Gus, lesu banget mukanya, mana berita? redakturku mulai berkicau meminta berita

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Gus, lesu banget mukanya, mana berita? redakturku mulai berkicau meminta berita"

Transkripsi

1 1 Fajar di pagi ini serasa berbisik, menyuarakan semangat supaya aku menjadi wartawan berbobot. Tak lagi hanya bekerja demi uang, tak lagi hanya bekerja untuk ketenaran. Bekerja untuk diri sendiri, seperti fajar yang memberikan cahaya pada manusia untuk kelangsungan dunia, kelangsungan hidupnya sendiri. Segelas teh hijau sudah ada disamping tempat tidurku. Masih memandangi fajar dibalik jendela, aku melamun jauh memikirkan bagaimana aku akan menjalani hari hariku yang baru sebagai wartawan. Bukan bersemangat tapi sedikit lesu, karena aku tahu hari-hari akan mulai berjalan cepat, tanpa tenggat waktu. Ku paksa tubuh untuk turun dari ranjang, mengambil handuk dan masuk ke kamar mandi, pagi ini fajar tak memberiku semangat yang menggebu. Entah apa penyebabnya! Pun tak ada semangat saat kumasuki ruang kantor, tak ada yang dapat kuajak bicara, semuanya sibuk. Aku pandangi kawan-kawan satu persatu, otak mulai meracau, menganalisis dan mengambil kesimpulan, bawa dalam 24 jam kehidupan, para pria mampu menggunakan 22 jam untuk bekerja dan 2 jam untuk tidur, tapi aku hanya bisa menggunakan maksimal 12 jam saja untuk bekerja, sisanya beristirahat dengan tenang. Tapi dalam hal berita, aku tak kalah jauh dari mereka. Hanya saja apa yang kutulis selalu melenceng dari pemikiran dan keinginan mereka. Tak pernah bisa membuat berita yang menguntungkan kantor? Ya, selalu tidak bisa membuat berita yang menghibur pembaca? Ya. Aku hanya bisa menulis apa yang kulihat dan kudengar tanpa menambah secuilpun kata. Salah, itu kata mereka. Berita harus menghibur juga. Artinya sedikit menambah fakta demi menghibur pembaca itu diperbolehkan. Katanya harus membuat berita yang berkualitas, katanya tulisanku tak berbobot? Ya kucoba lebih berbobot, tapi hasilnya? entahlah Tapi aku masih juga ditempatkan di desk pemerintah. Kenapa dengan kemampuanku yang rendah, aku masih saja dipertahankan? Apalagi sebagai wanita aku kerap keberatan dengan liputan tengah malam? Apa gunanya aku disini?

2 Aku pulang ke kantor dengan hati muram. Kenapa? Karena berita yang ada hanya itu-itu saja. Rapat-rapat komisi untuk menentukan anggaran yang keluar masuk? Apa hubungannya denganku? Kurasa rakyatpun tak mau tau, lebih baik menonton Syahrini dengan jambulnya atau Norman Kamaru dengan lagu caiya-caiya nya. Gus, lesu banget mukanya, mana berita? redakturku mulai berkicau meminta berita Iya ada timpalku sekenanya Oh, iya kau liputan khusus ya. Dekati pejabat ini, lalu pejabat itu. Jangan lupa bikin janji sama pejabat yang itu, terus datang kerumah pejabat ini ya? Bikin liputan apa? Ribet amat, mesti ke rumah pejabat segala? Ya, tentang program-program mereka. Lumayan buat tambah-tambah upahmu Upah? Apa maksudnya? Ah entahlah mungkin itu dana kampanye yang diperuntukkan bagi wartawan. Ahh bonus donk. Baru memikirkannya saja, semangatku membuncah. Ku tarik sepeda motor yang ada diparkiran, laju nya ku percepat menjadi 100 km/jam. Hujanpun tak menyurutkan langkahku melakukan liputan khusus. Sebenarnya, aku tak pernah tahu, apa itu liputan khusus. Bagaimana sistem penulisan ataupun fungsinya bagi pembaca. Yang kutahu, bonus menanti didepan mata. Jurnalis kan juga manusia, butuh uang saku. Walikota adalah pejabat yang pertama kudatangi. Jika dikira-kira rumahnya 5 kali lebih besar dari luas rumahku yang berdiri diatas 9 tombak tanah. Gerbangnya terbuat dari besi yang menjulang tinggi, sekitar 4 meter. Lalu ada pos satpam juga, berisi 3 orang. Dari luar, rumah itu tampak seperti rumah hantu, tak ada suara tak ada tanda-tanda kehidupan. Prediksiku, si satpam tengah tertidur pulas. Dari luar pagar, aku bisa melihat pohon-pohon mahoni yang sengaja ditanam agar udara lebh sejuk, lalu ada juga taman kecil yang ditumbuhi rumput jepang berjejer rapih. Turun dari motor, kupencet bel pagar. Tak ada yang membukakan gerbang. Kupencet lagi hingga tiga kali tak jua ada tanda tanda manusia. Aku ketok ketok gembok pagar itu, kuhantam keras-keras pada engselnya. Terdengar derap langkah kaki. Ah akhirnya si satpam membukakan pintu

3 Maaf belnya rusak. Ada perlu apa ya mba? Saya Agus dari harian Parahyangan Post. Saya ada perlu wawancara dengan Walikota. Bapanya ada ditempat? Maaf sudah bikin janji? Belum Kalau begitu, maaf anda tidak boleh masuk. Harus bikin janji dulu mba. Lagipula pa Walkotnya sedang tidak ada di rumah tuh, paling baru pulang tengah malam nanti, ada rapat penyusunan anggaran Kalau menunggu sampai tengah malam, boleh pa? Maaf mba harus bikin janji dulu Tapi kantor saya katanya sudah bikin janji dengan pa Walkot Kalau begitu tunggu sebentar, saya konfirmasi dulu ke pa Walkotnya Si satpam yang berbaju dinas hubung-hubungan itu terlihat berbicara dengan seseorang melalui walkie talkienya. Ini sudah pukul 3 sore, cuaca juga sedang mendung, gelap. Sebentar lagi pasti gerimis, aku butuh berteduh aku butuh masuk ke rumah itu. Baik mba, kata pa Walkot silahkan menunggu di ruang tunggu Pintu gerbangpun dibuka. Pemandangan yang pertama kulihat adalah satu mobil Terrios hitam, satu sedan klasik merah dan satu mobil keluarga bermerek APV. Itu halamannya, tempat parkirnya? Aku tak tahu. Dari pintu gerbang kami pun menuju rumah, tak terlalu jauh, sederhana tapi mewah. Aku tak diperkenankan lewat pintu depan. Katanya harus lewat pintu belakang, yang langsung mengarah ke ruang keluarga. Dan terpaksa aku masuk melewati garasi, oh ternyata masih ada 3 mobil didalam garasi, dan satu vespa yang teronggok di sudut ruangan. Untuk garasinya saja, dibutuhkan seluruh areal rumahku. Masih mencoba sadar, tak ternganga dengan pandangan didepanku, aku melangkah memasuki ruang keluarga, eits si satpam berteriak mencoba mencegahku masuk Mba, tolong sepatunya dilepas

4 Wahaha,,,aku tertawa sendiri, rupa-rupanya di rumah pejabat, sang tamu harus melepas sepatu, padahal si satpam sendiri masuk dengan menggunakan sepatu! Aku turuti saja apa maunya satpam, bukankah aku ini hanya orang biasa? Ruang keluarga itu mungkin berkuruan 4x8 m. Dengan meja lebih mirip meja makan dengan 6 kursi di sudut kiri, dan dua kursi santai disudut kanan, tergeletak catur diatasnya, pasti pa Walkot itu pintar strategi ya, mainannya saja catur. Aku belum dipersilahkan duduk, masih memandangi dinding yang dipenuhi lukisan pahlawan Sunda yang entah siapa, lalu lukisan Bandung tempo dulu, ada juga beberapa artikel yang terkait dengan Walkot. Simpel, sangat simple, tidak ada patung-patung artistik.

