PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12"

Transkripsi

1 PANDUAN PRAKTIS MENGOLAH VIDEO MENGGUNAKAN PINACLE STUDIO 12 * Oleh: Khusnul Aflah SEPINTAS TENTANG PINACLE STUDIO 12 Pinacle Studi 12 adalah program video editing yang banyak digunakan untuk mengolah dan mengedit video. Teknik pengolahan dan pengeditan menggunakan program ini cukup simple dan cepat. Hal ini program sudah dikategorikan dalam tiga tahapan, yakni tahap capture, edit dan make movie. Proses capture merupakan tahapan dimana proses transfer video dari camcorder ke dalam program dimulai. Prosesnya dimulai dengan pengambilan gambar menggunakan camcorder, kemudian gambar video yang telah ditransfer ke dalam komputer menggunakan beberapa peralatan tambahan seperti kabel USB atau menggunakan perangkat koneksi lainnya. Proses editing merupakan tahap dimana pengolahan dan pengeditan video hasil capture dimulai. Pada tahapan ini Anda akan mengolah video dengan beberapa langkah seperti pemotongan video, penggabungan video, penambahan teks, pengolahan suara dan lain sebagainya.proses terakhir ini adalah tahap Make Movie atau mengeskpor video hasil pengeditan dan pengolahan ke dalam format video yang Anda inginkan. Mengekspor video ke dalam format lain dilakukan agar video dapat dilihat pada video player. Dengan tiga proses ini menjadikan program Pinacle 12 sebagai program video editing sangat mempermudah dan mempercepat proses editing video. Selain itu tampilan interface (antarmuka) program yang sederhana dan mudah dimengerti akan memungkinkan Anda mengedit video secara nyaman o0o * Tulisan ini didasarkan dan diadaptasi dari Studio 12 User Guide di

2 PRASYARAT KOMPUTER Untuk bisa menggunakan Pinacle Studio 12 sebagai program untuk mengolah video, komputer yang akan digunakan harus memenuhi prasyarat sebagai berikut: 1. Sudah terinstall Program Pinacle Studio Spesifikasi minimum komputer yang harus dipenuhi Processor Intel Pentium Dual Core atau AMD yang setara atau yang lebih tinggi. RAM 1 GB atau yang lebih tinggi, namun disarankan 2 GB. Operating System yang digunakan Windows XP SP 2 atau Vista Direct X 9 atau yang lebih tinggi. 4 GB freespace dalam harddisk untuk installasi. Video Capture Card atau bisa juga Firewire card, sebagai penghubung capture antara camcorder dengan komputer DVD-RW ROM untuk menginstall program dan untuk making movie o0o MEMULAI PROGRAM PINACLE STUDIO 12 Apabila komputer sudah terinstall program Pinacle Studio 12, maka langkahlangkah membuka program ini adalaah sebagai berikut: 1. Klik tombol Start pada Taskbar. 2. Klik All Program kemudian pilih Pinacle Studio 12 dan loading program akan berjalan. Proses loading membuka program ini akan nampak seperti gambar berikut:

3 3. Tampilan muka program Pinacle Studio 12 akan nampak seperti gambar berikut. 4. Ini berarti Pinacle Studio 12 siap digunakan o0o CAPTURE VIDEO Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa proses capture merupakan tahapan dimana proses transfer video dari camcorder ke dalam program dimulai. Prosesnya dimulai dengan pengambilan gambar menggunakan camcorder, kemudian gambar video yang telah ditransfer ke dalam komputer menggunakan beberapa peralatan tambahan seperti kabel USB atau menggunakan perangkat koneksi lainnya.

4 Tahap ini akan memerlukan waktu yang tergantung dari durasi video yang diambil dari camcorder. Jika memiliki durasi yang panjang maka proses capture akan memakan waktu waktu yang lama. Pastikan pada saat melakukan proses capture tidak ada gangguan yang mempengaruhi hasil capture seperti daya listrik dan kondisi komputer harus baik. Setelah camcoder terhubung dengan komputer, selanjutnya tampilkan tab capture pada program Pinacle 12 untuk memulai proses ini, klik tab Capture pada tampilan program Pinacle 12 Saat menampilkan tab Capture, akan tampak dua jenis tampilan Capture, yakni Digital Capture dan Analog Capture. Digital capture akan tampak jika video source (sumber video; CD, DVD, External Harddisk atau camcoder) yang digunakan adalah digital. Sedangkan Analog Capture jika video source yang digunakan dalam bentuk analog. Pada diskometer analog capture anda dapat melakukan pengaturan pada video dan audio selama proses capture. Pada tampilan di atas terdapat empat bagian yang semuanya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, yakni; Album, Player, Camcoder Controller dan Diskometer.

5 Album Merupakan tempat di mana hasil capture akan ditempatkan. Bagian ini terletak di atas bagian kiri. Pada bagian ini akan menampilkan ikon yang menggambarkan video yang telah dicapture. Jika belum ada video yang dicapture, maka bagian ini akan kosong. Berikut contoh tampilan Album yang sudah berisi video hasil capture. Player Berfungsi untuk menampilkan clip-clip video yang sedang dicapture oleh Pinacle Studio 12 dari camcorder. Camcoder Controller Berfungsi untuk mengkontrol camcorder selama proses capture berlangsung. Misalnya pada Capture Analog digunakan untuk melakukan PlayBack dan lain sebagainya. Diskometer Pada tampilan diskometer, terdapat beberapa bagian seperti nampak pada gambar di bawah ini:

6 1. Diskometer, kapasitas harddisk dalam komputer yang masih kosng maupun yang sudah digunakan akan bisa terdeteksi. 2. Browse Folder, berfungsi untuk menyimpan hasil capture. Dengan cara klik bagian pada Drive maka akan tampak kotak dialog yang digunakan untuk menempatkan hasil capture. 3. DV Capture, pilihan ini akan menghasilkan format video dengan kualitas tinggi. Kualitas data video yang ditransfer dari camcorder ke dalam komputer tidak mengalami perubahan. 4. MPEG Capture, format ini lebih rendah dibanding DV capture, pilihan ini seringkali digunakan karena kapasitas yang rendah. 5. Start Capture, untuk memulai proses capture. 6. Setting, berfungsi melakukan pengaturan format dan source digital. Dengan cara klik tombol ini maka akan tampak kotak dialog berikut: LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN CAPTURE Saat melakukan proses capture Pinacle Studio 12 akan mendeteksi file video dari camcorder dan membuatnya menjadi beberapa scene atau klip. Klip-klip tersebut akan masuk ke dalam Album. Berikut beberapa tahapan dalam melakukan proses capture video menggunakan Pinacle 12 yang dapat digunakan untuk digital capture dan analog capture:

7 1. Hubungkan perangkat yang digunakan dengan komputer secara baik. Untuk melakukan digital capture, kamera atau VCR harus tergubung dengan port 1394 pada komputer. Sedangkan untuk analog capture, hubungkan source video dengan composite atau S-Video input pada hardware capture. Hubungkan source audio ke dalam input pada hardware capture. Jika ada, hubungkan audio ke dalam audio input pada soundcard komputer. 2. Buka program Pinacle Klik tab Capture pada interface Pinacle 12, hingga yang tampak adalah area kerja capture. 4. Lakukan pengaturan pada setting capture. 5. Klik tombol Start Capture pada diskometer hingga kotak dialog Capture video tampak. 6. Berilah nama file video hasil capture, jika tidak maka secara default file video ini akan memiliki nama sendiri. Durasi waktu pada proses capture dapat juga diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan. 7. Jika Anda mengcapture dari kamera analog atau VCR, tekan tombol Playback pada kamera. Pada capture digital langkah ini tidak perlu digunakan karena program akan mengatur proses capture. 8. Klik tombol Start Capture pada kotak dialog Capture Video. Proses capture telah berlangsung, tampilan player akan menampilkan tampilan video yang tersimpan pada harddrive (kecuali tab Capture preview pada Capture Source dihilangkan).

8 9. Klik Stop Capture untuk mengakhiri proses capture. MENGIMPOR VIDEO DARI DVD Pengambilan video juga dapat dilakukan dari DVD. Untuk mencobanya, lakukanlah langkah-langkah berikut: 1. Pastikan tersedia DVD-Rom drive pada komputer Anda. 2. Masukkan sebuah keping DVD yang berisi file video ke DVD-Rom. 3. Buatlah sebuah file project yang baru. 4. Klik tab Edit untuk menampilkan menu antarmuka Edit 5. Klik menu File => Import DVD Titles hingga akan tampak kotak dialog Import Video Titles.

9 6. Anda dapat menyeleksi satu per satu file-file yang diinginkan pada daftar file dengan menekan Ctrl atau seleksi seluruh file dengan klik tombol Select All. 7. Sedangkan untuk meletakkan file video atau foto, klik Folder Browser hingga akan tampak kotak dialog Browse for Folder yang digunakan untuk memilih tempat penyimpanan file. Setelah itu kemudian klik Import o0o EDIT VIDEO Bagian yang penting dalam proses editing video adalah pengolahan video yang yang telah Anda capture atau import. Sebagaimana telah disampaikan di atas bahwa pengolahan video ini meliputi banyak hal seperti pemotongan video, penggabungan video, penambahan teks, pengolahan suara, pemberian efek, transisi dan lain sebagainya. Setelah Anda melakukan proses capture atau mengimport file video ke dalam program Pinacle 12, maka langkah selanjutnya adalah mengolah video tersebut. Lakukan dengan mengklik tab Edit pada interface program Pinacle 12. Menambahkan Video Ke Timeline Jika video ditransfer dari camcorder, klip video akan dapat dilihat dalam Album Video. Untuk mulai membuat film, maka tambahkan klip-klip ini ke Timeline. Caranya sebagai berikut: 1. Klik tab Edit pada interface (antarmuka) program Pinacle Klik tombol Show Video dan pastikan Storyboard View yang dipilih.

10 3. Tarik dan taruh klip dari Album Video ke timeline. Jika terdapat klip video dalam folder tambahan, file ini dapat ditemukan dengan mengklik tombol folder di sebelah kanan nama folder video. 4. Lakukan kembali apabila ingin memilih klip yang lain. Lanjutkan proses ini sampai klip berada pada urutan yang tepat di timeline. Melakukan Pemangkasan pada Video Dengan klip video yang terdapat dalam timeline inilah, kita dapat menghapus atau memangkas setiap frame atau objek yang tidak diinginkan. Putar film dan mencari bidang perbaikan. Ikuti langkah-langkah untuk melakukan pemangkasan pada video: 1. Klik tombol Timeline View button. 2. Pilih sebuah klip di timeline dengan cara mengkliknya. 3. Tarik scrubber melalui klip video, untuk mencari frame yang akan dihapus. 4. Jika frame yang akan dihapus berada di akhir klip, maka tarik Right End ke kiri. 5. Jika frame yang akan dihapus ada di permulaan klip, maka tarik Leftt End ke kanan.

11 6. Jika frame yang akan dihapus berada di tengah-tengah klip, pindahkan scrubber ke awal segmen yang akan dihapus dan klik tombol Splitter. Gunakan scrubber untuk menemukan akhir segmen yang akan dihapus kemudian klik tombol Splitter. Pilih segment yang dimaksud kemudian klik Delete pada keyboard. 7. Jika terjadi kesalahan dalam memangkas klip, maka klik menu Edit, lalu pilih Undo. Menambahkan Efek Video Efek dapat memberikan tampilan yang bergaya ke video digital. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Pilih satu atau beberapa klip untuk dimodifikasi di Storyboard View atau Timeline View. 2. Klik tombol Video Toolbox. 3. Klik tombol Add an Effect to a Video Clip. 4. Pilih Kategori effect nya. Tentukan jenis effect yang akan dipilih kemudian klik OK.

12 Menambahkan Audio Penambahan suara di program Pinacle Studio 12 dapat dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan built-in perpustakaan efek suara. Adapun langkah-langkah menambahkan efek suara adalah sebagai berikut: 1. Pilih satu atau beberapa klip untuk dimodifikasi di Storyboard View atau Timeline View. 2. Klik tombol Audio Toolbox, akan nampak seperti gambar di bawah ini:

13 3. Setelah klik Audio Toolbox maka tersedia menu, yakni: Add an Effect to a Audio Clip, berfungsi untuk menambahkan efek suara pada klip audio. Create Background Music Automatically, digunakan untuk membuat atau menambahkan musik latar secara automatis pada video. Create Background Music from an Audio, untuk igunakan untuk membuat atau menambahkan musik latar yang bersumber dari CD. Record a Voice-Over Narration, untuk melakukan perekaman suara secara langsung dari Pinacle 12 atau yang sering dikenal dengan narasi. Change the Volume of the Audio Track, berfungsi untuk melakukan pengaturan volume klip audio. Chane the Properties of thr Selected Clip, digunakan untuk memotong klip-klip audio yang kurang dibutuhkan. 4. Menu-menu di atas bisa dipilih sesuai keinginan, untuk mengakhirinya maka klik OK. Menambahkan Transisi Transisi membantu menggerakan cerita dari satu adegan ke adegan lain. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Klik tombol Transition.

