STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK"

Transkripsi

1 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2013

2 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR NOMOR : 001/SOP FT-UMY/V/2013 TENTANG : PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK MAHASISWA AKTIF DALAM PROSES PENGURUSAN KRS FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. Umum SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu bagian institusi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis B. Maksud dan Tujuan Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengutamakan Customer Service, sehingga tercapai kepuasan stake holders. SOP ini juga untuk mendukung realisasi kredo A Leading and Enlightening University. C. Ruang Lingkup Sop Panduan Pelayanan Akademik Mahasiswa Aktif dalam proses pengurusan KRS di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D. Dasar SOP harus tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami, sehingga maksud dan tujuan akan dapat tercapai secara efektif (mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat) dan efisien (mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat).

3 BAB II PROSEDUR PENGURUSAN KRS 1. Mengambil surat pengantar pembayaran di Bank Bukopin, Syariah Mandiri, BPD DIY atau BTN. 2. Membayar biaya kuliah sesuai dengan tagihan yang tercantum untuk masing-masing mahasiswa. 3. Membayar deposit KRS sesuai dengan keinginan mahasiswa (maksimal 24 sks). 4. Mengisi KRS (Key-In) mata kuliah yang akan diambil sesuai dengan mata kuliah yang ditawarkan pada counter dilingkungan UMY atau online di 5. Dalam menentukan mata kuliah mahasiswa disarankan berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik (DPA). 6. Jumlah SKS yang boleh diambil maksimal 24 sks/semester, kecuali tahun pertama perkuliahan (paket SKS). 7. Perubahan mata kuliah pilihan yang diambil, hanya untuk mata kuliah pilihan yang batal dilaksanakan. 8. Proses pengurusan KRS dilakukan pada jadwal yang ditentukan sesuai dengan Kalender Akademik UMY. 9. Mahasiswa yang tidak menyelesaikan proses pengurusan KRS pada jadwal yang ditentukan, dinyatakan sebagai Mahasiswa Tidak Aktif. 10. Mahasiswa yang tidak menyelesaikan proses pengurusan KRS pada jadwal yang ditentukan, disarankan untuk mengurus surat cuti kuliah. 11. Mahasiswa yang tidak melakukan proses keaktifan selama tiga semester berturut-turut, maka sesuai dengan SK. Rektor UMY akan dikeluarkan sebagai Mahasiswa UMY.

4 BAB III DIAGRAM ALIR PENGURUSAN KRS Mahasiswa Bank Bukopin, Syariah Mandiri, BPD DIY, BTN Mahasiswa mengambil Surat Pengantar Pembayaran Mahasiswa Membayar Biaya Kuliah Dosen Pembimbing Akademik Mahasiswa disarankan berkonsultasi dalam menentukan mata kuliah yang diambil Counter Key-In dilingkungan UMY Online di Mahasiswa melakukan Key-In KRS Mahasiswa mencetak KRS

5 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR NOMOR : 002/SOP FT-UMY/V/2013 TENTANG : PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK MAHASISWA AKTIF DALAM PROSES KULIAH DAN UJIAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. Umum SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu bagian institusi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis B. Maksud dan Tujuan Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengutamakan Customer Service, sehingga tercapai kepuasan stake holders. SOP ini juga untuk mendukung realisasi kredo A Leading and Enlightening University. C. Ruang Lingkup Sop Panduan Pelayanan Akademik Mahasiswa Aktif dalam proses kuliah dan ujian di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D. Dasar SOP harus tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami, sehingga maksud dan tujuan akan dapat tercapai secara efektif (mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat) dan efisien (mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat).

6 BAB II PROSEDUR KULIAH DAN UJIAN A. KULIAH Perkuliahan dimulai sesuai dengan agenda yang tercantum di dalam Kalender Akademik UMY. Masa Kuliah dilaksanakan 7 minggu sebelum ujian tengah semester dan 7 minggu setelah ujian tengah semester. Mahasiswa yang berhak mengikuti kuliah adalah mahasiswa yang berstatus Aktif dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Mempunyai Kartu Mahasiswa Aktif (KTM) yang masih berlaku. 2. Mengambil mata kuliah sesuai dengan Key-In pada saat proses KRS. 3. Tercantum di dalam presensi Kuliah. 4. Mentaati Tata Tertib kuliah. B. UJIAN Mahasiswa yang berhak mengikuti ujian adalah mahasiswa yang berstatus Aktif dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Membawa Kartu Mahasiswa Aktif (KTM) yang masih berlaku. 2. Mengambil mata kuliah yang diujikan. 3. Tercantum di dalam presensi Ujian. 4. Mentaati Tata Tertib ujian. 5. Telah mengikuti kuliah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

7 BAB III DIAGRAM ALIR PROSES KULIAH DAN UJIAN Mahasiswa Kuliah Jadwal Kuliah dapat dilihat di Pengajaran dan Mahasiswa wajib mengisi presensi di ruang kuliah Dosen Pembimbing Akademik Mahasiswa disarankan berkonsultasi bila menemui kesulitan saat perkuliahan Ujian Tengah Semester / Ujian Akhir Semester Counter Key-In dilingkungan UMY Online di Mahasiswa disarankan : Mencetak Kartu Ujian Melihat Jadwal Ujian Melihat Tata Tertib Ujian Jadwal Ujian dapat diambil di Tata Usaha dan download di Mahasiswa wajib mengisi presensi di ruang ujian Mahasiswa wajib mentaati tata tertib ujian

8 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR NOMOR : 003/SOP FT-UMY/V/2013 TENTANG : PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK MAHASISWA AKTIF DALAM PROSES BEBAS TEORI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. Umum SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu bagian institusi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis B. Maksud dan Tujuan Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengutamakan Customer Service, sehingga tercapai kepuasan stake holders. SOP ini juga untuk mendukung realisasi kredo A Leading and Enlightening University. C. Ruang Lingkup Sop Panduan Pelayanan Akademik Mahasiswa Aktif dalam proses bebas teori di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D. Dasar SOP harus tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami, sehingga maksud dan tujuan akan dapat tercapai secara efektif (mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat) dan efisien (mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat).

9 BAB II PROSEDUR BEBAS TEORI Bebas teori adalah status yang diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan semua mata kuliah termasuk praktikum, kecuali: Kerja Praktek, KKN, Tugas Akhir. Mahasiswa berstatus Bebas Teori tidak diperbolehkan lagi mengambil mata kuliah teori dan praktikum. Mahasiswa dapat mengajukan status Bebas Teori dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Jumlah SKS telah memenuhi ketentuan yang diberlakukan di masing-masing program studi. 2. IPK minimal 2, Jumlah nilai D maksimal 15% SKS dari total SKS mahasiswa lulus. 4. Lulus Syahadah dari LPPI UMY dengan melampirkan Sertifikat Syahadah. 5. Waktu pengajuan Bebas Teori sesuai jadwal pengurusan KRS (Key-In).

10 BAB III DIAGRAM ALIR PROSES BEBAS TEORI Mahasiswa Dosen Pembimbing Akademik Mahasiswa disarankan berkonsultasi DPA dalam pengajuan proses Bebas Teori TATA USAHA (Pelayanan Akademik) Mahasiswa mengajukan permohonan Bebas Teori Tata Usaha Mengecek seluruh persyaratan BT. Tata Usaha mengeluarkan SK. BT. Bank Bukopin, Syariah Mandiri, BPD DIY, BTN Mahasiswa mengambil Surat Pengantar Pembayaran Mahasiswa Membayar Biaya Bebas Teori

11 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR NOMOR : 004/SOP FT-UMY/V/2013 TENTANG : PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK MAHASISWA AKTIF DALAM PROSES KERJA PRAKTEK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. Umum SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu bagian institusi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis. B. Maksud dan Tujuan Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengutamakan Customer Service, sehingga tercapai kepuasan stake holders. SOP ini juga untuk mendukung realisasi kredo A Leading and Enlightening University. C. Ruang Lingkup Sop Panduan Pelayanan Akademik Mahasiswa Aktif dalam proses kerja praktek di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D. Dasar SOP harus tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami, sehingga maksud dan tujuan akan dapat tercapai secara efektif (mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat) dan efisien (mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat).

