MODEL F67C/F75A AUTOMATIC DIGITAL VALVE FILTER

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "MODEL F67C/F75A AUTOMATIC DIGITAL VALVE FILTER"

Transkripsi

1 MODEL F67C/F75A AUTOMATIC DIGITAL VALVE FILTER 1. SEKILAS PRODUK 1.1 Aplikasi Utama dan Penerapan Digunakan untuk Sistem Penyaringan Perawatan Air (Filter). Sangat cocok untuk Sistem Penyaringan Perumahan Perlengkapan penyaringan pada kolam renang (F75A1/53510) Penyaring karbon / penyaring pasir pada sistem penyaringan perawatan RO 1.2. Karakteristik Produk Struktur Sederhana dan Terpercaya Anti Bocor Mengadaptasi pada tampilan kedap udara dengan cetakan tekanan tinggi dan tahan karat saat pembukaan dan penutupan. Dengan kombinasi Service (Servis), Backwash (Cuci Kembali), dan Fast Rinse (Bilas Cepat). Air tidak melalui valve disaat pembaruan pada tipe tangki tunggal Fungsi Manual Untuk pembaruan singkat dengan menekan tombol Indikator pemadaman listrik setiap saat dibutuhkan. Jika padam selama lebih dari 3 hari, indikator waktu terkini akan berkedip untuk mengingat kita agar mengatur ulang waktu/jam. Pengaturan parameter lainnya tidak perlu di atur ulang. Proses akan lanjut bekerja setelah listrik dinyalakan kembali. Tampilan layar LED dinamis Baris batang pada layar menyala dinamis, mengindikasikan valve dalam kondisi servis, atau dalam kondisi pembaruan. Tombol Terkunci Tombol tombol tidak dapat berfungsi dalam 1 menit, indikator tombol terkunci menyala yang menjelaskan tombol terkunci. Sebelum mengoperasikan tekan dan tahan tombol dan selama 5 detik untuk membuka penguncian. Fungsi ini guna menghindari terjadinya kesalahan dalam pengoperasian.

2 Frekuensi membilas Dapat diatur membilas berkali kali, berarti beberapa kali cuci kembali dan bilas cepat dalam satu kali servis. Sangat baik untuk membersihkan media filter (Untuk lebih jelas lihat petunjuk pada hal. 10) Terdapat 2 (dua) macam tipe jam arloji Valve tipe jam arloji dapat dipilih untuk servis menurut jam, menurut pengaturan saklar merah pada papan kontrol utama menjadi 1 (lihat pada gambar 3 1). Arahkan ke ON yang berarti tipe jam arloji servis menurut hari, 1 berarti tipe jam arloji servis menurut jam. (Perhatian: setelah mengatur saklar, harap restart daya (power)). Fungsi Interlock (berpautan) Memiliki fungsi Interlock (berpautan) untuk menunjukkan hanya ada satu valve yang melakukan pembilasan tetapi pada valve lainnya melakukan servis yang terpasang paralel dalam satu sistem. Pada sistem perawatan beragam tahapan seperti RO sebelum perawatan, ketika beberapa valve berada dalam satu rangkaian, terdapat hanya satu valve yang melakukan pembilasan untuk memastikan air mengalir setiap saat. (Penerapan lihat pada gambar 3 10) Sinyal Output Terdapat konektor sinyal output pada papan kontrol utama. Untuk mengontrol pemasangan kabel luar (Lihat pada gambar 3 2 s/d 3 9). Ada 2 macam mode output: mode b 01: Menyalakan tanda pembaruan dimulai dan pembaruan diakhiri; Mode b 02: Sinyal tersedia hanya pada interval (jeda atau selang) putaran pembilasan dan dalam servis.

3 Input penanganan jarak jauh Konektor ini dapat menerima sinyal dari luar, digunakan bersamaan dengan PLC, dan komputer, dsb. untuk mengatur valve. (Penerapan lihat pada gambar 3 12). Output pelepas tekanan Valve akan menghentikan air yang mengalir ke saluran pembuangan pada saat putaran pembaruan (Sama seperti sinyal output b 02). Hal ini dapat dijumpai pada beberapa sistem perawatan air, sebagai contoh Air Sumur, sebuah pompa pendorong terpasang pada air masuk untuk meningkatkan tekanan air yang masuk dalam sistem, pemutusan ini dapat menyebabkan tekanan dalam air masuk mengalir terlalu cepat sehingga dapat merusak valve. Output pelepas tekanan dapat digunakan untuk menghindari kejadian ini. (Penerapan lihat pada Gambar 3 11). Seluruh parameter dapat dimodifikasi Merujuk pada kualitas air dan penggunaan, parameter dalam proses dapat diubah Kondisi Servis Filter Valve harus digunakan dengan kondisi sebagai berikut: Items Persyaratan Kondisi Kerja Tekanan Air Temperatur Air 0,15 MPa ~ 0,6 MPa 5 o C~50 o C Lingkungan Kerja Temperatur Lingkungan 5 o C~50 o C Kelembaban Relatif 95% (25 o C) Kualitas Air Masuk Fasilitas Listrik Kekeruhan Air AC100 ~ 240V/50~60Hz <20FTU Catatan: Parameter pada tabel diatas hanya cocok untuk penyaringan yang disesuaikan pada valve filter kami. Ketika tingkat kekeruhan air melebihi dari kondisi normal, kotoran yang akan masuk ke saluran air masuk harus diendapkan terlebih dahulu Struktur Produk dan Parameter Teknis A. Dimensi produk (Tampilan gambar hanya sebagai acuan. Gambar mengikuti produk sebenarnya)

4 Model A(mm) max B(mm) max H(mm) max Output Adaptor Flow Rate m 3 F67C ,5 F67G DC12V, 1,5A 4,0 Model A(mm) max B(mm) max H(mm) max Output Adaptor Flow Rate m 3 F75A ,5 230,5 F75B 216,5 346,5 247 DC12V, 1,5A 10,0

5 1.5. Instalasi A. Peringatan Instalasi Sebelum instalasi, baca seluruh instruksi. Kemudian siapkan seluruh perangkat dan peralatan yang dibutuhkan untuk instalasi. Produk instalasi, pipa dan perlengkapan listrik harus dipasang oleh profesional untuk memastikan produk dapat berfungsi secara normal. Tampilan instalasi mengacu pada aturan pemasangan saluran pipa pada umumnya dan spesifikasi air masuk, air keluar dan air pembuangan. B.Lokasi Perangkat 1. Filter harus ditempatkan dekat ke tempat pembuangan. 2. Pastikan unit yang terpasang memiliki ruang yang cukup untuk pengoperasian dan pemeliharaan. 3. Unit harus terlindungi dari alat pemanas (heater) dan tempat terbuka. Sinar matahari atau hujan dapat merusak sistem instalasi. 4. Hindari sistem instalasi dari zat asam atau alkalin, magnetik atau gangguan getar/guncangan yang kuat, karena beberapa faktor tersebut dapat menimbulkan gangguan pada sistem. 5. Jangan memasang filter (saringan), pipa pembuangan pada keadaan temperatur dibawah 5 o C atau diatas 50 o C. 6. Satu hal penting sebagai rekomendasi untuk sistem instalasi yaitu hindari terjadinya kebocoran air.

