Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive"

Transkripsi

1 Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive

2 S eringkali kita membutuhkan sebuah sarana untuk membuat sebuah pembelajaran yang menarik bagi siswa. Salah satunya dengan menyuguhkan sebuah video pembelajaran. Namun sering kali video pembelajaran yang ada di pasaran tidak cocok dengan kebutuhan kita di dalam kelas. Lantas kenapa kita tidak membuatnya sendiri? Sulit, software-nya mahal adalah alasan yang sering kita kemukakan ketika pertanyaan itu muncul. Microsoft menyuguhkan sebuah solusi pembuatan video yang mudah dan software-nya bisa di download secara gratis. Mari kita Coba. Membuat Movie dari Gambar / Foto 1. Dalam aktifitas ini, kita akan membuat sebuah video, menambahkan text dan suara kemudian membagikannya secara online. Disini kita juga akan belajar sedikit video editing untuk menunjang kreatifitas pembelajaran kita di dalam kelas. Ketika menjalankan program ini, keterbatasan kita hanyalah kreatifitas dan imajinasi kita. Ayo bekerja dengan kreatif! 2. Digital story telling adalah salah satu hal yang sangat bermanfaat untuk memotivasi siswa atau membuka pelajaran. Gabungan gambar yang kita dapatkan dari internet atau gambar yang kita buat sendiri akan menambah kreatifitas kita dalam pembelajaran di kelas. Ciptakan sebuah pembelajaran yang efektif dengan sarana ini. Download dan install Windows Live Movie Maker dan mulai berkarya Gunakan untuk mencari gambar untuk memulai pembelajaran yang efektif. Misalkan kita mencari gambar tentang Tata Surya / Solar System. Gambar 1 : tampilan Tampilan homepage setiap hari berubah ubah, jadi bila kali ini ketika modul ini disusun gambar yang ditampilkan adalah bumi, mungkin saat kita akses di lain waktu gambar sudah berubah. Untuk pencarian gambar klik terlebih dahulu tulisan image. Untuk pencarian yang efektif, lebih baik menggunakan istilah dalam bahasa inggris. Hal ini dikarenakan lebih banyak media / gambar yang diupload dalam bahasa inggris dibanding dalam bahasa Indonesia.

3 Misalkan kita akan mencari planet-planet atau tata surya, maka hasil dengan menggunakan kata tata surya dalam pencarian gambar didapatkan hasil sebanyak gambar tapi ketika menggunakan kata solar system didapat hasil gambar. Selisih yang luar biasa. Gambar 2 : Hasil pencarian gambar di Bing Gambar 3 : tampilan setelah kita pilih salah satu gambar Untuk mendapatkan gambar yang maksimal, klik pada see full size image. Semakin besar ukuran gambar semakin baik nanti kualitas tampilan dari film yang akan kita buat.

4 Gambar 4 : Tampilan full size Simpan gambar ke folder yang kita inginkan dengan langkah : a. Klik kanan pada gambar kemudian Save Picture As b. Tentukan folder yang diinginkan c. Klik Save d. Lakukan untuk gambar yang lainnya. Catatan: Untuk mencari video pilih tab video pada Bing. Gambar 5 : Penyimpanan Gambar 6 : tab Video di Bing 4. Instalasi Windows Live Movie maker.

5 Apabila pada computer belum terinstall Windows Live Movie maker, software bisa di download gratis di Klik Download now Gambar 6 : website untuk download Movie Maker Gambar 7 : Download dialog Pilih save Simpan pada folder yang diinginkan. Setelah selesai mendownload buka folder dimana file wlsetup_web.exe disimpan. Klik dua kali pada file tersebut untuk memulai instalasi. Program Windows Live Movie maker menyatu dengan windows live essential, namun dalam instalasi kita bias memilih menginstall semua software dalam Windows live essential atau software tertentu saja.

6 Gambar 8 : Proses instalasi Gambar 9 : Pilihan software yang akan diinstall Hilangi centang yang tidak diinginkan kemudian pilih Install. Ikuti proses instalasi sampai selesai. Kemudian restart computer untuk membuatnya aktif. Catatan : Selama proses instalasi computer harus terkoneksi ke Internet. 5. Mengaktifkan Windows Live Movie Maker Untuk mengaktifkan program Windows Live Movie Maker langkahnya : Klik tombol start dilanjutkan ke all program Klik Windows Live Movie maker

7 Atau bisa juga dengan melakukan doible klik pada icon Windows Live Movie Maker pada layar desktop computer. Gambar 10 : Ikon Windows Live Movie maker Gambar 11 : Menjalankan Windows Live Movie Maker Setelah aktif akan muncul tampilan berikut: Gambar 12 : Area Kerja Movie Maker

8 Sekarang saatnya kita gunakan gambar yang sudah didownload untuk membuat video. Anda bisa mengimport gambar dengan meng-klik "Add Videos and Photos icon" atau klick pada "click here to browse videos and photos. Gambar 13 : Menambahkan Video / Gambar Gambar 14 : Menyeleksi gambar di folder 6. Seleksi semua gambar yang diinginkan untuk dimasukan secara bersama-sama atau pilih satu persatu kemudian klik open.

9 Gambar 15 : gambar yang sudah di load di Movie Maker 7. Urutan gambar menunjukkan urutan tampilan, untuk memindahkan gunakan metode klik and drag. Pindah pada posisi yang diinginkan. Gambar 16 : Merubah urutan gambar 8. Untuk menghapus gambar / video lakukan dengan perintah klik kanan (right clicking) kemudian [ilih 'remove'. 9. Sekarang kita beri judul! Klik pada add title Gambar 17 : Member Title 10. Akan muncul satu box berwarna hitam untuk kita menuliskan judul yang kita inginkan.

