BAB I PENDAHULUAN. pendidikan, dan bidang bisnis lainnya. Dalam bidang industri ada beberapa bisnis

Save this PDF as:
 WORD  PNG  TXT  JPG

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "BAB I PENDAHULUAN. pendidikan, dan bidang bisnis lainnya. Dalam bidang industri ada beberapa bisnis"

Transkripsi

1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Dewasa ini merupakan masa dimana perkembangan teknologi dan informasi berkembang sangat pesat. Tidak jarang juga perkembangan teknologi dan informasi telah merambah ke berbagai bidang diantaranya bidang industri, pendidikan, dan bidang bisnis lainnya. Dalam bidang industri ada beberapa bisnis yang masih menggunakan cara lama dalam proses bisnisnya, cara lama tersebut adalah melakukan proses transaksi masih menggunakan pencatatan, salah satunya yang masih banyak menggunakan cara lama tersebut adalah dalam bisnis jasa perbaikan kendaraan bermotor (bengkel). Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, pengelolaan proses transaksi di bengkel dapat dilakukan secara lebih optimal bila memanfaatkan teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi bertujuan untuk mempermudah dalam pengelolaan informasi dan keakuratan informasi. PD Diamond Motor merupakan salah satu bisnis jasa perbaikan kendaraan sekaligus menjual sparepart untuk berbagai jenis motor. Demikian halnya dalam penjualan sparepart motor pada PD Diamond Motor yang belum memiliki suatu sistem terkomputerisasi yang dapat mengolah data transaksi penjualan dan persediaan barang yang berguna untuk mempermudah dalam membuat atau merekap laporan transaksi penjualan dan mempermudah dalam pencatatan maupun mengetahui stok barang yang tersedia dan barang yang terjual. 1

2 2 Menurut winardi dalam (Yulia, 2017) mengemukakan bahwa Penjualan sendiri merupakan proses dimana sang penjual memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dicapai manfaat baik bagi sang penjual maupun sang pembeli yang berkelanjutan dan yang menguntungkan kedua belah pihak. Dari uraian diatas, perlu adanya sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam pengolahan data transaksi penjualan dan permasalahan persediaan barang. Pengelolaan laporan transaksi penjualan dan persediaan barang dapat dibuat secara akurat dan terperinci sehingga memudahkan pemilik usaha untuk mengevaluasi serta mengambil keputusan untuk usahanya. Maka, rumusan masalah pada tugas akhir ini adalah bagaimana membuat perancangan sistem informasi untuk stok data barang pada PD Diamond Motor sehingga sistem informasi ini dapat dapat digunakan sebagai pencatatan stok data barang masuk dan barang terjual dengan memanfaatkan komputer dan juga membantu kinerja dalam pencarian barang yang dibutuhkan oleh konsumen Tujuan dan Manfaat Dalam penulisan tugas akhir ini memiliki tujuan dan manfaat yang dihasilkan, adapun tujuannya adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui bagaimana sistem untuk stok data barang dan penjualan yang sedang berjalan saat ini. 2. Merancang sistem informasi stok data barang pada PD Diamond Motor agar menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat. 3. Agar hasil penelitian dapat dimanfaatkan dan digunakan PD Diamond Motor sebagai referensi bagaimana mengambil solusi dari permasalahan yang ada.

3 3 Selain tujuan diatas dalam penulisan tugas akhir ini juga memiliki manfaat seperti manfaat untuk penulis, manfaat untuk objek penelitian dan manfaat untuk pembaca untuk lebih jelas berikut uraiannya : 1. Manfaat untuk penulis Sebagai salah satu syarat kelulusan Program Diploma III Program Studi Manajemen Informatika di AMIK BSI Pontianak. 2. Manfaat untuk objek penelitian a. Sebagai bahan evaluasi untuk sistem yang sedang berjalan b. Menghasilkan suatu informasi yang cepat dan akurat dalam membantu dan memudahkan pendataan untuk stok barang. 3. Manfaat untuk pembaca Memberikan pemahaman mengenai konsep perancangan sistem informasi stok data barang pada PD Diamond Motor sehingga lebih optimal bagaimana cara untuk menghasilkan laporan yang cepat, tepat dan akurat untuk mengambil keputusan dalam usaha Metode Penelitian Menurut Muliawan (2014:60) metode penelitian adalah cara atau jalan yang ditempuh untuk melakukan penelitian. Metode penelitian yang digunakan penulis terdiri dari metode deskriptif, metode pengembangan perangkat lunak dan teknik pengumpulan data. Adapun uraian dari metode deskriptif, metode pengembangan perangkat lunak dan teknik pengumpulan data yaitu :