5 2 Mba, ini bu Dami, istrinya pa Walkot (hah? Kenapa bu Walkot? Aku kan kesini mau wawancara pa Walkot) Si satpam pun pergi meninggalkan aku yang tertegun sendiri harus memulai pembicaraan dengan topik apa. Sungguh sangat sederhana ibu yang satu ini. Hanya memakai daster yang kerap dipakai ibuku dirumah. Tapi dari balik kesederhanannya, terlihat memang dia bukan wanita biasa. Wajahnya mulus, putih, dan bermake up. Tak seperti ibuku yang hitam lebam karena terik matahari, juga bibir hitam yang tak pernah dipolesi. Kubayangkan ibuku seperti itu, pasti cantik luar biasa. Ahh wanita ini sungguh beruntung bersuamikan lelaki berpangkat. Silahkan neng, duduk aja, si akang belum pulang, baru nanti mungkin jam 10. Gapapa nunggu lama? Ga papa bu, sudah tugas saya menunggu narasumber Oh iya makan siang dulu atu neng, belum makan kan? Oh gapapa bu, saya tadi udah makan di kantor Ah jangan pura-pura, saya tahu ko kerjanya wartawan kaya apa, butuh banyak energi. Ayo kita makan sama-sama Ah tak kuasa perut ini menolak ajakan makan sang ibu Walkot. Kuturuti saja kemauannya, ku susuri ruang keluarga itu, ternyata masih ada ruang keluarga lain. Maksudnya, ruangan yang tadi aku tempati itu khusus untuk keluarga jauh, yaitu teman teman yang sudah dianggap keluarga, diruang keluarga yang tengah aku sambangi ini, adalah ruang keluarga yang khusus untuk keluarga, dan tidak terlalu luas. Lagi-lagi aku ternganga, melihat bagaimana kami akan makan. Bukan di meja makan seperti para pejabat di tivi-tivi, tapi lesehan dilantai beralaskan tikar. Disitu sudah ada nasi merah dengan tahu dan tampe goreng, ada juga gurame goreng, sambel, kangkung, lalapan dan makanan Sunda lainnya. Sungguh diluar dugaan, ku kira bu Walkot akan memesan atau sepotong pitza, ini sih lebih mirip di warung ampera.

6 Dan kamipun makan. Canggung, benar-benar canggung. Kami hanya berdua, sudah seperti anak dan ibu saja. Wajahnya selalu tersenyum saat melihatku, dan aku menimpalinya dengan senyuman tanpa perkataan. Neng dari koran apa? Parahyangan Post bu Oh yang mana ya? Saya ga pernah baca? Hee iya, memang bukan koran terkenal bu Oh udah lulus ato masih kuliah neng? Masih kuliah bu, semester3. Tapi ya gini sambil nyambi kerja Oh hebat atuh neng, ibumah malah ga lulus S1. Keburu kawin sama si akang Ya gapa bu, kan masih bisa belajar dari akangnya eh dari pa Walkot Eh..si eneng, da saya mah cuma bantu-bantu si akang aja, kalo ikut-ikut rapat mah ga ngerti saya teh Hee..iya kan bukan bidang ibu itu mah. Yang penting mendukung suami ya bu Ya mendukung juga atu neng, kudu nyata. Ari kaya saya mah gimana atuh ya, mau mendukung secara politis da ga ngerti. Cuma bisa kasih semangat aja ibu mah Kan dengan ibu membantu mempersiapkan barang-barang kerjaan bisa disebut dukungan juga Ya cuma beda neng. Istri-istri pejabat lain mah, bisa mendukung secara politis. Tau gak neng, kami- kami itu dituntut untuk tampil cantik, pintar, merakyat, nurut sama suami, tapi juga bisa ngurus rumah 100%. Kan susah Aku hanya mendengarkan. Bu walkot, meminum seteguk air putih, dan kembali bercerita Dengan tanggung jawab besar, kami para istri juga tidak bisa berleha-leha neng. Kami harus mengikuti kemajuan jaman, membuat agenda-agenda yang memasyarakat, biar dapat kesan positif. Padahal, mengurusi rumah dan

7 suamipun kami sudah lelah. Belum lagi anak, kan masih butuh banyak perhatian Ia berhenti makan, menyilangkan kaki dan memandang lukisan pa Walkot yang ada didepannya Kadang-kadang saya cape juga neng, mau curhat serba salah, kan lawan politiknya banyak. Takut-takut istri orang juga ember, jadi gak baik buat suami. Yah kaya ke eneng gini. Sebetulnya, saya gak boleh nih curhat gini sama eneng yang wartawan. Jangan dicatet ya neng Iya bu, dijamin cuma jadi cerita diantara kita kamipun tertawa, bu Walkot meneruskan unek-uneknya Saya suka takut sama wartawan. Ngomong ini, diberitainya itu. Pokonya dibalik-balikin gitu. Kan jadi serba salah, dijauhin salah, terlalu deket juga ga baik. Makanya saya juga ga percaya sama eneng, Cuma ya coba dipercayapercayain deh. Saya itu, suka ikut kesana-kemari nemenin si akang, jadi tau mana yang bener-bener kawan mana yang lawan. Kalo udah tahu gitu teh, saya coba jaga jarak sama istri-istrinya, takut ngorek-ngorek info dari saya Ibu takut rahasia ibu dan bapa terbongkar? Kami gak punya rahasia neng, tapi kami punya sesuatu yang berharga yang harus dilindungi. Makanya harus jaga-jaga omongan, takutnya kita kehilangan semua yang berharga Masih mendengarkan cerita, nampaknya perutku masih ingin djejali nasi merah. Aku tambah satu piring lagi. Sepertinya bu Walkot, tak terlalu mempedulikan cara makanku Kalo ada kegiatan teh neng, kita para istri harus bisa menyesuaikan diri. Kadangan sulit, tapi da harus, daripada image bapa turun, mending hati dipaksa-paksa we biar bisa adaptasi. Belum lagi kegiatan ini itu, ibu-ibunya pada gaul semua neng, susah diikutin Ya memang konsekuensi orang penting bu, harus ngikutin kemauan rakyat Ya kan tapi neng kita juga cuma wanita biasa. Ah ibu mah kalo boleh milih mending jadi ibu-ibu biasa yang ngurus anak-anak di rumah. Belum lagi kalo banyak kegiatan pasti banyak pengeluaran, itu yang ibu gak suka. Bukannya belajar hemat malah abur-aburan

8 Kalo eneng ada diposisi saya, eneng mau gimana? Sederhana bisa mengurangi image bapa dimata kawan-kawan politik, ngikutik kehidupan juga bikin hati gak tenang, bikin istirahat gak teratur Kalo saya sih, mencoba untuk berada di tengah lingkaran itu, jangan terlalu masuk jangan terlalu jauh juga dari mereka. Biasa biasa aja bu. Jangan terlalu melibatkan diri Semua akan berubah, kalo kita sudah memikul tanggung jawab. Kita para istri memang berperan sebagai hiasan saja, cuma pemanis buat para suami. Harus cantik, biar ga nurunin image suami, kalo prestasi gak jadi soal, bodo juga gak papa, yang penting gaul dan narsis..hehehe Bu Walkot mengulun senyum, Ada beberapa kegiatan juga sih, yang diakui eksistensinya. Tapi gak cukup buat membuktikan, bahwa kami para istri itu ada. Bukan hanya sebagai pemanis tapi juga pejuang. Makanya neng, jangan liput korupsi dan rapat-rapat anggaran aja. Kami juga butuh diliput Oh..hahaha..ya nanti saya coba bu. Eksistensi wanita dalam ritme pemerintahan. Gitu kan bu? Iya tapi yang jelek-jelek jangan di tulis neng! Aku hanya tersenyum kecil, tak bisa memberikan janji. Perut rasanya kenyang sudah, ah aku bersukur sementara diluar hujan lebat disertai angin besar, aku malah terlindung dengan pelayanan bu Walkot yang ekstra large. Ya mudah-mudahan ini bukan jaminan agar aku tak menuliskan sesuatu yang membuatnya terancam. Bu Walkot mengajakku duduk di sofa keluarga. Di ruang yang lebar itu, kami hanya duduk berdua, jam sudah menunjukan pukul 5 sore dan aku belum menulis satu beritapun. Duduk di sofa yang lembut plus makanan penuh di perut membuatku ngantuk. Neng nagantuk? Tidur aja dulu diruang tamu, atau mau nonton tv aja? Tidur itu tidak mungkin, guys aku kesini untuk mencari berita bukan menjadi tamu penting sehari dirumah Walikota Nonton tv aja bu

