JARINGAN KOMPUTER MODUL 3

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "JARINGAN KOMPUTER MODUL 3"

Transkripsi

1 LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER MODUL 3 Disusun oleh : NAMA : LILIS NURMALA NIM : PRODI : TEKNIK INFORMATIKA B TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KUNINGAN 2013

2 MODUL 3 KONFIGURASI JARINGAN DASAR DAN PERINTAH DASAR JARINGAN UNTUK TROUBLESHOOTING DASAR TEORI Aturan bagaimana komputer saling bertukar data/informasi TCP/IP IPX/SPX Protokol yang paling banyak dipakai saat ini adalah TCP/IP. Protokol TCP/IP merupakan protokol yang melandasi jaringan internet. Protokol ini dimasukkan dalam fiture dalam sistem operasi. Aspek lain yang penting dari TCP/IP adalah membentuk suatu standarisasi dalam komunikasi. Dengan TCP/IP, pengguna tidak perlu lagi memikirkan bentuk fisik jaringan untuk melakukan sebuah komunikasi. TCP/IP dibentuk dalam beberapa lapisan (layer). Dengan dibentuk dalam layer, akan mempermudah untuk pengembangan dan pengimplementasian. Antar layer dapat berkomunikasi ke atas maupun ke bawah dengan suatu penghubung interface. Tiap-tiap layer memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dan saling mendukung layer diatasnya. Pada protokol TCP/IP dibagi menjadi 4 layer, yaitu : 1. Layer Network, berisikan layer phisik dan datalink yang merupakan perangkat keras jaringan. Ethernet bekerja pada layer ini. 2. Layer Internet Protocol, Internet Protocol (IP) adalah protokol yang paling penting. IP memberikan fungsi pengalamatan dan fungsi routing pada jaringan dalam pengiriman data. 3. Layer Transport, Layer transport memberikan fungsi pengiriman data secara end-to-end ke sisi remote. Aplikasi yang beragam dapat melakukan komunikasi secara serentak simulaneously). 4. Layer Aplikasi, sebagai interface user berupa program aplikasi untuk berkomunikasi menggunakan TCP/IP.

3 PRAKTIKUM 1. Jalankan perintah dmesg grep eth! Perintah man dmesg digunakan untuk melihat fungsi dari dmesg. Perintah dmesg grep eth yaitu untuk melihat Ethernet card apakah sudah ada atau belum. 2. Lepaskan kabel jaringan, lakukan perintah sudo mii-tool ketika kabel jaringan di lepaskan lalu melakukan perintah sudo mii-tool maka hasil yang keluar adalah memberi tahukan bahwa link nya belum siap atau tidak ada. 3. Pasangkan lagi kabel jaringan dan lakukan perintah sudo mii-tool! Ketika kabel jaringan dipasang lalu melakukan perintah sudo mii-tool maka hasil yang keluar adalah member informasi bahwa eth1 linknya ok atau terkoneksi. 4. Catat hasil dari perintah lspci sebelum dan sesudah melepaskan kabel!

4 Ketika perintah lspci dienter, hasilnya menampilkan interface jaringan sudah terpasang dan siap digunakan, perintah ini menampilkan atau mengecek pci yang ada atau terpasang. 5. Jalankan perintah arp -a dan catat hasilnya, buka beberapa terminal baru lagi dan jalankan perintah ping no_ip_tujuan. Pada terminal pertama lakukan perintah arp a sekali lagi. Catat hasilnya dan bandingkan dengan hasil arp pertama, analisa hasilnya! Ketika melakukan perintah arp a, menampilkan NIC atau ip address yang terhubung pada computer yang digunakan. Melakukan ping ke ip , dan hasilnya computer yang digunakan terhubungatau terkoneksi ke ip tersebut.

5 Ketika melakukan lagi perintah arp a setelah melakukan ping ke ip , hasilnya menunjukan bahwa computer ini terhubung atau terkoneksi ke computer yang memiliki no ip tersebut. Perbedaan dari arp a yang pertama dan kedua yaitu terlihat ketika kita melakukan perintah ping ke no-ip_tujuan maka pada perintah arp a akan menunjukan bahwa computer ini terkoneksi ke no ip tersebut, tetapi ketika belum melakukan perintah ping ke no ip tersebut maka arp a tidak menampilkan no ip tersebut. 6. Jalankan perintah ifconfig, catat hasilnya. Perintah ini digunakan untuk melihat interface dan alamat dari computer yang digunakan, ip dari computer yang digunakan ini yaitu Jalankan perintah route n, catat hasilnya.

6 Perintah ini menampilkan table routing. 8. Pastikan anda terhubung ke internet, jalankan perintah traceroute dan mtr! Perintah traceroute digunakan untuk melihat route dari server-server yang dilewati untuk menuju ke server google.com. Perintah mtr sama dengan perintah traceroute digunakan untuk melihat route dari server-server yang dilewati untuk menuju ke server tujuan, disini menuju ke server facebook.com. 9. Buka halaman http//download.uniku.ac.id dengan web browser, kemudian sebelum koneksi selesai, buka terminal dan catat hasil koneksi dengan perintah netstat natu!

7 Perintah ini digunakan untuk melihat port yang terbuka untuk koneksi pada pc. 10. Jalankan perintah ifconfig catat hasilnya! Perintah ini digunakan untuk melihat interface dan alamat dari computer yang digunakan, ip dari computer yang digunakan ini yaitu Jalankan perintah netstat, tambahkan beberapa opsi sesuai petunjuk di man netstat.

8 12. Jalankan perintah sudo nmap no_ip_target! 13. Jalankan perintah sudo nmap sp alamat_network_target!

9 DAFTAR PERTANYAAN 1. Berikan kesimpulan hasil praktikum yang anda lakukan untuk masing-masing perintah! Dari praktikum diatas, dapat disimpulkan bahwa perintah dmesg grep eth digunakan untuk mengecek Ethernet card apakah sudah ada atau belum, perintah sudo mii-tool digunakan untuk melihat status link apakah sudah siap / terkoneksi atau tidak, perintah lspci digunakan untuk melihat device pci yang terpasang termasuk Ethernet card, perintah arp a digunakan untuk melihat atau mengecek status konektifitas, perintah ping digunakan untuk menguji sebuah koneksi antara mesin dengan mengirimkan paket ICMP, perintah ifconfig digunakan untuk melihat interface dan ip address atau alamat yang diberikan ke interface tersebut, perintah route n digunakan untuk mengecek table routing, perintah traceroute digunakan untuk melihat route ke sebuah mesin, perintah mtr merupakan gabungan dari traceroute dan ping, perintah netstat digunakan untuk melihat status koneksi mesin kita dengan computer lain yang terhubung lewat jaringan, perintah nmap digunakan untuk eksplorasi dan audit keamanan jaringan. 2. Berdasarkan hasil catatan praktikum anda, perintah lspci apa maksud keluaran itu?