6 C. Sambungan Pipa Saluran 1. Memasang Valve Pengontrol. a. Seperti Gambar 1 1, gunakan ukuran yang sesuai untuk pipa riser, lem pipa bagian bawah dengan bottom strainer dan masukan kedalam tangki media, potong bagian atas dari pipa yang berlebih hingga sebatas lubang permukaan tangki. Tutup lubang pipa riser untuk menghindari media masuk kedalam pipa. Gambar 1 1 b. Masukkan media kedalam tangki, dengan ketinggian media sesuai petunjuk pada tangki yaitu ¾ dari volume tangki. c. Lepas penutup pipa riser dan periksa apakah pipa riser sudah tepat berada ditengah dalam tangki. d. Pasang top strainer pada valve dan masukkan pipa riser melalui top strainer pada valve dan kemudian pasang valve pengontrol pada lubang tangki putar hingga erat. 2. Sambungan pipa saluran a. Seperti pada Gambar 1 2, pasang pengukur tekanan (Pressure Gauge) pada saluran air masuk (water inlet). b. Pasang kran A, B, C dan D pada pipa saluran air masuk (inlet) dan air keluar (outlet). Kran D sebagai kran pengecekan c. Pasang kran pengecekan pada pipa saluran air keluar (outlet). d. Pipa saluran air masuk (inlet) harus sejajar dengan pipa saluran air keluar (outlet). Sambung pipa saluran air masuk dan air keluar dengan menggunakan fixed holder.

7 Gambar 1 2 Catatan: Jika membuat sambungan instalasi dengan solder tembaga, lakukan penyambungan sebelum pipa pipa disambungkan pada valve. Panas dari solder dapat merusak perangkat yang terbuat dari plastik. Ketika memutar sambungan (fitting) pipa yang berulir dengan sambungan (fitting) yang terbuat dari plastik, lakukan dengan hati hati jangan sampai salah memutar alur ulir kalau tidak valve dapat rusak. 3. Memasang pipa saluran pembuangan Disambungkan langsung pada lubang pembuangan dengan menggunakan pipa seperti UPVC. Gambar 1 3

8 Catatan: Valve pengontrol harus lebih tinggi dari saluran air pembuangan dan sebaiknya jaraknya tidak jauh pipa pembuangan. Pastikan saluran pembuangan tidak terhubung/menempel pada selokan air dan beri jarak antara keduanya, hindari air kotor tersedot masuk kedalam perangkat perawatan air seperti pada gambar 1 3. Jika air pembuangan akan digunakan untuk keperluan lain. Harap gunakan tempat penampungan lainnya. Dan juga beri ruangan secukupnya antara tempat pembuangan dengan penampungan. 2. PENGATURAN DASAR DAN PENGGUNAAN 2.1. Fungsi Layar Pengaturan Keterangan indikator pada layar: Brine & Slow Rinse (Air Garam dan Bilas Lambat) Brine Refill (Isi Ulang Air Garam) Day (Hari) Gallon (Galon) CBM (Satuan Meter Kubik) Hour (Jam) Litre (Liter)

9 Minute (Menit) Fast Rinse (Bilas Cepat) Enquiry/Setting (Pengecekan/Pengaturan) Button Lock (Tombol Terkunci) Up (Atas) Down (Bawah) Manual/Return (Manual/Kembali) Menu/Confirm (Menu/Setuju) Time of Day (Waktu Terkini) Backwash (Cuci kembali) Dynamic Display Stripe (Tampilan garis yang dinamis/berjalan) Service (Servis/Sistem Bekerja) Digital Area (Area tulisan digital) A. Indikator Waktu Terkini, menyala, menampilkan waktu terkini. B. Indikator Tombol Terkunci, Menyala, mengindikasikan tombol tombol terkunci. Untuk sementara, menekan sembarang tombol tidak berfungsi (Tidak berfungsi dalam 1 menit, lampu akan menyala dan tombol tombol terkunci). Solusi: tekan dan tahan kedua dan selama 5 detik hingga lampu mati. C. Indikator Mode Program lampu menyala, masuk ke mode tampilan program. Gunakan atau untuk melihat seluruh nilai. menyala berkedip, masuk ke mode pengaturan program. Tekan atau untuk mengatur nilai.

10 D. Tombol Menu/Setuju. Tekan, lampu menyala, masuk ke mode tampilan program dan gunakan atau untuk melihat seluruh nilai. Pada tampilan mode program, tekan, menyala berkedip, masuk mode pengaturan program, tekan atau dan atur nilai/angka. Tekan setelah seluruh program selesai diatur, dan kemudian timbul suara Di yang berarti seluruh pengaturan sudah sukses dan kembali pada mode tampilan program. E. Tombol Manual/Kembali. Tekan pada kondisi apapun, dapat melakukan ke tahap selanjutnya. (Contoh: Tekan disaat status servis, putaran pembaruan akan segera dimulai; Tekan ketika dalam status Backwash, akan menghentikan proses Backwash (Cuci Kembali) dan langsung ke proses Brine & Slow Rinse (Air Garam & Bilas Lambat)). Tekan dalam mode tampilan program, dan akan kembali ke Servis; Tekan dalam mode pengaturan program, dan akan kembali ke tampilan mode program. Tekan disaat mengatur angka/nilai, maka akan langsung kembali ke mode tampilan program tanpa menyimpan angka/nilai pengaturan. F. Bawah dan Atas Pada tampilan mode program, tekan atau untuk melihat angka/nilai. Pada mode pengaturan program, tekan atau untuk mengatur angka/nilai. Tekan dan tahan kedua dan selama 5 detik untuk membuka status tombol terkunci.

11 2.2. Pengaturan Dasar dan Penggunaan. A. Spesifikasi Parameter. Fungsi Indi kator Setting Pabrik Pengaturan Parameter Instruksi Waktu Terkini Acak 00:00~23:59 Hari Servis 1 03D 0~99 Hari Jam Servis 1 20H 0~99 Jam Atur waktu terkini ketika menggunakan: : menyala berkedip Hanya untuk tipe jam arloji, pembaruan berdasarkan hari Hanya untuk tipe jam arloji, pembaruan berdasarkan jam Waktu Pembilasan 02:00 02:00 00:00~23:59 Waktu Pembilasan: : lampu menyala. Frekuensi Pembilasan F ~ 20 Frekuensi pembilasan. Contoh, F 01: indikasi servis 1X, cuci kembali dan bilas cepat 2X Waktu Cuci Kembali Waktu Bilas Cepat Mode Kontrol Output 10min 0~99:59 10min 0~99:59 b or 02 Waktu cuci kembali (menit), koreksi sampai detik Waktu Bilas Cepat (menit), koreksi sampai detik Mode 01: Sinyal tanda pembilasan dimulai menyala dan pembilasan diakhiri. (lihat pada gambar P5) Mode 02: Sinyal tersedia hanya pada waktu jeda putaran pembilasan dan servis. (lihat pada gambar P5) B. Tampilan Proses Status Pengerjaan Menampilkan antarmuka berputar pada gilirannya Service (Servis)

