BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. 4.1 Pelaksanaan Pelatihan pada PT. MASWANDI. dipertimbangkan oleh para manajer dengan cermat diantaranya adalah

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN. 4.1 Pelaksanaan Pelatihan pada PT. MASWANDI. dipertimbangkan oleh para manajer dengan cermat diantaranya adalah"

Transkripsi

1 BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 4.1 Pelaksanaan Pelatihan pada PT. MASWANDI Seperti disebutkan sebelumnya, dalam pelaksanaan pelatihan pada PT. MASWANDI perlu diadakannya pertanyaan-pertanyaan yang harus dipertimbangkan oleh para manajer dengan cermat diantaranya adalah knowledge (pengetahuan), Attitude (sikap), Skill (keterampilan), Habits (kebiasaan). Materi atau pelajaran, dan bentuk pendidikan serta pelatihan yang diperlukan oleh para agen baru tidaklah dipungkiri akan bervariasi, karena adanya perbedaan dalam pengalaman, tingkat pendidikan, latar belakang, dan kemampuan daya nalar. Dan di dalam pelaksanaan pelatihan pada PT. MASWANDI, KASH formula merupakan dasar dari semua sukses yang diperlukan oleh agen baru. Dengan dimilikinya KASH pada setiap agen, tidak diragukan lagi pelaksanaan pelatihan pada PT. MASWANDI akan terlaksana dengan baik.

2 4.2 Analisa Karakteristik Responden Salah satu metode penulis yang gunakan dalam mencari data ke perpustakaan yaitu dengan cara penyebaran kuesioner (angket) kepada para karyawan PT. MASWANDI. Kuesioner tersebut berhubungan dengan halhal yang bersangkutan dengan bagaimana pelaksanaan pemberian pelatihan dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan pada PT. MASWANDI, selain itu penulis meneliti identitas para responden yang dijadikan sebagai sampel penelitian dalam menjawab kuesioner yang dibuat dan disebarkan oleh penulis. Sebelum memasuki analisa dan pembahasan, selanjtunya penulis mengemukakan gambaran tentang identitas para karyawan (agen) pada SUB bagian HRD pada PT. MASWANDI sebanyak 50 responden, dan kuesioner ini terdiri dari sepuluh (10) pertanyaan tentang pelatihan dan sepuluh (10) pertanyaan tentang prestasi kerja. 1. Karakteristik Responden Tabel 4.1 Jenis Kelamin Responden No Jenis Kelamin Jumlah Responden Persentase 1 Laki-laki 29 58% 2 Perempuan 21 42% Sumber : Data Primer ( Diolah)

3 Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa karyawan PT. MASWANDI terdiri dari 29 orang laki-laki dengan persentase 58% dan 21 orang perempuan dengan persentase sebesar 42% Dapat dilihat dari data di atas bahwa karyawan laki-laki lebih banyak dari perempuan. Hal ini dikarenakan bahwa laki-laki lebih cepat dan tepat dalam mengerjakan tugas yang diberikan perusahaan dibandingkan perempuan. Tabel 4.2 Pendidikan Terakhir Responden No Data Responden Jumlah Responden Persentase 1 SMA 7 14% 2 Diploma (D3) 1 2% 3 Sarjana (S1) 35 70% 4 Sarjana (S2) 7 14% Sumber : Data Primer ( Diolah) Dari hasil diatas diketahui bahwa karyawan PT. MASWANDI yang berpendidikan SMA sebanyak 7 orang atau sebesar 14% yang berpendidikan Diploma D3 sebanyak 1 orang atau sebesar 2% yang berpendidikan Sarjana S1 sebanyak 35 orang atau sebesar 70% dan yang berpendidikan S2 sebanyak 7 orang atau sebesar 14%.

4 Tabel 4.3 Pendapatan Perbulan Responden No Data Responden Jumlah Responden Persentase 1 <Rp % 2 Rp Rp % 3 Rp Rp % 4 Rp Rp % 5 >Rp % Jumlah % Sumber : Data Primer ( Diolah) Dari hasil data tersebut bahwa karyawan PT. MASWANDI yang berpenghasilan Rp Rp sebanyak 8 orang atau sebesar 16%, yang berpenghasilan Rp Rp sebanyak 35 orang atau sebesar 70% dan yang berpenghasilan >Rp sebanyak 7 orang atau sebesar 14%. 4.3 Analisa Karyawan Tentang Pemberian Pelatihan Pada umumnya perusahaan memberikan pendidikan pelatihan bagi para karyawannya. Pemberian pelatihan tersebut diberikan sebagai upaya perusahaan dalam usaha meningkatkan prestasi kerja karyawan dan meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan tempat dimana

5 karyawan tersebut bekerja, serta memenuhi pencapaian tujuan perusahaan yang diharapkan. pelatihan : Berikut ini adalah hasil jawaban kuisioner tentang pemberian Tabel 4.4 Program pelatihan telah dilaksanakan perusahaan dengan sebaik-baiknya. 3 Kurang Setuju 3 6% 4 Setuju 34 68% 5 Sangat setuju 13 26% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 34 responden atau sebesar 68%, sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 13 responden atau sebesar 26%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 3 responden atau sebesar 6%.

6 Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian menyatakan setuju dengan program pelatihan yang jika dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Tabel 4.5 Materi program pelatihan yang diberikan telah sesuai yang diterapkan 3 Kurang Setuju 3 6% 4 Setuju 34 68% 5 Sangat setuju 13 26% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 34 responden atau sebesar 68%, sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 13 responden atau sebesar 26%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 3 responden atau sebesar 6%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian menyatakan setuju dengan materi program pelatihan yang diberikan telah sesuai yang diterapkan.

7 Tabel 4.6 Metode yang digunakan dalam program pelatihan dapat membantu untuk mengerti materi yang diberikan 3 Kurang Setuju 7 14% 4 Setuju 23 46% 5 Sangat setuju 20 40% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 23 responden atau sebesar 46%, sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 20 responden atau sebesar 40%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 7 responden atau sebesar 14%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian menyatakan setuju dengan metode yang digunakan dalam program pelatihan dapat membantu untuk mengerti materi yang diberikan.

8 Tabel 4.7 Metode pelatihan yang diikuti sudah sesuai dengan prestasi yang diharapkan 3 Kurang Setuju 10 20% 4 Setuju 27 54% 5 Sangat setuju 13 26% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 27 responden atau sebesar 54%, sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 13 responden atau sebesar 26%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 10 responden atau sebesar 20%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian menyatakan setuju dengan metode pelatihan yang diikuti sudah sesuai dengan prestasi yang diharapkan.

9 Tabel 4.8 Program pelatihan dapat membantu hasil perbaikan kerja 3 Kurang Setuju 11 22% 4 Setuju 24 48% 5 Sangat setuju 15 30% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 24 responden atau sebesar 8% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 15 responden atau sebesar 30%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 11 responden atau sebesar 22%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian menyatakan setuju dengan program pelatihan dapat membantu hasil perbaikan kerja.

10 Tabel 4.9 Pelatih atau instruktur dalam program pelatihan sangat menguasai bahan dan materi pelatihan 3 Kurang Setuju 11 22% 4 Setuju 24 48% 5 Sangat setuju 15 30% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 24 responden atau sebesar 48% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 15 responden atau sebesar 30%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 11 responden atau sebesar 22%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian menyatakan setuju dengan pelatih atau instruktur dalam program pelatihan sangat menguasai bahan atau materi pelatihan.

11 Tabel 4.10 Pelaksanaan program pelatihan yang dilakukan perusahaan dapat mendukung pekerjaan 3 Kurang Setuju 11 22% 4 Setuju 24 48% 5 Sangat setuju 15 30% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 24 responden atau sebesar 8% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 15 responden atau sebesar 30%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 11 responden atau sebesar 22%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian menyatakan setuju dengan pelatih atau instruktur dalam program pelatihan sangat menguasai bahan atau materi pelatihan.

