Pemahaman Alkitab untuk Kelompok Kecil

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Pemahaman Alkitab untuk Kelompok Kecil"

Transkripsi

1 Pemahaman Alkitab untuk Kelompok Kecil I. Pendahuluan A. Alkitab adalah Firman Allah (2Tim. 3:15-17; 2Ptr. 1:20 dst.; Yoh. 5:39) 1. Dapat menolong pengudusan orang (Yoh. 17:17; Ef. 5:26; Yak. 1:23; Ibr. 4:12); 2. Menyediakan makanan untuk pertumbuhan kehidupan rohani (1Ptr. 2:2; Yer. 15:16; Amo. 8:11-13; Yoh. 6:63; 10:9 dst); 3. Dasar iman Kristen (Yes. 8:20; Kis. 17:2; Ul. 17:18-20; 1Kor. 10:11); 4. Senjata untuk peperangan rohani (Ef. 6:17). B. Sejak dahulu kala, orang-orang kudus telah menggunakan berbagai hikmat untuk menyimpan Firman Allah di dalam hati mereka (Kol. 3:16): 1. Mengajarkan anak-anak saat mereka masih polos, dan mengajarkan mereka untuk mengingat dan mengucapkan Firman Allah (Ul. 6:4-7; 2Tim. 3:15); 2. Membiarkan pemuda mendengar dan mengajukan pertanyaan (Luk. 2:42, 46); 3. Sampai seseorang mencapai kedewasaan agar Firman Allah tidak akan pergi dari mulut dan pengajaran Tuhan tidak pernah pergi dari hati (Yos. 1:8; Ul. 6:4-7). Sebagai tambahan, ia akan hidup dalam mendengar, percaya, melakukan, menyanyikan, dan mengabarkan Firman Allah (Mzm. 1:2; Yos. 1:8; Why. 1:3; Yak. 1:22 dst; Yeh. 3:1; Tit. 1:3). 4. Ada banyak cara untuk menerima Firman Allah. Kita dapat mengikuti kebaktian, mendengarkan kata-kata kudus (Yes. 34:16; Neh. 8:1-3; Luk. 4:16). Kita dapat mempelajari Alkitab sendiri, menerima sendiri wahyu Allah (Dan. 12:14; Yos. 1:8; Gal. 1:12, 16). Kelompok PA kecil juga memperoleh dua keuntungan ini (Luk. 2:46). Orang-orang Yahudi di Berea menerima Tuhan karena kelompok PA kecil yang dipimpin oleh Paulus (Kis. 17:10-12). II. Pentingnya PA Kelompok PA adalah tempat bagi semua orang untuk menyentuh dan menerima Firman Allah dengan mata, telinga, mulut, tangan dan hati mereka. PA memungkinkan setiap peserta untuk merasakan manisnya dan kuatnya Firman Allah. Melalui pendorongan bersama dari anggota kelompok PA, PA dapat meningkatkan pembacaan Alkitab secara pribadi, membangun dan menolong satu sama lain. Melalui peningkatan kelompok secara sistematis, PA dapat menolong mencegah kecenderungan individu untuk keluar. Apabila setiap anggota ikut serta dalam kelompok PA, anggota dapat meraih keuntungan pemikiran kolektif dari saling berbagi pengajaran yang diterima masingmasing anggota. Kasih karunia Allah akan terwujud lebih besar lagi saat setiap orang mempersembahkan lima roti dan dua ikan. Karena kelompok PA saling berbagi satu sama lain, hubungan antara saudara seiman akan bertambah baik. Perhatian pada kebutuhan rohani dan jasmani dari perspektif kebenaran dapat dilakukan sekaligus. Ini akan memungkinkan jemaat untuk tumbuh lebih banyak dalam kesatuan dan ke-satu-an hati, pekerjaan kudus akan menjadi lebih hidup, dan Allah akan bekerja lebih lagi dalam kelompok kecil itu.

2 III. Pendirian PA untuk kelompok kecil akan menjadi lebih stabil, hidup dan efektif apabila didirikan dengan Yesus sebagai pusatnya. Karena itu doa menjadi faktor paling penting dalam membentuk kelompok PA. Lebih lanjut, karena pemimpin kelompok PA dapat menentukan berhasil atau tidaknya kelompok itu, ia harus bersandar pada tuntunan dan dorongan Roh Kudus. Jumlah paling pantas untuk kelompok PA adalah 10 orang. Setelah memilih pemimpin kelompok PA, beberapa pekerjaan akan berlangsung. Contohnya: mengenal para peserta PA, menargetkan metode PA, isi, kecepatan, jadwal, dan tempat, sesuai dengan kebutuhan para peserta PA. Setiap kelompok PA mempunyai karakter yang berbeda berdasarkan pada para peserta, waktu dan tempatnya. IV. Prinsip dalam memimpin PA untuk kelompok kecil Doa adalah prinsip terpenting bagi seorang pemimpin PA. Persiapan menyeluruh pemimpin harus muncul secara alami setelah berdoa. Intropeksi diri dan catatancatatan evaluasi setelah sesi PA dapat membawa kehidupan dalam kelompok PA. V. Latihan Ateori adalah batu pijakan untuk melakukan tindakan. Tujuan dalam membuat seseorang mengenal metode PA adalah agar dapat secara efektif melakukan apa yang telah dipelajari. Berikut ini adalah beberapa metode PA dan pilihan latihan: A. Belajar berdasarkan kitab atau pasal dalam Alkitab B. Belajar berdasarkan topik atau tema C. Belajar berdasarkan profil atau kejadian. VI. Mencegah kelompok PA menjadi kaku dan terganggu Setiap kelompok PA dimulai dengan tekad yang dapat mengubah dunia. Namun seiring berlalunya waktu, kelompok PA seringkali runtuh hingga tak menyisakan apa-apa. Karena itu seorang pemimpin kelompok PA harus waspada senantiasa, menemukan setiap bidang yang memerlukan perbaikan. Lihatlah pertanyaan berikut ini sebagai rujukan: A. Apakah pemimpin PA mempersiapkan diri dengan cukup sebelum PA diadakan? Tanpa persiapan, sesi PA seringkali berbalik menjadi pertemuan gosip, mengobrol, permainan tebak-tebakan, atau sekadar membosankan. B. Apakah ada peserta yang suka menonjolkan diri? Apabila ada peserta dari kelompok PA yang senang menyampaikan pesan atau kata-kata yang terlalu panjang, terutama di luar topik, maka sesi PA dapat menjadi kesempatan bagi seseorang untuk menonjolkan opininya. Atau apabila seorang peserta ingin membicarakan teori-teori baru dan aneh untuk mendapatkan kekaguman dan kesan baik dari yang lain, maka sesi PA dapat berubah menjadi ajang perdebatan atau kompetisi adu pemikiran. C. Apakah keadaan sesi PA kaku? Pemimpin PA harus mengerti tingkatan tiap-tiap peserta, menyediakan kesempatan bagi tiap pesertra untuk berbicara sesuai dengan tingkatannya. Maka kelompok PA dapat mencapai rasa percaya dan dorongan bersama sehingga semua peserta dapat saling berbagi tanpa keraguan.

