PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12"

Transkripsi

1 PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12 Pinacle Studi 12 adalah program video editing yang banyak digunakan untuk mengolah dan mengedit video. Teknik pengolahan dan pengeditan menggunakan program ini cukup simple dan cepat. Hal ini program sudah dikategorikan dalam tiga tahapan, yakni tahap capture, edit dan make movie. Proses capture merupakan tahapan dimana proses transfer video dari camcorder ke dalam program dimulai. Prosesnya dimulai dengan pengambilan gambar menggunakan camcorder, kemudian gambar video yang telah ditransfer ke dalam komputer menggunakan beberapa peralatan tambahan seperti kabel USB atau menggunakan perangkat koneksi lainnya. Proses editing merupakan tahap dimana pengolahan dan pengeditan video hasil capture dimulai. Pada tahapan ini Anda akan mengolah video dengan beberapa langkah seperti pemotongan video, penggabungan video, penambahan teks, pengolahan suara dan lain sebagainya.proses terakhir ini adalah tahap Make Movie atau mengeskpor video hasil pengeditan dan pengolahan ke dalam format video yang Anda inginkan. Mengekspor video ke dalam format lain dilakukan agar video dapat dilihat pada video player. Dengan tiga proses ini menjadikan program Pinacle 12 sebagai program video editing sangat mempermudah dan mempercepat proses editing video. Selain itu tampilan interface (antarmuka) program yang sederhana dan mudah dimengerti akan memungkinkan Anda mengedit video secara nyaman o0o * Tulisan ini didasarkan dan diadaptasi dari Studio 12 User Guide di

2 PRASYARAT KOMPUTER Untuk bisa menggunakan Pinacle Studio 12 sebagai program untuk mengolah video, komputer yang akan digunakan harus memenuhi prasyarat sebagai berikut: 1. Sudah terinstall Program Pinacle Studio Spesifikasi minimum komputer yang harus dipenuhi Processor Intel Pentium Dual Core atau AMD yang setara atau yang lebih tinggi. RAM 1 GB atau yang lebih tinggi, namun disarankan 2 GB. Operating System yang digunakan Windows XP SP 2 atau Vista Direct X 9 atau yang lebih tinggi. 4 GB freespace dalam harddisk untuk installasi. Video Capture Card atau bisa juga Firewire card, sebagai penghubung capture antara camcorder dengan komputer DVD-RW ROM untuk menginstall program dan untuk making movie o0o MEMULAI PROGRAM PINACLE STUDIO 12 Apabila komputer sudah terinstall program Pinacle Studio 12, maka langkahlangkah membuka program ini adalaah sebagai berikut: 1. Klik tombol Start pada Taskbar. 2. Klik All Program kemudian pilih Pinacle Studio 12 dan loading program akan berjalan. Proses loading membuka program ini akan nampak seperti gambar berikut:

3 3. Tampilan muka program Pinacle Studio 12 akan nampak seperti gambar berikut. 4. Ini berarti Pinacle Studio 12 siap digunakan o0o CAPTURE VIDEO Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa proses capture merupakan tahapan dimana proses transfer video dari camcorder ke dalam program dimulai. Prosesnya dimulai dengan pengambilan gambar menggunakan camcorder, kemudian gambar video yang telah ditransfer ke dalam komputer menggunakan beberapa peralatan tambahan seperti kabel USB atau menggunakan perangkat koneksi lainnya.

4 Tahap ini akan memerlukan waktu yang tergantung dari durasi video yang diambil dari camcorder. Jika memiliki durasi yang panjang maka proses capture akan memakan waktu waktu yang lama. Pastikan pada saat melakukan proses capture tidak ada gangguan yang mempengaruhi hasil capture seperti daya listrik dan kondisi komputer harus baik. Setelah camcoder terhubung dengan komputer, selanjutnya tampilkan tab capture pada program Pinacle 12 untuk memulai proses ini, klik tab Capture pada tampilan program Pinacle 12 Saat menampilkan tab Capture, akan tampak dua jenis tampilan Capture, yakni Digital Capture dan Analog Capture. Digital capture akan tampak jika video source (sumber video; CD, DVD, External Harddisk atau camcoder) yang digunakan adalah digital. Sedangkan Analog Capture jika video source yang digunakan dalam bentuk analog. Pada diskometer analog capture anda dapat melakukan pengaturan pada video dan audio selama proses capture. Pada tampilan di atas terdapat empat bagian yang semuanya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, yakni; Album, Player, Camcoder Controller dan Diskometer.

5 Album Merupakan tempat di mana hasil capture akan ditempatkan. Bagian ini terletak di atas bagian kiri. Pada bagian ini akan menampilkan ikon yang menggambarkan video yang telah dicapture. Jika belum ada video yang dicapture, maka bagian ini akan kosong. Berikut contoh tampilan Album yang sudah berisi video hasil capture. Player Berfungsi untuk menampilkan clip-clip video yang sedang dicapture oleh Pinacle Studio 12 dari camcorder. Camcoder Controller Berfungsi untuk mengkontrol camcorder selama proses capture berlangsung. Misalnya pada Capture Analog digunakan untuk melakukan PlayBack dan lain sebagainya. Diskometer Pada tampilan diskometer, terdapat beberapa bagian seperti nampak pada gambar di bawah ini:

6 1. Diskometer, kapasitas harddisk dalam komputer yang masih kosng maupun yang sudah digunakan akan bisa terdeteksi. 2. Browse Folder, berfungsi untuk menyimpan hasil capture. Dengan cara klik bagian pada Drive maka akan tampak kotak dialog yang digunakan untuk menempatkan hasil capture. 3. DV Capture, pilihan ini akan menghasilkan format video dengan kualitas tinggi. Kualitas data video yang ditransfer dari camcorder ke dalam komputer tidak mengalami perubahan. 4. MPEG Capture, format ini lebih rendah dibanding DV capture, pilihan ini seringkali digunakan karena kapasitas yang rendah. 5. Start Capture, untuk memulai proses capture. 6. Setting, berfungsi melakukan pengaturan format dan source digital. Dengan cara klik tombol ini maka akan tampak kotak dialog berikut: LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN CAPTURE Saat melakukan proses capture Pinacle Studio 12 akan mendeteksi file video dari camcorder dan membuatnya menjadi beberapa scene atau klip. Klip-klip tersebut akan masuk ke dalam Album. Berikut beberapa tahapan dalam melakukan proses capture video menggunakan Pinacle 12 yang dapat digunakan untuk digital capture dan analog capture:

7 1. Hubungkan perangkat yang digunakan dengan komputer secara baik. Untuk melakukan digital capture, kamera atau VCR harus tergubung dengan port 1394 pada komputer. Sedangkan untuk analog capture, hubungkan source video dengan composite atau S-Video input pada hardware capture. Hubungkan source audio ke dalam input pada hardware capture. Jika ada, hubungkan audio ke dalam audio input pada soundcard komputer. 2. Buka program Pinacle Klik tab Capture pada interface Pinacle 12, hingga yang tampak adalah area kerja capture. 4. Lakukan pengaturan pada setting capture. 5. Klik tombol Start Capture pada diskometer hingga kotak dialog Capture video tampak. 6. Berilah nama file video hasil capture, jika tidak maka secara default file video ini akan memiliki nama sendiri. Durasi waktu pada proses capture dapat juga diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan. 7. Jika Anda mengcapture dari kamera analog atau VCR, tekan tombol Playback pada kamera. Pada capture digital langkah ini tidak perlu digunakan karena program akan mengatur proses capture. 8. Klik tombol Start Capture pada kotak dialog Capture Video. Proses capture telah berlangsung, tampilan player akan menampilkan tampilan video yang tersimpan pada harddrive (kecuali tab Capture preview pada Capture Source dihilangkan).

8 9. Klik Stop Capture untuk mengakhiri proses capture. MENGIMPOR VIDEO DARI DVD Pengambilan video juga dapat dilakukan dari DVD. Untuk mencobanya, lakukanlah langkah-langkah berikut: 1. Pastikan tersedia DVD-Rom drive pada komputer Anda. 2. Masukkan sebuah keping DVD yang berisi file video ke DVD-Rom. 3. Buatlah sebuah file project yang baru. 4. Klik tab Edit untuk menampilkan menu antarmuka Edit 5. Klik menu File => Import DVD Titles hingga akan tampak kotak dialog Import Video Titles.

9 6. Anda dapat menyeleksi satu per satu file-file yang diinginkan pada daftar file dengan menekan Ctrl atau seleksi seluruh file dengan klik tombol Select All. 7. Sedangkan untuk meletakkan file video atau foto, klik Folder Browser hingga akan tampak kotak dialog Browse for Folder yang digunakan untuk memilih tempat penyimpanan file. Setelah itu kemudian klik Import o0o EDIT VIDEO Bagian yang penting dalam proses editing video adalah pengolahan video yang yang telah Anda capture atau import. Sebagaimana telah disampaikan di atas bahwa pengolahan video ini meliputi banyak hal seperti pemotongan video, penggabungan video, penambahan teks, pengolahan suara, pemberian efek, transisi dan lain sebagainya. Setelah Anda melakukan proses capture atau mengimport file video ke dalam program Pinacle 12, maka langkah selanjutnya adalah mengolah video tersebut. Lakukan dengan mengklik tab Edit pada interface program Pinacle 12. Menambahkan Video Ke Timeline Jika video ditransfer dari camcorder, klip video akan dapat dilihat dalam Album Video. Untuk mulai membuat film, maka tambahkan klip-klip ini ke Timeline. Caranya sebagai berikut: 1. Klik tab Edit pada interface (antarmuka) program Pinacle Klik tombol Show Video dan pastikan Storyboard View yang dipilih.

10 3. Tarik dan taruh klip dari Album Video ke timeline. Jika terdapat klip video dalam folder tambahan, file ini dapat ditemukan dengan mengklik tombol folder di sebelah kanan nama folder video. 4. Lakukan kembali apabila ingin memilih klip yang lain. Lanjutkan proses ini sampai klip berada pada urutan yang tepat di timeline. Melakukan Pemangkasan pada Video Dengan klip video yang terdapat dalam timeline inilah, kita dapat menghapus atau memangkas setiap frame atau objek yang tidak diinginkan. Putar film dan mencari bidang perbaikan. Ikuti langkah-langkah untuk melakukan pemangkasan pada video: 1. Klik tombol Timeline View button. 2. Pilih sebuah klip di timeline dengan cara mengkliknya. 3. Tarik scrubber melalui klip video, untuk mencari frame yang akan dihapus. 4. Jika frame yang akan dihapus berada di akhir klip, maka tarik Right End ke kiri. 5. Jika frame yang akan dihapus ada di permulaan klip, maka tarik Leftt End ke kanan.

11 6. Jika frame yang akan dihapus berada di tengah-tengah klip, pindahkan scrubber ke awal segmen yang akan dihapus dan klik tombol Splitter. Gunakan scrubber untuk menemukan akhir segmen yang akan dihapus kemudian klik tombol Splitter. Pilih segment yang dimaksud kemudian klik Delete pada keyboard. 7. Jika terjadi kesalahan dalam memangkas klip, maka klik menu Edit, lalu pilih Undo. Menambahkan Efek Video Efek dapat memberikan tampilan yang bergaya ke video digital. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Pilih satu atau beberapa klip untuk dimodifikasi di Storyboard View atau Timeline View. 2. Klik tombol Video Toolbox. 3. Klik tombol Add an Effect to a Video Clip. 4. Pilih Kategori effect nya. Tentukan jenis effect yang akan dipilih kemudian klik OK.

12 Menambahkan Audio Penambahan suara di program Pinacle Studio 12 dapat dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan built-in perpustakaan efek suara. Adapun langkah-langkah menambahkan efek suara adalah sebagai berikut: 1. Pilih satu atau beberapa klip untuk dimodifikasi di Storyboard View atau Timeline View. 2. Klik tombol Audio Toolbox, akan nampak seperti gambar di bawah ini:

13 3. Setelah klik Audio Toolbox maka tersedia menu, yakni: Add an Effect to a Audio Clip, berfungsi untuk menambahkan efek suara pada klip audio. Create Background Music Automatically, digunakan untuk membuat atau menambahkan musik latar secara automatis pada video. Create Background Music from an Audio, untuk igunakan untuk membuat atau menambahkan musik latar yang bersumber dari CD. Record a Voice-Over Narration, untuk melakukan perekaman suara secara langsung dari Pinacle 12 atau yang sering dikenal dengan narasi. Change the Volume of the Audio Track, berfungsi untuk melakukan pengaturan volume klip audio. Chane the Properties of thr Selected Clip, digunakan untuk memotong klip-klip audio yang kurang dibutuhkan. 4. Menu-menu di atas bisa dipilih sesuai keinginan, untuk mengakhirinya maka klik OK. Menambahkan Transisi Transisi membantu menggerakan cerita dari satu adegan ke adegan lain. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Klik tombol Transition.

