HAK AKSES SMARTCAMPUS BERDASARKAN TUPOKSI

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "HAK AKSES SMARTCAMPUS BERDASARKAN TUPOKSI"

Transkripsi

1 BAB 1. HAK AKSES HAK AKSES SMARTCAMPUS BERDASARKAN TUPOKSI 1. Menu Rektorat adalah menu pimpinan yang paling tinggi yang terdiri dari rektor, wakil rektor. Pada menu rektorat terdapat dashboard untuk memantau seluruh kegiatan yang ada di hak akses bawahnya. Kelemahan dan keunggulan dari inistitusi akan dapat dilihat dari menu rektorat sehingga apa yang dirapatkan atau dibicarakan semuanya berdasarkan data yang valid tidak berdasarkan perkiraan. 2. Menu Dekanat adalah menu pimpinan fakultas yang dapat mengakses seluruh jurusan. Aktifitas jurusan, aset fakultas seluruhnya dapat diakses dari menu fakultas. Pengajuan anggaran dan kegiatan pun dapat diakses di menu dekanat. Dekan dan wakil dekan dapat memantau kegiatan yang ada di jurusan. 3. Menu Ketua jurusan adalah menu yang dimiliki oleh ketua jurusan dan sekretris jurusan. Pimpinan jurusan dapat melihat mahasiswa yang aktif, cuti, keluar dan alumni. Data untuk borang akreditasi dapat diakses melalui menu ini walaupun tidak spesifik ditampilkan seperti borang. 4. Menu Staf Jurusan adalah menu yang mengatur aktifitas perkuliahan seperti matakuliah, penjadwalan, validasi data mahasiswa, reset password dan lainnya. Menu staf jurusan bersentuhan langsung dengan menu mahasiswa aktif. 5. Menu Staf Fakultas adalah menu supervisor jurusan yang mengawasi aktifitas transaksi data yang ada dijurusan. Jika ada kesalahan di jurusan maka menu staf fakultas digunakan untuk memperbaikinya 6. Menu Bendahara Penerimaan adalah menu untuk mengelola tagihan keuangan, validasi pembayaran dan mengelola piutang keuangan. Seluruh kegiatan keuangan mahasiswa harus melalui bendahara penerimaan. 7. Menu Bagian Akademik adalah menu untuk mengelola kegiatan akademik rektorat seperti jadwal perkuliahan, nilai akademik, matakuliah dan lainnya. 8. Menu Bagian Kemahasiswaan adalah menu untuk pengelolaan data mahasiswa, beasiswa dan Kegiatan Mahasiswa. 9. Menu Lembaga Penjamin Mutu adalah menu untuk pengelolaan mutu akademik dan mutu pelayanan.

2 10. Menu Pusat Penelitian adalah menu untuk pengelolaan data penelitian yang didanai oleh lembaga ataupun penelitian mandiri. 11. Menu Dosen adalah menu untuk dosen upload materi perkuliahan dan upload nilai dan untuk mengupload data kepegawaian dan tri dharma masing-masing dosen. 12. Menu Kepanitiaan SPMB adalah menu untuk pengelolaan data calon mahasiswa baru dari mulai daftar, ujian, kelulusan sampai registrasi. 13. Menu Kepanitiaan Wisuda adalah menu untuk pengelolaan data pendaftaran wisuda. Data wisuda yang dikelola dari mulai verifikasi data, registrasi hingga pada proses pelaksaaan wisuda. 14. Menu Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat adalah menu yang mengelola seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan data penunjang dosen. 15. Menu Jurusan Pascasarjana adalah menu yang mengelola data matakuliah, dosen dan pelaksanaan belajar mengajar di pascasarjana. Menu ini berbeda dengan jurusan S1 karena sistem belajarnya yang sedikit berbeda 16. Menu Mahasiswa S1 adalah menu yang digunakan oleh mahasiswa S1 dalam pengambilan KRS, Pengisian IKD, Pendaftaran beasiswa, pendaftaran wisuda. 17. Menu Mahasiswa Pascasarjana adalah menu yang digunakn oleh mahasiswa pascasarjana dalam mengambil KRS, proses perkuliahan, pendaftaran wisuda dan lainnya. 18. Menu Kepegawaian adalah menu yang digunakan oleh bagian kepegawaian dalam mengelola data staf dan dosen. Pada menu kepegawaian dapat menambah, menonaktifkan staf/dosen dan mengubah status kepegawaian, mengupload kehadiran dan menonitoring managemen data kepegawaian. 19. Menu Perpustakaan adalah menu untuk pengelolaan data anggota perpustakaan 20. Menu Gugus Mutu adalah menu untuk pengawasan proses akademik jurusan. 21. Menu PPL adalah menu untuk pengelolaan data praktikum lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa.

3 BAB 2. ALUR DATA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ALUR UMUM DATA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SMARTCAMPUS A. Penerimaan Mahasiswa Baru Penerimaan mahasiswa baru merupakan proses tahunan yang biasa dilakukan oleh perguruan tinggi, ada beberapa perguruan tinggi yang melakukan penerimaan 2 kali dalam satu tahun yaitu disemester ganjil dan semester genap tetapi pada umumnya penerimaan mahasiswa baru dilakukan satu tahun sekali pada semester ganjil. Data mahasiswa baru berasal dari mahasiswa dari SLTA atau ada juga dari pindahan. Alur Penerimaan Mahasiswa Baru

4 Terdapat tahapan calon mahasiswa baru untuk sampai ke tahap perkuliahan, tahapan yang harus dilalui sebagai berikut : 1. Panitia SPMB membuat PIN : pada tahapan ini panitia membuat nomor pin yang kemudian ditagihkan ke bank dengan nama dummy peserta SPMB. Data pin ini dibuat oleh panitia sesuai dengan target tertinggi pendaftar. Misalkan target mahasiswa baru 2000 maka pin yang dibuat melebihi targetnya misalkan 2 kali target jadi harus dibuat pin Tujuannya adalah agar error dari pengambilan pin tidak terjadi. 2. Calon Mahasiswa Daftar Online : pada tahapan ini calon mahasiswa baru dapat mengisi biodata diri dan pilihan jurusan yang diinginkan. PIN yang didapatkan dijadikan username untuk masuk ke sistem pada proses selanjutnya. Calon mahasiswa baru harus membuat pin secara mandiri yang hanya diketahui oleh calon mahasiswa baru sendiri. Calon mahasiswa harus berhati-hati dalam pengisian nama dan pilihannya karena tidak dapat diubah secara mandiri. 3. Pembayaran ke Bank : Calon mahasiswa baru yang telah mendapatkan PIN selanjutnya melakukan pembayaran melalui ATM atau teller bank yang ditunjuk dengan menyertakan PIN dan besaran tagihan yang sesuai dengan pendaftaran.