12 Tabel 4.11 Perusahaan telah menyediakan waktu pelatihan sesuai dengan kemampuan belajar peserta 3 Kurang Setuju 9 18% 4 Setuju 30 60% 5 Sangat setuju 11 22% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 30 responden atau sebesar 60% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 11 responden atau sebesar 22%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 9 responden atau sebesar 18%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian menyatakan setuju dengan perusahaan telah menyediakan waktu pelatihan sesuai dengan kemampuan belajar peserta.

13 Tabel 4.12 Perusahaan telah menyediakan fasilitas dan anggaran secara memuaskan 3 Kurang Setuju 20 40% 4 Setuju 19 38% 5 Sangat setuju 11 22% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab kurang setuju sebanyak 20 responden atau sebesar 40% sedangkan responden yang menjawab setuju sebanyak 19 responden atau sebesar 38%, dan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 11 responden atau sebesar 22%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden menyatakan kurang setuju dengan perusahaan karena telah menyediakan fasiltas dan anggaran secara memuaskan.

14 Tabel 4.13 Perusahaan menyediakan ruangan, alat dan pelatih yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pelaksanaan program pelatihan 3 Kurang Setuju 9 18% 4 Setuju 30 60% 5 Sangat setuju 11 22% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab kurang setuju sebanyak 20 responden atau sebesar 40% sedangkan responden yang menjawab setuju sebanyak 19 responden atau sebesar 38%, dan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 11 responden atau sebesar 22%. Dari tanggapan responden diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden menyatakan kurang setuju dengan perusahaan karena telah menyediakan ruangan, alat dan pelatih yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pelaksanaan program pelatihan.

15 4.4 Analisa Karyawan Tentang Prestasi Kerja Karyawan Prestasi kerja merupakan suatu hasil dati pelaksanaan pekerjaan karyawan yang dapat dimiliki perkembangannya melalui evaluasi yang sistematik dalam pencapaian tujuan organisasi yang diharapkan. Berikut ini adalah hasil jawaban kuesioner tentang prestasi kerja. Tabel 4.14 Anda memliki keterampilan dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh perusahaan melalui pelatihan 3 Kurang Setuju 3 6% 4 Setuju 30 60% 5 Sangat setuju 17 34% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 30 responden atau sebesar 60% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 17 responden atau sebesar 34%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 3 responden atau sebesar 6%.

16 Dapat dilihat diatas bahwa tanggapan responden yang ada dapat disimpulkan memang memungkinkan setiap karyawan memiliki suatu keterampilan dalam menjalankan tugas dengan baik dan benar. Tabel 4.15 Mengetahui pengetahuan yang menyangkut tentang pekerjaan anda 3 Kurang Setuju - 4 Setuju 24 48% 5 Sangat setuju 26 52% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab sangat setuju sebanyak 26 responden atau sebesar 52% sedangkan responden yang menjawab setuju sebanyak 24 responden atau sebesar 48%. Dari hasil diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata karyawan yang bekerja di PT. MASWANDI memiliki pengetahuan yang menyangkut dengan pekerjaan mereka saat ini.

17 Tabel 4.16 Selalu hadir dan tanpa absen (tidak masuk tanpa keterangan) 3 Kurang Setuju 6 12% 4 Setuju 28 56% 5 Sangat setuju 16 32% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 28 responden atau sebesar 56% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 16 responden atau sebesar 32%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 6 responden atau sebesar 12%. Dari tanggapan tersebut responden di atas dapat disimpulkan bahwa karyawan di PT. MASWANDI selalu berusaha hadir tanpa absen (tidak masuk tanpa keterangan).

18 Tabel 4.17 Selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan 3 Kurang Setuju 3 6% 4 Setuju 30 60% 5 Sangat setuju 17 34% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 30 responden atau sebesar 60% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 17 responden atau sebesar 34%, dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 3 responden atau sebesar 6%. Dari tanggapan diatas dapat disimpulkan bahwa karyawan di PT. MASWANDI selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan.

19 Tabel 4.18 Selalu bekerja dengan mengikuti prosedur yang ada 3 Kurang Setuju 2 4% 4 Setuju 23 46% 5 Sangat setuju 25 50% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab sangat setuju sebanyak 25 responden atau sebesar 50% sedangkan responden yang menjawab setuju sebanyak 23 responden atau sebesar 46% dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 2 responden atau sebesar 4%. Dari hasil diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa karyawan yang bekerja di PT. MASWANDI selalu bekerja dengan mengikuti prosedur yang ada.

20 Tabel 4.19 Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan 3 Kurang Setuju 10 20% 4 Setuju 26 52% 5 Sangat setuju 14 28% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 26 responden atau sebesar 52% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 14 responden atau sebesar 28% dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 10 responden atau sebesar 20%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa rata-rata karyawan yang bekerja di PT. MASWANDI mampu menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan tepat waktu.

21 Tabel 4.20 Memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan 3 Kurang Setuju 6 12% 4 Setuju 28 56% 5 Sangat setuju 16 32% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 28 responden atau sebesar 56% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 16 responden atau sebesar 32% dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 6 responden atau sebesar 12%. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar karyawan yang bekerja di PT. MASWANDI memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan.

22 Tabel 4.21 Memiliki loyalitas yang tinggi dalam pekerjaan dan perusahan 3 Kurang Setuju 13 26% 4 Setuju 18 36% 5 Sangat setuju 19 38% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab sangat setuju sebanyak 19 responden atau sebesar 38% sedangkan responden yang menjawab setuju sebanyak 18 responden atau sebesar 36% dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 13 responden atau sebesar 26%. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa lebih dari separuh karyawan yang bekerja di PT. MASWANDI memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan dan perusahaan.

23 Tabel 4.22 Dalam bekerja selalu memberikan kontribusi yang maksimal 3 Kurang Setuju 12 24% 4 Setuju 25 50% 5 Sangat setuju 13 26% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab setuju sebanyak 25 responden atau sebesar 50% sedangkan responden yang menjawab sangat setuju sebanyak 13 responden atau sebesar 26% dan responden yang menjawab kurang setuju sebanyak 12 responden atau sebesar 24%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar karyawan yang bekerja di PT. MASWANDI selalu bekerja dengan memberikan kontribusi yang maksimal.

24 Tabel 4.23 Lebih efektif jika pekerjaan dilakukan secara berkelompok 3 Kurang Setuju - 4 Setuju 24 48% 5 Sangat setuju 26 52% Dari hasil kuesioner di atas dapat dilihat bahwa sebagian besar karyawan menjawab sangat setuju sebanyak 26 responden atau sebesar 52% sedangkan responden yang menjawab setuju sebanyak 24 responden atau sebesar 48%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa rata-rata karyawan yang bekerja di PT. MASWANDI lebih efektif jika pekerjaan tersebut dilakukan secara berkelompok.

25 4.5 Analisis Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Analisis Regresi Linear Sederhana Berikut ini penulis sajikan data dari 20 pertanyaan yang diajukan, dimana variabel pelatihan (x) dengan pertanyaan 10 buah dan variabel prestasi kerja (y) dengan jumlah pertanyaan 10 buah. Seluruh pertanyaan kuisioner diajukan kepada 50 karyawan sebagai responden. Setelah masing-masing variabel dideskripsikan, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa kedua variabel tersebut sehingga dari hasil analisanya nanti akan diketahui apakah hipotesis yang diajukan terbukti kebenerannya atau tidak. Pada bagian ini akan dibahas mengenai penganalisaan data, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel pelatihan (x) terhadap prestasi kerja (y). Adapun rekapitulasi variabel-variabel yang diperlukan untuk melakukan perhitungan regresi linear sederhana adalah sebagai berikut : Tabel 4.24 Hasil Rekapitulasi Variabel-Variabel Yang Diperlukan Untuk Menghitung Regresi N Pelatihan Prestasi Kerja X 2 Y 2 XY (X) (Y)

26

27 TOTAL Sumber : Kuesioner yang diolah Berdasarkan hasil diatas maka diperoleh persamaan regresi linear sederhana dengan model persamaan sebagaimana berikut ini : Y = 13, ,709 X Hal ini berarti bila pelatihan dalam kondisi konstan, maka nilai prestasi kerja karyawan adalah sebesar 13,274 satuan. Sedangkan angka koefisien regresi sebesar 0,709 menyatakan bahwa setiap upaya penambahan (karena +1) satuan pelatihan, maka akan meningkatkan prestasi kerja karyawan sebesar 0,709 satuan. Oleh karena itu semakin banyak pelatihan yang diterapkan maka akan semakin tinggi prestasi kerja karyawan tersebut atau sebaliknya semakin buruk pelatihan yang diterapkan maka akan semakin rendah pula prestasi kerja yang dihasilkan.