12 BAB II PROSEDUR KERJA PRAKTEK Mahasiswa wajib menempuh Kerja Praktek dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Sudah lulus mata kuliah minimal 100 SKS. 2. IPK minimal 2, Sudah membayar biaya Kerja Praktek sebesar ketentuan yang berlaku dan dibayarkan pada saat proses pengurusan KRS (Key-In). 4. Mencantumkan mata kuliah Kerja Praktek pada KRS. 5. Masa berlaku pembayaran Kerja Praktek adalah satu tahun apabila lebih dari 1 tahun akan dikenakan biaya Kerja Praktek baru (Dihitung dari tanggal permohonan Kerja Praktek). 6. Dosen Pembimbing Kerja Praktek ditentukan oleh pengurus Program Studi. 7. Prosedur Pengajuan Kerja Praktek diatur sebagai berikut : a. Mahasiswa menunjukkan Kartu Mahasiswa Aktif kepada tata usaha untuk dibuatkan surat permohonan Kerja Praktek. b. Mahasiswa membawa Surat Permohonan Kerja Praktek ke Dosen Pembimbing Kerja Praktek sebagai pemberitahuan. c. Mahasiswa meminta lembar persetujuan lokasi Kerja Praktek kepada Dosen Pembimbing Kerja Praktek. (T. Sipil). d. Mahasiswa memberitahukan lokasi Kerja Praktek kepada tata usaha untuk dibuatkan surat ijin Kerja Praktek dan surat tugas Kerja Praktek. e. Mahasiswa melaksanakan Kerja Praktek dan bimbingan kepada Dosen Pembimbing Kerja Praktek. f. Proses pembimbingan tercatat didalam lembar monitoring Kerja Praktek. g. Mahasiswa memberitahukan kepada tata usaha untuk dibuatkan permohonan seminar Kerja Praktek dan Berita Acara Seminar Kerja Praktek. h. Mahasiswa melaksanakan seminar Kerja Praktek dengan dicatatkan pada Berita Acara Seminar Kerja Praktek.

13 BAB III DIAGRAM ALIR PROSES KERJA PRAKTEK Mahasiswa Dosen Pembimbing Akademik Mahasiswa disarankan berkonsultasi DPA dalam pengajuan Kerja Praktek Mengambil permohonan Kerja Praktek - menunjukkan Kartu Mahasiswa Aktif Memberitahukan kepada Dosen Pembimbing KP dengan permohonan KP Persetujuan lokasi KP ( T. Sipil ) Memberitahukan lokasi KP untuk dibuatkan surat ijin KP Mendapatkan Surat Tugas KP ( bila diperlukan ) Melaksanakan Kerja Praktek TATA USAHA (Pelayanan Akademik) Mengajukan permohonan Seminar/Ujian KP Pelaksanaan Seminar/Ujian KP Mendapatkan Surat Undangan Seminar KP ( bila diperlukan )

14 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR NOMOR : 005/SOP FT-UMY/V/2013 TENTANG : PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK MAHASISWA AKTIF DALAM PROSES TUGAS AKHIR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. Umum SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu bagian institusi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis B. Maksud dan Tujuan Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengutamakan Customer Service, sehingga tercapai kepuasan stake holders. SOP ini juga untuk mendukung realisasi kredo A Leading and Enlightening University. C. Ruang Lingkup Sop Panduan Pelayanan Akademik Mahasiswa Aktif dalam proses Tugas Akhir di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D. Dasar SOP harus tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami, sehingga maksud dan tujuan akan dapat tercapai secara efektif (mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat) dan efisien (mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat).

15 BAB II PROSEDUR TUGAS AKHIR Mahasiswa wajib menempuh Tugas Akhir dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Sudah lulus mata kuliah minimal 120 SKS. 2. IPK minimal 2, Membayar biaya TA angsuran pertama sebesar ketentuan yang berlaku dan dibayarkan pada saat proses pengurusan KRS (Key-In). 4. Mencantumkan mata kuliah TA pada KRS. 5. Mendapatkan persetujuan dari dua Dosen Pembimbing TA. 6. Pelaksanaan TA minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan, apabila lebih dari 6 bulan akan dikenakan biaya TA baru (Dihitung dari tanggal permohonan TA). 7. Pergantian Dosen Pembimbing TA dapat dilakukan dengan persetujuan Ketua Program Studi dan dikenakan biaya pengajuan TA baru. 8. Mengulang Ujian Pendadaran akan dikenakan kembali biaya Ujian Pendadaran sebesar ketentuan yang berlaku. 9. Pelaksanaan TA diatur dengan ketentuan sebagai berikut : a. Mahasiswa menunjukkan Kartu Mahasiswa Aktif dan sertifikat tes Toefl kepada tata usaha untuk dibuatkan surat permohonan TA. b. Mahasiswa membawa Surat Permohonan TA untuk disyahkan oleh Dosen Pembimbing TA dan selanjutnya disyahkan oleh Ketua Program studi (melalui tata usaha). c. Bila diperlukan mahasiswa memberitahukan lokasi TA kepada tata usaha untuk mencetak surat ijin TA (surat ijin penelitian atau mengambil data). d. Mahasiswa melaksanakan TA dan bimbingan kepada Dosen Pembimbing TA. e. Proses pembimbingan tercatat didalam lembar monitoring Tugas Akhir. f. Mahasiswa memberitahukan kepada tata usaha untuk dibuatkan permohonan seminar, undangan dan Berita Acara Seminar (T.Sipil dan T.Mesin), 4 hari sebelum pelaksanaan g. Mahasiswa menyampaikan undangan seminar kepada Dosen Pembimbing TA. (T.Sipil dan T.Mesin). h. Mahasiswa melaksanakan seminar dengan dicatatkan pada Berita Acara Seminar. i. Mahasiswa memberitahukan kepada tata usaha untuk mencetak permohonan Pendadaran dan pengantar pembayaran pendadaran. j. Dengan membawa permohonan pendadaran dan slip pembayaran pendadaran mahasiswa memberitahukan kepada tata usaha untuk mencetak undangan Pendadaran dan Berita Acara Pendadaran (4 hari sebelum pelaksanaan). k. Syarat untuk melaksanakan Pendadaran mahasiswa harus LULUS semua mata kuliah (15% atau 22 sks nilai D) dan LULUS syahadah dari LPPI UMY. l. Mahasiswa menyampaikan undangan pendadaran dan buku TA kepada Dosen Penguji TA.sebagai bahan ujian Pendadaran. (minimal 2 hari sebelum pelaksanaan). m. Mahasiswa melaksanakan Pendadaran dengan dicatatkan pada Berita Acara Ujian Pendadaran. n. Nilai Tugas Akhir dikeluarkan setelah mahasiswa menyerahkan buku TA yang telah disahkan Ketua program studi, extended abstract, dan softcopy dalam bentuk CD, ke Referensi Fakultas Teknik UMY.

16 BAB III DIAGRAM ALIR PROSES TUGAS AKHIR Mahasiswa Dosen Pembimbing Akademik Mengambil permohonan Tugas Akhir di Tata Usaha - menunjukkan Kartu Mahasiswa Aktif - menyerahkan sertifikat Test Toefl - memberitahukan nama Dosen Pembimbing TA - Mahasiswa disarankan berkonsultasi DPA dalam pengajuan Tugas Akhir Meminta pengesahan Dosen Pembimbing TA Melaksanakan Penelitian dan Penyusunan Tugas Akhir Memberitahukan lokasi TA untuk dibuatkan surat ijin TA ( bila diperlukan ) Mengajukan Permohonan Pendadaran Tugas Akhir dan pengantar pembayaran pendadaran Mengajukan permohonan Seminar TA (Prodi T.Mesin & T.Sipil), 4 hari sebelum seminar Mendapatkan Undangan Seminar TA (Prodi T.Mesin & T.Sipil) Pelaksanaan Seminar TA (Prodi T.Mesin & T.Sipil) Meminta pengesahan Dosen Pembimbing TA TATA USAHA (Pelayanan Akademik) Menyerahkan permohonan pendadaran Tugas Akhir di Tata Usaha (4 hari sebelum pendadaran). - Lulus semua mata kuliah (15% /22 sks nilai D) - Menyerahkan sertifikat lulus Syahadah LPPI Mendapatkan Surat Undangan Pendadaran Menyerahkan Undangan & buku TA ke dosen penguji (minimal 2 hari sebelum pendadaran) Pelaksanaan Ujian Pendadaran Tugas AKhir

17 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR NOMOR : 006/SOP FT-UMY/V/2013 TENTANG : PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK MAHASISWA AKTIF DALAM PROSES YUDISIUM FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. Umum SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu bagian institusi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis B. Maksud dan Tujuan Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengutamakan Customer Service, sehingga tercapai kepuasan stake holders. SOP ini juga untuk mendukung realisasi kredo A Leading and Enlightening University. C. Ruang Lingkup Sop Panduan Pelayanan Akademik Mahasiswa Aktif dalam proses yudisium di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D. Dasar SOP harus tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami, sehingga maksud dan tujuan akan dapat tercapai secara efektif (mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat) dan efisien (mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat).

