PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS JANABADRA TA 2015/2016

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS JANABADRA TA 2015/2016"

Transkripsi

1 1 A. POLA PENERIMAAN MAHASISWA BARU Dalam rangka memberi kesempatan kepada lulusan SMU atau yang sederajat mengikuti pendidikan di lingkungan Universitas Janabadra, maka setiap tahun akademik Universitas Janabadra Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menjaring mahasiswa baru dalam kuantitas dan kualitas akademik sesuai visi dan misi Universitas Janabadra Yogyakarta. Tujuan kegiatan penerimaan mahasiswa baru ini adalah untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di lingkungan Universitas Janabadra agar mampu menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkualitas serta untuk mencapai efisiensi yang optimal sesuai dengan kapasitas yang ada. Sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan di Universitas Janabadra adalah sebagai berikut : 1. Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Tes Tertulis Atau Online Seleksi calon mahasiswa baru dilaksanakan berdasarkan hasil ujian tertulis/online dan keterampilan (jika ada). Setiap calon mahasiswa baru memiliki kesempatan memilih 2 (dua) program studi. Setiap calon mahasiswa baru yang akan mendaftarkan diri harus mengikuti ketentuan, persyaratan dan prosedur penerimaan mahasiswa baru jalur Tertulis. 2. Sistem penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi/bebas tes Seleksi calon mahasiswa baru dilaksanakan berdasarkan nilai rapor kelas XII, prestasi kegiatan kurikuler dan extra kurikuler di sekolah. Setiap calon mahasiswa baru hanya memiliki kesempatan memilih 1 (satu) program studi. Setiap calon mahasiswa baru yang akan mendaftarkan diri harus mengikuti ketentuan, persyaratan dan prosedur penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi. 3. Sistem penerimaan mahasiswa baru jalur transfer dan pindahan Seleksi calon mahasiswa baru dilaksanakan berdasarkan hasil kelengkapan dan keabsahan dokumen administrasi. Setiap calon mahasiswa baru harus melakukan penyetaraan kurikulum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap calon mahasiswa baru yang akan mendaftarkan diri harus mengikuti ketentuan, persyaratan dan prosedur penerimaan mahasiswa baru jalur transfer dan pindahan. Secara umum kriteria penentuan penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Universitas Janabadra didasarkan pada penilaian terhadap berkas dokumen dan passing grade yang ditentukan oleh Universitas Janabadra.

2 2 B. PILIHAN PROGRAM STUDI DAN PERSYARATAN IJAZAH Pilihan program studi dan persyaratan ijazah untuk program pendidikan Strata-1 (S1) di lingkungan Universitas diatur sebagai berikut : 1. Lulusan SMU atau yang sederajat dapat mendaftarkan diri di semua program studi yang ada di lingkungan Universitas Janabadra. 2. Lulusan SMK atau yang sederajat dapat mendaftarkan diri di beberapa program studi dengan ketentuan sebagai berikut : Fakultas Ekonomi : Menerima semua lulusan SMK Fakultas Hukum : Menerima semua lulusan SMK Fakultas Pertanian : Menerima semua lulusan SMK Fakultas Teknik : Menerima lulusan SMK bidang eksakta (teknik) seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Bangunan (Sipil), Teknik Informatika dan lain-lain.

3 3 Sekolah yang sederajat yang masa kelulusannya tidak lebih dari 3 (tiga) tahun. 4. Bersedia melengkapi semua berkas dokumen pendaftaran yang telah ditentukan. A. PENGERTIAN Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Ujian Tertulis atau Jalur Tes adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan hasil ujian secara tertulis sebagai dasar untuk menentukan diterima atau tidaknya seorang calon mahasiswa baru menjadi mahasiswa Universitas Janabadra. B. Tujuan Sistem penerimaan mahasiswa baru jalur tes atau ujian bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa yang berkualitas dengan memberikan kesempatan lulusan siswa/siswi klas XII SMU atau yang sederajat dan alumni SMU atau yang sederajat yang masa kelulusannya tidak lebih dari 3 (tiga) tahun. C. PERSYARATAN Persyaratan bagi calon mahasiswa baru jalur tes atau jalur ujian adalah sebagai berikut : 1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing bebas narkoba 2. Mempunyai minat, bakat dan motivasi yang tinggi untuk menyelesaikan studi di Universitas Janabadra. 3. Duduk di kelas XII SMU atau Sekolah yang sederajat pada saat melakukan pendaftaran jalur tes/ujian atau alumni SMU atau D. PENDAFTARAN Pendaftaran sistem penerimaan calon mahasiswa baru jalur tes atau jalur ujian dapat dilakukan dengan datang langsung ke Sekretariat Pendaftaran, melalui sekolah-sekolah atau lembaga yang mengadakan kerjasama dengan Universitas Janabadra, atau secara online. Adapun tata cara pendaftaran calon mahasiswa baru jalur tes atau jalur ujian adalah sebagai berikut : 1. Pendaftaran secara langsung a. Datang langsung ke Sekretariat Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru di Kampus Universitas Janabadra Jl. TR. Mataram No Pingit Yogyakarta dan Jl. Timoho II No. 40 Timoho Yogyakarta. b. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150,000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk maksimal 2 (dua) pilihan program studi. c. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran calon mahasiswa baru yang telah disediakan. d. Mengisi dan menandatangani surat pernyataan kesanggupan membayar sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di atas materai Rp. 6000,- yang diketahui oleh orang tua/wali. Besarnya sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi minimal dapat dilihat pada lampiran.

4 4 e. Bagi alumni SMU atau yang sederajat : Menyerahkan fotocopy ijazah atau Surat Tanda Kelulusan yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir (Ijazah Sekolah Internasional/luar negeri harus disetarakan oleh Dikdasmen). Menyerahkan fotocopy UAN/NEM sebanyak 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir. f. Bagi siswa/siswi SMU atau yang sederajat yang belum memiliki ijazah atau Surat Tanda Kelulusan dan belum memiliki UAN/NEM, maka dapat diganti dengan : Fotocopy Kartu Tanda Peserta UAN atau Kartu Pelajar yang telah dilegalisir. Nilai rapor kelas XI dan semester terakhir pada saat melakukan pendaftaran. g. Bagi Warga Negara Asing harus melakukan pendaftaran secara langsung di sekretariat penerimaan mahasiswa baru dan juga harus menyerahkan berkas dokumen sebagai berikut : Surat Keterangan Kewarganegaraan dan fotocopy Surat Keterangan Kewarganegaraan 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir. Surat ijin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. h. Menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 terbaru 2 (dua) lembar. i. Menyerahkan fotocopy akte kelahiran yang telah dilegalisir 1 (satu) lembar (dapat disusulkan pada saat regristasi jika dinyatakan diterima). 2. Pendaftaran melalui sekolah-sekolah atau lembaga yang mengadakan kerjasama dengan Universitas Janabadra a. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150,000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk maksimal 2 (dua) pilihan program studi. b. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran calon mahasiswa baru yang disediakan di sekolah-sekolah atau lembaga yang mengadakan kerjasama dengan Universitas Janabadra c. Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan kesanggupan membayar sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di atas materai Rp. 6000,- d. Bagi alumni SMU atau yang sederajat : Menyerahkan fotocopy ijazah atau Surat Tanda Kelulusan yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir (Ijazah Sekolah Internasional/luar negeri harus disetarakan oleh Dikdasmen). Menyerahkan fotocopy UAN/NEM sebanyak 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir. e. Bagi siswa/siswi SMU atau yang sederajat yang belum memiliki ijazah atau Surat Tanda Kelulusan dan belum memiliki UAN/NEM, maka dapat diganti dengan :

5 5 Fotocopy Kartu Tanda Peserta UAN atau Kartu Pelajar yang telah dilegalisir. Nilai rapor kelas XI dan semester terakhir pada saat melakukan pendaftaran. f. Menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 terbaru 2 (dua) lembar (dapat disusulkan pada saat regristasi jika dinyatakan diterima). g. Menyerahkan fotocopy akta kelahiran yang telah dilegalisir 1 (satu) lembar (dapat disusulkan pada saat regristasi jika dinyatakan diterima). h. Semua berkas dimasukkan ke dalam map dan di bagian depan map dituliskan Nama, Asal Sekolah dan dituliskan kata-kata Jalur Tes. i. Semua berkas pendaftaran discan dan dikirimkan melalui dengan alamat : oleh panitia yang ditunjuk. 3. Pendaftaran online melalui internet 1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp ,- (seratus lima puluh ribu rupiah) melalui Bank BRI Cabang Cik Ditiro Yogyakarta dengan No. Rekening (?) 2. Mengirimkan Bukti Pembayaran beserta Nama Lengkap, Nomor Handphone/Telpon, Alamat dan Anda melalui Fax. ke atau atau melalui ke 3. Dalam waktu maksimal 2 x 24 jam hari kerja, Calon Mahasiswa Baru (Camaba) akan mendapat konfirmasi melalui SMS dan melalui berupa PASSWORD yang digunakan untuk mengisi Formulir Pendaftaran. 4. Jika sudah mendapat PASSWORD, membuka website atau dari website dan pilih menu Penerimaan Mahasiswa Baru, akan muncul tampilan seperti Gambar 1. Gambar 1. Halaman Awal Computer Base Test 5. Memilih menu Formulir Pendaftaran kemudian mengisikan PASSWORD dan menjawab Pertanyaan Penjumlahan (seperti ditunjukkan Gambar 2).

