1. Soal Isian Singkat

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "1. Soal Isian Singkat"

Transkripsi

1 . Soal Isian Singkat. Bilangan pecahan untuk bilangan desimal 0, adalah Dari pukul pagi sampai dengan pukul 0.00 pagi, jarum menit pada jam sudah berputar berapa derajat? 3. Ani membuka sebuah buku. Ternyata kedua nomor halaman yang tampak bila dijumlahkan hasilnya 333. Kedua halaman buku yang dimaksud adalah Budi dapat naik sepeda sejauh 5km dalam 50 menit. Dengan kecepatan yang sama, berapa lama waktu yang dibutuhkan Budi untuk mencapai jarak 2km? 5. Jika a adalah hasil penjumlahan 5 bilangan prima pertama dan b adalah hasil penjumlahan faktor-faktor prima dari 2, berapakah selisih dari a dan b? D C 6. ABCD adalah persegipanjang. Jika DE = EA = 4cm, AF = 6cm, dan F B = 4 cm, berapa cm 2 kah luas bagian yang diarsir? E A F B 7. Hasil penjumlahan semua bilangan ganjil positif yang kurang dari 20 adalah 8. Selembar uang Rp0.000,00 akan ditukarkan dengan koin Rp.000,00 dan Rp500,00 (tidak boleh Rp.000,00 semua ataupun Rp500,00 semua). Ada berapa banyak cara memperoleh penukaran? 9. Bentuk paling sederhana dari adalah Seekor kambing diikat di lapangan berumput dengan tali yang panjangnya 7 meter pada sebuah tiang. Tentukan luas daerah yang dapat dijadikan kambing tempat memakan rumput!. Pada perkalian di samping, setiap huruf mewakili angka yang A berbeda. Berapakah nilai A + B? 5 B Pada gambar disamping, F adalah titik pusat lingkaran. Luas persegi DEF G adalah 4 satuan luas. Tentukan luas lingkaran! D E G F 3. Bejana A dan B terisi penuh air, kemudian dituangkan seluruhnya ke bejana C yang kosong. Berapa banyakkah air yang tumpah dari bejana C?

2 D C 4. E B A F Segitiga BEF pada gambar adalah segitiga samasisi. Berapa derajatkah besar sudut DCE ditambah besar sudut DAF? 5. Jumlah dari dua bilangan bulat adalah 9, sedangkan selisihnya 5. Carilah hasil kali dari kedua bilangan tersebut! Perhatikan jaring-jaring kubus berikut ini. Berapakah jumlah terbesar dari pasangan bilangan yang terletak pada sisi kubus yang saling berhadapan? 7. Tiga dadu dilekatkan sebagaimana terlihat pada gambar. Tujuh dari 8 sisi dadu tersebut dapat dilihat, sedangkan sisi dadu lainnya tidak terlihat. Berapa banyak noktah (titik) dadu yang tidak terlihat? 8. Pukul 07.5 Susi bersepeda dari P menuju Q dengan kecepatan 6 km/jam. Tiga perempat jam kemudian Herman menyusul bersepeda dengan kecepatan 20 km/jam. Pukul berapakah Susi tersusul oleh Herman? 9. Apakah habis dibagi oleh 22? 20. Berapa kubus satuan yang harus ditambahkan pada susunan kubus disamping untuk membuat kubus besar dengan rusuk 4 satuan? 2. Hari ini hari Selasa. Jatuh pada hari apakah 2003 hari yang akan datang? 22. Berapa banyak persegi yang dapat dibentuk pada gambar disamping ini? 23. Berapa banyakkah anak dengan nilai di bawah rata-rata bila diketahui data sebagai berikut: Nilai Banyak anak Jumlah dua bilangan prima adalah Tentukan hasil kali kedua bilangan tersebut!

3 25. Hitung luas daerah yang diarsir bila panjang sisi persegi yang terluar adalah 6cm 26. Sebuah bak air berbentuk balok. Panjang, lebar, dan tinggi bagian dalamnya berturut-turut 60cm, 50cm, dan 40cm. Jika bak diisi air secara hati-hati dengan menggunakan ember yang berkapasitas 9 liter, maka air dalam bak akan mulai tumpah setelah takaran yang ke berapa? 27. Sebuah kotak berukuran 6m 8m 4m. Balok-balok kecil berukuran 5cm 20cm 2,5cm dimasukkan kedalam kotak itu. Paling banyak berapa balok kecil yang dapat dimasukkan? 28. Pak Abun menjual dua buah rumah yang masing-masing harganya Rp ,00. Ia memperoleh keuntungan 30% dari rumah pertama, tetapi menderita kerugian 20% dari rumah kedua. Ternyata secara keseluruhan Pak Abun mengalami kerugian. Berapa rupiahkah kerugiannya? 29. Grafik disamping memperlihatkan suhu badan Amina pada suatu hari saat ia menderita demam. Berapa menit lamanya suhu badan Amina di atas 39 C? D C Pada gambar berikut, ABCD adalah trapesium dan CE//DA. Luas jajargenjang AECD adalah 60cm 2. Jika AB = 6cm dan CD = 2cm, tentukan luas segitiga A E B EBC. 3. Dua pecahan jumlahnya 3 4 dan selisihnya. Tentukan kedua pecahan tersebut! B D Luas A, B, dan C berturut-turut adalah 90m 2, 20m 2 dan 36m 2. Berapakah luas daerah D? A C

4 33. Bilangan terbesar dari 00 buah bilangan asli yang berurutan adalah Berapakah bilangan terkecilnya? 34. Banyak siswa di kelas 6 ada 30 orang. Sepuluh orang senang bermain sepak bola, orang senang bermain bola basket, dan 4 orang senang kedua olah raga tersebut. Berapa orang yang tidak menyenangi sepak bola maupun bola basket? Sebuah bola yang berjari-jari meter menggelinding dari tembok A ke tembok B. 22 Ternyata bola itu menggelinding sebanyak sepuluh putaran. Berapa meter jarak antara tembok A dengan tembok B? A B Soal Esei. Pak John senang membuat teka-teki. Jika kamu bagi umurku dengan 2, maka akan diperoleh sisa, katanya. Kemudian, jika kamu bagi umurku dengan 3, 4, atau 5 juga akan diperoleh sisa. Berapakah umur Pak John? 2. Sebuah bak berbentuk balok tanpa tutup. Bak itu berukuran 2,m,3m m dengan tebal bahan pembuat 5cm. Berapakah kapasitas (volum bagian dalam) bak tersebut? 3. Pak Amir memiliki lima kotak besar. Dalam tiap kotak besar tersebut terdapat empat kotak berukuran sedang. Dalam tiap kotak berukuran sedang terdapat enam kotak kecil. Berapa jumlah kotak keseluruhan yang dimiliki Pak Amir? 4. Dua orang pekerja mengecat rumah. Jika pekerjaan ini dikerjakan seorang diri oleh Pak Bonar memerlukan waktu 6 jam. Sedangkan jika dilakukan sendiri oleh Pak Zuhdi memerlukan waktu 4 jam. Berapa lama pekerjaan ini dapat diselesaikan jika dikerjakan bersama-sama oleh Pak Bonar dan Pak Zuhdi? 5. Tentukan perbandingan luas daerah yang dihitamkan pada gambar di samping terhadap luas persegi besar. 6. Lima buku dan dua pensil dijual seharga Rp24.000,00. Tiap buku harganya lebih mahal Rp2.000,00 dari harga pensil. Tentukan harga sebuah buku.

