MATERI SOSIALISASI HAK AKSES DOSEN DALAM SISTEM INFORMASI AKADEMIK

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "MATERI SOSIALISASI HAK AKSES DOSEN DALAM SISTEM INFORMASI AKADEMIK"

Transkripsi

1 MATERI SOSIALISASI HAK AKSES DOSEN DALAM SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012

2 I. PENDAHULUAN Sistem Informasi Akademik (SIMAK Backoffice) dibangun untuk memudahkan struktur pengelolaan data elektronik terkait data-data administrasi akademik seluruh mahasiswa Universitas Sriwijaya. SIMAK Backoffice adalah aplikasi yang digunakan baik oleh administrator maupun operator akademik pada tiap-tiap fakultas yang ada di lingkungan Universitas Sriwijaya. Sistem Informasi Akademik Universitas Sriwijaya telah berjalan sejak tahun angkatan 2008 hingga sekarang (tahun angkatan 2012). Fitur-fitur pengelolaan data akademik terus dikembangkan hingga sekarang untuk mengakomodir beberapa kebutuhan yang diperlukan dalam penyesuaian pengoperasian dan pemanfaatan data akademik di tingkat fakultas maupun di tingkat universitas. Mengingat adanya beberapa kebutuhan pokok yang saat ini harus segera terlaksana mulai tahun akademik 2012/2013 dan seterusnya terkait dengan pengelolaan data akademik berupa pengisian nilai yang dilakukan oleh dosen, pengelolaan data akademik PA (Pembimbing Akademik), penambahan akun hak akses di tingkat struktural fakultas dan jurusan dan pelaporan (report) di tingkat fakultas. Dalam kesempatan ini, tim ICT melakukan sosialisasi metode pengoperasian untuk layanan dan fasilitas hak akses dosen dalam pengelolaan data Sistem Informasi Akademik di fakultas masing-masing. Adapun layanan dalam hak akses dosen dalam SIMAK masing-masing fakultas terdiri ata beberapa layanan yang di antaranya adalah sebagai berikut: 1. Entry Nilai. 2. Data Akademik PA 3. Setting Password. Apabila seorang dosen belum memiliki akun hak akses sebagai dosen dalam SIMAK di fakultas masing-masing, maka dosen bersangkutan dapat meminta kepada Administrator SIMAK fakultas yang bersangkutan untuk membuat akun hak akses bagi dirinya. Apabila seorang dosen telah memiliki akun hak akses tersebut, yaitu berupa Username dan Password, maka dosen bersangkutan dapat menggunakan akun tersebut untuk medapatkan hak ases di dalam SIMAK fakultasnya masing-masing.

3 II. LOGIN SISTEM DAN SETTING PASSWORD Untuk masuk (login) ke dalam sistem, seorang dosen yang telah memiliki akun hak akses dapat melakukannya secara online melalui sebuah koneksi internet kapan saja dan di mana saja. Berikut ini adalah daftar alamat login ke aplikasi SIMAK pada masingmasing fakultas sesuai dengan fakultas tempat di mana dosen tersebut mengajar. NO. NAMA FAKULTAS ALAMAT (URL) LOGIN 1. Fakultas Ekonomi (FE) 2. Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) 3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 6. Fakultas Hukum (FH) 7. Fakultas Pertanian (FP) 8. Fakultas Teknik (FT) 9. Fakultas Kesehatan Masyarakat Pada saat pertama kali seorang dosen mendapatkan akun hak akses ke dalam SIMAK sebuah fakultas, dosen tersebut harus melakukan login dan mengubah password yang telah diberikan admin SIMAK fakultasnya dengan password yang diinginkannya. Berikut ini adalah contoh login pertama kali yang dilakukan oleh seorang dosen: Gambar 2.1 Contoh sebuah halaman login untuk dosen Pada halaman login seperti di atas, dosen memasukkan Username dan Password yang telah diberikan oleh administrator SIMAK fakultas ke dalam form yang tersedia seperti pada gambar di atas. Setelah itu, dosen akan masuk ke dalam halaman utama sistem seperti pada gambar di bawah ini:

4 Gambar 2.2 Halaman utama hak akses dosen Pada saat pertama kali seorang dosen login dan masuk ke halaman utama sistem, dosen tersebut WAJIB melakukan pengubahan (setting) password yang diterimanya dari administrator SIMAK fakultas. Untuk melakukan setting password, kliklah menu Setting Password pada menu utama sistem, maka akan muncul halaman setting password seperti gambar di bawah ini: Gambar 2.3 Halaman setting password Pada halaman setting password di atas, dosen wajib memasukkan password yang baru sebanyak dua kali ke dalam form yang telah disediakan. Gunakanlah password yang seaman mungkin dengan jumlah karakter password minimal sebanyak 10 karakter yang dapat berupa kombinasi huruf dan angka. Setelah itu klik tombol Simpan, dan dosen bersengkutan akan diminta melakukan login kembali dengan password yang baru. Dosen wajib merahasiakan dan mengingat password yang dimilikinya. Kelalaian dalam menjaga kerahasiaan username dan password adalah tanggung jawab dosen yang bersangkutan. Apabila seorang dosen lupa terhadap password yang dimilikinya, dosen bersangkutan dapat meminta bantuan dengan menghubungi secara langsung administrator SIMAK fakultas yang bersangkutan untuk mereset kembali passwordnya. Kemudian ulangi login dan ubah password kembali dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

