PETUNJUK MANUAL SIAP HUKUM UNTUK SKPD

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PETUNJUK MANUAL SIAP HUKUM UNTUK SKPD"

Transkripsi

1 PETUNJUK MANUAL SIAP HUKUM UNTUK SKPD A. TAHAPAN PENGAJUAN KEPUTUSAN BUPATI BARU 1. Login aplikasi sesuai akun terdaftar. - Setelah membuka halaman siaphukum.indramayukab.go.id klik menu login. - Masukkan Username dan Password. 2. Setelah berhasil login, pilih sub menu Menu SKPD -> Ajukan KEPBUP Baru.

2 3. Tahap selanjutnya, mengisi komponen-komponen pengajuan KEPBUP. - Form input pertama adalah input Tentang. Setelah mengisi perihal tentang kepbup baru yang diajukan, klik 'Next'. Akan muncul peringatan seperti berikut : Peringatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan user agar memastikan input yang diketikkan sudah benar. Peringatan ini juga akan muncul di setiap tombol next yang di klik. Kalau sudah yakin tidak ada kesalahan input, klik 'OK'. - Input kedua adalah Menimbang.

3 Ketikkan isi menimbang kepbup yang diajukan. Klik 'TAMBAH'. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini. Artinya, input menimbang yang telah diketikkan sudah ter-record dalam sistem. Klik 'OK'. Akan muncul tampilan seperti berikut, Jika ingin menambah isi menimbang, user tinggal mengetikkan isi menimbang di dalam kolom yang tersedia, kemudian klik 'TAMBAH'. Secara otomatis tabel akan menampilkan juga hasil inputan yang baru.

4 Dalam tabel daftar menimbang terdapat kolom 'Aksi'. Terdapat dua tombol 'Ubah' dan 'Hapus'. Jika user mendapati kesalahan pengetikan atau menghendaki perubahan, Klik tombol 'Ubah'. Contoh: user akan merubah value kedua. Klik 'Ubah' pada baris kedua. Tampilannya sebagai berikut.

5 Misalkan user akan menambahkan kalimat "yang dipilih oleh Kepala Bagian." Lalu klik tombol 'Ubah' berwarna sistem. merah. Data akan tersimpan dalam

6 Jika user akan menghapus isi menimbang klik tombol 'Hapus' pada kolom aksi, maka data akan terhapus. Setelah user selesai melakukan input Menimbang, klik 'Next'. - Input Ketiga adalah Mengingat. Setelah klik 'Next' pada input menimbang, akan muncul tampilan sebagai berikut. Pada input Mengingat, user bisa mencari dasar hukum untuk dijadikan bahan mengingat pada box pencarian yang terdapat disebelah kanan form input. User hanya mengetikkan kata kunci pada box tersebut, sistem akan menampilkan dasar hukum terkait kata kunci yang diketikkan. Misalkan user mengajukan Kepbup baru tentang pengadaan barang dan jasa, ketikkan kata 'barang' di box pencarian, maka sistem akan secara otomatis menampilkan perundang-undangan yang berkaitan dengan barang. Berikut tampilannya.

7 Pengadaan barang dan jasa diatur dalam Peraturan Presiden No. 54 Tahun User memilih Jenis, Tahun, dan Nomor dasar hukum yang disediakan di form input mengingat.

8 Kemudian klik 'Tambah'. Berikut tampilan selanjutnya. Berbeda dengan input Menimbang, kolom aksi pada input Mengingat hanya terdapat tombol 'Hapus', jadi ketika user salah melakukan input, hapus dasar peraturan yang sudah tersimpan, lalu input ulang. Setelah user selesai melakukan input Mengingat, klik 'Next'. - Input keempat adalah Memperhatikan. Metode pengisian input Memperhatikan sama dengan pengisian input Menimbang. Jika tidak ada isi Memperhatikan, langsung klik 'Next'.

9 - Input kelima adalah Memutuskan. User langsung mengetikkan isi memutuskan ke dalam format penulisan yang telah disediakan. Jika user ingin menambahkan baris untuk isi memutuskan. Caranya yaitu arahkan dan klik pada baris terakhir. POINTER

10 Akan muncul simbol, arahkan pointer/mouse pada segitiga yang mengarah ke bawah, lalu klik, maka hasilnya akan seperti ini. Bertambah satu baris. Untuk Tembusan, jika terdapat tembusan langsung diketikkan, kalau tidak ada hapus. Pengisian form Memutuskan ini layaknya mengetik di Ms. Word. Setelah pengisian isi Memutuskan selesai. Klik 'Next'. - Input Keenam adalah Lampiran. Pengisian form Lampiran sama halnya dengan form Memutuskan. Setelah selesai klik 'SIMPAN'.

11 Kemudian sistem akan menampilkan informasi bahwa Kepbup yang diajukan telah ter-record dalam sistem. Selanjutnya sistem akan secara otomatis menampilkan tabel pengajuan Kepbup baru yang dilakukan oleh user. Daftar pengajuan Kepbup yang ditampilkan adalah data pengajuan Kepbup berdasarkan user yang login. Jadi user juga dapat melihat history pengajuan Kepbup yang telah diajukan. Sampai pada tahap ini, user tinggal menunggu proses koreksi oleh bagian hukum.