14 2. Pilih transisi untuk melihat preview (pratinjau). 3. Tarik transisi ke mana Anda ingin memasukkannya ke Storyboard View atau Timeline View. 4. Untuk mengubah transisi yang sudah ada, pilih dan tarik transisi baru dan timpakan ke transisi yang lama. Menambahkan Title Title (judul) membantu untuk menceritakan cerita atau kisah dalam video. Ada tiga proses untuk menambahkan judul. Berikut langkah-langkahnya: 1. Masukkan sebuah Title Langkah-langkahnya sebagai berikut: Klik tombol Show Titles. Pilih sebuah title yang tersedia. Tarik sebuah title ke timeline

15 2. Pilih title yang dipilih untuk diedit Langkah-langkahnya sebagai berikut: Klik double pada judul pada timeline untuk membuka jendela edit. Klik tombol Video Toolbox. Klik tombol Title Overlay. Klik tombol Edit Title. 3. Edit title yang pada jendela edit yang telah terbuka

16 Langkah-langkahnya sebagai berikut: Klik title kemudian masukkan teks judul. Sorot semua teks. Pilih sebuah font (bentuk huruf) dan size (ukuran huruf) Pilih Style. Click OK. Menambahkan Gambar Atau Foto Jika menginginkan gambar atau foto dalam video digital, ikuti petunjuk berikut ini: 1. Klik tombol Show Photos. 2. Unuk memilih direktori lain, klik Choose Folder tombol. 3. Tarik satu atau beberapa foto ke Storyboard View atau Timeline View sesuai yang diinginkan.

17 o0o MAKE MOVIE Proses terakhir ini adalah tahap Make Movie atau mengeskpor video hasil pengeditan dan pengolahan ke dalam format video yang diinginkan. Mengekspor video ke dalam format lain dilakukan agar video dapat dilihat pada video player. Setelah video atau film digital benar-benar selesai diedit, maka siap untuk dibuat menjadi film digital ini ke dalam satu atau beberapa format file. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Klik tab Make Movie, maka akan tampil seperti gambar berikut:

18 2. Pilih jenis penyimpanan video yang ingin dibuat dari proyek. Ada empat jenis pilihan, yakni dalam bentuk Disc, File, Tape dan Web. Lihat gambar berikut: 3. Apabila memilih Disc maka akan tampil pilihan menu berikut: Disc Type. Merupakan pilihan jenis atau format video, terdiri dari pilihan DVD, SCVD dan VCD. DVD merupakan format video paling tinggi. Video Quality. Pilihan untuk menentukan bagaimana kualitas video, terdiri dari pilihan Automatic Quality, Best Quality, Most Video on Disc dan Custom. 4. Apabila memilih File maka akan tampil pilihan menu berikut: File Type. Merupakan pilihan jenis atau format file video. Pilihannya antara lain; AVI, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, Windows Media, dan 3GP. Preset. Pilihan untuk menentukan bagaimana kualitas video atau juga ukuran file, misalnya very small, good quality dan lain-lain. 5. Apabila memilih Tape maka akan tampil pilihan menu berikut: Output Type. Merupakan pilihan jenis video hasil akhir, dimana hasil akhirnya merupakan VGA Display. Device. Peranhkat apa yang akan digunakan, pilihannya hanya satu, yakni VGA Display. 6. Apabila memilih Web maka akan tampil pilihan menu berikut:

19 Upload To this Website. Memungkinkan kita memilih website apa yang digunakan unntuk mengunggah video ini ke website tertentu. Misalnya Youtube atau Yahoo! Video. Preset. Merupakan pengaturan kualitas video yang akan diunggah ke website, terdiri dari best quality dan fast upload. 7. Klik tombol Create apabila sudah memilih salah satu jenis pembuatan video. Misalnya kita memilih format Disc maka klik Create Disc seperti terlihat dalam gambar berikut: 8. Setelah itu proses render akan berjalan, tampilan pada Video Preview akan seperti ini:

Oleh: Bambang Herlandi. Pelatihan Video Editing & Streaming

Oleh: Bambang Herlandi. Pelatihan Video Editing & Streaming Oleh: Bambang Herlandi Pelatihan Video Editing & Streaming PERSIAPAN SEBELUM PROSES VIDEO EDITING Sistem operasi yang dibutuhkan (minimal) Microsoft Windows XP PERSIAPAN (lanjutan) Kebutuhan Hardware Minimum

Lebih terperinci

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1 S Windows Movie Maker istem Operasi Microsoft Windows XP tidak hanya digunakan sebagai jembatan untuk menuju suatu aplikasi saja, melainkan banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang sistem komputer

Lebih terperinci

BAB II MENGENAL INTERFACE PINNACEL STUDIO 9

BAB II MENGENAL INTERFACE PINNACEL STUDIO 9 Pokok Bahasan 1. Mengenal interface pinnacle studio 9 2. Latihan meng-capture 3. Mengenal Smart Movie 4. Membuat Smart Movie dari file yang ada BAB II MENGENAL INTERFACE PINNACEL STUDIO 9 Pinnacel studio

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH 3.1 Analisa Masalah Proses editing video sebelum adanya teknologi Multimedia, membutuhkan ruang dan waktu yang sangat besar. Belum lagi biaya yang cukup besar pula

Lebih terperinci

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB IV. CAPTURE DAN IMPORT CLIP Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh

Lebih terperinci

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat digunakan,

Lebih terperinci

BAB 5 PENGENALAN ADOBE PREMIER PRO

BAB 5 PENGENALAN ADOBE PREMIER PRO BAB 5 PENGENALAN ADOBE PREMIER PRO Adobe Premiere Pro dibuat oleh Adobe System Inc, yang merupakan versi pembaharuan dari beberapa versi Adobe Premiere terdahulu. Adobe Premiere Pro mulai di luncurkan

Lebih terperinci

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB III. MENGENAL WINDOWS MOVIE MAKER 2.0 Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com

Lebih terperinci

EDITING VIDEO DENGAN COREL VIDEO STUDIO 12 Oleh Noviaji Wibisono, Aji Setiyawan dan Ali Muqoddas Mahasiswa DKV Udinus 2007

EDITING VIDEO DENGAN COREL VIDEO STUDIO 12 Oleh Noviaji Wibisono, Aji Setiyawan dan Ali Muqoddas Mahasiswa DKV Udinus 2007 EDITING VIDEO DENGAN COREL VIDEO STUDIO 12 Oleh Noviaji Wibisono, Aji Setiyawan dan Ali Muqoddas Mahasiswa DKV Udinus 2007 A. Lebih Dekat Lebih Baik, Mari Mengenal VideoStudio Corel VideoStudio 12 adalah