10 Perintah ini untuk melihat device pci yang terpasang, pada computer ini device yang terpasang ada VGA, audio device, USB controller, Ethernet, dll. 3. Berdasarkan hasil catatan praktikum anda khusunya printah mii-tool apa maksud keluaran itu? Pada gambar diatas maksunya Ethernet1 sudah terkoneksi atau status link ok, siap digunakan untuk koneksi. 4. Berdasarkan hasil catatan praktikum anda khusunya printah arp -a apa maksud keluaran itu? Pada gambar diatas maksudnya computer ini terhubung atau terkoneksi dengan hotspot.uniku.ac.id yang memiliki no ip Berdasarkan hasil catatan praktikum anda khusunya printah ifconfig apa maksud keluaran itu?

11 Pada gambar diatas maksudnya ip dari computer tersebut , dengan broadcast dan subnetmask Berdasarkan hasil catatan praktikum anda khusunya printah route -n apa maksud keluaran itu? Pada gambar diatas, menampilkan kernel ip table routing, dimana ip gateway Berdasarkan hasil catatan praktikum anda khusunya printah traceroute apa maksud keluaran itu? Pada gambar diatas maksudnya untuk menuju ke server google.com harus melewati server hotspot.uniku.ac.id, proxy.uniku.ac.id, bgp.uniku.ac.id, , yang kelima tidak diketahui nama servernya, , , dan sin04s01-in-f7.1e100.net. itulah router yang dilewati untu menuju google.com. 8. Berdasarkan hasil catatan praktikum anda khusunya printah mtr apa maksud keluaran itu?

12 Perintah mtr sama dengan traceroute yaitu untuk melihat route yang dilewati untuk menuju server tujuan, disini akan menuju ke server facebook.com ada 14 route, dimulai dari hotspot.uniku.ac.id, cumi.uniku.ac.id, , , dan seterusnya sampai ke Berdasarkan hasil catatan praktikum anda khusunya printah netstat apa maksud keluaran itu? Pada gambar diatas maksudnya, terhubung atau konek dengan computer lain.

13 KESIMPULAN Dari praktikum diatas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa command pada linux yang dipakai untuk melakukan konfigurasi dan troubleshooting jaringan : Layer phisik Lspci Merupakan tools yang berada pada layer 1, dipakai untuk mengecek apakah interface jaringannya sudah terpasang atau belum. Apabila ditemukan Network controller atau Ethernel controller, artinya perangkat jaringan sudah siap digunakan. mii-tool Untuk melihat apakah linknya sudah ada atau belum. dmesg grep eth Untuk mengecek ethernet card ada apa belum. Layer datalink arp Merupakan tools yang dipakai untuk melihat alamat NIC dari komputer yang terkoneksi secara langsung dengan kita. Layer IP ifconfig Command yang dipakai untuk melihat interface dan alamat yang diberikan ke interface tersebut route Memeriksa tabel routing, menambah dan menghapus tabel routing ping Memeriksa koneksi dengan protokol ICMP traceroute Memeriksa tahapan koneksi mtr Command gabungan ping dan traceroute netconfig Command untuk konfigurasi ip secara permanen Layer Transport Netstat Untuk mengetahui port berapa saja yang terbuka untuk koneksi pada PC

14 DAFTAR PUSTAKA Modul jaringan computer konfigurasi-jaringan-dasar-dan-perintah.html/

Praktikum Network Troubleshooting

Praktikum Network Troubleshooting Praktikum Network Troubleshooting I. Tujuan Praktikan mampu menganalisis dan menyelesaikan troubleshooting pada jaringan Komputer atau internet II. Keperluan a. Komputer dengan OS Linux Fedora Core 5 dan

Lebih terperinci

LINUX. Gambar 1. Komunikasi antar jaringan membutuhkan penghubung (Router)

LINUX. Gambar 1. Komunikasi antar jaringan membutuhkan penghubung (Router) MODUL 2 ROUTING DASAR KONEKSI ANTAR JARINGAN DENGAN ROUTER LINUX TUJUAN PEMBELAJARAN: 1. Memahami konsep koneksi antar jaringan. 2. Memahami konsep gateway. 3. Memahami konsep koneksi antar jaringan dengan

Lebih terperinci

TUJUAN PEMBELAJARAN: 1. Mahasiswa memahami konsep subnetting 2. Mahasiswa mampu melakukan konfigurasi jaringan memakai IP Subnetting

TUJUAN PEMBELAJARAN: 1. Mahasiswa memahami konsep subnetting 2. Mahasiswa mampu melakukan konfigurasi jaringan memakai IP Subnetting MODUL 6 KONSEP SUBNETTING DAN TABEL ROUTING TUJUAN PEMBELAJARAN: 1. Mahasiswa memahami konsep subnetting 2. Mahasiswa mampu melakukan konfigurasi jaringan memakai IP Subnetting DASAR TEORI Nomor IP terdiri

Lebih terperinci

LEMBAR SOAL. Kelas / Kompentensi Keahlian : XII/ TKJ Hari / Tanggal : Sabtu, 10 Maret 2012 : 08.00 10.00 WIB

LEMBAR SOAL. Kelas / Kompentensi Keahlian : XII/ TKJ Hari / Tanggal : Sabtu, 10 Maret 2012 : 08.00 10.00 WIB LEMBAR SOAL Mata Pelajaran : KK TKJ Kelas / Kompentensi Keahlian : XII/ TKJ Hari / Tanggal : Sabtu, 10 Maret 2012 Waktu : 08.00 10.00 WIB Guru Pengampu : Imam Bukhari, S.Kom. PETUNJUK UMUM 1. Teliti soal

Lebih terperinci

KONFIGURASI ROUTER. CLI (Command Line)

KONFIGURASI ROUTER. CLI (Command Line) KONFIGURASI ROUTER Langkah inisialisasi yang digunakan untuk mengkonfigurasi router tidaklah terlalu sulit. Cisco IOS menyediakan banyak tool yang dapat digunakan untuk ditambahkan dalam file konfigurasi.