12 Backwash (Cuci Kembali) Fast Rinse (Bilas Cepat) Ilustrasi: Tampilan layar hanya akan menampilkan 00 ketika motor elektronik menyala. Tampilan waktu terkini menyala berkedip terus menerus, seperti 12: 12 berkedip, mengindikasikan pemadaman listrik yang lama. Mengingatkan kita untuk mengatur ulang waktu terkini. Tampilan layar akan menunjukkan kode error seperti: :E1 ketika sistem dalam keadaan error. Proses pengerjaan: Servis Cuci Kembali Bilas Cepat 3. Penerapan 3.1. Flow Chart

13 3.2. Pengecekan dan Pengaturan Parameter Pengecekan Parameter Ketika lampu menyala, tekan dan tahan kedua dan selama 5 detik untuk membuka status tombol terkunci; kemudian tekan dan lampu menyala, masuk ke mode tampilan program; tekan proses dibawah ini. (Tekan untuk melihat setiap angka/nilai berdasarkan, keluar dan kembali ke status Servis) Pengaturan Parameter Pada mode tampilan program, tekan dan masuk ke mode pengaturan program. Tekan atau untuk mengatur angka/nilai Langkah langkah pengaturan parameter. Items Langkah langkah Proses Gambar Waktu Terkini Ketika waktu terkini menyala sekejap terus menerus, mengingatkan untuk mengatur ulang; 1. Tekan untuk masuk ke mode tampilan program; kedua lampu dan menyala; : menyala berkedip. 2. Tekan, kedua lampu dan angka Jam berkedip, lewat tombol atau untuk mengatur angka Jam; 3. Tekan kembali, kedua lampu dan angka Menit berkedip, lewat tombol atau untuk mengatur angka Menit; 4. Tekan dan terdengar suara Di, maka pengaturan selesai, tekan untuk kembali.

14 Waktu Pembilasan Frekuensi Pembilasan 1. Pada status tampilan waktu pembaruan, tekan program. dan masuk ke mode pengaturan dan Angka 02 akan menyala berkedip, tekan atau untuk mengatur angka/nilai Jam; 2. Tekan kembali, dan angka 00 menyala berkedip, tekan atau untuk mengatur angka/nilai Menit; 3. Tekan dan terdengar suara Di, kemudian pengaturan selesai, tekan untuk kembali. 1. Pada status tampilan Frekuensi Pembilasan, ditampilkan F 02 ; tekan dan masuk ke mode pengaturan program. dan 02 menyala berkedip; 2. Tekan atau untuk mengatur angka; 3. Tekan dan terdengar suara Di, kemudian pengaturan selesai, tekan untuk kembali. 1. Pada status tampilan Waktu Servis, Waktu Servis Waktu Cuci Kembali ditampilkan dan 1 03 ; tekan dan masuk ke mode pengaturan program. dan 03 menyala berkedip; 2. Tekan atau untuk mengatur angka; 3. Tekan dan terdengar suara Di, kemudian pengaturan selesai, tekan untuk kembali. 1. Pada status tampilan waktu Cuci Kembali, ditampilkan Tekan program. berkedip; dan angka 2 10:00 ; dan masuk ke mode pengaturan dan angka 10:00 menyala 2. Tekan atau untuk mengatur waktu Cuci Kembali; 3. Tekan dan terdengar suara Di

15 kemudian pengaturan selesai. tekan untuk kembali Waktu Bilas Cepat 1. Pada status tampilan waktu bilas cepat, ditampilkan dan 3 10:00, Tekan dan masuk ke mode pengaturan program, dan angka 10:00 menyala berkedip; 2. Tekan atau untuk mengatur angka; 3. Tekan dan terdengar suara Di kemudian pengaturan selesai, tekan untuk kembali. 1. Pada status tampilan mode sinyal output, Mode Sinyal Output ditampilkan b 01, Tekan mode pengaturan program, 01 menyala berkedip; dan masuk ke dan angka 2. Tekan atau untuk mengatur b 02; 3. Tekan dan terdengar suara Di kemudian pengaturan selesai, tekan untuk kembali. 4. Percobaan Setelah instalasi valve pengontrol arus multi fungsi pada tangki dengan pipa konektor terpasang, begitu juga pengaturan parameter relevan selesai, harap lakukan percobaan dengan langkah sebagai berikut: A. Tutup kran air masuk B & C, dan buka kran bypass A. Setelah dibersihkan dari materi asing didalam pipa, tutup kran bypass A. (seperti gambar 1 2) B. Tekan dan atur ke posisi Backwash, ketika lampu menyala, buka dengan perlahan kran B air masuk dengan posisi sebesar ¼, alirkan air hingga menuju tangki resin; anda dapat mendengar suara angin keluar dari saluran pipa pembuangan. Setelah seluruh angin keluar dari pipa pembuangan, selanjutnya buka kran B air masuk secara full dan bersihkan seluruh material asing didalam tangki hingga air yang keluar benar benar

16 bersih. Hal ini akan memakan waktu 8~10 menit untuk menyelesaikan seluruh proses diatas. C. Tekan, putar ke posisi dari Backwash (Cuci Kembali) ke Fast Rinse (Bilas Cepat); lampu menyala dan bilas cepat dimulai. Proses memakan waktu menit hingga selesai. D. Setelah Fast Rinse selesai, ambil air keluar untuk di test. Jika air sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan, tekan untuk mengakhiri bilas cepat; kemudian valve kembali ke status servis; indikator menyala dan proses berjalan. Ilustasi: Dalam proses pembilasan, program akan selesai secara otomatis seiring dengan diaturnya waktu; tekan tombol akan mengakhiri sebuah langkah proses diawal dan dapat lanjut ke proses berikutnya. Catatan: Jika aliran air yang masuk terlalu deras/cepat, media dalam tangki dapat rusak. Ketika aliran air yang masuk lambat, akan terdengar suara angin kosong dari pipa. Setelah mengganti media filter, harap kosongkan udara dalam tangki media menurut petunjuk arahan B. Pada proses percobaan, harap periksa situasi air dalam berbagai posisi untuk memastikan tidak ada kebocoran pada media filter. Waktu untuk posisi Backwash, dan Fast Rinse dapat diatur dan dilakukan berdasarkan anjuran kalkulasi Formulasi dari supplier.

MODEL F77A1 / F77A3 / F77B1 AUTOMATIC DIGITAL VALVE

MODEL F77A1 / F77A3 / F77B1 AUTOMATIC DIGITAL VALVE MODEL F77A1 / F77A3 / F77B1 AUTOMATIC DIGITAL VALVE 1. SEKILAS PRODUK 1.1 Aplikasi Utama dan Penerapan Digunakan untuk Softening (pelembut), demineralisasi atau sistem penyaringan perawatan air. F77A (Df

Lebih terperinci

MODEL F56A/F56F/F56D MANUAL VALVE FILTER

MODEL F56A/F56F/F56D MANUAL VALVE FILTER SEKILAS PRODUK MODEL F56A/F56F/F56D MANUAL VALVE FILTER 1.1. Aplikasi Utama & Penerapan Digunakan untuk sistem penyaringan perawatan air. Sangat cocok untuk: Sistem Penyaringan Perumahan Perlengkapan Penyaringan

Lebih terperinci

MODEL F63C (AUTOMATIC VALVE DIGITAL SOFTENER)

MODEL F63C (AUTOMATIC VALVE DIGITAL SOFTENER) MODEL F63C (AUTOMATIC VALVE DIGITAL SOFTENER) 1. SEKILAS PRODUK 1.1. Aplikasi Utama dan Penerapan Gunakan untuk pelembutan (softening) atau demineralisasi sistem perawatan air. Sangat cocok untuk: Sistem

Lebih terperinci

MODEL F64A/F64D (MANUAL VALVE SOFTENER)

MODEL F64A/F64D (MANUAL VALVE SOFTENER) MEL F64A/F64D (MANUAL VALVE SOFTENER) 1. Sekilas Produk 1.1. Aplikasi Utama dan Penerapan. Kegunaan utama untuk Pelembutan (Softening) atau demineralisasi sistem perawatan air. Sangat cocok untuk: Sistem

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK DWP 375A - 1 -

BUKU PETUNJUK DWP 375A - 1 - BUKU PETUNJUK UNTUK TIPE: SP 127, SP 129A, SP 130A, SWP 100, SWP 250A, DWP 255A,DWP DWP 375A DWP 505A, DPC 260A - 1 - Pembukaan Sebelum menyalakan pompa harap membaca buku petunjuk ini terlebih dahulu

Lebih terperinci

Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun.

Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN PEMANAS AIR (WATER HEATER) DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk pengoperasian

Lebih terperinci

Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun.

Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN PEMANAS AIR (WATER HEATER) DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk pengoperasian

Lebih terperinci

DA V Series BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN PEMANAS AIR (WATER HEATER) DAN KARTU GARANSI DAFTAR ISI

DA V Series BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN PEMANAS AIR (WATER HEATER) DAN KARTU GARANSI DAFTAR ISI NOMOR : P.20.INDO3.00201.0212 DA V Series BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN PEMANAS AIR (WATER HEATER) DAN KARTU GARANSI DAFTAR ISI HAL. Kata Pengantar Bagian 1 Bagian 2 Bagian 3 Bagian 4 Bagian 5 Bagian 6 Bagian

Lebih terperinci

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN DISPENSER DOMO

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN DISPENSER DOMO SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN DISPENSER DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk pengoperasian ini dengan

Lebih terperinci

PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS AQW-85SB AQW-86SB TROUBLE SHOOTING AUTOMATIC WASHING MACHINE

PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS AQW-85SB AQW-86SB TROUBLE SHOOTING AUTOMATIC WASHING MACHINE PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS AQW-85SB AQW-86SB Trouble shooting Page Mesin cuci tidak menyala/mati total Apakah ada aliran listrik pada stop kontak? Periksa aliran listrik di rumah anda atau

Lebih terperinci

Malafungsi Kemungkinan penyebabnya Solusi

Malafungsi Kemungkinan penyebabnya Solusi BAHASA INDONESIA 61 PEMECAHAN MASALAH Sejumlah masalah terjadi akibat kurangnya pemeliharaan yang sederhana, atau tidak terperhatikan, yang sesungguhnya dapat dengan mudah diselesaikan tanpa memanggil

Lebih terperinci

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN DISPENSER DOMO

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN DISPENSER DOMO SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN DISPENSER DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk pengoperasian ini dengan

Lebih terperinci

11. PEMECAHAN MASALAH

11. PEMECAHAN MASALAH 11. PEMECAHAN MASALAH Sejumlah masalah terjadi akibat kurangnya pemeliharaan yang sederhana, atau tidak terperhatikan, yang sesungguhnya dapat dengan mudah diselesaikan tanpa memanggil teknisi. Sebelum

Lebih terperinci

3M WATER ALL NEW 3M GRAND HCD

3M WATER ALL NEW 3M GRAND HCD Buku Petunjuk Penggunaan 3M WATER ALL NEW 3M GRAND HCD 1 Daftar Isi INFORMASI MENGENAI KESELAMATAN... 2 PERINGATAN... 3 PERHATIAN... 4 NAMA KOMPONEN... ERROR! BOOKMARK NOT DEFINED. ALIRAN AIR DIAGRAM SKEMATIK...

Lebih terperinci

PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS DUO DRUM TROUBLE SHOOTING AUTOMATIC WASHING MACHINE DUO DRUM

PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS DUO DRUM TROUBLE SHOOTING AUTOMATIC WASHING MACHINE DUO DRUM PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS DUO DRUM Trouble shooting Page Mesin cuci tidak menyala/mati total Apakah ada aliran listrik pada stop kontak? Periksa aliran listrik di rumah anda atau ganti stop

Lebih terperinci

BAB IV PERAWATAN KOMPRESOR SENTRAL DI PT.PLN APP DURIKOSAMBI

BAB IV PERAWATAN KOMPRESOR SENTRAL DI PT.PLN APP DURIKOSAMBI BAB IV PERAWATAN KOMPRESOR SENTRAL DI PT.PLN APP DURIKOSAMBI 4.1 In Service / Visual Inspection 4.1.1 Pengertian Merupakan kegiatan inspeksi atau pengecekan yang dilakukan dengan menggunakan 5 sense (panca

Lebih terperinci

TROUBLE SHOOTING AUTOMATIC WASHING MACHINE PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS

TROUBLE SHOOTING AUTOMATIC WASHING MACHINE PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI OTOMATIS Trouble shooting Page Mesin cuci tidak menyala/mati total Apakah ada aliran listrik pada stop kontak? Periksa aliran listrik di rumah anda atau ganti stop kontak.

Lebih terperinci

UNIVERSAL DOK UNTUK IPOD PETUNJUK PENGGUNAAN. Model No. : ID30

UNIVERSAL DOK UNTUK IPOD PETUNJUK PENGGUNAAN. Model No. : ID30 UNIVERSAL DOK UNTUK IPOD PETUNJUK PENGGUNAAN Model No. : ID30 PETUNJUK KEAMANAN 1. Air dan Lembab Jangan gunakan unit dekat dengan air seperti dekat dengan kamar mandi, dapur, meja makan, mesin cuci, kolam

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN SISTEM. menggunakan media filter untuk memisahkan kandungan partikel-partikel yang

BAB III PERANCANGAN SISTEM. menggunakan media filter untuk memisahkan kandungan partikel-partikel yang BAB III PERANCANGAN SISTEM 3.1. Sistem Water Filter Sistem water filter adalah sistem pengolahan air dengan metode penyaringan menggunakan media filter untuk memisahkan kandungan partikel-partikel yang

Lebih terperinci

Trouble shooting Air Conditioner AQA-FC2400BG AQA-FC4800BG. Standing Floor Type Air Conditioner TROUBLE SHOOTING AIR CONDITIONER

Trouble shooting Air Conditioner AQA-FC2400BG AQA-FC4800BG. Standing Floor Type Air Conditioner TROUBLE SHOOTING AIR CONDITIONER Trouble shooting Air Conditioner Standing Floor Type Air Conditioner AQA-FC2400BG AQA-FC4800BG Unit indoor tidak dapat menerima sinyal dari remote kontrol atau remote kontrol tidak berfungsi Trouble shooting

Lebih terperinci

AQA-KC105AGC6 AQA-KC105AG6 AQA-KC109AG6. Trouble shooting Air Conditioner. Split Type Air Conditioner TROUBLE SHOOTING AIR CONDITIONER