9 Tv dinyalakan, kamipun nonton bersama. Bukan drama korea kesukaanku yang diputar, tapi tv-tv lokal yang menyiarkan berita suaminya yang diputar. Tuh neng si akang mah, udah cape te ditanya-tanya we terus Ya bu, mau gimana lagi, kan kami juga butuh pernyataan bapa untuk meyakinkan masyarakat kalau bapa kerjanya bener timpalku sambil merenges, takut-takut salah kata Iya juga ya neng. Oh iya neng, saya punya gelang dari ibu-ibu PKK di Kampung Alit. Bagus pisan teh, asli ini mah, kalo beli di toko mah gak ada, da mahal pisan, di export cenah mah ke luar negri Oh ga usah bu, ngerepotin aja Ga papa neng, saya punya banyak ko. Kan sayang kalo cuma jadi pajangan aja, yah-yah mau? bentar ya ibu ambil dulu dikamar Belum sempat aku menolak, bu Walkot sudah pergi begitu saja. Nampaknya ia memang ingin memberikan cendera mata untukku. Nih neng, ada empat sok pilih aja yang neng suka Ada dua gelang dan 2 pasang anting, terbuat dari permata asli. Ada yang berwarna hitam ada perak juga putih mengkilat. Jujur untuk wanita tomboi sepertiku, semua barang itu tak menarik. Tapi mendengar harganya, aku hanya bisa menelan ludah dan tak mau membuang kesempatan. Bu Walkot bahkan mencoba memakaikannya di telinga dan lenganku Neng, yang warna perak bagus buat eneng, keliatan elegan gitu. Kan eneng pinter jadi harus keliatan mewah biar tambah pinter dan cantik Ah ibu bisa aja, saya lebih suka yang putih bu. Sederhana tapi mewah (padahal aku memilih yang putih, agar mudah dijual ke toko perhiasan, masalah warna kan bisa di tambal) Oh ya udah atu neng, sok ambil aja yang eneng mau. Oh iya, ibu juga punya gaun bagus. Mau neng? Tawaran yang menggiurkan, tapi ini sudah keterlaluan, bukan tapi ini menakutkan. Bu Walkot masih saja merengek, memintaku memakai gaungaunnya. Kuturuti saja apa maunya!

10 Tuh kan neng, si eneng meni cantik, jangan pake jeans wae atu neng, tah pake gaun Dan aku hanya tersenyum. Tet-tet-tet-tet, tiba tiba hp-ku berdering, panggilan dari redaktur, ku angkat telepon Hei Gus, dimana kamu? Belum ketemu pa Walkot kan? Udah tinggal aja dulu, ke kantor dulu ya, ada investor dari Amerika, pengen liat karyawan kita katanya, buruan kesini, nanti balik lagi ke rumah pa Walkot siap Ah akhirnya aku punya senjata untuk melarikan diri dari semua kemewahan yang diberikan bu Walkot. Bu saya ada berita mendadak, saya harus pergi dulu, mungkin nanti saya kembali lagi Loh kok mendadak gitu sih neng? Ya gitulah kerjaan wartawan bu, ada berita mendadak ya harus siap Tapi neng, belum makan brownies buatan ibu Itu bisa nanti malam bu, saya akan kembali kesini ko Dan aku pun mengundurkan diri

(karna bersepeda keliling komplek sampe 127 kali dari yang pagi pun menjadi sore)

(karna bersepeda keliling komplek sampe 127 kali dari yang pagi pun menjadi sore) Preeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttt!!! Seperti biasa alarm gue bunyi maksud bangunin gue dari mimpi gue barusan yang bertemakan pernikahan kuda Nill. Alarm sih bunyi tepat pukul 6 pagi. Tapi mohon maaf lahir

Lebih terperinci

Sang Pangeran. Kinanti 1

Sang Pangeran. Kinanti 1 Sang Pangeran Langkah Rara terhenti mendengar percakapan dari ruang tamu. Suara seseorang yang sangat dikenalnya. Suara tawa yang terdengar khas itu semakin memperkuat dugaannya, membuat jantung Rara berpacu

Lebih terperinci

ONE. Nggak, gue gak mau ikut. Sergah Tamara. Kenapa? Siapa tau lo disana nemuin jodoh. Iya bener, gue gak mau tau alasan lo

ONE. Nggak, gue gak mau ikut. Sergah Tamara. Kenapa? Siapa tau lo disana nemuin jodoh. Iya bener, gue gak mau tau alasan lo ONE Nggak, gue gak mau ikut. Sergah Tamara. Kenapa? Siapa tau lo disana nemuin jodoh lo, bujuk Vista. Iya bener, gue gak mau tau alasan lo kenapa, yang penting lo harus ikut ke party itu Ra balas Sherly.

Lebih terperinci

Untuk sebuah kehidupan singkat penuh ilusi serta latihan SGV, Ayesha Nadya Muna & Bintang jatuhku -Dimas Arif Firlando

Untuk sebuah kehidupan singkat penuh ilusi serta latihan SGV, Ayesha Nadya Muna & Bintang jatuhku -Dimas Arif Firlando Untuk sebuah kehidupan singkat penuh ilusi serta latihan SGV, Ayesha Nadya Muna & Bintang jatuhku -Dimas Arif Firlando Regrets and Revenge Apakah kamu masih pantas memintanya kembali setelah kamu menyuruhnya

Lebih terperinci

Bodoh Sekali. Oleh: Ga Hyun

Bodoh Sekali. Oleh: Ga Hyun Bodoh Sekali Oleh: Ga Hyun Saya bernama Min Yoo, saya bersekolah di Sekolah Matahari. Saya mempunyai teman dekat bernama So Eun. Saya suka bermain dengan anak laki-laki. Saya tidak suka makan terlalu banyak.

Lebih terperinci

Seru sekali lomba lari itu! Siapa yang lebih dulu tiba di lapangan, dialah yang menjadi pemenang...

Seru sekali lomba lari itu! Siapa yang lebih dulu tiba di lapangan, dialah yang menjadi pemenang... SODIS BOTOL AJAIB Seru sekali lomba lari itu! Mereka berlari sekencang-kencangnya untuk memenangkan perlombaan. 4 5 Pada suatu pagi di hari Minggu, Ani dan Ayah berjalan-jalan. Sesampai di dekat lapangan,

Lebih terperinci

pelajaran 9 energi tahukah kamu apa itu energi 119

pelajaran 9 energi tahukah kamu apa itu energi 119 pelajaran 9 energi benda yang bergerak butuh energi benda yang bunyi butuh energi benda yang bersinar butuh energi energi diperlukan dalam hidup tahukah kamu apa itu energi energi 119 energi menulis puisi

Lebih terperinci

Karena muka gue udah cukup terkenal se-taman Safari, Vida pun menyadari keadaan gue yang saat itu lagi ngupil pake sedotan.

Karena muka gue udah cukup terkenal se-taman Safari, Vida pun menyadari keadaan gue yang saat itu lagi ngupil pake sedotan. Maaf, Bal. Yang semua aku kasih itu buat kebaikan, bukan tentang harapan. Ucap seorang cewek dengan rambut hitam ikal panjang yang baru saja buat gue patah hati. Nggak semua kita tau tentang harapan. Ada

Lebih terperinci

KAWASAN TERTIB LALU LINTAS

KAWASAN TERTIB LALU LINTAS Selamat pagi,pertama tama perkenalkan nama saya charis,saya domisili surabaya,berumur 19 tahun.motivasi saya menulis karena gelisah melihat kondisi lalu lintas kita saat ini.melihat kondisi yang sekarang

Lebih terperinci

SAMPLE. Chapter 1. Gadis Objek Snapshot

SAMPLE. Chapter 1. Gadis Objek Snapshot Chapter 1 Gadis Objek Snapshot Morimura Tamaki meniup debu yang menutupi kamera rangefinder favoritnya dengan blower hingga bersih, lalu dengan perlahan mengangkatnya tepat ke depan wajahnya. Kamera yang

Lebih terperinci

Marni : Aku tendang anunya, Kak! Hingga om botak itu pingsan. Lalu aku kabur dan nggak mau lagi kerja di rumah Om Untung.