Lebih terperinci

MODUL SISTEM JARINGAN KOMPUTER MODUL I KONSEP DASAR JARINGAN

MODUL SISTEM JARINGAN KOMPUTER MODUL I KONSEP DASAR JARINGAN MODUL SISTEM JARINGAN KOMPUTER MODUL I KONSEP DASAR JARINGAN YAYASAN SANDHYKARA PUTRA TELKOM SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG 2007 MODUL I KONSEP DASAR JARINGAN Mata Pelajaran Kelas Semester Alokasi Waktu

Lebih terperinci

PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER

PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER A. TUJUAN PRAK TIKUM Memahami cara pembuatan jaringan Local Area Network (LAN) Memahami cara menjalankan perintah ping

Lebih terperinci

9.1 Menghubungkan dua jaringan yang berbeda dengan satu router

9.1 Menghubungkan dua jaringan yang berbeda dengan satu router PRAKTIKUM 9 JARINGAN NIRKABEL SIMULASI SETTING DAN KONFIGURASI ROUTER CISCO DENGAN CISCO PAKET TRACER 9.1 Menghubungkan dua jaringan yang berbeda dengan satu router Untuk menghubungkan dua jaringan yang

Lebih terperinci

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

A. TUJUAN PEMBELAJARAN A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Memahami dan mampu melakukan konfigurasi jaringan wireless menggunakan router wireless atau access point (AP). 2. Memahami dan mampu melakukan konfigurasi jaringan wireless menggunakan

Lebih terperinci

BAB II JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang berjumlah

BAB II JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang berjumlah BAB II JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) 2.1 Pendahuluan Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang berjumlah banyak yang saling terpisah-pisah, akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan

Lebih terperinci

MENGINSTALASI PERANGKAT JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN)

MENGINSTALASI PERANGKAT JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN) MENGINSTALASI PERANGKAT JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN) Oleh: Agus Suroso Sub Kompetensi: 1. Merencanakan Kebutuhan dan Spesifikasi Alat. Daftar Kebutuhan dan spesifikasi WAN Buku manual Gambar topologi Lingkup

Lebih terperinci

seth 132.96.11.2 0:80:ad:17:96:34 132.96.11.3 0:20:4c:30:29:29 anubis 132.96.36.5 0:80:ad:a7:a3:81 Gambar Jaringan TCP/IP

seth 132.96.11.2 0:80:ad:17:96:34 132.96.11.3 0:20:4c:30:29:29 anubis 132.96.36.5 0:80:ad:a7:a3:81 Gambar Jaringan TCP/IP Dasar Routing Routing Lansung dan Tidak Langsung Seperti telah disebutkansebelumnya, proses pengiriman datagram IP selalu menggunakan tabel routing. Tabel routing berisi informasi yang diperlukan untuk

Lebih terperinci

Gambar 14.1 Tren Peningkatan Peralatan yang menggunakan IP. IPv6 menggunakan 128 bit, Dalam IPv6, alamat 128-bit akan dibagi ke dalam 8

Gambar 14.1 Tren Peningkatan Peralatan yang menggunakan IP. IPv6 menggunakan 128 bit, Dalam IPv6, alamat 128-bit akan dibagi ke dalam 8 A. TUJUAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi dalam bab ini mahasiswa diharapkan mampu: 1. Mengetahui pengalamatan IPv6 2. Mengetahui macam-macam bentuk pengalamatan IPv6 3. Mengetahui cara pembentukan

Lebih terperinci

Komunikasi. Rijal Fadilah S.Si

Komunikasi. Rijal Fadilah S.Si Komunikasi Rijal Fadilah S.Si Pendahuluan Model Komunikasi Komunikasi : proses penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi

Lebih terperinci

PANDUAN UJI KOMPETENSI

PANDUAN UJI KOMPETENSI PANDUAN UJI KOMPETENSI KLASTER JUNIOR NETWORKING LSP TIK INDONESIA Jl. Pucang Anom Timur 23 Surabaya 60282, Jawa Timur Telp: +62 31 5019775 Fax: +62 31 5019776 Daftar Isi 1. Latar Belakang... 2 2. Persyaratan

Lebih terperinci

DASAR JARINGAN. TCP (Transmission Control Protocol) merupakan protokol (penterjemah) dalam

DASAR JARINGAN. TCP (Transmission Control Protocol) merupakan protokol (penterjemah) dalam DASAR JARINGAN Jaringan komputer merupakan fungsi / proses pengiriman data antara satu komputer menuju komputer lainnya. dalam jaringan komputer kita sering mendengar istilah tentang TCP/IP. Lalu apakah

Lebih terperinci

JARINGAN KOMPUTER BAB 4. Pokok Bahasan. Tujuan :

JARINGAN KOMPUTER BAB 4. Pokok Bahasan. Tujuan : BAB 4 JARINGAN KOMPUTER Tujuan : Pokok Bahasan Pembahasan ini bertujuan agar siswa dapat : 1. menentukan persyaratan Jaringan Komputer 2. membuat konsep desain jaringan komputer. 3. mengevaluasi konfigurasi

Lebih terperinci

BAB III TUGAS PENDAHULUAN

BAB III TUGAS PENDAHULUAN NAMA : M. ANANG SETIAWAN NRP : 11041110060 TUGAS PENDAHULUAN PRAK. JARKOM BAB III TUGAS PENDAHULUAN 1. Jelaskan bagaimana cara mensetting Startup Config pada Intermediate device! 2. Apakah perbedaan memory

Lebih terperinci

TUTORIAL PEMBUATAN JARINGAN KOMPUTER BERBASIS VLAN (dengan DHCP)

TUTORIAL PEMBUATAN JARINGAN KOMPUTER BERBASIS VLAN (dengan DHCP) TUGAS JARKOM 2011 TUTORIAL PEMBUATAN JARINGAN KOMPUTER BERBASIS VLAN (dengan DHCP) Dosen : Bpk. M.Zen Hadi SH, ST, M.Sc --- KELOMPOK : --- 1. NINA DWI HAPSARI (7208040032) 2. RISKY SHAFIA (7208040047)

Lebih terperinci

BAB 4 PROTOKOL JARINGAN KOMPUTER

BAB 4 PROTOKOL JARINGAN KOMPUTER BAB 4 PROTOKOL JARINGAN KOMPUTER Pada bab 4 akan dijelaskan tentang berbagai protokol yang sering digunakan dalam jaringan komputer. Protokol sangat di perlukan dalam berkomunikasi melalui jaringan komputer.