14 2. Pilih transisi untuk melihat preview (pratinjau). 3. Tarik transisi ke mana Anda ingin memasukkannya ke Storyboard View atau Timeline View. 4. Untuk mengubah transisi yang sudah ada, pilih dan tarik transisi baru dan timpakan ke transisi yang lama. Menambahkan Title Title (judul) membantu untuk menceritakan cerita atau kisah dalam video. Ada tiga proses untuk menambahkan judul. Berikut langkah-langkahnya: 1. Masukkan sebuah Title Langkah-langkahnya sebagai berikut: Klik tombol Show Titles. Pilih sebuah title yang tersedia. Tarik sebuah title ke timeline

15 2. Pilih title yang dipilih untuk diedit Langkah-langkahnya sebagai berikut: Klik double pada judul pada timeline untuk membuka jendela edit. Klik tombol Video Toolbox. Klik tombol Title Overlay. Klik tombol Edit Title. 3. Edit title yang pada jendela edit yang telah terbuka

16 Langkah-langkahnya sebagai berikut: Klik title kemudian masukkan teks judul. Sorot semua teks. Pilih sebuah font (bentuk huruf) dan size (ukuran huruf) Pilih Style. Click OK. Menambahkan Gambar Atau Foto Jika menginginkan gambar atau foto dalam video digital, ikuti petunjuk berikut ini: 1. Klik tombol Show Photos. 2. Unuk memilih direktori lain, klik Choose Folder tombol. 3. Tarik satu atau beberapa foto ke Storyboard View atau Timeline View sesuai yang diinginkan.

17 o0o MAKE MOVIE Proses terakhir ini adalah tahap Make Movie atau mengeskpor video hasil pengeditan dan pengolahan ke dalam format video yang diinginkan. Mengekspor video ke dalam format lain dilakukan agar video dapat dilihat pada video player. Setelah video atau film digital benar-benar selesai diedit, maka siap untuk dibuat menjadi film digital ini ke dalam satu atau beberapa format file. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Klik tab Make Movie, maka akan tampil seperti gambar berikut:

18 2. Pilih jenis penyimpanan video yang ingin dibuat dari proyek. Ada empat jenis pilihan, yakni dalam bentuk Disc, File, Tape dan Web. Lihat gambar berikut: 3. Apabila memilih Disc maka akan tampil pilihan menu berikut: Disc Type. Merupakan pilihan jenis atau format video, terdiri dari pilihan DVD, SCVD dan VCD. DVD merupakan format video paling tinggi. Video Quality. Pilihan untuk menentukan bagaimana kualitas video, terdiri dari pilihan Automatic Quality, Best Quality, Most Video on Disc dan Custom. 4. Apabila memilih File maka akan tampil pilihan menu berikut: File Type. Merupakan pilihan jenis atau format file video. Pilihannya antara lain; AVI, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, Windows Media, dan 3GP. Preset. Pilihan untuk menentukan bagaimana kualitas video atau juga ukuran file, misalnya very small, good quality dan lain-lain. 5. Apabila memilih Tape maka akan tampil pilihan menu berikut: Output Type. Merupakan pilihan jenis video hasil akhir, dimana hasil akhirnya merupakan VGA Display. Device. Peranhkat apa yang akan digunakan, pilihannya hanya satu, yakni VGA Display. 6. Apabila memilih Web maka akan tampil pilihan menu berikut:

19 Upload To this Website. Memungkinkan kita memilih website apa yang digunakan unntuk mengunggah video ini ke website tertentu. Misalnya Youtube atau Yahoo! Video. Preset. Merupakan pengaturan kualitas video yang akan diunggah ke website, terdiri dari best quality dan fast upload. 7. Klik tombol Create apabila sudah memilih salah satu jenis pembuatan video. Misalnya kita memilih format Disc maka klik Create Disc seperti terlihat dalam gambar berikut: 8. Setelah itu proses render akan berjalan, tampilan pada Video Preview akan seperti ini:

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1

IOTA COMPUTER COURSE 2009 1 S Windows Movie Maker istem Operasi Microsoft Windows XP tidak hanya digunakan sebagai jembatan untuk menuju suatu aplikasi saja, melainkan banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang sistem komputer

Lebih terperinci

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN MASALAH 3.1 Analisa Masalah Proses editing video sebelum adanya teknologi Multimedia, membutuhkan ruang dan waktu yang sangat besar. Belum lagi biaya yang cukup besar pula

Lebih terperinci

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate

Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Produksi CD Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Captivate Winastwan Gora S. redaksi@belajarsendiri.com Lisensi Dokumen : Hak Cipta 2006 BelajarSendiri.Com Seluruh dokumen ini dapat digunakan,

Lebih terperinci

Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive

Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive Materi : 1. Bing 2. Windows Live Movie Maker 3. Skydrive S eringkali kita membutuhkan sebuah sarana untuk membuat sebuah pembelajaran yang menarik bagi siswa. Salah satunya dengan menyuguhkan sebuah video

Lebih terperinci

Tujuan manajemen file adalah untuk mempermudah pencarian data atau dokumen Manfaat manajemen file :

Tujuan manajemen file adalah untuk mempermudah pencarian data atau dokumen Manfaat manajemen file : BAB III MANAJEMEN FILE Tujuan manajemen file adalah untuk mempermudah pencarian data atau dokumen Manfaat manajemen file : 1. Menggunakan Menu Pull Down Menu Pull- Down Menu cascading Menu Pop- Up Menu

Lebih terperinci

MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6

MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6 1 PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 6 Modul ini memberikan gambaran mengenai langkah-langkah menggunakan Software Camtasia sehingga aplikasi software ini bisa di manfaatkan untuk membuat

Lebih terperinci

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER LAPORAN PRAKTEK SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER JOB I Instalasi Sistem Operasi Windows Server 2008 Di susun oleh: Nama : Winda Rizky Putri NIM : 3.33.10.1.21 Kelas : TK 3B PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Lebih terperinci

1.1 Memulai Access 2007

1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 1.1 Memulai Access 2007 Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalah program aplikasi database yang populer dan banyak digunakan saat ini. Dengan Access

Lebih terperinci

BAB IX MEMBUAT MENU DENGAN FORM DESIGN

BAB IX MEMBUAT MENU DENGAN FORM DESIGN BAB IX MEMBUAT MENU DENGAN FORM DESIGN 9.1. Membuat Menu dengan Form Design Selain membuat menu dengan menggunakan fasilitas Switchboard Manager seperti yang telah dibahas pada bab sebelumnya, Anda juga

Lebih terperinci

3. PERANGKAT KERAS. Dosen: Tim Pengajar PTIK

3. PERANGKAT KERAS. Dosen: Tim Pengajar PTIK 3. PERANGKAT KERAS Dosen: Tim Pengajar PTIK PERANGKAT KERAS Pengertian Perangkat Keras Perangkat keras (hardware) adalah komponen komputer yang sifatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung

Lebih terperinci

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint.

: PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT. I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. MATA TATARAN : PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT I. Tujuan Pembelajaran A. Peserta dapat membuat bahan ajar dengan menggunakan powerpoint. B. Peserta dapat mengaplikasikan bahan ajar dalam

Lebih terperinci

Tips penting. N91 dan N91 8GB umum. Nokia PC Suite (terutama Nokia Audio Manager) Manajemen File

Tips penting. N91 dan N91 8GB umum. Nokia PC Suite (terutama Nokia Audio Manager) Manajemen File Tips penting N91 dan N91 8GB umum Nokia PC Suite (terutama Nokia Audio Manager) Nokia PC Suite dioptimalkan untuk manajemen data pada Memori telepon [C:]. Nokia PC Suite dianjurkan untuk mengelola kontak,

Lebih terperinci

MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007

MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007 MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007 Cakupan Panduan : Menjalankan software presentasi Menggunakan menu-menu serta shortcut Menyimpan, memanggil, insert, edit Menggunakan Header, footer, page numbering Pencetakan

Lebih terperinci

Petunjuk aplikasi. Nokia N92

Petunjuk aplikasi. Nokia N92 Petunjuk aplikasi Nokia N92 MENGENAI APLIKASI TAMBAHAN UNTUK NOKIA N92 ANDA Pada memori perangkat dan CD-ROM yang disediakan bersama perangkat Anda, Anda akan menemukan aplikasi tambahan dari Nokia dan

Lebih terperinci

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007 Bagian 1: Mengenal Microsoft Office Word 2007 1.1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007 Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah: Klik Tombol Start yang ada di taskbar. Pilih menu All Program

Lebih terperinci

WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS

WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS WORKSHOP IN HOUSE (IHT) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK DI SMA NEGERI 2 BENGKALIS MODUL MICROSOFT POWERPOINT INSTRUKTUR : NOVRIYANTO, ST., M.Sc SYUKRAN SETIAWAN, ST PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BENGKALIS

Lebih terperinci

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011

MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 MANUAL APLIKASI KARTU TANDA ANGGOTA ONLINE ASOSIASI GAPENSI TAHUN 2011 1. Tujuan dan Sasaran Manual ini dibuat sebagai padoman bagi para petugas operator / database KTA GAPENSI didalam menggunakan aplikasi

Lebih terperinci

Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5

Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5 Panduan Instalasi Galileo Desktop Versi 2.5 Persiapan : Ada beberapa file yang diperlukan sebelum kita melakukan instalasi Galileo Desktop Versi 2.5, berikut data file & Tahapan instalasinya : 1 2 3 4

Lebih terperinci

DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI

DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI DESKTOP ICON DAN KOSTUMISASI Bagian pertama dari proyek untuk mempercantik dan menambah fungsional desktop adalah dengan melakukan kostumisasi desktop dan ikon. Dengan menggunakan software-software free

Lebih terperinci

Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint

Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint Panduan Memasukkan Gambar, Suara, Video ke dalam PowerPoint Prasyarat: - Terinstall PowerPoint 2007 - Memiliki pengetahuan dasar PowerPoint - Terinstall Aura Video Converter Materi: 1. Gambar o Size, Rotate,

Lebih terperinci

Mengatur Tampilan AutoCAD

Mengatur Tampilan AutoCAD Mengatur Tampilan AutoCAD Untuk berinteraksi dengan sebuah program, Anda pasti akan disuguhkan dengan sebuah tampilan (interface) program tersebut. Ini tentunya untuk memudahkan Anda sebagai user dalam

Lebih terperinci

STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU

STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU STEP BY STEP INSTALLASI SOFTWARE PPOB ARINDO LOKET BARU 1. Download File Setup.exe dari http://www.bakoelppob.com atau klik disini. Jika melalui website bakoelppob, silahkan klik seperti gambar di bawah.

Lebih terperinci

Pro Surveillance System Dahua Application For PC

Pro Surveillance System Dahua Application For PC Pro Surveillance System Dahua Application For PC Pro Surveillance System (PSS) merupakan sebuah aplikasi yang didukung oleh Dahua Technology Co.LTD. Aplikasi ini sangat membantu untuk menampilkan serta

Lebih terperinci

PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I

PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I PANDUAN SINGKAT MENGELOLA MATA KULIAH : BAGIAN I PERLU DIINGAT SEBELUM MELANJUTKAN MEMBACA PANDUAN SINGKAT INI: 1. TATA LETAK MENU dan BLOK pada tampilan laman sangat tergantung pada pengaturan THEME oleh

Lebih terperinci

MobiReporter. MobiReporter Panduan. Menjalankan aplikasi

MobiReporter. MobiReporter Panduan. Menjalankan aplikasi MobiReporter MobiReporter adalah aplikasi yang memungkinkan seorang user untuk mengupload berita dan menampilkannya secara online melalui handphone. Berita tersebut dapat berisi gambar, text, dan suara

Lebih terperinci

Seperti yang ada dalam storyboard, multimedia pembelajaran saya terdiri dari empat menu utama yaitu:

Seperti yang ada dalam storyboard, multimedia pembelajaran saya terdiri dari empat menu utama yaitu: Belajar Matriks Mudah dan Menyenangkan (Chapter 2) Assalammualaikum.. Salam Matematika!! Pada chapter sebelumnya, saya telah sedikit memberikan penjelasan mengenai Multimedia Pembelajaran Interaktif dan

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 31 BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 4.1 Desain Website (Perancangan Website) Desain ini berupa struktur yang harus dibuat untuk memudahkan pembuatan website yang dimaksudkan agar web ini terlihat sederhana

Lebih terperinci

Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada

Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada 2.9 Bekerja dengan Tampilan Slide Sorter Klik View Pilih Slide Sorter Pindahkan slide 2 ke slide 5 dengan cara klik slide 2, lalu tekan Ctrl + X (atau pada ribbon Home dalam group Clipboard, klik cut)

Lebih terperinci

3. Sistem Operasi Windows. a. Mengenal sistem operasi

3. Sistem Operasi Windows. a. Mengenal sistem operasi 3. Sistem Operasi Windows a. Mengenal sistem operasi Pada saat menyalakan komputer, perangkat lunak yang pertama akan bekerja adalah perangkat lunak sistem operasi (operating system). Perangkat lunak sistem

Lebih terperinci

1. Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel Draw untuk mempermudah proses editing gambar yaitu?

1. Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel Draw untuk mempermudah proses editing gambar yaitu? 1. Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel Draw untuk mempermudah proses editing gambar yaitu? a. JPEG b. GIF c. PSD d. CDR e. BMP 2. Sebutkan bagian-bagian dari perangkat scanner! a.

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI DATA ENTRY LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI DATA ENTRY LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT Lampiran 2 Surat Edaran Bank Indonesia No. 11/ 21 /DKBU tanggal 10 Agustus 2009 PETUNJUK TEKNIS APLIKASI DATA ENTRY LAPORAN BATAS MAKSIMUM PEMBERIAN KREDIT BANK PERKREDITAN RAKYAT DIREKTORAT KREDIT BPR

Lebih terperinci

1. Mengaktifkan fungsi Record - Klik kanan pada layar,monitor akan menampilkan Taskbar (Lihat gambar 1) Gambar 1

1. Mengaktifkan fungsi Record - Klik kanan pada layar,monitor akan menampilkan Taskbar (Lihat gambar 1) Gambar 1 User Guide Cara Mengoprasikan DVR VGA 1. Mengaktifkan fungsi Record - Klik kanan pada layar,monitor akan menampilkan Taskbar (Lihat gambar 1) Gambar 1 - Klik Icon Record (Lihat gambar 1). Pastikan kode

Lebih terperinci

Microsoft Office Power Point 2013

Microsoft Office Power Point 2013 Microsoft Office Power Point 2013 Team Lab Infokom DPP Infokom@2013 1. Pengenalan Power Point 2013 Software presentasi merupakan software yang berfungsi untuk membantu membuat file presentasi yang dinamis

Lebih terperinci

Tutorial Spektra Accounting System

Tutorial Spektra Accounting System Tutorial Spektra Accounting System Requirements Aplikasi 1. Windows XP Service Pack 2. Jika tidak Windows XP Service Pack 2, maka jalankan file "install\windowsinstaller-kb893803-v2-x86.exe" dan "install\dotnetfx.exe".

Lebih terperinci

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar

http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar http://3tell.stptrisakti.net Dibangun dengan menggunakan Course Management System Tutorial singkat bagi Pengajar 1 MASUK KE SYSTEM 3TELL 1. Login ke http://3tell.stptrisakti.net/. Klik Login pada sisi

Lebih terperinci

Fungsi Library EX-word TextLoader

Fungsi Library EX-word TextLoader EW-ID2000 Kamus Elektronik EX-word Fungsi Library EX-word TextLoader Pedoman Pemakaian Pendahuluan Pedoman Pemakaian ini menjelaskan cara menggunakan software EX-word TextLoader dan fungsi Library Kamus

Lebih terperinci

Proses Urutan Installasi SQL SERVER. Setelah Setup.exe, di klik, maka akan muncul gambar di bawah ini :

Proses Urutan Installasi SQL SERVER. Setelah Setup.exe, di klik, maka akan muncul gambar di bawah ini : Memulai Installasi Hal hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai installasi Galaxy POS Pastikan DVD Drive anda dalam keadaan baik dan bisa digunakan untuk membaca keeping DVD. Close semua program sebelum

Lebih terperinci

MODUL XIII FORM dan REPORTS

MODUL XIII FORM dan REPORTS MODUL XIII FORM dan REPORTS A. MAKSUD DAN TUJUAN 1. MAKSUD Mahasiswa mengerti cara membuat form dan laporan dengan Ms Access 2. TUJUAN!"Agar mahasiswa dapat membust form untuk mengedit dan menambah data

Lebih terperinci

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6.

http://bp2dk.id/source/sidekaapp1.3.zip atau http://lppm.uajy.ac.id/source/assets%20v1.3.zip Double Click pada xampp-win32-5.6. Panduan Instalasi Aplikasi SIDeKa 1. Instalasi Web Server menggunakan XAMPP. Di Windows Web Server diperlukan untuk menjalankan aplikasi SIDeKa, karena aplikasi ini dibangun berbasis web (Web Base). Step

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI 2010 Hak cipta dilindungi

Lebih terperinci

Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com

Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Instalasi Windows XP pada VM VirtualBox Insani Ning Arum insani_arum@yahoo.com http://insani-arum.blogspot.com Lisensi Dokumen: Copyright 2003-2007 IlmuKomputer.Com Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com

Lebih terperinci

UPLOAD WEB. Upload web ke hosting gratis di byethost.com. Create by: Heru W drupalsolo.isgreat.org

UPLOAD WEB. Upload web ke hosting gratis di byethost.com. Create by: Heru W drupalsolo.isgreat.org Upload web ke hosting gratis di byethost.com UPLOAD WEB Upload adalah proses mengirim data (umumnya berbentuk berkas) dari komputer pribadi ke suatu sistem seperti server web, FTP server atau sistem serupa

Lebih terperinci

SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom.

SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom. SIMPLE TUTORIAL - ADOBE DREAMWEAVER CS 5 Oleh: H. Heri Istiyanto, S.Si., M.Kom. Dreamweaver merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat website secara profesional. Pada tutorial ini akan dijelaskan

Lebih terperinci

Tanya Jawab tentang Eee Pad TF201

Tanya Jawab tentang Eee Pad TF201 Tanya Jawab tentang Eee Pad TF201 Mengelola file... 2 Bagaimana cara mengakses data yang tersimpan di microsd, kartu SD, dan perangkat USB?... 2 Bagaimana cara memindahkan file yang dipilih ke folder lain?...

Lebih terperinci

Pra Instalasi. A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini:

Pra Instalasi. A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini: Pra Instalasi A. Pastikan Komputer anda menggunakan Sistem Operasi bertipe 32- bit. Cara cek tipe operasi komputer anda sebagai berikut ini: 1. Silahkan buka start (disebelah kiri bawah menu) atau klik,

Lebih terperinci

Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop

Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop Langkah 1 Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. Caranya ya dengan memilih menu File > New. Saat muncul kotak dialog New, silahkan diisi dengan

Lebih terperinci

LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT

LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT DAFTAR ISI DAFTAR ISI...1 LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL KORPORAT...2 I. CARA PENGAKSESAN EMAIL...2 II. CARA MELIHAT EMAIL...4 III. CARA MEMBUAT EMAIL / PESAN BARU...6 LANGKAH LANGKAH PENGUNAAN EMAIL

Lebih terperinci

Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software. Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi

Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software. Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi Standar Kompetensi : Mengoperasikan sistem operasi Software Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Presentasi Kelas / Semester / Prodi : XI / Gasal / Semua Jurusan Disusun oleh : SUGITO, S.Kom www.kkpismkyosda.co.cc