10 Gambar 18 : mengetik title / judul Pengaturan tulisan Perataan/ Paragraph Efek pada title Pengaturan / adjust Pengaturan warna background Font : Berfungsi untuk mengatur jenis huruf, ukuran, efek penulisan, dan warna huruf. Paragraph : Mengatur perataan title pada posisi layar dan transparasi tulisan. Pengaturan Background : Mengatur Warna background, Pengaturan / adjust : Kapan dimulai munculnya tulisan, durasi title. Effects : Mengatur animasi munculnya title. 11. Ketik judul yang kita inginkan, misalnya Tata Surya. Maka dibawah kotak title akan muncul tulisan tata Surya. Lakukan perubahan yang diinginkan sesuai petunjuk diatas. 12. Memberi Animasi dan Efek transisi Agar tampilan masing-masing gambar yang kita masukkan menjadi menarik, kita bisa menambahkannya dengan member efek / animasi transisi pada perpindahan dari ambar yang satu ke gambar yang lainnya. Langkahnya adalah : Pilih Tab Animation

11 Arahkan mouse pada tengah-tengah pertemuan antar gambar Pilih salah satu animasi yang diinginkan Animasi transisi yang lainnya bisa ditampilkan dengan mengklik panah bawah di pojok kanan bawah pada bagian transisi Apabila menginginkan masing-masing gambar/video mengunakan transisi yang berbeda lakukan pada masing-masing gambar/video, namun apabila ingin semuanya sama pilih apply to all Memilih transisi lainnya Posisi kursor Gambar 20 : Transisi Macam effect transisi yang tersedia Gambar 21 : macam transisi 13. Visual Effect Visual effect adalah efek perubahan warna pada gambar atau video yang kita masukkan.klik pada tab Vissual effect dan lakukan hal yang sama seperti saat kita member effek transisi diatas.

12 Gambar 22 : Visual effect 14. Memasukkan Musik Gambar 23 : menambah Musik Pada add music, ada dua pilihan add music untuk menambahkan music mulai awal, dan add music at the current point untuk menambahkan music dimulai pada posisi kursor/ image yang aktif. Namun dengan operasi drag kita bisa memindah posisi awal dimana music dimainkan. Gambar 24 : Memilih musik / lagu Pilih lagu yang diinginkan. Kemudian pilih Open. Maka diatas image di bagian editing akan muncul kotak warna hijau bertuliskan judul lagu / nama file yang dimasukkan.

13 Durasi lagu menyesuaikan durasi lagu yang dimasukkan apabila image/gambar durasinya lebih sedikit maka anak ada tambahan blank image (warna hitam) dibelakan image terakhir sampai lagu selesai. Namun apabila lebih panjang image/gambarnya, maka lagu akan berhenti walau gambar masih ada. 15. Menyimpan dan membagi Video Untuk melakukan penyimpanan dari pengolahan gambar yang kita lakukan, kita klik tabulasi home Gambar 25: Menyimpan hasil kerja Pada save movie kita bisa melakukan beberapa pemilihan format video yang kita inginkan. Simpanlah sesuai dengan kebutuhan kita atau media yang akan kita gunakan. Gambar 26 : Menentukan lokasi penyimpanan Kemudian, tentukan lokasi yang diinginkan, beri nama, klik tombol save. Pada Windows Live Movie Maker juga tersedia fasilitas untuk membagi / share video buatan kita langsung ke media jejaring online atau penyimpanan online. (Publish on the web). Pilih pada icon share, maka akan muncul beberapa pilihan penyimpanan di web yang bisa kita pilih.

14 Gambar 27 : Alternatif upload hasil karya Misalkan video yang kita buat akan di bagikan / di-share di skydrive maka pilih skydrive. Gambar 28 : Menentukan resolusi movie Akan muncul alternative ukuran file yang disesuaikan dengan resolusi yang diizinkan untuk di upload di skydrive. Pilih salah satu. Muncul pilihan di folder mana video akan disimpan dan siapa saja yang akan diizinkan untuk mengaksesnya. Video bisa kita masukkan ke folder yang ada atau kita ketikkan langsung nama folder yang kita inginkan. Misalkan kita membuat folder Video Pembelajaran dan video tersebut bisa diakses siapapun.

15 Gambar 29 : Menentukan album di skydrive Klik publish Gambar 30 : Proses publishing Kita tunggu sampai proses publishing selesai. Lamanya proses tergantung besar kecilnya file serta koneksi internet yang ada. Gambar 31 : Movie berhasil di upload Setelah proses selesai, kita lihat / buka skydrive kita untuk mengeceknya.

16 Gambar 32 : Preview di Skydrive Dari skydrive, siswa atau orang lain bisa mendownload video yang kita buat, atau memutarnya Apabila kita pilih untuk memutarnya Gambar 33 : Preview movie di Skydrive Membuat Movie dari movie yang ada Dalam aktifitas ini kita akan mengedit sebuah video yang akan kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Secara mendasar tehnik memasukkan video, member efek transisi dan visual efek sama persis dengan teori sebelumnya. Untuk video ada tambahan untuk mengedit video yang kita masukkan. Misalkan kita memasukkan video wildlife.wmv dari folder C:\Users\Public\Videos\Sample Videos

17 Gambar 34 : Mengedit Video Berbeda dengan gambar / foto, panjang video sesuai dengan durasi masing-masing video yang kita masukkan. Pada proses awal memasukkan video membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan memasukkan gambar / foto. Pilih tab edit, maka kita bisa menentukan setting suara, kecepatan, atau memotong video guna membuang bagian bagian yang tidak kita inginkan. Gambar 35 : Mengedit Video Play video. Jika anda ingin memotongnya pada bagian tertentu klik pause dan pilih split.