3 VII. D. Jauhi pengkubuan atau kepemihakan yang dapat mengakibatkan banyak kekacauan. Panduan Kelompok PA A. Pentingnya Alkitab 1. Alkitab adalah Firman Allah (2Tim. 3:16; 2Ptr. 1:20-21). 2. Adalah roti kehidupan rohani (2Ptr. 2:2; Yer. 15:16; Amo. 8:11-13; Yes. 55:1-2). 3. Menunjukkan jalan menuju kehidupan kekal (Yoh. 5:39, 46; 2Tim. 3:15-16; Yes. 8:20). 4. Menuntun gaya hidup kita (Mzm. 119:9, 15; 1Kor. 10:11; Yak. 1:2-3; Ibr. 4:12). 5. Senjata untuk berperang (Ef. 6:17; Why. 12:11; Rm. 15:4; Gal. 4:4, 7, 10). B. Prosedur membaca Alkitab Untuk mengerti kehendak Allah, kita harus membaca Alkitab. Membaca Alkitab adalah cara terbaik untuk mempelajari Firman Allah. Jemaat harus mempunyai kebiasaan membaca Alkitab setiap hari, untuk menyerap makanan rohani, dan merangsang pertumbuhan rohani. 1. Luangkan waktu untuk mempelajari Alkitab setiap hari. Kita juga dapat mengajak saudara-saudari seiman atau keluarga kita untuk mempelajari Alkitab bersama-sama. 2. Berdoalah kepada Tuhan sebelum membaca Alkitab. Mintalah petunjuk dan hikmat dari Allah agar kita dapat memahami Firman-Nya (Yoh. 16:13; 1Kor. 2:10). 3. Pembaca Alkitab pemula dapat memulai dengan membaca Kitab Matius dalam Perjanjian Baru. Mulailah membaca Perjanjian Lama setelah selesai membaca Perjanjian Baru. Apabila kita membaca tiga pasal setiap hari, kita dapat menyelesaikan membaca Alkitab dalam satu tahun. Pilihlah ayat-ayat khusus untuk pelajaran lebih lanjut. 4. Saat membaca Alkitab, catatlah pengulangan kata-kata atau frasa, kejadian mengenai perbuatan Allah, janji-janji, perintah-perintah, sebab dan akibat dosa, tokoh-tokoh penting, mujizat-mujizat yang terjadi, dan pengajaran yang terkandung di dalamnya. 5. Tandailah ayat-ayat yang mengandung intisari yang penting. Peliharalah sebuah catatan harian, tuliskan ayat-ayat favorit atau kesulitan-kesulitan yang dihadapi saat membaca Alkitab. Bagikan pendapat Anda dengan saudara-saudari seiman. Mintalah petunjuk Pendeta dan hamba Tuhan lain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Alkitab. C. Tujuan mempelajari Alkitab 1. Memahami Firman Allah 2. Memahami tema dan pandangan Alkitab 3. Memegang kebenaran D. Formasi Kelompok PA 1. Seseorang dapat belajar Alkitab sendiri, tetapi dapat dengan mudah terganggu. Apabila kita belajar dalam kelompok, kita dapat memperoleh

4 dorongan dari orang lain sehingga meningkatkan hasil yang didapat dari pembelajaran Alkitab. 2. Satu kelompok PA dapat terdiri dari antara 5 hingga 15 orang, tetapi 10 adalah jumlah ideal. 3. Tentukan waktu dan tempat untuk sesi PA sesuai dengan kenyamanan dan ketersediaan para peserta. 4. Pilih pemimpin PA yang akan mengumpulkan peserta dan menetapkan petugas-petugas lainnya. 5. Setiap kelompok PA dapat mempunyai bahan dan gaya berbeda, sesuai dengan kebutuhan. E. Petunjuk untuk pemimpin PA 1. Pemimpin PA harus datang di tempat yang telah ditentukan lebih awal untuk mempersiapkan tempat dan berdoa memohon bimbingan Allah. 2. Kendalikanlah waktu. Sesi PA yang ideal berlangsung hingga satu jam. 3. Siapkan jadwal pembelajaran. Jadwal yang ideal akan terdiri dari: a. Menyanyikan pujian dan berdoa (10 menit) b. Mengucapkan ayat-ayat Alkitab yang dipelajari. Pemimpin PA harus menyatakan inti ayat-ayat itu dan menjelaskan maksudnya (10 menit) c. Diskusi (30 menit) d. Kesimpulan oleh pemimpin PA, menyanyikan pujian, dan berdoa. 4. Sebelum mempelajari Alkitab, bacalah ayat-ayat secara seksama dan berdoalah. Pemimpin harus sungguh-sungguh siap. 5. Pemimpin PA harus secara singkat mengenalkan topik yang akan dipelajari untuk memberikan waktu yang cukup bagi peserta untuk mendiskusikan topik tersebut. 6. Ketika pendapat-pendapat para peserta tidak sesuai dengan Alkitab, menegur mereka sehingga suasana menjadi tawar dan kikuk bukanlah perbuatan yang pantas. Sebaliknya, rujuklah Alkitab untuk memperbaiki. 7. Pemimpin PA harus menyimpulkan isi pembelajaran sesuai dengan pendapat-pendapat yang dinyatakan dalam diskusi, dan menyertakan pengajaran yang dipelajari dalam sesi PA. 8. Pemimpin PA harus mengawasi diskusi untuk memastikan agar diskusi berjalan sesuai dengan topik. 9. Setelah diskusi, periksa kehadiran dan diskusi. Perhatikanlah tiap kelemahan dan buatlah perbaikan. F. Cara-cara mempelajari Alkitab 1. Mempelajari Alkitab per bagian 2. Mempelajari tokoh Alkitab 3. Mempelajari kejadian dalam Alkitab 4. Topik khusus

5 G. Petunjuk-petunjuk lain 1. Tempat sesi PA diadakan tidak boleh terlalu sempit. Tempat duduk harus diatur agar nyaman dalam diskusi. 2. Tafsirkan Alkitab dengan Firman Allah. Jangan menafsirkan Alkitab menurut pendapat pribadi. 3. Berbicaralah dengan rendah hati dan lemah lembut. Jangan berbicara untuk menegur orang lain. 4. Jangan bersikeras melawan kebenaran demi membela pendapat pribadi. 5. Doronglah para peserta untuk ikut serta dalam diskusi, tetapi jangan dipaksakan.