6 6 Gambar 2. Memasukkan Password Untuk Mengisi Formulir Pendaftaran 6. Mengisikan semua data-data yang diminta di Formulir Pendaftaran dan Formulir Kesanggupan Pembayaran Tridarma. Setelah selesai semua, klik Daftar di bagian paling bawah (seperti ditunjukkan Gambar 3). Catatlah Nomor Pendaftaran kemudian klik OK (seperti ditunjukkan Gambar 4). Catatan : Nomor Pendaftaran digunakan untuk mengerjakan Test Online. Pengisian Formulir pendaftaran hanya bisa dilakukan sekali, jika ada kesalahan pengisian pada Formulir Pendaftaran, silahkan hubungi Admin/Sekretariat PMB Universitas Janabadra untuk minta diperbaiki. Gambar 3. Formulir Pendaftaran

7 7 Kemudian akan muncul pertanyaan Apakah Anda Akan Mengikuti Latihan Soal? Jika dijawab Ya, Camaba akan mengikuti latihan soal dengan mengerjakan 5 soal. Jika dijawab Tidak, Camaba dapat langsung mengerjakan Computer Based Test sebanyak 50 soal dalam waktu 100 menit (seperti ditunjukkan pada Gambar 6). Gambar 4. Mencatat Nomor Pendaftaran dan Klik OK 7. Klik menu Computer Based Test, dan memasukkan Nomor Pendaftaran (seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5). Gambar 6. Halaman Computer Based Test Gambar 5. Memasukkan Nomor Pendaftaran untuk Mengerjakan Test Online 8. Jika sudah selesai mengerjakan Test Online, akan muncul tampilan seperti Gambar 7. Tunggu pemberitahuan selanjutnya dalam waktu maksimal 2 x 24 jam hari kerja berupa konfirmasi diterima atau tidak yang akan dikirim melalui atau melalui surat. Jika dinyatakan diterima, Camaba dapat segera melakukan

8 8 registrasi dengan melengkapi persyaratan administrasi dan melakukan pembayaran. Gambar 7. Tampilan Setelah Berhasil Mengikuti CBT (Computer Based Test) 10. Jika online mengalami gangguan, maka pendaftaran dan tes dapat dilakukan secara offline (paper base) dengan menggunakan formulir dan paket soal yang telah disediakan, namun staf sekretariat harus tetap mengisikan secara online di lain waktu proses validasi. 11. Jika Test Online dilakukan di Kampus Universitas Janabadra, maka berkas dokumen yang harus dikumpulkan adalah : Bukti pembayaran biaya pendaftaran Ijazah dan NEM/UAN atau Kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar). Jika belum memiliki ijazah atau Surat Tanda Kelulusan dan belum memiliki UAN/NEM, maka dapat diganti dengan fotocopy Kartu Tanda Peserta UAN dan fotocopy rapor semester terakhir pada saat melakukan pendaftaran Surat Pernyataan kesanggupan membayar sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di atas materai Rp. 6000,- (Form surat pernyataan dapat diunduh di laman Jika pendaftaran dilakukan di luar Universitas Janabadra, yakni di tempat-tempat yang mengadakan kerjasama dengan Universitas Janabadra Yogyakarta, semua syarat dan berkas pendaftaran dapat discan dan dikirimkan melalui dengan alamat : 13. Persyaratan lainnya yang belum ada dapat disusulkan pada saat regristasi jika dinyatakan diterima. Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan, yakni 30 Agustus 2015, maka penerimaan calon mahasiswa baru yang bersangkutan dapat digagalkan. E. JADWAL DAN WAKTU PENDAFTARAN Jadwal dan waktu pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur tes atau ujian tulis diatur sebagai berikut : Jawwal pendaftaran : 2 Januari 30 Agustus 2015 Waktu pelayanan : WIB Ketentuan di atas berlaku untuk pendaftaran secara langsung, pendaftaran melalui tempat-tempat yang mengadakan kerjasama dengan Universitas Janabadra maupun untuk pendaftaran secara online.

9 9 F. PELAKSANAAN UJIAN TERTULIS Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur tes atau jalur ujian tertulis dilaksanakan dengan mengadakan ujian secara tertulis dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Ujian tertulis merupakan kegiatan seleksi berupa Tes Potensial Akademik (TPA) yang berlaku untuk semua p rogram studi Strata 1 (S-1). 2. Ujian disajikan dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 (lima) pilihan jawaban untuk setiap soal (A, B, C, D, E) dan setiap soal memiliki bobot yang sama (tidak diberlakukan sistem pembobotan soal). 3. Sstem penilaian yang dilakukan tidak menggunakan sistem minus (-) 4. Waktu pelaksanaan ujian diatur sebagai berikut : Bagi yang melakukan pendaftaran secara langsung Ujian tertulis dilaksanakan setiap hari yang dibagi dalam tiga sesi ujian, yakni sesi pagi jam WIB, sesi siang jam WIB dan sesi sore jam WIB. Lokasi ujian di ruang ujian yang telah disediakan di Kampus Universitas Janabadra Jl. TR. Mataram No Pingit Yogyakarta. Bagi yang melakukan pendaftaran melalui Sekolah-Sekolah atau Lembaga yang mengadakan kerjasama dengan Universitas Janabadra Ujian tertulis dilaksanakan setiap hari dengan jadwal dan tempat ujian ditentukan oleh masing-masing tempat pendaftaran. Bagi yang melakukan secara online Ujian tertulis dapat dilaksanakan secara online di tempattempat yang ditunjuk oleh Universitas Janabadra sebagai mitra kerjasama sebagai sekretariat penerimaan mahasiswa baru. Jadwal dan tempat ujian ditentukan oleh masing-masing sekretariat pendaftaran. Ujian dapat dilakukan melalui alamat website : dengan menggunakan user name dan password yang diperoleh pada saat melakukan pendaftaran. G. KRITERIA SELEKSI Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru jalur tes atau jalur ujian didasarkan pada hasil ujian tulis dengan mempertimbangkan nilai UAN/NEM. Penentuan penerimaan calon mahasiswa baru dilakukan dengan menggunakan passing grade dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Untuk Jurusan/PS Teknik Mesin, Teknik Informatika, Agrobisnis dan Ekonomi Pembangunan, SKOR yang diperoleh harus > Untuk Jurusan/PS Teknik Sipil, Hukum, Ekonomi Manajemen dan Ekonomi Akuntansi, SKOR yang diperoleh harus > 50 H. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI Pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi akan dilaksanakan sebagai berikut : 1. Bagi yang mendaftar langsung, maka pengumuman hasil seleksi akan disampaikan melalui surat pemberitahuan yang dapat diambil sendiri di sekertariat pendaftaran mahasiswa baru (BAAK Universitas Janabadra) atau dikirimkan ke alamat calon mahasiswa baru jalur prestasi.

10 10 2. Bagi yang mendaftar melalui sekolah atau lembaga yang mengadakan kerjasama dengan Universitas Janabadra, maka pengumuman hasil seleksi akan disampaikan melalui surat pemberitahuan yang akan dikirimkan ke sekolah atau lembaga yang bersangkutan. 3. Bagi yang mendaftar secara online melalui internet, maka pengumuman hasil seleksi akan disampaikan melalui selambatlambatnya 2x24 jam setelah mengikuti ujian. J. DIAGRAM ALIR SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU dua : Diagram alir seleksi penerimaan mahasiswa baru terbagi menjadi a. Pendaftaran Secara Langsung atau Melalui Sekolah/Lembaga yang bekerja sama dengan Universitas Janabadra (Gambar 8). b. Pendaftaran dan Tes melalui Online (Gambar 9). I. KETENTUAN KHUSUS Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima oleh Tim Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, maka berlaku ketentuan-ketentuan sebagai berikut : 1. Calon mahasiswa baru jalur tes atau jalur ujian yang dinyatakan diterima dapat melakukan regristasi setelah dinyatakan lulus dari bangku SMU atau sederajat. 2. Calon mahasiswa baru jalur tes atau jalur ujian yang dinyatakan diterima namun tidak dapat melakukan regristasi pada jadwal yang telah ditentukan, maka dinyatakan mengundurkan diri atau gagal. 3. Jika di kemudian hari ternyata terdapat kesalahan data, pemalsuan data dan ketidakcocokan data, maka calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima menjadi mahasiswa dapat dibatalkan penerimaannya oleh Universitas Janabadra. 4. Jika calon mahasiswa baru jalur prestasi yang telah dinyatakan diterima namun tidak dapat melengkapi seluruh berkas dokumen pendaftaran yang telah dipersyaratkan, maka Universitas Janabadra dapat membatalkan penerimaan mahasiswa tersebut.