Lebih terperinci

Instalasi Jaringan Extended Service Set (ESS)

Instalasi Jaringan Extended Service Set (ESS) Instalasi Jaringan Extended Service Set (ESS) Wahyu Novitasari Wahyu Novitasari http://nobbitaadja.blogspot.com/ Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) I. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan mampu mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan berbasis text

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) I. Tujuan Pembelajaran : Siswa diharapkan mampu mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan berbasis text Pertemuan ke : 1 s/d 4 : 24 x 45 menit text Kompetensi Dasar : Mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan berbasis text Siswa diharapkan mampu mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan berbasis

Lebih terperinci

Praktikum 9. Traffic Monitoring (MRTG,NAGIOS,SARG) TUJUAN PRAKTIKUM : DASAR TEORI :

Praktikum 9. Traffic Monitoring (MRTG,NAGIOS,SARG) TUJUAN PRAKTIKUM : DASAR TEORI : PRAKTIKUM 9 Traffic Monitoring (MRTG,NAGIOS,SARG) 1 Praktikum 9 Traffic Monitoring (MRTG,NAGIOS,SARG) TUJUAN PRAKTIKUM : Setelah mempelajari materi dalam bab ini, mahasiswa diharapkan mampu : 1. Mahasiswa

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI

LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM OPERASI MODUL 3 OPERASI INPUT OUTPUT Disusun oleh : NUR ENDRI 2011101014 Teknik Informatika ( D3 ) LABORATORIUM KOMPUTER FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KUNINGAN 2013 Modul

Lebih terperinci

Willy Permana Putra, S.T., M.Eng Willy Permana Putra, S.T Jaringan Komputer

Willy Permana Putra, S.T., M.Eng Willy Permana Putra, S.T Jaringan Komputer Willy Permana Putra, S.T., M.Eng Willy Permana Putra, S.T., M.Eng Jaringan Komputer Jaringan Komputer Jaringan Komputer atau biasa dikenal dengan Local Area Network (LAN) adalah hubungan antara 2 komputer

Lebih terperinci

Information Systems KOMUNIKASI DATA. Dosen Pengampu : Drs. Daliyo, Dipl. Comp. DISUSUN OLEH:

Information Systems KOMUNIKASI DATA. Dosen Pengampu : Drs. Daliyo, Dipl. Comp. DISUSUN OLEH: Information Systems KOMUNIKASI DATA Dosen Pengampu : Drs. Daliyo, Dipl. Comp. DISUSUN OLEH: Nama : Muh. Zaki Riyanto Nim : 02/156792/PA/08944 Program Studi : Matematika JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA

Lebih terperinci

PortSentry dapat di download secara pada http://www.psionic.com.

PortSentry dapat di download secara pada http://www.psionic.com. MODUL 6 INTRUSION DETECTION SYSTEM [PORTSENTRY & HONEYPOT] TUJUAN PEMBELAJARAN: 1. Mengenalkan pada mahasiswa tentang konsep portsentry dan honeypot di linux 2. Mahasiswa memahami sistem blocking portsentry

Lebih terperinci

Melakukan Perbaikan Dan Atau Setting Ulang Koneksi Jaringan

Melakukan Perbaikan Dan Atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Melakukan Perbaikan Dan Atau Setting Ulang Koneksi Jaringan Persiapan untuk melakukan perbaikan konektifitas jaringan pada komputer client yang bermasalah harus terlebih dahulu mengetahui peralatan-peralatan

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS SISTEM JARINGAN KOMPUTER (Materi

PANDUAN PRAKTIS SISTEM JARINGAN KOMPUTER (Materi PANDUAN PRAKTIS SISTEM JARINGAN KOMPUTER (Materi Pembelajaran dan Latihan) Oleh : Ir.Hasanuddin Sirait www.hsirait.co.cc Email:hsirait@telkom.net Email:hsirait@yahoo.com Phone:04112361918 Uraian dan Sasaran

Lebih terperinci

WIDE AREA NETWORKS (WAN) BAB 9. Tujuan: Pokok Bahasan

WIDE AREA NETWORKS (WAN) BAB 9. Tujuan: Pokok Bahasan Tujuan: BAB 9 WIDE AREA NETWORKS (WAN) Pokok Bahasan Pembahasan ini bertujuan agar siswa dapat : 1. Mengidentifikasi infrastruktur Wide Area Network (WAN) 2. Melakukan Diagnosa permasalahan pada Wide Area

Lebih terperinci

Mengapa menggunakan web proxy yang terintegrasi dengan AntiVirus???

Mengapa menggunakan web proxy yang terintegrasi dengan AntiVirus??? Mengapamenggunakanwebproxyyangterintegrasidengan AntiVirus??? HalamanwebsangatrentangsekaliterserangwormdanvirusyangtersebardiInternet.SitusWeb,baik sengaja atau tidak sengaja dan karena mereka rentang

Lebih terperinci

Artikel tentang How to work data yang penulis buat pada tahun 2001

Artikel tentang How to work data yang penulis buat pada tahun 2001 Artikel tentang How to work data yang penulis buat pada tahun 2001 Deris Stiawan Introductions Teknologi Jaringan computer dan internet saat ini telah merasuk hamper ke seluruh segi kehidupan. Sangant

Lebih terperinci

Grafis dan statistik lalu lintas menggunakan MRTG

Grafis dan statistik lalu lintas menggunakan MRTG Grafis dan statistik lalu lintas menggunakan MRTG Kemampuan untuk melihat grafik statistik untuk mengevaluasi penggunaan bandwidth akses internet dianggap sebagai fitur opsional dari router. Namun, pengetahuan

Lebih terperinci

Daftar Isi i ii Jaringan Komputer Daftar Isi iii JARINGAN KOMPUTER Oleh : Jonathan Lukas Edisi Pertama Cetakan Pertama, 2006 Hak Cipta Ó 2006 pada penulis, Hak Cipta dilindungi undang-undang. Dilarang

Lebih terperinci

MERANCANG JARINGAN KOMUNIKASI VOIP SEDERHANA DENGAN SERVER VOIP TRIXBOX YANG DILENGKAPI VQMANAGER DAN OPEN VPN

MERANCANG JARINGAN KOMUNIKASI VOIP SEDERHANA DENGAN SERVER VOIP TRIXBOX YANG DILENGKAPI VQMANAGER DAN OPEN VPN MERANCANG JARINGAN KOMUNIKASI VOIP SEDERHANA DENGAN SERVER VOIP TRIXBOX YANG DILENGKAPI VQMANAGER DAN OPEN VPN TUGAS AKHIR Diajukan guna melengkapi persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan tingkat Diploma

Lebih terperinci

Pengembangan Lab Komputer Sederhana Berbasis Jaringan Multipoint Menggunakan Switch Sebagai Sarana Penunjang Proses Pembelajaran

Pengembangan Lab Komputer Sederhana Berbasis Jaringan Multipoint Menggunakan Switch Sebagai Sarana Penunjang Proses Pembelajaran Pengembangan Lab Komputer Sederhana Berbasis Jaringan Multipoint Menggunakan Switch Sebagai Sarana Penunjang Proses Pembelajaran Agus Aan Jiwa Permana Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan

Lebih terperinci

Silakan mendownload Gammu nya terlebih dahulu di http://www.4shared.com/file/loczfdhn/gammu-setup.html

