Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN

Ukuran: px
Mulai penontonan dengan halaman:

Download "Daftar Isi PETUNJUK PEMAKAIAN APLIKASI NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN"

Transkripsi

1 1 Daftar Isi BAB PENDAHULUAN ALUR KERJA SI-NPP... 3 BAB MENJALANKAN APLIKASI SI-NPP MASUK KE APLIKASI SI-NPP MENU DALAM APLIKASI (NPP) Menu Informasi Menu Registrasi Menu Registrasi NPP Baru Menu User Info Menu Informasi Menu Data Perpustakaan Data Umum Sub Menu Data Gedung Sub Menu Data Sumber Daya Manusia Sub Menu Sistem Pengolahan Sub Menu Koleksi Materi Perpustakaan Sub Menu Koleksi Audio Visual Sub Menu Cara Mendapatkan Koleksi Sub Menu Anggota Dan Sistim Otomasi Sub Menu Sarana dan Prasarana Sub Menu Fasilitas dan Anggaran Sub Menu Kerjasama dan Promosi Sub Menu Cara Memasukan Foto Gedung Login Bagi Yang Telah Registrasi NPP (Khusus Group Operator) Menu User Info Sub menu Perubahan Kata Sandi Sub Menu Keluar dari Aplikasi Member Menu Daftar Perpustakaan Sub Menu Daftar Perpustakaan Tab Sub Menu Data Umum Tab Sub Menu Data Gedung Tab Sub Menu Data Sumber Daya Manusia... 26

2 Tab Sub Menu Sistem Pengolahan Tab Sub Menu Koleksi Materi Tab Sub Menu Koleksi Audio dan Khusus Tab Sub Menu Cara Mendapat Koleksi Tab Sub Menu Anggota dan Sistem Otomasi Tab Sub Menu Sarana dan Prasarana Tab Sub Menu Fasilitas Umum dan Anggaran Tab Sub Menu Kerjasama dan Promosi Tab Sub Menu Gambar Menu Input Profile Perpustakaan BAB DATA ADMINISTRATOR Pengaturan User Pengaturan Kelas Validasi Kelas Administrasi Informasi Administrasi Pengumuman Administrasi Saran dan Pertanyaan Ekspor Data Profile Organisasi Data Referensi Data Propinsi Data Kabupaten Data Kecamatan Jenis perpustakaan

3 3 BAB 1 PENDAHULUAN Sistem Informasi Nomor Pokok Perpustakaan (SI-NPP) berfungsi untuk menampung datadata perpustakaan dari berbagai jenis dan daerah. SI-NPP dibangun dengan berbasiskan web sehingga pengguna SI-NPP di daerah bisa memasukan data, memutakhirkan data atau melihat laporan perkembangan data secara online. 1.1 ALUR KERJA SI-NPP Pengguna SI-NPP yang akan memanfaatkan fasilitas web, terlebih dahulu harus registrasi secara online untuk mendapatkan user name dan password untuk memasuki SI-NPP. Adapun prosedur untuk mendapatkan user name dan password akan diatur dalam aturan tersendiri. 1. Bagian administrasi di Perpustakaan Propinsi akan menyebarkan angket untuk mendapatkan data perpustakaan di daerahnya. 2. Perpustakaan-perpustakaan yang berada di lingkup perpustakaan Propinsi akan mengirimkan kembali dokumen angket yang telah diisi ke Perpustakaan Propinsi 3. Administrator SI-NPP di Perpustakaan Propinsi akan memberikan user name dan password bagi pengguna di perpustakaan-perpustakaan di wilayah daerah yang telah mendaftarkan diri dengan melalui prosedur pendaftaran. 4. Bagi perpustakaan-perpustakaan di lingkup propinsi yang datanya telah dimasukan ke dalam SI-NPP, akan mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan sementara. 5. Manajemen yang bertugas melakukan validasi data akan melakukan proses konfirmasi terhadap data perpustakaan, dan bagi perpustakaan yang memenuhi kriteria akan mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan. 6. Akan di berikan Surat Pemberitahuan Pemberian Nomor Pokok Perpustakaan akan ditandatangani oleh pejabat berwenang. 7. Surat Pemberitahuan Pemberian Nomor Pokok Perpustakaan akan dikirimkan ke manajemen perpustakaan-perpustakaan di wilayah propinsinya di daerah, sementara satu copy akan disimpan di Perpustakaan Propinsi sebagai arsip. 8. Manajemen Perpustakaan Nasional dan Daerah secara online dapat melihat laporanlaporan yang disajikan di SI-NPP.

4 4 BAB 2 MENJALANKAN APLIKASI SI-NPP 2.1 MASUK KE APLIKASI SI-NPP Untuk memulai aplikasi klik dua kali shortcut aplikasi yang ada di desktop komputer. Tampilan awal aplikasi akan seperti gambar berikut: Untuk Lambang propinsi akan disetting sesuai dengan propinsi dimana aplikasi SI-NPP ini di implementasikan. 2.2 MENU DALAM APLIKASI (NPP) Menu Informasi a. Beranda : Berisi penjelasan singkat tentang Nomor Pokok Perpustakaan (NPP). b. Visi dan Misi : Berisi informasi tentang Visi dan Misi c. Tugas Pokok dan Fungsi : Berisi informasi tentang Tugas Pokok dan Fungsi terkait dengan kegiatan NPP.

5 5 d. Ruang Lingkup : Berisi informasi tentang klasifikasi jenis-jenis perpustakaan. e. Petunjuk Pengisian : Berisi petunjuk singkat tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi NPP. f. Pengumuman : Berisi pengumuman-pengumuman terkait dengan kegiatan NPP. g. Saran dan Pertanyaan : Berisi tentang saran dan pertanyaan yang dapat diajukan terkait dengan kegiatan NPP. h. Profile Perpustakaan : Berisi tentang informasi profile Perpustakaan i. Laporan : Berisi tentang rekapitulasi Perpustakaan berupa grafik atau laporan yang dapat diunduh untuk diolah kemudian Menu Registrasi a. Registrasi NPP Baru : Sub Menu ini diperuntukan untuk perpustakaanperpustakaan yang baru pertama kali akan menggunakan aplikasi NPP untuk mengirimkan informasi data perpustakaannya. b. Sudah Mempunyai NPP : Sub Menu ini digunakan untuk mengubah (update) data-data perpustakaan Menu Registrasi NPP Baru Klik sub menu Registrasi NPP Baru, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah

6 6 Isilah semua kolom isian. Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol memilih isian data. untuk Contoh isian data akan terlihat pada gambar di bawah : Tekan tombol, untuk melanjutkan registrasi, akan muncul gambar seperti di bawah: Catat dan Password yang dibuat system, Ini akan menjadi akses point untuk memasuki (login) pada aplikasi NPP dimasa mendatang. Tekan tombol untuk melanjutkan pengisian data. Untuk Pengguna yang telah melakukan registrasi NPP maka akan mendapatkan Hak Akses Menu sebagai berikut : 1. User Info 2. Informasi 3. Data Perpustakaan

7 Menu User Info. Dibagian kiri terdapat menu User Info yang berisi informasi mengenai Login ID. a. Sub Menu Perubahan Kata Sandi Sub Menu ini berfungsi untuk merubah kata sandi / Password Pengguna yang bersangkutan, isilah Password lama dan kemudian Password baru, konfirmasi lagi Password barunya. Pilih tombol seperti berikut ini untuk mengupdate Kata Sandi Pengguna, maka akan tampil gambar Pilih OK untuk melanjutkan proses selanjutnya. b. Sub Menu Keluar dari Aplikasi Member Pilih Sub Menu Keluar untuk keluar dari aplikasi NPP.