28 Tabel 4.25 Hasil Uji Validitas Variabel X Kuesioner Pearson Corelation Sig. (2- tailed) X1.474 **.000 X2.569 **.000 X3.610 **.000 X4.539 **.000 X5.633 **.000 X6.356 *.011 X7.549 **.000 X8.474 **.001 X9.467 **.001 X **.000 Pada tabel di atas memperlihatkan hasil uji validitas variabel X yang semuanya valid. Dengan demikian, seluruh pernyataan dapat dimasukkan dalam pengujian selanjutnya. Dalam pengujian reliabilitas variabel X didapat angka Cronbach Alpha sebesar R 0,698 sehingga dapat dikatakan bahwa data variabel X (Pelatihan pada PT. MASWANDI) adalah reliable seperti terlihat pada tabel berikut ini.

29 Cronbach's Alpha Tabel 4.26 Reliability Statistics Cronbach's Alpha Based on Standardized Items N of Items Tabel 4.27 Hasil Uji Validitas Variabel Y Kuesioner Pearson Corelation Sig. (2-tailed) Y1.311 *.028 Y2.769 **.000 Y3.638 **.000 Y4.769 **.000 Y5.769 **.000 Y6.545 **.000 Y7.480 **.000 Y8.434 **.002 Y9.522 **.000 Y **.000 Hasil pengujian validitas dan reliabilitas variabel Y (Prestasi Kerja). Semua pernyataan kuesioner variabel Y (Prestasi Kerja) ini menunjukkan Cronbach s Alpha sebesar 0,773 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel prestasi kerja adalah reliabel seperti terlihat pada tabel berikut ini.

30 Cronbach's Alpha Tabel 4.28 Reliability Statistics Cronbach's Alpha Based on Standardized Items N of Items Analisis Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Variabel dianalisis dengan rincian, yaitu pengaruh pelatihan pada PT. MASWANDI sebagai variabel bebas (independent variable), sedangkan prestasi kerja sebagai variabel terikat (dependent variabl e). Kedua variabel tersebut diolah dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana pada program SPSS 16.0 dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan. Tabel 4.29 Model Variables Entered/Removed b Variables Entered Variables Removed Method 1 X a. Enter a. All requested variables entered. b. Dependent Variable: Y Hasil analisis dari tabel menunjukkan semua variabel pengaruh pelatihan PT. MASWANDI dimasukkan (Variables Entered) dan tidak ada variabel yang dihilangkan (Variables Removed). Dalam hal ini

31 pengaruh pelatihan pada PT. MASWANDI (X) sebagai variabel bebas (Independent Variable) dan prestasi kerja karyawan (Y) sebagai variabel terikat (Dependent Variable). Model R R Square Tabel 4.30 Model Summary Adjusted R Square Std. Error of the Estimate a a. Predictors: (Constant), X Pada tabel Model Summary terdapat nilai R sebesar 0,688 (60,88%). Dalam hal ini berarti hubungan antara variabel bebas (independent variable), yaitu pengaruh pelatihan pada PT. MASWANDI dengan variabel terikat (dependent variable), yaitu prestasi kerja karyawan menunjukkan hubungan yang kuat. Hal tersebut dapat dilihat dari tabel di bawah ini : Koefisien Korelasi Kriteria Hubungan 0,00 0,199 Sangat Rendah (Lemah) 0,20 0,399 Rendah (Lemah) 0,40 0,599 Sedang (Cukup Kuat) 0,60 0,799 Kuat 0,80 1,000 Sangat Kuat Sumber : Sugiyono (2007)

32 Kemudian di dapat nilai R square sebesar 0,474 yang berarti peningkatan prestasi kerja karyawan sebesar 47,40% disebabkan oleh pengaruh pelatihan pada PT. MASWANDI dan sisanya 52,60% (100% - 47,40%) dipengaruhi oleh sebab-sebab lain, R square berkisar 0 sampai 1 dengan asumsi semakin kecil R square maka semakin lemah kedua variabel tersebut. 4.7 Persamaan Garis Regresi Linear Sederhana Analisa regresi linear sederhana digunakan untuk mengetahui hubungan (pengaruh) dari suatu variabel bebas terhadap variabel terikat. Di dalam penelitian ini, analisis regresi yang dilakukan berguna untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variabel pelatihan pada PT. MASWANDI (X) terhadap prestasi kerja karyawan (Y) hasil data penelitian diolah dengan bantuan program SPSS 16.0 sebagai berikut : Tabel 4.31 Coefficients a Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients Model B Std. Error Beta t Sig. 1 (Constant) X a. Dependent Variable: Y

33 Dari tabel diatas dapat terlihat nilai konstanta (a), koefisien regresi (b), dan nilai t hitung dengan tingkat signifikannya. Dari tabel tersebut diperoleh persamaan regresi : Y=13, ,709 X Dari persamaan regresi di atas, nilai konstanta (a) 13,274 menyatakan bahwa jika pelatihan pada PT. MASWANDI (variabel X) nilainya adalah 0 maka prestasi kerja karyawan (variabel Y) sebesar nilai konstanta, yakni 13,274. Kemudian koefisien regresi (b) variabel pelatihan pada PT. MASWANDI (X) sebesar 0,709 menyatakan jika pelatihan pada PT. MASWANDI mengalami kenaikan sebesar 1 maka kinerja karyawan (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,709. Dalam hal ini, koefisien regresi bernilai positif dan signifikan, yang berarti jika pelatihan pada PT. MASWANDI dilaksanakan dengan baik maka prestasi kerja karyawan akan meningkat dan demikian pula sebaliknya. a. Ho : β = 0 (pelatihan pada PT. MASWANDI tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan). Ha : β 0 (pelatihan pada PT. MASWANDI b erpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan). b. Menentukan t tabel (dua arah) Taraf signifikasi (α) = 5% (0,05) dan tingkat keyakinan (y) = 95% (0,95) maka (df = n-2) = 50 2 = 48. Dalam hal ini, t tabel dapat dilihat pada tabel statistic dengan signifikansi 5% / 2 = 2,5% atau 0,05 / 2 = 0,025 (uji

34 dua sisi). Kemudian lihat di atas 0,025 dan disamping 48 maka diperoleh nilai t tabel = 2,011 c. Ketentuan berdasarkan nilai t hitung Membandingkan statistic hitung dengan statistik tabel, dimana statistik t hitung didapat dari tabel output SPSS 16.0 sebesar 6,572. d. Berdasarkan Probabilitas Jika probabilitas > 0,05 maka Ho diterima Jika probabilitas < 0,05 maka Ho ditolak Gambar 4.1 Daerah penerimaan dan penolakan uji hipotesis 95 % H 0 ditolak H 0 ditolak Daerah penerimaan H 0 0-6,572-2,011 2,011 6,572

35 Dari gambar pengujian hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung > t tabel (6,572 > 2,011). Dengan demikian H0 ditolak dan hal ini menandakan bahwa pelatihan PT. MASWANDI berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. 4.8 Uji Hipotesis Tabel uji ANOVA menunjukkan bahwa signifikansi pelatihan pada PT. MASWANDI adalah 0,000 berada di bawah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan pada PT. MASWANDI (variabel X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan (variabel Y). Model Tabel 4.32 ANOVA b Sum of Squares Df Mean Square F Sig. 1 Regression a Residual Total a. Predictors: (Constant), X b. Dependent Variable: Y Pada tabel 0,000 tabel uji ANOVA atau uji F didapat nilai F hitung sebesar 43,192 dengan signifikansi 0,000 berada dibawah nilai alpha 0,05. Hal ini menunjukkan model regresi linear dapat digunakan untuk memprediksi prestasi kerja karyawan atau dapat dikatakan pelatihan pada PT. MASWANDI berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan.