Lebih terperinci

Pengenalan Editing Video dengan Adobe Premiere. Sri Siswanti, S.Kom, M.Kom

Pengenalan Editing Video dengan Adobe Premiere. Sri Siswanti, S.Kom, M.Kom Pengenalan Editing Video dengan Adobe Premiere Sri Siswanti, S.Kom, M.Kom Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk

Lebih terperinci

Mengedit Video Sendiri dengan Windows Movie Maker 2.1 hanya dalam Waktu 10 Menit

Mengedit Video Sendiri dengan Windows Movie Maker 2.1 hanya dalam Waktu 10 Menit - 1 - Mengedit Video Sendiri dengan Windows Movie Maker 2.1 hanya dalam Waktu 10 Menit a. Mengenal Windows Movie Maker Windows Movie Maker adalah program aplikasi yang ada pada Windows 2000/ME/XP maupun

Lebih terperinci

Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio Dody Firmansyah SMK Informatika Bina Generasi Bogor Jl. Pagelaran No.2 Ciomas Bogor (0251) 639985 Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Camtasia

Lebih terperinci

PERTEMUAN 6 MENGEKSPOR MOVIE

PERTEMUAN 6 MENGEKSPOR MOVIE PERTEMUAN 6 MENGEKSPOR MOVIE Tujuan Praktikum: 1. Mahasiswa memahami berbagai encoder video di Adobe Premiere 2. Mahasiswa mampu melakukan export video ke beberapa format encoder di Adobe Premiere. Clip-clip

Lebih terperinci

Digital Video Editing with Adobe Premier Pro Cepi Riyana

Digital Video Editing with Adobe Premier Pro Cepi Riyana Digital Video Editing with Adobe Premier Pro Cepi Riyana 1. Prosedur Pengembangan Produksi Video/Film 2. Konsep Editing Video Digital 3. Hardware & Software Pendukung 4. Langkah Kerja dan Terminologi Editing

Lebih terperinci

HOW TO USED COREL ULEAD VIDEO STUDIO

HOW TO USED COREL ULEAD VIDEO STUDIO HOW TO USED COREL ULEAD VIDEO STUDIO BY SETO ENGGAR T presbuku@gmail.com presidenbuku.blogspot.com DAFTAR ISI 1. MEMBUAT PROJECT BARU 2. MENYIMPAN PROJECT 3. MEMASUKKAN VIDEO DAN SOUND KE TIMELINE DAN

Lebih terperinci

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB IV. PROSES IMPORT DAN TRIMING Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat

Lebih terperinci

MENGGUNAKAN PROGRAM CAMTASIA UNTUK MEMBUAT TUTORIAL VIDEO

MENGGUNAKAN PROGRAM CAMTASIA UNTUK MEMBUAT TUTORIAL VIDEO 1 MENGGUNAKAN PROGRAM CAMTASIA UNTUK MEMBUAT TUTORIAL VIDEO Setelah program terinstall dengan sempurna, kini saat bagi anda untuk konsentrasi merekam Tutorial yang akan dibuat. Namun sebelum itu, anda

Lebih terperinci

Heryzal Heryandi

Heryzal Heryandi Tutorial Adobe Premiere Pro Heryzal Heryandi pretts2@yahoo.com Lisensi Dokumen: Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial

Lebih terperinci

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB II. KEBUTUHAN SISTEM Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen

Lebih terperinci

LAPORAN PENGGUNAAN PROGRAM CAMTASIA

LAPORAN PENGGUNAAN PROGRAM CAMTASIA LAPORAN PENGGUNAAN PROGRAM CAMTASIA PENDAHULUAN. Program Camtasia merupakan sebuah program aplikasi yang dapat berfungsi untuk Video Editing dan juga dapat digunakan untuk membuat video tutorial. Selain

Lebih terperinci

Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive

Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive S eringkali kita membutuhkan sebuah sarana untuk membuat sebuah pembelajaran yang menarik bagi siswa. Salah satunya dengan menyuguhkan sebuah video

Lebih terperinci

3.1 Mengenal Audacity Portable

3.1 Mengenal Audacity Portable Audacity Portable Sesuai dengan namanya Audacity Portable adalah program audio editor yang bersifat portabel. Bersifat portable artinya software ini dapat Anda tempatkan dalam drive penyimpanan yang dapat

Lebih terperinci

Copyright 2016 HP Development Company, L.P.

Copyright 2016 HP Development Company, L.P. Panduan Pengguna Copyright 2016 HP Development Company, L.P. AMD adalah merek dagang Advanced Micro Devices, Inc. 2012 Google Inc. Semua hak dilindungi undang-undang. Google adalah merek dagang Google

Lebih terperinci

Membuat File Database & Tabel

Membuat File Database & Tabel Membuat File Database & Tabel Menggunakan MS.Office Access 2013 Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang saling berhubungan antara satu dengan yang

Lebih terperinci

MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO

MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO MEMBUAT EFEK TRANSISI VIDEO Transisi video adalah efek yang menampilkan perubahan tampilan dari satu klip ke klip yang lain. Pada umumnya penerapan transisi video digunakan untuk proses penggantian tampilan

Lebih terperinci

Modul Pembelajaran. Program Kelas RSBI Kelas VIII Semester Gasal

Modul Pembelajaran. Program Kelas RSBI Kelas VIII Semester Gasal Modul Pembelajaran Program Kelas RSBI Kelas VIII Semester Gasal 1 Bab 1 Persiapan Awal Video Editing Di beberapa kalangan masyarakat, mengabadikan momen penting, seperti: pernikahan, ulang tahun, dan peresmian

Lebih terperinci

MACROMEDIA FLASH. 1.1 Mengenal interface Macromedia Flash 8. Panel. Timeline Stage. Properties. Animasi Sederhana dengan Macromedia Flash 1

MACROMEDIA FLASH. 1.1 Mengenal interface Macromedia Flash 8. Panel. Timeline Stage. Properties. Animasi Sederhana dengan Macromedia Flash 1 MACROMEDIA FLASH Macromedia flash/adobe Flash adalah perangkat lunak aplikasi untuk pembuatan animasi yang digunakan untuk halaman web. Macromedia flash mampu melengkapi website dengan beberapa macam animasi

Lebih terperinci

Area kerja. Gambar 1. Tampilan awal MS FrontPage

Area kerja. Gambar 1. Tampilan awal MS FrontPage Microsoft FrontPage I. Mengenal Microsoft FrontPage Microsoft FrontPage (MS FrontPage) adalah sebuah program untuk membuat, mendesain, dan mengedit halaman World Wide Web seperti menambahkan text, images,

