I. STRUKTUR PENULISAN TUGAS AKHIR. Susunan struktur Penulisan Tugas Akhir adalah sebagai berikut :

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "I. STRUKTUR PENULISAN TUGAS AKHIR. Susunan struktur Penulisan Tugas Akhir adalah sebagai berikut :"

Transkripsi

1 I. STRUKTUR PENULISAN TUGAS AKHIR Susunan struktur Penulisan Tugas Akhir adalah sebagai berikut : A. BAGIAN AWAL B. BAGIAN UTAMA C. BAGIAN AKHIR A. BAGIAN AWAL 1. HALAMAN JUDUL 2. HALAMAN PERSETUJUAN 3. HALAMAN PENGESAHAN 4. HALAMAN PERNYATAAN 5. KATA PENGANTAR 6. ABSTRAK 7. DAFTAR ISI 8. DAFTAR TABEL 9. DAFTAR GAMBAR Jika Ada 10. DAFTAR LAMPIRAN

2 Halaman Sampul Depan Halaman sampul depan memuat judul TA, maksud penulisan TA, lambang STMIK-STIKOM BALI, nama mahasiswa, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), nama Program, nama Sekolah Tinggi, dan tahun pengajuan. Penulisan menggunakan tinta hitam. Halaman Judul Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan dicetak dengan warna hitam dan diatas kertas putih. Halaman Persetujuan (sebelum ujian tugas akhir) Halaman persetujuan sebelum ujian TA berisi : nama, NIM, nama program, nama jurusan, judul TA, dan persetujuan dosen pembimbing, yang diketahui Ketua Jurusan dengan tanda tangan dan tanggal persetujuan. Halaman Persetujuan (setelah ujian tugas akhir) Halaman persetujuan TA (setelah ujian TA) berisi: judul TA, jenis TA, nama, NIM dan tanda tangan Pembimbing I dan II, serta PK I. Halaman pengesahan TA (setelah ujian TA) Halaman pengesahan TA berisi: nama, NIM, jurusan, nama program, judul TA, dan tanda tangan Tim Penguji, Pembimbing I dan II, serta Ketua Jurusan. Halaman pernyataan Halaman ini memuat pernyataan orisinalitas tugas akhir tersebut. Halaman Kata pengantar. Kata Pengantar mengandung uraian singkat tentang maksud TA, penjelasan dan uraian terima-kasih kepada pihak yang telah banyak membantu dalam melakukan

3 penelitian dan dalam penyusunan naskah dan juga pihak tertentu yang dianggap penting dan berperan dalam penyelesaian TA. Halaman Abstrak Abstrak TA ditulis maksimum 1 halaman, yang berisi tentang alasan dan tujuan penelitian, metodologi penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan. Halaman Daftar Isi Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara keseluruhan tentang isi TA, termasuk urutan Bab, Sub Bab dan Anak Bab dengan nomor halaman. Halaman Daftar Tabel Daftar tabel memuat nomor urut tabel, judul tabel dan nomor halamannya. Halaman Daftar Gambar Daftar gambar memuat nomor urut gambar, judul gambar dan nomor halamannya. Halaman Daftar Lampiran Daftar lampiran memuat nomor urut lampiran, judul lampiran dan nomor halamannya. B. BAGIAN UTAMA Pada bagian ini terdiri dari bab-bab sebagai berikut : 1. PENDAHULUAN Dalam bab Pendahuluan ini berisi mengenai : Latar belakang masalah, Perumusan masalah, Tujuan penelitian, Manfaat penelitian Latar Belakang Masalah. Merupakan landasan pemikiran secara garis besar, baik secara teoritis dan atau fakta serta pengamatan yang menimbulkan minat untuk

4 dilakukan penelitian. Latar belakang berfungsi sebagai informasi yang relevan untuk membantu menemukan pokok permasalahan, justifikasi penelitian dan berangkat dari hal yang bersifat umum kepada hal yang bersifat khusus, sehingga setelah membaca latar belakang masalah, pembaca sudah dapat menduga pokok masalah yang akan diteliti Perumusan Masalah Perumusan Masalah adalah pernyataan tentang keadaan, fenomena dan atau konsep yang memerlukan pemecahan dan atau memerlukan jawaban melalui suatu penelitian/ rekayasa sistem dan pemikiran yang mendalam dengan menggunakan ilmu pengetahuan serta alat-alat (tools) yang relevan. Perumusan masalah penelitian hendaknya dirumuskan dalam bentuk kalimat pertanyaan yang tegas dan jelas guna menambah ketajaman perumusan. Pada prinsipnya, masalah yang akan dicari solusi pemecahannya harus cukup terbatas ruang lingkupnya agar memungkinkan diperoleh konklusi/ kesimpulan yang definitif Tujuan Penelitian Tujuan Penelitian harus disebutkan secara spesifik apa yang ingin dicapai sesuai latar belakang masalah, perumusan masalah, hasil analisis/pemodelan sistem, dan desain/rancangan sistem, serta penerapan/implementasinya. Tujuan penelitian ini harus diungkapkan : a). Dalam kalimat pernyataan yang tegas. b). Tidak mengandung kekaburan dan kesimpang siuran maksud. c). Dapat menjawab permasalahan yang ada dalam penelitian.

5 1.4. Ruang Lingkup Penelitian Ruang lingkup penelitian memberikan batasan masalah-masalah yang menjadi fokus penelitian dan analisisnya sehingga penelitian yang dilakukan sesuai dengan tujuan penelitian 1.5. Metode Penelitian Pada bagian ini dijabarkan/ dijelaskan mengenai jenis, cara dan pendekatan dalam melaksanakan penelitian/ rekayasa atau pengembangan sistem/ aplikasinya. Pendekatan metode yang digunakan a.l dapat menggunakan metode terstruktur atau ber-orientasi obyek atau yang lain. Dalam hal pemilihan metode sudah ditetapkan, maka perlu dijelaskan tahapan/ langkah-langkah lebih rinci yang akan/ harus dilakukan. 2. TINJAUAN PUSTAKA Tinjauan Pustaka berisi bahasan mengenai hasil penelitian terdahulu yang sejenis (jika ada) maupun landasan teori. Landasan teori bisa mencakup teori analisis/ pemodelan sistem, desain/ rancangan sistem dan penerapan/ implementasi; teori-teori komputer/ teknologi informasi yang relevan dengan bidang yang diteliti dan juga dapat mencakup peraturan-peraturan atau ketentuan-ketentuan, mekanisme/ prosedur kerja maupun sain/ ilmu pengetahuan lain yang mendukung. Teori, konsep/ model, argumentasi dan hasil penelitian sebelumnya atau terdahulu dapat digunakan sebagai tuntunan dalam mencari/ memperoleh solusi pemecahan masalah.

6 3. ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM Tergantung pada metode penelitian/ pendekatan yang dipakai (terstruktur atau berorientasi-obyek atau yang lain), pada bagian ini dijabarkan/ dijelaskan masing-masing hasil analisis sistem dan perancangannya. 4. IMPLEMENTASI SISTEM Pada bagian ini dijabarkan/ dijelaskan tentang konfigurasi sistem hardware dan software yang digunakan, contoh-contoh hasil running program, petunjuk dan batasan operasionalnya. 5. KESIMPULAN DAN SARAN 5.1. Kesimpulan Kesimpulan merupakan sintesis (generalisasi) dari pembahasan baik yang diperoleh dari bab 3 maupun bab 4, yang sekurang-kurangnya terdiri dari : a). Jawaban terhadap rumusan masalah b). Hal baru yang ditemukan dan propeknya. Jadi dalam menguraikan kesimpulan tidak dibenarkan menyimpulkan sesuatu apabila sesuatu tersebut tidak terdapat dalam pembahasan (bab 3 dan bab 4). Hasil kesimpulan ini sebagai unsur konfirmasi dari tujuan penelitian Saran Saran merupakan implikasi hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan aplikasi sistem. Jadi sekurang-kurangnya memberi saran dan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya, sebagai hasil pemikiran peneliti atas keterbatasan penelitian yang dilakukan.