Marni : Aku tendang anunya, Kak! Hingga om botak itu pingsan. Lalu aku kabur dan nggak mau lagi kerja di rumah Om Untung. SKETSA MARNI DRAMA SATU BABAK Ditulis di Yogyakarta untuk Final FLS2N PARA PELAKU 1. KAK ROS Cintary Kartika (SMAN2 Bdg) 2. MARNI Tiara Putri T.W (SMAN 2 Bdg) 3. BU BROTO Tri Nuryani (SMAN 2 Bdg) Setting

Lebih terperinci

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta D ANGEL: PRINCESS Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta Lingkup Hak Cipta Pasal 2: 1. Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan

Lebih terperinci

Tuyul Pak Dodi. AlIn 1 Galang The Scout

Tuyul Pak Dodi. AlIn 1 Galang The Scout Tuyul Pak Dodi AlIn 1 Galang The Scout Jam masih menunjukkan pukul satu dini hari. Galang dan teman temannya berjalan menyusuri jalan makadam di pinggir dusun yang tenang. Regu Pramuka Penggalang SMP itu

Lebih terperinci

HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION. Indonesian Beginners. (Section I Listening) Transcript

HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION. Indonesian Beginners. (Section I Listening) Transcript 2014 HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION Indonesian Beginners (Section I Listening) Transcript Familiarisation Text Sudah pindah rumah, Sri? Sudah Joko. Bagaimana rumah barumu? Bagus Joko. Aku punya

Lebih terperinci

"ne..cheonmaneyo" jawab Yunho mewakili DBSK sambil sedikit membungkuk.

ne..cheonmaneyo jawab Yunho mewakili DBSK sambil sedikit membungkuk. "Ok pemotretan selesai..gomawo" Ujar Photographer pada DBSK yang sudah terlihat lelah karena seharian berpose dan dipotret untuk memenuhi gambar semua halaman di sebuah majalah remaja "ne..cheonmaneyo"

Lebih terperinci

ANTOLOGI. Kopi Tubruk

ANTOLOGI. Kopi Tubruk ANTOLOGI Kopi Tubruk UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA Lingkup Hak Cipta: Pasal 2. 1. Hak Cipta merupakan eksklusif bagi Pencipta dan Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan

Lebih terperinci

Indonesian Continuers

Indonesian Continuers 2014 HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION Indonesian Continuers (Section I Listening and Responding) Transcript Familiarisation Text Bagaimana perayaan Natal? Cukup baik. Kami ke rumah kakek dan nenek.

Lebih terperinci

- ephy - Catatan dan Novela. dalamceritasaja.blogspot.com

- ephy - Catatan dan Novela. dalamceritasaja.blogspot.com - ephy - Catatan dan Novela dalamceritasaja.blogspot.com CATATAN DAN NOVELA Oleh: ephy Copyright 2013 by ephy Diterbitkan melalui: www.nulisbuku.com 2 Catatan Cinta Bintang dan Angkasa Sketsa Kasih Perempuan

Lebih terperinci

ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN

ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN ANAK BATITA: USIA ± 15 BULAN 3 TAHUN 1. Pesat tapi tidak merata. - Otot besar mendahului otot kecil. - Atur ruangan. - Koordinasi mata dengan tangan belum sempurna. - Belum dapat mengerjakan pekerjaan

Lebih terperinci

Amati gambar di bawah dengan teliti!

Amati gambar di bawah dengan teliti! Ayo mengenal kewajiban yang sama di sekolah! Setiap hari Dayu pergi ke sekolah. Dayu belajar dengan teman-teman. Semua siswa belajar dengan tanggung jawab. Mereka memiliki kewajiban yang sama di sekolah.

Lebih terperinci

Sofi sudah cukup jengah dengan omongan ibunya. Hampir setiap hari ibu menanyakan calon suami. Jangankan calon suami, pacar aja belum punya. Hal ini yang membuat Sofi frustasi kalau ibunya telpon. Semoga

Lebih terperinci

Beb, Ganti Gaya Dong Majalah Teen Online - teen.co.id. Written by Doddy Irawan Tuesday, 05 June 2012 09:21

Beb, Ganti Gaya Dong Majalah Teen Online - teen.co.id. Written by Doddy Irawan Tuesday, 05 June 2012 09:21 Rubrik Oh Boy! edisi ini sueerrr beda dari biasanya. Giliran cowok-cowok niy yang wajib pasrah di makeover seenak udelnya sesuai request ceweknya. Mungkin selama ini si cowok udah pede abis ma dandanannya,

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Mahasiswa yang menjalani kuliah di kampus ada yang merasa kurang

PENDAHULUAN. Mahasiswa yang menjalani kuliah di kampus ada yang merasa kurang 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Mahasiswa yang menjalani kuliah di kampus ada yang merasa kurang percaya diri (lack of confidence) ketika menghadapi permasalahan dan keadaan itu dapat menghambat

Lebih terperinci

Lampiran 2. Rubrik Penilaian Peningkatan Kosakata Bahasa Anak Usia 3 4 Tahun Sesuai Indikator Pembelajaran.

Lampiran 2. Rubrik Penilaian Peningkatan Kosakata Bahasa Anak Usia 3 4 Tahun Sesuai Indikator Pembelajaran. LAMPIRAN Lampiran 2. Rubrik Penilaian Peningkatan Kosakata Bahasa Anak Usia 3 4 Tahun Sesuai Indikator Pembelajaran. Kriteria Indikator Kurang 1 Menirukan kembali 3 4 urutan kata, misalnya: Tidur, mandi,

Lebih terperinci

Details Bagaimana kalo kita Diskusi?? Menurut Anda, Mudah ga sih mempelajari Javascript??? Alasannya donk??? [emo:20] [emo:9]

Details Bagaimana kalo kita Diskusi?? Menurut Anda, Mudah ga sih mempelajari Javascript??? Alasannya donk??? [emo:20] [emo:9] Title Javascript???? Oh No??? Author Details Bagaimana kalo kita Diskusi?? Menurut Anda, Mudah ga sih mempelajari Javascript??? Alasannya donk??? [emo:20] [emo:9] Modified Thu, 18 Mar 2010 06:46:18 GMT

Lebih terperinci

Siang Non? mau langsung pulang atau. sapa orang itu kepada Eci. langsung pulang aja yah Mang, takut Papah ngomel jawab Eci

Siang Non? mau langsung pulang atau. sapa orang itu kepada Eci. langsung pulang aja yah Mang, takut Papah ngomel jawab Eci Pelukan Pertamaku Nggak terasa, udah 1 catur wulan gue duduk dibangku SMA dan segalanya begitu sangat menyenangkan. Dan nggak terasa juga temen gue semakin bertambah banyak. Seneng rasanya jadi punya banyak

Lebih terperinci

2 Ketika aku mengundang Yesus masuk ke dalam hidupku, Ia menerangi hatiku yang gelap, dingin dan kosong. Keputusanku untuk mengundang Yesus tidak akan pernah kusesali. Karena itu, aku berkata kepada-nya,

Lebih terperinci

Tetap Bersemangat Meski Cacat Fisik

Tetap Bersemangat Meski Cacat Fisik Tetap Bersemangat Meski Cacat Fisik Dengan lincah, Amirizal (33 tahun) mengangkat saringan pembuat kopi. Gerakannya gesit dan penuh semangat. Meskipun, pada saat tsunami terjadi di Aceh di penghujung 2004,

Lebih terperinci

Dimana hati? Ia mati ketika itu juga..