5 7. Nyoman menghabiskan Rp40.000,00 pada hari pertama perjalanannya. Pada hari kedua, dia menghabiskan setengah dari sisa uangnya. Jika sekarang dia memiliki sisa uang Rp0.000,00. Tentukan banyak uang yang dimilikinya sebelum melakukan perjalanan. 8. Ahmad melakukan perjalanan dari Kota A ke Kota C melalui Kota B. Pada pukul 7.00 dia berangkat dari kota A dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Pada pukul 8.30 dia sampai di Kota B. Setelah beristirahat selama 30 menit, Ahmad berangkat menuju Kota C dan sampai di Kota C pada pukul Jika jarak antara kota A ke Kota C adalah 35km, berapa kecepatan rata-rata perjalanan dari Kota B ke Kota C? 9. Keliling sebuah persegi panjang adalah 70cm. Ukuran panjangnya adalah dua kali lebarnya ditambah 5cm. Tentukan luas persegi panjang tersebut. 0. Grafik disamping menunjukkan hubungan antara jarak dan waktu tempuh ketika Zaenal pergi ke sekolah. Sumbu mendatar menunjukkan waktu dan sumbu tegak menunjukkan jarak. Jelaskan bagaimana dan apa yang terjadi pada saat Zaenal di perjalanan menuju sekolah.. Halaman rumah Ibu Selvi berukuran panjang 25m dan lebar 8m. Tiga puluh persen dari halaman tersebut terkena program pelebaran jalan. Ganti rugi tanah yang diberikan sebesar 40% dari harga pada umumnya. Jika harga tanah pada umumnya Rp2.000,00 per meter persegi, berapa rupiahkah ganti rugi yang diterima Ibu Selvi? 2. Ada enam pemain yang biasa bermain ganda di sebuah perkumpulan bulu tangkis, yaitu Ahmad, Tatang, Didi, Wono, Roberd, dan Sisworo. Ada berapa pasangan berbeda yang bisa dibentuk dari keenam pemain tersebut? 3. Lingkaran A, B, C, dan D bertitik pusat sama. Jika perbandingan jari-jarinya : 2 : 3 : 4, berapa persen luas daerah yang diarsir dibandingkan dengan luas lingkaran yang terbesar. 4. Berapa banyakkah bilangan prima 2-angka yang hasil jumlah kedua angkanya juga bilangan prima? 5. Sebanyak 5 buah roda saling bersinggungan seperti terlihat pada gambar. Perbandingan ukuran jari-jari roda dari yang terkecil hingga ke yang terbesar adalah : 2 : 3 : 4 : 5. Jika roda yang paling kiri diputar 00 kali, berapa kalikah roda yang terbesar akan berputar?

6 Soal Exkplorasi. Rangkaian 6 persegi satuan di sebelah kiri bukan jaring-jaring kubus karena tidak dapat dilipat untuk membentuk kubus. Kita ingin mencari semua jaring-jaring kubus. (a) Dengan menggunakan alat peraga yang disediakan, cobalah buat sebanyak mungkin jaring-jaring kubus. (b) Kumpulkan ke dalam amplop semua jaring-jaring kubus yang berbeda. 2. Pada susunan batang-batang korek api di samping kiri terdapat 4 persegi yang kongruen (sama dan sebangun). (a) Dengan memindahkan empat batang korek api, paling banyak ada berapa persegi kongruen yang dapat terbentuk? (b) Dengan memindahkan lima batang korek api, paling banyak ada berapa persegi kongruen yang dapat terbentuk? (c) Dengan memindahkan enam batang korek api, paling banyak ada berapa persegi kongruen yang dapat terbentuk? 3. G H I Kita ingin membuat persegi-persegi yang setiap titik sudutnya terletak pada titik-titik yang disediakan. Untuk susunan titik 3 3 di samping ada 6 persegi yang dapat kita buat. Salah satu persegi adalah ACIG. D A E B F C (a) Tuliskan kelima persegi lainnya pada susunan titik 3 3 itu! (b) Gambarlah sebanyak mungkin persegi dengan panjang sisi berbeda-beda pada susunan titik 4 4. (c) Berapa banyak persegi yang dapat dibuat pada susunan titik 4 4? (d) Gambarlah sebanyak mungkin persegi dengan panjang sisi berbeda-beda pada susunan titik Kita mempunyai sekumpulan segitiga samasisi dengan panjang sisi satuan. (a) Susunlah beberapa segitiga samasisi sehingga membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya satuan. Berapa segitiga yang diperlukan? (b) Berapa segitiga samasisi yang diperlukan untuk membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 2 satuan? (c) Berapa pula untuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 3 satuan? (d) Menurutmu berapa segitiga samasisi yang diperlukan untuk membentuk segi-6 beraturan yang panjang sisinya 0 satuan?

7 Jawaban untuk Soal Isian Singkat = Kedua halaman itu adalah (333 )/2 = 66 dan 66 + = km 4. Kecepatan Budi bersepeda = = 3 km/menit. Dengan kecepatan itu Budi 50 menit 0 dapat menempuh 2km dalam 2 3 = 40 menit Karena a = dan b = 2 + 3, maka a b = Luas daerah yang diarsir = luas ABCD luas AF E luas F BC luas CDE = ( )cm2 = 32cm ( + 9) + (3 + 7) + (5 + 5) + (7 + 3) + (9 + ) = 5 20 = Hanya ada 9 cara; yaitu uang 000 tepat lembar, 2 lembar,..., atau 9 lembar = = = m 7m= 54m2.. Perhatikan bahwa B harus sama dengan 9. Karena 283/5B = 283/59 = 37, maka A = 3. Jadi A + B = Panjang jari-jari lingkaran = 4 = 2 satuan panjang, jadi luas lingkaran = 3, = 2, 56 satuan luas. 3. Karena total air dari bejana A dan bejana B adalah 875ml +500cc= 875ml +500ml = 2375ml, maka banyaknya air yang tumpah = 2375ml, 94 liter = 2375ml 940ml = 435ml. 4. DCE = = 20. Karena DAF siku-siku, maka DCE + DAF = = Jumlah semua noktah pada setiap dadu adalah = 2. Karena ada tiga dadu, dan jumlah noktah yang terlihat adalah = 23, maka jumlah noktah yang tidak terlihat adalah = Dalam setiap jam, selisih jarak tempuh antara Herman dan Susi adalah 4km. Karena Herman sudah ketinggalan 6km/jam 45 jam = 2km, maka ia hanya 60 memerlukan 2/4 = 3 jam untuk menyusul Susi. Jadi Susi tersusul oleh Herman pada pukul = 0.60 = Ya. 20. Banyaknya kubus satuan yang diperlukan untuk pekerjaan ini adalah 4 3 = 64 buah. Tetapi = 3 kubus satuan sudah tersedia, tinggal diperlukan 64 3 = 5 lagi.

8 2. Setiap kelipatan 7 hari setelah hari Selasa jatuh pada hari Selasa lagi. Dapat dihitung bahwa 2003 dibagi 7 bersisa ; yaitu 2003 = 2002 habis dibagi oleh 7. Dengan begitu, 2002 hari setelah Selasa jatuh pada Selasa lagi, jadi 2003 hari setelah Selasa jatuh pada hari Rabu. 22. Panjang sisi dari setiap persegi hanyalah, 2, 3, atau 4 satuan. Karena banyaknya persegi yang panjang sisinya, 2, 3, dan 4 satuan masing-masing sebanyak 8, 5, 4, dan buah, maka banyaknya semua persegi adalah = 8 buah. 23. Karena nilai rata-rata dari semua ( = 25 orang) anak itu adalah = = 7, maka ada = 6 anak yang mendapat nilai dibawah rata-rata (dibawah 7). 24. Dua bilangan bulat berjumlah ganjil; satu diantaranya haruslah genap. Tetapi 2 adalah satu-satunya bilangan prima yang genap, bilangan (prima) yang satunya lagi adalah = Maka perkaliannya = = Karena panjang rusuk persegi yang diarsir adalah 2 ( 6 )cm = 4cm, maka luas 4 2 yang dicari 6cm Daya tampung bak = = 20000cc = 20 liter. Jadi diperlukan 20 9 = 3 3 ember untuk memenuhinya. Maka air akan mulai tumpah pada takaran ke Karena volum dari balok kecil = , 5 = 3750cm 3 dan volum dari balok besar = = 92m 3 = cm 3, maka banyak maksimal balok kecil yang diperlukan untuk menutupi balok besar adalah /3750 = 5200 buah. 52 juta 28. Harga sebenarnya dari rumah pak Abun yang pertama adalah = 52 juta = %,3 juta. Sedangkan harga sebenarnya dari rumah pak Abun yang satunya lagi adalah 52 juta = 52 juta = 65 juta. Jadi harga sebenarnya dari kedua rumah pak Abun 20% 0,8 ialah 05 juta. Tetapi pak Abun menjual kedua rumahnya seharga 2 52 juta = 04 juta, tentu saja ia rugi sebesar (05 04) juta = juta rupiah. 29. Kira-kira 2 jam = 20 menit. 30. Karena jajargenjang AECD memiliki luas 60cm 2 dan panjang alasnya 2cm, maka tinggi jajargenjang itu adalah 60/2 = 5cm. Maka luas EBC = 2 EB 5 = 2 (6 2) 5 = 0 cm2. 3. Karena jumlah dua pecahan itu adalah 3 = 9 dan selisihnya adalah, maka kedua pecahan yang dimaksud adalah 5 dan 4 = Panjang sisi dari persegi C adalah 36 = 6cm. Panjang ini merupakan panjang alas daerah D dan merupakan tinggi dari daerah A. Karena luas daerah A adalah 90cm 2, maka panjang daerah A adalah 90cm 2 /6cm = 5cm. Tetapi panjang ini merupakan panjang dari daerah B, dengan demikian tinggi dari daerah B adalah 20cm 2 /5cm = 8cm. Karena tinggi ini juga merupakan tinggi dari daerah D, maka luas dari D adalah 6cm 8cm = 48cm = 904.