12 B. TAHAPAN REVISI KEPUTUSAN BUPATI BARU Seperti yang telah tersebutkan diatas, setelah user SKPD berhasil menginput usulan Keputusan Bupati baru. Sistem akan secara otomatis mengalihkan tampilan aplikasi ke halaman berikut, Penjelasan : 1. Informasi pemohon. 2. Tampilan jika Kepbup yang diajukan dalam tahap pengoreksian. 3. Tampilan jika Kepbup yang diajukan telah lulus tahap koreksi. 4. Link download file Kepbup, untuk di-print dan dibubuhi cap basah paraf berjenjang. Jika status pengajuan belum lulus tahap pengoreksian, link download belum aktif (gelap). 5. Informasi paraf berjenjang. Untuk memantau proses pengajuan Kepbup. Tahapan revisi Kepbup adalah sebagai berikut: 1. Untuk melihat hasil koreksi yang dilakukan oleh bagian hukum, klik tombol merah pada kolom Review Kasubbag pada tabel History Data Pengajuan Kepbup. 2. Setelah di klik, aplikasi akan membuka halaman pada jendela baru browser, tampilannya sebagai berikut:

13 Tampilan diatas menunjukan belum ada koreksi dari bagian hukum. Koreksi yang dilakukan oleh bagian hukum bisa melalui 2 cara : a. Jika terdapat kesalahan-kesalahan yang bersifat redaksional seperti kesalahan pengetikan, kesalahan tanda baca, dll. Bagian Hukum bisa merevisi langsung Kepbup baru yang diajukan. b. Jika terdapat kesalahan yang perlu revisi langsung oleh SKPD sebagai pemohon, Bagian Hukum akan meng-upload file pdf yang didalamnya sudah terdapat keterangan-keterangan terkait hal-hal yang perlu direvisi. Dibawah ini contoh tampilan halaman koreksi yang sudah terdapat file upload oleh Bagian Hukum. Kemudian, SKPD men-download file tersebut dengan mengklik link di dalam lingkaran merah seperti pada gambar diatas. File download tersebut sebagai referensi untuk mengedit data Kepbup yang diajukan.

14 3. Mengedit data Kepbup yang diajukan sesuai dengan instruksi Bagian Hukum. Cara mengeditnya dengan mengklik tombol Koreksi Data pada halaman koreksi. Kemudian, user akan diarahkan ke halaman edit, berikut tampilan halaman edit. Pengisian form edit, cara dan prosedurnya kurang lebih hampir sama dengan ketika user melakukan input data. Yang membedakan adalah pada pengisian kolom-kolom unsur Kepbup sudah terisi data yang sebelumnya, user tinggal merubah sesuai instruksi yang diberikan.

15 Sampai pada tahap akhir proses mengubah data pengajuan. Untuk melanjutkan proses selanjutnya klik SELESAI untuk menyimpan perubahan. Setelah tahap ini SKPD/user, kembali menunggu hasil koreksi yang dilakukan oleh Bag. Hukum. Jika terdapat koreksi lagi maka lankah revisi kembali ke point 2. Namun jika sudah tidak ada lagi revisi, maka Bagian Hukum menyatakan pengajuan lulus revisi, tandanya pada tabel List Pengajuan Kepbup pada kolom Review Kasubbag statusnya berganti menjadi Review Sukses. Secara otomatis pula link download file pdf yang berada kolom sebelahnya akan aktif. 4. Mendownload / mencetak file pdf yang telah lulus koreksi, dengan cara mengklik tombol yang tersedia di pojok kanan atas tampilan file pdf, untuk dibubuhi stempel basah dan diserahkan ke Bagian Hukum.

16 5. Memantau paraf berjenjang dengan melihat ceklis paraf pada tabel List Pengajuan Kepbup.

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM PENGADAAN LANGSUNG UGM UNTUK USER PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM PENGADAAN LANGSUNG UGM UNTUK USER PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM PENGADAAN LANGSUNG UGM UNTUK USER PEJABAT PENGADAAN Login Dimulai dari Halaman Depan, klik login Login sebagai Pejabat Pengadaan (PP) dengan cara masukkan Username dan Password

Lebih terperinci

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) Daftar Isi

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) Daftar Isi Daftar Isi 1.1. Persiapan Web... 1 1.1.1. Membuka Aplikasi Web... 1 1.1.2. Login Aplikasi... 2 1.1.3. Logout Aplikasi... 3 1.2. Home... 5 1.2.1. Resume Kabupaten... 5 1.2.2. Resume Kecamatan... 5 1.3.

Lebih terperinci

UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS

UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS Software User Manual Sistem Informasi gtjurnal Panduan Bagi Pengguna Portal Jurnal UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS Daftar Isi Daftar Isi... 2 1. Pendahuluan... 3 1.1 Identifikasi... 3 1.2 Gambaran Sistem...

Lebih terperinci

PANDUAN POKOK PIKIRAN

PANDUAN POKOK PIKIRAN PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Pokok Pikiran ini dibuat untuk tujuan sebagai

Lebih terperinci

PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) APLIKASI SIMRENBANGDA KABUPATEN BANJARNEGARA

PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) APLIKASI SIMRENBANGDA KABUPATEN BANJARNEGARA PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) KABUPATEN BANJARNEGARA Untuk melakukan pengentrian data usulan anggota DPRD terlebih dahulu harus masuk ke dalam aplikasi. Untuk masuk ke

Lebih terperinci

PANDUAN MUSRENBANG DESA / KELURAHAN

PANDUAN MUSRENBANG DESA / KELURAHAN PANDUAN MUSRENBANG DESA / KELURAHAN APLIKASI PERENCANAAN KABUPATEN LANGKAT perencanaan.langkatkab.go.id PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen panduan Aplikasi Musrenbang Desa/Kelurahan ini