18 BAB II PROSEDUR YUDISIUM Yudisium merupakan proses penentuan kelulusan dan pengecekkan seluruh kegiatan mahasiswa selama masa studi. Mahasiswa wajib mengikuti yudisium dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Telah menempuh seluruh beban studi sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan, dan lulus sekurang-kurangnya 145 SKS untuk Program Studi Teknik Sipil, 144 SKS untuk Program Studi Teknik Elektro, dan 144 SKS untuk Program Studi Teknik Mesin. dan 144 SKS untuk Program Studi Teknologi Informasi. 2. IPK minimal 2, Jumlah SKS untuk nilai D maksimal 15% dari total SKS beban studi (maksimal 22 SKS). Mahasiswa mengajukan permohonan yudisium dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Mahasiswa berstatus aktif. 2. Mahasiswa menunjukkan Kartu Mahasiswa Aktif kepada tata usaha untuk dibuatkan surat permohonan Yudisium. 3. Menandatangani permohonan yudisium untuk pembuatan Ijazah & transkrip. 4. Mahasiswa meminta pengesahan bebas tagihan dari Biro Keuangan (SPP) dan Badan Pelaksana Harian (BPH UMY) pada lembar permohonan yudisium. 5. Mahasiswa mengecek seluruh daftar nilai dan menandatangani persetujuan daftar nilai akhir yang telah ditempuh. 6. Menyerahkan berkas: a. Fotocopy Ijasah SLTA. b. Surat keterangan bebas pinjam buku perpustakaan Fakultas dan UMY. c. Surat keterangan bebas penggunaan atau peminjaman alat Laboratorium. d. Surat keterangan bebas tagihan keuangan (SPP) dari Biro Keuangan UMY. e. Surat keterangan bebas tagihan keuangan (DPP) dari Biro Pelaksana Harian UMY. f. Bukti Penyerahan buku, Skripsi & CD dari Referensi Fakultas Teknik UMY. 7. Fotocopy sertifikat Toefl 8. Pengurusan yudisium dilaksanakan setiap hari kerja, diproses setiap hari dan diumumkan pada hari berikutnya apabila syarat yudisium dinyatakan lengkap.

19 BAB III DIAGRAM ALIR PROSES YUDISIUM Mahasiswa Dosen Pembimbing Akademik Mahasiswa disarankan berkonsultasi DPA dalam pengajuan Yudisium Mengambil permohonan Yudisium di Tata Usaha - menunjukkan Kartu Mahasiswa Aktif Melengkapi isian Blanko Permohonan Yudisium Melengkapi persyaratan dengan menyerahkan : - Fotocopy Ijasah SLTA - Lunas Tagihan Biro Keuangan - Lunas DPP dari BPH - Surat Bebas pinjam alat lab - Surat Bebas pinjam buku referensi FT. UMY - Bukti Penyerahan buku, Skripsi & CD di referensi - Foto copy sertifikat Toefl TATA USAHA (Pelayanan Akademik) Pelaksanaan Yudisium - Hasil Yudisium dimumkan oleh Tata Usaha Mendapatkan Berita Acara Yudisium yang disyahkan Kaprodi Mendapatkan Surat Keterangan Lulus Yudisium yang disyahkan Dekan Mendapatkan Transkrip Akademik yang disyahkan Dekan Mendapatkan Surat Pengantar Pembayaran Wisuda yang disyahkan KTU

20 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR NOMOR : 007/SOP FT-UMY/V/2013 TENTANG : PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK MAHASISWA AKTIF DALAM PROSES WISUDA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. Umum SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu bagian institusi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis B. Maksud dan Tujuan Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengutamakan Customer Service, sehingga tercapai kepuasan stake holders. SOP ini juga untuk mendukung realisasi kredo A Leading and Enlightening University. C. Ruang Lingkup Sop Panduan Pelayanan Akademik Mahasiswa Aktif dalam proses wisuda di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D. Dasar SOP harus tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami, sehingga maksud dan tujuan akan dapat tercapai secara efektif (mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat) dan efisien (mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat).

21 BAB II PROSEDUR WISUDA Mahasiswa wajib mengikuti wisuda yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dalam kalender akademik. Mahasiswa dapat mengikuti proses wisuda bila sudah dinyatakan lulus pada saat yudisium dan membayar biaya wisuda. Mahasiswa mengajukan permohonan wisuda dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Mahasiswa berstatus aktif. 2. Mahasiswa yang sudah Lulus Yudisium mencetak permohonan Wisuda melalui 3. Menandatangani persetujuan permohonan wisuda untuk pembuatan Ijazah & transkrip. 4. Menyerahkan berkas: a) Fotocopy STTB SLTA yang sudah dilegalisir. b) Fotocopy Ijazah D-3 yang sudah dilegalisir (untuk mahasiswa pindahan). c) Fotocopy Akte Kelahiran. d) Surat keterangan bebas tagihan keuangan dari Biro Keuangan (SPP) dan tagihan keuangan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) dari BPH UMY. e) Surat keterangan bebas pinjam perpustakaan UMY dan perpustakaan wilayah DIY. f) Slip lunas pembayaran wisuda. g) Fotocopy Kartu Mahasiswa Aktif. h) Menyerahkan Pas photo dengan jas almamater : 1) Hitam putih ukuran 4 cm x 6 cm sejumlah 6 lembar untuk pembuatan Ijazah dan transkrip. 2) Hitam putih ukuran 2 cm x 3 cm sejumlah 2 lembar untuk pembuatan kartu Alumni UMY.

22 BAB III DIAGRAM ALIR PROSES WISUDA Mahasiswa Dosen Pembimbing Akademik Mahasiswa disarankan berkonsultasi DPA dalam pengajuan WISUDA Mahasiswa yang sudah Lulus Yudisium mencetak permohonan Wisuda melalui Melengkapi isian Blanko Permohonan Wisuda Melengkapi persyaratan dengan menyerahkan : - Fotocopy Ijasah SLTA (legalisir) - Fotocopy Ijazah D-3 (untuk mahasiswa transfer) - Fotocopy Akte Kelahiran - Pas Foto Hitam Putih : 4 x 6 = 6 lembar 2 x 3 = 2 lembar - Lunas Tagihan Biro Keuangan (SPP) - Lunas Tagihan BPH (DPP) - Surat Bebas pinjam buku Perpustakaan UMY - Surat Bebas pinjam buku Perpustakaan Wilayah DIY - Kwitansi Pembayaran Wisuda - Fotocopy Kartu Mahasiswa Berkas wisuda dimasukkan stop map dengan ketentuan : - T.Sipil : Warna Biru - T.Elektro : Warna Kuning - T.Mesin : Warna Merah - T.Informasi : Warna Hijau TATA USAHA (Pelayanan Akademik) Pengecekan seluruh persyaratan Wisuda Menerima Tanda terima Persyaratan Wisuda Pelaksanaan Wisuda

23 STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR NOMOR : 008/SOP FT-UMY/V/2013 TENTANG : PANDUAN PELAYANAN AKADEMIK MAHASISWA TIDAK AKTIF DALAM PROSES CUTI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA BAB I PENDAHULUAN A. Umum SOP adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu kegiatan yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan, dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu bagian institusi, telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis B. Maksud dan Tujuan Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengutamakan Customer Service, sehingga tercapai kepuasan stake holders. SOP ini juga untuk mendukung realisasi kredo A Leading and Enlightening University. C. Ruang Lingkup Sop Panduan Pelayanan Akademik Mahasiswa Tidak Aktif dalam proses cuti di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. D. Dasar SOP harus tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami, sehingga maksud dan tujuan akan dapat tercapai secara efektif (mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat) dan efisien (mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat).

24 BAB II PROSEDUR CUTI Status mahasiswa cuti adalah mahasiswa yang mengajukan permohonan cuti dan melaksanakan seluruh proses pengajuan cuti sampai dengan terbitnya Surat Keterangan Cuti. Mahasiswa dapat mengambil cuti dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Mengambil permohonan Cuti Kuliah di Tata Usaha Fakultas (Dekanat). 2. Meminta pengesahan Dosen Pembimbing Akademik, Ketua Jurusan & Pimpinan Fakultas. 3. Membayar biaya cuti sesuai ketentuan yang berlaku. 4. Menyerahkan surat bebas perpustakaan Fakultas, Universitas dan perpustakaan Daerah. 5. Surat Keterangan Cuti hanya berlaku untuk satu semester. 6. Mahasiswa bisa mengajukan perpanjangan cuti maksimal satu semester. 7. Pengajuan cuti dilaksanakan sesuai jadwal proses KRS. 8. Mahasiswa yang mengambil cuti kuliah tidak dihitung masa studinya.