5 4. Validasi Pembayaran : Pembayaran calon mahasiswa akan dikirim oleh Bank melalui terenkripsi pada H+1, sehingga calon mahasiswa harus menunggu validasi 1 hari kerja. Data akan divalidasi oleh bagian keuangan tiap jam 8:00 pagi dihari kerja. Proses validasi akan mengeluarkan output sesuai dengan kodebiller. 5. Test Masuk SPMB : Data administrasi pelakasanaan test masuk SPMB disediakan oleh sistem dari ruang, no ruang dan peta sehingga mahasiswa baru dapat melihat tempat test sebelum pelaksanaan test 6. Pengumuman Lulus : Pengumuman Lulus dapat dilihat secara online melalui akun masing-masing. 7. Registrasi : Setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa baru melakukan registrasi/pembayaran perkuliahan sesuai dengan UKT yang telah ditetapkan oleh kampus. Setelah registrasi mahasiswa akan mendapatkan NIM (nomor induk mahasiswa) dan dari data tersebut akan didaftarkan ke forlap dikti. 8. Taaruf : Setelah mendapatkan NIM seluruh mahasiswa baru akan melakukan pengenalan dengan lingkungan kampus. 9. Kuliah : Setelah proses pengenalan lingkungan kampus diakhiri dengan pengisian KRS dan memulai kuliah. B. Validasi Data Mahasiswa Status mahasiswa dibagi menjadi 4 macam yaitu - Status Mahasiswa Aktif yaitu mahasiswa yang registrasi pada semester yang bersangkutan - Status Mahasiswa Cuti yaitu mahasiswa yang mengajukan cuti perkuliahan pada semester bersangkutan, lama cuti maksimum dua kali berturut turut. - Status Mahasiswa Lulus yaitu mahasiswa yang telah menempuh seluruh tahapan kuliah yang disyaratkan dan telah melakukan sidang yudisium, mahasiswa status lulus disebut dengan Alumni. - Status Mahasiswa Non Aktif yaitu mahasiswa yang tidak mengajukan cuti dan tidak melakukan registrasi, dibeberapa kampus mahasiswa ini akan dicutikan secara otomatis.

6 - Status mahasiswa keluar atau Dropout yaitu mahasiswa yang dikeluarkan secara sistem atau mahasiswa yang mengundurkan diri karena suatu hal. Berikut ini proses validasi status mahasiswa : Urutan validasi status mahasiswa dibagi menjadi 6 proses yaitu : 1. Bagian keuangan kampus membuat tagihan 2. Bagian keuangan kampus mengirim ke Bank data tagihan via 3. Bank membuat Billpayment diupload pada sistem bank 4. Mahasiswa registrasi melalui ATM atau teller. 5. Bank Kirim laporan harian via 6. Bagian keuangan sinkronisasi data dengan smartcampus. C. Kartu Rencana Studi (KRS) Rencana studi dilakukan oleh setiap mahasiswa pada awal semester, rencana studi akan menggambarkan beban satuan kredit semester yang harus dilakukan oleh mahasiswa. 1 sks setara dengan 1 jam perkuliahan, 1 jam mengerjakan tugas dan 1 jam untuk persiapan pelajaran. Rencana studi outputnya adalah Kartu Rencana Studi yang ditandatangani oleh mahasiswa dan dosen wali. Berikut ini alur pengambilan rencana studi.

7 Berikut ini adalah alur cara pengisian kartu rencana studi mahasiswa : 1. Mahasiswa Registrasi sesuai tagihan pada sistem. 2. Mahasiswa mengambil matakuliah dengan batasan IP semester dan maksimal 24 sks. 3. Mahasiswa cetak KRS dan konsultasi dengan dosen pembimbing akademik. 4. Dosen pembimbing akademik memvalidasi data KRS. 5. KRS yang telah divalidasi kemudian diarsipkan. D. Proses Perkuliahan Proses perkuliahan yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu : 1. Mahasiswa melakukan rencana studi. 2. Staf jurusan mencetak data kehadiran mahasiswa dan data kehadiran dosen.

8 3. Dosen Mempersiapkan materi pada aplikasi online agar mahasiswa dapat mempersiapkan sebelum pembelajaran dimulai. 4. Mahasiswa mendownload materi dan mempelajari materi sebelum perkuliahan. 5. Proses belajar dikelas dijadikan pemantapan materi yang telah diberikan. 6. Dosen mengisi DHMD dan mengecek kehadiran mahasiswa. E. Proses Peniaian Setelah proses pembelajaran selesai, berikut ini penjelasan tata cara penilaia akhir matakuliah : 1. Dosen mendownload draf nilai dan rumusnya dari sistem. 2. Dosen mengoreksi hasil ujian dan menginput pada file xls draf nilai. 3. Dosen mengupload file xls yang telah terisi nilai seluruh mahasiswa. 4. Dosen akan menerima konfirmasi data yang diupload. 5. Dosen mengkonfirmasi data yang diupload jika telah sesuai dengan data yang dimaksud.

9 F. Proses Skripsi Skripsi merupakan bagian terakhir dari mahasiswa untuk lulus. Proses yang harus dilakukan sebagai berikut : 1. Mahasiswa mengajukan proposal penelitian. 2. Mahasiswa menseminarkan proposal penelitian dihadapan penguji yang telah ditentukan oleh jurusan. 3. Jika lulus maka mahasiswa akan memperoleh SK penelitian dan dosen pembimbing. 4. Mahasiswa melakukan proses bimbingan secara teratur. 5. Mahasiswa yang telah selesai penelitian meminta persetujuan dosen pembimbing untuk mengajukan sidang akhir/munaqosah. Pada saat persetujuan sidang, dosen pembimbing menguji kesiapan mahasiswa sebelum melakukan pendaftaran sidang akhir. 6. Mahasiswa mengajukan sidang akhir secara online. 7. Mahasiswa melakukan sidang munaqosah sesuai jadwal yang telah ditentukan. 8. Dosen Penguji melakukan penilaian hasil sidang akhir

10 G. Proses Pengarsipan Data Proses arsip dan laporan untuk eksternal dilakukan setiap akhir semester. Ada 2 pelaporan yaitu untuk EMIS kemenag dan FORLAP PDDIKTI. 1. Pelaporan Emis terdiri dari Data dosen, Data Non Dosen, Data Sarana dan Prasarana, Data penelitian Dosen, Data Mahasiswa, Data Alumni dan data keuangan. Data emis digunakan oleh kemenag untuk alokasi anggaran ditahun berikutnya dan digunakan untuk data statistik kemenag.

