Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive"

Transkripsi

1 Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive

2 S eringkali kita membutuhkan sebuah sarana untuk membuat sebuah pembelajaran yang menarik bagi siswa. Salah satunya dengan menyuguhkan sebuah video pembelajaran. Namun sering kali video pembelajaran yang ada di pasaran tidak cocok dengan kebutuhan kita di dalam kelas. Lantas kenapa kita tidak membuatnya sendiri? Sulit, software-nya mahal adalah alasan yang sering kita kemukakan ketika pertanyaan itu muncul. Microsoft menyuguhkan sebuah solusi pembuatan video yang mudah dan software-nya bisa di download secara gratis. Mari kita Coba. Membuat Movie dari Gambar / Foto 1. Dalam aktifitas ini, kita akan membuat sebuah video, menambahkan text dan suara kemudian membagikannya secara online. Disini kita juga akan belajar sedikit video editing untuk menunjang kreatifitas pembelajaran kita di dalam kelas. Ketika menjalankan program ini, keterbatasan kita hanyalah kreatifitas dan imajinasi kita. Ayo bekerja dengan kreatif! 2. Digital story telling adalah salah satu hal yang sangat bermanfaat untuk memotivasi siswa atau membuka pelajaran. Gabungan gambar yang kita dapatkan dari internet atau gambar yang kita buat sendiri akan menambah kreatifitas kita dalam pembelajaran di kelas. Ciptakan sebuah pembelajaran yang efektif dengan sarana ini. Download dan install Windows Live Movie Maker dan mulai berkarya Gunakan untuk mencari gambar untuk memulai pembelajaran yang efektif. Misalkan kita mencari gambar tentang Tata Surya / Solar System. Gambar 1 : tampilan Tampilan homepage setiap hari berubah ubah, jadi bila kali ini ketika modul ini disusun gambar yang ditampilkan adalah bumi, mungkin saat kita akses di lain waktu gambar sudah berubah. Untuk pencarian gambar klik terlebih dahulu tulisan image. Untuk pencarian yang efektif, lebih baik menggunakan istilah dalam bahasa inggris. Hal ini dikarenakan lebih banyak media / gambar yang diupload dalam bahasa inggris dibanding dalam bahasa Indonesia.

3 Misalkan kita akan mencari planet-planet atau tata surya, maka hasil dengan menggunakan kata tata surya dalam pencarian gambar didapatkan hasil sebanyak gambar tapi ketika menggunakan kata solar system didapat hasil gambar. Selisih yang luar biasa. Gambar 2 : Hasil pencarian gambar di Bing Gambar 3 : tampilan setelah kita pilih salah satu gambar Untuk mendapatkan gambar yang maksimal, klik pada see full size image. Semakin besar ukuran gambar semakin baik nanti kualitas tampilan dari film yang akan kita buat.

4 Gambar 4 : Tampilan full size Simpan gambar ke folder yang kita inginkan dengan langkah : a. Klik kanan pada gambar kemudian Save Picture As b. Tentukan folder yang diinginkan c. Klik Save d. Lakukan untuk gambar yang lainnya. Catatan: Untuk mencari video pilih tab video pada Bing. Gambar 5 : Penyimpanan Gambar 6 : tab Video di Bing 4. Instalasi Windows Live Movie maker.

5 Apabila pada computer belum terinstall Windows Live Movie maker, software bisa di download gratis di Klik Download now Gambar 6 : website untuk download Movie Maker Gambar 7 : Download dialog Pilih save Simpan pada folder yang diinginkan. Setelah selesai mendownload buka folder dimana file wlsetup_web.exe disimpan. Klik dua kali pada file tersebut untuk memulai instalasi. Program Windows Live Movie maker menyatu dengan windows live essential, namun dalam instalasi kita bias memilih menginstall semua software dalam Windows live essential atau software tertentu saja.

6 Gambar 8 : Proses instalasi Gambar 9 : Pilihan software yang akan diinstall Hilangi centang yang tidak diinginkan kemudian pilih Install. Ikuti proses instalasi sampai selesai. Kemudian restart computer untuk membuatnya aktif. Catatan : Selama proses instalasi computer harus terkoneksi ke Internet. 5. Mengaktifkan Windows Live Movie Maker Untuk mengaktifkan program Windows Live Movie Maker langkahnya : Klik tombol start dilanjutkan ke all program Klik Windows Live Movie maker

7 Atau bisa juga dengan melakukan doible klik pada icon Windows Live Movie Maker pada layar desktop computer. Gambar 10 : Ikon Windows Live Movie maker Gambar 11 : Menjalankan Windows Live Movie Maker Setelah aktif akan muncul tampilan berikut: Gambar 12 : Area Kerja Movie Maker

8 Sekarang saatnya kita gunakan gambar yang sudah didownload untuk membuat video. Anda bisa mengimport gambar dengan meng-klik "Add Videos and Photos icon" atau klick pada "click here to browse videos and photos. Gambar 13 : Menambahkan Video / Gambar Gambar 14 : Menyeleksi gambar di folder 6. Seleksi semua gambar yang diinginkan untuk dimasukan secara bersama-sama atau pilih satu persatu kemudian klik open.