11 11 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) Mulai Sekretariat Pendataran Calon Mahasiswa Baru Datang ke Sekretariat Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Membayar biaya pendataran Melakukan Verifikasi BerkMelas Dokumen Pendaftaran Mengisi & menyerahkan formulir pendaftaran Mengisi & menandatangani surat pernyataan kesanggupan membayar Tridarma PT Camaba melengkapi berkas dokumen - Fotokopi Ijazah - Fotocopy NUAN/NEM - Fotocopy Akte - dll Tidak Lengkap - Fotokopi Ijazah - Fotocopy NUAN/NEM - Fotocopy Akte - dll Camaba melengkapi kekurangan berkas Ya Mengeluarkan Nomer Pendaftaran Camaba menerima Nomor Pendaftaran Camaba melakukan Ujian Tertulis Panitia mengoreksi hasil ujian Tidak Hasil Ujian Ya Selesai Gambar 8. Diagram Alir Pendaftaran Mahasiswa Baru Secara Langsung atau Melalui Sekolah/Lembaga yang Bekerjasasama dengan Universitas Janabadra

12 12 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) Sekretariat Pendataran Calon Mahasiswa Baru Mulai Membayar biaya pendataran melaui Bank BRI Mengirimkan Bukti Pembayaran & Identitas Diri (Nama Lengkap, No HP, ) ke Panitia memberikan PASSWORD Membuka website pmb.janabadra.ac.id Memilih menu Formulir Pendaftaran & Memasukkan Password Mengisi Formulir Pendaftaran & Formulir Kesanggaupan membayar Tridarma PT Mendapatkan NOMOR PENDAFTARAN Buka Menu Computer Based Test, Masukkan Nomor Pendafataran Tidak Mengerjakan Ujian Hasil Ujian Panitia mengoreksi hasil ujian Ya Selesai Gambar 9. Diagram Alir Pendaftaran Mahasiswa Baru Secara Online

13 13 A. PENGERTIAN Merupakan urutan prosedur administrasi yang wajib dijalani oleh setiap Calon Mahasiswa Baru yang telah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa Universitas Janabadra dan memutuskan untuk menjalani Pendidikan Tinggi di Universitas Janabadra, dengan melengkapi persyaratan administrasi akademik dan melunasi kewajiban keuangan sesuai jadwal yang tertera pada Surat Panggilan / Surat Pemberitahuan. B. TUJUAN Proses Her-Registrasi ini bertujuan untuk memenuhi dan melengkapi seluruh persyaratan akademik sebagai mahasiswa baru Universitas Janabadra, yang merupakan syarat mutlak guna diterbitkannya NIM (Nomor Induk Mahasiswa). C. KETENTUAN UMUM Ketentuan umum pendaftaran ulang (her -regristasi) bagi mahasiswa baru adalah sebagai berikut : 1. Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Janabadra, calon mahasiswa diwajibkan melakukan pendaftaran ulang (her -registrasi) sebagai mahasiswa baru Universitas Janabadra Yogyakarta, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 2. Apabila sampai batas waktu yang ditentukan calon mahasiswa baru tidak melakukan pendaftaran ulang (her-registrasi), maka yang bersangkutan dinyatakan gugur. Jika calon mahasiswa baru yang bersangkutan tetap menginginkan menjadi mahasiswa Universitas Janabadra, maka yang bersangkutan harus mengikuti prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru dari awal. 3. Biaya yang harus dibayarkan pada saat pendaftaran ulang (herregistrasi) dapat dilihat pada Surat Pemberitahuan yang diterima oleh calon mahasiswa baru.. D. PERSYARATAN AKADEMIK DAN KEUANGAN 1. Persyaratan Akademik Calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima wajib melengkapi dan menyerahkan persyaratan akademik di BAAK Universitas Janabadra dengan melengkapi berkas dokumen sebagai berikut : a. 2 (dua) lembar fotokopi ijazah yang dilegalisir - Bagi calon mahasiswa yang berasal dari SLTA Negeri/Swasta, ijazah cukup dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan. - Bagi calon mahasiswa yang berasal dari SLTA Luar Negeri, Ijazah harus disetarakan dan dilegalisir oleh Kemendikbud

14 14 Jakarta Pusat. Selanjutnya menunjukkan Ijazah asli kepada petugas registrasi. - Khusus untuk jalur prestasi : di tambah 2 (dua) lembar fotokopi Rapor kelas X, XI, XII yang dilegalisir dan menunjukkan rapor asli kepada petugas registrasi. b. 2 (dua) lembar fotokopi NUAN/NEM (Nilai Ujian Akhir Nasional) yang dilegalisir. c. 2 (dua) lembar pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm, latar belakang warna merah d. 2 (dua) lembar fotokopi KTP/SIM/Kartu Identitas Lain. e. 2 (dua) lembar fotokopi Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir f. 2 (dua) lembar fotokopi Surat Ganti Nama bagi yang melakukan pergantian nama g Bagi Warga Negara Keturunan Asing harus dikukuhkan dengan surat bukti kewarganegaraan, dengan membawa 2 (dua) lembar fotokopi Surat Bukti atau surat permohonan Kewarganegaraan Republik Indonesia (SBKRI) diri/orang tua. h. Bagi Warga Negara Asing harus dengan izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud di Jakarta. i. Surat Keterangan BEBAS NARKOBA dari Dokter, asli dan fotokopinya sebanyak 1 (satu lembar). CATATAN : a. Apabila calon mahasiswa baru tidak menyerahkan fotokopi ijazah dan memperlihatkan aslinya ke BAAK sampai akhir semester I (pertama), maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti kuliah pada semester berikutnya dan diharuskan mengundurkan diri. b. Apabila calon mahasiswa baru dari luar negeri tidak menyerahkan surat ijin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI ke BAAK sampai akhir semester I (pertama), maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti kuliah pada semester berikutnya dan diharuskan mengundurkan diri. c. Ijazah dan bidang studi di SLTA (IPA atau IPS) harus sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Universitas Janabadra. d. Ijazah program Paket C; 1) Harus dilampiri dengan rapor SLTA, bidang studi yang sama. 2) Tanda bukti lain sebagai pengganti ijazah tidak diterima. e. Jika persyaratan Akademik ini tidak dapat dipenuhi, maka statusnya sebagai calon mahasiswa baru Universitas Janabadra dinyatakan GAGAL/BATAL. 2. Persyaratan Keuangan Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima juga wajib melengkapi dan menyerahkan persyaratan keuangan di BAAK Universitas Janabadra dengan tahapan sebagai berikut : a. Melakukan pembayaran biaya studi semester 1 (satu) sesuai dengan yang tertera di dalam Surat Pemberitahuan. Pembayaran dapat dilakukan langsung di Biro Keuangan Universitas Janabadra atau dapat dibayarkan melalui Bank BRI dengan nomor rekening a/n Universitas Janabadra BRI Cab. Cik Ditiro. Jika pembayaran dilakukan melalui Bank lain (selain Bank BRI), maka harus ada bukti kliring. b. Rincian Pembayaran terdiri dari : - SPP tetap dan SPP Variabel semester I

15 15 - Kemahasiswaan (tiap semester) - Asuransi (tiap semester) - Sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi minimal 50% dari sumbangan yang disepakati (dapat diangsur maksimal 2 kali, yakni dibayarkan di semester I dan II). - Perpustakaan (dibayarkan hanya sekali selama kuliah) - Layanan SIA (dibayarkan hanya sekali selama kuliah) - Jas Almamater (dibayarkan hanya sekali selama kuliah) c. Bukti pembayaran Bank dan fotokopinya diserahkan ke BAAK Universitas Janabadra untuk melengkapi persyaratan akademik. kepada mahasiswa yang dapat digunakan untuk bimbingan KRS dan kuliah sampai mahasiswa melakukan foto diri di BAAK. 5. Mahasiswa baru melakukan foto diri di BAAK untuk mendapatkan kartu mahasiswa baru. F. DIAGRAM ALIR PROSEDUR PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU Diagram alir prosedur pendaftaran ulang mahasiswa baru dapat dilihat pada Gambar 10. E. PROSEDUR PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU Prosedur pendaftaran ulang mahasiswa baru dilaksanakan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : 1. Mahasiswa baru melakukan pembayaran biaya pendidikan sesuai dengan yang tertera di dalam Surat Pemberitahuan secara langsung ke Biro Keuangan (BAKU) Uinversitas Janabadra atau melalui Bank. 2. Mahasiswa baru menyerahkan bukti pembayaran biaya pendidikan dan semua persyaratan akademik ke BAAK Universitas Janabadra dan mengisi formulir daftar ulang yang telah disediakan. 3. BAAK melakukan verifikasi kelengkapan berkas daftar ulang, jika semua persyaratan daftar ulang pendaftaran belum dipenuhi (tidak lengkap), maka berkas dokumen pendaftaran dikembalikan ke mahasiswa baru untuk dilengkapi. 4. Jika semua persyaratan daftar ulang pendaftaran telah dipenuhi (lengkap), maka BAAK kemudian menyerahkan bukti her-regristasi

16 16 Mahasiswa Baru Mulai Melakukan Pembayaran di BAKU Mahasiswa melengkapi berkas dokumen BAAK Melakukan verifikasi berkas dokumen pendaftaran ulang - Fotocopy Ijazah - Fotocopy NUAN/NEM - Fotocopy Akte - dll Tidak - Fotocopy Ijazah - Fotocopy NUAN/NEM - Fotocopy Akte - dll Lengkap Ya Mahasiswa melengkapi kekurangan berkas Mengeluarkan bukti daftar ulang Mahasiswa menerima bukti daftar ulang Mahasiswa melakukan foto diri untuk KTM di BAAK BAAK Memproses Kartu Mahasiswa (KTM) BAAK Menngeluarkan Kartu Mahasiswa Menerima Kartu Mahasiswa (KTM) Selesai Gambar 10. Diagram Alir prosedur pendaftaran ulang mahasiswa baru