7 C. BAGIAN AKHIR Pada bagian akhir ini, TA terdiri dari Daftar Pustaka dan Lampiran-Lampiran. Daftar Pustaka Daftar Pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam penyusunan TA. Pencantuman Daftar Pustaka disusun ke bawah, tidak bernomor urut namun diurut berdasarkan abjad nama akhir pengarang dan tanpa halaman (Lampiran 18). Lampiran-lampiran. Jika terdapat lampiran, maka harus dicantumkan pada bagian akhir TA. Lampiran terdiri dari materi yang jika dimasukkan dalam teks dapat berakibat menjemukan pembaca, atau dapat menghilangkan kontinyuitas penulisan proposal penelitian maupun laporan penelitian. Lampiran ini dapat berupa : tabel, bagan, gambar, peta, dan lain-lain yang dianggap perlu diketahui pembaca dan dilaporkan lebih rinci.

8 II. FORMAT DAN TEKNIK PENULISAN TUGAS AKHIR A. PENGETIKAN Didalam pengetikan hasil penelitian / laporan TA ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat membuat laporan sesuai dengan standar pelaporan yang umum berlaku. 1. Bahan yang Digunakan a. Macam kertas yang dapat dipergunakan adalah kertas HVS 80 gram dengan ukuran A4 (29,5 x 21,5 Cm) warna putih, kecuali untuk lembar tertentu seperti kertas grafik, gambar, lembar kuesioner, dan lain-lain. b. Sampul luar berwarna kuning dengan tulisan tinta hitam. c. Antara bab yang satu dengan yang lain diberi pembatas dengan kertas dorslah dengan warna kuning. d. Pada bagian samping cover TA dituliskan: Nama, NIM, judul, logo dan tahun. 2. Pengetikan Pengetikan naskah TA adalah sebagai berikut : pinggir atas pinggir kiri pinggir bawah pinggir kanan : 4 cm dari tepi kertas : 4 cm dari tepi kertas : 4 cm dari tepi kertas : 3 cm dari tepi kertas a. Tipe huruf yang dipergunakan dalam pengetikan (dengan komputer) adalah tipe huruf (Font) "Times New Roman" dan warna yang dipakai adalah warna hitam.

9 b. Huruf yang digunakan adalah sebagai berikut : - untuk isi naskah ukuran font 12 - untuk judul ukuran font 18 - untuk nama penulis ukuran font 12 - untuk nama lembaga ukuran font Spasi a. Jarak antara baris yang satu dengan baris yang berikutnya adalah dua spasi. b. Jarak antara penunjuk bab dengan judul bab adalah dua spasi. c. Jarak antara judul bab dengan teks pertama yang ditulis atau antara judul bab dengan judul sub bab adalah empat spasi. d. Jarak antara judul sub bab dengan baris pertama teks adalah dua spasi dan alinea teks diketik menjorok ke dalam lima ketukan. e. Jarak antara baris akhir teks dengan judul sub bab berikutnya adalah empat spasi. f. Jarak antara teks dengan tabel, gambar grafik, diagram, adalah tiga spasi. g. Alinea baru diketik menjorok ke dalam lima ketukan dari margin kiri teks, jarak antara alinea adalah dua spasi. h. Penunjuk bab dan judul bab ditempatkan pada halaman baru. 4. Bahasa Tugas Akhir ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia formal dengan mengacu kaidah tata bahasa. Kalimat harus utuh, lengkap dan jelas serta menggunakan tanda baca seperlunya.

10 Pemakaian dan penulisan bahasa berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan, Pedoman Umum Pembentukan Istilah dan Kamus Umum Bahasa Indonesia. 5. Pengetikan Kata Penting dan Bahasa Asing Penulisan kata tertentu yang dianggap penting atau bahasa asing harus dinyatakan atau dicetak dengan pemberian tanda garis bawah atau cetak miring, dan penggunaannya harus konsisten. 6. Abstrak 6.1 Pengetikan Abstrak a. Jarak spasi dalam pengetikan abstrak adalah satu setengah spasi. b. Jarak antara judul abstrak dengan teks pertama abstrak adalah empat spasi. c. Jarak antara alinea yang satu dengan alinea yang lain adalah satu setengah spasi. d. Alinea baru diketik menjorok ke dalam lima ketukan dari margin kiri teks. 6.2 Panjang dan Isi Abstrak a. Panjang Abstrak TA ditetapkan maksimal 250 kata. b. Abstrak berisi ringkasan masalah yang diteliti, metode yang digunakan, hasil penelitian, kesimpulan. 7. Penomoran Bab, Sub Bab, dan Paragraf a. Penomoran bab menggunakan angka romawi kapital, penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf besar. b. Penomoran sub bab menggunakan angka latin, diketik pada margin sebelah kiri (misalnya : 2.1, 2.2 dst).

11 c. Penomoran bagian sub bab disesuaikan dengan nomor bab (misalnya: 2.1.1, 2.1.2, dst). 8. Penomoran Halaman 8.1 Halaman Bagian Awal a. Penomoran bagian awal TA, mulai dari halaman judul sampai dengan halaman daftar lampiran menggunakan angka Romawi kecil (i,ii, dst) b. Halaman judul dan halaman pengesahan pembimbing tidak diberi nomor urut halaman, tetapi diperhitungkan sebagai halaman i dan halaman ii. c. Halaman abstrak sampai dengan halaman lampiran diberi nomor dengan angka romawi kecil yang merupakan kelanjutan dari halaman judul dan halaman persetujuan pembimbing (halaman iii, iv, dst) d. Nomor halaman diletakan pada bagian atas sebelah kanan, berjarak tiga spasi dari margin atas. 8.2 Bagian Inti Pembagian nomor halaman pada bagian inti TA ditetapkan sebagai berikut: a) Penomoran mulai dari Bab I sampai dengan bab terakhir menggunakan angka Latin (1,2 dst) diletakan pada lajur atas sebelah kanan. b) Pada tiap halaman yang bertajuk (PENDAHULUAN, TINJAUAN PUSTAKA), mulai dari Bab I sampai dengan bab terakhir nomor halaman diletakan pada bagian bawah persis ditengah-tengah. 9. Penulisan Daftar Pustaka Penulisan Daftar Pustaka ditetapkan sebagai berikut:

12 a) Penulisan Daftar Pustaka tergantung jenis informasinya yang secara umum memiliki urutan: Nama Penulis(diakhiri dengan nama keluarga), Tahun Terbit, Judul Buku(digarisbawahi/dicetak tebal/miring), Jilid, Edisi, Nama Penerbit, Kota Penerbit b) Pengurutan berdasarkan adjad terdepan, Gelar tidak perlu disebutkan c) Setiap pustaka diketik satu spasi, sedangkan antara satu pustaka dengan pustaka lain diketik dua spasi. Baris ke dua dan seterusnya dari setiap pustaka diketik masuk sekitar 7(tujuh) ketuk d) Bila terdapat lebih dari tiga pengarang, hanya dituliskan satu saja yang pertama dengan menambahkan et all e) Bila terdapat beberapa pustaka dengan pengarang yang sama, nama pengarang pada pustaka yang kedua, ketiga dan seterusnya tidak perlu ditulis ulang, melainkan cukup diberikan garis horisontal sepanjang namanya, selanjutnya ditulis seperti biasa f) Bila seorang menulis dua atau lebih karangan dalam tahun yang berbeda, maka pustaka disusun urutan waktunya 10. Pengutipan Aturan-aturan yang digunakan adalah seperti berikut: a) Untuk menyederhanakan pengutipan, maka judul materi yang diacu tidak diletakkan dibagian bawah pada halaman yang bersangkutan tapi diletakkan jadi satu dengan daftar pustaka b) Sumber acuan diletakkan pada bagian akhir kutipan (Dune, 1995)