9 Gambar 15 : gambar yang sudah di load di Movie Maker 7. Urutan gambar menunjukkan urutan tampilan, untuk memindahkan gunakan metode klik and drag. Pindah pada posisi yang diinginkan. Gambar 16 : Merubah urutan gambar 8. Untuk menghapus gambar / video lakukan dengan perintah klik kanan (right clicking) kemudian [ilih 'remove'. 9. Sekarang kita beri judul! Klik pada add title Gambar 17 : Member Title 10. Akan muncul satu box berwarna hitam untuk kita menuliskan judul yang kita inginkan.

10 Gambar 18 : mengetik title / judul Pengaturan tulisan Perataan/ Paragraph Efek pada title Pengaturan / adjust Pengaturan warna background Font : Berfungsi untuk mengatur jenis huruf, ukuran, efek penulisan, dan warna huruf. Paragraph : Mengatur perataan title pada posisi layar dan transparasi tulisan. Pengaturan Background : Mengatur Warna background, Pengaturan / adjust : Kapan dimulai munculnya tulisan, durasi title. Effects : Mengatur animasi munculnya title. 11. Ketik judul yang kita inginkan, misalnya Tata Surya. Maka dibawah kotak title akan muncul tulisan tata Surya. Lakukan perubahan yang diinginkan sesuai petunjuk diatas. 12. Memberi Animasi dan Efek transisi Agar tampilan masing-masing gambar yang kita masukkan menjadi menarik, kita bisa menambahkannya dengan member efek / animasi transisi pada perpindahan dari ambar yang satu ke gambar yang lainnya. Langkahnya adalah : Pilih Tab Animation

11 Arahkan mouse pada tengah-tengah pertemuan antar gambar Pilih salah satu animasi yang diinginkan Animasi transisi yang lainnya bisa ditampilkan dengan mengklik panah bawah di pojok kanan bawah pada bagian transisi Apabila menginginkan masing-masing gambar/video mengunakan transisi yang berbeda lakukan pada masing-masing gambar/video, namun apabila ingin semuanya sama pilih apply to all Memilih transisi lainnya Posisi kursor Gambar 20 : Transisi Macam effect transisi yang tersedia Gambar 21 : macam transisi 13. Visual Effect Visual effect adalah efek perubahan warna pada gambar atau video yang kita masukkan.klik pada tab Vissual effect dan lakukan hal yang sama seperti saat kita member effek transisi diatas.

12 Gambar 22 : Visual effect 14. Memasukkan Musik Gambar 23 : menambah Musik Pada add music, ada dua pilihan add music untuk menambahkan music mulai awal, dan add music at the current point untuk menambahkan music dimulai pada posisi kursor/ image yang aktif. Namun dengan operasi drag kita bisa memindah posisi awal dimana music dimainkan. Gambar 24 : Memilih musik / lagu Pilih lagu yang diinginkan. Kemudian pilih Open. Maka diatas image di bagian editing akan muncul kotak warna hijau bertuliskan judul lagu / nama file yang dimasukkan.

13 Durasi lagu menyesuaikan durasi lagu yang dimasukkan apabila image/gambar durasinya lebih sedikit maka anak ada tambahan blank image (warna hitam) dibelakan image terakhir sampai lagu selesai. Namun apabila lebih panjang image/gambarnya, maka lagu akan berhenti walau gambar masih ada. 15. Menyimpan dan membagi Video Untuk melakukan penyimpanan dari pengolahan gambar yang kita lakukan, kita klik tabulasi home Gambar 25: Menyimpan hasil kerja Pada save movie kita bisa melakukan beberapa pemilihan format video yang kita inginkan. Simpanlah sesuai dengan kebutuhan kita atau media yang akan kita gunakan. Gambar 26 : Menentukan lokasi penyimpanan Kemudian, tentukan lokasi yang diinginkan, beri nama, klik tombol save. Pada Windows Live Movie Maker juga tersedia fasilitas untuk membagi / share video buatan kita langsung ke media jejaring online atau penyimpanan online. (Publish on the web). Pilih pada icon share, maka akan muncul beberapa pilihan penyimpanan di web yang bisa kita pilih.

14 Gambar 27 : Alternatif upload hasil karya Misalkan video yang kita buat akan di bagikan / di-share di skydrive maka pilih skydrive. Gambar 28 : Menentukan resolusi movie Akan muncul alternative ukuran file yang disesuaikan dengan resolusi yang diizinkan untuk di upload di skydrive. Pilih salah satu. Muncul pilihan di folder mana video akan disimpan dan siapa saja yang akan diizinkan untuk mengaksesnya. Video bisa kita masukkan ke folder yang ada atau kita ketikkan langsung nama folder yang kita inginkan. Misalkan kita membuat folder Video Pembelajaran dan video tersebut bisa diakses siapapun.

15 Gambar 29 : Menentukan album di skydrive Klik publish Gambar 30 : Proses publishing Kita tunggu sampai proses publishing selesai. Lamanya proses tergantung besar kecilnya file serta koneksi internet yang ada. Gambar 31 : Movie berhasil di upload Setelah proses selesai, kita lihat / buka skydrive kita untuk mengeceknya.