25 BAB III DIAGRAM ALIR PROSES CUTI Mahasiswa Dosen Pembimbing Akademik TATA USAHA (Pelayanan Akademik) Mengambil permohonan Cuti Kuliah di Tata Usaha Fakultas (Dekanat) - Menunjukkan Kartu Mahasiswa Terakhir Aktif Mahasiswa disarankan berkonsultasi DPA dalam pengajuan CUTI Meminta pengesahan Dosen Pembimbing Akademik, Ketua Jurusan & Pimpinan Fakultas Melengkapi persyaratan dengan menyerahkan : - Bukti Lunas Pembayaran Cuti Kuliah - Lunas Tagihan Biro Keuangan - Surat Bebas pinjam buku perpustakaan UMY - Kartu Mahasiswa Terakhir Aktif BIRO AKADEMIK UMY Menyerahkan seluruh berkas ke Biro Akademik UMY - Mendapatkan Surat Keterangan Cuti Kuliah dari Biro Aakdemik

26 HALAMAN PENGESAHAN Ketua Program Studi Teknik Elektro Ketua Program Studi Tekniknologi Informasi Ir. Agus Jamal, M.Eng. M.Helmi Zain Nuri, ST, MT. Ketua Program Studi Teknik Mesin Ketua Program Studi Teknik Sipil Novi Caroko, S.T, MT. Jazaul Ikhsan, S.T, M.T. Ph.D. Mengetahui, Dekan, Sudarisman, M.Sc. Ph.D. Yogyakarta, 1 Mei 2013

I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan

I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan I. PROSEDUR KERJA Tanggal Revisi : 1 Mei 20 DAFTAR MAHASISWA AKTIF KULIAH Tanggal berlaku : I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

MANUAL PROSEDUR AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA MANUAL PROSEDUR AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2010 MANUAL PROSEDUR AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Lebih terperinci

I. PROSEDUR PELAYANAN MAHASISWA

I. PROSEDUR PELAYANAN MAHASISWA BAB 3 I. PROSEDUR PELAYANAN 3.1 Registrasi Mahasiswa Baru BARU Membayar di Bank BNI/Bank Jatim/ Keuangan UMM dengan Menunjukkan Kartu Test RUANG FOTO CETAK KARTU ASLI Syarat Menyerahkan Blangko Validasi

Lebih terperinci

Nilai D di Transkrip Maksimal 2 Ujian Komprehensif I : 14 September 2016 di R.4315 Ujian Komprehensif II : 17 September 2016 di

Nilai D di Transkrip Maksimal 2 Ujian Komprehensif I : 14 September 2016 di R.4315 Ujian Komprehensif II : 17 September 2016 di Panitia Sidang Nilai D di Transkrip Maksimal 2 Ujian Komprehensif I : 14 September 2016 di R.4315 Ujian Komprehensif II : 17 September 2016 di 4315 09.00-10.00 Ujian dilakukan secara tertulis Soal Ujian

Lebih terperinci

KATA PENGANTAR. Padang, 16 Februari SOP Skripsi Prodi Psikologi S1

KATA PENGANTAR. Padang, 16 Februari SOP Skripsi Prodi Psikologi S1 KATA PENGANTAR Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan Fakultas Kedokteran Unand dan Ketua Prodi Psikologi Universitas Andalas, telah membantu memberikan masukan sehingga Tim dapat menyelesaikan

Lebih terperinci

BAB IV REGISTRASI MAHASISWA

BAB IV REGISTRASI MAHASISWA BAB IV REGISTRASI MAHASISWA A. KETENTUAN UMUM 1. Registrasi mahasiswa adalah kegiatan mendaftar diri kembali untuk memperoleh status terdaftar sebagai mahasiswa. 2. Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR KELULUSAN PROGRAM DOKTOR TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MANUAL PROSEDUR KELULUSAN PROGRAM DOKTOR TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MANUAL PROSEDUR KELULUSAN PROGRAM DOKTOR TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA PROGRAM DOKTOR TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2015 MANUAL PROSEDUR KELULUSAN PROGRAM DOKTOR

Lebih terperinci

PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL

PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL PROGRAM STUDI S2 KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013 MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL PROGRAM STUDI S2 KIMIA

Lebih terperinci

PROSEDUR ADMINISTRASI AKADEMIK

PROSEDUR ADMINISTRASI AKADEMIK PROSEDUR ADMINISTRASI AKADEMIK A. Pendaftaran Dan Registrasi Mahasiswa Baru 1. Pendaftaran, seleksi, dan registrasi mahasiswa baru dilakukan melalui program one day service. 2. Semua program studi yang

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

MANUAL PROSEDUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA MANUAL PROSEDUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Revisi : 1 Tanggal : 10 Desember 2010 Dikaji ulang oleh : Pembantu Dekan I Dikendalikan oleh : Jaminan Mutu Fakultas Ekonomi Disetujui oleh

Lebih terperinci

IV. PERATURAN AKADEMIK

IV. PERATURAN AKADEMIK IV. PERATURAN AKADEMIK A. SISTEM KREDIT Kegiatan Pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada dilaksanakan dengan sistem kredit dan waktu penyelenggaraannya diatur dengan sistem semester. Dalam

Lebih terperinci

1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi

1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi 1. TUJUAN Menjelaskan alur atau mekanisme proses pengajuan judul, pembimbingan, pendaftaran ujian, dan pelaksanaan ujian skripsi 2. RUANG LINGKUP Tata cara pengambilan skripsi dan pelaksanaan ujian skripsi

Lebih terperinci

Pedoman Akademik Fakultas Ushuluddin. A. Manual Prosedur KRS

Pedoman Akademik Fakultas Ushuluddin. A. Manual Prosedur KRS A. Manual Prosedur KRS 1. Mahasiswa telah lulus atau masih aktif; 2. Mahasiswa terlebih dahulu membayar SPP melalui Bank BRI; 3. Setelah membayar SPP, mengambil KRS di bagian Akademik Universitas dengan

Lebih terperinci

PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2015/2016 UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA Bulaksumur Yogyakarta, tlp 513096 fax.: 550451 E-mail: fib@ugm.ac.id PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2015/2016 1. Membayar biaya

Lebih terperinci

PENJELASAN Pasal 1: Cukup Jelas Pasal 2: Cukup Jelas Penjelasan Pasal 3 dan pasal 4 Registrasi Mahasiswa Baru Mahasiswa Baru Jalur Reguler

PENJELASAN Pasal 1: Cukup Jelas Pasal 2: Cukup Jelas Penjelasan Pasal 3 dan pasal 4 Registrasi Mahasiswa Baru Mahasiswa Baru Jalur Reguler PENJELASAN Pasal 1: Cukup Jelas Pasal 2: Cukup Jelas Penjelasan Pasal 3 dan pasal 4 Setiap mahasiswa, baik mahasiswa baru, mahasiswa aktif studi, mahasiswa habis masa cuti studi, dan mahasiswa bebas kuliah

Lebih terperinci

PERNYATAAN UNTUK PROSES IJAZAH S1 UMM

PERNYATAAN UNTUK PROSES IJAZAH S1 UMM PERNYATAAN UNTUK PROSES IJAZAH S1 UMM 1. Nama Lengkap (Sesuai Ijazah) : 2. Tempat Tgl. Lahir (Sesuai Ijazah): 3. No. Induk Mahasiswa : 4. Jenis Kelamin : 5. Alamat Asal : (lengkap) Telepon : HP: 6. Alamat

Lebih terperinci

KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi: Struktur Organisasi: Tugas dan Wewenang: Tata Tertib Rapat KSA:

KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi: Struktur Organisasi: Tugas dan Wewenang: Tata Tertib Rapat KSA: Lampiran Surat Keputusan Dekan Fakultas Biologi tentang Prosedur Baku Pelaksanaan Studi Akhir Program Studi S1 Biologi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman KOMISI STUDI AKHIR (KSA) Deskripsi:

Lebih terperinci

UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA PERSYARATAN WISUDA SARJANA PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2016/2017

UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA PERSYARATAN WISUDA SARJANA PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2016/2017 UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA PERSYARATAN WISUDA SARJANA PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2016/2017 1. Membayar biaya wisuda (bagi mahasiswa angkatan 2012 dan sebelumnya), sedangkan bagi mahasiswa

Lebih terperinci

PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE I TAHUN AKADEMIK 2015/2016

PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE I TAHUN AKADEMIK 2015/2016 v-2015-09-02 UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA Bulaksumur Yogyakarta, tlp 513096 fax.: 550451 E-mail: fib@ugm.ac.id PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE I TAHUN AKADEMIK 2015/2016 1.