9 34. Karena yang menyenagi basket tetapi tidak menyenangi bola ada 4 = 7 anak, yang menyenagi bola tetapi tidak menyenangi basket ada 0 4 = 6 anak, dan yang menyenagi keduanya ada 4 anak, maka banyaknya anak yang tidak menyenagi bola ataupun basket adalah = 3 orang. 35. Jawabannya adalah 2 jari-jari roda + 0 keliling roda = 2 7 ( ) 22 = 20 7 m, bukan 0 keliling bola = = 20m. Jawaban untuk Soal Esei. KPK(2, 3, 4, 5) + = 6 tahun. 2. (2, m 2 5cm) (, 3m 2 5cm) (m 5cm) = 200cm 20cm 95cm = cm 3. Catatan: Ada 3 jawaban untuk soal ini; tergantung pada pemilihan dari tinggi bak tersebut. Disini tinggi bak yang dipilih adalah m. 3. Karena banyaknya kotak besar, sedang, dan kecil masing-masing adalah 5, 5 4 = 20, dan 20 6 = 20, maka banyak kotak secara keseluruhan adalah = Dalam jam pak Bonar dan pak Zuhdi masing-masing menyelesaikan dan 6 4 dari keseluruhan pekerjaan. Dengan bekerja sama, mereka dapat menyelesaikan + = 5 pekerjaan dalam waktu jam. Dengan demikian mereka memerlukan waktu 2 jam untuk menyelesaikan pekerjaan itu Perhatikan bahwa daerah yang dihitamkan terdiri dari 8 segitiga kongruen. Perhatikan pula bahwa keempat segitiga yang terletak pada persegi bawah-kanan menutupi secara tepat persegi yang terdapat pada persegi kiri-atas. Dengan demikian luas kedelapan segitiga itu tak-lain adalah luas persegi kiri-atas. Jadi perbandingan yang dicari adalah Karena = 5buku + 2pensil = 5buku + 2(buku 2000) = 5buku + 2buku 4000= 7buku 4000, maka harga 7buku = = 28000, sehingga harga satu buku = 4000 rupiah. 7. Dari soal kita dapat mengetahui bahwa uang Nyoman pada hari ke dua adalah = rupiah. Dengan demikian uang Nyoman secara keseluruhan adalah = rupiah.

10 8. Karena jarak dari A ke B adalah 30km/jam jam = 45km, maka jarak dari B 2 ke C adalah = 90km. Kemudian, karena waktu yang digunakan Ahmad untuk menempuh perjalanan dari B ke C adalah, 5jam, maka kecepatan rata-rata yang dicari = 90/, 5 = 60km/jam. 9. Karena 35 = panjang + lebar = (2 lebar + 5) + lebar = 3 lebar + 5, maka 3 lebar = 30, jadi lebar = 0cm. Akibatnya, panjang = = 25cm. Maka luas yang dicari = 250cm Lima menit pertama Zaenal berangkat dengan kecepatan 2,5/5 = satuan jarak 2 per menit. Pada lima menit berikutnya kecepatan Zaenal berubah menjadi 5/5 = satuan jarak per menit. Kemudian dia beristirahat selama 5 menit. Setelah itu dia berjalan lagi dengan kecepatan 7,5/0 = 3 satuan jarak per menit dan tiba 4 disekolah pada pukul Luas tanah yang terkena program pelebaran jalan adalah 25m 8m 30% = 35m 2. Maka harga ganti rugi tanah itu adalah % = rupiah. 2. Misal A, T, D, W, R, dan S masing-masing mewakili Ahmad, Tatang, Didi, Wono, Roberd, dan Sisworo. Misal AT menyatakan bahwa A berpasangan dengan T ; begitu juga untuk yang lainnya. Semua kemungkinan pemasangan adalah AT, AD, AW, AR, AS, T D, T W, T R, T S, DW, DR, DS, W R, W S, dan RS. Jadi ada 5 pemasangan. 3. Misal L adalah luas lingkaran A. Maka luas lingkaran B, C, dan D masing-masing 4 L, 9 L, dan 6 L. Karena luas lingkaran yang diarsir = luas lingkaran C luas lingkaran B = 9 L 4 L = 5 L, maka persentase yang dicari adalah 5 L 6 L 00% = 5 00% = 3, 25% Angka puluhan dari bilangan prima yang demikian ini haruslah genap; kecuali. Maka bilangan prima yang dimaksud itu ada sebanyak 0 buah; yaitu, 23, 29, 4, 43, 47, 6, 67, 83, dan Perbandingan keliling dari roda terkecil ke roda terbesar adalah sama dengan perbandingan jari-jarinya; yaitu Maka 00 kali keliling roda terkecil sama dengan 00/5 = 20 kali keliling roda terbesar. Jadi roda terbesar berputar 20 kali.

1. Soal Isian Singkat

1. Soal Isian Singkat . Soal Isian Singkat. ilangan pecahan untuk bilangan desimal 0, adalah... 2. Dari pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 0.00 pagi, jarum menit pada jam sudah berputar berapa derajat? 3. Ani membuka sebuah

Lebih terperinci

SOLUSI ISIAN SINGKAT

SOLUSI ISIAN SINGKAT SOLUSI ISIAN SINGKAT NO. s.d. 5. Jawaban: 9 Misalnya bilangan pecahan itu adalah x, maka 0x,... x 0,... 9x x 9 Jadi, bilangan pecahan itu adalah 9.. Jawaban:.080 o Jarum menit dalam jam berputar 60 o.

