikerjakan/ diserahkan. Materi dalam file format Ms. Word Materi dalam file format PDF Materi dalam file format Ms. Powerpoint Materi dalam format halaman website Materi berupa Video Pembelajaran Materi Pelajaran dalam Online Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (11)

15 Adapun tampilan materi tersebut setelah judulnya diklik adalah sebagai berikut: 1. Materi yang berupa file berformat Ms. Word, Pdf, dan Ms. Powerpoint Unduk membaca file materi yang berformat Word, PDF, Powerpoint dan dokumen lainnya Anda harus terlebih dahulu mendownloadnya dengan cara mengklik judul filenya. Setelah Anda mengklik judul file dokumen yang anda inginkan maka akan muncul jendela Download, maka silahkan didownlad dan disimpan file tersebut ke dalam komputer Anda. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (12)

16 2. Materi dalam format halaman website Untuk melihat isi dari materi yang berfomat halaman website maka Anda dapat mengklik judulnya sehingga terlihat isinya seperti gambar berikut. Kemudian Anda juga dapat kembali ke halaman daftar topik mata kuliah dengan mengklik tombol yang bertulisan Return to topik Materi dalam format video Tombol kembali ke daftar topik mata kuliah Klik tombol ini untuk keluar dari halaman materi video Klik simbol ini untuk memutar memberhentikan video Tekan kotak ini untuk memperbesar dan memperkecil video Klik simbol ini untuk mengatur volume suara Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (13)

17 4. Kumpulan Materi pelajaran online Tombol kembali ke topik mata kuliah Klik tombol ini untuk menuju materi di halaman selanjutnya MENGAKSES KEGIATAN PERKULIAHAN Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (14)

18 Elearning juga menyediakan fasilitas kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa dan dosen. Adapun diantara kegiatan-kegiatan perkuliahan tersebut adalah kegiatan forum diskusi, chatting, kuis ataupun ujian online, dan penyerahan tugas-tugas melalui elearning. Adapun cara menggunakannya adalah: Masuk ke halaman mata kuliah dengan mengklik judul mata kuliah, kemudian klik judul salah satu kegiatan seperti ditunjukkan halaman berikut. Forum diskusi dan Tanya jawab Kuis atau ujian online Tugas Maka akan muncul halaman kegiatannya seperti ditunjukkan gambar berikut. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (15)

19 1. Forum diskusi Ketika judul forum diklik maka akan tampil halaman seperti ini Silahkan klik tombol add a new discussion topic untuk memulai diskusi dengan topic yang baru, sehingga muncul halaman berikut. Judul Materi diskusi Isi pesan atau pertanyaan? Tekan simbol panah ini untuk mengupload file (tidak wajib) Tekan tombol ini untuk menyimpan pertanyaan Topik diskusi dan pertanyaan yang telah tersimpan akan tampil seperti gambar berikut ini. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (16)

20 Jumlah balasan Untuk mengikuti diskusi di atas, silahkan klik topic discussion yakni standar proses pembelajaran sehingga muncul halaman berikut. Untuk pertanyaan yang telah tersimpan klik tombol Edit dan untuk membalas pecan tekan tombol Reply. Setelah tombol Reply ditekan maka akan muncul halaman seperti gambar berikut. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (17)

21 Isi pesan balasan Tekan tombol Post to forum ini untuk menyimpan balasan 2. Kuis atau ujian online Setelah judul kuis diklik maka akan tampil halaman berikut. Klik tombol mencoba kuis sekarang untuk mulai mengerjakan kuis. Ingat batasan waktu mengisi kuis ditentukan dosen hanya 1 jam. Tombol kembali ke topik mata kuliah Batas waktu pengerjaan kuis Metode penilaian Tombol memulai kuis Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (18)

22 Setelah tombol mencoba kuis diklik maka aka muncul jendela konfirmasi, silahkan tekan tombol Start attempt. Selanjutnya akan muncul halaman seperti gambar berikut (tergantung bentuk pertanyaannya): Pertanyaan Tombol navigasi untuk pergi ke nomor pertanyaan tertentu Penghitung waktu mundur Isi jawaban Anda Tombol maju Isi jawaban semua item pertanyaan yang disajikan oleh dosen Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (19)

23 Setelah selesai menjawab semua soal, kemudian tekan tombol finish attempt sehingga muncul halaman seperti berikut. Kemudian tekan tombol Submit all and finish, dan kemudian tekan tombol yang sama pada jendela konfirmasi berikut. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (20)