Lebih terperinci

BAB IV MEKANISME DAN PROSEDUR PELAKSANAAN

BAB IV MEKANISME DAN PROSEDUR PELAKSANAAN 20 Fakultas Seni Rupa dan Desain BAB IV MEKANISME DAN PROSEDUR PELAKSANAAN A. Skripsi 1. Manual Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir Agar hasil pelaksanaan Tugas Akhir Skripsi pada fakultas Seni Rupa dan Desain

Lebih terperinci

MULAI. Pengajuan Topik (outline) Verifikasi Outline oleh Tim Komisi Skripsi (1 minggu setelah pengajuan outline)

MULAI. Pengajuan Topik (outline) Verifikasi Outline oleh Tim Komisi Skripsi (1 minggu setelah pengajuan outline) RINGKASAN ALUR MULAI Pengajuan Topik (outline) Verifikasi Outline oleh Tim Komisi Skripsi (1 minggu setelah pengajuan outline) Ditolak Penyusunan Proposal dan Bimbingan (minimal 3x bimbingan) Pengajuan

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM 45 (UNISMA) BEKASI NOMOR: 061/SK/UNISMA/RT/VIII/2010 TENTANG

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM 45 (UNISMA) BEKASI NOMOR: 061/SK/UNISMA/RT/VIII/2010 TENTANG KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ISLAM 45 (UNISMA) BEKASI NOMOR: 061/SK/UNISMA/RT/VIII/2010 TENTANG REVISI PERATURAN REGISTRASI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM 45 (UNISMA) BEKASI Menimbang : 1. Bahwa dalam rangka

Lebih terperinci

UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA Bulaksumur Yogyakarta, tlp fax.: SURAT KETERANGAN

UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA Bulaksumur Yogyakarta, tlp fax.: SURAT KETERANGAN UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA Bulaksumur Yogyakarta, tlp 513096 fax.: 550451 E-mail: fib@ugm.ac.id SURAT KETERANGAN Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa : : : Departemen/Program

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN SARJANA FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJIAN SARJANA FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO PALU SOP-FAPETKAN-UTD-14-010 Revisi ke : - Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD Dikaji ulang oleh : Wakil Dekan I

Lebih terperinci

Layanan Legalisir Ijazah dan Transkrip Akademik

Layanan Legalisir Ijazah dan Transkrip Akademik Layanan Legalisir Ijazah dan Transkrip Akademik 1. Dokumen asli Ijazah dan Transkrip Akademik ONSITE 1. Alumni membayar biaya legalisir melalui Bank dengan virtual account Bank BNI a/n Universitas Telkom

Lebih terperinci

PERSYARATAN DAN URUTAN BERKAS PENGAJUAN JUDUL DAN PEMBIMBING SKRIPSI

PERSYARATAN DAN URUTAN BERKAS PENGAJUAN JUDUL DAN PEMBIMBING SKRIPSI PERSYARATAN DAN URUTAN BERKAS PENGAJUAN JUDUL DAN PEMBIMBING SKRIPSI 1. Form pendaftaran pengajuan judul dan pembimbing skripsi 2. Foto copy kwitansi SPP terakhir 3. Transkrip sementara yang telah disahkan

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR Daftar Ulang

MANUAL PROSEDUR Daftar Ulang MANUAL PROSEDUR Daftar Ulang FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2011 i MANUAL PROSEDUR Daftar Ulang Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Kode Dokumen : 0040006901 Revisi : 4 Tanggal :

Lebih terperinci

RALAT PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014

RALAT PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014 v-2014-04-01 UNIVERSITAS GADJAH MADA FAKULTAS ILMU BUDAYA Bulaksumur Yogyakarta, tlp 513096 fax.: 550451 E-mail: fib@ugm.ac.id RALAT PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE IV TAHUN AKADEMIK 2013/2014

Lebih terperinci

PANDUAN TUGAS AKHIR Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia

PANDUAN TUGAS AKHIR Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia PANDUAN TUGAS AKHIR, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia 1. Pengantar Tugas Akhir (TA) adalah sebuah penelitian di bidang teknik elektro yang dapat mencakup salah satu dari bidang

Lebih terperinci

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2014/2015

PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AKADEMIK 2014/2015 ~ Wahana Keilmuan dan Akhlaqul Karimah ~ Alamat : Jalan K.H. Ahmad Dahlan 3 Telepon/Faksimile (0275)

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN WISUDA dan DAPS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

FORMULIR PENDAFTARAN WISUDA dan DAPS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG FORMULIR PENDAFTARAN WISUDA dan DAPS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG 1 Nama : 2 NIM : 3 Program Studi : 4 Agama : 5 DAPS : Belum / Sudah *) 6 Institusi Penyelenggara *) : 7 Keterangan : Hitam putih Lampiran

Lebih terperinci

PELAKSANAAN ADMINISTRASI AKADEMIK

PELAKSANAAN ADMINISTRASI AKADEMIK PELAKSANAAN ADMINISTRASI AKADEMIK Untuk menjamin kelancaran program-program di bidang akademis dan meningkatkan efektifitas serta efisiensi layanan terhadap sivitas akademika, maka aspek prosedur, pelaksanaan,

Lebih terperinci

REGSITRASI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Buku Pedoman Registrasi Mahasiswa 2016

REGSITRASI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Buku Pedoman Registrasi Mahasiswa 2016 Buku Pedoman Registrasi Mahasiswa 2016 i REGSITRASI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2016 Buku Pedoman Registrasi Mahasiswa 2016 i KATA PENGANTAR Salah satu misi

Lebih terperinci

PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE III TAHUN AKADEMIK 2013/2014

PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE III TAHUN AKADEMIK 2013/2014 Bulaksumur Yogyakarta, tlp 513096 fax.: 550451 E-mail: fib@ugm.ac.id PERSYARATAN WISUDA SARJANA/ DIPLOMA PERIODE III TAHUN AKADEMIK 2013/2014 1. Membayar biaya wisuda sebesar Rp. 375.000,00 di Loket Keuangan

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Riau Program Studi Magister Teknik Sipil F a k u l t a s T e k n i k Universitas Riau 2014 1 DAFTAR ISI 1. SOP Membuat surat keterangan aktif kuliah 2. SOP

Lebih terperinci

PERSYARATAN PENDAFTARAN PESERTA WISUDA SARJANA UNIVERITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

PERSYARATAN PENDAFTARAN PESERTA WISUDA SARJANA UNIVERITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA A. KELENGKAPAN PERSYARATAN PENDAFTARAN PESERTA WISUDA SARJANA UNIVERITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 1. Foto copy STTB SLTA yang dilegalisir 2 lembar untuk Mahasiswa Murni dan Pindahan 2. Ijazah Diploma atau

Lebih terperinci

Tim Pembimbingngelola Praktik Industri Jurusan Pendidikan Tekbang Program Studi Teknik Sipil BAB II TATA LAKSANA PRAKTIK INDUSTRI

Tim Pembimbingngelola Praktik Industri Jurusan Pendidikan Tekbang Program Studi Teknik Sipil BAB II TATA LAKSANA PRAKTIK INDUSTRI BAB II TATA LAKSANA PRAKTIK INDUSTRI 2.1.Tertib Adminsistasi Dan Pelaksanaan 2.1.1.Persyaratan Umum 1.Satu proyek diikuti oleh 32 mahasiswa dengan pembahasan yang berbeda, lebih dari 32 mahasiswa jika

Lebih terperinci

A. REGISTRASI. Pedoman Pelayanan Akademik Mahasiswa UNDIKSHA

A. REGISTRASI. Pedoman Pelayanan Akademik Mahasiswa UNDIKSHA A. REGISTRASI Mahasiswa yang masih aktif (belum lulus) diwajibkan melakukan registrasi pada setiap awal semester. Ada dua macam registrasi yang harus dilakukan, yaitu registrasi administrasi dan registrasi

Lebih terperinci

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI JUDUL PENYUSUNAN JADWAL KULIAH Tanggal dikeluarkan : PENYUSUNAN JADWAL KULIAH 1. Jurusan/Program Studi mengidentifikasi Mata Kuliah yang ditawarkan sesuai kurikulum di Semester yang bersangkutan dengan

Lebih terperinci

LEMBAR PENGESAHAN PROSEDUR PELAKSANAAN SEMINAR SKRIPSI

LEMBAR PENGESAHAN PROSEDUR PELAKSANAAN SEMINAR SKRIPSI Halaman : 1 dari 7 LEMBAR PENGESAHAN DIBUAT OLEH MENYETUJUI Tim SOP Prodi IF Mira Kania Sabariah, S.T., M.T Ka Prodi Teknik Informatika Halaman : 2 dari 7 DAFTAR ISI Lembar Pengesahan... 1 Daftar Isi...