Lebih terperinci

Jadi luas daerah yang dapat dijadikan kambing tempat memakan rumput adalah 154m 2

Jadi luas daerah yang dapat dijadikan kambing tempat memakan rumput adalah 154m 2 61. Seekor kambing diikat di lapangan berumput dengan tali yang panjangnya 7 meter pada sebuah tiang. Tentukan luas daerah yang dapat dijadikan kambing tempat memakan rumput. Diketahui : Seekor kambing

Lebih terperinci

SMP NEGERI 199 JAKARTA LATIHAN PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA 2012

SMP NEGERI 199 JAKARTA LATIHAN PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA 2012 SMP NEGERI 199 JKRT LTIHN PERSIPN UJIN SEKOLH MTEMTIK 01 PETUNJUK KHUSUS. Pilih dan hitamkan jawaban yang benar di antara a, b, c, dan d pada lembar jawaban komputer (LJK)! 1. Hasil dari (-0) : + (-) -11

Lebih terperinci

B. 26 September 1996 D. 28 September 1996

B. 26 September 1996 D. 28 September 1996 1. Ditentukan A = {2, 3, 5, 7, 8, 11} Himpunan semesta yang mungkin adalah... A.{bilangan ganjil yang kurang dari 12} B.{bilangan asli yang kurang dari 12} C.{bilangan prima yang kurang dari 12} D.{bilangan

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009 1. Hasil dari 635 + 175 225 =... A. 575 B. 585 C. 800 D. 900 BAB I Bilangan Penjumlahan dan pengurangan derajatnya sama, pengerjaannya

Lebih terperinci

PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA S D. 3. Diketahui : a = 112, b = 175, c = 138 dan d = 225. Tentukan nilai ab+bc+ad+cd

PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA S D. 3. Diketahui : a = 112, b = 175, c = 138 dan d = 225. Tentukan nilai ab+bc+ad+cd PRESTASI O S N IMO PENALAMAN MATERI MATEMATIKA S. Gambarlah urutan berikutnya. 5 x 4 : 6 + 8 x 35 : 4 + 63 : 9 x 40 =... 3. iketahui : a =, b = 75, c = 38 dan d = 5. Tentukan nilai ab+bc+ad+cd 4. Jika

Lebih terperinci

PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 KODE P2 UTAMA

PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 KODE P2 UTAMA PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 009/00 KODE P UTAMA. Hasil 86 4 : 6 adalah A. 558 B. 568 C. 744 D. 764 86 4 86 4 : 6 = = 744 (C) 6 aturan operasi hitung campuran. tambah dan kurang

Lebih terperinci

Pola (1) (2) (3) Banyak segilima pada pola ke-15 adalah. A. 235 C. 255 B. 250 D Yang merupakan bilangan terbesar adalah. A. C. B. D.

Pola (1) (2) (3) Banyak segilima pada pola ke-15 adalah. A. 235 C. 255 B. 250 D Yang merupakan bilangan terbesar adalah. A. C. B. D. SOAL SELEKSI AWAL 1. Suhu dalam sebuah lemari es adalah 15 o C di bawah nol. Pada saat mati listrik suhu dalam lemari es meningkat 2 o C setiap 120 detik. Jika listrik mati selama 210 detik, suhu dalam

Lebih terperinci

PAKET 2 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs

PAKET 2 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs PAKET CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs 1. * Kemampuan yang diuji. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.

Lebih terperinci

Hak Cipta 2014 Penerbit Erlangga

Hak Cipta 2014 Penerbit Erlangga 003-300-011-0 Hak Cipta 2014 Penerbit Erlangga Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar! 1. Nilai dari 20 + 10 ( 5) ( 20) : 10 adalah.... A. 7 C. 68 B. 5 D. 72 2. Dea

Lebih terperinci

3. Kuadrat dari hasil penjumlahan angka 5 dan 6, dikurangi hasil perkalian kedua angka tersebut

3. Kuadrat dari hasil penjumlahan angka 5 dan 6, dikurangi hasil perkalian kedua angka tersebut 1. Pada sisi kanan dan kiri sebuah jalan raya terdapat perumahan. Rumah-rumah yang terdapat di sisi kiri jalan dinomori berurutan dengan nomor ganjil dari angka 1 sampai 39. Rumah-rumah di sebelah kanan

Lebih terperinci

PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs DAN PEMBAHASAN

PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs DAN PEMBAHASAN PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs DAN PEMBAHASAN. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. * Indikator Soal : Menentukan

Lebih terperinci

SOAL ISIAN SINGKAT. 1. Perhatikan diagram jalan yang menghubungkan enam tempat di bawah ini.

SOAL ISIAN SINGKAT. 1. Perhatikan diagram jalan yang menghubungkan enam tempat di bawah ini. SOAL ISIAN SINGKAT 1. Perhatikan diagram jalan yang menghubungkan enam tempat di bawah ini. Banyaknya cara menuju tempat F dari tempat A, dengan syarat arah pergerakan dari kiri ke kanan (sebagai contoh

Lebih terperinci

PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 KODE P1 UTAMA. Jawaban: = = 68.

PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 KODE P1 UTAMA. Jawaban: = = 68. PENYELESAIAN SOAL UASBN MATEMATIKA SD/MI TAHUN PELAJARAN 009/010 KODE P1 UTAMA 1. Hasil 39.788 + 56.895 7.798 adalah A. 68.875 B. 68.885 C. 68.975 D. 69.885 39.788 + 56.895 7.798 = 96.683 7.798 = 68.885

Lebih terperinci

PAKET 2 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs

PAKET 2 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs PAKET CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs 1. * Kemampuan yang diuji. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011 1. Hasil dari 756 x 12 : 7 adalah.. A. 1.296 B. 1.294 C. 1.286 D. 1.284 BAB I Bilangan: Perkalian dan pembagian derajatnya sama

Lebih terperinci

SMP / MTs Mata Pelajaran : Matematika

SMP / MTs Mata Pelajaran : Matematika Latihan Soal Ujian Nasional 200 Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah SMP / MTs Mata Pelajaran : Matematika Dalam UN berlaku Petunjuk Umum seperti ini :. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar

Lebih terperinci

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA DINAS PENDIDIKAN MGMP MATEMATIKA SMP PROVINSI DKI JAKARTA SMPN... JAKARTA

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA DINAS PENDIDIKAN MGMP MATEMATIKA SMP PROVINSI DKI JAKARTA SMPN... JAKARTA PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA DINAS PENDIDIKAN MGMP MATEMATIKA SMP PROVINSI DKI JAKARTA SMPN... JAKARTA UJICOBA UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 017/018 RAHASIA LEMBAR SOAL Mata Pelajaran

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2009/2010

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2009/2010 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2009/2010 1. Hasil dari 576 + 712 376 =... A. 348 B. 912 C. 1.288 D. 1.652 BAB I Bilangan Penjumlahan dan pengurangan derajatnya sama, pengerjaannya

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2008/2009 1. Hasil dari 635 + 175 225 =... A. 575 B. 585 C. 800 D. 900 BAB I Bilangan Penjumlahan dan pengurangan derajatnya sama, pengerjaannya

Lebih terperinci

Latihan Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah. SMP / MTs Mata Pelajaran : Matematika

Latihan Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah. SMP / MTs Mata Pelajaran : Matematika Latihan Soal Ujian Nasional 00 Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah SMP / MTs Mata Pelajaran : Matematika Dalam UN berlaku Petunjuk Umum seperti ini :. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban

Lebih terperinci

PEMBAHASAN CONTOH SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SD Marfuah, S.Si., M.T

PEMBAHASAN CONTOH SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SD Marfuah, S.Si., M.T PEMBAHASAN CONTOH SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SD Marfuah, S.Si., M.T marfuah_ssi@yahoo.com Berikut merupakan pembahasan beberapa contoh soal olimpiade matematika tingkat SD. Perlu diingat bahwa cara menjawab

Lebih terperinci

LATIHAN SOAL-SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA 2015 EDISI SOAL NON RUTIN Disusun oleh : GHELVINNY, S.Si ( SMPN 199 Jakarta)

LATIHAN SOAL-SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA 2015 EDISI SOAL NON RUTIN Disusun oleh : GHELVINNY, S.Si ( SMPN 199 Jakarta) Luas padang rumput Luas padang rumput Luas padang rumput Luas padang rumput LATIHAN SOAL-SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA 2015 EDISI SOAL NON RUTIN Disusun oleh : GHELVINNY, S.Si ( SMPN 199 Jakarta)

Lebih terperinci

4. Sebuah toko perlengkapan olahraga menyebarkan brosur sebagai berikut :

4. Sebuah toko perlengkapan olahraga menyebarkan brosur sebagai berikut : 1. Jika 3x2006 = 2005+2007+a, maka a sama dengan A) 2003 B) 2004 C) 2005 D) 2006 2. Berapa angka terbesar yang mungkin didapat dari kombinasi susunan enam kartu angka di bawah ini? A) 6 475 413 092 B)

Lebih terperinci

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN PELAJARAN 2011/2012 ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN PELAJARAN 2011/2012 LEMBAR SOAL Mata Pelajaran : Matematika Kelas / Semester : IX / 1 Alokasi Waktu : 120 menit Pilih satu jawaban yang paling