18 Gambar 37 : memotong video Sekarang video sudah kita pisah menjadi dua bagian. Diantara perpindahan bagian satu ke bagian selanjutnya bisa kita sisipi efek transisi. Untuk memotong bagian yang tidak kita inginkan kita menggunakan fasilitas trim tool. Start Point End Point Gambar 38 : Start dan End Point Tentukan dahulu start point dan end point baru kita klik trim tool. Area yang berada diantara start point dan end point yang akan disimpan. Untuk menyimpannya klik icon save trim. Maka movie akan terpotong sesuai yang kita inginkan.

19 Gambar 39 : Hasil akhir pemotongan Contoh Ide yang bisa digunakan dikelas: 1. Langkah membuat Roti 2. Siklus air 3. Reaksi fisi dan fusi 4. Daily activity 5. Daur ulang sampah. Apa Ide Anda?

20

Bab 1 Merekam dan Mengolah Video

Bab 1 Merekam dan Mengolah Video Bab 1 Merekam dan Mengolah Video 1.1 Mengenal Windows Movie Maker Windows Movie Maker (WMM) merupakan salah satu software atau perangkat lunak pengolah video yang merupakan produk dari Microsoft. Biasanya

Lebih terperinci

Mengedit Video Sendiri dengan Windows Movie Maker 2.1 hanya dalam Waktu 10 Menit

Mengedit Video Sendiri dengan Windows Movie Maker 2.1 hanya dalam Waktu 10 Menit - 1 - Mengedit Video Sendiri dengan Windows Movie Maker 2.1 hanya dalam Waktu 10 Menit a. Mengenal Windows Movie Maker Windows Movie Maker adalah program aplikasi yang ada pada Windows 2000/ME/XP maupun

Lebih terperinci

BAB I Pengenalan Microsoft Office Powerpoint 2007

BAB I Pengenalan Microsoft Office Powerpoint 2007 BAB I Pengenalan Microsoft Office Powerpoint 2007 Microsoft Power Point merupakan salah satu program office dari Microsoft, yang berfungsi untuk membuat presentasi. Hasil presentasi tersebut biasanya di

Lebih terperinci

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat digunakan,

Lebih terperinci

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1 S Windows Movie Maker istem Operasi Microsoft Windows XP tidak hanya digunakan sebagai jembatan untuk menuju suatu aplikasi saja, melainkan banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang sistem komputer

Lebih terperinci

Modul Praktikum Ms. Office Power Point

Modul Praktikum Ms. Office Power Point Modul Praktikum Ms. Power Point 2009/10 2 I. Pengenalan PowerPoint Microsoft Power Point adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk dapat merancang dan membuat presentasi secara mudah, cepat, serta dengan

Lebih terperinci

VIDEO EDITING 2. Rendy Andriyanto. S1 Informatika ST3 Telkom Purwokerto Rendy Andriyanto

VIDEO EDITING 2. Rendy Andriyanto. S1 Informatika ST3 Telkom Purwokerto Rendy Andriyanto Ringkasan Praktikum pertemuan kedua ini melanjutkan pembahasan editing video yang pernah dilakukan pada praktikum pertemuan pertama. Materi yang dibahas pada praktikum pertemuan kedua ini adalah teknik

Lebih terperinci

MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO

MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO Transisi video adalah efek yang menampilkan perubahan tampilan dari satu klip ke klip yang lain. Pada umumnya penerapan transisi video digunakan untuk proses penggantian tampilan

Lebih terperinci

1. Tentang Ms Power Point

1. Tentang Ms Power Point Tutorial Microsoft Power Point 1. Tentang Ms Power Point Microsoft Power Point adalah aplikasi untuk keperluan presentasi, khususnya untuk presentasi bisnis dan perkantoran. Namun Power Point kuga dapat

Lebih terperinci

MICROSOFT POWERPOINT. Pendahuluan

MICROSOFT POWERPOINT. Pendahuluan MICROSOFT POWERPOINT Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu

Lebih terperinci

Microsoft PowerPoint USAID-DBE1: Management and Education Governance [MODUL POWERPOINT] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh

Microsoft PowerPoint USAID-DBE1: Management and Education Governance [MODUL POWERPOINT] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh 2010 : Management and Education Governance [MODUL POWERPOINT] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh 148 PowerPoint Tujuan Waktu Metode Diharapkan Peserta telah memahami cara menggunakan dan membuat

Lebih terperinci

Setelah membaca bab ini, anda diharapkan memperoleh gambaran singkat tentang PowerPoint dan membuat Presentasi serta menyuntingnya.

Setelah membaca bab ini, anda diharapkan memperoleh gambaran singkat tentang PowerPoint dan membuat Presentasi serta menyuntingnya. Mengenal Power Point 9.1 Pendahuluan Setelah membaca bab ini, anda diharapkan memperoleh gambaran singkat tentang PowerPoint dan membuat Presentasi serta menyuntingnya. 9.2 Power Point dan Presentasi Presentasi

Lebih terperinci

CARA SEDERHANA MEMBUAT FILM MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER

CARA SEDERHANA MEMBUAT FILM MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER CARA SEDERHANA MEMBUAT FILM MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER Yusnita Dewi yusnita@raharja.info Abstrak Windows Movie Maker adalah Software video editing gratis yang dibuat oleh Microsoft. Kita dapat menggunakan

Lebih terperinci

BAB I PENDAHULUAN. Presentasi Dengan Power Point, Hal 1/19

BAB I PENDAHULUAN. Presentasi Dengan Power Point, Hal 1/19 BAB I PENDAHULUAN Komputer merupakan suatu alat yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Pada modul ini akan dibahas tentang Aplikasi Presentasi Microsoft Power Point Persiapan Sebelum

Lebih terperinci

Cara Mudah Membuat Banner Animasi

Cara Mudah Membuat Banner Animasi Cara Mudah Membuat Banner Animasi Ujang Efendi Ujangefendi@gmail.com http://ujangkalianda.wordpress.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan

Lebih terperinci

MODUL I 1. MENGAKTIFKAN POWERPOINT. Untuk dapat memulai atau menjalankan program aplikasi PowerPoint dapat menggunakan perintah sebagai berikut :

MODUL I 1. MENGAKTIFKAN POWERPOINT. Untuk dapat memulai atau menjalankan program aplikasi PowerPoint dapat menggunakan perintah sebagai berikut : MODUL I 1. MENGAKTIFKAN POWERPOINT Untuk dapat memulai atau menjalankan program aplikasi PowerPoint dapat menggunakan perintah sebagai berikut : 1. Nyalakan komputer, tunggu sampai komputer menampilkan

Lebih terperinci

MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007

MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007 MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007 Cakupan Panduan : Menjalankan software presentasi Menggunakan menu-menu serta shortcut Menyimpan, memanggil, insert, edit Menggunakan Header, footer, page numbering Pencetakan

Lebih terperinci

Paket Aplikasi : Microsoft Office Power Point

Paket Aplikasi : Microsoft Office Power Point P11 & 12 Paket Aplikasi : Microsoft Office Power Point 11.1. TUJUAN Mahasiswa memahami dan terampil menggunakan paket aplikasi presentasi. 11.2. PEMBAHASAN Membuka aplikasi Microsoft Office Power Point

Lebih terperinci

2. Searching, Bookmark dan Download

2. Searching, Bookmark dan Download 2. Searching, Bookmark dan Download 2.1. Mencari Informasi Kegiatan yang paling banyak dilakukan pengguna Internet adalah mencari informasi tertentu yang sesuai dengan yang dibutuhkan, kegiatan ini disebut

Lebih terperinci

PEMBUATAN VIDEO MATERI AJAR DENGAN CAMTASIA

PEMBUATAN VIDEO MATERI AJAR DENGAN CAMTASIA PEMBUATAN VIDEO MATERI AJAR DENGAN CAMTASIA CANDRA SETIAWAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA Disampaikan pada Pelatihan Pengembangan Materi Ajar Pusbangdik Universitas Sriwijaya 2011 CAMTASIA

Lebih terperinci

Kata Pengantar... vii Daftar Isi... ix

Kata Pengantar... vii Daftar Isi... ix DAFTAR ISI Kata Pengantar... vii Daftar Isi... ix Modul 1 Mengenal Video... 1 1.1 Video Digital vs Analog...1 1.2 Format Video Broadcast...3 1.3 Perbedaan PAL, NTSC, dan SECAM...4 1.4 Aspect Ratio...5

Lebih terperinci

MENGENAL POWER POINT

MENGENAL POWER POINT MENGENAL POWER POINT Power point adalah sustu program yang digunakan untuk membuat slide atau presentasi, yaitu dengan cara menampilkan atau memutar slide-slide. Slide adalah lembar tempat isi presentasi

Lebih terperinci

MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO

MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO Mari mengenal Power Point. Apa itu Powerpoint? Ms Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat

Lebih terperinci

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB IX. MEMBUAT TITLE Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat digunakan,

Lebih terperinci

MICROSOFT POWERPOINT

MICROSOFT POWERPOINT MICROSOFT POWERPOINT Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu

Lebih terperinci

Cara membuat animasi teks Al Quran pada Power Point

Cara membuat animasi teks Al Quran pada Power Point Cara membuat animasi teks Al Quran pada Power Point Sebelum membuat animasi teks Al Quran yang disertai suara maka terlebih dahulu harus dipersiapkan hal-hal sebagai berikut: 1. Software pemotong suara

Lebih terperinci

Manual Laboratorium Bahasa

Manual Laboratorium Bahasa 2011 Manual Laboratorium Bahasa Aegys Team Laba Media 10/25/2011 Penjelasan Singkat Aplikasi Laboratorium Bahasa Multimedia, adalah sebuah aplikasi berbasis desktop multimedia sebagai sarana pembelajaran

Lebih terperinci

MACROMEDIA FLASH. 1.1 Mengenal interface Macromedia Flash 8. Panel. Timeline Stage. Properties. Animasi Sederhana dengan Macromedia Flash 1

MACROMEDIA FLASH. 1.1 Mengenal interface Macromedia Flash 8. Panel. Timeline Stage. Properties. Animasi Sederhana dengan Macromedia Flash 1 MACROMEDIA FLASH Macromedia flash/adobe Flash adalah perangkat lunak aplikasi untuk pembuatan animasi yang digunakan untuk halaman web. Macromedia flash mampu melengkapi website dengan beberapa macam animasi

Lebih terperinci

Mengelola File, Folder, dan Album

Mengelola File, Folder, dan Album BAB 2 Mengelola File, Folder, dan Album Pada bagian ini akan dipelajari bagaimana Google Picasa memberikan kemudahan pengguna untuk mengoleksi dan mengelola data-data, baik foto maupun video yang ada dalam

Lebih terperinci

PENGABDIAN MASYARAKAT AMIK BINA SARANA INFORMATIKA JATIWARINGIN

PENGABDIAN MASYARAKAT AMIK BINA SARANA INFORMATIKA JATIWARINGIN PENGABDIAN MASYARAKAT AMIK BINA SARANA INFORMATIKA JATIWARINGIN 2012 Power Point dan Presentasi Presentasi merupakan kegiatan yang penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan

Lebih terperinci

MODUL BAHAN AJAR Semua Program Keahlian KATA PENGANTAR

MODUL BAHAN AJAR Semua Program Keahlian KATA PENGANTAR KATA PENGANTAR Pemanfaatan komputer sebagai salah satu sarana pembangunan pembelajaran saat ini sudah menjadi kebutuhan utama. Hal ini didasarkan kepada beberapa faktor, yaitu : Perkembangan teknologi