16 Gambar 32 : Preview di Skydrive Dari skydrive, siswa atau orang lain bisa mendownload video yang kita buat, atau memutarnya Apabila kita pilih untuk memutarnya Gambar 33 : Preview movie di Skydrive Membuat Movie dari movie yang ada Dalam aktifitas ini kita akan mengedit sebuah video yang akan kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Secara mendasar tehnik memasukkan video, member efek transisi dan visual efek sama persis dengan teori sebelumnya. Untuk video ada tambahan untuk mengedit video yang kita masukkan. Misalkan kita memasukkan video wildlife.wmv dari folder C:\Users\Public\Videos\Sample Videos

17 Gambar 34 : Mengedit Video Berbeda dengan gambar / foto, panjang video sesuai dengan durasi masing-masing video yang kita masukkan. Pada proses awal memasukkan video membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan memasukkan gambar / foto. Pilih tab edit, maka kita bisa menentukan setting suara, kecepatan, atau memotong video guna membuang bagian bagian yang tidak kita inginkan. Gambar 35 : Mengedit Video Play video. Jika anda ingin memotongnya pada bagian tertentu klik pause dan pilih split.

18 Gambar 37 : memotong video Sekarang video sudah kita pisah menjadi dua bagian. Diantara perpindahan bagian satu ke bagian selanjutnya bisa kita sisipi efek transisi. Untuk memotong bagian yang tidak kita inginkan kita menggunakan fasilitas trim tool. Start Point End Point Gambar 38 : Start dan End Point Tentukan dahulu start point dan end point baru kita klik trim tool. Area yang berada diantara start point dan end point yang akan disimpan. Untuk menyimpannya klik icon save trim. Maka movie akan terpotong sesuai yang kita inginkan.

19 Gambar 39 : Hasil akhir pemotongan Contoh Ide yang bisa digunakan dikelas: 1. Langkah membuat Roti 2. Siklus air 3. Reaksi fisi dan fusi 4. Daily activity 5. Daur ulang sampah. Apa Ide Anda?

20

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1 S Windows Movie Maker istem Operasi Microsoft Windows XP tidak hanya digunakan sebagai jembatan untuk menuju suatu aplikasi saja, melainkan banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang sistem komputer

Lebih terperinci

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat digunakan,

Lebih terperinci

MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007

MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007 MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007 Cakupan Panduan : Menjalankan software presentasi Menggunakan menu-menu serta shortcut Menyimpan, memanggil, insert, edit Menggunakan Header, footer, page numbering Pencetakan

Lebih terperinci

WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS

WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS MODUL MICROSOFT POWERPOINT INSTRUKTUR : NOVRIYANTO, ST., M.Sc SYUKRAN SETIAWAN, ST PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BENGKALIS

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007 Bagian 1: Mengenal Microsoft Office Word 2007 1.1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007 Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah: Klik Tombol Start yang ada di taskbar. Pilih menu All Program

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12

PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12 PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12 Pinacle Studi 12 adalah program video editing yang banyak digunakan untuk mengolah

Lebih terperinci

Gambar,Text, dan Sound di Director

Gambar,Text, dan Sound di Director Gambar,Text, dan Sound di Director 1. PENDAHULUAN Kali ini anda akan membuat halaman informasi galery poster Pemandangan Alam yang kaya unsur visual agar memukau audience anda.terdapat animasi looping

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint.

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. MATA TATARAN : PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. B. Peserta dapat mengaplikasikan bahan ajar dalam

Lebih terperinci

Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada

Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada 2.9 Bekerja dengan Tampilan Slide Sorter Klik View Pilih Slide Sorter Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada ribbon Home dalam group Clipboard, klik cut)

Lebih terperinci

Microsoft Office Power Point 2013

Microsoft Office Power Point 2013 Microsoft Office Power Point 2013 Team Lab Infokom DPP Infokom@2013 1. Pengenalan Power Point 2013 Software presentasi merupakan software yang berfungsi untuk membantu membuat file presentasi yang dinamis

Lebih terperinci

SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom.

SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom. SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom. Dreamweaver merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat website secara profesional. Pada tutorial ini akan dijelaskan

Lebih terperinci

BAB IX MEMBUAT MENU DENGAN FORM DESIGN

BAB IX MEMBUAT MENU DENGAN FORM DESIGN BAB IX MEMBUAT MENU DENGAN FORM DESIGN 9.1. Membuat Menu dengan Form Design Selain membuat menu dengan menggunakan fasilitas Switchboard Manager seperti yang telah dibahas pada bab sebelumnya, Anda juga

Lebih terperinci

MEBUAT POSTER ILMIAH DENGAN MICROSOFT OFFICE DALAM WAKTU 15 MENIT.!!!!

MEBUAT POSTER ILMIAH DENGAN MICROSOFT OFFICE DALAM WAKTU 15 MENIT.!!!! MEBUAT POSTER ILMIAH DENGAN MICROSOFT OFFICE DALAM WAKTU 15 MENIT.!!!! Publikasi ilmiah merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh seorang peneliti. Banyak sekali jenis jenis publikasi yang dapat dilakukan

Lebih terperinci

Aspro Photo Designer v3.3.0

Aspro Photo Designer v3.3.0 the MOMENTS / the STORY / the GIFT Panduan Penggunaan Aspro Photo Designer v3.3.0 w w w. a s p r o p h o t o. c o m Aspro Photo Designer 1 Panduan Aspro Photo Designer 1. Membuat Proyek Baru Double click

Lebih terperinci

DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI

DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI Bagian pertama dari proyek untuk mempercantik dan menambah fungsional desktop adalah dengan melakukan kostumisasi desktop dan ikon. Dengan menggunakan software-software free