Lebih terperinci

PETUNJUK LOGIN PRODI S3 ILMU TEKNIK DAN PENGGUNAAN SISTEM E-REGISTRASI UNIVERSITAS UDAYANA

PETUNJUK LOGIN PRODI S3 ILMU TEKNIK DAN PENGGUNAAN SISTEM E-REGISTRASI UNIVERSITAS UDAYANA PETUNJUK LOGIN PRODI S3 ILMU TEKNIK DAN PENGGUNAAN SISTEM E-REGISTRASI UNIVERSITAS UDAYANA 1. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman situs imissu terlebih dahulu dengan cara ketik

Lebih terperinci

USER GUIDE E-NARSUM SKYRIM DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA

USER GUIDE E-NARSUM SKYRIM DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA USER GUIDE E-NARSUM SKYRIM DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA Daftar isi I. Login... 4 II. Surat Keluar... 5 A. Pembuatan Surat Keluar E-narsum... 5 1. Proses Pembuatan Konsep Surat

Lebih terperinci

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) Daftar Isi

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) Daftar Isi Daftar Isi 1.1. Persiapan Web... i 1.1.1. Membuka Aplikasi Web... 1 1.1.2. Login Aplikasi... 2 1.1.3. Logout Aplikasi... 3 1.2. Home... 4 1.2.1. Resume Kecamatan... 4 1.3. Data Master... 5 1.3.1. Daftar

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Asesor Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Akreditasi Tutorial ini akan memberikan pemahman kepada Asesor bagaimana

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA

BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA BUKU PANDUAN UNTUK PENGGUNA WEB-BASE SISTEM PELAPORAN ON LINE PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI AREAL KONSESI MITRA Buku Panduan untuk Pengguna - Web-Base Sistem Pelaporan On Line Pengendalian

Lebih terperinci

LANGKAH LANGKAH PENGGUNAAN WEBSITE SISTEM PENYAMPAIAN DATA LELANG

LANGKAH LANGKAH PENGGUNAAN WEBSITE SISTEM PENYAMPAIAN DATA LELANG LANGKAH LANGKAH PENGGUNAAN WEBSITE SISTEM PENYAMPAIAN DATA LELANG 1. Silahkan ketikkan nama domain www.sipedal-landakkab.com pada browser Anda. 2. Halaman beranda website seperti gambar di bawah ini :

Lebih terperinci

Masukkan username dan password yang telah dimiliki serta input captcha di dalam kolom seperti contoh gambar di bawah ini :

Masukkan username dan password yang telah dimiliki serta input captcha di dalam kolom seperti contoh gambar di bawah ini : USER PEGAWAI MASUK KE SIMPEG Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman situs IMISSU terlebih dahulu dengan cara ketik : https://imissu.unud.ac.id/ Masukkan username dan password yang

Lebih terperinci

APRIL 26, 2016 USER GUIDE E-SURAT V2 ELEKTRONIK SURAT VERSI 2 APLIKASI & TELEMATIKA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA

APRIL 26, 2016 USER GUIDE E-SURAT V2 ELEKTRONIK SURAT VERSI 2 APLIKASI & TELEMATIKA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA APRIL 26, 2016 USER GUIDE E-SURAT V2 ELEKTRONIK SURAT VERSI 2 APLIKASI & TELEMATIKA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PEMERINTAH KOTA SURABAYA Daftar Isi I. Login... 4 II. Profil Saya... 5 1. Struktural

Lebih terperinci

Teknis Pengelolaan Website Fakultas Universitas Tanjungpura

Teknis Pengelolaan Website Fakultas Universitas Tanjungpura Teknis Pengelolaan Website Fakultas Universitas Tanjungpura A. Halaman Login 1. Pada halaman ini di suruh memasukkan username dan password untuk login. 2. Anda bisa mengaksesnya dengan mengetikan nama_fakultas.ac.id/login

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Asesor Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Akreditasi Tutorial ini akan memberikan pemahman kepada Asesor bagaimana

Lebih terperinci

PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL

PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL Handout PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL Disusun oleh : TIM TEKNIS UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA 2016 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Pendahuluan... 3 1. Identifikasi... 3 2. Gambaran Sistem...

Lebih terperinci

Kinerja Intansi Pemerintah Kabupaten Tulungagung

Kinerja Intansi Pemerintah Kabupaten Tulungagung Sistem Informasi Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah Kabupaten Tulungagung User Manual Guide Modul SKPD LOGIN Setting Penanggung Jawab 1) Visi dan Misi 2) Tujuan 3) Sasaran 4) Strategi 5) Program

Lebih terperinci

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 1. LOGIN... 2 1.1 REGISTER... 2 1.2 MERUBAH DATA PROFILE USER... 3 1.3 LOGIN... 5 2. PERMOHONAN... 7 2.1 PENGAJUAN

Lebih terperinci

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA 2018 USER MANUAL SATKER APLIKASI e-planning BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA DAFTAR ISI PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI E-PLANNING... 2 USER PRODI... 4 Mengubah

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM

PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM PANDUAN PENGGUNAAAN e-memo PEMERINTAH KOTA BATAM DAFTAR ISI 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Halaman Login Halaman Penginputan Surat Keluar Halaman Penginputan Surat Masuk Non-SKPD Halaman Tampilan Tabel Surat

Lebih terperinci

Gambar 1. Tampilan Awal Sistem

Gambar 1. Tampilan Awal Sistem Tampilan Awal Sistem SIMAWA dapat diakses dengan mengetikkan URL simawa.ipb.ac.id pada halaman browser masing-masing pengguna. Kemudian akan muncul tampilan awal SIMAWA seperti yang terlihat pada Gambar

Lebih terperinci

- Setelah aplikasi terbuka, klik kanan kemudian pilih run

- Setelah aplikasi terbuka, klik kanan kemudian pilih run - Buka aplikasi netbeans 7.0.1 - Pilih file open CARA MENJALANKAN PROGRAM - Pilih lokasi aplikasi berada - Setelah aplikasi terbuka, klik kanan kemudian pilih run Akan muncul halaman login seperti berikut:

Lebih terperinci

SOP Aplikasi E-budgeting Level SKPD

SOP Aplikasi E-budgeting Level SKPD SOP Aplikasi E-budgeting Level SKPD E-budgeting adalah sistem yang dikembangkan untuk merencanakan anggaran daerah. Dengan tujuan memberikan SOP dalam proses penyusunan APBD dan juga perubahannya di Provinsi

Lebih terperinci

Bappeda Kabupaten Langkat

Bappeda Kabupaten Langkat PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen Panduan Aplikasi Musrenbang Kecamatan ini dibuat untuk tujuan sebagai berikut : Menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi Musrenbang Kecamatan

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Persuratan (E-Letter) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Persuratan (E-Letter) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Persuratan (E-Letter) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 14 Daftar Isi Admin...3 1. Login... 3 2. Halaman Utama... 3 3. Profil Pengguna... 4 4. Proses... 4 4.1

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 Untuk Operator Sekolah Dasar Modul 1 Registrasi, Login, Ubah Profil, dan Logout A. Registrasi 1. Buka web browser dan ketikkan pada url kurtilas.org/register.

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan. e-licensing. User External Versi 0.0.2

Petunjuk Penggunaan. e-licensing. User External Versi 0.0.2 Petunjuk Penggunaan e-licensing User External Versi 0.0.2 Daftar Isi Daftar Revisi... 4 1. Pendahuluan... 5 1.1 Latar Belakang... 5 1.2 Sebelum Memulai... 5 1.2.1 Kebutuhan Minimum... 5 1.2.2 Tombol, Notasi

Lebih terperinci

MEMULAI MENGGUNAKAN APLIKASI SIMPEG

MEMULAI MENGGUNAKAN APLIKASI SIMPEG MEMULAI MENGGUNAKAN APLIKASI SIMPEG 1. Untuk memulai menggunakan aplikasi Sistim Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Kab. Lombok Utara ini, silahkan ketikan alamat http://bkdpsdm.lombokutarakab.go.id/simpeg

Lebih terperinci

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA 1 Sistem Informasi Kemiskinan dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan dalam penanggulangan kemiskinan secara

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PETUNJUK PENGGUNAAN SI PINJAMAN ALAT LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 1. Buka Browser anda, kemudian ketikkan alamat silab.uny.ac.id lalu tekan Enter. SI Pinjaman Alat Laboratorium akan terbuka

Lebih terperinci

manual aplikasi e-planning pendis

manual aplikasi e-planning pendis manual aplikasi e-planning pendis http://pendis.kemenag.go.id/eplanning Langkah-langkah mengakes aplikasi e-planning : Buka browser dan ketik alamat di url : http://pendis.kemenag.go.id/eplanning Maka

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User Kecamatan)

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User Kecamatan) DAFTAR ISI A.- Persyaratan Penggunaan Aplikasi E-Planning ---------------------------------------------------- 1 1.----Kebutuhan Sistem ------------------------------------------------------------------------------------

Lebih terperinci

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan...

8. Berita Daftar Berita Tambah Berita Pengumuman Daftar Pengumuman Tambah Data Pengumuman Kotak Pesan... 2 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 TUTORIAL APLIKASI ABSENKU... 4 A. ADMIN... 4 Membuka Halaman Depan... 4 1. Menu User... 6 Ganti Password... 6 2. Pengolahan Data Murid... 6 Tambah Data... 8 Import Data Murid...

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI KURIKULUM 2013 Untuk Guru Sekolah Dasar Modul 1 Login, Ubah Profil, dan Logout Sebelum menggunakan Sistem Informasi Kurikulum 2013 ini, guru (wali kelas) diwajibkan

Lebih terperinci

PANDUAN TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING DIREKTORAT JENDERAL IMIGRASI KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

PANDUAN TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING DIREKTORAT JENDERAL IMIGRASI KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA PANDUAN TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI PELAPORAN ORANG ASING DIREKTORAT JENDERAL IMIGRASI KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA 1. Halaman Utama Aplikasi Pelaporan Orang Asing Aplikasi Pelaporan Orang

Lebih terperinci

PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PLANNING KOTA PEMATANGSIANTAR

PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PLANNING KOTA PEMATANGSIANTAR PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PLANNING KOTA PEMATANGSIANTAR 1 A. Pendahuluan 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Pokok Pikiran ini dibuat untuk tujuan sebagai wujud dari kedaulatan

Lebih terperinci

Sistem Informasi Management Dosen Universitas Udayana Page 1

Sistem Informasi Management Dosen Universitas Udayana Page 1 Sistem Informasi Management Dosen Universitas Udayana Page 1 PETUNJUK UNTUK MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI MANAGEMENT DOSEN UNIVERSITAS UDAYANA 1. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman

Lebih terperinci

USER MANUAL UKM PANGAN AWARD Kementerian Perdagangan TIM PENYUSUN SUBDIT PENGEMBANGAN PRODUK LOKAL DIREKTORAT PERDAGANGAN DALAM NEGERI

USER MANUAL UKM PANGAN AWARD Kementerian Perdagangan TIM PENYUSUN SUBDIT PENGEMBANGAN PRODUK LOKAL DIREKTORAT PERDAGANGAN DALAM NEGERI Kementerian Perdagangan USER MANUAL UKM PANGAN AWARD 2017 TIM PENYUSUN SUBDIT PENGEMBANGAN PRODUK LOKAL DIREKTORAT PERDAGANGAN DALAM NEGERI DAFTAR ISI 1. Pendaftaran ( Pemilik )... 2 2. Data Usaha ( Pemilik