Dimana hati? Ia mati ketika itu juga.. Awal sebuah cerita adalah kegelisahan Aku khawatir perut ini terus terisi, namun kepalaku tak lagi penasaran dengan maksud adanya kehidupan. Dimana hati? Ia mati ketika itu juga.. Gusarnya Angin Sore menjelang

Lebih terperinci

PANDUAN VERVAL PESERTA DIDIK (NISN)

PANDUAN VERVAL PESERTA DIDIK (NISN) PANDUAN VERVAL PESERTA DIDIK (NISN) Selamat siang, selamat malam, selamat pagi, selamat sore para pejuang data Operator sekolah yang budiman yg selalu diberkahi dlm setiap perjuangannya. NISN merupakan

Lebih terperinci

FesbukOnlineShop.com

FesbukOnlineShop.com CARA GAMPANG JUALAN ONLINE II: TRIK MENCARI PEMBELI TERTARGET (FREE EBOOK FESBUKONLINESHOP.COM) Free ebook lagi??? Alhamdulillah ternyata response terhadap ebook pertama, yakni CARA GAMPANG JUALAN ONLINE:

Lebih terperinci

Membuat Aplikasi Android Sederhana

Membuat Aplikasi Android Sederhana 2012 Membuat Aplikasi Android Sederhana Eko Kurniawan Khannedy StripBandunk.com 3/29/2012 Persembahan Buku ini dipersembahkan buat Indonesia yang lebih baik Baik dari segi ilmu Teknologi Dan sumber daya

Lebih terperinci

Petunjuk Meditasi Jalan, Duduk, dan Kegiatan Sehari-hari dalam Meditasi Vipassanā

Petunjuk Meditasi Jalan, Duduk, dan Kegiatan Sehari-hari dalam Meditasi Vipassanā Petunjuk Meditasi Jalan, Duduk, dan Kegiatan Sehari-hari dalam Meditasi Vipassanā Oleh: U Sikkhānanda (Andi Kusnadi) Meditasi jalan Sebaiknya, latihan meditasi dimulai dengan meditasi jalan dahulu. Saat

Lebih terperinci

Nabrak Bencong. 2010 April

Nabrak Bencong. 2010 April Daftar Isi 1. Birokrasi Toilet 2. Pengalaman Pertama 3. Tipe Mahasiswa Apakah Kamu? 4. Angkringan Tonight #1 5. Angkringan Tonight #2 6. Pemilu Pertama 7. Berwarna 8. Wirausaha 9. Kepribadian Yang Cacat

Lebih terperinci

Selamat datang di prasekolah

Selamat datang di prasekolah Welcome to preschool A parents guide to starting preschool Selamat datang di prasekolah Pedoman orang tua untuk memulai prasekolah INDONESIAN Menghadiri prasekolah Daftar Periksa Perkara prasekolah mungkin

Lebih terperinci

SURVEY GLOBAL KESEHATAN BERBASIS SEKOLAH DI INDONESIA TAHUN 2007

SURVEY GLOBAL KESEHATAN BERBASIS SEKOLAH DI INDONESIA TAHUN 2007 SURVEY GLOBAL KESEHATAN BERBASIS SEKOLAH DI INDONESIA TAHUN 2007 Survei ini merupakan survey mengenai kesehatan dan hal-hal yang yang mempengaruhi kesehatan. Informasi yang anda berikan akan digunakan

Lebih terperinci

Chapter 1: Awal dari Mimpi itu Menjadi Nyata

Chapter 1: Awal dari Mimpi itu Menjadi Nyata Chapter 1: Awal dari Mimpi itu Menjadi Nyata Ada seorang kerabat yang bertanya-tanya padaku, apa yang sedang aku cari di dunia ini. Ia tanyakan mengapa begitu sering aku tinggalkan rumah untuk sebuah hal

Lebih terperinci

TINTA ITU BUTA Kumpulan Puisi atau Semacamnya Zaki Ef

TINTA ITU BUTA Kumpulan Puisi atau Semacamnya Zaki Ef TINTA ITU BUTA Kumpulan Puisi atau Semacamnya Zaki Ef Diterbitkan oleh merdekata merdekata@gmail.com Agustus, 2013 Desain & Tata Letak: @kreatifikaz 2 Ucapan terima kasih: Kepada-Mu, segala puji. Kepada

Lebih terperinci

BAB IV LAPORAN HASIL PENELITIAN. khususnya materi geometri kurang diminati bagi guru lebih-lebih bagi siswa.

BAB IV LAPORAN HASIL PENELITIAN. khususnya materi geometri kurang diminati bagi guru lebih-lebih bagi siswa. BAB IV LAPORAN HASIL PENELITIAN A. Refleksi Awal Kenyataan selama ini membuktikan bahwa dalam pelajaran matematika, khususnya materi geometri kurang diminati bagi guru lebih-lebih bagi siswa. Geometri

Lebih terperinci

Bekerja dengan Prasangka Baik

Bekerja dengan Prasangka Baik Bekerja dengan Prasangka Baik Assalamualaikum wr wb. Rekan-rekan kerja yang saya banggakan, Perkenankan saya di hari pertama masuk kerja ini menyampaikan Taqobbalallahu minnaa waminkum shiyamanaa washiyamakum.

Lebih terperinci

YANG BERWARNA BUKAN CUMA CINTA

YANG BERWARNA BUKAN CUMA CINTA YANG BERWARNA BUKAN CUMA CINTA Oleh: Goresan Tinta Emas Copyright 2013 by Goresan Tinta Emas Penerbit Goresan Tinta Emas http://gte-esqbs.blogspot.com/ goresantintaemas1@gmail.com Desain Sampul: Elvira

Lebih terperinci

PERHATIAN: Anda TIDAK MEMILIKI hak untuk menjual materi ini

PERHATIAN: Anda TIDAK MEMILIKI hak untuk menjual materi ini PERHATIAN: Anda TIDAK MEMILIKI hak untuk menjual materi ini Copyright 2013 http://dellarosa.org ALL RIGHTS RESERVED Tidak ada bagian dalam produk ini yang boleh diperbanyak,disebarkan, disiarkan atau diproduksi

Lebih terperinci

ELFIRA NOVIA. IMPIAN sebelum KEMATIAN

ELFIRA NOVIA. IMPIAN sebelum KEMATIAN ELFIRA NOVIA IMPIAN sebelum KEMATIAN Penerbit Biru Senja Publisher 5 Impian Sebelum Kematian Oleh: Elfira Novia Copyright 2013 by BSpublisher Penerbit (BiruSenjaPublisher) (elfira_novia@ymail.com) Desain

Lebih terperinci

Susu Sapi Tidak Baik Untuk Manusia. Written by Administrator

Susu Sapi Tidak Baik Untuk Manusia. Written by Administrator Susu adalah minuman kesehatan yang sebagian besar praktisi kesehatan menganjurkan agar kita mengkonsumsinya agar tubuh mendapat asupan kesehatan selain makanan yang kita makan sehari-hari. Namun, belum

Lebih terperinci

Misteri Allah. Amsal 25:2-3. Orang bodoh seperti orang berhikmat. Amsal 26:11-12. Musuh seperti teman. Amsal 26:18-25.

Misteri Allah. Amsal 25:2-3. Orang bodoh seperti orang berhikmat. Amsal 26:11-12. Musuh seperti teman. Amsal 26:18-25. Lesson 10 for March 7, 2015 Pada bagian ini, kitab Amsal menolong kita untuk menemukan apa yang ditemukan di balik topeng. Yaitu, realitas di balik penampilan, apa yang mata kita tidak dapat lihat. Misteri

Lebih terperinci

Lakon BILA MULA. Karya: JOKO SUCIANTO, SPd.

Lakon BILA MULA. Karya: JOKO SUCIANTO, SPd. Lakon BILA MULA Karya: JOKO SUCIANTO, SPd. LAMPU PADAM, REMANG-REMANG. MUSIK, BERNYANYI, MENARI, MERAUNG-RAUNG DI TELINGA YANG TERLUKA. SEIRING TARIAN YANG BERINGSUT. SUNGGUH ADANYA TIDAK MENGADA-ADA.

Lebih terperinci

LATIHAN BACA RASA UNTUK FOTO-FOTO DI MODUL 1

LATIHAN BACA RASA UNTUK FOTO-FOTO DI MODUL 1 LATIHAN BACA RASA UNTUK FOTO-FOTO DI MODUL 1 TIPS CARA BACA RASA FOTO Lihat subyek dan apa yang dilakukannya Lihat ekspresi wajah, gerak tubuh Coba rasakan suasana, kejadian Lihat pencahayaan cuaca pada

Lebih terperinci

PROVINSI BALI. Tanah Lot

PROVINSI BALI. Tanah Lot PROVINSI BALI BY: SUVI Pantai Kuta (Atas) Garuda Wisnu Kencana Pantai Nusa dua (Bawah) Ada patung yang sangat gede, patung itu berwarna biru campur sama abu abu. Ada orang yang melihat patung itu. Ada

Lebih terperinci

Thina Suteki : Sepatu Itu Harus yang Nyaman, Bukan Buat Keren-Kerenan Doang Majalah Teen Online - t

Thina Suteki : Sepatu Itu Harus yang Nyaman, Bukan Buat Keren-Kerenan Doang Majalah Teen Online - t Styling rambut udah oke, make up wajah udah cantik, gaun pesta udah anggun, tas udah yahud, aksesori udah komplet, bagaimana dengan sepatu? Gak lucu ah kalo udah dandan kece, tapi sepatunya gak nampol?