AQA-KC105AGC6 AQA-KC105AG6 AQA-KC109AG6. Trouble shooting Air Conditioner. Split Type Air Conditioner TROUBLE SHOOTING AIR CONDITIONER Trouble shooting Air Conditioner Split Type Air Conditioner AQA-KC05AGC6 AQA-KC05AG6 AQA-KC09AG6 Trouble shooting Page Unit indoor tidak dapat menerima sinyal dari remote kontrol atau remote kontrol tidak

Lebih terperinci

PEMANAS AIR GAS INSTAN

PEMANAS AIR GAS INSTAN BAHASA INDONESIA PEMANAS AIR GAS INSTAN PETUNJUK PEMASANGAN DAN PENGGUNAAN MODEL: REU-5CFC REU-8CFB REU-10CFB SARAN KHUSUS Gunakan regulator gas serta selang gas yang berkualitas baik. Pemanas air tidak

Lebih terperinci

ecosphere WATER PURIFIER 3in1 PANDUAN PENGGUNA

ecosphere WATER PURIFIER 3in1 PANDUAN PENGGUNA ecosphere WATER PURIFIER 3in1 PANDUAN PENGGUNA DAFTAR ISI Sistem Komponen 3 Gambaran Fungsi 4 Cara Memasang Water Purifier Anda 6 Pemasangan Cartridge 3in1 7 Pengaturan Awal 8 Penggunaan 8 Air yang Dimurnikan

Lebih terperinci

BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN 25 BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN 4.1 ALUR PROSES PRODUKSI Dalam perkitan hydraulic power unit ada beberapa proses dari mulai sampai selesai, dan berikut adalah alur dari proses produksi Gambar 4.1

Lebih terperinci

S o l a r W a t e r H e a t e r. Bacalah buku panduan ini dengan seksama sebelum menggunakan / memakai produk Solar Water Heater.

S o l a r W a t e r H e a t e r. Bacalah buku panduan ini dengan seksama sebelum menggunakan / memakai produk Solar Water Heater. BUKU PANDUAN SOLAR WATER HEATER Pemanas Air Dengan Tenaga Matahari S o l a r W a t e r H e a t e r Bacalah buku panduan ini dengan seksama sebelum menggunakan / memakai produk Solar Water Heater. Pengenalan

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

BAB III METODOLOGI PENELITIAN BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1. METODE PENELITIAN Penelitian dilakukan untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada mesin Otto dengan penggunaan bahan bakar yang ditambahkan aditif dengan variasi komposisi

Lebih terperinci

BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA SISTEM

BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA SISTEM BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA SISTEM Pada bab ini akan di jelaskan tentang tujuan pengujian alat, metode dan hasil pengujian. Selain itu akan dijelaskan juga jenis-jenis komponen elektrik yang terhubung

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PENGUJIAN ALAT

BAB IV ANALISA DAN PENGUJIAN ALAT BAB IV ANALISA DAN PENGUJIAN ALAT 4.1 Hasil Penelitian Setelah perancangan alat dilakukan, analisa dan pengujian alat pun dilakukan guna meneliti apakah alat bekerja dengan baik sesuai dengan rancangan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Proses Analisis Sistem EFI Yamaha Vixion.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Proses Analisis Sistem EFI Yamaha Vixion. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Proses Analisis Sistem EFI Yamaha Vixion. Setelah melakukan Proses Analisis dilakukan dengan membongkar komponen-komponen dari sistem EFI, mengindentifikasi kerusakan,

Lebih terperinci

TIPS HEMAT ENERGI & LISTRIK

TIPS HEMAT ENERGI & LISTRIK TIPS HEMAT ENERGI & LISTRIK {sidebar id=3} Kiat Menghemat Energi Listrik di Rumah Tangga Kehidupan modern memungkinkan manusia hidup dalam suasana yang nyaman dan serba praktis. Hal ini semua dimungkinkan

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Blok Diagram LED indikator, Buzzer Driver 1 220 VAC Pembangkit Frekuensi 40 KHz 220 VAC Power Supply ATMEGA 8 Tranduser Ultrasounik Chamber air Setting Timer Driver 2 Driver

Lebih terperinci

BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN 31 BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN 4.1 ALUR PROSES PELAKSANAAN Mulai perawatan Pemeriksaan dan penyetelan pada mesin oil sealed rotary vacuum pump model P450 Membongkar dan memperbaiki komponen tersebut

Lebih terperinci

1. EMISI GAS BUANG EURO2

1. EMISI GAS BUANG EURO2 1. EMISI GAS BUANG EURO2 b c a Kendaraan Anda menggunakan mesin spesifikasi Euro2, didukung oleh: a. Turbocharger 4J 4H Turbocharger mensuplai udara dalam jumlah yang besar ke dalam cylinder sehingga output

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-500

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-500 Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-500 Edisi 2 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bertanggung jawab bahwa produk HS-39W sudah sesuai dengan pasal-pasal Petunjuk Dewan

Lebih terperinci

BAB III SISTEM PENGUJIAN

BAB III SISTEM PENGUJIAN BAB III SISTEM PENGUJIAN 3.1 KONDISI BATAS (BOUNDARY CONDITION) Sebelum memulai penelitian, terlebih dahulu ditentukan kondisi batas yang akan digunakan. Diasumsikan kondisi smoke yang mengalir pada gradien

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Nokia Wireless Plug-in Car Handsfree (HF-6W) Edisi 1 ID

Buku Petunjuk Nokia Wireless Plug-in Car Handsfree (HF-6W) Edisi 1 ID 9239331_HF6W_2_id.fm Page 1 Thursday, April 28, 2005 9:41 AM Buku Petunjuk Nokia Wireless Plug-in Car Handsfree (HF-6W) Edisi 1 ID 9239331_HF6W_2_id.fm Page 2 Thursday, April 28, 2005 9:41 AM PERNYATAAN

Lebih terperinci

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN LEMARI PENDINGIN (REFRIGERATOR) DOMO

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN LEMARI PENDINGIN (REFRIGERATOR) DOMO SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN LEMARI PENDINGIN (REFRIGERATOR) DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk pengoperasian

Lebih terperinci

Daftar Isi. Pencegahan...2 CATATAN KHUSUS UNTUK MONITOR LCD...2. Isi dalam kardus...3. Petunjuk Pemasangan...3. Merakit Monitor...3. Perhatikan...

Daftar Isi. Pencegahan...2 CATATAN KHUSUS UNTUK MONITOR LCD...2. Isi dalam kardus...3. Petunjuk Pemasangan...3. Merakit Monitor...3. Perhatikan... Daftar Isi Pencegahan...2 CATATAN KHUSUS UNTUK MONITOR LCD...2 Isi dalam kardus...3 Petunjuk Pemasangan...3 Merakit Monitor...3 Perhatikan...4 Mengepak Kembali Monitor...4 Menyesuaikan Sudut Penglihatan...4

Lebih terperinci

Perangkat keras Stasiun Bumi Pemantau Gas Rumah Kaca (SBPGRK) Versi 1.0 merupakan integrasi antara beberapa komponen, yakni :

Perangkat keras Stasiun Bumi Pemantau Gas Rumah Kaca (SBPGRK) Versi 1.0 merupakan integrasi antara beberapa komponen, yakni : II. PERAKITAN KOMPONEN SISTEM Perangkat keras Stasiun Bumi Pemantau Gas Rumah Kaca (SBPGRK) Versi 1.0 merupakan integrasi antara beberapa komponen, yakni : 1. Gas Analyser GA2000Plus yang digunakan sebagai

Lebih terperinci

PT Haier Sales Indonesia

PT Haier Sales Indonesia Saluran pembuangan melambat atau tidak berfungsi, layar digitron E1 berdengung. Tombol Safety bergerak, tidak berputar, (setelah koreksi otomatis dua kali), layar digitron E3 berdengung. Pengisian air

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

BAB III METODOLOGI PENELITIAN BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1 Peralatan 3.1.1 Instalasi Alat Uji Alat uji head statis pompa terdiri 1 buah pompa, tangki bertekanan, katup katup beserta alat ukur seperti skema pada gambar 3.1 : Gambar

Lebih terperinci

Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun.

Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN PENGHISAP DEBU (VACUUM CLEANER) DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk pengoperasian

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan dijelaskan hasil dan analisis terhadap sistem yang telah dibuat secara keseluruhan. Pengujian tersebut berupa pengujian terhadap perangkat keras serta pengujian

Lebih terperinci

BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA SISTEM

BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA SISTEM BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA SISTEM 4.1. Pendahuluan Sebelum digunakan untuk produksi, rancangan prototype robot auto spray ini harus diuji terlebih dahulu. Pengujian ini berfungsi untuk: Mengetahui kondisi

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Hasil dari tugas akhir ini adalah seperangkat sistem proteksi pompa air dalam wujud prototipe, yang bekerja secara otomatis yaitu memberikan indikasi

Lebih terperinci

PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI DUA TABUNG TROUBLE SHOOTING WASHING MACHINE TWIN TUBE

PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI DUA TABUNG TROUBLE SHOOTING WASHING MACHINE TWIN TUBE PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI DUA TABUNG Trouble shooting Page Mesin cuci tidak menyala/mati total Apakah ada aliran listrik pada stop kontak? Periksa aliran listrik di rumah anda atau ganti stop kontak.

Lebih terperinci

PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI DUA TABUNG QW-870XT QW-871XT TROUBLE SHOOTING WASHING MACHINE TWIN TUBE

PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI DUA TABUNG QW-870XT QW-871XT TROUBLE SHOOTING WASHING MACHINE TWIN TUBE PENYELESAIAN MASALAH MESIN CUCI DUA TABUNG QW-870XT QW-87XT Trouble shooting Page Mesin cuci tidak menyala/mati total Apakah ada aliran listrik pada stop kontak? Periksa aliran listrik di rumah anda atau

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-800. Edisi 1

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-800. Edisi 1 Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-800 Edisi 1 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bertanggung jawab bahwa produk HS-24W telah memenuhi ketentuan-ketentuan sesuai Pedoman

Lebih terperinci

BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN 32 BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN 1.1 PERAWATAN MESIN DOUBLE FACER 1.1.1 Tahapan-Tahapan Perawatan Pada perawatan mesin double facer kali ini hanya akan dijelaskan perawatan terhadap mesin double facer

Lebih terperinci

V. HASIL DAN PEMBAHASAN

V. HASIL DAN PEMBAHASAN V. HASIL DAN PEMBAHASAN A. PEMBUATAN DAN PERAKITAN ALAT Pembuatan alat dilakukan berdasarkan rancangan yang telah dilakukan. Gambar rancangan alat secara keseluruhan dapat dilihat pada Gambar 5.1. 1 3

Lebih terperinci

MC-CL481. Petunjuk Pengoperasian. Penghisap Debu

MC-CL481. Petunjuk Pengoperasian. Penghisap Debu Petunjuk Pengoperasian No Model Penghisap Debu MC-CL48 Kami merekomendasikan agar anda mempelajari Petunjuk Pengoperasian ini secara cermat sebelum mencoba untuk mengoperasikan alat ini, serta memperhatikan

Lebih terperinci

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN MESIN CUCI DOMO

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN MESIN CUCI DOMO SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN MESIN CUCI DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfa at yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk pengoperasian ini dengan

Lebih terperinci

BAB III TEORI DASAR.

BAB III TEORI DASAR. BAB III TEORI DASAR 3.1 Umum Pada jaman era modern saat ini perkembangan teknologi rumah tangga makin maju dan berkembang cepat. Mesin cuci, water dispenser, TV, water colling adalah suatu peralatan elektronik

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-700

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-700 Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-700 Edisi 1 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bertanggung jawab bahwa produk HS-57W sudah sesuai dengan ketentuan Petunjuk Dewan: 1999/5/EC.

Lebih terperinci

BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Refrigerant Refrigeran adalah zat yang mengalir dalam mesin pendingin (refrigerasi) atau mesin pengkondisian udara

BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Refrigerant Refrigeran adalah zat yang mengalir dalam mesin pendingin (refrigerasi) atau mesin pengkondisian udara BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Refrigerant Refrigeran adalah zat yang mengalir dalam mesin pendingin (refrigerasi) atau mesin pengkondisian udara (AC). Zat ini berfungsi untuk menyerap panas dari benda/media

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN Bahan Penelitian Pada penelitian ini refrigeran yang digunakan adalah Yescool TM R-134a.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN Bahan Penelitian Pada penelitian ini refrigeran yang digunakan adalah Yescool TM R-134a. 3.1. Lokasi Penelitian BAB III METODOLOGI PENELITIAN Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Motor Bakar Jurusan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta. 3.2. Bahan Penelitian Pada penelitian

Lebih terperinci

Solar PV System Users Maintenance Guide

Solar PV System Users Maintenance Guide Solar PV System Users Maintenance Guide Solar Surya Indonesia Komplek Ruko GreenVile Blok A No 1-2 Jl. Green Vile Raya, Duri Kepa Jakarta Barat 11510 Telp: 021-566.2831 Pedoman Pemilik Solar PV System

Lebih terperinci

PASCAL. Home U P S (UNINTERRUPTIBLE POWER SYSTEM) INSTRUCTION MANUAL (Petunjuk Pemakaian) PASCAL: UPS & STABILIZER Since 1984

PASCAL. Home U P S (UNINTERRUPTIBLE POWER SYSTEM) INSTRUCTION MANUAL (Petunjuk Pemakaian) PASCAL: UPS & STABILIZER Since 1984 PASCAL Home U P S (UNINTERRUPTIBLE POWER SYSTEM) Model : Home UPS 1200 / 2400 / 3600 / 5000 / 6000 / 8000 / 11000 INSTRUCTION MANUAL (Petunjuk Pemakaian) PASCAL: UPS & STABILIZER Since 1984 POWER FAMILY

Lebih terperinci

Sistem Hidrolik. Trainer Agri Group Tier-2

Sistem Hidrolik. Trainer Agri Group Tier-2 Sistem Hidrolik No HP : 082183802878 Tujuan Training Peserta dapat : Mengerti komponen utama dari sistem hidrolik Menguji system hidrolik Melakukan perawatan pada sistem hidrolik Hidrolik hydro = air &

Lebih terperinci

Nokia Wireless Audio Gateway AD-42W. Edisi 1

Nokia Wireless Audio Gateway AD-42W. Edisi 1 Nokia Wireless Audio Gateway AD-42W Edisi 1 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bertanggung jawab bahwa produk AD-42W telah memenuhi ketentuan Pedoman Badan Pengawasan: 1999/5/EC.