Lebih terperinci

BAB I Mengenal Ms. PowerPoint 2007

BAB I Mengenal Ms. PowerPoint 2007 BAB I Mengenal Ms. PowerPoint 2007 Micorosoft PowerPoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang handal. Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, objek

Lebih terperinci

LAPORAN PENGGUNAAN PROGRAM CAMTASIA

LAPORAN PENGGUNAAN PROGRAM CAMTASIA LAPORAN PENGGUNAAN PROGRAM CAMTASIA PENDAHULUAN. Program Camtasia merupakan sebuah program aplikasi yang dapat berfungsi untuk Video Editing dan juga dapat digunakan untuk membuat video tutorial. Selain

Lebih terperinci

Media Pembelajaran dan Pemanfaatan ICT

Media Pembelajaran dan Pemanfaatan ICT Media Pembelajaran dan Pemanfaatan ICT Oleh: Yudha Andana Prawria NIP. 197101031998031002 Disampaikan pada Diklat Di Wilayah Kerja Kankemenag Kota Bogor Pada tanggal: Kamis, 20 Juni 2013 By Balai Diklat

Lebih terperinci

Pengenalan PowerPoint

Pengenalan PowerPoint Pengenalan PowerPoint PowerPoint merupakan bagian dari Microsoft Office dan ditujukan untuk keperluan presentasi. Selain membuat slide presentasi, aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2007 juga dapat digunakan

Lebih terperinci

Gambar 1. Tampilan awal saat memulai Microsoft PowerPoint. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMU, di SMA Negeri 2 Yogyakarta, 8 September 2005

Gambar 1. Tampilan awal saat memulai Microsoft PowerPoint. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMU, di SMA Negeri 2 Yogyakarta, 8 September 2005 Daassaarr- -daassaarr peembuaat taan ssl lidee prreesseent taassi i daal laam Miccrrossof ftt Poweerr Point Ol lleehh: :: SSr ri ii AAnnddaayyaanni ii JJuur ruussaann PPeennddi iiddi iikkaann Maat tteemaat

Lebih terperinci

MICROSOFT POWER POINT

MICROSOFT POWER POINT MICROSOFT POWER POINT I. PENDAHULUAN Microsoft Power Point adalah suatu software yang menyediakan fasilitas yang dapat membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.

Lebih terperinci

Heryzal Heryandi

Heryzal Heryandi Tutorial Adobe Premiere Pro Heryzal Heryandi pretts2@yahoo.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial

Lebih terperinci

MEMBUAT VCD DENGAN FOTO STILL: Untuk Promosi Layanan Perpustakaan

MEMBUAT VCD DENGAN FOTO STILL: Untuk Promosi Layanan Perpustakaan MEMBUAT VCD DENGAN FOTO STILL: Untuk Promosi Layanan Perpustakaan B. Mustafa mus@ipb.ac.id dan b.mustafa@eudoramail.com Kumpulan foto digital dapat disimpan pada sebuah CD dan diatur sedemikian rupa sehingga

Lebih terperinci

Gambar 1. Membuka Power Point

Gambar 1. Membuka Power Point Microsoft Power Point 1. Tentang Ms Power Point Microsoft Power Point adalah aplikasi untuk keperluan presentasi, khususnya untuk presentasi bisnis dan perkantoran. Namun Power Point kuga dapat digunakan

Lebih terperinci

E-Commerce dengan QuickCart v6.7 BAB IV

E-Commerce dengan QuickCart v6.7 BAB IV E-Commerce dengan QuickCart v6.7 BAB IV Oleh: Aslam Fatkhudin BAB IV MENGELOLA HALAMAN 4. Membuat Halaman Baru Setelah melakukan konfigurasi, selanjutnya kita isi website toko online kita dengan membuat

Lebih terperinci

IBM LOTUS SYMPHONY PRESENTATIOM

IBM LOTUS SYMPHONY PRESENTATIOM TUTORIAL MEMBUAT PRESENTASI MENGGUNAKAN IBM LOTUS SYMPHONY PRESENTATIOM Tugas Aplikasi Komputer II Dosen : Ni Komang Yossy Trisna Sukawati Disusun Oleh : JEFFRY RAHMATULLAH KHOIRI 131020700074 SEKOLAH

Lebih terperinci

Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio Dody Firmansyah SMK Informatika Bina Generasi Bogor Jl. Pagelaran No.2 Ciomas Bogor (0251) 639985 Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Camtasia

Lebih terperinci

MODUL 1 SWISHMAX ANIMASI TEKS & ANIMASI GAMBAR

MODUL 1 SWISHMAX ANIMASI TEKS & ANIMASI GAMBAR MODUL 1 SWISHMAX ANIMASI TEKS & ANIMASI GAMBAR 1.1 SwishMax merupakan aplikasi untuk membuat animasi flash seperti halnya Macromedia Flash MX. Namun perbedaannya, SwishMax lebih mudah dalam penerapannya

Lebih terperinci

Membuat Video Tutorial dengan Camtasia Studio 7. Sonny Widiarto Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung staff.unila.ac.

Membuat Video Tutorial dengan Camtasia Studio 7. Sonny Widiarto Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung staff.unila.ac. Membuat Video Tutorial dengan Camtasia Studio 7 Sonny Widiarto Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung staff.unila.ac.id/sonnywidiarto Camtasia studio merupakan software yang dirancang untuk menghasilkan

Lebih terperinci

MODUL WORKSHOP PEMBUATAN MATERI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) BERBASIS KONTEN DIGITAL

MODUL WORKSHOP PEMBUATAN MATERI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) BERBASIS KONTEN DIGITAL 0 MODUL WORKSHOP PEMBUATAN MATERI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) BERBASIS KONTEN DIGITAL 1. Powerpoint Salah satu software yang sering digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran adalah Microsoft

Lebih terperinci

BAB 4 Apps di dalam Start Screen

BAB 4 Apps di dalam Start Screen BAB 4 Apps di dalam Start Screen Masa depan Windows dapat ditemukan pada Apps yang ada di dalam Start Screen. Keberadaan Start Screen dan Apps yang membuat Windows 8 memiliki cita rasa seperti tablet.