Lebih terperinci

*update (Mei 2008): Artikel ini tidak berlaku untuk semua harmonic exciter, trik ini hanyalah satu cara untuk menggunakan efek ini.

*update (Mei 2008): Artikel ini tidak berlaku untuk semua harmonic exciter, trik ini hanyalah satu cara untuk menggunakan efek ini. 3/20/2014 Harmonic Exciter [TIPS] Buat Bright tanpa pake EQ Ditulis Oleh Hadi Sumoro Saturday, 14 April 2007 *update (Mei 2008): Artikel ini tidak berlaku untuk semua harmonic exciter, trik ini hanyalah

Lebih terperinci

Eksotisme & GALLERY. Vol. 13 No. 05 Mei 2012

Eksotisme & GALLERY. Vol. 13 No. 05 Mei 2012 Eksotisme KONSEP RESTO & GALLERY Penulis Qisthi Jihan Fotografer Ahkamul Hakim Berwisata kuliner di Bali, tidak sekadar mencari makanan yang nikmat, tetapi kebanyakan dari pengunjung juga mencari sebuah

Lebih terperinci

UKDW BAB 1 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

UKDW BAB 1 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Menurut Probo Hindarto (2010), lesehan merupakan istilah untuk cara duduk diatas lantai, dimana akar budayanya berasal dari tata krama duduk di dunia timur. Lesehan merupakan

Lebih terperinci

penumpang krl commuter line tujuan Bogor.

penumpang krl commuter line tujuan Bogor. I Jalur dua akan segera masuk krl commuter line tujuan Bogor, harap diperhatikan jalur dua krl commuter line tujuan Bogor, krl commuter line tujuan Bogor berikutnya rangkaiannya sampai stasiun Tebet, krl

Lebih terperinci

1. Tuliskan kalimat yang sesuai dengan gambar! 2. Apakah manfaat makan buah dan sayur bagi kesehatan tubuh?

1. Tuliskan kalimat yang sesuai dengan gambar! 2. Apakah manfaat makan buah dan sayur bagi kesehatan tubuh? 1. Tuliskan kalimat yang sesuai dengan gambar! 2. Apakah manfaat makan buah dan sayur bagi kesehatan tubuh? 3. Sebutkan contoh perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah! 4. Perhatikan bangun ruang di

Lebih terperinci

VI. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAPASITAS KELOMPOK MANTAN TKW DI DESA CIBAREGBEG

VI. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAPASITAS KELOMPOK MANTAN TKW DI DESA CIBAREGBEG VI. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAPASITAS KELOMPOK MANTAN TKW DI DESA CIBAREGBEG Dalam bagian ini akan disampaikan faktor yang mempengaruhi kapasitas kelompok yang dilihat dari faktor intern yakni: (1) motivasi

Lebih terperinci

Keterampilan Penting bagi Konselor

Keterampilan Penting bagi Konselor e-konsel edisi 370 (10-3-2015) Keterampilan Penting bagi Konselor e-konsel Milis Publikasi Elektronik Pelayanan Konseling Kristen e-konsel -- Keterampilan Penting bagi Konselor Edisi 370/Maret 2015 Salam

Lebih terperinci

Bahasa Indonesia. Level 1 indonesian Level 1. Curriculum Text. Texto del curso Texte du cours Kursinhalt Testo del corso.

Bahasa Indonesia. Level 1 indonesian Level 1. Curriculum Text. Texto del curso Texte du cours Kursinhalt Testo del corso. Bahasa Indonesia Curriculum Text Level 1 indonesian Level 1 Indonesian Indonesio Indonésien Indonesisch Indonesiano Curriculum Text Texto del curso Texte du cours Kursinhalt Testo del corso RosettaStone.com

Lebih terperinci

Cara Berhubungan Intim Tahan Lama Tanpa Obat Dan Ramuan Apapun

Cara Berhubungan Intim Tahan Lama Tanpa Obat Dan Ramuan Apapun Cara Berhubungan Intim Tahan Lama Tanpa Obat Dan Ramuan Apapun Ebook ini di ciptakan untuk pria-pria yang ingin mengatasi ejakulasi dini tanpa menggunakan bantuan dari obat apapun. Ebook ini khusus pasutri

Lebih terperinci

PROSEDUR KERJA. Kencana Loka BLOK F JABATAN : KOORDINATOR SECURITY TGL TERBIT : 19 1-2014 SATUAN PENGAMAN / SECURITY NO REVISI : 0

PROSEDUR KERJA. Kencana Loka BLOK F JABATAN : KOORDINATOR SECURITY TGL TERBIT : 19 1-2014 SATUAN PENGAMAN / SECURITY NO REVISI : 0 JABATAN : KOORDINATOR SECURITY A. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB 1. Melakukan Rekrut anggota Security sesuai dengan kebutuhan, Yang telah di setujui warga melalui keputusan Ketua RT. 2. Sebagai jembatan komonikasi

Lebih terperinci

APA YANG HARUS DIKETAHUI DI USIA 2 TAHUN?

APA YANG HARUS DIKETAHUI DI USIA 2 TAHUN? APA YANG HARUS DIKETAHUI DI USIA 2 TAHUN? ASPEK YANG DISUKAI ANAK YANG BISA KITA AJARKAN FISIK Sangat Aktif. Bisa jalan, lari, lompat 2 kaki, bertumpu, dan manjat. Bisa corat-coret, bekerja dengan 3-4

Lebih terperinci

newflash 134-141 SPACE TREE.indd 134 1/28/12 11:22 PM

newflash 134-141 SPACE TREE.indd 134 1/28/12 11:22 PM newflash 134 134-141 SPACE TREE.indd 134 1/28/12 11:22 PM No place beats home merupakan ucapan yang seringkali terdengar dari banyak orang yang menandakan bahwa tiada tempat lain (mau seunik apapun tempat

Lebih terperinci

Freeing Problems in Life with Metta Ajahn Brahm Dhamma Talk 30 Jan 2009 SELAMAT!!!!!!!

Freeing Problems in Life with Metta Ajahn Brahm Dhamma Talk 30 Jan 2009 SELAMAT!!!!!!! Freeing Problems in Life with Metta Ajahn Brahm Dhamma Talk 30 Jan 2009 SELAMAT!!!!!!! Anda telah mendapatkan hak penuh untuk membagikan E book Dhamma yang indah pada awalnya, indah pada pertengahannya

Lebih terperinci

Uji Penilaian Profesional Macquarie. Leaflet Latihan. Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian.

Uji Penilaian Profesional Macquarie. Leaflet Latihan. Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian. Uji Penilaian Profesional Macquarie Leaflet Latihan Verbal, Numerikal, Pemahaman Abstrak, Kepribadian. Mengapa Uji Penilaian psikometrik digunakan Dewasa ini semakin banyak perusahaan yang menyertakan

Lebih terperinci

Fun 1 : Service Failure Is Not An Option

Fun 1 : Service Failure Is Not An Option DAFTAR ISI Ucapan Terima Kasih..3 Kata Pengantar.6 Fun 1 : Service Failure is not an Option 11 Fun 2 : Type of Customer..31 Fun 3 : Funtastic Service, The Principles..51 Fun 4 : How To Be Funtastic Service

Lebih terperinci

KUESIONER FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI POLA PEMILIHAN MAKANAN SIAP SAJI (FAST FOOD) PADA PELAJAR DI SMA SWASTA CAHAYA MEDAN TAHUN 2012

KUESIONER FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI POLA PEMILIHAN MAKANAN SIAP SAJI (FAST FOOD) PADA PELAJAR DI SMA SWASTA CAHAYA MEDAN TAHUN 2012 LAMPIRAN KUESIONER FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI POLA PEMILIHAN MAKANAN SIAP SAJI (FAST FOOD) PADA PELAJAR DI SMA SWASTA CAHAYA MEDAN TAHUN 2012 I. INFORMASI WAWANCARA No. Responden... Nama Responden...