17 17 E. PENGUNDURAN DIRI Mahasiswa baru yang telah melakukan pendaftaran ulang (her - registrasi), dapat mengundurkan diri sebagai mahasiswa Universitas Janabadra dengan ketentuan sebaga berikut : 1. Mahasiswa baru yang mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri Program Regular (bukan ekstensi), maka akan dikenakan potongan biaya sebesar Rp. 500,000,- (lima ratus ribu rupiah). 2. Mahasiswa baru yang mengundurkan diri karena alasan selain diterima di Perguruan Tinggi Negeri Program Regular (bukan ekstensi), maka biaya yang dikembalikan adalah 50 % dari seluruh biaya yang telah dibayarkan. 3. Batas akhir pengunduran diri mahasiswa baru adalah 28 Agustus Pengunduran diri setelah batas waktu yang telah ditentukan karena alasan lain, maka biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan. F. PENGAJUAN PENGUNDURAN DIRI Pengajuan pengunduran diri sebagai mahasiswa baru Universtas Janabadra dapat dilakukan dengan datang langsung ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru (BAAK) atau melalui dengan alamat Adapun tata cara pengajuan oengunduran diri sebagai mahasiswa baru Universitas Janabadra adalah sebagai berikut : 1. Pengajuan Pengunduran Diri Secara Langsung a. Datang langsung ke sekretariat pendaftaran calon mahasiswa baru di BAAK Kampus Universitas Janabadra Jl. TR. Mataram No Pingit Yogyakarta. b. Mengisi Surat Pernyataan Pengunduran Diri yang telah disediakan dan menyerahkan ke BAAK dengan melampirkan persyaratan pengunduran diri sebagai berikut : Kartu Ujian / Bukti Pendaftaran Calon Mahasiswa yang asli Surat Panggilan/Pemberitahuan asli diterima sebagai Calon Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri (khusus bagi yang mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri Program Regular/bukan ekstensi) Slip asli tanda pembayaran dari BAKU Universitas Janabadra yang telah dilunasi atau bukti transfer (jika pembayaran dilakukan melalui bank). Tanda Pengenal asli ( KTP / SIM ) serta fotokopinya. 2. Pengajuan Pengunduran Diri Secara Online (??? --) a. Buat surat pengunduran diri disertai dengan alasannya kemudian kirimkan melalui ke alamat b. Berkas dokumen pengajuan pengunduran diri yang harus discan dan di kan bersama surat pengunduran diri adalah : Bukti Pendaftaran Calon Mahasiswa yang asli Surat Panggilan/Pemberitahuan asli diterima sebagai Calon Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri (khusus bagi yang

18 18 mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri Program Regular/bukan ekstensi) Slip asli tanda pembayaran dari BAKU Universitas Janabadra yang telah dilunasi atau bukti transfer (jika pembayaran dilakukan melalui bank). Tanda Pengenal asli ( KTP / SIM ) serta fotokopinya. G. PROSEDUR PENGUNDURAN DIRI Pengunduran diri dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa baru yang bersangkutan atau oleh orangtuanya/walinya. Adapun prosedur pengunduran diri tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Calon mahasiswa baru yang bersangkutan atau orangtuanya/walinya melakukan pengisian Surat Pernyataan Pengunduran Diri dan menyerahkan ke BAAK dengan dilampiri persyaratan pengunduran diri yang telah ditetapkan. 2. BAAK melakukan verifikasi berkas pengajuan pengunduran diri. Jika tidak lengkap, maka berkas akan dikembalikan ke calon mahasiswa baru yang bersangkutan untuk dilengkapi. Pemberitahuan dapat dilakukan secara langsung, melalui telepon maupun melalui Jika berkas pengajuan pengunduran diri dinyatakan lengkap, sekretariat pendaftaran mahasiswa baru (BAAK) Universitas Janabadra kemudian menyerahkan berkas dokumen ke Wakil Rektor I Bidang Akademik untuk verivikasi lebih lanjut Jika Wakil Rektor I Bidang Akademik menyetujui, BAAK segera membuat surat pemberitahuan persetujuan pengunduran diri calon mahasiswa yang bersangkutan. 4. BAAK menyampaikan surat pemberitahuan persetujuan pengunduran diri ke calon mahasiswa yang bersangkutan secara langsung, melalui telpon atau melalui Calon mahasiswa yang telah mendapatkan surat pemberitahuan persetujuan pengunduran diri sebagai calon mahasiswa baru Universitas Janabadra dapat segera memproses pengambalian biaya yang telah dibayarkan di Biro Keuangan Universitas Janabadra (BAKU) sesuai dengan yang tertera di dalam surat pemberitahuan persetujuan pengunduran diri. H. DIAGRAM ALIR PROSEDUR PENGUNDURAN DIRI Diagram alir prosedur penngundurun diri calon mahasiswa baru dapat dilihat pada Gambar 11 berikut ini.

19 19 Mahasiswa Baru Mulai BAAK Melakukan verifikasi berkas dokumen pendaftaran ulang mengajukan pengunduran diri Melampirkan berkas dokumen pengunduran diri - Bukti Asli Pendaftaran - Surat Panggilan - Slip Pembayaran - dll - Bukti Asli Pendaftaran - Surat Panggilan - Slip Pembayaran - dll Tidak Lengkap Ya melengkapi kekurangan lampiran berkas dokumen Mengeluarkan Surat Persetujuan ditandatangani Warek I Menerima Surat Persetujuan ditandatangani Warek I Melakukan proses pengembalian uang di BAKU Selesai Gambar 11. Diagram alir prosedur penngundurun diri calon mahasiswa baru

20 20 I. PINDAH PROGRAM STUDI Pindah program studi adalah proses perpindahan calon mahasiswa baru dari satu program studi ke program studi lainnya dalam lingkup Universitas Janabadra. Ketentuan yang harus dipenuhi adalah : A. Calon mahasiswa 2015/2016 yang sudah definitif dan bermaksud pindah antara 2 Program Studi yang keduanya sudah dinyatakan diterima, maka syarat yang harus dipenuhi adalah: Persyaratan ijazah harus memenuhi ketentuan yang berlaku pada program studi tujuan. Membayar biaya administrasi sebesar Rp ,- (satu juta rupiah) Mengajukan permohonan pindah program studi (formulir disediakan oleh BAAK), dilampiri Bukti Pendaftaran Asli dan kuitansi pembayaran biaya pendidikan jika ada. Bagi calon mahasiswa baru yang belum melakukan pembayaran biaya pendidikan, maka calon mahasiswa baru yang bersangkutan harus melakukan daftar ulang (her -regristasi) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bagi calon mahasiswa baru yang sudah membayar biaya pendidikan, maka besarnya biaya yang telah dibayarkan akan diperhitungkan dalam pembayaran biaya pendidikan pada program studi tujuan. Kelebihan baya yang terjadi akan diperhitungkan sebagai cicilan Sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan kekurangan biaya yang terjadi harus dibayarkan oleh calon mahasiswa baru yang bersangkutan. Pindah program studi hanya dapat dilakukan dengan datang langsung ke Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Janabadra. B. Calon mahasiswa 2015/2016 yang sudah definitif pada salah satu Program Studi dan bermaksud pindah Program Studi antara 2 Program Studi yang belum dinyatakan diterima, dengan syarat: Persyaratan ijazah harus memenuhi ketentuan yang berlaku pada program studi tujuan. Wajib mengikuti Ujian Seleksi 2014/2015 jalur penerimaan berikutnya dengan pilihan prodi/program yang dikehendaki dan dinyatakan diterima. Membayar biaya administrasi sebesar Rp ,- Mengajukan permohonan pindah program studi (formulir disediakan oleh BAAK), dilampiri Kartu Ujian / Bukti Pendaftaran Asli dan kuitansi pembayaran biaya pendidikan jika ada. Bagi calon mahasiswa baru yang belum melakukan membayar biaya pendidikan, maka calon mahasiswa baru yang bersangkutan harus melakukan daftar ulang (her -regristasi) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bagi calon mahasiswa baru yang sudah membayar biaya pendidikan, maka besarnya biaya yang telah dibayarkan akan diperhitungkan dalam pembayaran biaya pendidikan pada program studi tujuan. Kelebihan baya yang terjadi akan diperhitungkan sebagai cicilan Sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan kekurangan biaya yang terjadi harus dibayarkan oleh calon mahasiswa baru yang bersangkutan. Pindah program studi hanya dapat dilakukan dengan datang langsung ke Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Janabadra.