Lebih terperinci

A. LATIHAN SOAL UNTUK KELAS 9A

A. LATIHAN SOAL UNTUK KELAS 9A A. LATIHAN SOAL UNTUK KELAS 9A. Hasil dari 5 ( 6) + 24 : 2 ( 3) =... A. -5 B. -6. 0 D. 6 2. Hasil dari 2 : 75% + 8,75 =... A. 4 B. 5. 6 D. 7 3. Uang Irna sama dengan 2 3 uang Tuti. Jika jumlah uang mereka

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011 1. Hasil dari 756 x 12 : 7 adalah.. A. 1.296 B. 1.294 C. 1.286 D. 1.284 BAB I Bilangan: Perkalian dan pembagian derajatnya sama

Lebih terperinci

Prediksi Soal US/M SD/MI Tahun Pelajaran 2015/2016 1

Prediksi Soal US/M SD/MI Tahun Pelajaran 2015/2016 1 Prediksi Soal US/M SD/MI Tahun Pelajaran 15/1 1 KISI-KISI PREDIKSI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH SD/MI TAHUN PELAJARAN 15/1 MATEMATIKA PAKET SOAL PREDIKSI GANJIL No. Materi Indikator A. BILANGAN 1. Operasi hitung

Lebih terperinci

SIMULASI 2 NASKAH SOAL MATEMATIKA

SIMULASI 2 NASKAH SOAL MATEMATIKA RAHASIA DOKUMEN NEGARA SIMULASI 2 NASKAH SOAL MATEMATIKA 1. Hal 1 Hasil 27.768 + 16.146 : 78 247 19.908 =... A. 88.999 B. 69.789 C. 59.189 D. 58.989 2. Pak Amir membayar tenaga 3 tukang kayu dan 5 tukang

Lebih terperinci

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MALANG MGMP MATEMATIKA SMPN SATAP TRYOUT UN menit

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MALANG MGMP MATEMATIKA SMPN SATAP TRYOUT UN menit DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MALANG MGMP MATEMATIKA SMPN SATAP P.07 TRYOUT UN 2013 Mata Pelajaran Matematika Hari/Tanggal Waktu 120 menit 1. Hasil dari 17 - (3 (- 8)) adalah... a 49 b 41 c -7 d -41 2. Hasil

Lebih terperinci

C. 1 ; 13,9% ; 1 ; 1,3; B. 1 ; 1,3 ; 13,9% ; 1 ; D. 1 ; 1,3 ; 1 ; 13,9% ; 8. FPB dari 252 dan 432 adalah...

C. 1 ; 13,9% ; 1 ; 1,3; B. 1 ; 1,3 ; 13,9% ; 1 ; D. 1 ; 1,3 ; 1 ; 13,9% ; 8. FPB dari 252 dan 432 adalah... 1. Hasil 34.884 13.84 68 17 + 11.7 =... A. 42.44 B. 43.252 C. 43.298 D. 45.592 2. Andi menyisihkan uang saku sebesar Rp1., setiap hari. Setelah dua minggu, Andi membeli 8 buah buku tulis. Sekarang uang

Lebih terperinci

2. Masing-masing angka 5,6,7,8, dan 9 akan ditempatkan tepat satu-satu ke sebuah kotak dalam diagram berikut :

2. Masing-masing angka 5,6,7,8, dan 9 akan ditempatkan tepat satu-satu ke sebuah kotak dalam diagram berikut : SOAL PENYISIHAN OMITS 2011 I. PILIHAN GANDA 1. Babak final lomba renang gaya dada 100 m putera diikuti oleh 4 perenang, yaitu Wawan, Satria, Kresna dan Paul. Pemenang pertama, kedua dan ketiga memperoleh

Lebih terperinci

1 C17. C. Rp B. Rp

1 C17. C. Rp B. Rp 1 C17 1. Joko ingin kuliah di Fakultas kedokteran UNAIR melalui SNMPTN jalur tulis. Dari 15 soal kemampuan dasar di hari pertama, Joko menjawab 5 soal benar dan soal tidak dijawab. Jika menjawab benar

Lebih terperinci

LATIHAN SOAL VOLUME BALOK DAN KUBUS. setinggi 35 cm. Berapa liter air yang ada di dalam akuarium?

LATIHAN SOAL VOLUME BALOK DAN KUBUS. setinggi 35 cm. Berapa liter air yang ada di dalam akuarium? LATIHAN SOAL VOLUME BALOK DAN KUBUS 1. Sebuah bak mempunyai ukuran panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 30 cm. a. Berapa volume air untuk mengisi bak mandi agar penuh? b. Jika sebagian telah digunakan,

Lebih terperinci

SOAL MATEMATIKA PRA OLIMPIADE SAINS NASIONAL SD SE-WILAYAH KEPULAUAN BUTON TAHUN 2017 OSIS SMA NEGERI 1 BAUBAU 2017 I. PETUNJUK. Page 0.

SOAL MATEMATIKA PRA OLIMPIADE SAINS NASIONAL SD SE-WILAYAH KEPULAUAN BUTON TAHUN 2017 OSIS SMA NEGERI 1 BAUBAU 2017 I. PETUNJUK. Page 0. SOAL MATEMATIKA PRA OLIMPIADE SAINS NASIONAL SD SE-WILAYAH KEPULAUAN BUTON TAHUN 07 OSIS SMA NEGERI BAUBAU 07 I. PETUNJUK smansabaubau Page 0 I. PETUNJUK. Tulislah Nama dan asal sekolah pada setiap lembaran

Lebih terperinci

UJI COBA UJIAN NASIONAL (UN) Tingkat Sekolah Dasar (SD) & Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2011/2012 MATEMATIKA. Disusun oleh : Usman Jayadi

UJI COBA UJIAN NASIONAL (UN) Tingkat Sekolah Dasar (SD) & Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2011/2012 MATEMATIKA. Disusun oleh : Usman Jayadi UJI COBA UJIAN NASIONAL (UN) Tingkat Sekolah Dasar (SD) & Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2011/2012 MATEMATIKA Disusun oleh : Usman Jayadi Guru SD Negeri 24 Ampenan, Kota Mataram Disusun Berdasarkan

Lebih terperinci

SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SMP PART 2. Departemen Matematika - Wardaya College MMXVIII-XII

SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SMP PART 2. Departemen Matematika - Wardaya College MMXVIII-XII SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SMP PART - Wardaya College MMXVIII-XII TIPE A. Andi dan Bobby berlari berlawanan arah dalam suatu lintasan melingkar. Keduanya berawal dari titik-titik yang saling berseberangan

Lebih terperinci

MATEMATIKA EBTANAS TAHUN 1992

MATEMATIKA EBTANAS TAHUN 1992 MATEMATIKA EBTANAS TAHUN 99 EBT-SMP-9-0 Diketahui: A = {m, a, d, i, u, n} dan B = {m, a, n, a, d, o} Diagram Venn dari kedua himpunan di atas A. m a d o a m o i e e I d u a a u n e m i d o m i d a u n

Lebih terperinci

LATIHAN UJIAN AKHIR SEKOLAH

LATIHAN UJIAN AKHIR SEKOLAH LATIHAN UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL MATEMATIKA WAKTU : 0 menit DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL PETUNJUK UMUM 1. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum menjawab.. Jawaban dikerjakan pada lembar

Lebih terperinci

BIDANG STUDI : MATEMATIKA

BIDANG STUDI : MATEMATIKA BERKAS SOAL BIDANG STUDI : MADRASAH IBTIDAIYAH SELEKSI TINGKAT PROVINSI KOMPETISI SAINS MADRASAH NASIONAL 2014 Petunjuk Umum 1. Tuliskan nama dan asal sekolah, kabupaten, dan provinsi anda pada setiap

Lebih terperinci

PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs

PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs 1. Indikator, menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat Indikator Soal, menentukan hasil operasi campuran bilangan