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA ALAT OIL BATH MEMMERT ONE 7-45

INSTRUKSI KERJA ALAT OIL BATH MEMMERT ONE 7-45 INSTRUKSI KERJA ALAT OIL BATH MEMMERT ONE 7-45 Laboratorium Sains Program Studi Teknik Kimia Universitas Brawijaya Malang 2015 Instruksi Kerja Oilbath Memmert ONE 7-45 Laboratorium Sains Program Studi

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN ALAT

BAB III PERANCANGAN ALAT BAB III PERANCANGAN ALAT Dalam bidang teknologi, orientasi produk teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia adalah produk yang berkualitas, hemat energi, menarik, harga murah, bobot ringan,

Lebih terperinci

BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA

BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA 62 BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA Untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan dari pembuatan alat ini telah telaksana dengan baik atau tidak, maka perlu dilakukan pengujian dan analisa terhadap alat yang dibuat.

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-501

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-501 Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-501 Edisi 1 ID PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bertanggung jawab bahwa produk HS-71W sudah sesuai dengan pasal-pasal Petunjuk Dewan

Lebih terperinci

Program pemeliharaan. Laporan pemeliharaan

Program pemeliharaan. Laporan pemeliharaan 17 BAB IV PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN 4.1 PROSES KERJA PEMERIKSAAN DAN PEMELIHARAAN Berikut diagram alir proses perawatan dan pemeliharaan Jadwal pemeliharaan Program pemeliharaan Pemeliharaan Mingguan

Lebih terperinci

Nokia Bluetooth Headset BH-216

Nokia Bluetooth Headset BH-216 Nokia Bluetooth Headset BH-216 2 1 3 4 5 6 7 8 9 10 9215317/1.0 9215317/2.0 11 12 13 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bahwa produk BH-216 ini telah memenuhi persyaratan utama

Lebih terperinci

BAB III CARA KERJA MESIN PERAKIT RADIATOR

BAB III CARA KERJA MESIN PERAKIT RADIATOR BAB III CARA KERJA MESIN PERAKIT RADIATOR 3.1 Mesin Perakit Radiator Mesin perakit radiator adalah mesin yang di gunakan untuk merakit radiator, yang terdiri dari tube, fin, end plate, dan side plate.

Lebih terperinci

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

BAB III METODOLOGI PENELITIAN BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1 WAKTU DAN TEMPAT PENELITIAN Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Sumber Daya Air Wageningen, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN SISTEM. menggunakan media filter untuk memisahkan kandungan partikel-partikel yang

BAB III PERANCANGAN SISTEM. menggunakan media filter untuk memisahkan kandungan partikel-partikel yang BAB III PERANCANGAN SISTEM 3.1. Sistem Water Filter Sistem water filter adalah sistem pengolahan air dengan metode penyaringan menggunakan media filter untuk memisahkan kandungan partikel-partikel yang

Lebih terperinci

Petunjuk Operasional IPAL Domestik PT. UCC BAB 4 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SISTEM IPAL DOMESTIK

Petunjuk Operasional IPAL Domestik PT. UCC BAB 4 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SISTEM IPAL DOMESTIK BAB 4 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SISTEM IPAL DOMESTIK 29 4.1 Prosedur Start-Up IPAL Petunjuk Operasional IPAL Domestik PT. UCC Start-up IPAL dilakukan pada saat IPAL baru selesai dibangun atau pada saat

Lebih terperinci

KODE KESALAHAN & ALARM

KODE KESALAHAN & ALARM KODE KESALAHAN & ALARM Alarm IKON ALARM ARTINYA PENGOPERASIAN Alarm Suhu Freezer Untuk menonaktifkan alarm selama 50 menit, tekan tombol mana pun. Alarm akan berbunyi, ikon suhu akan berkedip. Untuk menonaktifkan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan dijelaskan hasil dan analisis terhadap sistem yang telah dibuat secara keseluruhan. Pengujian tersebut berupa pengujian terhadap perangkat keras serta pengujian

Lebih terperinci

BAB II DASAR TEORI. Laporan Tugas Akhir. Gambar 2.1 Schematic Dispenser Air Minum pada Umumnya

BAB II DASAR TEORI. Laporan Tugas Akhir. Gambar 2.1 Schematic Dispenser Air Minum pada Umumnya BAB II DASAR TEORI 2.1 Hot and Cool Water Dispenser Hot and cool water dispenser merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengkondisikan temperatur air minum baik dingin maupun panas. Sumber airnya berasal

Lebih terperinci

Panduan penggunamu. NOKIA CK-7W

Panduan penggunamu. NOKIA CK-7W Anda dapat membaca rekomendasi di buku petunjuk, panduan teknis atau panduan instalasi untuk NOKIA CK-7W. Anda akan menemukan jawaban atas semua pertanyaan Anda pada NOKIA CK-7W di manual user (informasi,

Lebih terperinci

BAB IV METODE PENGUJIAN CIGARETTE SMOKE FILTER

BAB IV METODE PENGUJIAN CIGARETTE SMOKE FILTER BAB IV METODE PENGUJIAN CIGARETTE SMOKE FILTER 4.1 TUJUAN PENGUJIAN Tujuan dari pengujian Cigarette Smoke Filter ialah untuk mengetahui seberapa besar kinerja penyaringan yang dihasilkan dengan membandingkan

Lebih terperinci

PERAWATAN DAN PERBAIKAN AC MOBIL

PERAWATAN DAN PERBAIKAN AC MOBIL M O D U L PERAWATAN DAN PERBAIKAN AC MOBIL Oleh: Drs. Ricky Gunawan, MT. Ega T. Berman, S.Pd., M.Eng. BIDANG KEAHLIAN TEKNIK REFRIGERASI DAN TATA UDARA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS PENDIDIKAN

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-200

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-200 Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-200 1 Edisi 2 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bertanggung jawab bahwa produk HS-58W sudah sesuai dengan ketentuan Petunjuk Dewan:

Lebih terperinci

BAB 12 INSTRUMEN DAN SISTEM PERINGATAN

BAB 12 INSTRUMEN DAN SISTEM PERINGATAN BAB 12 INSTRUMEN DAN SISTEM PERINGATAN 12.1. Pendahuluan Bab ini berisi sistem kelistrikan bodi yang berhubungan dengan suatu pengukur bagi pengemudi yang sebagian atau keseluruhannya berada pada panel

Lebih terperinci

Perawatan Kodak Scanner seri i2000

Perawatan Kodak Scanner seri i2000 Perawatan Kodak Scanner seri i2000 Persyaratan Sistem: Berikut ini adalah konfigurasi sistem minimum yang disarankan untuk menjalankan Kodak scanner i2400/i2600/i2800. prosesor dan memori yang direkomendasikan:

Lebih terperinci

Nokia Bluetooth Headset BH-300. Edisi 1

Nokia Bluetooth Headset BH-300. Edisi 1 Nokia Bluetooth Headset BH-300 5 6 1 7 4 3 2 9 10 8 Edisi 1 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bahwa produk HS-50W ini memenuhi persyaratan penting dan ketetapan lain yang sesuai

Lebih terperinci

BAB IV BAGIAN PENTING MODIFIKASI

BAB IV BAGIAN PENTING MODIFIKASI 75 BAB IV BAGIAN PENTING MODIFIKASI Pada bab IV ada beberapa hal penting yang akan disampaikan terkait dengan perancangan modifikasi sistem kontrol panel mesin boiler ini, terutama mengenai penggantian,

Lebih terperinci

SP-1101W Panduan Instalasi Cepat

SP-1101W Panduan Instalasi Cepat SP-1101W Panduan Instalasi Cepat 06-2014 / v1.2 1 I. Informasi Produk... 3 I-1. Isi Paket... 3 I-2. Panel Depan... 3 I-3. Status LED... 4 I-4. Saklar Tombol Status... 4 I-5. Label Produk... 5 I-6. Reset...