11 2. Pelaporan forlap dilakukan melalui feeder yang terdiri dari data dosen,data mahasiswa, data kelas, data nilai, data matakuliah, data aktifitas kuliah mahasiswa dan data alumni. Data laporan ke PDDIKTI digunakan untuk analisis mutu perguruan tinggi oleh PDDIKTI, data ini dijadikan acuan Menpan dan BUMN dalam menerima lulusan dari perguruan tinggi. Semakin akuran data forlap maka akan semakin baik mutu perguruan tinggi tersebut. H. Proses Wisuda

12 Proses pendaftaran wisuda melalui beberapa tahapan yang harus dilalui mahasiswa, berikut ini penjelasan proses pendaftaran wisuda: 1. Sidang Yudisium dilakukan setelah mahasiswa lulus sidang munaqosah. 2. Mahasiswa melakukan pendaftaran wisuda online. 3. Jurusan melakukan verifikasi pendaftaran wisuda yang terdiri kelengkapan dokumen, nilai dan data yang diperlukan untuk wisuda. 4. Bagian keuangan membuat tagihan pembayaran pendaftaran wisuda. 5. Mahasiswa melakukan pembayaran pendaftaran wisuda melalui ATM atau teller Bank. 6. Bank mengirimkan laporan keuangan via H Bagian keuangan melakukan validasi data dan sinkronisasi ke smartcampus. 8. Bagian akademik melakukan persiapan peserta wisuda dan perlengkapan wisuda. 9. Bagian TIPD melakukan update data mahasiswa menjadi alumni. 10. Pelaksanaan wisuda. I. Data Alumni Data alumni yang dimiliki oleh sistem masih belum update tanpa adanya tracer studi ke para alumni. Proses tracer studi dilakukan tiap tahun dengan data

13 targetnya adalah mahasiswa yang telah lulus 3 tahun dari tanggal wisuda, sedangkan data lainnya untuk memperkaya data. Proses pendataan alumni melalui proses sebagai berikut : 1. Data Alumni didapatkan dari data wisuda. 2. Tracer alumni dilakukan melalui facebook,twiter dan media lainnya untuk mengundang alumni masuk ke sistem pendataan secara online. Username yang dipakai adalah nim sedangkan passwordnya 123. Alumni diberikan pertanyaan untuk diisi yang tujuannya untuk perbaikan kampus dan keperluan akreditasi. 3. Data yang masuk dilakukan pengolahan sesuai dengan kebutuan. 4. Data yang telah diolah kemudian dipublikasian ke publik.

14 BAB 3. ALUR DATA KEPEGAWAIAN ALUR UMUM DATA INDIVIDU (DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN) DI SMART CAMPUS

REGSITRASI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Buku Pedoman Registrasi Mahasiswa 2016

REGSITRASI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Buku Pedoman Registrasi Mahasiswa 2016 Buku Pedoman Registrasi Mahasiswa 2016 i REGSITRASI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2016 Buku Pedoman Registrasi Mahasiswa 2016 i KATA PENGANTAR Salah satu misi

Lebih terperinci

RAPAT KOORDINASI AKADEMIK & DOSEN WALI PENGUATAN PERAN DOSEN WALI DALAM MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK MAHASISWA SABTU, 12 AGUSTUS 2017

RAPAT KOORDINASI AKADEMIK & DOSEN WALI PENGUATAN PERAN DOSEN WALI DALAM MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK MAHASISWA SABTU, 12 AGUSTUS 2017 RAPAT KOORDINASI AKADEMIK & DOSEN WALI PENGUATAN PERAN DOSEN WALI DALAM MENINGKATKAN MUTU AKADEMIK MAHASISWA SABTU, 12 AGUSTUS 2017 Agenda Rapat Koordinasi 1. Informasi tentang Layanan Beasiswa UMSIDA

Lebih terperinci

A. REGISTRASI. Pedoman Pelayanan Akademik Mahasiswa UNDIKSHA

A. REGISTRASI. Pedoman Pelayanan Akademik Mahasiswa UNDIKSHA A. REGISTRASI Mahasiswa yang masih aktif (belum lulus) diwajibkan melakukan registrasi pada setiap awal semester. Ada dua macam registrasi yang harus dilakukan, yaitu registrasi administrasi dan registrasi

Lebih terperinci

2017

2017 www.wisuda.umj.ac.id 2017 1. Pertama anda harus masuk ke laman https://www.wisuda.umj.ac.id, setelah masuk ke web, gambar tampilan akan seperti dibawah ini. 2. Setelah itu anda wajib membuat akun atau

Lebih terperinci

LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Buku Pedoman Layanan Akademik Mahasiswa 2017 i

LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Buku Pedoman Layanan Akademik Mahasiswa 2017 i Buku Pedoman Layanan Akademik Mahasiswa 2017 i LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2017 Buku Pedoman Layanan Akademik Mahasiswa 2017 i KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

Volume SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Panduan Mahasiswa

Volume SISTEM INFORMASI AKADEMIK. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Panduan Mahasiswa Volume 2 SISTEM INFORMASI AKADEMIK Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Panduan Mahasiswa S I S T E M I N F O R M A S I A K A D E M I K Panduan bagi Mahasiswa STKS 2011 Dago, Bandung Phone 203.555.0167

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan berisi data mahasiswa beserta status tahun ajaran

Lebih terperinci

I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan

I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan I. PROSEDUR KERJA Tanggal Revisi : 1 Mei 20 DAFTAR MAHASISWA AKTIF KULIAH Tanggal berlaku : I. TUJUAN : Menjamin prosesing daftar mahasiswa aktif kuliah tiap semester dapat berjalan sesuai dengan ketentuan

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa www.stikesbhaktimulia.ac.id/siakad 1 S I A M Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online dan

Lebih terperinci

REKTOR UNIVERSITAS HASANUDDIN

REKTOR UNIVERSITAS HASANUDDIN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN KAMPUS TAMALANREA JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN KM.10 MAKASSAR 90245 TELEPON : 0411-586200 (6 SALURAN), 584002, FAX. 585188 PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS

Lebih terperinci

REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR MAJELIS PENDIDIKAN TINGGI PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR SURAT KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR NOMOR: 005 TAHUN 1438 H / 2017 M Tentang PEMBERLAKUAN SISTEM

Lebih terperinci

USER MANUAL APLIKASI I-GRACIAS AKADEMIK

USER MANUAL APLIKASI I-GRACIAS AKADEMIK USER MANUAL APLIKASI I-GRACIAS AKADEMIK Untuk Mahasiswa Panduan Penggunaan Aplikasi Akademik (i-gracias) Versi 1.0 (20 Mei 2014) https://igracias.telkomuniversity.ac.id Kampus Universitas Telkom Jl.Telekomunikasi,Dayeuhkolot,Bandung,Indonesia

Lebih terperinci

Modul Perpindahan Modul pindahan melibatkan beberapa user yaitu

Modul Perpindahan Modul pindahan melibatkan beberapa user yaitu Modul Perpindahan Modul pindahan melibatkan beberapa user yaitu Operator Bagian keuangan Ketua prodi Dekan Fakultas 1. Pengisian data mahasiswa pindahan (dilakukan oleh operator), data harus di isi seluruhnya

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

MANUAL PROSEDUR AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA MANUAL PROSEDUR AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2010 MANUAL PROSEDUR AKADEMIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Lebih terperinci

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa SIAM Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Aplikasi SIAM diperuntukkan bagi mahasiswa untuk membantu kegiatan akademiknya serta kebutuhan akan KRS-Online, dan keterangan lain yang berkaitan dengan kegiatan

Lebih terperinci

SOP BAA STANDAR OPERASIOANAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK

SOP BAA STANDAR OPERASIOANAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK SOP BAA STANDAR OPERASIOANAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA 2018 Daftar Isi Halaman Daftar Isi... 2 Deskripsi Biro Administrasi Akademik (BAA)... 3 SOP Heregistrasi

Lebih terperinci

A. Mengakses Sistem Akademik UNS 1. Akses situs siakad.uns.ac.id. 2. Klik menu Login yang berada disebelah kanan atas halaman.