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN. Pertanyaan di bawah ini hanya semata-mata digunakan untuk data

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN. Pertanyaan di bawah ini hanya semata-mata digunakan untuk data LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN I. Umum Responden yang terhormat, Pertanyaan di bawah ini hanya semata-mata digunakan untuk data penelitian dalam rangka penyusunan skripsi Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN` Tabel 4.1 Uji Reliability Variabel X. Sumber : Data diolah dengan SPSS Tabel 4.2 Uji Reliability Variabel Y

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN` Tabel 4.1 Uji Reliability Variabel X. Sumber : Data diolah dengan SPSS Tabel 4.2 Uji Reliability Variabel Y BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN` 4.1 Analisis Uji Reliabilitas Tabel 4.1 Uji Reliability Variabel X Reliability Statistics Cronbach's Alpha Cronbach's Alpha Based on Standardized Items N of Items.675.675

Lebih terperinci

KUESIONER PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN MEBEL UD.LAZUARDI DESA NGURI KEC.LEMBEYAN KAB.

KUESIONER PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN MEBEL UD.LAZUARDI DESA NGURI KEC.LEMBEYAN KAB. KUESIONER PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN MEBEL UD.LAZUARDI DESA NGURI KEC.LEMBEYAN KAB.MAGETAN Bersama ini, saya mohon kesediaan bapak/ibu untuk mengisi daftar

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 :KUISIONER LEMBAR KUESIONER. Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr/i. Pelanggan Toko Sae Sepeda Ponorogo

LAMPIRAN 1 :KUISIONER LEMBAR KUESIONER. Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr/i. Pelanggan Toko Sae Sepeda Ponorogo LAMPIRAN :KUISIONER LEMBAR KUESIONER Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr/i Pelanggan Toko Sae Sepeda Ponorogo Bersama ini saya mohon kesediaan anda untuk mengisi daftar kuesioner mengenai ANALISIS PENGARUH HARGA,

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa jurusan marketing communication peminatan

BAB 4 HASIL PENELITIAN. menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa jurusan marketing communication peminatan BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Penyajian Data Penelitian Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa jurusan marketing communication peminatan

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN PENGARUH IKLIM KELOMPOK KERJA DENGAN TINGKAT PENJUALAN PADA DIVISI PEMASARAN PT.ISS INDONESIA CABANG MEDAN

KUESIONER PENELITIAN PENGARUH IKLIM KELOMPOK KERJA DENGAN TINGKAT PENJUALAN PADA DIVISI PEMASARAN PT.ISS INDONESIA CABANG MEDAN KUESIONER PENELITIAN Lampiran 1 PENGARUH IKLIM KELOMPOK KERJA DENGAN TINGKAT PENJUALAN PADA DIVISI PEMASARAN PT.ISS INDONESIA CABANG MEDAN Dibawah ini terdapat pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN. Terima kasih atas bantuan dan kerjasama saudara/i. Petunjuk pengisian bagian A lingkari jawaban yang anda inginkan.

KUESIONER PENELITIAN. Terima kasih atas bantuan dan kerjasama saudara/i. Petunjuk pengisian bagian A lingkari jawaban yang anda inginkan. Lampiran 1. Kuesioner Penelitian No. KUESIONER PENELITIAN Kuesioner ini merupakan instrument penelitian dalam rangka penggalian informasi mengenai pengaruh kompensasi dengan konsep 3P terhadap kepuasan

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Tabel 4.1 Hasil Kuesioner. Public Relations. membantu anda dalam menentukan jenis cetakan yang akan anda pilih?

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Tabel 4.1 Hasil Kuesioner. Public Relations. membantu anda dalam menentukan jenis cetakan yang akan anda pilih? 30 BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Hasil Kuesioner Tabel 4.1 Hasil Kuesioner Public Relations Setujukah anda bahwa Public Relations PT. Uvindo Prima Cemerlang sangat membantu anda dalam menentukan jenis cetakan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Data Laporan Keuangan PT Mayora Indah Tbk. Tabel. 4.1 Data Laporan Keuangan PT Mayora Indah Tbk.

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. 4.1 Analisis Data Laporan Keuangan PT Mayora Indah Tbk. Tabel. 4.1 Data Laporan Keuangan PT Mayora Indah Tbk. BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Analisis Data Laporan Keuangan PT Mayora Indah Tbk. Berikut adalah data laporan keuangan PT Mayora Indah Tbk (dalam juta Rupiah), selama tahun 2007 sampai dengan 2010.

Lebih terperinci

ANGKET PENELITIAN. Nama Responden. Jenis Kelamin. Pendidikan terakhir

ANGKET PENELITIAN. Nama Responden. Jenis Kelamin. Pendidikan terakhir ANGKET PENELITIAN Nama Responden Jenis Kelamin Umur Pendidikan terakhir : : : : Berdasarkan yang Bapak/Ibu ketahui mohon disampaikan mengenai beberapa hal terutama berkaitan dengan faktor yang berpengaruh

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hipotesis Gambar 4.1 Hubungan variabel bebas dan variabel terikat Keterangan : X 1 = Kompensasi X 2 = Iklim Organisasi Y = Kepuasan Kerja Hipotesis : 1. H 0 : r y1 = 0 H

Lebih terperinci

Variabel Pelayanan Purna Jual

Variabel Pelayanan Purna Jual 1 Variabel Pelayanan Purna Jual Case Processing Summary N % 25 100.0 Cases Excluded a 0.0 Total 25 100.0 a. Listwise deletion based on all variables in the procedure. Reliability Statistics Cronbach's

Lebih terperinci

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. dilakukan oleh peneliti yaitu sebagai berikut: suatu keputusan pembelian.

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. dilakukan oleh peneliti yaitu sebagai berikut: suatu keputusan pembelian. BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Tahapan Pelaksanaan Penelitian Di dalam penelitian ini terdapat tahapan pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu sebagai berikut: 1. Peneliti melakukan

Lebih terperinci

DUKUNGAN SOSIAL. Item-Total Statistics

DUKUNGAN SOSIAL. Item-Total Statistics 55 DUKUNGAN SOSIAL Reliability Item-Total Statistics Soal_1 Soal_2 Soal_3 Soal_4 Soal_5 Soal_6 Soal_7 Soal_8 Soal_9 Soal_10 Soal_11 Soal_12 Soal_13 Soal_14 Soal_15 Soal_16 Soal_17 Soal_18 Soal_19 Soal_20

Lebih terperinci

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO Lampiran 1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO KUESIONER PENELITIAN Perbedaaan Stres Kerja Pegawai Dinas Luar Berdasarkan Gender Pada AJB 1912 Bumiputera Cabang Ponorogo Bersama kuesioner

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Data Responden Data-data yang diolah dalam penelitian ini adalah kuesioner yang desebarkan kepada pengguna website Kreavi.com melalui email admin. Dari kuesioner diperoleh data

Lebih terperinci

OUTPUT ANALISIS DESKRIPTIF. Cumulative Frequency Percent Valid Percent Percent 25 71,4 71,4 71, ,6 28,6 100, ,0 100,0