Lebih terperinci

PANDUAN POKOK PIKIRAN

PANDUAN POKOK PIKIRAN PANDUAN POKOK PIKIRAN APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA Eperencanaan.Limapuluhkotakab.Go.Id 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Pokok Pikiran ini dibuat

Lebih terperinci

PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN

PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN PANDUAN MUSRENBANG DESA/KELURAHAN APLIKASI E-MUSRENBANG KABUPATEN BENGKULU SELATAN EMUSRENBANG.BENGKULUSELATANKAB.GO.ID PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang

Lebih terperinci

PETUNJUK LOGIN BAA DAN PENGGUNAAN SISTEM E- REGISTRASI UNIVERSITAS UDAYANA

PETUNJUK LOGIN BAA DAN PENGGUNAAN SISTEM E- REGISTRASI UNIVERSITAS UDAYANA PETUNJUK LOGIN BAA DAN PENGGUNAAN SISTEM E- REGISTRASI UNIVERSITAS UDAYANA 1. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman situs imissu terlebih dahulu dengan cara ketik : https://imissu.unud.ac.id/

Lebih terperinci

Manual Book PERMOHONAN LEGALISASI UNTUK PEMOHON

Manual Book PERMOHONAN LEGALISASI UNTUK PEMOHON Manual Book PERMOHONAN LEGALISASI UNTUK PEMOHON DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA TAHUN 2018 DAFTAR ISI REGISTRASI AKUN... 3 1. Registrasi Legalisasi...

Lebih terperinci

PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS

PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS PANDUAN SIPTL EXTERNAL (SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT) UNTUK ENTITAS DAFTAR ISI Daftar perubahan manual SIPTL External... 2 Pendahuluan... 5 Tentang Aplikasi... 5 Kebutuhan Perangkat... 5 Fitur

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive [Modul Mahasiswa] Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive [Modul Mahasiswa] Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Mahasiswa 1. Buka browser (sangat dianjurkan browser google chrome) 2. Masuk login ke Single Sign On (SSO) yaitu fasilitas login satu pintu dimana

Lebih terperinci

[MANUAL APLIKASI EDABU- BADAN USAHA] Aplikasi Elektronik Pendataan Badan Usaha (edabu) berbasis web ( web base) dibangun

[MANUAL APLIKASI EDABU- BADAN USAHA] Aplikasi Elektronik Pendataan Badan Usaha (edabu) berbasis web ( web base) dibangun 2014 [MANUAL APLIKASI EDABU- BADAN USAHA] Aplikasi Elektronik Pendataan Badan Usaha (edabu) berbasis web ( web base) dibangun untuk mendukung bisnis proses pemasaran BPJS-KESEHATAN. I. PENDAHULUAN Aplikasi

Lebih terperinci

APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE

APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE I. LOGIN APLIKASI Pada saat aplikasi dibuka maka akan muncul halaman login yang mengharuskan pengguna aplikasi untuk memasukkan ID Pemakai dan Password lalu klik tombol

Lebih terperinci

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin)

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) 143 Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) Gambar di atas merupakan halaman kategori download (buat baru). Pada menu kategori download (buat baru) diatas digunakan untuk menambahkan kategori

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN 4.1 Implementasi Sistem 4.1.1 Desain Program 1. Form Login Halaman pertama yang akan di tampilkan pada aplikasi ini adalah form login. Form login diperlukan untuk bisa

Lebih terperinci

MANUAL BOOK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA LAINNYA PERORANGAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

MANUAL BOOK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA LAINNYA PERORANGAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA 2016 MANUAL BOOK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENYEDIA JASA LAINNYA PERORANGAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA DAFTAR ISI Daftar Isi... i Memulai Aplikasi... 2 User Operator... 3 Menu Dashboard... 3 Menu

Lebih terperinci

TUTORIAL MUSRENBANG KECAMATAN. APLIKASI E-PLANNING KABUPATEN ASAHAN

TUTORIAL MUSRENBANG KECAMATAN. APLIKASI E-PLANNING KABUPATEN ASAHAN TUTORIAL MUSRENBANG KECAMATAN APLIKASI E-PLANNING KABUPATEN ASAHAN http://eplanning.asahankab.go.id PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kecamatan ini dibuat

Lebih terperinci

Untuk dapat memasuki aplikasi KUTAHU e-learning system anda Pertama-tama memasuki login. Login ini dimaksudkan untuk memasuki sistem aplikasi.

Untuk dapat memasuki aplikasi KUTAHU e-learning system anda Pertama-tama memasuki login. Login ini dimaksudkan untuk memasuki sistem aplikasi. BUKU MANUAL SELAYANG PANDANG Secara umum aplikasi ini mempunyai tiga bagian utama, dimana masing-masing bagian tersebut mempunyai fasilitas-fasilitas yang berbeda-beda. Ketiga bagian tersebut adalah :

Lebih terperinci

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS WEB SISTEM INFORMASI UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS WEB SISTEM INFORMASI UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS WEB SISTEM INFORMASI UNIT LAYANAN PENGADAAN (ULP) PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN 2013 A. Petunjuk Untuk Admin ULP 1. Login Awal Untuk masuk ke menu admi sebagai administrator

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP

PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP SUB BAGIAN DATA DAN INFORMASI BAGIAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN KATA PENGANTAR Dalam rangka mempermudah pengelolaan/penataan surat di

Lebih terperinci

Sistem Informasi Wisuda Page 1

Sistem Informasi Wisuda Page 1 Sistem Informasi Wisuda Page 1 PETUNJUK LOGIN BAA DAN VERIFIKASI PENDAFTARAN WISUDAWAN UNIVERSITAS UDAYANA 1. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman situs imissu terlebih dahulu