5 III. ENTRY NILAI Hal terpenting dalam pemberian fasilitas entry nilai yang dapat dilakukan langsung oleh dosen bersangkutan ke dalam sistem secara online adalah sebagai berikut: 1. Meningkatkan keabsahan dan otentikasi data nilai dalam sebuah kelas mata kuliah yang diampu oleh dosen yang bersangkutan. 2. Memudahkan dosen dengan fasilitas online yang disediakan agar proses pemberian nilai dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan sesuai dengan jadwal batas akhir yang telah ditetapkan oleh fakultas. 3. Membantu kinerja admin/operator yang selama ini dibebankan untuk melakukan entry nilai seluruh kelas mata kuliah yang mecapai ratusan mahasiswa per kelas dan per mata kuliah. Fitur entry nilai yang dapat dilakukan oleh seorang dosen pengajar sebuah matakuliah dilakukan dengan prosedur berikut ini: 1. Admin/operator melakukan setting kelas sebuah mata kuliah tertentu. 2. Admin/operator menentukan satu atau lebih dosen pengajar untuk sebuah kelas. 3. Admin menetapkan masa entry nilai (batas awal dan batas akhir waktu entry nilai) yang dapat dilakukan oleh dosen. 4. Admin membuat akun dosen pengajar pengajar tersebut. 5. Dosen melakukan login ke aplikasi SIMAK. 6. Dosen memeriksa daftar mata kuliah dan kelas yang diampunya. 7. Dosen melakukan entry nilai seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah atau kelas yang diampunya. 8. Dosen men-download DPNA (Daftar Perolehan Nilai Akhir) berupa file PDF, mencetak dan menandatanganinya, kemudian menyerahkan printout DPNA tersebut sebagai bukti otentik ke bagian administrasi akademik jurusan dan atau fakultas yang bersangkutan. 9. Admin/operator melakukan verifikasi kembali keabsahan DPNA tersebut dengan membandingkannya dengan daftar nilai online yang ada di sistem. 10. Jika terdapat kesalahan atau perbedaan antar printout DPNA dengan daftar nilai yang ada di system, maka admin/operator wajib mengklarifikasikannya dengan dosen yang bersangkutan untuk kemudian menerima printout DPNA baru yang telah ditandatangani dan sesuai dengan daftar nilai yang ada di sistem. Ketika soerang dosen telah melakukan login ke dalam SIMAK pada fakultasnya masing-masing, dosen tersebut dapat melakukan entry nilai terhadap seluruh mahasiswa yang mengikuti kelas seluruh mata kuliah yang diajarkan/diampu oleh dosen tersebut. Untuk melakukannya, dapat mengikuti contoh ilustrasi pengoperasian sebagai berikut: Seorang dosen mengklik menu Entry Nilai pada halaman utama sistem, kemudian akan muncul halaman daftar seluruh mata kuliah dan kelas yang diajarkan/diampu oleh dosen bersangkutan di fakultasnya masing-masing, seperti pada gambar di bawah ini:

6 Gambar 3.1 Daftar matakuliah dan kelas yang diajarkan Daftar mata kuliah dan kelas seperti pada gambar di atas adalah daftar seluruh mata kuliah dan kelas yang diajarkan oleh seorang dosen pada tahun akademik dan semester yang aktif saat ini. Apabila dosen ingin melihat kembali daftar mata kuliah dan melihat daftar nilainya pada tahun akademik dan semester sebelumnya, dapat dengan mengubah Tahun Akademik dan Semester melalui form yang telah disediakan pada bagian paling atas. Kemudian klik tombol Tampilkan. Seorang dosen dapat melakukan entry nilai hanya pada semester yang sedang aktif saat itu. Dosen dapat melakukan entry nilai dengan menggunakan dua cara, yaitu: 1. Dengan menggunakan file excel. 2. Dengan cara langsung menggunakan form yang tersedia 3.1 Entry Nilai Dengan File Excel Untuk melakukan entry nilai dengan file excel, seorang dosen TIDAK DIPERBOLEHKAN membuat file excel dengan caranya sendiri. File excel untuk entry nilai ke dalam sistem telah disediakan dan dapat di-download oleh dosen yang bersangkutan. Caranya adalah dengan meng-klik tombol Download DPNA (Form Excel) seperti pada gambar di atas (gambar 3.1). Setelah itu akan muncul jendela konfirmasi download, kemudian simpanlah file tersebut dengan mengklik tombol Simpan Berkas atau Save File seperti pada gambar berikut:

7 Gambar 3.2 Download file excel DPNA Setelah file excel disimpan ke komputer lokal seorang dosen, kemudian dosen membuka file excel tersebut dengan Ms. Excel. Kemudian file akan terbuka seperti pada gambar di bawah ini: Gambar 3.3 File excel DPNA Sebelum melakukan entry nilai pada tiap-tiap komponen DPNA (NTR, NUTS dan NUAS), dosen pertama kali harus menentukan format aturan penilaian dengan cara mengklik tab Format Penilaian pada file excel tersebut. Kemudian ubahlah format penilaian sesuai dengan aturan yang dimiliki oleh dosen bersangkutan seperti pada gambar di bawah ini:

8 Gambar 3.4 Format Penilaian DPNA Setelah mengubah atau menyesuaikan komponen format penilaian dengan format yang diinginkan dengan benar, maka dosen bersangkutan dapat langsung mengisikan nilai DPNA dengan mengklik kembali tab Daftar Nilai. Kemudian isikanlah seluruh komponen nilai terhadap seluruh mahasiswa seperti pada gambar di bawah ini: Gambar 3.5 Entry nilai pada file excel Dalam melakukan entry nilai pada masing-masing komponen nilai DPNA (NTR, NUTS, dan NUAS), dosen harus memasukkan nilai dalalam skala 0 sampai 100. Dosen tidak diperbolehkan memasukkan nilai negatif atau lebih besar dari 100. Nilai Angka dan Nilai Huruf pada file excel DPNA akan terisi secara otomatis dengan menyesuaikan nilai pada seluruh komponen nilai dan nilai yang diisi pada format penilaian oleh dosen yang bersangkutan. Setelah selesai melakukan entry nilai pada file excel, kemudian simpanlah file excel tersebut dan upload-lah ke dalam sistem. Untuk melakukannya, dosen mengklik tombol Entry Nilai pada bagian sebelah kanan seperti pada gambar 3.1. Kemudian akan muncul form Upload DPNA (Form Excel) seperti pada gambar berikut:

9 Gambar 3.6 Form upload DPNA (form excel) Setelah itu, kliklah tombol Telusuri atau Browse untuk mencari file excel yang telah diisi sebelumnya, kemudian akan muncul jendela browse file seperti pada gambar di bawah ini: Gambar 3.7 Browse file excel DPNA Setelah memilih file excel yang akan di-upload, klik tombol Open dan akan kembali ke halaman form upload DPNA. Setelah itu klik tombol Upload. Setelah file excel tersebut berhasil di-upload, selanjutnya sistem akan meng-import dan mengesktrak seluruh komponen nilai seluruh mahasiswa dan format penilaian dan akan menampilkannya ke layar browser dosen bersangkutan agar dapat memeriksanya kembali seperti pada gambar di bawah ini:

10 Gambar 3.8 Tampilan DPNA setelah file excel di-upload Setelah seluruh komponen nilai berhasil diekstrak dari file excel, selanjutnya dosen bersangkutan dapat memerika kembali kebenaran DPNA tersebut. Untuk mengoreksi kesalahan dalam entry nilai menggunakan file excel, dosen bersangkutan dapat melakukannya kembali dengan cara mengoreksi file excel sebelumnya dan meng-upload ulang file tersebut dengan cara yang sama seperti seblumnya.