OUTPUT ANALISIS DESKRIPTIF. Cumulative Frequency Percent Valid Percent Percent 25 71,4 71,4 71, ,6 28,6 100, ,0 100,0 OUTPUT ANALISIS DESKRIPTIF Frequency Table Laki-laki Perempuan Jenis Kelamin 25 71,4 71,4 71,4 10 28,6 28,6 100,0 20-30 Tahun 31-40 tahun > 40 tahun Umur 10 28,6 28,6 28,6 15 42,9 42,9 71,4 10 28,6 28,6

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Penyajian Data Penelitian Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Marketing Communication Binus University

Lebih terperinci

BAB 4 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

BAB 4 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN BAB 4 PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN 41 Hasil Uji Statistik 411 Statistik Deskriptif Pada bagian ini akan dibahas mengenai hasil pengolahan data statistik deskriptif dari variabel-variabel yang diteliti Langkah

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN

KUESIONER PENELITIAN LAMPIRAN. KUESIONER PENELITIAN Assalamu alaikum wr.wb. Dengan segala kerendahan hati, diharapkan kesediaan saudara untuk meluangkan waktunya guna mengisi daftar pertanyaan ini dengan sesungguhnya tanpa

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. bab ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas social media twitter

BAB 4 HASIL PENELITIAN. bab ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas social media twitter BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Penyajian Data Penelitian Hasil dari analisis data yang telah peneliti lakukan, akan diuraikan pada bab ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas social media

Lebih terperinci

PENGARUH KEPERCAYAAN, JAMINAN RASA AMAN, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH BANK BRI DI YOGYAKARTA

PENGARUH KEPERCAYAAN, JAMINAN RASA AMAN, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH BANK BRI DI YOGYAKARTA LAMPIRAN 1. KUESIONER PENELITIAN KUESIONER PENELITIAN Penelitian tentang: Manajemen Pemasaran ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, JAMINAN RASA AMAN, DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH BANK BRI

Lebih terperinci

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA Nama : Ridwan Maulana NPM : 16212320 Pembimbing : Widiyarsih, SE.,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. website, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi, analisis regresi linear berganda.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. website, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi, analisis regresi linear berganda. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan membahas mengenai hasil dari analisis yang dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari gambaran umum responden, kualitas website, uji validitas dan reabilitas,

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. yang telah dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari kualitas website, uji

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. yang telah dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari kualitas website, uji BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Pada bab ini akan membahas mengenai hasil dan pembahasan dari analisis yang telah dilakukan. Hasil dan pembahasan ini terdiri dari kualitas website, uji validitas dan reliabilitas,

Lebih terperinci

KUESIONER A. Identitas Responden : B. Petunjuk Pengisian

KUESIONER A. Identitas Responden : B. Petunjuk Pengisian LAMPIRAN 66 KUESIONER A. Identitas Responden : 1. Umur : a. < 15 tahun d. 26 30 tahun b. 16 20 tahun e. > 30 tahun c. 21 25 tahun 2. Jenis kelamin : a. Pria b. Wanita 3. Pendidikan Terakhir : a. SD d.

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN Data yang penulis berhasil dikumpulkan kemudian akan diolah dengan metode regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen yaitu persepsi kualitas

Lebih terperinci

Hasil Output SPSS 16.0 For Windows

Hasil Output SPSS 16.0 For Windows Hasil Output SPSS 16.0 For Windows Correlations Ling.Keluarga Prestasi Belajar Motivasi Ling.Keluarga Pearson Correlation 1.116.341 ** Sig. (2-tailed).242.000 N 104 104 104 Prestasi Belajar Pearson Correlation.116

Lebih terperinci

KUESIONER PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIFITAS KARYAWAN PADA PERUM PEGADAIAN KANWIL MEDAN

KUESIONER PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIFITAS KARYAWAN PADA PERUM PEGADAIAN KANWIL MEDAN KUESIONER PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIFITAS KARYAWAN PADA PERUM PEGADAIAN KANWIL MEDAN Bersama ini, saya mohon kesediaan bapak/ibu untuk mengisi daftar kuesioner yang

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1. Gambaran Umum Subjek Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah karyawan atau pegawai divisi fashion pada PT. Mitra Adiperkasa, tbk sebanyak 52 karyawan

Lebih terperinci

BAB 4. Hasil dan Pembahasan. dengan perawatan berkala, penyediaan kendaraan pengganti, layanan darurat dan

BAB 4. Hasil dan Pembahasan. dengan perawatan berkala, penyediaan kendaraan pengganti, layanan darurat dan BAB 4 Hasil dan Pembahasan 4.1. PT. X 4.1.1. Profil PT. X PT. X melayani jasa penyewaan kendaraan meliputi penyewaan kendaraan dengan perawatan berkala, penyediaan kendaraan pengganti, layanan darurat

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL PEMBAHASAN 4.1 Analisis Profil Responden 4.1.1 Statistik Deskriptif Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan dalam penelitian

Lebih terperinci

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ALAM WISATA RESTO. Ahmad Mustakim

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ALAM WISATA RESTO. Ahmad Mustakim PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ALAM WISATA RESTO Ahmad Mustakim 10213444 PENDAHULUAN LATAR BELAKANG MASALAH Seorang pemimpin juga merupakan merupakan salah satu cara

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA. menggunakan program SPSS, penulis membuat hipotesis sebagaimana yang

BAB IV ANALISIS DATA. menggunakan program SPSS, penulis membuat hipotesis sebagaimana yang 80 BAB IV ANALISIS DATA A. Pengujian Hipotesis Sebelum menjabarkan tentang analisis data dalam bentuk perhitungan menggunakan program SPSS, penulis membuat hipotesis sebagaimana yang telah ada pada pokok

Lebih terperinci

BAB IV PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI DESA SIGAYAM KECAMATAN WONOTUNGGAL BATANG

BAB IV PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI DESA SIGAYAM KECAMATAN WONOTUNGGAL BATANG 52 BAB IV PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI DESA SIGAYAM KECAMATAN WONOTUNGGAL BATANG A. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua di Desa Sigayam Kecamatan Wonotunggal Batang

Lebih terperinci

BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN. Untuk memperoleh data dalam pengujian ini, penulis telah membagikan

BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN. Untuk memperoleh data dalam pengujian ini, penulis telah membagikan BAB 4 ANALISIS DAN BAHASAN 4.1 Profil Responden Untuk memperoleh data dalam pengujian ini, penulis telah membagikan kuesioner kepada 60 responden. Jumlah responden tersebut dihasilkan dari rumus perhitungan

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN. Pengaruh Struktur Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Pada PT. BANK BUKOPIN, Tbk KANTOR CABANG MEDAN GAJAH MADA

KUESIONER PENELITIAN. Pengaruh Struktur Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Pada PT. BANK BUKOPIN, Tbk KANTOR CABANG MEDAN GAJAH MADA Lampiran KUESIONER PENELITIAN Pengaruh Struktur Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. BANK BUKOPIN, Tbk KANTOR CABANG MEDAN GAJAH MADA Petunjuk Pengisian Kuesioner: 1. Berilah tanda checklist

Lebih terperinci

Lampiran 1. Universitas Sumatera Utara

Lampiran 1. Universitas Sumatera Utara Lampiran 1 KUESIONER PENELITIAN PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN DESAIN PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BIDANG PENDAPATAN DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET (DPKA) KOTA LANGSA Dibawah ini terdapat

Lebih terperinci

PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG CIBINONG

PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG CIBINONG PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG CIBINONG Oleh : Fitri Zakiyah (10208526) Latar Belakang Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan

Lebih terperinci

DAFTAR LAMPIRAN KUESIONER PENGARUH PROMOSI DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA YARIS PADA

DAFTAR LAMPIRAN KUESIONER PENGARUH PROMOSI DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA YARIS PADA DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 KUESIONER PENGARUH PROMOSI DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA YARIS PADA AUTO 2000 CABANG GATOT SUBROTO MEDAN Bersama ini saya mohon kesediaan anda