A. Mengakses Sistem Akademik UNS 1. Akses situs siakad.uns.ac.id. 2. Klik menu Login yang berada disebelah kanan atas halaman. A. Mengakses Sistem Akademik UNS 1. Akses situs siakad.uns.ac.id 2. Klik menu Login yang berada disebelah kanan atas halaman. 3. Kemudian anda akan secara otomatis dialihkan ke halaman Single Sign On (SSO)

Lebih terperinci

Tata Kelola Dokumen Telkom University Direktorat Sistem Informasi Telkom University

Tata Kelola Dokumen Telkom University Direktorat Sistem Informasi Telkom University Tata Kelola Dokumen Telkom University Direktorat Sistem Informasi Telkom University APLIKASI SISTEM INFORMASI TERPADU UNIVERSITAS TELKOM (IGRACIAS) SISTEM INFORMASI AKADEMIK SISTEM INFORMASI NON-AKADEMIK

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN https://www.mikroskil.ac.id/pmbp (Update: )

PANDUAN PENDAFTARAN https://www.mikroskil.ac.id/pmbp (Update: ) PANDUAN PENDAFTARAN https://www.mikroskil.ac.id/pmbp (Update: 2017-06-05) PROSEDUR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 1. Calon Mahasiswa Buat Akun 2. Calon Mahasiswa Aktivasi Akun. No Virtual Account Biaya Pendaftaran

Lebih terperinci

PERATURAN DAN PETUNJUK TEKNIS PENGUMUMAN NILAI SEMESTER GASAL DAN REGISTRASI SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2014/2015

PERATURAN DAN PETUNJUK TEKNIS PENGUMUMAN NILAI SEMESTER GASAL DAN REGISTRASI SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2014/2015 PERATURAN DAN PETUNJUK TEKNIS PENGUMUMAN NILAI SEMESTER GASAL DAN REGISTRASI SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2014/2015 Jadwal Pengumuman Nilai dan Registrasi No. Kegiatan Tanggal 1 Pengumuman Nilai Semester

Lebih terperinci

Buku Pedoman SIAKAD Mahasiswa

Buku Pedoman SIAKAD Mahasiswa Buku Pedoman SIAKAD Dari : PIMK STTR CEPU center@sttrcepu.ac.id 085728619230 www.sttrcepu.ac.id/siakpt Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe ALUR KRS ONLINE MAHASISWA menyerahkan Bukti Cetak Pembayaran kepada

Lebih terperinci

User Manual SI-Unggul (Sistem Informasi Esa Unggul) Online Mahasiswa

User Manual SI-Unggul (Sistem Informasi Esa Unggul) Online Mahasiswa User Manual SI-Unggul (Sistem Informasi Esa Unggul) Online Mahasiswa User Manual Si-Unggul Akademik Online... 1 Pendahuluan Si-Unggul (Sistem Informasi Esa Unggul) Akademik Online adalah aplikasi terintegrasi

Lebih terperinci

Cetak Biodata dan Transkrip Nilai PANDUAN REGISTRASI. Mahasiswa. fisipupr.com

Cetak Biodata dan Transkrip Nilai PANDUAN REGISTRASI. Mahasiswa. fisipupr.com Halaman 1 PANDUAN REGISTRASI 1. Syarat Registrasi Fakultas a. Formulir Biodata Mahasiswa (Didapatkan Secara Online melalui halaman Website http://fisipupr.com/ ) b. Transkrip Nilai yang diinput dan dicetak

Lebih terperinci

PIN dan SIVIL. Pedoman Penggunaan Sistem Penomoran Ijazah Nasional

PIN dan SIVIL. Pedoman Penggunaan Sistem Penomoran Ijazah Nasional PIN dan SIVIL BIMBINGAN TEKNIS PENOMORAN IJAZAH NASIONAL (PIN) & SISTEM INFORMASI VERIFIKASI IJAZAH SECARA ELEKTRONIK (SIVIL) Pedoman Penggunaan Sistem Penomoran Ijazah Nasional Didi Rustam Kepala Seksi

Lebih terperinci

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Cara Masuk Ke Aplikasi...

Lebih terperinci

UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI

UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI Universitas Jambi UPT. KOMPUTER UNIVERSITAS JAMBI 2012 A. PENDAHULUAN Siakad (Sistem Informasi Akademik) merupakan Program Aplikasi berbasis Web yang dikembangkan oleh UPT Komputer Unja guna memberikan

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. Panduan Siakad Mahasiswa... Panduan Login...

DAFTAR ISI. Panduan Siakad Mahasiswa... Panduan Login... DAFTAR ISI Daftar Isi... Pengertian... Panduan Siakad Mahasiswa... Panduan Login... 1 2 3 3 Menu General... 1. Update Profile... 2. Cara Input Foto... 3. Ganti Password... 4. Reset Password (Lupa Password)...

Lebih terperinci

BAB II SISTEM PENDIDIKAN

BAB II SISTEM PENDIDIKAN BAB II SISTEM PENDIDIKAN A. PENGERTIAN DASAR Sistem Kredit Semester atau disingkat SKS adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester atau disingkat sks untuk

Lebih terperinci

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Persiapan Generate Data Awal... 2 3 Cara Masuk Ke Aplikasi... 5 4 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 5 Cara Sorting Dan Filtering Untuk

Lebih terperinci

Universitas PGRI Madiun

Universitas PGRI Madiun User Guide (Untuk Mahasiswa) Sistem Informasi Manajemen Akademik Universitas PGRI Madiun Copyright 2015 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved Halaman i Copyright 2017 PT Sentra Vidya Utama, All Rights

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN Jalan Sutorejo 59 Surabaya Telp. 031-3811966 Fax. 031-3813096 http://www.um-surabaya.ac.id STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR BIRO ADMINISTRASI

Lebih terperinci

Thohari Seksi Sistem Informasi

Thohari Seksi Sistem Informasi Thohari Seksi Sistem Informasi Aktivitas Pelaporan Perguruan Tinggi Permenristekdikti nomor 61 Tahun 2016 Pelaporan PT 1 bln setelah perkuliahan Sems.Antar 2 bln akhir perkuliahan Nilai KRS 2 bln awal