Lebih terperinci

DALIL PYTHAGORAS DAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI

DALIL PYTHAGORAS DAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DALIL PYTHAGORAS DAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI Segitiga 1. Beberapa sifat yang berlaku pada segitiga adalah : Jumlah sudut-sudut sembarang segitiga adalah 180 0 Pada segitiga ABC berlaku AC = BC B = A

Lebih terperinci

Dari gambar jaring-jaring kubus di atas bujur sangkar nomor 6 sebagai alas, yang menjadi tutup kubus adalah bujur sangkar... A. 1

Dari gambar jaring-jaring kubus di atas bujur sangkar nomor 6 sebagai alas, yang menjadi tutup kubus adalah bujur sangkar... A. 1 1. Diketahui : A = { m, a, d, i, u, n } dan B = { m, e, n, a, d, o } Diagram Venn dari kedua himpunan di atas adalah... D. A B = {m, n, a, d} 2. Jika P = bilangan prima yang kurang dari Q = bilangan ganjil

Lebih terperinci

Kumpulan Soal Matematika VII ( BSE Dewi Nurhariyani)

Kumpulan Soal Matematika VII ( BSE Dewi Nurhariyani) Bilangan Bulat 1. Suhu sebongkah es mula-mula 5 o C. Dua jam kemudian suhunya turun 7 o C. Suhu es itu sekarang a. 12 o C c. 2 o C b. 2 o C d. 12 o C 2. Jika x lebih besar dari 1 dan kurang dari 4 maka

Lebih terperinci

Ruang Lingkup Pengukuran di SD

Ruang Lingkup Pengukuran di SD PENGUKURAN DI SD Ruang Lingkup Pengukuran di SD Pengukuran tentang: 1. panjang dan keliling 2. luas 3. luas bangun gabungan 4. volum 5. volum bangun gabungan 6. sudut 7. suhu 8. waktu, jarak dan kecepatan

Lebih terperinci

4. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear x + y = 5 dan x - 2y = -4 adalah... A.{ (1, 4) }

4. Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear x + y = 5 dan x - 2y = -4 adalah... A.{ (1, 4) } 1. Diketahui himpunan P = ( bilangan prima kurang dari 13 ) Banyak himpunan bagian dari P adalah... 5 25 10 32 P = {Bilangan prima kurang dari 13} = {2, 3, 5, 7, 11} n(p) = 5 2. Dari diagram Venn di bawah,

Lebih terperinci

C. y = 2x - 10 D. y = 2x + 10

C. y = 2x - 10 D. y = 2x + 10 1. Diantara himpunan berikut yang merupakan himpunan kosong adalah... A. { bilangan cacah antara 19 dan 20 } B. { bilangan genap yang habis dibagi bilangan ganjil } C. { bilangan kelipatan 3 yang bukan

Lebih terperinci

UJIAN NASIONAL SMP/MTs

UJIAN NASIONAL SMP/MTs UJIAN NASIONAL SMP/MTs Tahun Pelajaran 2007/2008 Mata Pelajaran Jenjang : Matematika : SMP/MTs MATA PELAJARAN Hari/Tanggal : Selasa, 6 Mei 2008 Jam : 08.00-10.00 WAKTU PELAKSANAAN PETUNJUK UMUM 1. Isikan

Lebih terperinci

Copyright Hak Cipta dilindungi undang-undang

Copyright  Hak Cipta dilindungi undang-undang Latihan Soal UN SMP/MTs Mata Pelajaran : Matematika Jumlah Soal : 0. Hasil dari.7 +.75 adalah. 5 c. 57 d 7. Suhu di dalam kulkas - 0 C. Pada saat mati lampu suhu di dalam kulkas naik 0 C setiap menit.

Lebih terperinci

PAKET 3 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs

PAKET 3 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs PAKET 3 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs. * Kemampuan yang diuji. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.

Lebih terperinci

P-M01A LOMBA OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SD/MI KECAMATAN CILEUNGSI TAHUN 2015

P-M01A LOMBA OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SD/MI KECAMATAN CILEUNGSI TAHUN 2015 LOMBA OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SD/MI KECAMATAN CILEUNGSI TAHUN 2015 PEMERINTAH KABUPATEN BOGOR DINAS PENDIDIKAN UPT VII KECAMATAN CILEUNGSI Jl. Camat Enjan No. 05 Des. Cileungsi Kec. Cileungsi Kab.

Lebih terperinci

PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs

PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs PAKET 1 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMP/MTs 1. * Kemampuan yang Diuji Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat

Lebih terperinci

UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 199 Jl.Arabika 8 Blok AC.3 Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Lebih terperinci

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MALANG MGMP MATEMATIKA SMPN SATAP TRYOUT UN menit

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MALANG MGMP MATEMATIKA SMPN SATAP TRYOUT UN menit DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MALANG MGMP MATEMATIKA SMPN SATAP P.06 TRYOUT UN 2013 Mata Pelajaran Matematika Hari/Tanggal Waktu 120 menit 1. Hasil dari 5 + [6 : (-3)] adalah... a 7 b 4 c 3 d -2 2. Hasil

Lebih terperinci

MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo Telepon/Fax (0275)

MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo Telepon/Fax (0275) KODE : 0/ 1A TUC1/01 MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo 54114 Telepon/Fax (075) 31405 UJI COBA KE 1 UJIAN NASIONAL 01 SMP Se KABUPATEN

Lebih terperinci

4. Jika kubus di samping dibuka dan dibentangkan sisi-sisinya, maka gambar jaring-jaring bangun ruang yang akan terbentuk adalah

4. Jika kubus di samping dibuka dan dibentangkan sisi-sisinya, maka gambar jaring-jaring bangun ruang yang akan terbentuk adalah 1. 007 : ( + 0 + 0 + 7) - x 0 x 0 x 7 =? A) 1 C) 14 B) 9 D). Ada berapa bilangan angka yang jika dikalikan maka penjumlahan angka-angka pada bilangan pertama sama dengan jumlah angka-angka pada bilangan

Lebih terperinci

II. Kerjakan soal-soal berikut ini!

II. Kerjakan soal-soal berikut ini! Ulangan Harian I. Isilah titik-titik berikut ini dengan tepat!. x 0 60 : (-8) =.. FPB dari bilangan dan 7 adalah.. 70 7 x (-) + 8 : 8 =.. (00 +.00) : (-7) x 8 60 =.. KPK dari bilangan 8 dan adalah. 6.

Lebih terperinci

1. Hasil dari 24 ( 3) 15 ( 5 )adalah. A B C. 67 D. 83 B. 26 C. 27 D. 30

1. Hasil dari 24 ( 3) 15 ( 5 )adalah. A B C. 67 D. 83 B. 26 C. 27 D. 30 1. Hasil dari 24 ( 3) 15 ( 5 )adalah. A. - 67 B. - 83 C. 67 D. 83 2. Bardi menjumlahkan nomor-nomor halaman buku dimulai dari halaman 5 sampai halaman x, ternyata jumlahnya adalah 315. Maka nilai x = A.