8 Menu Informasi. Untuk sub Menu Informasi ini, konten sama dengan tampilan di konten awal Menu Data Perpustakaan Data Umum Data Umum adalah data identitas Perpustakaan contohnya seperti Nama Perpustakaan, alamat, Nomor Telepon dan lain-lain. Untuk Data umum akan tampil gambar seperti dibawah ini : Pilih tombol lainnya. Maka akan tampil gambar seperti berikut ini untuk memperbaiki data dan untuk melanjutkan pengisian data yang menandakan bahwa data berhasil di Simpan atau di Perbaharui. Atau dapat juga dengan memilih salah satu sub menu dari Data Perpustakaan, seperti terlihat di gambar di bawah ini:

9 9 Berikut adalah contoh beberapa tampilan dari sub menu tersebut di atas: Sub Menu Data Gedung. Data Gedung adalah data yang menunjukan aset properti suatu Perpustakaan, seperti Luas tanah atau Luas bangunan.

10 10 Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Gedung berhasil di Simpan atau di Perbaharui Sub Menu Data Sumber Daya Manusia Data Sumber Daya Manusia adalah data yang terkait dengan jumlah aset SDM yang dimiliki oleh suatu Perpustakaan.

11 11 Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Sumber Daya Manusia berhasil di Simpan atau di Perbaharui Sub Menu Sistem Pengolahan Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Sistim Pengolahan berhasil di Simpan atau di Perbaharui.

12 Sub Menu Koleksi Materi Perpustakaan Koleksi Materi adalah Data aset Koleksi Materi baik itu Buku, Majalah, Skripsi dan lain-lain yang dimiliki oleh suatu Perpustakaan Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Koleksi Materi Perpustakaan berhasil di Simpan atau di Perbaharui.

13 Sub Menu Koleksi Audio Visual Koleksi Audio Visual adalah Data aset Koleksi Multimedia baik itu CD, Kaset, Buku Langka dan lainlain yang dimiliki oleh suatu Perpustakaan. Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Koleksi Audio dan Khusus berhasil di Simpan atau di Perbaharui Sub Menu Cara Mendapatkan Koleksi Data Cara mendapatkan Koleksi adalah data yang menginformasikan bagaimana suatu Perpustakaan tersebut mendapatkan koleksi, Sistem layanan dan Jenis layanan yang dimiliki oleh suatu Perpustakaan.

14 14 Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol dan untuk memilih isian data. Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Cara mendapatkan koleksi berhasil di Simpan atau di Perbaharui.

15 Sub Menu Anggota Dan Sistim Otomasi Menu ini dipergunakan untuk memasukan data anggota perpustakaan, pengunjung dan sistim yang dimiliki oleh perpustakaan Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol dan untuk memilih isian data. Pilih tombol berikut ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti yang menandakan bahwa data Anggota dan Sistim Otomasi berhasil di Simpan atau di Perbaharui.

16 Sub Menu Sarana dan Prasarana Data Sarana dan Prasarana adalah data yang menunjukan kumpulan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh suatu Perpustakaan. Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Sarana dan Prasarana berhasil di Simpan atau di Perbaharui.

17 Sub Menu Fasilitas dan Anggaran. Data fasilitas yang telah ada di perpustakaan dan data anggaran di masukan di menu ini, termasuk jumlah alokasi anggarannya. Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol untuk memilih isian data. Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Fasilitas Umum dan Anggaran berhasil di Simpan atau di Perbaharui Sub Menu Kerjasama dan Promosi. Menu ini sebagai tempat menyimpan Data kerjasama perpustakaan dengn pihak luar dan organisasi profesi yang di ikuti oleh perpustakaan yang bersangkutan

18 18 Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol untuk memilih isian data. Pilih tombol ini untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menandakan bahwa data Kerjasama dan Promosi berhasil di Simpan atau di Perbaharui Sub Menu Cara Memasukan Foto Gedung Data Gedung adalah data yang memperlihatkan gambar Bangunan atau Properti suatu Perpustakaan. Format gambar yang diperbolehkan untuk di upload ke server antara lain.jpg,.jpeg,.gif,.png

19 19 Klik Tombol untuk memilih alamat folder dimana foto gedung disimpan. Apabila sudah ditemukan, pilih tombol open, maka tampilan aplikasi akan seperti di bawah ini: Catatan jumlah Gambar gedung yang harus disimpan sebanyak 2 buah gambar Pilih tombol simpan untuk menyimpan data foto gedung, maka akan tampil gambar seperti berikut ini :

20 20 Dengan demikian pengisian data-data perpustakaan telah dilakukan, tekan tombol Keluar untuk keluar dari aplikasi NPP Login Bagi Yang Telah Registrasi NPP (Khusus Group Operator) Masukan nomor pokok perpustakaan yang diberikan oleh User Administrator kemudian masukan kata sandi, selanjutnya tekan tombol Perhatikan contoh gambar di bawah:

21 21 Untuk Pengguna yang diberikan Hak Akses Operator atau Staff maka akan mendapatkan Hak Akses Menu sebagai berikut : 1. User Info 2. Informasi 3. Daftar Perpustakaan Menu User Info Dibagian kiri terdapat menu User Info yang berisi informasi mengenai Login ID Sub menu Perubahan Kata Sandi Sub Menu ini berfungsi untuk merubah kata sandi / Password Pengguna yang bersangkutan, isilah Password lama dan kemudian Password baru, konfirmasi lagi Password barunya.

22 22 Pilih tombol seperti berikut ini untuk mengupdate Kata Sandi Pengguna, maka akan tampil gambar Pilih OK untuk melanjutkan proses selanjutnya Sub Menu Keluar dari Aplikasi Member Pilih Sub Menu Keluar untuk keluar dari aplikasi NPP Menu Daftar Perpustakaan Sub Menu Daftar Perpustakaan. Pilih Sub Menu Daftar Perpustakaan untuk melakukan proses penambahan, perubahan dan penghapusan data koleksi Nomor Pokok Perpustakaan. Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol untuk memilih isian data.

23 23 Pilih tombol akan tampil gambar seperti berikut ini : untuk melakukan penambahan data npp yang akan kita input, maka Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol dan untuk memilih isian data. Pilih tombol untuk menyimpan data. Dan akan tampil gambar berikut ini

24 24 Pilih tombol perbaharui datanya untuk mencari data npp yang sudah atau akan kita input atau Kemudian kita pilih Link NPP yang akan kita perbaharui datanya, selanjutnya akan muncul gambar seperti berikut ini Tab Sub Menu Data Umum

25 25 Kemudian kita dapat juga memilih salah satu tab menu untuk merubah atau memperbaharui data koleksi Npp yang sudah kita pilih tadi. Berikut adalah contoh beberapa tampilan dari Tabulasi menu tersebut di atas: Tab Sub Menu Data Gedung Sama seperti menu Data gedung, sebagai media penyimpan data gedung. Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

26 Tab Sub Menu Data Sumber Daya Manusia Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

27 Tab Sub Menu Sistem Pengolahan Sama seperti menu sistem pengolahan yang dipergunakan untuk standar pengolahan bahan pustaka Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

28 Tab Sub Menu Koleksi Materi Tab menu ini sama seperti menu koleksi materi untuk mengisi data materi dari bahan pustaka. Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

29 Tab Sub Menu Koleksi Audio dan Khusus. Sama seperti menu koleksi audio dan khusus, dipergunakan untuk memasukan data koleksi bahan pustaka format audio dan khusus yang di miliki. Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

30 Tab Sub Menu Cara Mendapat Koleksi Isilah semua kolom isian. Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol memilih isian data. untuk Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

31 Tab Sub Menu Anggota dan Sistem Otomasi Data ini digunakan untuk mendata jumlah anggota perpustakaan, pengunjung, peminjam dan pendataan perangkat atau sistem yang diterapkan oleh suatu Perpustakaan. Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

32 Tab Sub Menu Sarana dan Prasarana. Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

33 Tab Sub Menu Fasilitas Umum dan Anggaran. Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

34 Tab Sub Menu Kerjasama dan Promosi Pilih tombol untuk memperbaharui data, maka akan tampil gambar berikut ini Yang menandakan data berhasil diperbaharui.