24 Maka akan muncul halaman review jawaban mahasiswa seperti ditunjukkan halaman berikut. Klk tombol Return to topik 1 untuk keluar dari halaman kuis. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (21)

25 3. Penyerahan Tugas melalui E-Learning Setelah judul tugas diklik maka akan muncul halaman seperti gambar berikut. Klik tombol ini untuk menyerahkan tugas (tugas dapat berupa file dokumen ataupun diketik langsung) Upload tugas anda dengan menekan tombol panah, lalu tekan tombol simpan perubahan. Upload tugas kesini Tekan tombol ini mengirim tugas Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (22)

26 Tugas yang berhasil diupload akan ditunjukkan oleh halaman seperti gambar berikut ini. Tombol kembali ke mata kuliah Indikator file tugas yang telah dikirim Tombol untuk mengubah tugas Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (23)

27 TEKNIK MELIHAT NILAI Mahasiswa dapat mengetahui nilai yang diberikan dosen terhadap tugas dan berbagai kegiatan perkuliahan dengan cara masuk ke halaman mata kuliah dengan cara mengklik nama mata kuliahnya. Selanjutnya klik menu This Course, kemudian pilih Nilai Sehingga muncul halaman raport nilai mahasiswa. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (24)

28 Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (25)

29 DAFTAR PUSTAKA Deni Darmawan, Pengembangan elearning, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya: Departemen ICT Universitas Ciputra. Moodle: Panduan Penggunaan. Universitas Ciputra: Surabaya Micro, A E-Learning dengan Moodle: Panduan instalasi dan konfigurasi. Clear OS Indonesia Community: Banjarbaru Prasetya, A.K. Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar. ADImedia. Panduan Penggunaan elearning Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) untuk Mahasiswa (26)

Panduan Penggunaan. Elearning Universitas Almuslim untuk Mahasiswa. M. Rezeki Muamar

Panduan Penggunaan. Elearning Universitas Almuslim untuk Mahasiswa. M. Rezeki Muamar Panduan Penggunaan Elearning Universitas Almuslim untuk Mahasiswa M. Rezeki Muamar 2016 Panduan Penggunaan elearning Universitas Almuslim untuk Mahasiswa Penulis M. Rezeki Muamar Program Studi Pendidikan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan. Elearning Universitas Almuslim untuk Dosen. M. Rezeki Muamar

Panduan Penggunaan. Elearning Universitas Almuslim untuk Dosen. M. Rezeki Muamar Panduan Penggunaan Elearning Universitas Almuslim untuk Dosen M. Rezeki Muamar 2016 Panduan Penggunaan elearning Universitas Almuslim untuk Dosen Penulis M. Rezeki Muamar Program Studi Pendidikan Biologi

Lebih terperinci

TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA.

TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA. TUTORIAL E-LEARNING MAHASISWA PASCASARJANA http://elearningpasca.binadarma.ac.id Disusun oleh: UPT-SIM Versi manual 1.0 2013 (moodle 2.3) 1. E-Learning E-Learning atau Electronic Learning merupakan salah

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning

Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen Workshop E-Learning Petunjuk Penggunaan e-learning untuk Dosen Versi Dokumen 1.9.1 Workshop E-Learning Dikompilasi dari Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Yudi Wibisono oleh

Lebih terperinci

Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa

Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa Panduan Singkat Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Siswa http://smkn3wonosari.web.id/ Oleh : SMK N 3 Wonosari DAFTAR ISI A. Pendahuluan... 2 B. Login (Masuk)... 3 C. Merubah Profil dan Password...

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA

PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran  PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA Halaman 1 PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran http://www.tp-elkadigital.org B. Pendaftaran Peserta Mahasiswa Setiap Mahasiswa

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa

Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB I. PENGANTAR Elearning PKSM UMB menggunakan aplikasi opensource Moodle. Kata Moodle adalah tingkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment.

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014 PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING 2014 PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA 2014 DAFTAR ISI Pendahuluan... 1 Laman Utama... 1 Laman

Lebih terperinci

PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG

PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG ( 2 0 1 6, P a t a h H e r w a n t o & T e g u h W i h a r k o ) 1 PANDUAN ELEARNING MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI EKUITAS BANDUNG Jl. PH.H. Mustofa No.31, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa

Lebih terperinci

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Petunjuk Penggunaan Online Learning Trisakti Tourism Electronic Learning Laboratory (3tell) http://3tell.stptrisakti.ac.id Learning Management System Tutorial Singkat Untuk Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata

Lebih terperinci

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle

Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Moodle Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa

Lebih terperinci

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle

Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle 1 Petunjuk Pengembangan Course dalam Elearning berbasis Moodle (Part I) Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org A. Pendahuluan Portal elearning kini banyak

Lebih terperinci

elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta

elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta elfeta e-learning Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Tutorial Pemakaian Learning Management System BPPK untuk Peserta DTSS Penanganan dan Pengawasan Barang Berbahaya Metode Blended Learning KEMENTERIAN

Lebih terperinci

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA Achyar Munandar 0 PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI MAHASISWA 1 DAFTAR ISI I MENGAKSES E-LEARNING... 2 1.1 Laman Depan E-Learning... 2 1.2 Pengaturan Profil... 3 II AKTIFITAS KULIAH... 3 2.1 Mengunduh Bahan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA

PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA PANDUAN PENGGUNAAN ELEARNING UNIVERSTAS PENDIDIKAN GANESHA Oleh: UPT-TIK Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2017 DAFTAR ISI 1. PENGANTAR E-LEARNING... 1 2. MENGAKSES E-LEARNING... 2 a. Eksplorasi Menu

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENGGUNAAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT (MOODLE)

BUKU PANDUAN PENGGUNAAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT (MOODLE) BUKU PANDUAN PENGGUNAAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT (MOODLE) http://elearning.unukaltim.ac.id Disusun Oleh : Tribowo Suryanto Modul ini membahas bagaimana cara penggunaan perangkat

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PENGGUNAAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT (MOODLE)

BUKU PANDUAN PENGGUNAAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT (MOODLE) BUKU PANDUAN PENGGUNAAN MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT (MOODLE) http://elearning.unukaltim.ac.id Disusun Oleh : Tribowo Suryanto Modul ini membahas bagaimana cara penggunaan perangkat

Lebih terperinci

PETUNJUK CARA PENGGUNAAN E SEMKA, E-LEARNING SMKN 1 SATUI

PETUNJUK CARA PENGGUNAAN E SEMKA, E-LEARNING SMKN 1 SATUI PETUNJUK CARA PENGGUNAAN E SEMKA, E-LEARNING SMKN 1 SATUI A. Pendahuluan Banyak portal e-learning yang dikembangkan dengan LMS Moodle. Salah satu contoh adalah E semka (http://esemka1satui.net) yakni portal

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen STMIK AKAKOM DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk Penggunaan... 5 2.1 Login... 5

Lebih terperinci

PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA

PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA PANDUAN PLATFORM PDITT ITB BAGI MAHASISWA UPT e-learning Institut Teknologi Bandung 2016 A. Mengubah Password 1. Ketik pditt.kuliah.itb.ac.id address bar 2. Klik login, kemudian klik lupa password 3. Fdsfd

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR. Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY MATERI PELATIHAN E-LEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR Muhamad Ali, MT Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY http://muhal.wordpress.com A. Pendahuluan Pengajar (guru, instruktur maupun dosen) merupakan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi

PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA. Divisi Web Administrasi PETUNJUK PENGGUNAAN E-LEARNING UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA Divisi Web Administrasi UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG 2007 DAFTAR ISI I. Memilih Situs E- Learning Maranatha... 1 II. Login ke E-Learning...

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa)

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN E-LEARNING (Untuk Siswa) Akses ke dalam Portal e-learning PLN User/Siswa dapat melakukan akses ke dalam Portal e-learning melalui 2 (dua) jaringan komputer: 1. Akses melalui

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING PPPPTK TK DAN PLB

PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING PPPPTK TK DAN PLB PETUNJUK TEKNIS E-TRAINING PPPPTK TK DAN PLB (etraining.tkplb.org) E-training atau elektronik training merupakan suatu jenis diklat yang menggunakan media elektronik sebagai alat bantu dalam proses pelaksanaan

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 5 1.1 Tentang Portal Akademik 5 1.2 Tentang Dokumen 5 2. Petunjuk Penggunaan 6 2.1 Login 6 2.2 Halaman Selamat

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar 1. Membuka Situs E-Learning Unsyiah Arahkan browser pada alamat situs e-learning Unsyiah: http://unsyiah.inherent-dikti.net/e-learning-unsyiah/. 2. Login Masukkan

Lebih terperinci

AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM. Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login

AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM. Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login P a g e 0 18 AKSES KE SISTEM E-LEARNING BPSDM HUKUM DAN HAM Login Menggunakan Username Dan Password Pada menu login, ketiklah username dan password lalu tekan tombol login Username adalah Nomor Induk Pegawai

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 3 1.1 Tentang Portal Akademik... 3 1.2 Tentang Dokumen... 3 2.