Lebih terperinci

BUKU MANUAL TSP/CSR KAB. MOJOKERTO

BUKU MANUAL TSP/CSR KAB. MOJOKERTO BUKU MANUAL TSP/CSR KAB. MOJOKERTO 1. Halaman Utama Buka website TSP/CSR Kab. Mojokerto melalui browser dan berikut adalah tampilan halaman utama. Halaman Utama Website TSP 2. Pendaftaran Anggota Perusahaan

Lebih terperinci

USER MANUAL. User Manual Surat Pesetujuan Berlayar (Online) TAHUN 2015 DISUSUN OLEH. Hal 2 dari 60

USER MANUAL. User Manual Surat Pesetujuan Berlayar (Online) TAHUN 2015 DISUSUN OLEH. Hal 2 dari 60 Hal 1 dari 60 USER MANUAL User Manual Surat Pesetujuan Berlayar (Online) DISUSUN OLEH TAHUN 2015 Hal 2 dari 60 KATA PENGANTAR Puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Alloh SWT, atas rahmat dan karunia-nya

Lebih terperinci

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Alamat Akses D. Pengguna II. Alur Kerja III. Masuk Sistem...

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Alamat Akses D. Pengguna II. Alur Kerja III. Masuk Sistem... DAFTAR ISI I. Pendahuluan... 3 A. Maksud dan Tujuan... 3 B. Fungsi... 3 C. Alamat Akses... 3 D. Pengguna... 3 II. Alur Kerja... 4 III. Masuk Sistem... 4 A. Petunjuk Pemakaian... 4 B. Login... 4 C. Cara

Lebih terperinci

CARA PENGGUNAAN WEBSITE

CARA PENGGUNAAN WEBSITE CARA PENGGUNAAN WEBSITE PUSAT PENGEMBANGAN KEUANGAN DAN EKONOMI DAERAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN A. Login 1. Buka browser (Ex: Mozilla Forefox, Google Chrome, dll) 2. Ketikkan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SASARAN KERJA PEGAWAI

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SASARAN KERJA PEGAWAI PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SASARAN KERJA PEGAWAI UNTUK TENAGA KEPENDIDIKAN APRIL, 2017 DIREKTORAT KEPEGAWAIAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG DAFTAR ISI 1. Skema Proses... 1 2. Membuka Aplikasi...

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LHKASN.

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LHKASN. PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LHKASN http://lhkasn.kemenkumham.go.id INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI TA. 2017 DAFTAR ISI HALAMAN UTAMA 1 PENDAFTARAN 3 LUPA KATA SANDI 6 MASUK/LOGIN APLIKASI

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SITUS

PETUNJUK PENGGUNAAN SITUS Untuk masuk kedalam situs e-rekrutmen BPPT, silahkan membuka browser internet anda dan ketik alamat situs yang dituju yaitu http://lowongan.bppt.go.id. Tampilan pertama pada modul ini adalah sebagai berikut

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User SKPD)

DAFTAR ISI. Panduan Penggunaan Pengadaan Software Dan Aplikasi E-Planning (User SKPD) DAFTAR ISI A.- Persyaratan Penggunaan Aplikasi E Planning --------------------------------------------------.----Kebutuhan Sistem ------------------------------------------------------------------------------------

Lebih terperinci

1. Pendahuluan. 2. Cara Akses, Start Page, dan Beranda

1. Pendahuluan. 2. Cara Akses, Start Page, dan Beranda 1. Pendahuluan User manual ini dibuat untuk menggambarkan dan menjelaskan proses penggunaan Intra LIPI baru untuk pengguna (user). Intra LIPI merupakan sistem informasi untuk kebutuhan Layanan Internal

Lebih terperinci

USER MANUAL SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI ELEKTRONIK KABUPATEN BLORA. Panduan bagi Pengguna Aplikasi E-MONEV Kab. Blora

USER MANUAL SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI ELEKTRONIK KABUPATEN BLORA. Panduan bagi Pengguna Aplikasi E-MONEV Kab. Blora USER MANUAL SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI ELEKTRONIK KABUPATEN BLORA Panduan bagi Pengguna Aplikasi E-MONEV Kab. Blora Pemerintah Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah 2017 1. Pendahuluan Sistem

Lebih terperinci

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah

Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II. bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah PENDAHULUAN Aplikasi Tata Persuratan Berbasis Web Perum Jasa Tirta II bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di setiap Unit Kerja, sebuah program aplikasi yang dapat mengukur tingkat kualitas kinerja sebuah

Lebih terperinci

KELENGKAPAN KERJA LANGKAH KERJA. 1. Buka browser internet ketik URL

KELENGKAPAN KERJA LANGKAH KERJA. 1. Buka browser internet ketik URL KELENGKAPAN KERJA 1. PC Dekstop, Laptop, Netbook, HP Android 2. Koneksi Internet 3. SK Tim PKG Sekolah 4. Hasil Penilain PKG 5. Data PTK (File Excel) hasil unduhan dari Aplikasi Dapodik yang sudah di Save

Lebih terperinci

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan

Lebih terperinci

PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN

PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN PANDUAN MUSRENBANG KECAMATAN APLIKASI E-PERENCANAAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA Eperencanaan.limapuluhkotakab.go.id 0 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kecamatan

Lebih terperinci

GUIDE BOOK BANGSEMAR GERBANG SEMINAR

GUIDE BOOK BANGSEMAR GERBANG SEMINAR GUIDE BOOK BANGSEMAR GERBANG SEMINAR USDI UNIVERSITAS UDAYANA 2017 DAFTAR ISI DESKRIPSI BANGSEMAR... 2 FITUR-FITUR BANGSEMAR... 2 MENGAKSES BANGSEMAR... 3 LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN SISTEM... 5 MENGELOLA