35 Tab Sub Menu Gambar. Format gambar yang diperbolehkan untuk di upload ke server antara lain.jpg,.jpeg,.gif,.png Klik Tombol untuk memilih alamat folder dimana foto gedung disimpan. Apabila sudah ditemukan, pilih tombol open, maka tampilan aplikasi akan seperti di bawah ini: Catatan jumlah Gambar gedung yang harus disimpan sebanyak 2 buah gambar Maka akan tampil gambar seperti berikut ini :

36 36

37 Menu Input Profile Perpustakaan Menu ini digunakan untuk menambah data NPP Perpustakaan berdasarkan angket atau lainnya. Untuk kolom-kolom yang ada fasilitas pilihan gunakan tombol dan untuk memilih isian data. Pilih tombol untuk menyimpan data. Dan akan tampil gambar berikut ini

38 38 BAB 3 DATA ADMINISTRATOR Data Administrator ini adalah sekumpulan modul yang dipergunakan untuk melakukan pengaturan seluruh aplikasi sistem npp, modul ini dipergunakan untuk user dengan otentifikasi administrator yang di tunjuk oleh organisasi perpustakaan dimana sistem ini di implementasikan. Untuk memulai menjalakan aplikasi ini adalah dengan klik link, di halaman muka aplikasi. Dan akan muncul screen tampilan di sebelah kanan seperti ini

39 39 Untuk pertama kali ketikan di Nama Pengguna / NPP : admin dan ketikan di field selanjutnya Sandi : admin, setelah selesai klik button berikut : seperti sebagai Setelah di klik akan muncul tampilan yang sesuai dengan otentifikasi Admin,

40 40 Menu khusus untuk otorisasi admin adalah : 3.1 Pengaturan User Menu ini dipergunakan untuk melakukan penambahan, perubahan data user yang login ke aplikasi, dan pengaturan daripada group dari userid yang bersangkutan. Klik button, dan screen sebelah kanan akan menampilkan

41 41 Ini adalah list dari userid yang terdaftar, untuk menambahkannya klik button, dan akan muncul tampilan sebagai berikut :, Lengkapi isian tersebut dan pilih group yang diseleksi :

42 42 Setelah itu klik button, untuk menyimpan data dan, untuk membatalkan transaksi screen di atas. Lihat dibawah ini apabila tersimpan akan muncul di list user. 3.2 Pengaturan Kelas Menu ini di pergunakan untuk menambah klas penilaian daripada perpustakaan yang bersangkutan. Klik button, akan muncul sebagai berikut : Untuk menambah klik button, dan tampilan ini :

43 43 Klik Jenis Perpustakaan untuk melihat jenis perpustakaan mana yang akan di tambahkan kriterianya.sebagai contoh di pilih Perpustakaan Umum, Kemudian klik Nama Kriteria Penilaian untuk memilih apa saja yang kriteria yang akan di pilih., Sebagai contoh Luas Ruang Baca,

44 44 Klik button, dan akan muncul list tampilan sebagai berikut :, 3.3 Validasi Kelas Validasi kelas ini di pergunakan untuk melakukan validasi terhadap kelas dari perpustakaan yang akan di nilai, apakah termasuk kategori A,B atau C. Klik Button, untuk melakukan validasi dari perpustakaan yang akan di nilai. Klik button telah di masukan ke dalam sistem NPP ini., untuk melakukan proses validasi dari seluruh data perpustakaan yang

45 Administrasi Informasi Menu ini dipergunakan untuk mengatur informasi yang akan tampil di sistem NPP ini. Isi daripada informasi ini termasuk di dalamnya adalah isi data Beranda, Visi dan Misi, Tugas Pokok dan Fungsi, Ruang Lingkup dan Lainnya.Klik button tampilan pengaturannya., untuk melihat

46 46 Untuk menambah data klik button berikut :, dan muncul tampilan buat tambah data sebagai Isikan informasi yang akan di tambahkan berikut keterangannya dan klik, untuk menyimpan data dan button, untuk membatalkan transaksi penambahan informasi. Untuk melakukan perubahan datanya klik salah satu tanda, dari screen di bawah ini : Sebagai contoh beranda, sehingga akan muncul tampilan perubahan buat beranda. Dan klik, untuk menyimpan data informasi dan untuk membatalkan transaksi.

47 Administrasi Pengumuman Menu ini di pergunakan untuk mengelola pengumuman-pengumuman yang di akan di tampilkan ke dalam menu informasi pengumuman. Untuk menampilkan pengelolan pengumuman ini klik button menampilkan menu sebagai berikut :, dan akan Untuk menambah data isian pengumuman klik button dengan :, dan tampilan akan berganti Masukan ke dalam field Judul untuk menampilkan Judul daripada pengumuman yang akan di buat. Disamping itu masukan juga tanggal mulai pengumuman berlaku dan sampai kapan pengumuman ini akan di tampilkan di dalam sistem NPP ini. Klik button, untuk menyimpan pengumuman dan klik, untuk membatalkan isian pengumuman ini.

48 Administrasi Saran dan Pertanyaan. Menu ini dipergunakan untuk mengelola saran dan pertanyaan yang berasal dari pengguna umum tampa login. Pengguna memasukan saran dan pertanyaan untuk kemudian oleh admin di periksa apakah saran dan pertanyaan ini layak untuk di tampilkan dan di tanggapi. Untuk memasukan saran dan pertanyaan ini klik button seperti berikut : di menu depan atau beranda depan Dan akan menampilkan tampilan :

49 49 Masukan nama, , perihal dan uraian yang akan menjadi saran atau pertanyaan dan klik button. Pada saat di simpan tidak otomatis saran atau pertanyaan langsung di tampilkan tetapi akan ditanggapi olek admin dari sistem ini seperti tampilan berikut di dalam login admin dengan klik button. Pada saat di klik button tersebut akan muncul list saran atau pertanyaan daripada penguna seperti terlihat berikut ini : Tekan button, untul melihat dan menanggapi saran atau pertanyaan yang masuk. Pilih option YA, di field tampilkan untuk menampilkan pertanyaan dan jawaban, ini dan tekan tombol, untuk menampilkan dan untuk membatalkan transaksi menu ini. Apabila di simpan akan muncul sebagai berikut setelah tombol Saran dan pertanyaan di klik.

50 50 Dan klik Nama yang tertera untuk melihat detail daripada saran atau pertanyaan yang di tanggapi oleh admin sistim NPP ini. Terlihat di tampilan berikut ini ; 3.7 Ekspor Data Menu ini adalah salah satu fasilitas daripada aplikasi ini yang dipergunakan untuk mengeluarkan isi daripada data yang tersimpan di dalam aplikasi untuk kemudian di kirim ke Perpustakaan Nasional dan diunggah secara manual di dalam aplikasi NPP di pusat. Klik tombol untuk menggunakannya dan akan muncul tampilan sebagai berikut : Data Propinsi adalah dimana aplikasi ini di implementasikan dan format file adalah format pengeluaran data dari sistem ini. Klik tombol, untuk melakukan export data.