21 21 J. PROSEDUR PINDAH PROGRAM STUDI Pindah program studi harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa baru yang bersangkutan dengan datang langsung ke BAAK Universitas Janabadra. Adapun prosedur pindah program studi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Calon mahasiswa baru yang bersangkutan mengajukan permohonan pindah program studi (form pengajuan disediakan di BAAK) dan menyerahkan ke BAAK dengan dilampiri Kartu Ujian / Bukti Pendaftaran Asli dan kuitansi pembayaran biaya pendidikan jika ada. 2. BAAK melakukan verifikasi berkas pengajuan pindah program studi dan melakukan verifikasi persyaratan pindah program studi yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang bersangkutan. Adapun yang perlu diverifikasi adalah ketentuan kesesuaian ijazah dan prestasi/skor dari calon mahasiswa yang bersangkutan. 3. Jika tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka BAAK membuat surat pemberitahuan penolakan pindah program studi yang ditandatangani oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik disertai dengan alasan penolakannya dan kemudian disampaikan ke calon mahasiswa yang bersangkutan 4. Jika memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka BAAK membuat surat pemberitahuan persetujuan pindah program studi yang ditandatangani oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan kemudian disampaikan ke calon mahasiswa yang bersangkutan 5. Calon mahasiswa yang telah mendapatkan surat pemberitahuan persetujuan, maka dapat segera melakukan daftar ulang (her - regristasi) jika calon mahasiswa yang bersangkutan belum membayar biaya pendidikan. Sedangkan untuk calon mahasiswa yang sudah membayar maka dapat segera membayar kekurangan biaya pendidikan jika ada kekurangan biaya berikut biaya-biaya lainnya sesuai ketentuan yang berlaku. 6. Calon Mahasiswa baru melakukan foto diri di BAAK untuk mendapatkan kartu mahasiswa. 7. Pindah Program Studi/Program melewati batas waktu atau tidak sesuai prosedur aau dokumen tidak lengkap sesuai ketentuan, maka tidak akan dilayani. K. Diagram Alir Prosedur Pindah Program Studi Diagram alir prosedur pindah program srudi bagi calon mahasiswa baru dapat dilihat pada Gambar 12 berikut ini.

22 22 Mahasiswa Baru Mulai BAAK Melakukan verifikasi berkas dokumen dan persyaratan mengajukan permohonan Melampirkan berkas dokumen permohonan - Kartu Ujian/Bukti Pendft - Slip Pembayaran - Persyaratan ijazah - Prestasi/skor ujian - Kartu Ujian/Bukti Pendft - Slip Pembayaran (jika ada Memenuhi Ya Menerima Surat Penolakan ditandatangani Warek I Tidak Mengeluarkan Surat Penolakan ditandatangani Warek I Menerima Surat Persetujuan ditandatangani Warek I Mengeluarkan Surat Persetujuan ditandatangani Warek I Menyelesaikan administrasi keuangan Melakukan daftar ulang (herregristasi) BAAK Memproses Kartu Mahasiswa (KTM) Mahasiswa melakukan foto diri untuk KTM di BAAK BAAK Menngeluarkan Kartu Mahasiswa Menerima Kartu Mahasiswa (KTM) Selesai Gambar 12. Diagram alir prosedur pindah program srudi bagi calon mahasiswa baru

23 23 K. PINDAH PROGRAM PERKULIAHAN Pindah Program Perkuliahan adalah perpindahan program perkuliahan dari Program Kelas A (diselenggarakan pagi hari) ke Program Kelas B (diselenggarakan sore hari) atau sebaliknya dalam lingkup Universitas Janabadra. Ketentuan yang harus dilakukan adalah : 1. Persyaratan ijazah harus memenuhi ketentuan yang berlaku pada program studi tujuan. 2. Bagi calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur bebas tes, prestasi yang diraih di bangku SMU harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh program perkuliahan yang dituju. 3. Bagi calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur tes (ujian tertulis), skor yang diperoleh harus memenuhi passing grade program studi tujuan. 4. Membayar biaya administrasi sebesar Rp ,- (satu juta rupiah) 5. Bagi calon mahasiswa baru yang belum melakukan pembayaran biaya pendidikan, maka calon mahasiswa baru yang bersangkutan harus melakukan daftar ulang (her -regristasi) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 6. Mengajukan permohonan pindah program studi ditujukan kepada Rektor diketahui oleh orang tua / wali disertai dengan alasannya dan dilampiri dengan Kartu Mahasiswa. 7. Bagi calon mahasiswa baru yang sudah membayar biaya pendidikan, maka besarnya biaya yang telah dibayarkan akan diperhitungkan dalam pembayaran biaya pendidikan pada program studi tujuan. Kelebihan baya yang terjadi akan diperhitungkan sebagai cicilan Sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan kekurangan biaya yang terjadi harus dibayarkan oleh calon mahasiswa baru yang bersangkutan. 8. Pindah program perkuliahan HANYA DAPAT DILAKUKAN DENGAN DATANG LANGSUNG ke Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Janabadra. L. PROSEDUR PINDAH PROGRAM PERKULIAHAN Pindah program perkuliahan harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa baru yang bersangkutan dengan datang langsung ke BAAK Universitas Janabadra. Adapun prosedur Pindah Program Perkuliahan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Calon mahasiswa baru yang bersangkutan mengajukan permohonan pindah program perkuliahan (form pengajuan disediakan di BAAK) dan menyerahkan ke BAAK dengan dilampiri Kartu Ujian / Bukti Pendaftaran Asli dan kuitansi pembayaran biaya pendidikan jika ada. 2. BAAK melakukan verifikasi berkas pengajuan pindah program perkuliahan dan melakukan verifikasi persyaratan pindah program perkuliahan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yang bersangkutan. Adapun yang perlu diverifikasi adalah ketentuan kesesuaian ijazah dan prestasi/skor dari calon mahasiswa yang bersangkutan. 3. Jika tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka BAAK membuat surat pemberitahuan penolakan pindah program perkuliahan yang ditandatangani oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik disertai dengan alasan penolakannya dan kemudian disampaikan ke calon mahasiswa yang bersangkutan 4. Jika memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka BAAK membuat surat pemberitahuan persetujuan pindah program perkuliahan yang ditandatangani oleh Wakil Rektor I Bidang

24 24 Akademik dan kemudian disampaikan ke calon mahasiswa yang bersangkutan 5. Calon mahasiswa yang telah mendapatkan surat pemberitahuan persetujuan, maka dapat segera melakukan daftar ulang (her - regristasi) jika calon mahasiswa yang bersangkutan belum membayar biaya pendidikan. Sedangkan untuk calon mahasiswa yang sudah membayar maka dapat segera membayar kekurangan biaya pendidikan berikut biaya-biaya lainnya sesuai ketentuan yang berlaku. M. MAHASISWA TRANSFER/PINDAHAN

PETUNJUK TEKNIS SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI

PETUNJUK TEKNIS SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI PETUNJUK TEKNIS SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ENAM-ENAM STIE-66 KENDARI KAMPUS II STIE-66 KENDARI TEAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2013 1 KATA PENGANTAR Penerimaan Mahasiswa

Lebih terperinci

II. PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN 2.1 JALUR PMDK

II. PERSYARATAN DAN TATA CARA PENDAFTARAN 2.1 JALUR PMDK II. Farmasi, Psikologi, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Kimia, dan Informatika. (Akan dikonfirmasi ulang pada test kesehatan mahasiswa baru) h. Seleksi tahap 2 akan diberlakukan bagi pendaftar

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 I. PENDAHULUAN PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2015 Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNJANI PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA-3 TAHUN 2016 I. PENDAHULUAN Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) dilakukan secara online melalui web

Lebih terperinci

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id P E

Lebih terperinci

ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK

ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK 20152016 LIHAT INFO DAFTAR ULANG DAN MENGISI FORMULIR BIODATA MABA SECARA ONLINE MELAKUKAN PEMBAYARAN KE TELLER BANK SYARIAH MANDIRI

Lebih terperinci

A. TATA CARA PRA PENDAFTARAN

A. TATA CARA PRA PENDAFTARAN LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 1150/XIV/R/KPT/2017 TANGGAL : 26 April 2017 TENTANG : PENETAPAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2017/2018 MELALUI SELEKSI

Lebih terperinci

PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN

PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN PANDUAN USMU 2011 PANITIA PELAKSANA USMU TAHUN 2011 1 KATA PENGANTAR Dalam rangka memperluas dan mempermudah akses masyarakat untuk mengikuti pendidikan di Universitas Syiah Kuala dengan tetap mengedepankan

Lebih terperinci

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGUMUMAN

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGUMUMAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id PENGUMUMAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2014/2015

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2014/2015 ~ Wahana Keilmuan dan Akhlaqul Karimah ~ Alamat : Jalan K.H. Ahmad Dahlan 3 Telepon/Faksimile (0275)

Lebih terperinci

SELEKSI JALUR KEDOKTERAN KEMITRAAN PESANTREN

SELEKSI JALUR KEDOKTERAN KEMITRAAN PESANTREN SELEKSI JALUR KEDOKTERAN KEMITRAAN PESANTREN PENGERTIAN Merupakan seleksi yang didasarkan pada rekomendasi pondok pesantren peserta dan kesediaan lulusan untuk kembali mengabdi ke pesantren PERSYARATAN

Lebih terperinci

KETENTUAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/ 2016

KETENTUAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/ 2016 KETENTUAN PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/ 2016 I. Biaya pendidikan 1) Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui teller atau ATM Bank Mandiri,

Lebih terperinci

SELEKSI JALUR MANDIRI KEDOKTERAN GELOMBANG II

SELEKSI JALUR MANDIRI KEDOKTERAN GELOMBANG II SELEKSI JALUR MANDIRI KEDOKTERAN GELOMBANG II PENGERTIAN Merupakan seleksi yang didasakan pada peminatan dan kemampuan mandiri masyarakat umum untuk menempuh pendidikan sesuai dengan pilihan peminatan

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014

PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014 PANDUAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA TAHAP II (PERIODE JULI AGUSTUS) 2014 PANITIA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS UDAYANA 2014 1 KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013. Tentang:

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013. Tentang: PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013 Tentang: PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Menimbang

Lebih terperinci

PANDUAN TATA CARA PENGISIAN FORM PENDAFTARAN PMB ONLINE ISI YOGYAKARTA http://pmb.isi.ac.id Kolom Agenda Kolom AGENDA memuat agenda Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 seperti jadwal pendaftaran