11 3.2 Entry Nilai Dengan Cara Langsung Selain melakukan entry nilai dengan cara menggunakan file excel, seorang dosen juga dapat melakukan entry nilai secara langsung dengan cara langsung mengisi seluruh komponen nilai seluruh mahasiswa melalui form yang disediakan. Untuk melakukannya, kliklah tombol Entry Nilai seperti pada gambar 3.1. Kemudian akan muncul kembali halaman entry nilai seperti pada gambar di bawah ini: Gambar 3.9 Entry nilai secara langsung menggunakan form

12 Pada form entry nilai di atas, dosen dapat melakukan pengisian maupun pengoreksian seluruh komponen nilai seluruh mahasiswa secara langsung ke dalam form yang telah disediakan. Setelah selesai, kemudian kliklah tombol Simpan. 3.3 Mencetak DPNA Setelah melakukan entry nilai dengan benar, selanjutnya dosen WAJIB mencetak bukti pengisian nilai DPNA untuk kemudian diserahkan ke administrasi jurusan dalam fakultas yang bersangkutan untuk digunakan sebagai bukti otentik DPNA dari dosen itu sendiri dan digunakan untuk keperluan administrasi lainnya di jurusan atau fakultas masing-masing. Untuk mencetak DPNA sebuah kelas pada sebuah mata kuliah tertentu, dosen melakukannya dengan mengklik tombol Download dan Cetak DPNA seperti yang ada pada gambar 3.9 di atas. Kemudian dosen menyimpannya ke komputer lokal dalam bentuk file DPF dan mencetak file tersebut menggunakan Adobe Reader, seperti pada gambar di bawah ini:

13 Gambar 3.10 Hasil printout DPNA dalam format PDF Setelah mencetak DPNA, dosen bersangkutan wajib menandatanginya dengan menggunakan ballpoint berwarna (selain warna hitam) sebelum diserahkan ke bagian administrasi jurusan atau fakultas yang bersangkutan.

14 IV. DATA AKADEMIK PA Dosen yang telah memiliki akun hak akses dalam SIMAK sebuah fakultas, diberikan fasilitas untuk melakukan pengolahan dan monitoring data-data akademik seluruh mahasiswa yang dibimbing oleh dosen bersangkutan yang menjadi dosen Pembimbing Akademik (PA). Dalam fasilitas ini, seorang dosen dapat melakukan beberapa hal di antaranya sebagai berikut: 1. Approval KRS seluruh mahasiswa bimbingan 2. Monitoring hasil studi per semester seluruh mahasiswa bimbingan 3. Monitoring transkrip nilai seluruh mahasiswa bimbingan. 4.1 Approval KRS Approval KRS adalah sebuah fasilitas untuk melakukan persetujuan terhadap pengambilan mata kuliah yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa bimbingan dosen tersebut dalam Kartu Rencana Studi (KRS) nya masing-masing. Untuk melakukan approval KRS, seorang dosen mengklik menu Data Akademik PA pada halaman utama sistem. Kemudian akan muncul halaman Data Akademik PA seperti pada gambar di bawah ini: Gambar 4.1 Halaman Data Akademik PA Dosen bersangkutan kemudian dapat memilih terlebih dahulu Program Studi dan Tahun Angkatan, kemudian klik tombol Proses. Kemudian akan muncul daftar seluruh mahasiswa yang dibimbing oleh dosen tersebut seperti pada gambar di bawah ini:

15 Gambar 4.2 Daftar mahasiswa bimbingan akademik Untuk melakukan approval KRS seorang mahasiswa bimbingan, seorang dosen kemudian mengklik tombol Approval KRS seperti pada gambar di atas, kemudian akan muncul jendela Kartu Rencana Studi (KRS) mahasiswa tersebut seperti pada gambar di bawah ini:

16 Gambar 4.3 Halaman approval KRS mahasiswa bimbingan Untuk melakukan persetujuan seluruh atau sebagian mata kuliah yang diambil mahasiswa bersangkutan pada semester yang aktif pada saat itu, seorang dosen dapat melakukannya dengan men-check pada kotak checkbox pada bagian paling kiri mata kuliah yang di ambil. Setelah selesai, kliklah tombol Simpan. 4.2 Menampilkan Data Hasil Studi Mahasiswa Bimbingan Seorang dosen dapat melakukan monitoring hasil studi seluruh mahasiswa bimbingannya. Untuk melakukannya, kliklah tombol Hasil Studi (KHS) pada bagian sebelah kanan daftar mahasiswa bimbingan seperti yang ada pada gambar 4.2. Kemudian akan muncul jendela Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa bersangkutan seperti gambar berikut:

17 Gambar 4.4 Jendela Kartu Hasil Studi (KHS) Pada gambar di atas, dosen terlebih dahulu harus memilih semester dan tahun akademik tertentu untuk menampilkan data hasil studi seorang mahasiswa, kemudian kliklah tombol Proses. Kemudian akan tampil data hasil studi mahasiswa bersangkutan seperti pada gambar di bawah ini: Gambar 4.5 Data hasil studi mahasiswa bimbingan

18 4.3 Menampilkan Data Transkrip Nilai Mahasiswa Bimbingan Dosen juga dapat melihat data transkrip nilai seluruh mahasiswa bimbingan. Untuk melakukannya, kliklah tombol Transkrip Nilai pada bagian sebelah kanan daftar mahasiswa bimbingan seperti pada gambar 4.2. Kemudian akan muncul jendela Transkrip Nilai seorang mahasiswa tertentu seperti pada gambar di bawah ini: Gambar 4.6 Data transkrip nilai mahasiswa bimbingan

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna: Mahasiswa

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna: Mahasiswa MANUAL PROCEDURE PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK Pengguna: Mahasiswa UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2008 PENDAHULUAN Sistem Informasi Akademik dibangun untuk memudahkan struktur pengelolaan data

Lebih terperinci

PROSEDUR MANUAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna : Mahasiswa

PROSEDUR MANUAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Pengguna : Mahasiswa PROSEDUR MANUAL PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK Pengguna : Mahasiswa FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012 PENDAHULUAN Sistem Informasi Akademik (SIMAK) Fakultas Teknik merupakan

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Universitas Medan Area memiliki 7 (tujuh) fakultas, yaitu:

PENDAHULUAN. Universitas Medan Area memiliki 7 (tujuh) fakultas, yaitu: PENDAHULUAN Sistem Informasi (AOC) Academic Online Campus ini dibangun untuk memudahkan struktur pengelolaan data elektronik untuk data-data administrasi akademik seluruh mahasiswa Universitas Medan Area.