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN

LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN LAMPIRAN 1 KUESIONER PENELITIAN Kepada: Yth: Bapak/Ibu/Saudara/i Di Tempat Dengan hormat, Dalam rangka mencari data guna menyusun skripsi dengan judul Pengaruh kualitas Customer Relation Management dan

Lebih terperinci

DAFTAR KUESIONER. ini tidak berhubungan dengan benar atau salah. makna tanda tersebut adalah sebagai berikut:

DAFTAR KUESIONER. ini tidak berhubungan dengan benar atau salah. makna tanda tersebut adalah sebagai berikut: 66 Lampiran 1 I. PETUNJUK PENGISIAN DAFTAR KUESIONER 1. Jawablah setiap pertanyaan ini sesuai pendapat Bapak/Ibu/Saudara sejujur-jujurnya dan perlu diketahui bahwa jawaban dari kuesioner ini tidak berhubungan

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Berdasarkan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 85 nasabah, yang akan disajikan gambaran karakteristik dari nasabah

Lebih terperinci

KUISIONER PENELITIAN

KUISIONER PENELITIAN LAMPIRAN 1 KUISIONER PENELITIAN Dengan Hormat, Berkenaan dengan adanya penelitian dalam rangka penyusunan skripsi dengan judul PENGARUH GAJI, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KANTOR

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN

BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN BAB IV ANALISIS PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI DESA PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN A. Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas Pembahasan pada bab ini merupakan hasil

Lebih terperinci

Medan, November 2011 Kepada Yth: Bapak/Ibu Karyawan PT. Graha Sarana Duta di Medan

Medan, November 2011 Kepada Yth: Bapak/Ibu Karyawan PT. Graha Sarana Duta di Medan Lampiran 1: Kuesioner Medan, November 2011 Kepada Yth: Bapak/Ibu Karyawan PT. Graha Sarana Duta di Medan Perihal: Pengisian Kuesioner Bersama ini dimohon dengan hormat bantuan Bapak/Ibu untuk mengisi kuesioner

Lebih terperinci

DAFTAR KUESIONER. Pernyataan yang ada dalam rangka penyusunan skripsi ini hanya semata-mata

DAFTAR KUESIONER. Pernyataan yang ada dalam rangka penyusunan skripsi ini hanya semata-mata DAFTAR KUESIONER Bapak/Ibu terhormat, Pernyataan yang ada dalam rangka penyusunan skripsi ini hanya semata-mata untuk data penelitian dalam rangka penyusunan skripsi dengan judul Pengaruh Perencanaan Karir

Lebih terperinci

KUESIONER PENELITIAN. Kuesioner ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh

KUESIONER PENELITIAN. Kuesioner ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Lampiran 1 KUESIONER PENELITIAN a. Umum Kuesioner ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dalam meningkatkan kinerja Bapak/Ibu sebagai karyawan.

Lebih terperinci

KUESIONER TENTANG KUALITAS PELAYANAN FRONT LINER. SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT PLN ( Persero ) AREA PELAYANAN GROGOL JAKARTA BARAT

KUESIONER TENTANG KUALITAS PELAYANAN FRONT LINER. SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT PLN ( Persero ) AREA PELAYANAN GROGOL JAKARTA BARAT Lampiran 1 KUESIONER TENTANG KUALITAS PELAYANAN FRONT LINER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT PLN ( Persero ) AREA PELAYANAN GROGOL JAKARTA BARAT Data Pribadi 1. Jenis Kelamin : a. Laki- laki b. Perempuan

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 SK PEMBIMBING

LAMPIRAN 1 SK PEMBIMBING LAMPIRAN 1 SK PEMBIMBING LAMPIRAN 2 KUISIONER PENELITIAN LAMPIRAN 3 DATA ORDINAL DAN INTERVAL VARIABEL X & Y LAMPIRAN 4 OUTPUT SPSS 22 Validitas, Reliabilitas, Korelasi dan Regresi Validitas Atribut Produk

Lebih terperinci

Lampiran I KUISIONER. No. Responden :

Lampiran I KUISIONER. No. Responden : Lampiran I KUISIONER PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP KEMAMPUAN BERSAING PADA PERUSAHAAN AIRLINE PT. INDONESIA AIR ASIA UNTUK PELANGGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI USU No. Responden : Bersama ini saya memohon

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. 4.1 Pelaksanaan Pemberian Motivasi pada Yayasan Pendidikan Islam SMK

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN. 4.1 Pelaksanaan Pemberian Motivasi pada Yayasan Pendidikan Islam SMK 46 BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Pelaksanaan Pemberian Motivasi pada Yayasan Pendidikan Islam SMK Al-Huda Produktivitas adalah menyangkut hasil akhir yakni menyangut seberapa besar hasil akhir yang

Lebih terperinci

KUISIONER PENELITIAN PENGARUH KETERLIBATAN KERJA, KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION

KUISIONER PENELITIAN PENGARUH KETERLIBATAN KERJA, KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION 1 Lampiran 1 : Kuesioner Penelitian I KUISIONER PENELITIAN PENGARUH KETERLIBATAN KERJA, KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION Panduan Pengisian Pertanyaan yang diajukan dan

Lebih terperinci

Andry Wirawan Analisis Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Warung Ayam Monyet.

Andry Wirawan Analisis Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Warung Ayam Monyet. Andry Wirawan 10210772 Manajemen Ekonomi 2013 Analisis Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Warung Ayam Monyet. Latar Belakang Sebagai studi kasus tentang produk dan harga,

Lebih terperinci

ANGKET PENGARUH PENGEMBANGAN PEGAWAI TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KOTA SIBOLGA

ANGKET PENGARUH PENGEMBANGAN PEGAWAI TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KOTA SIBOLGA LAMPIRAN 80 81 ANGKET PENGARUH PENGEMBANGAN PEGAWAI TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KOTA SIBOLGA A. Umum Responden yang terhormat, Angket ini bertujuan untuk mengetahui

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. kepada 80 responden yang ada di Bank Sinarmas KCP Tanah Abang.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. kepada 80 responden yang ada di Bank Sinarmas KCP Tanah Abang. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Pada sub bab ini penulis akan mencoba untuk menganalisa data yang telah diperoleh dari hasil kuesioner yang telah diolah. Kuesioner dibagikan kepada 80 responden

Lebih terperinci

PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN

PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN 99 Lampiran 1 Kuesioner Penelitian PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN I. Umum Responden yang terhormat, Pertanyaan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA. telah ada pada pokok bahsan bab awal. Hipotesa penulis adalah : Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya.

BAB IV ANALISIS DATA. telah ada pada pokok bahsan bab awal. Hipotesa penulis adalah : Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya. 83 BAB IV ANALISIS DATA A. Pengujian Hipotesis Sebelum menjabarkan tentang analisis data dalam bentuk perhitungan menggunakan program SPSS, penulis membuat hipotesis sebagaimana yang telah ada pada pokok

Lebih terperinci

penggunaan nilai wajar yang di adopsi oleh IAI yaitu mengenai properti investasi yang diatur dalam PSAK 13 dan IAS 40 pada standar IFRS.

penggunaan nilai wajar yang di adopsi oleh IAI yaitu mengenai properti investasi yang diatur dalam PSAK 13 dan IAS 40 pada standar IFRS. Pada standar IFRS terdapat penggunaan metode nilai wajar. Salah satu penggunaan nilai wajar yang di adopsi oleh IAI yaitu mengenai properti investasi yang diatur dalam PSAK 13 dan IAS 40 pada standar IFRS.