Lebih terperinci

BAB II SISTEM PENDIDIKAN

BAB II SISTEM PENDIDIKAN BAB II SISTEM PENDIDIKAN 1. Perkuliahan dan Ujian Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Dalam sistem ini, beban

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN Jalan Sutorejo 59 Surabaya Telp. 031-3811966 Fax. 031-3813096 http://www.um-surabaya.ac.id STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI

Lebih terperinci

CATATAN KEMAJUAN STUDI

CATATAN KEMAJUAN STUDI CATATAN KEMAJUAN STUDI PROGRAM MAGISTER AKUNTANSI Nama NIM :. :. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 3013 1 2 IDENTITAS MAHASISWA NAMA NIM Angkatan :.. :.. :.. Photo Berwarna (4x6)

Lebih terperinci

FORMULIR A PENDAFTARAN YUDISIUM DAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) ( coret yang tidak perlu )

FORMULIR A PENDAFTARAN YUDISIUM DAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) ( coret yang tidak perlu ) FORMULIR A PENDAFTARAN YUDISIUM DAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) Biodata Mahasiswa Jurusan/Program Studi : IKL/MSP/BDP/THP/SEP Nomor Handphone : Dosen PA : Diisi oleh staf administrasi fakultas

Lebih terperinci

STIE IEU YOGYAKARTA THE CAMP FOR CREATING ENTREPRENEUR

STIE IEU YOGYAKARTA THE CAMP FOR CREATING ENTREPRENEUR STIE IEU YOGYAKARTA THE CAMP FOR CREATING ENTREPRENEUR PANDUAN AKADEMIK SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI IEU YOGYAKARTA KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat serta hidayah-nya

Lebih terperinci

Pengarahan Rangkaian Sidang Skripsi. Panitia Pelaksana Sidang Skripsi Semester Genap TA

Pengarahan Rangkaian Sidang Skripsi. Panitia Pelaksana Sidang Skripsi Semester Genap TA Pengarahan Rangkaian Sidang Skripsi Panitia Pelaksana Sidang Skripsi Semester Genap TA 2016-2017 Rincian Biaya Biaya Sidang & Wisuda : Rp. 3.115.000,00 Seminar UP : Rp. 170.000,00 TOEFL (EEP masih dinegosiasikan)

Lebih terperinci

Pelaksanaan Tugas Akhir

Pelaksanaan Tugas Akhir Manual Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir UNIVERSITAS BRAWIJAYA FTP-UB, 2010 All Rights Reserved Manual Prosedur Pelaksanaan Tugas Akhir UNIVERSITAS BRAWIJAYA 01000 06501 Revisi : 2 Tanggal : 2 Nopemebr

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGISIAN KRS Disiapkan oleh, Diperiksa oleh, Disahkan oleh, Hj. Sri Suparni, S.S.,M.Si. Siska Alfiati, S.P.,M.Si. Yudi Tusri, S.E.,M.Si. Kepala BAAK Ketua UPM Ketua STIE Prabumulih 1 1. TUJUAN SOP ini

Lebih terperinci

MP - 1. Prosedur Pembuatan Buku Pedoman : Membentuk Tim Pengembangan Kurikulum ( TPK ) 1 Minggu. SK Tim disahkan oleh Dekan.

MP - 1. Prosedur Pembuatan Buku Pedoman : Membentuk Tim Pengembangan Kurikulum ( TPK ) 1 Minggu. SK Tim disahkan oleh Dekan. MP - 1 Prosedur Pembuatan Buku Pedoman : MULAI Membentuk Tim Pengembangan Kurikulum ( TPK ) KAJUR 1 Minggu SK Tim disahkan oleh Dekan DEKAN 1 Minggu Merumuskan Draft Buku Pedoman Baru ( DBP ) Tim BP, Stakeholder,

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR

MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR JURUSAN KIMIA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2014 MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN TUGAS AKHIR Kode Dokumen : 0090206004 Revisi : 5 Tanggal : 30 Oktober 2014

Lebih terperinci

FORMULIR PENDAFTARAN WISUDA dan DAPS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

FORMULIR PENDAFTARAN WISUDA dan DAPS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG FORMULIR PENDAFTARAN WISUDA dan DAPS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG 1 Nama : 2 NIM : 3 Program Studi : NERS 4 Agama : 5 DAPS : Belum / Sudah *) 6 Institusi Penyelenggara *) : 7 Keterangan : Hitam putih

Lebih terperinci

Lampiran 1. Alur Administrasi Kerja Praktek. Alur Pembimbingan Kerja Praktek

Lampiran 1. Alur Administrasi Kerja Praktek. Alur Pembimbingan Kerja Praktek Lampiran 1. Alur Administrasi Kerja Praktek Mengambil permohonan Kerja Praktek (KP) di TU Prodi, dengan syarat Bukti Pembayaran SPP Menandatangani Permohonan KP Menyerahkan permohonan KP ke TU Prodi Menerima

Lebih terperinci

1. Skripsi. 2. Seminar Proposal Skripsi

1. Skripsi. 2. Seminar Proposal Skripsi 1. Skripsi Skripsi mahasiswa UMA dilaksanakan lewat Penelitian dan Magang. Pilihan ini diserahkan kepada mahasiswa sesuai dengan minat, bakat dan proyeksi kerja di masa depan. 1.1. Skripsi lewat penelitian,

Lebih terperinci

Sosialisasi Pelaksanaan Tugas Akhir Semester Gasal 2014/2015. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur

Sosialisasi Pelaksanaan Tugas Akhir Semester Gasal 2014/2015. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur Sosialisasi Pelaksanaan Tugas Akhir Semester Fakultas Teknik Universitas Budi Luhur Jakarta, 21 Juni 2014 Tugas Akhir? Syarat menyelesaikan pendidikan S1 Syarat meraih gelar Sarjana Teknik di Fakultas

Lebih terperinci

Penerimaan mahasiswa baru STIKES Panakkukang Makassar Prodi S.1 Keperawatan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

Penerimaan mahasiswa baru STIKES Panakkukang Makassar Prodi S.1 Keperawatan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Penerimaan Mahasiswa Baru Penerimaan mahasiswa baru STIKES Panakkukang Makassar dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Program S.1 Keperawatan Penerimaan mahasiswa baru STIKES Panakkukang

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENDAFTARAN WISUDA ONLINE

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENDAFTARAN WISUDA ONLINE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO Standar Operasional Prosedur (SOP) Pendaftaran Wisuda Online Kode/No : SOP/020/BAA Tanggal : 9 November 2016 Revisi Ke : 2 Jumlah Hal : 5 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

Lebih terperinci

Panduan Skripsi: Ujian Proposal, Seminar Hasil Penelitian dan Ujian Skripsi

Panduan Skripsi: Ujian Proposal, Seminar Hasil Penelitian dan Ujian Skripsi Dokumen Penjaminan Mutu I Program Studi Ilmu Hubungan Internasional I FISIP I Universitas Andalas 2 st st Edition Oktober 2010 Panduan Skripsi: Ujian Proposal, Seminar Hasil Penelitian dan Ujian Skripsi

Lebih terperinci

PROSEDUR MUTU PELAKSANAAN DAN EVALUASI PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) No. Revisi 01

PROSEDUR MUTU PELAKSANAAN DAN EVALUASI PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) No. Revisi 01 Rektor: (024)8508081 Fax (024)8508082, Purek I: (024) 85080 1 dari 12 September 22 1. TUJUAN Prosedur ini ditetapkan untuk menjamin terselenggaranya kegiatan Praktik Kerja Lapangan () sebagai bagian proses

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN & JURNAL BIMBINGAN SKRIPSI

BUKU PANDUAN & JURNAL BIMBINGAN SKRIPSI BUKU PANDUAN & JURNAL BIMBINGAN SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY Nama NIM Judul.............. SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN

Lebih terperinci

Pengambilan di bagian akademik

Pengambilan di bagian akademik 1. Aturan Akademik a. Surat Keterangan Aktif Kuliah 1) Surat Keterangan Aktif Kuliah adalah surat keterangan yang menjelaskan bahwa mahasiswa berstatus aktif mengikuti perkuliahan di semester tertentu