BAB TIGA PENYELAMATAN ALLAH

BAB TIGA PENYELAMATAN ALLAH BAB TIGA PENYELAMATAN ALLAH Minggu ke-3, ARTI DAN HAKIKAT PENYELAMATAN ALLAH 19. Pert : Apakah yang dimaksud dengan penyelamatan Allah? Jwb : Penyelamatan Allah adalah tindakan Allah melepaskan manusia

Lebih terperinci

Surat Yohanes yang pertama

Surat Yohanes yang pertama 1 Surat Yohanes yang pertama Kami ingin memberitakan kepada kalian tentang Dia yang disebut Firman a yaitu Dia yang memberikan hidup kepada kita dan yang sudah ada sebelum dunia diciptakan. Kami sudah

Lebih terperinci

B: Believe in Christ/Percaya akan Kristus Kis 16:31, Luk 5:32, Luk 13:3, Rom 2:4, Yoh 3:16, Yoh 20:31, Ibr 11:6, Rom 10:17, Kis 10:43

B: Believe in Christ/Percaya akan Kristus Kis 16:31, Luk 5:32, Luk 13:3, Rom 2:4, Yoh 3:16, Yoh 20:31, Ibr 11:6, Rom 10:17, Kis 10:43 A-B-C Penyelamatan Keselamatan Keselamatan Dalam 4 Kata Menjawab Penolaka A-B-C Penyelamatan A: Acknowledge self as sinner/pengakuan atas dosa Roma 3:23, Yes 53:6, Yak 2:10 Rom 3:10-12, Yoh 3:3, Kis 4:12

Lebih terperinci

NUBUATAN : Melukiskan kemampuan ALLAH untuk menembus masa depan, yang tidak dapat ditiru manusia TEMPELAKAN : menemplak kejahatan manusia karena

NUBUATAN : Melukiskan kemampuan ALLAH untuk menembus masa depan, yang tidak dapat ditiru manusia TEMPELAKAN : menemplak kejahatan manusia karena NUBUATAN : Melukiskan kemampuan ALLAH untuk menembus masa depan, yang tidak dapat ditiru manusia TEMPELAKAN : menemplak kejahatan manusia karena kecenderungannya untuk menyimpang dari pola kehidupan anak

Lebih terperinci

Panggilan pribadi dari Allah

Panggilan pribadi dari Allah Pertumbuhan Iman Kristen 6 Panggilan pribadi dari Allah (The Personal Call from God) Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Matius 4:19,20 19 Yesus berkata kepada mereka: Mari, ikutlah

Lebih terperinci

Hubungan Kita Dengan Allah

Hubungan Kita Dengan Allah t I l Hubungan Kita Dengan Allah Kita telah mempelajari bahwa tanggung jawab utama kita sebagai orang Kristen adalah mengasihi Allah. Seperti yang telah kita pelajari dalam Pelajaran 11, kita menuruti

Lebih terperinci

Surat Yohanes yang pertama

Surat Yohanes yang pertama 1 Yohanes 1:1 1 1 Yohanes 1:5 Surat Yohanes yang pertama 1 Kami ingin memberitakan kepada kalian tentang Dia yang disebut Firman * yaitu Dia yang memberikan hidup kepada kita dan yang sudah ada sebelum

Lebih terperinci

PENELAAHAN ALKITAB. Persiapan, Penyusunan dan Penyampaiannya. Pdt. Stephen Sihombing, MTh

PENELAAHAN ALKITAB. Persiapan, Penyusunan dan Penyampaiannya. Pdt. Stephen Sihombing, MTh PENELAAHAN ALKITAB Persiapan, Penyusunan dan Penyampaiannya Pdt. Stephen Sihombing, MTh Materi Bina Pelkat GP GPIB 2 Menikah dengan 2 orang putri Sarjana Teologi dari STT Jakarta Vikaris di GPIB Mangamaseang,

Lebih terperinci

Iman Kristen 23. Buah-buah. Roh. Mangatas SM Manalu

Iman Kristen 23. Buah-buah. Roh. Mangatas SM Manalu Iman Kristen 23 Buah-buah Roh Mangatas SM Manalu internist_kplaza@yahoo.com 0813 1592 4953 Galatia 5:22,23 22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

Lebih terperinci

Seri Kedewasaan Kristen (3/6)

Seri Kedewasaan Kristen (3/6) Seri Kedewasaan Kristen (3/6) Nama Kursus   : ORANG KRISTEN YANG BERTANGGUNG JAWAB (OKB) Nama Pelajaran : Bertanggung Jawab untuk Hidup Benar dan Menggunakan                 Karunia-karunia

Lebih terperinci

Setiap Orang Membutuhkan Pengajaran

Setiap Orang Membutuhkan Pengajaran Setiap Orang Membutuhkan Pengajaran Pernahkah saudara melihat seekor induk burung yang mendesak anaknya keluar dari sarangnya? Induk burung itu memulai proses pengajaran yang akan berlangsung terus sampai

Lebih terperinci

BAB ENAM BEBERAPA WARISAN ROHANI YANG PENTING DALAM KEHIDUPAN GEREJA

BAB ENAM BEBERAPA WARISAN ROHANI YANG PENTING DALAM KEHIDUPAN GEREJA BAB ENAM BEBERAPA WARISAN ROHANI YANG PENTING DALAM KEHIDUPAN GEREJA Minggu ke-22, SEPULUH HUKUM TUHAN 217. Pert : Apakah pedoman dasar bersikap dan bertingkahlaku orang percaya dalam menjalani kehidupan

Lebih terperinci

PEMAHAMAN BERSAMA IMAN KRISTEN (PBIK)

PEMAHAMAN BERSAMA IMAN KRISTEN (PBIK) DOKUMEN 2 PEMAHAMAN BERSAMA IMAN KRISTEN (PBIK) 86 II. PEMAHAMAN BERSAMA IMAN KRISTEN DASAR PEMIKIRAN Berkat kuasa Roh Kudus yang telah melahirkan DGI menjelang hari Pentakosta tanggal 25 Mei 1950 di Jakarta,

Lebih terperinci

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI

LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI LANGKAH-LANGKAH MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI KUNCI MENUJU PERTUMBUHAN ROHANI BAGI MEREKA YANG MEMBUAT KEPUTUSAN Saudara yang terkasih, pada waktu Saudara menerima Yesus Kristus menjadi Juruselamat pribadi,

Lebih terperinci

Minggu 10 : Adakah Allah Menyembuhkan Pada Masa Kini?