Lebih terperinci

User Guide SiAdin Mahasiswa v2.1

User Guide SiAdin Mahasiswa v2.1 User Guide SiAdin Mahasiswa v2.1 Memulai SiAdin Mahasiswa SiAdin Mahasiswa dapat diakses dengan cara Login (Masuk) terlebih dahulu di Homepage website (Halaman awal situs) Universitas Dian Nuswantoro dan

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK DAFTAR ULANG ONLINE MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER

BUKU PETUNJUK DAFTAR ULANG ONLINE MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER BUKU PETUNJUK DAFTAR ULANG ONLINE MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER 1. Mahasiswa membuka laman https://sim-online.polije.ac.id. Akan muncul halaman Login seperti berikut : Gambar 1. Tampilan Awal Halaman

Lebih terperinci

Aplikasi Portal Mahasiswa

Aplikasi Portal Mahasiswa Aplikasi Portal Mahasiswa User Manual Level Mahasiswa Versi 4.0 16 Agustus 2013 MODUL MAHASISWA DCISTEM UNPAD 2012 i PENDAHULUAN Aplikasi Portal Mahasiswa merupakan portal informasi bagi mahasiswa UNPAD.

Lebih terperinci

Sistem dan Layanan Akademik Universitas Negeri Yogyakarta

Sistem dan Layanan Akademik Universitas Negeri Yogyakarta Sistem dan Layanan Akademik Universitas Negeri Yogyakarta Pembekalan ICT Mahasiswa Baru UNY Tahun Akademik 2014[2015 Perkuliahan Perkuliahan dilaksanakan dalam Sistem Kredit Semester Beban studi dinyatakan

Lebih terperinci

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) PROGRAM PASCASARJANA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) PROGRAM PASCASARJANA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018 PANDUAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB) PROGRAM PASCASARJANA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018 A. SYARAT Syarat Masuk Magister (S2) Terapan Program Studi Teknik Telekomunikasi:

Lebih terperinci

User Manual SIA-Mahasiswa

User Manual SIA-Mahasiswa 2011 User Manual SIA-Mahasiswa Sistem Informasi Akademik Kemahasiswaan Akademik UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA M2011.07.13.01 USER MANUAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK KEMAHASISWAAN Alamat web : http://sia.usd/mahasiswa/

Lebih terperinci

FAQ pada igracias ketika Registrasi Berlangsung

FAQ pada igracias ketika Registrasi Berlangsung FAQ pada igracias ketika Registrasi Berlangsung Terkait Akun igracias 1. Bagaimana jika saya belum melakukan aktivasi akun SSO (Student Single On)? Jawab : Silakan buka web igracias.telkomuniversity.ac.id

Lebih terperinci

PENGUMUMAN Nomor : 277/Unpas.R1/Q/VI/2015

PENGUMUMAN Nomor : 277/Unpas.R1/Q/VI/2015 PENGUMUMAN Nomor : 277/Unpas.R1/Q/VI/2015 TENTANG TATACARA REGISTRASI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PASUNDAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016 Rektor Universitas Pasundan dengan ini mengumumkan kepada Calon Mahasiswa

Lebih terperinci

Student s Guide. Portal Akademik. Panduan Mahasiswa. Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Student s Guide. Portal Akademik. Panduan Mahasiswa. Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Student s Guide Portal Akademik Sistem Informasi Terpadu UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Pendahuluan Tentang Portal Akademik USU Portal akademik Universitas Sumatera Utara (USU), merupakan sebuah sistem informasi

Lebih terperinci

Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA

Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya USER GUIDE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK (UNUSA) MAHASISWA 2014 Contents USER GUIDE... 0 1 BAGAIMANA CARA LOGIN SEBAGAI PENGGUNA?... 2 2 BAGAIMANA CARA MERUBAH

Lebih terperinci

PANDUAN PMB PASCASARJANA ISBI BANDUNG DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB PASCASARJANA ISBI BANDUNG TAHUN 2017

PANDUAN PMB PASCASARJANA ISBI BANDUNG DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB PASCASARJANA ISBI BANDUNG TAHUN 2017 DESKRIPSI DOKUMEN PANDUAN PMB PASCASARJANA ISBI BANDUNG TAHUN 2017 PANDUAN PMB Sekretariat Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru (P3MB) Pascasarjana ISBI Bandung PASCASARJANA ISBI BANDUNG PMB PASCASARJANA

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN AKREDITASI (SIMAK) UNTUK OPERATOR PROGRAM STUDI

PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN AKREDITASI (SIMAK) UNTUK OPERATOR PROGRAM STUDI PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN AKREDITASI (SIMAK) UNTUK OPERATOR PROGRAM STUDI 1 1. Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Akreditasi (SIMAK) Aplikasi SIMAK memungkinkan Program Studi dapat

Lebih terperinci

PROSEDUR ADMINISTRASI AKADEMIK

PROSEDUR ADMINISTRASI AKADEMIK PROSEDUR ADMINISTRASI AKADEMIK A. Pendaftaran Dan Registrasi Mahasiswa Baru 1. Pendaftaran, seleksi, dan registrasi mahasiswa baru dilakukan melalui program one day service. 2. Semua program studi yang

Lebih terperinci

Sistem dan Layanan Akademik Universitas Negeri Yogyakarta. Pembekalan ICT Mahasiswa Baru UNY Tahun Akademik 2014[2015

Sistem dan Layanan Akademik Universitas Negeri Yogyakarta. Pembekalan ICT Mahasiswa Baru UNY Tahun Akademik 2014[2015 Sistem dan Layanan Akademik Universitas Negeri Yogyakarta Pembekalan ICT Mahasiswa Baru UNY Tahun Akademik 2014[2015 Perkuliahan Perkuliahan dilaksanakan dalam Sistem Kredit Semester Beban studi dinyatakan

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 979/XIV/A/Unand Tentang

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 979/XIV/A/Unand Tentang KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 979/XIV/A/Unand-2013 Tentang PENETAPAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2013/2014 MELALUI UJIAN

Lebih terperinci

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Akademik Mahasiswa Universitas Mercubuana 1 Daftar Isi DAFTAR ISI... II 1 MELAKUKAN LOGIN ( LOGIN SEBAGAI MAHASISWA )... 1 1.1 Untuk Melakukan Proses Login...1 1.2 Untuk Melakukan Perubahan Password...2 1.3 Untuk Melihat Detail Mahasiswa...3 1.4

Lebih terperinci

Manual Prosedur FAKULTAS PERTANIAN Universitas Trunodjoyo

Manual Prosedur FAKULTAS PERTANIAN Universitas Trunodjoyo Manual Prosedur FAKULTAS PERTANIAN Universitas Trunodjoyo Revisi : 1 Tanggal : 10 Desember 2010 Dikaji ulang oleh : Pembantu Dekan I Dikendalikan oleh : Gugus Jaminan Mutu FP Disetujui oleh : Dekan FP

Lebih terperinci

Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal Universitas Kristen Satya Wacana 1

Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal Universitas Kristen Satya Wacana 1 Universitas Kristen Satya Wacana 1 PROSES BISNIS SISTEM INFORMASI BEBAN KERJA DOSEN Universitas Kristen Satya Wacana 2 JOB DESC. SISTEM INFORMASI BEBAN KERJA DOSEN Universitas Kristen Satya Wacana 3 BUKU

Lebih terperinci

PANDUAN PESERTA SELEKSI PROGRAM PROFESI DAN PASCASARJANA

PANDUAN PESERTA SELEKSI PROGRAM PROFESI DAN PASCASARJANA PANDUAN PESERTA SELEKSI PROGRAM PROFESI DAN PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2017 PENDAFTARAN 3.1 PERSYARATAN 3.1.1 Persyaratan Umum 1) Warga negara Indonesia yang memiliki ijazah dengan bidang ilmu

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA

PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA PETUNJUK PENGGUNAAN SIKADU UNIVERSITAS WAHID HASYIM HAK AKSES : MAHASISWA 1. LOGIN - Mahasiswa mengakses halaman http://sikadu.unwahas.ac.id/sia untuk membuka sikadu (sistem akademik). - Setelah halaman

Lebih terperinci

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9

Daftar Isi Langkah-langkah untuk sorting data : Filtering Data... 9 Daftar Isi Daftar Isi... i Pendahuluan... 1 1 Alur Sistem PDDIKTI... 1 2 Persiapan Generate Data Awal... 2 3 Cara Masuk Ke Aplikasi... 6 4 Cara Keluar Dari Aplikasi... 7 5 Cara Sorting Dan Filtering Untuk

Lebih terperinci

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA Nomor : 012A/SK/R/UI/2007

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA Nomor : 012A/SK/R/UI/2007 KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA Nomor : 012A/SK/R/UI/2007 Tentang Ketentuan Penyelenggaraan Pembelajaran Mahasiswa Universitas Indonesia REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA, Menimbang : Mengingat : a.

Lebih terperinci

UNIVERSITAS ISLAM JAKARTA. Buku Panduan Pendaftaran

UNIVERSITAS ISLAM JAKARTA. Buku Panduan Pendaftaran UNIVERSITAS ISLAM JAKARTA Buku Panduan Pendaftaran Untuk Calon Mahasiswa Baru Tahun 2018 Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru Bagi calon mahasiswa yang ingin melakukan pendaftaran di Universitas Islam Jakarta,

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik UPT-TIK UNDIKSHA Panduan Penggunaan Sistem Informasi Akademik User: Kasubag Akademik Fakultas 17 Daftar Isi I. Memulai Aplikasi... 2 II. Menu Akademik Mahasiswa... 3 A. Pengisian Penawaran Mata Kuliah...

Lebih terperinci

PANDUAN KRS ONLINE BAGI MAHASISWA. 1. Buka browser (Mozila Firefox, Opera, Chrome, dll) masukkan url :

PANDUAN KRS ONLINE BAGI MAHASISWA. 1. Buka browser (Mozila Firefox, Opera, Chrome, dll) masukkan url : PANDUAN KRS ONLINE BAGI MAHASISWA Bagi Para Mahasiswa yang belum mengetahui dan mengerti betul cara mengisi KRS secara Online agar dapat membaca isi Panduan KRS Online ini sebelum melakukan pengisian KRS

Lebih terperinci

Kalender Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2017/2018 Halaman 0

Kalender Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2017/2018 Halaman 0 Kalender Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Tahun / Halaman 0 KALENDER AKADEMIK UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN / UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Kalender Akademik Universitas Pendidikan Ganesha

Lebih terperinci

PROPOSAL PENAWARAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) KAMPUS. Oleh: Muammad hamdi

PROPOSAL PENAWARAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) KAMPUS. Oleh: Muammad hamdi PROPOSAL PENAWARAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) KAMPUS Oleh: Muammad hamdi A. Pendahuluan Kami menyediakan layanan system informasi akademik berbasis website yang dapat digunakan untuk kegiatan administrasi

Lebih terperinci

ALUR PELAKSANAAN HER-REGISTRASI ADMINISTRASI DAN HER-REGISTRASI AKADEMIK TAHUN AKADEMIK SEMESTER GENAP UNTUK MAHASISWA

ALUR PELAKSANAAN HER-REGISTRASI ADMINISTRASI DAN HER-REGISTRASI AKADEMIK TAHUN AKADEMIK SEMESTER GENAP UNTUK MAHASISWA ALUR PELAKSANAAN HER-REGISTRASI ADMINISTRASI DAN HER-REGISTRASI AKADEMIK TAHUN AKADEMIK 2014-2015 SEMESTER GENAP UNTUK MAHASISWA GAMBAR KEGIATAN MATERI/OUTPUT WAKTU KEGIATAN Mulai A. HER-REGISTRASI ADMINISTRASI

Lebih terperinci

UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI

UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI PROSEDUR OPERASIONAL BAKU SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN AKADEMIK NO. POB/PTIK/01 Legalisasi Disiapkan oleh:

Lebih terperinci

Penomoran Ijazah Nasional. Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik

Penomoran Ijazah Nasional. Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik RISTEKDIKTI Penomoran Ijazah Nasional & Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik DIDI RUSTAM Kepala Seksi Pengakuan Capaian Pembelajaran DIREKTORAT PEMBELAJARAN DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN

Lebih terperinci

Pengambilan di bagian akademik

Pengambilan di bagian akademik 1. Aturan Akademik a. Surat Keterangan Aktif Kuliah 1) Surat Keterangan Aktif Kuliah adalah surat keterangan yang menjelaskan bahwa mahasiswa berstatus aktif mengikuti perkuliahan di semester tertentu

Lebih terperinci

Manual Book. Universitas Airlangga Cyber Campus

Manual Book. Universitas Airlangga Cyber Campus Manual Book Universitas Airlangga Cyber Campus Surabaya 2012 LOGIN Login ke Http://cybercampus.unair.ac.id Masukkan Username dan Password anda pada field yang telah disediakan. User akan berpindah ke halaman

Lebih terperinci

BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan

BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan BUKU PEDOMAN SITUS PERWALIAN Versi User : Sekretariat Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

RISTEKDIKTI. Penomoran Ijazah Nasional Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik DIDI RUSTAM

RISTEKDIKTI. Penomoran Ijazah Nasional Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik DIDI RUSTAM RISTEKDIKTI Penomoran Ijazah Nasional Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik & DIDI RUSTAM Kepala Seksi Pengakuan Capaian Pembelajaran DIREKTORAT PEMBELAJARAN DIREKTORAT JENDERAL PEMBELAJARAN DAN KEMAHASISWAAN

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK UNIVERSITAS MATARAM

SISTEM AKADEMIK UNIVERSITAS MATARAM DAFTAR ISI PENDAHULUAN... 4 USER LEVEL... 4 A. Site Address dan Login... 6 B. Menu master data... 6 1. Universitas... 6 a. konsentrasi... 6 2. Civitas Akademika... 7 a. Mahasiswa... 7 b. Dosen... 8 3.