Lebih terperinci

SUHARTONO: Malaikat Penjaga yang Tak Kenal Lelah. Saya kumpulkan mereka semua itu, saya berikan gambaran. Jadi saya membentuk pagar hidup.

SUHARTONO: Malaikat Penjaga yang Tak Kenal Lelah. Saya kumpulkan mereka semua itu, saya berikan gambaran. Jadi saya membentuk pagar hidup. SUHARTONO: Malaikat Penjaga yang Tak Kenal Lelah Saya kumpulkan mereka semua itu, saya berikan gambaran. Jadi saya membentuk pagar hidup. Sebagai seorang tentara, pribadi Suhartono telah terlatih untuk

Lebih terperinci

Cerpen cinta Galau Say No to Galau

Cerpen cinta Galau Say No to Galau Cerpen cinta Galau Say No to Galau "Hufh, Akhirnya selesai juga" Tasya menghembuskan nafas lega, Begitu juga Ardi, Dion, Yuli, Vano dan Lilian yang tampak sedang ikut mengumpulkan tumpukan buku yang berserakan

Lebih terperinci

Mengapa kekerasan dan pemerkosaan di tengah keluarga semakin marak?

Mengapa kekerasan dan pemerkosaan di tengah keluarga semakin marak? Elly, Direktur Yayasan Kita dan Buah Hati Sadis! Tingkat kriminalitas sudah sampai kepada tahap yang paling menjijikan dan mengerikan. Sehingga seorang ayah tega memperkosa anak kandungnya sendiri, ibu

Lebih terperinci

Menyiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar. Oleh. Dra. Hj. Yunani, M.Pd. *

Menyiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar. Oleh. Dra. Hj. Yunani, M.Pd. * Menyiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar Oleh. Dra. Hj. Yunani, M.Pd. * Makalah Ini Disampaikan Pada Acara Seminar : Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Kabupaten Ogan Ilir Pada Tanggal 9 Februari 2013 *Dosen Pada

Lebih terperinci

Ditulis oleh Orang Gila

Ditulis oleh Orang Gila 1 PRAMA WIRATAMA Ditulis oleh Orang Gila Ditulis oleh Orang Gila Oleh: Prama Wiratama Copyright 2010 by Prama Wiratama Desain Sampul: PENGANTAR 2 Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah akhirnya buku saya

Lebih terperinci

INFORMASI KEHIDUPAN BERBAGAI BAHASA

INFORMASI KEHIDUPAN BERBAGAI BAHASA 4 Peraturan Lalu Lintas 4-1 Peraturan Lalu Lintas Di Jepang pejalan kaki, mobil,motor, sepeda dan lain-lain, masing-masing peraturan lalu lintas telah ditentukan. Cepatlah mengingat peraturan lalu lintas

Lebih terperinci

Ayo Amati. Amati gambar ini. Kegiatan mana yang menggunakan kaki? Beri tanda pada kegiatan yang menggunakan kaki. Subtema 2: Tubuhku

Ayo Amati. Amati gambar ini. Kegiatan mana yang menggunakan kaki? Beri tanda pada kegiatan yang menggunakan kaki. Subtema 2: Tubuhku Ayo Amati Amati gambar ini. Kegiatan mana yang menggunakan kaki? Beri tanda pada kegiatan yang menggunakan kaki. Subtema 2: Tubuhku 55 Beri tanda pada kotak. 1. Menyebutkan nama-nama anggota tubuh. 2.

Lebih terperinci

Hari Sabat. Hari Perhentian yang Kudus HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS

Hari Sabat. Hari Perhentian yang Kudus HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS Hari Sabat Hari Perhentian yang Kudus GEREJA YESUS SEJATI Pusat Indonesia Jl. Danau Asri Timur Blok C3 number 3C Sunter Danau Indah Jakarta 14350 Indonesia Telp. (021) 65304150,

Lebih terperinci

Daud Sang Raja (Bagian 1)

Daud Sang Raja (Bagian 1) Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkan Daud Sang Raja (Bagian 1) Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Digambar oleh : Lazarus Disadur oleh: Ruth Klassen Diterjemahkan oleh:

Lebih terperinci

Kemarin asyik tidak liburan denganku? tanya Andy pada Lian tanpa memperdulikan cerita basa-basi Layan.

Kemarin asyik tidak liburan denganku? tanya Andy pada Lian tanpa memperdulikan cerita basa-basi Layan. Oleh Rifdah Zahara* Baru-baru ini, anak perempuan itu terkenal di seluruh angkatan kelas lima. Dulu, dia adalah anak yang baik, pendiam, dan senang menolong. Tapi sekarang, malah terkenal jahil, angkuh,

Lebih terperinci

Mudji Rapontur. tentang cinta yang tak mampu aku selamatkan

Mudji Rapontur. tentang cinta yang tak mampu aku selamatkan Mudji Rapontur tentang cinta yang tak mampu aku selamatkan tentang cinta yang tak mampu aku selamatkan Oleh: Mudji Rapontur Copyright 2014 by Mudji Rapontur Penerbit Mapemdapustaka Desain Sampul: Edo dan

Lebih terperinci

ABV 3.1 KETRAMPILAN-KETRAMPILAN MIKRO DALAM KIP/KONSELING KB

ABV 3.1 KETRAMPILAN-KETRAMPILAN MIKRO DALAM KIP/KONSELING KB ABV 3.1 KETRAMPILAN-KETRAMPILAN MIKRO DALAM KIP/KONSELING KB ABV 3.2 TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Menjelaskan cara melakukan observasi dan memantapkan hubungan baik 2. Mempraktikkan ketrampilan mendengar aktif

Lebih terperinci

CIPTA CINTA DAMAI CIPT

CIPTA CINTA DAMAI CIPT CIPTA CINTA DAMAI CIPT CINTA TERINDAH Oleh: Cipta Cinta Damai Copyright 2012 by Cipta Cinta Damai Penerbit Cipta Indieart Publishing blog: www.soulofcipta.blogspot.com e-mail: cipto.wardoyo@gmail.com Desain

Lebih terperinci

Bugar dan Siap Mengasuh Fit & Ready for Parenting

Bugar dan Siap Mengasuh Fit & Ready for Parenting Bugar dan Siap Mengasuh Fit & Ready for Parenting Bagian Fisioterapi Physiotherapy Department Tel: 9382 6540 Yang Biasanya Terasa Sakit Common Areas of Pain Semasa hamil, adanya hormon relaxin mengendurkan

Lebih terperinci

TATA-TERTIB PERKULIAHAN

TATA-TERTIB PERKULIAHAN Mata Kuliah : KREATIVITAS SKS : 2 sks Dosen : Tim Deskripsi Kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mewujudkan suatu ide baru. Kemampuan tersebut dapat diperoleh dari akal pikiran

Lebih terperinci

BAB I HAK HAK PESERTA DIDIK BAB II KEWAJIBAN PESERTA DIDIK

BAB I HAK HAK PESERTA DIDIK BAB II KEWAJIBAN PESERTA DIDIK TATA TERTIB PESERTA DIDIK SMA ISLAM SINAR CENDEKIA SERPONG TANGERANG SELATAN BAB I HAK HAK PESERTA DIDIK Selama masih menjadi Peserta didik SMA Sinar Cendekia secara sah, maka mendapatkan hak hak sebagai

Lebih terperinci

Written by Administrator Sunday, 17 November 2013 05:31 - Last Updated Thursday, 27 March 2014 12:12

Written by Administrator Sunday, 17 November 2013 05:31 - Last Updated Thursday, 27 March 2014 12:12 Dahulu, di daerah Belu, Nusa Tenggara Timur, terdapat sebuah kerajaan yang diperintah oleh seorang raja bernama Laku Leik. Ia adalah raja yang bengis dan kejam. Ia tidak segan-segan menganiaya, bahkan

Lebih terperinci

MENGENAL SECARA SEDERHANA TERNAK AYAM BURAS

MENGENAL SECARA SEDERHANA TERNAK AYAM BURAS MENGENAL SECARA SEDERHANA TERNAK AYAM BURAS OLEH: DWI LESTARI NINGRUM, S.Pt Perkembangan ayam buras (bukan ras) atau lebih dikenal dengan sebutan ayam kampung di Indonesia berkembang pesat dan telah banyak

Lebih terperinci

Copyright 2009 PitbullIndonesia.com Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang 1

Copyright 2009 PitbullIndonesia.com Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang 1 Copyright 2009 PitbullIndonesia.com Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang 1 Publikasi MAMPU MEMILIKI PITBULL? Oleh Erik Nainggolan www.pitbullindonesia.com Copyright 2009 PitbullIndonesia.com Hak Cipta Dilindungi

Lebih terperinci

DISIPLIN PADA ANAK SERI BACAAN ORANG TUA

DISIPLIN PADA ANAK SERI BACAAN ORANG TUA 30 SERI BACAAN ORANG TUA DISIPLIN PADA ANAK Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional Milik Negara

Lebih terperinci

Bacalah dengan teliti, ini sangat penting!