Minggu 10 : Adakah Allah Menyembuhkan Pada Masa Kini? Minggu 10 : Adakah Allah Menyembuhkan Pada Masa Kini? 1. Tujuan: Pada akhir sesi ini, tamu-tamu akan diminta untuk maju menerima doa kesembuhan. 2. Tidak akan ada diskusi pada sesi ini tetapi fokusnya

Lebih terperinci

Pdt. Gerry CJ Takaria

Pdt. Gerry CJ Takaria Orang-orang Kristen tidak boleh bersifat statis. Jika Roh Kristus diam di dalam mereka (Rm. 8:9) maka mereka akan mengalami proses perubahan. Di dalam Kitab Suci gambaran pengalaman orang-orang percaya

Lebih terperinci

KARUNIA NUBUAT SEPANJANG ZAMAN

KARUNIA NUBUAT SEPANJANG ZAMAN KARUNIA NUBUAT SEPANJANG ZAMAN Seorang yang diangkat menjadi Juru Bicara ALLAH, KARUNIA NUBUAT PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA Orang yang dikaruniakan disebut Nabi (Prophet) Kel 7:1, 2 Berfirmanlah TUHAN kepada

Lebih terperinci

Ikutilah Yesus! Pelayanan Orang Kristen. Bagian. Sastra Hidup Indonesia

Ikutilah Yesus! Pelayanan Orang Kristen. Bagian. Sastra Hidup Indonesia Pertanyaan-pertanyaan Pelajaran Ikutilah Yesus! Sastra Hidup Indonesia 5 Bagian Pelayanan Orang Kristen Edisi yang Pertama 2013 (C01) Penerbit: Editor: Sastra Hidup Indonesia, http://www.sastra-hidup.net

Lebih terperinci

Pdt. Gerry CJ Takaria

Pdt. Gerry CJ Takaria Geli, Jijik, Menakutkan, Bikin Gatal Kelahiran adalah waktu sukacita. Sebuah benih bertunas, dan munculnya dua daun pertama, menjadikan pemilik kebun akan senang. Seorang bayi dilahirkan, dan tangisannya

Lebih terperinci

I M A N Bagian ke-1. Bahkan, ketika Yesus menderita kesakitan di atas kayu salib, para pencemooh-nya masih terus menuntut tanda.

I M A N Bagian ke-1. Bahkan, ketika Yesus menderita kesakitan di atas kayu salib, para pencemooh-nya masih terus menuntut tanda. I M A N Bagian ke-1 Pengantar Tuhan telah memilih untuk menjadikan iman sebagai salah satu batu pondasi hubungan kita dengan Dia. Tetapi seberapa banyak kita benar-benar mengerti tentang iman? Dari manakah

Lebih terperinci

KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS PENGUDUSAN PERSEKUTUAN PENDALAMAN AMANAT AGUNG

KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS PENGUDUSAN PERSEKUTUAN PENDALAMAN AMANAT AGUNG KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS PENGUDUSAN PERSEKUTUAN PENDALAMAN AMANAT AGUNG Apa yang harus saya lakukan sebagai orang yang telah diselamatkan oleh Allah berhubungan dengan perbuatan yang masih saja

Lebih terperinci

Diciptakan untuk Menjadi Serupa dengan Kristus.

Diciptakan untuk Menjadi Serupa dengan Kristus. 22 Diciptakan untuk Menjadi Serupa dengan Kristus. Allah mengetahui apa yang Dia kerjakan sejak semula. Dia memtuskan dari permulaan untuk membentuk kehidupan orang-orang yang mengasihi Dia serupa dengan

Lebih terperinci

1 Dalam bahasa Inggris What is God?

1 Dalam bahasa Inggris What is God? 1. T: Apakah tujuan hidup seorang manusia? J: Tujuan hidup seorang manusia adalah untuk memuliakan Allah (1Kor. 10:31) dan menikmati Dia selama-lamanya (Mzm. 73:25, 26). 2. T: Adakah pedoman yang diberikan

Lebih terperinci

Hubungan Pribadi Dengan ALLAH

Hubungan Pribadi Dengan ALLAH Aplikasi Iman Kristen 25 Hubungan Pribadi Dengan ALLAH Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Mazmur 25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang-orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-nya

Lebih terperinci

KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS KEMATIAN ORANG PERCAYA PERSEKUTUAN PENDALAMAN ALKITAB

KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS KEMATIAN ORANG PERCAYA PERSEKUTUAN PENDALAMAN ALKITAB KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS KEMATIAN ORANG PERCAYA PERSEKUTUAN PENDALAMAN ALKITAB Apakah tujuan dari kematian dalam hidup orang Kristen? Apa yang terjadi dengan tubuh dan jiwa saat kematian?

Lebih terperinci

MENJADI PEMIMPIN SEL Sesi 1: DASAR ALKITAB

MENJADI PEMIMPIN SEL Sesi 1: DASAR ALKITAB MENJADI PEMIMPIN SEL Sesi 1: DASAR ALKITAB PENDAHULUAN Pelajaran ini adalah tentang dasar Alkitab dari kelompok sel. Anda akan mendengar banyak ayat-ayat Firman Tuhan selama kita mempelajari pelajaran

Lebih terperinci

Pdt. Gerry CJ Takaria

Pdt. Gerry CJ Takaria ALLAH ROH KUDUS Allah Roh yang kekal aktif bersama Bapa dan Anak dalam Penciptaan, Penjelmaan dan penebusan. Ia mengilhami para penulis Kitab Suci. Ia mengisi hidup Kristus dengan kuasa. Ia menarik pada-nya

Lebih terperinci

Orang-orang Kristen tidak boleh bersifat statis. Jika Roh Kristus diam di dalam mereka (Rm. 8:9) maka mereka akan mengalami proses perubahan.

Orang-orang Kristen tidak boleh bersifat statis. Jika Roh Kristus diam di dalam mereka (Rm. 8:9) maka mereka akan mengalami proses perubahan. Orang-orang Kristen tidak boleh bersifat statis. Jika Roh Kristus diam di dalam mereka (Rm. 8:9) maka mereka akan mengalami proses perubahan. Pengalaman keselamatan menyangkut 1. pertobatan, 2. pengakuan,

Lebih terperinci

Aplikasi Iman Kristen 23. Mengucap Syukur. Mangatas SM Manalu

Aplikasi Iman Kristen 23. Mengucap Syukur. Mangatas SM Manalu Aplikasi Iman Kristen 23 Mengucap Syukur Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 1 Tawarikh 16:34 Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-nya.

Lebih terperinci

SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah : SMP Kelas : IX (Sembilan) Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik Semester : 1 (Satu) Standar Kompetensi: 3.Memahami melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam hidup

Lebih terperinci

BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS

BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS MAKALAH 3 BUAH-BUAH ROH & KARUNIA ROH KUDUS Oleh Herlianto herlianto@yabina.org (Depok, Indonesia) ( Ya y a s a n b in a a w a m ) *) Makalah ini disampaikan dalam rangka Seminar Pneumatologi yang diselenggarakan

Lebih terperinci

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih Barisan Pemenang GBI Misi Kasih BY WWW.MISIKASIH.ORG APA ITU BARISAN PEMENANG? Barisan Pemenang yang disebut BP adalah sebuah tim kecil yang terdiri dari tujuh orang yang sebagai kelompok yang dapat menjawab

Lebih terperinci

Perjamuan Kudus. Memperingati Kematian Tuhan HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Perjamuan Kudus. Memperingati Kematian Tuhan HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150, 65304151 Faks. (021) 65304149 E-mail:

Lebih terperinci

BAHAYA KEMURTADAN IBRANI 10:26-31

BAHAYA KEMURTADAN IBRANI 10:26-31 BAHAYA KEMURTADAN IBRANI 10:26-31 Dalam standar Yesus Semua menemukan adanya dosa di dalam dirinya walaupun bukan dosa yang keji dan terus menerus. Karena tidak seorang pun di antara kita yang telah memiliki

Lebih terperinci

Penelaahan yang Bersifat Ibadah

Penelaahan yang Bersifat Ibadah Penelaahan yang Bersifat Ibadah Penelaahan yang bersifat ibadah adalah sangat pribadi. Tujuannya ialah mendekatkan saudara dengan Allah. Penelaahan itu akan menghubungkan saudara dengan kebenaran rohani

Lebih terperinci

Pengurapan Rohani Kristus di bawah tiga jabatan umum: Nabi, Imam dan Raja

Pengurapan Rohani Kristus di bawah tiga jabatan umum: Nabi, Imam dan Raja Pengurapan Rohani Kristus di bawah tiga jabatan umum: Nabi, Imam dan Raja September 2015 Dr. Jan H. van Doleweerd 6. Keselamatan 6.1 Karya Kristus di bawah tiga jabatan umum: Nabi, Imam dan Raja 6.1.1

Lebih terperinci

Sistematika Teologia Ordo Salutis PERPALINGAN PENDALAMAN ALKITAB POS PI AMANAT AGUNG

Sistematika Teologia Ordo Salutis PERPALINGAN PENDALAMAN ALKITAB POS PI AMANAT AGUNG Sistematika Teologia Ordo Salutis PERPALINGAN PENDALAMAN ALKITAB POS PI AMANAT AGUNG Perpalingan adalah kemauan kita untuk menjawab panggilan Injil, yang dimana dengan sunguhsunguh bertobat dari dosadosa

Lebih terperinci

I M A N Bagian ke-2. Sasaran kita adalah memiliki iman yang kuat dan penuh keyakinan seperti digambarkan Yesus dalam Injil Matius.

I M A N Bagian ke-2. Sasaran kita adalah memiliki iman yang kuat dan penuh keyakinan seperti digambarkan Yesus dalam Injil Matius. I M A N Bagian ke-2 Pengantar Dalam bagian pertama dari pelajaran ini, kita telah belajar bahwa iman kita sedemikian penting bagi Tuhan sehingga Ia telah membungkus kehidupan rohani kita dan semua janji-janji-nya

Lebih terperinci

ALLAH SEBAGAI PENCIPTA

ALLAH SEBAGAI PENCIPTA ALLAH SEBAGAI PENCIPTA Bacaan Alkitab: Kej. 1:1-31 Bapa yang Mahakuasa, khalik langit dan bumi AT : Allah adalah Pencipta langit dan bumi beserta segala isinya. AK : Allah sebagai sumber dan Penyebab Awal

Lebih terperinci

PELAYANAN ANAK. PELAYANAN ANAK Sesi 1: Menjangkau Anak-anak

PELAYANAN ANAK. PELAYANAN ANAK Sesi 1: Menjangkau Anak-anak PELAYANAN ANAK Sesi 1: Menjangkau Anak-anak PENDAHULUAN Allah tertarik pada anak-anak. Haruskah gereja berusaha untuk menjangkau anak-anak? Apakah Allah menyuruh kita bertanggung jawab terhadap anak-anak?

Lebih terperinci

Kehendak Allah dan pelayanan kita

Kehendak Allah dan pelayanan kita Iman Kristen 13 Kehendak Allah dan pelayanan kita Mangatas SM Manalu internist_kplaza@yahoo.com 0813 1592 4953 Kehendak Allah dan pelayanan kita Dan dunia ini sedang lenyap dengan segala keinginannya;

Lebih terperinci

ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL SEKOLAH DASAR KECAMATAN SELO TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL SEKOLAH DASAR KECAMATAN SELO TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013 ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL SEKOLAH DASAR KECAMATAN SELO TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013 Nama Sekolah : Nama Siswa : Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen Hari, tanggal : No. Absen : Kelas : VI (enam)

Lebih terperinci

Ketekunan dalam Menghadapi Ujian & Pencobaan Yak.1:1-11 Ev. Bakti Anugrah, M.A.

Ketekunan dalam Menghadapi Ujian & Pencobaan Yak.1:1-11 Ev. Bakti Anugrah, M.A. Ketekunan dalam Menghadapi Ujian & Pencobaan Yak.1:1-11 Ev. Bakti Anugrah, M.A. Yakobus yang menuliskan kitab ini adalah saudara Tuhan Yesus, bukan rasul Yakobus. Yakobus juga adalah saudara Yudas, penulis

Lebih terperinci

Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya?

Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya? Apakah Allah Akan Mengatakan Kepadaku Apa yang Harus Kulakukan Selanjutnya?... saya belum yakin akan rencana-nya bagiku. Tentu saja saudara telah menerima Kristus sebagai Juruselamat saudara. Dan sekarang

Lebih terperinci

Iman Kristen 9. hidup kita. Penderitaan. Mangatas SM Manalu

Iman Kristen 9. hidup kita. Penderitaan. Mangatas SM Manalu Iman Kristen 9 Penderitaan hidup kita Mangatas SM Manalu internist_kplaza@yahoo.com 0813 1592 4953 Mazmur 34:20 Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu; Penderitaan

Lebih terperinci

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Mengikuti Teladan Kristus Memperkembangkan Karunia Saudara

Dalam pelajaran ini saudara akan mempelajari... Mengikuti Teladan Kristus Memperkembangkan Karunia Saudara Menjadi Pekerja Kim bersukacita. Dia telah menemukan bahwa dia dapat menjadi pekerja Tuhan. Pada waktu ia mempelajari Alkitab, dan meluangkan waktu untuk berdoa dan mencari Tuhan, Roh Kudus menunjukkan

Lebih terperinci

dan Kuasa Kebangkitan-Nya

dan Kuasa Kebangkitan-Nya Aplikasi Iman Kristen 24 Kuasa Kematian Yesus Kristus dan Kuasa Kebangkitan-Nya Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Matius 27:50-53 53 50 Yesus berseru pula dengan suara nyaring

Lebih terperinci

Iman Kristen 3. prinsip Doa Pribadi. Prinsip-prinsip. Mangatas SM Manalu

Iman Kristen 3. prinsip Doa Pribadi. Prinsip-prinsip. Mangatas SM Manalu Iman Kristen 3 Prinsip-prinsip prinsip Doa Pribadi Mangatas SM Manalu internist_kplaza@yahoo.com 0813 1592 4953 Markus 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu; apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah

Lebih terperinci

oleh Gereja Iuhan Apayang Dilakukan untuk Allah

oleh Gereja Iuhan Apayang Dilakukan untuk Allah Apayang Dilakukan oleh Gereja Iuhan untuk Allah Dalam pelajaran 6, kita telah belajar bagaimana orang Kristen saling menolong dalam tubuh Kristus. Dalam Pelajaran 7, kita melihat beberapa kewajiban kita

Lebih terperinci

KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS HIDUP BARU PENDALAMAN ALKITAB POS PI AMANAT AGUNG

KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS HIDUP BARU PENDALAMAN ALKITAB POS PI AMANAT AGUNG KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS HIDUP BARU PENDALAMAN ALKITAB POS PI AMANAT AGUNG Hidup baru adalah murni tindakan Allah. Semua orang Kristen pasti melalui tahap ini. I. Definisi Hidup Baru.