Lebih terperinci

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ACADEMIC ONLINE CAMPUS

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ACADEMIC ONLINE CAMPUS MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ACADEMIC ONLINE CAMPUS Untuk : Mahasiswa & Admin Prodi Disusun oleh: PUSAT DATA DAN APLIKASI INFORMASI (PDAI) UNIVERSITAS MEDAN AREA 2016 i KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ACADEMIC ONLINE CAMPUS

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ACADEMIC ONLINE CAMPUS MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ACADEMIC ONLINE CAMPUS Untuk : Mahasiswa & Admin Prodi Disusun oleh: PUSAT DATA DAN APLIKASI INFORMASI (PDAI) UNIVERSITAS MEDAN AREA 2016 i KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK

PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PETUNJUK PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2015 Mahasiswa mengunjungi alamat akses, yaitu: http://www.akademik.unsri.ac.id Gambar 1. Pemilihan fakultas pada tampilan

Lebih terperinci

Panduan AcSIS untuk Mahasiswa

Panduan AcSIS untuk Mahasiswa Panduan AcSIS untuk Mahasiswa Sistem Informasi Akademik (ACSIS) merupakan system informasi yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah administrasi Akademik dan Pelaporan EPSBED/PDPT. Sistem ini telah

Lebih terperinci

BAB I. PORTAL MAHASISWA

BAB I. PORTAL MAHASISWA BAB I. PORTAL MAHASISWA Portal mahasiswa merupakan sistem infomasi yang dirancang khusus untuk kemudahan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan akademik. Untuk itu, maka dibuatkan fitur seperti berikut

Lebih terperinci

MANUAL PENGOPERASIAN

MANUAL PENGOPERASIAN INSTITUT PERTANIAN BOGOR MANUAL PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH PASCASARJANA PADA TINGKAT DEPARTEMEN 2011 D i s i a p k a n o l e h : S P S - D A P - D K S I G e d u n g A H N L a n t a

Lebih terperinci

Manual Book (Mahasiswa) Sistem Informasi Akademik - SIAMIK

Manual Book (Mahasiswa) Sistem Informasi Akademik - SIAMIK Manual Book (Mahasiswa) Sistem Informasi Akademik - SIAMIK Direktorat Sistem Informasi UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG 2014 Fitur pada SIAMIK yang dapat diakses oleh Mahasiswa : 1. Mengubah password login.

Lebih terperinci

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online)

KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) KRS OnLine (Kartu rencana Studi Online) dengan urutan langkah-langkah sebagai berikut: 1. LOGIN MAHASISWA, Mahasiswa membuka internet dengan memasukkan alamat website www.unira.ac.id kemudian pilih krs

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SIAkad Yudharta

Panduan Penggunaan SIAkad Yudharta Panduan Penggunaan SIAkad Yudharta Untuk mahasiswa PPIK Daftar Isi Daftar Isi...2 1. Pendahuluan...4 1.1 Tentang Sistem Informasi Akademik...4 1.2 Tentang Dokumen...4 2. Petunjuk Penggunaan...5 2.1 Menjalankan

Lebih terperinci

Manual Book (Mahasiswa)

Manual Book (Mahasiswa) Manual Book (Mahasiswa) SIAP Sistem Informasi Akademik UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL Universitas Pancasakti Tegal Jl. Halmahera KM. 01 Kota Tegal Kota Tegal Jawa Tengah 52121 Indonesia 0283-351082 1 DAFTAR

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 4 1.1 Tentang Portal Akademik 4 1.2 Tentang Dokumen 4 2. Petunjuk Penggunaan 5 2.1 Login 5 2.2 Halaman

Lebih terperinci

2. Login Gunakan Username dan password masing-masing program studi.

2. Login Gunakan Username dan password masing-masing program studi. Program Studi 1. Buka browser dan ketik alamat Program Siakad Universitas Jambi : http://siakad.unja.ac.id atau untuk jaringan lokal ketik http://10.10.10.10 Maka muncul Laman sebagai berikut : 2. Login

Lebih terperinci

MENU ENTRY Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Entry judul skripsi dan data lainnya MENU INFORMASI

MENU ENTRY Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Entry judul skripsi dan data lainnya MENU INFORMASI MENU ENTRY Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Entry judul skripsi dan data lainnya MENU INFORMASI Informasi krs, khs dan transkrip Daftar jadual kuliah Daftar matakuliah Mencari data mahasiswa Pengumuman

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan berisi data mahasiswa beserta status tahun ajaran

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO MAHASISWA SUB BAGIAN PENDIDIKAN & PENGAJARAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TADULAKO 2016 Menjalankan Program Untuk menjalankan Siakad,

Lebih terperinci

User Guide SiAdin Mahasiswa v2.1

User Guide SiAdin Mahasiswa v2.1 User Guide SiAdin Mahasiswa v2.1 Memulai SiAdin Mahasiswa SiAdin Mahasiswa dapat diakses dengan cara Login (Masuk) terlebih dahulu di Homepage website (Halaman awal situs) Universitas Dian Nuswantoro dan

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa

Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS BENGKULU DAFTAR ISI DAFTAR ISI...2 1. Pendahuluan...4 1.1 Tentang Portal Akademik...4 1.2 Tentang Dokumen...4 2. Petunjuk Penggunaan...5

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademikk Online. Academic On Line SW WU V STMIK Widya Utama Purwokerto

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademikk Online. Academic On Line SW WU V STMIK Widya Utama Purwokerto 2013 Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademikk Online Academic On Line SW Untuk Mahasiswa WU V.1.01 STMIK Widya Utama Purwokerto H K 2 1. Sekilas Pandang Aplikasi Academic On-Line (AOL) adalah sebuah

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM UB) BAGI ORANG TUA MAHASISWA PPTI UB 2012 Panduan SIAM UB bagi Orang Tua/Wali Mahasiswa SIAM UB (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas

Lebih terperinci

MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id

MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id MANUAL KRS ONLINE http://simpadu.unm.ac.id Sebelum mengisi KRS online baiknya Anda perhatikan petunjuk berikut ini Pastikan Anda telah membayar SPP karena syarat untuk mengisi KRS online adalah pembayaran

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik UPT-TIK UNDIKSHA Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik User: Kasubag Akademik Fakultas 17 Daftar Isi I. Memulai Aplikasi... 2 II. Menu Akademik Mahasiswa... 3 A. Pengisian Penawaran Mata Kuliah...