13 c) Jika kutipan kurang atau sama dari tiga baris diberikan tanda kutip pada awal dan akhir, spasi tetap biasa d) Jika kutipan lebih dari tiga baris tidak perlu diberi tanda kutip, tetapi pengetikan dengan satu spasi dan indent yang lebih dalam 7(tujuh) ketuk pada bagian kiri 11. Judul dan Nomor Gambar/Grafik/Tabel a) Peletakkan judul gambar/grafik adalah dibagian bawah dan tengah dari gambar, untuk tabel judul diletakkan di bagian atas tengah tabel b) Penomoran tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh gambar 2.1 berarti gambar di bab2 dengan urutan pertama

14

15 LAMPIRAN 1. Lay-out kertas Tepi kertas atas 4 cm 4 cm 3 cm T e pi K er ta s k i r i 4 cm

16 LAMPIRAN 2. Sampul Depan Tugas Akhir ( Cover ) JUDUL TUGAS AKHIR (Huruf Roman, font 18, bold) TUGAS AKHIR OLEH Nama Mahasiswa,NIM,Program studi (Huruf Roman, font 12) SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER (STMIK) STIKOM-BALI 20.. (Huruf roman, font 16)

17 LAMPIRAN 3. Contoh Sampul Depan Tugas Akhir ( Cover ) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN PADA CV. BALIMATIKA TUGAS AKHIR OLEH : Nama : Putu Ayu Lestari NIM : Program : Diploma Tiga SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER (STMIK) STIKOM-BALI 2005

18 LAMPIRAN 4. Contoh Sampul Dalam Tugas Akhir SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN PADA CV. BALIMATIKA TUGAS AKHIR DIAJUKAN SEBAGAI SALAH SATU SYARAT UNTUK MENCAPAI GELAR AHLI MADYA KOMPUTER JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA OLEH : Nama : Putu Ayu Lestari NIM : Program : Diploma Tiga SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER (STMIK) STIKOM-BALI 2005

19 LAMPIRAN 5. Contoh Halaman Persetujuan Ujian Tugas Akhir (sebelum ujian TA) N a m a : Putu Ayu Lestariani N I M : Jurusan : MANAJEMEN INFORMATIKA Jenis Program : Diploma Tiga Judul Tugas Akhir : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN PADA CV. BALIMATIKA Disetujui Oleh : Pembimbing, (.) Tanggal.. Mengetahui, Ketua Jurusan : (.) Tanggal...

20 LAMPIRAN 5. Contoh Halaman Persetujuan Ujian Tugas Akhir (sesudah ujian TA) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN PADA CV. BALIMATIKA TUGAS AKHIR PUTU AYU LESTARI NIM : Mengetahui, Disetujui Oleh : Pembantu Ketua I, Pembimbing, (.) ( )

21 LAMPIRAN 6. Contoh Halaman Pengesahan Tugas Akhir (sesudah ujian TA) TANDA PENGESAHAN TUGAS AKHIR N a m a : Putu Ayu Lestariani N I M : Jurusan : MANAJEMEN INFORMATIKA Jenis Program : Diploma Tiga Judul Tugas Akhir : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN PADA CV. BALIMATIKA Dipertahankan didepan Tim Penguji Tugas Akhir Jurusan Manajemen Informatika STMIK-STIKOM BALI Pada tanggal. PENGUJI NOMOR 1. N A M A TANDA TANGAN Mengetahui, Ketua Jurusan : (.)

22 LAMPIRAN 7. Halaman Pernyataan PERNYATAAN Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Tempat/Tgl Lahir : NIM : Alamat : menyatakan bahwa dalam tugas akhir ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar ahli madya komputer disuatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Denpasar, Materai 6000 Nama mahasiswa

23 LAMPIRAN 8. Contoh Halaman Kata Pengantar KATA PENGANTAR Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, penulis dapat menyelesaikan tugas akhir yang berjudul "Sistem Informasi Manajemen Penjualan pada CV. Balimatika sesuai dengan yang direncanakan. Selanjutnya penulis menyampaikan terima kasih kepada : 1. Bapak Ir...M.Kom., selaku dosen pembimbing I yang telah membimbing penulis selama mengerjakan Tugas Akhir ini. 2. Bapak., S.Kom selaku dosen pembimbing II yang turut membimbing dalam penyelesaian penulisan ini. 3. Bapak, MSc. selaku ketua jurusan STMIK STIKOM Bali. 4. Bapak Dr., MT selaku Pembantu Ketua I yang juga telah memberikan bimbingan sehingga penulisan Tugas Akhir ini terselesaikan. 5. Semua teman dan berbagai pihak yang memberikan dukungan dan bantuan kepada penulis. Tugas akhir ini dibuat guna melengkapi persyaratan untuk memperoleh gelar Ahli Madya Komputer pada Jurusan Manajemen Informatika pada STMIK-STIKOM BALI. Semoga penulisan tugas akhir ini bemanfaat bagi pihak yang berkepentingan. Denpasar, 25 Maret 2005 Putu Ayu Lestariani

24 LAMPIRAN 9. Contoh Abstrak Tugas Akhir ABSTRAK Otomasi penyimpanan, pemakaian, penyajian informasi data secara cepat dan akurat sangat penting bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan. Peningkatan pelayanan terhadap pelangggan yang melakukan suatu transaksi pembelian dengan perusahaan menjadi suatu tuntutan pokok bagi pihak manajemen perusahaan, hal ini dapat di antisipasi dengan adanya kemajuan teknologi, melalui proses pembuatan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penjualan, Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dan perancangannya melalui pengumpulan data, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Basisdata dan selanjutnya mengimplementasikannya. Hasil dari aplikasi ini akan sangat membantu perusahaan untuk mengotomasi pengolahan data secara cepat dan akurat dari proses penjualan yang terjadi, sehingga meminimumkan terjadinya kekeliruan tentang data atau informasi yang ada. Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Penjualan, Otomasi, Aplikasi

25 Lampiran 10 : Contoh Daftar Isi Tugas Akhir DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR... ABSTRAK... DAFTAR ISI... DAFTAR TABEL... DAFTAR GAMBAR... DAFTAR LAMPIRAN... i ii iii iv v vi BAB I: PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Perumusan Masalah Tujuan Penelitian Ruang Lingkup Penelitian Metode Penelitian... 5 BAB II: TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Sistem Informasi Manajemen Konsep Analisis Sistem Konsep Desain Sistem

26 BAB III: ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM BAB IV: IMPLEMENTASI SISTEM BAB V: KESIMPULAN DAN SARAN 5.1. Kesimpulan Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

27 Lampiran 11: Contoh Daftar Tabel Tugas Akhir DAFTAR TABEL Tabel Halaman 3.1. Tabel Barang Tabel Customer Tabel Pegawai Tabel Sub_Bagian Tabel Order Penjualan Tabel Order_Detail Tabel Faktur_Penjualan Tabel Doc_Kirim Tabel Retur_Penjualan Tabel Retur_P_Detail Tabel Permintaan Tabel Detail Permintaan Tabel Pembelian Tabel Detail Pembelian Tabel Supplier... 57

28 Lampiran 12 : Contoh Daftar Gambar Tugas Akhir DAFTAR GAMBAR Gambar Halaman 2.1. Jenjang Data Simbol Kesatuan Luar Simbol Arus Data Simbol Proses Hubungan Antara Dua Entity Struktur Organisasi CV. Balimatika Document Flow SIMP Diagram Konteks SIMP Diagram Berjenjang Data Flow Diagram Level 0 SIMP Data Flow Diagram Level 1 Proses Periksa Data Customer Data Flow Diagram Level 1 Proses Penjualan Data Flow Diagram Level 1 Proses Pengiriman Data Flow Diagram Level 1 Proses Retur Penjualan Data Flow Diagram Level 1 Proses Buat Laporan Entity RelationShip Diagram... 42