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-900

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-900 Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-900 Edisi 1 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bertanggung jawab bahwa produk HS-25W sudah sesuai dengan ketentuan Petunjuk Dewan: 1999/5/EC.

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA No. JST/OTO/OTO410/14 Revisi : 02 Tgl : 6 Februari 2014 Hal 1 dari 10 I. Kompetensi : Setelah melaksanakan praktik, mahasiswa diharapkan dapat : 1. Mengidentifikasi komponen sistem bahan bakar, kontrol

Lebih terperinci

BAB III METODE PENELITIAN

BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Waktu dan Tempat Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di kelompok Ternak Sapi di Pandan Mulyo, Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul DIY pada bulan Februari 2017 samapai

Lebih terperinci

Para konsumen yang kami hormati, terima kasih telah memilih Mesin Pemeras Minyak kami.

Para konsumen yang kami hormati, terima kasih telah memilih Mesin Pemeras Minyak kami. Bahasa Indonesia Para konsumen yang kami hormati, terima kasih telah memilih Mesin Pemeras Minyak kami. Agar alat ini dapat berfungsi dengan baik, mohon baca dan simpan buku petunjuk penggunan ini dengan

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN SISTEM

BAB III PERANCANGAN SISTEM BAB III PERANCANGAN SISTEM Alat yang dibuat ini berfungsi untuk membuat udara menjadi lebih bersih, jernih dan sehat serta terbebas dari bakteri yang terkandung di udara, hal ini secara tidak langsung

Lebih terperinci

Nokia Speakerphone HF-200. Edisi 2

Nokia Speakerphone HF-200. Edisi 2 Nokia Speakerphone HF-200 1 2 3 4 5 6 7 Edisi 2 8 10 9 15 13 14 12 11 16 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bahwa produk HF-36W telah memenuhi persyaratan utama dan ketentuan

Lebih terperinci

BAB III METODE PEMBAHASAN

BAB III METODE PEMBAHASAN BAB III METODE PEMBAHASAN 3.1. Metode Pembahasan Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini antara lain, yaitu : 1. Metode Literatur Metode literature yaitu, metode dengan mengumpulkan,

Lebih terperinci

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA No. JST/OTO/OTO410/13 Revisi: 03 Tgl: 22 Agustus 2016 Hal 1 dari 10 I. Kompetensi: Setelah melaksanakan praktik, mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mengidentifikasi komponen sistem bahan bakar, kontrol udara

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNA SP-1V SPEAKER

PANDUAN PENGGUNA SP-1V SPEAKER PANDUAN PENGGUNA SP-1V SPEAKER VERTU SPEAKER PORTABEL BLUETOOTH SP-1V PANDUAN PENGGUNA VERSI 1.0 Bahasa Indonesia 1 2 Bahasa Indonesia SPEAKER PORTABEL BLUETOOTH VERTU SP-1V Terima kasih Anda telah membeli

Lebih terperinci

LAPORAN TUGAS AKHIR BAB II DASAR TEORI

LAPORAN TUGAS AKHIR BAB II DASAR TEORI BAB II DASAR TEORI 2.1 Dispenser Air Minum Hot and Cool Dispenser air minum adalah suatu alat yang dibuat sebagai alat pengkondisi temperatur air minum baik air panas maupun air dingin. Temperatur air

Lebih terperinci

JBL PowerUp Wireless Charging Speaker untuk Nokia

JBL PowerUp Wireless Charging Speaker untuk Nokia JBL PowerUp Wireless Charging Speaker untuk Nokia Edisi 1.1 2 Daftar Isi Tentang speaker 3 Tentang Qi 3 Tentang konektivitas Bluetooth 4 Tombol dan komponen 5 Mengaktifkan speaker 6 Memasangkan perangkat

Lebih terperinci

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN TUDUNG HISAP (EXHAUST HOOD) DOMO

SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN TUDUNG HISAP (EXHAUST HOOD) DOMO SELAMAT ATAS PILIHAN ANDA MENGGUNAKAN TUDUNG HISAP (EXHAUST HOOD) DOMO Dengan cara pemakaian yang benar, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal selama bertahun-tahun. Bacalah buku petunjuk pengoperasian

Lebih terperinci

UNIT II INSTALASI PENERANGAN RUANG PENTAS SATU FASE

UNIT II INSTALASI PENERANGAN RUANG PENTAS SATU FASE UNIT II INSTALASI PENERANGAN RUANG PENTAS SATU FASE I. TUJUAN 1. Agar praktikan dapat menginstalasi lampu pijar dengan hubungan seri-paralel (DIM). 2. Agar praktikan dapat menginstalasi penerangan satu

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN SISTEM

BAB III PERANCANGAN SISTEM BAB III PERANCANGAN SISTEM Dalam bab ini penulis akan menjelaskan mengenai perancangan sistem pemanasan air menggunakan SCADA software dengan Wonderware InTouch yang terdiri dari perangkat keras (hardware)

Lebih terperinci

BAB III PEMBUATAN ALAT Tujuan Pembuatan Tujuan dari pembuatan alat ini yaitu untuk mewujudkan gagasan dan

BAB III PEMBUATAN ALAT Tujuan Pembuatan Tujuan dari pembuatan alat ini yaitu untuk mewujudkan gagasan dan BAB III PEMBUATAN ALAT 3.. Pembuatan Dalam pembuatan suatu alat atau produk perlu adanya sebuah rancangan yang menjadi acuan dalam proses pembuatanya, sehingga kesalahan yang mungkin timbul dapat ditekan

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-801

Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-801 Buku Petunjuk Nokia Bluetooth Headset BH-801 Edisi 1 PERNYATAAN KESESUAIAN Dengan ini, NOKIA CORPORATION menyatakan bahwa produk HS-64W ini telah memenuhi persyaratan utama dan ketentuan terkait lainnya

Lebih terperinci

KUMPULAN SOAL PNEUMATIC By Industrial Electronic Dept. Of SMKN 1 Batam

KUMPULAN SOAL PNEUMATIC By Industrial Electronic Dept. Of SMKN 1 Batam KUMPULAN SOAL PNEUMATIC By Industrial Electronic Dept. Of SMKN 1 Batam Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban yang tersedia. 01. Berikut ini

Lebih terperinci

MENGGUNAKAN LPG - SECARA AMAN

MENGGUNAKAN LPG - SECARA AMAN MENGGUNAKAN LPG - SECARA AMAN APAKAH ELPIJI ITU ELPIJI adalah merek dagang dari produk Liquefied Petroleum Gas (LPG) PERTAMINA, merupakan gas hasil produksi dari kilang minyak (Kilang BBM) dan Kilang gas,

Lebih terperinci