51 Profile Organisasi Tampilan menu ini dipergunakan untuk melakukan perubahan nama daripada perpustakaan dimana sistim NPP ini di implementasikan. Klik button memunculkan tampilan sebagai berikut ;, dan akan Untuk propinsi sudah di tentukan sesuai dengan propinsi dimana Perpustakaan yang bersangkutan itu berada. Pada nama profile dimasukan Nama kantor daripada perpustakaan itu. Klik tombol, untuk menyimpan perubahan tersebut. 3.9 Data Referensi Data Propinsi Data propinsi adalah menu yang dipergunakan untuk melakukan perubahan dan penambahan data propinsi yang bersangkutan, klik tombol terlihat di bawah ini : dan akan muncul tampilan seperti

52 52 Disini pengguna dapat melakukan perubahan nama propinsi, jumlah penduduk dan keterangan mengenai propinsi tersebut. Klik tombol, selesai melakukan perubahan dan apabila tidak ada perubahan Data Kabupaten. Klik tombol, untuk melakukan penambahan dan perubahan dari data kabupaten di lingkup propinsi yang bersangkutan. Untuk melakukan penambahan klik tombol form penambahan data kabupaten., dan akan tampilannya akan berubah ke Untuk kode kabupaten, harus merujuk kepada daftar di Kementerian Dalam Negeri, mengenai standar kode kabupaten dilingkup propinsi. Untuk nama juga disesuaikan, adapun jumlah penduduk masukan dengan jumlah seluruh penduduk di kabupaten tersebut apabila mengetahui jumlahnya. Dan isilah keterangan dengan keterangan daripada kabupaten yang bersangkutan. Klik, untuk menyimpan data kabupaten dan, untuk membatalkan menu transaksi tersebut.

53 Data Kecamatan. Data kecamatan adalah menu untuk menambah, merubah dan menghapus kecamatan di bawah lingkup kabupaten. Klik tombol dan akan muncul tampilan sebagai berikut : Pilih kabupaten yang akan di tambahkan dengan klik tombol akan berubah ke form penambahan data kecamatan., sehingga tampilan Pilih kabupaten dimana kecamatan akan di tambahkan,, Kemudian masukan kode kecamatan yang merujuk kepada daftar kecamatan di Kementerian Dalam Negeri. Isilah juga nama,jumlah penduduk dan keterangan mengenai kecamatan tersebut dan tekan, untuk menyimpan data dan tombol, untuk membatalkan transaksi.

54 Jenis perpustakaan. Tampilan ini untuk melakukan pemeliharaan data mengenai jenis-jenis perpustakaan seperti terlihat ketika melakukan klik tombol, Untuk melakukan edit data klik icon, setting data dan untuk penambahan data klik tombol, Pada saat di lakukan penambahan data tampilan menu transaksi akan berubah sebagai berikut ; Masukan Kode Jenis Perpustakaan sesuai dengan urutan yang telah masuk, termasuk jenis perpustakaan apa dan keterngan mengenai perpustakaan tersebut. Tekan tombol untuk menyimpan data dan untuk membatalkan transaksi ini. Setelah transaksi di simpan maka pengguna melakukan seting untuk jenis perpustakaan tersebut yang mana isinya adalah penambahan dari sub jenis perpustakaan seperti terlihat sebagai berikut :

55 55 Tambahkan sub jenisnya apabila perlu untuk lebih mendetailkan.

SIPP Online. User Manual SIPP Online

SIPP Online. User Manual SIPP Online PETUNJUK PENGGUNAAN : Aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) Online BPJS Ketenagakerjaan, adalah : aplikasi untuk pengelolaan laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Buku ini

Lebih terperinci

Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login :

Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : Prosedur Penggunaan Berikut merupakan prosedur penggunaan pada non-login : 1. Beranda untuk Umum Gambar 4.1 Beranda Untuk Umum Pada halaman ini, user dapat membaca pengumuman yang telah diterbitkan oleh

Lebih terperinci

PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP

PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL SISTEM INFORMASI TATA PERSURATAN SITP SUB BAGIAN DATA DAN INFORMASI BAGIAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN KATA PENGANTAR Dalam rangka mempermudah pengelolaan/penataan surat di

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGIRIM) VERSI 1.1 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2017 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA Update 19 Juni 2013 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Obat Pemerintah Dalam Aplikasi... 4 2 Memulai Aplikasi... 5 2.1 Akses

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BERMOTOR PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN BERMOTOR PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing KENDARAAN BERMOTOR PANITIA Update 27 Februari 2014 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Kendaraan bermotor Pemerintah Dalam Aplikasi... 4

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing ALAT MESIN PERTANIAN (ALSINTAN) PANITIA Update 27 Februari 2014 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Alsintan Pemerintah Dalam Aplikasi...

Lebih terperinci

PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL

PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL Handout PELATIHAN PORTAL PENGAJUAN ARTIKEL JURNAL Disusun oleh : TIM TEKNIS UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA 2016 Daftar Isi Daftar Isi... 2 Pendahuluan... 3 1. Identifikasi... 3 2. Gambaran Sistem...

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENERIMA) VERSI 1.0 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2016 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

PT. DIAN NUSWANTORO TEKNOLOGI DAN INFORMASI MANUAL LAPORGUB

PT. DIAN NUSWANTORO TEKNOLOGI DAN INFORMASI MANUAL LAPORGUB PT. DIAN NUSWANTORO TEKNOLOGI DAN INFORMASI MANUAL LAPORGUB A. KATA PENGANTAR Seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang membutuhkan informasi disajikan secara cepat dan akurat, untuk mencapai hal

Lebih terperinci

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0

USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0 USER MANUAL MANIFES ELEKTRONIK (FESTRONIK) LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (UNTUK PENGANGKUT) VERSI 1.0 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA Copyright @ 2016 Daftar Isi Daftar

Lebih terperinci

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pendaftaran Akun Member Dengan model sistem online ini, perusahaan wajib mendaftarkan petugas/pic untuk mendapatkan akun member, melakukan proses pendaftaran perusahaan, dan permohonan layanan lebih lanjut.

Lebih terperinci

APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE

APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE APLIKASI LAYANAN PERTANAHAN ONLINE I. LOGIN APLIKASI Pada saat aplikasi dibuka maka akan muncul halaman login yang mengharuskan pengguna aplikasi untuk memasukkan ID Pemakai dan Password lalu klik tombol

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING OBAT PANITIA PEMBUATAN PAKET 1. Silahkan membuka aplikasi SPSE di LPSE masing- masing instansi atau LPSE tempat Panitia terdaftar. 2. Klik menu login Non- Penyedia.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK Update 12 Februari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam Aplikasi

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT

PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT PANDUAN PENGGUNA APLIKASI KOMPILASI DATA TIK PROVINSI JAWA BARAT BAB I. APLIKASI KOMPILASI DATA TIK Aplikasi Kompilasi Data TIK bisa di akses di halaman berikut : http://komdat.jabarprov.go.id/ Aplikasi

Lebih terperinci

Pedoman Database Koleksi Museum. cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Pedoman Database Koleksi Museum. cagarbudaya.kemdikbud.go.id Pedoman Database Koleksi Museum cagarbudaya.kemdikbud.go.id Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015 DAFTAR ISI Daftar

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH. PPK "Buat Paket"

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH. PPK Buat Paket PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PPK "Buat Paket" Update 25 Mei 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN Update 18 Februari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah

Lebih terperinci

USER MANUAL INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW)

USER MANUAL INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW) USER MANUAL INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW (INSW) User Manual Petunjuk Operasional INSW Admin Perusahaan i Daftar Isi MEMULAI APLIKASI... 2 LOGIN... 3 VIEW PROFILE... 5 MENU... 6 CHANGE PASSWORD / MERUBAH

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH PEJABAT PENGADAAN Update 25 Mei 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e-purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah Dalam

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN PANITIA 1 D I R E K T O R A T P E N G E M B A N G A N S I S T E M K A T A L O G - L K P P

PETUNJUK PENGGUNAAN PANITIA 1 D I R E K T O R A T P E N G E M B A N G A N S I S T E M K A T A L O G - L K P P PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e-purchasing PP-SHEET PANITIA 1 D I R E K T O R A T P E N G E M B A N G A N S I S T E M K A T A L O G - L K P P - RI@ 2 0 1 3 I. PENDAHULUAN Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Pembangunan Sistem Pembanguna sistem dari aplikasi dimulai dari instalasi aplikasi server dan membuat kebutuhan data seperti data anggota, data pengguna, data transaksi

Lebih terperinci

TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE

TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE TATA CARA PENDAFTARAN USER ONLINE Buka website www.dppksurabaya.id 1) Link Register / Pendaftaran. Pilih menu Layanan Wajib Pajak, pilih submenu seperti yang ada dibawah ini : Setelah submenu di pilih

Lebih terperinci

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan)

Microsoft Internet Explorer 7 atau versi diatas (direkomendasikan) Mozilla FireFox 3.6 atau versi diatas (direkomendasikan) Cara Input Kasus Pada etb Manager e-tb Manager merupakan sistem berbasis web, oleh karena itu memerlukan penjelajah jaringan (web browser) untuk dapat menggunakan. Banyak terdapat program penjelajah jaringan

Lebih terperinci

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet

Tampilan Perangkat PC, Laptop, Netbook, Tablet I. APLIKASI SIM PERENCANAAN Aplikasi SIM Perencanaan Pembangunan Daerah ini merupakan langkah lanjutan aplikasi yang berjalan menggunakan web browser dan tidak perlu mengintalnya terlebih dahulu, sehingga

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL USER UMUM

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL USER UMUM PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL UNTUK USER UMUM Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia I. PENDAHULUAN Sistem Registrasi

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan. Aplikasi Sistem Informasi Pemanfaatan Ruang Milik Jalan (SI-Rumija) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V - Surabaya

Panduan Penggunaan. Aplikasi Sistem Informasi Pemanfaatan Ruang Milik Jalan (SI-Rumija) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V - Surabaya Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pemanfaatan Ruang Milik Jalan (SI-Rumija) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V - Surabaya Tim Penyusun Daftar Isi Daftar Isi... 1 BAB I Pendahuluan... 2

Lebih terperinci

PENDAFTARAN NAMA DOMAIN.desa.id

PENDAFTARAN NAMA DOMAIN.desa.id PENDAFTARAN NAMA DOMAIN.desa.id Tampilan utama domain.go.id. Sebelum melakukan pendaftaran domain.desa.id, dapatkan username dan password terlebih dahulu untuk masuk ke dalam sistem. Pilih menu Pendaftaran

Lebih terperinci

Software User Manual. gtregistrasi. Panduan Bagi Administrator. Universitas Lambung Mangkurat

Software User Manual. gtregistrasi. Panduan Bagi Administrator. Universitas Lambung Mangkurat Software User Manual gtregistrasi Panduan Bagi Administrator Universitas Lambung Mangkurat DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 2 1. Halaman Login... 5 2. Manajemen Pengguna... 6 2.1 Manajemen Group... 6 2.1.1 Menambah

Lebih terperinci

Daftar Isi I. PENDAHULUAN II. MEMBUKA APLIKASI P2KB IDI III. INFORMASI / LINK P2KB IDI A. Program 1 B. Program 2 C. Program 3 IV.

Daftar Isi I. PENDAHULUAN II. MEMBUKA APLIKASI P2KB IDI III. INFORMASI / LINK P2KB IDI A. Program 1 B. Program 2 C. Program 3 IV. Daftar Isi I. PENDAHULUAN II. MEMBUKA APLIKASI P2KB IDI III. INFORMASI / LINK P2KB IDI A. Program 1 B. Program 2 C. Program 3 IV. REGISTRASI ATAU MENDAFTAR A. Tahap 1 B. Tahap 2 C. Tahap 3 D. Tahap 4 V.

Lebih terperinci

Manual Book Aplikasi Pendaftaran Ujian. Manual Book Aplikasi Pendaftaran Ujian

Manual Book Aplikasi Pendaftaran Ujian. Manual Book Aplikasi Pendaftaran Ujian Manual Book Aplikasi Pendaftaran Ujian 1. Pendahuluan 1.1 Tentang Dokumen Dokumen ini mendeskripsikan tentang aplikasi untuk Pendaftaran Ujian dan Pengelolaan data ujian. Pada Aplikasi Pendaftaran Ujian

Lebih terperinci

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi)

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN REPUBLIK INDONESIA 1 Daftar Isi 1.Tampilan Awal Aplikasi Monev BNPP...3 2. Tipe Pengguna...8 3. Alur

Lebih terperinci

Untuk dapat memasuki aplikasi KUTAHU e-learning system anda Pertama-tama memasuki login. Login ini dimaksudkan untuk memasuki sistem aplikasi.

Untuk dapat memasuki aplikasi KUTAHU e-learning system anda Pertama-tama memasuki login. Login ini dimaksudkan untuk memasuki sistem aplikasi. BUKU MANUAL SELAYANG PANDANG Secara umum aplikasi ini mempunyai tiga bagian utama, dimana masing-masing bagian tersebut mempunyai fasilitas-fasilitas yang berbeda-beda. Ketiga bagian tersebut adalah :

Lebih terperinci

PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012. Versi 1.0

PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012. Versi 1.0 User Manual PENGEMBANGAN SISTEM PENERBITAN API (ANGKA PENGENAL IMPORTIR) SECARA ELEKTRONIK KEMENTERIAN PERDAGANGAN COPYRIGHT @2012 Versi 1.0 i Daftar Isi Daftar Isi Pendahuluan... 1 Tujuan Penulisan Dokumen...

Lebih terperinci

Bab IV. HASIL DAN ANALISIS

Bab IV. HASIL DAN ANALISIS Bab IV. HASIL DAN ANALISIS 4.1 Hasil Karya / Implementasi Dari tahap-tahap yang telah dilakukan sebelumnya, maka dihasilkan website Jual Pintu dan Jendela Rumah. Berikut adalah tampilan website : 1. Halaman

Lebih terperinci

UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS

UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS Software User Manual Sistem Informasi gtjurnal Panduan Bagi Pengguna Portal Jurnal UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS Daftar Isi Daftar Isi... 2 1. Pendahuluan... 3 1.1 Identifikasi... 3 1.2 Gambaran Sistem...

Lebih terperinci

MODUL 1. SIWAK 1.1 Modul SIWAK

MODUL 1. SIWAK 1.1 Modul SIWAK DAFTAR ISI COVER DAFTAR ISI... 1 MODUL 1 SIWAK 1.1 Modul SIWAK... 2 1.2 Apa itu SIWAK... 4 MODUL 2 Instalansi SIWAK 2.1 Install Program... 5 2.2 Setting Awal... 19 MODUL 3 Implementasi Sistem 3.1 Modul

Lebih terperinci

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Alamat Akses D. Pengguna II. Alur Kerja III. Masuk Sistem...