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA 2016 PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING MAHASISWA STAIN PONOROGO KATA PENGANTAR Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-nya, sehingga penyusunan Buku Panduan Penggunaan E-Learning

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN V.1.0 SISTEM E-LEARNING STT-HARAPAN BERBASIS MOODLE PENGGUNA : DOSEN

MODUL PELATIHAN V.1.0 SISTEM E-LEARNING STT-HARAPAN BERBASIS MOODLE PENGGUNA : DOSEN MODUL PELATIHAN V.1.0 SISTEM E-LEARNING STT-HARAPAN BERBASIS MOODLE PENGGUNA : DOSEN Disusun Oleh : Dedy Arisandi, ST, Mkom Tommy, ST, Mkom Ade Zulkarnain, ST, Mkom Adidtya Perdana, ST, Mkom SEKOLAH TINGGI

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS BENGKULU DAFTAR ISI DAFTAR ISI...2 1. Pendahuluan...4 1.1 Tentang Portal Akademik...4 1.2 Tentang Dokumen...4 2. Petunjuk Penggunaan...5

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN ELEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR PADA E-LEARNING. Muhamad Ali, MT.

MATERI PELATIHAN ELEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR PADA E-LEARNING. Muhamad Ali, MT. MATERI PELATIHAN ELEARNING PETUNJUK BAGI PENGAJAR PADA E-LEARNING Muhamad Ali, MT http://elektro.uny.ac.id/muhal Fitur-Fitur E-Learning dengan LMS Moodle Ditinjau dari segi fasilitas, E-learning yang dikembangkan

Lebih terperinci

Mekanisme dan Panduan Mengikuti LJJ Pusdiklat Aparatur untuk Peserta

Mekanisme dan Panduan Mengikuti LJJ Pusdiklat Aparatur untuk Peserta Mekanisme dan Panduan Mengikuti LJJ Pusdiklat Aparatur untuk Peserta A. Memulai Pelatihan Jarak Jauh (LJJ) Untuk memulai pembelajaran, hal yang dilakukan adalah dengan mengakses web resmi LJJ Pusdiklat

Lebih terperinci

A. Cara mengakses Tutorial Online

A. Cara mengakses Tutorial Online Tutorial Online merupakan fasilitas yang diberikan oleh Universitas Terbuka untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Tutorial Online berbasiskan Moodle yang menawarkan banyak fitur untuk

Lebih terperinci

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL)

REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) REFERENSI SINGKAT (STEP BY STEP TUTORIAL) SCELE FOR SCHOOL MODUL SISWA WORKSHOP E-LEARNING FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA 17 JANUARI 2009 DAFTAR ISI LOGIN 2 MENGUBAH PROFILE.. 3 MELIHAT PARTISIPAN

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII

Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII Panduan E-Learning Untuk Dosen S2 S1 D-IV DIII YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL HELVETIA (EDISI REVISI) PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Situs E-Learning Langkah pertama adalah menjalankan Internet Browser.

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 3 1.1 Tentang Portal Akademik... 3 1.2 Tentang Dokumen... 3 2. Petunjuk Penggunaan...

Lebih terperinci

E-LEARNING PETUNJUK UNTUK SISWA

E-LEARNING PETUNJUK UNTUK SISWA E-LEARNING PETUNJUK UNTUK SISWA A. Pendahuluan Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tata cara penggunaan media pembelajaran e-learning (elektronik learning). Dalam sistem pembelajaran berbasis E-Learning

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2.

Lebih terperinci

E LEARNING STIE PANCASETIA BANJARMASIN BERBASIS MOODLE

E LEARNING STIE PANCASETIA BANJARMASIN BERBASIS MOODLE E LEARNING STIE PANCASETIA BANJARMASIN BERBASIS MOODLE Panduan Untuk Mahasiswa halaman 1 Pendahuluan A. Latar Belakang Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat ternyata berdampak luas

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 4 1.1 Tentang Portal Akademik 4 1.2 Tentang Dokumen 4 2. Petunjuk Penggunaan 5 2.1 Login 5 2.2 Halaman

Lebih terperinci

LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar

LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar LANGKAH MEMILIH MATA KULIAH 1. Tampilan setelah berhasil login, akan terlihat login user profil pada sebelah kanan tampilan layar 2. Langkah selanjutnya untuk melihat mata kuliah yang bapak/ibu ampu adalah