Lebih terperinci

1. Menjelaskan persyaratan mahasiswa untuk dapat menempuh ujian sidang 2. Menjelaskan tata cara pelaksanaan ujian sidang

1. Menjelaskan persyaratan mahasiswa untuk dapat menempuh ujian sidang 2. Menjelaskan tata cara pelaksanaan ujian sidang PROSEDUR OPERASIONAL BAKU UJIAN SIDANG DEPARTEMEN : PENDIDIKAN MATEMATIKA PROGRAM STUDI : MATEMATIKA 1. RASIONAL Ujian sidang adalah suatu bentuk ujian secara lisan oleh tim penguji yang harus diikuti

Lebih terperinci

Check list. Persyaratan Pendaftaran Ujian Skripsi

Check list. Persyaratan Pendaftaran Ujian Skripsi Check list Persyaratan Pendaftaran Ujian Skripsi Nama NIM Fak/Jurusan :. : : Hukum / Ilmu Hukum Telah melakukan Herregistrasi dan KRS On-Line pada semester berjalan dan ada pemrograman skripsi (Tugas Akhir)

Lebih terperinci

Pranata Kegiatan Pembelajaran

Pranata Kegiatan Pembelajaran UNIVERSITAS GADJAH MADA SEKOLAH VOKASI DEPARTEMEN TEKNIK MESIN Pranata Kegiatan Pembelajaran 2015-1 - Pranata Kegiatan Pembelajaran di Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada I.

Lebih terperinci

Page 1 SISTEM PENERIMAAN

Page 1 SISTEM PENERIMAAN SISTEM PENERIMAAN Persyaratan Calon Mahasiswa Calon mahasiswa yang dapat diterima sebagai mahasiswa Program Program Magister (S-2) yang memenuhi persyaratan sebagai berikut 1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Lebih terperinci

ALUR PROSES ADMINISTRASI SETELAH PENDADARAN SAMPAI PERSYARATAN WISUDA

ALUR PROSES ADMINISTRASI SETELAH PENDADARAN SAMPAI PERSYARATAN WISUDA ALUR PROSES ADMINISTRASI SETELAH PENDADARAN SAMPAI PERSYARATAN WISUDA PENDADARAN MENGAMBIL BERKAS S2-14, FORM 15, FORM REVISI PENDADARAN (1 bendel) DI LANTAI 1 (FRONT OFFICE) MENCETAK LEMBAR PENGESAHAN

Lebih terperinci

LEMBAR KENDALI ADMINISTRASI PELAYANAN AKADEMIK PENETAPAN KOMISI PEMBIMBING

LEMBAR KENDALI ADMINISTRASI PELAYANAN AKADEMIK PENETAPAN KOMISI PEMBIMBING PENETAPAN KOMISI PEMBIMBING No. Persyaratan Administrasi Jmlh Mhs Ybs. F. O Prodi Ket Permohonan mahasiswa kepada Koordinator Prodi (lampiran 1) 2. Bukti SPP Semester berjalan Aktif 4. Surat Pengantar

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA SKRIPSI FAKULTAS PSIKOLOGI

INSTRUKSI KERJA SKRIPSI FAKULTAS PSIKOLOGI 1. LINGKUP KERJA Instruksi kerja ini berlaku di Program Studi S1 Psikologi, mengatur pengelolaan skripsi yang belum diatur secara rinci dalam SOP Penyusunan Skripsi (PBM-UAD-05). Instruksi Kerja ini melibatkan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI 1 DAFTAR SINGKATAN.. 2 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SUB BAGIAN AKADEMIK. 3

DAFTAR ISI 1 DAFTAR SINGKATAN.. 2 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SUB BAGIAN AKADEMIK. 3 DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1 DAFTAR SINGKATAN.. 2 STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) SUB BAGIAN AKADEMIK. 3 1. REGISTRASI AKADEMIK MAHASISWA BARU.... 3 2. REGISTRASI AKADEMIK MAHASISWA LAMA.... 4 3. PERKULIAHAN

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENERBITAN SK CUTI MAHASISWA

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENERBITAN SK CUTI MAHASISWA PENERBITAN SK CUTI MAHASISWA 1. Surat Permohonan 2. Pembuatan Konsep SK 3. Pengesahan Surat 4. Penomoran Surat 5. Pendistribusian Surat 1. Mahasiswa mengajukan surat permohonan yang telah disetujui oleh

Lebih terperinci

gelar sarjana ahli madya

gelar sarjana ahli madya Tugas Akhir merupakan mata kuliah mandiri yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa menjelang akhir studinya untuk mendapatkan gelar sarjana atau ahli madya. Hasil mata kuliah ini berupa penulisan karya

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI

BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI NAMA NIM : : JURUSAN : JUDUL SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN 2014 SKRIPSI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN A.

Lebih terperinci

Revisi ke : - Tanggal : 13 Februari Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD. Dikaji ulang oleh : Wakil Dekan 1

Revisi ke : - Tanggal : 13 Februari Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD. Dikaji ulang oleh : Wakil Dekan 1 DAN KARTU PERUBAHAN RENCANA STUDI FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS TADULAKO (SOP-FAPETKAN-UTD-14-002) Revisi ke : - Dibuat oleh : Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan dan Perikanan UNTAD Dikaji

Lebih terperinci

BAB III EVALUASI KEBERHASILAN

BAB III EVALUASI KEBERHASILAN BAB III EVALUASI KEBERHASILAN Evaluasi keberhasilan proses pendidikan ada dua hal, yaitu keberhasilan proses penyelenggaraan acara pendidikan, dan keberhasilan usaha belajar mahasiswa. Pertama meliputi

Lebih terperinci

PROSEDUR TATA NASKAH AKADEMIK SPMI - UBD

PROSEDUR TATA NASKAH AKADEMIK SPMI - UBD PROSEDUR TATA NASKAH AKADEMIK SPMI - UBD SPMI UBD Universitas Buddhi Dharma Jl. Imam Bonjol No. 41 Karawaci, Tangerang Telp. (021) 5517853, Fax. (021) 5586820 Home page : http://buddhidharma.ac.id Disetujui

Lebih terperinci

PEDOMAN DAN PROSEDUR KEGIATAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA

PEDOMAN DAN PROSEDUR KEGIATAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA PEDOMAN DAN PROSEDUR KEGIATAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG 2017 Kata Pengantar Pertama-tama, kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang

Lebih terperinci

BAB I UJIAN DAN PENILAIAN

BAB I UJIAN DAN PENILAIAN BAB I UJIAN DAN PENILAIAN Ujian Mata Kuliah terdiri dari Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. 1.1. TUJUAN UJIAN TENGAH SEMESTER DAN UJIAN AKHIR SEMESTER Penyelenggaraan ujian dimaksudkan untuk

Lebih terperinci

Pengendalian Proses Perkuliahan Strata - 1

Pengendalian Proses Perkuliahan Strata - 1 FM-UII-AM-FSM-08/RO PROSEDUR SISTEM MUTU Pengendalian Proses Perkuliahan Strata - 1 FAKULTAS. Kode Dokumen : PM-UII-09 Versi / Revisi : 1/0 Tanggal Berlaku : 28 Februari 2000 Disahkan oleh, Diperiksa oleh,

Lebih terperinci

PELAKSANAAN ADMINISTRASI AKADEMIK

PELAKSANAAN ADMINISTRASI AKADEMIK PELAKSANAAN ADMINISTRASI AKADEMIK Untuk menjamin kelancaran program-program di bidang akademis dan meningkatkan efektifitas serta efisiensi layanan terhadap sivitas akademika, maka aspek prosedur, pelaksanaan,

Lebih terperinci

PERATURAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDI DJEMMA

PERATURAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDI DJEMMA PERATURAN AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDI DJEMMA Dibuat Tanggal : 3 April 2016 Direvisi pada : 3 April 2020 Dikaji oleh : Seluruh Dosen dan Staf Fakultas Teknik Disetujui oleh : Dekan Fakultas

Lebih terperinci

Manual Prosedur Pendaftaran dan Pelaksanaan Ujian Skripsi

Manual Prosedur Pendaftaran dan Pelaksanaan Ujian Skripsi Manual Prosedur Pendaftaran dan Pelaksanaan Ujian Skripsi Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang 2011 Manual Prosedur Pendaftaran dan Pelaksanaan Ujian Skripsi Jurusan

Lebih terperinci

SOP PENGAJUAN KERJA PRAKTEK (KP)