Silakan mendownload Gammu nya terlebih dahulu di http://www.4shared.com/file/loczfdhn/gammu-setup.html TUTORIAL LENGKAP MEMBANGUN SMS GATEWAY DENGAN GAMMU DAN MYSQL Ditulis oleh : Gandhi - Kamis,31 Maret 2011 04:28:55 Anda ingin membuat web yang berisi layanan SMS gratis seperti yang ada di website sms-online.web.id?,

Lebih terperinci

1. Mengaktifkan fungsi Record - Klik kanan pada layar,monitor akan menampilkan Taskbar (Lihat gambar 1) Gambar 1

1. Mengaktifkan fungsi Record - Klik kanan pada layar,monitor akan menampilkan Taskbar (Lihat gambar 1) Gambar 1 User Guide Cara Mengoprasikan DVR VGA 1. Mengaktifkan fungsi Record - Klik kanan pada layar,monitor akan menampilkan Taskbar (Lihat gambar 1) Gambar 1 - Klik Icon Record (Lihat gambar 1). Pastikan kode

Lebih terperinci

OSI memberikan pandangan yang "abstrak" dari arsitektur jaringan yang dibagi dalam 7 lapisan. Model ini diciptakan berdasarkan sebuah proposal yang

OSI memberikan pandangan yang abstrak dari arsitektur jaringan yang dibagi dalam 7 lapisan. Model ini diciptakan berdasarkan sebuah proposal yang Anjik Sukmaaji OSI memberikan pandangan yang "abstrak" dari arsitektur jaringan yang dibagi dalam 7 lapisan. Model ini diciptakan berdasarkan sebuah proposal yang dibuat oleh International Standard Organization

Lebih terperinci

Imam Prasetyo imp.masiv@gmail.com http://superman-kartini.blogspot.com. Apa sih Protokol POP?

Imam Prasetyo imp.masiv@gmail.com http://superman-kartini.blogspot.com. Apa sih Protokol POP? Monitoring Protokol POP Menggunakan Wireshark Imam Prasetyo imp.masiv@gmail.com http://superman-kartini.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

www.tokohpku.info www.klikmyshop.com www.it-webstore.web.id www.it-blog.web.id www.tokohpku.web.id MANUAL VRE GATEWAY

www.tokohpku.info www.klikmyshop.com www.it-webstore.web.id www.it-blog.web.id www.tokohpku.web.id MANUAL VRE GATEWAY MANUAL VRE GATEWAY 1. Buat data kartu misal dengan nama MENTARI GATEWAY 2. Input data produk misal NAMA KARTU MENTARI GATEWAY 3. Kemudian klik simpan II. Setting Data Supplier Vre gateway NAMA= Disesuaikan

Lebih terperinci

2. Select PPPoE Client from Interface menu, type Biznet on name box, then select the interface that will be directed as a WAN interface.

2. Select PPPoE Client from Interface menu, type Biznet on name box, then select the interface that will be directed as a WAN interface. 1. Buka Winbox lalu klik kotak dari Connect to. Lalu pilih IP address atau MAC address yang tertera di bawahnya, lalu masukan login username dan password, secara default username : admin, dan password

Lebih terperinci

ANALISIS PENERAPAN DAN IMPLEMENTASI LAYANAN JARINGAN CLOUD COMPUTING SOFTWARE AS A SERVICE MENGGUNAKAN EYEOS PADA SMPN 2 GAMPING NASKAH PUBLIKASI

ANALISIS PENERAPAN DAN IMPLEMENTASI LAYANAN JARINGAN CLOUD COMPUTING SOFTWARE AS A SERVICE MENGGUNAKAN EYEOS PADA SMPN 2 GAMPING NASKAH PUBLIKASI ANALISIS PENERAPAN DAN IMPLEMENTASI LAYANAN JARINGAN CLOUD COMPUTING SOFTWARE AS A SERVICE MENGGUNAKAN EYEOS PADA SMPN 2 GAMPING NASKAH PUBLIKASI diajukan oleh Nasarudin 10.11.3886 kepada JURUSAN TEKNIK

Lebih terperinci

Jaringan Komputer Dan Pengertiannya

Jaringan Komputer Dan Pengertiannya Jaringan Komputer Dan Pengertiannya M Jafar Noor Yudianto youdha_blink2@yahoo.co.id http://jafaryudianto.blogspot.com/ Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi

Lebih terperinci

Membuat Aplikasi Tampil, Entri, Edit, Delete Mahasiswa

Membuat Aplikasi Tampil, Entri, Edit, Delete Mahasiswa Tutorial Macromedia Dreamweaver PHP MySQL Membuat Aplikasi Tampil, Entri, Edit, Delete Mahasiswa Oleh Achmad Solichin, http://achmatim.net, achmatim@gmail.com Dalam Tutorial Ini Diasumsikan Bahwa: 1. Di

Lebih terperinci

MODUL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER II

MODUL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER II LABORATORIUM JARINGAN KOMPUTER FASILKOM -- UNSRI MODUL PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER II DISUSUN : Candra Setiawan, ST Tasmi, S.Si Ahmad Heryanto, S.Kom 1 VLAN A. TUJUAN Setelah melakukan percobaan ini diharapkan

Lebih terperinci

Fungsi Library EX-word TextLoader

Fungsi Library EX-word TextLoader EW-ID2000 Kamus Elektronik EX-word Fungsi Library EX-word TextLoader Pedoman Pemakaian Pendahuluan Pedoman Pemakaian ini menjelaskan cara menggunakan software EX-word TextLoader dan fungsi Library Kamus

Lebih terperinci

Media Transmisi Jaringan. Electronic Engineering Polytechnic Institut of Surabaya ITS Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111

Media Transmisi Jaringan. Electronic Engineering Polytechnic Institut of Surabaya ITS Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111 Media Transmisi Jaringan isbat@eepis-its.edu Electronic Engineering Polytechnic Institut of Surabaya ITS Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111 Pengenalan Jaringan Merupakan sebuah sistem yang terdiri atas

Lebih terperinci

ANALISIS PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER LOKAL PADA RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG. PROPOSAL PENELITIAN Diajukan guna melakukan penelitian skripsi

ANALISIS PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER LOKAL PADA RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG. PROPOSAL PENELITIAN Diajukan guna melakukan penelitian skripsi ANALISIS PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER LOKAL PADA RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG PROPOSAL PENELITIAN Diajukan guna melakukan penelitian skripsi OLEH : REKY FEBRIYUDHI 09.142.199 PROGRAM STUDI TEKNIK

Lebih terperinci

LAPORAN 1 : INSTALASI DAN PEMELIHARAAN KOMPUTER. No Nama Device Gambar Fungsi Memasukan data ke dalam komputer

LAPORAN 1 : INSTALASI DAN PEMELIHARAAN KOMPUTER. No Nama Device Gambar Fungsi Memasukan data ke dalam komputer MENGIDENTIFIKASI HARDWARE PC LAPORAN 1 : INSTALASI DAN PEMELIHARAAN KOMPUTER No Nama Device Gambar Fungsi Input Device Memasukan data ke dalam komputer 1. a. Keyboard Keyboard dapat berfungsi memasukkan