Lebih terperinci

Manual Book DIGITAL OFFICE KOTA BOGOR. Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor

Manual Book DIGITAL OFFICE KOTA BOGOR. Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor Manual Book DIGITAL OFFICE KOTA BOGOR Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Bogor LANDASAN TEORI Manual Digital Office Digital Office dibuat dengan merumuskan permasalahan yang ada pada bidang pemerintah

Lebih terperinci

Gambar 1. Tampilan awal/ login user id

Gambar 1. Tampilan awal/ login user id PENDAHULUAN Aplikasi Pendataan Ujian Nasional tahun 2012/2013 jenjang SMA/MA dan SMK, ini adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Ujan Nasional tahun 2012/2013. Aplikasi

Lebih terperinci

User Manual PENELITIAN. Sistem Informasi LPPM (SI LPPM) Universitas Katolik Parahyangan

User Manual PENELITIAN. Sistem Informasi LPPM (SI LPPM) Universitas Katolik Parahyangan 2016 User Manual Sistem Informasi LPPM (SI LPPM) PENELITIAN Dokumen ini membahas petunjuk penggunaan Sistem Informasi LPPM. Universitas Katolik Parahyangan User Manual Sistem Informasi LPPM Agustus September

Lebih terperinci

BADAN NARKOTIKA NASIONAL BIRO PERENCANAAN

BADAN NARKOTIKA NASIONAL BIRO PERENCANAAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL BIRO PERENCANAAN DRAFT USER MANUAL BOOK BADAN NARKOTIKA NASIONAL BIRO PERENCANAAN Jl. MT. Haryono No. Cawang, Jakarta Timur 0 HALAMAN AWAL. Sekilas berita tentang Biro Perencanaan

Lebih terperinci

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen

Software User Manual. Portal Akademik. Panduan Bagi Dosen Software User Manual Portal Akademik Panduan Bagi Dosen DAFTAR ISI DAFTAR ISI 2 1. Pendahuluan 5 1.1 Tentang Portal Akademik 5 1.2 Tentang Dokumen 5 2. Petunjuk Penggunaan 6 2.1 Login 6 2.2 Halaman Selamat

Lebih terperinci

PRAKATA. Jakarta, September 2015 Tim Penyusun. iii

PRAKATA. Jakarta, September 2015 Tim Penyusun. iii Cover cover i ii PRAKATA Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas perkenan-nya penyusunan user guide ini dapat terlaksana dan diselesaikan. Panduan ini berisi penjelasan secara singkat mengenai penggunaan

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Sekolah. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Sekolah. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Sekolah Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan

Lebih terperinci

PANDUAN BAGI PENELITI UNTUK LAPORAN HARIAN DAN KEMAJUAN PENELITIAN MELALUI APLIKASI SIM-LITABMAS DIKTI

PANDUAN BAGI PENELITI UNTUK LAPORAN HARIAN DAN KEMAJUAN PENELITIAN MELALUI APLIKASI SIM-LITABMAS DIKTI PANDUAN BAGI PENELITI UNTUK LAPORAN HARIAN DAN KEMAJUAN PENELITIAN MELALUI APLIKASI SIM-LITABMAS DIKTI A. CATATAN HARIAN 1. Buka Web Browser dengan URL http://simlitabmas.dikti.go.id 2. Klik Login dengan

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN

BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN BAB IV IMPLEMENTASI PERANCANGAN 4.1 Rancangan Layar Gambar 4.1 Struktur rancangan sistem pengarsipan Surat Ukur secara digital 4.2 Perancangan Database Tahap awal dalam perancangan sistem ini yaitu membuat

Lebih terperinci

USER MANUAL MUSRENBANG KECAMATAN

USER MANUAL MUSRENBANG KECAMATAN USER MANUAL MUSRENBANG KECAMATAN APLIKASI E-PERENCANAAN KOTA MEDAN EPERENCANAAN.PEMKOMEDAN.GO.ID 1 PENDAHULUAN 1.1. Tujuan Pembuatan Dokumen Dokumen user manual Aplikasi Musrenbang Kecamatan ini dibuat

Lebih terperinci

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE

BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE BUKU PANDUAN (MANUAL BOOK) APLIKASI SKP ONLINE Aplikasi SKP Online merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah PNS dalam penyusunan dan penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan aturan-aturan

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SISTEM 4. 1 Implementasi Sistem Atau Aplikasi 4. 1. 1 Spesifikasi Sistem Aplikasi pengolahan jurnal online berbasis web dibuat dengan menggunakan bahasa PHP 5.0 sebagai

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 SISTEM AKADEMIK YARSI Modul Pelatihan Dosen Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 Daftar Isi Contents I. Login... 2 II. Kalender Akademik... 3 III. Menu Penilaian... 4 III.1 Input Nilai...

Lebih terperinci

Panduan Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan dan Evaluasi Program. Modul E-Revisi

Panduan Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan dan Evaluasi Program. Modul E-Revisi Panduan Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan dan Evaluasi Program Modul E-Revisi Lembaga Administrasi Negara Tahun 2017 DAFTAR ISI Login... 1 Menu Navigasi... 2 Menampilkan Daftar Revisi... 3 Menambah

Lebih terperinci

Panduan Pengajuan Proposal Menggunakan Sistem ISRECOD (Information System of Research and Community Development) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Surakarta

Lebih terperinci

User Manual. Sistem Informasi ABK 15 April 2011. Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan. Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan

User Manual. Sistem Informasi ABK 15 April 2011. Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan. Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan User Manual Sistem Informasi ABK 15 April 2011 Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 DAFTAR GAMBAR... 4 HISTORY DOKUMEN... 6

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BEBAS TANGGUNGAN

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BEBAS TANGGUNGAN PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BEBAS TANGGUNGAN Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember 2013 DAFTAR ISI 1 PENGENALAN... 3 1.1 Sibeta... 3 1.2 Pengguna sibeta... 3 2 MENU ADMINISTRATOR...