Lebih terperinci

PANGGILAN MENJADI GEMBALA

PANGGILAN MENJADI GEMBALA pelayanan PASTORAL PANGGILAN MENJADI GEMBALA DASAR ALKITAB Efesus 4:11-16 - Yesus Kristus yang memilih dan menetapkan tugas pelayanan bagi para gembala. 1 Petrus 5:1-5 - Tugas para Gembala memelihara domba.

Lebih terperinci

Pola Tuhan Bagi Para Pekerja

Pola Tuhan Bagi Para Pekerja Pola Tuhan Bagi Para Pekerja Kim mempelajari alasan-alasan bagi perkumpulan orang percaya dalam gereja yang mula-mula. Ia melihat adanya bermacam-macam keperluan yang mempersatukan mereka - keperluan akan

Lebih terperinci

Berkat dan Kemakmuran (Blessing

Berkat dan Kemakmuran (Blessing Aplikasi Iman Kristen 2 Berkat dan Kemakmuran (Blessing and Prosperity) Hanya itukah tujuan kita menjadi pengikut Yesus? Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Maleakhi 3:10 Bawalah

Lebih terperinci

Aplikasi Iman Kristen 20. Mangatas SM Manalu

Aplikasi Iman Kristen 20. Mangatas SM Manalu Aplikasi Iman Kristen 20 Iman Kristen dan Pekerjaan kita Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Yohanes 6:27 Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk

Lebih terperinci

Pdt. Gerry CJ Takaria

Pdt. Gerry CJ Takaria Defenisi Gereja menurut Alkitab Di terjemahkan dari bahasa Yunani ekklesia, yang berarti dipanggil keluar. Ungkapan ini pada umumnya digunakan untuk orang yang mengadakan pertemuan apa saja. Di Perjanjian

Lebih terperinci

1 1-2 Kepada yang kekasih saudara-saudari saya seiman yang tinggal di kota

1 1-2 Kepada yang kekasih saudara-saudari saya seiman yang tinggal di kota Surat Paulus kepada jemaat Kolose 1 1-2 Kepada yang kekasih saudara-saudari saya seiman yang tinggal di kota Kolose yaitu kalian yang sudah disucikan oleh Allah karena bersatu dengan Kristus Yesus dan

Lebih terperinci

RENUNGAN KITAB 1Tesalonika Oleh: Pdt. Yabes Order

RENUNGAN KITAB 1Tesalonika Oleh: Pdt. Yabes Order RENUNGAN KITAB 1Tesalonika Oleh: Pdt. Yabes Order Bacaan Alkitab hari ini: 1Tesalonika 1 HARI 1 MENJADI TELADAN Mengingat waktu pelayanan Rasul Paulus di Tesalonika amat singkat, mungkin kita heran saat

Lebih terperinci

DOA. Prinsip: Doa dimulai dengan hubungan kita dengan Tuhan.

DOA. Prinsip: Doa dimulai dengan hubungan kita dengan Tuhan. DOA Pengantar Apakah Anda pernah kagum akan sesuatu yang dikatakan oleh seorang anak kecil? Mungkin caranya menerangkan bagaimana cara kerja sebuah mainan. Atau mungkin ia menceriterakan tentang suatu

Lebih terperinci

2

2 Pk. 17.00 WIB 2 3 4 5 6 7 8 9 PELAYANAN BAPTISAN KUDUS DEWASA, BAPTIS ANAK, PENGAKUAN PERCAYA (SIDI), PENERIMAAN ANGGOTA & PEMBARUAN PENGAKUAN PERCAYA PENGANTAR PF : Dalam kebaktian hari ini akan dilayankan

Lebih terperinci

Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus

Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus Pelayanan Mengajar Bersifat Khusus Dalam pelajaran dua kita melihat pentingnya mengajar, baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru. Sejarah pengajaran dalam Alkitab merupakan pedoman bagi

Lebih terperinci

Kehidupan Yang Dipenuhi Roh

Kehidupan Yang Dipenuhi Roh Kehidupan Yang Dipenuhi Roh Hidup yang dipenuhi Roh hendaknya menjadi tujuan setiap orang percaya. Dipenuhi dengan Roh Allah merupakan langkah berikutnya atau kemajuan yang harus terjadi dalam pengalaman

Lebih terperinci

Saudara Membutuhkan Berita

Saudara Membutuhkan Berita Saudara Membutuhkan Berita Setiap tahun orang memilih beberapa macam benih untuk ditanam di kebun mereka. Kalau mereka ingin menanam boncis, mereka menanam benih boncis. Akan tetapi tukang kebun tidak

Lebih terperinci

Roh Kudus. Penolong dan Penghibur HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Roh Kudus. Penolong dan Penghibur HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS Roh Kudus Penolong dan Penghibur GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150, 65304151

Lebih terperinci

Pertumbuhan Iman Kristen 4. Mangatas SM Manalu

Pertumbuhan Iman Kristen 4. Mangatas SM Manalu Pertumbuhan Iman Kristen 4 Waktu adalah milik Allah Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Pengkhotbah 3:1,11 1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun yang ada di bawah langit

Lebih terperinci

Perlombaan iman menuju Kemuliaan Kristus

Perlombaan iman menuju Kemuliaan Kristus Pertumbuhan Iman Kristen 13 Perlombaan iman menuju Kemuliaan Kristus Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Yohanes 17:24 Ya Bapa, Aku mau supaya, dimanapun Aku berada, mereka juga

Lebih terperinci

Para Pekerja Saling Memerlukan

Para Pekerja Saling Memerlukan Para Pekerja Saling Memerlukan Kim masih terus mengajar kelasnya yang terdiri dari anak laki-laki. Dia telah memperkembangkan karunianya untuk mengajar dengan jalan memakai karunia itu. Pada suatu hari

Lebih terperinci

BAB 6 PETUNJUK-PETUNJUK NABI

BAB 6 PETUNJUK-PETUNJUK NABI BAB 6 PETUNJUK-PETUNJUK NABI ALKITAB MENCATAT JENIS PEKABARAN PARA NABI DALAM BEBERAPA BENTUK, SEPERTI: NUBUATAN : Melukiskan kemampuan ALLAH untuk menembus masa depan, yang tidak dapat ditiru manusia

Lebih terperinci

Hidup dalam Kasih Karunia Allah 2Kor.6:1-10 Pdt. Tumpal Hutahaean

Hidup dalam Kasih Karunia Allah 2Kor.6:1-10 Pdt. Tumpal Hutahaean Hidup dalam Kasih Karunia Allah 2Kor.6:1-10 Pdt. Tumpal Hutahaean Dalam hidup ini mungkinkah kita sebagai anak-anak Tuhan memiliki kebanggaan-kebanggaan yang tidak bernilai kekal? Mungkinkah orang Kristen

Lebih terperinci

Alkitab. Persiapan untuk Penelaahan

Alkitab. Persiapan untuk Penelaahan Persiapan untuk Penelaahan Alkitab Sekarang setelah kita membicarakan alasan-alasan untuk penelaahan Alkitab dan dengan singkat menguraikan tentang Alkitab, kita perlu membicarakan bagaimana menelaah Alkitab.