Lebih terperinci

ANALISA APLIKASI VOIP PADA JARINGAN BERBASIS MPLS

ANALISA APLIKASI VOIP PADA JARINGAN BERBASIS MPLS ANALISA APLIKASI VOIP PADA JARINGAN BERBASIS Dwi Ayu Rahmadita 1,M.Zen Samsono Hadi 2 1 Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Jurusan Teknik Telekomunikasi 2 Dosen Politeknik Elektronika Negeri

Lebih terperinci

USER MANAGEMENT DENGAN SISTEM ONE TIME PASSWORD UNTUK KONEKSI INTERNET MENGGUNAKAN MIKROTIK DAN FREERADIUS SKRIPSI

USER MANAGEMENT DENGAN SISTEM ONE TIME PASSWORD UNTUK KONEKSI INTERNET MENGGUNAKAN MIKROTIK DAN FREERADIUS SKRIPSI USER MANAGEMENT DENGAN SISTEM ONE TIME PASSWORD UNTUK KONEKSI INTERNET MENGGUNAKAN MIKROTIK DAN FREERADIUS SKRIPSI Diajukan Oleh : MATIUS HERDONE NPM : 0834115061 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI

Lebih terperinci

FRAME RELAY dan x.25

FRAME RELAY dan x.25 Kelompok 12 FRAME RELAY dan x.25 Jaringan Komputer Lanjut Ahmad Septisumargi (50410420) Hasan (53410178) Syswara (-) 1 FRAME RELAY dan x.25 DAFTAR ISI Cover... Daftar Isi... 1 Daftar Gambar... 2 Daftar

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. tersebut memanfatkan Radio Frequency Identification (RFID) Reader sebagai

BAB I PENDAHULUAN. tersebut memanfatkan Radio Frequency Identification (RFID) Reader sebagai BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Dunia pendidikan saat ini tingkat kedisplinan lebih diutamakan agar proses belajar mengajar dapat berlangsung sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, terutama

Lebih terperinci

MEMBANGUN SISTEM BERBASIS WAP UNTUK MENGAKSES JADWAL, JUMLAH SISA TEMPAT DUDUK DAN PEMESANAN TIKET ONLINE KERETA API EKSEKUTIF. Erni Lukminingsih 1

MEMBANGUN SISTEM BERBASIS WAP UNTUK MENGAKSES JADWAL, JUMLAH SISA TEMPAT DUDUK DAN PEMESANAN TIKET ONLINE KERETA API EKSEKUTIF. Erni Lukminingsih 1 MEMBANGUN SISTEM BERBASIS WAP UNTUK MENGAKSES JADWAL, JUMLAH SISA TEMPAT DUDUK DAN PEMESANAN TIKET ONLINE KERETA API EKSEKUTIF Erni Lukminingsih 1 Abstraksi Membangun sistem berbasis WAP untuk mengakses

Lebih terperinci

KODE MODUL SWR.OPR.104.(2).A SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

KODE MODUL SWR.OPR.104.(2).A SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN KODE MODUL SWR.OPR.104.(2).A SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Melakukan Perbaikan dan atau Setting Ulang Koneksi Jaringan

Lebih terperinci

Remote Komputer Menggunakan Radmin melalui Internet

Remote Komputer Menggunakan Radmin melalui Internet Remote Komputer Menggunakan Radmin melalui Internet Fery Rosyadi vhee_re@yahoo.co.id http://feryrosyadi.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

Analisa Kinerja Jaringan Jembatan Timbang Online Di Jawa Timur Menggunakan Radio Link

Analisa Kinerja Jaringan Jembatan Timbang Online Di Jawa Timur Menggunakan Radio Link Analisa Kinerja Jaringan Jembatan Timbang Online Di Jawa Timur Menggunakan Radio Link Anugrah Robby Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Kampus ITS,

Lebih terperinci

IMPLEMENTASI SISTEM OTENTIKASI PADA PENGGUNA JARINGAN HOTSPOT DI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG GUNA MENINGKATKAN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER

IMPLEMENTASI SISTEM OTENTIKASI PADA PENGGUNA JARINGAN HOTSPOT DI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG GUNA MENINGKATKAN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER IMPLEMENTASI SISTEM OTENTIKASI PADA PENGGUNA JARINGAN HOTSPOT DI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG GUNA MENINGKATKAN KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER Yusriel Ardian Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriyadi

Lebih terperinci

CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id

CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman cara menginstal dan remove/uninstall aplikasi ada beberapa cara yang akan dijelaskan dalam panduan ini terutama adalah linux yang menggunakan

Lebih terperinci

RANCANG BANGUN DAN ANALISA QOS AUDIO DAN VIDEO STREAMING PADA JARINGAN MPLS VPN

RANCANG BANGUN DAN ANALISA QOS AUDIO DAN VIDEO STREAMING PADA JARINGAN MPLS VPN RANCANG BANGUN DAN ANALISA QOS AUDIO DAN VIDEO STREAMING PADA JARINGAN MPLS VPN Ahmad Afis Abror 1,M.Zen Samsono Hadi 2,Idris Winarno 3 1 Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Jurusan Teknik

Lebih terperinci

Linux Administrator. Panduan Linux Administrator. Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Gadjah Mada

Linux Administrator. Panduan Linux Administrator. Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Gadjah Mada Linux Administrator Judul: Penyusun Untuk Panduan Linux Administrator Tim UGOS Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Gadjah Mada Panduan Linux Administrator - halaman 1 Daftar

Lebih terperinci

Apakah benar benar mungkin untuk meningkatkan bandwidth koneksi internet?