Lebih terperinci

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013. Tentang:

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013. Tentang: PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER NOMOR : 2349/PER/II.3.AU/F/2013 Tentang: PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER Menimbang

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T. A 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA & STRATA-1 - SELEKSI MANDIRI - (SMMSTAPP)

PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN MAHASISWA BARU T. A 2016/2017 PROGRAM DIPLOMA & STRATA-1 - SELEKSI MANDIRI - (SMMSTAPP) Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Jl. DR. Setiabudhi 186 Bandung, Jawa Barat 40141 Phone: 022.2011456 Fax: 022.2012097 e-mail: contact@stp-bandung.ac.id web: http://stp-bandung.ac.id Panitia Penerimaan

Lebih terperinci

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru e-mail: ppmb@stp-bandung.ac.id web: http://pmb.stp-bandung.ac.id

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru e-mail: ppmb@stp-bandung.ac.id web: http://pmb.stp-bandung.ac.id Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Jl. DR. Setiabudhi 186 Bandung, Jawa Barat 40141 Phone: 022.2011456 Fax: 022.2012097 e-mail: contact@stp-bandung.ac.id web: http://stp-bandung.ac.id Panitia Penerimaan

Lebih terperinci

Lampiran -1 KETENTUAN ADMINISTRASI DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU TA 2015/2016

Lampiran -1 KETENTUAN ADMINISTRASI DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU TA 2015/2016 Lampiran -1 KETENTUAN ADMINISTRASI DAFTAR ULANG A. KETENTUAN DAFTAR ULANG: Calon mahasiswa Gelombang 1 Program Beasiswa harus melakukan daftar ulang paling lambat Jumat, 7 November 2014 dengan memenuhi

Lebih terperinci

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES (JBT) PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya pada membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Jalur Bebas Tes

Lebih terperinci

1/1/2017 PANDUAN PMB ONLINE http://pmbpasca.isi.ac.id/ PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA Waktu Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan Program Magister Beasiswa BUDI DN Mandiri Waktu Pendaftaran

Lebih terperinci

POLA SELEKSI UII. Membayar Biaya Pendaftaran ke Bank atau kepada petugas di lokasi penyelenggaraan CBT.

POLA SELEKSI UII. Membayar Biaya Pendaftaran ke Bank atau kepada petugas di lokasi penyelenggaraan CBT. POLA SELEKSI UII CBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Calon dapat memilih maksimal dua pilihan program studi. Tes dilaksanakan

Lebih terperinci

ALUR DAN PERSYARATAN DAFTAR ULANG CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TA

ALUR DAN PERSYARATAN DAFTAR ULANG CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TA ALUR DAN PERSYARATAN DAFTAR ULANG CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TA. 2016-2017 1. Camaba yang lulus seleksi mengecek jadwal dan info biaya daftar ulang yang harus dibayarkan 2. Camaba mengedit

Lebih terperinci

INSTITUT BISNIS & INFORMATIKA KOSGORO 1957 (IBI-K57)

INSTITUT BISNIS & INFORMATIKA KOSGORO 1957 (IBI-K57) INSTITUT BISNIS & INFORMATIKA KOSGORO 1957 (IBI-K57) JL. M. KAHFI II NO. 33 LENTENG AGUNG, JAKARTA SELATAN Telp. : 021 7868776, 78889488 E-mail : info@ibi-k57.ac.id Website : www.ibi-k57.ac.id FORMULIR

Lebih terperinci

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru web:

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru   web: Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Jl. DR. Setiabudhi 186 Bandung, Jawa Barat 40141 Phone: 022.2011456 Fax: 022.2012097 e-mail: contact@stp-bandung.ac.id web: http://stp-bandung.ac.id Panitia Penerimaan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 POLITEKNIK SENI YOGYAKARTA 2017 Politeknik Seni Tahun Akademik 2017/2018 0 PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 POLITEKNIK

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITENAS SPMB ITENAS TAHUN 2014

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU ITENAS SPMB ITENAS TAHUN 2014 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA ARU ITENAS SPM ITENAS TAHUN 2014 SALAM ITENAS Selamat Datang Calon Mahasiswa aru Itenas Angkatan 2014. Kampus Itenas mengumumkan penyelenggaraan Seleksi Penerimaan Mahasiswa

Lebih terperinci

B. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN

B. PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 637/XIV/A/Unand-2016 TANGGAL : 28 Juni 2016 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 MELALUI

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA

BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA BUKU PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWA PROGRAM NON REGULER/EKSTENSI DAN PROGRAM DIPLOMA PANITIA UNIVERSITAS UDAYANA 2012 1 KATA PENGANTAR Buku Panduan ini disusun untuk memberikan informasi tentang

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id P E N G U M U M A

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR: 131 TAHUN 2014 TENTANG

KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR: 131 TAHUN 2014 TENTANG KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR: 131 TAHUN 2014 TENTANG PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU JALUR UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (UM-PTAIN) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Lebih terperinci

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TA. 2018/2019

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TA. 2018/2019 PETUNJUK PENGISIAN dan PENDAFTARAN 1. Beri tanda pada program pendaftaran yang Anda pilih. 2. Formulir hanya berlaku untuk 1 (satu) program pendaftaran, jika Anda akan mengikuti lebih dari satu program

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2014/2015 JALUR IKATAN DINAS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Ikatan Dinas... 3 Ketentuan Jalur Tugas

Lebih terperinci

Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2018/2019

Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2018/2019 Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2018/2019 1. Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UKI Tahun Akademik 2018/2019 berlangsung

Lebih terperinci

PROSEDUR REGISTRASI CALON MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013

PROSEDUR REGISTRASI CALON MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 Halaman 1 dari 3 halaman PROSEDUR REGISTRASI CALON MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 A Calon mahasiswa baru yang dinyatakan DITERIMA, diwajibkan untuk melakukan registrasi dengan ketentuan sebagai

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id SALINAN KEPUTUSAN

Lebih terperinci

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru web:

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru   web: Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Jl. DR. Setiabudhi 186 Bandung, Jawa Barat 40141 Phone: 022.2011456 Fax: 022.2012097 e-mail: contact@stp-bandung.ac.id web: http://stp-bandung.ac.id Panitia Penerimaan

Lebih terperinci

STATUS AKREDITASI. dibaptis secara Katolik. dan Bahasa Bimbingan dan Konseling Berakreditasi IPA, IPS, Bahasa, SMK Pendidikan Guru SD Berakreditasi

STATUS AKREDITASI. dibaptis secara Katolik. dan Bahasa Bimbingan dan Konseling Berakreditasi IPA, IPS, Bahasa, SMK Pendidikan Guru SD Berakreditasi PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM JALUR BEBAS TES UJIAN NASIONAL (JBT UN) TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya pada Tahun Akademik 2015/2016 membuka Penerimaan Mahasiswa

Lebih terperinci

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 755/XIV/A/Unand-2016 TANGGAL : 31 Juli 2016 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 MELALUI

Lebih terperinci

SELEKSI JALUR KEDOKTERAN KEMITRAAN PESANTREN GELOMBANG II

SELEKSI JALUR KEDOKTERAN KEMITRAAN PESANTREN GELOMBANG II SELEKSI JALUR KEDOKTERAN KEMITRAAN PESANTREN GELOMBANG II PENGERTIAN Merupakan seleksi yang didasarkan pada rekomendasi pondok pesantren peserta dan kesediaan lulusan untuk kembali mengabdi ke pesantren

Lebih terperinci

INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMAMDA SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMAMDA SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017/2018 INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMAMDA SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017/2018 A. Peminatan 1. Peminatan program studi yang ditawarkan kepada calon siswa baru : a. Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB)

Lebih terperinci

PERSYARATAN DAN PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2016/2017 UNIVERSITAS HANG TUAH

PERSYARATAN DAN PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2016/2017 UNIVERSITAS HANG TUAH PERSYARATAN DAN PETUNJUK TEKNIS PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2016/2017 UNIVERSITAS HANG TUAH A. PERSYARATAN BERKAS PENDAFTARAN Siapkan berkas berkas pendaftaran sebagai berikut : PMDK a) Fotocopy raport

Lebih terperinci

YAYASAN PENDIDIKAN DAYANG SUMBI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL

YAYASAN PENDIDIKAN DAYANG SUMBI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL KEPUTUSAN REKTOR Nomor: 209/N.07/Rektorat/Itenas/XII/2015 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Nasional Tahun Akademik 2016/2017 REKTOR Memperhatikan: Hasil rapat Pimpinan Institut Teknologi

Lebih terperinci

PEDOMAN PENDAFTARAN DAN SELEKSI BEASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS SEMARANG (USM) TAHUN AKADEMIK 2017

PEDOMAN PENDAFTARAN DAN SELEKSI BEASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS SEMARANG (USM) TAHUN AKADEMIK 2017 PEDOMAN PENDAFTARAN DAN SELEKSI BEASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS SEMARANG (USM) TAHUN AKADEMIK 2017 1. PERSYARATAN UMUM Persyaratan untuk pendaftaran Beasiswa Bidikmisi di Universitas Semarang tahun 2017

Lebih terperinci

ANDA DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA BARU UNIKA ATMA JAYA

ANDA DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA BARU UNIKA ATMA JAYA PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 JALUR BEBAS TES (JBT) & PROGRAM JALUR PRESTASI NON AKADEMIK (JPNA) UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ANDA DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA BARU UNIKA ATMA