Lebih terperinci

PERTEMUAN 5 AUDIO TREATMENT

PERTEMUAN 5 AUDIO TREATMENT PERTEMUAN 5 AUDIO TREATMENT Tujuan Paktikum: 1. Mahasiswa mengetahui konsep ADC (audio to digital converter) serta berbagai format data audio, 2. Mahasiswa mampu mengedit video dengan mengatur audio beserta

Lebih terperinci

BAB DUA PROGRAM MOVIE MAKER

BAB DUA PROGRAM MOVIE MAKER BAB DUA PROGRAM MOVIE MAKER Program Movie Maker adalah sebuah program yang biasa digunakan untuk membuat atau mengedit video. Program ini dapat membuat slide show photo sebagai sebuah video yang menarik,

Lebih terperinci

MEMBUAT VCD DENGAN FOTO STILL: Untuk Promosi Layanan Perpustakaan

MEMBUAT VCD DENGAN FOTO STILL: Untuk Promosi Layanan Perpustakaan MEMBUAT VCD DENGAN FOTO STILL: Untuk Promosi Layanan Perpustakaan B. Mustafa mus@ipb.ac.id dan b.mustafa@eudoramail.com Kumpulan foto digital dapat disimpan pada sebuah CD dan diatur sedemikian rupa sehingga

Lebih terperinci

MODUL I : INSTALASI DAN KONFIGURASI S/W DAN H/W MULTIMEDIA

MODUL I : INSTALASI DAN KONFIGURASI S/W DAN H/W MULTIMEDIA MODUL I : INSTALASI DAN KONFIGURASI S/W DAN H/W MULTIMEDIA TUJUAN 1. Mampu menginstalasi dan mengkonfigurasi perangkat keras dan lunak Multimedia 2. Mampu mengggunakan perangkat tersebut sesuai dengan

Lebih terperinci

Tujuan praktikum : mahasiswa dapat mengedit video hasil rekaman.

Tujuan praktikum : mahasiswa dapat mengedit video hasil rekaman. Praktikum 8. EDITING Tujuan praktikum : mahasiswa dapat mengedit video hasil rekaman. Dalam praktikum editing, digunakan software Adobe Premiere Pro Cs6. Adobe Premiere adalah salah satu software yang

Lebih terperinci

MODUL 1 SWISHMAX ANIMASI TEKS & ANIMASI GAMBAR

MODUL 1 SWISHMAX ANIMASI TEKS & ANIMASI GAMBAR MODUL 1 SWISHMAX ANIMASI TEKS & ANIMASI GAMBAR 1.1 SwishMax merupakan aplikasi untuk membuat animasi flash seperti halnya Macromedia Flash MX. Namun perbedaannya, SwishMax lebih mudah dalam penerapannya

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Video Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik,

Lebih terperinci

GioBox ios Application Manual

GioBox ios Application Manual GioBox ios Application Manual Aplikasi Mobile GioBox (ios) Pemasangan Aplikasi Mobile Anda dapat mengunduh aplikasi mobile GioBox dari halaman website GioBox atau halaman pengaturan personal GioBox. Mengkoneksikan

Lebih terperinci

MICROSOFT WINDOWS 1.1. Pengenalan Windows 1.2. Memulai Windows Xp Profesional

MICROSOFT WINDOWS 1.1. Pengenalan Windows 1.2. Memulai Windows Xp Profesional MICROSOFT WINDOWS 1.1. Pengenalan Windows Windows adalah salah satu software sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Inc. Microsoft Windows adalah software sistem informasi yang paling

Lebih terperinci

MODUL I 1. MENGAKTIFKAN POWERPOINT. Untuk dapat memulai atau menjalankan program aplikasi PowerPoint dapat menggunakan perintah sebagai berikut :

MODUL I 1. MENGAKTIFKAN POWERPOINT. Untuk dapat memulai atau menjalankan program aplikasi PowerPoint dapat menggunakan perintah sebagai berikut : MODUL I 1. MENGAKTIFKAN POWERPOINT Untuk dapat memulai atau menjalankan program aplikasi PowerPoint dapat menggunakan perintah sebagai berikut : 1. Nyalakan komputer, tunggu sampai komputer menampilkan

Lebih terperinci

BAB I Pengenalan Microsoft Office Powerpoint 2007

BAB I Pengenalan Microsoft Office Powerpoint 2007 BAB I Pengenalan Microsoft Office Powerpoint 2007 Microsoft Power Point merupakan salah satu program office dari Microsoft, yang berfungsi untuk membuat presentasi. Hasil presentasi tersebut biasanya di

Lebih terperinci

BAB II RENCANA PEMELAJARAN

BAB II RENCANA PEMELAJARAN BAB II RENCANA PEMELAJARAN A. RENCANA PEMELAJARAN Kompetensi : Mengoperasikan Software Video Editing Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat Belajar Mempersiapkan software Video Editing (Adobe Premier Pro

Lebih terperinci

Tujuan : v Mengetahui fasilitas dari SONY VEGAS 6.0 v Mengetahui cara pengunaan SONY VEGAS 6.0

Tujuan : v Mengetahui fasilitas dari SONY VEGAS 6.0 v Mengetahui cara pengunaan SONY VEGAS 6.0 Tujuan : v Mengetahui fasilitas dari SONY VEGAS 6.0 v Mengetahui cara pengunaan SONY VEGAS 6.0 36 PENGENALAN SONY VEGAS Software pengeditan video memiliki banyak jenis dan berbagai karakteristik pengeditannya.

Lebih terperinci

SPESIFIKASI MINIMAL PC/LAPTOP UNTUK EASYWORSHIP

SPESIFIKASI MINIMAL PC/LAPTOP UNTUK EASYWORSHIP 1 SPESIFIKASI MINIMAL PC/LAPTOP UNTUK EASYWORSHIP EasyWorship dapat digunakan pada operasi sistim Windows 98, SE, ME, 2000, XP and Vista, 7. Namun demikian agar dapat menggunakan fasilitas yang disediakan

Lebih terperinci

1. Desktop Microsoft Windows

1. Desktop Microsoft Windows 1. Desktop Microsoft Windows Icon Shortcut Quick Launch Taskbar Taskbar Shortcut Pada umumnya, taskbar ialah bagian yang terletak pada bagian bawah dari desktop. Tombol Start, tombol program-program aktif,

Lebih terperinci

MODUL VI MS POWERPOINT 2007

MODUL VI MS POWERPOINT 2007 MODUL VI MS POWERPOINT 2007 I. TUJUAN 1. Mahasiswa dapat membuat, menyimpan, dan membuka presentasi di MS PowerPoint 2007. 2. Mahasiswa dapat menggunakan template presentasi di MS PowerPoint 2007. 3. Mahasiswa