Apakah benar benar mungkin untuk meningkatkan bandwidth koneksi internet? MultipleKoneksiInternet(Multi WAN)denganLoadBalance Traffic danmanagementfailover Ditulisoleh:Mr.FulvioRicciardi Diterjemahkanoleh:Nuryadin Tujuan dari dokumen ini adalah untuk menggambarkan tata cara

Lebih terperinci

BAB 12 KOMPILASI KERNEL

BAB 12 KOMPILASI KERNEL BAB 12 KOMPILASI KERNEL 12.1 Anatomi Direktori/file Kernel Linux Sebuah source kernel Linux biasanya tersedia dalam format kompresi *.gz atau *.bz2. Saat kernel tersebut telah diekstrak, akan terdapat

Lebih terperinci

MESIN ABSENSI SIDIK JARI

MESIN ABSENSI SIDIK JARI PETUNJUK PENGUNAAN MESIN ABSENSI SIDIK JARI (Edisi Revisi untuk Solution X200,X4,X400) DAFTAR ISI: 1. Pengaturan Data Karyawan dan Pendaftaran Sidik Jari 2. Pengaturan Jadwal Kerja Karyawan 3. Cara Mencetak

Lebih terperinci

Pro Surveillance System Dahua Application For PC

Pro Surveillance System Dahua Application For PC Pro Surveillance System Dahua Application For PC Pro Surveillance System (PSS) merupakan sebuah aplikasi yang didukung oleh Dahua Technology Co.LTD. Aplikasi ini sangat membantu untuk menampilkan serta

Lebih terperinci

PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 82 TAHUN 2014

PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 82 TAHUN 2014 WALIKOTA YOGYAKARTA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERATURAN WALIKOTA YOGYAKARTA NOMOR 82 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR MANAJEMEN PENGAMANAN JARINGAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA

Lebih terperinci

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna

BlackBerry Internet Service. Versi: 4.5.1. Panduan Pengguna BlackBerry Internet Service Versi: 4.5.1 Panduan Pengguna Diterbitkan: 2014-01-08 SWD-20140108163043169 Daftar Isi 1 Persiapan... 7 Tentang paket layanan pengiriman pesan untuk BlackBerry Internet Service...

Lebih terperinci

MENU DVR DAHUA ( DVR 5104H/5108H/5116C )

MENU DVR DAHUA ( DVR 5104H/5108H/5116C ) MENU DVR DAHUA ( DVR 5104H/5108H/5116C ) DVR Dahua hadir menyajikan menu dan tampilan yang menarik serta sangat mudah untuk dioperasikan. Icon-icon yang ditampilkanpun sangat familiar bagi pengguna CCTV

Lebih terperinci

Jaringan Nirkabel dan Kabel

Jaringan Nirkabel dan Kabel Jaringan Nirkabel dan Kabel HP all-in-one Panduan Jaringan Hak cipta 2004 Hewlett-Packard Development Company, L.P. Informasi yang terdapat dalam buku petunjuk ini dapat berubah sewaktuwaktu tanpa pemberitahuan

Lebih terperinci

LEMBAR PENILAIAN UJIAN PRAKTIK KEJURUAN

LEMBAR PENILAIAN UJIAN PRAKTIK KEJURUAN DOKUMEN NEGARA Paket 2 UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 LEMBAR PENILAIAN UJIAN PRAKTIK KEJURUAN Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan

Lebih terperinci

Aplikasi SIP Based VoIP Server Untuk Integrasi Jaringan IP dan Jaringan Teleponi di PENS - ITS

Aplikasi SIP Based VoIP Server Untuk Integrasi Jaringan IP dan Jaringan Teleponi di PENS - ITS Aplikasi SIP Based VoIP Server Untuk Integrasi Jaringan IP dan Jaringan Teleponi di PENS - ITS Fahmi Alfian 1, Prima Kristalina 2, Idris Winarno 2 1 Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Jurusan

Lebih terperinci

Instalasi KLI Network Gateway 1.30 Hari S. (hari_abenks@yahoo.com)

Instalasi KLI Network Gateway 1.30 Hari S. (hari_abenks@yahoo.com) Instalasi KLI Network Gateway 1.30 Hari S. (hari_abenks@yahoo.com) Berikut adalah langkah singkat instalasi Access Point Internet menggunakan radio, dengan software KLI Network Gateway 1.30, yang pernah

Lebih terperinci

JARINGAN KOMPUTER DALAM SISTEM INFORMASI

JARINGAN KOMPUTER DALAM SISTEM INFORMASI JARINGAN KOMPUTER DALAM SISTEM INFORMASI Pendahuluan Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah memungkinkan pemakai untuk memperoleh informasi dengan cepat dan akurat. Seiring dengan meningkatnya

Lebih terperinci

RANCANG BANGUN SISTEM HOTSPOT MENGGUNAKAN CAPTIVE PORTAL

RANCANG BANGUN SISTEM HOTSPOT MENGGUNAKAN CAPTIVE PORTAL RANCANG BANGUN SISTEM HOTSPOT MENGGUNAKAN CAPTIVE PORTAL 1 Agus Supriyono (07018184), 2 Imam Riadi (0510088001) 1 Program Studi Teknik Informatika 2 Program Studi Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan

Lebih terperinci

Mikrotik Training Basic. Certified Mikrotik Training Basic Class Organized by: Citraweb Nusa Infomedia (Mikrotik Certified Training Partner)

Mikrotik Training Basic. Certified Mikrotik Training Basic Class Organized by: Citraweb Nusa Infomedia (Mikrotik Certified Training Partner) Mikrotik Training Basic Certified Mikrotik Training Basic Class Organized by: Citraweb Nusa Infomedia (Mikrotik Certified Training Partner) Jadwal Training Sessi 1 Sessi 2 Sessi 3 Sessi 4 Day 1 Introduction

Lebih terperinci

LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT NASIONAL XXIII 2015

LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT NASIONAL XXIII 2015 LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT NASIONAL XXIII 2015 IT NETWORK SYSTEMS ADMINISTRATION INFORMASI LOMBA KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH

Lebih terperinci

Work Flow (SOP) Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII)

Work Flow (SOP) Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) Work Flow (SOP) Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) Overview Yang harus dilakukan pada Tahap 1: Melakukan sinkronisasi waktu (NTP) Melakukan standarisasi format

Lebih terperinci

Jurnal JARKOM Vol. 2 No. 2 Juni2015

Jurnal JARKOM Vol. 2 No. 2 Juni2015 IMPLEMENTASI KONSEP MULTI-NAS DENGAN MENGINTEGRASIKAN VPN SERVER DAN FREERADIUS SERVER DALAM MEMBANGUN SISTEM OTENTIKASI JARINGAN WIFI Muh. Ibnu Habil Hanafi 1, Suwanto Raharjo 2, Suraya 3 1,2,3 Prodi

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL)

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL) PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL) SIMPEL merupakan layanan informasi berupa laporan keuangan dan akademik yang dimiliki oleh setiap fakultas sesuai data akademik dan keuangan

Lebih terperinci

www.gainscope.com/vps.php

www.gainscope.com/vps.php Koneksi Internet anda Komputer Lokal anda Dihubungkan dengan koneksi internet anda sebagai remotenya (Melalui software RDC) Komputer VPS anda Komputer VPS terhubung dengan jaringan broadband kecepatan

Lebih terperinci

JARINGAN KOMPUTER. Amok Darmianto,M.Kom / STMIK WIDYA DHARMA PONTIANAK / 2013

JARINGAN KOMPUTER. Amok Darmianto,M.Kom / STMIK WIDYA DHARMA PONTIANAK / 2013 JARINGAN KOMPUTER Tujuan: Memahami Pengertian Jaringan Komputer, Koneksi peer to peer dan client-server, internet serta memahami kategori jaringan ( LAN, MAN, WAN, Internet). 1 APA YANG DIMAKSUD JARINGAN