4 4 A. Metode deskriptif Menurut Muliawan (2014:84) metode deskriptif adalah metode penelitian yang berisi pemaparan atau penggambaran sesuatu. Metode deskriptif ini secara umum berisi uraian dan penjelasan panjang lebar mengenai objek yang diteliti. B. Metode Pengembangan Perangkat Lunak Metode pengembangan perangkat lunak yang penulis gunakan dalam melakukan penelitian yaitu dengan metode air terjun (waterfall). Menurut Rosa dan Shalahuddin (2015 : 28) adalah Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Metode ini dibagi menjadi beberapa bagian (Rosa dan Shalahuddin, 2015:28) yaitu : 1. Analisis kebutuhan perangkat lunak Pada tahap ini, penulis melakukan pengamatan langsung pada PD Diamond Motor, Untuk menentukan ruang lingkup guna menentukan software yang diperlukan sebagai proses sistem yang terkomputerisasi. 2. Desain Tahap ini meyatakan sebuah desain sistem lanjutan yang akan dibuat dengan menggambarkan sebuah model sistem untuk menyelesaikan sebuah masalah yang dihadapi pada PD Diamond Motor. Dalam tahap ini berisi penggambaran Entity Relationship Diagram (ERD) dan Logical Record Structure (LRS). Pada tahap ini dibutuhkan sistem pengembangan aplikasi untuk rancangan database, software architecture dan user interface yang akan dibuat.

5 5 3. Pembuatan Kode Program Dengan tahap ini, implementasi desain dibuat kedalam program perangkat lunak. Pada tahap ini dibuat sistem baru dengan alat bantu yang digunakan antara lain Visual Basic.Net sebagai bahasa pemograman, MySQL ODBC Connector sebagai koneksi database, Xampp sebagai penghubung server database dan ASP Crystal Report sebagai tools pembuatan laporan. 4. Pengujian Pada tahap ini berfokus pada perangkat lunak dari segi logika dan fungsional agar dapat memastikan bahwa semua bagian sudah diuji. Hal ini dilakukan untuk meminilisir kesalahan, dan memastikan keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Tahapan yang digunakan adalah dengan menerapkan Blackbox testing 5. Pendukung (support) atau pemeliharaan (maintenance) Dalam tahap pendukung ini penulis mendefinisikan upaya-upaya pengembangan terhadap sistem yang sedang dibuat terkait dengan hardware dan software yang akan digunakan. C. Teknik Pengumpulan Data Dalam penulisan tugas akhir ini, ada beberapa teknik pengumpulan data yang penulis gunakan seperti observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berikut uraiannya : a. Observasi Disini penulis terjun langsung dengan cara mengamati langsung terhadap prosedur pendataan stok barang pada PD Diamond Motor yang tentunya akan memudahkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

6 6 b. Wawancara Penulis melakukan pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dan melakukan tanya jawab dengan pemilik PD Diamond Motor sehingga dapat memperoleh informasi yang berhubungan dengan tugas akhir ini. c. Studi Pustaka Sebagai sarana pembantu penulisan dalam pembuatan Tugas Akhir ini, penulis melakukan studi pustaka dengan membaca referensi-referensi jurnal ilmiah, buku-buku, dan internet untuk mendukung dalam permasalahan yang diangkat dalam Tugas Akhir Ruang Lingkup Pada perancangan sistem ini perlu didefinisikan mengenai permasalahan yang diangkat batasan. Batasan masalah disini bagaimana mengolah data barang pada PD Diamond Motor dari mulai barang yang masuk, hingga data barang yang berhasil terjual sampai akhirnya menjadi sebuah laporan yang sesuai dengan kebutuhan. Pada tugas akhir ini penulis mengusulkan rancangan pembangunan sistem ini menggunakan program aplikasi Microsoft visual basic.net sebagai bahasa pemograman, MySQL ODBC sebagai koneksi database, wamp sebagai penghubung server database dan aplikasi SAP crystal report sebagai tools pembuatan laporan.