29 Lampiran 13: Contoh Daftar Lampiran Tugas Akhir DAFTAR LAMPIRAN Halaman Lampiran 1. Form Kuesioner 79 Lampiran 2. ERD Lengkap 81 Lampiran 3. Kamus Data.. 82 Lampiran 4. Listing Program 84

30 Lampiran 14: Contoh Daftar Pustaka Tugas Akhir DAFTAR PUSTAKA

31

I. STRUKTUR PENULISAN SKRIPSI. Susunan struktur Penulisan Skripsi adalah sebagai berikut :

I. STRUKTUR PENULISAN SKRIPSI. Susunan struktur Penulisan Skripsi adalah sebagai berikut : I. STRUKTUR PENULISAN SKRIPSI Susunan struktur Penulisan Skripsi adalah sebagai berikut : A. BAGIAN AWAL B. BAGIAN UTAMA C. BAGIAN AKHIR A. BAGIAN AWAL 1. HALAMAN JUDUL 2. HALAMAN PERSETUJUAN 3. HALAMAN

Lebih terperinci

BAB III CARA PENULISAN

BAB III CARA PENULISAN BAB III CARA PENULISAN 3.1. Bahan yang digunakan: 1 Kertas yang digunakan untuk mengetik laporan adalah kertas HVS 80 gram ukuran A4 warna putih. 2 Untuk sampul luar ditetapkan sampul kertas karton manila

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 II. BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR... 5

DAFTAR ISI. Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 II. BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR... 5 DAFTAR ISI Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 1. 1. Bahasa Penulisan... 1 1. 2. Format penulisan... 1 1. 3. Penomoran Halaman... 3 1. 4. Tabel, gambar, grafik, skema, dan objek lainnya... 3 1. 5.

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 II. BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR... 6

DAFTAR ISI. Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 II. BAGIAN-BAGIAN TUGAS AKHIR... 6 DAFTAR ISI Hal I. FORMAT PENULISAN SECARA UMUM... 1 1. 1. Bahasa Penulisan... 1 1. 2. Format penulisan... 1 1. 3. Penomoran Halaman... 3 1. 4. Tabel, gambar, grafik, skema, dan objek lainnya... 3 1. 5.

Lebih terperinci

Tata Cara Penulisan Laporan Praktikum

Tata Cara Penulisan Laporan Praktikum Tata Cara Penulisan Laporan Praktikum 1) Bahan dan Ukuran Bahan dan ukuran mencakup naskah, ukuran dan sampul. a. Naskah dibuat di atas kertas HVS 70 gram dan tidak bolak-balik b. Ukuran naskah adalah

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK Ketentuan Umum Laporan Praktek Kerja Lapangan diketik menggunakan kertas HVS ukuran A4 70 gram, jenis

Lebih terperinci

Pedoman Penulisan Tesis

Pedoman Penulisan Tesis Pedoman Penulisan Tesis Program Pascasarjana Universitas Gunadarma KATA PENGANTAR PEDOMAN PENULISAN TESIS ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran umum, sekaligus memberikan pembekalan bagi mahasiswa

Lebih terperinci

ATURAN PENULISAN KERTAS

ATURAN PENULISAN KERTAS ATURAN PENULISAN SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR KERTAS Naskah Skripsi atau Tugas Akhir diketik pada kertas HVS ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan berat 80 gram. Kertas berwarna putih dan diketik dengan tinta

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2012/2013

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2012/2013 PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2012/2013 PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER INTeL COM GLOBAL INDO KISARAN 2013 KATA PENGANTAR Setiap lulusan

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN TESIS MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS TELKOM

PANDUAN PENULISAN TESIS MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS TELKOM PANDUAN PENULISAN TESIS MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS TELKOM MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS TELKOM BANDUNG KATA PENGANTAR Buku Panduan Tesis ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman umum kepada mahasiswa

Lebih terperinci

TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR. Fakultas Teknik Elektro 1

TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR. Fakultas Teknik Elektro 1 TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR Fakultas Teknik Elektro 1 Kertas Jenis kertas : HVS A4 (210 mm x 297 mm) dan berat 80 g/m2 (HVS 80 GSM), khusus untuk gambar yang tdk memungkinkan dicetak di kertas A4 dapat

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTIK. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta 2012

PANDUAN PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTIK. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta 2012 PANDUAN PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTIK Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta 2012 Page2 SISTEMATIKA LAPORAN KERJA PRAKTIK Lembar Pengesahan

Lebih terperinci

III. TESIS. c. Tujuan Penelitian d. Manfaat Penelitian 2. Telaah Pustaka 3. Metode Penelitian 4. Hasil dan Pembahasan 5. Simpulan dan Saran/Implikasi

III. TESIS. c. Tujuan Penelitian d. Manfaat Penelitian 2. Telaah Pustaka 3. Metode Penelitian 4. Hasil dan Pembahasan 5. Simpulan dan Saran/Implikasi 7 8 III. TESIS Tesis secara umum dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir tesis. Bagian awal tesis terdiri atas komponen berikut. 1. Halaman sampul 2. Halaman

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR

PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR POLITEKNIK KOTA MALANG KOMPLEK PENDIDIKAN INTERNASIONAL TLOGOWARU MALANG 2012 I. Pendahuluan Proposal tugas akhir (selanjutnya disebut sebagai proposal) merupakan

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN PROYEK AKHIR. Teknik Multimedia dan Broadcasting

PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN PROYEK AKHIR. Teknik Multimedia dan Broadcasting PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN PROYEK AKHIR Teknik Multimedia dan Broadcasting PROGRAM STUDI MULTIMEDIA DAN BROADCASTING POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MEDAN MEDAN 2015

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MEDAN MEDAN 2015 PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MEDAN MEDAN 2015 BAGIAN AWAL 1. Sampul Depan Sampul depan adalah halaman judul tugas

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PANDUAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) STIBA SARASWATI DENPASAR HALAMAN SAMPUL DEPAN Halaman Sampul Depan memuat judul, tempat, logo STIBA Saraswati Denpasar, nama mahasiswa dan nomor pokok

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN USULAN PENELITIAN DAN PENULISAN DISERTASI

PEDOMAN PENYUSUNAN USULAN PENELITIAN DAN PENULISAN DISERTASI PEDOMAN PENYUSUNAN USULAN PENELITIAN DAN PENULISAN DISERTASI PENGANTAR Rancangan usulan penelitian disertasi, usulan penelitian disertasi, dan disertasi sebenarnya menunjuk pada satu hal yang sama, yaitu

Lebih terperinci

Pedoman Penulisan Tugas Akhir PROGRAM DIPLOMA-3

Pedoman Penulisan Tugas Akhir PROGRAM DIPLOMA-3 Pedoman Penulisan Tugas Akhir PROGRAM DIPLOMA-3 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA PUTERA BATAM 2008 KATA PENGANTAR Setiap lulusan STMIK PUTERA BATAM dituntut mampu menulis karangan ilmiah secara benar.