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Alamat Akses D. Pengguna II. Alur Kerja III. Masuk Sistem... DAFTAR ISI I. Pendahuluan... 3 A. Maksud dan Tujuan... 3 B. Fungsi... 3 C. Alamat Akses... 3 D. Pengguna... 3 II. Alur Kerja... 4 III. Masuk Sistem... 4 A. Petunjuk Pemakaian... 4 B. Login... 4 C. Cara

Lebih terperinci

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Implementasi Program Aplikasi yang dibuat ini akan digunakan oleh admin terlebih dahulu dengan membuat account, kemudian calon pendaftar mengakses halaman yang

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Sekolah. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Sekolah. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Sekolah Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan

Lebih terperinci

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi)

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN REPUBLIK INDONESIA 1 Daftar Isi 1.Tampilan Awal Aplikasi Monev BNPP...3 2. Tipe Pengguna...8 3. Alur

Lebih terperinci

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo

User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo User Manual Aplikasi Surat Rekomendasi Ditjen SDPPI Kominfo DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 1. LOGIN... 2 1.1 REGISTER... 2 1.2 MERUBAH DATA PROFILE USER... 3 1.3 LOGIN... 5 2. PERMOHONAN... 7 2.1 PENGAJUAN

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Asesor Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Akreditasi Tutorial ini akan memberikan pemahman kepada Asesor bagaimana

Lebih terperinci

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE

BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE PETUNJUK TEKNIS BIMBINGAN KARYA TULIS ILMIAH ONLINE http://etraining.tkplb.org 2014 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK

Lebih terperinci

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi)

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN REPUBLIK INDONESIA 1 Daftar Isi 1.Tampilan Awal Aplikasi Monev BNPP...3 2. Tipe Pengguna...8 3. Alur

Lebih terperinci

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin)

Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) 143 Gambar 4.63 Halaman Jenis Download (buat baru) (Admin) Gambar di atas merupakan halaman kategori download (buat baru). Pada menu kategori download (buat baru) diatas digunakan untuk menambahkan kategori

Lebih terperinci

User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Customer]

User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Customer] User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Customer] Pendahuluan Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian merupakan website yang dibangun untuk Telkom Divisi Digital Service. Pada situs

Lebih terperinci

DEPOK AIR UNLIMITED NETWORK TAHUN ANGGARAN 2012

DEPOK AIR UNLIMITED NETWORK TAHUN ANGGARAN 2012 USER MANUAL DEPOK AIR UNLIMITED NETWORK TAHUN ANGGARAN 2012 Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia Instalasi Untuk melakukan proses instalasi aplikasi Depok Air Unlimited Network, berikut langkahlangkahnya.

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH ULP/PEJABAT PENGADAAN

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH ULP/PEJABAT PENGADAAN PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI e- PURCHASING PRODUK BARANG/JASA PEMERINTAH ULP/PEJABAT PENGADAAN Update 21 Januari 2015 Daftar Isi 1 Pendahuluan... 2 1.1 Alur Proses e- Purchasing Produk Barang/Jasa Pemerintah

Lebih terperinci

User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Admin]

User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Admin] User Manual Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian [Admin] Pendahuluan Situs Jasa Layanan Pelanggan Lab Pengujian merupakan website yang dibangun untuk Telkom Divisi Digital Service. Pada situs ini

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SPTPD Online DAFTAR ISI

Panduan Penggunaan SPTPD Online DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1.Modul...2 1.1...2 1.1.1Login...2 Deskripsi...2 Langkah-langkah penggunaan...2 1.1.2Profil...4 Deskripsi...4 Langkah langkah penggunaan...4 1.1.3Pelaporan SPTPD...10 Deskripsi...10 Langkah

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. perpustakaan. Aplikasi yang telah dihasilkan yaitu Aplikasi Peminjaman dan

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. perpustakaan. Aplikasi yang telah dihasilkan yaitu Aplikasi Peminjaman dan BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Berdasarkan data yang didapat pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang, maka dapat dihasilkan suatu program aplikasi yang dapat digunakan dalam pengolahan

Lebih terperinci

Sistem Informasi e-office

Sistem Informasi e-office Manual Book Sistem Informasi e-office Panduan bagi Administrator, Pimpinan, Operator dan Staff UNIVERSITAS ANDALAS 1. Pendahuluan 1.1 Tentang e-office Perkembangan teknologi yang cukup pesat dewasa ini

Lebih terperinci

MANUAL REGISTRASI INDIVIDU

MANUAL REGISTRASI INDIVIDU MANUAL REGISTRASI INDIVIDU Copyright 2017 Simian Group. All rights reserved. PARTICIPANT REGISTRATION LOGIN FORM WMI yang belum terdaftar pada website ini dapat melakukan registrasi dengan me-klik link

Lebih terperinci

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi)

Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pedoman Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monev (Monitoring dan BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN REPUBLIK INDONESIA 1 Daftar Isi 1.Tampilan Awal Aplikasi Monev BNPP...3 2. Tipe Pengguna...9 3. Alur

Lebih terperinci

PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) APLIKASI SIMRENBANGDA KABUPATEN BANJARNEGARA

PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) APLIKASI SIMRENBANGDA KABUPATEN BANJARNEGARA PANDUAN MELAKUKAN PENGINPUTAN DATA USULAN ANGGOTA DPRD (RESES) KABUPATEN BANJARNEGARA Untuk melakukan pengentrian data usulan anggota DPRD terlebih dahulu harus masuk ke dalam aplikasi. Untuk masuk ke

Lebih terperinci

APLIKASI SISTEM INFORMASI IZIN RADIO DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

APLIKASI SISTEM INFORMASI IZIN RADIO DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI IZIN RADIO KEMENTERIAN PERHUBUNGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI IZIN RADIO DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN Apa fungsi dari Sistem Informasi Izin Radio

Lebih terperinci

Panduan Penggunaan SPTPD Online DAFTAR ISI

Panduan Penggunaan SPTPD Online DAFTAR ISI DAFTAR ISI 1.Modul...2 1.1...2 1.1.1Login...2 Deskripsi...2 Langkah-langkah penggunaan...2 1.1.2Profil...4 Deskripsi...4 Langkah langkah penggunaan...4 1.1.3Pelaporan SPTPD...10 Deskripsi...10 Langkah

Lebih terperinci

DAFTAR ISI... i BAB I PENDAHULUAN... 1

DAFTAR ISI... i BAB I PENDAHULUAN... 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i BAB I PENDAHULUAN... 1 1.1 Tombol, Notasi dan Fungsi... 1 1.2 Manfaat dan keuntungan BJB WBS... 2 1.3 Definisi... 2 1.4 Akses ke Website BJB WBS... 3 BAB II WEBSITE BJB WBS...

Lebih terperinci

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan

Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Buku Pedoman Situs Perwalian Versi User : Jurusan Universitas Komputer Indonesia Direktorat ICT & Multimedia Versi : 06-Juni-2011 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i PENDAHULUAN... 1 Latar Belakang... 1 SITUS PERWALIAN

Lebih terperinci

Mengelola Bagian Utama Website Sekolah

Mengelola Bagian Utama Website Sekolah Mengelola Bagian Utama Website Sekolah Mengelola bagian utama Website Sekolah dibagi menjadi 3 kate gori pokok, yakni: Mengelola Admin Merubah Disain Banner Atas Melengkapi Profil Sekolah A. Mengelola

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI ADMINISTRATOR. Disampaikan oleh: Rasiman

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI ADMINISTRATOR. Disampaikan oleh: Rasiman SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI ADMINISTRATOR Disampaikan oleh: Rasiman PADA PELATIHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN, 2008 DAFTAR ISI 1. Tentang SIPUS...