Lebih terperinci

MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6

MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6 1 PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6 Modul ini memberikan gambaran mengenai langkah-langkah menggunakan Software Camtasia sehingga aplikasi software ini bisa di manfaatkan untuk membuat

Lebih terperinci

Panduan Video Promosi

Panduan Video Promosi Panduan Video Promosi Langkah Sederhana Untuk Mendatangkan Ribuan Pengunjung Ke Website Anda Panduan Membuat Short Video Promo YouTube. Salah satu tehnik FREE Traffic yang dianjurkan di IMFreedom dan sangat

Lebih terperinci

PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER

PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER A. TUJUAN PRAK TIKUM Memahami cara pembuatan jaringan Local Area Network (LAN) Memahami cara menjalankan perintah ping

Lebih terperinci

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE Pengisian Content CMS Moodle Memasukan materi 1. Isi langsung Dengan cara isi langsung, materi dimasukan dengan mengetikkannya langsung melalui situs. Langkah langkah :

Lebih terperinci

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 3 KUIS ONLINE DAN FORUM DISKUSI

Lebih terperinci

Petunjuk Instalasi Upgrade. Aplikasi Equity_AMCapital

Petunjuk Instalasi Upgrade. Aplikasi Equity_AMCapital Petunjuk Instalasi Upgrade Aplikasi Equity_AMCapital Details : Semua pengguna DIWAJIBKAN melakukan Uninstall pada aplikasi SWST_AMCapital dengan langkah langkah sebagai berikut : 1. Pada screen layar di

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I

PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I PERLU DIINGAT SEBELUM MELANJUTKAN MEMBACA PANDUAN SINGKAT INI: 1. TATA LETAK MENU dan BLOK pada tampilan laman sangat tergantung pada pengaturan THEME oleh

Lebih terperinci

Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra. Muh. Tamimuddin H

Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra. Muh. Tamimuddin H Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra Muh. Tamimuddin H Geogebra dapat digunakan untuk membuat sebuah lembar kerja dinamis. Pada tulisan ini, GeoGebra akan kita gunakan untuk menggambarkan sebuah garis

Lebih terperinci

LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT

LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT DAFTAR ISI DAFTAR ISI...1 LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT...2 I. CARA PENGAKSESAN EMAIL...2 II. CARA MELIHAT EMAIL...4 III. CARA MEMBUAT EMAIL / PESAN BARU...6 LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL

Lebih terperinci

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP URL (UNIFIED RESOURCES LOCATOR) Untuk dapat melakukan pengelolaan halaman web di situs web BPKP, kita harus mengetikkan URL atau unified resources locator atau alamat

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 31 BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 4.1 Desain Website (Perancangan Website) Desain ini berupa struktur yang harus dibuat untuk memudahkan pembuatan website yang dimaksudkan agar web ini terlihat sederhana

Lebih terperinci

STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU

STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU 1. Download File Setup.exe dari http://www.bakoelppob.com atau klik disini. Jika melalui website bakoelppob, silahkan klik seperti gambar di bawah.

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar

Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar Petunjuk Penggunaan Moodle Bagi Pengajar 1. Membuka Situs E-Learning Unsyiah Arahkan browser pada alamat situs e-learning Unsyiah: http://unsyiah.inherent-dikti.net/e-learning-unsyiah/. 2. Login Masukkan

Lebih terperinci

PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI

PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI Halaman Login Website keanggotaan HPJI (http://www.hpji.or.id/keanggotaan) dapat diakses dengan terlebih dahulu melakukan login dengan akun yang telah

Lebih terperinci

CMS Joomla. Materi Kuliah Rekayasa Web Universitas Budi Luhur. A. Pengenalan Joomla

CMS Joomla. Materi Kuliah Rekayasa Web Universitas Budi Luhur. A. Pengenalan Joomla CMS Joomla A. Pengenalan Joomla Joomla merupakan sebuah CMS open source yang digunakan untuk membuat website dan aplikasi online lainnya (seperti forum, toko online) secara cepat dan mudah. Dengan menggunakan

Lebih terperinci

Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com

Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Instalasi Windows XP pada VM VirtualBox Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN

SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN A. Muatan Aplikasi Aplikasi Database Masyarakat Miskin Perkotaan ini adalah sistem penyimpanan data kemiskinan yang bersumber dari data PPLS 2011 dan Podes

Lebih terperinci

SUPER SPRING BUKU. untuk

SUPER SPRING BUKU. untuk SUPER SPRING GPS Navigation System BUKU PANDUAN NAVITEL 3.5.0.895 untuk Perangkat GPS merek SUPER SPRING Peta didukung oleh: (c) PT. SUPER SPRING 2011 Panduan Penggunaan Software Navigasi NAVITEL 1. Buat

Lebih terperinci

Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software. Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi

Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software. Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi Kelas / Semester / Prodi : XI / Gasal / Semua Jurusan Disusun oleh : SUGITO, S.Kom www.kkpismkyosda.co.cc

Lebih terperinci

Tutorial Penggunaan. Bagian I. www.indonesiawebdesign.com

Tutorial Penggunaan. Bagian I. www.indonesiawebdesign.com Daftar Isi 1. Tutorial Penggunaan Bagian I 1.1 Pengantar... 1.2 Persiapan... 1.3 Pengenalan Medan... 1.4 Navigasi... 1.5 Widget... 1.6 Statistik... 1.7 Setting Website... 2. Tutorial Penggunaan Bagian

Lebih terperinci

Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T.

Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T. Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T. cakrabirawa@mail.ru Dalam dunia perpustakaan, ada sebuah program yang telah dikenal luas dalam membantu tugas-tugas pengelolaan

Lebih terperinci

Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5

Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5 Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5 Persiapan : Ada beberapa file yang diperlukan sebelum kita melakukan instalasi Galileo Desktop Versi 2.5, berikut data file & Tahapan instalasinya : 1 2 3 4

Lebih terperinci

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6.

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6. Panduan Instalasi Aplikasi SIDeKa 1. Instalasi Web Server menggunakan XAMPP. Di Windows Web Server diperlukan untuk menjalankan aplikasi SIDeKa, karena aplikasi ini dibangun berbasis web (Web Base). Step

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH 3.1 Analisa Masalah Proses editing video sebelum adanya teknologi Multimedia, membutuhkan ruang dan waktu yang sangat besar. Belum lagi biaya yang cukup besar pula

Lebih terperinci

SMK NU 03 KALIWUNGU MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA. Nama Kelas No Absen MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI

SMK NU 03 KALIWUNGU MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA. Nama Kelas No Absen MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI PROGRAM KEAHLIAN: SEMUA PROGRAM KEAHLIAN Nama Kelas No Absen Modul ini milik : SMK NU 03 KALIWUNGU

Lebih terperinci

Mengatur Tampilan AutoCAD

Mengatur Tampilan AutoCAD Mengatur Tampilan AutoCAD Untuk berinteraksi dengan sebuah program, Anda pasti akan disuguhkan dengan sebuah tampilan (interface) program tersebut. Ini tentunya untuk memudahkan Anda sebagai user dalam

Lebih terperinci

CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id

CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI. Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman repo.slemankab.go.id CARA INSTALL DAN REMOVE APLIKASI Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman cara menginstal dan remove/uninstall aplikasi ada beberapa cara yang akan dijelaskan dalam panduan ini terutama adalah linux yang menggunakan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI 2010 Hak cipta dilindungi

Lebih terperinci

Fungsi Library EX-word TextLoader

Fungsi Library EX-word TextLoader EW-ID2000 Kamus Elektronik EX-word Fungsi Library EX-word TextLoader Pedoman Pemakaian Pendahuluan Pedoman Pemakaian ini menjelaskan cara menggunakan software EX-word TextLoader dan fungsi Library Kamus

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA

MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA A. MENYALAKAN KOMPUTER Pastikan Kabel Supply terhubung ke PLN, kemudian lakukan langkah sbb: 1. Nyalakan Stabilizer 2. Nyalakan

Lebih terperinci

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 EDISI III - 2005 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 EDISI III - 2005 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR Edisi III - 2005 EDISI III - 2005 MATA MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) PROGRAM KEAHLIAN:

Lebih terperinci

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar 1 MASUK KE SYSTEM 3TELL 1. Login ke http://3tell.stptrisakti.net/. Klik Login pada sisi

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

Aplikasi Manageman Tugas dan Bahan Perkuliahan. E-Laerning Sistem PADUAN SISITEM PEMBELAJAN & TUGAS ONLINE

Aplikasi Manageman Tugas dan Bahan Perkuliahan. E-Laerning Sistem PADUAN SISITEM PEMBELAJAN & TUGAS ONLINE 2014 Panduan Mahasiswa Aplikasi Manageman Tugas dan Bahan Perkuliahan E-Laerning Sistem PADUAN SISITEM PEMBELAJAN & TUGAS ONLINE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM KALIMATAN MAAB Jl. Adhyaksa No.2 Kayu

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang 1.1 Latar Belakang BAB I PENDAHULUAN Adobe Photoshop adalah sebuah aplikasi yang dapat meng animasikan gambar dengan bagus. Adobe Photoshop yaitu perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang

Lebih terperinci

Seperti yang ada dalam storyboard, multimedia pembelajaran saya terdiri dari empat menu utama yaitu:

Seperti yang ada dalam storyboard, multimedia pembelajaran saya terdiri dari empat menu utama yaitu: Belajar Matriks Mudah dan Menyenangkan (Chapter 2) Assalammualaikum.. Salam Matematika!! Pada chapter sebelumnya, saya telah sedikit memberikan penjelasan mengenai Multimedia Pembelajaran Interaktif dan

Lebih terperinci

UPLOAD WEB. Upload web ke hosting gratis di byethost.com. Create by: Heru W drupalsolo.isgreat.org

UPLOAD WEB. Upload web ke hosting gratis di byethost.com. Create by: Heru W drupalsolo.isgreat.org Upload web ke hosting gratis di byethost.com UPLOAD WEB Upload adalah proses mengirim data (umumnya berbentuk berkas) dari komputer pribadi ke suatu sistem seperti server web, FTP server atau sistem serupa

Lebih terperinci

Pro Surveillance System Dahua Application For PC

Pro Surveillance System Dahua Application For PC Pro Surveillance System Dahua Application For PC Pro Surveillance System (PSS) merupakan sebuah aplikasi yang didukung oleh Dahua Technology Co.LTD. Aplikasi ini sangat membantu untuk menampilkan serta