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2011/2012

PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2011/2012 PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TAHUN AKADEMIK 2011/2012 PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER INTeL COM GLOBAL INDO KISARAN 2012 KATA PENGANTAR Setiap lulusan AMIK

Lebih terperinci

Panduan Penulisan laporan PKL TA 2015/2016 BAB I PENDAHULUAN

Panduan Penulisan laporan PKL TA 2015/2016 BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN I.1. Latar Belakang Untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif mengenai dunia kerja bagi para mahasiswa STMIK MURA Lubuklinggau sekaligus memberikan kesempatan mengaplikasikan

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN. Lomba Karya Tulis Imiah makinpintar.com 1

PANDUAN PENULISAN. Lomba Karya Tulis Imiah makinpintar.com 1 PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL makinpintar.com TAHUN 2016 A. TEMA DAN SUBTEMA Tema dan subtema dibebaskan kepada seluruh tim peserta. B. PETUNJUK PENULISAN 1. Naskah ditulis

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI dapat didownload di website Fakultas Ekonomi: http://fe.unnes.ac.id/ FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2011 1 Kata Pengantar Pedoman penulisan proposal skripsi

Lebih terperinci

TEKNIK DAN TATA CARA PENULISAN LAPORAN STUDI BANDING/ MAGANG

TEKNIK DAN TATA CARA PENULISAN LAPORAN STUDI BANDING/ MAGANG TEKNIK DAN TATA CARA PENULISAN LAPORAN STUDI BANDING/ MAGANG A. Jenis dan Ukuran Kertas Bahan meliputi bahan untuk : naskah dan sampul a. Naskah Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (+ 210 mm x 297 mm)

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL DAN LAPORAN TUGAS AKHIR

PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL DAN LAPORAN TUGAS AKHIR PEDOMAN PENYUSUNAN PROPOSAL DAN LAPORAN TUGAS AKHIR Materi Kuliah: Metodologi Penelitian Disusun oleh: Heri Sismoro, S.Kom., M. Kom. JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL PANDUAN PENULISAN PROPOSAL A. BAGIAN AWAL 1. Halaman Sampul Luar Pada halaman sampul luar berisi komponen : a. Judul Penelitian/Proposal dan mengandung didalamnya tempat penelitian dilaksanakan. b. Tulisan

Lebih terperinci

Pedoman Penulisan Proposal Penelitian, Tugas Akhir dan Skripsi

Pedoman Penulisan Proposal Penelitian, Tugas Akhir dan Skripsi Pedoman Penulisan Proposal Penelitian, Tugas Akhir dan Skripsi Jurusan Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM 2007 1 KATA PENGANTAR Setiap lulusan

Lebih terperinci

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA. Tim Penyusun : Prodi Sistem Informasi

PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA. Tim Penyusun : Prodi Sistem Informasi PEDOMAN KERJA PRAKTEK MAHASISWA Tim Penyusun : Prodi Sistem Informasi SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MERCU BUANA 2015 1 DAFTAR ISI BAB 1 PENDAHULUAN 3 1.1 Deskripsi Kerja Praktek 3

Lebih terperinci

TATA TULIS JURNAL. Fakultas Teknik Elektro 1

TATA TULIS JURNAL. Fakultas Teknik Elektro 1 TATA TULIS JURNAL Fakultas Teknik Elektro 1 Struktur Jurnal Judul Jurnal Nama penulis Abstrak (bahasa Indonesia) Abstract (bahasa Inggris) Pendahuluan Pembahasan penelitian Kesimpulan dan saran. Daftar

Lebih terperinci

Tata Tulis Jurnal. Andre Stafiyan, S.Kom STIKOM Bali 2012

Tata Tulis Jurnal. Andre Stafiyan, S.Kom STIKOM Bali 2012 Tata Tulis Jurnal Andre Stafiyan, S.Kom STIKOM Bali 2012 Naskah jurnal setidak-tidaknya memuat: Judul Jurnal Nama penulis Abstrak Pendahuluan Pembahasan penelitian Kesimpulan dan saran. Daftar pustaka

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN MUSABAQAH KARYA TULIS ILMIAH ALQURAN MTQ REGIONAL JAWA TIMUR TINGKAT SLTA 2014 FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PEDOMAN PENULISAN MUSABAQAH KARYA TULIS ILMIAH ALQURAN MTQ REGIONAL JAWA TIMUR TINGKAT SLTA 2014 FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG PEDOMAN PENULISAN MUSABAQAH KARYA TULIS ILMIAH ALQURAN MTQ REGIONAL JAWA TIMUR TINGKAT SLTA 2014 FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG A. Tema Karya Tulis Ilmiah Alquran - Al-Qur an, Ilmu Pengetahuan,

Lebih terperinci

I. PENDAHULUAN 1 P E D O M A N _ F E _

I. PENDAHULUAN 1 P E D O M A N _ F E _ I. PENDAHULUAN Proposal merupakan karya tulis yang harus dipersiapkan mahasiswa sebagai syarat untuk memprogram tugas akhir dan merupakan bagian dari perencanaan penyusunan tugas akhir. Proposal dikembangkan

Lebih terperinci

PEDOMAN PEMBUATAN PROPOSAL TUGAS PENDAHULUAN PROYEK AKHIR (TPPA) PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA PENS

PEDOMAN PEMBUATAN PROPOSAL TUGAS PENDAHULUAN PROYEK AKHIR (TPPA) PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA PENS PEDOMAN PEMBUATAN PROPOSAL TUGAS PENDAHULUAN PROYEK AKHIR (TPPA) PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA PENS Disusun oleh: Ali Husein A., S.T., M.Eng. Proposal PA adalah suatu dokumen tertulis yang memberikan

Lebih terperinci

PEDOMAN PEMBUATAN BUKU PROYEK AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA PENS-ITS

PEDOMAN PEMBUATAN BUKU PROYEK AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA PENS-ITS PEDOMAN PEMBUATAN BUKU PROYEK AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA PENS-ITS Disusun oleh: Ali Husein A., S.T., M.Eng. Buku Proyek Akhir (PA) adalah dokumen final laporan pekerjaan Proyek Akhir yang sudah

Lebih terperinci

LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA

LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA LABAN KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO Disusun Oleh KELOMPOK 87 Periode Maret 2011/2012 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO 2012 i TATA TULIS LAPORAN

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS Oleh : TEAM PENYUSUN POLITEKNIK NEGERI MADIUN 2015 TATA CARA PENULISAN LAPORAN PKL Tata cara penulisan meliputi bahan dan ukuran

Lebih terperinci

Pedoman Penulisan Skripsi 1 BAB I. PEDOMAN UMUM

Pedoman Penulisan Skripsi 1 BAB I. PEDOMAN UMUM Pedoman Penulisan Skripsi 1 BAB I. PEDOMAN UMUM A. Pengertian 1. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa Program Strata Satu (S1) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN USULAN PENELITIAN TUGAS METODOLOGI PENELITIAN PRODI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN FAK EKONOMI UNIKOM

PANDUAN PENULISAN USULAN PENELITIAN TUGAS METODOLOGI PENELITIAN PRODI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN FAK EKONOMI UNIKOM PANDUAN PENULISAN USULAN PENELITIAN TUGAS METODOLOGI PENELITIAN PRODI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN FAK EKONOMI UNIKOM LEMBAR PENGESAHAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR GAMBAR DAFTAR

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN LAPORAN MAGANG

PANDUAN PENULISAN LAPORAN MAGANG PANDUAN PENULISAN LAPORAN MAGANG DEPARTEMEN ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN DEPARTEMEN FAKULTAS ILMU EKOLOGI KELUARGA MANUSIA DAN KONSUMEN INSTITUT PERTANIAN FAKULTAS EKOLOI BOGOR MANUSIA 2015 INSTITUT PERTANIAN

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI

BUKU PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI BUKU PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI PROGRAM STUDI FISIOTERAPI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2016 BAB I PENDAHULUAN Skripsi adalah tugas akhir yang harus ditulis oleh mahasiswa dalam Program

Lebih terperinci

B i o s a i n s, The spirit of life Mencetak SDM cerdas mandiri, membina SDA lestari

B i o s a i n s, The spirit of life Mencetak SDM cerdas mandiri, membina SDA lestari 11 III. PENULISAN TESIS 3.1. Bagian Awal Dari Tesis 3.1.1. Sampul Pada sampul dicetak: Judul tesis, tulisan kata tesis (huruf capital), tulisan kalimat: Untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar

Lebih terperinci

SISTEMATIKA PENULISAN

SISTEMATIKA PENULISAN SISTEMATIKA PENULISAN 1. Kertas Kertas yang digunakan dalam penulisan laporan adalah kertas ukuran A4 80 gr. 2. Jenis Huruf dan Spasi Jenis huruf yang digunakan dalam penulisan Laporan adalah Arial dengan

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK

PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK A. DASAR HUKUM a. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Lebih terperinci

PEDOMAN TEKNIS PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA

PEDOMAN TEKNIS PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PEDOMAN TEKNIS PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA Disusun Oleh : Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN BALIKPAPAN 2012 DAFTAR ISI Halaman BAB I

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma 1. PENGERTIAN SKRIPSI : Skripsi dapat diartikan sebagai karya tulis yang disusun oleh seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan kurang

Lebih terperinci

PEDOMAN TEKNIS PELAKSANAAN LKTI FASILKOM UNSRI 2016

PEDOMAN TEKNIS PELAKSANAAN LKTI FASILKOM UNSRI 2016 PEDOMAN TEKNIS PELAKSANAAN LKTI FASILKOM UNSRI 2016 Lomba Karya Tulis Ilmiah Fasilkom Unsri Tahun 2016dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut: 1. Peserta merupakan usulan dari masing-masing jurusan

Lebih terperinci

3. Peserta dalam satu kelompok boleh dari lintas prodi, jurusan dan fakultas yang berbeda (S1 dan atau D3) namun dalam satu

3. Peserta dalam satu kelompok boleh dari lintas prodi, jurusan dan fakultas yang berbeda (S1 dan atau D3) namun dalam satu A. Persyaratan Umum 1. Peserta merupakan mahasiswa aktif DIII atau S1 perguruan tinggi di Indonesia dan masih berstatus mahasiswa aktif (dibuktikan dengan KTM) 2. Peserta bisa berupa perorangan atau kelompok

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH ( SKRIPSI, TESIS, DISERTASI, ARTIKEL, MAKALAH, DAN LAPORAN PENELITIAN )

BAB I PENDAHULUAN PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH ( SKRIPSI, TESIS, DISERTASI, ARTIKEL, MAKALAH, DAN LAPORAN PENELITIAN ) BAB I PENDAHULUAN SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI Skripsi, tesis, dan disertasi hasil penelitian lapangan adalah jenis penelitian yang berorientasi pada pengumpulan data empiris di lapangan. Ditinjau dari

Lebih terperinci

INSTRUKSI KERJA No.Dokumen IK-01-AKD-21C PENULISAN LAPORAN AKHIR PKL

INSTRUKSI KERJA No.Dokumen IK-01-AKD-21C PENULISAN LAPORAN AKHIR PKL Halaman 1 dari 6 A. PETUNJUK PENYUSUNAN LAPORAN Laporan Praktik Kerja Lapangan () disusun dalam bentuk karya ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Garis besar laporan : A. Bagian Awal 1. Halaman

Lebih terperinci

PETUNJUK PENULISAN LAPORAN SKRIPSI. disusun oleh : Winarno Sugeng

PETUNJUK PENULISAN LAPORAN SKRIPSI. disusun oleh : Winarno Sugeng PETUNJUK PENULISAN LAPORAN SKRIPSI disusun oleh : Winarno Sugeng JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL BANDUNG 2016 PRAKATA Setiap lulusan bergelar Sarjana

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. (1) Naskah dicetak pada satu muka halaman (tidak bolak-balik). (2) Baris-baris kalimat naskah tesis berjarak satu setengah spasi.

BAB I PENDAHULUAN. (1) Naskah dicetak pada satu muka halaman (tidak bolak-balik). (2) Baris-baris kalimat naskah tesis berjarak satu setengah spasi. BAB I PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Panduan Penulisan Proposal Tesis Program Studi Agribisnis Jenjang Pascasarjana (S2) Universitas Jambi, untuk disusun agar dipedomani oleh mahasiswa S2 dalam menulis proposal

Lebih terperinci

PANDUAN KHUSUS PENULISAN SKRIPSI PROGRAM SKGJ

PANDUAN KHUSUS PENULISAN SKRIPSI PROGRAM SKGJ PANDUAN KHUSUS PENULISAN SKRIPSI PROGRAM SKGJ FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2012 1 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas rahmat, hidayah,

Lebih terperinci

KETENTUAN PENULISAN LKTI

KETENTUAN PENULISAN LKTI KETENTUAN PENULISAN LKTI A. TEMA Wujudkan Indonesia Mandiri dan Sejahterah di Kancah Internasional Melalui Inovasi serta Kreasi Generasi Muda. Sub tema : a. Ekonomi dan atau Industri Kreatif; b. Pariwisata;

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra

PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra PEDOMAN PENYUSUNAN SKRIPSI Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra Surabaya 2013 KATA PENGANTAR Buku Pedoman Penulisan Skripsi ini disusun untuk memberikan

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL TUGAS AKHIR DIPLOMA III

PANDUAN PENULISAN PROPOSAL TUGAS AKHIR DIPLOMA III PANDUAN PENULISAN PROPOSAL TUGAS AKHIR DIPLOMA III Buku Panduan Ini Sebagai Pedoman Dan Standarisasi Format Penulisan Proposal Tugas Akhir PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR ( HANYA UNTUK LINGKUNGAN SENDIRI ) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA JENJANG DIPLOMA III

PANDUAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR ( HANYA UNTUK LINGKUNGAN SENDIRI ) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA JENJANG DIPLOMA III PANDUAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR ( HANYA UNTUK LINGKUNGAN SENDIRI ) PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA JENJANG DIPLOMA III AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER (AMIK) BUMI NUSANTARA CIREBON 2014 KATA

Lebih terperinci

PROPOSAL TUGAS AKHIR

PROPOSAL TUGAS AKHIR Cover PROPOSAL TUGAS AKHIR IMPLEMENTASI ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) PADA SISTEM PENGENDALIAN AUTOPILOT PADA KAPAL NOAH Oleh: Wiro Sableng Nrp. 69090400xx PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMASI

Lebih terperinci

PETUNJUK PENYUSUNAN PROPOSAL PROYEK SISTEM INFORMASI. Oleh : PROGRAM STUDI DIII MANAJEMEN INFORMATIKA. Comment [L1]: Logo disesuaikan dengan yang baru

PETUNJUK PENYUSUNAN PROPOSAL PROYEK SISTEM INFORMASI. Oleh : PROGRAM STUDI DIII MANAJEMEN INFORMATIKA. Comment [L1]: Logo disesuaikan dengan yang baru PETUNJUK PENYUSUNAN PROPOSAL PROYEK SISTEM INFORMASI Comment [L1]: Logo disesuaikan dengan yang baru Oleh : PROGRAM STUDI DIII MANAJEMEN INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & TEKNIK KOMPUTER

Lebih terperinci

Buku Pedoman Penulisan Usulan Penelitian dan Tesis ini digunakan sebagai pedoman bagi ;

Buku Pedoman Penulisan Usulan Penelitian dan Tesis ini digunakan sebagai pedoman bagi ; BAB 1 DASAR PEMIKIRAN A. Pendahuluan Program pascasarjana adalah program pendidikan yang diarahkan untuk mendidik ilmuwan yang mampu meningkatkan skala peranannya dalam pengembangan keilmuan dan pembangunan.