Lebih terperinci

BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4

BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4 Daftar Isi BAGIAN 1 TINGKATAN PEMAKAI... 3 1.1. MAHASISWA... 3 BAGIAN 2 FASILITAS UTAMA... 4 2.1. HALAMAN DEPAN... 4 2.1.1. Berita dan Pengumuman... 5 2.1.2. Jadwal Kuliah... 5 2.1.3. Forum... 7 2.1.4.

Lebih terperinci

Student s Guide. Portal Akademik. Panduan Mahasiswa. Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Student s Guide. Portal Akademik. Panduan Mahasiswa. Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Student s Guide Portal Akademik Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Pendahuluan Tentang Portal Akademik USU Portal akademik Universitas Sumatera Utara (USU), merupakan sebuah sistem informasi

Lebih terperinci

Alur Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

Alur Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Alur Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Petunjuk Penggunaan Portal Akademik Login Sebelum memasuki Halaman Utama Portal Akademik, mahasiswa harus login dulu ke dalam sistem dengan cara memasukkan Username

Lebih terperinci

LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS JAMBI

LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS JAMBI PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM APLIKASI PELAKSANAAN PERKULIAHAN SEMESTER PENDEK YANG TERINTEGRASI DENGAN SIAKAD PADA SUB.BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI

Lebih terperinci

E LEARNING STIE PANCASETIA BANJARMASIN BERBASIS MOODLE

E LEARNING STIE PANCASETIA BANJARMASIN BERBASIS MOODLE E LEARNING STIE PANCASETIA BANJARMASIN BERBASIS MOODLE Panduan Untuk Mahasiswa halaman 1 Pendahuluan A. Latar Belakang Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat ternyata berdampak luas

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 SISTEM AKADEMIK YARSI Modul Pelatihan Dosen Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 Daftar Isi Contents I. Login... 2 II. Kalender Akademik... 3 III. Menu Penilaian... 4 III.1 Input Nilai...

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 5 1.1 Tentang Portal Akademik 5 1.2 Tentang Dokumen 5 2. Petunjuk Penggunaan 6 2.1 Login 6 2.2 Halaman Selamat

Lebih terperinci

APLIKASI KRS ONLINE. Fikom.ust.ac.id. User Manual. Level Mahasiswa. Versi September 2016

APLIKASI KRS ONLINE. Fikom.ust.ac.id. User Manual. Level Mahasiswa. Versi September 2016 APLIKASI KRS ONLINE Fikom.ust.ac.id User Manual Level Mahasiswa Versi 1.0 01 September 2016 Sistem Informasi Akademik (SIAK) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas SU Medan 2 0 1 6 P a

Lebih terperinci

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana 1 Daftar Isi DAFTAR ISI... II 1 MELAKUKAN LOGIN ( LOGIN SEBAGAI MAHASISWA )... 1 1.1 Untuk Melakukan Proses Login...1 1.2 Untuk Melakukan Perubahan Password...2 1.3 Untuk Melihat Detail Mahasiswa...3 1.4

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD DOSEN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD DOSEN INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL TAHUN 2015/2016 1. PENDAHULUAN Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) ini dikembangkan untuk mempercepat dalam memasukkan dan mendapatkan data / informasi akademik.

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen STMIK AKAKOM DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk Penggunaan... 5 2.1 Login... 5

Lebih terperinci

Cetak Biodata dan Transkrip Nilai PANDUAN REGISTRASI. Mahasiswa. fisipupr.com

Cetak Biodata dan Transkrip Nilai PANDUAN REGISTRASI. Mahasiswa. fisipupr.com Halaman 1 PANDUAN REGISTRASI 1. Syarat Registrasi Fakultas a. Formulir Biodata Mahasiswa (Didapatkan Secara Online melalui halaman Website http://fisipupr.com/ ) b. Transkrip Nilai yang diinput dan dicetak

Lebih terperinci

Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA

Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA Halaman 1 dari 15 Halaman Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA Andi Rahmat http://www.boegismedia.com andirahmat@boegismedia.com Prolog Panduan ini disusun

Lebih terperinci

SOSIALISASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAK) UNDIKSHA

SOSIALISASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAK) UNDIKSHA SOSIALISASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAK) UNDIKSHA PROSES AKTIVASI MAHASISWA - Dilakukan disetiap semester - Langkah-langkah : o Mahasiswa membayar biaya kuliah di Bank. TEPAT WAKTU. o Mahasiswa menyerahkan

Lebih terperinci

UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI

UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI Universitas Jambi UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI 2012 A. PENDAHULUAN Siakad (Sistem Informasi Akademik) merupakan Program Aplikasi berbasis Web yang dikembangkan oleh UPT Komputer Unja guna memberikan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO DOSEN

Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO DOSEN Panduan Penggunaan SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS TADULAKO DOSEN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TADULAKO 2015 1. Menjalankan Program Program Sistem Informasi Akademik (Siakad) dapat diakses jika

Lebih terperinci

Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online

Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online 2010 Aplikasi Mahasiswa dan KRS Online http://mahasiswa.unpad.ac.id USER MANUAL MAHASISWA MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2010 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Daftar Gambar... 3 ABSTRAK... 4 TUJUAN... 4 MEMULAI

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN LAYANAN INFORMASI AKADEMIK BERBASIS TIK

MODUL PELATIHAN LAYANAN INFORMASI AKADEMIK BERBASIS TIK MODUL PELATIHAN LAYANAN INFORMASI AKADEMIK BERBASIS TIK HAK AKSES MAHASISWA SISTEM INFORMASI AKADEMIK ONLINE (SIMAK ONLINE) DISUSUN OLEH: Simak Online : 1. Yadi Utama, S.Kom., M.Kom. (Admin Unsri) 2. Wahdian,