Lebih terperinci

Membuat Bahan Ajar berbasis Web dengan Adobe Dreamweaver CS3. Bambang Adriyanto

Membuat Bahan Ajar berbasis Web dengan Adobe Dreamweaver CS3. Bambang Adriyanto Membuat Bahan Ajar berbasis Web dengan Adobe Dreamweaver CS Bambang Adriyanto MEMBUAT SITE dan HALAMAN BARU Membuat Site Sebelum membuat halaman-halaman web Anda harus membuat Site terlebih dahulu, untukmemudahkan

Lebih terperinci

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Modul Dosen

Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online Modul Dosen Petunjuk Singkat Penggunaan Google Drive untuk TA Online 1. Buka browser (sangat dianjurkan menggunakan browser google chrome) 2. Masuk login ke Single Sign On (SSO) yaitu fasilitas login satu pintu dimana

Lebih terperinci

Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint

Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint Prasyarat: - Terinstall PowerPoint 2007 - Memiliki pengetahuan dasar PowerPoint - Terinstall Aura Video Converter Materi: 1. Gambar o Size, Rotate,

Lebih terperinci

FOODHALL.CO.ID CONTENT MANAGEMENT SYSTEM

FOODHALL.CO.ID CONTENT MANAGEMENT SYSTEM FOODHALL.CO.ID CONTENT MANAGEMENT SYSTEM LOGIN http://www.foodhall.co.id/cms DASHBOARD Saat pertama kali melakukan LOGIN, anda akan dibawa ke halaman DASHBOARD dengan WINDOW ARTICLE MANAGEMENT langsung

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan dan Akses

Panduan Penggunaan dan Akses ProQuest Panduan Penggunaan dan Akses Cara Masuk Ke ProQuest ProQuest dapat di akses melalui website universitas, ataupun melalui URL http://search.proquest.com Untuk akses didalam universitas, dapat langsung

Lebih terperinci

Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa

Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB Untuk Mahasiswa 1 Petunjuk Penggunaan Elearning Kelas Karyawan UMB I. PENGANTAR Elearning PKSM UMB menggunakan aplikasi opensource Moodle. Kata Moodle adalah tingkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment.

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER JOB I Instalasi Sistem Operasi Windows Server 2008 Di susun oleh: Nama : Winda Rizky Putri NIM : 3.33.10.1.21 Kelas : TK 3B PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Lebih terperinci

MEMASANG WEBSITE DI INTERNET

MEMASANG WEBSITE DI INTERNET MEMASANG WEBSITE DI INTERNET Bila anda telah membuat halaman-halaman web yang tersimpan sebagai file-file HTML dalam hardisk komputer anda, berarti anda telah mempunyai website sendiri secara offline.

Lebih terperinci

Gambar 1 - Graphical User Interface (GUI) dbookpro

Gambar 1 - Graphical User Interface (GUI) dbookpro PENGANTAR DBOOK PRO UNTUK PENGGUNA TINGKAT LANJUT dbookpro adalah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat buku teks elektronik interaktif atau e-textbook. E-textbook bisa dibuat dengan memasukkan

Lebih terperinci

Proses Urutan Installasi SQL SERVER. Setelah Setup.exe, di klik, maka akan muncul gambar di bawah ini :

Proses Urutan Installasi SQL SERVER. Setelah Setup.exe, di klik, maka akan muncul gambar di bawah ini : Memulai Installasi Hal hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai installasi Galaxy POS Pastikan DVD Drive anda dalam keadaan baik dan bisa digunakan untuk membaca keeping DVD. Close semua program sebelum

Lebih terperinci

PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE

PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE LEMBAGA INFORMASI DAN PUBLIKASI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UMM 2 MEI 2015 PANDUAN PENGELOLAAN WEBSITE UNIT-UNIT DI LINGKUNGAN FEB UMM A. PENDAHULUAN Website di lingkungan

Lebih terperinci

PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S

PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S 2 1.1 Cara Petunjuk Instalasi PostgreSQL Langkah-langkah untuk instalasi PostgreSQL Klik pada

Lebih terperinci

PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER. Hamidah Suryani Lukman 10060207012. Asisten Rhidayansyah

PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER. Hamidah Suryani Lukman 10060207012. Asisten Rhidayansyah PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER LAPORAN PRAKTIKUM SOFTWARE 2 Diajukan untuk memenuhi tugas Organisasi Sistem Komputer Tahun Akademik 2007/2008 Oleh Hamidah Suryani Lukman 10060207012 Asisten

Lebih terperinci

1. Instalasi System yang diperlukan IBM PC atau kompatibel (486 DX4 100 MHz minimum, Pentium 120 MHz disarankan)

1. Instalasi System yang diperlukan IBM PC atau kompatibel (486 DX4 100 MHz minimum, Pentium 120 MHz disarankan) Created by http://www.tellmemore.cjb.net Page 1 of 9 Manual Book 1. Instalasi System yang diperlukan IBM PC atau kompatibel (486 DX4 100 MHz minimum, Pentium 120 MHz disarankan) Microsoft Windows 95 8

Lebih terperinci

Cara penggunaaan Admin Catalog Database :

Cara penggunaaan Admin Catalog Database : Cara penggunaaan Admin Catalog Database : Masukan username dan password account anda pada tampilan seperti terlihat pada contoh gambar diatas Tampilan awal dari administrator menu berikut dengan menu2x

Lebih terperinci

Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop

Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop Langkah 1 Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. Caranya ya dengan memilih menu File > New. Saat muncul kotak dialog New, silahkan diisi dengan

Lebih terperinci

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 1 Daftar Isi BAB 1... 3 PENDAHULUAN... 3 1.1 ALUR KERJA SI-NPP... 3 BAB 2... 4 MENJALANKAN APLIKASI SI-NPP... 4 2.1 MASUK KE APLIKASI SI-NPP... 4 2.2 MENU DALAM APLIKASI (NPP)... 4 2.2.1 Menu Informasi...