Lebih terperinci

PENGUMUMAN. Nomor : 36/ UN7.P1/ PENG/ 2016 TENTANG

PENGUMUMAN. Nomor : 36/ UN7.P1/ PENG/ 2016 TENTANG KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIDKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telp: (024) 7460020 Fax: (024) 7460013 laman : undip.ac.id PENGUMUMAN

Lebih terperinci

TATA CARA/ INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2018/2019 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

TATA CARA/ INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2018/2019 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA TATA CARA/ INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2018/2019 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA A. JALUR MASUK MAHASISWA BARU Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT dilakukan melalui

Lebih terperinci

PANDUAN PMB ISBI BANDUNG DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB ISBI BANDUNG TAHUN Sekretariat Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (P3MB) ISBI Bandung

PANDUAN PMB ISBI BANDUNG DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB ISBI BANDUNG TAHUN Sekretariat Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (P3MB) ISBI Bandung DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB ISBI BANDUNG TAHUN 2017 Sekretariat Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (P3MB) ISBI Bandung PANDUAN PMB ISBI BANDUNG PMB ONLINE DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 I. WEBSITE PMB ISBI

Lebih terperinci

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Program Diploma IV Tahun Akademik 2012/2013. Pengantar

Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Program Diploma IV Tahun Akademik 2012/2013. Pengantar SELEKS SI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEM MIK 2012/2013 JALUR UM UM IKATAN DINASS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS B Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Umum Ikatann Dinas... 3 Ketentuan

Lebih terperinci

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2014/2015 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2014/2015 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2014/2015 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp. 0265-776787 info@unigal.ac.id Universitas Galuh Ciamis pada tahun Akademik 2014/2015 akan

Lebih terperinci

PANDUAN PENYELENGGARAAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PROGRAM DIPLOMA TIGA (D3) GELOMBANG-2 TAHUN 2017

PANDUAN PENYELENGGARAAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PROGRAM DIPLOMA TIGA (D3) GELOMBANG-2 TAHUN 2017 1 2 PANDUAN PENYELENGGARAAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA PROGRAM DIPLOMA TIGA (D3) GELOMBANG-2 TAHUN 2017 A. TUJUAN Seleksi mahasiswa baru melalui seleksi mandiri program

Lebih terperinci

PEDOMAN & INFORMASI Penerimaan Mahasiswa Baru

PEDOMAN & INFORMASI Penerimaan Mahasiswa Baru !! i S mahasiswa PMB ONLINE VISI www.pmb.stsrdvisi.ac.id Selamat! Selangkah lagi Anda akan menjadi info lebih jelas bisa diperoleh di bagian Pendaftaran Mahasiswa Baru (langsung atau telp. 0274 377787

Lebih terperinci

PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 JALUR BEBAS TES UJIAN NASIONAL 2017 UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA

PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 JALUR BEBAS TES UJIAN NASIONAL 2017 UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 JALUR BEBAS TES UJIAN NASIONAL 2017 UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ANDA DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA BARU UNIKA ATMA JAYA Selamat Anda diterima

Lebih terperinci

ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK

ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK ALUR DAFTAR ULANG MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NU SURABAYA TAHUN AKADEMIK 20152016 LIHAT INFO DAFTAR ULANG DAN MENGISI FORMULIR BIODATA MABA SECARA ONLINE MELAKUKAN PEMBAYARAN KE Nama Bank Nama Rekening

Lebih terperinci

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Jl. DR. Setiabudhi 186 Bandung, Jawa Barat 40141 Phone: 022.2011456 Fax: 022.2012097 e-mail: contact@stp-bandung.ac.id web: http://stp-bandung.ac.id Panitia Penerimaan

Lebih terperinci

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TA. 2017/2018

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TA. 2017/2018 PETUNJUK PENGISIAN dan PENDAFTARAN 1. Beri tanda pada program pendaftaran yang Anda pilih. 2. Formulir hanya berlaku untuk 1 (satu) program pendaftaran, jika Anda akan mengikuti lebih dari satu program

Lebih terperinci

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA TATA CARA / INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU GELOMBANG III UNIVERSITAS HANG TUAH TAHUN AKADEMIK 2015/2016 PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA A. JALUR MASUK MAHASISWA BARU Sistem rekrutmen mahasiswa baru UHT

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK AKADEMIK 2016 Untuk Siswa

PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK AKADEMIK 2016 Untuk Siswa PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK AKADEMIK 2016 Untuk Siswa RINGKASAN Dokumen ini berisi panduan bagi siswa untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru jalur PMDK Akademik Polban Tahun 2016. Panitia

Lebih terperinci

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2013/2014 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2013/2014 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS GALUH T.A. 2013/2014 Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis / Tlp. 0265-776787 info@unigal.ac.id Universitas Galuh Ciamis pada tahun Akademik 2013/2014 akan

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR : 126 TAHUN 2016 TENTANG

KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR : 126 TAHUN 2016 TENTANG KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR : 126 TAHUN 2016 TENTANG PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU JALUR SBMPTN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 DENGAN RAHMAT ALLAH SWT

Lebih terperinci

Buku Panduan Calon Mahasiswa Baru

Buku Panduan Calon Mahasiswa Baru Buku Panduan Calon Mahasiswa Baru 2017-2018 Hak Cipta 2017 Japan College Indonesia GRHA Koperasi, Jl. Kelapa No. 98 Srengseng Sawah, Jakarta Selatan 12640. Telp. +6221 7871 359 Fax. +6221 7888 5233 CP

Lebih terperinci

I. PROSEDUR PELAYANAN MAHASISWA

I. PROSEDUR PELAYANAN MAHASISWA BAB 3 I. PROSEDUR PELAYANAN 3.1 Registrasi Mahasiswa Baru BARU Membayar di Bank BNI/Bank Jatim/ Keuangan UMM dengan Menunjukkan Kartu Test RUANG FOTO CETAK KARTU ASLI Syarat Menyerahkan Blangko Validasi

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor : 277/Unpas.R1/Q/VI/2015

PENGUMUMAN Nomor : 277/Unpas.R1/Q/VI/2015 PENGUMUMAN Nomor : 277/Unpas.R1/Q/VI/2015 TENTANG TATACARA REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PASUNDAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Rektor Universitas Pasundan dengan ini mengumumkan kepada Calon Mahasiswa

Lebih terperinci

Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2017/2018

Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2017/2018 Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Kristen Indonesia Tahun Akademik 2017/2018 1. Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UKI Tahun Akademik 2017/2018 berlangsung

Lebih terperinci

POLA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO TAHUN AKADEMIK 2013/2014

POLA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO TAHUN AKADEMIK 2013/2014 POLA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO TAHUN AKADEMIK 2013/2014 A. COMPUTER BASED TEST (CBT) Computer Based Test (CBT) atau yang dikenal dengan nama One Day

Lebih terperinci

PENGUMUMAN UNTUK CALON MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA JALUR PENERIMAAN GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2016/2017

PENGUMUMAN UNTUK CALON MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA JALUR PENERIMAAN GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2016/2017 PENGUMUMAN UNTUK CALON MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIKA WIDYA MANDALA SURABAYA JALUR PENERIMAAN GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Kami mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa Fakultas Kedokteran

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 JALUR IKATAN DINAS & TUGAS BELAJAR INSTANSI NON BPS Pengantar... 2 Ketentuan Jalur Ikatan Dinas... 3 Ketentuan Jalur Tugas

Lebih terperinci

TENTANG REKTOR UNIVERSITAS DIPONEGORO,

TENTANG REKTOR UNIVERSITAS DIPONEGORO, KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS DIPONEGORO Jalan Prof. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang Kotak Pos 1269 Telepon (024) 7460024 Faximile. (024) 7460027 laman: www.undip.ac.id

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN KEMBALI

PANDUAN PENDAFTARAN KEMBALI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Jalan Udayana Singaraja Bali Telp. ( 0362 ) 22570, Fax ( 0362 ) 25735 Kode Post 81116 Laman: www.undiksha.ac.id PANDUAN PENDAFTARAN

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS P E N D A F T A R A N S E L E K S I M A N D I R I POLITEKNIK PARIWISATA PALEMBANG

PETUNJUK TEKNIS P E N D A F T A R A N S E L E K S I M A N D I R I POLITEKNIK PARIWISATA PALEMBANG PETUNJUK TEKNIS P E N D A F T A R A N S E L E K S I M A N D I R I POLITEKNIK PARIWISATA PALEMBANG TAHUN AKADEMIK 2016/2017 2. DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 A. Umum... 3 1) Sistem Pendaftaran... 3 2) Persyaratan

Lebih terperinci

PEMERINTAH KOTA SALATIGA SEKRETARIAT DAERAH

PEMERINTAH KOTA SALATIGA SEKRETARIAT DAERAH PEMERINTAH KOTA SALATIGA SEKRETARIAT DAERAH Jalan Letjen. Sukowati Nomor 51 Salatiga Kode Pos 50724 Telp. (0298) 326767 Fax. (0298) 321398 Website www.pemkot-salatiga.go.id E-mail setda@pemkot-salatiga.go.id

Lebih terperinci

PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 JALUR REGULER PERIODE JANUARI 2017 UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA

PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 JALUR REGULER PERIODE JANUARI 2017 UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2017/2018 JALUR REGULER PERIODE JANUARI 2017 UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ANDA DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA BARU UNIKA ATMA JAYA Selamat Anda diterima sebagai

Lebih terperinci

PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS

PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS PANDUAN PERSYARATAN SELEKSI CALON MAHASISWAREGULER BER-SKS PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2014 KATA PENGANTAR Panduan ini disusun untuk memberikan informasi tentang sistem

Lebih terperinci

Agustus 2015, untuk Wisuda September Untuk melihat/memprint out Historis Nilai dapat dilakukan melalui Web.