Lebih terperinci

Pertanyaan Alkitab (24-26)

Pertanyaan Alkitab (24-26) Pertanyaan Alkitab (24-26) Bagaimanakah orang Kristen Bisa Menentukan Dia Tidak Jatuh Dari Iman/Berpaling Dari Tuhan? Menurut Alkitab seorang Kristen bisa jatuh dari kasih karunia, imannya bisa hilang.

Lebih terperinci

Pembaptisan Air. Pengenalan

Pembaptisan Air. Pengenalan Pembaptisan Air Pengenalan Penting sekali bagi kita membaca Alkitab dan mempelajari apa yang Tuhan katakan kepada umatnya. Saya percaya kita perlu meneliti Kitab Suci secara menyeluruh untuk mengetahui

Lebih terperinci

Pernikahan Kristen Sejati (2/6)

Pernikahan Kristen Sejati (2/6) Pernikahan Kristen Sejati (2/6) Nama Kursus   : Pernikahan Kristen yang Sejati Nama Pelajaran : Memilih Pasangan Kode Pelajaran : PKS-P02                    Pelajaran 02 - MEMILIH

Lebih terperinci

PELAYANAN GEREJA TUHAN

PELAYANAN GEREJA TUHAN PELAYANAN GEREJA TUHAN CATATAN SISWA No. Tanggal Kirim Tulislah dengan huruf cetak yang jelas! Nama Saudara............................ Alamat. Kota,. Propinsi. Umur....... Laki-laki/perempuan............

Lebih terperinci

Aplikasi Iman Kristen 8. Dosa Lidah. Mangatas SM Manalu

Aplikasi Iman Kristen 8. Dosa Lidah. Mangatas SM Manalu Aplikasi Iman Kristen 8 Dosa Lidah Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Amsal 21:23 Siapa memelihara mulut dan lidahnya memelihara diri dari kesukaran Yakobus 3:5,6 5 Demikian juga

Lebih terperinci

BUKU 2 PERSEKUTUAN DENGAN KRISTUS

BUKU 2 PERSEKUTUAN DENGAN KRISTUS BUKU 2 PERSEKUTUAN DENGAN KRISTUS UNTUK MENOLONG ANDA MEMAHAMI Tahukah anda bahwa anda memiliki seorang pembimbing pribadi yang berada disisi anda selagi anda memahami Alkitab? Dia selalu bersedia menolong

Lebih terperinci

BUKU 2 PERSEKUTUAN DENGAN KRISTUS

BUKU 2 PERSEKUTUAN DENGAN KRISTUS BUKU 2 PERSEKUTUAN DENGAN KRISTUS UNTUK MENOLONG ANDA MEMAHAMI Tahukah anda bahwa anda memiliki seorang pembimbing pribadi yang berada disisi anda selagi anda memahami Alkitab? Dia selalu bersedia menolong

Lebih terperinci

Dengarkan Allah Bila Saudara Berdoa

Dengarkan Allah Bila Saudara Berdoa Dengarkan Allah Bila Saudara Berdoa!II Allah Ingin Berbicara dengan Saudara *I Bagaimana Allah Berbicara dengan Saudara li Bagaimana Mendengar Allah Berbicara III Bertindak Menurut Apa yang Dikatakan Allah

Lebih terperinci

APAKAH SAUDARA INGIN BERTUMBUH?

APAKAH SAUDARA INGIN BERTUMBUH? APAKAH SAUDARA INGIN BERTUMBUH? Dalam Pelajaran Ini Saudara Akan Mempelajari Setiap Hari Beri Makan Jiwa Saudara Bernaung Dalam Tuhan Hindari Penyakit: Jagalah Kebersihan Hindari Penyakit: Jangan Meracuni

Lebih terperinci

Bagaimana menjadi seorang Kristen

Bagaimana menjadi seorang Kristen Bagaimana menjadi seorang Kristen Ungkapan "Kristen Perjanjian Baru" hanya berarti melakukan hal-hal sebagai Perjanjian Baru menjelaskan. Tuhan memiliki "pola kata suara" untuk iman Kristen dan kita harus

Lebih terperinci

Bacalah Seluruh Alkitab!

Bacalah Seluruh Alkitab! Bacalah Seluruh Alkitab! Jadwal Pembacaan Seluruh Alkitab Selama 18 Bulan Sastra Hidup Indonesia Edisi Ketiga 2011 Copyright: Penerbit: Gemeinde-liest-Bibel (www.gemeinde-liest-bibel.de); Helmi Berkah

Lebih terperinci

Alasan untuk Mempelajari Alkitab

Alasan untuk Mempelajari Alkitab Alkitab mengatakan: Alasan untuk Mempelajari Alkitab Jikalau... telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian, ya, jikalau engkau berseru kepada pengertian, dan menujukan

Lebih terperinci

Saudara Tidak Membutuhkan Meja Tulis

Saudara Tidak Membutuhkan Meja Tulis Saudara Tidak Membutuhkan Meja Tulis Bila kita percaya kepada Yesus sebagai Juruselamat, kita menerima kesukaan yang besar. Ingatkah saudara ketika ini terjadi dalam hidup saudara? Saudara segera mau menceritakannya

Lebih terperinci

Membangun Dalam Masyarakat

Membangun Dalam Masyarakat Membangun Dalam Masyarakat Seorang yang mele- Dua orang sedang menggali lubang. wati tempat itu bertanya, "Anda sedang berbuat apa dengan sekop itu?" "Ah, saya hanya menggali lubang ini." Kemudian ia bertanya

Lebih terperinci

Basuh Kaki. Mendapat Bagian dalam Tuhan HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Basuh Kaki. Mendapat Bagian dalam Tuhan HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS Basuh Kaki Mendapat Bagian dalam Tuhan GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150,

Lebih terperinci

KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS JAMINAN KEKAL PERSEKUTUAN PENDALAMAN ALKITAB

KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS JAMINAN KEKAL PERSEKUTUAN PENDALAMAN ALKITAB KEPASTIAN KESELAMATAN DALAM YESUS KRISTUS JAMINAN KEKAL PERSEKUTUAN PENDALAMAN ALKITAB Materi yang sebelumnya kita telah mendalami mengenai penyelamatan sempurna yang dilakukan Tuhan Yesus bagi kita dan

Lebih terperinci

Apakah bahasa roh boleh dipakai dalam acara doa bersama? Apa artinya bahasa roh adalah tanda untuk orang yang tidak beriman (lih. 1Kor 14:22)?