Lebih terperinci

Tutorial Instalasi Driver

Tutorial Instalasi Driver Tutorial Instalasi Driver Instalasi driver nggak sulit. Cuma tekan tombol [Next], [OK], [Yes] dan [Finish] aja kok. Proses selanjutnya serahkan pada operasi systemnya aja. Saya akan tunjukin melalui gambar-gambar

Lebih terperinci

Gambar,Text, dan Sound di Director

Gambar,Text, dan Sound di Director Gambar,Text, dan Sound di Director 1. PENDAHULUAN Kali ini anda akan membuat halaman informasi galery poster Pemandangan Alam yang kaya unsur visual agar memukau audience anda.terdapat animasi looping

Lebih terperinci

PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI

PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI PANDUAN/TATA CARA PENGGUNAAN APLIKASI KEANGGOTAAN HPJI Halaman Login Website keanggotaan HPJI (http://www.hpji.or.id/keanggotaan) dapat diakses dengan terlebih dahulu melakukan login dengan akun yang telah

Lebih terperinci

PRAKTIKUM MULTIMEDIA MODUL VI CREATING A SIMPLE COMPANY PROFILE AND QUIZ IN FLASH WITH ACTIONSCRIPT. Disusun Oleh : Munengsih Sari Bunga

PRAKTIKUM MULTIMEDIA MODUL VI CREATING A SIMPLE COMPANY PROFILE AND QUIZ IN FLASH WITH ACTIONSCRIPT. Disusun Oleh : Munengsih Sari Bunga PRAKTIKUM MULTIMEDIA MODUL VI CREATING A SIMPLE COMPANY PROFILE AND QUIZ IN FLASH WITH ACTIONSCRIPT Disusun Oleh : POLITEKNIK INDRAMAYU 2012 2 MODUL VI CREATING A SIMPLE COMPANY PROFILE AND QUIZ IN FLASH

Lebih terperinci

Gambar 1 - Graphical User Interface (GUI) dbookpro

Gambar 1 - Graphical User Interface (GUI) dbookpro PENGANTAR DBOOK PRO UNTUK PENGGUNA TINGKAT LANJUT dbookpro adalah perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat buku teks elektronik interaktif atau e-textbook. E-textbook bisa dibuat dengan memasukkan

Lebih terperinci

Membuat Bahan Ajar berbasis Web dengan Adobe Dreamweaver CS3. Bambang Adriyanto

Membuat Bahan Ajar berbasis Web dengan Adobe Dreamweaver CS3. Bambang Adriyanto Membuat Bahan Ajar berbasis Web dengan Adobe Dreamweaver CS Bambang Adriyanto MEMBUAT SITE dan HALAMAN BARU Membuat Site Sebelum membuat halaman-halaman web Anda harus membuat Site terlebih dahulu, untukmemudahkan

Lebih terperinci

Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio)

Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio) Membuat Aplikasi Form Windows Pertama Dengan C# (Visual Studio) Fitri Andriyani fitriandriyani18@gmail.com Abstrak C# (DIBACA SEE-SHARP ) adalah bahasa pemrograman baru yang diciptakan oleh Microsoft yang

Lebih terperinci

Cara Mudah Membuat Aplikasi Windows dengan Microsoft Visual C++

Cara Mudah Membuat Aplikasi Windows dengan Microsoft Visual C++ Bab DATABASE Mengakses Database dengan ADO Database atau bisa juga disebut sebagai bank data, adalah sebuah sistem yang terdiri dari sebuah atau beberapa file. Database bisa terdiri dari beberapa tabel

Lebih terperinci

Klik tombol next, ketika tampil form sebagai berikut, masukkan passphrase yang telah Anda isikan pada saat permintaan Sertifikat Digital sebelumnya.

Klik tombol next, ketika tampil form sebagai berikut, masukkan passphrase yang telah Anda isikan pada saat permintaan Sertifikat Digital sebelumnya. I. Kondisi Prasyarat (Requirement) Prasyarat untuk menggunakan aplikasi Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Secara Elektronik atau Elektronik Nomor Faktur Online (e-nofa Online) adalah sebagai berikut:

Lebih terperinci

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 EDISI III - 2005 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 EDISI III - 2005 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR 05 MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR Edisi III - 2005 EDISI III - 2005 MATA MATA DIKLAT: KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) PROGRAM KEAHLIAN:

Lebih terperinci

Panduan Menggunakan Microsoft Project

Panduan Menggunakan Microsoft Project Panduan Menggunakan Microsoft Project Magister Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Gedung IKM Lt.1 Jl. Farmako, Sekip Utara, Jogjakarta Telp/Fax:0274-542900

Lebih terperinci

MODUL 9 PENGENALAN SOFTWARE PROTEUS

MODUL 9 PENGENALAN SOFTWARE PROTEUS MODUL 9 PENGENALAN SOFTWARE PROTEUS TUJUAN 1. Praktikan dapat mengenal software proteus dan merancang skematik rangkaian elektronika serta simulasinya. 2. Praktikan dapat mewujudkan rangkaian yang di simulasikan.

Lebih terperinci

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504

SISTEM AKADEMIK YARSI. Modul Pelatihan Dosen. Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 SISTEM AKADEMIK YARSI Modul Pelatihan Dosen Syarifu Adam syarifu.adam@optimaconsultant.com Ext. 1504 Daftar Isi Contents I. Login... 2 II. Kalender Akademik... 3 III. Menu Penilaian... 4 III.1 Input Nilai...

Lebih terperinci

Share Online 2.0. Hak Cipta 2007 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang.

Share Online 2.0. Hak Cipta 2007 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang. Share Online 2.0 2007 Nokia. Semua hak dilindungi undang-undang. Nokia, Nokia Connecting People, dan Nseries adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Nokia Corporation. Nama produk dan perusahaan

Lebih terperinci

ipod nano Petunjuk Pengguna

ipod nano Petunjuk Pengguna ipod nano Petunjuk Pengguna 2 Daftar Isi Bab 1 4 Dasar-Dasar ipod nano 4 ipod nano Selayang Pandang 5 Menggunakan Kontrol-Kontrol ipod nano 9 Menggunakan Menu ipod nano 12 Tentang Speaker Internal ipod

Lebih terperinci

LATIHAN 3 : QUERY DATABASE

LATIHAN 3 : QUERY DATABASE LATIHAN 3 : QUERY DATABASE Start ArcMap dan buka peta existing Menambahkan map tips Identify Mencari objek Membuat query spasial Membuat layer hasil query Menyimpan layer data. Menyimpan dokumen peta dan

Lebih terperinci

Identifikasi Hardware PC

Identifikasi Hardware PC Identifikasi Hardware PC No Nama Device/Gambar Fungsi 1. Mainboard atau motherboard Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya prosesor,memori,sound card, vga card, dsb. Media transfer