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN E-RECRUITMENT IPC

PETUNJUK PENGGUNAAN E-RECRUITMENT IPC PETUNJUK PENGGUNAAN E-RECRUITMENT IPC DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 1.1 System Overview... 2 1.2 Purpose... 2 2. Memulai Aplikasi... 3 3. Registrasi... 5 4. Login... 7 5. Edit Resume... 9 6. Submit Lamaran...

Lebih terperinci

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

PANDUAN. SisPenA S/M. Untuk Asesor. Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah PANDUAN SisPenA S/M Untuk Asesor Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah 1 H a l a m a n Akreditasi Tutorial ini akan memberikan pemahman kepada Asesor bagaimana

Lebih terperinci

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Pengguna II. Alur Kerja III. Petunjuk Pemakaian...

I. Pendahuluan A. Maksud dan Tujuan B. Fungsi C. Pengguna II. Alur Kerja III. Petunjuk Pemakaian... DAFTAR ISI I. Pendahuluan... 4 A. Maksud dan Tujuan... 4 B. Fungsi... 4 C. Pengguna... 4 II. Alur Kerja... 5 III. Petunjuk Pemakaian... 6 A. Alamat Akses... 6 B. Registrasi... 6 C. Login... 6 D. Logout...

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR. Disampaikan oleh: Rasiman

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR. Disampaikan oleh: Rasiman SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS) PANDUAN BAGI OPERATOR Disampaikan oleh: Rasiman PADA PELATIHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN, 2008 DAFTAR ISI 1. Tentang SIPUS...

Lebih terperinci

MANUAL GRIPS RA 3.6.2

MANUAL GRIPS RA 3.6.2 Project Name GRIPS Reporting Aplication 3.6.2 Gathering Reports and Information Processing System Document Title MANUAL GRIPS RA 3.6.2 Bagi Penyedia Jasa Keuangan Document Date Document Version Document

Lebih terperinci

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai

BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN. pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai 72 BAB V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN Bab ini berisi tentang hasil desain program sistem informasi perpustakaan pada SMA Negeri 15 Surabaya. Penjelasan yang diberikan yaitu mengenai spesifikasi hardware

Lebih terperinci

MANUAL UNTUK PENELITI

MANUAL UNTUK PENELITI MANUAL UNTUK PENELITI SISTEM INFORMASI RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS INDONESIA http://sirip.ui.edu November 2007 Copyright 2007 DRPM & PPSI Universitas Indonesia Hak cipta dilindungi oleh

Lebih terperinci

LEMBAGA PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN. User Manual Rispro. Periset

LEMBAGA PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN. User Manual Rispro. Periset LEMBAGA PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN User Manual Rispro Periset [Type the abstract of the document here. The abstract is typically a short summary of the contents of the document. Type the abstract of the

Lebih terperinci

Web DDS QA. Situs Jasa Layanan Pelanggan (Customer) Lab PENGUJIAN. Panduan Pengguna (User Manual) Versi 1.0

Web DDS QA. Situs Jasa Layanan Pelanggan (Customer) Lab PENGUJIAN. Panduan Pengguna (User Manual) Versi 1.0 Web DDS QA Situs Jasa Layanan Pelanggan (Customer) Lab PENGUJIAN Panduan Pengguna (User Manual) Versi 1.0 1. PENDAHULUAN 2 2. MENU LAYANAN USER 3 3. MENU LAYANAN PENGUJIAN 9 4. MENU SUPPORT 18 Telkom DDS

Lebih terperinci

Panduan Praktis Pengelolaan Data Anggota Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3 Oleh Aristianto Hakim, S.IPI 1

Panduan Praktis Pengelolaan Data Anggota Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3 Oleh Aristianto Hakim, S.IPI 1 Panduan Praktis Pengelolaan Data Anggota Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3 Oleh Aristianto Hakim, S.IPI 1 1. Persiapan Kegiatan pengelolaan data anggota adalah bagian dari pelayanan perpustakaan.

Lebih terperinci

PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015

PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015 PANDUAN PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2015 PANITIA PELAKSANA SPAN-PTKIN 2015 DAFTAR ISI 1. Panduan Untuk Sekolah... 1 1.1. Pendaftaran Sekolah... 1 1.2. Login Sekolah... 5 1.3. Mengisi Jurusan dan Jumlah Siswa

Lebih terperinci

KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA

KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA www.depkop.go.id SISTEM ADMINISTRASI LAYANAN BADAN HUKUM KOPERASI (SISMINBHKOP) sisminbhkop.id sisminbhkop.depkop.go.id PANDUAN UNTUK

Lebih terperinci

Halaman Utama (Login)

Halaman Utama (Login) Halaman Utama (Login) Merupakan halaman utama ketika pengguna membuka halaman Sistem Informasi Administrasi Perkuliahan (SIAP), halaman ini menampilkan form login untuk dapat masuk ke bagian administrator

Lebih terperinci

MANUAL OTOMIGEN X 2.0. Daftar Isi

MANUAL OTOMIGEN X 2.0. Daftar Isi Daftar Isi Daftar Isi...0 1. PENDAHULUAN...2 1.1 Otomigen X...2 1.2 Struktur Manual...3 1.3 Spesifikasi Otomigen X 2.0...3 1.4 Tipe User...3 2. User Guide...5 2.1 Home...5 2.2 Frequently Ask Question (FAQ)...8

Lebih terperinci

USER MANUAL APLIKASI CPD ONLINE TENAGA KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

USER MANUAL APLIKASI CPD ONLINE TENAGA KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA BADAN PPSDM KESEHATAN - KEMENTERIAN KESEHATAN INDONESIA Pusat Standardisasi, Sertifikasi Dan Pendidikan Berkelanjutan Sumber Daya Manusia Kesehatan USER MANUAL APLIKASI CPD ONLINE TENAGA KESEHATAN REPUBLIK

Lebih terperinci

PANDUAN PENGGUNAAN WEBSITE

PANDUAN PENGGUNAAN WEBSITE PANDUAN PENGGUNAAN WEBSITE SISTEM DATA PILAH GENDER KABUPATEN KENDAL BAPPEDA KABUPATEN KENDAL Jalan Soekarno-Hatta No. 191 Kendal - Jawa tengah Telp. (0294) - 381225 Kode Pos 51311 Daftar ISI 1. Penejelasan

Lebih terperinci

Sistem Informasi Pendistribusian Penjualan Velg

Sistem Informasi Pendistribusian Penjualan Velg Sistem Informasi Pendistribusian Penjualan Velg No Kode Program : VBNET02 www.101peluangbisnis.com Bahasa Pemograman VB. NET + Database Ms. Access Terima kasih telah memilih aplikasi pengolahan data di

Lebih terperinci

BFI Jobs. HC System & Architecture 2017 HC BFI

BFI Jobs. HC System & Architecture 2017 HC BFI BFI Jobs 1. REGISTER USER ID KANDIDAT SYSTEM ADMINISTRATOR REGISTRASI EMAIL VERIFIKASI VERIFIKASI DATABASE PENGISIAN PROFILE USER ID MAINTENANCE DATABASE Lakukan Register pada halaman BFI Job s klik mendaftar