Lebih terperinci

MODUL KULIAH DAN PRAKTIKUM LABOR. Multimedia. Video Editing. Oleh Muhammad Adri, S.Pd, MT

MODUL KULIAH DAN PRAKTIKUM LABOR. Multimedia. Video Editing. Oleh Muhammad Adri, S.Pd, MT MODUL KULIAH DAN PRAKTIKUM LABOR Multimedia Video Editing Oleh Muhammad Adri, S.Pd, MT FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS PUTERA INDONESIA UPI YPTK PADANG 2008 VIDEO EDITING DENGAN PINNACLE STUDIO 9 Pinnacle

Lebih terperinci

( Word to PDF - Unregistered ) Ujian KKMM-06 JULHAM AFANDI.,S.KOM

( Word to PDF - Unregistered )  Ujian KKMM-06 JULHAM AFANDI.,S.KOM Word to PDF - UnRegistered http://www.word-to-pdf.abdio.com/ ( Word to PDF - Unregistered ) http://www.word-to-pdf.abdio.com/ Ujian KKMM-06 JULHAM AFANDI.,S.KOM Soal objektif : 1. Setting ukuran video

Lebih terperinci

Adobe Photoshop Album Starter Edition 3.0

Adobe Photoshop Album Starter Edition 3.0 Adobe Photoshop Album Starter Edition 3.0 TIDAK ADA JAMINAN Aplikasi pihak ketiga yang disertakan dengan perangkat Anda mungkin telah dibuat dan dimiliki oleh orang atau badan yang tidak berafiliasi atau

Lebih terperinci

BAB II LANDASAN TEORI

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Pengertian Visualisasi Visualisasi adalah tampilan pada layar monitor baik dalam bentuk gambar yang bergerak ataupun tidak, serta dapat pula gambar yang disertai dengan suara.

Lebih terperinci

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB IX. MEMBUAT TITLE Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat digunakan,

Lebih terperinci

Index. Home. About Us. Guest Book. Site. Gambar 3.1 Struktur Navigasi Composite (Campuran)

Index. Home. About Us. Guest Book. Site. Gambar 3.1 Struktur Navigasi Composite (Campuran) 46 3.2 Struktur Navigasi Struktur navigasi website digunakan untuk menggambarkan secara garis besar isi dari seluruh situs web dan menggambarkan bagaimana hubungan antara isi-isi tersebut. Struktur navigasi

Lebih terperinci

Pengenalan PowerPoint

Pengenalan PowerPoint Pengenalan PowerPoint PowerPoint merupakan bagian dari Microsoft Office dan ditujukan untuk keperluan presentasi. Selain membuat slide presentasi, aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2007 juga dapat digunakan

Lebih terperinci

1.1 Pemahaman Gambar Bergerak

1.1 Pemahaman Gambar Bergerak Student Guide Series: Adobe Premiere Pro 1.1 Pemahaman Gambar Bergerak Sadarkah kita bahwa ketika menonton film, pada dasarnya kita terkena pengaruh ilusi? Ilusi yang dimaksudkan di sini adalah ilusi terhadap

Lebih terperinci

8/29/2012. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis GUI. Sistem Operasi Windows dan Perintah pada menu. Ikon ikon pada desktop windows.

8/29/2012. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis GUI. Sistem Operasi Windows dan Perintah pada menu. Ikon ikon pada desktop windows. Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis GUI KKPI Kelas X Sistem Operasi Windows dan Perintah pada menu Pengenalan bagian-bagian desktop windows Gb. Bagan tampilan desktop windows Ikon ikon pada desktop

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan Aplikasi DIPK Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Panduan Penggunaan Aplikasi DIPK Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Panduan Penggunaan Aplikasi DIPK 2010-2014 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional 2010 DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1 PENDAHULUAN 2 SPESIFIKASI HARDWARE & SOFTWARE

Lebih terperinci

MATERI PELATIHAN VIDEO EDITING. I Made Kirna. Jurdik Kimia UNDIKSHA 2015

MATERI PELATIHAN VIDEO EDITING. I Made Kirna. Jurdik Kimia UNDIKSHA 2015 MATERI PELATIHAN VIDEO EDITING I Made Kirna Jurdik Kimia UNDIKSHA 2015 Kebutuhan Software Aplikasi Agar menguasai keterampilan membuat video pembelajaran, diperlukan penguasaan dasar terhadap capture video,

Lebih terperinci

Imagination is more important than knowledge - Albert Einstein

Imagination is more important than knowledge - Albert Einstein Software Manual Imagination is more important than knowledge - Albert Einstein 2 GAMATUTOR Daftar Isi 1. Pengenalan. 4 2. System Requierment 5 3. Instalasi. 6 4. Frequently Asked Question. 7 5. Pengenalan

Lebih terperinci

Microsoft PowerPoint USAID-DBE1: Management and Education Governance [MODUL POWERPOINT] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh

Microsoft PowerPoint USAID-DBE1: Management and Education Governance [MODUL POWERPOINT] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh 2010 : Management and Education Governance [MODUL POWERPOINT] Pilot Project EMIS-ICT Strengthening in Aceh 148 PowerPoint Tujuan Waktu Metode Diharapkan Peserta telah memahami cara menggunakan dan membuat

Lebih terperinci

MICROSOFT POWERPOINT

MICROSOFT POWERPOINT MICROSOFT POWERPOINT Pendahuluan Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu

Lebih terperinci

Daftar Isi. Kata Pengantar... v Daftar Isi...vii. MODUL 1 Menggunakan Format Karakter MODUL 2 Menata Tampilan Dokumen... 25

Daftar Isi. Kata Pengantar... v Daftar Isi...vii. MODUL 1 Menggunakan Format Karakter MODUL 2 Menata Tampilan Dokumen... 25 Kata Pengantar Buku Student Exercise Series Microsoft Office Word 007 ini ditujukan untuk para siswa-siswi SMP/SMA dan pemula pengguna komputer agar dapat lebih memahami, menguasai, dan terampil menggunakan

Lebih terperinci

GioBox Android Application Manual

GioBox Android Application Manual GioBox Android Application Manual Aplikasi Mobile GioBox (Android) Installasi Aplikasi Mobile Anda dapat mendownload Aplikasi Mobile GioBox dari halaman download GioBox atau di halaman pribadi GioBox.