Lebih terperinci

ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 Mata Pelajaran : TIK Kelas : VIII (DELAPAN) Hari, tanggal : Jum at,.. 2012 Waktu : 60 Menit ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 1. Fungsi yang digunakan untuk menghitung penjumlahan

Lebih terperinci

II. KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

II. KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 II. KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 A. DEFINISI PIRANTI LUNAK ANIMASI Aplikasi Ulead VideoStudio adalah sebagai salah satu piranti untuk membuat video, gambar, dan mengolah suara/musik. Jadi anda dituntut untuk

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 165hlm Harga: Rp Terbit pertama: Agustus 2004 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 165hlm Harga: Rp Terbit pertama: Agustus 2004 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 14x21 cm Tebal: 165hlm Harga: Rp 27.800 Terbit pertama: Agustus 2004 Sinopsis singkat: Buku dapat dijadikan panduan yang memadai untuk menggunakan VideoStudio yang saat ini telah mencapai

Lebih terperinci

Prosedur Installasi Program. Perangkat Ajar Aku dan Darahku

Prosedur Installasi Program. Perangkat Ajar Aku dan Darahku Prosedur Installasi Program Perangkat Ajar Aku dan Darahku 1. Install software XAMPP terbaru, dapat didapatkan melalui internet http://sourceforge.net/projects/xampp/ (kami menyarankan untuk instalasi

Lebih terperinci

BAB DUA PROGRAM MOVIE MAKER

BAB DUA PROGRAM MOVIE MAKER BAB DUA PROGRAM MOVIE MAKER Program Movie Maker adalah sebuah program yang biasa digunakan untuk membuat atau mengedit video. Program ini dapat membuat slide show photo sebagai sebuah video yang menarik,

Lebih terperinci

PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007

PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE 2007 Microsoft Office 2007 ini memiliki perbedaan mendasar dengan Microsoft versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilannya, terutama menu. Microsoft Office 2007

Lebih terperinci

BAB IX PERANGKAT LUNAK PRESENTASI

BAB IX PERANGKAT LUNAK PRESENTASI BAB IX PERANGKAT LUNAK PRESENTASI 9.1 Pendahuluan A. Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dijelaskan tentang beberapa penerapan dari perangkat lunak presentasi. Di dalamnya akan diuraikan bagaimana cara

Lebih terperinci

PERTEMUAN 1 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE WORD 2007

PERTEMUAN 1 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE WORD 2007 PERTEMUAN 1 PENGENALAN MICROSOFT OFFICE WORD 2007 Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2013 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

Metro Apps. Gambar 3.1 Jendela Start Screen

Metro Apps. Gambar 3.1 Jendela Start Screen Metro Apps Metro Apps adalah program-program aplikasi yang khusus dibuat untuk pemakaian dengan interface Metro. Pada bab ini, akan dibahas sejumlah Metro Apps yang bermanfaat bagi Anda. Apps ini sudah

Lebih terperinci

Belajar Dasar Microsoft Word 2003

Belajar Dasar Microsoft Word 2003 Belajar Dasar Microsoft Word 2003 Memulai MS Word Start - Programs - Microsoft Office - Microsoft Word Atau, cari ikon ikon tersebut. pada desktop dan klik dua kali 1 Muncullah tampilan seperti ini. Ini

Lebih terperinci

WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS

WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS MODUL MICROSOFT POWERPOINT INSTRUKTUR : NOVRIYANTO, ST., M.Sc SYUKRAN SETIAWAN, ST PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BENGKALIS

Lebih terperinci

APLIKASI PENDUKUNG MULTIMEDIA PADA MICROSOFT WINDOWS XP

APLIKASI PENDUKUNG MULTIMEDIA PADA MICROSOFT WINDOWS XP APLIKASI PENDUKUNG MULTIMEDIA PADA MICROSOFT WINDOWS XP Disampaikan pada Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru SMU/SMK se-jawa Tengah yang diselenggarakan oleh STMIK ProVisi IT College

Lebih terperinci

1.1 Mengenal dan Memulai Excel 2007

1.1 Mengenal dan Memulai Excel 2007 Student Guide Series: Microsoft Office Excel 007. Mengenal dan Memulai Excel 007 Microsoft Office Excel 007 atau sering disebut sebagai MS Excel -untuk selanjutnya dalam buku ini disebut dengan Excel sajamerupakan

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12

PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12 PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12 Pinacle Studi 12 adalah program video editing yang banyak digunakan untuk mengolah

Lebih terperinci

Microsoft Power Point 2003

Microsoft Power Point 2003 Microsoft Power Point 2003 A. Mengenal Microsoft Power Point Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.

Lebih terperinci

1.1 Memulai PowerPoint 2007

1.1 Memulai PowerPoint 2007 Student Guide Series: Microsoft PowerPoint 007. Memulai PowerPoint 007 Microsoft PowerPoint 007 yang untuk selanjutnya disingkat Power- Point 007 adalah program aplikasi presentasi yang paling populer

Lebih terperinci

A. Pengantar B. Membuka program Power Point: Programs Catatan

A. Pengantar B. Membuka program Power Point: Programs Catatan A. Pengantar Power point merupakan salah satu dari program microsoft (MS) office. Program yang lain adalah MS-Word, MS-Exell, MS-Access, dll. Power point adalah paket program yang digunakan untuk membantu

Lebih terperinci

BAB VII BEKERJA DENGAN POWER POINT

BAB VII BEKERJA DENGAN POWER POINT DIKTAT MATA KULIAH SOFTWARE TERAPAN II BAB VII BEKERJA DENGAN POWER POINT IF Microsoft Power Point 2007 Microsoft Powerpoint adalah salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk menggunakan presentasi