Lebih terperinci

3. Sistem Operasi Windows. a. Mengenal sistem operasi

3. Sistem Operasi Windows. a. Mengenal sistem operasi 3. Sistem Operasi Windows a. Mengenal sistem operasi Pada saat menyalakan komputer, perangkat lunak yang pertama akan bekerja adalah perangkat lunak sistem operasi (operating system). Perangkat lunak sistem

Lebih terperinci

PANDUAN MENGGUNAKAN CLASSROOM

PANDUAN MENGGUNAKAN CLASSROOM PANDUAN MENGGUNAKAN CLASSROOM Masuk Untuk Pertama Kalinya 1. Buka aplikasi perambahan website (browser) pada komputer desktop Anda. Laman Classroom ditampilkan dalam beberapa bahasa. Untuk memudahkan,

Lebih terperinci

Panduan Menggunakan Microsoft Project

Panduan Menggunakan Microsoft Project Panduan Menggunakan Microsoft Project Magister Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Gedung IKM Lt.1 Jl. Farmako, Sekip Utara, Jogjakarta Telp/Fax:0274-542900

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL)

PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL) PANDUAN SINGKAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN (SIMPEL) SIMPEL merupakan layanan informasi berupa laporan keuangan dan akademik yang dimiliki oleh setiap fakultas sesuai data akademik dan keuangan

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG

PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian A MODUL UPLOAD DATA DUKUNG REALISASI KEUANGAN (SCAN SP2D) Untuk upload data dukung realisasi

Lebih terperinci

PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK

PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK A. INSTALASI Sistem Server Smart Display terdiri dari 1 Perangkat PC Server dan Dua atau lebih Perangkat Smart Display Android Sebagai Client. Prosedur Konfigurasi

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Penggunaan Inkscape untuk Membuat Logo SME Service Center

Modul Pelatihan Penggunaan Inkscape untuk Membuat Logo SME Service Center Modul Pelatihan Penggunaan Inkscape untuk Membuat Logo SME Service Center DAFTAR ISI 1. Membuat Dokumen Baru... 2 2. Import File... 2 3. Membuat Teks "SME" dan Propertinya... 3 4. Membuat Teks "Indonesian"

Lebih terperinci

E Layanan Pendidikan Dasar DAFTAR ISI

E Layanan Pendidikan Dasar DAFTAR ISI DAFTAR ISI Penjelasan Umum.. 2 Model Entri Data 2 Text Box.. 2 Combo Box 2 Calendar. 3 Option Button. 4 Check Box.. 4 Penyaluran Siswa.. 4 Prosedur Penyaluran Siswa.. 4 Pendaftaran Baru. 7 Edit Permohonan..

Lebih terperinci

Panduan Instalasi Koneksi Galileo SSL Client (SSL127)

Panduan Instalasi Koneksi Galileo SSL Client (SSL127) Panduan Instalasi Koneksi Galileo SSL Client (SSL127) Persiapan : Ada beberapa file yang diperlukan sebelum kita melakukan instalasi Galileo SSL Client : 1 2 TAHAP 1 Pastikan SSL Certificate Windows Anda

Lebih terperinci

Cara Penggunaan email KEMENHUB :

Cara Penggunaan email KEMENHUB : Cara Penggunaan email KEMENHUB : 1. Untuk membuka halaman login Mail KEMENHUB dilakukan dengan 2 Cara : a. Membuka halaman depan web KEMENHUB dengan mengetik alamat website http://www.dephub.go.id pada

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 SISTEM AKADEMIK YARSI Modul Pelatihan Dosen Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 Daftar Isi Contents I. Login... 2 II. Kalender Akademik... 3 III. Menu Penilaian... 4 III.1 Input Nilai...

Lebih terperinci

PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA

PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA PETUNJUK OPERASIONAL WEBFORM GA Daftar Isi MEMULAI APLIKASI...2 LOGIN...2 MENU...4 NEW...5 BROWSE...15 N E W...16 E D I T...16 D E L E T E...17 APPROVE...17 S E N D...18 DOWNLOAD...19 UPLOAD...20 REFERENCE...21

Lebih terperinci

www.gainscope.com/vps.php

www.gainscope.com/vps.php Koneksi Internet anda Komputer Lokal anda Dihubungkan dengan koneksi internet anda sebagai remotenya (Melalui software RDC) Komputer VPS anda Komputer VPS terhubung dengan jaringan broadband kecepatan

Lebih terperinci

ide.yunianto@ugm.ac.id

ide.yunianto@ugm.ac.id Zotero PANDUAN ZOTERO Zotero merupakan salah satu reference management tools yang sangat berguna bagi mahasiswa maupun peneliti untuk mengelola referensi yang digunakan dalam penelitian. Secara garis besar,

Lebih terperinci

Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI

Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI Petunjuk Teknis Instalasi ODBC dan Instalasi SIKI Langkah 1 dari 23: Langkah Instalasi ODBC dan Install SIKI dilakukan setelah selesai langkah Instal MySQL dan Penempatan File Database SIKI (baca : Juknis