Lebih terperinci

Tutorial Penggunaan. Bagian I. www.indonesiawebdesign.com

Tutorial Penggunaan. Bagian I. www.indonesiawebdesign.com Daftar Isi 1. Tutorial Penggunaan Bagian I 1.1 Pengantar... 1.2 Persiapan... 1.3 Pengenalan Medan... 1.4 Navigasi... 1.5 Widget... 1.6 Statistik... 1.7 Setting Website... 2. Tutorial Penggunaan Bagian

Lebih terperinci

Cara Penggunaan email KEMENHUB :

Cara Penggunaan email KEMENHUB : Cara Penggunaan email KEMENHUB : 1. Untuk membuka halaman login Mail KEMENHUB dilakukan dengan 2 Cara : a. Membuka halaman depan web KEMENHUB dengan mengetik alamat website http://www.dephub.go.id pada

Lebih terperinci

Aspro Photo Designer v3.3.0

Aspro Photo Designer v3.3.0 the MOMENTS / the STORY / the GIFT Panduan Penggunaan Aspro Photo Designer v3.3.0 w w w. a s p r o p h o t o. c o m Aspro Photo Designer 1 Panduan Aspro Photo Designer 1. Membuat Proyek Baru Double click

Lebih terperinci

Tutorial Singkat Menggunakan Altium Design Winter/ Protel Dxp. Oleh : Ardya Dipta N 13206180 ardviri2002@yahoo.com / ardyadipta@gmail.

Tutorial Singkat Menggunakan Altium Design Winter/ Protel Dxp. Oleh : Ardya Dipta N 13206180 ardviri2002@yahoo.com / ardyadipta@gmail. Oleh : Ardya Dipta N 13206180 ardviri2002@yahoo.com / ardyadipta@gmail.com Altium Design Winter adalah program yang digunakan untuk mendesain PCB. Pada altium 2009 ini, fitur yang diberikan Altium sudah

Lebih terperinci

Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra. Muh. Tamimuddin H

Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra. Muh. Tamimuddin H Eksplorasi Gradien Menggunakan Geogebra Muh. Tamimuddin H Geogebra dapat digunakan untuk membuat sebuah lembar kerja dinamis. Pada tulisan ini, GeoGebra akan kita gunakan untuk menggambarkan sebuah garis

Lebih terperinci

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP

PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP PANDUAN PENGELOLAAN SITUS WEB BPKP URL (UNIFIED RESOURCES LOCATOR) Untuk dapat melakukan pengelolaan halaman web di situs web BPKP, kita harus mengetikkan URL atau unified resources locator atau alamat

Lebih terperinci

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Penilaian. Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR)

MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Penilaian. Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR) MANUAL PENGGUNAAN APLIKASI Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR) KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2012 Manual Penggunaan Aplikasi PMKDR Page 1 A. Tahap Persiapan Manual Penggunaan

Lebih terperinci

CARA PRAKTIS MENGEMBALIKAN FOLDER DAN FILE YANG HILANG PADA FLASH DISK

CARA PRAKTIS MENGEMBALIKAN FOLDER DAN FILE YANG HILANG PADA FLASH DISK CARA PRAKTIS MENGEMBALIKAN FOLDER DAN FILE YANG HILANG PADA FLASH DISK Oleh: Muhammad Ihsan Zul rskisn@yahoo.com www.isaninside.wordpress.com Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika FT UNP Akhir-akhir

Lebih terperinci

MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA

MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA MODUL PELATIHAN PROGRAM MS. OFFICE EXCEL 2007 DISUSUN OLEH YAYASAN KURNIA A. MENYALAKAN KOMPUTER Pastikan Kabel Supply terhubung ke PLN, kemudian lakukan langkah sbb: 1. Nyalakan Stabilizer 2. Nyalakan

Lebih terperinci

PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER

PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER SEMESTER GENAP MODUL II FILE SHARING DAN PRINT SERVER A. TUJUAN PRAK TIKUM Memahami cara pembuatan jaringan Local Area Network (LAN) Memahami cara menjalankan perintah ping

Lebih terperinci

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN

Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 1 Daftar Isi BAB 1... 3 PENDAHULUAN... 3 1.1 ALUR KERJA SI-NPP... 3 BAB 2... 4 MENJALANKAN APLIKASI SI-NPP... 4 2.1 MASUK KE APLIKASI SI-NPP... 4 2.2 MENU DALAM APLIKASI (NPP)... 4 2.2.1 Menu Informasi...

Lebih terperinci

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi

BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI. rupa sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi BAB IV IMPLEMENTASI DAN EVALUASI 4.1 Implementasi Sistem Tahap ini merupakan pembuatan perangkat lunak yang disesuaikan dengan rancangan atau desain sistem yang telah dibuat. Aplikasi yang dibuat akan

Lebih terperinci

Klik File setup.exe lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Klik File setup.exe lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. 1. Instalasi Net Support Manager Klik File setup.exe lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Tekan Next, maka akan muncul tampilan License Agreement Pilih Accept lalu tekan Next, lalu akan

Lebih terperinci

1. Penerapan sebuah bentuk pemformatan

1. Penerapan sebuah bentuk pemformatan 1. Penerapan sebuah bentuk pemformatan A. terhadap sel. Buka menu STYLIST: Pilih menu bar FORMAT STYLIST, Atau tekan tombol keyboard F11, Atau klik ikon di FUNCTION BAR. Didalam jendela STYLIST, ada beberapa

Lebih terperinci

Membuat Aplikasi Tampil, Entri, Edit, Delete Mahasiswa

Membuat Aplikasi Tampil, Entri, Edit, Delete Mahasiswa Tutorial Macromedia Dreamweaver PHP MySQL Membuat Aplikasi Tampil, Entri, Edit, Delete Mahasiswa Oleh Achmad Solichin, http://achmatim.net, achmatim@gmail.com Dalam Tutorial Ini Diasumsikan Bahwa: 1. Di

Lebih terperinci

USER MANUAL TECC WEB BASE SYSTEM

USER MANUAL TECC WEB BASE SYSTEM USER MANUAL TECC WEB BASE SYSTEM DAFTAR ISI Pendahuluan Login dari Administrator Login dari Manager Login dari Operation & Maintenance Login dari Customer Service TeCC Web Base System ini adalah aplikasi

Lebih terperinci

SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN

SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN SOP APLIKASI DATABASE MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN A. Muatan Aplikasi Aplikasi Database Masyarakat Miskin Perkotaan ini adalah sistem penyimpanan data kemiskinan yang bersumber dari data PPLS 2011 dan Podes

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN STANDAR APLIKASI (SA) FASTPAY - BUKOPIN

PANDUAN PENGGUNAAN STANDAR APLIKASI (SA) FASTPAY - BUKOPIN PANDUAN PENGGUNAAN STANDAR APLIKASI (SA) FASTPAY - BUKOPIN DAFTAR ISI : 1. Setting Membuka Blocking PopUp (Wajib dilakukan sebelum transaksi) 2. Install Plugin (Wajib dilakukan sebelum transaksi) 3. Penjelasan

Lebih terperinci

Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T.

Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T. Cara Gampang Install Senayan di Local Host Windows Oleh Happy Chandraleka, S.T. cakrabirawa@mail.ru Dalam dunia perpustakaan, ada sebuah program yang telah dikenal luas dalam membantu tugas-tugas pengelolaan

Lebih terperinci

Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak

Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak Manual College Book Manager (CBM) Universitas Muhammadiyah Pontianak Pengenalan 1. Mengenai CBM CBM adalah aplikasi yang dikembangan untuk pengambilan KRS (Kartu Rencana Studi), review KHS (Kartu Hasil

Lebih terperinci

Petunjuk Instalasi Upgrade. Aplikasi Equity_AMCapital

Petunjuk Instalasi Upgrade. Aplikasi Equity_AMCapital Petunjuk Instalasi Upgrade Aplikasi Equity_AMCapital Details : Semua pengguna DIWAJIBKAN melakukan Uninstall pada aplikasi SWST_AMCapital dengan langkah langkah sebagai berikut : 1. Pada screen layar di

Lebih terperinci

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle

COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE. Pengisian Content CMS Moodle COURSE MANAGEMENT SYSTEM MOODLE Pengisian Content CMS Moodle Memasukan materi 1. Isi langsung Dengan cara isi langsung, materi dimasukan dengan mengetikkannya langsung melalui situs. Langkah langkah :

Lebih terperinci

KEMENTERIAN KEUANGAN R.I. DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN

KEMENTERIAN KEUANGAN R.I. DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN Petunjuk Penggunaan Aplikasi TRPNBP Versi 4.2 KEMENTERIAN KEUANGAN R.I. DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN Tim Pembangunan Aplikasi Target dan Realisasi PNBP Subdit TIP - Direktorat Sisitem Penganggaran - Ditjen

Lebih terperinci

Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional

Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional Pendahuluan Panduan sederhana mengoperasikan dokumen Microsoft word kedalam adobe acrobat professional Bismillahi Rahman Nirrahim Oleh Sri Rahayu Perpustakaan Institut Pertanian Bogor yayu.ikhwan@gmail.com

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG

PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI MPO MODUL UPLOAD DATA DUKUNG Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian A MODUL UPLOAD DATA DUKUNG REALISASI KEUANGAN (SCAN SP2D) Untuk upload data dukung realisasi

Lebih terperinci

Modul Pelatihan Membuat Peta Potensi Longsor dan Rawan Banjir Bandang

Modul Pelatihan Membuat Peta Potensi Longsor dan Rawan Banjir Bandang 15) Klik tombol pada toolbar Editor, dan seleksi semua objek pada layer sungai utama 01 dissolve edit yang berada di luar jangkauan antara tanda panah atas dan tanda panah bawah, seperti yang diperlihatkan

Lebih terperinci

PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK

PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK PETUNJUK OPERASIONAL SMART DISPLAY MODE NETWORK A. INSTALASI Sistem Server Smart Display terdiri dari 1 Perangkat PC Server dan Dua atau lebih Perangkat Smart Display Android Sebagai Client. Prosedur Konfigurasi

Lebih terperinci

PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER. Hamidah Suryani Lukman 10060207012. Asisten Rhidayansyah

PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER. Hamidah Suryani Lukman 10060207012. Asisten Rhidayansyah PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER LAPORAN PRAKTIKUM SOFTWARE 2 Diajukan untuk memenuhi tugas Organisasi Sistem Komputer Tahun Akademik 2007/2008 Oleh Hamidah Suryani Lukman 10060207012 Asisten

Lebih terperinci

PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S

PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S PETUNJUK INSTALASI DATABASE, XAMPP (Web Server) dan APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM E M I S 2 1.1 Cara Petunjuk Instalasi PostgreSQL Langkah-langkah untuk instalasi PostgreSQL Klik pada

Lebih terperinci

BAB IV ANALISA DAN DESAIN

BAB IV ANALISA DAN DESAIN 26 BAB IV ANALISA DAN DESAIN 4.1 Identifikasi Masalah Sebelum proses analisa dilakukan, tahapan yang terlebih dahulu dilakukan adalah identifikasi permasalahan yang terdiri dari survey, wawancara kepada

Lebih terperinci

Petunjuk dan Mekanisme Pengisian Profil Lembaga RA / Madrasah di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Tahun 2015

Petunjuk dan Mekanisme Pengisian Profil Lembaga RA / Madrasah di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Tahun 2015 Petunjuk dan Mekanisme Pengisian Profil Lembaga RA / Madrasah di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Tahun 2015 I. Pendahuluan A. Latar Belakang Perkembangan Teknologi yang ada saat ini dapat

Lebih terperinci

CONCEPT. Menentukan tujuan : Memahami karakteristik user. Output. Tujuan dari multimedia, audiens yang menggunakan. Tingkat kemampuan audiens

CONCEPT. Menentukan tujuan : Memahami karakteristik user. Output. Tujuan dari multimedia, audiens yang menggunakan. Tingkat kemampuan audiens CONCEPT Menentukan tujuan : Tujuan dari multimedia, audiens yang menggunakan Memahami karakteristik user Tingkat kemampuan audiens Output Dokumen dengan penulisan yg bersifat naratif DESIGN Desain Berbasis

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

USER MANUAL TREND MICRO. Instalasi Trend Micro Internet Security. By: PT. Amandjaja Multifortuna Perkasa

USER MANUAL TREND MICRO. Instalasi Trend Micro Internet Security. By: PT. Amandjaja Multifortuna Perkasa USER MANUAL Instalasi Trend Micro Internet Security TREND MICRO By: PT. Amandjaja Multifortuna Perkasa DAFTAR ISI 1. System Requirements Untuk TIS 2. Pertimbangan Instalasi TIS 3. Proses Instalasi TIS

Lebih terperinci

E-Trik JAVA. Pemrograman Database. IRAWAN e-mail : irawan_cyber@yahoo.com.sg

E-Trik JAVA. Pemrograman Database. IRAWAN e-mail : irawan_cyber@yahoo.com.sg DISCLAIMER Seluruh dokumen E-Trik di dalam CD ini dapat digunakan dan disebarkan secara bebas untuk tujuan belajar bukan komersial (non-profit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis

Lebih terperinci