Lebih terperinci

Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa)

Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) Panduan SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya 2013 Panduan SIAM S I A M (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) http://siam.ub.ac.id

Lebih terperinci

Halaman Login Sistem Informasi Akademik Universitas Batam

Halaman Login Sistem Informasi Akademik Universitas Batam Daftar Isi Halaman Login Sistem Informasi Akademik Universitas Batam... 1 1. Akses Halaman Sistem Informasi Akademik... 1 2. Login Sistem Informasi Akademik... 1 Halaman Utama Sistem Informasi Akademik

Lebih terperinci

Panduan Aplikasi SIM Diklat Keahlian Ganda untuk Operator

Panduan Aplikasi SIM Diklat Keahlian Ganda untuk Operator Panduan Aplikasi SIM Diklat Keahlian Ganda untuk Operator I. Instalasi dan Pengoperasian Aplikasi SIM Diklat Keahlian Ganda II. Registrasi Peserta Keahlian Ganda dan Pencetakan Presensi III. Update Biodata

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AUB SURAKARTA

BUKU PETUNJUK SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AUB SURAKARTA User Guide (Untuk Mahasiswa) Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta Copyright 2015 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved Halaman i Copyright 2016 PT Sentra Vidya

Lebih terperinci

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PENGAKUAN PENGALAMAN KERJA DAN HASIL BELAJAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET http://ppkhb.fkip.uns.ac.id HANDOUT Pengenalan Link PPKHB Download

Lebih terperinci

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Dosen. Versi 2.0 27 Desember 2011

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Dosen. Versi 2.0 27 Desember 2011 Aplikasi KRS Online User Manual Level Dosen Versi 2.0 27 Desember 2011 MODUL DOSEN DCISTEM UNPAD 2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 DAFTAR GAMBAR... 3 PENDAHULUAN... 4 MEMULAI APLIKASI KRS ONLINE... 4 Proses

Lebih terperinci

Panduan Praktis Proses Pendaftaran Anggota Dengan Program Aplikasi INLISLite versi 2.1.2

Panduan Praktis Proses Pendaftaran Anggota Dengan Program Aplikasi INLISLite versi 2.1.2 Panduan Praktis Proses Pendaftaran Anggota Dengan Program Aplikasi INLISLite versi 2.1.2 Oleh Aristianto Hakim, S.IPI Pada program aplikasi INLISLite versi 2.1.2, pendaftaran atau registrasi anggota dapat

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan

BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

SELAMAT DATANG DI SITUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM) (http://siakad.brawijaya.ac.id/siam)

SELAMAT DATANG DI SITUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM) (http://siakad.brawijaya.ac.id/siam) SELAMAT DATANG DI SITUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA (SIAM) (http://siakad.brawijaya.ac.id/siam) Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (disingkat SIAM ) yang diterapkan di Universitas Brawijaya ini

Lebih terperinci

APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE

APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE I. LOGIN APLIKASI Pada saat aplikasi dibuka maka akan muncul halaman login yang mengharuskan pengguna aplikasi untuk memasukkan ID Pemakai dan Password lalu klik tombol

Lebih terperinci

A. Alamat SIMAK Alamat SIMAK online untuk Dosen, Mahasiswa dan Alumni adalah :

A. Alamat SIMAK Alamat SIMAK online untuk Dosen, Mahasiswa dan Alumni adalah : MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK FKIP UNIDAR No. Dokumen : M-SIMAK-UNIDAR-10.04 Nama Dokumen : SIMAK UNTUK MAHASISWA Dibuat Tanggal : 25-10 2011 Tanggal Revisi : 01 03-2014 A. Alamat SIMAK Alamat SIMAK

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGISIAN JURNAL PERKULIAHAN

PETUNJUK PENGISIAN JURNAL PERKULIAHAN PETUNJUK PENGISIAN JURNAL PERKULIAHAN LANGKAH KE-1: Masuk ke alamat jurnal perkuliahan FBS : md.fbs.unesa.id sehingga muncul tampilan berikut: LANGKAH KE-2: Pada kolom login, silahkan memasukkan User Id

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2. Petunjuk

Lebih terperinci

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Mahasiswa. Versi Desember 2011

Aplikasi KRS Online. User Manual Level Mahasiswa. Versi Desember 2011 Aplikasi KRS Online User Manual Level Mahasiswa Versi 2.0 27 Desember 2011 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI.. 2 DAFTAR GAMBAR. 3 PENDAHULUAN. 4 MEMULAI APLIKASI MAHASISWA DAN KRS

Lebih terperinci

Setelah anda mengklik link KRS ONLINE maka akan muncul halaman Sistem Informasi Akademik UNMER :

Setelah anda mengklik link KRS ONLINE maka akan muncul halaman Sistem Informasi Akademik UNMER : Pada buku panduan manual ini akan memandu anda dalam menjalankan aplikasi Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang yang mencakup Kartu Rencana Study (KRS) Online, Kartu Hasil Study (KHS) Online

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa www.stikesbhaktimulia.ac.id/siakad 1 S I A M Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan

Lebih terperinci

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana 1 Daftar Isi DAFTAR ISI... II 1 MELAKUKAN LOGIN ( LOGIN SEBAGAI MAHASISWA )... 1 1.1 Untuk Melakukan Proses Login... 1 1.2 Bagaimana Melakukan Perubahan Password... 2 1.3 Untuk Melihat Detail Mahasiswa...