Lebih terperinci

SOAL Latihan UAS 2 207/208 Mapel: Matematika Kelas 8 Topik: Lingkaran & Garis Singgung Lingkaran I. Pilihan Ganda. Jika diameter suatu lingkaran 3,5 m dan π = 22/7, maka keliling lingkaran adalah A.,5

Lebih terperinci

Menghitung Volume Kubus dan Balok dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah

Menghitung Volume Kubus dan Balok dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah Bab 4 Menghitung Volume Kubus dan Balok dan Menggunakannya dalam Pemecahan Masalah Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat:. mengenal satuan volume; 2. mengubah satuan volume

Lebih terperinci

SOAL PR ONLINE IX SMP MATA UJIAN: MATEMATIKA (KODE: P18) 1. Alas sebuah limas berbentuk segi-6. Banyak rusuk dan sisi limas berturutturut

SOAL PR ONLINE IX SMP MATA UJIAN: MATEMATIKA (KODE: P18) 1. Alas sebuah limas berbentuk segi-6. Banyak rusuk dan sisi limas berturutturut Kode: P8 MATEMATIKA IX SMP SOAL PR ONLINE IX SMP MATA UJIAN: MATEMATIKA (KODE: P8). Alas sebuah limas berbentuk segi-6. Banyak rusuk dan sisi limas berturutturut (A) 7 dan. (C) 8 dan 8. dan 7. (D) 8 dan

Lebih terperinci

PERSIAPAN UN MATEMATIKA SMP 2014

PERSIAPAN UN MATEMATIKA SMP 2014 PERSIAPAN UN MATEMATIKA SMP 014 Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar! 1. Di suatu daerah yang berada pada ketinggian.500 meter di atas permukaan laut suhunya

Lebih terperinci

a. 7 b. 9 c. 11 d. 13 a. 438 b. 439 c. 440 d. 441 a. 10 b. 13 c d a. 4 b. 8 c. 11 d. 18 a. 0,5185 b c. 518,5 d.

a. 7 b. 9 c. 11 d. 13 a. 438 b. 439 c. 440 d. 441 a. 10 b. 13 c d a. 4 b. 8 c. 11 d. 18 a. 0,5185 b c. 518,5 d. SOAL PENYISIHAN OMITS 2012 I. SOAL PILIHAN GANDA 1. Berapakah digit terakhir dari (2012 2013 + 2013 2012 ) 2? a. 7 b. 9 c. 11 d. 13 2. Jarak tugu di kota A dan tugu di kota B adalah 17,6 km. jika akan

Lebih terperinci

UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL Tahun Pelajaran 007/008 Mata Pelajaran : Matematika Tingkat : SD/MI Hari/Tanggal : Selasa, 4 Mei 008 Waktu : 08.00-0.00 Petunjuk Umum. Isikan identitas Anda ke dalam

Lebih terperinci

PEMANTAPAN UJIAN NASIONAL 2013 (SOAL DAN PENYELESAIAN)

PEMANTAPAN UJIAN NASIONAL 2013 (SOAL DAN PENYELESAIAN) PEMANTAPAN UJIAN NASIONAL 03 (SOAL DAN PENYELESAIAN) Kerjakan dengan sungguh-sungguh dan penuh kejujuran!. Dalam sebuah ruangan terdapat 5 baris kursi. Banyaknya kursi pada baris ke tiga terdapat 34 buah,

Lebih terperinci

SOAL MATEMATIKA - SMP

SOAL MATEMATIKA - SMP SOAL MATEMATIKA - SMP OLIMPIADE SAINS NASIONAL TINGKAT KABUPATEN/KOTA KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN 014

Lebih terperinci

KUMPULAN SOAL-SOAL OMITS

KUMPULAN SOAL-SOAL OMITS KUMPULAN SOAL-SOAL OMITS SOAL Babak Penyisihan Olimpiade Matematika ITS 2011 (OMITS 11) Tingkst SMP Se-derajat BAGIAN I.PILIHAN GANDA 1. Berapa banyak faktor positif/pembagi dari 2011? A. 1 B. 2 C. 3 D.

Lebih terperinci

UN SD 2009 Matematika

UN SD 2009 Matematika UN SD 009 Matematika Kode Soal Doc. Name: UNSD009MAT999 Doc. Version : 03-0 halaman 0. (3.405 +.05) - (0.39-09) =. (A) 4.930 (B) 5.8 (C) 5.38 (D) 5.48 0. 4860 : (5 x 6) =. (A) 3, (B) 54 (C) 8 (D).944 03.

Lebih terperinci

Pembahasan Soal UN Matematika SMP Tahun Ajaran 2010/2011 Paket 12

Pembahasan Soal UN Matematika SMP Tahun Ajaran 2010/2011 Paket 12 Pembahasan Soal UN Matematika SMP Tahun Ajaran 2010/2011 Paket 12 Tim Pembahas : Th. Widyantini Untung Trisna Suwaji Wiworo Choirul Listiani Estina Ekawati Nur Amini Mustajab PPPPTK Matematika Yogyakarta

Lebih terperinci

UN SD 2013 Matematika

UN SD 2013 Matematika UN SD 20 Matematika SKL UN - Kompetensi Doc. Name: UNSD20SKLMAT0 Doc. Version : 20-0 halaman 0. 20 x 4 0-2 : 4 + 7 =. (A) 45 (B) 54 (C) 6 (D) 85 02. Ibu membeli 4 kardus buah apel untuk keperluan pesta,

Lebih terperinci

SILABUS. 8 Silabus Matematika Kelas 5. Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. desimal dan sebaliknya.

SILABUS. 8 Silabus Matematika Kelas 5. Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. desimal dan sebaliknya. 8 Silabus Matematika Kelas 5 SILABUS Sekolah : SD Kelas : V Mata Pelajaran : Matematika Semester : 2 Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. Dasar 5.1 Mengubah pecahan ke bentuk

Lebih terperinci

SIAP UJIAN NASIONAL (UCUN MANDIRI)

SIAP UJIAN NASIONAL (UCUN MANDIRI) PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA DINAS PENDIDIKAN SMP NEGERI 196 JAKARTA Jalan Mabes TNI, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, Telp/Fax : 844198/021849992 SIAP UJIAN NASIONAL (UCUN

Lebih terperinci

NIP NIP

NIP NIP SOAL ULANGAN HARIAN No Mata Pelajaran : Matematika Hari / Tanggal : Selasa,18-09 -2012 Kelas / semester Waktu Standart Kompetensi : VI/I : 35 menit : - melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan

Lebih terperinci

SOAL FINAL CCM SMP GEBYAR MATEMATIKA 2014

SOAL FINAL CCM SMP GEBYAR MATEMATIKA 2014 SOAL FINAL CCM SMP AMPLOP A 1. Sebuah mesin dapat memproduksi setengah lusin barang selama 4 jam. Banyak barang yang dikerjakan oleh 8 buah mesin selama 3 jam adalah 2. Suatu persegi panjang yang kelilingnya

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UN/UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2012/2013

Soal-soal dan Pembahasan UN/UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2012/2013 Soal-soal dan Pembahasan UN/UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2012/2013 Bab I Bilangan 500 + 75 x 12 kerjakan perkalian dahulu = 500 + (75 x 12 ) = 500 + 900 = 1400 Bab I Bilangan ( 162 + (15 x 18

Lebih terperinci

PENGERJAAN HITUNG BILANGAN BULAT

PENGERJAAN HITUNG BILANGAN BULAT M O D U L 1 PENGERJAAN HITUNG BILANGAN BULAT Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : 1. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi

Lebih terperinci

SELEKSI OLIMPIADE MATEMATIKA INDONESIA 2006 TINGKAT PROVINSI

SELEKSI OLIMPIADE MATEMATIKA INDONESIA 2006 TINGKAT PROVINSI SELEKSI OLIMPIADE MATEMATIKA INDONESIA 2006 TINGKAT PROVINSI Bidang Matematika Bagian Pertama Waktu : 90 Menit DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT

Lebih terperinci

MATEMATIKA SMP PEMBAHASAN SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL KE-3 TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PAKET 01 FULL DOKUMEN. SMPN 2 LOSARI 2017 Created by Irawan

MATEMATIKA SMP PEMBAHASAN SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL KE-3 TAHUN PELAJARAN 2016/2017 PAKET 01 FULL DOKUMEN. SMPN 2 LOSARI 2017 Created by Irawan PEMBAHASAN SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL KE-3 TAHUN PELAJARAN 06/07 PAKET 0 DOKUMEN SANGAT RAHASIA MATEMATIKA SMP FULL SMPN LOSARI 07 Created by Irawan DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CIREBON Jika operasi " *

Lebih terperinci

PEMANTAPAN UJIAN NASIONAL Kerjakan dengan sungguh-sungguh dengan kejujuran hati!