Lebih terperinci

Manual Penggunaan Sistem Pengeloalaan TBO. Untuk Pokjar, Karunika dan LPBAUSI

Manual Penggunaan Sistem Pengeloalaan TBO. Untuk Pokjar, Karunika dan LPBAUSI Manual Penggunaan Sistem Pengeloalaan TBO Untuk Pokjar, Karunika dan LPBAUSI 2013 SISTEM PENGELOLAAN TBO KARUNIKA... 2 1. Login Administrator Aplikasi TBO Karunika.... 2 2. Menu Dashboard.... 3 3. Menu

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI CAFÉ VERSI 1.0

PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI CAFÉ VERSI 1.0 PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI CAFÉ VERSI 1.0 JAKARTA, MEI 2011 i DAFTAR ISI MEMULAI APLIKASI... 1 LOGIN... 1 MENU APLIKASI... 2 MENGISI MASTER DATA... 4 OUTLET... 4 GROUP ITEM... 5 DETAIL ITEM... 7 PAYMENT

Lebih terperinci

Halaman 0 PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BUKU PELAUT ONLINE

Halaman 0 PANDUAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BUKU PELAUT ONLINE Halaman 0 Halaman 1 DAFTAR ISI DAFTAR ISI... 1 DAFTAR GAMBAR... 2 PENDAHULUAN... 4 PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN... 5 ALUR PERMOHONAN BUKU PELAUT... 6 CARA MEMBUKA SITUS... 7 MENU BUKU PELAUT... 14 A. GENERAL...

Lebih terperinci

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DOSEN DAFTAR ISI DAFTAR ISI... i DAFTAR GAMBAR... iii QUICK START SIMPEG...1 LOGIN...3 MENU-MENU SIMPEG...5 MENU UTAMA...7 4.1. Meja Kerja...7

Lebih terperinci

Daftar Isi. Daftar Gambar

Daftar Isi. Daftar Gambar Daftar Isi Daftar Isi...1 Daftar Gambar...2 Pendahuluan...3 1.1 Tujuan Pembuatan Dokumen...3 1.2 Definisi Dan Singkatan...3 1.3 Alamat Akses...3 Sumber Daya Yang Dibutuhkan...4 2.1 Perangkat Keras...4

Lebih terperinci

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL TIM PENDAFTARAN

PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL TIM PENDAFTARAN PETUNJUK PENGGUNAAN SISTEM REGISTRASI NASIONAL UNTUK TIM PENDAFTARAN Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia I. PENDAHULUAN Sistem Registrasi

Lebih terperinci

Tutorial Setting Toko Online JagoanStore

Tutorial Setting Toko Online JagoanStore Tutorial Setting Toko Online JagoanStore 1. General Setting a. Setting Template Silakan Anda masuk ke halaman General Setting dari halaman admin. Kemudian di samping kiri terdapat 2 bagian, yang pertama

Lebih terperinci

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN. Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka 47 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Setelah melalui proses perancangan dan pengkodean program, maka dihasilkan suatu aplikasi pengolahan data service pada CV. Salsabila Multi Jasa Palembang, adapun

Lebih terperinci

Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator)

Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator) Manual Book Penggunaan CMS Website SMA Negeri 3 Cibinong (Untuk Administrator) Penjelasan Umum CMS (Content Management System) merupakan fasilitas yang disediakan untuk mempermudah pengelolaan data/konten

Lebih terperinci

ELIRA - PTLR USER MANUAL V1.0. Badan Tenaga Nuklir Nasional. layanan.batan.go.id/ptlr/elira PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL

ELIRA - PTLR USER MANUAL V1.0. Badan Tenaga Nuklir Nasional. layanan.batan.go.id/ptlr/elira PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL USER MANUAL V1.0 PETUNJUK TEKNIS OPERASIONAL ELIRA - PTLR PUSAT TEKNOLOGI LIMBAH RADIOAKTIF Badan Tenaga Nuklir Nasional layanan.batan.go.id/ptlr/elira DAFTAR ISI DAFTAR ISI...i DAFTAR TABEL... ii DAFTAR

Lebih terperinci

Jika login gagal, maka akan ditampilkan informasi bahwa ID Operator atau Password yang dinputkan salah

Jika login gagal, maka akan ditampilkan informasi bahwa ID Operator atau Password yang dinputkan salah Utama (Login) Merupakan halaman utama ketika pengguna membuka halaman Sistem Informasi Administrasi Perkuliahan (SIAP), Halaman ini menampilkan form login untuk dapat masuk ke bagian administrator sistem

Lebih terperinci

Petunjuk Pemakaian Sistem

Petunjuk Pemakaian Sistem Petunjuk Pemakaian Sistem Berikut ini adalah petunjuk pemakaian sistem dari aplikasi pengiriman barang PT. Buana Resota. Aplikasi ini dimulai dengan membuka browser, kemudian memasukkan alamat website.

Lebih terperinci

1. PENDAHULUAN. 1.1 Tombol, Notasi dan Fungsi

1. PENDAHULUAN. 1.1 Tombol, Notasi dan Fungsi 1 Daftar Isi 1. PENDAHULUAN... 2 1.1 Tombol, Notasi dan Fungsi... 2 1.2 User Login Aplikasi... 4 2 PENGGUNA APLIKASI... 5 3 SITEMAP... 5 4 ALUR PROSES DAN KONFIGURASI SISTEM... 6 4.1 Alur Proses... 6 4.2

Lebih terperinci

BAB III PERANCANGAN SISTEM

BAB III PERANCANGAN SISTEM 3.1 DFD 3.1.1 DFD level 0 BAB III PERANCANGAN SISTEM Gambar 3.1 DFD level 0 sistem web DFD level 0 ini dijelaskan bahwa disini customer dapat login, menerima data order serta data konfirmasi dan menerima

Lebih terperinci

Gambar 1. Halaman Utama E-PROCUREMENT. Panduan Aplikasi eproc Rekanan

Gambar 1. Halaman Utama E-PROCUREMENT. Panduan Aplikasi eproc Rekanan Modul Rekanan adalah fasilitas yang diseiakan di E-Procurement (Pelelangan Online) untuk dipergunakan oleh para rekanan agar dapat memperoleh informasi tentang pelelangan serta dapat mengikuti proses pelelangan

Lebih terperinci

Panduan Praktek Pengaturan / Administrasi Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3 Oleh Aristianto Hakim, S.IPI 1

Panduan Praktek Pengaturan / Administrasi Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3 Oleh Aristianto Hakim, S.IPI 1 Panduan Praktek Pengaturan / Administrasi Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3 Oleh Aristianto Hakim, S.IPI 1 1. Persiapan Program aplikasi INLISLite versi 3 dirancang agar dapat disesuaikan dengan

Lebih terperinci

Manual Aplikasi Laporan Tahunan KJPP

Manual Aplikasi Laporan Tahunan KJPP Manual Aplikasi Laporan Tahunan KJPP Sistem Informasi Kantor Jasa Penilai Publik Kementerian Keuangan KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA SEKRETARIAT JENDERAL PUSAT PEMBINAAN AKUNTAN DAN JASA PENILAI

Lebih terperinci

Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA

Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA Halaman 1 dari 15 Halaman Panduan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMPADU) Untuk : Dosen & Dosen Wali/PA Andi Rahmat http://www.boegismedia.com andirahmat@boegismedia.com Prolog Panduan ini disusun

Lebih terperinci

POLITEKNIK KESEHATAN JAKARTA III

POLITEKNIK KESEHATAN JAKARTA III POLITEKNIK KESEHATAN JAKARTA III Tata Cara Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru 1. Pendaftaran Sipenmaru pada Politeknik Kesehatan Jakarta III dilakukan secara online melalui url http://euis.pusilkom.com/poltekkesjkt3/

Lebih terperinci