Lebih terperinci

Sistem Informasi Wisuda Page 1

Sistem Informasi Wisuda Page 1 Sistem Informasi Wisuda Page 1 PETUNJUK LOGIN BAA DAN VERIFIKASI PENDAFTARAN WISUDAWAN UNIVERSITAS UDAYANA 1. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman situs imissu terlebih dahulu

Lebih terperinci

MODUL PENGGUNAAN SISTEM AKADEMIK (SIA) STIE YADIKA BANGIL

MODUL PENGGUNAAN SISTEM AKADEMIK (SIA) STIE YADIKA BANGIL MODUL PENGGUNAAN SISTEM AKADEMIK (SIA) STIE YADIKA BANGIL STIE YADIKA BANGIL Jln. Salem No. 3 Kersikan Telp (0343) 749266 Bangil - Pasuruan Jawa Timur 2015 Pendahuluan Sistem Akademik atau disingkat SIA

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Menu Monitoring Pada SIAKAD

Petunjuk Penggunaan Menu Monitoring Pada SIAKAD Petunjuk Penggunaan Menu Monitoring Pada SIAKAD 1. Kunjungi url https://lptiksiakad.unja.ac.id 2. Login ke siakad menggunakan username dan sandi siakad pribadi. Username menggunakan NIP/NIK. Jika lupa

Lebih terperinci

1 Melakukan Login ( Login sebagai Dosen)

1 Melakukan Login ( Login sebagai Dosen) 1 Melakukan Login ( Login sebagai Dosen) a) Untuk melakukan proses Login Username : 11619 Password : password - Masukkan username dan password seperti dibawah ini: - Kemudian tekan tombol login - Maka,

Lebih terperinci

Pedoman Database Koleksi Museum. cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Pedoman Database Koleksi Museum. cagarbudaya.kemdikbud.go.id Pedoman Database Koleksi Museum cagarbudaya.kemdikbud.go.id Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015 DAFTAR ISI Daftar

Lebih terperinci

MANUAL SIMAK UNTUK DOSEN SIMAK FKIP UNIDAR SIMAK FKIP UNIDAR AMBON

MANUAL SIMAK UNTUK DOSEN SIMAK FKIP UNIDAR SIMAK FKIP UNIDAR AMBON SIMAK FKIP UNIDAR MANUAL SIMAK UNTUK DOSEN SIMAK FKIP UNIDAR AMBON WWW.FKIP.UNIDAR.AC.ID/SIMAK MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIDAR No. Dokumen : M-SIA-UNIDAR-10.05 Nama Dokumen : SIAKAD UNTUK DOSEN

Lebih terperinci

Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI

Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI Ujian LSPP AAMAI dan AAMAI saat ini dapat dilakukan melalui E-AAMAI pada url berikut : http://eaamai.aamai.or.id atau http://www.aamai.or.id klik Daftar Ujian untuk ujian

Lebih terperinci

MANUAL BOOK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA LAINNYA PERORANGAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

MANUAL BOOK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA LAINNYA PERORANGAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA 2016 MANUAL BOOK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA LAINNYA PERORANGAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA DAFTAR ISI Daftar Isi... i Memulai Aplikasi... 2 User Operator... 3 Menu Dashboard... 3 Menu

Lebih terperinci

Panduan Portal Mahasiswa

Panduan Portal Mahasiswa Panduan Portal Mahasiswa (http://mmtc.ac.id) 1. Login SIA STMM Tampilan awal dari SIA STMM Yogyakarta adalah sebagai berikut : Gambar 1: Halaman utama http://mmtc.ac.id Keterangan 1. Browser diarahkan

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM PENGABDIAN MASYARAKAT (SIABMAS) DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM PENGABDIAN MASYARAKAT (SIABMAS) DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM PENGABDIAN MASYARAKAT (SIABMAS) DOSEN Pengabdi merupakan dosen tetap dari Universitas Muria Kudus. Pengabdi disini dibagi menjadi 2 yaitu ketua pengabdian dan anggota pengabdian.

Lebih terperinci

Website Sistem Portal Mahasiswa

Website Sistem Portal Mahasiswa Website Sistem Portal Mahasiswa Selain sistem portal yang ada dikampus STTA, STTA juga menyediakan sistem portal akademik berbasis web yang bisa diakses oleh civitas akademika dan orang tua mahasiswa diluar

Lebih terperinci

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta User Guide (Untuk Dosen) Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta Copyright 2015 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved Halaman i Copyright 2016 PT Sentra Vidya

Lebih terperinci

PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MAHASISWA

PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MAHASISWA PANDUAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI WIDYA GAMA LUMAJANG Jl. Jend. Gatot Subroto No. 4 Lumajang DAFTAR ISI Halaman Daftar Isi... 1 1. Login pada sistem informasi

Lebih terperinci

Aplikasi Portal Mahasiswa

Aplikasi Portal Mahasiswa Aplikasi Portal Mahasiswa User Manual Level Mahasiswa Versi 4.0 16 Agustus 2013 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2012 i PENDAHULUAN Aplikasi Portal Mahasiswa merupakan portal informasi bagi mahasiswa UNPAD.

Lebih terperinci

Silahkan klik link SIAMA (Link untuk Mahasiswa) untuk masuk kehalaman login SIAMA, maka muncul tampilan halaman seperti gambar dibawah ini :

Silahkan klik link SIAMA (Link untuk Mahasiswa) untuk masuk kehalaman login SIAMA, maka muncul tampilan halaman seperti gambar dibawah ini : B. SISTEM INFORMASI MAHASISWA (SIAMA) SIAMA adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk membantu mahasiswa melakukan transaksi administrasi kuliah. SIAMA dapat diakses melalui laman SIPADU yang sudah

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA

PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran  PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA Halaman 1 PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA PETUNJUK PENGGUNAAN UNTUK MAHASISWA I. PROESES REGISTRASI A. URL web pembelajaran http://www.tp-elkadigital.org B. Pendaftaran Peserta Mahasiswa Setiap Mahasiswa

Lebih terperinci

MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER DOSEN

MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER DOSEN MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER DOSEN UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA http://uta45jakarta.ac.id http://sisfo.uta45jakarta.ac.id Page 1 of 39 SI AKADEMIK UTA 45 Daftar Isi TINGKATAN PEMAKAI...

Lebih terperinci

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen

Portal Akademik Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI 1. Pendahuluan... 3 1.1 Tentang Portal Akademik... 3 1.2 Tentang Dokumen... 3 2. Petunjuk Penggunaan...