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk

Lebih terperinci

PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI

PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI 1 PENGENALAN SISTEM DIKLAT ONLINE / E-TRAINING GURU MELEK IT POLA 16 HARI Pengantar Keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik. Oleh karena itu kualitas

Lebih terperinci

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR

TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR TUTORIAL E-LEARNING POLTEKKES MAKASSAR Untuk Dosen http://elearning.poltekkes-mks.ac.id/ OUTLINE 1. Membuat akun 2. Masuk ke halaman Kuliah 3. Menambahkan materi pada halaman kuliah 4. Membuat kantong

Lebih terperinci

1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas

1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas 1. Login dan Masuk ke Halaman Kelas 1. Buka browser internet anda (mozilla firefox atau internet explorer). 2. Ketikkan alamat URL (address) di browser anda : http://elearning.budiluhur.ac.id/ 3. Lakukan

Lebih terperinci

Panduan User Telkom E-Learning Group

Panduan User Telkom E-Learning Group K C TCU-C M C C S Panduan User Telkom E-Learning Group Digital Learning Knowledge Management & Case Study Center Telkom Corporate University 2014 Overview Telkom E-Learning adalah media pembelajaran interaktif

Lebih terperinci

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim

https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim https://pengawaspinrang.wordpress.com MANUAL BOOK penggunaan blog Pengawa Sekola Idarahma Ibrahim PANDUAN (MANUAL) PENGGUNAAN BLOG http://pengawaspinrang.wordpress.com UNTUK PENGAWAS SEKOLAH A. Membuka

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI Menu Login Halaman Awal Menu Diklat Memilih Diklat...

DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI Menu Login Halaman Awal Menu Diklat Memilih Diklat... DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 PENJELASAN UMUM... 3 PENJELASAN MENU PADA APLIKASI... 4 Menu Login... 4 Halaman Awal... 5 Menu Diklat... 6 Memilih Diklat... 7 Mengakses Konten Materi... 8 Mengakses Forum...

Lebih terperinci

Modul untuk Siswa. Langkah-langkah Mudah Mengoperasikan E-Learning

Modul untuk Siswa. Langkah-langkah Mudah Mengoperasikan E-Learning Modul ini disusun sebagai panduan siswa SMA N 8 Yogyakarta untuk memaksimalkan penggunaan e-learning sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Diiharapkan dengan panduan dalam modul ini siswa dapat memudahkan

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar. Yudi Wibisono versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006

Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar. Yudi Wibisono versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Petunjuk Singkat Penggunaan Moodle bagi Pengajar Yudi Wibisono yudi@upi.edu versi dokumen: 1.7 / 16 Agustus 2006 Universitas Pendidikan Indonesia 2006 DAFTAR ISI Pendahuluan... 3 Fitur Moodle... 4 Membuka

Lebih terperinci

MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA. Oleh. Infokom

MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA. Oleh. Infokom MANUAL E LEARNING (ELUNTAS) BAGI MAHASISWA Oleh Infokom Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda 2012 Infokom Pedoman E Learning Bagi Mahasiswa 1 Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT Penulis panjatkan,

Lebih terperinci

PUSAT PENDIDIKAN SDM KESEHATAN BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN

PUSAT PENDIDIKAN SDM KESEHATAN BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) UNTUK MAHASISWA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN PUSAT PENDIDIKAN SDM KESEHATAN BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM

Lebih terperinci

Panduan Tutorial Online Untuk Mahasiswa

Panduan Tutorial Online Untuk Mahasiswa Panduan Tutorial Online Untuk Mahasiswa Tutorial Online dimaksudkan sebagai fasilitas yang diberikan oleh UT kepada mahasiswanya untuk membantu memahami materi perkuliahan. Tutorial Online yang berbasiskan

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008

Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar. Yudi Wibisono Yohanes Suyanto versi dokumen: 30 Maret 2008 Petunjuk Singkat Penggunaan Kuantum Gama bagi Pengajar Yudi Wibisono yudi@upi.edu Yohanes Suyanto yanto@ugm.ac.id versi dokumen: 30 Maret 2008 ... 2 Pendahuluan... 3 Membuka Situs E-Learning Kuantum Gama...