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 KUESIONER

LAMPIRAN 1 KUESIONER LAMPIRAN 1 KUESIONER DAFTAR KUESIONER PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. WAHANA WINGS SURYA DISTRIBUTOR KUDUS PENGANTAR Guna menyusun skripsi dalam rangka memenuhi

Lebih terperinci

ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS GUNADARMA

ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS GUNADARMA ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS GUNADARMA Nama : Resti Diniarsi NPM : 12209081 Jurusan : Manajemen Pembimbing : Ajie Wahyu Jati, SE., MM. BAB I Latar Belakang Terbatasnya

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 45 BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Statistik Deskriptif Berdasarkan data yang telah disebar kepada Auditor di 103 Kantor Akuntan Publik yang berada di seluruh wilayah Jakarta Barat dan Jakarta

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1. Struktur Organisasi Perum Bulog Divre Sumut. Sumber : Perum Bulog Divre Sumut

LAMPIRAN 1. Struktur Organisasi Perum Bulog Divre Sumut. Sumber : Perum Bulog Divre Sumut LAMPIRAN 1 Struktur Organisasi Perum Bulog Divre Sumut Sumber : Perum Bulog Divre Sumut 163 LAMPIRAN 2 KUESIONER PENELITIAN PENGARUH PENDELEGASIAN WEWENANG DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA

Lebih terperinci

DAFTAR LAMPIRAN. 2. Jenis Kelamin : 1). Laki-Laki 2). Perempuan

DAFTAR LAMPIRAN. 2. Jenis Kelamin : 1). Laki-Laki 2). Perempuan 82 DAFTAR LAMPIRAN 1. Kuesioner Penelitian A. Umum Responden yang terhormat, Pertanyaan yang ada dalam kuesioner ini hanya semata mata untuk data penelitian dalam rangka penyusunan skripsi dengan judul

Lebih terperinci

Kerahasiaan identitas dan data Bapak/Ibu dari hasil penelitian ini dijamin dan hanya dipergunakan untuk kepentingan akademis.

Kerahasiaan identitas dan data Bapak/Ibu dari hasil penelitian ini dijamin dan hanya dipergunakan untuk kepentingan akademis. Lampiran 1: Kuesioner Medan, Oktober 2011 Kepada Yth, Bapak/Ibu Responden Nasabah Bank BRI Cabang Sidikalang di Tempat Dengan hormat, Sehubungan dengan penyusunan tesis yang berjudul Pengaruh Kualitas

Lebih terperinci

Bapak/Ibu untuk dapat membantu penelitian saya dengan mengisi kuesioner. Disiplin Kerja terhadap Efektivitas Kerja Karyawan pada Pabrik Pupuk PT.

Bapak/Ibu untuk dapat membantu penelitian saya dengan mengisi kuesioner. Disiplin Kerja terhadap Efektivitas Kerja Karyawan pada Pabrik Pupuk PT. LAMPIRAN 1 Assalamu alaikum Wr. Wb. Yang Terhormat Bapak/Ibu karyawan pabrik pupuk PT. Agrofarm Nusa Raya, Dalam rangka menyelesaikan studi di Fakultas ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah

Lebih terperinci

Perhitungan ROA perusahaan Telekomunikasi di BEI No Kode

Perhitungan ROA perusahaan Telekomunikasi di BEI No Kode LAMPIRAN 1 Perhitungan perusahaan Telekomunikasi di BEI Tahun 1998 1 TLKM 1168670 23693546 4.93 2 ISAT 1142403 4879041 23.41 Tahun 1999 1 TLKM 2172321 26329654 8.25 2 ISAT 1594759 5755420 27.71 Tahun 2000

Lebih terperinci

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Mie Ayam Keriting Permana di Perumahan Harapan Baru 1

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Mie Ayam Keriting Permana di Perumahan Harapan Baru 1 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Mie Ayam Keriting Permana di Perumahan Harapan Baru 1 Nama :Farah Npm :122100606 Jurusan :Manajemen Pembimbing :Rooswhan Budhi

Lebih terperinci

ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN INSENTIVE TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO), TBK DI MEDAN

ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN INSENTIVE TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO), TBK DI MEDAN Lampiran. DAFTAR PERTANYAAN ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN INSENTIVE TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO), TBK DI MEDAN A. Petunjuk :. Isilah jawaban

Lebih terperinci

Lampiran 1 Petunjuk Pengisisan Angket ANGKET. Nama :... Umur :... Kelas :... Jenis kelamin :...

Lampiran 1 Petunjuk Pengisisan Angket ANGKET. Nama :... Umur :... Kelas :... Jenis kelamin :... Lampiran 1 Petunjuk Pengisisan Angket ANGKET Nama :... Umur :... Kelas :... Jenis kelamin :... Petunjuk Baca dan pahami baik-baik setiap pernyataan. Anda diminta untuk mengemukakan apakah pernyataan-pernyataan

Lebih terperinci

BAB V ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. pada saat penelitian berlangsung. Terdapat 3 karakteristik responden yang. Tabel 5.1

BAB V ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN. pada saat penelitian berlangsung. Terdapat 3 karakteristik responden yang. Tabel 5.1 1 BAB V ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN 5.1. Karakterisitik Responden Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar sebanyak 100 orang yang penulis temui

Lebih terperinci

KUISIONER PENELITIAN

KUISIONER PENELITIAN Lampiran 1 KUISIONER PENELITIAN No. Responden : a. Umum Responden yang terhormat, Pertanyaan yang ada di kuisioner ini bertujuan untuk melengkapi data penelitian dalam rangka penyusunan skripsi dengan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DATA

BAB IV ANALISIS DATA BAB IV ANALISIS DATA A. Pengujian Hipotesis Sebelum menjabarkan tentang analisis data dalam bentuk perhitungan menggunakan program SPSS, penulis membuat hipotesis sebagaimana yang telah ada pada pokok

Lebih terperinci

PENGARUH KUALITAS PRODUK, TEMPAT, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMSUM GALAXY SATRIO

PENGARUH KUALITAS PRODUK, TEMPAT, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMSUM GALAXY SATRIO PENGARUH KUALITAS PRODUK, TEMPAT, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMSUM GALAXY SATRIO Nama : Isnaen Reza Saputra NPM : 13211740 Jurusan : Manajemen Pembimbing : Sri Kurniasih Agustin, SE., MM Latar

Lebih terperinci

Berdasarkan Tabel 4.1 di atas, dapat diketahui bahwa terdapat 18 responden laki-laki dengan persentase 43% dan 24 orang responden

Berdasarkan Tabel 4.1 di atas, dapat diketahui bahwa terdapat 18 responden laki-laki dengan persentase 43% dan 24 orang responden BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada ERHA CLINIC Bandung Hasil Penelitian pada bab ini penulis membahas hasil penelitian tentang pengaruh Pelatihan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS HASIL DAN PEMBAHASAN A. Analisis Hasil 1. Statistik Deskriptif a. Analisis Deskriptif Statistik Statistik deskriptif digunakan untuk melihat gambaran secara umum data yang telah dikumpulkan

Lebih terperinci

BAB V PENUTUP. 5.1 Kesimpulan Penelitian. Melalui hasil data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner

BAB V PENUTUP. 5.1 Kesimpulan Penelitian. Melalui hasil data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan Penelitian Melalui hasil data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner dilakukan pengujian reliabilitas untuk mengetahui bahwa jawaban yang diberikan oleh responden

Lebih terperinci

Lampiran 1: Kuesioner Penelitian. Kuesioner Survey IDENTITAS RESPONDEN

Lampiran 1: Kuesioner Penelitian. Kuesioner Survey IDENTITAS RESPONDEN Lampiran 1: Kuesioner Penelitian Kuesioner Survey Pengaruh Brand Image Terhadap kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen AMDK Aqua Galon (Pada warga yang berdomisli warga kelurahan Pagedangan, Tangerang)

Lebih terperinci

LAMPIRAN. ketersediaan waktunya untuk mengisi kuesioner ini.

LAMPIRAN. ketersediaan waktunya untuk mengisi kuesioner ini. LAMPIRAN Lampiran 1. Kuesioner Penelitian Responden yang terhormat, Saya Widhi Raditya, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Soegijapranata Semarang. Dalam rangka penelitian

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Gambaran Umum Responden Penelitian. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian survei ini

BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Gambaran Umum Responden Penelitian. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian survei ini BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Penyajian Data Penelitian 4.1.1 Gambaran Umum Responden Penelitian Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian survei ini seluruhnya berjumlah 100 orang.