Bacalah dengan teliti, ini sangat penting! Bacalah dengan teliti, ini sangat penting! Pernah ada anak lelaki dengan watak buruk. Ayahnya memberi dia sekantung penuh paku, dan menyuruh memaku satu batang paku di pagar pekarangan setiap kali dia

Lebih terperinci

I H H C - I N D O N E S I A H I P E R H I D R O S I S C E N T E R

I H H C - I N D O N E S I A H I P E R H I D R O S I S C E N T E R I H H C - I N D O N E S I A H I P E R H I D R O S I S C E N T E R Telfon / SMS / WhatsApp 0813-1617-7052 Pin BB (IHHC Center) 7D13F801 1. Blog: http://bundanurulkamal.wordpress.com/ 2. Blog: http://akuvshyperhidrosis.blogspot.com/

Lebih terperinci

Pertobatan Sejati Suatu Syarat

Pertobatan Sejati Suatu Syarat Pertobatan Sejati Suatu Syarat Agama Menjamin Kebahagiaan Keluarga. Agama keluarga adalah satu kuasa yang ajaib. Tingkah laku suami terhadap istri dan istri terhadap suami akan membuat kehidupan rumah

Lebih terperinci

12/19/2013. Setiap orang dewasa mengalaminya ribuan kali dalam hidupnya. Hypnosis adalah alami

12/19/2013. Setiap orang dewasa mengalaminya ribuan kali dalam hidupnya. Hypnosis adalah alami APAKAH HYPNOSIS ITU? Setiap orang dewasa mengalaminya ribuan kali dalam hidupnya. Hypnosis adalah alami 1 TINGKATAN SADAR (CONSCIOUS LEVEL) Contoh Aktivitas 1. Anda sedang bermain tenis 2. Anda melamun

Lebih terperinci

AGAR MENDAPAT LEBIH DARI YANG ENGKAU INGINKAN

AGAR MENDAPAT LEBIH DARI YANG ENGKAU INGINKAN AGAR MENDAPAT LEBIH DARI YANG ENGKAU INGINKAN 11 Februari 2009 Mari kita ubah SKK (Sikap, Konsentrasi dan Komitmen) Pertama : SIKAP Sikap merupakan kependekan dari SI = EMOSI; KA = TINDAKAN; P = PENDAPAT,

Lebih terperinci

Naskah Khotbah KEMURAHAN ALLAH KEPADA KITA (Matius 20:1-16) BUBY TICOALU

Naskah Khotbah KEMURAHAN ALLAH KEPADA KITA (Matius 20:1-16) BUBY TICOALU Naskah Khotbah KEMURAHAN ALLAH KEPADA KITA (Matius 20:1-16) BUBY TICOALU Perikop Matius 20:1-16 yang berbicara tentang kemurahan Allah, ada dalam suatu rangkaian yang sangat luas di dalam Alkitab. Sebelum

Lebih terperinci

Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 1-2 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007

Checklist Indikator. PERKEMBANGANANAK Usia 1-2 tahun. Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 -2 Checklist Indikator PERKEMBANGANANAK Usia 1-2 tahun Sumber: Konsep Pengembangan PAUD Non Formal, Pusat Kurikulum Diknas, 2007 Diolah oleh: http://www.rumahinspirasi.com MORAL & NILAI AGAMA a. Dapat

Lebih terperinci

PENGATUR BUKA DAN TUTUP JENDELA SECARA OTOMATIS

PENGATUR BUKA DAN TUTUP JENDELA SECARA OTOMATIS PENGATUR BUKA DAN TUTUP JENDELA SECARA OTOMATIS Nama : Chesar Rahmadi NPM : 21110565 Jurusan : Sistem Komputer Pembimbing : Jalinas, SKom, MM UNIVERSITAS GUNADARMA FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI

Lebih terperinci

BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA. Penjaringan Sari Surabaya Timur. Rumah susun Penjaringan Sari ini ini

BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA. Penjaringan Sari Surabaya Timur. Rumah susun Penjaringan Sari ini ini BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA A. Gambaran Umum Objek Penelitian 1. Profil Rusunawa Penjaringan Sari Rumah susun Penjaringan Sari terletak dirumah daerah Rungkut Penjaringan Sari Surabaya Timur. Rumah

Lebih terperinci

Ruko Jambusari No. 7A Yogyakarta 55283 Telp. : 0274-889836; 0274-889398 Fax. : 0274-889057 E-mail : info@grahailmu.co.id

Ruko Jambusari No. 7A Yogyakarta 55283 Telp. : 0274-889836; 0274-889398 Fax. : 0274-889057 E-mail : info@grahailmu.co.id RAIH SUKSES BELAJAR DI PENDIDIKAN JARAK JAUH Oleh : Fatia Fatimah Andriyansah Edisi Pertama Cetakan Pertama, 2013 Hak Cipta 2013 pada penulis, Hak Cipta dilindungi undang-undang. Dilarang memperbanyak

Lebih terperinci

DAMPAK PENGATURAN JADWAL KEGIATAN AKADEMIK TERHADAP MOBILITAS KENDARAAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

DAMPAK PENGATURAN JADWAL KEGIATAN AKADEMIK TERHADAP MOBILITAS KENDARAAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA DAMPAK PENGATURAN JADWAL KEGIATAN AKADEMIK TERHADAP MOBILITAS KENDARAAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA Rudy Setiawan Jurusan Teknik Sipil,Universitas Kristen Petra, Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Lebih terperinci

Indonesian Background Speakers

Indonesian Background Speakers 2014 HIGHER SCHOOL CERTIFICATE EXAMINATION Indonesian Background Speakers (Section I Listening and Responding Part A and Part B) Transcript Familiarisation Text FE FE FE Hallooo... apa kabar? Lama nggak

Lebih terperinci

KEPUTUSAN KEPALA SMA NEGERI 1 JOGONALAN NOMOR : 420 / 2918/13 TENTANG TATA TERTIB PESERTA DIDIK

KEPUTUSAN KEPALA SMA NEGERI 1 JOGONALAN NOMOR : 420 / 2918/13 TENTANG TATA TERTIB PESERTA DIDIK KEPUTUSAN KEPALA SMA NEGERI 1 JOGONALAN NOMOR : 420 / 2918/13 TENTANG TATA TERTIB PESERTA DIDIK Menimbang : Bahwa dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan

Lebih terperinci

SMS MENAKERTRANS MENJAWAB

SMS MENAKERTRANS MENJAWAB SMS MENAKERTRANS MENJAWAB MEDIA INTERAKSI LANGSUNG MASYARAKAT DENGAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I. MELALUI SMS KE NO.0813-88-44-21. EDISI XXIV TANGGAL 14 DESEMBER 2011 NO SUMBER SMS PERTANYAAN

Lebih terperinci

*** Muna tak mau menjadi anak yang membangkang, tapi juga tidak begitu saja mengubur mimpi besarnya. Dia mengambil jalan tengah dengan menjadi pelajar

*** Muna tak mau menjadi anak yang membangkang, tapi juga tidak begitu saja mengubur mimpi besarnya. Dia mengambil jalan tengah dengan menjadi pelajar PROLOG Mimpi bukan lah sekedar angan-angan yang hanya membuat kita berharap saja, tapi bagaimana kita memiliki tekad kuat dan usaha keras untuk mewujudkan mimpi itu. Itulah yang dipercayai oleh seorang

Lebih terperinci