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 234 BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Pada bagian implementasi, penulis akan menjelaskan mengenai spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan sistem, jaringan yang dibutuhkan,

Lebih terperinci

Kelas Maya. Panduan Pengguna Sistem - Siswa. Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kelas Maya. Panduan Pengguna Sistem - Siswa. Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kelas Maya Panduan Pengguna Sistem - Siswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia PENDAHULUAN Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mengubah paradigma pendidikan

Lebih terperinci

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI DOSEN

Achyar Munandar PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI DOSEN Achyar Munandar 0 PANDUAN SINGKAT E-LEARNING BAGI DOSEN 1 DAFTAR ISI I MENGAKSES E-LEARNING... 2 1.1 Laman Depan E-Learning... 2 1.2 Pengaturan Profil... 3 II PENGELOLAAN MATA KULIAH... 3 2.1 Membuat Deskripsi

Lebih terperinci

PRAKTEK E-LEARNING. Mengaskses e-learning UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Puskom UNY

PRAKTEK E-LEARNING. Mengaskses e-learning  UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Puskom UNY PRAKTEK E-LEARNING Oleh: Puskom UNY UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012 1 Mengaskses e-learning http://besmart.uny.ac.id 2 Akun e-learning Username dan password yang digunakan adalah NIM masing-masing mahasiswa

Lebih terperinci

PANDUAN PERKULIAHAN ONLINE KULIAH ONLINE WAJIB BAGI SELURUH MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG

PANDUAN PERKULIAHAN ONLINE KULIAH ONLINE WAJIB BAGI SELURUH MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG PANDUAN PERKULIAHAN ONLINE KULIAH ONLINE WAJIB BAGI SELURUH MAHASISWA UNIVERSITAS PAMULANG PANDUAN 1: LOGIN, MERUBAH PASSWORD, DAN MENGGANTI EMAIL 1. SITUS ONLINE LEARNING Klik Browser Mozilla Firefox

Lebih terperinci

PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP

PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP PANDUAN PEMBUATAN KONTEN E LEARNING LENGKAP 1) Ketentuan Umum a. Ada 15 (lima belas) pengusul yang diundang untuk memasukkan konten e learning. Kelima belas konten ini selanjutnya akan diseleksi untuk

Lebih terperinci

PRAKTEK E-LEARNING Oleh: Tim ICT UNY

PRAKTEK E-LEARNING Oleh: Tim ICT UNY PRAKTEK E-LEARNING Oleh: Tim ICT UNY UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2014 1 Mengaskses e-learning http://besmart.uny.ac.id 2 Akun e-learning Username yang digunakan adalah NIM masingmasing mahasiswa Password

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI DAFTAR ISI DAFTAR ISI...2 1. Pendahuluan...3 1.1 Tentang Portal Akademik Kartika Yani...3 1.2 Tentang Dokumen...3 2.

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan E-Learning Politeknik Negeri Batam

Petunjuk Singkat Penggunaan E-Learning Politeknik Negeri Batam Petunjuk Singkat Penggunaan E-Learning Politeknik Negeri Batam Pendahuluan Pada e-learning Politeknik Negeri Batam ini menggunakan suatu platform yang dikenal dengan Moodle. Moodle adalah salah satu e-learning

Lebih terperinci

User Manual Guide Salesman USER MANUAL GUIDE. Salesman. E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales E-Learning SIS Page 1 of 19

User Manual Guide Salesman USER MANUAL GUIDE. Salesman. E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales E-Learning SIS Page 1 of 19 USER MANUAL GUIDE Salesman E-Learning PT. Suzuki Indomobil Sales 2015 E-Learning SIS Page 1 of 19 Table of Contents 1. LOGIN... 3 2. RESET PASSWORD... 3 3. DISCUSSION FORUM... 5 4. E-LEARNING NEWS... 7

Lebih terperinci

Modul Pengguna SCeLE

Modul Pengguna SCeLE Modul Pengguna SCeLE Halaman utama SCeLE SCeLE adalah sistem yang berbasis web, sehingga untuk dapat menggunakannya dibutuhkan web browser (Internet Explorer / Mozilla / Netscape / Opera / dll). Untuk

Lebih terperinci

KKN TEMATIK. Manual Book Website

KKN TEMATIK. Manual Book Website KKN TEMATIK Manual Book Website http://ciptakarya.pu.go.id/setditjen/kkntematik/ WEBSITE KKN TEMATIK Login Website Mahasiswa 1. Setelah Laptop/PC/Tablet dalam keadaan online, buka browser (mozilla firefox/chrome/opera/safari/internet

Lebih terperinci

Kata Pengantar. Singaraja, 7 Agustus a.n Tim pelaksana I b M MGMP Model Asinkronus Kabupaten Buleleng Ketua,