Lebih terperinci

ANGKET PENELITIAN Identitas Responden B. Petunjuk Pengisian Kuesioner No. Pernyataan STS

ANGKET PENELITIAN Identitas Responden B. Petunjuk Pengisian Kuesioner No. Pernyataan STS ANGKET PENELITIAN A. Identitas Responden a. Nama :... b. Usia :... Tahun c. Jenis Kelamin : Laki-laki \ Perempuan (*coret yang tidak perlu) d. Masa Kerja :... e. Bagian / Unit Kerja :... B. Petunjuk Pengisian

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Pelaksanaan Kompensasi Pada Perusahaan Kompensasi merupakan balas jasa yang diberikan kepada karyawannya sesuai dengan jasa yang karyawan berikan kepada perusahaan. Jasa

Lebih terperinci

KUESIONER LAMPIRAN 1. BAGIAN 1 PROFIL RESPONDEN (Silahkan beri tanda ) Nama : Jenis Kelamin : Laki-Laki Perempuan. Usia :

KUESIONER LAMPIRAN 1. BAGIAN 1 PROFIL RESPONDEN (Silahkan beri tanda ) Nama : Jenis Kelamin : Laki-Laki Perempuan. Usia : 84 LAMPIRAN 1 KUESIONER Victor Jrimanti Norela 2012 11 245 Bapak/Ibu, Saudara/Saudari yang saya hormati, Saya mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Esa Unggul. Dalam hal

Lebih terperinci

LAMPIRAN. Lampiran 1 : Kuesioner Uji Validitas dan Reliabilitas

LAMPIRAN. Lampiran 1 : Kuesioner Uji Validitas dan Reliabilitas LAMPIRAN Lampiran 1 : Kuesioner Uji Validitas dan Reliabilitas I. IDENTITAS RESPONDEN Nama : NIM : Angkatan : 2011 2012 Jenis Kelamin : Laki-Laki Perempuan Usia : Tahun II. PETUNJUK PENGISIAN Anda diminta

Lebih terperinci

LAMPIRAN 1 UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS TERPAAN MEDIA Reliability Case Processing Summary N % Cases 96 100.0 Excluded a 0.0 Total 96 100.0 a. Listwise deletion based on all variables in the procedure.

Lebih terperinci

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPONE SAMSUNG (STUDY KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA)

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPONE SAMSUNG (STUDY KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPONE SAMSUNG (STUDY KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA) Nama : Helpiani br karo NPM : 13211277 Pembimbing : Sri Kurniasih

Lebih terperinci

BAB IV HASIL dan PEMBAHASAN. buah. Dari 105 kuesioner yang dikirimkan kepada seluruh

BAB IV HASIL dan PEMBAHASAN. buah. Dari 105 kuesioner yang dikirimkan kepada seluruh BAB IV HASIL dan PEMBAHASAN 4.1. Gambaran Umum Obyek Penelitian Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner. Responden dalam penelitian

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Dalam bab ini membahas hasil data yang telah dikumpulkan dari para responden yaitu karyawan Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang di Tangerang. Data hasil kuesioner yang telah

Lebih terperinci

LAMPIRAN : KUESIONER PENELITIAN

LAMPIRAN : KUESIONER PENELITIAN LAMPIRAN : KUESIONER PENELITIAN I. Identitas Responden 1. Nama : 2. Usia : a. < 30 th b. 30-40 th c. >40 th 3. Jenis kelamin : Laki-laki / Perempuan 4. Pendidikan terakhir : D3 / S1 / S2 / S3 5. Jabatan

Lebih terperinci

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN

BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN 70 BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN 5.1 Hasil Penelitian 5.1.1. Karakteristik Responden Penelitian Jumlah responden dalam penelitian ini 130 orang guru dari lima sekolah, yaitu SMA Negeri 57 Jakarta,

Lebih terperinci

Lampiran 1. Kuisioner. Kuisioner. Kami mohon bantuan bapak/ ibu guru mengisi angket ini.angket ini

Lampiran 1. Kuisioner. Kuisioner. Kami mohon bantuan bapak/ ibu guru mengisi angket ini.angket ini 76 Lampiran 1. Kuisioner Kuisioner Kami mohon bantuan bapak/ ibu guru mengisi angket ini.angket ini dibuat untuk mengetahui analisis pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru pada sekolah

Lebih terperinci

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 48 BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN 4.1 Karakteristik Responden Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan dan diperoleh melalui menyebar kuesioner secara langsung kepada

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. dengan menggunakan rumus Slovin atas jumlah seluruh pelanggan spring bed

BAB 4 HASIL PENELITIAN. dengan menggunakan rumus Slovin atas jumlah seluruh pelanggan spring bed 54 BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Identitas Responden Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan spring bed Airland PT. Dinamika Indonusa Prima showroom Hayam Wuruk yang berjumlah 100 orang.

Lebih terperinci

LAMPIRAN A KUESIONER

LAMPIRAN A KUESIONER LAMPIRAN A KUESIONER KUESIONER Topik : Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Karyawan PT Rodeo Prima Jaya Semarang Dengan Hormat, Sehubungan dengan

Lebih terperinci

Lampiran I : KUESIONER PENELITIAN SEBELUM UJI VALIDITAS

Lampiran I : KUESIONER PENELITIAN SEBELUM UJI VALIDITAS Lampiran I : KUESIONER PENELITIAN SEBELUM UJI VALIDITAS PENGARUH SEMANGAT KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PERUM PEGADAIAN KANWIL I MEDAN A. Umum Bapak/ibu yang terhormat,

Lebih terperinci

PENULISAN ILMIAH. Pengaruh Peranan Pimpinan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Katra Yatra (Radio Suara Bekasi 855 AM)

PENULISAN ILMIAH. Pengaruh Peranan Pimpinan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Katra Yatra (Radio Suara Bekasi 855 AM) Nama : Eric Rahmana NPM : 12212524 Jurusan : Manajemen Pembimbing : Anisah, SE., MM PENULISAN ILMIAH Pengaruh Peranan Pimpinan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Katra Yatra (Radio Suara Bekasi

Lebih terperinci

Kuesioner. Strategi Pengembangan Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Produk Dodol Durian di Kabupaten Serdang Bedagai

Kuesioner. Strategi Pengembangan Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Produk Dodol Durian di Kabupaten Serdang Bedagai LAMPIRAN 1 Kuesioner Strategi Pengembangan Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Produk Dodol Durian di Kabupaten Serdang Bedagai Tata cara pengisian kuesioner 1. Pengisian kuesioner dilakukan dengan memberikan

Lebih terperinci

Tabel r (product moment), Tabel t dan Tabel F

Tabel r (product moment), Tabel t dan Tabel F Tabel r (product moment), Tabel t dan Tabel F L30 Tabel t L31 (Junaidi Chaniago, 2010, http://junaidichaniago.wordpress.com) L32 Tabel F (Hasil hitung menggunakan SPSS 2.0 dengan taraf signifikansi 0,05)

Lebih terperinci

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Dari sejumlah kuesioner yang telah disebarkan sebanyak 63, diambil dan diolah,

BAB 4 HASIL PENELITIAN. Dari sejumlah kuesioner yang telah disebarkan sebanyak 63, diambil dan diolah, BAB 4 HASIL PENELITIAN 4.1 Data Responden Dari sejumlah kuesioner yang telah disebarkan sebanyak 63, diambil dan diolah, maka terdapat data-data responden dari warga Alam Indah Rt001/07. Data-data tersebut

Lebih terperinci

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berjudul " Pengaruh Relationship. Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Jasa

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berjudul  Pengaruh Relationship. Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Jasa LAMPIRAN KUESIONER Kepada Yth Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari Pelanggan PT. NASMOCO Bantul Yogyakarta Di Tempat Sehubungan dengan penulisan skripsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Lebih terperinci