Lebih terperinci

Pra Instalasi. A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini:

Pra Instalasi. A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini: Pra Instalasi A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini: 1. Silahkan buka start (disebelah kiri bawah menu) atau klik,

Lebih terperinci

MEMBUAT MEDIA PRESENTASI BAHAN AJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT 2007

MEMBUAT MEDIA PRESENTASI BAHAN AJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT 2007 MEMBUAT MEDIA PRESENTASI BAHAN AJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT 2007 Oleh: I WAYAN MULIANA, S.Pd. why.mulia@gmail.com PALANGKA RAYA TAHUN 2010 halaman 1 1. Klik Star All Programs Microsoft Office Power Point

Lebih terperinci

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA

Aplikasi SI Kemiskinan Daerah V.1. USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA USER MANUAL APLIKASI SI Kemiskinan Daerah V.1 BAPPEDA JAKARTA 1 Sistem Informasi Kemiskinan dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan dalam penanggulangan kemiskinan secara

Lebih terperinci

Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional

Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional Pendahuluan Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional Bismillahi Rahman Nirrahim Oleh Sri Rahayu Perpustakaan Institut Pertanian Bogor yayu.ikhwan@gmail.com

Lebih terperinci

USER MANUAL TECC WEB BASE SYSTEM

USER MANUAL TECC WEB BASE SYSTEM USER MANUAL TECC WEB BASE SYSTEM DAFTAR ISI Pendahuluan Login dari Administrator Login dari Manager Login dari Operation & Maintenance Login dari Customer Service TeCC Web Base System ini adalah aplikasi

Lebih terperinci

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 1. Tujuan dan Sasaran Manual ini dibuat sebagai padoman bagi para petugas operator / database KTA GAPENSI didalam menggunakan aplikasi

Lebih terperinci

PANDUAN MANUAL JENTERPRISE

PANDUAN MANUAL JENTERPRISE PANDUAN MANUAL JENTERPRISE Untuk memulai pengoperasian Web jenterprise, langkah langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan konfigurasi halaman administrator. Halaman administrator bisa di akses di http://namadomainanda/admin/,

Lebih terperinci

Menggunakan CodeBlock Dengan Cepat (platform non linux) Oleh:wijanarto

Menggunakan CodeBlock Dengan Cepat (platform non linux) Oleh:wijanarto Menggunakan CodeBlock Dengan Cepat (platform non linux) Oleh:wijanarto Tutorial ini di tujukan untuk mahasiswa yang baru mengenal bahasa c dengan compiler GCC yang berjalan di platform bukan Linux. IDE

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN JURNAL ELEKTRONIK UNTUK MAHASISWA

PANDUAN PENGGUNAAN JURNAL ELEKTRONIK UNTUK MAHASISWA PANDUAN PENGGUNAAN JURNAL ELEKTRONIK UNTUK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012 Daftar Isi 1. Alur Jurnal Elektronik... 1 2. Login... 2 3. Submission... 4 4. Revisi...

Lebih terperinci

BAGAIMANA MENGGUNAKAN ITRACK.IQIOS.COM (GPS bebas ABONEMEN)

BAGAIMANA MENGGUNAKAN ITRACK.IQIOS.COM (GPS bebas ABONEMEN) BAGAIMANA MENGGUNAKAN ITRACK.IQIOS.COM (GPS bebas ABONEMEN) Terima kasih atas kepercayaan anda menggunakan itrack.iqios.com Untuk mengetahui cara kerja, anda bisa mengklik langsung di tombol cara kerja

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA...

BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA... DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN... 2 BAB II MODUL MAHASISWA... 5 2.1 MENDOWNLOAD MATERI... 7 2.2 MENGIRIMKAN TUGAS... 7 2.3 MENDOWNLOAD MATERI DARI DISPLAY DIRECTORI... 10 2.4 MENONTON VIDEO TUTORIAL... 10

Lebih terperinci

ACCURATE 4 QUICK START

ACCURATE 4 QUICK START ACCURATE 4 QUICK START 1. DATA PERUSAHAAN YANG PERLU DIPERSIAPKAN Sebelum membuat database ACCURATE 4, data perusahaan yang perlu Anda siapkan adalah sbb : Daftar Kas dan Bank beserta jumlahnya masing-masing.

Lebih terperinci

Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio)

Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio) Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio) Fitri Andriyani fitriandriyani18@gmail.com Abstrak C# (DIBACA SEE-SHARP ) adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan oleh Microsoft yang

Lebih terperinci

E-Learning System PANDUAN DOSENT APLIKASI MANAJEMANT PERKULIAHAN ONLINE RAHMAN IT. FATEK -UNISKA rahman@edukasi-online.net

E-Learning System PANDUAN DOSENT APLIKASI MANAJEMANT PERKULIAHAN ONLINE RAHMAN IT. FATEK -UNISKA rahman@edukasi-online.net 2014 E-Learning System PANDUAN DOSENT APLIKASI MANAJEMANT PERKULIAHAN ONLINE RAHMAN IT FATEK -UNISKA rahman@edukasi-online.net Daftar Isi MEMULAI APLIKASI... 3 LOGIN APLIKASI... 3 RESET PASSWORD... 3 MATERI

Lebih terperinci