Lebih terperinci

A. Pendahuluan B. Tujuan C. Kriteria, Persyaratan Penulis dan Tata Cara Pengiriman Naskah

A. Pendahuluan B. Tujuan C. Kriteria, Persyaratan Penulis dan Tata Cara Pengiriman Naskah A. Pendahuluan Sejalan dengan Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 15/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 perihal publikasi karya ilmiah yang menyebutkan bahwa untuk lulus program sarjana harus menghasilkan makalah

Lebih terperinci

FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D4 / D3 TEKNIK INFORMATIKA A. BAGIAN AWAL

FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D4 / D3 TEKNIK INFORMATIKA A. BAGIAN AWAL FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D4 / D3 TEKNIK INFORMATIKA A. BAGIAN AWAL Bagian awal mencakup sampul depan, halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi,

Lebih terperinci

Buku Panduan Penulisan Proposal Tugas Akhir Program Studi Sarjana Teknik Informatika

Buku Panduan Penulisan Proposal Tugas Akhir Program Studi Sarjana Teknik Informatika 2013 v2.0 Buku Panduan Penulisan Proposal Tugas Akhir Versi 2.0 Buku Panduan Penulisan Proposal Tugas Akhir Program Studi Sarjana Teknik Informatika Buku ini merupakan buku pedoman penulisan Proposal TA

Lebih terperinci

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI 2016

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI 2016 PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI 2016 PERSYARATAN: 1. Mahasiswa aktif FK Unila angkatan 2013, 2014, dan 2015 2. Mengisi formulir pendaftaran (disediakan oleh panitia) 3. Memiliki IPK minimal 3,00, dibuktikan

Lebih terperinci

Panduan Penulisan Kerja Praktek

Panduan Penulisan Kerja Praktek Panduan Penulisan Kerja Praktek FORMAT PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTEK I. FORMAT KERJA PRAKTEK A. BAGIAN AWAL Susunan/urutan untuk bagian awal ini adalah : 1. Sampul Kerja Praktek Sampul Kerja Praktek

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH A. Peserta 1. Peserta lomba karya tulis ilmiah adalah 2 orang perwakilan dari regu. 2. Peserta lomba karya tulis ilmiah wajib mengenakan Pakaian Seragram Harian (PSH) masing-masing

Lebih terperinci

FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D3 TEKNIK INFORMATIKA

FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D3 TEKNIK INFORMATIKA FORMAT PEMBUATAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR MAHASISWA D3 TEKNIK INFORMATIKA A. BAGIAN AWAL Bagian awal mencakup sampul depan, halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar

Lebih terperinci

Veterinary Scientific Competition 2016

Veterinary Scientific Competition 2016 I. MEKANISME PENDAFTARAN 1. Pendaftaran abstrak diadakan 2 Gelombang, yaitu : Gelombang I pada tanggal 1 Agustus 12 Agustus 2016 dan Gelombang II pada tanggal 15 Agustus 29 Agustus 2016 yang bersifat free

Lebih terperinci

PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ROSMA 2011 KARAWANG BAB I PENDAHULUAN A. Dasar Pemikiran Tugas Perguruan Tinggi dalam hal ini

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PEDOMAN PENULISAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN A. TEKNIK PENGETIKAN 1. Penulisan laporan minimal 20 halaman. 2. Jenis Kertas Menggunakan kertas HVS putih ukuran A4 dengan berat minimal 70 gram. 3. Jenis

Lebih terperinci

Bahasa Indonesia UMB TATA TULIS DALAM RAGAM ILMIAH. Kundari, S.Pd, M.Pd. Komunikasi. Komunikasi. Modul ke: Fakultas Ilmu. Program Studi Sistem

Bahasa Indonesia UMB TATA TULIS DALAM RAGAM ILMIAH. Kundari, S.Pd, M.Pd. Komunikasi. Komunikasi. Modul ke: Fakultas Ilmu. Program Studi Sistem Bahasa Indonesia UMB Modul ke: TATA TULIS DALAM RAGAM ILMIAH Fakultas Ilmu Komunikasi Kundari, S.Pd, M.Pd. Program Studi Sistem Komunikasi www.mercubuana.ac.id STANDAR KOMPETENSI Mahasiswa dapat memahami

Lebih terperinci

TATA CARA PENULISAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR

TATA CARA PENULISAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR TATA CARA PENULISAN BUKU LAPORAN PROYEK AKHIR A. Bahan dan ukuran Bahan dan ukuran mencakup : naskah, sampul, warna sampul, tulisan pada sampul dan ukuran. 1. Naskah Naskah dibuat pada kertas A5 (8,27

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN KERJA PRAKTEK. Disusun Oleh: Ira Prasetyaningrum, M.T

PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN KERJA PRAKTEK. Disusun Oleh: Ira Prasetyaningrum, M.T PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN KERJA PRAKTEK Disusun Oleh: Ira Prasetyaningrum, M.T JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA 2010 BAB I

Lebih terperinci

SISTEMATIKA KULIAH KERJA PAMONG (KKP)

SISTEMATIKA KULIAH KERJA PAMONG (KKP) SISTEMATIKA KULIAH KERJA PAMONG (KKP) A. Bagian-Bagian Laporan KKP Laporan KKP terdiri dari: 1) Bagian Awal, 2) Bagian Utama, dan 3) Bagian Akhir, dengan jumlah halaman 20 halaman. 1. Bagian Awal Bagian

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN JURNAL ILMIAH. Program Studi Teknik Informatika

PEDOMAN PENULISAN JURNAL ILMIAH. Program Studi Teknik Informatika PEDOMAN PENULISAN JURNAL ILMIAH Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer S W A D H A R M A 2015 Iembar Pengesahan Pedoman penulisan Jurnal Ilmiah STMIK Swadharma

Lebih terperinci

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PROGRAM PASCASARJANA (S2) UNIVERSITAS JAMBI

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PROGRAM PASCASARJANA (S2) UNIVERSITAS JAMBI PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PROGRAM PASCASARJANA (S2) UNIVERSITAS JAMBI 2011 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Panduan Penulisan Topik Khusus Program Studi Agribisnis Jenjang Pascasarjana (S2) Universitas Jambi,

Lebih terperinci

PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA

PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA PEDOMAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ROSMA 2009 KARAWANG BAB I PENDAHULUAN A. Dasar Pemikiran Tugas Perguruan Tinggi dalam hal ini

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang. 1.2 Tujuan dan Manfaat

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang. 1.2 Tujuan dan Manfaat BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Skripsi adalah sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Dimana mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer untuk Program Strata I (S1) diwajibkan

Lebih terperinci

PEDOMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN STMIK WIDYA UTAMA PURWOKERTO

PEDOMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN STMIK WIDYA UTAMA PURWOKERTO PEDOMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN STMIK WIDYA UTAMA PURWOKERTO KATA PENGANTAR Assalamu alaikum Wr. Wb. Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan ridha dan karunia-nya, sehingga

Lebih terperinci

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) YADIKA BANGIL PASURUAN 2015 STMIK Yadika Bangil PENDAHULUAN Proposal SKRIPSI (selanjutnya disebut sebagai proposal)

Lebih terperinci

SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI TAHUN AKADEMIK

SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI TAHUN AKADEMIK SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI TAHUN AKADEMIK 2012 2013 I. Judul Penelitian Penjelasan tentang usulan topik yang diteliti. Judul dibuat dengan panjang maksimal 14 kata dan disusun dalam bentuk

Lebih terperinci

Sistematika Penulisan Proposal Usaha SMK Nasyrul Ulum Pandeglang

Sistematika Penulisan Proposal Usaha SMK Nasyrul Ulum Pandeglang KERANGKA PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN SMK NASYRUL ULUM PANDEGLANG Proposal Usaha Masalah utama siswa dalam menyusun proposal usaha adalah ketidaktahuan bagaimana cara menyusun/membuat

Lebih terperinci

SISTIMATIKA LAPORAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR

SISTIMATIKA LAPORAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR SISTIMATIKA LAPORAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR BAGIAN AWAL Bagian awal laporan mencakup sampul depan, lembar judul, pernyataan keaslian, halaman pengesahan kajur dan pembimbing, halaman pengesahan tim penguji,