Agustus 2015, untuk Wisuda September Untuk melihat/memprint out Historis Nilai dapat dilakukan melalui Web. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang 25131 Telp. (0751) 51260 Fax 55628 E-mail: unppdg @ Indosat.net.id Home page:http://www.unp.ac.id/ JADWAL

Lebih terperinci

POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANGKA BELITUNG

POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANGKA BELITUNG POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANGKA BELITUNG Lampiran I Surat Keputusan Nomor /SK-POLMAN BABEL/2012 Tentang Pedoman Umum Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2012/2013 Politeknik Manufaktur Negeri

Lebih terperinci

Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana 1. TUJUAN Menjamin tata cara pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru secara terstandar di semua unit pelaksana dari tingkat universitas sampai program studi (prodi) didukung sistem manajemen yang terpadu.

Lebih terperinci

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011)

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2011) Landasan Hukum Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan

Lebih terperinci

Jakarta, 14 Juli 2014

Jakarta, 14 Juli 2014 Nomor : 2485 / 10.200 / VII / 2014 Sifat : Penting Lampiran : 1 (satu) berkas Hal : Pelaksanaan Ujian Calon Surveyor Berlisensi Tahun Anggaran 2014 Jakarta, 14 Juli 2014 Yth. 1. Kepala Kantor Wilayah Badan

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK BIDIKMISI 2016 Untuk Siswa

PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK BIDIKMISI 2016 Untuk Siswa PANDUAN SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR PMDK BIDIKMISI 2016 Untuk Siswa RINGKASAN Dokumen ini berisi panduan bagi siswa untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru jalur PMDK Bidikmisi Polban Tahun 2016. Panitia

Lebih terperinci

BERKAS DOKUMEN REGISTRASI CALON MAHASISWA BARU AA YKPN YOGYAKARTA

BERKAS DOKUMEN REGISTRASI CALON MAHASISWA BARU AA YKPN YOGYAKARTA BERKAS DOKUMEN REGISTRASI CALON MAHASISWA BARU AA YKPN YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013/2014 A. PROSEDUR REGISTRASI B. BIODATA C. PENGUMUMAN NO. 01/KEU/XII/2012 D. SURAT PERNYATAAN (ARSIP AA YKPN) E. SURAT

Lebih terperinci

PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA Laman:

PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA Laman: PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA Laman: http://pmb.sari-mutiara.ac.id A. PENDAHULUAN Seleksi Mandiri Universitas Sari Mutiara Indonesia adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru

Lebih terperinci

PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARUTAHUN AKADEMIK 2018/2019 JALUR PRESTASI NON AKADEMIK UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA

PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARUTAHUN AKADEMIK 2018/2019 JALUR PRESTASI NON AKADEMIK UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA PROSEDUR KONFIRMASI MAHASISWA BARUTAHUN AKADEMIK 2018/2019 JALUR PRESTASI NON AKADEMIK UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ANDA DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA BARU UNIKA ATMA JAYA Selamat Anda diterima sebagai Mahasiswa

Lebih terperinci

INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN

INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN INFORMASI AWAL SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2011 JALUR UNDANGAN & JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN PANITIA PELAKSANA SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN

Lebih terperinci

P E N G U M U M A N Nomor: 3926/UN8/KP/2017

P E N G U M U M A N Nomor: 3926/UN8/KP/2017 P E N G U M U M A N Nomor: 3926/UN8/KP/207 Tentang SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI PENEMPATAN DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TAHUN

Lebih terperinci

PENJELASAN ALUR REGISTRASI MAHASISWA JALUR PENERIMAAN SNMPTN 2016

PENJELASAN ALUR REGISTRASI MAHASISWA JALUR PENERIMAAN SNMPTN 2016 KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS LAMPUNG Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedungmeneng Bandar Lampung Telp (0721) 702673, 701609, Fax (0721) 702767 PENJELASAN ALUR REGISTRASI

Lebih terperinci

TATA CARA REGISTRASI MAHASISWA BARU YANG DITERIMA DI UNIVERSITAS ANDALAS MELALUI SBMPTN TAHUN 2017

TATA CARA REGISTRASI MAHASISWA BARU YANG DITERIMA DI UNIVERSITAS ANDALAS MELALUI SBMPTN TAHUN 2017 TATA CARA REGISTRASI MAHASISWA BARU YANG DITERIMA DI UNIVERSITAS ANDALAS MELALUI SBMPTN TAHUN 2017 Untuk melakukan Registrasi pada Universitas Andalas setelah dinyatakan diterima melalui SBMPTN tahun 2017,

Lebih terperinci

JALUR TES GELOMBANG I 2 Jan Mei 2017

JALUR TES GELOMBANG I 2 Jan Mei 2017 JALUR TES GELOMBANG I 2 Jan 2017 5 Mei 2017 Berlaku bagi : I. Lulusan SMA/SMK/MA/ sederajat tahun 2014, 2015, 2016, dan 2017 dengan nilai < 80,00. II. Lulusan SMA/SMK/MA/ sederajat sebelum tahun 2014.

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR: 99 TAHUN 2014 TENTANG

KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR: 99 TAHUN 2014 TENTANG KEPUTUSAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA NOMOR: 99 TAHUN 2014 TENTANG PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN

Lebih terperinci

PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UMUM TA 2015/2016 SEKOLAH TINGGI ENERGI DAN MINERAL

PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UMUM TA 2015/2016 SEKOLAH TINGGI ENERGI DAN MINERAL PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UMUM TA 2015/2016 SEKOLAH TINGGI ENERGI DAN MINERAL STEM Akamigas PANDUAN PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UMUM (PMBU) Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru Umum 2015

Lebih terperinci

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMI KEBIDANAN TUTI RAHAYU TAHUN AKADEMIK 2016/2017

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMI KEBIDANAN TUTI RAHAYU TAHUN AKADEMIK 2016/2017 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMI KEBIDANAN TUTI RAHAYU TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Memasuki tahun akademik baru 2016/2017 Akademi Kebidanan Tuti Rahayu membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA

PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PANDUAN PESERTA USM 2011 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PANITIA PELAKSANA PENGANTAR Buku panduan ini disusun untuk menyampaikan informasi dan petunjuk mengenai segala sesuatu yang berkenaan dengan Ujian Saringan

Lebih terperinci

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS

LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 595/XIV/A/Unand-2015 TANGGAL : 9 Juli 2015 TENTANG : TATA CARA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 MELALUI

Lebih terperinci

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015

PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PANDUAN PELAKSANAAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) DIKNAKES POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015 A. Persyaratan Sipenmaru Diknakes 1. Persyaratan Jalur Uji Tulis a. Lulusan

Lebih terperinci

Biaya Kuliah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 Program Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul

Biaya Kuliah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 Program Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul Biaya Kuliah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 Program Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul (dalam ribuan rupiah) A. TOTAL BIAYA SPP DAN SEMESTER Manajemen Teknik Akuntansi Tek. Informatika Sistem

Lebih terperinci

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS KRISTEN SURAKARTA 2017/2018 Pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru 2017/2018 i DAFTAR ISI DAFTAR ISI... KATA PENGANTAR... ii iii KEBIJAKAN UMUM... 1 KRITERIA PENERIMAAN

Lebih terperinci

PANDUAN ADMISI STT AMANAT AGUNG

PANDUAN ADMISI STT AMANAT AGUNG PANDUAN ADMISI STT AMANAT AGUNG 1. Jadwal AdmisiTahun 2014 Gelombang I Batas akhir pengembalian formulir &penyerahan data: Jumat, 21 Februari 2014 Seleksi data aplikasi dan pengiriman surat panggilan tes:

Lebih terperinci

TATA CARA REGISTRASI MAHASISWA BARU YANG DITERIMA DI UNIVERSITAS ANDALAS MELALUI SMMPTN TAHUN 2017

TATA CARA REGISTRASI MAHASISWA BARU YANG DITERIMA DI UNIVERSITAS ANDALAS MELALUI SMMPTN TAHUN 2017 LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 2190/XIV/R/KPT/2017 TANGGAL : 18 Juli 2017 TENTANG : PENETAPAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2017/2018 MELALUI SELEKSI

Lebih terperinci

PROSEDUR MUTU REGISTRASI MAHASISWA

PROSEDUR MUTU REGISTRASI MAHASISWA Rektor: (024)8508081 Fax (024)8508082, Purek I: (024) 85080 1 dari 9 September 22 1. TUJUAN Prosedur ini adalah untuk menguraikan mekanisme pelaksanaan tugas baku dalam pelayanan registrasi mahasiswa agar

Lebih terperinci

A. PROGRAM SELEKSI JALUR PMDP UMUM DAN PMDP GAKIN

A. PROGRAM SELEKSI JALUR PMDP UMUM DAN PMDP GAKIN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP) UMUM DAN DARI KELUARGA MISKIN (GAKIN) PROGRAM DIPLOMA KESEHATAN POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015 / 2016 Memasuki

Lebih terperinci