Lebih terperinci

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB III. MENGENAL WINDOWS MOVIE MAKER 2.0 Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com

Lebih terperinci

Membuat Bahan Ajar Interaktif dengan Powerpoint Bambang Adriyanto

Membuat Bahan Ajar Interaktif dengan Powerpoint Bambang Adriyanto Membuat Bahan Ajar Interaktif dengan Powerpoint 007 Bambang Adriyanto bambanguban@gmail.com Pelatihan Pembuatan bahan Ajar interaktif LPMP Pangkal Pinang 009 7 MEMBUAT FILE BARU DAN MENGATUR SLIDE MASTER

Lebih terperinci

3D Pageflip Professional

3D Pageflip Professional 3D Pageflip Professional Membuat E-Module TIM DOSEN PENDIDIKAN FISIKA UNJ TIM DOSEN FISIKA UNJ Tampilan Awal Klik Create New = Untuk membuat E-module dari file pdf. Klik Import Office = Untuk membuat E-module

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007 Bagian 1: Mengenal Microsoft Office Word 2007 1.1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007 Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah: Klik Tombol Start yang ada di taskbar. Pilih menu All Program

Lebih terperinci

BELAJAR SENDIRI QUESTION WRITER. Sugeng Purwanto Stikubank University

BELAJAR SENDIRI QUESTION WRITER. Sugeng Purwanto Stikubank University BELAJAR SENDIRI QUESTION WRITER Sugeng Purwanto Stikubank University Abstrak Makalah ini bertujuan menguraikan langkah-langkah penggunaan Question Writer sebuah piranti lunak (Software) gratis yang dapat

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint

Modul Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Modul Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Disusun Oleh : Ilmawan Mustaqim, S.Pd.T.,M.T. Eko Prianto, M.Eng. Dibiayai oleh Dana DIPA Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Anggaran 2015 Sesuai

Lebih terperinci

Microsoft PowerPoint 2003

Microsoft PowerPoint 2003 Microsoft PowerPoint 2003 Cakupan Panduan : Menjalankan Software presentasi Memulai Microsoft PowerPoint Menggunakan menu-menu beserta shortcut Memanggil, menyimpan, mencetak file Membuat file presentasi

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN VIDEO EDITING. I Made Kirna. Jurdik Kimia UNDIKSHA 2015

MATERI PELATIHAN VIDEO EDITING. I Made Kirna. Jurdik Kimia UNDIKSHA 2015 MATERI PELATIHAN VIDEO EDITING I Made Kirna Jurdik Kimia UNDIKSHA 2015 Kebutuhan Software Aplikasi Agar menguasai keterampilan membuat video pembelajaran, diperlukan penguasaan dasar terhadap capture video,

Lebih terperinci

Daftar Isi. Kata Pengantar... v Daftar Isi...vii. MODUL 1 Menggunakan Format Karakter MODUL 2 Menata Tampilan Dokumen... 25

Daftar Isi. Kata Pengantar... v Daftar Isi...vii. MODUL 1 Menggunakan Format Karakter MODUL 2 Menata Tampilan Dokumen... 25 Kata Pengantar Buku Student Exercise Series Microsoft Office Word 007 ini ditujukan untuk para siswa-siswi SMP/SMA dan pemula pengguna komputer agar dapat lebih memahami, menguasai, dan terampil menggunakan

Lebih terperinci

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB IV. CAPTURE DAN IMPORT CLIP Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh

Lebih terperinci

MODUL VII MS POWERPOINT 2007 (TINGKAT LANJUT)

MODUL VII MS POWERPOINT 2007 (TINGKAT LANJUT) MODUL VII MS POWERPOINT 2007 (TINGKAT LANJUT) I. TUJUAN 1. Mahasiswa dapat menggunakan efek transisi slide 2. Mahasiswa dapat membuat efek animasi, sound, dan video presentasi. 3. Mahasiswa dapat membuat

Lebih terperinci

Spesifikasi: Ukuran: 19x23 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Januari 2005 Sinopsis singkat:

Spesifikasi: Ukuran: 19x23 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp Terbit pertama: Januari 2005 Sinopsis singkat: Spesifikasi: Ukuran: 19x23 cm Tebal: 162 hlm Harga: Rp 84.800 Terbit pertama: Januari 2005 Sinopsis singkat: Buku ini berisi 168 teknik mudah dan praktis untuk menguasai Photoshop secara cepat dan profesional.

Lebih terperinci

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB IV. PROSES IMPORT DAN TRIMING Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat

Lebih terperinci

PERTEMUAN 1 PENGENALAN ADOBE PREMIERE PRO

PERTEMUAN 1 PENGENALAN ADOBE PREMIERE PRO PERTEMUAN 1 PENGENALAN ADOBE PREMIERE PRO Tujuan Praktikum: 1. Mahasiswa mampu mengoperasikan Graphical User Interface dan perangkat (tools) yang ada di Adobe Premiere 2. Mahasiswa mampu membuat project

Lebih terperinci

NAMA :... KELAS :... SEMESTER :... SEKOLAH :...