Lebih terperinci

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA NASIONAL PAKUAN EDUCATION, ART, CULTURE AND ENVIRONMENT FESTIVAL

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA NASIONAL PAKUAN EDUCATION, ART, CULTURE AND ENVIRONMENT FESTIVAL PAKUAN EDUCATION, ART, CULTURE AND ENVIRONMENT FESTIVAL Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dilaksanakan tingkat nasional. Kegiatan ini merupakan seruan bagi mahasiswa se-indonesia agar menuangkan buah

Lebih terperinci

PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN MAGANG INDUSTRI PROGRAM PPCPAK. Disusun Oleh: Ira Prasetyaningrum, M.T

PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN MAGANG INDUSTRI PROGRAM PPCPAK. Disusun Oleh: Ira Prasetyaningrum, M.T PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN MAGANG INDUSTRI PROGRAM PPCPAK Disusun Oleh: Ira Prasetyaningrum, M.T JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA DEPARTEMEN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA

Lebih terperinci

Format Skripsi Tujuan instruksional khusus:

Format Skripsi Tujuan instruksional khusus: Format Skripsi Tujuan instruksional khusus: Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan dapat menerapkan format skripsi yang berlaku di Institut Pertanian Bogor dalam penulisan skripsi. Subpokok bahasan

Lebih terperinci

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016

PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI REMAJA TINGKAT SMA/SMK/MA SE-BALI TAHUN 2016 A. NAMA LOMBA Lomba Karya Tulis Ilmiah Kesehatan Seksual dan Reproduksi Remaja Tingkat SMA/SMK/MA

Lebih terperinci

KERJA PRAKTEK (D3 dan S1) TUGAS AKHIR (D3) SKRIPSI (S1)

KERJA PRAKTEK (D3 dan S1) TUGAS AKHIR (D3) SKRIPSI (S1) BUKU PANDUAN PENULISAN PROPOSAL DAN LAPORAN KERJA PRAKTEK (D3 dan S1) TUGAS AKHIR (D3) SKRIPSI (S1) SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER EL RAHMA YOGYAKARTA DAFTAR ISI Halaman DAFTAR

Lebih terperinci

PANDUAN LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) Tahun Pelajaran

PANDUAN LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) Tahun Pelajaran PANDUAN LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) Tahun Pelajaran 2016-2017 YAYASAN MUZTAHIDIN AL-AYUBI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMK TARUNA TERPADU 1 Jalan Raya Semplak Salabenda Blk Telkom Kabupaten

Lebih terperinci

II. BAGIAN-BAGIAN SKRIPSI. muka, bagian utama dan bagian pelengkap. Bagian-bagian tersebut terdiri dari

II. BAGIAN-BAGIAN SKRIPSI. muka, bagian utama dan bagian pelengkap. Bagian-bagian tersebut terdiri dari II. BAGIAN-BAGIAN SKRIPSI Suatu skripsi pada garis besarnya dapat dibagi atas tiga bagian, yaitu bagian muka, bagian utama dan bagian pelengkap. Bagian-bagian tersebut terdiri dari sub-sub bagian sebagai

Lebih terperinci

Dokumen checklist penulisan naskah skripsi v1.0 / 2 Juli 2015 Checklist penulisan naskah skripsi

Dokumen checklist penulisan naskah skripsi v1.0 / 2 Juli 2015 Checklist penulisan naskah skripsi Dokumen checklist penulisan naskah skripsi v1.0 / 2 Juli 2015 Checklist penulisan naskah skripsi 1 Set Bahasa (Language) untuk seluruh bagian naskah dalam Microsoft Word dengan Bahasa Indonesia 2 Ukuran

Lebih terperinci

Penyusunan Skripsi dengan Tata Cara Penulisannya

Penyusunan Skripsi dengan Tata Cara Penulisannya Penyusunan Skripsi dengan Tata Cara Penulisannya I. Penyusunan Skripsi Penyusunan skripsi, meliputi: A. Bagian Awal, meliputi: 1. Halaman sampul depan Halaman sampul depan memuat: a. Judul skripsi, dibuat

Lebih terperinci

BAB VII PENULISAN HASIL PENELITIAN

BAB VII PENULISAN HASIL PENELITIAN BAB VII PENULISAN HASIL PENELITIAN I. Teknik Penulisan Hasil Penelitian Penyajian hasil penelitian dapat menggunakan tiga macam menurut Tajul Arifin (2005:1) yakni 1. Penyajian verbal, 2. Matematis, dan

Lebih terperinci

III. TATA CARA PENGETIKAN DAN PENJILIDAN. buffalo) yang warnanya disesuaikan dengan kesepakatan fakultas atau jurusan

III. TATA CARA PENGETIKAN DAN PENJILIDAN. buffalo) yang warnanya disesuaikan dengan kesepakatan fakultas atau jurusan III. TATA CARA PENGETIKAN DAN PENJILIDAN 3.1. JENIS DAN UKURAN KERTAS Kertas yang digunakan unuk mengetik makalah khusus harus berukuran kuarto, yaitu 21,5 cm x 28 cm. Kertas sampul digunakan kertas tebal

Lebih terperinci

MATERI KULIAH ELEARNING TATA CARA PENYUSUNAN dan SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN

MATERI KULIAH ELEARNING TATA CARA PENYUSUNAN dan SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN MATERI KULIAH ELEARNING TATA CARA PENYUSUNAN dan SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN Oleh Dr Triana Noor Edwina DS, M.Si Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta TATA CARA PENYUSUNAN BAHAN DAN

Lebih terperinci

PEDOMAN. LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT FMIPA UNY MIPA Research Competition (MRC)2016

PEDOMAN. LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT FMIPA UNY MIPA Research Competition (MRC)2016 PEDOMAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT FMIPA UNY MIPA Research Competition (MRC)2016 A. NAMA LOMBA Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat FMIPA UNY MIPA Research Competition (MRC) 2016 B. TEMA "Inovasi dan

Lebih terperinci

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS UDAYANA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN Kode Dok. F-PL-08-01-01 Revisi 0 Kampus Bukit Jimbaran Phone (0361) 701 801, 701 803, Fax; (0361) 701 801 DIAGRAM ALIR PROSES PENELITIAN DI PS. ITP Pengumuman Pengajuan Penelitian Pembentukan Panitia Seleksi

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PENULISAN KARYA ILMAH / TUGAS AKHIR UJIAN KOMPREHENSIF AMIK POLIBISNIS

PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PENULISAN KARYA ILMAH / TUGAS AKHIR UJIAN KOMPREHENSIF AMIK POLIBISNIS PANDUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PENULISAN KARYA ILMAH / TUGAS AKHIR UJIAN KOMPREHENSIF AMIK POLIBISNIS AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER AMIK POLIBISNIS MEDAN 2012 AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIK

Lebih terperinci

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR

PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR PANDUAN PENYUSUNAN PROPOSAL TUGAS AKHIR STIE MIKROSKIL MEDAN 2016 1 ISI PROPOSAL TUGAS AKHIR Isi dari Proposal Tugas Akhir terdiri dari: 1. Latar belakang Latar belakang menguraikan tentang masalah yang

Lebih terperinci

Tutorial Penyusunan Skripsi

Tutorial Penyusunan Skripsi Tutorial Penyusunan Skripsi A. Bagian Awal Bagian awal mencakup halaman sampul depan, halaman judul, halaman pengesahan, prakata, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, arti lambang

Lebih terperinci

PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI POLITEKNIK CALTEX RIAU TAHUN 2015

PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI POLITEKNIK CALTEX RIAU TAHUN 2015 Karya Tulis Ilmiah a. Pengertian PANDUAN PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI POLITEKNIK CALTEX RIAU TAHUN 2015 Karya tulis Ilmiah yang dimaksud dalam pedoman ini merupakan tulisan ilmiah yang

Lebih terperinci