Lebih terperinci

BAB IX PERANGKAT LUNAK PRESENTASI

BAB IX PERANGKAT LUNAK PRESENTASI BAB IX PERANGKAT LUNAK PRESENTASI 9.1 Pendahuluan A. Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dijelaskan tentang beberapa penerapan dari perangkat lunak presentasi. Di dalamnya akan diuraikan bagaimana cara

Lebih terperinci

Tujuan manajemen file adalah untuk mempermudah pencarian data atau dokumen Manfaat manajemen file :

Tujuan manajemen file adalah untuk mempermudah pencarian data atau dokumen Manfaat manajemen file : BAB III MANAJEMEN FILE Tujuan manajemen file adalah untuk mempermudah pencarian data atau dokumen Manfaat manajemen file : 1. Menggunakan Menu Pull Down Menu Pull- Down Menu cascading Menu Pop- Up Menu

Lebih terperinci

VIDEO EDITING 2. Rendy Andriyanto. S1 Informatika ST3 Telkom Purwokerto Rendy Andriyanto

VIDEO EDITING 2. Rendy Andriyanto. S1 Informatika ST3 Telkom Purwokerto Rendy Andriyanto Ringkasan Praktikum pertemuan kedua ini melanjutkan pembahasan editing video yang pernah dilakukan pada praktikum pertemuan pertama. Materi yang dibahas pada praktikum pertemuan kedua ini adalah teknik

Lebih terperinci

Konfigurasi Desktop BAB 2

Konfigurasi Desktop BAB 2 Konfigurasi Desktop BAB 2 Pada Bab ini Anda akan mempelajari cara: Konfigurasi Display Konfigurasi Keyboard Konfigurasi Mouse Konfigurasi Sound Konfigurasi CD Device Konfigurasi Folder Konfigurasi Asosiasi

Lebih terperinci

MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO

MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO MODUL MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2010 KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO Mari mengenal Power Point. Apa itu Powerpoint? Ms Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN ANIMASI FLASH

PANDUAN PENGGUNAAN ANIMASI FLASH PANDUAN PENGGUNAAN ANIMASI FLASH DAFTAR ISI. PENGANTAR ANIMASI... 2. TEKNIK ANIMASI... 2. Frame-by-Frame... 2 2.2 Shape Tweening... 2 2.3 Motion Tweening... 2 3. TEKNIK MASKING... 3 4. TEKNIK MOTION GUIDE...

Lebih terperinci

IBM LOTUS SYMPHONY PRESENTATIOM

IBM LOTUS SYMPHONY PRESENTATIOM TUTORIAL MEMBUAT PRESENTASI MENGGUNAKAN IBM LOTUS SYMPHONY PRESENTATIOM Tugas Aplikasi Komputer II Dosen : Ni Komang Yossy Trisna Sukawati Disusun Oleh : JEFFRY RAHMATULLAH KHOIRI 131020700074 SEKOLAH

Lebih terperinci

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB VIII. ANIMASI CLIP/MOTION GRAPHICS Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini

Lebih terperinci

INSTALASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX) NAMA : ALFIAN STAMBUK : F KELAS : D

INSTALASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX) NAMA : ALFIAN STAMBUK : F KELAS : D INSTALASI DAN PENGENALAN OS UBUNTU (LINUX) NAMA : ALFIAN STAMBUK : F 551 13 136 KELAS : D PROGRAM STUDI S1 INFORMATIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS TADULAKO 2013 1. Jelaskan cara membakar CD di Linux

Lebih terperinci

PETUNJUK SINGKAT PENGGUNAAN DVR ATM

PETUNJUK SINGKAT PENGGUNAAN DVR ATM PETUNJUK SINGKAT PENGGUNAAN DVR ATM Cara Menggunakan DVR Spesifikasi : Kompresi: Support video input PAL/NTSC. Video kompresi H.264. Monitoring: Support high definition VGA display resolusi 1024*768. Supports

Lebih terperinci

PEMBUATAN VIDEO MATERI AJAR DENGAN CAMTASIA

PEMBUATAN VIDEO MATERI AJAR DENGAN CAMTASIA PEMBUATAN VIDEO MATERI AJAR DENGAN CAMTASIA CANDRA SETIAWAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA Disampaikan pada Pelatihan Pengembangan Materi Ajar Pusbangdik Universitas Sriwijaya 2011 CAMTASIA

Lebih terperinci

Modul Praktikum Ms. Office Power Point

Modul Praktikum Ms. Office Power Point Modul Praktikum Ms. Power Point 2009/10 2 I. Pengenalan PowerPoint Microsoft Power Point adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk dapat merancang dan membuat presentasi secara mudah, cepat, serta dengan

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint

Modul Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Modul Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Disusun Oleh : Ilmawan Mustaqim, S.Pd.T.,M.T. Eko Prianto, M.Eng. Dibiayai oleh Dana DIPA Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Anggaran 2015 Sesuai

Lebih terperinci

Masukkan CD Program ke CDROM Buka CD Program melalui My Computer Double click file installer EpiInfo343.exe

Masukkan CD Program ke CDROM Buka CD Program melalui My Computer Double click file installer EpiInfo343.exe Epi Info Instalasi File Installer Masukkan CD Program ke CDROM Buka CD Program melalui My Computer Double click file installer EpiInfo343.exe File installer versi terbaru dapat diperoleh melalui situs

Lebih terperinci

MICROSOFT POWER POINT

MICROSOFT POWER POINT MICROSOFT POWER POINT I. PENDAHULUAN Microsoft Power Point adalah suatu software yang menyediakan fasilitas yang dapat membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.

Lebih terperinci

MODUL 1 INSTALASI DAN PENGENALAN OS. MCROSOFT WINDOWS

MODUL 1 INSTALASI DAN PENGENALAN OS. MCROSOFT WINDOWS MODUL 1 INSTALASI DAN PENGENALAN OS. MCROSOFT WINDOWS I. TUJUAN 1. Praktikan dapat melakukan instalasi operating system (OS) Windows melalui media flashdisk dan mengkonfigurasi sistem 2. Praktikan dapat

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER JOB I Instalasi Sistem Operasi Windows Server 2008 Di susun oleh: Nama : Winda Rizky Putri NIM : 3.33.10.1.21 Kelas : TK 3B PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Lebih terperinci

Microsoft PowerPoint 2003

Microsoft PowerPoint 2003 Microsoft PowerPoint 2003 Cakupan Panduan : Menjalankan Software presentasi Memulai Microsoft PowerPoint Menggunakan menu-menu beserta shortcut Memanggil, menyimpan, mencetak file Membuat file presentasi

Lebih terperinci

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL KODE MODUL SWR.OPR.420.(1).A SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA Mengoperasikan Software Digital Video BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM

Lebih terperinci

MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6

MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6 1 PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6 Modul ini memberikan gambaran mengenai langkah-langkah menggunakan Software Camtasia sehingga aplikasi software ini bisa di manfaatkan untuk membuat

Lebih terperinci

SHARING DATA, PRINTER, DAN INTERNET PADA WINDOWS 7 (SEVEN)

SHARING DATA, PRINTER, DAN INTERNET PADA WINDOWS 7 (SEVEN) SHARING DATA, PRINTER, DAN INTERNET PADA WINDOWS 7 (SEVEN) Mungkin tulisan ini terlalu jadul terutama bagi teman-teman di SMK Teknik Informatika dan Komputer. Tapi menurut saya gak salah jika saya sharing

Lebih terperinci

Recover My Files. Download dan Instalasi Recover My Files

Recover My Files. Download dan Instalasi Recover My Files Recover My Files Recover My Files merupakan software yang lebih canggih untuk mengatasi file-file hilang. Memang, software ini tidak gratis. Anda harus membelinya agar dapat menggunakan software ini secara

Lebih terperinci

Membuat Video Tutorial dengan Camtasia Studio 7. Sonny Widiarto Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung staff.unila.ac.

Membuat Video Tutorial dengan Camtasia Studio 7. Sonny Widiarto Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung staff.unila.ac. Membuat Video Tutorial dengan Camtasia Studio 7 Sonny Widiarto Jurusan Kimia FMIPA Universitas Lampung staff.unila.ac.id/sonnywidiarto Camtasia studio merupakan software yang dirancang untuk menghasilkan

Lebih terperinci

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro

Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB VII. TEKNIK EDITING TINGKAT LANJUT Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini

Lebih terperinci

MICROSOFT ACCESS. Tombol Office/menu Tittle bar Close.

MICROSOFT ACCESS. Tombol Office/menu Tittle bar Close. MICROSOFT ACCESS Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah database yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah. Banyak kemudahan yang akan

Lebih terperinci

Fendy Novafianto

Fendy Novafianto Fendy Novafianto fendynovafianto@ymail.com MENGENAL MACROMEDIA FLASH 8 A. Interface Flash Macromedia Flash merupakan salah satu program animasi 2D vector yang sangat handal. Disini kita bisa membuat animasi

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi Sistem 4.1.1 Spesifikasi Perangkat Keras Spesifikasi perangkat keras minimum yang digunakan untuk dapat menjalankan aplikasi dengan baik adalah : a. Prosesor

Lebih terperinci

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0

Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Langkah Praktis : Mengolah Video dengan Windows Movie Maker 2.0 Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com BAB V. EDITING VIDEO Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMEN KONTEN ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 2 MANAJEMEN KONTEN 2.1. Membuat Label 2.1.1. Keterangan Label berfungsi untuk memberikan

Lebih terperinci

DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto

DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto DASAR-DASAR PENGETIKAN DAN EDITING Oleh Ade Sobandi Hendri Winata Rasto 1. Penempatan Jari Pada Keyboard Penempatan jari pada keyboard khususnya pada Type Write Keypad sama persis dengan penempatan jari

Lebih terperinci

1.1 Memulai PowerPoint 2007

1.1 Memulai PowerPoint 2007 Student Guide Series: Microsoft PowerPoint 007. Memulai PowerPoint 007 Microsoft PowerPoint 007 yang untuk selanjutnya disingkat Power- Point 007 adalah program aplikasi presentasi yang paling populer

Lebih terperinci

1. Tempat untuk menyimpan file yang ada di hardisk disebut : 2. (Benar atau Salah ). Folder bisa dipindah ke folder yang lain.

1. Tempat untuk menyimpan file yang ada di hardisk disebut : 2. (Benar atau Salah ). Folder bisa dipindah ke folder yang lain. A. CEK KEMAMPUAN Bab I. Pendahuluan Apabila anda dapat menjawab seluruh soal dibawah ini, anda disilakan untuk langsung mengambil Unit Kompetensi SWR.OPR.200.(1).A Mengoperasikan sistem operasi A. Soal

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. a. Spesifikasi piranti keras pada local server: Processor : Intel Pentium IV 1.8 Ghz

BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. a. Spesifikasi piranti keras pada local server: Processor : Intel Pentium IV 1.8 Ghz BAB 4 IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Spesifikasi yang Diperlukan 4.1.1 Spesifikasi Piranti Keras Berikut merupakan spesifikasi piranti keras yang digunakan pada saat melakukan pengujian e-book reader berbasis

Lebih terperinci

TRANSISI, SOUND, DAN DIGITAL VIDEO

TRANSISI, SOUND, DAN DIGITAL VIDEO Bab 7 TRANSISI, SOUND, DAN DIGITAL VIDEO Suatu animasi tentu akan terasa agak gersang jika tidak disertai dengan suara latar yang mendukung animasi tersebut. Misal, kita membuat animasi orang yang sedang

Lebih terperinci

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA

ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA MANAJEMENT KONTENT Disusun Oleh : Septian Firman Sodiq, Skom ELEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA 2013 Elearning UPN Veteran Jakarta 1 MODUL 2 MANAJEMENT KONTEN 2.1. Membuat Label

Lebih terperinci

BAB I. 1 P e m r o g r a m a n V i s u a l B a s i c - J a t i L e s t a r i

BAB I. 1 P e m r o g r a m a n V i s u a l B a s i c - J a t i L e s t a r i BAB I Konsep Visual Basic: Penerapan di dunia Usaha, Instalasi serta Pengenalan IDE (Integrated Development Environment) VB dan konsep pemrograman visual I. Tujuan Praktikum 1. Mahasiswa mengenal VB, penerapan

Lebih terperinci

Tutorial Pembuatan CD Pembelajaran (Course Lab)

Tutorial Pembuatan CD Pembelajaran (Course Lab) Tutorial Pembuatan CD Pembelajaran (Course Lab) TAHAPAN PRA PRODUKSI Sebelum membuat bahan ajar multimedia maka perlu dilakukan pengembangan ide dan rancangan konten. Beberapa langkah berikut yang dilakukan

Lebih terperinci

d. Pilih partisi atau hard disk untuk menginstall windows Xp. setelah itu tekan enter untuk melanjutkan, tekan tombol C untuk membuat partisi baru

d. Pilih partisi atau hard disk untuk menginstall windows Xp. setelah itu tekan enter untuk melanjutkan, tekan tombol C untuk membuat partisi baru 1. Tuliskan langkah langkah install windows xp Jawaban: a. Masukkan DVD instalasi windows XP ke DVD-ROM Drive atau masukkan USB Flash Drive ke USB Port. Ketika sistem menyala lihat pesan Press any key

Lebih terperinci