Lebih terperinci

DOKUMENTASI UNTUK PENGGUNA PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM LAYANAN ROHANIWAN KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TENGAH (UNTUK INSTANSI/SKPD)

DOKUMENTASI UNTUK PENGGUNA PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM LAYANAN ROHANIWAN KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TENGAH (UNTUK INSTANSI/SKPD) PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM LAYANAN ROHANIWAN KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TENGAH (UNTUK INSTANSI/SKPD) Subbagian Informasi dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

Lebih terperinci

MANUAL PENGGUNAAN! SISTEM INFORMASI PERENCANAAN! (SIMPER)!

MANUAL PENGGUNAAN! SISTEM INFORMASI PERENCANAAN! (SIMPER)! MANUAL PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN (SIMPER) PENERIMAAN, BELANJA DAN REALISASI TAHUN ANGGARAN 2015 UNIVERSITAS UDAYANA A. Login ke Sistem Untuk mengakses Sistem Informasi Perencanaan maka pada

Lebih terperinci

Manual Book. Model Pelaporan Online

Manual Book. Model Pelaporan Online Manual Book Model Pelaporan Online Daftar Isi Manual Book MPO 2017... 2 Login... 2 Lupa Password... 2 Profile... 2 Informasi Umum... 2 Akun... 3 Personal Info... 3 Ganti Avatar... 4 Ganti Password... 4

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SPTPD Online DAFTAR ISI

Panduan Penggunaan SPTPD Online DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1.Modul...2 1.1...2 1.1.1Login...2 Deskripsi...2 Langkah-langkah penggunaan...2 1.1.2Profil...4 Deskripsi...4 Langkah langkah penggunaan...4 1.1.3Pelaporan SPTPD...10 Deskripsi...10 Langkah

Lebih terperinci

Petunjuk penggunaan Resertifikasi Online Untuk Admin Verifikator dan Cabang

Petunjuk penggunaan Resertifikasi Online Untuk Admin Verifikator dan Cabang Petunjuk penggunaan Resertifikasi Online Untuk Admin Verifikator dan Cabang Pastikan kondisi internet yang digunakan lancar dan stabil, buka browser yang digunakan, kemudian ketikan alamat web www.idionline.org.

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (SIPPMAS) UNISSULA

MODUL PELATIHAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (SIPPMAS) UNISSULA MODUL PELATIHAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (SIPPMAS) UNISSULA I. Menu Sippmas 1. Halaman Login Halaman untuk mengakses SIPPMAS dengan menggunakan URL : 1. http://sippmas.unissula.ac.id/research/index.php

Lebih terperinci

A. ADMIN. Form Login Admin

A. ADMIN. Form Login Admin A. ADMIN Form Login Admin 1. Kita melakukan login sebagai user tergantung hak akses yang dimiliki masingmasing user (admin, walikelas, guru, dan siswa) dengan menginputkan username & password. Misal :

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SPTPD Online DAFTAR ISI

Panduan Penggunaan SPTPD Online DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1.Modul...2 1.1...2 1.1.1Login...2 Deskripsi...2 Langkah-langkah penggunaan...2 1.1.2Profil...4 Deskripsi...4 Langkah langkah penggunaan...4 1.1.3Pelaporan SPTPD...10 Deskripsi...10 Langkah

Lebih terperinci

User Manual. Sistem Informasi LPPM (SI LPPM) PENELITIAN DANA MANDIRI. Universitas Katolik Parahyangan

User Manual. Sistem Informasi LPPM (SI LPPM) PENELITIAN DANA MANDIRI. Universitas Katolik Parahyangan 2017 User Manual Sistem Informasi LPPM (SI LPPM) PENELITIAN DANA MANDIRI Dokumen ini membahas petunjuk penggunaan Sistem Informasi LPPM. Universitas Katolik Parahyangan User Manual Sistem Informasi LPPM

Lebih terperinci

Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI

Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI Pendaftaran Ujian melalui E-AAMAI Ujian LSPP AAMAI dan AAMAI saat ini dapat dilakukan melalui E-AAMAI pada url berikut : http://eaamai.aamai.or.id atau http://www.aamai.or.id klik Daftar Ujian untuk ujian

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Menu Monitoring Pada SIAKAD

Petunjuk Penggunaan Menu Monitoring Pada SIAKAD Petunjuk Penggunaan Menu Monitoring Pada SIAKAD 1. Kunjungi url https://lptiksiakad.unja.ac.id 2. Login ke siakad menggunakan username dan sandi siakad pribadi. Username menggunakan NIP/NIK. Jika lupa

Lebih terperinci

TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE

TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE Buka website www.dppksurabaya.id 1) Link Register / Pendaftaran. Pilih menu Layanan Wajib Pajak, pilih submenu seperti yang ada dibawah ini : Setelah submenu di pilih

Lebih terperinci

APDOL Kabupaten Sukabumi Page 1

APDOL Kabupaten Sukabumi Page 1 FRONT END Perusahaan 1. Registrasi perusahaan Digunakan jika perusahaan ingin melakukan registrasi sendiri tanpa harus mendatangi kantor. Tahap registrasi ini, perusahaan hanya melakukan 1x saja. a. Pilih

Lebih terperinci