Kata Pengantar. Singaraja, 7 Agustus a.n Tim pelaksana I b M MGMP Model Asinkronus Kabupaten Buleleng Ketua, Daftar Isi Daftar Isi... 2 Kata Pengantar... 3 I. Teknologi Informasi Asinkronus Bagi MGMP Se-Kabupaten Buleleng... 4 A. Tentang Web MGMP... 4 B. Peran Aktor dalam Web MGMP... 6 II. Login dan Mengubah

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK MAHASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK MAHASISWA PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK MAHASISWA Indah Purwitasari Ihsan, MT Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Ichsan Gorontalo September - 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat ALLAH

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN COURSE Disusun Oleh : Fajar Edyana, S.Kom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 E-learning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 1 SESI 1 MANAJEMEN USER 2.1. Pendaftaran Keanggotaan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD DOSEN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD DOSEN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL TAHUN 2015/2016 1. PENDAHULUAN Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) ini dikembangkan untuk mempercepat dalam memasukkan dan mendapatkan data / informasi akademik.

Lebih terperinci

PANDUAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB E-LEARNING

PANDUAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB E-LEARNING PANDUAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB E-LEARNING DENGAN MOODLE BAGI SISWA Untuk membuat web e-learning dengan moodle, pastikan bahwa Anda sudah memiliki akun (rekening) e-mail. Akun e-mail yang Anda miliki

Lebih terperinci

Digital Library & Distance Learning Lab. Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar

Digital Library & Distance Learning Lab. Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar Petunjuk Teknis Penggunaan Sistem E-Learning untuk Peserta Ajar KATA PENGANTAR Pendidikan merupakan salah satu pilar bangsa yang perlu diselenggarakan dan ditingkatkan pelaksanaannya. Perguruan Tinggu

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN VCLASS PERSIAPAN MATERI BAGI PENGGUNA DOSEN Akses Virtual Class - Buka browser - Ketikkan alamat - http://v-class.gunadarma.ac.id/ maka akan tampil halaman utama seperti terlihat pada

Lebih terperinci

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE http://etraining.tkplb.org 2014 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Lebih terperinci

11/6/2015. Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM

11/6/2015. Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM 11/6/2015 Panduan Singkat E-Learning Untuk Dosen STMIK IM & STIE STAN IM Patah Herwanto 2015 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 Panduan Singkat Penggunaan e-learning... 2 STMIK IM & STIE STAN IM... 2 Alamat url

Lebih terperinci

Pengembangan E-learning dengan Moodle

Pengembangan E-learning dengan Moodle Pengembangan E-learning dengan Moodle Oleh: Herman Dwi Surjono, Ph.D. hermansurjono@uny.ac.id http://herman.elearning-jogja.org 1. Pendahuluan Moodle merupakan salah satu LMS (learning Management System)

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA

PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA PANDUAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA PANDUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI 1 KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan rahmat-nya,

Lebih terperinci

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST)

Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Panduan e-learning Bina Sarana Informatika (BSI e-learning System / BEST) Akses laman e-learning dengan cara mengetik http://elearning.bsi.ac.id/ pada browser Internet, kemudian akan tampil halaman home

Lebih terperinci

PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING (MOODLE)

PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING (MOODLE) PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING (MOODLE) Perkembangan Teknologi Informasi (TI) sudah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Pada bidang Pendidikan, dampak yang muncul ialah kegiatan belajar dan

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen. Yayasan IBA Palembang

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen. Yayasan IBA Palembang Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Yayasan IBA Palembang DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 3 1.1 Tentang Portal Akademik 3 1.2 Tentang Dokumen 3 2. Petunjuk Penggunaan 4 2.1 Login

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN E-LEARNING #1

MODUL PELATIHAN E-LEARNING #1 MODUL PELATIHAN E-LEARNING #1 BIDANG PENGEMBANGAN E-LEARNING DEPARTEMEN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA 2017 E-Learning bukan hanya sekedar proses mendownload materi yang sudah disediakan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1. PENJELASAN UMUM

DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1. PENJELASAN UMUM DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1. PENJELASAN UMUM 2. PENJELASAN MENU PADA APLIKASI a. Menu Login b. Halaman Awal c. Menu Diklat d. Memilih Diklat e. Mengakses Konten Materi f. Mengakses Forum g. Mengakses Evaluasi

Lebih terperinci

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE Pengisian Content CMS Moodle Memasukan materi 1. Isi langsung Dengan cara isi langsung, materi dimasukan dengan mengetikkannya langsung melalui situs. Langkah langkah :

Lebih terperinci

Panduan elearning untuk Mahasiswa

Panduan elearning untuk Mahasiswa See discussions, stats, and author profiles for this publication at: https://www.researchgate.net/publication/311453876 Panduan elearning untuk Mahasiswa Working Paper November DOI: 10.13140/RG.2.2.29085.31206