Lebih terperinci

Daftar Isi. 6.1.1 Langkah-langkah untuk sorting data :... 7. 6.2 Filtering Data... 8. 6.2.1 Langkah 1 untuk filtering data :... 8

Daftar Isi. 6.1.1 Langkah-langkah untuk sorting data :... 7. 6.2 Filtering Data... 8. 6.2.1 Langkah 1 untuk filtering data :... 8 Daftar Isi Daftar Isi... i 1 Pendahuluan... 1 2 Alur Sistem PDDIKTI... 1 3 Persiapan Generate Data Awal... 2 4 Cara Masuk Ke Aplikasi... 5 5 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 6 Cara Sorting Dan Filtering

Lebih terperinci

UPLOAD WEB. Upload web ke hosting gratis di byethost.com. Create by: Heru W drupalsolo.isgreat.org

UPLOAD WEB. Upload web ke hosting gratis di byethost.com. Create by: Heru W drupalsolo.isgreat.org Upload web ke hosting gratis di byethost.com UPLOAD WEB Upload adalah proses mengirim data (umumnya berbentuk berkas) dari komputer pribadi ke suatu sistem seperti server web, FTP server atau sistem serupa

Lebih terperinci

3. PERANGKAT KERAS. Dosen: Tim Pengajar PTIK

3. PERANGKAT KERAS. Dosen: Tim Pengajar PTIK 3. PERANGKAT KERAS Dosen: Tim Pengajar PTIK PERANGKAT KERAS Pengertian Perangkat Keras Perangkat keras (hardware) adalah komponen komputer yang sifatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER I (2 SKS 16 Pertemuan) Penyusun: Wagito, S.T., M.T.

PANDUAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER I (2 SKS 16 Pertemuan) Penyusun: Wagito, S.T., M.T. PANDUAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER I (2 SKS 16 Pertemuan) Penyusun: Wagito, S.T., M.T. (wagito@akakom.org) LABORATORIUM STMIK AKAKOM YOGYAKARTA 2004 MODUL 1 PENGENALAN SOFTWARE DAN HARDWARE A. Tujuan

Lebih terperinci

Perancangan Sistem Reporting Kondisi Plant dan Jumlah Produksi Berbasiskan E-Mail Menggunakan PLC Modicon M340. Vicktorio Djohan (0522015)

Perancangan Sistem Reporting Kondisi Plant dan Jumlah Produksi Berbasiskan E-Mail Menggunakan PLC Modicon M340. Vicktorio Djohan (0522015) Perancangan Sistem Reporting Kondisi Plant dan Jumlah Produksi Berbasiskan E-Mail Menggunakan PLC Modicon M340 Vicktorio Djohan (0522015) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Jln. Prof. Drg. Suria

Lebih terperinci

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1 S Windows Movie Maker istem Operasi Microsoft Windows XP tidak hanya digunakan sebagai jembatan untuk menuju suatu aplikasi saja, melainkan banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang sistem komputer

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. A.Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. A.Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut.

Lebih terperinci

Advanced Hotspot - QOS -

Advanced Hotspot - QOS - Advanced Hotspot - QOS - by: Novan Chris Citraweb Nusa Infomedia, Indonesia www.mikrotik.co.id 11/7/2009 1 Introduction Novan Chris - novan@mikrotik.co.id Company: Citraweb Nusa Infomedia Mikrotik Distributor

Lebih terperinci

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI INVESTASI

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI INVESTASI bidang TEKNIK PERANCANGAN MEDIA INFORMASI INVESTASI Program Studi Teknik Informatika FTIK Universitas Komputer Indonesia Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat membuat berbagai informasi dapat

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER JOB I Instalasi Sistem Operasi Windows Server 2008 Di susun oleh: Nama : Winda Rizky Putri NIM : 3.33.10.1.21 Kelas : TK 3B PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Lebih terperinci

IP Flow Routing, Mangle and QoS

IP Flow Routing, Mangle and QoS Mikrotik Workshop IP Flow Routing, Mangle and QoS Valens Riyadi Citraweb Nusa Infomedia (Mikrotik Certified Training Partner) Introduction Name : Valens Riyadi Lahir : Denpasar, 6 Januari 1975 Pendidikan

Lebih terperinci

Pencatatan dan Pendataan: Disimpan sebagai data elektronik dan manual

Pencatatan dan Pendataan: Disimpan sebagai data elektronik dan manual mor SOP gl.pembuatan gl.revisi gl.efektif Disahkan Oleh Direktur Jenderal Pengundang, Publikasi, dan Kerjasama Peraturan Perundang-undangan KEMENERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DIREKORA JENDERAL PERAURAN

Lebih terperinci

LEMBARAN SOAL. Mata Pelajaran : TIK Sat. Pendidikan : SMA Kelas / Program : XI IPA/IPS ( SEBELAS IPA/IPS )

LEMBARAN SOAL. Mata Pelajaran : TIK Sat. Pendidikan : SMA Kelas / Program : XI IPA/IPS ( SEBELAS IPA/IPS ) LEMBARAN SOAL Mata Pelajaran : TIK Sat. Pendidikan : SMA Kelas / Program : XI IPA/IPS ( SEBELAS IPA/IPS ) PETUNJUK UMUM 1. Tulis nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan 2. Periksa dan bacalah

Lebih terperinci

Materi 1 Komputer Aplikasi IT (KAIT) 2 SKS Semester 1 S1 Sistem Informasi UNIKOM 2014 Nizar Rabbi Radliya nizar.radliya@yahoo.com

Materi 1 Komputer Aplikasi IT (KAIT) 2 SKS Semester 1 S1 Sistem Informasi UNIKOM 2014 Nizar Rabbi Radliya nizar.radliya@yahoo.com Materi 1 Komputer Aplikasi IT (KAIT) 2 SKS Semester 1 S1 Sistem Informasi UNIKOM 2014 Nizar Rabbi Radliya nizar.radliya@yahoo.com Nama Mahasiswa NIM Kelas Memahami cakupan materi dan sistem perkuliahan

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

MEMBANGUN JARINGAN HOTSPOT WI-FI RT/RW NET DI KELURAHAN BELIMBING KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN.

MEMBANGUN JARINGAN HOTSPOT WI-FI RT/RW NET DI KELURAHAN BELIMBING KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN. MEMBANGUN JARINGAN HOTSPOT WI-FI RT/RW NET DI KELURAHAN BELIMBING KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN Naskah Publikasi diajukan oleh Choirus Sholeh Hasan 07.11.1361 kepada SEKOLAH

Lebih terperinci