Lebih terperinci

PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI

PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI PROSEDUR PORTAL AKADEMIK PENGELOLAAN NILAI I. PENGANTAR 1. Pengertian Portal Akademik Universitas, merupakan sebuah sistem informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi akademik yang ada di berbagai

Lebih terperinci

MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER MAHASISWA

MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER MAHASISWA MANUAL BOOK SISFO UTA 45 UNTUK JENIS USER MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA http://uta45jakarta.ac.id http://sisfo.uta45jakarta.ac.id 1 SI AKADEMIK Suteki Daftar Isi TINGKATAN PEMAKAI... 3

Lebih terperinci

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa

Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa Panduan E-Learning Untuk Mahasiswa STMIK & AMIK LOGIKA 2011 (EDISI REVISI) Copyright : STMIK & AMIK LOGIKA Halaman 1 dari 10 PANDUAN TM ONLINE A. Cara Mengakses Tutorial Online Langkah pertama adalah menjalankan

Lebih terperinci

Aplikasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

Aplikasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) A. PENDAHULUAN Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisi informasi tentang pencapaian akademik atau

Lebih terperinci

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ELEARNING

MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ELEARNING MANUAL PROCEDURE PETUNJUK & MEKANISME PENGOPERASIAN ELEARNING Untuk : Mahasiswa & Dosen Disusun oleh: PUSAT DATA DAN APLIKASI INFORMASI (PDAI) UNIVERSITAS MEDAN AREA 2016 KATA PENGANTAR Dalam era globalisasi

Lebih terperinci

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia Versi : 06-Juni-2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGISIAN KRS ONLINE UNIVERSITAS RIAU

PETUNJUK PENGISIAN KRS ONLINE UNIVERSITAS RIAU PETUNJUK PENGISIAN KRS ONLINE UNIVERSITAS RIAU 1. Setelah melewati proses login, dan masuk ke halaman portal. Klik menu Kartu rencana studi. 2. Sistem akan menampilkan TOMBOL TAMBAH, bagi yg tidak muncul

Lebih terperinci

User Manual SIA-DPA. Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik YOGYAKARTA M UNIVERSITAS SANATA DHARMA

User Manual SIA-DPA. Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik YOGYAKARTA M UNIVERSITAS SANATA DHARMA 2011 User Manual SIA-DPA Sistem Informasi Akademik Dosen Pembimbing Akademik UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA M2011.05.18.01 USER MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK DPA Alamat web : http://sia.usd/dpa/

Lebih terperinci

PENDAFTARAN KELAS BAGI MAHASISWA

PENDAFTARAN KELAS BAGI MAHASISWA 1 PENDAFTARAN KELAS BAGI MAHASISWA Sebelum semester yang baru dimulai, setiap mahasiswa wajib mendaftarkan kelas yang ingin diambil pada semester yang baru. Bila mahasiswa tidak melakukan pendaftaran kelas

Lebih terperinci

PANDUAN INPUT PENGAJAR MATAKULIAH. Semester Ganjil Tahun Akademik 2015/2016

PANDUAN INPUT PENGAJAR MATAKULIAH. Semester Ganjil Tahun Akademik 2015/2016 PANDUAN INPUT PENGAJAR MATAKULIAH Semester Ganjil Tahun Akademik 2015/2016 Institut Pertanian Bogor Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi Copyright DIDSI 2015 1 Input Pengajar Matakuliah Input

Lebih terperinci

1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP

1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP 1 Buku panduan penggunaan aplikasi akademik online bagi Dosen PA ver1.0. UP Aplikasi Akademik Online ini berbasis WEB, diperlukan koneksi internet untuk dapat mengakses aplikasi ini. Saat ini aplikasi

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 4 1.1 Tentang Portal Akademik... 4 1.2 Tentang Dokumen... 4 2.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD MAHASISWA INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL

PETUNJUK PENGGUNAAN SIAKAD MAHASISWA INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL TAHUN 2015/2016 1. PENDAHULUAN Aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) ini dikembangkan untuk mempercepat dalam memasukkan dan mendapatkan data maupun informasi

Lebih terperinci

Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak

Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak Pengenalan 1. Mengenai CBM CBM adalah aplikasi yang dikembangan untuk pengambilan KRS (Kartu Rencana Studi), review KHS (Kartu Hasil

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Pendahuluan... 3 1.1 Tentang Portal Akademik... 3 1.2 Tentang Dokumen... 3 2.

Lebih terperinci

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA 1 Sistem Informasi Kemiskinan dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan dalam penanggulangan kemiskinan secara

Lebih terperinci

STANDARD OPERATING PROCEDURE PROXY LIBRARY UNIVERSITAS HALUOLEO

STANDARD OPERATING PROCEDURE PROXY LIBRARY UNIVERSITAS HALUOLEO STANDARD OPERATING PROCEDURE PROXY LIBRARY UNIVERSITAS HALUOLEO Oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Unhalu A. PENDAHULUAN Proxy library (Pustaka Online) adalah suatu sistem informasi pendukung

Lebih terperinci

CARGO MANAGEMENT SOFTWARE

CARGO MANAGEMENT SOFTWARE CARGO MANAGEMENT SOFTWARE Manual Book Hari Pratomo KLATENWEB.com Cargo Management Software Versi Nov. 2018 Gambar halaman depan Panduan instalasi Jika diinstall di localhost 1. Install XAMPP 2. Buat folder

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Mahasiswa UNIVERSITAS KARTIKA YANI DAFTAR ISI DAFTAR ISI...2 1. Pendahuluan...3 1.1 Tentang Portal Akademik Kartika Yani...3 1.2 Tentang Dokumen...3 2.

Lebih terperinci

IAIN WALISONGO SEMARANG

IAIN WALISONGO SEMARANG PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK IAIN WALISONGO SEMARANG OLEH TIM PENGEMBANG SISTEM INFORMASI AKADEMIK IAIN WALISONGO SEMARANG GAMBARAN UMUM Sistem Informasi Akademik IAIN Walisongo Semarang

Lebih terperinci

2014 User Manual SIKEMAS

2014 User Manual SIKEMAS 2014 User Manual SIKEMAS 2014 Sistem Informasi Kemahasiswaan Universitas Jenderal Soedirman Bagian Kemahasiswaan UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO User Mahasiswa 1. Login Sistem Informasi Kemahasiswaan

Lebih terperinci

b. Buka Daftar STTD yang ada pada akhir halaman, isikan NIK, nomor Kartu Keluarga, NIK Kepala Keluarga, dan kode di layar (captcha) dengan benar;

b. Buka Daftar STTD yang ada pada akhir halaman, isikan NIK, nomor Kartu Keluarga, NIK Kepala Keluarga, dan kode di layar (captcha) dengan benar; A. DAFTAR AKUN PORTAL Pada tahap ini Peserta/Calon Taruna yang mendaftar terbagi atas 2 (dua) jalur pendaftaran, yang pertama adalah jalur Pola Pembibitan STTD dan yang kedua adalah jalur Reguler. Adapun

Lebih terperinci