NAMA :... KELAS :... SEMESTER :... SEKOLAH :... NAMA :... KELAS :... SEMESTER :... SEKOLAH :... INDIKATOR 1. Fungsi software presentasi dijelaskan dengan benar 2. Software presentasi dijalankan melalui perintah start menu dan shortcut atau icon 3. Berbagai

Lebih terperinci

Area kerja. Gambar 1. Tampilan awal MS FrontPage

Area kerja. Gambar 1. Tampilan awal MS FrontPage Microsoft FrontPage I. Mengenal Microsoft FrontPage Microsoft FrontPage (MS FrontPage) adalah sebuah program untuk membuat, mendesain, dan mengedit halaman World Wide Web seperti menambahkan text, images,

Lebih terperinci

Recover My Files. Download dan Instalasi Recover My Files

Recover My Files. Download dan Instalasi Recover My Files Recover My Files Recover My Files merupakan software yang lebih canggih untuk mengatasi file-file hilang. Memang, software ini tidak gratis. Anda harus membelinya agar dapat menggunakan software ini secara

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

SISTEM OPERASI WINDOWS

SISTEM OPERASI WINDOWS SISTEM OPERASI WINDOWS Apakah Sistem Operasi? Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan program /software yang ada di komputer. Macam-Macam Sistem Operasi Windows Sistem

Lebih terperinci

8/29/2012. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis GUI. Sistem Operasi Windows dan Perintah pada menu. Ikon ikon pada desktop windows.

8/29/2012. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis GUI. Sistem Operasi Windows dan Perintah pada menu. Ikon ikon pada desktop windows. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis GUI KKPI Kelas X Sistem Operasi Windows dan Perintah pada menu Pengenalan bagian-bagian desktop windows Gb. Bagan tampilan desktop windows Ikon ikon pada desktop

Lebih terperinci

Membuat Konten Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Menggunakan PowerPoint dan ispring. Muh. Tamimuddin H

Membuat Konten Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Menggunakan PowerPoint dan ispring. Muh. Tamimuddin H Membuat Konten Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Menggunakan PowerPoint dan ispring Muh. Tamimuddin H Dalam membuat konten pembelajaran berbasis teknologi informasi konten berbasis Flash merupakan

Lebih terperinci

Latihan 1: Mengoperasikan Excel

Latihan 1: Mengoperasikan Excel Student Exercise Series: Microsoft Office Excel 007l Latihan : Mengoperasikan Excel Buatlah sebuah buku kerja baru, kemudian ketikkan teks-teks berikut ini. Simpan hasilnya dengan nama Lat-0 dalam folder

Lebih terperinci

GioBox Android Application Manual

GioBox Android Application Manual GioBox Android Application Manual Aplikasi Mobile GioBox (Android) Installasi Aplikasi Mobile Anda dapat mendownload Aplikasi Mobile GioBox dari halaman download GioBox atau di halaman pribadi GioBox.

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN. Joomla! Versi 1.5. Oleh: Anon Kuncoro Widigdo

PANDUAN PENGGUNAAN. Joomla! Versi 1.5. Oleh: Anon Kuncoro Widigdo PANDUAN PENGGUNAAN Joomla! Versi 1.5 Oleh: Anon Kuncoro Widigdo anonkuncoro@yahoo.com Kendari 2009-2010 MODUL I Pendahuluan Joomla adalah sebuah aplikasi sistim manajemen konten atau Content Management

Lebih terperinci

MEMBUAT DAN MENGATUR DOKUMEN

MEMBUAT DAN MENGATUR DOKUMEN MEMBUAT DAN MENGATUR DOKUMEN MENGEDIT DOKUMEN Ketika melakukan pengetikan, kita perlu mengetahui tombol tertentu pada keyboard yang memiliki fungsi operasi tertentu. Tanda Kegunaan Memindahkan kursor 1

Lebih terperinci

Gambar,Text, dan Sound di Director

Gambar,Text, dan Sound di Director Gambar,Text, dan Sound di Director 1. PENDAHULUAN Kali ini anda akan membuat halaman informasi galery poster Pemandangan Alam yang kaya unsur visual agar memukau audience anda.terdapat animasi looping

Lebih terperinci

Editing Video (Lanjutan)

Editing Video (Lanjutan) Editing Video (Lanjutan) Terampil menguasai program editing Adobe Premiere Pro Sekarang Kita mulai dengan membuka Adobe Premiere Pro Klik Start > Program > Adobe > Adobe Premiere Pro, Ak tampil il Window

Lebih terperinci

Tutorial # A-02 : Slide Show

Tutorial # A-02 : Slide Show Tutorial # A-02 : Slide Show 1. PENDAHULUAN Tutorial ini mengajak anda membuat presentasi slide show interaktif dengan komponen gambar, teks, audio dan video. Halaman tampil dari awal berurutan sampai

Lebih terperinci

PENDAHULUAN. Gambar 1.1. GameMaker dari YoyoGames

PENDAHULUAN. Gambar 1.1. GameMaker dari YoyoGames PENDAHULUAN GameMaker adalah alat bantu pembuatan game yang diciptakan oleh yoyogames.com. Software ini lebih luas pemakaiannya dibanding dengan FPS Creator yang hanya menghasilkan permainan tembak-menembak

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN KONTEN ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 2 MANAJEMEN KONTEN 2.1. Membuat Label 2.1.1. Keterangan Label berfungsi untuk memberikan

Lebih terperinci

Mengenal Microsoft Word 2010

Mengenal Microsoft Word 2010 Mengenal Microsoft Word 2010 Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak (software) pengolah kata yang bernama Microsoft Word (MS Word). Sejak pertama kali dirilis tahun 1983 dengan nama

Lebih terperinci

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint.

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. MATA TATARAN : PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. B. Peserta dapat mengaplikasikan bahan ajar dalam

Lebih terperinci

II. KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

II. KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 II. KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 A. DEFINISI PIRANTI LUNAK ANIMASI Aplikasi Ulead Cool 3D Studio adalah sebagai salah satu piranti untuk membuat animasi yang dapat digunakan/disisipkan pada presentasi PowerPoint,

Lebih terperinci

3.1 Mengenal Audacity Portable

3.1 Mengenal Audacity Portable Audacity Portable Sesuai dengan namanya Audacity Portable adalah program audio editor yang bersifat portabel. Bersifat portable artinya software ini dapat Anda tempatkan dalam drive penyimpanan yang dapat

Lebih terperinci