Lebih terperinci

Memanfaatkan Fitur Member Website Sekolah

Memanfaatkan Fitur Member Website Sekolah Bab VI: Memanfaatkan Fitur Member Website Sekolah Dalam website sekolah ini terdapat sistem komunitas dari pengguna website yang merupakan bagian dari komunitas pendidikan. Sesuai dengan penjelasan bab

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

Modul Pelatihan : Pemanfaatan Sistem E-Learning dengan. untuk Siswa. Disusun oleh:

Modul Pelatihan : Pemanfaatan Sistem E-Learning dengan. untuk Siswa. Disusun oleh: Modul Pelatihan : Pemanfaatan Sistem E-Learning dengan untuk Siswa Disusun oleh: Anisa Herdiani, M.T Herika Hayurani, M.Kom Aan Kardiana, M.Si Puspa Setia Pratiwi, S.Kom, M.A PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

Lebih terperinci

Sehingga akan muncul window baru seperti ini :

Sehingga akan muncul window baru seperti ini : 1. Mendaftar keanggotaan dalam e-learning Untuk dapat aktif dalam sistem pengelolaan e -learning dengan Learning Management System (LMS) Moodle yang digunakan di Universitas Ahmad Dahlan maka harus terdaftar

Lebih terperinci

Mengapresiasi e-learning Berbasis MOODLE Basori 1

Mengapresiasi e-learning Berbasis MOODLE Basori 1 Mengapresiasi e-learning Berbasis MOODLE Basori 1 A. Pendahuluan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem e-learning untuk

Lebih terperinci

MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS

MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS MANUAL BOOK USER GURU JBCLASS MANUAL BOOK USER GURU Sistem JBClass merupakan sebuah aplikasi learning management system berbasis website yang di design sebagai media tambahan atau pengayaan pembelajaran

Lebih terperinci

Panduan E Learning untuk Mahasiswa http://elearning.fisip-untirta.ac.id Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2013 PANDUAN PENGGUNAAN E-Learning FISIP Untirta berbasis

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa STMIK & AMIK LOGIKA 2011 (EDISI REVISI) Copyright : STMIK & AMIK LOGIKA Halaman 1 dari 10 PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Tutorial Online Langkah pertama adalah menjalankan

Lebih terperinci

Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu Panduan e-learning Poltekkes Kemenkes Bengkulu PENDAHULUAN e-learning Poltekkes Kemenkes ini dikembangkan sebagai salah satu bentuk layanan pembelajaran kepada mahasiswsia. Diharapkan kepada mahasiswa

Lebih terperinci

Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM. Patah herwannto JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272,

Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM. Patah herwannto JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272, Panduan Elearning UNTUK MAHASISWA STMIK IM & STIE STAN IM Patah herwannto - 2015 JL. JAKARTA NO 79 BANDUNG 40272, ADMIN@STMIK-IM.AC.ID TEKNIS PELAKSANAAN 1. Pelaksanaan Perkuliahan 1) Perkuliahan dilaksanakan

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa

Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Untuk Mahasiswa I. SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING 1. SISTEM PEMBELAJARAN Sistem kuliah dilakukan dengan pertemuan di ruang kelas (tatap muka) sebanyak 5 kali, dan tidak

Lebih terperinci

Software User Manual. E-Learning. Panduan Bagi Dosen dan Mahasiwa

Software User Manual. E-Learning. Panduan Bagi Dosen dan Mahasiwa Software User Manual E-Learning Panduan Bagi Dosen dan Mahasiwa DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. DOSEN 4 1.1 Materi Kuliah 4 1.1.1. Menampilkan Daftar Materi Kuliah 4 1.1.2. Menambah Daftar Materi Kuliah 5 1.1.3.

Lebih terperinci

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR

PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR 2009 I. PANDUAN PELATIHAN E LEARNING DASAR Fakultas Ekonomi Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta 29/Agustus/2009 PENDAHULUAN Selamat datang di e:learning Community (elcom) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lebih terperinci

PANDUAN AKADEMIK dan SIA ONLINE Tahun Akademik 2017/2018 DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)...

PANDUAN AKADEMIK dan SIA ONLINE Tahun Akademik 2017/2018 DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)... DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)... A. Portal Akademik... B. Profil dan Password... C. Ambil KRS... D. Hapus KRS... E. Kartu Rencana Studi... F. Kartu Hasil Studi...

Lebih terperinci