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN KRS MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN KRS MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MANUAL PROSEDUR PELAKSANAAN KRS MAHASISWA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA Kode Dokumen : 00604 07005 Revisi : 02 Tanggal : 01 Juni 2011 Disiapkan oleh : Ketua UJM Jurusan Teknik

Lebih terperinci

STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR PENYELENGGARAAN BIMBINGAN AKADEMIK

STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR PENYELENGGARAAN BIMBINGAN AKADEMIK STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR PENYELENGGARAAN BIMBINGAN AKADEMIK Kode Dokumen : GPM/UN43.6/001 Revisi : 006 Tanggal : 26 Agustus 2016 Diajukan Oleh : Tim Gugus Penjamin Mutu Dikendalikan Oleh : Ketua Gugus

Lebih terperinci

DAFTAR ISI. 1. Alur Pendaftaran PBSB Secara Umum Pendaftaran Pesantren Isian Data Santri... 8

DAFTAR ISI. 1. Alur Pendaftaran PBSB Secara Umum Pendaftaran Pesantren Isian Data Santri... 8 PETUNJUK PENGGUNAAN Portal Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) UNTUK PESANTREN DAN SANTRII 1 DAFTAR ISI 1. Alur Pendaftaran PBSB Secara Umum... 3 2. Pendaftaran Pesantren... 4 3. Isian

Lebih terperinci

DOKUMEN VISI MISI, SASARAN MUTU, STRUKTUR ORGANISASI DAN TUPOKSI BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK

DOKUMEN VISI MISI, SASARAN MUTU, STRUKTUR ORGANISASI DAN TUPOKSI BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo Telp 031-8945444 Fax 031-8949333 DOKUMEN VISI MISI, SASARAN MUTU, STRUKTUR ORGANISASI DAN TUPOKSI BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK Tahun 2017 VISI

Lebih terperinci

KALENDER AKADEMIK UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN 2016/2017

KALENDER AKADEMIK UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN 2016/2017 KALENDER AKADEMIK UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN / UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Kalender Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Tahun /201 / Halaman 0 KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN TINGGI

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SUMBERDAYA TERINTEGRASI (SISTER) UNTUK DOSEN

PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SUMBERDAYA TERINTEGRASI (SISTER) UNTUK DOSEN 0 PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SUMBERDAYA TERINTEGRASI (SISTER) UNTUK DOSEN PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI SUMBERDAYA TERINTEGRASI (SISTER) UNTUK DOSEN DIREKTORAT JENDERAL SUMBER DAYA, IPTEK,

Lebih terperinci

LAYANAN LEGALISASI ONLINE

LAYANAN LEGALISASI ONLINE LAYANAN LEGALISASI ONLINE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG http://satulayanan.unnes.ac.id/ Badan Pengembangan Teknologi Informasi & Komunikasi Universitas Negeri Semarang 2015 PENDAHULUAN Layanan Legalisasi

Lebih terperinci

User Guide (Pendaftar) Sistem Pendaftaran Online PMB. Universitas Prisma Manado BUKU PETUNJUK SISTEM PENDAFTARAN ONLINE UNIVERSITAS PRISMA MANADO

User Guide (Pendaftar) Sistem Pendaftaran Online PMB. Universitas Prisma Manado BUKU PETUNJUK SISTEM PENDAFTARAN ONLINE UNIVERSITAS PRISMA MANADO User Guide (Pendaftar) Sistem Pendaftaran Online PMB Universitas Prisma Manado Copyright 2015 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved Halaman i Copyright 2017 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved.

Lebih terperinci

Mengisi KRS di Web Sistem Informasi Akademik Mulai 5 26 Agustus Upload Bukti pembayaran. di Sistem Informasi Akademik

Mengisi KRS di Web Sistem Informasi Akademik  Mulai 5 26 Agustus Upload Bukti pembayaran. di Sistem Informasi Akademik Mahasiswa KRS Disetujui Validasi Pembayaran Online Oleh Bagian Keuangan Registrasi Selesai Tgl 26 Agustus 2017 Mengisi KRS di Web Sistem Informasi Akademik http://www.unw.ac.id Mulai 5 26 Agustus 2017

Lebih terperinci

LAPORAN TAHUNAN UNIT KOMPUTER TAHUN 2014

LAPORAN TAHUNAN UNIT KOMPUTER TAHUN 2014 LAPORAN TAHUNAN UNIT KOMPUTER TAHUN 2014 KEMENTERIAN KESEHATAN RI POLITEKNIK KESEHATAN DENPASAR 2015 LAPORAN UNIT KOMPUTER POLITEKNIK KESEHATAN DENPASAR TAHUN 2014 A. Latar Belakang Tujuan pendidikan tenaga

Lebih terperinci

ALUR REGISTRASI MAHASISWA

ALUR REGISTRASI MAHASISWA ALUR REGISTRASI MAHASISWA START Mhs Bayar SPP/UKT ke Bank Mhs Baru Meminta UserId dan Password (Untuk Login Keweb SIMAK Unud) ke PS. Psikologi Fk Unud Mhs Menyusun KRS Berdasarkan IPS Yang Diperoleh SMT

Lebih terperinci

No. HARI/TANGGAL WAKTU LOKASI Jam WIB Auditorium, (Wajib hadir selambat-lambatnya 1 Selasa, 31 Mei 2016

No. HARI/TANGGAL WAKTU LOKASI Jam WIB Auditorium, (Wajib hadir selambat-lambatnya 1 Selasa, 31 Mei 2016 LAMPIRAN II KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS ANDALAS NOMOR : 386/XIV/A/Unand-2016 TANGGAL : 9 Mei 2016 TENTANG : TATA CARA PRA PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Lebih terperinci

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PEMBIMBINGAN AKADEMIK

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PEMBIMBINGAN AKADEMIK STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR Disiapkan oleh, Diperiksa oleh, Disahkan oleh, Muchlis, S.Kom., M.Si Ketua Tim Standar Proses Pembelajaran Yeni Yuliana, S.Sos.I., M.Pd.I Ariansyah, S.Kom., M.Kom Ketua Penjaminan

Lebih terperinci

PANDUAN AKADEMIK dan SIA ONLINE Tahun Akademik 2017/2018 DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)...

PANDUAN AKADEMIK dan SIA ONLINE Tahun Akademik 2017/2018 DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)... DAFTAR ISI I. LANGKAH ENTRY DATA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA-ONLINE)... A. Portal Akademik... B. Profil dan Password... C. Ambil KRS... D. Hapus KRS... E. Kartu Rencana Studi... F. Kartu Hasil Studi...