PEMANTAPAN UJIAN NASIONAL Kerjakan dengan sungguh-sungguh dengan kejujuran hati! PEMANTAPAN UJIAN NASIONAL 203 Kerjakan dengan sungguh-sungguh dengan kejujuran hati!. Hasil dari (-5 7) : 4 x (-5) + 8 adalah. A. -26 B. -23 C. 23 D. 26 2. Perbandingan banyak kelereng Taris dan Fauzan

Lebih terperinci

PETUNJUK MENGERJAKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA

PETUNJUK MENGERJAKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA PETUNJUK MENGERJAKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA 1. Tes ini terdiri dari 30 soal. Waktu yang disediakan adalah 75 menit (1 jam 15 menit). 2. Anda hanya diminta menuliskan jawaban Anda pada Lembar Jawab yang

Lebih terperinci

semua ada tentang sekolah dasar

semua ada tentang sekolah dasar CONTOH SOAL DAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN 2012/2013 MATA PELAJARAN MATEMATIKA No Kompetensi Indikator Soal Jawaban 1 Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya

Lebih terperinci

MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo Telepon/Fax (0275)

MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo Telepon/Fax (0275) KODE : 0/ 1B TUC1/016 MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo 4114 Telepon/Fax (07) 3140 UJI COBA KE 1 UJIAN NASIONAL 016 SMP Se KABUPATEN

Lebih terperinci

SOAL MATEMATIKA - SMP

SOAL MATEMATIKA - SMP SOAL MATEMATIKA - SMP OLIMPIADE SAINS NASIONAL TINGKAT KABUPATEN/KOTA KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN 200

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2007/2008

Soal-soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2007/2008 Soal-soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2007/2008 1. Hasil dari 1.764 + 3.375 adalah... A. 53 B. 57 C.63 D. 67 BAB VIII BILANGAN BERPANGKAT 4 2 15 1.764 3.375 4 x 4 16 1 3 1 1 64

Lebih terperinci

MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo Telepon/Fax (0275)

MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo Telepon/Fax (0275) KODE : 02 B / TUC /206 MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KABUPATEN PURWOREJO Sekretariat: Jl. Jendral Sudirman 8 Purworejo 544 Telepon/Fax (0275) 2405 UJI COBA KE UJIAN NASIONAL 206 SMP Se KABUPATEN

Lebih terperinci

- - UASBN MATEMATIKA PAKET 4 - -

- - UASBN MATEMATIKA PAKET 4 - - - - UASBN MATEMATIKA PAKET 4 - - KELAS 6 SD MAPEL MATEMATIKA UASBN PAKET 4 KODEK 6604 Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar! 1. Hasil dari 943-429 + 768 =. A.

Lebih terperinci

01. Hasil dari (16 : 2) + (-5 x 2) - (-3) adalah. (A) -5 (B) 1 (C) 15 (D) 24

01. Hasil dari (16 : 2) + (-5 x 2) - (-3) adalah. (A) -5 (B) 1 (C) 15 (D) 24 01. Hasil dari (16 : 2) + (-5 x 2) - (-3) () -5 () 1 () 15 (D) 2 02. Ina membagikan 12 kg kopi kepada beberapa orang. Jika tiap orang mendapat 1 / kg kopi maka banyak orang yang menerima kopi () 3 orang

Lebih terperinci

Ringkasan Materi Soal-soal dan Pembahasan MATEMATIKA. SD Kelas 4, 5, 6

Ringkasan Materi Soal-soal dan Pembahasan MATEMATIKA. SD Kelas 4, 5, 6 Ringkasan Materi Soal-soal dan Pembahasan MATEMATIKA SD Kelas 4, 5, 6 1 Matematika A. Operasi Hitung Bilangan... 3 B. Bilangan Ribuan... 5 C. Perkalian dan Pembagian Bilangan... 6 D. Kelipatan dan Faktor

Lebih terperinci

Pembahasan Matematika SMP IX

Pembahasan Matematika SMP IX Pembahasan Matematika SMP IX Matematika SMP Kelas IX Bab Pembahasan dan Kunci Jawaban Ulangan Harian Pokok Bahasan : Kesebangunan Kelas/Semester : IX/ A. Pembahasan soal pilihan ganda. Bangun yang tidak

Lebih terperinci

SOAL SELEKSI TINGKAT PROPINSI OLIMPIADE SAINS NASIONAL 007 BIDANG MATEMATIKA SMP A. Soal Pilihan Ganda 1. Banyak bilangan prima antara 10 dan 99 yang tetap merupakan bilangan prima jika kedua digitnya

Lebih terperinci

Petunjuk: Kerjakan secara berkelompok! 1. Lengkapilah titik-titik di dalam tabel di bawah ini dengan bilangan yang tepat!. cc L m

Petunjuk: Kerjakan secara berkelompok! 1. Lengkapilah titik-titik di dalam tabel di bawah ini dengan bilangan yang tepat!. cc L m LKS 1 Satuan Volume 1. Lengkapilah titik-titik di dalam tabel di bawah ini dengan bilangan yang tepat!. cc L m 3 100.000 1.500 2 1.500 17 2. Sebuah bak mandi bagian dalamnya berbentuk kubus dengan panjang

Lebih terperinci

SELEKSI OLIMPIADE MATEMATIKA INDONESIA 2004 TINGKAT PROVINSI

SELEKSI OLIMPIADE MATEMATIKA INDONESIA 2004 TINGKAT PROVINSI SELEKSI OLIMPIADE MATEMATIKA INDONESIA 2004 TINGKAT PROVINSI Bidang Matematika Bagian Pertama Waktu : 90 Menit DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT

Lebih terperinci

LEMBAR SOAL ISIAN SINGKAT

LEMBAR SOAL ISIAN SINGKAT LEMBAR SOAL ISIAN SINGKAT Nama :... Petunjuk : Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan pada kotak yang telah disediakan 1. Tiga calon bupati yaitu Amir, Budi dan Chairul mengikuti pemilihan ketua daerah.

Lebih terperinci

UAN MATEMATIKA SMP 2007/2008 C3 P13

UAN MATEMATIKA SMP 2007/2008 C3 P13 1. Hasil dari adalah a. 47 b. 52 c. 57 d. 63 2. Suhu di dalam kulkas sebelum dihidupkan 29 C. Setelah dihidupkan, suhunya turun 3 C setiap 5 menit. Setelah 10 menit suhu di dalam kulkas adalah a. 23 C

Lebih terperinci

UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 2004/2005

UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 2004/2005 UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 00/00 Mata Pelajaran : MATEMATIKA Hari/Tanggal : JUNI 00 Waktu : 07.0 09.0 PETUNJUK UMUM. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum kamu menjawab. Tulis nomor peserta pada

Lebih terperinci

Olimpiade Matematika SD Tingkat Nasional 2004

Olimpiade Matematika SD Tingkat Nasional 2004 Jenis Soal Isian Singkat Olimpiade Matematika SD Tingkat Nasional 2004 Pekan Baru, 24-27 Agustus 2004 Petunjuk : Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan pada kotak yang telah disediakan (pojok kanan untuk

Lebih terperinci

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2007/2008

Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2007/2008 Soal-soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD/MI Tahun Pelajaran 2007/2008 1. Hasil dari (43 x 14) (5.453 : 19) + 17 =... A. 322 B. 332 C. 223 D. 232 Bab I Bilangan Perkalian dan pembagaian derajatnya lebih

Lebih terperinci

MATA PELAJARAN PELAKSANAAN PETUNJUK UMUM

MATA PELAJARAN PELAKSANAAN PETUNJUK UMUM MATA PELAJARAN Mata Pelajaran : Matematika PELAKSANAAN Hari/Tanggal : Selasa, 8 November 008 Jam :.0 7.0 PETUNJUK UMUM. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang tersedia

Lebih terperinci

PETUNJUK UMUM TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA 1 2 0,6; 1 ; ; 140% ,6; 140%; 1 ; ; 1 ; 0,6; 140% ; 0,6; 1 ; 140% 5 4

PETUNJUK UMUM TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA 1 2 0,6; 1 ; ; 140% ,6; 140%; 1 ; ; 1 ; 0,6; 140% ; 0,6; 1 ; 140% 5 4 TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN AJARAN /3 (Paket ) PETUNJUK UMUM. Isikan nomor ujian, nama peserta, dan tanggal lahir pada Lembar Jawaban, sesuai petunjuk.. Jawablah

Lebih terperinci