SOP PENGAJUAN KERJA PRAKTEK (KP) SOP PENGAJUAN KERJA PRAKTEK (KP) MENGISI BERKAS PENGAJUAN KP KP DOSEN WALI KAPRODI PEMBAYARAN BIAYA KP PENENTUAN DOSEN PEMBIMBING & PENGUJI DOSEN PEMBIMBING LOKASI KP PENYUSUNAN LAPORAN 5 PENERBITAN SK

Lebih terperinci

LEMBAR KENDALI ADMINISTRASI PELAYANAN AKADEMIK PENETAPAN KOMISI PEMBIMBING

LEMBAR KENDALI ADMINISTRASI PELAYANAN AKADEMIK PENETAPAN KOMISI PEMBIMBING PENETAPAN KOMISI PEMBIMBING Permohonan mahasiswa kepada Koordinator Prodi (lampiran 1) 2. Bukti SPP Semester berjalan 3. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Aktif 4. Surat Pengantar Penyusunan Tesis 5. Surat Pernyataan

Lebih terperinci

PROSEDUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU No. Dokumen

PROSEDUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU No. Dokumen PROSEDUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU No. Dokumen : PBM-UDINUS-01 Revisi Ke / Tanggal : - / - Berlaku Tanggal : 2 Januari 2009 1. TUJUAN : Menjamin proses penerimaan mahasiswa baru berjalan baik sesuai dengan

Lebih terperinci

PROSEDUR MUTU YUDISIUM DAN PENERBITAN IJAZAH (PM-STT ) (BPMP STT-PLN) BAGIAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

PROSEDUR MUTU YUDISIUM DAN PENERBITAN IJAZAH (PM-STT ) (BPMP STT-PLN) BAGIAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (PM-STT-754-0802-01) BAGIAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (BPMP STT-PLN) SEKOLAH TINGGI TEKNIK - PLN JAKARTA 2012 PERATURAN KETUA SEKOLAH TINGGI TEKNIK YAYASAN PENDIDIKAN DAN KESEJAHTERAAN PT.PLN (PERSERO)

Lebih terperinci

CEKLIST KELENGKAPAN S02 PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL

CEKLIST KELENGKAPAN S02 PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL Nama : NIM : Prodi : Doktor Teknik Sipil Sidang Tesis : Tanggal Program : BPDN / Instansi / Biaya Sendiri CEKLIST KELENGKAPAN S02 PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL NO. URAIAN TANGGAL KETERANGAN 1 Form 1 2

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR DAN INSTRUKSI KERJA PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN MATA KULIAH DALAM KARTU RENCANA STUDI

MANUAL PROSEDUR DAN INSTRUKSI KERJA PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN MATA KULIAH DALAM KARTU RENCANA STUDI 0 MANUAL PROSEDUR DAN INSTRUKSI KERJA PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN MATA KULIAH DALAM KARTU RENCANA STUDI JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2010 1 MANUAL PROSEDUR DAN INSTRUKSI KERJA

Lebih terperinci

SYARAT PENGURUSAN TRANSKRIP ASLI

SYARAT PENGURUSAN TRANSKRIP ASLI SYARAT PENGURUSAN TRANSKRIP ASLI 1. KHS ASLI ATAU LEGALISIR DARI SEMESTER AWAL SAMPAI AKHIR 2. FOTOCOPY SERTIFIKAT KKN YANG DILEGALISIR (1 LBR) 3. FOTOCOPY IJAZAH SMA YANG DILEGALISIR (1 LBR) 4. FOTOCOPY

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI PRODI JUDUL/TOPIK SKRIPSI

BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI PRODI JUDUL/TOPIK SKRIPSI BUKU PANDUAN BIMBINGAN SKRIPSI NAMA NIM PRODI : : : JUDUL/TOPIK SKRIPSI...... FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2016 A. Pengertian Skripsi adalah karya ilmiah yang disusun

Lebih terperinci

Panduan Kerja Praktek (KP)

Panduan Kerja Praktek (KP) 1. TUJUAN : Untuk menjamin bahwa proses pengajuan proposal KP, penunjukan Dosen Pembimbing dan proses pembimbingan dapat berjalan baik dan tepat waktu, untuk menjamin penunjukan Dosen Penguji serta proses

Lebih terperinci

BAB III ADMINISTRASI PENDIDIKAN

BAB III ADMINISTRASI PENDIDIKAN BAB III ADMINISTRASI PENDIDIKAN Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan dari suatu sistem kredit semester (sks), pelaksanaan administrasi pendidikan tahap demi tahap akan diatur dan dilaksanakan secara sentral,

Lebih terperinci

Selamat Datang, Welcome, Sugeng Rawuh

Selamat Datang, Welcome, Sugeng Rawuh PENGANTAR KETUA PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL Selamat Datang, Welcome, Sugeng Rawuh Para mahasiswa Program Sarjana Teknik Sipil di Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Lebih terperinci

PEDOMAN DAN PROSEDUR KEGIATAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA

PEDOMAN DAN PROSEDUR KEGIATAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA PEDOMAN DAN PROSEDUR KEGIATAN AKADEMIK BAGI MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN BANDUNG 2017 Kata Pengantar Pertama-tama, kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang

Lebih terperinci

LEMBAR PENGESAHAN PROSEDUR UJIAN TENGAH SEMESTER DAN UJIAN AKHIR SEMESTER

LEMBAR PENGESAHAN PROSEDUR UJIAN TENGAH SEMESTER DAN UJIAN AKHIR SEMESTER Halaman : 1 dari 11 LEMBAR PENGESAHAN DAN UJIAN AKHIR SEMESTER DIBUAT OLEH MENYETUJUI Tim SOP Prodi IF Mira Kania Sabariah, S.T., M.T Ka Prodi Teknik Informatika 1 Halaman : 2 dari 11 DAFTAR ISI Lembar

Lebih terperinci

Persyaratan Layanan JURUSAN BIOLOGI FMIPA UB PS S-1 BIOLOGI

Persyaratan Layanan JURUSAN BIOLOGI FMIPA UB PS S-1 BIOLOGI Persyaratan Layanan JURUSAN BIOLOGI FMIPA UB PS S-1 BIOLOGI Kelengkapan Berkas Baru a. Biodata (2 Lembar) b. Fotocopy Ijasah SMA (2 lembar) c. Fotocopy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (2 lembar)

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN Revisi 1 KETENTUAN PELAKSANAAN UJIAN KARYA ILMIAH (KI) A. KETENTUAN UJIAN KARYA ILMIAH 1. Mahasiswa telah lulus seluruh mata kuliah dibuktikan dengan Pra transkrip, dengan ketentuan: a. Tidak ada mata

Lebih terperinci

Tim Pembimbingngelola Praktik Industri Jurusan Pendidikan Tekbang Program Studi Teknik Sipil BAB II TATA LAKSANA PRAKTIK INDUSTRI

Tim Pembimbingngelola Praktik Industri Jurusan Pendidikan Tekbang Program Studi Teknik Sipil BAB II TATA LAKSANA PRAKTIK INDUSTRI BAB II TATA LAKSANA PRAKTIK INDUSTRI 2.1. Tertib Adminisistrasi ddan Pelaksanaan 2.1.1. Persyaratan Umum 1. Satu proyek diikuti oleh 232 mahasiswa dengan pembahasan yang berbeda, lebih dari 232 mahasiswa

Lebih terperinci

PROSEDUR KERJA PENERBITAN KALENDER AKADEMIK. 1.0 Tujuan Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerbitan kalender akademik sesuai ketentuan.

PROSEDUR KERJA PENERBITAN KALENDER AKADEMIK. 1.0 Tujuan Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerbitan kalender akademik sesuai ketentuan. SOP-UMG-G5.1 PENERBITAN KALENDER AKADEMIK 1 dari 3 1.0 Tujuan Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerbitan kalender akademik sesuai ketentuan. 2.0 Ruang Lingkup Prosedur ini menunjukkan proses

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN PRAKTIKUM JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN PRAKTIKUM JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN PRAKTIKUM JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA Kode Dokumen : 00604 07008 Revisi : 02 Tanggal : 01 Juni 2011 Disiapkan oleh : Ketua UJM Jurusan Teknik

Lebih terperinci

SOP Ujian Terbuka Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

SOP Ujian Terbuka Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada SOP Ujian Terbuka Program Doktor Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada PENGERTIAN TUJUAN UJIAN TERBUKA STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Ujian terbuka merupakan evaluasi akhir terhadap disertasi guna menentukan

Lebih terperinci

Standar Operating Prosedur

Standar Operating Prosedur Standar Operating Prosedur PENDAFTARAN SIDANG PROPOSAL DAN SKRIPSI PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM MALANG Universitas Islam Malang, 2015 All Rights Reserved Manual Prosedur PENDAFTARAN

Lebih terperinci