Lebih terperinci

Sistem Informasi Akademik. Direktorat Teknologi Informasi

Sistem Informasi Akademik. Direktorat Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik Direktorat Teknologi Informasi Budi Luhur menyediakan aplikasi sistem informasi untuk menunjang proses belajar mengajar yang dapat diakses secara online. Sistem Infomasi Akademik

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR REGISTRASI MAHASISWA PROGRAM STUDI S2 MATEMATIKA FAKULTAS MIPA

MANUAL PROSEDUR REGISTRASI MAHASISWA PROGRAM STUDI S2 MATEMATIKA FAKULTAS MIPA MANUAL PROSEDUR REGISTRASI MAHASISWA PROGRAM STUDI S2 MATEMATIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2016 MANUAL PROSEDUR REGISTRASI MAHASISWA PROGRAM STUDI S2 MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA

Lebih terperinci

UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016

UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016 PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM PROFESI DAN PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2016 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kualitas calon mahasiswa (input) sangat mempengaruhi kualitas lulusan

Lebih terperinci

BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS BUDI LUHUR BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS BUDI LUHUR Unit 2 Lantai 1 Telepon : 021-5853753 ext.319 Email : baak@budiluhur.ac.id Twitter : @baak_budiluhur Facebook : baak.budiluhur Website

Lebih terperinci

Langkah Langkah Kegiatan UPT Bahasa (TOEFL)

Langkah Langkah Kegiatan UPT Bahasa (TOEFL) Langkah Langkah Kegiatan UPT Bahasa (TOEFL) Mahasiswa Staff Administrasi Ketua UPT Mulai Copi Data Peserta dan Jadwal Menetapkan Pengajar Mengisi Registrasi Data Manual Data Peserta dan Hasil Test Mencatat

Lebih terperinci

LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Buku Pedoman Layanan Akademik Mahasiswa 2018 i

LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Buku Pedoman Layanan Akademik Mahasiswa 2018 i Buku Pedoman Layanan Akademik Mahasiswa 2018 i LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA 2018 Buku Pedoman Layanan Akademik Mahasiswa 2018 i KATA PENGANTAR

Lebih terperinci

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Keuangan Akademik Univeristas Mercu Buana

Guide untuk Sistem Informasi Manajemen Keuangan Akademik Univeristas Mercu Buana Contents CONTENTS... 1 1. PENDAHULUAN... 2 2. BAGAIMANA CARA LOGIN SEBAGAI PENGGUNA?... 2 3. BAGAIMANA CARA MERUBAH PASSWORD LAMA DENGAN PASSWORD BARU? 4 4. BAGAIMANA MENGAKSES SIM KEUANGAN AKADEMIK?...

Lebih terperinci

b. Buka Formulir Pendaftaran yang ada pada akhir halaman, isikan nomor NIK, nomor Kartu Keluarga, dan kode di layar (captcha) dengan benar;

b. Buka Formulir Pendaftaran yang ada pada akhir halaman, isikan nomor NIK, nomor Kartu Keluarga, dan kode di layar (captcha) dengan benar; A. DAFTAR AKUN PORTAL Pada tahap ini Peserta/Calon Taruna yang mendaftar terbagi atas 2 jalur pendaftaran, yang pertama adalah jalur Pola Pembibitan STTD dan yang kedua adalah jalur reguler. Adapun tata

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN LAMAN SIPKD

PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN LAMAN SIPKD 1 PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN LAMAN SIPKD Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 2 Petunjuk Umum (1) http://sipkd.dikti.go.id

Lebih terperinci

PROSEDUR KERJA PENERBITAN KALENDER AKADEMIK. 1.0 Tujuan Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerbitan kalender akademik sesuai ketentuan.

PROSEDUR KERJA PENERBITAN KALENDER AKADEMIK. 1.0 Tujuan Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerbitan kalender akademik sesuai ketentuan. SOP-UMG-G5.1 PENERBITAN KALENDER AKADEMIK 1 dari 3 1.0 Tujuan Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa penerbitan kalender akademik sesuai ketentuan. 2.0 Ruang Lingkup Prosedur ini menunjukkan proses

Lebih terperinci

MANUAL PROSEDUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

MANUAL PROSEDUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA MANUAL PROSEDUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Revisi : 1 Tanggal : 10 Desember 2010 Dikaji ulang oleh : Pembantu Dekan I Dikendalikan oleh : Jaminan Mutu Fakultas Ekonomi Disetujui oleh

Lebih terperinci

Buku Petunjuk Teknis Pendaftaran Online Mahasiswa Baru PENS

Buku Petunjuk Teknis Pendaftaran Online Mahasiswa Baru PENS Buku Petunjuk Teknis Pendaftaran Online Mahasiswa Baru PENS Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 2013 1. Buka Halaman http://pmb.eepis-its.edu/daftar/ Gambar 1 :Tampilan Awal Halaman Pendaftaran Pada

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI UMPN (Untuk Siswa)

BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI UMPN (Untuk Siswa) 2016 BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI UMPN (Untuk Siswa) PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR UMPN Daftar Isi Daftar Isi... 2 1. Petunjuk Umum UMPN... 3 1.1. Tahapan Pendaftaran... 3 1.2. Kompresi

Lebih terperinci

User Guide (Untuk Pendaftar)

User Guide (Untuk Pendaftar) User Guide (Untuk Pendaftar) SIM Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Gresik Copyright 2015 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved Halaman i Daftar Isi Daftar Isi... ii

Lebih terperinci

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Dosen Wali

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Dosen Wali Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Dosen Wali Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 PENDAHULUAN... 2 Latar Belakang... 2 SITUS PERWALIAN ONLINE...

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK DAFTAR ULANG ONLINE MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER

BUKU PETUNJUK DAFTAR ULANG ONLINE MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER BUKU PETUNJUK DAFTAR ULANG ONLINE MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JEMBER 1. Mahasiswa membuka laman http://sim-online.polije.ac.id. Akan muncul halaman Login seperti berikut : Gambar 1. Tampilan Awal Halaman

Lebih terperinci

Draft Katalog Layanan UPT. TIK Undiksha disusun untuk memperjelas Service Level Agreement (SLA)

Draft Katalog Layanan UPT. TIK Undiksha disusun untuk memperjelas Service Level Agreement (SLA) Jenis 1 Email Email Resmi Undiksha Draft Katalog Undiksha Surat elektronik (akronim: ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau pos elektronik (akronim: pos-el.) atau imel (bahasa Inggris: email) adalah

Lebih terperinci

BUKU PETUNJUK SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AUB SURAKARTA

BUKU PETUNJUK SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AUB SURAKARTA User Guide (Untuk Mahasiswa) Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta Copyright 2015 PT Sentra Vidya Utama, All Rights Reserved Halaman i Copyright 2016 PT Sentra Vidya

Lebih terperinci

PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK

PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK Handout PELATIHAN OPERATOR SISTEM INFORMASI AKADEMIK Disusun oleh : Tim Teknis Gamatechno PT. GAMATECHNO INDONESIA 2013 1 Page DAFTAR ISI Pendahuluan... 4 Tinjauan Sistem... 4 Tujuan... 4 Flowchart...

Lebih terperinci