Apakah bahasa roh boleh dipakai dalam acara doa bersama? Apa artinya bahasa roh adalah tanda untuk orang yang tidak beriman (lih. 1Kor 14:22)? PENDAHULUAN Artikel ini bermaksud menyoroti dua pertanyaan tentang karunia bahasa roh yang sempat menghebohkan. Kenapa menghebohkan? Karena dua pertanyaan itu sempat menimbulkan keraguan beberapa pihak

Lebih terperinci

SAKRAMEN BAPTISAN KUDUS DALAM GEREJA REFORMED

SAKRAMEN BAPTISAN KUDUS DALAM GEREJA REFORMED SAKRAMEN BAPTISAN KUDUS DALAM GEREJA REFORMED Di dalam Pengakuan Iman Westminster, BAB XXVIII, point 1-4, mengenai Baptisan, disebutkan sebagai berikut: 1. Baptisan merupakan suatu sakramen Perjanjian

Lebih terperinci

MEMPERBAHARUI PIKIRAN (AKAL BUDI)

MEMPERBAHARUI PIKIRAN (AKAL BUDI) Level 2 Pelajaran 3 MEMPERBAHARUI PIKIRAN (AKAL BUDI) Oleh Don Krow Hari ini kita akan bicara mengenai memperbaharui pikiran (akal budi). Saya ingin bacakan 2 ayat. Yang pertama dari Filipi 4:8. Ayat itu

Lebih terperinci

Bagaimana Saya Menjadi Sebagian dari Gereja Tuhan

Bagaimana Saya Menjadi Sebagian dari Gereja Tuhan Bagaimana Saya Menjadi Sebagian dari Gereja Tuhan Kita telah banyak mempelajari masa lampau gereja Tuhan. Kita telah melihat bagaimana Allah mengerjakan rencananya. Kita juga telah mempelajari arti kata

Lebih terperinci

Santo Yohanes Rasul adalah orang yang sejak semula boleh mengalami kasih Yesus secara istimewa.

Santo Yohanes Rasul adalah orang yang sejak semula boleh mengalami kasih Yesus secara istimewa. 1. Allah, Sumber Segala Kasih Santo Yohanes Rasul adalah orang yang sejak semula boleh mengalami kasih Yesus secara istimewa. Pada perjamuan malam ia boleh duduk dekat Yesus dan bersandar dekat dengan

Lebih terperinci

no mate galitõ da õ. Suatu ungkapan yang hendak mengatakan bahwa tidak

no mate galitõ da õ. Suatu ungkapan yang hendak mengatakan bahwa tidak STRATEGI PENYAJIAN MATERI PA PADA SEKOLA WANGANDRŐ BNKP CONTOH PENERAPAN NATS : LUKAS 7:36-50 Oleh : Dr. Etiknius Harefa, MTh,MPd.K =========================================== A. Pengantar Pelaksanaan

Lebih terperinci

Gereja. Tubuh Kristus HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Gereja. Tubuh Kristus HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS Gereja Tubuh Kristus GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150, 65304151 Faks.

Lebih terperinci

Ikutilah Yesus! Kehidupan Orang Kristen yang Sejati. Bagian. Sastra Hidup Indonesia

Ikutilah Yesus! Kehidupan Orang Kristen yang Sejati. Bagian. Sastra Hidup Indonesia Pertanyaan-pertanyaan Pelajaran Ikutilah Yesus! Sastra Hidup Indonesia Bagian 3 Kehidupan Orang Kristen yang Sejati Edisi yang Pertama 2013 (C01) Penerbit: Editor: Sastra Hidup Indonesia, http://www.sastra-hidup.net

Lebih terperinci

Alkitab menyatakan Allah yang menaruh perhatian atas keselamatan manusia. Anggota Keallahan bersatu dalam upaya membawa kembali manusia ke dalam

Alkitab menyatakan Allah yang menaruh perhatian atas keselamatan manusia. Anggota Keallahan bersatu dalam upaya membawa kembali manusia ke dalam Alkitab menyatakan Allah yang menaruh perhatian atas keselamatan manusia. Anggota Keallahan bersatu dalam upaya membawa kembali manusia ke dalam persatuan dengan Pencipta mereka. Yesus meninggikan kasih

Lebih terperinci

Bagaimana Berjalan Dalam Roh Bagian ke-3

Bagaimana Berjalan Dalam Roh Bagian ke-3 Bagaimana Berjalan Dalam Roh Bagian ke-3 Pengantar Dalam dua bagian pertama pelajaran ini, kita telah belajar pentingnya menerima Roh Kudus, membaca Alkitab, dan berkembang di mana kita ditanamkan. Dalam

Lebih terperinci

PENGENALAN AKAN ROH KUDUS

PENGENALAN AKAN ROH KUDUS Sebagai orang yang sudah percaya harus mengetahui kebenaran tentang siapakah Roh Kudus itu maupun pekerjaannya. 1. Jelaskan bagaimanakah caranya supaya kita dapat menerima Roh Kudus? - Efesus 1 : 13-14

Lebih terperinci

Setiap Orang Bisa Menjadi Pengajar

Setiap Orang Bisa Menjadi Pengajar Setiap Orang Bisa Menjadi Pengajar Beberapa berkat yang terbesar dalam hidup ini datang kepada orang Kristen yang mengajar. Ketika saudara melihat sukacita yang dialami seseorang karena menerima Yesus

Lebih terperinci

Penderitaan untuk menuju Kemuliaan dalam Kristus

Penderitaan untuk menuju Kemuliaan dalam Kristus Pertumbuhan Iman Kristen 11 Penderitaan untuk menuju Kemuliaan dalam Kristus Mangatas SM Manalu olehkasihnya@yahoo.co.id 0813 1592 4953 Matius 10:38; 16:24 38 Barang siapa tidak memikul salibnya dan mengikut

Lebih terperinci

Perintah Tuhan Yesus :

Perintah Tuhan Yesus : Iman Kristen 12 Perintah Tuhan Yesus : Beritakanlah Injil Mangatas SM Manalu internist_kplaza@yahoo.com 0813 1592 4953 Markus 16:15,16 15 Lalu Ia berkata kepada mereka: Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah

Lebih terperinci

DIPENUHI & DIBAPTIS DENGAN ROH KUDUS

DIPENUHI & DIBAPTIS DENGAN ROH KUDUS MAKALAH 2 DIPENUHI & DIBAPTIS DENGAN ROH KUDUS Oleh Herlianto herlianto@yabina.org (Depok, Indonesia) ( Ya y a s a n b in a a w a m ) *) Makalah ini disampaikan dalam rangka Seminar Pneumatologi yang diselenggarakan

Lebih terperinci